12 November 2020

Pelaksanaan Sertifikasi Kelaikan Rantis Komodo Dalam Rangka Uji Statis dan Uji Dinamis

12 November 2020

Sertifikasi kendaraan taktis Komodo 4x4 (photos : Kemhan)

Dari tanggal 2 November s/d 6 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Sertifikasi Kelaikan Militer Rantis (Kendaraan Taktis) Komodo penyedia PT. Pindad dalam rangka Uji Statis dan Uji Dinamis. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan PT. Pindad dan Tim Kelaikan IMLA (Indonesian Military Landworthiness)  Puslaik Kemhan. Uji Statis dilaksanakan terhadap 5 kendaran Komodo dan Uji Dinamis dilaksanakan dengan metode sampling terhadap 2 kendaraan Komodo.

Uji statis dilaksanakan terhadap 5 kendaraan Komodo di halaman gedung seratus PT. Pindad dan uji dinamis dilaksanakan selama 5 hari dengan rute perjalanan dari PT. Pindad (Bandung)-Subang-Sarangan-Kebumen-Ambal-Ciwidey-Batujajar – PT. Pindad (Bandung), dalam pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar dan selalu mematuhi Protocol Kesehatan Covid 19.

Pelaksanaan uji dinamis meliputi materi uji Percepatan dari 40 km/jam s.d. 60 km/jam, Perlambatan dari 60 km/jam s.d. 40 km/jam, Kecepatan aman sampai dengan 80 km/jam, Uji Radio dan uji handheld, Uji daya tanjak 15% – 30%, Uji daya tanjak 30% – 60%, Uji lampu tempur dan BO (black out), Uji Offroad melewati lintasan (berlumpur, berpasir, berbatu, tanjakan, turunan, serta lintas datar), Uji statis dan dinamis RCWS senjata 7,62 mm serta integrasi antara BMS dan RCWS, Uji shoot detection. Dalam pelaksanaan uji baik statis maupun dinamis dengan hasil tidak terjadi malfungsi dan sesuai dengan spesifikasi teknis dalam kontrak.

Kendaraan taktis Komodo dengan penyedia PT. Pindad sebanyak 5 unit akan digunakan oleh Pussenif Kodiklatad. Rangkaian kegiatan sertifikasi kelaikan kendaraan Komodo diakhiri dengan rapat pembuatan notulen yang bertempat di PT. Pindad (Bandung) dengan memberikan saran, masukan dan evaluasi dari Tim Kelaikan kepada PT. Pindad.

(Kemhan)

101 komentar:

  1. Wah mantap ini baru buat sendiri tes ini tes itu, ada yang kurang diperbaiki dll kedepannya bisa diekspor dan jadi pemasukan buat negara

    Yang sim salabim tempel stiker langsung jadi dan tak nak ekspor MINGGIR

    BalasHapus
  2. Jiran sebelah yg mau tipu-tipu UN harap menepi, jika tdk menepi akan kami tabrak

    BalasHapus
  3. Yang gak bisa bedain million, billion dan trillion minggir dulu nanti G*BLOK MU KELIATAN

    BalasHapus
  4. https://jakartagreater.com/manuver-helikopter-apache-skadron-11-serbu-puspenerbad/

    Yang bilang apache grounded, tembak cicak di hangar MINGGIR DULU NANTI G*BLOKMU KELIATAN

    BalasHapus
  5. RCWS kita sudah mampu membuatnya secara mandiri hasil TOT, nih komodo cocok buat pasukan di papua, jangan pake pickup kendaraan sipil udah gitu nga ada armour nya lagi, babak belur aja tni bila sergap depan belakang sama opm,

    tewasnya anggota tni di papua kebanyakan disergab dari depan dan atas bukit, anggota tni yg sedang patroli entah sedang membawa perbekalan karna mengunakan kendaraan pickup biasa tanpa ada perlindungan armor tambahan,,

    Ayo panglima geser 5 komodo dan 5 anoa ke papua, sekalian rainbow 1 unit buat ngejar opm yg kabur kedalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. RCWS kita sudah mampu membuatnya secara mandiri hasil TOT, nih komodo cocok buat pasukan di papua, jangan pake pickup kendaraan sipil udah gitu nga ada armour nya lagi, babak belur aja tni bila sergap depan belakang sama opm,

      tewasnya anggota tni di papua kebanyakan disergab dari depan dan atas bukit, anggota tni yg sedang patroli entah sedang membawa perbekalan karna mengunakan kendaraan pickup biasa tanpa ada perlindungan armor tambahan,,

      Ayo panglima geser 5 komodo dan 5 anoa ke papua, sekalian rainbow 1 unit buat ngejar opm yg kabur kedalam hutan

      Hapus
    2. Kalau untuk drone di Papua sudah ada Aerostar, buat keperluan ISTAR

      Hapus
    3. Setuju, sekalian uji tempur di medan perang sesungguhnya kayak su 35 dan su 57 yang dikirim ke suriah. Jangan jadikan pajangan atau untuk defile saja

      Hapus
  6. Apache di grounded dan MI-35 hilang kuasa tu tepi sikit....wkwkwkwkwkwkwkw

    patutlah banyak masa kedua heli ni dalam hanggar memburu cicak tokek

    Di suruh tepi sama pur.
    Malon ade tak heli Attck?
    Kasihan sakitnya di mana pur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih progres sewa om gk tau kelanjutannya

      Hapus
    2. Coba malon kasih contoh seperti ucapanmu... Mana apache ma mi35 nganggur... Bukanya latihan di Baturaja...

      Hapus
  7. Ini pakai RCWS buatan Lokal kan Made In Indonesia..



    https://www.respati.co.id/portfolio-item/remote-controlled-weapon-station/

    BalasHapus
  8. Cukup banyak kata deh, emejing,awsome, keren,syabas dan LANJUTKAN!

    BalasHapus
  9. KOMODO mantab nih ada RCWS nya musuh kalo udah kena lock pasti ambyar kepalanya

    BalasHapus
  10. Indonesia Luncurkan Satelit Multifungsi Di Tahun 2022

    Pengembangan infrastruktur komunikasi Indonesia terus dilakukan demi mendorong pemanfaatan ekonomi digital. Indonesia yang tengah menghadapi revolusi industri keempat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan mengorbitkan satelit baru di awal 2022 mendatang.
    Seperti diberitakan CNN Indonesia (24/5) satelit ini merupakan bagian dari proyek Palapa ring yang berusaha menghubungkan setiap jengkal negeri dengan jaringan komunikasi. Berbeda dengan Palapa Ring yang diprioritaskan untuk daerah-daerah dengan kebutuhan tinggi, satelit ini nantinya akan lebih diutamakan untuk wilayah yang belum terjangkau dengan jaringan kabel optik seperti di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Indonesia.

    Direktur Utama Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Anang Latif menjelaskan bahwa daerah terluar yang paling sulit untuk diakses umumnya berada di daerah Kalimantan dan Papua. “Ada 140 ribu titik tidak dapat dijangkau fiber optik. Itu karena medan yang sulit diakses sehingga satu satunya solusi adalah satelit multifungsi,” ujar Anang.

    Satelit ini nantinya akan mampu mendukung jaringan komunikasi untuk 93.900 sekolah, 47.900 kantor pemerintahan, 3.700 puskesmas dan 3.900 markas polisi serta TNI yang berada di wilayah terpencil dengan kecepatan akses mencapai 30 Mbps. Menurut Anang hadirnya jaringan komunikasi di daerah terpencil akan mampu mempengaruhi perkembangan suatu daerah. Kemajuan bisa terjadi tidak hanya di bidang ekonomi tetapi juga dalam bidang pendidikan.

    Wilayah 3T di Indonesia sendiri masih tersebar di berbagai tempat. Bahkan Pulau Jawa juga memiliki wilayah terpencil yang belum mendapatkan jaringan internet. Hal ini tentu saja akan menjadi perhatian bagi Kemkominfo dalam upaya mengoneksikan setiap jengkal tanah air dengan teknologi internet.

    Satelit multifungsi yang akan diluncurkan sendiri merupakan satelit yang berjenis High Throughput Satellit (HTS). Satelit ini memiliki kemampuan untuk membawa berbagai jenis transponder dengan kecepatan akses data mencapai 100 Gbits dengan kapasitas mencapai 155 Mbps. Jumlat satelit HTS sendiri tidak banyak dimiliki negara-negara dunia. Tercatat hanya ada setitar 14 satelit yang pernah diorbitkan dan dimiliki oleh berbagai negara.

    Sementara proyek Palapa Ring paket Timur akhir tahun ini diperkirakan akan selesai. Berkat jaringan kabel optik ini, daerah-daerah di timur Indonesia akan mampu mengakses internet cepat layaknya daerah-daerah Indonesia bagian barat.

    [Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id]

    BalasHapus
  11. MANTAB RCWS MADE IN INDO, BISA NGELOCK TARGET BERGERAK SECARA OTOMATIS, TANPA HARUS DIGERAKAN OLEH OPERATOR DI DALAMNYA


    MANTUL PESEN AH 1 BUAT PASANG DI FORTUNER

    BalasHapus
  12. https://youtu.be/NSerfdqBidA


    https://youtu.be/KVZiLwmAq6w

    Btw yng ini rencananya dipasang dimana ya? Ada yang tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anoa, Komodo, Badak, Tarantula..

      Mungkin kedepannya bisa di pasang di Kapal Bakamla, KPLP dan KRI

      Hapus
  13. ...BERUK dicokot karo komodo, trus dadi rekoso mergo komodo banyu cangkeme...iso ngrusak saraf beruke

























    ... Xixixixixixixi

    BalasHapus
  14. https://m.jpnn.com/news/malaysia-ogah-ladeni-klaim-filipina-soal-sabah.


    Apakah Sekarang Negara Askar Beruk BERSARONG Malassia Jadi Negara Ayam Sayur Tak Berani Lawan philipin, Apa Takut Bersembunyi Saja di bawah ketiak Mak elizabeth.... 不不 MaLu sangat Ruuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...MALON saiki dadi BALUNGAN KERE, mergo de'e lali karo KAHANAN



















      ... Xixixixixixixi

      Hapus
  15. Salam APC Guardian MALBATT LUBNAN hendak PRANK PBB tak pasang RCWS.. wkwkwkwkwkw asyiiikkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerajaan Malon hebat, jerung, kroni tak dimana- tak dimana selalu berjasa dalam pembelian alat perang. UN pon ia berani lakukan PRANK

      Hapus
  16. Kalo Gempur bilang
    Tak usah takut sama pinoy cukup call mama Elo hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan selalu berlindung di selipan pantat mat puteh...., Sejuk dan enak katanya, makanya nyamanlah Malon tu

      Hapus
    2. ? enaj eyip, ruP...

















      ixixixixixixiX ...

      Hapus
  17. Pur jelas2 Pinoy sedang membangun militer nya modernisasi tp kau makin koyak aja.
    Bujet pun lbh besar drpd malon

    BalasHapus
  18. 01. Salam bina kapal salah potong 7 tahun tak cecah air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai vita berapi
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly taming Sari
    06. Salam bina jet PTM Gen 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly nyamuk
    08. Salam bina kereta terbang untuk grab antar galaxy
    09. Salam bina kereta proton tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando letupkan wanita hamil
    11. Salam komando tewas saat demo tembak teman sendiri
    12. Salam komando pingsan saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam tak bisa selam sebelum mro
    14. Salam kapal kaleng hutangan dari cina untuk lawan cina
    15. Salam kapal rusak oleh jaring nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer Bunga pasir 5
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja
    18. Salam MKM 18 hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam mig29 grounded semua
    20. Salam kilang MRO pesawat lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam nuri lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik tak datang2 DP 30% hangus di gondol najib
    23. Salam engine jet hilang di songlap
    24. Salam askar penjaga istana bagai anjing british selama 999 tahun
    25. Salam eject kat hanggar world record 2 kali
    26. Salam kapal militer kena sita
    27. Salam Mantan PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam Judi halal daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan kajian banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tak
    31. Salam tak punya marine, kapal LPD, hali attack, dan SPH
    32. Salam Budget Pendidikan 2021 RM50 BILLION tapi OTAK 1CC
    33. Salam JF-17 PRANK
    34. Salam UCAV PRANK
    35. Salam MPA BAHARU PRANK
    36. Salam APC GUARDIAN PRANK PBB
    37. Salam Budget Pertahanan 2021 RM16 BILLION di Bagi 5 hanya cukup beli Boat Kecik Pemintas.
    38. Salam ATM perang lawan Ayam dan Anjing Di LAHAD DATU
    39. Salam TUDM ngebom Pohon Sawit dan Pokok Pisang di LAHAD DATU
    40. Salam UPGRADE 3unit CN 235 dari hasil DERMA ke USA
    41. Salam di Ceroboh 89x Bomber China
    42. Salam BASECAMP CHINA COAST GUARD & PLA NAVY di BETING PATINGGI ALI
    43. Salam Hutang PANDA BOND China dibayar dengan SAMURAI BOND Jepang
    44. Salam PROPINSI BARU CHINA "CHINAYSIA"
    45. Salam PINOY Prepare To Take Over SABAH
    46.Salam JOHOR BAHRU & SARAWAK MERDEKA
    47. Salam NAJIB & ROSMAH Tak Masuk Jail
    48. Salam FEE Komisi 70% Kroni, Jerung Orang Tengah
    49. Salam di ceroboh 100x APACHE Singapur
    50. Salam Pesawat CESSNA gotong AAMRAAM buat Gantiin MIG29 Grounded
    51. Salam tak Punya Pesawat Kepresidenan BBJ
    52. Salam Budget Pertahanan di Bawah Mantan Propinsi Singapur
    53. Salam Budget Pertahanan di bawah Philipina
    54. Salam Sewa 2biji Heli Mi8
    55. Salam Tak punya Heli Attack dibawah Bangladesh
    56. Salam 30% penduduk China, 20% penduduk Bangla
    57. Salam jual air Bersih Murah Ke Singapur
    58. Salam Pejuang Sulu & Armed Forces Of The Philippines
    59. Salam Negara MEMBER FPDA PALING LEMBIK & PONDAN

    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam lawak ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN

    休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休仙anas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang

    BalasHapus
  19. https://youtu.be/O8jHRpN-OS0
    Ni pur tengok hasil karya bangsa kereta TrAm.

    Jgn FB aja kau sibuk baca haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. NICE Ayo kita biarkan malon dengan protol geely, ayo kita tinggalkan malon....

      Hapus
  20. Tahniah PT Pindad.
    Produk2 mantul
    Amunisi
    Senapan
    Panser2
    Excavator
    Roket.

    BalasHapus
  21. Indonesia harus berguru dan belajar dari negara Chungkuo (China) jika ingin lebih maju dari sekarang... Kereta nasional Malaysia pun sekarang lebih berquality dan murah ketika diambil alih oleh China ...

    Ingat Chungkuo (China) sekarang adalah Penguasa Dunia yang bukan saja patut dihormati .. bahkan harus dipatuhi dan disembah jika Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya ingin tetap survive ...

    BalasHapus
  22. Sampah malon terngiang gempita mereka yang tak bisa di ekspor dan cuma tempel stiker

    BalasHapus
  23. Haii Gempur makin koyak

    Sila masuk ke Instagram
    Amur_Amara_Jaya
    Tengok2 Apache kmai spt apa
    Jgn nak hoax dann reka2 kamu pur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa gitu dech pasien RSJ KL lepas haha!云云云

      Hapus
  24. komodo tipe APC, makin ganteng...tinggi gde haha!

    RCWS asoooyyy, KL mana punyak...gagal prank pbb pula, rasaiinnn haha!

    BalasHapus
  25. Satu hal yang amat disayangkan oleh negara Chungkuo (China) ketika Indonesia membuang-buang duitnya yang sangat terbatas dengan membangun sebuah military base di Natuna .. Jika military base ini sengaja dibangun untuk menakuti kami .. itu adalah kesalahan besar.. Ingat hanya dengan 1 peluryu berpandu nuclear 150 kiloton saja yang kami luncurkan dari kapal selam... maka dapat dipastikan pangkalan militer Natuna tersebut akan hangus dan hancur lebur tak tersisa sama sekali..

    M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yayayyaa...hancurkan aja klo brani.

      Hapus
    2. Putrajaya.
      Hahhaayy
      Natuna mang dibuat untuk blokade 2 semenenjung malon laut dan udara

      Hapus
    3. Wah ada badut baru ... 不不

      Hapus
    4. Wah ndaru nduwe hp anyar tur tambah gendeng ,ruw ngombe obat ruw

      Hapus
  26. ...cerita lacu,

    Lokasi Warnas LEMAK pinggir jalan, siang hari di bulan Ramadhan.

    Suwandaruw : (tampang serem) “Woi! mana nih yang punya warnas LEMAK ??!!!”

    Gempurwira : “Aa...ada apa, Pak?”

    Suwandaruw : (membentak) “Bapak yang punya warnas LEMAK ini?!!!”

    Gempurwira : “Ii...iya pak.”

    Suwandaruw : “Ini kan bulan Ramadhan, bulan yang suci hormati dong orang yang lagi puasa, kalau jualan boleh aja tapi pake penutup tirai kek supaya gak kelihatan.”

    Beberapa menit kemudian. Gempurwira pemilik warnas LEMAK memasang tirai penutup. Kemudian Suwandaruw masuk ke dalam Warnas LEMAK.

    Suwandaruw : “Nah gitu dong, Pesen es Tehnya satu ya…”

    Gempurwira : “???!!”






















    ... Xixixixixixixi

    BalasHapus
  27. Malon tak usah takut lah dgn Pangkalan Natuna..tp klo macam2 Natuna siap blok jalur laut dan udara yg malon tidak punya teritori lagi.

    BalasHapus
  28. Semua negara asean tambah aset military weaponnya... Malays baru tambah 1000 bilik je tuk askar Homeless ATM... Teruknya ekonomi malays..

    BalasHapus
  29. Semua negara asean tambah aset military weaponnya... Malays baru tambah 1000 bilik je tuk askar Homeless ATM... Teruknya ekonomi malays..

    BalasHapus
  30. Semua negara asean tambah aset military weaponnya... Malays baru tambah 1000 bilik je tuk askar Homeless ATM... Teruknya ekonomi malays..

    BalasHapus
  31. Natuna hancur karena nuclear,cina akan tinggal dongeng,dunia tidak akan tinggal diam,india,pakistan,rusia,amerika,israel,perancis,iran,korut akan meluncurkan rudalnya ke cina daratan,cina akan hilang tinggal dongeng

    BalasHapus
  32. Admin kpn ni DS bisa hadirkan berita beserta Video nha lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takutnya ada yg menyalah gunakan link gisel to min

      Hapus
  33. ...Mbah GONO saiki malam Jemuah PON, kemis ning minggu ngarep iku malam Jemuah KLIWON

    ana acara mbok ?


















    ... Xixixixixixixi

    BalasHapus
  34. Tiap malem Jum'at jaga shift malam di RS, udah gitu bayaran merosot, pakai APD tiap hari gak ada liburnya, capeknya sungguh luar biasa jadi nakes di era pandemi ini ....

    Semoga vaksinasi yang sebentar lagi berjalan lancar dan semoga vaksin merah putih UNAIR lolos tahap uji klinis agar pandemi cepat usai dan bayaran kembali normal ....

    Aminnn .....

    BalasHapus
  35. Ayo maung nanti pasang RCWS buatan PT respati biar makin gagah dan bisa dikirim ke medan papua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plat bodynya juga jangan lupa diganti, agar anti peluru ...

      Hapus
  36. #OPBENTENG: 2 BOT NELAYAN DIUSIR

    Lumut: Dua bot nelayan Indonesia bersama 25 kru diusir keluar selepas dikesan menceroboh perairan negara di kedudukan 33 batu nautika barat laut Pulau Jarak dekat sini, semalam.
    Tindakan pengusiran itu dilakukan Kapal Maritim (KM) Rawa milik Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) yang sedang melaksanakan Op Benteng selepas mengesan bot berkenaan pada 11 pagi.
    Pengarah APMM Perak, Kepten Maritim Shahrizan Raman berkata, pengusiran itu turut dibantu pesawat udara Maritim AW139 yang juga dalam pengawasan udara Op Benteng di perairan Selat Melaka.
    Menurutnya, dua bot itu dikesan melakukan aktiviti menangkap ikan oleh KM Rawa yang kemudian memberi amaran kerana berada dalam perairan Malaysia dan mengarahkan berhenti melakukan aktiviti itu.
    "Hasil pemeriksaan mendapati sebuah bot pukat jerut dikendalikan 20 kru termasuk tekong dan sebuah lagi bot peranti dengan lima kru yang dan semua kru adalah warga Indonesia.
    "Kedua-dua bot itu diusir keluar oleh KM Rawa dan pesawat udara Maritim AW139 secara membayangi sehingga ke sempadan perairan Malaysia - Indonesia," katanya dalam kenyataan media, hari ini.
    Shahrizan berkata, pengusiran terhadap nelayan asing ini adalah tindakan semasa dalam mencegah penularan wabak Covid-19 khususnya melalui kes import yang dibawa oleh warga asing
    Katanya, pihaknya akan terus meningkatkan pemantauan dan mengawal sempadan perairan negara khususnya melalui Op Benteng Laut dalam mengekang kemasukan pendatang asing tanpa izin (Pati) dan jenayah rentas sempadan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau PATI CHINA KOMUNIS DAPAT RED CARPET DI MELAKA DAN JOHOR FOREST CITY YA PURR....

      Hapus
  37. Bukan je PATI INDON tapi nelayan INDON pun menyusup masuk... INDON....INDON....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan je EKSPOR DADAH tapi nelayan Malon juga masuk... MALON...MALON...

      Hapus
    2. Ranking Thai pun terlampau oleh Malon dalam produksi dadah sabu. Lumayanlah untuk bantu sejumlah 30 peratus ekonomi warga China di malingsial

      Hapus
  38. https://m.jpnn.com/news/malaysia-ogah-ladeni-klaim-filipina-soal-sabah.


    Apakah Sekarang Negara Askar Beruk BERSARONG Malassia Jadi Negeri Ayam Sayur Tak Berani Lawan philipin,Apa Takut, Bersembunyi Saja di bawah ketiak Mak elizabeth.... 不不 MaLu sangat Ruuk..

    BalasHapus
  39. Lama-kelamaan forum DS bakal jadi seperti formil MDR, karena yang dibahas udah nyeleneh ...

    *Masa di formil yang dibahas ekonomi, sosial hingga politik. Ini semua akibat satu orang, yaitu "GEMPURIWA"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...dan kembaran Gempurwira yaitu Suwandaruw

















      ... Xixixixixixixi

      Hapus
    2. Maklum lah gempur sudah tak de otak, kita mau jelasin secara logika gak akan masuk ke otaknya sebab pikirannya sudah di luar nalar, kerjaannya hanya troll troll dan troll 丹丹

      Hapus
    3. Lah emang gempur admin MDR, HATI TISUE

      Hapus
    4. YANG Blm bisa bedain antara million, billion dan trilion

      Hapus
  40. Arep jagongan karo mbah Gono kok rung njedul yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anu mbah......dek wingi kulo kesupen le numbaske pil biru 突突

      Hapus
    2. Ora opo2 mas,.. Aq jek nduwe stok akeh takur undur2

      Hapus
  41. HIBURAN DAN BERANGAN...

    Malaysia Defence Review
    8 hrs ·

    Tentera Laut DiRaja Malaysia (TLDM) perlu mengukuhkan kekuatan armadanya ketika ini untuk mengekang ancaman semasa ketika pandemik Covid19.

    Apa yang kita boleh lihat, TLDM mengerahkan keseluruhan aset yang dilihat telah berusia dengan rata-rata mencapai usia 40 tahun dan perlu pengantian segera.

    Kelewatan penyerahan kapal frigat "Littoral Combat Ship" (LCS) Kelas Maharaja Lela akibat masalah dihadapi oleh kontraktor utama selain kapal peronda "Littoral Mission Ship" (LMS) Kelas Keris turut mengalami kelewatan berikutan TLDM tidak dapat menghantar krew ke China untuk penerimaan kapal berikutan penularan Covid19 memuncak di China serta membahayakan anggota dan pegawai yang terlibat.

    Bagaimanapun, dijangka proses pemulihan sedang dijalankan dijangka proses penerimaan kapal kedua-dua jenis berkenaan bakal berjalan tidak lama lagi.

    Namun, ia tidak cukup untuk meningkatkan keupayaan armada TLDM. Ini kerana TLDM memerlukan aset kombatan yang ampuh seperti mana kapal selam Scorpene dan kapal korvet Kelas Kasturi.

    Mungkin kedengaran sudah basi didengar, naiktaraf terhadap kapal frigat Kelas Lekiu dan kapal peronda "New Generation Patrol Vessel" (NGPV) Kelas Kedah dilihat pilihan yang perlu dilakukan TLDM untuk meningkatkan kekuatan armada.

    Kelas Lekiu dilihat perlu mengantikan persenjataan sistem pertahanan udara "Vertical Launcher" (VL) Sea Wolf dan sistem misil anti-kapal MM40 Exocet Block 2 dengan sistem persenjataan baharu.

    Tidak keterlaluan jika mengatakan TLDM harus mengikut langkah Tentera Laut United Kingdom (RN) mengantikan VL Sea Wolf pada kapal frigat Type 23 dengan VL Sea Ceptor. VL Sea Ceptor mampu mencapai jarak jangkauan 25km berbanding VL Sea Wolf hanya kurang 10km.

    Umum mengetahui, kapal peronda NGPV Kelas Kedah mampu dipertingkatkan sebagai kapal kombatan jenis korvet. Ini melibatkan pemasangan sistem misil anti-kapal, sistem pertahanan udara serta sistem peperangan anti-kapal selam.

    Jika TLDM mahu menyelaraskan hanya satu sistem persenjataan, mungkin sistem misil anti-kapal "Naval Strike Missile" (NSM) boleh selaraskan Kelas Lekiu dan Kelas Kedah untuk mengunakan misil berkenaan. Penggunaannya dilihat berbaloi untuk kedua-dua kelas kapal untuk terus digunakan dalam tempoh 20 ke 30 tahun mendatang.

    Meriam automatik MSI DS30M 30mm pada Kelas Lekiu mungkin boleh digantikan dengan meriam automatik baharu jenis MSI-DS Seahawk DS-A2 yang mana sistem automatik sepenuhnya dengan sistem kawalan elektro-optikal (EOCS) terbaharu yang mampu memberi paparan 360° serta kualiti video dan paparan kualiti tinggi.

    Meriam 30mm Breda-Mauser pada Kelas Kedah mungkin boleh diganti dengan sistem "Close-In Weapon System" (CIWS) keluaran Aselsan dari Turki iaitu "GKDEN襤Z" yang merupakan sistem meriam anti-udara dengan meriam berkembar 35mm.

    GKDEN襤Z CIWS merupakan sistem persenjataan mengunakan sistem "Autonomous" sepenuhnya. Meriam berkembar 35mm CIWS berkenaan mampu memuntahkan 1100 peluru seminit dalam jarak jangkauan lebih 4km. Ia mampu menangkis serangan drone, misil kruiser dan pesawat dalam altitud rendah.

    Posisi "B" sepatutnya untuk persenjatan misil anti-udara "Rolling Airframe Missile (RAM) dipasang secara "Fitted For But Not With" (FFBNW). Namun sistem berkenaan agak mahal dan sukar untuk Malaysia perolehi atas faktor diplomatik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan yang ada ketika ini melihat platform sistem misil pertahanan udara keluaran Aselsan iaitu Bora Naval Pedestal Mounted Air Defence System (Bora NPMADS). Sistem berkenaan merupakan sistem automatik sepenuhnya dengan Sistem kawalan EOCS dan paparan berkualiti tinggi.

      Bora NPMADS boleh diintergrasikan dengan misil jenis Igla atau Stinger dengan 2 atau 4 misil tersedia pada pelancar platform Bora NPMADS yang mampu menjangkau jarak 6 ke 8km dengan sasaran drone, bot kecil, pesawat berada dialtitud rendah.

      Naiktaraf Kelas Lekiu dan Kelas Kedah penting untuk meningkatkan kekuatan armada dalam tempoh 10 tahun mendatang. Ini dapat dilihat perolehan TLDM dilihat perlahan dan gagal mencapai objektif sebenar.

      Menerusi Rancangan Malaysia Ke-12 (2021-2025), TLDM dijangka memohon 8 buah kapal ronda kumpalan batch ke-2 LMS dan 2 buah kapal Multi-Role Support Ship (MRSS). Selain itu, penambahan NGPV turut dirancang dengan kumpulan batch ke-2 melibatkan 6 buah dijangka dalam (RMK-13 (2026-2030).

      Buat masa ini perolehan kumpulan batch ke-2 LMS dan NGPV masih diperingkat awal. Sebelum ini beberapa pembina kapal luar negara menawarkan rekaan kapal peronda masing-masing untuk kumpulan batch ke-2 LMS. Manakala pembina asal NGPV Kelas Kedah sebelum ini menawarkan rekaan NGPV serba baharu berdasarkan rekaan Meko 100 (Kelas kedah) dan Gowind (Kelas Maharaja Lela).

      Malaysia Defence Review MDR


      Azam Mustafa Ade ape2 perkembangan tak min pasal helikopter sewaan untuk TUDM

      Bukh AZ Min klo kjaan dpt hntar peg dkt china utk bwk blk lms kedua slalu amek masa bpa lme min? Cmpur kuarantin

      Ari Zan Kapal LMS 111 kan ada dlm malaysia...anao kapal baru belatih lah di atas kapal tu utk penyesuaian... bila dah sedia..pergi ambil terus bawak balik....

      Malaysia Defence Review Ari Zan yg sedia ada pun ada defect perlu refit semula tp masih under waranty

      Minz Nizal sat nak garu...krikkk...krikkk..krikkk..aku rs dah berbuih mulut2 PTL yg sblm2 ni suarakan apa yg TLDM perlu...tp tu la kan..sampai hari dok menggaru..������

      on ONpc LMS kD keris pon patut di siapkn dgn senjata yg ampuh

      Mohd Farhan Paan SG Harap 1 hari nnt akan diupgrade la kelas kedah tu. Pakai teknologi turki mcm admin ckap tu.. Terbaek

      Sh Zulkifle Dgr cite lcs 1& 2 dah hampir siap cuma tggu system radar dr us akibat sekatan dr pihak sana..3,4 & 5 ada progress cuma slow..btl ke min

      Malaysia Defence Review Sh Zulkifle mana ada sekatan, masalah sekarang nak intergrate system, ntah sape engineer, sekolah kt mana ntah

      Abu Bakar Ariffin Admin macam kes kapal frigate dari UK dulu ke sebab intergrasi sistem bermasalah

      Madie Fida Pihak US mcm sengaja ja melambat2kn.. mcm ada sesuatu.. sedangkn aset2 utk pilipin..cepat ja masuk.. alasan Covid 19.. tu ja.. hmm..

      Bongoi AD Shahrul Sh Zulkifle Ade tgok pilot crane update dlm u tube..tgh cantum body LCS 5

      Haiqal Kazura II Malaysia Defence Review min kn vl mica x jdi psg kn dkt lcs hbis tu ganti dgn ape ye sea captor ke ?

      Firdaus Bahary Komisyen masuk poket lagi penting

      Malaysia Defence Review Firdaus Bahary tula admin minta 10% pun berkira ����������

      Ellmurphy Murphy Malaysia Defence Review atok nk bgi min tolak 10% duit pencen.Cukup x��

      Malaysia Defence Review Ellmurphy Murphy dia tu duit dh banyak setakat 10% pedehal, dia tu penasihat byk company xluak pun

      Abu Muiz Dah berbuih dah page2 pertahanan ulas mende ni, tapi krikk krikkk je.
      Baik kita highlight company 2 ringgit yg menjahanam bajet ATM.

      Malaysia Defence Review Abu Muiz company 2 hinggit tu jgn main2 smlm ofis xde hari ada wei

      Syah Miy Malaysia Defence Review laju betul wujud min���� bagi alamat nak pi antar setan kat depa sikit ��

      Ray Han Nak cpt, beli je kapal turki 2nd yg masih beroperasi.. Biar turki buat kapal baru utk mrk sendiri

      Mohd Adam Malas nak komen lebih. Pakai je lah kapal2 buruk yang ada.

      Khairi Raoh RMK ke 12 tu bentang tahun depan kan? Harap ade bajet yg besar utk 5 tahun ke hadapan utk ATM..

      Ezmil Zulkifli Setuju. Dgn bajet agak terhad, naik taraf sistem persenjataan pada aset sedia ada ialah alternatif yg terbaik

      Hapus
    2. Muhammad Siddiq masalah dia, pengajaran dari kes NGPV KELAS KEDAH dlu depa tak serik, BASTARD ni bukan depa taktau ...

      Ozil Fid Kalau TLDM x nak pisang berbuah 3 kali kenal buat kapal dekat luar... Contoh lekiu class dan kasturi class...dekat 20 tahun duk lenjan masih elok blyar...

      Ramli Ibrahim memalukan...

      Bakri Ahmad Akhirnya poket ahli politaik yg kembong

      Mizirina Ajmal kesian jebat lekiu..anggota bantuan tk muncul2.yg dah ada taring kuku tak tumbuh2..sedih

      Adi As satu je nk ckp politaik ni sampah. dr dulu sampai skrng alasan yg diberi kerajaan xde duit bila bab pertahanan. tp buat projek mega berbillion ringgit. ada pulak. kes rasuah jgn ckp la mmg byk libatka politaik..

      Janie Jautong septutnye pertahanan laut mlysia kena canggih n padu,bkn main beli je...negara org lumba2 nk senjata canggih...tp mlysia hemmm.

      Ah John So 2021-2025 Akan dapat 16 buah kapal baru (termasuk LCS 6 buah)ke admin

      Fa Mi FahiMi Dari sibuk tgu kapal yg tah bila nk siap..lg baik 'siapkan' kelas kedah tu..

      Syah Miy Penat dah min orang atas bukannya pandang pun page² macam ni.. nak ambik iktibar dari kes lepas? Lagilaa payah����.. kalau ramai² tag Ismail Sabri Yaakob mungkin dia tengoklah.. mungkinnn~~

      Asrizal Rusli Kelas Kedah sensor dan FCR mantap dah..sudah setaraf korvet...cuma persenjataan perlu ditingkat upaya dengan misil dan torpedo..LMS batch kedua nanti harap TLDM akan pilih design dari barat..LCS pula harap paling kurang 4 buah kapal boleh disiapkan dan kalau ini berlaku persenjataan dan sensor yang sudah dibeli untuk baki 2 LCS harap dapat diberikan kepada kapal lain..tapi kalau dapat full 6 seperti dalam kontrak lagi bagus. Dan last sekali..jauhi Bosted, demi masa depan yang cerah. Hahahahaha.---> (wariagempur halu juga disini).

      Mohd Faizul Option selain ram, Aspide 2000 la min...sistem tenggekan sesuai utk ngpv. Jarak maksimum 25km....blh kembalikan zmn kegemilangan tldm dulu seawolf+aspide....yg terkini seaceptor+aspide2000.....italy tgh nazak ekonomi sbb covid....mmg dia terdesak nk cari duit tu.....������.....untong2 blh deal spada2000 sekali utk gbad

      Madie Fida Kenapa sejak dr dulu lg kerajaan x pernah berkehendak utk memiliki peluru berpandu darat (@ permukaan) ke udara (SAM) aras sederhana?
      Mahal kah.. sampai 1 unit pn x mampu nk beli? Kapal permukaan kita mmg dh mantap designnya.. tp semua pasang SAM aras rendah @ amat rendah saja..

      Hapus
    3. Muhammad Nasrullah Min, bukan ke kapal Corvette class laksamana...cam KD laksamana hang nadim...kapal Corvette terbaik ranking number 4 dunia kew?...
      Kenapa teknologi kapal TLDM kurang menggunakan teknologi dr Turki...?..
      sedangkan TD banyak jee guna teknologi Turki...cam AV8 gembita..ACV Adnan...xda masalah pun....��

      Muhammad Franz Firdauz Muhammad Nasrullah paling laju je no 4 bkn pasal canggih senjata sistem pn

      Zak Rusli Muhammad Nasrullah hampir semua equipment dah cabut sebab terlalu obsolete

      Malaysia Defence Review Zak Rusli dah boleh buat tukun sbb kudukut

      Ezmil Zulkifli Setuju. Dgn bajet agak terhad, naik taraf sistem persenjataan pada aset sedia ada ialah alternatif yg terbaik

      Ai Man Kalau setiap tahun/2 tahun sekali upgrade 1 buah dari kelas Kedah rasanya dah bertaring 6 buah keseluruhan tapi macam tak ada kesungguhan pun nak realisasikan. 'Fitted for but not with' sampai berlubang lambung kapal rasanya.

      Muhammad Franz Firdauz Xberharap sgt xde ape sgt yg boleh dihrapkn sgt pn dgn bidang ketenteraan malaysia ni..sbaiknya sekarang baik fokus utk naikkn moral askar2 kita naik gaji ke bg rumah ke lg bgus

      Muhammad Franz Firdauz Harap xde duit je kalau kaya mmg dh suruh reset dh..kedah dgn lms batch 1 4 bjik bg ke apmm..beli korvet korea 8 bjik, start semula program lms antara stanpatrol dan swiftships, upgrade lekiu, bersarakan laksamana dan kasturi bila korvet korea dh siap with 1 on 1 basis..pump duit ke lcs tp biar naval group buat

      Fendi Ana pakai sampan tampa pemandu ja..apa susah..beli bnyk2...pastu buh bom ikan..xpyh membazir..klo beli yg besar2..tapi halau ja org masuk perairan buat apa..aduiii..rugi minyak

      Malaysia Defence Review Fendi Ana cerdiknya

      Fendi Ana Malaysia Defence Review hahahahahahah..yela,,diorg leka politik..kita mencanang...depa x hiraukan pun..klo 1k untuk 1 sampan...dah bapa bnyk boleh beli..park setiap kpg yg hampir dgn laut...

      Muhammad Franz Firdauz Indon pn kabo kapal lcs xcecah air dgn belon kuning..lekiu pulak dy kabo setara bung tomo dorg je huhu..laksamana dgn kasturi lg hmmm

      Asrizal Rusli kapal indon pun bnyk ompong...atas kertas je mendonia..fatahillah dah takde misil, bung tomo pun mana ada SAM..van speijk bnyk senjata dah cabut sbb nak retired..parchim pun sudah dibuang asw suite dia dan hanya ada 2 buah je yg dilengkapi torpedo..maksudnya apa? sebenarnya masalah obsolete ni bukan terjadi hanya kepada malaysia tetapi juga kpd negara rantau lain..singapore punya korvet victory pun sudah dicabut asw suite dan torpedo launcher nya..dan ada kala perancang pertahanan akan mendapati tidak berbaloi utk upgrade platform lama ke tahap asal atau lebih power..ini la yg terjadi kpd fatahillah class indonesia yg dr korvet akhirnya jd gun boat..dan dgr2 persenjataan misil di beberapa van speijk pun dah dicabut.

      Muhammad Franz Firdauz Asrizal Rusli btol tp at least sgpore ade dh formidable yg powerful dan lmv..tni walaupn xckup msih ade 2 light frigate bru..diponogero pn bru lg

      Shah Rul Muhammad MM40 block III ada dlm perkhidmatan pasang kat kapal apa min..mohon pencerahan..

      Malaysia Defence Review Shah Rul Muhammad mana ada


      HALU BINCANG ALA KAT KEDAI KOPI, KEH KEH KEH....

      Hapus
    4. Asrizal Rusli aka gempurgila wkwkwkwkwk, bung Tomo class memang belum ada SAM tapi kan lagi di upgrade dan bakal di pasangkan VLS Mica dan juga bakal pakai rudal terbaru MM40 Block III wkwkwkkwkw Pur Pur pura² tak tau dia 不不不

      Hapus
    5. "..Shah Rul Muhammad MM40 block III ada dlm perkhidmatan pasang kat kapal apa min..mohon pencerahan..

      Malaysia Defence Review Shah Rul Muhammad mana ada.."

      ====

      Hwakakakakak...
      Langsung dibanting ama adminnya.

      LoL

      Hapus
  42. Wah... Ini wajib beli 予予

    https://www.airspace-review.com/2020/11/12/stasiun-radar-bergerak-rusia-sky-u-jadi-musuh-bebuyutan-baru-f-35/

    BalasHapus
  43. 01. Salam bina kapal salah potong 7 tahun tak cecah air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai vita berapi
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly taming Sari
    06. Salam bina jet PTM Gen 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly nyamuk
    08. Salam bina kereta terbang untuk grab antar galaxy
    09. Salam bina kereta proton tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando letupkan wanita hamil
    11. Salam komando tewas saat demo tembak teman sendiri
    12. Salam komando pingsan saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam tak bisa selam sebelum mro
    14. Salam kapal kaleng hutangan dari cina untuk lawan cina
    15. Salam kapal rusak oleh jaring nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer Bunga pasir 5
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja
    18. Salam MKM 18 hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam mig29 grounded semua
    20. Salam kilang MRO pesawat lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam nuri lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik tak datang2 DP 30% hangus di gondol najib
    23. Salam engine jet hilang di songlap
    24. Salam askar penjaga istana bagai anjing british selama 999 tahun
    25. Salam eject kat hanggar world record 2 kali
    26. Salam kapal militer kena sita
    27. Salam Mantan PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam Judi halal daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan kajian banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tak
    31. Salam tak punya marine, kapal LPD, hali attack, dan SPH
    32. Salam Budget Pendidikan 2021 RM50 BILLION tapi OTAK 1CC
    33. Salam JF-17 PRANK
    34. Salam UCAV PRANK
    35. Salam MPA BAHARU PRANK
    36. Salam APC GUARDIAN PRANK PBB
    37. Salam Budget Pertahanan 2021 RM16 BILLION di Bagi 5 hanya cukup beli Boat Kecik Pemintas.
    38. Salam ATM perang lawan Ayam dan Anjing Di LAHAD DATU
    39. Salam TUDM ngebom Pohon Sawit dan Pokok Pisang di LAHAD DATU
    40. Salam UPGRADE 3unit CN 235 dari hasil DERMA ke USA
    41. Salam di Ceroboh 89x Bomber China
    42. Salam BASECAMP CHINA COAST GUARD & PLA NAVY di BETING PATINGGI ALI
    43. Salam Hutang PANDA BOND China dibayar dengan SAMURAI BOND Jepang
    44. Salam PROPINSI BARU CHINA "CHINAYSIA"
    45. Salam PINOY Prepare To Take Over SABAH
    46.Salam JOHOR BAHRU & SARAWAK MERDEKA
    47. Salam NAJIB & ROSMAH Tak Masuk Jail
    48. Salam FEE Komisi 70% Kroni, Jerung Orang Tengah
    49. Salam di ceroboh 100x APACHE Singapur
    50. Salam Pesawat CESSNA gotong AAMRAAM buat Gantiin MIG29 Grounded
    51. Salam tak Punya Pesawat Kepresidenan BBJ
    52. Salam Budget Pertahanan di Bawah Mantan Propinsi Singapur
    53. Salam Budget Pertahanan di bawah Philipina
    54. Salam Sewa 2biji Heli Mi8
    55. Salam Tak punya Heli Attack dibawah Bangladesh
    56. Salam 30% penduduk China, 20% penduduk Bangla
    57. Salam jual air Bersih Murah Ke Singapur
    58. Salam Pejuang Sulu & Armed Forces Of The Philippines
    59. Salam 4unit LeMaS FFBNW Ompong (Fitted For But No Weapons)
    60. Salam NSM PRANK
    61. Salam Missile Otomat, Sea Skua, Aspide, Exocet MM BLok II, JERNAS Zaman Batu, Lapuk & Expired.
    62. Salam Negara MEMBER FPDA PALING LEMBIK & PONDAN

    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam lawak ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN

    休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休休仙anas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang

    BalasHapus
  44. Malaysia dan Chungkuo (China) bersekutu sejak masa mpire Melaka .. Jadi tak salahlah jika Chungkuo menganggap Malaysia (khasnya Semenanjung) sebagai wilayah pengaruh Chungkuo atau dapat juga diseut sebagai wilayah luar mainland bagian dari Chungkuo (China)..

    Jadi tak heranlah jika banyak warga keturuna Chungkuo memegang peran penting di Malaysa hingga kini .. bahkan hingga kini Malaysia angat tergantung kepada Chungkuo untuk tetap survve senagai negara ...

    FPDA memang penting dan berperan besar dalam masa-masa awal Malaysia .. tetapikini mereka sadar bahwa hanya Chungkuo sajalah yang dapat menjamin kemakmuran mereka ..

    Jadi jangan coba-coba ganggu kedaulatan Malaysia dengan adanya pangkalan Natuna .. Begitu ada gangguan dari Indonesia .. kami akan segera bergerak dengan sepenu kekuiatan kami menghancurkan Indonesia ... Ingat selurh wilayah Laut China Selatan adalah wilayah yurisdiksi kami (temasuk Laut Natuna Utara).. jadi jangan ganggu pergerakan kapal-kapal nelayan kami yang beroperasi di sana karena mereka legal beroperasi di wilayah mlik kami sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putrajaya goblok gak usah sok keras kalau ketemu CCG aja lari tekencing wkwkwkwkwk baru je beberapa hari yang lalu 3 kapal Malon ketangkap sedang mencuri ikan di laut Indonesia wkwkwkwkwk siap di ledakkan brooo

      Hapus
  45. . Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi memberikan nama hewan asli Indonesia ini pada perhelatan Indo Defence Expo and Forum, November 2012 yang lalu.

    Terimakasih pak SBY, mantab

    BalasHapus
  46. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus