12 Februari 2021

MILDEF Hasilkan Kenderaan Perisai Pertama Buatan Tempatan

12 Februari 2021

Mildef HMAV 4x4 (photo : AirTimes)

SEPANG – Syarikat indusri tempatan, MILDEF INTERNATIONAL TECHNOLOGIES (MILDEF) hari ini telah memperkenalkan prototaip kenderaan berperisai mobiliti tinggi (HMAV) 4×4.

“Kenderaan ini adalah binaan sepenuhnya di negara ini oleh syarikat milik penuh Bumiputera,

“Ia menggunakan kepakaran jurutera berpengalaman tempatan dan yang pertama seumpamanya dihasilkan,” Ketua Pengarah Eksekutif MILDEF, Dato’ Sri Mohd Nizam Kasa semasa sesi taklimat kepada media, hari ini.

Ketika ditemubual oleh Air Times, Nizam menjelaskan kenderaan ini telah direka cipta dan dibangunkan oleh anak tempatan.

Mildef HMAV 4x4 (image : Mildef)

“Rekaan kenderaan ini adalah 100 peratus buatan Malaysia.

“Prototaip HMAV 4×4 pada ketika ini menggunakan 80 peratus komponen tempatan yang merangkumi casis, badan dan sistem enjin,” kata selepas sesi taklimat media.

Beliau menambah, komponen seperti transmisi, enjin dan gandar pula menggunakan perkhidmatan pembekal luar.

MILDEF dalam satu kenyataan menjelaskan enjin kenderaan ini dihasilkan dengan kerjasama syarikat Caterpillar.

Terdahulu, syarikat ini dikenali sebagai Kembara Suci terlibat dalam bidang penyelenggaraan kenderaan berperisai Tentera Darat Malaysia (TDM).

Jelas Nizam, pengalaman tersebut telah membawa kepada penghasilan kenderaan prototaip ini.

Mildef HMAV 4x4 tampak depan (photo : BebasNews)

“HMAV 4×4 dibina berasaskan pengalaman kami dalam melakukan kerja-kerja penyelenggaraan dan baik pulih kenderaan tempur TDM."

“Oleh itu, pihak kami menghasilkan kenderaan yang menepati keperluan TDM berdasarkan pengalaman selama 16 tahun dalam bidang tersebut.”

Beliau menjelaskan HMAV 4×4 telah direka bagi menggantikan peranan Radpanzer Condor.

“Kenderaan ini merupakan kesinambungan dari Condor yang telah ketinggalan selama 30 tahun."

“HMAV 4×4 direka menggunakan teknologi masa kini yang setanding dengan negara luar,” katanya.

Proses rekaan, kajian dan pembangunan kenderaan prototaip kenderaan ini telah bermula semenjak 4 tahun lalu serta menelan belanja sebanyak RM 16 juta.

Selain itu, model kenderaan ini menggunakan sebanyak 70 peratus komponen tempatan yang merangkumi casis, badan dan sistem enjin.

Mildef HMAV 4x4 tampak samping (photo : FreeMalaysiaToday)

Malaysia perlu bina kenderaan perisai sendiri

Menurut Nizam, kebergantungan negara kepada pembekal antarabangsa telah menimbulkan pelbagai isu.

Ini terutamanya pada keperluan untuk servis pada jualan.

“Bagi menenyelesaikan masalah ini, Malaysia perlu bina kenderaan berperisainya sendiri,

“Pada tahun 2016, MILDEF menyedari bahawa kami mempunyai kapasiti untuk menyahut cabaran tersebut,” katanya.

Menyentuh perancangan masa hadapan, MILDEF akan membangunkan kenderaan berperisai 6×6.

Mildef HMAV 4x4 tampak belakang (photo : DefenceSecurityAsia)

Bakal diuji oleh Tentera Darat Malaysia

 Menurut Nizam, kenderaan prototaip HMAV 4×4 akan menjalani ujian penilaian oleh TDM.

“Pihak TDM telah menubuhkan satu pasukan untuk pandu uji kenderaan ini bersama MILDEF,

“Ujian akan dilaksanakan dalam masa terdekat,” katanya.

Beliau menambah, penghasilan kenderaan ini turut mendapat nasihat dan kerjasama dari TDM serta STRIDE.

HMAV 4×4 merupakan kenderaan berperisai yang dilengkapi dengan perisai Stanag 4569 Tahap 2 dan 2B.

Dari segi persenjataan, kenderaan ini boleh dilengkapi dengan mesingan 12.7mm yang dipasang pada sistem Stesen Senjata Kawalan Jauh (RCWS) atau pelancar grenad. 

260 komentar:

  1. Balasan
    1. Kendaraan perisai pertama buatan tempatan, berarti sebelumnya memang bukan buatan tempatan. Alias tempel sticker

      Hapus
    2. "Menyentuh perancangan masa hadapan, MILDEF akan membangunkan kenderaan berperisai 6×6"

      Wkwk kita sdh melakukannya 15 tahun yg lalu

      Hapus
    3. itu mereka cuma ngecat doang, jadi boleh kena klaim buatan tempatan...

      Hapus
  2. Spesifikasi lengkapnya mana ???

    BalasHapus
  3. Mirip Hizir dr turkey ya, ini copas apa tampal stiker????

    BalasHapus
  4. https://www.airspace-review.com/2021/02/12/tim-dassault-perancis-datangi-kemhan-untuk-proses-akuisisi-jet-tempur-rafale/

    BalasHapus
  5. Berita gini aja di sebelah dah heboh banget, maklum biasanya cuma tampal stiker.

    Ngakunya buatan Tempatan, nanti belakangan muncul berita tampal stikernya

    BalasHapus
  6. Wah akhirnya ada berita malaysia...

    BalasHapus
  7. Mantap designnya dari komodo... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampal stiker xaxaxx...buatan tempatan y...xaxaxxa...mantap tipu tipunya

      Hapus
    2. Design HIZIR ya.... wkwkwkwkwkwkwk... tempatan wkwkwkwkwkwk... ga tahu malu

      Hapus
    3. http://www.katmerciler.com.tr/L/EN/mid/343/g/343/c/31/id/61/HIZIR-4x4-Tactical-Wheeled-Armoured-Vehicle.htm&ved=2ahUKEwjnqrDbvuPuAhXRdn0KHdwyAv0QFjAIegQIDRAB&usg=AOvVaw2E9CRPFAmPeYQANcp7_ZIJ&cshid=1613103475933

      Hapus
    4. Buatan tempatan apane pur,... ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  8. Ayuh keluarkan statement tampal sticker dari kalian

    BalasHapus
  9. TAMPAL STICER...Mirip HIZIR 4X4 TURKEY.wkwkwkwk...

    di kaji dulu lon...

    BalasHapus
  10. 70 persen lokal 30 persen asing..30 persen asing enjin caterpillar dan transmisi

    BalasHapus
  11. Mo di tampal stiker pake nama apa kira kira, silahkan yang ada saran...

    Nanti biar gempur cetak stikernya

    BalasHapus
  12. Hahaha emang keliatan sama kerana tipe ini emang bentuknya segitu..haha..4 tahun rnd 16 juta pelaburan

    BalasHapus
  13. Apa tampal stiker buatan turki... Ayuh cari designnya yang sama dengan turki... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  14. Kita buat tampal sticker..dia buat komodo cobra buatan lokal hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kaji dulu Mat...last cancel kemahalan atau mudah terbalik...wkwkwkw

      Hapus
  15. Hahaha cobra bukan tampal sticker pandur? Anoa bukan tampal sticker vab? Sanca bukan tampal sticker bushmaster

    BalasHapus
  16. Gak ada spesikasinya..tampal sticker nnti pasti๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  17. Jauh sangat bentuknya dengan HIZIR 4x4 Turki... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  18. Hahaha emangnya pindad ada buat segini? Wkwkw..nanti light armoured vehicle setara komodo juga ada om buatan cendana auto

    BalasHapus
  19. "Kembara Suci".......ternyata malon ki pecinta kisah "Tutur Tinular" ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  20. Hahaha komodo renault sherpa wkwkw

    BalasHapus
  21. Wkwkkwkwkww... Ada yang DENGKI guys.

    BalasHapus
  22. Sudah jelas2 70 persen lokal 30 persen asing wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow..malysia boleh..boleh tampal sticker..

      ๐Ÿ˜‡๐Ÿคฃ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…

      Hapus
  23. Nantinya ada sov light armored vehicle lsv dari mildef dan cendana auto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain mantap???? Eh gembul longor coba perhatikan itu pintu belakang tarik manual, buat apa pakai pintu tangga kalau tarik manual' ribet dan norak, kalau otomatic nutup sendiri gk masalah, kalau desain biar keren tp ada detail2 gk penting buat apa???? Desain yg terlihat keren itu bukan tidak ada manfaatnya, contohnya penambahan armour bisa membut desain jd terlihat keren tp tujuan sebenernya bukan untuk keren2an tp untuk memperkuat daya tahan ranpur tersebut dr serangan yg datang, lha contoh terbaru desain ranpur yg digunakan malon untuk pasukan PBB malah di tolak PBB, padahal desainnya keren tp keamanan daya tahannya tidak sesuai standard PBB' komodo indonesia malah di terima PBB karena desainnya yg keren bukan untuk keren2an tp emang efek armournya terhadap serangan peluru yg buat keren, dan komodo sesuai standard PBB alias TANGGUH,,,kalau buatan malon ni di kasih petasan udah meledak ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿ˜œ๐Ÿคช๐Ÿคช

      Hapus
  24. @Gempurgila aka Asrizal Rusli Gila
    @Mat Sabu

    Perhatikan guys. HIZIR 4X4 Turki dengan Foto di atas. Ternyata Stampal Sticker.. wkwkwkwkwkwk..

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/



    Mantap stampal sticker again..

    ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    2. Malonte senangnya tampal sticer....kebiasaan pantatnya ditampal misile mat bangla....sihh..wkwkwkkwk

      Hapus
  25. Hahaha 4 thun rnd dan 16 juta dilaburkan utk buat prototaip..dtg indog ckp tampal sticker haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan guys. HIZIR 4X4 Turki dengan Foto di atas. Ternyata Stampal Sticker.. wkwkwkwkwkwk..

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

      https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/



      Mantap wang kopi dari dana R&D selama 4 tahun dan hasilnya stampal sticker again..

      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘

      Hapus
    2. Sangat mirip dengan HIZIR 4X4...wkwkwkwk..tempel sticker jadi Alang....๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚ done claim

      Hapus
  26. Lihat video persenjataannya guys..canggih...Kalau geng INDON lihat pasti menangis di bucu katil...wkwkwkwwkwk


    https://www.facebook.com/Funtasticko/videos/436815047374733

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  27. Eh tolol emangla semua jenis mrap itu bentuknya segitu hahaha..apa emang elu pkir mrap itu bentuknya bulat yah haha

    BalasHapus
  28. Iya malaysia tampal sticker ri tampal sticker..jelasnya sama2 tampal sticker haha

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Mantap wang kopi dari dana R&D selama 4 tahun dan hasilnya stampal sticker again..

      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ๐Ÿ‘

      Hapus
  30. Lalu kenapa dimasalahkan kalau bentuknya mrip hizir haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krnpa komodo mrip sherpa kmu permasalhkan juga

      Hapus
  31. HiZIR..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  32. Nampaknya design kenderaan armor MALAYSIA lebih dilihat canggih dan terkini dari buatan INDON..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa semua canggih ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  33. Biasalah... ANOA saja mirip VAB... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  34. Hahaha kesimpulannya sama2 tampal sticker

    BalasHapus
  35. Nampaknya design yang sebelah makin tertinggal... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  36. Coba pkir positif dan ucap tahniah bila emang harus mendapat pujian..ini mengoceh terus haha

    BalasHapus
  37. Yakin nih buatan lokal,,tak nampak kegiatan di workshop nya? ๐Ÿค”
    Ingat nak di luluskan gomen jgn lupa komisyen nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70 persen lokal 30 persen luar (enjin dan transmisi)

      Hapus
  38. Kita tenang2 aja gempur..indogs ini bukan tidak tahu..mereka aja yang paling hebat haha..

    BalasHapus
  39. @GEMPURGILA
    @MAT SABU

    Silahkan buktikan kecanggihan kenderaan Armornya dengan di pakai MALBATT di operasi penjaga pendamaian PBB..

    Setidaknya buat gantiin APC Guardian yg kemaren hendak PRANK PBB dengan Wang Kopi.. wkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
  40. Mana mau kalah sama negara lain lebih2 lagi malaysia wkwkw...

    BalasHapus
  41. Kasihan biasalah... Biar kalah sama negara lain tapi jangan MALAYSIA... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalah..hahahy.dah buat peswat blm

      Hapus
    2. eh,,jgn salah kereta terbang cuma gempur yg punya,,kapal lcs halimunan 6 thn dia pnya,,canggih mereka tahniah bang gempur๐Ÿ‘

      Hapus
  42. Pindad bila mau keluarkan mrap setara ini..mrap yah bukan light armored vehicle setara komodo yah wkkwk

    BalasHapus
  43. Lah malon jg gak mau kalah kan sama RI
    Masa jealous trus sama InHan kita.๐Ÿค”๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak bila kami jelous dengan INDON ni kalau singapura ya... Korang dengan timur leste je.. Wkwkwkkww

      Hapus
  44. Ehhhh.... APC guardian MALAYSIA OK tiada masalah.. Hanya senjata saja bukan RCWS.. itu saja..

    Itu pun MLAYSIA yang tidak mahu pasang RCWS atas beberapa sebab keselamatan...

    Faham tak INDON.. WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sdh boleh bina rifle lokal dan juara 12 kali di AASAM baru kami angkat topi,,klo ini angkat alis mata je lah๐Ÿ˜

      Hapus
  45. Tampal sticker malaysia
    Pars kepada gempita
    First win kepada lipan bara
    Thairung kepada gk m1

    Tampal sticker ri
    Pandur kepada cobra
    First win kepada hanoman
    Bushmaster kepada sanca

    Sama om haha

    BalasHapus
  46. Guardian itu tiada masalah yang masalah sama un tidak ikut spec un aja tapi kita tidak taruh rwcs utk tidak menakutkan massa

    BalasHapus
  47. Tak tampak Specs nya..๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  48. Senjata saja RCWS... komodo senjata manual kan...? Wkwkwkkwwkwk


    Orang kaya...

    BalasHapus
  49. Yakin pur..kami bikin peswat aja malon pada iri demgki ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.... Yang 78 kali rusak hanya dalam masa 2 tahun


      Dan esemka versi ghoib... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
  50. Haha logikanya kalau tampal sticker buat apa rnd sampai 4 tahun dan keluarkan dana sampai 16 juta utk buat prototaip..lebih baik jadi ejen bawak masuk mrap luar aja wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logikanya lagi ..saat ada rencana pembuatan pasti sudah diumumkan kan....kepublik..masa tau2 sudah jadi...gempurwaria ...dongok...ada propatype...trus uji kelaikan sampai produksi masal

      Hapus
  51. Tak perlu spec.. Tu sudah siap ya malah ada RCWS lagi... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  52. Oooh jadi juara pertandingan menembak itu penting yah di medan perang sebenar haha..apa nanti mau umumkan ada pemenang pertandingan menembak haha

    BalasHapus
  53. Kalo mau milih pespur itu satu merek saja dan beli yang banyak sekaligus, jangan beli 2 atau 3 merek tapi belinya dikit2.

    Beli 64 unit kata orang itu banyak, tapi kalo kataku itu tanggung.

    Ada orang yang maunya kita beli 64 super hornet dan 64 rafale.

    Itu kataku nanggung banget. Mengapa ?

    Beberapa bulan lalu ada muncul gambar peta yang katanya ada proposal penambahan ZEE Indonesia di sebelah barat sumatra dan selat sunda, kalo kuhitung perkiraannya nambah 200 ribu km persegi. Padahal menurut data sebelum ini luas wilayah termasuk ZEE adalah 8.300.000 km persegi. Jika ditambah dengan yang 200.000 km persegi maka :

    8.300.000 + 200.000 = 8.500.000

    wilayah indonesia termasuk ZEE akan jadi 8.500.000 km persegi.

    Sekarang rafale punya jangkauan terjauh 3700 km. Seandainya itu adalah lintasan lingkaran maka kita akan cari berapa panjang radiusnya.

    3700 / 2 / 3,14 = 589,17 dibulatkan 589 km.

    Jadi panjang jarak tempur efektif untuk rafale adalah 589 km.

    Kita cari dulu luas wilayah tempur rafale :

    589 x 589 x 3,14 = 1.089.331,94

    Jadi luas wilayah tempur efektif rafale adalah 1.089.331,94 km persegi.


    Sekarang kita bagi 8.500.000 km persegi tadi dengan 1.089.331,94 :

    8.500.000 / 1.089.331,94 = 7,8 dibulatkan 8

    Jadi ada 8 wilayah tempur efektif rafale.

    Jika 1 wilayah tempur efektif dilayani 1 skuadron maka 8 wilayah tempur berarti 8 skuadron.

    1 skuadron ada 16 unit berarti 8 skuadron x 16 = 128 unit

    Tadi kusebut ada yang kepingin 64 rafale dan 64 super hornet.

    64 + 64 = 128

    Jadi daripada beli 64 unit rafale dan 64 unit super hornet mending langsung beli 1 merek saja yaitu 128 unit rafale saja atau 128 unit super hornet saja.

    Kalo langsung beli banyak bisa membuka kemungkinan lisensi pembuatan suku cadang, nggak akan takut diembargo, nggak akan takut logistic nightmare.

    Duitnya dari mana ?

    Ya pinjem dulu, bayar nyicil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NGUTANG... NGUTANG... NGUTANG.... WKWKKWKWKWKW

      Hapus
    2. Woi gue khan bilang pinjem bukan kutang.

      Dasar elu waria mikirnya kutang melulu.

      Hapus
  54. No Specs No Party๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  55. Komponen tak seratus persen lokal tpi yang jelas design sendiri,dipasang dimalaysia dan oleh rakyat mLaysia haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maung komodo jelas dsaign kmi sndri kan tp km bilang bla bla bla ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
  56. Tak perlu spec.. Tu sudah siap ya malah ada RCWS lagi... Wkwkkwkwkwkw

    Dah siap produksi kah pur๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„
    Ujo coba jg belom๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  57. Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    BalasHapus
  58. Kalau INDON mau beli ya saya sokong... Pasti kemenhan tertarik dengan kenderaan armor buatan MALAYSIA yang berkualiti ni.

    BalasHapus
  59. HIZIR DETECTED

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    BalasHapus
  60. HIZIR DETECTED

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  61. Mantap ternyata MALAYSIA boleh buat kenderaan armor lebih bagus dari yang punya sebelah... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih..tpi ttp tempel stiker dr HIZIR xaxaxaxxa....mantaplah tipu tipunya

      Hapus
  62. Sejak bila kami jelous dengan INDON ni kalau singapura ya... Korang dengan timur leste je.. Wkwkwkkww

    Kata gwnpur ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†
    Buat senapan aja jadi bahan lawakan
    Buat kapal aja juga jdi bahan Twrtawa Dunia๐Ÿ˜†๐Ÿ˜ƒ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  63. mrap copy paste HIZIR Turkey MYR.16 Million per unit...mau pake kemana mat sabun...petik buah sawit kah?? ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ Kena MAM-C dr UAV seharga puluhan ribu usd saja sudah tamat riwayatnya....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  64. Kalau INDON mau beli ya saya sokong... Pasti kemenhan tertarik dengan kenderaan armor buatan MALAYSIA yang berkualiti ni.

    Uji coba aja belom๐Ÿ˜๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  65. HIZIR DETECTED

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  66. Design terkini guys.. Sistem senjata terkini.... Mantap guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  67. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  68. PasL uji coba... Kenderaan ni akan di uji coba oleh pihak ATM kelasakannya.. Tapi kalau dilihat memang lulus semua ujian ni...

    BalasHapus
  69. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  70. Specsnya aja gak ada gimana mau minat pur

    Uji coba jug belom๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  71. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  72. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  73. Designnya saja buat geng INDON menangis di bucu katil guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  74. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  75. Memang hasil buatan MALAYSIA buat geng INDON stress... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  76. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  77. Comfirmed, malon hanya bina stiker ja ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคข๐Ÿคข๐Ÿคข๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ

    BalasHapus
  78. Malah mau dibanding dengan komodo kotak... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bandingkan komodo sapa pur
      Kamu sehat๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
  79. Kata gempur..tak perlu Specs yg pnting ada RVWS nya๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  80. Iri ame ketololan malon???? Buat apa dengki, level indonesia itu bina pesawat dan sedang menuju roket luar angkasa,,ini desain ranpur malon ni abal2, coba perhatikan pintu belakang yg manual tp pakai tangga' pasti berat dan ribet tu tuk nutup pintunya' desain goblok, pengen keren tp gobolok' jangan2 ditembak pistol doang langsung jebol tu plat yg digunakan ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ˜œ๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
  81. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  82. Lihat video persenjataannya guys..canggih...Kalau geng INDON lihat pasti menangis di bucu katil...wkwkwkwwkwk


    https://www.facebook.com/Funtasticko/videos/436815047374733

    BalasHapus
  83. Tak perlu Specs yg pnting ada roda dan RCWS nya ya pur.

    ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  84. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki

    BalasHapus
  85. Yg dibnggakan gwmpur cuma Senjata nya.
    Yaelah.

    Ditanya Specsnya tak perlu.
    Gimna kita mau minat๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‡๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

    BalasHapus
  86. Video perasmian kenderaan Armor Buatan MALAYSIA yang mantap design terkini dan kualitinya....


    https://www.youtube.com/watch?v=H4Z9f7bpTmM&feature=youtu.be&fbclid=IwAR3TN8jSfk4qmMHVHdu4L2jux0DENx8XARUpbxIbwtoCt7JxbPgNe0O2nRE

    BalasHapus
  87. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki

    BalasHapus
  88. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki



    BalasHapus
  89. Made In MALAYSIA guys... BANGGA guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  90. Klo cuma senjata RCWS semua oramg awam juga tahu fungsinya pur.
    Percuma kamu kasih video ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  91. Kalau yg beginian udah buaaaanyaaak made in indonesia, dan diterima PBB' artinya kwalitasnya diakui PBB,,,lha itu punya malon tolol yg ditolak PBB desainnya keren tp kwalitasnya abal2 ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ˜œ๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
  92. ATV pake RCws juga dah biasa pur.
    Specsnya pur ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
  93. Jangan dibuka videonya guys nanti tambah dengki dengan kenderaan armor baru MALAYSIA... WKWKKWKWKWKW


    https://www.youtube.com/watch?v=H4Z9f7bpTmM&feature=youtu.be&fbclid=IwAR3TN8jSfk4qmMHVHdu4L2jux0DENx8XARUpbxIbwtoCt7JxbPgNe0O2nRE

    BalasHapus
  94. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki/

    BalasHapus
  95. RCWS tu guys... Yang tiada tu tepi sikit... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  96. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/turkish-hizir-vehicles-exported-to-east-africa

    BalasHapus
  97. Lihat video persenjataannya guys..canggih...Kalau geng INDON lihat pasti menangis di bucu katil...wkwkwkwwkwk


    https://www.facebook.com/Funtasticko/videos/436815047374733

    Video specs nya pur ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  98. Wkwkwkkwkwkkwkw.... Pasti geng INDON kecewa bila melihat kemantapan kenderaan buatan MALAYSIA ni.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  99. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/turkish-hizir-vehicles-exported-to-east-africa

    https://www.aa.com.tr/en/economy/turkish-armored-vehicle-hizir-scores-first-exports/1542339

    BalasHapus
  100. RCWS tu guys... Yang tiada tu tepi sikit... Wkwkkwkwkwkw

    Klo gak ada Specsnya tepi aja juga pur๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  101. Vidio ..apaan...cuma bisa buka..tirai....wkwkwkkw...diindo itu acara tv...purrr...ZOOOONNKKK...wkwkkwkw

    BalasHapus
  102. Specsnya pur..?? Spt apa

    Klo bagus kita nak beli๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  103. Jangan sedih guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sedih purrr....klo malon cuma bisanya buka tirai sama tampal sticer...

      Hapus
  104. Klo Spesc nya persenjataanya RCWs semua juga dah tahu pur di gambar terlihat jelas..bahwa ituRCWs bukan Vita Berapi๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  105. Klo gak ada specsnya baru kami sedih๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  106. kasii..kasiii..
    kan kesian lho, masa gak bole pamer haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  107. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/turkish-hizir-vehicles-exported-to-east-africa

    https://www.aa.com.tr/en/economy/turkish-armored-vehicle-hizir-scores-first-exports/1542339


    https://www.dailysabah.com/defense/2018/04/14/turkish-defense-companies-seek-to-expand-in-southeast-asia

    BalasHapus
  108. Wkwkwkwwkkw.... Yang design KOTAK tu tepi sikit ya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  109. HIZIR DETECTED

    Kenya Pesan 118 Kendaraan Lapis Baja Turki

    https://international.sindonews.com/read/317410/44/kenya-pesan-118-kendaraan-lapis-baja-turki-ini-beragam-kehebatannya-1611846106

    Mengenal Hizir 4X4, Ranpur MRAP Baru Asal Turki

    https://www.airspace-review.com/2019/08/01/mengenal-hizir-4x4-ranpur-mrap-baru-asal-turki

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/turkish-hizir-vehicles-exported-to-east-africa

    https://www.aa.com.tr/en/economy/turkish-armored-vehicle-hizir-scores-first-exports/1542339


    https://www.dailysabah.com/defense/2018/04/14/turkish-defense-companies-seek-to-expand-in-southeast-asia

    BalasHapus
  110. Pur sorry ya indonesia sdh terlalu banyak kendaraan seperti itu.mulai komodo,sse,jforce,imt,tugas anda.delimajaya dlll.jd malu lah pur cuma kendaraan cam tu je bangga .kalo bise buat tank baru bange.tepi sikit lah kerajaan yg tk bise buat tank.wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  111. Wkwkwkkwkwkkw... Bakal ketinggalan guys... Bye bye... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bisa buat peswaat kah bye bye

      Hapus
    2. coba saja dipakai dulu... pintu belakang jadi tangga masuk itu bakalan jadi boomerang kalau dimedan perang...

      Hapus
    3. Otak 1cc...malaon mana bisa bro

      Hapus
  112. Gempur..orang timor leste aja juga tahu
    Klo di foto pake RCWs
    Specsnya yg laenana pur kenapa tak di pubblish

    BalasHapus
  113. Wkwkwkkwkwkkw... Bakal ketinggalan guys... Bye bye... Wkwkkwkwkwkw

    Bye bye tak ade specsnya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  114. kesian KL gak punya RCWS haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  115. TAMPAL SITICKER LAGI,,,MALON TOLOL ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿ˜œ๐Ÿคช๐Ÿคช


    https://www.dailysabah.com/defense/2018/04/14/turkish-defense-companies-seek-to-expand-in-southeast-asia

    BalasHapus
  116. mrap copy paste HIZIR Turkey MYR.16 Million per unit...mau pake kemana Purr...utk petik buah sawit kah?? ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

    Kena MAM-C dr UAV seharga puluhan ribu usd saja sudah tamat riwayatnya....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  117. Rafale ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    https://www.airspace-review.com/2021/02/12/tim-dassault-perancis-datangi-kemhan-untuk-proses-akuisisi-jet-tempur-rafale/

    BalasHapus