22 Februari 2021

PT DI Targetkan 2024 Bisa Produksi Pesawat Amfibi

22 Februari 2021

Pesawat N219 Amphibi membutuhkan floater untuk dapat mendarat di air (image : BPPT)

Bandung (ANTARA) - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menargetkan bisa mulai memproduksi pesawat berjenis amfibi yang dapat lepas landas dan mendarat di air pada 2024. 

Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI Gita Amperiawan mengatakan saat ini pihaknya pun tengah mengembangkan teknologi untuk memproduksi pesawat tersebut. 

"Pak Budi (Menteri Perhubungan) menanyakan kebutuhan itu kapan selesai, kami katakan Insyaallah tahun 2024 kita akan dapat produksi untuk amfibi, dan sekarang kita sedang kembangkan," kata Gita di Hangar N219 PTDI, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menyampaikan sebagai negara kepulauan, Indonesia membutuhkan pesawat amfibi untuk menhubungkan pulau-pulau terpencil. 

PTDI merencanakan pesawat amfibi itu bakal diproduksi setelah pesawat N219 selesai. Pesawat N219 yang murni buatan anak bangsa itu saat ini masih menunggu sertifikasi tipe untuk bisa diproduksi komersial. 

Sementara itu, Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro mengatakan dengan adanya pesawat amfibi, Indonesia bisa meminimalisir pembangunan infrastruktur landasan udara atau bandara. 

Selain menghubungkan pulau terpencil, menurut dia, pesawat amfibi itu dapat mempercepat pembangunan sektor pariwisata, karena pesawat amfibi itu dapat langsung mendarat di pantai kawasan pulau wisata. 

"Di manapun bisa landing langsung ke tempat tujuan pariwisata, dan negara kita kan memiliki 17 ribu pulau," kata Elfien.

277 komentar:

  1. Balasan
    1. @BAKSO RUDAL
      otak loe yang lambat alias lemot

      Hapus
    2. Kelamaan jadinya
      Soalnya kasiahan eesenn gak lama lagi akan menghadap ilahi,jadi gak sempat melihat pesawat ampibinya.

      Hapus
    3. Yg pnting ada usaha drpd tidak.

      Hapus
    4. Rudal antikapal bisa potong kompas ke Turki dgn atmaca missile atau Ukraina dgn Neptune. Cruiser missile ke Turki dgn SOM missile atau Pakistan dgn Babur/Ra'ad missile. Radar 3D bisa ke Argentina bagus juga radar buatan invap

      Hapus
    5. Pake RN01 SS
      RHan jadi roket balistik

      Hapus
    6. Essen masih hidup om rudal

      Hapus
    7. emang enak dibully @BAKSO RUDAL
      sukurin..

      ngoahahaha

      Hapus
    8. Sori ya gue gak mau masuk grup
      Yg hari2 bully Malon,Hua,.....
      Dari jkgr pun gue Uda netral
      Emang loe pada anak ingusan kemarin sore🤪

      Hapus
    9. Dijkgr sipamungkas pun gue lawan apalagi anak kencur kayak loe pada2 ,😀😀😀😀😀😀😀😀😀
      Gue angkatan bah Bowo bahkan jauh sebelum bah Bowo masuk.
      Biasa nikname gue beda2 tergantung suasana hati
      🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫🤫

      Hapus
  2. Indo beli Apache, beli Rafale, beli frigate iver.

    genk malon cukup beli motor sikal je buat ngojek tentera malon....🤣🤣🤣🤣🤣


    https://defense-studies.blogspot.com/2021/02/tentera-darat-terima-180-motosikal.html?m=1

    BalasHapus
  3. Motor sikal genk malon bisa jd motor sikal ampibi tak pak cik?....😀😀😀😀🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  4. dulu siapa ya,?
    yang meributkan desain sirip belakang N219?

    buktinya N219 bisa terbang dengan aman, bahkan sertifikasinya pun sudah disahkan.

    BalasHapus
  5. Pak cik nak pesan pesawat ampibi indo ke.? Supaya bisa seberang ke aerawak pak cik.
    Tak mungkinlah guna motor sikal dr KL ke Serawak pak cik...🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  6. Mana pak cik nih.? Masuk angin ke, sebab pusing2 naik ojek motor sikal tentera malon?.......🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  7. Salam MRAP Hizir tampal stiker dari Turki pak cik. Buatantempatan 100 peratus ya pak cik...🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  8. Bang ojek bang!!...wkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sile pak cik, dijamin aman dijalan pak cik sebab pengendaranya tentera malon pakcik. Nanti bayar pakai nasi lemak je ya. Lama tak mampu beli nasi lemak nih pak cik.....🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwwkkwkwk....

      Hapus
  9. Di lembaga keris ditanya andai punya 197 kapal tapi yang siap perang hanya 28 kapal apa yang harus dilakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya :

      197 - 28 = 169

      169 / 28 = 6 koma sekian

      28 x 6 = 168

      Buat balon yang menyerupai kapal yang siap perang. Setiap kapal yang siap perang dibuat balonnya yang mirip bentuk dan ukurannya dengan kapal itu sebanyak 6 unit balon.

      Jadi 1 kapal yang tidak siap perang berlayar mendorong 1 balon yg bentuk dan ukurannya mirip dengan kapal yang siap perang.

      Tempatkan balon kapal itu di paling depan, kapal yg tidak siap perang di tengah, kapal yg siap perang di belakang.

      Saat musuh kehabisan rudal dan pelurunya habis untuk menembaki balon dan kapal yang tidak siap perang, kapal yang siap perang balas menembaki kapal2 musuh.

      Musuh menyerah karena habis amunisi. Kapal2 musuh yang masih sisa kita sita sebagai pampasan perang. Awaknya kita suruh nyebur ke laut.

      Hapus
    2. Jangan ngomong2 balon...ga enak ama yg punya balon kuning....hahaha

      Hapus
    3. pake dummy? strategi lawas Nazi dan Rusia..

      Hapus
  10. N219 sangat cocok di wilayah pegunungan dan kepulauan, sangat stabil di kecepatan rendah dan mampu terbang aman dengan satu mesin,,,mulai banyak negara yg mengembangkan pesawat sejenis ini tp apakah bisa mengimbangi kemampuan n219, ingat pesawat yg ikut dikembangkan indonesia dan BJ HABIBIE minim insiden dan sangat tangguh struktur pesawatnya. 🇮🇩🇮🇩🇮🇩💪💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kwalitas N219 akan sulit disaingi, gk mudah mendesain sebuah pesawat yg bisa stabil dikecepatan rendah dan mampu terbang aman dengan satu mesin, jangan sepele liat tipe pesawatnya seolah olah sepertinya gampang' butuh bertapa di gunung kidul untuk ngimbangi kwalitas N219 💪💪💪🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

      Hapus
    2. Setelah N-219 lanjutkan ke N-245 siapkan dua design dgn ramp door atau tanpa ramp door dan RAI R-80. Setelah berhasil langsung ke N-2140 dan R-2130

      Hapus
    3. Nyoiii N245 dan R80 harus jalan, jenis pesawat ini sebenarnya punya pasar 👍👍🇮🇩🇮🇩🇮🇩

      Hapus
  11. https://www.indomiliter.com/sukhoi-su-30mkm-malaysia-ternyata-loyo/

    Sukhoi malon loyo ke pak cik? Pakai je motor sikal awak tuh, beri sayap kanan kiri. Mungkin mampu hadapi pesawat pejuang china pak cik....🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  12. Tak retilah pasti malon bina pesawat,musti high IQ,punya kepakaran...malon cukuplah bina layang layang dulu...wkwkwkwwkkwwwkwwkwkkwkwwkwkwkwkkwkwwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwwkwkkwwkwwkwwk

    BalasHapus
  13. Malon cuman boleh suruh ATM ngojek pakai motorcycle busok agar boleh sewa heli,,,PARAAAAAAHHHHHHHHHH 🤧🤭🤭😜🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salah om,motor malon ini canggih,selain bisa jalan d darat dan udara,motor malon ini bisa menyelam,cocok buat pengganti scorpene malon yg loyo tak bisa selam....wkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwwkwkkwwkkwkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. 🤭🤭😜🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  14. Panassss kepala nih liat tetangga beli rafale, beli F-15EX, beli frigate.
    Yg sono heli nuri ujur je tak mampu ganti.
    Helipun sanggup hanya sewa. Beli pun hanya mampu motor sikal je. Itupun guna ngojek, sebab dah kontrak dng Grab....🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drivernya pakai smart helmet yg dibangga-banggakan gembulwaria

      Hapus
  15. Hizir mana hizir???? Klaim desain dan binaan tempatan, sejak kapan mulai ngembanginnya????? Desain senjata serbu aja bikin ngakak seluruh dunia, yg parahnya bina kapal yg tinggal copy paste pon salah potong,,,malon cuman boleh TAMPAL STICKER, MAU NIPU KETAHUAN MELULU MEMBUKTIKAN SDM MALON LONGOR AKUT 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  16. Lanjutkan PTDI dan BPPT
    N219 Produk asli murni karya anak bangsa.

    Joss gandos

    BalasHapus
  17. Karena aircrod tak punya skill utk bina kapal terbang maka aircrod d alih fungsikan sebagai kilang pembuat nasi lemak..wkwkwkwkkwkwkkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  18. https://youtu.be/-m2aeinxZUs berita terbaru yang hangat...lagi hangat...

    BalasHapus
  19. Disini pesawat aja gak takut cercah di air......lha di negrimu pur, katanya kapal tapi takut liat air 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kapal nya mau cecah Di udara heheh

      Hapus
    2. Nyentilnya sesekali tp telak ke ubun2 🤧🤭🤭🤭😜😜😜

      Hapus
  20. Tamatlah riwayat MALON WKWKWKWKW


    Kadispenau: saat ini sedang tahap penyelarasan antara TNI AU-Mabes TNI-Kemhan terkait tipe pesawat tempur yang dibutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyesuaian jet tempur yang dibutuhkan TNI AU pada Kemenhan mungkin TNI AU ingin jet tempur yang radius tempurnya bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia

      Hapus
    2. F15EX bisa tuh, lebih jauh dari Su27/30/35.

      Rafale juga bisa, lebih jauh dari Su27/30.

      Apalagi kalo beli lebih dari 1 skuadron, beli langsung 3 atau 6 skuadron, pasti malon langsung heart attack.

      Hapus
    3. 15 f15 EX dan 36 Rafale dah cukup untuk TNI AU

      Hapus
  21. Walaupun Kementerian Pertahanan berniat membeli Rafale dan F-15, hal itu dipastikan tidak akan mengganggu program KFX/IFX yang mana Indonesia telah terikat kewajiban untuk membeli hingga 48 unit dan berhak mendapatkan 1 unit prototype, disini KFX diproyeksikan akan menggantikan Bae Hawk.

    Bukankan terdengar sangat Wanggyy ❤️

    Heavy Fighter
    - F-15 dan Su30/Su27 (Air Superiority)
    - Dassault Rafale (Omnirole Fighter)

    Medium Fighter
    - F-16 AM/BM (Multirole Fighter)
    - KFX (Multirole Fighter)

    Light Fighter
    -T-50 & T/A-50 Golden Eagle

    Indonesia Plan Purchase F15EX and Rafale is different program. In other side Indonesia still continue at KFX/IFX program

    DAPA: Indonesia's Plan to Purchase F-15EX 'Separate' from Joint Fighter Jet Development Program

    South Korea's arms procurement agency said on Saturday that Indonesia's reported plan to purchase F-15EX jets from the United States defense giant, Boeing, and Rafale fighters from France is "separate" from a joint fighter jet development program between the two countries.

    The Defense Acquisition Program Administration (DAPA) issued the position in a statement after the Indonesian media reported on Friday that Indonesia plans to purchase the fighters between 2021 and 2024.

    The report came amid rising concerns over Indonesia's delayed payments for its share of the cost of the KF-X joint fighter project between South Korea and Indonesia.

    DAPA said it assesses that the reported purchase plan is a matter separate from the KF-X joint development scheme, adding it is a move that Indonesia has already been seeking in order to boost Indonesia's Air Force power.

    DAPA stressed that Indonesia has expressed its intention to continue to participate in the KF-X project.

    It also said that the two countries have been conducting negotiations in a mutually beneficial way through multiple working-level negotiations, adding when the negotiations are complete, the DAPA will disclose the results to the nation.

    IDR_Raphtalia
    https://world.kbs.co.kr/service/news_view.htm?lang=e&Seq_Code=159702

    BalasHapus
  22. Indonesia Plan Purchase F15EX dan Rafale adalah program yang berbeda. Di sisi lain Indonesia masih melanjutkan program KFX / IFX

    DAPA: Rencana Indonesia untuk Membeli F-15EX 'Terpisah' dari Program Pengembangan Jet Tempur Bersama

    Badan pengadaan senjata Korea Selatan mengatakan pada hari Sabtu bahwa rencana Indonesia untuk membeli jet F-15EX dari raksasa pertahanan Amerika Serikat, Boeing, dan pesawat tempur Rafale dari Prancis "terpisah" dari program pengembangan jet tempur gabungan antara kedua negara.

    Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) mengeluarkan posisi tersebut dalam sebuah pernyataan setelah media Indonesia melaporkan pada hari Jumat bahwa Indonesia berencana untuk membeli pesawat tempur antara 2021 dan 2024.

    laporan itu muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran atas keterlambatan pembayaran Indonesia untuk bagiannya dari biaya proyek pesawat tempur gabungan KF-X antara Korea Selatan dan Indonesia.

    DAPA menilai bahwa rencana pembelian yang dilaporkan adalah masalah yang terpisah dari skema pengembangan bersama KF-X, menambahkan itu adalah langkah yang telah diupayakan Indonesia untuk meningkatkan kekuatan Angkatan Udara Indonesia.

    dAPA menekankan bahwa Indonesia telah menyatakan niatnya untuk terus berpartisipasi dalam proyek KF-X.

    Dikatakan juga bahwa kedua negara telah melakukan negosiasi dengan cara yang saling menguntungkan melalui beberapa negosiasi tingkat kerja, menambahkan ketika negosiasi selesai, DAPA akan mengungkapkan hasilnya kepada negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bro geng MALON nanti tak bisa tidur malam wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Biarin @bro nusa...biar pd gk bisa tidur...biar bisa mikir..biar gk males

      Hapus
  23. Bul lg kongkek dubor kah bul???? Kasihan malon jatuh miskin dan longor, bul butuh 20 tahun tuk bisa memperbaiki kwalitas sdm malon agar boleh bina sendiri produk teknologi, itu pon kalau sadar diri kalau sdm malon saat ini bener2 longor dan harus diperbaiki tp kalau gk sadar2 ya akan longor selamanya 🤧🤭🤭😜😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemalas dan songong = longor 🤭🤭😜🤪🤪🤪

      Hapus
    2. palingan nanti yg bisa menyelamatkan KERAjaan malon adalah para imigran om raden,
      kalo bumiputera sih saya gk yakin mampu..

      Hapus
    3. Paling2 imigran china dan indonesia 🤭🤭🤭😜😜😜

      Hapus
  24. Emejing PT.DI,,, tetap semangat demi nama baik bangsa di industri aviasi.💪😎

    BalasHapus
  25. Busted juga bikin kapal amphibi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Indonesia KRI Pasopati sdh pensiun jadi monumen. Di malon kapal perang ngga jadi-jadi malah jadi monumen

      Hapus
    2. Bukan monumen @om jack....tu kapal nti d kasih roda...cman ini belum ketemu jenis roda yg cocok buat tu kapal....xaxaxaxaxax

      Hapus
    3. Busted bikin rakyat malays cem ampibi... Wkwkwk😂

      Hapus
  26. PROTON saja jutaan kenderaan sudah terjual keseluruh dunia...rileks je.....wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa.....nha tu beli motor buat apa...buat ngojek y xaxaxaxa

      Hapus
    2. Proton???? Made in china 🤧🤭🤭🤭😜🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
    3. Sebenarnya proton itu emang buatan china tp numpang nama buatan tempatan agar boleh dapat pasar, setelah pasar luas diberitakanlah seolah olah sahamnya dibeli gelly china padahal emang punya gelly sedari awal 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

      Hapus
    4. Di Indonesia Protol pada tutup gerainya, gara-gara suku cadang nya susah banget. Taksi putra aja bangkrut gara-gara protol

      Hapus
  27. PROTON sudah terjual di banyak negara ya guys...rilek je

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak tanya citer,Proton Geely milik cina tuh keh wkwkwk

      Hapus
    2. Di Indonesia gerainya sdh pada tutup gara-gara sparepartnya susah. Taksi putra aja bangkrut gara-gara protol

      Hapus
  28. Motor buat tentara ya....buat patroli apa buat ngojek hayoooo...xaxaaxxa

    BalasHapus
  29. Gini loh proyek tu, nggak muluk yang penting memastikan pangsa pasar tersedia. Sambil meraup untung, step by step improvisasi.
    Jangan bikin proyrk ambisius yang sekiranya pangsa pasar sempit, itu bunuh diri namanya.

    BalasHapus
  30. Kemarin siapa ya yg bilang CN235 sering rosak produk jelek tp ada negara nya smpe krg maseh pake produk Cn235 PTDI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. CN-235 digunakan kerajaannya untuk angkutan VIP Raja,PM & menterinya masih je tetap sembang ngatain CN-235 sering rusak wkwkwk

      Hapus
    2. Malon cuma bisa menghina doang, untuk upgrade aja nunggu uang shodaqoh dari paman sam sementara mau beli baru udh ngga bisa

      Hapus
  31. Nah foto Kelab peminat Proton Gen 2 di Mesir


    http://2.bp.blogspot.com/-BVcU7GXvLeM/UmokilofFcI/AAAAAAAABLc/5zshEi8023Q/s1600/mesir+proton1.jpeg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak tanya citer, Proton Geely cina tuh keh wkwkwk

      Hapus
    2. Palingan juga pada nyesal semuanya beli protol... Ngga ada sparepart

      Hapus
  32. ...sudah lama nggak NYANYI, nyanyi ach untuk si GEMPURWIRA borokokok balakucang ;

    Lintang sing ono ing wengi
    Gawe kangen ati
    Ati sing tansah nandang kasmaran iki
    Endahe esemu gawe bungahe atiku
    Mung sliramu pepujaning atiku

    Ning awang katon netramu
    Ing saben wengiku
    Keroso ing sumilire angin dalu
    Sliramu duh Ningmas
    Sing dadi memanike kalbu
    Mung sliramu sing ono ning atiku
    Aku treno sliramu

    Ning angin tak titipne
    Roso kangen marang sliramu
    Nadyan batin pengen ketemu
    Amung biso nyawang fotomu

    Abote mendem kangen
    Kangen sing neng jero dodoku
    Gedhene roso tresno iki amung tak simpen
    Ning jero ati

    Ning angin tak titipne
    Roso kangen marang sliramu
    Nadyan batin pengen ketemu
    Amung biso nyawang fotomu
    Abote mendem kangen
    Kangen sing neng jero dodoku
    Gedhene roso tresno iki amung tak simpen

    Ning jero ati...


















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...jogeeeeeeeet Pur ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Jangan om yondu, kasih aja lagu lingsir wengi

      Hapus
  33. Ini Alasan RI Borong Jet Tempur Canggih F-15 EX dan Rafale

    Jakarta, CNBC Indonesia - Masih banyak kawasan di Indonesia bagian timur yang masih minim dukungan alutsista dari TNI AU. Harapan dari pengadaan alutsista dari pesawat tempur, pesawat angkut, drone dan radar bisa mengisi di pos daerah tersebut. Salah satunya jet tempur yang akan didatangkan yaitu F-15 EX dan Rafale.
    Kadispen TNI AU Marsekal Pertama TNI Indan Gilang menjelaskan untuk penempatan alutsista baru diprioritaskan untuk menggantikan peralatan tempur yang sudah mulai usang (rundown) atau purna tugas.

    "Di squadron kita ada pesawat yang sudah purna tugas namun belum ada penggantinya, saya kira itu jadi prioritas," katanya kepada CNBC Indonesia TV, dalam program Profit, Senin (22/2/2021).

    Sementara untuk di wilayah Indonesia bagian timur, diakui Indan bahwa, masih banyak daerah yang pangkalan pesawat-nya belum ditempatkan pesawat tempur maupun angkut. Sehingga terkadang sulit untuk merespon ancaman dan bantuan kebutuhan udara di Indonesia bagian timur.

    Dari catatannya daerah Makassar yang sudah memiliki pesawat bantuan dari AU yang stand by jika dibutuhkan. Namun masih banyak wilayah lainya yang pos pangkalan belum memiliki pesawat AU baik tempur maupun angkut.

    "Harapanya dengan tambahan kita bisa mengisi pangkalan kita dengan pesawat squad AU sehingga bisa cepat merespon ancaman yang timbul dan kebutuhan udara yang ada di Indonesia bagian timur, demikian juga dengan radar kita jadi akan bisa mendeteksi dini ancaman udara yang mungkin timbul," katanya.

    Asal tahu saja, mulai tahun ini hingga 2024 TNI AU akan merealisasikan beberapa alutsista modern secara bertahap, beberapa diantaranya adalah pesawat tempur F 15 EX dan Dassault Rafale, Radar GCI 4, pesawat berkemampuan Airborne Early Warning, pesawat tanker pengangkut C-130 J, dan UCAV berkemampuan MALE.

    Link :

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20210222143422-4-225180/ini-alasan-ri-borong-jet-tempur-canggih-f-15-ex-dan-rafale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupang NTT & Biak Papua yg berbatasan dgn Timor Leste dan Australia perlu ditempatkan skuadron udara permanen di sana

      Hapus
  34. Sebenarnya proton itu emang buatan china tp numpang nama buatan tempatan agar boleh dapat pasar, setelah pasar luas diberitakanlah seolah olah sahamnya dibeli gelly china padahal emang punya gelly sedari awal 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  35. Nah video kehebatan proton di pentas dunia....jangan buka kalau tak mahu semakin DENGKI...wkwkwkwkwkkw


    KEHEBATAN KERETA PROTON MALAYSIA DI PERINGKAT DUNIA, WAJIB TAHU(Iriz R5, Neo S2000, Persona, Satria)


    https://www.youtube.com/watch?v=CJCeFZ2yFqo

    BalasHapus
  36. Pur ini tengok Produk PTDi asli buatan anak bangsa PTDi yg kamu hina itu pur.

    Mantab kan pur

    BalasHapus
  37. Gimna klo kita krim Lagu "Lingsir Wengi" buat Gempur.
    Pas bgt ni Gempur lagi ultah

    BalasHapus
  38. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  39. Yg lain beli heli, pesawat,kapal perang, misil/rudal

    Ada negara yg senengnha mnta ampun hanya karena beli MOTOR xaxaaxa

    BalasHapus
  40. ni lagi Video kereta PROTON ikut pertandingan Rally dunia..malah menang lagi.... ahhhh rileks je....wkwkwkwkkw

    kalau lihat videonya PASTI makin DENGKI geng INDON....wkkwkwkkwkw


    https://www.youtube.com/watch?v=YrlLZP7gmrk


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok dengki sama Proton jenama asli Geely cina wkwkwk

      Hapus
    2. Lebih bagus foto motornya sama tentara yg jadi driver ojeknya xaxacaxxa

      Hapus
    3. Gempuur 🐖🐖🐖🐖🐖 apa hubungannya proton elo sm pesawat yg lg dibahas...dasar bencong...homo..muka dubur....berkali kali yg sopan.kalo masuk.rumah orang...nyampah aja disini...

      Hapus
  41. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hizir om...hizir om....katanya buatan tempatan...tpi kliatan tempel stiker xaxasaxaxax

      Hapus
  42. Pur,kl Proton tuh pure binaan malon,hantar linknya sparepart engine,suspension,tayar dan lain lain binaan malon wkwkwk

    BalasHapus
  43. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  44. nah ini lagi kereta PROTON ikut Rally Dunia.... PROTON pilihan pelumba Dunia guys...ahhhhhh


    https://www.youtube.com/watch?v=83apAzXHI8Q

    BalasHapus
  45. Ni beritanya sampe Ke Mbk Janes juga
    Tentang Rapim kemarin

    BalasHapus
  46. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  47. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  48. nah video di litar dunia PROTON bersaing dengan jenama antarabangsa guys....ahhhhhh ada makin panas....wkwkwkwkwk


    https://www.youtube.com/watch?v=5wwDmWZ2uVM

    BalasHapus
  49. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar sampai bongkok gembul tak akan dapat jejak pengembangan proton, wong emang tampal sticker 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  50. wkwkwkwkkwkwkw... PROTON sudah di persada dunia guys...rileks je....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  51. nah video polis United Kingdom malah memilih memakai kereta PROTON.... bangga guys....


    https://www.youtube.com/watch?v=PNbvcTC7I_w

    BalasHapus
  52. Ya ampun Proton buatan Cina ya.
    Ckckckck.

    Ahdehh gitu aja dibanggakan.
    Saya kira Malon dah bisa buat pesawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat terbang... Pesawat televisi aja ngga mampu dibuat

      Hapus
  53. Hizir tempwl.stiker
    Gempita tempel stiker
    Mobil soak tempel stiker


    Motor trailpun mau d tempel stiker xaxxxxxa

    BalasHapus
  54. Proton buatan Mitsubishi..: www.disway.com/Proton rasa Mitsubishi jadi rasa Geely/27-08-2018

    Ertiga Suzuki Indonesia jadi Proton : www.otoasia.com/Proton resmi jual Ertiga rakitan Indonesia di Malaysia/25-11-2016

    BalasHapus
  55. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  56. nah foto kereta PROTON di THAILAND...

    https://previews.123rf.com/images/nitinut380/nitinut3802002/nitinut380200200642/141073735-chiangmai-thailand-january-9-2020-private-car-proton-exora-photo-at-road-no-1001-about-8-km-from-dow.jpg

    BalasHapus
  57. ni lagi fotonya PROTON di Thailand


    https://c8.alamy.com/comp/2B062MH/chiangmai-thailand-january-7-2020-private-car-proton-saga-photo-at-road-no121-about-8-km-from-downtown-chiangmai-thailand-2B062MH.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bangga dengan proton padahal sudah milik geely china wk wk wk

      Hapus
    2. Lebih bangga lagi klo ada kang ojek pake baju tentara malon xaxaxaxax

      Hapus
  58. Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  59. Aq dah di kasi link sahihpun gempurgila pura2 dungu dan muka batu wkwkwk...nanti dikatakan homo,pelacur,jual jubor dan beruk langsung marah dan meroyan wkwkwk

    BalasHapus
  60. ini lagi fotonya PROTON di THAILAND


    https://previews.123rf.com/images/nitinut380/nitinut3801806/nitinut380180600632/105493620-chiang-mai-thailand-june-17-2018-private-car-proton-persona-photo-at-road-no-121-about-8-km-from-dow.jpg

    BalasHapus
  61. Apakah Proton bisa cecah Di Air nantinya spt dibuat Amphibi

    BalasHapus
  62. filing guwe, ntar pelanggan pertama ekspor n-219 pasti dari tetangga kesayangan gaesz haha!

    BalasHapus
  63. malah hingga sejauh korea utara ntah macaman PROTON boleh masuk kesana nah tu fotonya....wkwkwkwkwk


    https://soscili.my/wp-content/uploads/2017/02/North-Korea-Featured-1140x594.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxxa...sampe korea utara beli motor jga sama ekspor kang ojeknya jga dr malon xaxaxaxaxax

      Hapus
  64. Kalo Proton buatan tempatan bagi sikit linknya engine,suspension dan tayar buatan malon,kl tak de linknya berarti Proton cuma stampal stiker wkwkwk🤣

    BalasHapus
  65. Bhuahaha emang orang indonesia bisa di tipu2 malon longor

    http://www.teropongsenayan.com/6117-mobil-proton-tak-laku-di-indonesia

    Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪


    BalasHapus
  66. Gempur bingung mau Bahas apa,kasih link apa biar bisa bandingkan peswat N219 ehh tahunya cuma kereta.

    Saya kira mau krim link Proton Bersayap

    BalasHapus
  67. Pur,masih nostalgia dgn Proton stampal stiker keh wkwkwk

    BalasHapus
  68. nah ini foto kereta eletrik buatan PROTON....

    https://lh3.googleusercontent.com/proxy/p_BH50fEjkQWaCzOkcA2mBoMe4MVvuPnxR_UjaPJl3bUE8WdyrB4rDGmjOzn1wlmDpIGweelOVuO_suNHkHtEUvvELt_rBpDIo8egBQ7NIDgWEDSCyhFREo3SFoFIM6WwK4607jv1p672A

    BalasHapus
  69. Pamer kereta angkut hewan tampal sticker, pada tajuk Pesawat Karya Anak Bangsa Indonesia



    Ko sehat Pur?? Bagai bumi dan langit ya

    BalasHapus
  70. wkwkwkwkkwk.... ada yang makin PANAS guys....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok panas lihat stampal stiker wkwkwk

      Hapus
    2. Panas buat apa tempel stiker xaxaxaxxa...motor tentara buat bgojek y xaaxaxax

      Hapus
  71. Bhuahaha emang orang indonesia bisa di tipu2 malon longor

    http://www.teropongsenayan.com/6117-mobil-proton-tak-laku-di-indonesia

    Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  72. Gempuur 🐖🐖🐖🐖🐖 apa hubungannya proton elo sm pesawat yg lg dibahas...dasar bencong...homo..muka dubur....berkali kali yg sopan.kalo masuk.rumah orang...nyampah aja disini...

    BalasHapus
  73. Gank malon terkena penyakit superiority complex sickness nostalgia Proton stampal stiker wkwkwk

    BalasHapus
  74. ohhhh bagai langit dengan bumi... jadi saya mau tanya INDON sudah buat kereta...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang malon ada kepakaran bina kereta buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    2. Itu mah gampang....malon sudah buat kerwta twrbang atau motor twrbang xaxaxaxxac

      Hapus
  75. wkwkwkwkwkwk.... jawab...INDON sudah jual kereta ke luar negara...??? kata bagai langit dengan bumi tadi...wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak....malon sudah jual pesawat sama heli k luar blum.....krik...krik..krik xaxaxaxa xa

      Hapus
    2. Memang Indonesia blm eksport kereta tapi dah eksport 8 CN-235 ke Malon wkwkwk

      Hapus
  76. Buat apa panas ame TAMPAL STICKER wong ame aja nipu diri sendiri,,,,Bhuahaha emang orang indonesia bisa di tipu2 malon longor

    http://www.teropongsenayan.com/6117-mobil-proton-tak-laku-di-indonesia

    Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  77. Bagai bumi dan langit,malon cuma pandai stampal stiker kereta,Indonesia dah berjaya eksport kapal perang dan pesawat..Malon ada export kapal perang dan pesawat keh wkwkwk

    BalasHapus
  78. Lha kita indonesia udah banyak jual produk teknologi asli buatan anak bangsa bukan modal tampal sticker cem malon longor, buat apa panas ame TAMPAL STICKER wong ame aja nipu diri sendiri,,,,Bhuahaha emang orang indonesia bisa di tipu2 malon longor

    http://www.teropongsenayan.com/6117-mobil-proton-tak-laku-di-indonesia

    Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  79. Di ASEAN NIH PABRIK MOBIL MOBNAS SEMUA AMBIL DESIGN MITSUBISHI MESIN PROTON ITU MITSUBISI, SEMUA NYA PUN MITSUBISI, VIETNAM PUN AMBIL DARI BMW DAN GENERAL MOTOR, GAMPANG AJA SIH MAU BUAT DESIGN SEPERTI APA BODY BISA AMBIL DARI HYUNDAI, MESIN AMBIL MITSUBISHI, TINGGAL DI RAKIT LALU MAU DI NAMAI APA NIH, SEMISAL PROTON, ATAU ,ATAU MOBIL NASIONAL VIETNAM NGA TAU LAH NAMANYA APA, JADI KALO MENURUT ANE SIH NGA ANEH, KITA KALO PUNYA MODAL JUGA BISA BUAT MOBNAS UNTUK BAGIAN DESIGN TINGGAL MILIH MAU SEDAN,AVANZA, TINGGAL COMOT BODY,DARI HYUNDAI,MESIN DARI MITSUBISHI, KITA NAMAIN DEH CONTOH ARKELE.......JADI DAH MOBIL, MAKANYA NGA ANEH KALO DI CHINA ANAK2 SMK BISA BUAT MOBIL WONG CUMA NGERAKIT, SEMUA KOMPONEN SUDAH TERSEDIA DI PASARAN OTOMOTIF, DI ASEAN AJA JADI WAHH KARNA ADA EMBEL2 MOBNAS BUATAN TEMPATAN ( PROTON ) PADAHAL TAMPAL STIKER,

    BalasHapus
  80. Masih mobil tempel stiker aj sombong amat axxxxxaxaaa.....kita pesawat...kapal...tank aj biasa aj

    BalasHapus
  81. Lha kita indonesia udah banyak jual produk teknologi asli buatan anak bangsa bukan modal tampal sticker cem malon longor, buat apa panas ame TAMPAL STICKER wong ame aja nipu diri sendiri,,,,Bhuahaha emang orang indonesia bisa di tipu2 malon longor

    http://www.teropongsenayan.com/6117-mobil-proton-tak-laku-di-indonesia

    Kalau bener2 buatan anak bangsa itu seperti esemka, dr pengembangan sampai protype dan masuk jalur produksi itu jelas ada jejak rekamnya yg jelas,,,lha proton jejak rekamnya opo???? Tampal sticker buatan tempatan 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    Mana link jejak pengembangan proton???? Tiba2 nongol made in tempatan TAMPAL STICKER 🤧🤭😜🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  82. Proton di indonesia dah jadi lumut dikubangan rawa... Gak sampe 3 tahun bakl kejadian di mesir pulak... Mobil binaan malays memanh cocok kat kubangan lumpork..😂😂😂

    BalasHapus