15 Februari 2021

Second Type 218SG Submarine Touch The Water

15 Februari 2021

RSS Impeccable, second Type 218SG submarine (photo : KN)

Storms, freezing temperatures and drifting snow cannot stop submarine construction at the Kiel shipyard TKMS any more than the corona pandemic. On Monday the new submarine “RSS Impeccable” was pulled out of the building hall in Kiel. It is the newest submarine for Singapore.

The approximately 2200 tonne and 70 meter long boat "RSS Impeccable" is one of the largest submarines ever built in Germany. 

See full article KN Online

243 komentar:

  1. Fregat KD halu KL masih protolan di dock..😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teguh laksana karang.....tak goyah oleh apapun juga 😎

      Hapus
    2. Prinsip sales yang hebat mas'e...😁👍

      Hapus
    3. Tiang sing ngertos Porkas niku biasane pun sepah , pada kalih kulo .

      Hapus
  2. Hizir turki masih diklaim t3mpatan sama malon 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pandur ceko sama bushmaster masih diklaim buatan anak bangsa sama indogs haha

      Hapus
    2. Mat Sabu@ kami mn ada claim buatan tempatan

      Hapus
    3. Tamingsari diklaum tempatanpun gakda yang doyan 🤣🤣🤣

      Hapus
  3. Balasan
    1. Pokoke alugoro buatan tempatan ndar

      Hapus
    2. Ndar.. jangan kau lupakan kontrak Alugoro yg tandatangan Pak SBY. Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  4. Ini baru kelas wahid..bukan chang bogo terusan haha..eh tiba2 mau kasel bekasan brazil wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kenapa scorpene tak dibanggakan tapi submarine negara lain yg dibanggakan wkwkwk

      Hapus
    2. Daripada Scorpene tidak bisa selam, RASUAH & Ledakkan WANITA HAMIL.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  5. Pandur yang puluhan sudah diklaim cobra buatan anak bangsa padahal import 100 persen cbu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pandur itu baru 3 tahun ada di Indonesia bkn puluhan tahun dan kami tdk ada claim pandur buatan tempatan lon

      Hapus
  6. Scorpene kita tak perlu dibanggakan kerana emang udah tahu scorpene itu antara top kasel diesel electric bukan kayak type 209/changbogo haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorpene yg tak boleh selam tuh ya wkwkwk

      Hapus
    2. Scorpene Bekas ngakunya baru, RASUAH & Ledakkan WANITA HAMIL itu ya.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  7. Lebih menyedihkan lagi orang KL ramai riuh di blog negara tetangga, karena isi blog di KL komennya pesimis semua..

    Lawak.

    😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di MDR,MMP dan blog malon lainnya semua mengutuk kerajaannya pasal pertahanan di sini gank sewa cem gempurgila,Mat sabu dll selalu bangga2kan kerajaannya yg busuk itu wkwkwk

      Hapus
  8. Kalo scorpene Brazil,Chile dan India memang top kerana submarine diorang bisa selam,beza dgn scorpene jiran versi pemalu tak boleh selam wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan Brazil,Chile dan India tak perlu bunuh wanita hanya karena pengen punya KS.

      😐

      Hapus
    2. Dan jg mereka tak de beli scorpene dgn cara rasuah cem scorpene malon wkwkwk

      Hapus
  9. Balasan
    1. Mantep endi karo candi hambalang, ndar?

      Hapus
    2. Mantep endi karo Alugoro dan Nagapasa yg kontraknya di tandatangan PaK SBY, ndar?

      Hapus
    3. Apanya yang mantap ndar,Indonesia step by step udah bisa buat kasel sementara Singapore cuma bisa beli dan beli tanpa bisa buat

      Hapus
    4. Pokok diliar indonesia mantap jare kandar 🤣🤣🤣

      Hapus
  10. Gempurgila koordinator lapangan buzzer parti UMNO sila masuk wkwkwk

    BalasHapus
  11. Prediksi sejumlah ekonom terkait neraca dagang Indonesia pada Januari 2021

    KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para ekonom memprediksi neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2021 masih berpotensi surplus, setelah pada tahun 2020 mengalami surplus selama delapan bulan berturut-turut dari bulan Mei 2020 hingga Desember 2020.

    Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah memprediksi neraca perdagangan Januari 2021 akan berada di kisaran US$ 75 juta hingga US$ 1,5 miliar.

    “Neraca perdagangan bulan Januari 2021 diperkirakan masih akan surplus, didorong oleh ekspor yang meningkat karena adaya kenaikan harga komoditas andalan ekspor Indonesia,” ujar Piter kepada Kontan.co.id, Minggu (14/2).

    Kata Piter, harga komoditas yang memberikan sumbangan pada kinerja positif ekspor antara lain crude palm oil (CPO), batubara, dan nikel. Selain itu, kinerja ekspor juga didorong oleh perbaikan ekonomi negara-negara mitra dagang utama, terutama China.

    Dari sisi impor, Piter melihat impor masih ada dalam tren penurunan. Menurutnya, ini disebabkan oleh kinerja industri manufaktur yang masih belum stabil akibat pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

    Dengan kondisi industri manufaktur tersebut, ini akan menyebabkan nilai impor bahan baku dan barang modal masih terus menurun, sehingga secara keseluruhan impor masih akan menurun.

    Selain Piter, ekonom makroekonomi dan pasar keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky juga memprediksi neraca perdagangan akan surplus di kisaran US$ 2,5 miliar, atau meningkat dari surplus pada bulan Desember 2020 yang sebesar US$ 2,10 miliar.

    Peningkatan surplus tersebut didorong oleh meningkatnya kinerja ekspor, yang dipengaruhi oleh peningkatan harga komoditas seperti kelapa sawit dan batubara.

    "Selain itu, peningkatan surplus neraca perdagangan juga dengan melihat cadangan devisa pada bulan Januari 2021 naik signifikan US$ 2,5 miliar menjadi US$ 138 miliar," tandas Riefky.

    Link :

    https://nasional.kontan.co.id/news/prediksi-sejumlah-ekonom-terkait-neraca-dagang-indonesia-pada-januari-2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. JOM.. kita Shopping-shopping cadangan devisa meningkat..

      Hapus
    2. Alhamdulillah ekonomi Indonesia step by step mulai pulih walaupun lg masa pandemi covid-19

      Hapus
  12. Kalau indon Su35 nak dipakai Untuk kolam renang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Malon F-18 nak dipakai untuk kolam renang buat gantin LCS Maharogol dan Scorpene.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Malon tiba2 claim jd warga Singapore wkwkwk...semua pun ko claim lon wkwkwk

      Hapus
  13. Indo malon sesama negara miskin begaduh gak penting mulu,ketika negara lain dah bisa bikin matahari,rudal nuklir kalian masih pada halu

    BalasHapus
  14. Indon nih negara pelawak kate chang bobo class buatan Tempatan ternyata asli nya Cuman masang sahaja lawak lawak comel comel stiker

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 Hull alugoro di bina di Korea,4 hull di buat di PT PAL,ko kira bina hull tuh gampang cem buat nasi lemak wkwkwk

      Hapus
  15. Yang kapal selamnya tak bisa selam ke tepi sikit wkwkwk

    BalasHapus
  16. Nanti Berhalu apalagi lawak tengok ihihiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Malon KW,di malon mn ada di jumpai kata halu wkwkwk

      Hapus
    2. Lawak apa nih padahal Ada Mabuk pasal apa korang? lawak pondan

      Hapus
    3. Suawandaruw Asu sono kau sembah BALIHO Rizieq Shihab.. Lawak

      Hapus
  17. Malon tu lebih teruk lebih miskin gosah halu korang di mari mending sana kau pungut sampah biar bisa makan

    BalasHapus
  18. kan indon pagi pagi nak lawak Hiihih Tengok sahaja pon lawak lawak

    BalasHapus
  19. Wkwkwkwkkwkw... Kalau dilihat maknanya kapal selam versi dolfin paling lemah di rantau ASEAN sekarang... Wkwkkwkwkwkw

    Hanya lebih kepada kuantiti je.. Tapi kualiti.... Paling lemah dari negara lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo scorpene tipe pemalu tak bisa selam tapi ngambang terus cem taik ya pur wkwkwk

      Hapus
  20. Indon tak bina kapal selam modern tak de wang barang bekas boleh lah tuk perang gerilya di laut,cam ikan cumi*,tak de kapsl selam indon nak buat jaguh dikawasan,yg de hanye bahan lawakan di kawasan...ha..ha..indon banyak mimpi basah dikawasan...oppas..😩🥱😁😡

    BalasHapus
  21. Yang versi dolfin tu tepi sikit... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg punya versi pemalu tak boleh selam tapi maunya ngambang terus cem taik tepi sikit wkwkwk

      Hapus
  22. Indon Kapal selam ruda serta pesawat je Pemalu lawak pondan indon indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. F-18 Hornet & MKM Malon versi Pemalu di depan Delegasi Internasional... wkwkwkwkwk

      Hapus
  23. Scorpene malon tipe pemalu tak mau selam tapi maunya ngambang terus cem taik wkwkwk

    BalasHapus
  24. Wkwkwkwkkwkwkw... Kasihan... Dengarnya mencari lagi kapal selam USANG BEKAS BRAZIL... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  25. Ada yg lagi d pantau tim ciber crime polri gonta ganti kelamin khas jamaah grup nasi basi
    Ternyata banci juga asuwandaruw
    Takut d masukin sel buat nemenin bosnya

    BalasHapus
  26. Ini sudah 2021 om..kok masih percaya kasel scorpene kita ngak bisa selam hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha Mat Sabu menhan ko yg dedahkan bkn orang awam cem ko tuh yg dedahkan lon wkwkwk

      Hapus
  27. Yang versi pemalu tak boleh selam tapi maunya ngambang terus cem taik tepi sikit wkwkwk

    BalasHapus
  28. Pagi2 dah banyak cakap si babu british
    Iri dan dengki klo liat tetangga pada shopping2

    BalasHapus
  29. Gempur bilang di ASEAN ada yang punya Dolphin?

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  30. Mat Sabu menhan malon yg dedahkan scorpene malon tak boleh selam bkn orang awam yg dedahkan,Mat sabu cakap cem tuh kerana ia tahu rahsia pertahanan dan kondisi real yg sebenar pasal pertahanan malon wkwkwk

    BalasHapus
  31. Geger Kapal Selam Made in RI, Tetapi Menhan Prabowo Kecewa


    Kapal selam Alugoro tipe Chang Bogo Class menjadi topik yang hangat dibicarakan. Dalam rapat penyertaan modal negara (PMN) di ruang rapat Komisi VI DPR RI Rabu (9/9/2020), kemarin. Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menyinggung kekecewaan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terhadap proyek tersebut.

    Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    Politikus Golkar ini juga mempertanyakan pekerjaan yang dilakukan PT PAL Indonesia. Menurut dia, tidak mungkin PT PAL Indonesia mengerjakan kategori industri utama atau teknologi tinggi.

    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    "Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh kami tak kecewa soalnya changbogo lulus uji selam sampai kedalaman 350 meter wkwkwk

      Hapus
  32. Pur, sejak kapan di ASEAN ada yang punya Dolphin-class? Itu barang ekslusif Israel loh, ga bisa dibeli sembarangan oleh negara lain😂

    BalasHapus
  33. Kalau orang awam cem buzzer parti UMNO gempurgila,Mat sabu,Xavier dan lain lain cuma orang awam yg tak paham rahasia pertahanan malon,diorang cuma bisa reka2 cerita pasal pertahanan malon wkwkwk

    BalasHapus
  34. Liat Gempur kasihan bener dah, Indo beli kasel bekas satu biji buat INTERIM saja udah dengki menggila, padahal negara ente aja beli hornet classic bekasan Kuwait aja ga mampu 😂

    BalasHapus
  35. Kapal selam tak boleh nyelam lagi lawak pertama dalam sejarah scorpene malon tak boleh nyelam wkwkwkwkw

    BalasHapus
  36. Itu dolfin class... Ini versi dolfin lain bro...

    Versi dolfin ni yang naik turun naik turun... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dolphin class wajarlah naik turun kerana ia submarine berbanding versi pemalu tak boleh sok turun ngambang terus cem taik wkwkwk

      Hapus
  37. Dah bubar-bubar jangan nge troll, bulan haram seperti ini nggak baik bikin masalah, nanti dosanya malah dilipatgandakan loh

    BalasHapus
  38. Baca ni guys... Seperti dolfin sedut udara... Naik turun naik turun....


    Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Submarine wajarlah naik turun berbanding scorpene tak boleh naik turun cuma bisa ngambang terus cem taik wkwkwk

      Hapus
  39. PUTRAJAYA: Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM) membuka semula siasatan kes pembelian kapal selam Scorpene oleh Malaysia bernilai RM4.67 bilion.

    Sumber berkata, bekas Perdana Menteri, Datuk Seri Najib Razak hadir ke ibu pejabat SPRM di sini, hari ini bagi memberi keterangan berhubung kes itu.

    Menurutnya, beberapa lagi individu lain dijangka turut dipanggil bagi membantu siasatan termasuk bekas penasihat Najib, Abdul Razak Baginda yang dikatakan terbabit dalam urusan niaga pembelian kapal selam itu.

    Terdahulu, Najib hadir ke ibu pejabat SPRM dan memberi keterangan selama hampir empat jam. Kenderaan membawa beliau tiba pada jam 9.23 pagi dan dilihat meninggalkan perkarangan bangunan SPRM pada jam 1.15 tengah hari.

    Pembelian dua kapal selam Perancis itu dilakukan pada 2002 ketika Najib menjadi Menteri Pertahanan.



    Hasil rasuah tak bisa nyelam wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patutlah scorpene versi pemalu tak boleh selam cuma bisa ngambang terus cem taik kerana ia dibeli dgn cara rasuah wkwkwk

      Hapus
  40. Sekarang gini aja Pur, kalau menhan RI kecewa dengan DSME-209 yang tidak sesuai dengan ekspektasinya lalu diganti dengan kapal selam versi lain yang lebih baik bukankah bagus untuk kami?

    BalasHapus
  41. Submarine itu wajar naik turun cem dophin berbanding versi pemalu tak boleh naik turun cuma bisa ngambang terus cem taik wkwkwk

    BalasHapus
  42. Kapal selam tak bisa nyelam itu salah potong ya..??? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  43. Bedaaa jauuh sama... Scorpung MalaysiaL Tak Boleh Selam macam taik ngambang Terus... 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  44. Dah Pur, ente ngatain kapal selam kita macam lumba-lumba yang naik turun, terus kapal selam ente apa kabar? Endurance CA-2000 ga jauh dari DSME-209 lho...

    BalasHapus
  45. Submarine itu mesti naik turunlah berbanding scorpene malon tak boleh naik turun cuma bisa ngambang terus cem taik wkwkwk

    BalasHapus
  46. Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting bisa naik turun dan tak ngambang terus cem taik seperti scorpene wkwkwk

      Hapus
  47. JakartaGreater.com – Sebuah sumber di Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) telah mengatakan kepada New Strait Times bahwa mantan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak dipanggil ke markas anti-rasuah pada hari Minggu, untuk dimintai keterangannya mengenai pembelian kapal selam Scorpene-Class oleh pemerintahan Barisan Nasional (BN).

    Dengan pemanggilan Najib ini, maka secara efektif berarti MACC membuka kembali penyelidikannya atas pembelian 2 unit kapal selam kelas Scorpene senilai 4,67 miliar ringgit atau sekitar US $ 1,11 miliar yang telah mengundang kontroversi.


    Bekas Perdana Menteri tersebut menghabiskan waktu selama empat jam di markas anti rasuah Malaysia (MACC) setelah sebelumnya tiba pada pukul 09.23 waktu setempat. Kendaraan yang mengangkutnya terlihat meninggalkan lokasi pada pukul 13.15 sore.


    Sumber itu mengatakan beberapa individu lain diharapkan dipanggil untuk membantu penyelidikan termasuk “pengamat politik” Abdul Razak Baginda yang diduga terlibat dalam proses transaksi 2 Scorpene tersebut.

    Dua kapal selam pertama kelas Scorpene buatan DCSN Prancis dibeli pada tahun 2002 silam ketika Najib manjabat sebagai menjadi Menteri Pertahanan Malaysia.


    Dia dikatakan telah mengawasi pembelian, dan termasuk pembelian kapal selam kelas Agosta untuk tujuan pelatihan dari DCNS Prancis senilai hampir £ 1 miliar atau sekitar US $ 1,17 miliar.

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng mengatakan bahwa dia telah diberitahu oleh duta besar Prancis untuk Malaysia, Frederic Laplanche bahwa saat ini pengadilan Prancis akan mengejar skandal korupsi pengadaan Scorpene

    BalasHapus
  48. Di Malon
    Frigate jadi gun boat
    Kapal selam jadi banana boat wkwkwk

    BalasHapus
  49. Program ngutang ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalah debat pasal submarine elak ke hutang,memangnya malon tak de hutang wkwkwk

      Hapus
    2. Iya KD LeMeS ngutang ya guys.. wkwkwkwk

      Hapus
  50. Perlu diingat kalau Scorpene 2000 Malaysia itu versinya CA-2000, merupakan versi (maaf) simplifikasi dan sedikit lebih kecil dari CM-2000 yang ada di Chile dan India, bahkan kalau di dalam air hanya bisa melakukan full speed dash selama 5-7 menit saja untuk Scorpene Malaysia (boleh dicari di datasheet CA-2000 Malaysia)

    BalasHapus
  51. Kuala Lumpur – Kepala selam pertama milik Malaysia, seperti dilaporkan kemarin, tidak dapat tenggelam. Menurut Menteri Pertahanan Malaysia kapal penjelajah itu gagal tenggelam karena sedang mengalami masalah.


    Kapal selama buatan perusahaan Scorpene Eropa itu didatangkan dari Prancis 3 September tahun lalu, dan menjadi kapal selam pertama milik negara jiran itu. Kapal yang diberi nama KD Tunku Abdul Rahman, diambil dari nama perdana menteri pertama Malaysia, dibeli dari kontraktor DCNS Prancis dan Navantia Spanyol bersama satu kapal selam lainnya yang belum datang. Keduanya dibeli seharga 3,4 miliar ringgit atau 9,2 triliun rupiah.

    BalasHapus
  52. Tampal stiker ternyata.. Wkwkkwkwkwkw



    Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    "Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalah debat pasal submarine elak ke stampal stiker wkwkwk

      Hapus
    2. Dah Pur, ente ngatain kapal selam kita macam lumba-lumba yang naik turun, terus kapal selam ente apa kabar? Endurance CA-2000 ga jauh dari DSME-209 lho...

      Perlu diingat kalau Scorpene 2000 Malaysia itu versinya CA-2000, merupakan versi (maaf) simplifikasi dan sedikit lebih kecil dari CM-2000 yang ada di Chile dan India, bahkan kalau di dalam air hanya bisa melakukan full speed dash selama 5-7 menit saja untuk Scorpene Malaysia (boleh dicari di datasheet CA-2000 Malaysia)

      Hapus
  53. Ada F-18 Hornet & MKM Malon versi Pemalu di depan Delegasi Internasional... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah scorpene versi pemalu tak boleh selam wkwkwk

      Hapus
  54. Aneh... Tetap diteruskan...???


    Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting bisa naik turun dan tak ngambang terus cem taik seperti scorpene malon wkwkwk

      Hapus
  55. Singapura punya U-218SG...tldm malingsial semakin takut,terancam dan diayam²kan sama China Singapura...

    Malon punya scorpene tapi BTA diserawak dikuasai China Komunis..
    Wakakakakak tldm pondan....lembik

    BalasHapus
  56. Nak tanya citer memangnya malon tak de hutang wkwkwk

    BalasHapus
  57. Ada geng INDON tanya apa khabar scorpene TLDM.. alhamdulilah keduanya bagus... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau nih orang awam yg suka reka2 cerita mana boleh di percaya wkwkwk

      Hapus
    2. Kapal selam tak bisa nyelam ya pur Wkwkwkwkw...

      Hapus
    3. Ini sehat Pur? Perlu diingat kalau Scorpene 2000 Malaysia itu versinya CA-2000, merupakan versi (maaf) simplifikasi dan sedikit lebih kecil dari CM-2000 yang ada di Chile dan India, bahkan kalau di dalam air hanya bisa melakukan full speed dash selama 5-7 menit saja untuk Scorpene Malaysia (boleh dicari di datasheet CA-2000 Malaysia)

      Hapus
  58. Kapal Selam Baru Malaysia Tak Bisa Menyelam!
    Sabtu , 13 Feb 2010, 05:50 WIB
    Red: Siwi Tri Puji B
    KUALA LUMPUR -- Kapal selam pertama milik Malaysia, jenis Scorpene bautan Eropa ternyata tidak bisa menyelam. Kapal selam ini dibeli dari kontraktor Perancis DCNS dan Navantia, asal Spanyol seharga 961 juta dolar AS.

    Kapal selam yang seharusnya bisa menjadi kebanggaan negara tetangga ini merupakan kapal pertama dari dua kapal yang dibeli Malaysia. Kapal ini diberi nama KD Tunku Abdul Rahman ini berlayar dari nama perdana menteri pertama Malaysia.

    Kalangan oposisi di Malaysia menuduh adanya praktik korupsi dalam proses pembelian kapal selam ini. "Kapal selam masih bisa menyelam tapi ketika kita mendeteksi adanya cacat, kami menyarankan bahwa kapal ini seharusnya tidak menyelam," Menteri Pertahanan Ahmad Zahid Hamidi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh menhan malon yg dedahkan,kalo cakap gempurgila orang awam mana bisa dipercaya wkwkwk

      Hapus
  59. @Gempurgila
    @Geng Malon

    Tengok Polandia negara Produsen PT91M pakai Leopard dan buang ke tempat sampah PT91M.. wkwkwkwkwkwkwkk

    👇👇👇👇👇👇👇

    The Dead District
    @TheDeadDistrict
    ·
    Feb 14
    Snow Leopards.
    The Leopard-2A4 of 11th "Lubuska" Armoured Cavalry Division of the Polish Land Forces.
    Photo: st.chor.sztab. Rafał Mniedło
    #PolishArmy Flag of Poland #Leopard2 #MBT

    https://mobile.twitter.com/TheDeadDistrict/status/1360639160860745734

    BalasHapus
  60. Jadi saya boleh faham kenapa prabowo kecewa....wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting bisa naik turun lon wkwkwk

      Hapus
    2. Sebab Prabowo membandingkan dengan kapal selam yang dilengkapi AIP TOLOL Wkwkwkwkw

      Hapus
  61. To gempur

    Dah Pur, ente ngatain kapal selam kita macam lumba-lumba yang naik turun, terus kapal selam ente apa kabar? Endurance CA-2000 ga jauh dari DSME-209 lho...

    Perlu diingat kalau Scorpene 2000 Malaysia itu versinya CA-2000, merupakan versi (maaf) simplifikasi dan sedikit lebih kecil dari CM-2000 yang ada di Chile dan India, bahkan kalau di dalam air hanya bisa melakukan full speed dash selama 5-7 menit saja untuk Scorpene Malaysia (boleh dicari di datasheet CA-2000 Malaysia)

    Masalah ngutang, Indonesia memang sering pakai Pinjaman Luar Negeri, tapi bank penjaminnya kebanyakan merupakan cabang dari bank nasional, semisal pinjaman dari Bank Mandiri cabang Cayman Island (boleh dicari di Google saya tak gurau), Malaysia dan Indonesia sering pakai pinjaman untuk pendanaan militer karena dianggap lebih aman jika sewaktu-waktu produsen menjadi 'nakal' sehingga negara pembeli tak merugi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata gempurgila buzzer parti UMNO malon tak de hutang wkwkwk

      Hapus
  62. Kasihan kapal selam tldm hasil rasuah dan tak bisa nyelam rugi 2x GUYS... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  63. Kapal Selam Buatan RI Lagi-Lagi Batal Dikirim, Kok Bisa?


    Kapal selam terbaru Indonesia, Kapal Selam Alugoro rakitan PT PAL Indonesia kembali batal dikirim alias mengalami penundaan.
    Padahal direncanakan Kapal Selam Alugoro akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan pada besok, Jumat (15/1) bertepatan dengan peringatan Hari Dharma Samudera. Setelah sebelumnya ada penundaan dari rencana awal pada Desember 2020.

    "Sebelumnya sesuai arahan Bapak Kasal peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini dibatalkan karena fokus ke upaya pencarian pesawat #SJ182. Seremoni penyerahan Kapal Selam diundur," kata Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra kepada CNBC Indonesia, Kamis (14/1).

    Ia mengatakan belum tahu kapan jadwal terbaru penyerahan Kapal Selam Alugoro berikutnya. "Kalau sudah diputuskan tanggal pelaksanaannya akan saya sampaikan," katanya.

    Kapal Selam Alugoro merupakan salah satu kapal selam yang dibangun kerja sama antara PT PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi COVID-19 Pur, peluncuran mengundang keramaian

      Hapus
    2. Yg penting bisa selam sampai kedalaman 300 meter dan bisa naik turun berbanding scorpene malon tak boleh selam cuma bisa ngambang terus cem taik wkwkwk

      Hapus
    3. Tenang je bro yang penting kapal selam itu dah selesai tinggal diserahkan kepada TNI al je Wkwkwkwkw

      Hapus
  64. Jangan lupakan kasus Altantuya gaes

    CM-2000 jadi CA-2000 versi LITE

    BalasHapus
  65. @Gempurgila
    @Geng Malon

    Jadi saya boleh Faham kenapa Polandia negara Produsen kecewa dengan PT91M buang ketempat Besi Rongsok dan menggantinya dengan MBT LEOPARD... wkwkwkwkwkwkwkk

    👇👇👇👇👇👇👇

    The Dead District
    @TheDeadDistrict
    ·
    Feb 14
    Snow Leopards.
    The Leopard-2A4 of 11th "Lubuska" Armoured Cavalry Division of the Polish Land Forces.
    Photo: st.chor.sztab. Rafał Mniedło
    #PolishArmy Flag of Poland #Leopard2 #MBT

    https://mobile.twitter.com/TheDeadDistrict/status/1360639160860745734

    BalasHapus
  66. Benar mat sabu bilang..lagi refit emang kasel apa bisa selam coba haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bodoh,kata Mat sabu scorpene boleh selam setelah di MRO dulu wkwkwk

      Hapus
  67. Mana ada kasel yang ngak bisa selam lagi..kedua2 sudah bisa selam after refit haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun udah bisa tapi kapal selam itu udah cacat sebab hasil rasuah

      Hapus
    2. Mat Sabu dedahkan scorpene malon boleh selam setelah di MRO dulu wkwkwk

      Hapus
  68. Nah batal terus ya dikirim... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi COVID-19 Pur, penyerahan ke TNI mengundang keramaian di galangan

      Hapus
    2. Yg penting telah lulus uji selam sampai kedalaman 350 meter wkwkwk

      Hapus
  69. Logika mudah..kasel sudah lama berkhidmat emang harus direfit total harus dibongkar kulitnya jadi wajar kalau time refit ngak bisa selam haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kasel ente baru bisa selam sehabis MRO, sebelum MRO tidak bisa, itu yang cakap MINDEF kamu😂

      Hapus
    2. Emanglah..sudah lama berkhidmat bukannya ngak bisa selam dari awal haha

      Hapus
    3. Memang kapal selam ko tuh tak bisa selam wkwkwk

      Hapus
  70. Ada beza ya om jangan disamakan..refit selepas 10 thun khidmat dengan selama 10 tahun haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat Sabu dedahkan scorpene malon boleh selam setelah di MRO dulu wkwkwk

      Hapus
  71. Kalau kasel kita ngak bisa selam dari awal barulah luar biasa...ngak bisa selam ketika refit itu kan wajar haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat Sabu dedahkan scorpene malon boleh selam setelah di MRO dulu,paham tak wkwkwk

      Hapus
    2. Lalu kenapa? Bukannya ngak bisa selam dari awal haha..dia jadi menhan aja kasel sudah lama berkhidmat

      Hapus
    3. Menhan ko yg lama Zahid Hamidi di tahun 2010 dedahkan jg scorpene tak boleh selam,ada linknya di atas 👆

      Hapus
  72. @Gempurgila
    @Geng Malon

    Jadi saya boleh Faham kenapa Polandia negara Produsen kecewa dengan PT91M dan membuangnya ketempat Besi Rongsok.. wkwkwkwkwkwkwk.. bwahahahahaha..

    MBT LEOPARD THE BEST...

    👇👇👇👇👇👇👇

    The Dead District
    @TheDeadDistrict
    ·
    Feb 14
    Snow Leopards.
    The Leopard-2A4 of 11th "Lubuska" Armoured Cavalry Division of the Polish Land Forces.
    Photo: st.chor.sztab. Rafał Mniedło
    #PolishArmy Flag of Poland #Leopard2 #MBT

    https://mobile.twitter.com/TheDeadDistrict/status/1360639160860745734

    BalasHapus
  73. Yang kata naik turun naik turun tu bukan saya ya... Wkwkkwkwkwkw


    Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pur, kapal selam ber-AIP itu saja tak sampai 30 hari diving time nya, kamu kira itu SSN kah yang boleh selam 90 hari?😂

      Hapus
    2. Tapi Prabowo bangga dengan alugoro lulus uji selam sampai kedalaman 350 meter,tuh jg bkn kata saya wkwkwk

      Hapus
  74. Lagipula 405 sudah jadi, sudah nominal diving depth test 300 meter, sama seperti Scorpene Malaysia

    BalasHapus
  75. Itu hanya betul kalau polandia tidak pernah guna langsung pt91..tapi ternyata polandia pengguna terbanyak pt91..kalau dia baru sekarang baru mau tukar ke leopard itu wajar..tapi tetap aja polandia pengguna pt91 juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tak diandalkan Polandia, terbukti leopard lebih bagus dari pendekar wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Tapi polang beli leopard seken sbg main MBTnya wkwkwk

      Hapus
    3. Wkwkwkwkkwkw... Kasihan INDON...

      Hapus
    4. Bro banyak je negara pengguna t. 72 ni didunia tiada hal lah... Wkwkkwkwkwkw part pun berlambak.. Boleh dapat dari rusia, china, india... Bukan poland je penggunanya TOLOL.. WKWKKWKWKWKW

      Hapus
  76. Naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun..... Seperti ikan dolfin... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi pemalu tak boleh selam guys wkwkwk

      Hapus
    2. Pur, kapal selam ber-AIP itu saja tak sampai 30 hari diving time nya, kamu kira itu SSN kah yang boleh selam 90 hari?😂

      Klaim bodoh kalau mau 90 hari diving time di SSK, tak ada yang boleh seperti itu di dunia, lagipula Prabowo tak pernah mengatakan langsung kalau mau yang 90 hari diving time loh 😂

      Hapus
  77. Kapal Selam Baru Malaysia Tak Bisa Menyelam!
    Sabtu , 13 Feb 2010, 05:50 WIB
    Red: Siwi Tri Puji B
    KUALA LUMPUR -- Kapal selam pertama milik Malaysia, jenis Scorpene bautan Eropa ternyata tidak bisa menyelam. Kapal selam ini dibeli dari kontraktor Perancis DCNS dan Navantia, asal Spanyol seharga 961 juta dolar AS.

    Kapal selam yang seharusnya bisa menjadi kebanggaan negara tetangga ini merupakan kapal pertama dari dua kapal yang dibeli Malaysia. Kapal ini diberi nama KD Tunku Abdul Rahman ini berlayar dari nama perdana menteri pertama Malaysia.

    Kalangan oposisi di Malaysia menuduh adanya praktik korupsi dalam proses pembelian kapal selam ini. "Kapal selam masih bisa menyelam tapi ketika kita mendeteksi adanya cacat, kami menyarankan bahwa kapal ini seharusnya tidak menyelam," Menteri Pertahanan Ahmad Zahid Hamidi.




    Yang kata tak bisa nyelam itu bukan saya ya? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  78. Semua monyet malon disini kepala kontolnya nempel di jidat..🤣🤣🤣

    BalasHapus
  79. Ngak bisa selam dari awal barulah pelik..ngak bisa selam semasa refit dan mro itu kan biasa..nanggala sama cakra sekarang apa bisa selam ngak? Nnti kalau nagapasa lagi mro atau refit bisa selam ngak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca lah bro...wkwkwkwk 👇👇

      Kalangan oposisi di Malaysia menuduh adanya praktik korupsi dalam proses pembelian kapal selam ini. "Kapal selam masih bisa menyelam tapi ketika kita mendeteksi adanya cacat, kami menyarankan bahwa kapal ini seharusnya tidak menyelam," Menteri Pertahanan Ahmad Zahid Hamidi.

      Hapus
    2. Saya mau nanya kapan kapal selam malon tiba di wilayah malon? Kapal scorpene malon itu tak bisa nyelam waktu 2010 wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Cacat bro sebab tuh tak boleh selam...wkwkwkwk

      Hapus
    4. Tuh ada menhan malon Zahid Hamidi sebelum Mat sabu dedahkan di tahun 2010 scorpene tak boleh selam 👆...ko baca link di atas

      Hapus
  80. Kasihan malon cuma punya MBT pendekar 48 unit je,kalau jumlah tank MBT leopard 2a4 dan 2ri milik TNI ad adalah 103 unit MANTAP Wkwkwkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa dibandingkan dengan malaysia aja..kenapa ngak banding sama singapur, vietnam thailand haha

      Hapus
    2. Sebab cuma malon je yang berbatasan darat dengan Indonesia wkwkwkwkw

      Hapus
  81. Tiada siapa yang bilang pt91 lebih hebat dari leopard..haha kita aja bukan suka2 pilih pt91m..sebelum plih pt91 pun kita sudah uji coba t90 dan k1 ternyata pt91 yang lolos sesuai kebutuhan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahu ngapa pendekar dipilih malon? Sebab malon takut tanahnya ambles wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Tiada siapa yang bilang??? Wkwkwkwk baru bangun tidur kah???

      Kawan kau si GEMPUR yang cakap bro...wkwkwkwk

      Hapus
    3. Kenapa PT91 berjerebu pekat saat berjalan?

      Engine rusak kah?

      Hapus
    4. PT-91 dipilih kerana wang kopi2nya sedap sangat wkwkwk

      Hapus
  82. Kita juga sudah sewajarnya tukar atau tambah mbt tapi dananya masih mepet harus digunakan utk mengganti condor sama scorpion dlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebanyak 103 unit tank leopard 2a4 dan 2ri milik TNI ad siap menyerbu pendekar malon wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Udah baca menhan malon Zahid Hamidi di tahun 2010 dedahkan scorpene barang cacat tak boleh selam om wkwkwk

      Hapus
    3. Kenapa condor & scorpion mahu diganti?

      Sudah rusak kah?

      Hapus
  83. Su-27/30 dan KRI GNR-332 Melaksanakan Operasi Gabungan di ALKI II

    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 dari Skadron Udara 11, Wing Udara 5, Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan Operasi Gabungan dalam mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dengan KRI I Gustri Ngurai Rai-332 (GNR-332) dari Koarmada II TNI AL pada 10 Februari 2021.

    Operasi bersandi “Garda Samudra 21” ini dilaksanakan sebagai bentuk interoperabilitas antara Unsur Tempur Su-27/30 dan Unsur KRI GNR-332 dalam menjaga stabilitas keamanan dan penegakan hukum serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah ALKI II.

    Dalam Operasi Gabungan tersebut, KRI GNR-332 melaksanakan penembakan chaff ke udara. Sementara Su-27/30 melakukan simulasi serangan udara ke permukaan.

    Kedua aksi tersebut merupakan bentuk keseriusan kedua satuan tempur dalam meningkatkan kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI.

    Bertindak sebagai leader “Bajra Flight” (Unsur Su-27/30) dalam operasi ini adalah Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb I Gusti “Raptor” Ngurah Sorga Laksana. Ia terbang menggunakan pesawat Su-30MK2 TS-3010 bersama Lettu Pnb Ahmad “Jaglion” Finandika.

    Satu pesawat lagi yaitu Su-27SKM TS-2703 diterbangkan oleh Mayor Pnb Satria “Magpie” Tikwana yang bertindak selaku wingman.
    Sementara KRI GNR-332 dikomandai oleh Kolonel Laut (P) Sumarji Bimo Aji.

    Turut onboard di KRI GNR-332 adalah Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo.

    Roni Sont

    Link :

    https://www.airspace-review.com/2021/02/14/su-27-30-dan-kri-gnr-332-melaksanakan-operasi-gabungan-di-alki-ii/

    BalasHapus
  84. Pur, kapal selam ber-AIP itu saja tak sampai 30 hari diving time nya, kamu kira itu SSN kah yang boleh selam 90 hari?😂

    Klaim bodoh kalau mau 90 hari diving time di SSK, tak ada yang boleh seperti itu di dunia, lagipula Prabowo tak pernah mengatakan langsung kalau mau yang 90 hari diving time loh, mau menantang UU ITE lagi Pur?😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otak beruk mah gitu om...wkwkwkwk

      Kita mah gelak aja...wkwkwkwk

      Hapus
  85. Lim guang eng juga sudah pernah menyelam sama kasel scorpene haha

    BalasHapus
  86. Naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun..... Seperti ikan dolfin ya guys..... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih baik dari pada ngapung cem taik....wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Versi pemalu guys tak berani selam wkwkwk

      Hapus
    3. Pur, kapal selam ber-AIP itu saja tak sampai 30 hari diving time nya, kamu kira itu SSN kah yang boleh selam 90 hari?😂

      Klaim bodoh kalau mau 90 hari diving time di SSK, tak ada yang boleh seperti itu di dunia, lagipula Prabowo tak pernah mengatakan langsung kalau mau yang 90 hari diving time loh, mau menantang UU ITE lagi Pur?😂

      Hapus
  87. Tampal stiker ternyata.. Wkwkkwkwkwkw



    Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    "Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kan TOT Pur...wkwkwkwk jangan pura pura TOLOL lah Pur please....wkwkwkwk

      Hapus
    2. Salam stempel hizir buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
  88. Bahkan kapal selam pake AIP cuma skitaran 3 minggu di bawah air

    BalasHapus
  89. Yang bisa di bawah air 90 hari bahkan lebih ya cuma kapal selam nuklir

    BalasHapus
  90. Scorpene malon yg mendunia tuh ya kasusnya Ledakan wanita hamil dam rasuah beritanya tersebar di media tertulis.

    BalasHapus
  91. Mana ada kapal selam tanpa AIP bisa nyelam selama 90 hari wkwkwkwkw

    BalasHapus
  92. PT-91 dipilih malon kerana wang kopi2nya sedap sangat wkwkwk

    BalasHapus