06 November 2020

TNI AL Akan Bentuk Divisi Drone

06 November 2020

Divisi adalah unit organisasi di bawah Satuan, contoh Satuan di TNI AL adalah Satuan Eskorta, Satuan Patroli (photo : Lapan)

JAKARTA - Kabar baik datang dari dunia militer Indonesia. Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops KSAL) Laksda TNI Didik Setiyono menyebut ke depannya drone akan dimanfaatkan sebagai salah satu bagian daripada kekuatan TNI Angkatan Laut (AL).

Hal itu disampaikan Didik dalam Seminar Maritim Seskoal Tahun 2020 bertajuk "Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia melalui KKI dan SPMI yang ditayangkan daring, Selasa (3/11/2020).

"Penggunaan teknologi drone apakah akan diterapkan di TNI AL? Bahwasanya betul drone akan diterapkan di Angkatan Laut," kata Didik.

Lebih lanjut disebutkan Didik, hasil dari likuidasi dan validasi organisasi baru di tubuh TNI AL yang membuat jabatan Danpuspenerbal akan dijabat oleh Perwira Tinggi Bintang Dua berdampak pada pembentukan Divisi Drone nantinya. Hal itu pun tertuang dalam rencana strategis (Renstra) TNI AL Tahun 2020-2024.

"Dengan adanya validasi organisasi Puspenerbal yang dipimpin bintang dua, salah satunya akan dibentuk divisi drone. Ini yang disiapkan dalam Renstra 2020-2024," tuturnya.

Dia menuturkan, pengadaan drone dapat dimasukan ke dalam bagian alutsista. Menurutnya, bilamana membahas drone, bisa dilihat dari dua sudut pandang, yaitu masa perang dan masa damai.

"Dalam masa perang bisa kita jadikan sebagai kepanjangan mata dan telinga sebagaimana fungsi pesawat yang saat ini masih kita gunakan. Kalau masa damai kita bisa gunakan untuk patroli membantu kapal-kapal dan drone untuk memberikan informasi kepada kami bahwa di sana ada pelangggaran, di sana ada aktivitas dan lain-lain," tuturnya.

Pesawat P-8 Poseidon

Terkait penguatan alutsista di tubuh TNI AL, Didik menjekaskan pihaknya juga telah mengajukan pengadaan kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) terkait dengan pesawat mata-mata P-8 Poseidon. Akan tetapi, pengadaan tersebut belum pasti disetujui oleh pemerintah.

"Kemarin ada diskusi di Mabesal bahwa TNI AL itu membutuhkan pesawat P-8 Poseidon dan kita sudah sampaikan ke Kementerian Pertahanan dan kita nanti akan melaksanakan 4 tahap. Apakah nanti disetujui atau tidak, tetapi Angkatan Laut sudah menginisiasinya," katanya.


242 komentar:

  1. Balasan
    1. Tambah lagi pertamax nya ☝️ ---> jadi keduax ✌️

      Hapus
  2. Ayo pak jokowi pak wowo di segarakan p8 poseiddon nya..tni AL sudah ngebet ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, takutnya nanti ngambek AL πŸ˜‚

      Hapus
  3. https://www.indomiliter.com/as-setujui-penjualan-empat-unit-drone-mq-9b-seaguardian-ke-taiwan-misi-intai-maritim-dan-serangan-di-lautan-dapat-berjalan-simultan/#more-76577

    BalasHapus
  4. Kayaknya yang bakal dipakai AL drone wulung, alap-alap dan scaneagle (soalnya ukurannya yang tidak terlalu besar untuk diterbangkan dari platform kapal LPD )

    BalasHapus
  5. Ambil drone dri Lapan aja Spt LSU 02

    BalasHapus
  6. Percayalah, user tiap matra selalu ajuin yang sesuai kebutuhan, tapi yang kesampaian/dibeliin gak selalu sesuai dengan yang diajuin itu...😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling nanti P-8 dialihkan jadi P-1

      Hapus
    2. Padahal untuk kepentingan membela keutuhan negara tidak boleh setengah hati

      Hapus
  7. Balasan
    1. Oh iya kan bentar lagi Indonesia bakal terima scaneagle, jadinya gak perlu akusisi drone lagi πŸ˜‚

      Hapus
    2. Scan Eagle itu hanya intai.
      Kalau butuh buat penindakan ya akan order lagi, Elang Hitam UCAV.

      Hapus
    3. Sabar produksi massalnya masih belum dimulai

      Hapus
    4. Bayraktar 2 heheh
      Kemungkinan besar scan eagle msuk divisi drone AL

      Hapus
    5. Turki sekarang masih kembangkan lagi teknologi itu drone pakai teknologi dalam negeri, gara-gara negaranya kena embargo

      Hapus
    6. Mungkin juga dibagi ada drone intai dan drone UCAV

      Hapus
    7. @nomad UCAV TB2 turkiyem lagi diembargo komponennya tuh gegara ikut ngebom pasukan armenia di nagorno karabakh...setelah ratusan UAV/UCAV turki ditembak jatuh pertahanan udara armenia praktis pabrik TB2,ANKA dll milik klan erdocunts di turki tidak bisa lagi berproduksi dan hanya mengandalkan stok yang sudah ada saja :D

      Hapus
    8. Kita kembangkan saja drone black Eagle

      Hapus
  8. US expected Indonesia to submit repeat order for AH-64E. Unfortunately at least until 2024 Indonesian government has no plan to have more AH-64E for Army. It will focus on medium lift utility helo for Army mobility. Likely the suppliers are an Indonesian SOE and a foreign OEM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain bakal akusisi AH-1Z VIPER 🀦🏻‍♂️

      Hapus
    2. @atas gw nah gw setuju ini AH-1Z dah paling cocok utk marinir

      Hapus
    3. Ya seharusnya gitu marinir mainannya AH-1Z bukan AH-64E, apa mungkin nanti AH-64E ini yang pakai AD ???

      Hapus
    4. AH Viper buat marinir
      Apache buat AD
      AU ...??

      Hapus
  9. Bagusnya AL itu mainannya P-1 Kawasaki dan AU P-8 Poseidon

    BalasHapus
  10. Kasihan ya INDON mereka baru mau menerapkan dron di atas kapal MALAYSIA saja MARITIM MALAYSIA sudah lama pakai di atas kapal NGPC... wkwkwkwkwkwkwkw

    dan lagi.... biasalah INDON bila dia tahu MALAYSIA nak beli pesawat MPA baru maka dia pun nak la juga beli MPA yang baru...wkwkwkwkwkwk nampak sangat pak turut.... nak tanya duit tu ada ke... ke nak tunggu MENGUTANG LUAR NEGERI lagi untuk beli aset....wkwkwkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pur ini divisi drone hhaaha
      Malon biar punya tapi tak ade telor lawan cina

      Slaam LmS kapal wuhan cina kandas

      Hapus
  11. Kasihan ya INDON mereka baru mau menerapkan dron di atas kapal MALAYSIA saja MARITIM MALAYSIA sudah lama pakai di atas kapal NGPC... wkwkwkwkwkwkwkw
    ___________________________________

    Dia bilang kita baru pakai lho πŸ˜‚

    BalasHapus
  12. dan paling lawak lagi Jepun baru je plan pasal kapal perang maka geng INDON mula BERHALUNISASI padahal hal masih dalam perancangan...wkwkwkwkwkwkwkwk

    saya dah kata geng INDON ni memang pakar dalam BERHALUNISASI... macam Su-35 versi Kerupuk perasa prank, Hutang tunggak KFX, Tak bayar wang muka kapal selam dan Osprey versi prank...wkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  13. dan paling lawak lagi Jepun baru je plan pasal kapal perang maka geng INDON mula BERHALUNISASI padahal hal masih dalam perancangan...wkwkwkwkwkwkwkwk

    saya dah kata geng INDON ni memang pakar dalam BERHALUNISASI... macam Su-35 versi Kerupuk perasa prank, Hutang tunggak KFX, Tak bayar wang muka kapal selam dan Osprey versi prank...wkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  14. Si pur anggep hanya Malaysia yang ada niat akusisi MPA baru πŸ˜‚

    BalasHapus
  15. kasihan INDON.... JOM jadikan realiti negara PENGUTANG ranking 1 TERBESAR DI DUNIA...wkwkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  16. Pur udah diumumkan kan belum anggaran militer Malaysia sekarang ???

    BalasHapus
  17. Malon makin iri hahha makin koyak..dgn kapal buatan Cina LMS

    Nak kata malon fpda commomwelt lah nyatanya tak bisa kabur dri Cina
    Hahha malon melucu

    BalasHapus
  18. Memangnya kenapa kita berharap disini, memangnya kamu siapa sok-sokan larang kami disini πŸ˜‚

    BalasHapus
  19. Yang ngutang kami kok kamu yang ribet πŸ˜‚

    BalasHapus
  20. ini menunjukkan pesawat MPA versi INDON kurang kualiti kerana itu saya dah kata MPA upgrade CN235 MALAYSIA adalah versi lebih canggih dari versi INDON tu sendiri...

    kerana itu bila INDON dengar MALAYSIA dah keluar tender pembelian maka mereka juga nak kerana MPA mereka yang ada sekarang tidak berkualiti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon tak punya kualiti krn sudah jadi babu cina

      Hapus
  21. Ada orang awam muncul iri kasihan malon gak ada tawaran dri negara2 besar..indonesia pengruhnya besar pur di LCS malon sudah jdi babu cina tak mampu atasi Cina bahkan beli kapal dro Cina hahhahha

    Mau bina kapal kasihan jepang dinprank bousted nanti salah potong wkwk

    BalasHapus
  22. si pur orangnya gak seru kerjanya cuma ngetroll gak ada yang lain πŸ˜‚

    BalasHapus
  23. wkwkwkwkwkkw... mana ada koyak..yang saya kata tu memang benar bro... MALAYSIA pun tak nak MPA versi INDON walaupun HARGA BAWAH PASARAN maksudnya SANGAT MURAH kerana KUALITI bro....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak ade kualiti malon pun tak punya kepakaran hahahha

      Mana tuh Airod wkwkkw
      Mana tuh Boutesdr bastrad

      Hapus
  24. ini menunjukkan pesawat MPA versi INDON kurang kualiti kerana itu saya dah kata MPA upgrade CN235 MALAYSIA adalah versi lebih canggih dari versi INDON tu sendiri...

    kerana itu bila INDON dengar MALAYSIA dah keluar tender pembelian maka mereka juga nak kerana MPA mereka yang ada sekarang tidak berkualiti.
    ______________________________________

    Coba jelaskan perbedaan teknologi MPA CN235 indo sama CN235 Malaysia πŸ€”

    BalasHapus
  25. mana ada troll bro... benar apa saya kata.. dari data BANK DUNIA INDON negara ranking ke-6 PENGUTANG TERBESAR DIDUNIA... itu bukan troll bro memang benar faktanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bongkar kan teruk malon nnti gimna pur
      Brp hutang malon

      Hapus
  26. wkwkwkwkwkkw... mana ada koyak..yang saya kata tu memang benar bro... MALAYSIA pun tak nak MPA versi INDON walaupun HARGA BAWAH PASARAN maksudnya SANGAT MURAH kerana KUALITI bro....
    ______________________________________

    Memangnya MPA versi Malaysia itu seperti apa πŸ€”

    BalasHapus
  27. Gwmpur stress malon kuncup budget ciput cukup di compare sama pinoy hahhaa
    Tak level kami pur dgn malon

    BalasHapus
  28. Convert MPA dapet uangnya dari jual diri buat pangkalan P8 US....

    Kesian KL.

    Begitupun disombongin...LoL

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih parah si pur anggep MPA cn235-nya tercanggih πŸ˜‚

      Hapus
  29. Suruh jelasin perbedaannya kok gak ngerti πŸ˜‚

    BalasHapus
  30. kalau MPA INDON bagus kenapa mahu beli yang lain...??? na itu buktinya... masa geng INDON buat buat tak tahu

    MALAYSIA pun tak nak bro......wkkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak bisa jawab kan kau pur
      Itulah otak tadika ditanya apa kau jawab apa hahha

      Malon makin kesini makin jauh

      Hapus
    2. gempur dah sehat ke? Kemarin semaput rupanyaπŸ˜ƒ

      Hapus
  31. Peran indonesia di LCs sangat besar dan sangat berpengaruh Pur..malon mana ada lemah di kawasan
    Malon gak bisa lari dri Cina

    BalasHapus
  32. wkwkwkwkwkkw... mana ada koyak..yang saya kata tu memang benar bro... MALAYSIA pun tak nak MPA versi INDON walaupun HARGA BAWAH PASARAN maksudnya SANGAT MURAH kerana KUALITI bro....
    ______________________________________

    Beneran koplak si pur ini aja gak ngerti πŸ˜‚

    BalasHapus
  33. TNI butuh pesawat MPA yang lebih battle proven lah Pur, buat pengawasan wilayah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  34. Malon paling lemah dikawasan udah mau di ayam2kan pinoy..

    BalasHapus
  35. Coba lihat India Pur, padahal udah punya P-1 Kawasaki kenapa masih ngotot akusisi P-8 Poseidon bisa bisa jawab alasannya gak Pur ???

    BalasHapus
  36. Pur udah diumumkan kan belum anggaran militer Malaysia sekarang ???

    BalasHapus
  37. Oleh kerana CN235 MALAYSIA versinya lebih canggih dari MPA INDON... maka INDON terpaksa mendapatkan MPA yang lebih bagus dari versi MALAYSIA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pur cn235 itu pesawat ukuran medium sedangkan yang dibutuhkan TNI sekarang pesawat dengan ukuran big, itu aja kamu gak ngerti Pur πŸ˜‚

      Hapus
    2. Mau berapakalipun saya hantar link bantahan, kau pun tak baca Pur wkwkwkwkwk percuma

      Dan menjawab pertanyaan netizen, disebutkan pula bahwa mission system yang nantinya akan dipasang pada ketiga pesawat akan mengacu pada standar sistem dan perangkat intai yang ada di CN-235 220 MPA milik Puspenerbal TNI AL.

      Bila tidak ada aral melintang, proses konversi untuk setiap pesawat akan mebutuhkan waktu enam bulan. Adopsi sistem dan perangkat yang serupa dengan CN-235 220 MPA TNI AL, menjadikan proses instalasi dan integrasi bisa lebih cepat, lantaran sudah ada kesesuaian perangkat dengan sistem pada pesawat. Kerry menambahkan, nantinya tim dari Integrated Surveillance and Defence (IDS) akan datang ke PT DI, untuk kemudian bersama-sama dengan tim PT DI melakukan instalasi dan beragam pengetesan. Proses konversi ketiga unit pesawat, seluruhnya didanai oleh Amerika Serikat lewat program Maritime Security Initiative (MSI).

      Karena mengacu pada sistem sensor dan intai yang ada di CN-235 220 MPA TNI AL, berikut beberapa fitur yang kemungkinan besar akan disematkan pada CN-233 MPA Malaysia. Untuk FLIR (Forward Looking Infrared), yang bakal diadopsi adalah jenis Star SAFIRE 380HD.

      Link
      https://www.indomiliter.com/bukan-dua-ternyata-malaysia-bakal-konversi-tiga-unit-cn-235-ke-varian-mpa-di-bandung-ini-spesifikasinya/

      Hapus
  38. Pur udah diumumkan kan belum anggaran militer Malaysia yang sekarang ???

    BalasHapus
  39. KITA LIHAT NANTI PESAWAT MPA SIAPA YANG DATANG DULUAN!

    Jangan bicara omong kosong belaka sekarang pur!

    BalasHapus
  40. P8 poisedon itu kelas berat pur
    Makanya kami butuh tolol
    Ingat negara kmi lbh luas besar drpd malon yg lemah tak berguna sama Cina.

    BalasHapus
  41. Gempur = Orang Awam
    Minum vaksin covid dulu pur biar sehat mata πŸ˜πŸ˜„πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  42. Satu lagi Pur sebelum saya pergi, saya mau tanya siapa yang menang tender MPA sama UCAV disana kan tendernya udah lama masa sampai sekarang masih belum diumumkan ???

    BalasHapus
  43. Pur punya gambar aludra mengudara gak ?

    BalasHapus
  44. CN235 KL yang hasil convert, duit hibah US, dari jual diri itu tercanggih di dunia ya pur..?

    Lebih canggih dari CN235 Ocean Sentry punya US, lebih canggih dari CN235 Meltem Turki, lebih canggih dari CN235 MPA Korsel...ya pur?

    Hwkakakakakak.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Intinya, kalo mau jadi yg paling canggih, tirulah KL..dapet duit dari ngemis & jual diri ke US.

    Hwkakakakak....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tercanggih punya Turki hasil Oprek sendiri, bukan punya sebelah yang hasil ngemis jual diri πŸ˜‚

      Hapus
  45. kalau versi MPA INDON lebih bagus mustahil INDON kelihatan tergesa gesa mahukan MPA yang baru sedangkan MPA INDON yang ada masih baru bro...wkwkwkwkwkwkwkw

    kan saya dah kata CN235 MPA versi MALAYSIA lebih canggih itu tak termasuk versi baru yang dalam proses pembelian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canggih apanya hahhaa
      Silah tunjuk

      Hapus
    2. Dan menjawab pertanyaan netizen, disebutkan pula bahwa mission system yang nantinya akan dipasang pada ketiga pesawat akan mengacu pada standar sistem dan perangkat intai yang ada di CN-235 220 MPA milik Puspenerbal TNI AL.

      Bila tidak ada aral melintang, proses konversi untuk setiap pesawat akan mebutuhkan waktu enam bulan. Adopsi sistem dan perangkat yang serupa dengan CN-235 220 MPA TNI AL, menjadikan proses instalasi dan integrasi bisa lebih cepat, lantaran sudah ada kesesuaian perangkat dengan sistem pada pesawat. Kerry menambahkan, nantinya tim dari Integrated Surveillance and Defence (IDS) akan datang ke PT DI, untuk kemudian bersama-sama dengan tim PT DI melakukan instalasi dan beragam pengetesan. Proses konversi ketiga unit pesawat, seluruhnya didanai oleh Amerika Serikat lewat program Maritime Security Initiative (MSI).

      Karena mengacu pada sistem sensor dan intai yang ada di CN-235 220 MPA TNI AL, berikut beberapa fitur yang kemungkinan besar akan disematkan pada CN-233 MPA Malaysia. Untuk FLIR (Forward Looking Infrared), yang bakal diadopsi adalah jenis Star SAFIRE 380HD.

      Link
      https://www.indomiliter.com/bukan-dua-ternyata-malaysia-bakal-konversi-tiga-unit-cn-235-ke-varian-mpa-di-bandung-ini-spesifikasinya/

      πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† Tengok pur, kalau kau ada bukti lain sila hantar Kat sini wkwkwkwkwkw

      Hapus
  46. tu le US bagi dana UPGRADE CN235 pun bukan alang alang punya Upgrade... sampai 3 buah dia upgrade jadi MPA dengan sistem eletronik yang TERBAIK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah guna dana hibah nak minta lebih lebih pula tuh wkwkwkwk tak tau diri kau pur gelak kami tengok kau, dah tak de Wang minta lebih cek mana tuh🀭🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Maaf pur kami negara besar luas p8 kami perlu dgn jangkauan lbh luas jarak tempuh

      Hapus
    3. Yang tercanggih punya Turki hasil Oprek sendiri, bukan punya sebelah yang hasil ngemis jual diri πŸ˜‚

      Hapus
  47. Hwakkakakak...

    Convert MPA hasil ngemis..

    Kasiaan..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  48. US tak kasih percuma, itu karena US minta pangkalan P8, setelah KL menawarkan jual dirinya..hwakaakakak


    Kesiaaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulah Malon rela jual diri demi hibah US wkwkwkwkwkwk, dah hibah minta lebih canggih pula tuh wkwkwkwkwkw gempur tak tau diri 🀭🀣🀣

      Hapus
  49. P-8 POSEIDON sama CN235 ya beda kelas pur!

    P-8 POSEIDON dipilih karena triple in one bisa jadi pesawat AWACS, MPA dan PEMBURU Pur πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempur kan orang awam
      Makin panas liat RI berotot hahah

      Hapus
    2. Emang Parah dia kayak gitu aja gak paham πŸ˜‚

      Hapus
  50. Yang tercanggih punya Turki hasil Oprek sendiri, bukan punya sebelah yang hasil ngemis jual diri πŸ˜‚

    BalasHapus
  51. Yang tercanggih punya Turki hasil Oprek sendiri, bukan punya sebelah yang hasil ngemis jual diri πŸ˜‚

    BalasHapus
  52. Lihatlah Senegal..
    Mereka beli brandnew CN MPA tanpa perlu jual negaranya...

    Lha KL..?

    Hwakakakakaka..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  53. P-8 POSEIDON sama CN235 ya beda kelas pur!

    P-8 POSEIDON dipilih karena triple in one bisa jadi pesawat AWACS, MPA dan PEMBURU Pur πŸ˜‚

    BalasHapus
  54. P-8 POSEIDON sama CN235 ya beda kelas pur!

    P-8 POSEIDON dipilih karena triple in one bisa jadi pesawat AWACS, MPA dan PEMBURU Pur πŸ˜‚

    BalasHapus
  55. Gempur makin panass tuh guys gk trima kwnyataan klo malon makin kuncup asetnya.

    BalasHapus
  56. KL, malu woooey ama Senegal...

    Hwakakakakak...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  57. P-8 POSEIDON sama CN235 ya beda kelas pur!

    P-8 POSEIDON dipilih karena triple in one bisa jadi pesawat AWACS, MPA dan PEMBURU Pur ��

    BalasHapus
  58. Malon dah tak de harga di diri demi MPA hibah wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  59. Pengumuman² anggaran pertahanan Malaysia akan akan diumumkan hari ini, kita ikuti perkembangan beritanya nanti anggarannya bakal naik atau anjlok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkkw...la kamu tahu jadi buat apa tanya...??? kamu lihat ya anggaran BANTUAN kepada rakyat MALAYSIA...pasti buat INDON iri bagaimana pemerintah sangat menjaga KEBAJIKAN rakyatnya...

      Hapus
    2. Tapi Malon tak menjaga harga dirinya Pur demi MPA hibah US purr cem mana wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Bawa2 bantuan hahaha
      Tolol malon

      Hapus
  60. kerana itu walaupun INDON promosi pesawat CN235 versi MPA INDON ke MALAYSIA dengan harga SANGAT MURAH... tapi MALAYSIA tak berminat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nnti jilat lidah sendri hahahha

      Malon melucu

      Hapus
    2. Tak perluh kau bual purr wkwkwkwkwk kami dah tau Malon rela jual diri demi MPA hibah US 🀭🀣🀣

      Hapus
  61. Malon tak tau malu jual diri demi MPA hibah US 🀭🀣🀣🀣 mana kau pur manaaa 🀭🀣🀣🀣

    BalasHapus
  62. Nah malon ni anggota Fpda apa Anggota nya wuhan cina sseh

    BalasHapus
  63. Tak minat karena tak ada duit..
    Hwakakkakakaka..

    Ada duit pun hanya mampu dari ngemis jual diri dan hanya cukup buat convert MPA


    Hwkkkakakakakakak...πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  64. Disini kami ingin bgun Divisi drone ya pur..

    Gak usah gerah panas lah malon
    Malon kan sudah ada Cina huhuuh

    BalasHapus
  65. Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo membeli kapal perang dari PT PAL.

    PT PAL sendiri merupakan BUMN strategis yang membawahi pembuatan kapal perang untuk angkatan perang Indonesia.

    PAL juga membuat kapal niaga untuk tujuan komersil.

    Mega kemudian meminta Prabowo membeli saja dari sana daripada beli dari luar negeri.

    "Aku ngomong sama Pak Prabowo, kita berdua jadi ketawa-ketawa. Aku bilang 'alah-alah, mas-mas, mbok disuruh, Pindad sama PAL bikin dulu, buat negeri sendiri ngono lho," ujar Megawati seperti dikutip zonajakarta.com dari RRI, Selasa (3/11/2020).

    Mega juga mengatakan belinya jangan satu namun sepuluh unit sekaligus.

    "Pesen kapal ojo (jangan) siji (satu), (tapi) sepuluh'," kata Megawati saat bertemu Prabowo dalam acara virtual Rapat Koordinasi Bidang Kebudayaan DPP & DPD PDIP Se-Indonesia, Sabtu (31/10/2020) lalu.

    Ia sendiri secara khusus meminta agar Prabowo memaksimalkan industri pertahanan dalam negeri.

    Caranya tentu mengorder berbagai macam persenjataan dari PT PAL, Pindad dan Dirgantara Indonesia untuk melindungi kedaulatan negara.

    Dikutip dari Janes, KRI milik TNI AL masih jauh dari kata cukup memenuhi kebutuhan penjagaan laut Indonesia.

    Lantas banyak juga kapal-kapal tua milik TNI AL misalnya LST kelas Frosch, Ahmad Yani class, Parchim class hingga penyapu ranjau kelas Condor.

    Namun TNI AL juga mendapat asupan kapal baru macam Martadinata Class, Bung Tomo Class dan Nagapasa class.*

    BalasHapus
  66. Ingat, hanya CONVERT, NGEMIS & JUAL DIRI.

    smart!

    Wahakakakakakakak...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  67. jangan sedih geng INDON saya dah kata sama kamu CN235 MPA MALAYSIA lebih canggih tapi korang tak nak percaya..sekarang kamu nampak tak kenapa INDON tiba tiba mahukan MPA yang lebih bagus...wkwkwkwkwkwkw

    ironinya semua MPA INDON masih baru bro...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu canggih hanya cakap bual kau saja wkwkwkwkwk bukti tidak bisa di manipulasi πŸ‘‡πŸ‘‡

      Dan menjawab pertanyaan netizen, disebutkan pula bahwa mission system yang nantinya akan dipasang pada ketiga pesawat akan mengacu pada standar sistem dan perangkat intai yang ada di CN-235 220 MPA milik Puspenerbal TNI AL.

      Bila tidak ada aral melintang, proses konversi untuk setiap pesawat akan mebutuhkan waktu enam bulan. Adopsi sistem dan perangkat yang serupa dengan CN-235 220 MPA TNI AL, menjadikan proses instalasi dan integrasi bisa lebih cepat, lantaran sudah ada kesesuaian perangkat dengan sistem pada pesawat. Kerry menambahkan, nantinya tim dari Integrated Surveillance and Defence (IDS) akan datang ke PT DI, untuk kemudian bersama-sama dengan tim PT DI melakukan instalasi dan beragam pengetesan. Proses konversi ketiga unit pesawat, seluruhnya didanai oleh Amerika Serikat lewat program Maritime Security Initiative (MSI).

      Karena mengacu pada sistem sensor dan intai yang ada di CN-235 220 MPA TNI AL, berikut beberapa fitur yang kemungkinan besar akan disematkan pada CN-233 MPA Malaysia. Untuk FLIR (Forward Looking Infrared), yang bakal diadopsi adalah jenis Star SAFIRE 380HD.

      Link
      https://www.indomiliter.com/bukan-dua-ternyata-malaysia-bakal-konversi-tiga-unit-cn-235-ke-varian-mpa-di-bandung-ini-spesifikasinya/

      πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† Tengok pur, kalau kau ada bukti lain sila hantar Kat sini wkwkwkwkwkw

      Hapus
  68. jangan sedih geng INDON saya dah kata sama kamu CN235 MPA MALAYSIA lebih canggih tapi korang tak nak percaya..sekarang kamu nampak tak kenapa INDON tiba tiba mahukan MPA yang lebih bagus...wkwkwkwkwkwkw

    ironinya semua MPA INDON masih baru bro...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan menjawab pertanyaan netizen, disebutkan pula bahwa mission system yang nantinya akan dipasang pada ketiga pesawat akan mengacu pada standar sistem dan perangkat intai yang ada di CN-235 220 MPA milik Puspenerbal TNI AL.

      Bila tidak ada aral melintang, proses konversi untuk setiap pesawat akan mebutuhkan waktu enam bulan. Adopsi sistem dan perangkat yang serupa dengan CN-235 220 MPA TNI AL, menjadikan proses instalasi dan integrasi bisa lebih cepat, lantaran sudah ada kesesuaian perangkat dengan sistem pada pesawat. Kerry menambahkan, nantinya tim dari Integrated Surveillance and Defence (IDS) akan datang ke PT DI, untuk kemudian bersama-sama dengan tim PT DI melakukan instalasi dan beragam pengetesan. Proses konversi ketiga unit pesawat, seluruhnya didanai oleh Amerika Serikat lewat program Maritime Security Initiative (MSI).

      Karena mengacu pada sistem sensor dan intai yang ada di CN-235 220 MPA TNI AL, berikut beberapa fitur yang kemungkinan besar akan disematkan pada CN-233 MPA Malaysia. Untuk FLIR (Forward Looking Infrared), yang bakal diadopsi adalah jenis Star SAFIRE 380HD.

      Link
      https://www.indomiliter.com/bukan-dua-ternyata-malaysia-bakal-konversi-tiga-unit-cn-235-ke-varian-mpa-di-bandung-ini-spesifikasinya/

      πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† Tengok pur, kalau kau ada bukti lain sila hantar Kat sini wkwkwkwkwkw

      Hapus
    2. Sensor MPA hasil minta² SEDEKAH ke US....Kerajaan gembel....

      Hapus
    3. Heleeehhhh.. lagi lagi ko bual pur.. mo sampe kapan ko hidup di alam mimpi trus pur.. pur.. sila tunjuk bukti klo ko punya telor.. udeh belasan kali ditagih.. mo sampe yg ke brapa kali klo gini trus pur.. pur..

      Gemeess deh.. 🀣🀣🀣

      Hapus
  69. Betul sekali cakap orang awam nih Pur, Malon memang lebih condong ke China sebab tuh beli kapal buatan anak sekolah Wuhan dengan hutang 25 tahun wkwkwkwkwkwkπŸ‘‡πŸ‘‡

    Faizal S Dasar luar jepun dan amerika menyifatkan malaysia condong ke china, itu sebab org penting dari kedua negara ni melawat Vietnam dan Indonesia, tidak malaysia

    πŸ‘†πŸ‘†
    Salam Malon lebih condong ke China wkwkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

    BalasHapus
  70. Kenapa koq tiba tiba TNI AL mau skadron drone dan mau p8 direstra 2020? Jawabnya adalah mempercepat pengisian armament tempur 3 Koamarbar dan pembentukkan 3divisi pasmar.dan pak KSAL ingin TNI AL menuju blue water marine

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups. Anda benar. Doktrin berubah seiring perkembangan zaman

      Hapus
    2. Termasuk akuisisi pwmgalihan alutsista kmrin dri jepang.
      Bukan untuk AL aja tp semua matra percepatan alutsista

      Hapus
  71. Jangan panas pur malon kami bangun divisi drone nnti hahha

    Salam malon pro Cina

    BalasHapus
  72. Kreatif woeey...

    Cuma posting copas jee...
    Speechless kaah pur..?

    Hwakakakakakak...

    Kwesiaan...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Copas = hopeless = kalah argumen.

    BalasHapus
  73. Betul sekali cakap orang awam nih Pur, Malon memang lebih condong ke China sebab tuh beli kapal buatan anak sekolah Wuhan dengan hutang 25 tahun wkwkwkwkwkwkπŸ‘‡πŸ‘‡

    Faizal S Dasar luar jepun dan amerika menyifatkan malaysia condong ke china, itu sebab org penting dari kedua negara ni melawat Vietnam dan Indonesia, tidak malaysia

    πŸ‘†πŸ‘†
    Salam Malon lebih condong ke China wkwkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

    BalasHapus
  74. Gempur makin terpojok hahhaa
    Kami tak sedih pur tapi kami tertawa melihat kekonyolan kerrajaan malon tuh hahhaa

    BalasHapus
  75. Purr kami hanya percaya bukti bukan percaya bual kauπŸ‘‡πŸ‘‡

    Dan menjawab pertanyaan netizen, disebutkan pula bahwa mission system yang nantinya akan dipasang pada ketiga pesawat akan mengacu pada standar sistem dan perangkat intai yang ada di CN-235 220 MPA milik Puspenerbal TNI AL.

    Bila tidak ada aral melintang, proses konversi untuk setiap pesawat akan mebutuhkan waktu enam bulan. Adopsi sistem dan perangkat yang serupa dengan CN-235 220 MPA TNI AL, menjadikan proses instalasi dan integrasi bisa lebih cepat, lantaran sudah ada kesesuaian perangkat dengan sistem pada pesawat. Kerry menambahkan, nantinya tim dari Integrated Surveillance and Defence (IDS) akan datang ke PT DI, untuk kemudian bersama-sama dengan tim PT DI melakukan instalasi dan beragam pengetesan. Proses konversi ketiga unit pesawat, seluruhnya didanai oleh Amerika Serikat lewat program Maritime Security Initiative (MSI).

    Karena mengacu pada sistem sensor dan intai yang ada di CN-235 220 MPA TNI AL, berikut beberapa fitur yang kemungkinan besar akan disematkan pada CN-233 MPA Malaysia. Untuk FLIR (Forward Looking Infrared), yang bakal diadopsi adalah jenis Star SAFIRE 380HD.

    Link
    https://www.indomiliter.com/bukan-dua-ternyata-malaysia-bakal-konversi-tiga-unit-cn-235-ke-varian-mpa-di-bandung-ini-spesifikasinya/

    πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† Tengok pur, kalau kau ada bukti lain sila hantar Kat sini wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  76. Malon sudah condong ke cina hahha
    Indonesia sedang direbutin byk negara besar untuk bendung Cina,

    Ada konon negara terkuat di Asean anggota FPDA tp pro cina juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tuh Broo, macam cakap orang awam nih wkwkwkwkπŸ‘‡πŸ‘‡

      Faizal S Dasar luar jepun dan amerika menyifatkan malaysia condong ke china, itu sebab org penting dari kedua negara ni melawat Vietnam dan Indonesia, tidak malaysia

      Hapus
  77. Saya berharap AL akuisisi juga heli tempur sekwlas AH 1Z
    Biar makin gacor dikit

    BalasHapus
  78. @GEMPURWIRA
    JEPUN DAN US PUN SUDAH SKIP KUNJUNGAN MALON (TIDAK PENTING)...MEREKA TAU ASKAR MALAY TIDAK PUNYA TELOR/PONDAN...🀣

    TNIAL SEGERA PUNYA DIVISI DRONE ..KITA SUDAH PUNYA UCAV MALE CH-4B BERSENJATA MISSILE PURR...NEXT UCAV BLACK EAGLE...BUATAN DALAM NEGRI....MILITARY BASE MALON MACAM SIPANGGAR,LUMUT,BUTTERWORTH DLLNYA AKAN MENJADI SOFT TARGET PURR...WAKAKAKAK

    DEFENCE BUDGET TETAP CIPUT YAA...KERAJAAN TAKDE WANG...EKONOMI TERUK DAN HUTANG MENUMPUK....

    Faizal S Dasar luar jepun dan amerika menyifatkan malaysia condong ke china, itu sebab org penting dari kedua negara ni melawat Vietnam dan Indonesia, tidak malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalan mudah saya.. kenapa INDON kalah sama PEJUANG OPM yang hanya setengah bugil dan bersenjata sederhana... ???? wkwkwkwkwkwkkw Asyikkkkk...

      Lawan pejuang yang bersenjata sederhana pun kesusahan mau menang ya...??? wkwkwkwkkwk

      Hapus
    2. Hahhaa kalah argument pindah topik
      Please smarts pur

      Hapus
    3. Aasyiiikkk.. takde telor tunjuk bukti.. loncat topik lain.. jom lanjutkan pur.. wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
  79. Saya heran malaysia padahal negara persemakmuran Inggris tapi arah politiknya condong ke Tiongkok

    BalasHapus
  80. Berarti sekarang Malaysia bukan anggota FPDA lagi ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan kita jadi negara non blok netral diplomasi nya di rebutin byk negara

      Hapus
    2. Malaysia sudah dikeluarkan dari FPDA karena sudah jadi propinsi baru China.

      Hapus
  81. LMS mana sampai sekarang kok gak main diperairan Ambalat padahal udah ditunggu sama KCR disana ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2unit LCS lagi disewa nelayan jadi boat nelayan buat tangkap Blue Whales, Kraken, Squird, Bluefish Tuna, Crab, Star Fish, Mermaid.

      1unit LCS lagi meronda dilaut menunggu Van Der Decken Flying Dutchman..

      Wkwkwkwkwkwkwwk Asyiiikkkkkk

      Hapus
  82. @jerawut, tolong copast kan ocehan maloners di forum MDR

    BalasHapus
  83. SEMOGA kapal2 patroli kita dilengkapi S100 CAMCOPTER !!!!
    FPB57nya Eyang Habibie yang pake HELI DEK bisa jadi KAPAL INDUKYA....

    BalasHapus
  84. wkwkwkwkwkwk.... dah kata MPA versi INDON tak berapa kualiti kerana itu MALAYSIA tak nak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salam jilat ludah sndri nnti ya.

      Salam pro cina hahha

      Hapus
    2. Kata siapa tak berkualiti pur.. jom tunjuk bukti valid yg menguatkan.. 🀦🏻‍♂️🀣

      Hapus
  85. Nomad6 November 2020 08.58
    AH Viper buat marinir
    Apache buat AD
    AU ...??
    ..................
    Black hawk gunship ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pilih black hawk gunship karena bisa membawa penumpang dengan jumlah yang banyak dan bisa mengudara di segala medan selain itu helikopter ini udah battle proven di gunakan USAF

      Hapus
    2. AU Black Hawk gunship
      AD Osprey, Apache
      AL Chinook, AH Viper

      Hapus
  86. Guys gempur kepanasan dia kah kah kah
    Tak bisa kasih buktti
    Byk cakap byk ngtroll
    Orang awam pun tertawaπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  87. GEMPURWIRA6 November 2020 09.45
    wkwkwkwkwkwk.... dah kata MPA versi INDON tak berapa kualiti kerana itu MALAYSIA tak nak

    Balas

    Jika tidak berkualitas kenapa ngotot ke AS minta dana oprek CN235-nya jadi versi MPA ???

    *Padahal spesifikasi sama MPA versi Indonesia dan Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkw..saya tanya kamu CN235 tu dibeli dimana...??

      dan lagi INDON hanya pasang sistem eletronik dan Optiknyanya saja... wkwkwkwkwkw

      beza sistem bro yang ada didalam tak semua sama pesawat sama tapi sistem didalam tak sama... kamu faham ke tidak ni...??? wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Dah pur nnti kau jilat ludah sendri makin tolol kau..

      Malon panass

      Hapus
    3. Intinya ko cuma bersilat lidah.. dah itu aja kok repot.. 🀣

      Hapus
  88. soalan mudah saya.. kenapa INDON kalah sama PEJUANG OPM yang hanya setengah bugil dan bersenjata sederhana... ???? wkwkwkwkwkwkkw Asyikkkkk...

    Lawan pejuang yang bersenjata sederhana pun kesusahan mau menang ya...??? wkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Be smart pur
      Jgn kalah argument pindah tajuk
      Makin kelihatan tolol km hahhaah

      Malon panas

      Hapus
    2. Lawan pejuang Sulu saja ATM tak bisa, malah tembak Ayam dan Anjing..

      Lawan pejuang sulu saja TUDM tak bisa, malah ngebom pokok pisang....

      Wkwkwkwkwk Asyyiiikkk

      Hapus
  89. Gempur tolol makin jadi wkwkkw
    Kalah arrgument gak bisa jawab pindah topik..

    Please Pur be smarts lah.
    Terlihat sekali kau terpojok ya
    Wkwkk

    BalasHapus
  90. KL parah...
    ALnya kalah ama jaring si Nguyen


    Hwakakakakakk...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  91. Udah ah mau cari makan dulu diluar gak mau urusin ocehan orang gak jelas

    BalasHapus
  92. Tak perlu buang keringat, dengan jaringnya, si Nguyen berhasil kalahkan ALnya KL.

    Hwakakakakakakak...

    Good job Nguyen!

    LoL
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  93. Lanjutkan kepandaian mu pur
    Kalah argument pindah tajuk

    BalasHapus
  94. Gempur = orang Awam= kalah argument loncat pindah topik lain=..bla bla bla

    Lanjutkan PUr kepandaian mu ����

    BalasHapus
  95. 2unit LCS lagi disewa nelayan jadi boat mancing buat tangkap Blue Whales, Kraken, Squird, Bluefish Tuna, Crab, Star Fish, Mermaid.

    1unit LCS lagi meronda dilaut 15hari menunggu Van Der Decken Flying Dutchman..

    Wkwkwkwkwkwkwwk Asyiiikkkkkk

    BalasHapus
  96. Lawan pejuang Sulu di LAHAD DATU saja ATM tak bisa, malah tembak Ayam dan Anjing..

    Lawan pejuang sulu di LAHAD DATU TUDM tak bisa, malah ngebom pokok pisang....

    Wkwkwkwkwk Asyyiiikkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. GemPur...

      ATM dan TUDM takde telor buat perang. Bisanya melancap ke warung kopi, melancap ke GENTING, melancap ke bilik termenung, bucu kathil dan melancap hisap dadah...

      Wkwkwkwkw Asyiikkkk

      Hapus
  97. Sesuai prediksi dan komen saya sebelumnya.. bila hari ini budget hearing disahkan maka sudah pasti angka tersebut sebagian besar dari tambahan debt.

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2020/11/06/economists-see-big-budget-funded-by-debt/

    Udah kebaca sih.. tahun lalu aja mereka pake referensi harga minyak $ 65 per barrel padahal actualnya $ 40 per barrel jadi bila tahun depan budget naik apalagi mau perkuat defense sector maka gak ada jalan lain. Harus ambil debts.. itu pilihan logis.

    Yang jadi masalah kalau faktor debt ini jadi senjata oposisi buat modal ngelawan pemerintah, ini yang bahaya . Kalau para politikus gak paham defense pasti yang kena imbasnya institusi pertahanan nya.. πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertanyalah ama yang pakar => si Gempur.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      "Berapapun besaran belanja alutsista, itu sangat kecil dibandingin aset negara yang dilindungi"

      Hapus
  98. "Kemarin ada diskusi di Mabesal bahwa TNI AL itu membutuhkan pesawat P-8 Poseidon dan kita sudah sampaikan ke Kementerian Pertahanan dan kita nanti akan melaksanakan 4 tahap. Apakah nanti disetujui atau tidak, tetapi Angkatan Laut sudah menginisiasinya," katanya.

    -----------------------------------------

    angkatan laut kita andalah yg PERTAMA alias PIONIR sbg operator jet bomber torpedo dikawasan.

    tentunya dengan IL-28 beagle hore haha!🦾🦾🦾

    Il-28T Beagle: Sang Rajawali Laut Pengumbar Torpedo
    https://www.indomiliter.com/il-28t-beagle-sang-rajawali-laut-pengumbar-torpedo/

    BalasHapus
    Balasan
    1. rikues poseidon adalah hal yg biasalah,

      soalnya angkatan laut kita uda perna punya jet bomber torpedo, dgn platform pespur murni bukan pake platform pesawat komersil.

      bukan 1, 2, ato 4 kita punyak selusin atawa 12 bijik langsung hore haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      nich buat WARGANYET KL, itung satu2 yakkk..haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      https://indomiliter.files.wordpress.com/2014/02/5800207_20130909121317.jpg

      Hapus
    2. Iya om pal. Bener banget. Kemenhan, DPR Komisi 1, Pemerintah mau mengembalikkan kejayaan TNI seperti di tahun 60an.

      Hapus
  99. Fuuuuuuuuurrr kapan shopping fuuuuuurr??tak sabar pengen denger malon shopping fuuuuuurrrr??bentar lagi kita punya destroyer fuuuuuurr..tak irikah ko fuuuuuuurrr...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  100. Maaf pur..
    Ternyata kau bukan orang Awam saya salah menilai yg sebenernya sih kamu ternyata orang Pandai smarts..
    Orang pandai pindah tajuk pindah topik kalau kalah argument

    Xixixixiix������

    BalasHapus
  101. FUuuuuuuuuurrr...kabar si LEMES kapal siput gimana fuuuuuuurr..udah beres d servis lagi Fuuuuuuuuuurrrrr...lemes kapal cacat utang 25 tahun..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  102. Miiiiiiiin..angkat berita malon shopping dong..kasian gemfur tengok blog ini ga ada kabar malon shopping..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwmwkkwk...sabar yaaaaa fuuuuuuur...kedekut duit itu emang pedih..wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  103. Beritanya d blog ini sedap,ada aja kabar rencana shopping,blog malonmah sepiiiiiiii,ga ada kabar2 mo shopping..kesian malon makin tertinggal..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwkkwkamalan..salam capcay 2055 fuuuuur..wkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  104. wkwkwkwkwkw..geng INDON marah pasal ketahuan MPA mereka tak berapa bagus..wkwkwkwkwkw

    saya dah kata MPA CN235 INDON tak bagus kerana itu walaupun sudah berapa kali INDON promosi pada MALAYSIA tapi MALAYSIA tak berminat..walaupun tawaran sangat menarik iaitu SANGAT MURAH...

    BalasHapus
  105. SEJARAH uda membuktikan, kitalah yg punyak jet BOMBER TORPEDO yang pertama dikawasan,

    smentara KL masi unyu2, ampe skrg aja gak punya pesawat MPA gaesz, baru mau itupon yg BALING BALING kesian haha!🀣🀣🀣

    nich bomber kita, itungin donk atu2 selusin gak tuch

    https://indomiliter.files.wordpress.com/2014/02/5800207_20130909121317.jpg

    angkatan laut kita jugak pionir dlm urusan pesawat AKS, antikapal selam, pake Fairey Gannet ..sblom KL ada di duniya malah, kecian haha!🀭🀭🀭

    https://www.indomiliter.com/gannet-pesawat-aks-andalan-tni-al-tempo-doeloe/

    BalasHapus