04 November 2020

PT PAL Rampungkan Integrasi Sistem Sensor KRI I Gusti Ngurah Rai-332

04 November 2020

KRI I Gusti Ngurah Rai 332 (photo : PAL)

Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia (Persero) merampungkan proses pengintegrasian sistem sensor dan senjata (Sewaco) kapal perang KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang dilakukan di fasilitas produksi Divisi Kapal Perang, serta langsung melaksanakan seremoni penyerahan Fitted For But Not With (FFNBW) kepada Kementerian Pertahanan. 

Direktur Pembangunan Kapal PT PAL Indonesia (Persero) Turitan Indaryo di Surabaya, Selasa mengaku bersyukur, meski dalam kondisi pandemi COVID-19, PT PAL Indonesia dapat merampungkan proses pengintegrasian, serta dengan segala tantangannya proyek FFBNW PKR (Perusak Kawal Rudal) KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dapat diserahkan setelah melalui rangkaian uji coba yang telah memenuhi persyaratan. 

"PT PAL Indonesia (Persero) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan RI dalam Proyek FFBNW PKR KRI I Gusti Ngurah Rai-332," kata Turitan, dalam keterangan persnya. 

Fitted For But Not With (FFBNW/ sistem atau senjata yang diintegrasikan belum dipasangkan atau dipasang sebagian, pemasangan selengkapnya nanti sesuai kebutuhan). 

Ia menjelaskan, proyek FFBNW Kapal PKR terbagi dalam empat segmen pengerjaan yaitu persiapan, pemasangan (install), integrasi sistem dan pengujian, serta SAT dan delivery. 

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mempunyai panjang total 105,11 meter dan berat 2.365 ton, serta merupakan kapal perang kelas light fregat atau perusak kawal rudal (PKR) yang dilengkapi dengan sistem persenjataan meriam utama 76 mm, dan dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan ke udara (SAM), sistem pertahanan diri (Close in Weapon System-CIWS) 35 mm, sistem pelontar torpedo, dan sistem rudal permukaan ke permukaan (SSM). 

KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 juga memiliki kemampuan peperangan elektronik melalui sistem Electronic Counter Measure (ECM) dan Electronic Support Measure (ESM) yang telah terintegrasikan dalam Combat Management System (CMS) yang dimiliki KRI I Gusti Ngurah Rai-332 pada HUT ke-75 TNI. 

"Investasi tersebut tidak hanya berupa barang yang terlihat (tangible) seperti peralatan dan fasilitas, namun juga pada hal-hal strategis yang tak kasat mata (intangible) seperti keahlian dan penguasaan teknologi," kata Turitan, menjelaskan. 

Sementara nama KRI I Gusti Ngurah Rai-332 diambil dari nama Pahlawan Nasional asal Bali I Gusti Ngurah Rai yang memimpin pasukan bernama "Ciung Wanara" melakukan pertempuran terakhir dikenal dengan nama Puputan Margarana melawan Belanda pada 20 November 1946.

Dengan nama tersebut KRI I Gusti Ngurah Rai-332 diharapkan dapat mewarisi ruh pantang menyerah serta keberanian I Gusti Ngurah Rai dalam mempertahankan wilayah NKRI. 

"Dengan selesainya proyek FFBNW KRI I Gusti Ngurah Rai-332 maka statusnya meningkat dari laik layar menjadi laik tempur serta mampu melaksanakan tugas pokok yang diembannya, seperti Anti Air Warfare, Anti Surface Warfare, Electronic Warfare, Naval Gun Fire Support, serta Naval Diplomacy untuk semakin memperkuat TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugasnya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Turitan. 

Sementara itu, seremoni delivery FFBNW diterima Kapuskod Baranahan Kementerian Pertahanan Laksma TNI Yos Sumiarsa, yang kemudian diserahkan simbolis kepada TNI AL untuk dioperasionalkan yang diterima oleh Aslog KASAL Laksma TNI Puguh Santoso. 

Acara penyerahan, dihadiri sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabes TNI AL, dan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 merupakan kapal PKR kedua bersama KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang dioperasikan oleh TNI AL. 

Kapuskod Baranahan Kemhan Laksma TNI Yos Sumiarsa dalam sambutannya menyebut bahwa dengan selesainya proyek FFBNW, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 siap dioperasikan sesuai dengan fungsi asasinya sebagai kapal kombatan. 

Pada kesempatan yang sama Aslog KASAL Laksma TNI Puguh Santoso mengatakan, proyek FFBNW PKR KRI I Gusti Ngurah Rai-332 merupakan implementasi dari program kebangkitan industri pertahanan dalam negeri. 

"Proyek FFBNW PKR KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 adalah salah satu upaya Kementerian Pertahanan RI dalam menyelaraskan MEF guna mempercepat pembangunan kekuatan pokok komponen pertahanan menuju postur TNI AL," katanya.

198 komentar:

  1. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Wooo lha jelas, yen gendhuk roromendut niku pancen jos....hawong sing antri mun ngantos thirik-thirik

      Hapus
  2. Nah Amerika lagi ppilpres ni. Sementara unggul Joe biden.moga trumpt kalah

    BalasHapus
  3. Iver 4 unit + PKR Sigma 10514 6 unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran ini, Om? Sampai MEF brp bisa terealisasi dg jumlah tsb Om? Semoga bisa segera proses ya ,,, Aamiin.

      Hapus
    2. Pa prabowo kelamaan jalan2 kunjungannya tapi yg diharapkan tak kunjung terealisasiπŸ˜‚

      Hapus
    3. Hanya sekedar menghangatkan suasana..salam olahraga

      Hapus
  4. Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2020 Sesi 2

    Ada beberapa hal menarik yang dijawab oleh asops KASAL disini.

    terutama di waktu 1:35:45.

    https://youtu.be/Qk1b7p-5Skc

    MABESAL sudah mengajukan P8 Poseidon ke Kemnhan.

    🀩🀩🀩🀩🀩

    😎😎😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. dreaming big is not hurt :D

      Hapus
    2. AKAN nya Indonesia selalu jadi kenyataan.

      Beda dengan AKAN nya malon. Yg Last Cancel.

      Malon baru bisa belanja alutsista di tahun 2055.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  5. Iki jane beritane muni yen PKR 332 wes komplit senjatane po durung to....kok isih ngelu sirahku

    BalasHapus
    Balasan
    1. PKR 332 senjatanya wes kompliy.

      Saya kutip dari berita diatas yg di posting Mimin.

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mempunyai panjang total 105,11 meter dan berat 2.365 ton, serta merupakan kapal perang kelas light fregat atau perusak kawal rudal (PKR) yang dilengkapi dengan sistem persenjataan meriam utama 76 mm, dan dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan ke udara (SAM), sistem pertahanan diri (Close in Weapon System-CIWS) 35 mm, sistem pelontar torpedo, dan sistem rudal permukaan ke permukaan (SSM).

      KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 juga memiliki kemampuan peperangan elektronik melalui sistem Electronic Counter Measure (ECM) dan Electronic Support Measure (ESM) yang telah terintegrasikan dalam Combat Management System (CMS) yang dimiliki KRI I Gusti Ngurah Rai-332 pada HUT ke-75 TNI.

      Hapus
    2. Iku lho mas, wartawane kok bola-bali nyebut FFBNW wae ....

      Hapus
    3. Ia menjelaskan, proyek FFBNW Kapal PKR terbagi dalam empat segmen pengerjaan yaitu
      persiapan,
      pemasangan (install),
      integrasi sistem dan pengujian,
      serta SAT dan delivery.

      ----------------------

      kalo uda dikirim, artinya uda siyap. berhubung berita diatas seremoni, maka diamini kelar urusannya om smilikity haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
  6. 3 langsung nyemplung air , tanpa balon kuning dan segera berlayar karena tak betah di limbungan macam atuk tua asam urat heu heu heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. teu kengen kitu kang juni

      wakwakwak....

      Hapus
    2. Kang Juni teh saha Juragan , saderek sanes ? heu heu heu apal geuning πŸ˜‹

      Hapus
  7. ...untuk Ntung Blegedes ;

    Udah, jangan ribut.

    16 - 24 unit Su-57 Felon
    24 - 32 unit Su-35 Flanker E
    Su-27/30 16 unit yang ada di Upgrade

    F-16 yang ada untuk berperan skuadron aggressor dalam latihan.

    F-35 si Kalkun Panggang goodbye.




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  8. Meanwhile

    https://www.theedgemarkets.com/article/lack-talent-design-changes-core-bhics-lcs-delays

    Lack Of Talents ? πŸ™„πŸ™„πŸ™„

    What caused the delays?

    According to industry sources, the delays stem from BNS’ inability to come up with a good schematic design plan for the construction of the vessels. The schematic plan must be detailed and take into consideration all aspects, from engineering to work flow, so that the construction phase can be done smoothly.

    “The project faced multiple delays because they [kept making mistakes and encountering problems] while constructing the ships, and then they had to go back to the [drawing board],” says an industry insider, who has undertaken jobs for the Malaysian Armed Forces, including procurement and maintenance and repair.

    Beruntung kapal LMS nya dibuat di wuhan China based on Suchang Nanjing Institute, bila kembali di buat di boustead gak tahu jadi apa lagaknya ?

    Lack of Talents ? Gak ngerti buat kapal maksutnya ? Jahat bener yaa berita mat Poteh di internet ini. 😩😩😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, to the point sangat ni mat puteh!

      Betul ternyata, masalahnya di siniπŸ‘‡
      ......
      The project faced multiple delays because they [kept making mistakes and encountering problems] while constructing the ships, and then they had to go back to the [drawing board],” says an industry insider,...

      @gempur dkk pasti tak terima!

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Bahasa halusnya BNS tak punya keahlian bikin kapal tp sangat ahli dalam hal songlap πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Mau tanya serius. Kalau kapal didocking selama 3 tahunan terus menerus itu bakalan berkarat gak sih struktur logamnya ? Berarti kalau memang oksidasi mau gak mau harus keluar biaya beli besi lagi yaa ? Cutting steel di luar lagikah ?

      Karena sy pernah ngobrol sama orang yg kerjaannya beli besi kapal yang karam, kata beliau mutu besi di dalam laut itu malah lebih bagus daripada besi yang nongol diatas laut.

      Ada yg ngerti ? πŸ™„

      Hapus
    4. Kayaknya pasti berkarat. Biasanya digrinda dan dicat ulang. Yang pasti tidak perlu beli besi lagi. Kalau sudah separah itu, langsung dipensiunkan kapalnya. Lebih gampang bikin baru. Beda dengan battle damage yg kerusakan lokal, kalau karat parah, kemungkinan seluruh kapal kena.

      Yang masalah besi nongol lebih buruk dari yg terendam kemungkinan karena terpapar dua elemen yg berbeda. Sorry tidak bisa menjelaskan. Saya hanya bisa menjelaskan kalau tahu elektronnya jalan2 kemana. XD

      Hapus
    5. Yaelah bro, inilah akibat dari beruk disuruh bikin kapal, walaupun sudah diasistensi sm dcns,
      Bukannya jadi,
      Malah dikasih balon kuning🍌🍌🍌🍌 sama beruk,
      Bukannya dipake berlayar malah dibiarin jadi besi rongsok,
      Malu sangat dcns jual fregat ke malon,
      Jauh lebih baik jual frigat ke indonesia,
      Jadi beruntunglah damen jual sigma ke kita.

      Hapus
    6. Pake baja alminium atau stainless om super ? Almini anti karat dan stainless tahan karat

      Hapus
  9. juragan pespur loak mana, kira2 disamber gak nich haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘


    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Buntut dari penolakan tersebut, dikabarkan AS malah menawarkan F-16C/D Fighting Falcon Block 32 untuk Indonesia. Padahal kita ketahui, seri tersebut merupakan seri lama yang sudah tidak diproduksi lagi. Block 32 merupakan varian F-16C/D yang diproduksi tahun 1986 dan berhenti diproduksi tahun 1989 untuk selanjutnya digantikan dengan Block 42.

    https://www.airspace-review.com/2020/11/04/as-tak-kabulkan-f-35-malah-tawarkan-f-16-lawas/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gratis sich gak masalah buat blok c/d ini. lgs geber apred blok viper haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. ...fansboy BARAT, pasti meradang nich ?



























      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. ...udah di bilangin, Russia itu TERBAIK untuk Indonesia

      tinggal ADU NYALI saja


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. jamaah loakiyah bin ngetengiyah pasti pada ngecess ini :D :D

      Hapus
    5. Dulu minta 6, dikasih 32. Sekarang minta satu squadron, harusnya dapat 4-5 squadron. :P

      Kalau minta 2 squadron, harusnya dapat 9 squadron. XD

      Hapus
    6. Kalo jumlahnya boleh 112 unit dan ready to fly, samber saja. Toh nanti bisa di MLU di sini. Kalo jumlah lebih sedikit dari itu, pikir2 dah.

      Pokoknya jumlah harus banyak, kalo hanya 2 atau 3 skuadron (masing2 terdiri dari 12-16 unit) saja, nanggung...

      Mestinya 4 skuadron besar terdiri dari 28 unit per skuadron, bisa jadi skuadron buru sergap. Itu baru joss.

      Hapus
    7. Ngejoss nanti di Kalimantan dan Natuna bikin skuadron besar ☝🏻

      Hapus
    8. Di kasih F 16 bekas pun gak bisa di upgrade ke Viper.

      Karena berat hati dengan radar AESA nya.

      Ya beli Gripen E/F ja lah
      Radar AESA kemampuan setara sudah dengan Viper

      Hapus
    9. So kesimpulan nya gak bisa kanan kiri ya sudah nongkrong lihat Miyabi saja

      Hapus
    10. om MARGONOWATI siyap2 yach TUNG TUNG TUNGGGπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!🀠🀠🀠

      Hapus
  10. MANA FANSBOY AS MAKAN TUH F35....WKWKWKWKWKWKWKWK...BERTAHUN,BERTAHUN HANYA 16 YANG DI TAWARIN KATANYA MITRA STRATRGIS GILIRIAN MINTA F35 ALASAN PUN DIBUAT,....AS BIN KONTOL....bertahun2 kite dikadalin

    BalasHapus
  11. INDONESIA ADALAH MITRA STRATEGIS, WKWKWKWKWKWKWKWKW....AD MINTA APHACE,OSPREY,kalo perlu sekalian patriod, pasti di kasih, kalo AU nanti dulu dehhh.....APALAGI AL WKWKWKWKWKWK MENDING AL KITA JANGAN PAKR BARANG ASU, PASTI DI DOWNGRADE tingkat dewa


    BalasHapus
  12. Apa yg belum dipasang ya? Kok masih status FFBNW?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang isinya rodo ambigue. Maksudnya kapal (yg dulunya) dgn status pembelian FFBNW (sekarang) telah dilengkapi.

      Lihat hasilnya:
      ....
      Dengan selesainya proyek FFBNW KRI I Gusti Ngurah Rai-332 maka statusnya meningkat dari laik layar menjadi laik tempur serta mampu melaksanakan tugas pokok yang diembannya, seperti Anti Air Warfare, Anti Surface Warfare, Electronic Warfare, Naval Gun Fire Support, serta Naval Diplomacy....

      Kata kunci, LAIK TEMPUR, atau siap tempur!πŸ‘

      Nah kalo fregatenya punya jiran statusnya...laik darat!
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Mungkin peperangan bawah laut (sonar + torpedo) belum terpasang bro

      Hapus
  13. Berita shopping alutsista' 3 jalan utama tol jakarta segera naik dalam waktu dekat'

    BalasHapus
  14. @atas gw raja monolog sudah bersabda :P

    BalasHapus
  15. poto FEKAER GNR keren banget ya gaez, ngacenk 2 meriam hore haha!🦾🦾🦾

    betewe seremoni mlolo..gpplah kali ini pesta sikit tp berhasil, njosss haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    beda amat ama diKL yak, LCS dikasi pesta balon koneng 3 bijik pon, tetep abadi nan jaya di darat haha!🀭🀭🀭

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    https://1.bp.blogspot.com/-geONippglFI/X6IPLx7maoI/AAAAAAABQN4/-0sTLj8iPfEvE3YN38llomLDFmj8PmngQCLcBGAsYHQ/s800/1743409360.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi om@pal:

      Yang dulu suka dihina jiran PKR1054 ompong, sekarang statusnya LAIK/SIAP TEMPUR!

      Sementara punya tetangga masih termenung lembab di limbungan.
      Opsi pun masih belum dipilih!

      Colek @gempur, sila komen!
      😁😁😁

      Hapus
    2. tiket masuk musium lcs brapa ringgit om rbl, nanya ciyus nich haha!🀭🀭🀭

      Hapus
  16. HANYA 1 KATA



    SHUKOI HARGA MATI,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Opo maneh gipeng mung khayalanπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
  17. Mau nanya gua boss, itu kerjasama menhan Prabowo dengan menhan jepang Soal peralihan / relokasi alutsista Jepang ke Indonesia itu maksudnya gimana ,apa jepang menjual alutsista terbaik y ke Indonesia untuk melawan china di lcs ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ya cuma agar ada berita aja di medsos

      Hapus
    2. nanya sono k prabowo bos? jgn nanya sambil sewot disini

      Hapus
  18. ...Ibaratnya nich, kalau Indonesia tuch diumpamakan cewek cantik, manis, cerdas, baik hati, bahenol, emplok cendol

    Russia lelaki yang mencintai dan menyayanginya SEPENUH HATI

    sementara

    US ASUrika cowok yang playboy dan PHP




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...heuheuy deudeuh ?




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. πŸ€£πŸ˜…πŸ€£πŸ˜… tepat sekali

      Hapus
  19. Daripada ngarep iver, mending nambah diponegoro class, rem class nambah, sama kcr 60. Asal sudah full kombatan sudah layak diperhitungkan.lebih realistis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rugi kapal besar gak bisa ngisi apa2

      Hapus
    2. MasLah dirudal utk VLSnya yg jarak tempuhnya masih terlalu sangat pendek

      Hapus
  20. Ntung stres mana suaramu
    Gue dari dulu uda enek lihat komennya
    Mulai dari jkgr sama sohibnya ayam tiren.kok ada ya manusia seperti ntung dan ayam tiren yg begitu memuja2 as padahal jahatnya gak ketulungan ngeruk sda ina sampai habis2 an lha ina cuman kebagian ampasnya doang.
    Dasar penghianat berbulu kambing

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...hajar terus Ntung Blegedes, master kok PEKOK ?






















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Wkwkwkwkw bela belain terbang ke AS dapat pespurnya cuma 16.....πŸ˜…πŸ€£πŸ˜…πŸ€£

      Hapus
  21. https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/nasional/amp/pr-18904573/keinginan-megawati-beli-kapal-perang-pt-pal-tni-al-jatuhkan-pilihannya-pada-fregat-raksasa-ini

    *Zona Jakarta sebenarnya tau gak sih jika nanti Iver dibangunnya di PT PAL 🀦🏻‍♂️πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keinginan megawati? Maaf kapasitas sebagai apa? Kok ingin ingin

      Hapus
    2. baca dolo britanya baruw komeng, margonowati haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
  22. Siapa bilang Indonesia anak emas AS? Jaman Soeharto lah jaman emas AS mesra-mesranya dgn Indonesia, emang persenjataan mutakhir apa yg diperoleh selama 32 tahun? Persenjataannya semua kaleng-kaleng, F16 pun radar jarak pendek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya soeharto sempet tobat, eh krimon datang nga jadi tuhh shukoi di bawa pulang



      CUKUP SOEHARTO SAJA YANG MERASAKAN LICIKNYA DAN DIBODOHI AS

      Hapus
    2. Waktu Su-30KI datang ke IAS 96 lsg atraksi cobra paguchev bikin Panglima ABRI kegaet hatinya

      Hapus
  23. F16 INDO COCOKNYA BUAT PATROLI TERBATAS SAJA KARNA NGA COCOK BUAT PERANG, KARNA MUSUH PAKAI 18,15,DAN 35


    πŸ€£πŸ˜…πŸ€£πŸ˜…πŸ€£πŸ˜…πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu punya Taiwan yang dipake Falcon semua tong..

      Hapus
    2. Jgn salah F16 jga bisa menang dogfight jga...tinggal man behind the gun nya...sebagus bagusnya alutsista dan secanggh2 nya alutsista jga tergantung dg siapa yg mengoprasionalkannya

      Hapus
  24. mau tanya, jaman pak Habibie sama Gus Dur Indonesia pernah akusisi alusista apa tidak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa tugas sangat sebentar, pak habibie yg borong hampir 40 kapal jerman

      Hapus
    2. Habibie borong kapal ex Jerman Timur jamannya Soeharto

      Hapus
    3. Beli kapal jerman timur itu era pak harto bro, bukan masa pemerintahan pak habibie, tapi beliau memang terlibat didalamnya.

      Hapus
  25. Saya kira jaman SBY yg datang alutsista besar besar an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna SBY mantan jendral dia pasti tau kebutuhan militer,lain sama yang sekarang πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Karena jaman itu borongan teken kontrak, buat diwarisin ke penerusnya..πŸ˜›

      Semua diteken tanpa banyak cing-cong (pertimbangan).

      Hapus
    3. Lah kan sekarang ada untungnya bkan? Waktu kedatangan sekarang jadi bisa klaim yg beli konon

      Hapus
    4. Ibarat puisi atau pantun" Dia yg beli pesawat Kepres idenan, saya yang pakai "

      Hapus
    5. Iya, silahkan googling, kontrak apa aja yang sampai sekarang bermasalah & direvisi..

      Kalo situ formil beneran pasti tau..

      Hapus
    6. Gak usah banyak 2, itu kfx kenapa berusaha niat digagalkan?

      Hapus
    7. Emang situ mau DI bangkrut gara-gara ga bisa jualan keluar?

      Coba situ googling, negara NON US/Rusia/konsorsium Eropa mana aja yang dah coba bikin pespur & nasib marketingnya kek gimana..

      Padahal mereka dah pengalaman lisesni pespur.

      Ane ulangi, kalo situ formiler beneran pasti tau...πŸ˜›

      Hapus
    8. Lah mesti tau, emang dengan urunan cuma 20% kok minta macam2??? Lha kalau niat macam 2 ya sejak awal urunan 50 % dong, udah syukur diajarin technology

      Hapus
    9. Ga paham paham si margono ini πŸ˜‚

      Hapus
    10. om SUWANDARUWATI alias MARGONOWATI, sblom komeng slaluw inget fentungan guwe TUNG TUNGG TUNGGπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      koryo ituw nyontoh program JSF/f-35.
      gak ada satupon peserta yg setara penyertaan modalnya dengan amrik.
      gunanya agar kontrol proyek tetep berada ditangan amrik, begitchu.
      ampe skrg pon gak teknologi yg dibagi buat peserta JSF! alesannya demi keamanan haha!😷😷😷

      balik ke KFX,
      nah 20% ituw kewajiban maksimal utk peserta KFX,
      jadi mana bole 50% ato setara.
      ituw sebab turki yg ditawarin mundur! kerna mereka minta lebih haha!😷😷😷

      Hapus
    11. om pedang emang betul, pembelian jor2an masa RENSTRA I dan MEF I,
      berakibat gak terkontrol hilang kesempatan teote utk industri dlm negeri dsb.

      makanya diakhir masa jabatan kedua pak ESBEYE muncul Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012
      Tentang INDUSTRI PERTAHANAN
      https://www.kkip.go.id/kebijakan/

      undang undang ini membatasi impor yg gabener.
      mangkenye prosesnya Llaamaaaaaahh..
      apalagi soal KE(kredit ekspor)
      coba cek lagi brapa anggaran pertahanan jaman mef-1 berbanding kebutuhannye yg 130T ituw.

      om DARUWATI,
      coba jawab kapan kontrak PKR-SIGMA, kapan efektif, kapan selesai
      coba jawab kapan kontrak kasel CBG, kapan efektif, kapan selesai

      kapan f-16, embiti leopard, LST, tanker dll, smua selesai dan bayar cicilan pake pagu anggaran kapan?

      gimana kalo disebut KFX/IFX, sono yg pesen, sini yg bayar cicilan haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      ehh 20% angkanya kecil, tp nilainya pon om DARUWATI kagak bisa bayar biarpon dikasi umur 1000 taon jugak haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  26. Tapi kok sintung gak tobat2 ya
    Apa nunggu kena azab dulu baru tobat kurasa.mentang2 sintung banyak pendukungnya makanya belagu kalau komen
    Sipalugado,,sminghari ini pans beratnya.apapun komen ntung pasti dibela mampus2 an

    BalasHapus
    Balasan
    1. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. eeiittt baruw liat ini haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      yg bner om rudal jd polower guwe, gak dilarang kok haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      guwe mah tetep konsisten om smilikity, om woof2, bahkan ente klo miring2 yaa guwe fentung haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
  27. Indonesia mau beli rusia takut kena Tusbol Amerika, mau beli cina juga ditusbol Amerika dan dalam negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...kalau prinsip Ane tuch, MUSYRIK hukumnya kalau takut sama US ASUrika ?





















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Polanya kayak bacotan si Ismail Yusanto, nggrenengi pemerintah terus , yang mana saja tanpa terkecuali , dulu kalobaca buletin al i**am tiap jum at pasti isinya hujatan, kalkulasi ekonomi yang maunya sih mereduksi kredibilitas tim ekonomi pemerintah dengan hujah ekonomi yg di bangun ekonomi kapitalis yang jauh dari system kilafuck yg mereka tawarin , aktivitasnya ngeracunin anak smp , sma dengan dalil yg di pelintir pelintir eeehhh baru jaman jokowi kegiatan mereka di verboden abis padahal biaya yg di keluarkan Hitut Tahi Indonesia untuk gerilya merubah konstitusi sudah ga ketulungan banyak, dari situ jokowi di bidik terus sama barisan ongol ongol macam cemen di atas ini ☝πŸ˜‹

      Hapus
  28. F35...........mimpi tak sampai seharusnya kita tau dirilah siapa kita sekutu bukan sahabat yg di andalkan ASU bukan, INGET KITA NON BLOCK YANG HANYA PUNYA UANG CEKAK ( NGEPAS )...Lain cerita bila indo seperti UEA, yang tajir melintir trump di sodorin proposal indo yang berisi indo ingin akuisisi f35 50 unit FULL WEAPON pasti MANGUT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak cekak? Kan dah ada 11.000 triliun

      Hapus
    2. 11.000 triliun allhamdulilah tapi sayang BOHONG,.....πŸ€£πŸ˜…

      Hapus
    3. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. Pembohong dan hoax ya???? Ooooo nyindir nyindir tak matikan mic kamyuuu

      Hapus
  29. INI KAPAL KRI I Gusti Ngurah Rai, KALO MAIN NYA DI AREA SELATAN KIRA2 BRANI NGA YAHHH kan ombaknya GUEDE...GUEDA KARNA LAUT LEPAS, KALO IVER PASTI BRANI LAHH, TAPI KALO KRI I Gusti Ngurah Rai...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan "Berani karena benar", karena dia tak punya salah/masalah..ya berarti berani.

      Simpel.

      Hapus
    2. Ombak..?

      Lha wong kelas FPB-57 aja dah berkali-kali ke Australia kok...

      Hapus
    3. Ciri-ciri orang yang susah berkembang dikarenakan sikapnya yang pesimistis dalam menyikapi sesuatu. ...

      Hapus
    4. Mungkin kalo ombaknya biasa sedang oke lahh, tapi kalo ombak nya besar ngeri juga lahh,... KRI I Gusti Ngurah Rai akhirnya nga ompong lagi tapi sayang hanya 2 krnapa nga 4 atau 6 ekor

      Hapus
    5. Situ udah pernah liat foto FPB-57 pas sailing ke Australia..?

      Disitu ente akan liat ombaknya seberapa.

      Rajinlah googling nak...

      Hapus
    6. ya berani lah bro, diponegoro class aja bs sampe lebanon

      Hapus
  30. Si pengecut yang suka ganti-ganti nickname berulang-ulang kali, sok-sokan pakai bahasa Melayu disini, si hyperseks, yang belum bisa move on sampai sekarang. Dia sudah balik lagi, kita lihat saja sampai pukul berapa dia bertahan ....

    BalasHapus
  31. Daripada bahas PHP hoax alutsista mending bahas yg real no hoax, no propaganda, dita karang dan secret number akan menggoyang hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Talking about my lovely dita karang

      Hapus
    2. karang gigi ape karang bolong om daruw haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  32. Secret number dan dita karang menjadi rookie Monster yang mengalahkan black pink.... Who dis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dita karang orang indo yang jadi penyanyi di korea

      Hapus
    2. Betul dan no hoax kayak alutsista, dita karang sukses kocok kocok korea

      Hapus
    3. nich guwc kocok2 jidat luh om daruw TUNG TUNGG TUNGGπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  33. Dita karang dan secret number akan lebih hot dan konsep super girl crush yg akan menggoyang kamu sampai basah

    BalasHapus
  34. Bumi datar , tsunami aceh karena uji coba bom nuklir amerika , foto pernikahan tahun 1700 an pakai hijab ( padahal kamera baru di temukan tahun 1800 an , tambahin sendiri deh , ane muslim tapi ngelus dada dengan keyboard warrior cap kilapak .

    BalasHapus
  35. Secret number comeback dengan gotong that boom aye aye

    BalasHapus
  36. Si pengecut yang suka ganti-ganti nickname berulang-ulang kali, sok-sokan pakai bahasa Melayu disini, si hyperseks, yang belum bisa move on sampai sekarang. Dimana anda sekarang ???

    BalasHapus
  37. Aneh didalam forum militer yang ddibahas perempuan

    BalasHapus
  38. @margono, coba jelaskan hubungan antara militer dan partai politik secara spesifik dan mendasar, yang saya minta penjelasannya bukan ibaratnya silahkan anda terangkan dengan jelas sekarang juga ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. abaikan aja bro, biar monolog sendiri, kl ditanggepin malah seneng dianya.

      Hapus
    2. Emang kalau beli alutsista yg bahas siapa aja? Ada orang parpol gak? Emang di eksekutif bukan orang parpol juga? Gagal tidaknya pembelian juga andil dari orang 2 partai itu, dan hasil nya ya dinikmati, kalau berhasil yg dapat nama partai juga, kalau gagal ya Terima nasib juga di cemooh

      Hapus
  39. Dita dita dita... Mana mic kamu, aku off kan ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga akan lakuin hal yang sama dengan Bu puan Maharani jika yang saya hadapi orang anda

      Hapus
  40. Yasudah saya akan pergi dari sini, ternyata hadapi orang seperti ini melelahkan juga ya ...

    BalasHapus
  41. Yo genah yen margono mengelu-elukan SBY lhawong SBY sing pasang "bom waktu" kanti ngijini hti urip neng kene

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek coro kasare: hti ki "anak metu silit" te sik dewo prihatin

      Hapus
    2. Mana puja puji SBY? Wong aku puja puji dita dita dita

      Hapus
    3. Hti ki cen bom waktu sing dipasang kanggo ngreridu kinerjane presdien sakuwise dewo prihatin.....sinambi nunggu si ahaye seren le umbelen

      Hapus
    4. Kok hanya 20%?

      Jangankan cuma 50%, mo 80% pun bisa..
      Wong tinggal teken, trus habis itu yang teken lengser...πŸ˜›

      Hapus
    5. "Road map-nya" dengan 20% itu bisa mandiri & jualan.

      Dan itu diteken ama dia orang..πŸ˜›

      Hapus
    6. Mana Poin yang pasal suruh jualan?

      Hapus
    7. Nih 'men, Cemen...

      "..Meski memperioritaskan untuk memenuhi kebutuhan kedua negara, PTDI dan KAI bisa menjual jet tempur ke negara lain namun dengan persetujuan kedua negara"


      https://www.radarmiliter.com/2016/01/pt-di-akan-produksi-50-unit-jet-tempur.html?m=1

      Invest => bikin => jualan => balik modal => untung..(mimpinya)

      Hapus
  42. Balasan
    1. Kurang makan semongko , jadi halu macam rangga sunda empire , heu heu heu.

      Hapus
    2. Betul betul daripada halu alutsista mending semongko wakakakaka

      Hapus
  43. Jangan lupa ya lihat dita karang got that boom..... Aye aye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sexy mana dengan pantatnya Ismail Yusanto yang pernah loe tusbol πŸ˜‹

      Hapus
  44. "137 trilyun ditukokke senjata oleh opo yooo........???"

    https://news.detik.com/kolom/d-5241225/strategi-pertahanan-ri-dalam-kerangka-indo-pasifik?tag_from=wpm_nhl_4&_ga=2.20360254.724460154.1592477866-935833695.1526148982

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku 137 triliun akan aku belikan mic yang bagus agar Dita dapat bernyanyi dengan indah

      Hapus
  45. Dita karang janji akan makan wortel ��tomat timun yg dia tak suka kalau fans tembus 100 juta, go dita go dita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hti yg selalu jualan mimpi abad kejayaan dinasti usmaniyah dari turki....tapi apa lacur, diturki HT malah dinyatakan sbg organisasi terlarang !!!

      Tapi disini ko malah dibolehin sama esbeye.....hallo. sehat pak beye ?!!!

      Dan dimana kantor pusat ht sedunia ----> ooooo, ternyata di inggris....dasar anak lonthe

      Hapus
    2. Mana ada HTI lihat dita karang? Situ kena Corona stadium berapa? Wakakaka

      Hapus
    3. Jangan sok-sokan bicara tentang dunia medis jika tidak mengerti!

      Saya paling gereget jika ada orang sok tahu bahas tentang dunia medis!

      Hapus
  46. F35 gagal dibeli itu bukan krn Indo tak punya dana. Itu murni keputusan US mau jual atau tidak.

    Di luar sekutu dekat, tentu ada "harga mahal" yg harus dibayar oleh negara spt Indo.

    F35 itu krn canggih dan brand new, tentu saja bisa dijadikan "komoditas politik".

    Kasus UEA misalnya, F35 harus di bayar dgn mahal, tidak saja dgn uang tunai tapi dgn syarat wajib membuka hubungan diplomatik dgn siroil!

    Untuk hidangan pembuka saja, pesoidon bisa isi bbm di Indo, telah ditolak dg tegas!

    Nah lho!
    It's not just about the money.
    Uang bisa diadakan!
    Ini dah urusan politik.

    😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yg saya bilang kemarin. Lebih baik buka hubungan diplomatik dengan Isroil. Yg anehnya Indonesia Non Blok tapi cuma buka hubungan diplomatik dengan Palestina, berat sebelah namanya. Non Blok itu harus Netral. Gak usah munafik lah Indonesia. Gak punya hubungan diplomatik tapi masih transaksi dagang dengan Isroil. Indonesia butuh Isroil dalam hal teknologi.

      Liat negara-negara Arab udah pada baikan sama Isroil, cuma Iran, Suriah aja yg masih selek sama Isroil.

      Hapus
    2. Syarat buka hubungan diplomatik dengan Israel kan kemerdekaan Palestina. Gampang kan? Coba periksa yang masuk gerakan non-blok itu Palestina atau Israel?

      Urusan kita dengan konflik Palestina-Israel itu berhubungan dengan sila ke-2 dan ke-4 Pancasila. Tanah kelahiran mereka sudah diambil alih. Tanah pemberian Yordania juga mau diambil alih. Sedangkan tanah pemberian Mesir diblokade. Jelas-jelas melanggar kedua sila yang saya sebut.

      Hapus
    3. pancasila???,kita sendiri juga engak ngamalin sepenuh nya.
      mungkin pembukaaan uud45 maksudnya"bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa".

      Hapus
  47. Terimakasih pak SBY atas pengadaan kapal frigat I Gusti Ngurah Rai, ga perlu slogan poros maritim dunia, yang penting kerja nyata. Joss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lah yang lalu engak usah diungkit ungkit biar malaikat aja nyatat kebaikan dan amal beliau,nanti malah jadi vitnah,karna kebanyakan nyiyir dari fans nya.

      Hapus
    2. terima kasi ama yg bayar PAJAK donk om ndar...angkatan laut aja SLALUW nulis begituw ditiap kapal perangnye haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  48. Tak seperti kapal jiran dah jadi besi lapok..kahakahakah

    BalasHapus
  49. Oke PKR GNR bisa siap jaga Natuna.

    Joe Biden hrus menang

    BalasHapus
  50. Manteb nih, PAL PKR dua udah laik tempur, LPD SSV proven, BRS on going, KCR 60 meter proven n on going, Kapal Selam uga bisa..

    Aroma pintu gerbang kemandirian semakin semerbak 😍

    BalasHapus
  51. Allhamdulilah nih kapal udah nga ompong lagi, nih kapal buat beking KCR di ambalat, walaupun KCR dari persenjataan sudah di anggap sangup untuk melumat LMS


    πŸ˜…πŸ€£πŸ˜…πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…


    BalasHapus