25 November 2020

PT PAL Pakai PMN 2021 Rp1,28 T untuk Fasilitas Pemeliharaan Kapal Selam

 25 November 2020

PMN akan dipakai untuk fasilitas pemeliharaan kapal selam (photo : CNBC)

Jakarta, CNN Indonesia -- PT PAL Indonesia (Persero) berniat menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) 2021 senilai Rp1,28 triliun untuk pemenuhan kebutuhan biaya pemeliharaan seluruh armada kapal selam yang dimiliki perusahaan.

Hal ini sejalan dengan kelanjutan Program Strategis Nasional (PSN) pengembangan infrastruktur kapal selam terkait penguasaan teknologi pembangunan kapal dari joint section menjadi whole local production. 

"Ini juga untuk pengadaan shiplift yang merupakan fasilitas utama yang vital untuk mendukung kegiatan docking dan undocking kapal selam untuk pembangunan baru dan pemeliharaan perbaikan karena akan memperkecil risiko kerusakan kapal pada saat launching, mempersingkat waktu, dan menghemat biaya," papar Plt. Direktur Utama PAL Etty Soewardani saat rapat bersama Komisi XI DPR, Rabu (18/11). 

Secara rinci, ia menjelaskan PMN akan dimanfaatkan untuk pemeliharaan fasilitas kapal selam mencapai Rp1 triliun atau 78,12 persen dari total suntikan negara. Sementara sisanya akan digunakan untuk peralatan Rp265,83 miliar, dan SDM DRp10 miliar. 

Saat ini, PAL sudah melaksanakan pembangunan kapal selam secara joint section sampai tahap pengujian dan penyerahan. Selain itu, tahap pembuatan working standard juga sudah dilakukan. 

Rencananya, dana akan digunakan untuk pembangunan tahap kedua, yakni berupa fasilitas PHPL. "Ini dalam rangka menguasai kapabilitas pembangunan secara whole local production," tuturnya. 

Lebih lanjut, PMN 2021 ini merupakan suntikan negara baru setelah absen lima tahun. Tercatat, PAL menerima PMN terakhir sebesar Rp1,5 triliun pada 2015.

Di sisi lain, ia turut menyampaikan kinerja keuangan perusahaan saat ini. Dari sisi pendapatan usaha, PAL memproyeksikan pendapatan akan meningkat tipis dari Rp1,63 triliun menjadi Rp1,68 triliun pada 2020. 

"Realisasi pendapatan PT PAL mengalami peningkatan setiap tahun yang disebabkan meningkatnya perolehan kontrak baru," ungkapnya. 

Kendati begitu, PAL meramalkan laba bersih justru minus Rp87 miliar dari sebelumnya laba Rp95 miliar. Alasannya, karena ada peningkatan beban di tengah pandemi virus corona atau covid-19. "Berupa beban bunga kredit restrukturisasi dan beban kerugian kurs," katanya. 

Sementara, Ketua Komisi XI DPR Dito Ganindito mengungkapkan komisi keuangan menerima penjelasan penggunaan PMN dari PAL. Namun, Komisi XI berharap dana negara ini bisa digunakan semaksimal mungkin untuk pengelolaan bisnis perusahaan ke depan. 

"Diharapkan bisa mengoptimalkan pengembalian nilai pokok investasi dan mengefektifkan manfaat ekonomi, sosial, dan lainnya," tandasnya.

(CNN)

143 komentar:

  1. 1

    Pertamax

    Mantap nich admin. Keluar berita baru terus.

    BalasHapus
  2. kok cuman utk fasilitas..harus order yasen m ituloh atau paling ngak setara 218sg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxa step by step pier,nggak kayak bastard nougthy shityard punya ente xaxaxaxa blm ada kepakaran bikin kapal yg kecil ehh sok2an bikin kapal besar,jadinya balon kuning yg launching xaxaxaxaxa nah kalau mau bikin kapal g ada fasilitas dokyard n tollnya, emang mau bikin dgn apa n dmn???? Emang bikin kapal apalagi kapal selam bikinya d bengkel mobil gitu ya???? Xaxaxaxaxaxaxa 5 top university?????xaxaxaxaxaxa nih pierπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  3. jadinya batch 2 cang bogo emang kansel yah

    BalasHapus
  4. Sukses selalu, tahniah PT.PAL maju terus dunia perkapalan sipil dan militer Indonesia, LANJUTKAN! πŸ‘πŸ˜Ž

    BalasHapus
  5. Yg pertama fasilitas dipenuhi dulu biar pembangunan batch 2 kasel dlm negeri lancar

    BalasHapus
  6. Inilah yg disebut kurva pembelajaran πŸ‘‡ dalam menyerap alih teknologi konstruksi kapal (tapi bukan tentang perancangannya ☝️).....jadi bukan soal pelit ilmu, tipu-tipu atau dicurangi, seperti yg digemborkan oleh bbrp netizen biadab 😀

    ".....penguasaan teknologi pembangunan kapal dari joint section menjadi whole local production."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeh maaf......#netizenmahasoktau πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. kan ada slogan, netijen maha benar om smilikity haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
    3. Mas smilling opo kabar???? πŸ˜ŽπŸ˜πŸ‘

      Hapus
  7. Nantinya bisa MRO kapal selam.dri luar negeri juga klo fasilitas lengkap

    BalasHapus
  8. Breaking news : Bos Edi keselek lobster......makane makan lobster atu-atu paaak, jangan ditelen semua, apalagi ditelen sendiri, tar hoek-hoek, muntah jadinya πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

    #aksibelakoruptor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuwalat bayi lobster yang dipisahkan dari induknya..😒

      Hapus
    2. Naaaaah ☝️......aku yo ra ikhlas yen gempi dipisahkan dari induknya 😭😭😱

      Hapus
    3. Yoo..yoo..
      Tapi naliko videoan ra eling si gempi..

      😒

      😁

      Hapus
    4. https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/amp/pr-351007817/ludes-rp1-triliun-untuk-politik-sandiaga-uno-sayanya-aja-yang-terlalu-naif-dan-sedikit-bloon?page=3

      Hapus
    5. Fitnah iku, jare sopo yen ra eling gempi.....genah pendak-pendak kuwatir yen gempine tangi

      Hapus
    6. Lha lho berarti seng ngrekam jebule jenengan om smiling, kok ngerti wae gisel kuwatir lek gempi sak wayah2 iso ngelilirπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
  9. Kapal LPD BRS kok gak kelihatan Min sudah 80% medio desember siap launching

    BalasHapus
  10. Maaf Oot....

    Malaysia Military Power
    23 hrs ·

    Insiden Berbalas Tembak PGA di Sempadan Malaysia

    Buat masa ini berdasarkan laporan awal seorang anggota PGA terkorban dalam insiden berbalas tembakan dengan penyeludup dari negara jiran manakala 2 anggota PGA yang lain cedera kini menerima rawatan di Hospital Tengku Fauziah, Perlis.

    Kejadian berbalas tembak berlaku di sekitar sempadan Padang Besar Perlis.

    PGA berjaya menahan seorang penjenayah yang cuba melarikan diri dan 3 lagi penjenayah ditahan oleh Polis Thailand susulan mereka bertiga menerima rawatan di Hospital Hadyai.

    Buat masa ini tiada maklumat lanjut motif penjenayah negara jiran tersebut menembak anggota PGA yang bertugas.

    Ini insiden kedua berbalas tembak dalam Bulan November 2020 setakat ini.

    MMP mengucapkan Takziah kepada Anggota PGA yang Terkorban

    Koperal Baharuddin Bin Ramli
    Koperal Komunikasi (Operasi) (1) Seksyen 3 Platun 1 Kompeni A,Batalion 3,Briged Utara PGA
    Senoi Praaq

    MMP


    Malaysia Military Power Pak Engku yup..bulan ni ada insiden tembakan pertama di sempadan padang besar

    Pak Engku Insiden ke 2?

    Pak Engku Teh O Ais ooo pastu x balas ka

    Zamzaidy Mohd Zaini Ada kes di Yan juga..anggota ditembak tp x kena.

    Teh O Ais Pak Engku katanya insiden prtama tu bdk bru yg jaga..ni kna ngn org lama mmg kna berbalas tembak la

    Ariff Rahim Selang 2 ,3 tahun isu ini akan senyap sbb apa? Tiada perubahan dibuat sepanjang boarder, dulu ada ura2.nak buat tembok pagar la. Cuba lihat,sempadan Negara kita hanya dipisahkan oleh sebatang sungai yg cetek,ada sesetengah sempadan dipasahkan oleh dawai kawat lbh kurang pagar ternakkan...anggota keselamatan kita ibarat hujung senjata dikepala..Takziah untuk Anggota tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo perbatasan pake pagar, penyelundup gali lobang lahh, dasar warganyet haha!😎😎😎

      Hapus
    2. Mau buat pagar macam tembok di jalur gaza bro πŸ˜”

      Hapus
  11. https://www.instagram.com/p/CH7o2XIHKYU/?igshid=1gqc7zvv6h9f4

    BalasHapus
  12. Padahal tinggal bangun 3 kasel lagi khatam, tapi gak masalah lah yang penting kasel berikutnya lebih baik daripada yang sebelumnya ....

    #Da_dah_CBG .....

    BalasHapus
  13. Bakal Dipasang Di KFX, Taurus Systems Korea Kembangkan Rudal Jelajah Anti Bunker Dengan Jangkauan 600 Km

    Taurus Systems Korea Co, Ltd belum lama ini menyebutkan akan merancang varian baru rudal jelajah Taurus dengan desain yang lebih kecil, namun punya jangkauan lebih jauh. Hal tersebut dikatakan Christoffer Drevstad, President of Taurus Systems Korea, dimana dinyatakan pula rudal Taurus K2 (Taurus 350K-2) nantinya dapat diluncurkan dari jet tempur F-16 Fighting Falcon, FA-50 Eagle dan pesawat tempur masa depan Korea Selatan, KFX (Korea Fighter Experimental).

    Mengutip sumber dari Yonhap News Agency – yna.co.kr (20/11/2020), Christoffer Drevstad mengatakan bahwa jangkauan rudal Taurus baru nantinya ditargetkan bisa mencapai lebih dari 600 km. Sebagai informasi, AU Korea Selatan saat ini telah mengoperasikan sekitar 260 unit rudal Taurus KEPD 350 dengan jarak jelajah mencapai 500 km. Taurus KEPD 350 untuk saat ini dipersiapkan AU Korea Selatan sebagai senjata pamungkas di jet tempur F-15K Eagle.


    Pada tahun 2017, sejatinya pihak Taurus Systems Korea telah mengumumkan rencana pengembangan Taurus K2, namun saat itu disebutkan jarak jelajahnya akan berkurang menjadi 400 km, lantara dimensi rudal yang lebih kecil dari Taurus KEPD 350. Oleh Korea Selatan, rudal Taurus dipersiapkan secara khusus untuk melakukan serangan ke jantung pertahanan Korea Utara, dimana kemampuan Taurus difokuskan untuk menjebol bunker. “Kami bermaksud mengembangkan rudal ini di Korea Selatan dan saat ini sedang mencari mitra kerja sama, sejauh ini beberapa perusahaan menyatakan tertarik,” ujar Drevstad.

    Rudal Taurus sejatinya merupakan rancangan Taurus Systems GmbH, yaitu perusahaan hasil joint venture antara MBDA Deutschland GmbH dan Saab Bofors Dynamics. Karena mendapat pesanan khusus dari Korea Selatan, Taurus Systems GmBH yang bermarkas di Jerman, sampai merelakan membuat basis produksi Taurus di Korea Selatan, dan nama perusahaan menjadi Taurus Systems Korea Co, Ltd.

    High value point dan area targets menjadi ciri khas dari fitur yang ditawarkan Taurus. Obyek seperti bunker di bawah tanah, jembatan, instalasi peluncur rudal hanud, sampai kapal perang yang bersandar dapat dilibas dari jarak jauh. Resminya Taurus punya jarak tembak 500 km, meski beberapa meyakini jarak tembak sebenarnya bisa lebih jauh.

    Terbang laksana jet yang dilengkap air intake dan sayap lipat, Taurus dengan mesin Williams P8300-15 Turbofan dapat terbang dengan kecepatan Mach 0.80 – Mach 0.95. Melaju di ketinggian low level plus melaju dengan kecepatan hampir Mach 1, menjadikan rudal jelajah ini akan sangat sulit dirontokkan oleh kanon reaksi cepat sekalipun.

    Dari bobotnya yang mencapai 1.400 kg, di dalamnya terdapat hulu ledak Mephisto (Multi-Effect Penetrator, HIgh Sophisticated and Target Optimised) dengan berat 480 kg. Sejauh ini platform jet tempur pengusung Taurus sangat terbatas, yang bisa meluncurkan sebatas Panavia Tornado, Eurofighter Typhoon, Saab Gripen, Boeing F/A-18 Hornet dan F-15K. (Gilang Perdana)

    Link :

    https://www.indomiliter.com/bakal-dipasang-di-kfx-taurus-systems-korea-kembangkan-rudal-jelajah-anti-bunker-dengan-jangkauan-600-km/#more-76856

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakal di pasang di kfx, artinya ifx kagak dong

      Hapus
  14. 338 Personel Pasukan Khusus TNI Latihan di Perairan Selat Malaka
    Menjaga kehormatan dan kedaulatan NKRI.
    Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai komponen Pertahanan Negara, tidak akan membiarkan terorisme menghantui dan mengancam kehidupan masyarakat.

    "Oleh karenanya, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan daya cegah dan daya tangkal serta kecepatan bertindak dalam menanggulangi terjadinya aksi terorisme," kata Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI Mayjen TNI Richard TH. Tampubolon saat memimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Penanggulangan Anti-Teror (Latgultor) Satuan Aksi Khusus (Sataksus) TNI dalam Rangka Pengamanan VVIP TA 2020, di Pelabuhan JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

    Richard mengatakan, latar belakang diselenggarakan latihan penanggulangan teror aksi khusus dalam rangka pengamanan VVIP TA 2020 adalah, sebagai implementasi strategis untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan teror terhadap para Pejabat VVIP, salah satunya adalah Presiden dan Wakil Presiden RI serta tamu VVIP setingkat Kepala Negara atau Presiden dan Wakil Presiden negara sahabat sebagai wujud menjaga kehormatan dan kedaulatan NKRI.

    "Ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas TNI, menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI untuk melaksanakan Operasi penanggulangan terorisme dalam rangka menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang akan terjadi dan juga untuk memberi rasa tenang, aman dan nyaman bagi seluruh warga," papar Richard.

    Mantan Wakil Danjen Kopassus ini mengatakan, aksi terorisme adalah "act of war" (bentuk perang), sehingga TNI harus siap mulai dari penangkalan, penindakan, sampai dengan pemulihan.

    "Terorisme adalah salah satu hideouse crime (kejahatan yang mengerikan), hal ini bisa terjadi setiap saat termasuk pada situasi pandemik COVID-19 seperti saat ini," ujarnya.

    Komandan Koopssus TNI menerangkan bahwa terorisme tidak hanya menjadi ancaman bagi Indonesia saja, akan tetapi menjadi ancaman global, terbukti tidak saja menimbulkan korban jiwa yang cukup besar.

    "Terorisme juga menyebabkan trauma psikologis yang berkepanjangan bagi masyarakat, serta menimbulkan dampak negatif yang cukup luas terhadap berbagai aspek kehidupan," ucap Richard.

    Latihan Penanggulangan Teror Sataksus TNI dalam Rangka Pengamanan VVIP TA 2020, diselenggarakan oleh Koopssus TNI, melibatkan 338 Personel di antaranya dari Satuan 81 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL dan Detasemen Bravo (Denbravo) 90 Paskhas TNI AU.

    Keberangkatan Sataksus TNI menuju Medan Latihan akan dipusatkan di wilayah sekitaran Perairan Selat Malaka, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

    Link :

    https://garudamiliter.blogspot.com/2020/11/338-personel-pasukan-khusus-tni-latihan.html?m=1

    BalasHapus
  15. Yonzipur 10 Gelar Latihan Serangan Senjata Kimia Dalam Kartika Yudha 2020

    Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha Tahun 2020, Prajurit Yonzipur 10 melaksanakan rangkaian latihan KBRN ( Kimia, Biologi, Radiasi Nuklir ) yang bertempat di Desa Sepancar, Lawan Kulon, Baturaja Timur wilayah Sumatera Selatan.

    Dalam latihan ini Prajurit Yonzipur 10 Jaladri Palaka mengerahkan 1 regu tim KBRN untuk mengatasi ledakan mortir yang mengandung zat kimia yang berbahaya.

    Latihan ini melibatkan warga setempat untuk berpartisipasi mengikuti simulasi saat terjadinya ledakan. Saat simulasi ledakan terjadi, para prajurit melakukan pengevakuasian korban yang berada di TKP. Setelah pengevakuasian korban, Tim KBRN Yonzipur 10 melakukan penangan di area ledakan Gas beracun untuk melakukan deteksi dan dekontaminasi di sekitar ledakan Gas beracun.

    Sumber: Penerangan Yonzipur 10

    Link :

    https://militermeter.com/yonzipur-10-gelar-latihan-serangan-senjata-kimia-dalam-kartika-yudha-2020/

    BalasHapus
  16. Ini baru berita min, bukan seperti berita ATM yg patroli pakek Motor, bener" berita yg tidak perlu diberitakan.

    BalasHapus
  17. Mau Beli Rudal Brahmos, Filipina Enggak Punya Duit
    November 24, 2020 A Ziyadi

    Ambisi Filipina untuk memiliki rudal mematikan Brahmos terganjal oleh duit yang enggak ada. Menteri Pertahanan Nasional FIlipina Delfin Lorenzana mengatakan bahwa proyek ini akan terus berjalan meskipun dananya agak seret.

    Hal tersebut disampaikanya saat diwawancarai oleh Kantor Berita Filipina (PNA)

    “(Program) pembelian rudal Brahmos sedang bergerak maju tetapi tantangannya sekarang adalah pendanaan,” kata Lorenzana dalam pesannya kepada PNA Senin malam (23/11).

    Menurut Lorenzana, targetnya Filipina akan mempunyai setidaknya dua baterai rudal jelajah BrahMos dengan masing-masing baterai memiliki tiga peluncur otonom bergerak dengan masing-masing dua atau tiga tabung rudal.

    Proses pembelian dilakukan melalui “mode government-to-government”.

    Jika pengadaannya berhasil, rudal tersebut akan digunakan untuk memenuhi misi pertahanan pantai Angkatan Darat Filipina. Selain dari AD Filipina, Departemen Pertahanan nasional mengatakan senjata tersebut juga dapat digunakan oleh Angkatan Udara Filipina.

    Menurut Lorenzana, Brahmos akan meningkatkan daya gentar militer Filipina di kawasan ASEAN dan Laut China Selatan, selama ini negaranya tidak memiliki senjata yang bisa dijadikan modal untuk itu.

    Akuisisi sistem rudal berbasis darat tersebut berada di bawah Horizon Two dari Revisi Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina yang dijadwalkan untuk tahun 2018 hingga 2022 dan diarahkan untuk akuisisi peralatan yang diarahkan untuk pertahanan eksternal dan memiliki anggaran sebesar PHP300 miliar.

    Sumber : pna.gov.ph

    Link :

    https://militermeter.com/mau-beli-rudal-brahmos-filipina-enggak-punya-duit/

    BalasHapus
  18. Ayo siapa yg mau beli benur
    Mumpung KKP nya ketangkap
    Dibeli,...dibeli,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuuuuuh tawarin aja ke tetanggmu......situngkir, sama sohibnya siruskey πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
  19. Biden: Amerika akan Perkuat Aliansi di Asia Pasifik, Menghindari Perang Baru dan Memimpin Dunia

    Presiden terpilih Amerika Joe Biden mengatakan dalam pemerintahannya nanti dia akan membangun kembali moral Departemen Luar Negeri Amerika dan memperluas aliansi AS di Pasifik sambil menghindari keterlibatan dalam perang baru.

    Berbicara dari kampung halamannya di Wilmington, Delaware Selasa 24 November 2020, Biden mengatakan tim keamanannya “siap untuk memimpin dunia,” dan berjanji untuk memperkuat aliansi di kawasan Asia-Pasifik.

    Sebelumnya, Biden mulai mengumumkan beberapa calonnya untuk mengisi posisi kunci kabinet. Biden berjanji penasihat lama Antony Blinken, yang dia pilih untuk menjadi menteri luar negeri, akan mengembalikan “kepercayaan” ke departemen, yang saat ini dijalankan oleh mantan direktur CIA Mike Pompeo.

    “Dia salah satu yang lebih siap untuk pekerjaan ini,” kata Biden tentang Blinken. “Tidak ada yang lebih siap dalam pandanganku. Dia akan membangun kembali semangat dan kepercayaan pada departemen tempat karirnya di pemerintahan dimulai. Tony siap pada hari pertama.”

    “Tim di belakang saya ini mewujudkan keyakinan inti saya bahwa Amerika adalah yang terkuat saat bekerja dengan sekutunya,” katanya. “Secara kolektif tim ini telah mengamankan beberapa pencapaian keamanan nasional dan diplomatik paling menentukan dalam ingatan baru-baru ini, yang dimungkinkan melalui pengalaman puluhan tahun bekerja dengan mitra kami.”

    “Begitulah cara kami benar-benar menjaga keamanan Amerika tanpa terlibat dalam konflik militer yang tidak perlu,” lanjut Biden.

    Komentarnya muncul setelah sekelompok negara Asia menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), blok perdagangan 15 negara yang terutama mencakup China tetapi tidak termasuk Amerika Serikat. Banyak negara yang merupakan sekutu Amerika, termasuk Jepang, Korea Selatan, dan Australia, serta negara-negara yang berusaha dipengaruhi Washington dari pengaruh China, termasuk Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

    Biden mengatakan dia tidak berniat untuk memperkuat pembatasan perdagangan yang diberlakukan di China oleh pemerintahan Presiden Donald Trump. Namun, dalam komentar yang sama, dia mengulangi logika sama yang digunakan Trump untuk meningkatkan upayanya menghentikan ekspansi politik dan ekonomi China. Dia menegaskan China tidak memainkan permainan sesuai dengan aturan dan bahwa sanksi dan tarif dimaksudkan untuk memaksa Beijing mundur.

    Pekan lalu, Kantor Perencanaan Kebijakan Departemen Luar Negeri Amerika menerbitkan dokumen yang menjabarkan rencana multi-dekade untuk menghentikan kebangkitan China. Beberapa dari rekomendasi kebijakannya termasuk memperkuat “tatanan internasional berbasis aturan” yang dibuat Amerika setelah Perang Dunia II dan mengevaluasi kembali sistem aliansinya dan sejumlah besar organisasi internasional di mana ia berpartisipasi untuk memastikan mereka mendukung visi ini.

    Link :

    https://www.jejaktapak.com/2020/11/25/biden-amerika-akan-perkuat-aliansi-di-asia-pasifik-menghindari-perang-baru-dan-memimpin-dunia/

    BalasHapus
  20. Lebih lanjut, PMN 2021 ini merupakan suntikan negara baru setelah absen lima tahun. Tercatat, PAL menerima PMN terakhir sebesar Rp1,5 triliun pada 2015.

    ------------------------------

    nah ini fenting,
    kontrak kasel CBG 2011 ituw hanya kasel,
    blom mencakup bikin fasilitas kasel(FASKASEL)
    baruw ditaon 2015 dapet suntikan dari pemerintah.

    buat tahap lanjutan, pt pal butuh apgred lagi.
    masi byk kan yg dibutuhkin, fasilitas torpedo aligment dll. klo gak salah, buat faskasel total2nya bisa setara 1 kasel, iya mahal emg untung HORANG KAYA haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    mangkanye sering guwe tulis,
    apa2 kalo mao pake sistem TEOTE tentuw mahal sangat.
    yg dikopi tak hanya platform, tp fasilitasnya jugak kalo "tidak tersedia"

    tentuw beratlah MEF tahap II, harus kluar duwit banyak
    dobel pembiayaan:
    cicilan kasel CBG,
    cicilan PKR
    cicilan LPD dll.
    ini baruw buat pt pal ajah.

    program laen seperti KFX/IFX, sama jugak.
    mangkanya target produksi massal dalam negeri sendiri ituw bukan pada dekade ini.
    itungan guwe bisa terjadi 15 taon lagi, sekitar 2035-keatas.
    kerna fetedei emg blom punyak fasilitas pesawat tempur seperti yg dimiliki KAI.
    ini kalo mao dikopi 100% gt yaa.

    semisal disini rakit pespur doank..tentuw laen critanye, mungkin ngopi dibawah fasilitas 50% bisa jalan. sisanya impor koryo.

    guwe curiga, pemerintah nawar penyertaan modal ituw kerna butuh biaya bikin fasilitas dalam negeri agar lebih CEPAT produksi MASSAL di tanah air.
    gaesz 20% modal ntuw gak memaen, minus 5% aje jumlahnya, jugak bisa dpt pespur! haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    golden eagle kita $400 juta dolar dpt 16 bijik.
    bandingin ama cicilan IFX kita yg uda bayar.
    coba kalo gak nyicil, dpt pespur kita haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kasian yg diam-diam mo ketemuan sama bos lobster vietnam di hawai......biar ga kepantau kpk πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Mantap analisanya bung Palu Gada..

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Zamannya Menteri RR ada tuch foto fasilitas pembuatan IFX di PT. DI yg mencoba meniru fasilitas KFX KAI.

      Pemerintah sekarang memang niat sekali melanjutkan program KFX/IFX untuk dibuat di PT. DI dari 0 (Nol) bukan hanya sekedar merakit.

      Hapus
    3. tentuw, hanggar KFX/IFX sudah dibangun,
      pelan2 diisi, alat dari jerman ini,

      1. tungku ajaib warna ijo haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
      https://1.bp.blogspot.com/-04Ha4LfxdGo/W1bGhiX6V7I/AAAAAAAAZOc/9asJyhoejOQkbX7sE9waIcW5Ttrz997_ACK4BGAYYCw/s1600/20180724_03.jpg

      2. tungku ijo, ditinjau panglima,
      http://militermeter.com/wp-content/uploads/2018/07/FB_IMG_1532330031582-678x381.jpg

      3. konon dua tungku ajaib jerman ini buat, masak2 komponen KFX/IFX haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      http://militermeter.com/wp-content/uploads/2018/07/fb_img_1532 33003683055801141411043209.jpg

      Hapus
  21. America’s Pacific Division kicks off platoon exchange with Indonesian Army

    FEATURES
    Official U.S. Army FacebookOfficial U.S. Army TwitterOfficial U.S. Army YoutubeOfficial U.S. Army InstagramOfficial U.S. Army FlickrOfficial U.S. Army LinkedIn
    CONTACT US
    PUBLIC AFFAIRS
    SOCIAL MEDIA GUIDE
    JOIN
    FAQS
    AKO
    Search news, photos and videos on Army.mil
    Search
    America’s Pacific Division kicks off platoon exchange with Indonesian Army
    By Staff Sgt. Alan BrutusNovember 14, 2020


    1 / 5
    SHOW CAPTION +

    2 / 5
    SHOW CAPTION +

    3 / 5
    SHOW CAPTION +

    4 / 5
    SHOW CAPTION +

    5 / 5
    SHOW CAPTION +
    For more than 70-years the partnership between the United States and Indonesian Armies has endured, despite the two nations being geographically located on opposite sides of the earth.

    On Nov. 14, 2020, this partnership became a lot closer inside the historic F-Quad on Schofield Barracks, Hawaii as a platoon from the Tentara National Indonesian Army’s 431st Para Raider Infantry Battalion stood together as one with Soldiers assigned to 3rd Squadron, 4th Cavalry Regiment “Raiders,” 3rd Infantry Brigade Combat Team, 25th Infantry Division marking the official start to the U.S. hosted portion of the 2020 Indonesia platoon exchange.

    During his opening remarks, Lt. Col. Walter Reed, 3rd Squadron, 4th Cavalry Regiment Commander stressed the importance of strengthening the partnership through shared tactical knowledge and the lifetime friendships that will be formed.

    “I encourage all Soldiers, both in the 431st Para Raider Battalion and the Raider Squadron of 3-4 Cav., to spend time over the next two weeks getting to know one another, reinforcing the shared bonds that unite us in service to our nations,” said Reed.

    The U.S. hosted portion is only half of the overall concept as the Raiders also have a platoon who traveled to Indonesia in order to train alongside the Indonesian 502nd Airborne Battalion for two weeks.

    “The simultaneous training occurring here and in Indonesia, will enable our light fighters at the troop and squadron level to build readiness on critical individual and collective tasks,” said Reed. “More importantly, it will also deepen our strategic partnership with Indonesia to further the relationship built on shared democratic values and common interest.”

    For the next two weeks in Hawaii, the Raiders will train together with the 431st Para Raiders conducting everything from morning physical readiness training to counter-improvised explosive device training as well as a series of training conducted at the 25th Infantry Division’s Lightning Academy.

    Indonesian Army Maj. Kemas Nauval, 431st Para Raider Infantry Battalion Commander is excited to be part of this opportunity to enrich the skills and experience of both armies Soldiers. “As we all know, this joint training exercise is intended to strengthen bonds and friendships between our two armies and also between our two nations so that we will continue to have a good communication, coordination and understanding afterwards,” he said during his remarks.

    While this platoon exchange provides high-quality training for both armies, the relationships built will go far beyond the two-weeks of training.

    “This exchange is an example of how America's Pacific Division continues to build readiness and learn from our partners in the region” said Maj. Gen. James Jarrard, Commanding General of the 25th Infantry Division and U.S. Army Hawaii. “We hope to deepen our partnership with Indonesia to further the relationship we have based on shared values and common interests, and we welcome our partners to Schofield Barracks.”

    Looking toward the future, this event will hopefully be seen as the start of an even stronger partnership between the two armies which will last beyond another 70-years.

    To view all the photos and videos throughout the exchange visit https://www.dvidshub.net/feature/IndonesiaPlatoonExchange2020.

    https://www.army.mil/article/240868/americas_pacific_division_kicks_off_platoon_exchange_with_indonesian_army

    BalasHapus
  22. Ganti bu susi ja, biar d tenggelamin

    BalasHapus
  23. buat WARGANYET KL, ada oleh2 dari kami,

    SALAM 500 bijik MOTOKROSS TEMPUR hore haha!🦾🦾🦾

    SALAM 500 bijik MOTOKROSS TEMPUR hore haha!🦾🦾🦾

    SALAM 500 bijik MOTOKROSS TEMPUR hore haha!🦾🦾🦾

    nich spesifikasi pindad bimasakti,
    basis KAWAKS apgred nich hore mahalll..yg standar mojok sono noh haha!😊😊😊

    Motor Cross KLX 250cc

    Motor Cross KLX 250cc Bimasakti merupakan produk PT Pindad Enjiniring Indonesia (PEI)
    yang diproduksi sebagai transportasi penunjang kesigapan dalam menjalankan tugas-tugas termasuk pelaksanaan patroli.

    Motor Cross KLX 250cc Bimasakti dilengkapi dengan teknologi penunjang seperti VHF Antenna, GPS Tracker, GPS Outdoor, Radio Charging Waterproof, Action Camera, Sirine, dan Rotator Lamp.

    https://pindad.com/motor-cross-klx-250cc


    wooowww ...

    MOTOKROSS TEMPUR KAMEN RIDER hore haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bung Palu Gada..

      KL baru ambil dari leasing 10bijik Motorcycle trail aja sudah bising dan sembang mendonia padahal masih nyicil di leasing belum lunas

      Wkwkwkwkwkwkwwkwk....

      Hapus
  24. Fasilitas canggih utk pembuatan Kapal Selam di PT.PAL Surabaya...tembakan gue sih TNIAL pilih U214 AIP

    BalasHapus
  25. koleksi motor tempur kita yg keren hore haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    IMZ Ural 650 Sidecar: Ini Dia! Sepeda Motor Intai Tempur Korps Marinir TNI AL

    https://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2016/12/315433_155143064621893_534123275_n.jpg

    KL mana punyakkk motor tempur spesial cem ini...

    nunggu si ReMeK 12 berapa pon gak bakal nongol...haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus
  26. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  27. KL mana ada macam ni,,nooolll besaaarr

    BalasHapus
  28. Indon nih negara lawak, kena prank je dari jokowi, indon takde wang hanya berharap uang loan cair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxa nihπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Ruw.. di cariin Eddhy Prabowo di gedung KPK.. Katanya minta bawain Nasi Padang "SEDERHANA"

      Hapus
  29. yang penting kapal selam nya jadi gk kaya LCS yang cuma di launching doang tapi gk jadi²
    Hwakakaka🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahniah lah indon satu nih, salam prank jokowi

      Hapus
    2. Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxa nihπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    3. Suwandaruw muncul lagi. Ente gak ngujungin Menteri KKP di gedung KPK.. wkwkwkwwkwk...

      Hapus
  30. Aku nak berseronok kat indon, melihat kapal AL yang lapoktu kat tanjung ptiok, poros maritim sampai bila prank jokowiπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal lapok kri REM KRI Nagasapa kau kata lapok ich ich ich blajar dulu..
      Hwakakaka🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Hwakakaka yang penting ada cita² jadi Poros maritim drpd yang cuma diem doang.. Ntar ada berita ATM patroli Pake ATV dah ber koar²
      Hwakakaka🀣🀣🀣🀣 memalukan

      Hapus
  31. Katsini banyak sekali indon indon bodoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bodoamat hwakakaka🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Suwandaruw muncul lagi. Ente gak ngujungin Menteri KKP di gedung KPK.. wkwkwkwwkwk...

      Hapus
  32. Aku nak kirim alat kawalan jauh kat indon yang ternyata nih banyak aset lapok kat tanjung ptiok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxa nihπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  33. Indon miskin berharap dana loan


    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang situ gk miskin kok kayak negara paling kaya aja
      Hwakakaka🀣🀣🀣🀣
      Orang miskin tak sadar diri

      Hapus
    2. Ruw.. di cariin Eddhy Prabowo di gedung KPK.. Katanya minta bawain Nasi Padang "SEDERHANA"

      Hapus
  34. NIAT INGSUN MATEK AJI,,AJI KU SI JALASUTRA,,KEP ANGKEP CEP SIKEP,,GUNTUR BUMI GELEDEK GENI.......

    BalasHapus
  35. Bismillahirrohmanirrohiim,

    Hong, ingsun amatek ajiku si gelap ngampar,

    Gebyar-gebyar ana ing dadaku,

    Ula lanang guluku,

    Macan galak ana raiku,

    Surya kembar ana netraku,

    Durgadeglak ana pupuku,

    Gelap ngampar ana pengucapku,

    Gelap sewu suwaraku,

    BalasHapus
  36. Bismillaahirrohmaanirrohiim,

    Gelap ngampar kuwang-kuwang,

    Midaku raku,

    Gelap ngampar pengucapku,

    Nyaut ora nyunduk,

    Gajah meta

    Kala anembah

    Rep sirep saking kersaning Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantra pelet untuk janda yaa mas? πŸ™„πŸ€”πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ€­

      Hapus
  37. Kendati begitu, PAL meramalkan laba bersih justru minus Rp87 miliar dari sebelumnya laba Rp95 miliar. Alasannya, karena ada peningkatan beban di tengah pandemi virus corona atau covid-19. "Berupa beban bunga kredit restrukturisasi dan beban kerugian kurs," katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha 87 miliar rupiah itu sama dengan usd 6 juta saja.

      Minus usd 6 juta itu mah kecil dibanding galangan yang udah habisin biaya usd 2,8 miliar yang katanya untuk bangun 6 kapal tapi uang usd 2,8 miliar sudah habis dan kapalnya tidak satupun yang jadi.

      Otak kebo, otak kebo...

      Hapus
    2. Usd 2,8 miliar = usd 2800 juta

      Bayangin usd 2800 juta satu kapal pun tidak ada yang jadi padahal sudah 7 tahun.

      Kayak gitu kok ngeledek yang cuma minus usd 6 juta.

      Kuman di seberang lautan kau tampak tapi gajah di pelupuk mata kau sendiri tak tampak

      Hapus
  38. minus... ya guys... dan lagi tiada tanda INDON akan teruskan Program kapal selamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxa n lagi2 kau tak paham ya poor xaxaxaxaxa baca semuanya poor biar tambah pintar sedikit yg semula 1cc menjadi 1,05cc gitu loh xaxaxaxaxa 5 top university??????xaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  39. Purrr...biasakan membaca biar tidak tampak sekali ketololan mu...wakakakak....tldm lembiik

    BalasHapus
  40. Jadi ingat dulu sebelum keluar in ijin benih lobster si edi PRABOWO ini nyewa rombongan lenong arahan efendi gozali yg pura2nya bikin studi tentang yg mendukung kebijakan ekspor benih lobster......pakar komunikasi kok ngurusi benih lobster, kagak nyambung jek πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

    Mana ini komentarnya @situngkir sama @ bang ruskey yg mendukung kebijakan benih lobster....kepengen liat komen klen sekarang πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas smilling 😊😊 saya mendukung kebijakan eksport lobster karena cuman itu strategi yg tepat menurut apa yg ada dikepala saya tp itu bukan sekedar buka eksport doang tanpa ada tindakan membangun kesadaran bagi nelayan betapa pentingnya dan sangat menguntungkannya memiliki penangkaran pembesaran benih lobster' tutup eksport tetep tidak akan pernah menyelesaikan masalah karena nelayan punya jalur ilegal untuk jual benihnya dan yg jelas angka penyeludapan sangat2 tinggi karena harga benih2 yg nelayan jual melalui peneludupan pasti murah meriah muntah yg berujung tak terkendalinya harga pasaran benih dan jelas oleh penyeludupan ini pemerintah satu persen pun tidak mendapat apa pun dan justru keluar uang untuk memerangi penyeludupan yg hampir mustahil bisa ditekan karena luasan laut indonesia yg sangat2 besar, biar sampai tujuh turunan pun tutup eksport benih tak menyelesaikan masalah dan malah bikin vietnam senyam senyum karena harga benih jauh lebih murah dan tak terkendali peredarannya, masalah si edi prabowo bermain atau memanfaatkan keadaan itu dosa dan kebodohan dia' bukan kebijakan dan strategi pemerintahnya yg salah, itu oknumnya yg gk tahan ame godaan duit yg salah.

      Hapus
    2. Enggak, saya cuman ingat jaman itu ......udah dibelain sampe berbusa-busa, tembus ratusan kolom komen pula, eeeeeh rupanya yg dibela koruptor 🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Ane suudzon, para otak kebijakan ijin ekspor benih lobster ini punya saham di vietnam πŸ•΅️πŸ•΅️πŸ•΅️

      Itu si sobri-sobri....kader gerinda songong yg jadi staf ahli mentri kkp moga ikut keciduk πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
    4. Ini sama ibaratnya kita undang investor teknologi bangun pabriknya di indonesia tp kalau pemerintah tidak membangun kesadaran masyarakat betapa pentingnya memiliki ilmu teknologi ya sama dengan bohong' tetep aja tidak akan pernah mengetahui teknologi tersebut, buka eksport benih tp sambil bangun kesadaran nelayan betapa besarnya keuntungan memiliki penangkaran pembesaran lobster sendiri maka setelah nelayan sadar step by step angka eksport benih pasti menurun drastis, lha kalau si edi prabowo dengan sengaja tidak membangun kesadaran nelayan untuk memiliki penangkaran pembesaran lobster dan memanfaatkan keadaan untuk keuntungan kelompoknya ya itu salah si edi prabowo bukan strategi buka eksportnya, paling tidak meski pun si edi bermain dibelakang tetep angka peredaran benih bisa terbaca melalui buka eksport ini dan pemerintah dapat untung, tutup eksport gimana baca peredaran benih' untung pemerintah dr mana???? Realita ajalah, tutup eksport kemaren itu emang tak terbaca sama sekali peredaran benih lobster dan angka penyeludupan gila2an, untungnya apa???? Mau perang ame nelayan sendiri???? 🀦‍♂️🀦‍♂️πŸ˜”

      Hapus
    5. Harapanku ya dibangunlah kesadaran nelayan betapa besar untungnya memiliki penangkaran pembesaran lobster, ini emang sama sekali si edi prabowo tak bisa kerja' taunya cuman memanfaatkan keadaan untuk keuntungan kelompoknya, boleh2 aja memanfaatkan keadaan tp harus ada jg dong bukti kinerja membuka kesadaran nelayan, ini sama sekali tidak ada programnya' gila dan goblok kalau si edi berpikir selamnya jd pengeksport benih.

      Hapus
    6. Udah lae gak berpanjang-panjang.....emang kebijakan itu dibikin utk memuluskan rencana aksi "menggarong" kekayaan negara πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      #pinterdikitnapa

      Hapus
    7. Itu kan kesimpulanmu, lha dr pada digarong tanpa ada masuk sepeser pun ke negara' yakin tutup eksport gk bakal digarong????? Yakin amat penyeludupan benih bukan ulah mafia benih yg sebenarnya, Pinter itu bukan dengan cara kaki di kepala atau kepala di kaki, justru buka eksport inilah kita bakal bisa baca semuanya dr siapa mafianya yg sesungguhnya tanpa main soudjon, justru lebih parah lg bila eksport di tutup lha bukti tak bisa dibantah bu susi bahwa penyeludupan benih sulit dikendalikan dan gila2an saat eksport ditutup, apa mau perang ame nelayan, sampai kapan???? Silahkan buktikan soudjon anda, curiga sah2 saja tp menuduh itu fitnah, justru presepsi ku berbeda kenapa prabowo menhan dan edi prabowo kkp masuk ke kabinet, ini ada aroma politik menjatuhkan gerindra ke dasar di pemilu 2024 karena prediksiku mereka berdua pasti jd menteri yg gagal di kabinet ini, jokowi mempertahankan menteri yg tidak untuk ajang coba2 karena itu fatal buat ekonomi, program percepatan infrastruktur dan jaminan situasi politik, posisi menhan dan menteri kkp masih boleh di coba2 untuk mencari yg lebih baik atau membuktikan kinerja yg pernah jd oposisi yg hoby koar2' kalau gagal resikonya fatal partainya akan jatuh di 2024.

      Hapus
    8. Berarti mas smilling salah presepsi, ane bukan bela edi prabowo tp bela apa yg jd kebijakan jokowi' lha buka eksport ini kebijakan jokowi bukan kebijakan edi prabowo, masalah edi prabowo ketangkap kpk itu kebodohan dia karena gk bisa kerja dan mentingkan pribadi jg kelompoknya, akhirnya apa yg jd firasatku ini jebakan batman yg tepat bagi gerindra benar terbukti, the next hati2 prabowo menhan 🀧😊

      Hapus
    9. Dari ibu susi jd menteri kkp sudah diarahkan agar eksport dibuka tp bu susi malah soudjon pd bosnya yaitu pak luhut yg bermain, padahal itu jelas permintaan presiden yg di sampaikan ke menkonya, kementrian yg ada menteri kordinatornya proses titah kebijakan presiden ya seperti itu' moso bu susi ngotot dan malah soudjon padahal itu jelas titah presiden, inilah kesalahan fatal bu susi' lha sekarang dengan kebijakan eksport dibuka pelan2 tersingkap siapa mafia sebenarnya, si edi ketangkap dan tetep ada uang yg masuk ke negara, kalau kebijakan eksport di tutup siapa yg bisa ditangkap' nelayan kah mau ditangkapin???? Apa yg masuk ke kas negara kalau eksport di tutup??? Cuman elus dada dan nelan ludah sambil pasrah dengan gila2annya penyeludupan benih lobster, penangkapan edy kkp ini adalah efek jera bagi menteri kkp selanjutnya agar jangan main2 jd menteri kkp' kebijakan eksport dibuka bukan bertujuan untuk memperkaya pribadi dan kelompok tp tujuannya sangat2 banyak sembari membangun pola pikir nelayan agar bener2 mau membuat penangkaran sendiri untuk membesarkan benih lobster sendiri karena untungnya jauh lebih besar.

      Hapus
    10. Saya tau. Lae enggak bela prabowo.....tapi karena polemik ini diawal melibatkan opung luhut 🀣🀣🀣

      Hapus
    11. Ya iya karena dia sudah berusaha bersih, gk gampang untuk bersih itu dan kalau masih ada yg soudjon gimana rasanya???? Aku yakin dia bersih karena maindsetnya saat ini ingin membaktikan sisa hidupnya untuk kepentingan bangsa dan negara 🀷‍♂️πŸ˜ŠπŸ€—

      Hapus
    12. Kalau aku sebut misi pak luhut saat ini tebus dosa masa lalu, aku gk menyangkal kalau dia dahulu bagian dr orde baru tp akhirnya kan dia dicurigai orangnya jendaral moerdani yg diisukan si wowo yg ingin mengkudeta suharto' setelah isu tersebut karir luhut macet kok, aku jg gk bilang luhut orang suci dimasa lalu' tp situasi orde baru ya emang seperti itu kalau gk nakal ya jd penonton dan cuman telan ludah doang, saat inilah waktu yg tepat bagi luhut tebus dosa masa lalu karena dia sadar cuman bawa sempak dan baju dibadan saat masuk liang lahat nantinya jd buat apa lg harta wong harta nya banyak dan anak2nya udah jd semua, terlalu bodoh kita saat usia senja masih mikirin harta sementara harta yg ada aja udah bikin kita pusing gimana cara menghabiskannya, senakal nakalnya luhut aku yakin dia bukan tipe manusia yg gk sadar2 diri.

      Hapus
  41. Patroli pake motor itu mau kepasar? beli sayur buat rosmah?

    BalasHapus
  42. PADA KEMANA SEMUA WNI LAGI MAKAN SIANG? NGAK SERU NICH HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lua aja kabur di berita sebelum nih wkwkwkwk

      Hapus
  43. PATROLI PAKAI SCRAMBLER DAN ATV ITU TIDAKLAH ANEH BIASA2 AJA SESUAI KEADAAN TEMPAT HAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak aneh, karena yang membuat aneh itu adalah : kenapa barang murah saja harus kredit ? Jawabannya karena malon bankrap πŸ’ƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    2. Makjleb xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih pierπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  44. direktur utama PAL cewek lho pur
    hebat kan Purrr..


    gimana kabarnya rosmah pur? dia juga pandai tp pandai rasuah wkwkwk
    SPRM berani tangkap kah?

    BalasHapus
  45. Dari kisah benar operasi tentera MALAYSIA menyelamatkan Pasukan Khas tentera US yang terkepung, dalam PERTEMPURAN BLACK HAWK DOWN di Somalia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. versi film ya pur
      padahal sebenarnya hanya jadi tukang masak dan cuci piring

      wkwkwk

      Hapus
  46. Hari ini 3 dan 4 hari bulan Oktober genab 27 tahun kejadian "Black Hawk Down" yang menyebabkan seorang wira negara terkorban dalam misi menyelamat tentera US Ranger di Samolia pada tahun 1993. Selamat membaca....

    Objektif
    Pada 3 Oktober 1993, satu kompeni US Rangers telah menjalankan Operasi Gothic Serpent secara sendirian dengan bantuan helikopter Quick Reaction Force (QRF) disekitar kawasan Bakara Market. Objektif operasi ini adalah menangkap 2 orang kuat General Aidid yang sedang bermesyuarat. Pasukan ini dinamakan Task Force Ranger dan terdiri dari unit-unit berikut:
    Kompeni Bravo, Batalion ke-3, 75th Ranger Regiment, US Army
    C Squadron, 1st Special Forces Operational Detachment (Delta Force)
    Batalion Pertama, 160th Special Operations Aviation Regiment
    krew-krew dari Air Force Combat Controllers dan Pararescue
    komando SEAL dari Naval Special Warfare Development Group

    Ketika operasi sedang berjalan, 2 buah helikopter UH-60 Black Hawk telah ditembak jatuh di Rujukan Grid 365263 dan 363265. Kumpulan bersenjata General Aideed bertanggungjawab menembak helikopter tersebut. Sehingga jam 1630 dilaporkan 70 anggota Rangers dan 5 krew udara terperangkap dilokasi tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      Hapus
  47. Pada 4 Oktober 1993
    MALBATT (Malaysian Battalion) telah diletakkan didalam keadaan siap-sedia serta merta mulai jam 1755, sejurus selepas dimaklumkan akan turut serta didalam misi menyelamat di timur Pasar Bakara. Setengah jam kemudian, Markas UNOSOM II sekali lagi menghubungi Lt. Kol Mohd. Rozi meminta MALBATT menyediakan satu kompeni lagi bagi misi menyelamat tersebut.

    Lebih kurang jam 6.45 petang, Kompeni A, Batalion ke-19 Rejimen Askar Melayu Diraja (RAMD) telah tiba di New Port. Ketika itu, Pegawai Gerakan Mejar Mohd. Arif Shafie dan Kompeni B, 19 RAMD telah berada disitu. Anggota-anggota dari Batalion ke-2, 14th Infantry Regiment, 2nd Brigade, Task Force 10th Mountain Division, US Army sampai kira-kita jam 9 malam, manakala Komander QRF Col. Lawrence E. Casper tiba setengah jam kemudian.

    Dalam perbincangan seterusnya, Komander QRF meminta MALBATT menurunkan kesemua anggota sebuannya dan digantikan dengan oleh anggota dari Batalion ke-2, 14th Infantry Regiment didalam setiap APC yang telah MALBATT sediakan. Hanya para pegawai, ketua kenderaan, penembak belakang, pemandu dan jururadio dikekalkan dalam setiap APC bagi memudahkan komunikasi. Seramai 11 pegawai dan 102 anggota Lain-Lain Pangkat (LLP) terlibat dalam gerakan bersama ini. Baki 134 anggota telah diarahkan pulang ke Kem Lapangan Terbang, Mogadishu. Untuk makluman, anggota komando dari 11 Rejimen Gerak Khas juga terlibat semasa menyelamatkan krew helikopter Super 6 - 1.

    Pasukan kenderaan MALBATT terdiri dari:
    - Platun 4, Kompeni B - ZA 9467, ZA 9582, ZA 9435, ZA 9421, ZA 9422
    - Markas Kompeni B - ZA 9438, ZA 9395
    - Platun 5, Kompeni B - ZA 9440, ZA 9295, ZA 9360, ZA 9279
    - Platun 6, Kompeni B - ZA 9413, ZA 9389, ZA 9592, ZA 9462, ZA 9365
    - Platun 2, Kompeni A - ZA 9341, ZA 9220, ZA 9383, ZA 9340
    - Markas Kompeni A - ZA 9431, ZA 9357, ZA 9589, ZA 9509
    - Platun 1, Kompeni A - ZA 9221, ZA 9417, ZA 9384, ZA 9269
    - Platun 3, Kompeni A - ZA 9381, ZA 9420, ZA 9414, ZA 9429
    Leftenan Kamal Idris selaku ketua platun, terpaksa memilih anggota yang akan mengikuti misi tersebut kerana tidak semua anggotanya dapat turut sama setelah berlaku perubahan rancangan sebagaimana yang dikehendaki oleh Komander QRF.

    "Saya hendak pergi bertempur, siapa yang hendak menuruti saya biar kita pergi dan mati sekali, kalau kita dapat balik, bertuahlah!" katanya Lt. Kamal kepada anak buahnya. Kesemua anggota bujang termasuk 3 ketua seksyen yang telah berkahwin sedia untuk mengikut misi tersebut. Lt, Kamal kemudian memilih anggota yang bujang sahaja, tindakan ini dibantah oleh lain-lain anggota yang telah berkahwin. Mereka berpendapat kebanyakan anggota bujang masih baru dan tidak cukup pengalaman, tetapi Lt. Kamal menerangkan dia tidak sampai hati hendak membawa anggota yang sudah berkahwin, mentelah lagi, inilah masa yang sesuai untuk anggota-anggota baru mendapat pengalaman bertempur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk...

      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      Hapus
  48. Kol. Casper telah membahagikan pasukan penyelamat seperti berikut:
    Combat Team Charlie - (Kompeni A) - menggunakan kesemua 14 APC Condor dan 2 kenderaan Platun Anti-Kereta Kebal membawa anggota Kompeni C, 2nd Battalion, 2nd Brigade, 14th Infantry Regiment, 10th Mountain Division

    Combat Team Alpha - (Kompeni B) - membawa anggota Kompeni A, 2nd Battalion, 2nd Brigade, 14th Infantry Regiment, 10th Mountain Division

    Combat Team Bravo - baki anggota Ranger menaiki kenderaan Humvee

    Objektif:
    Combat Team Alpha - diarah pergi ke objektif sebelah kanan bagi menyelamatkan 70 anggota Rangers yang terperangkap

    Combat Team Charlie - diarahkan menyelamat juruterbang dan krew helikopter QRF disebelah kiri
    Combat Team Bravo - ditugaskan membantu kedua-dua Combat Team Alpha dan Charlie

    Pergerakan masuk:
    Mengikut perancangan, pergerakan didahului oleh Trup Kereta Kebal Pakistan (19th Lancers) diikuti oleh Combat Team Alpha, Bravo dan Charlie. Bagaimanapun, apabila hendak memulakan pergerakan Trup Pakistan enggan mendahului konvoi dengan alasan mereka tiada alat pandang malam. Mejar Rashid kemudian memaklumkan kepada Trup Pakistan kenderaan MALBATT juga tiada alat pandang malam. Akhirnya Trup Pakistan memberitahu mereka tidak mendapat kebenaran dari Pemerintah Briged mereka untuk melaksanakan tugas pada malam itu. Trup Pakistan bersetuju untuk mengiringi sehingga ke Strong Point 69 sahaja.
    Konvoi meninggalkan New Port menuju ke objektif melalui Strong Point 73, Strong Point 69 dan Strong Point 207 kemudian ke National Street untuk sampai ke sasaran. Konvoi tiba di Strong Point 207 pada jam 0238, 4 Oktober 1993. Disini, setiap Combat Team akan berpecah menuju objektif masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk..

      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      Hapus
  49. Kol. Casper telah membahagikan pasukan penyelamat seperti berikut:

    Combat Team Charlie - (Kompeni A) - menggunakan kesemua 14 APC Condor dan 2 kenderaan Platun Anti-Kereta Kebal membawa anggota Kompeni C, 2nd Battalion, 2nd Brigade, 14th Infantry Regiment, 10th Mountain Division
    Combat Team Alpha - (Kompeni B) - membawa anggota Kompeni A, 2nd Battalion, 2nd Brigade, 14th Infantry Regiment, 10th Mountain Division
    Combat Team Bravo - baki anggota Ranger menaiki kenderaan Humvee

    Objektif:
    Combat Team Alpha - diarah pergi ke objektif sebelah kanan bagi menyelamatkan 70 anggota Rangers yang terperangkap
    Combat Team Charlie - diarahkan menyelamat juruterbang dan krew helikopter QRF disebelah kiri
    Combat Team Bravo - ditugaskan membantu kedua-dua Combat Team Alpha dan Charlie

    Pergerakan masuk:
    Mengikut perancangan, pergerakan didahului oleh Trup Kereta Kebal Pakistan (19th Lancers) diikuti oleh Combat Team Alpha, Bravo dan Charlie. Bagaimanapun, apabila hendak memulakan pergerakan Trup Pakistan enggan mendahului konvoi dengan alasan mereka tiada alat pandang malam. Mejar Rashid kemudian memaklumkan kepada Trup Pakistan kenderaan MALBATT juga tiada alat pandang malam. Akhirnya Trup Pakistan memberitahu mereka tidak mendapat kebenaran dari Pemerintah Briged mereka untuk melaksanakan tugas pada malam itu. Trup Pakistan bersetuju untuk mengiringi sehingga ke Strong Point 69 sahaja.
    Konvoi meninggalkan New Port menuju ke objektif melalui Strong Point 73, Strong Point 69 dan Strong Point 207 kemudian ke National Street untuk sampai ke sasaran. Konvoi tiba di Strong Point 207 pada jam 0238, 4 Oktober 1993. Disini, setiap Combat Team akan berpecah menuju objektif masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk

      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      Hapus
  50. Pbt. Rizal yang cedera parah berada selama sejam didalam ZA 9647 sebelum dikeluarkan oleh seorang anggota Ranger. Dia dibawa kesebuah rumah kosong dan dirawat oleh Tentera Amerika setelah setengah jam disitu. Ketika itu dia terasa sesuatu yang terlalu dingin masuk melalui kedua hujung kakinya dan bergerak perlahan-lahan naik ke paras pinggang. Di saat itu dia tidak lagi dapat melihat dan sukar untuk bernafas. Rasanya ajal sudah sangat hampir, tetapi tiba-tiba sebutir mortar telah meledak dihadapan rumah tersebut, dia dapat merasakan dingin tadi mula menurun ke kaki dan beransur hilang. Tiba-tiba dia rasa yakin untuk terus hidup setelah dapat bernafas kembali.

    Ketua Kompeni, Mejar Abd. Rashid Ahmad memaklumkan kepada semua ketua kereta perisai agar membalas tembakan dan terus bergerak ke sasaran. Kereta kebal Pakistan telah pun beredar meninggalkan lokasi pertempuran. Mejar Abd. Rashid mengarahkan Platun 6 pimpinan Lt. Muda Khairul Anuar Abd. Aziz (ZA 9389) menggantikan Platun 4 mendahului konvoi. Setibanya dipersimpangan jalan besar, Lt. Muda Khairul Anuar bertanya kepada ketua pasukan Rangers arah manakah harus dituju. Dia mengarahkan Lt. Muda Khairul Anuar melintasi jalan berkenaan dan memasuki lorong tanah merah. Disitu keretanya ditembak dari arah hadapan. Dia membalas tembakan sambil mengarahkan kenderaan belakang berundur. Apabila semua telah selamat berundur, mereka berhenti dan memanggil ketua platun Rangers yang berada diluar APC menunjukkan arah lokasi helikopter itu ditembak jatuh.

    Setelah tiba dilokasi dimana 70 anggota Rangers terperangkap, anggota Rangers yang tercedera telah dimuatkan kedalam APC manakala yang telah terkorban diletakkan sahaja diatas kereta perisai itu. Mana-mana anggota yang selamat berjalan mengiringi APC. Mereka kemudian bergerak menuju ke lokasi helikopter yang jatuh itu untuk mengambil mayat krew helikopter tersebut. Mereka berada dilokasi itu kira-kira jam 0100 (4 Oktober 1993). Rangers menggunakan chainsaw untuk memotong badan pesawat sebelum dapat megeluarkan mayat krew helikopter. Pada masa yg sama, pihak militia terus menembak bertubi-tubi. Anggota-anggota Rangers mengabil perlindungan setiap kali mereka ditembak. Kerja-kerja mengeluarkan mayat selesai kira-kira jam 0430.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk

      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu
      apalagi baca tulisanmu

      Hapus
  51. Pertempuran: Combat Team Charlie
    Mejar Ab. Aziz Ab. Latif mengetuai Combat Team Charlie. Konvoi bergerak menurut susunan berikut - Platun 2 mendahului konvoi, diikuti dengan Markas Kompeni dan Platun 1 ditengah-tengah manakala Platun 3 mengekori dibelakang. Konvoi mula diserang pada jam 2340 iaitu sejak di Strong Point 69 lagi. "Macam ini ke berperang?" tanya Prebet Mat Aznan Awang melalui radio. "Ha...macam inilah, hang jaga sikit" jawab L/Kpl Mohd Sabri, ketua kereta ZA 9341 dari Platun 2, Kompeni A. kesemua anggota infantri meminta diturunkan selepas konvoi meninggalkan simpang empat sejauh kira-kira 1000 meter. Konvoi mara sambil membalas tembakan kearah kedudukan militia. Walaupun dihujani peluru dan halangan dijalan, konvoi berjaya tiba di objektif kira-kira jam 0230. Disebabkan APC berada dilorong kecil yang terdapat bangunan disekelilingnya, Mejar Ab. Aziz mengarahkan semua APC merapat ke bangunan. Disebabkan terlalu banyak halangan, konvoi hanya bergerak 100 meter dalam masa sejam setengah.

    Ketua platun infantri yang berada didalam kereta Mejar Ab. Aziz meminta untuk diturunkan. Walaupun dihalang oleh Mejar Ab. Aziz kerana tembakan musuh bertubi-tubi, mereka berkeras untuk turun dan cuba membuka pintu. Tiga anggota mereka rebah setelah terkena tembakan semasa hendak keluar dari kereta perisai. Mereka diseret ke longkang berhampiran untuk berlindung.

    Ketua Kompeni Rangers, Capt. White Stone yang berada didalam ZA 9357 bersama-sama Kapt. Abd. Latif Ladin terus menerus mengadakan perhubungan dengan juruterbang helikopter di udara bagi mengetahui kedudukan objektif. Helikopter akan memancarkan cahaya yang boleh dilihat dengan alat pandang malam (Night Vision Goggle). Helikopter dapat merapati sasaran setelah ZA 9589 dan ZA 9357 menembak serentak musuh diatas bumbung bangunan 4 tingkat yang sedang mengendalikan senjata anti pesawat udara. Tembakan tersebut telah berjaya meruntuhkan lantai bangunan dan memusnahkan kedudukan militia itu.

    Lebih kurang pada jam 0250, ZA 9340 telah terkena tembakan RPG. APC tersebut kelihatan bergegar dan asap putih menyelubunginya. Pintu kiri APC ditembusi RPG dan serpihannya mencederakan L/Kpl Suleiman Aziz. Selain itu, keseluruhan sistem elektrik dan sistem hidraulik APC berkenaan juga lumpuh. Tidak lama selepas itu, ZA 9341 pula kena tembakan RPG. Menurut L/Kpl Mohd Sabri, kenderaannya ditembak dari 3 arah, tembakan dari hadapan menembusi cermin hadapan dan peluru RPG tersebut meletup sehinggakan helmet yang dipakai oleh L/Kpl Mohd Sabri tercampak. Prebet Mat Aznan, pemandu ZA 9341 telah terkorban dalam letupan itu.

    Lt. Kol Mohd Rozi berjaya berhububg dengan Mejar Ab Aziz dan memerintahkannya berundur. Dia kemudiannya memberitahu Lt. Kol Mohd Rozi bahawa anggota tentera Amerika masih dikawasan objektif, jikalau dia meninggalkan mereka, mereka akan menjadi sasaran mudah militia. Lagipun sekiranya Mejar Ab Aziz memilih untuk meninggalkan kawasan objektif, belum tentu dia boleh keluar dengan selamat. Lt. Kol Mohd Rozi kemudiannya menyerahkan kepada budi bicara Mejar Ab Aziz untuk membuat tindakan wajar. Mejar Ab Aziz kemudiannya mengarahkan Platun 1 mara kehadapan menggantikan Platun 2 yang hanya tinggal 2 kenderaan dalam keadaan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      ada pisang pur.. mau?

      Hapus
  52. Pengunduran
    Mejar Ab. Aziz menghubungi Kapt. Zawawi bagi membuat koordinasi pengunduran dengan Ketua Kompeni Rangers. Kapt. Zawawi terpaksa keluar mencari Capt. White Stone untuk membincangkan koordinasi pengunduran. Beliau mencapai M16 dan 5 magazin peluru sambil meminta L/Kpl Ahmad Nadzri Husain menyampaikan pesan buat keluarganya seandainya beliau tidak kembali. Sejurus selepas turun dari kereta, beliau menghampiri bangunan berdekatan dan ternampak sebutir peluru RPG menuju kearahnya. Beliau sempat mengambil perlindungan, tetapi peluru itu mengenai 3 orang tentera Amerika dihadapannya. Selepas setengah jam mencari, beliau dapat menemui Capt. White Stone lalu berbincang mengenai koordinasi pengunduran.

    Setelah berlindung kira-kira 4 jam disebuah rumah kosong, anggota Rangers memberitahu terdapat APC pasukan sahabat kira-kira 1000 meter dari rumah itu. Mereka dibahagikan kepada 3 kumpulan, sekumpulan Rangers berada dihadapan, Anggota Rangers yang cedera bersama 6 anggota MALBATT ditengah dan dibelakang sekali satu lagi kumpulan Rangers. Pbt. Rizal yang cedera parah telah diusung dengan stretcher oleh Kpl Manaf, L/Klp Md Nayan, L/Kpl Abdullah dan Pbt. Mohd. Sabri. Kumpulan mereka diserang, seorang Rangers di kumpulan hadapan cedera parah, manakala Pbt. Rizal tercampak dari stretcher. Anggota Rangers mencampak penanda yang boleh dilihat oleh NVG. Helikopter kemudian memberi bantuan tembakan perlindungan. Setelah sejam disitu, 3 buah APC dari Platun 3, Kompeni A telah sampai untuk menyelamatkan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      pisang pur.. biar pinter dikit

      Hapus
    2. Oh...cerita karut ini Purr


      Wakakakak

      Hapus
  53. Asikk ada yang ngedongeng guys...wkwkwkwk
    Ngantuk nih jom tidur...wkwkwkwk

    BalasHapus
  54. Setelah mendapat persetujuan Timbalan Komander MALBATT, Mejar Ab Aziz memohon helikopter memusnahkan APC yang telah rosak kerana tembakan RPG supaya senjata dan peluru yang masih tinggal tidak jatuh ketangan militia. Pengunduran dibuat kira-kira jam 0545 dan pihak militia masih lagi melepaskan tembakan. Semasa konvoi lalu dikawasan perumahan, sebahagian penghuni dilihat sedang merokok dan menggosok gigi dengan selamba diluar rumah. Konvoi bergerak menuju ke Stadium Mogadishu yang merupakan kem tentera Pakistan.

    Semasa pertempuran itu, kerosakan aset MALBATT adalah seperti berikut:
    3 x Condor dengan GPMG berkembar musnah
    1 x Condor dengan 20mm Oerlikon rosak pada tayar
    3 x Condor dengan GPMG berkembar rosak pada tayar

    Kemalangan jiwa:
    1. Pbt. Mat Aznan bin Awang - terkorban

    Kecederaan:
    1. PW2 Rofei bin Jasin
    2. Kpl Manaf bin Mohammad
    3. L/Kpl Suleiman bin Aziz
    4. L/Kpl Mohd Sabri bin Ahmad
    5. L/Kpl Rosdi bin Abdullah
    6. L/Kpl Aziz bin Barakatollah
    7. Pbt. Rizal bin Ismail
    8. Pbt. Noorazam bin Baharom

    Tentera Amerika yang terkorban:
    1. MSG Gary Ivan Gordon (1st SOFOD - Delta Force)
    2. SFC Randy Shughart (1st SOFOD - Delta Force)
    3. SSG Daniel D. Busch (1st SOFOD - Delta Force)
    4. SFC Earl Robert Fillmore, Jr (1st SOFOD - Delta Force)
    5. MSG Timothy "Griz" Lynn Martin (1st SOFOD - Delta Force)
    6. CPL James "Jamie" E. Smith (Batalion 3, 75th Ranger Regiment)
    7. SPC James M. Cavaco (Batalion 3, 75th Ranger Regiment)
    8. SGT James Casey Joy (Batalion 3, 75th Ranger Regiment)
    9. CPL Richard W. Kowalewski, Jr (Batalion 3, 75th Ranger Regiment)
    10. SGT Dominick M. Pilla (Batalion 3, 75th Ranger Regiment)
    11. SGT Lorenzo M. Ruiz (Batalion 3, 75th Ranger Regiment)
    12. SSG William David Cleveland, Jr (160th Special Operations Aviation Regiment)
    13. SSG Thomas J. Field (160th Special Operations Aviation Regiment)
    14. CWO Raymond A. Frank (160th Special Operations Aviation Regiment)
    15. CWO Clifton P. Wolcott (160th Special Operations Aviation Regiment)
    16. CWO Donovan Briley (160th Special Operations Aviation Regiment)
    17. SGT Cornell Lemont Houston, Sr (Batalion 2, 14th Infantry Regt, 2nd Brigade, 10th Mountain)
    18. PFC James Henry Martin, Jr (Batalion 2, 14th Infantry Regt, 2nd Brigade, 10th Mountain

    Pada bulan Ogos 2013, bangkai helikopter Super 61 telah dibawa balik ke Amerika dan dipamerkan di Muzium Airborne and Special Operations, Fort Bragg atas usaha David Snelson dan Alisha Ryu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      sedang ber bual ya pur?
      kami tak percaya bualan kamu

      Hapus
  55. Panjang betul dongengmu Pur, jadi males bacanya...wkwkwkwk

    BalasHapus
  56. Kesian kesian di film black hawk down, malay tak disebut sama sekali ... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

    BalasHapus
  57. takpe BANTUAN tu ikhlas jika di hargai Alhamdulilah jika cuba di tutup pun tiada masalah kerana kebenaran tetap akan terlihat juga akhirnya....

    malulah kuasa besar jika ketahuan sebuah negara kecil meyelamatkan tentera mereka malah pasukan khusus pula tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mang kau sutradara nya pur

      Kasihan Tak ade bahan lgi

      Hapus
    2. wkwkwk
      mau bual2 dan reka2 apalagi kamu pur?

      komen mu makin tak jelas

      Hapus
    3. Kalau bantuan tuh ikhlas Pur kenapa pula kau umbar umbar Kat sini...wkwkwkwk

      Malon Malon....wkwkwkwk

      Hapus
  58. PT PAL mang Grade A di Asean
    Tak ada cacat tak ada salah potong.

    The best Tahniah Pt PAL

    BalasHapus
  59. Kasihann si gempur makin Gak jelas bual2 reka2 hahha
    .apalgi klo Berita2 bgus dri kita hahah

    Purr ada salam Dri Pt PAL
    Salam zero cacat dan tanpa salah potong

    BalasHapus
  60. @GEMPURWIRA

    Cerita karut ya purr....wakakakak

    BalasHapus
  61. PTM Gen 6 the world’s most advanced aircraft spent USD50B to built aircraft design facility called “ASSTUNNEL”

    BalasHapus
  62. itu belum lagi saya cerita pasal tentera INDONN lari dari barisan hadapan pertempuran dengan TAKSI di LUBNAN...wkwkwkwkwkw

    SANGAT LAWAK....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxa iya poor lawak sangat xaxaxaxaxa 1cc mu memang lawak xaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Pasal TNI hadang tank Merkava Israel tak kau bahas Pur...wkwkwkwk

      Hapus
    3. Sejak kapan put tugas PBB ikut terlibat dalam perang?? Wkwkwkwk

      PBB itu netral Pur tak memihak ke negara mana pun wkwkwkwk

      Jelas betul reka reka cerita alias fitnah...wkwkwk

      Hapus
  63. Xaxaxaxaxa ntar tak kasih link sahih mingkem poor xaxaxaxaxa taksi itu kan reka2 kaulah xaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  64. Pasukan TNI INDOBATT UNFIL Indonesia yang berhasil menghadang Tank Merkava Israel yg mencoba menerobos perbatasan Lebanon

    Link Rekaman

    https://youtu.be/_t-hGU_nnbc

    BalasHapus
  65. Katanya lari dari Medan perang...wkwkwk jelas banget ngarangnya, sejak kapan PBB ikut terlibat peperangan...wkwkwkwk, tugas PBB itu menghentikan konflik bukan malah ikut berperang...wkwkwkwk

    Aneh kali reka reka brukers MALON...wkwkwkwk

    BalasHapus
  66. Malon dont be shy ask help from Indonesia. They can fix your submarine....or Phil wildcat can Help Malon Subamrine to sink at the bottom of the Harbor

    BalasHapus
  67. Petik kata "whole production", no percent-percent-an.

    BalasHapus
  68. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk segera menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  69. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  70. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY Email: belindachristopherloancompany@gmail.comwhatsapp: +1 (347) 797-0786
    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) untuk a pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)
    Nama: Anik susiawati Bank: Bank Central Asia (BCA) Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000 Tanggal: 17 Agustus 2020 Email. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  71. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus