10 Februari 2021

RUAG International Signs Contract for the Modernization of the RTN’s Dornier 228

10 Februari 2021

The upgrade includes the installation of glass cockpits and new mission equipment as well as the modernization of avionics systems (photos : RUAG)

The Thai Navy uses its Dornier 228 to monitor the exclusive economic zone called the “200-mile zone”. The aircraft and their crews conduct ISR (intelligence, surveillance and reconnaissance) missions in the territorial waters of the Gulf of Thailand for the purpose of border surveillance to combat illegal trade and fishing.

Initially, RUAG will now be modernizing two of the seven aircraft in the Royal Thai Navy Dornier 228 fleet. This also includes transporting the aircraft to and from Thailand and providing training in the use of the new equipment. For the upgrade, the aircraft were disassembled on site in Thailand. Subsequently, an Antonov AN-124 transport aircraft flew the Dornier 228 to Oberpfaffenhofen, where the experts from RUAG MRO International carry out a comprehensive inspection. In the process, they remove the paint completely and eliminate any corrosion damage to the aircraft structure, which is now 25 years old.

The aircraft will be equipped with glass cockpits and modern avionics systems (COM, NAV). The interior, cockpit and aircraft cabin will also be revamped. It will receive modern mission equipment that will enable tasks to be performed more effectively and efficiently. These include a 360° search radar, infrared cameras as well as a mission management and data link for data transmission to ground stations and/or ships.


Due to the aircraft modernization, pilots, crew members and technicians will need to be trained in the use of the new equipment. RUAG MRO International will therefore also organize training for crew members and technicians, partly in Germany and partly on site in Thailand. In addition, RUAG’s factory pilot team will be responsible for ferrying the modernized aircraft to Thailand.

The Royal Thai Navy is dependent on the greatest possible availability of its aircraft to be able to continuously perform its sovereign tasks. “We are therefore doing everything we can to keep aircraft downtime as short as possible. Especially under the current conditions brought about by the coronavirus pandemic, this is a challenge,” explains Thomas Imke, Sales Manager. Even sending a five-man team to Thailand for dismantling the aircraft involved considerable effort, given reduced flight connections and quarantine regulations. “These are challenges that we are happy to take on because the satisfaction of our customers is our top priority,” concludes Thomas Imke.

213 komentar:

  1. Balasan
    1. Kesian indon halu sign contract konon

      Hapus
    2. Kesian Suwandaruw karena gak dapat uang demo n nasi bungkus jadinya harus jual dubur ke Omm-om GAY.. kih.. kih.. wkwkkwkwkwkwk

      Hapus
  2. 25 tahun bro..kalau jiran kita, yang diatas 10 tahun pasti sudah digrounding kan, lalu beli baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya bukan Jiran KL kan

      Hapus
    2. jiran si"ANu" mah DULU 1-3 dekade laluw beli2 kuwat,
      tp gak mikir ongkos DAUR HIDUP jangka panjang haha!🤓🤓🤓
      tiap alutsista yg dibeli, gaspol awalnya doank utk kemudian cenderung "KENDOR" di fase 10 taon berikutnya, malah banyak yg TAMAT haha!😋😋😋

      padahal daur idop ituw meliputi pengadaan,
      sucad
      maintenans rutin
      maintenans berat
      apgred airframe
      apgred avionik
      apgred elektronik
      apgred software
      apgred radar
      apgred senjata dll.
      smua ini daur idop ini diulang2 tiap 10-12 taon sekali.

      mangkanya tetangga si ANU itu tuch, beda sendiri, dikala tetangga2nya cem
      thailen,
      kita,
      myanmar,
      vietnam,
      laos-> calon anggota baruw gaez haha!🥳🥳🥳
      singapur,
      filipin gaspol terus apgred alutsista sampai masa pake abis,
      sedangkan "si ANU" uda stagnan malah banyak yg langsung TAMAT tanpa ganti

      contoh:
      tiger
      mig
      tank skorpion
      LST
      bahkan dlm program 15-5, tiada lg kapal anti ranjau

      Hapus
    3. Nak ini, nak itu, kaji ini, kaji itu, kritik aset negara lain. Juara kajian se kawasan

      Hapus
    4. nyooiih om mancing,
      ketika negara TIM SHOPPING SOPING beli alutsista yg dikaji KL,
      eh WARGANYET KL bilang...lho kok kajian kita dipake haha!😂😂😂

      Hapus
  3. Initially, RUAG will now be modernizing two of the seven aircraft in the Royal Thai Navy Dornier 228 fleet.

    For the upgrade, the aircraft were disassembled on site in Thailand. Subsequently, an Antonov AN-124 transport aircraft flew the Dornier 228 to Oberpfaffenhofen
    ------------------------------

    modelnya kayak nc-212 yak

    wuiii servisnya ke jerman lho, yurop mantap haha!👍👍👍
    yaa makloum anggota TIM ELIT SHOPPING SOPING kan kaya semua...

    beda ama bos tim sulit disebelah nich, paling jau kek kita,
    gak perna zalan2 ke yurop, konon sakti haha!😷😷😷

    BalasHapus
    Balasan
    1. Target prmasaran N-219, mudah mudahan 5 tahun lagi pensiun aja. Hihhi

      Hapus
    2. thailen sudah jadi salah satuw klien nc-212, cn-235
      bisa jadi militernya minat entah nc-212 maopon n-219 hore haha!🤗🤗🤗

      Hapus
  4. The Dornier 228 is a twin-engine general purpose aircraft, capable of transporting up to 19 passengers or various cargoes. It is powered by a pair of Garrett TPE331 turboprop engines.

    https://en.wikipedia.org/wiki/Dornier_228

    mirip2 N219 pt DI

    BalasHapus
  5. Heran mau uograde aja kenapa mesti jauh-jauh.....padahal tinggal disemplaki langsing ke Aircrot aja kan dekat, murah lagi 🤷

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf-maaf.....maksutnya, udah dekat, lama lagi 😂😂😂

      Hapus
    2. Walahhhh aircrot xaxaxaxaxaxa lha lek malah blending piye om smiling??????xaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
  6. Kok di thread sebelum nya susah komen... Terus kok komen maximum ga pernah sampai 300 ya...

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa sego bungkus????? Xaxaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. Suwandaruw karena gak dapat uang demo n nasi bungkus jadinya harus jual dubur ke Omm-om GAY.. kih.. kih.. wkwkkwkwkwkwk

      Hapus
  8. Tapi kena akui indon berganti partai menjadi mundur soal pertahanan, Connie rahakudini yg cakap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah itu yang penting TNI AU sudah memiliki dan mengoperasikan rudal Sam jenis NASAMS mau saya kasih linknya wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Nasam dapat halang rudal balistik dari jarak ribuan km?

      Hapus
    3. Masih beruntung ada nasams daripada takde hanya pakai starstreak je Wkwkwkwkw

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    5. Mana ade berperang beruntung atau tak? Kalau alatan tak de? Punya tu s500, patriot ke, lagi berbaloi

      Hapus
    6. Tahu bro waktu zaman SBY TNI AU cuma beli rudal shorad/manpads sebagai rudal Sam sekarang 2021 TNI AU dah mengoperasikan rudal NASAMS sebagai rudal Sam jarak menengah hasil pengadaan 2017 zaman pak menhan RR

      Hapus
    7. @unknown


      Beli aja sendiri kalau mau patriot wkwkwkwkw

      Hapus
    8. Zaman Pak SBY juga banyak beli alutsista di periode ke 2.. kih.. kih.. kih..

      Hapus
  9. Meski indon defense prestasi mundur, tapi ada pencapaian positif yg indon dapat, hutang indon positif meroket mendonia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. Suwandaruw karena gak dapat uang demo n nasi bungkus jadinya harus jual dubur ke Omm-om GAY.. kih.. kih.. wkwkkwkwkwkwk

      Hapus
  10. Ini video TNI AU sedang mengoperasikan rudal NASAMS di satrudal teluk naga


    https://www.facebook.com/181276675314017/posts/3323729437735376/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah sekian lama akhirnya TNI AU mengoperasikan rudal NASAMS sebanyak 2 baterai

      Hapus
  11. Dan capaian indon lain yang merinding adalah diorang always kesian kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  12. India ready to supply defence equipments to other IOR countries: Rajnath Singh
    _____

    Union defence minister Rajnath Singh said on Thursday that India had to play an active role to ensure a peaceful and prosperous co-existence of all other countries in the Indian Ocean Region (IOR) since it was the largest country and had a vast coastline in the region. A total of 22 countries including Indonesia, Bangladesh, Australia, South Africa, Yemen, the United Arab Emirates, Somalia, Madagascar and Tanzania are a part of the IOR.

    “India is ready to supply various types of Missile systems, LCA/Helicopters, Multi-Purpose Light Transport aircraft, Warship & Patrol Vessels, Artillery Gun systems, Tanks, Radars, Military Vehicles, Electronic Warfare Systems & other weapons systems to IOR countries,” the defence minister had said.

    https://www.hindustantimes.com/india-news/india-ready-to-supply-defence-equipments-to-other-iorcountriesrajnathsingh-101612419407505.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara mana yang lagi minat tank Arjun ? 🤔

      Hapus
    2. India nak jual senjata dengan jenama merinding kah kah

      Hapus
    3. Iya merinding liat lu tidur di TPU jeruk purut 🤣

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    5. @Type 12

      Itu ada tulisan

      other weapons systems to IOR countries

      Bisa kemungkinan Brahmos..

      Hapus
    6. NSM : BRAHMOS
      CMD : NEPTUNE

      🤔🤔🤔🤔

      Hapus
  13. ada yg gerah ama hibah gaesz,
    padahal si KL eh ANU mah doyan banget haha!🤭🤭🤭

    denger2 ngakunya beli padahal mah hibah gaesz,
    dr prancis kirim lgs jd musium haha!🤥🤥🤥
    hibah kok rongsokan euyyyy haha!😋😋😋

    tp ada tuch musium kapal BARUW di bns haha!🤣🤣🤣

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    A signing ceremony for the transfer of ownership of the Agosta 70 type submarine formerly known as FNS Ouessant submarine, from the Government of the French Republic to the Government of Malaysia was held at the Embassy of Malaysia in Paris on Friday, 23 September 2011. The Agreement of the transfer was already signed earlier in Kuala Lumpur on 16 May 2011.

    3. The Agosta submarine was used for the training of the first Malaysian submarines crews from 2005 to 2009. The training was done following the contract signed by Malaysia for the acquisition of two French Scorpene submarines in 2002.

    4. The Agosta submarine will be transported on a floating dock back to Malaysia on the first week of October organized by Felda Transport. It will be handed over to the Malacca State Government which later will be converted into a museum at Klebang.

    https://www.kln.gov.my/web/fra_paris/home/-/asset_publisher/8pPT/blog/signing-ceremony-for-the-transfer-of-ownership-of-the-agosta-70-type-submarine-to-the-malaysian-government-paris-23-september-2011?redirect=%2Fweb%2Ffra_paris%2Fhome

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pertamaks di kawasan dpt kapal selam gretong tp rongsok haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. Beli hanya untuk dijadikan museum 😆

      Hapus
    3. ngakunya BELI, padahal mah gak GRATISAAAANNN haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  14. Indon indon apasal korang buat lawak tiap hari, komen blog tapi tak beli juga, digondolin partai, kesian indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  15. Unknown10 Februari 2021 12.40
    Kalau aku jadi presiden mudah hilang kan semua banjir Indonesia kih kih
    -----------
    Coba jelasin gimana caranya hilangkan banjir ? 🙉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko tanya la orang yg dulu pernah cakap macam tu siapa? Kah kah kah

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  16. Jerman masih terbang.....

    https://youtu.be/sP-BtW5hXbA


    https://youtu.be/0ijedfPOoVM

    BalasHapus
  17. Baik blog ni bahas hutang lagi sesuai dengan keadaan indon terkini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. ada SALAM dr WARTEG BAHARI menteng dalem om DARUW, 15rebo doank masa gak bayar haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    3. Alamak cuma 15rb xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa padahal bayaran jd buzzer ntu lebih2 lho om PAL xaxaxaxaxaxaxaxa ngemplang kok 15rb,receh banget lo ruw xaxaxaxaxaxaxaxa nih ruw🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    4. kesian kan, om DARUW LABIL EKONOMI alias BOKEK BERAT, menang pencintraan doank haha!😆😆😆

      Hapus
  18. kata WARGANYET KL mereka anti hibah, tapi...

    km pekan
    km arau
    km marlin

    ini dari mana semua???
    transfer lg gaesz dr jepun haha!😋😋😋

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


    KM Pekan is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. This ship, together with KM Arau and KM Marlin was transferred from the Japan Coast Guard to Malaysia in order to strengthen the relations between the two countries

    https://en.wikipedia.org/wiki/KM_Pekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa kalau d kasih bukti terima hibah para malonte pura2 amnesia om PAL xaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. FANASSSS lgs kerasukan setyan budeg haha!🔥🔥🔥

      Hapus
  19. Lagi lawak youtube indon selalu, judul jiran merinding, jiran ketakutan, MENDONIA... Kah kah kah mana ngerti Australia apa itu merinding? Kah lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yach pasti merinding disko, tuch panggil tentara bayaran amrik di darwin haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    3. Alamak cuma 15rb xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa padahal bayaran jd buzzer ntu lebih2 lho om PAL xaxaxaxaxaxaxaxa ngemplang kok 15rb,receh banget lo ruw xaxaxaxaxaxaxaxa nih ruw🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  20. Don nak tanya sikit, ko hari ni dah hayal beli apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Min Nih orang blok aja menuh menuh in komen

      Hapus
    2. Ya min di blok aja tuh hewan liar nya

      Hapus
    3. Beli mamak kaulah axaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛

      Hapus
  21. @ MAUKAH ENGKAU MENJADI KAYA DALAM SEKEJAB...@
    Seorang murid mengeluh pada Gurunya :
    "Guru, mengapa hidupku selalu kekurangan, sedangkan aku sudah bekerja keras bertahun-tahun membanting tulang, tapi hidupku begini-begini saja."
    Sang Guru menjawab, "Maukah engkau aku tunjukkan cara menjadi kaya dalam sekejap?"
    Sang murid menjawab dengan antusias, "Mau Guru..."
    "Baik, tunggu sebentar...", kata Sang Guru
    Sang Guru lalu menelepon seseorang dan terlihat membicarakan sesuatu. Lalu ia memanggil muridnya dan bertanya padanya.
    "Ini ada orang yang membutuhkan donor ginjal, maukah engkau menjual sebuah ginjalmu padanya seharga 1 milyar?", tanya Sang Guru pada muridnya.
    Sang murid terdiam sejenak, ia berpikir jika ia menjual ginjalnya sebuah, maka jika ada apa-apa dengan ginjal satunya, ia tidak memiliki cadangan ginjal lagi.
    Ia pun menjawab pertanyaan Gurunya dengan gelengan kepala, "Tidak mau Guru."
    Sang Guru menjawab, "Baiklah, engkau sudah melewatkan uang 1 milyar yang datang dalam sekejab."
    Sang Guru lalu menelepon lagi dan berbincang-bincang dengan seseorang, ia lalu bertanya pada muridnya, "Ini ada orang yang membutuhkan sebuah mata, apakah engkau mau menjual sebuah matamu seharga 2,5 milyar padanya?", tanya Sang Guru pada muridnya.
    Sang murid berpikir sejenak, ia berpikir jika menjual sebuah matanya jika ada apa-apa dengan sebuah mata yang tersisa maka ia akan buta. Lalu kembali ia menggelengkan kepalanya dan menjawab, " Tidak mau Guru."
    Sang Guru menjawab, "Baiklah, jika engkau tidak mau...engkau sudah melewatkan 2,5 milyar dalam sekejab."
    Sang Guru lalu menelepon orang yang lain lagi dan berbincang-bincang sejenak, lalu ia bertanya pada muridnya, "Ini ada orang yang membutuhkan sepasang tangan, maukah engkau menjual sepasang tanganmu seharga 3,5 milyar padanya?"
    Sang murid berpikir sejenak, ia berpikir jika menjual sepasang tangannya maka ia tak dapat bekerja. Dan lagi-lagi sang murid menggelengkan kepalanya dan berkata,"Tidak mau Guru."
    Sang Guru sambil tersenyum berkata pada muridnya, "Engkau telah melewatkan 3,5 milyar dalam sekejab. Berarti dalam 30 menit, engkau telah melewatkan 7 milyar."
    Sang murid menundukkan kepalanya dan mulai menyadari kesalahannya.
    Sang Guru lalu berkata pada muridnya," Ketahuilah muridku, engkau telah memiliki kekayaan yang luar biasa tapi tidak pernah menyadarinya selama ini. Berapa milyar nilai anggota tubuhmu jika engkau menjualnya. Bahkan itu tidak ternilai harganya dan tidak tergantikan oleh apapun. Jadilah orang yang selalu bersyukur atas semua yang telah Tuhan berikan padamu."
    🙏🌹☺️❤️
    #######
    Sahabat...
    Seringkali kita tidak menyadari telah diberi kekayaan yang luar biasa oleh Tuhan yaitu tubuh kita.
    Kita masih saja selalu mengeluh dan tidak bersyukur atas segala pemberianNya.
    Jagalah baik-baik apa yang telah diberikan Tuhan pada kita dan belajarlah untuk menjadi manusia yang selalu bersyukur.
    🙏🌹☺️❤️
    #Belajar Selalu Bersyukur
    #Pelajaran Kehidupan
    #Semesta Penuh Cinta

    BalasHapus
  22. 🌿.⃟ꓸ᭄ꦿ⃔⁾🌹𝖀𝖐𝖍𝖙𝖞 𝕯𝖊𝖘𝖙𝖞🌹.⃟ꓸ᭄ꦿ⃔⁾🌿
    ❀✰✰ᨖᨖᨖᨖᨖᨖᨖᨖ✰✰❀
    🕊Al Halim 🌹

    *السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَØ­ْمَØ©ُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*

    *6 PERASAAN YANG MENIPU DIRI SENDIRI*

    *_1. Merasa dekat dengan Allah, padahal jarang melakukan ketaatan_*

    *_2. Merasa sudah banyak pahala, padahal jarang untuk beramal_*

    *_3. Merasa menjadi kekasih Allah, padahal sering melanggar perintah dan laranganNya_*

    *_4. Merasa selalu bersama orang-orang yang taat, padahal ketika bergaul sering berbuat maksiat_*

    *_5. Merasa mudah mendapat ampunan, namun terus menerus melakukan dosa tanpa penyesalan_*

    *_6. Merasa dirindu taman-taman Syurga, namun amalan sehari-hari bagai menyemai benih Neraka_*

    *_Muhasabah Diri_*
    *_✍🏻 Ikhwan Majalengka_*

    *اَلّٰلهُمَّ صَلِّ عَلَی سَيِّدِنَا مُØ­َمَّدٍ وَ عَلَی آلِ سَيِّدِنَا مُØ­َمَّدٍ ï·º*
    🧕Al Halim🎗
    ❀✰✰ᨖᨖᨖᨖᨖᨖᨖᨖ✰✰❀
    🌿.⃟ꓸ᭄ꦿ⃔⁾🌹𝖀𝖐𝖍𝖙𝖞 𝕯𝖊𝖘𝖙𝖞🌹.⃟ꓸ᭄ꦿ⃔⁾🌿

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum wr.wb

    *TERUSLAH*
    *BERSAHABAT*
    *SAMPAI ALLAH*
    *BERKATA*
    *WAKTUNYA*
    *PULANG*

    *Ketika ada kesempatan*.....,
    Pergilah bersama teman-teman.
    Berkumpul- kumpul, *bukan* sekadar makan, minum dan bersenang, *tetapi ingat*, waktu hidup kita semakin singkat. Maka dari itu, *bangunkanlah PERSAUDARAAN*.

    *Mungkin lain waktu* kita tidak akan bertemu lagi.

    *Mungkin lain waktu* kita sudah semakin susah untuk berjalan.

    *Umur itu seperti es batu*, dipakai atau tidak, akan tetap mencair dan berakhir.

    Begitu juga dengan *umur kita*.
    Digunakan atau tidak digunakan, umur kita akan tetap berkurang, dan akhirnya *kembali ke hakirat ILAHI*.

    *Kita akan menjadi tua*, sakit, dan meninggal..

    *Jalani hidup ini* dengan ceria, sabar dan santai.

    *Jangan suka* mau menang sendiri, sementara orang lain selalu salah.

    *Jangan buang* sahabat cuma karena tak sepakat.

    *Satu keburukan* teman, bukan berarti hilang *sembilan kebaikannya*.

    *Perbanyaklah waktu* untuk berkumpul dengan teman- teman dan saudara-saudara kita.

    *Siapa tahu* mereka nanti akan menjadi penolong kita di akhirat kelak.

    *Buanglah* jauh jauh sifat egois dan iri hati.

    *Terimalah* kekurangan dan kelebihan dari sahabat.
    *Bertemanlah* dengan apa adanya, bukan karena *ada apanya*.

    *Nikmati* semua waktu, senda dan tawa. Hargai semua perbedaan.
    *Percayakan* kemampuan teman kita.

    *Jaga perasaannya*, tutupi aibnya.
    *Bantu* ketika dia jatuh, sediakan bahu ketika dia menangis.

    *Tepuk tangan* dan gembira ketika dia sukses.
    *Sebut* namanya dalam doa kita.

    *Bertemanlah* dengan hati yang baik dan tulus.
    Ketika *hatimu baik dan tulus*, percayalah, Allah juga akan selalu bersamamu.

    *Teruslah bersahabat* sampai Allah berkata waktunya pulang.

    🤝 *SALAM PERSAHABATAN* 🤝

    BalasHapus
  24. Berubah ubah wujud nya nih orang,yg biasa berubah wujud biasanya setan, hati2 guys

    BalasHapus
  25. Balasan
    1. Alamak cuma 15rb xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa padahal bayaran jd buzzer ntu lebih2 lho om PAL xaxaxaxaxaxaxaxa ngemplang kok 15rb,receh banget lo ruw xaxaxaxaxaxaxaxa nih ruw🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. Merinding discow ruw xaxaxaxaxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  26. Nah bener kan, ngomong agama terus,hati2 guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yg takut lawan setan? Setan itu harus di binasakan

      Hapus
    2. Setan kan panas kalau dengar agama kih kih

      Hapus
    3. Setan itu bisa berubah wujud, bisa jadi alim, sok agamis wkwkwk

      Hapus
  27. Partai indon tak penting kan agama, Terima kaseh

    BalasHapus
  28. Indonesia mayoritas islam jelas kami mementingkan agama dan bangsa

    BalasHapus
  29. Alamak cuma 15rb xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa padahal bayaran jd buzzer ntu lebih2 lho om PAL xaxaxaxaxaxaxaxa ngemplang kok 15rb,receh banget lo ruw xaxaxaxaxaxaxaxa nih ruw🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

    BalasHapus
  30. katanya WARGANYET KL, say NO to HIBAH,

    eh trima jugak HIBAH amrik,
    12 bijik uav sCANEAGLE - kata WARGANYET KL konon paling banyak se-ASEAN, amerika sayang KL haha!🤣🤣🤣
    apgred 3 bijik cn-235 ke konfigurasi mpa,
    tp amrik tunjuk FETEDEI

    lanjut WARGANYET KL senang diri haha!😝😝😝

    JOM DONASI..FREE ongkir

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Malaysia receives first batch of donated ScanEagle UAVs from US

    by Marhalim bin Abas

    Malaysia has taken delivery of the first 6 of 12 Insitu ScanEagle 2 unmanned aerial vehicles (UAVs) – along with associated equipment – that were gifted by the United States under Washington’s Maritime Security Initiative (MSI) programme.

    The first batch of platforms and equipment was delivered in late February, the Malaysian Chief of Defence Force General Affendi Buang told Jane’s. The remaining six UAVs are expected to be handed over in 2022.

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/malaysia-receives-first-batch-of-donated-scaneagle-uavs-from-us

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa nyatanya hibah itu lebih sedap om PAL apalagi kalau percuma tak keluar uang se sen pun xaxaxaxaxaxaxaxa cuma wajahnya d bikin lusuh n melas a.k.a ngemis xaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. nyoiih om pret, klo gak kluar sesn pon,
      ituw namanya HIBAH TANPA BATAS haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  31. *Daftar Ulama Wafat (Januari 2021-sekarang)*

    1. Habib Ja’far bin Muhammad Al Kaff Kudus (1 Januari 2021)
    2. KHR.Muhaimin Asnawi – PP Al Asnawi Magelang (1 Januari 2021)
    3. KHR.Abdullah Nachrowi – PP Ash-Shogiri Bogor (2 Januari 2021)
    4. KHR.Muhammad Najib Abdul Qodir Munawwir – PP Al Munawir Krapyak (4 Januari 2021)
    5. Drs.M.Sai, M.HI – PP Nurul Yakin Malaka (5 Januari 2021)
    6. KH.Muhammad Nuruddin A.Rahman – PP Al Hikam Bangkalan (9 Januari 2021)
    7. Habib Abubakar bin Salim Al Hamid Bondowoso – (9Januari 2021)
    8. KH.Zainuddin Badrus – PP Al Hikmah Kediri (10 Januari 2021)
    9. KH.A. Yasin Asmuni – PP Hidyatut Thullab (11 Januari 2021)
    10. Drs.H.Ibnu Hazen – LTMNU (12 Januari 2021)
    11. Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber (14 Januari 2021)

    Al Fatihah...

    *Dengan wafatnya ulama, berarti Allah telah mulai mengangkat ilmu dari manusia. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,*

    ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪ ï»» ﻳَﻘْﺒِﺾُ ﺍﻟﻌِï» ْﻢَ ﺍﻧْﺘِﺰَﺍﻋَﺎً ﻳَﻨْﺘَﺰِﻋُﻪُ ﻣﻦ ﺍﻟﻌِﺒﺎﺩِ ﻭﻟَﻜِﻦْ ﻳَﻘْﺒِﺾُ ﺍﻟﻌِï» ْﻢَ ﺑِﻘَﺒْﺾِ ﺍﻟﻌُï» َﻤَﺎﺀِ ﺣﺘَّï»° ﺇﺫﺍ ﻟَﻢْ ﻳُﺒْﻖِ ﻋَﺎﻟِﻢٌ ﺍﺗَّﺨَﺬَ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺭﺅﺳَﺎً ﺟُﻬَّﺎﻻً ، ﻓَﺴُﺌِﻠﻮﺍ ﻓَﺄَﻓْﺘَï»®ْﺍ ﺑِﻐَï»´ْﺮِ ﻋِï» ْﻢٍ ﻓَﻀَï» ُّﻮﺍ ï»­َﺃَﺿَï» ُّﻮﺍ

    “Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak mengangkat ilmu dengan sekali cabutan dari para hamba-Nya, akan tetapi Allah mengangkat ilmu dengan mewafatkan para ulama. Ketika tidak tersisa lagi seorang ulama pun, manusia merujuk kepada orang-orang bodoh. Mereka bertanya, maka mereka (orang-orang bodoh) itu berfatwa tanpa ilmu. mereka sesat dan menyesatkan.“

    [HR. Bukhari]

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    ﻳَﺘَﻘَﺎﺭَﺏُ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥُ ï»­َﻳُﻘْﺒَﺾُ ﺍﻟْﻌِï» ْﻢُ ï»­َﺗَﻈْﻬَﺮُ ﺍﻟْﻔِﺘَﻦُ ï»­َﻳُï» ْﻘَï»° ﺍﻟﺸُّﺢُّ ï»­َﻳَﻜْﺜُﺮُ ﺍﻟْﻬَﺮْﺝُ

    “Zaman saling berdekatan, ilmu dihilangkan, berbagai fitnah bermunculan, kebakhilan dilemparkan (ke dalam hati), dan pembunuhan semakin banyak.

    [HR. Muslim]

    BalasHapus
  32. Ngomong agama buat adu domba, itu sifat setan laknatulah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah..
      Itu fitnah kak

      Hapus
    2. Siapa yg fitnah? Di sini bahas alutsista kenapa situ dakwah?

      Hapus
    3. Tak pe partai sememangnye ajarkan macam tu

      Hapus
    4. Silahkan kak bahas alusista..
      Kak..
      Beriringan dgn dakwah..

      Hapus
    5. Kalo korang gak suka disini kenapa main di sini? Jadi tamu harus sopan, diajarkan sopan tak oleh orang tua korang?

      Hapus
    6. Tak pe FPI aliran ISIS sudah di larang Pemerintah.. kih kih kih..

      Hapus
    7. Saya bukan fpi kak atau terkait dgn ormas apapun kak

      Hapus
    8. Ada 2 yg pakai nama Unknown

      Yg ini pengikut FPI dan Aliran Sekte Baliho.. kih kih kih

      👇👇👇👇👇

      Unknown 10 Februari 2021 16.24
      Tak pe partai sememangnye ajarkan macam itu

      Hapus
  33. *Kisah Perjalanan Sang Ahlul Qur'an*

    Syekh Ali Jaber adalah seorang Pendakwah dan Ulama asal Madinah yang ber-kewarganegaraan Indonesia.

    Pria bernama asli Ali Saleh Mohammed Ali Jaber ini lahir di Madinah, Arab Saudi pada 3 Februari 1976 atau bertepatan dengan tanggal 3 Shafar 1396 H.

    Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan formal dari Ibtidaiyah hingga Aliyah di Madinah.

    Setelah lulus sekolah menengah, Syekh Ali Jaber melanjutkan pendidikan khusus pendalaman Al-Qur'an pada Tokoh dan Ulama ternama di Arab Saudi.

    Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia pada tahun 2008 dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2012.

    Syekh Ali Jaber sempat menjadi juri pada Hafiz Indonesia dan menjadi Da'i dalam berbagai kajian di beberapa stasiun televisi nasional.

    Sejak kecil, dia telah mendapatkan bimbingan agama dari Ayahnya.
    Ayahnya yang seorang penceramah mengharapkan Ali Jaber sebagai anak pertama bisa mengikuti jejaknya.

    Semasa kecil, Syekh Ali Jaber telah belajar Al-Qur'an dan merasa punya tanggung jawab atas cita-cita ayahnya.

    Menariknya, di usia 10 tahun, Syekh Ali Jaber sudah mampu menghapal 30 juz Alquran
    Bahkan di umur 13 tahun, Syekh Ali mendapat amanah untuk menjadi imam di salah satu Masjid Kota Madinah.

    Selama belajar agama, Syekh Ali Jaber rutin mengajar dan berdakwah.
    Ia juga aktif sebagai guru hafalan Al-Qur'an di Masjid Nabawi.

    Pada 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia, wanita asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keduanya dikaruniai seorang anak yang diberi nama Hasan

    Saat di Lombok, Syekh Ali Jaber menjadi guru hafalan Alqur6an, Imam Shalat, dan Khatib di Masjid Agung Al-Muttaqin Cakranegara Lombok, Indonesia.

    Karier dakwahnya berlanjut saat ia diminta menjadi Imam Shalat Tarawih di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta.

    Ia juga menjadi pembimbing tadarus Al-Qur'an dan Imam Shalat Ied di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta.

    Kehadiran Syekh Ali Jaber disambut baik oleh masyarakat Indonesia karena dakwahnya yang menyejukkan, penyampaiannya sangat rinci dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits.

    Syekh Ali Jaber mulai sering dipanggil keliling Indonesia untuk Syiar Islam.

    Begitu Singkat Perjalanannya dalam Syiar Agama di Bumi Allah SWT.
    Di usia 45 Tahun Allah Memanggilnya kembali padanya.

    Selamat jalan Ulama Besar, *“ENGKAU TELAH MEWAKAFKAN SELURUH HIDUPMU DI DUNIA PENDIDIKAN DAN DAKWAH AGAMA ISLAM.”*

    Surga Tempatmu, bahagia dan menikmati amal ibadah yang engkau telah berikan. Aamiin yaa Rabbal 'Aalamiin...!

    °™ðŸ•Œ•

    BalasHapus
  34. *DZIKIR HARIAN*
    _Rabu (Pahing), 10 Februari 2021 M - 27 Jumadil Akhir 1442 H_

    ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُ ﺍﻟﻠَّــﻪَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴــﻢَ

    (Astaghfirullahal 'adzim)

    _Dibaca Jam = 05:00-18:00 WIB_

    Dibaca sesuai kemampuan, baca dirumah, dengan tujuan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

    *Fadhilah :*

    من لزم الاستغفار جعل الله له من كل ضيق مخرجا ومن كل هم فرجا ورزقه من حيث لايحتسب

    Artinya, Rasulullah SAW bersabda,
    "Siapa saja mengekalkan bacaan istighfar, niscaya Allah jadikan baginya sebuah jalan keluar di tengah kesempitan dan sebuah kelonggaran di tengah kesumpekan, dan Allah kucurkan rezeki kepadanya dari jalan yang ia tidak perhitungkan."

    - Syekh Abdul Wahhab As-Sya’rani dalam kitab Al-Minahus Saniyyah

    BalasHapus
  35. ╔═════ ﷽ ═════╗
    ༆ʰʷᵐⁱ༆ᵏᵃˡᵃᵐ ᵘˡᵃᵐᵃ༆
    ╚═════ 🕌𖦹 ═════╝

    *الـــسَّـــلَامُ عَـــلَـــيْـــكُـــم وَرَØ­ْـــمَـــةُ الـــلّٰـــهِ وَبَـــرَكَـــاتُـــهُ*

    Nasehat Kiai Said Aqil Siradj

    1) Hanya Allah SWT yang tidak butuh pasangan. Selain Allah SWT, pasti butuh pasangan.

    2) Jodoh kita itu betul-betul hak monopoli Allah SWT, tidak ada intervensi siapapun.

    3) Dalam pernikahan, orang memuji kecantikan/kegantengan pasangannya paling bertahan hanya tiga tahun. Setelah itu yang dipuji akhlaknya.

    4) Rumah mewah tidak ada artinya jika tidak dibarengi sakinah.

    5) Tanpa perjuangan suami-istri, tidak mungkin ada mawaddah wa rahmah.

    6) Mawaddah itu kasih sayang Allah SWT kepada orang-orang yang baik saja.

    7) Rohmah itu kasih sayang Allah SWT kepada siapapun (muslim maupun non muslim), termasuk kepada manusia yang bejat sekalipun.

    wallahu a'lam bissowab

    Sumber : Teras Kyai Said Aqil Siroj

    ❤︎اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُØ­َمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُØ­َمَّدٍ❤︎
    ╔═════ ﷽ ═════╗
    卂丂山卂フ卂 几ㄩ
    ╚═════☕︎♪☕︎ ═════╝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entee laki n klo punya kelamin harus ganti nama
      Biar jelas mana yg pecundang dan mana yg ustadz abal2

      Hapus
  36. Makin lama, makin ngakak 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul om Type 12, stress itu orang

      Hapus
    2. Namanya ganti biar bedainnya gampang

      Hapus
    3. Unknown 10 Februari 2021 16.35
      Tak payah lah

      Suwandaruw ASU.. kih.. kih..

      Hapus
  37. Coba itu yg bawa-bawa dakwah, bisa gak sadarkan Raja Malon buat MengHARAMkan JUDI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya orang indonesia kak

      Hapus
    2. Ganti nama lue, biar gue bisa bedain lue Suwandaruw atau bukan..

      Hapus
  38. Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Renungan qolbu

    PROSES KEMATIAN DAN HANCURNYA TUBUH KITA

    Sesaat sebelum mati
    Kita akan merasakan jantung berhenti berdetak
    Nafas tertahan danbadan bergetar..
    Kita merasa dingin ditelinga.
    Darah berubah menjadi asam dan tenggorokan berkontraksi..

    0 Menit ...Kematian secara medis terjadi ketika otak kehabisan supply oksigen..

    1 Menit ...Darah berubah warna dan otot kehilangan kontraksi, isi kantung kemih keluar tanpa izin..

    3 Menit ...Sel-sel otak tewas secara masal. Saat ini otak benar-benar berhenti berpikir..

    4 – 5 Menit ...Pupil mata membesar dan berselaput.Bola mata mengkerut karena kehilangan tekanan darah..

    7 – 9 Menit ...Penghubung ke otak mulai mati..

    1 – 4 Jam ...Rigor Mortis (fase dimana keseluruhan otot ditubuh menjadi kaku) membuat otot kaku dan rambut berdiri, kesannya rambut tetap tumbuh setelah mati..

    4 – 6 Jam ...Rigor Mortis Terus beraksi. Darah yang berkumpul lalu mati dan warna kulit menghitam..

    6 Jam ...Otot masih berkontraksi. Proses penghancuran,seperti efek alkohol masih berjalan..

    8 Jam ...Suhu tubuh langsung menurun drastis..

    24 – 72 Jam ...Isi perut membusuk oleh mikroba dan pankreasmulai mencerna dirinya sendiri..

    3 – 5 Hari ...Pembusukan mengakibatkan luka skala besar,darah menetes keluar dari mulut dan hidung..

    8 – 10 Hari ...Warna tubuh berubah dari hijau ke merah sejalan dengan membusuknya darah..

    Beberapa Minggu ..Rambut, kuku dan gigi dengan mudahnya terlepas.

    Satu Bulan ... Kulit Anda mulai mencair..

    Satu Tahun ...Tidak ada lagi yang tersisa dari tubuh Anda..Anda yang sewaktu hidupnya cantik, gagah,ganteng, kaya dan berkuasa, sekarang hanyalah tumpukan tulang-belulang yang menyedihkan..

    Jadi, apa yang mau disombongkan orang sebenarnya ??
    Apa yang hendak kau sombongkan wahai diri...?
    Harta mana yang bisa menyelamatkan?
    Hanya Harta yang dijariahkan, anak sholeh yang mendo'akan & ilmu yg bermanfaat

    Renungan...
    Sangat sayang bila tidak dijiwai.

    Oleh ustadz Didi Zainul Akbar. Majalengka Sesepuh Al Halim

    Selamat menjalankan aktivitas semoga Allah menerima amal ibadah kita Aamiin ya robalamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, udah selesai kan dakwah nya?

      Hapus
    2. Oh ya, Insya Allah gw akan pantau terus kamu ya si tukang dakwah

      Hapus
  39. Gak akan bisa lah om anti malondog, dia orang gak bisa bedakan mana yg halal mana yg haram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu tau. Di Malon Cukai JUDI jadi pemasukan negara. Kih.. kih.. kih..

      Hapus
  40. PEDULI BENCANA SUBANG
    #Subang_Berduka, Hujan deras tengah mengguyur daerah-daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Subang. Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak ahad (7/2/2021) menyebabkan banjir diberbagai wilayah di Subang.
    Berikuti ini beberapa wilayah yang terkena banjir akibat luapan sungai :
    1. Desa Pringkasap
    2. Desa Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat
    3. Kampung Majasari Desa Kamarung Kecamatan Pagaden
    4. Desa Pabuaran
    5. Kecamatan Pamanukan
    Dengan bencana ini tentu membuat kita semua bersedih dan berduka. Oleh karena itu, mari bersama ulurkan tangan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah.
    Salurkan donasi melalui http://bit.ly/peduli_subang, atau:
    💳 Bank Muamalat 117.001.0194
    👤 an. Yayasan As Syifa Peduli Indonesia
    Kode Bank: BMI 147
    Konfirmasi donasi:
    ☎️ wa.me/6285320271527
    **As Syifa Peduli**
    Berbagi Kepedulian Menebar Senyuman

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Jangan pakai nickname unknown disini karena sudah banyak yang memakainya jadi sulit membedakan orang malon dan orang Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om Nusa, aq sudah ganti nickname, sekarang si suwandaru sama beruk malon berani ndak ganti nickname mereka

      Hapus
  43. Terima kasih ya allah
    1) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    2) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    3) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    4) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    5) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    6) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    7) Aku Sehat Bahagia Rezeki Berlimpah Aku Beruntung karena aku selalu Bersyukur
    Terima kasih ya allah
    Terima kasih Semesta
    Terima kasih Diriku

    BalasHapus
  44. Nelayan warga asing memukat dalam keadaan bergelap ditahan


    Taktik sekumpulan nelayan warga asing memukat dalam keadaan bergelap bagi mengelakkan aktiviti haram mereka dikesan akhirnya terbongkar selepas ditahan pihak berkuasa.
    Dalam kejadian kira-kira jam 12 tengah malam tadi, lima krew warga negara Indonesia yang mengedalikan bot pukat tunda itu berjaya dicekup oleh Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (Maritim) di sekitar 1.58 batu nautika utara Lok Pisuk, Tuaran.

    Pengarah Maritim Negeri Sabah dan Wilayah Persekutuan Labuan, Laksamana Pertama Maritim Datuk Mohd Rosli Abdullah mengesahkan kejadian itu dalam satu kenyataan media, hari ini.
    "Hasil risikan, Sistem Pengawasan Laut (SWASLA) Sabah dan maklumat orang awam, kita berjaya mengesan bot pukat itu yang dipercayai melakukan kegiatan menunda di kawasan pesisir pantai atau ‘tarik siring' berhampiran Lok Pisuk, Tuaran.

    Bot terbabit yang dikendalikan oleh seorang tekong bersama empat krew, kesemuanya warga negara Indonesia ditahan bot peronda Maritim Malaysia, ketika sedang leka melakukan aktiviti menangkap ikan, di kawasan kurang dari tiga batu nautika dari pesisir pantai.
    "Ketika serbuan, mereka juga dipercayai menggunakan taktik bergelap bagi mengelakkan aktiviti mereka dikesan oleh pihak berkuasa," katanya.
    Menurut beliau, bot dan kesemua nelayan yang ditahan sudah dibawa ke Jeti Maritim Sepanggar, Kota Kinabalu untuk tindakan lanjut.
    Kes itu disiasat mengikut Seksyen 8 (B), Akta Perikanan 1985 atas kesalahan melanggar syarat sah lesen kerana menunda kurang dari tiga batu nautika dari persisir pantai.

    BalasHapus
  45. kita terima hibah alutsista, emang betul kok...
    kita gak gengsi

    alutsista hibah kita bisa berasal dari
    - hubungan politis
    - bonus SHOPPING SOPING hore haha!🤑🤑🤑

    semakin banyak SHOPPING SOPING, maka bonus menanti.

    kita jugak sering hibahkan alutsista kok.

    salah satuw HIBAH yg terkenal adalah ketika
    negeri kita mengHIBAHkan pesawat tempur MIG-21 ke AMERIKA hore haha!👏👏👏

    sementara gak ada satupun negeri di kawasan yg perna berbuat seheboh kita gaesz haha!🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. negara SUPER PAWER aja kita kasi HIBAH pespur mig, dan mereka trima dengan senang hati haha!😍😍😍

      Hapus
  46. kita terima hibah alutsista, emang betul kok...
    kita gak gengsi

    alutsista hibah kita bisa berasal dari
    - hubungan politis
    - bonus SHOPPING SOPING hore haha!🤑🤑🤑

    semakin banyak SHOPPING SOPING, maka bonus menanti.

    kita jugak sering hibahkan alutsista kok.

    salah satuw HIBAH yg terkenal adalah ketika
    negeri kita mengHIBAHkan pesawat tempur MIG-21 ke AMERIKA hore haha!👏👏👏

    sementara gak ada satupun negeri di kawasan yg perna berbuat seheboh kita gaesz haha!🤗🤗🤗

    BalasHapus
  47. Hampir 200 bot nelayan Indonesia diusir ceroboh perairan negara di Perak


    Sebanyak 199 bot nelayan Indonesia yang menceroboh perairan negara diusir Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (Maritim Malaysia) Perak sejak Mac lalu.
    Pengarah Maritim Malaysia Perak, Kepten Maritim Shahrizan Raman berkata, terbaharu pihaknya mengusir 40 bot nelayan Indonesia di beberapa lokasi sekitar 28.5 hingga 30 batu nautika barat laut Pulau Jarak, dekat sini, semalam.

    Katanya kesemua bot yang setiap satunya membawa empat kru dan seorang tekong dikesan oleh Kapal Maritim (KM) Rawa yang sedang melaksanakan Op Benteng di perairan negeri ini.
    "Pasukan di dalam KM Rawa memberi amaran supaya mereka menghentikan aktiviti penangkapan ikan dan keluar dari perairan Malaysia.

    "Anggota kita kemudian mengiring kesemua bot nelayan Indonesia itu hingga ke sempadan maritim Malaysia-Indonesia bagi memastikan mereka tidak berpatah balik," katanya dalam satu kenyataan di sini, hari ini.
    Shahrizan berkata tindakan pengusiran keluar bot nelayan asing dari perairan Malaysia bertujuan menyekat penyebaran wabak COVID-19 menerusi warga asing sekali gus membantu Kementerian Kesihatan menurunkan graf kebolehjangkitan dalam kalangan rakyat.
    Katanya aset-aset Maritim Malaysia Perak akan terus meningkatkan rondaan dan pengawasan terutamanya di titik panas berhampiran sempadan maritim Malaysia-Indonesia.
    Beliau turut meminta komuniti maritim menyalurkan maklumat berkaitan pencerobohan nelayan asing, pendatang tanpa izin serta kegiatan jenayah kepada Maritim Malaysia dengan segera untuk tindakan lanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma diusir..???? Kalau nelayan malon kami tangkap kapalnya kami sita wkwkwkwkw

      Hapus
  48. TLDM usir lapan bot nelayan Indonesia ceroboh perairan negara


    Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mengusir lapan bot nelayan Indonesia yang didapati menceroboh masuk ke perairan negara kira-kira 30 batu nautika selatan Pulau Perak, Kedah, pagi tadi.

    Bahagian Komunikasi Strategik Markas Pemerintahan Armada Barat memaklumkan tindakan itu dilakukan oleh Kapal Diraja (KD) Mahawangsa ketika melakukan rondaan Op Benteng di Selat Melaka pada jam 9.44 pagi.

    "KD Mahawangsa mengesan sebuah bot nelayan Indonesia yang pertama sedang bertambat di boya dalam perairan negara dan apabila melihat kehadiran KD Mahawangsa, kru di dalam bot itu segera memotong tali boya lalu beredar keluar dari perairan negara.

    "KD Mahawangsa seterusnya berjaya mengesan lima bot nelayan Indonesia yang bertambat di boya haram dalam radius dua batu nautika daripada pengesanan pertama pada 10.38 pagi dan mengambil tindakan mengusir semua bot itu keluar dari perairan negara," menurut kenyataan itu.

    Dua lagi bot nelayan Indonesia diusir pada jam 11.42 pagi tadi selepas kapal berkenaan kekal melaksanakan rondaan di kawasan terbabit.

    BalasHapus
  49. YA memang ada negara suka BARANG BEKAS guys...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  50. Kasihan malon, nelayan Indonesia cuma diusir oleh malon, tapi nelayan malon yang mencuri ikan di perairan Indonesia ditangkap dan kapalnya ditenggelamkan wkwkwkwkw

    BalasHapus
  51. MALAYSIA usir je pasal kami faham nelayan INDON semakin sukar pendapatan mereka sepanjang corona ni... maklumlah dinegara mereka corona sudah cecah sejuta kes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal nelayan malon kami tenggelam jadi rumpon ikan oleh TNI al dan KKP masa malon tak berani minta Indonesia untuk tidak menenggelamkannya... Wkwkwkwkw MANTAP Wkwkwkwkw

      Hapus
  52. Kasihan malon, nelayan Indonesia yang mencuri cuma diusir oleh malon, tapi nelayan malon yang mencuri ikan di perairan Indonesia ditangkap dan kapalnya ditenggelamkan oleh TNI al dan KKP wkwkwkwkw MANTAP malon tak berani sama Indonesia wkwkwkwkw

    BalasHapus
  53. kalau ditangkap pasti keluarga isteri dan anak anak mereka akan kesusahan jika mereka ditahan di MALAYSIA.... lihat betapa baiknya MALAYSIA pada nelayan INDON...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerana tak bisa kasih makan tahanan lah tuh tak de ringgit, kedekut utang

      Hapus
  54. MALAYSIA masih ada sifat kemanusiaan walaupun mereka bukan warganya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eleh, pengungsi rohingya je diusir malon, kerana tak sanggup kasih makan, takde ringgit kedekut hutang. Macam tu sifat kemanusiaan malon? KAHKAHKAH

      Hapus
  55. Seluruh kapal asing yang mencuri ikan di perairan malon kapalnya akan ditenggelamkan atau disita oleh TNI al, Polairud dan KKP wkwkwkwkw

    BalasHapus
  56. sekadar mau bagi makan PATI... ribuan PATI ni didalam tahanan MALAYSIA rileks je terutama paling ramai PATI INDON...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak penyelundup narkoba asal malon yang kami tembak dan di tahan di Indonesia wkwkwkwkw

      Hapus
  57. Kasian nelayan malon yang mencuri ikan di perairan Indonesia kapalnya kami tenggelamkan dan disita oleh TNI al, Polairud dan KKP tapi nelayan Indonesia yang mencuri ikan di perairan malon cuma di usir sahaja wkwkwkwkw

    BalasHapus
  58. jas merah..merah delima..masa KL lupa HIBAH OSI sich haha!🤣🤣🤣

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Australia hadiahkan kapal patroli untuk Malaysia

    Kapal-kapal jenis Bay Class dengan awak 12 orang, yang diberikan oleh Australia, akan dikirim pada 2015.

    Menteri Imigrasi Scott Morrison menyebut hal itu sebagai strategi operasional praktis untuk mencegah perdagangan jahat."
    Kapal untu

    https://www.bbc.com/indonesia/dunia/2014/02/140206_malaysia_australia_kapal

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu diberi kepada APMM bro bukan TLDM...wkwkwkwkwkwkwkwk TOLOL ya

      Hapus
    2. pokonya hibah wueee...
      ehh FANASSSS kahh haha!🔥🔥🔥

      SALAM HIBAH KAPAL SELAM rongsok prancis

      ama

      SALAM HIBAH MUSIUM FRIGAT dari BNS haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  59. biasalah INDON.. rakyat saja pun BANTUAN tak merata...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  60. Pati malon jual dadah dan jadi teroris

    BalasHapus
  61. Kedapatan Mencuri Ikan, Kapal Nelayan Malaysia Ditangkap

    BATAM,HARIANHALUAN.COM-Kapal nelayan Malaysia yang melakukan pencurian ikan, berhasil ditangkap petugas Kapal pengawas (KP) Hiu 03 PSDKP Batam.

    Kapal nelayan jenis KM JHF 4631 membawa 3 orang diantaranya 2 orang anak buah kapal dan 1 orang nahkoda kapal.

    Sementara barang bukti ikan 5 kg juga berhasil diamankan.

    Kepala pangkalan PSDKP Batam, Salman Mokoginta menyampaikan, mulanya anggotanya sedang melakukan patroli pengawasan di perairan di selat Malaka.

    “Saat itu, anggota kita bersama Kapten kapal, Ardiansyah Pamuji melihat kapal nelayan masuk ke perairan teritorial kita hingga langsung melakukan pendekatan serta penangkapan,” ucapnya dilansir Haluankepri.co Senin (25/1/2021).

    “Ini penangkapan pertama pada 2021 kapal illegal fishing. Kapal ini ditangkap saat angkat alat tangkap bubu di teritorial perairan Indonesia wilayah pengelolah perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 571 selat Malaka sekitar 2,2 mil laut dari batas teritorial perairan Indonesia -Malaysia,” kata Salman.

    Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mengamankan barang bukti alat navigasi berupa GPS dan ECHOSOUNDER
    Dokumen perizinan berupa lessen Vesel yang dikeluarkan pemerintah Malaysia.

    Setelah ditangkap, pihaknya pun langsung dilakukan tes PCR terhadap ketiga awak kapal oleh tenaga kesehatan Batam pada, Sabtu (23/1/21).

    Dia pun mengatakan, dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan dokumen perizinan menangkap ikan apapun dari pemerintah Indonesia yaitu surat izin usaha perikanan SIUP dan surat persetujuan berlayar SPB.(*)

    Link :

    https://www.harianhaluan.com/amp/detail/119544/kedapatan-mencuri-ikan-kapal-nelayan-malaysia-ditangkap

    BalasHapus
  62. Kasian banyak penyelundup narkoba asal Malaysia yang ditembak mati dan di tahan di Indonesia sebab menyeludupkan narkoba wkwkwkwkw...

    BalasHapus
  63. MALING TERIAK MALING.. Kih.. kih.. kih..

    Kedapatan Mencuri Ikan, Kapal Nelayan Malaysia Ditangkap

    https://www.harianhaluan.com/amp/detail/119544/kedapatan-mencuri-ikan-kapal-nelayan-malaysia-ditangkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia Tangkap Puluhan Kapal, Nelayan Malaysia Protes

      https://m.cnnindonesia.com/internasional/20190724191834-106-415213/indonesia-tangkap-puluhan-kapal-nelayan-malaysia-protes

      Hapus
  64. uuuhhh PM sambut langsung,

    masa WARGANYET KL LUFA haha!🤥🤥🤥

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    The Prime Minister of Malaysia, Najib Razak has inspected the first of two Austal-built Bay Class Patrol Boats gifted to the Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA) by the Australian Government, at an event held in Port Klang, Malaysia on Tuesday 17 March 2015.

    https://web.archive.org/web/20150618154144/http://www.austal.com/en/media/media-releases/15-03-27/First-Of-Two-Bay-Class-Patrol-Boats-Gifted-To-Malaysian-Maritime-Enforcement-Agency.aspx

    BalasHapus
    Balasan
    1. MARITIM MALAYSIA tu TLDM ya...??? wkwkwkwkwkwkwkw TOLOL ya...wkwkwkwkw

      Hapus
    2. pokonya hibah kan

      ada MALAYSIANYA kan wueee...

      ehh situw FANASSSS kahh haha!🔥🔥🔥

      SALAM HIBAH KAPAL SELAM rongsok prancis

      ama

      SALAM HIBAH MUSIUM FRIGAT LCS dari BNS haha!🤣🤣🤣

      mao LCS, bayar dolo RM 3 bilyun, JOM DONASI haha!🤑🤑🤑

      Hapus
  65. Pelni Hibahkan Dua Kapal Penumpang ke TNI AL


    TNI Angkatan Laut menerima hibah dua kapal penumpang, KM Kambuna dan KM Rinjani dari PT Pelni, Jumat (13/5). Penandatanganan serah terima kapal ini dilakukan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI I.W.R. Argawa, Dirjen Pembendaharaan Departemen Keuangan, Mulya P. Nasution, dan Dirjen Perencanaan Sarana Pertahanan Departemen Pertahanan, Marsekal Muda TNI Pieter L.D. Wattimena. Alasan pemberian hibah itu, menurut Kepala Humas Pelni Abu Bakar Goyim, adalah berkurangnya penumpang kapal sehingga jumlah kapasitas terpasang menjadi berlebih. Selain itu, "Kenaikan harga BBM membuat beban operasional kapal meningkat," kata Abu Bakar. PT Pelni mengoperasikan 30 unit kapal penumpang, sehingga dengan hibah ini tinggal 28 kapal. KM Kambuna dan KM Rinjani adalah kapal buatan tahun 1984 yang dibangun di galangan Jos L. Meyer, Jerman. Kedua kapal ini bisa mengangkut sekitar 1.700 orang. Eworaswa

    BalasHapus
  66. Itu hibah ke TNI AL... ya....wkwkwkwkw MUANTABBBB

    BalasHapus
  67. wkwkwkwkwkwkw... barang bekas lagi.... wwkkwkwkw

    BalasHapus
  68. kita terima hibah alutsista, emang betul kok...
    kita gak gengsi

    alutsista hibah kita bisa berasal dari
    - hubungan politis
    - bonus SHOPPING SOPING hore haha!🤑🤑🤑

    semakin banyak SHOPPING SOPING, maka bonus menanti.

    kita jugak sering hibahkan alutsista kok.

    salah satuw HIBAH yg terkenal adalah ketika
    negeri kita mengHIBAHkan pesawat tempur MIG-21 ke AMERIKA hore haha!👏👏👏

    sementara gak ada satupun negeri di kawasan yg perna berbuat seheboh kita gaesz haha!🤗🤗🤗

    BalasHapus
  69. Dephub Hibahkan 5 Kapal Senilai Rp 491 M ke TNI AL


    Departemen Perhubungan menghibahkan lima Kapal Ferry Cepat (KFC) kepada TNI AL. Hibah kapal dengan nilai total Rp 491 miliar ini merupakan bagian dari kerja sama Dephub dan TNI AL untuk meningkatkan penegakan hukum di laut.Kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) ini ditandatangani oleh Menhub Hatta Rajasa dan KSAL Laksamana TNI Slamet Subiyanto di Kantor Dephub, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (15/9/2005).Kerja sama yang disepakati meliputi pengamanan laut secara terpadu dan terkoordinir, survei dan pemetaan di seluruh perairan nasional, pembinaan SDM untuk pengamanan dan penegakan hukum di laut, pertukaran data dan informasi dengan memperhatikan kerahasiaan negara."Peranan TNI AL bersama Dephub akan menjadi sinergi luar biasa dalam penegakan hukum di laut," kata Hatta Rajasa saat menyampaikan sambutannya.Lima kapal yang dihibahkan tersebut adalah KCF Ambulu, KFC Cisadane, KFC Serayu, KFC Mahakam, danKFC Barito. Kelima kapal ini mampu mencapai kecepatan 38 knots dengan kapasitas penumpang 925 orang. Sebelumnya kapal ini dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Menurut Dirjen Perhubungan Darat Iskandar Abdullah, total harga kelima kapal adalah Rp 491 miliar. "Semua kapal dalam kondisi baik. Badan kapal ini terbuat dari alumunium alloy sehingga terhindar dari karat. Jadi kita tinggal membersihkan karang yang menempel di bagian bawah kapal," katanya.Pengangkut PasukanDalam sambutannya, KSAL menyatakan bersyukur mendapat hibah kapal berkecepatan tinggi dan memiliki kapasitas penumpang yang besar. Kelima kapal tersebut akan digunakan untuk mengangkut penumpang dan memiliki pangkalan di Surabaya. "Kita akan memodifikasi kapal ini untuk keperluan mengangkut pasukan. Kapasitas penumpang akan kita kurangi menjadi 500 sampai 600 orang, dan sisanya untuk dijadikan ruangan mengangkut barang milik pasukan," kata KSAL.



    BalasHapus
  70. KL ditunggu kerajaan om eli dari BRITIS,

    kapan kirim HIBAH musium LCS karya besar BNS ituw,

    kan ada 5 bijik SALAH FOTONG haha!🤣🤣🤣

    JOM DITUNGGU NICH...haha!🤪🤪🤪

    bentar lagi 99 tahun lho..menjelan 100 tahun

    sapa tau yg 999 taon bisa diskon haha!😂😂😂

    BalasHapus
  71. SEDEKAH.... Alhamdulilah...


    C130- sedekah Australia
    F-16- sedekah US
    Kapal perang- sedekah Brunai
    tank LVT- Sedekah Korea
    Upgrade heli Bell 412- Sedekah US
    Scan Eagle UAV- Sedekah US
    truk Renault- Sedekah Perancis
    Kapal Ferry Cepat (KFC) - Sedekah Dephub
    kapal penumpang - sedekah Pelni

    semoga yang BERSEDEKAH mendapat pahala berganda....

    BalasHapus
  72. KL ditunggu kerajaan oma eli dari BRITIS,

    kapan kirim HIBAH musium LCS karya besar BNS ituw,

    kan ada 5 bijik SALAH FOTONG haha!🤣🤣🤣

    JOM DITUNGGU NICH...haha!🤪🤪🤪

    bentar lagi 99 tahun lho..menjelang 100 tahun

    sapa tau yg 999 taon bisa diskon haha!😂😂😂

    BalasHapus
  73. wkwkwkwkwkwkw.... SEDEKAH lagi guys

    BalasHapus
  74. Lion Hibahkan Satu Unit Pesawat Boeing 737-400 kepada TNI AU


    TNI Angkatan Udara menambah satu kekuatan dengan diterimanya hibah pesawat Boeing 737-400 dari PT Lion Group yang diserahkanCofaunder (CEO) Lion Group Rusdi Kirana kepada Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna.

    Penyerahan ini berlangsung di Hanggar PT. Batam Aero Technic, Bandara Hang Nadim, Batam. Sabtu (8/10/2016).

    Penandatanganan serah terima pesawat Boeing 737-400 PK-LIW menjadi A-7308 ditandatangani Direktur Utama PT Lion Group Edward Sirait dengan Aslog Kasau Marsda TNI M.Nurullah.

    Kemudian dilanjutkan dengan pemecahan kendi dibawah roda pesawat A-7308 oleh Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna didampingi CEO Lion Group Rusdi Kirana.

    PK-LIW dengan nomor seri 24684 merupakan pesawat Boeing 737 seri 400 buatan tahun 1990 pertama kali dioperasikan Lion Air pada 13 Juni tahun 2006.

    Pesawat ini digunakan untuk rute-rute domestic Lion Air dengan kapasitas tempat duduk 168 kursi.

    Pesawat Boeing 737 seri 400 merupakan pesawat narrow body dengan mesin ganda jenis CFM56-3C1 dan kapasitas jarak tempuh short to medium range sehingga menjadikan pesawat pilihan maskapai penerbangan baik di dalam maupun di luar negeri.



    Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lion Hibahkan Satu Unit Pesawat Boeing 737-400 kepada TNI AU, https://www.tribunnews.com/tribunners/2016/10/09/lion-hibahkan-satu-unit-pesawat-boeing-737-400-kepada-tni-au.

    Editor: Malvyandie Haryadi

    BalasHapus
  75. salah satuw HIBAH yg terkenal adalah ketika
    RI mengHIBAHkan pesawat tempur MIG-21 ke AMERIKA SERIKAT hore haha!👏👏👏

    sementara gak ada satupun negeri di kawasan yg perna berbuat seheboh kita gaesz haha!🤗🤗🤗


    negara SUPER PAWER AJA TRIMA HIBAH PESPUR,
    MASAK WARGANYET NEGERI SEKECIL KL GENGSI gaesz haha!😂😂😂

    BalasHapus
  76. wkwkwkwkwkw... SEDEKAH lagi....orang kaya....

    BalasHapus
  77. katanya WARGANYET KL, say NO to HIBAH,

    eh trima jugak HIBAH amrik,
    buat TLDM nich keknya

    12 bijik uav sCANEAGLE - kata WARGANYET KL konon paling banyak se-ASEAN, amerika sayang KL haha!🤣🤣🤣
    apgred 3 bijik cn-235 ke konfigurasi mpa,
    tp amrik tunjuk FETEDEI

    lanjut WARGANYET KL senang diri haha!😝😝😝

    JOM DONASI..FREE ongkir

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Malaysia receives first batch of donated ScanEagle UAVs from US

    by Marhalim bin Abas

    Malaysia has taken delivery of the first 6 of 12 Insitu ScanEagle 2 unmanned aerial vehicles (UAVs) – along with associated equipment – that were gifted by the United States under Washington’s Maritime Security Initiative (MSI) programme.

    The first batch of platforms and equipment was delivered in late February, the Malaysian Chief of Defence Force General Affendi Buang told Jane’s. The remaining six UAVs are expected to be handed over in 2022.

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/malaysia-receives-first-batch-of-donated-scaneagle-uavs-from-us

    BalasHapus
  78. SEDEKAH.... Alhamdulilah...


    C130- sedekah Australia
    F-16- sedekah US
    Kapal perang- sedekah Brunai
    tank LVT- Sedekah Korea
    Upgrade heli Bell 412- Sedekah US
    Scan Eagle UAV- Sedekah US
    truk Renault- Sedekah Perancis
    Kapal Ferry Cepat (KFC) - Sedekah Dephub
    kapal penumpang - sedekah Pelni
    Boeing 737-400- sedekah PT LION Group

    semoga yang BERSEDEKAH mendapat pahala berganda....

    BalasHapus
  79. Mantap banyak negara yang menghibahkan aset militer pada TNI wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti bantu orang susah bro....

      Hapus
    2. Pur, negara korang emang gak dapat hibah dari US ?

      Hapus
  80. Mantap upgrade 3 helikopter Nbell 412 ep milik Puspenerbal TNI al pasti di upgrade ke varian EPI wkwkwkwk

    BalasHapus
  81. Pemprov Kaltim Kucurkan Rp 120 M untuk Hibah Helikopter Bell-412


    Pemprov Kalimantan Timur mengucurkan dana ratusan miliar rupiah untuk hibah berupa satu unit helikopter Bell-412 EP kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI. Helikopter militer nan handal ini berkapasitas 13 penumpang serta mampu mengangkut beban sekitar 3 ton.

    "Dananya 120 miliar rupiah yang berasal dari APBD 2011. Statusnya hibah," jelas Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

    Awang menyampaikannya sewaktu acara serah terima Bell-412 EP dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kepada Kemhan RI. Kegiatan berlangsung di Hanggar Rotary Wing, PTDI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2013).

    "Bukan untuk mewah-mewah, ini untuk kepentingan rakyat Kaltim. Kehadiran helikopter andal di kelasnya ini sangat perlu untuk mengawasi dan menjaga wilayah perbatasan," kata Awang.

    Bell-412 EP produksi PTDI ini merupakan helikopter serbagna yang ditenagai sepasang engine, pratt & whitney PT6T-3D, dengan empat bilah rotor utama dan dua bilah rotor ekor. Selain mampu melaksanakan misi militer, Bell-412 EP ini mampu melaksanakan penerbangan sipil, operasi SAR, pemadam kebakaran, dan misi sosial yakni membantu masyarakat terutama jika terjadi bencana alam.

    "Heli ini ekstra performance. Mempunyai kelebihan yang tak dimiliki heli lainnya. Bell-412 dilengkapi infrared mendeteksi panas, ada radar, kamera, serta bisa mengangkut alat berat yang sesuai limitasi alat mengangkut alat berat sesuai limitasi heli," ungkap Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.



    link
    https://news.detik.com/berita/d-2301739/pemprov-kaltim-kucurkan-rp-120-m-untuk-hibah-helikopter-bell-412

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hibah Helikopter Nbell 412 Ep untuk TNI ad ini dilengkapi flir mantap Wkwkwkwkw

      Hapus
  82. satu persatu asal usul KD PERLIS dan SRI JOHORE TERKUAK gaesz,

    bener kan ini kapal ternyata HIBAH BRITIS KE KL,
    ajegil buatan taon 1954!!!! haha!🤣🤣🤣

    masi idup ampe skr haha!😅😅😅

    The ship was transferred to the Royal Malayan Navy on 1 April 1958, being renamed Sri Perlis.Following transfer, Sri Perlis' 40mm Bofors gun and minesweeping gear was removed and replaced by three 20 mm Oerlikon cannon, although the minesweeping gear was later re-fitted, with the ship retaining a single Oerlikon gun.
    https://en.wikipedia.org/wiki/HMS_Asheldham


    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    1964 transfer dr britis

    Ahoy! Navy Update - Sambutan Jubli Emas SKRPS ke-13 KD SRI JOHOR, KD SRI PERLIS
    https://www.youtube.com/watch?v=XpDkvYe7glc

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda dech, gaesz jangan kasi KENDOR!

      kebukti KL emang biang HIBAH dan pengumpul alusista ROMBENG KELAS DUNIYA haha!😂😂😂

      JOM DONASIII>>>KL bole

      Hapus
    2. om pit mana..om pittt...sila timfukin fisank haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  83. Syukurlah dapat hibah padahal TNI tak pernah minta tapi TNI terima saja hibah aset militer itu daripada malon minta hibah hornet dari Australia tapi Australia lebih milih kasih ke Kanada wkwkwkwkw KASIHAN sedihkan wkwkwkwkw

    BalasHapus
  84. Kemhan Terima Hibah Satu Helikopter Bell-412 EP dari Pemprov Kaltim


    Kementerian Pertahanan menerima hibah berupa Helikopter Bell-412 EP buatan PT Dirgantara Indonesia (PT.DI) dari Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) untuk kepentingan operasi TNI AD. Kegiatan serah terima helikopter Bell-412 EP dilaksanakan Sabtu, (13/7) di Hanggar Rotary Wing, PT Dirgantara Indonesia (Persero) Bandung. Hibah senilai Rp 120 miliar dari APBD 2012 Pemprov Kaltim itu selanjutnya digunakan TNI AD guna menjaga perbatasan.

    Penyerahan Helikopter ini dilaksanakan dengan penandatanganan naskah serah terima helikopter Bell-412 EP oleh Direktur PT. DI Budi Santoso, Kabaranahan Kemhan Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis, dan Aslog Panglima TNI Mayjen Joko Sriwidodo. Turut menyaksikan penyerahan helikopter tersebut Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

    Menhan Purnomo Yusgiantoro dalam sambutannya mengapreasiasi sumbangsih dari Pemprov Kaltim tersebut. Langkah itu dinilai guna mendukung pembangunan kekuatan esensi minimum alutsista. Khususnya di wilayah Kaltim, kehadiran heli multifungsi itu semakin meningkatkan keamanan wilayah.

    Ditambahkan Menhan, heli dengan extra performance itu akan ditempatkan dalam skuadron serbu di Berau. Selain bagian skadron serbu, Helikopter Bell-412 EP berfungsi untuk patroli dan juga untuk keperluan operasi militer selain perang seperti misi sosial penanganan bencana.

    Sementara itu Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak merasa bangga helikopter tersebut diproduksi oleh anak bangsa sendiri yang bernaung dalam PT DI.

    Menurut Awang Faroek Helikopter ini membantu TNI dalam menjalankan tugas pengawasan perbatasan di Kaltim mengingat wilayah Kaltim secara geografis berbatasan langsung dengan negara Malaysia.
    \”Kaltim merupakan bagian dari kompartemen strategis pertahanan. Kami ingin memperkokohnya, mengingat jalur batas kami dengan Malaysia sepanjang 1.038 Km. Heli itu untuk pengawasan dan pengamanan perbatasan,\” kata Awang Faroek.

    BalasHapus
  85. SEDEKAH.... Alhamdulilah...


    C130- sedekah Australia
    F-16- sedekah US
    Kapal perang- sedekah Brunai
    tank LVT- Sedekah Korea
    Upgrade heli Bell 412- Sedekah US
    Scan Eagle UAV- Sedekah US
    truk Renault- Sedekah Perancis
    Kapal Ferry Cepat (KFC) - Sedekah Dephub
    kapal penumpang - sedekah Pelni
    Boeing 737-400- sedekah PT LION Group
    Helikopter Bell-412 EP- Sedekah Pemprov Kaltim

    semoga yang BERSEDEKAH mendapat pahala berganda...

    BalasHapus
  86. atu persatu asal usul KD PERLIS dan SRI JOHORE TERKUAK gaesz,

    bener kan ini kapal ternyata HIBAH BRITIS KE KL,
    ajegile buatan taon 1954!!!! haha!🤣🤣🤣

    Name:HMS Asheldham
    Namesake:Asheldham
    Builder:Philip and Son
    Launched:9 September 1953
    Completed:9 September 1954
    Fate:Transferred to Malaysia, 1 April 1959

    masi idup ampe skr, disayang2 haha!😅😅😅

    The ship was transferred to the Royal Malayan Navy on 1 April 1958, being renamed Sri Perlis.Following transfer, Sri Perlis' 40mm Bofors gun and minesweeping gear was removed and replaced by three 20 mm Oerlikon cannon, although the minesweeping gear was later re-fitted, with the ship retaining a single Oerlikon gun.
    https://en.wikipedia.org/wiki/HMS_Asheldham


    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    1964 transfer dr britis

    Ahoy! Navy Update - Sambutan Jubli Emas SKRPS ke-13 KD SRI JOHOR, KD SRI PERLIS
    https://www.youtube.com/watch?v=XpDkvYe7glc

    BalasHapus
  87. List helikopter milik TNI

    - 14 unit EC 725 milik TNI AU
    - - 8 unit nas 332 super puma milik TNI AU
    - 56 unit heli nbell 412 ep/sp/hp/epi ( 3 unit diantaranya milik TNI al,53 unit milik TNI Ad)
    - - 8 unit heli serang Apache guardian milik TNI ad
    - 8 heli mi 35 serang milik TNI ad
    - - 12 unit heli serang fennec milik TNI ad
    - 21 unit heli serang nbo 105 ( 6 unit milik TNI al,15 milik TNI ad)
    - - 11 heli anti kapal selam panther milik TNI Al
    - 8 unit heli bell 205
    - - 9 unit heli mi 17 milik TNI ad
    - 15 unit heli colibri ( 5 unit milik TNI ad,5 unit milik TNI al,5 unit milik TNI AU)



    Mantap TOTAL jumlah helikopter milik TNI adalah 170 unit wkwkwkwkw

    BalasHapus
  88. kapal perang kelas Sibarau rupanya kapal hibah Australia...wkwkwkwkwkwk mantap


    KRI Sibarau (847)
    KRI Siliman (848)
    KRI Sigalu (857)
    KRI Silea (858)
    KRI Siribua (859)
    KRI Waigeo (861)
    KRI Siada (862)
    KRI Sikuda (863)
    KRI Sigurot (864)
    KRI Tenggiri (865)

    BalasHapus
  89. salah satuw HIBAH yg terkenal adalah ketika
    RI mengHIBAHkan pesawat tempur MIG-21 ke AMERIKA SERIKAT hore haha!👏👏👏

    sementara gak ada satupun negeri di kawasan yg perna berbuat seheboh kita gaesz haha!🤗🤗🤗


    negara SUPER PAWER AJA TRIMA HIBAH PESPUR,
    MASAK WARGANYET NEGERI SEKECIL KL GENGSI gaesz haha!😂😂😂

    WARGANYET KL mana brani jawab..uda di TENGGELAMKAN haha!⚓⚓⚓

    BalasHapus
  90. SEDEKAH.... Alhamdulilah...


    C130- sedekah Australia
    F-16- sedekah US
    Kapal perang- sedekah Brunai
    tank LVT- Sedekah Korea
    Upgrade heli Bell 412- Sedekah US
    Scan Eagle UAV- Sedekah US
    truk Renault- Sedekah Perancis
    Kapal Ferry Cepat (KFC) - Sedekah Dephub
    kapal penumpang - sedekah Pelni
    Boeing 737-400- sedekah PT LION Group
    Helikopter Bell-412 EP- Sedekah Pemprov Kaltim
    Kapal perang kelas Sibarau- Sedekah Australia

    semoga yang BERSEDEKAH mendapat pahala berganda...

    BalasHapus
  91. sph tank m-109 amrik
    blekhok brunei

    kok gak diambil, apa kurang tuwa kaya KD PERLIS gt haha!🤓🤓🤓

    BalasHapus
  92. blom lagi ATV polis, HIBAH jugak gaesz buat ESSCOM
    2 bijik CHUKUP? haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  93. Hore, Kemenhan dapat hibah drone dan upgrade helikopter dari Amerika Serikat


    Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan mendapatkan hibah sebanyak 14 drone Scan Eagle dan upgrade tiga buah unit Helikopter Bell 412 dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Hibah ini dilakukan guna memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) RI.

    "Kami hadir di Komisi I DPR untuk menyampaikan permohonan persetujuan penerimaan hibah 14 drone Scan Eagle UAV dan upgrade Helikopter Bell 412 dari pemerintah AS," kata Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono di dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (26/2).

    Sebelumnya, Wahyu menjelaskan, sejak tahun 2014 hingga 2015 silam pemerintah AS memang sering kali menawarkan program hibah kepada TNI. Atas dasar itu, maka pada tahun 2017 lalu, TNI Angkatan Laut (AL) mengambil program hibah berupa Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan upgrade Helikopter Bell 412.



    link
    https://nasional.kontan.co.id/news/hore-kemenhan-dapat-hibah-drone-dan-upgrade-helikopter-dari-amerika-serikat

    BalasHapus
  94. kita terima hibah alutsista, emang betul kok...
    kita gak gengsi

    alutsista hibah kita bisa berasal dari
    - hubungan politis
    - bonus SHOPPING SOPING hore haha!🤑🤑🤑

    semakin banyak SHOPPING SOPING, maka bonus menanti.

    kita jugak sering hibahkan alutsista kok.

    salah satuw HIBAH yg terkenal adalah ketika
    negeri kita mengHIBAHkan pesawat tempur MIG-21 ke AMERIKA hore haha!👏👏👏

    sementara gak ada satupun negeri di kawasan yg perna berbuat seheboh kita gaesz haha!🤗🤗🤗


    KL perna hibah apa ke britis? NOL yaaaa

    BalasHapus
  95. Wkwkwkwkwkwkwk... panjangnya senarai SEDEKAH tu guys....

    BalasHapus
  96. @Gempurwira

    #MENOLAKLUPA

    Kapal maritim usang sedekah dari Jepun
    Heli black hawk usang sedekah dari Brunei
    Kapal patroli usang sedekah dari Australia
    UAV scaneagle sedekah dari US
    Baju Kalis sedekah dari Indonesia
    Convert MPA Sedekah dari US
    Merdeka sedekah dari British

    semoga yang BERSEDEKAH mendapat pahala berganda...

    BalasHapus