03 Februari 2021

Downer Awarded Defence Innovation Hub contract for Muskito

03 Februari 2021

Muskito 6x6 unmanned ground vehicle (UGV) (photo : Downer)

Downer’s defence business – Downer Defence Systems (DDS) – has been awarded a $3 million contract through the Defence Innovation Hub to partner with several Australian companies to deliver the Muskito capability as the Prime Systems Integrator for the project.

“Muskito is an integrated Counter Improvised Explosive Device (CIED) concept that will use autonomous systems and machine learning to detect threats above the ground and below the surface, and then flag them to an operator via a visual interface,” said Downer Defence Systems’ Executive General Manager, Andrew Foster.

“It is part of the capability requirements for Army’s LAND 154 Phase 4 – the Joint Counter Improvised Explosive Device Capability Project,” he said.

The Defence Innovation Hub contract will see DDS working as the Prime Systems Integrator with Australian industry partners Urban Circus, EPE, and Insitu Pacific to develop a Muskito prototype and then deliver a technology demonstration for Defence.

“We are excited to work with the Commonwealth and our industry partners to develop the Muskito system. IEDs and other related threats have been the scourge of Australian and allied service personnel in their operations overseas in recent decades, and we are grateful to be given an opportunity to play a role in helping to mitigate that threat,” Foster said.

“This contract underscores the Government’s commitment to working with industry to create genuine and sustainable sovereign industrial capability. The future of the defence industry is about being self-reliant and creating enduring employment opportunities for Australians,” he said.

Downer’s local partners are excited to work on the project.

Dr Ben Guy, Chief Executive Officer of Urban Circus, said: “The future of work is to work visually. As an Australian owned and operated global leader in 3D visual systems, we are delighted to be working with Downer and Defence with this important work.”

EPE’s Managing Director, Warwick Penrose, is looking forward to working with industry partners. “EPE is very pleased to partner with Downer and the Defence Innovation Hub on the Muskito program, which aligns perfectly with our focus on the delivery of Force Protection solutions,” said Penrose. “The Muskito Program will harness EPE’s CIED domain expertise, technology partners and innovative engineering to deliver a sovereign Australian capability that will protect ADF personnel deployed in non-permissive operational environments.”

Insitu Pacific’s Managing Director, Andrew Duggan, is determined to reduce casualties from IEDs. “During the time we supported the ADF with unmanned aerial ISR services in Iraq and Afghanistan, our team witnessed the destructive and devastating effects of IEDs,” said Duggan. “As a company focussed on driving innovation to solve complex problems, we welcome the opportunity to be part of this Australian team to develop a world-class counter improvised threat solution.”

Downer Defence Systems’ Andrew Foster adds, “We’ve got a strong line-up of industry partners who are all champing at the bit to do our part to protect Australian personnel, create jobs for Australians and to generate growth in the economy.”

The roles of each company are:  

-Downer Defence Systems will act as Prime Systems Integrator and implement its Machine Learning capabilities in the detection of surface and subsurface threats, and provide overall project management to integrate the technology into the Muskito Mission System 

-Urban Circus will develop the system that converts the sensor data into a visual reference for the operator

-Insitu Pacific will deliver the unmanned aerial vehicle (UAV) that will integrate with the unmanned ground vehicle (UGV) to provide tactical data

-EPE will draw upon its Force Protection, CIED and Route Clearance domain expertise to support the initial conduct of a concept of operations workshop. EPE will supply innovation and integration support aligned to the provision of the HDT Hunter Wolf UGV, the Cobham Ground Penetrating Radar and a number of other technical systems. EPE is committed to providing agile, timely and innovative solutions to improve Australian Industry Capability.

187 komentar:

  1. Balasan
    1. Asrizal Rusli Beli LCA F/A-50 18 buah, percuma Pohang-class 2 buah..kalau jadi kenyataan aku janji akan meminati K-Pop termasuk drama dan band-nya..aku juga akan sertai army BTS untuk melengkapkan lagi sokongan aku kepada produk Korea Selatan. ��

      Hapus
  2. @POOR...

    kita tidak perlu membahas yang lain dulu, seperti bahasan:
    -hutang
    -covid19
    -pembelian senjata (import)
    -sewa
    -china
    -atv
    -jet pejuang
    -boat
    -helikopter
    -etc

    kita bahas dan adu argumen saja tentang senapan buatan masing2 negara, antara buatan malaysia dan indonesia.

    kita bahas, kelebihan dan kekurangan masing masing senapan, yaitu:
    1. vita berapi(made in malaysia)
    2. D7 Komodo (made in indonesia)

    berani tidak poor?
    hal ini berlaku juga bagi genk genk malaysia lainnya, apabila ingin adu argumentasi, dan berlaku juga bagi simpatisan negara malaysia seperti @DUTA RUDAL, @ISKANDAR, @SUWANDARU dan buzzer lainnya.

    tantangan adu argument ini tidak ada menang atau kalah, jadi jangan takut

    saya tunggu tantangan adu argument tentang masing2 senapan ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane nonton aja sambil makan popcorn dan minum coca cola.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. siap bossbroo....
      ๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‘

      Hapus
    3. Gempurwira Pondan mau nya bahas 8x8 Gempita. Mau mengalihkan ISU.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    4. poor pondan
      wkwkwkwkwkwk....

      Hapus
  3. kalau begitu kita bahas pasal 8x8 kalau begitu la INDON... wkwkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada berita, kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

      kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu biatan turki. buatan negara lain

      Hapus
  4. @GEMPURWIRA aka Asrizal Rusli
    @Unknown aka PUTRAJAYA
    @MAT SABU aka Muhammad Franz Firdaus

    Daripada kalian jadi BUZZER dan cuma ngetroll disini, lebih baik kerja jadi ADMIN di Istana Buckingham Mom Elizabeth. Wkwkwkwkwkkwkwkwk

    Kalian kerja di Istana Buckingham bisa tengok ATM jaga Istana Buckingham selama 999tahun... wkwkwkwkwkwkwk

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    Buruan Lamar! Ratu Elizabeth Lagi Cari Admin Medsos, Gajinya Rp 500 Juta!

    https://m.industry.co.id/read/80429/buruan-lamar-ratu-elizabeth-lagi-cari-admin-medsos-gajinya-rp-500-juta

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Gempita tampal stiker itu ke?
      Wkwkwkwk ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. tidak ada berita, kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

      kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu made in turki. buatan negara lain. bukan adli buatan malaysia

      Hapus
    3. Apa hebatnya gempita terbalik itu wkwkwkwkw cukup dihantam atgm NLAW dah hancur itu odong odong wkwkwkwkw

      Hapus
  6. Paijo_Geseh ♣️ 03/02/2021 Reply
    Indonesia pernah ditawari akses pemantauan maritim berbasis satelit oleh norwegia ☝️

    Saat bu Susi mengadakan kunjungan kesana, bu Susi diperlihatkan ruangan komando yg memantau pergerakan kapal di ALKI II….lha kok ndilalahe ditemukan 2 kapal ikan asal jepang yg melintas selat lombok, dan setelah melewati perairan utara bali kedua KIA ini melambatkan kecepatannya, dan diduga kedua kapal ini sambil berlayar pulang, mereka juga menebar jaring trawl.

    Sontak bu Susi memerintahkan pusat komando KKP mengejar 2 KIA tsb seraya mengingatkan para operator pantauan satelit lebih alert terhadap gerak-gerik mencurigakan dari setiap kapal asing yg melintas ALKI dan ZEE ๐Ÿ•ต️๐Ÿ•ต️๐Ÿ•ต️

    Dengan luasnya perairan RI sementara dukungan pendanaan masih terbatas maka lebih urgent utk mengadakan alutsista yg sifatnya “tepat guna”……syukur2 sudah diproduksi didalam negri ๐Ÿค—

    Konsep yg sama berlaku juga utk rencana pembelian OSPREY …….☝️

    Contohnya saja pesawat CN-235 dg sayap winglet memiliki enduran sekitar 9 jam dan masih memiliki ekstra bahan bakar utk keadaan darurat.

    Jika dibandingkan dg P8, selain harga dan biaya ops nya lebih rendah, kelebihan CN-235 adalah bisa berorasi dari landasan pendek di pulau2 terdepan spt natuna, siau, ambon, ternate, tual dll dg dukungan maintenan yg lebih sederhana.

    Kedekatan jarak dg daerah operasi dibandingkan jika berpangkalan di lanud utama adalah penghematan bbm yg bisa dikompensasikan utk mendongkrak jam pengawasan di udara ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Sekarang tinggal PR bagi PT DI untuk segera melengkapi sarana yg dibutuhkan bagi CN-235 sbg menjadi platform MPA dan ASW yg memadai…..spt dg mengadopsi sistim peluncur sonobuoy, pemasangan stubwing utk dudukan torpedo atau bom laut dan mengkonfigurasi ulang layout kabin spy bisa dimuati lebih banyak kontrol display, namun tetap ergonomis ๐Ÿคท

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Pak Hary, cn 235 platformnya airframenya tidak jauh beda dengan E2 hawk eye atai sentry , cuma beda di aileron, lebih banyak, taktis perhitungam penggunaan dana yg di sampaikan betul betul terpwrinci, semoga si dengar dan di sampaikan kepada stakeholdernya.

      Hapus
    2. cn-235 emg sip,
      tp doi kan pesawat, bukan heli jugak
      berhubung kita banyak pulau..gak mungkin smua dibikinin landasan runaway buat pesawat,
      jd CHUKUP OSPREY, bisa
      landing sana
      landing sini
      pesawat hibrid 2 in 1,
      lebih cepat, lebih jauh..
      daya tampung mumpuni haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      tp klo tni-au mao pake OSPREY buat mpa, rasanya bisa ajah, tp siape yg mao ngebor bodinya haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      mnurutkuh, utk sementara OSPREY blom cuco buat au,
      tp sangat cuco utk ad dan al serta polisi

      nach soal pesawat amfibi laen crita, tiga matra serta polisi dan institusi laennnya cem basarnas, bakamla maupun penerbangan komersil pasti membutuhkannya.

      segmen pasar seperti ini harusnya jd prioritas setelah lebih dari 3 dekade perjalanan cn-235.

      emg sich ada proyek n-219 amfibi,
      ini baruw awal..dan kita butuh yg lebih BUESARRRrrr haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
    3. klo perlu sang fete kerjasama ama leo/bell bikin osprey versi amfibi jugak...hore haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
    4. yak halu disitu siapa disini siapa om daruw haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
  7. Saya tantang @GEMPURWIRA untuk debat pasal aset militer jangan bahas selain yang tidak ada sangkut-pautnya dengan militer macam hutang,Pati,cukai,tol,hutang wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  8. Yang takde tank amfibi macam PT 76 dan tank bmp 3f milik marinir TNI AL tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
  9. Foto Gempita 8x8 di pasang di kilang Deftech MALAYSIA...


    https://2.bp.blogspot.com/-COzQONlElLg/VtGgtkhaiDI/AAAAAAAAqhc/uu_DtBaOtZ0/s1600/12118868_714833638648144_7704160740826407402_n-822x493.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

      kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu made in turki. buatan negara lain. bukan asli buatan malaysia

      Hapus
    2. Tak bisa di ekspor ๐Ÿ™Š

      Hapus
  10. @POOR...

    kita tidak perlu membahas yang lain dulu, seperti bahasan:
    -hutang
    -covid19
    -pembelian senjata (import)
    -sewa
    -china
    -atv
    -jet pejuang
    -boat
    -helikopter
    -etc

    kita bahas dan adu argumen saja tentang senapan buatan masing2 negara, antara buatan malaysia dan indonesia.

    kita bahas, kelebihan dan kekurangan masing masing senapan, yaitu:
    1. vita berapi(made in malaysia)
    2. D7 Komodo (made in indonesia)

    berani tidak poor?
    hal ini berlaku juga bagi genk genk malaysia lainnya, apabila ingin adu argumentasi, dan berlaku juga bagi simpatisan negara malaysia seperti @DUTA RUDAL, @ISKANDAR, @SUWANDARU dan buzzer lainnya.

    tantangan adu argument ini tidak ada menang atau kalah, jadi jangan takut

    saya tunggu tantangan adu argument tentang masing2 senapan ini...

    kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

    kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu made in turki. buatan negara lain. bukan asli buatan malaysia

    BalasHapus
  11. Foto Gempita 8x8 di pasang di kilang Deftech MALAYSIA...


    https://3.bp.blogspot.com/-jOkOxBC9Tzw/VtGgrZAMmyI/AAAAAAAAqhY/-yPpLfYFEuY/s1600/12115797_714833538648154_8162495696724192917_n-822x512.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

      kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu made in turki. buatan negara lain. bukan asli buatan malaysia

      Hapus
  12. Pengiriman sudah mulai dilakukan pada tahun 2013 wkwkwkwkw jumlah atgm NLAW TNI ad 600 unit siap untuk melibas pendekar dan gempita wkwkwkwkw



    Selain Indonesia, NLAW digunakan oleh Inggris, Swedia, dan Finlandia. Sebagai negara yang kerap menangani konflik, Inggris tercatat memesan 20.000 unit NLAW untuk melengkapi Royal Marine, Royal Army, dan Royal Air Force Regiment. Bagaimana dengan NLAW di Indonesia? TNI AD dipastikan akan menerima 600 unit NLAW, dengan pengiriman 150 unit per tahun. Kesatuan infanteri yang menggunakan besar kemungkinan dari lingkup Yonif Linud Kostrad, Raider, dan Kopassus.

    Bertempat di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus), Batujajar – Bandung, pada 20 Maret 2013 telah dilangsungkan uji terima NLAW, dari hasil pengujian rudal anti tank ini dinilai memiliki performa yang memuaskan. (

    BalasHapus
  13. Ahmad Ghaney Modisa Msia byk bazir duit utk sykt org tengah.... Tengok INDONESIA skrg dah maju... dari segi kententeraan heli kapal terbang mereka bleh buat sendiri.... Msia nk jadi negara maju tapi miskin teknologi tapi yg dok nmpak cuma perut menteri yg maju kedepan

    BalasHapus
  14. Beza Ketuanan Yahudi dengan Ketuanan Melayu ...

    APAKAH makna ketuanan Melayu?

    Sekadar kalahkan DAP? Sekadar menyindir bangsa lain dengan istilah seperti ultra kiasu? Sekadar berdemonstrasi beramai-ramai sambil teriak ‘hidup Melayu’? Sekadar rampas kuasa politik tempatan? Itu sahaja?

    Bandingkan dengan mindset politik Yahudi yang hanya berjumlah 16 juta orang di dunia secara keseluruhan. Warga Israel hanya berjumlah lapan juta orang. Bangsa Melayu lebih ramai daripada Yahudi. Jumlah Muslim di dunia melebihi satu bilion. Jauh sekali lebih ramai daripada Yahudi.

    Jumlah Yahudi hanyalah sekecil lalat jika dibandingkan dengan penduduk dunia, tetapi jika dibandingkan ketuanan Yahudi dengan ketuanan Melayu, mana lebih hebat?

    Hasil Perang Dunia Pertama ialah Barat berjaya merampas Baitulmaqdis daripada Khilafah Uthmaniyyah, lalu menyuarakan tekad untuk memenuhi Deklarasi Balfour yang berisytihar untuk menjadikan Baitulmaqdis sebuah kampung Yahudi.

    Pada masa ini, Yahudi tiada negara sendiri. Israel belum menjadi negara. Yahudi belum lagi menjadi tuan mana-mana negara.

    Hasil Perang Dunia Kedua ialah United Nations (UN) atau Pertubuhan Bangsa-bangsa Bersatu berjaya ditubuhkan di mana hanya lima kuasa besar yang memiliki kuasa membuat keputusan iaitu China, Amerika, Rusia, Britain dan Perancis. Kemudian kelima-lima kuasa besar itu melalui UN bersetuju untuk mengiktiraf penubuhan negara Israel di Baitulmaqdis di mana Yahudi bertukar menjadi tuan, mengantikan Muslimin.

    Lihatlah betapa globalnya pengaruh Yahudi seolah-olah kedua-dua Perang Dunia tercetus kerana bertujuan merampas Palestin daripada Khilafah, kemudian menubuhkan ketuanan Yahudi di Palestin di mana negara Israel ditubuhkan.

    Kemudian melalui penubuhan Israel, Yahudi membuktikan kepada dunia bahawa Presiden Amerika Syarikat sendiri pun mengikut jari telunjuknya. Bahkan, China juga tunduk kepada ideologi dan falsafah hidup Yahudi yang bernama Karl Marx. Yahudi berjaya membuktikan kepada dunia bahawa ketuanan Yahudi sememangnya kaum terpilih. Agenda

    Bandingkan dengan mindset ketuanan Melayu. Ke manakah arah tujuan dengan takbir dan laungan slogan ‘hidup Melayu’? Ke manakah arah tuju dengan laungan kepimpinan ulama, tradisi membela rakyat, Malaysia baharu?

    Lihatlah bagaimana setiap calon Perdana Menteri Israel akan memberi manifestonya tentang bagaimana memperkasakan status ketuanannya di peringkat global. Begitu juga calon-calon yang bertanding untuk Presiden Amerika akan mengisytiharkan manifesto mereka tentang visi misi mereka memperjuangkan maslahat Israel.

    Bagaimanakah kita memilih Perdana Menteri atau Yang Berhormat? Adakah kita memilih berdasarkan kemampuan YB atau parti membawa agenda bersaing dengan ketuanan global Yahudi? Atau kita hanya memilih parti berdasarkan sentimen sekadar antiultra kiasu?

    Adakah kita memilih YB berdasarkan kemampuannya sebagai burung hud-hud berbanding dengan Yahudi yang memilih pemimpin berdasarkan kemampuannya menguasai dunia seperti Nabi Sulaiman?!

    Penulis rasa analogi seorang Mursyidul Am yang menqiyaskan status seorang Menteri yang berstatus ulama dengan burung hud-hud yang hanya seekor binatang dan tidak berakal tinggi seperti manusia amat mendayuskan status kemanusiaan, apatah lagi status ulama dan khairu ummah. Ini mencerminkan perbezaan mindset yang amat ketara antara ketuanan Melayu dan ketuanan Yahudi.

    Kita perlu mentajdidkan mindset politik yang baharu. Kita perlu memperjuangkan mindset khilafah Melayu Muslim yang jauh lebih quranik dan lebih memperkasakan jati diri Muslim daripada mindset ketuanan. Sejarah telah membuktikan bahawa hanya mindset khilafah mampu bersaing, bahkan menewaskan, ketuanan global Yahudi. Malaikat pun sujud pada khalifah, bukan pada yang bergelar tuan.
    Artikel Penuh : https://www.sinarharian.com.my/article/102069/KOLUMNIS/Beza-ketuanan-Yahudi-dan-Melayu
    © 2018 Hakcipta Terpelihara Kumpulan Karangkraf

    BalasHapus
  15. Pendekar bukan tandingan bagi tank leopard milik TNI ad selain unggul dalam jumlah, pendekar milik malon 48 unit, tank leopard milik TNI ad 103 unit tank leopard sudah banyak yang menggunakannya bahkan Polandia pun pakai leopard wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak Pur jumlah tank leopard milik TNI ad 103 unit Wkwkwkwkw

      Hapus
  16. Ayo adu argumen tentang bacot yok
    Siapa berani?

    BalasHapus
  17. @POOR...

    pasal kendaraan 8x8 buatan negara turki yang tinggal pasang di kilang devtec, kita bahas apabila admin DS memberitakannya.

    jadi jangan membahas diluar berita admin DS..!!

    OK

    BalasHapus
  18. Foto Barisan GEMPITA 8x8 yang sedang dipasang

    https://pbs.twimg.com/media/CBA6UIGVAAEOXjR.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup dihantam atgm NLAW TNI ad je ni wkwkwkwkw

      Hapus
  19. Tamadun Terawal Asia Tenggara Bermula Di Sungai Batu

    Tamadun Sungai Batu telah diisytiharkan oleh Profesor Oxford University, Stephen Oppenheimer sebagai salah satu daripada bebarapa tamadun purba yang telah mendahului beberapa abad daripada khazanah arkeologi terkemuka di rantau ini mendahului kuil Borobudur di Indonesia, and Angkor Wat di Kemboja yang masing-masing pada abad ke-9 dan ke-12.

    KEUNGGULAN TAMADUN SUNGAI BATU

    Sungai Batu yang berlangsung seawal 535 Sebelum Masihi hingga kurun ke-15 ialah bukti bahawa bangsa Melayu ialah bangsa yang bertamadun yang telah wujud 600 tahun sebelum masihi dan sezaman dengan tamadun Rom dan Yunani. Fakta lain mengenai tapak Sungai Batu ialah, tapak Sungai Batu 400 tahun lebih tua dari Tembok Besar China yang dibina oleh Dinasti Qin, 600 tahun lebih tua dari pembinaan Collosseum di Rom dan 1773 tahun lebih tua dari Menara Condong Pisa, Itali. Sungai Batu juga telah wujud 1100 tahun sebelum kelahiran junjungan besar Rasulullah S.A.W dan juga 600 tahun sebelum kelahiran nabi Isa A.S.

    Pada Mei, selepas hampir satu dekad kerja penggalian dijalankan di sebuah ladang kelapa sawit tempatan, ahli-ahli arkeologi yang mempunyai kepakaran dalam lima tamadun purba utama – Mesopotamia, Indus, Mesoamerika, China dan Greco-Roman – menandatangani satu plak bagi mengiktiraf kepentingan sejarah di Sungai Batu. Tambah Prof Datul Dr, Mokhtar Saidin, hal ini jelas menunjukan bahawa nenek moyang kita dahulu bukanlah golongan ‘sekadar hidup’ malah bukti kewujudan 12 juta tuyere atau peniup angin menunjukan bahawa Sungai Besi adalah tapak perdagangan dan perleburan besi terulung pada zamanya. Hal ini ditambah dengan kajian yang dilakukan oleh Mokhtar, Ahli Arkeologi Malaysia bahawa semua monument dibina menggunakan tanah liat dan berbumbung memberikan gambaran berbeza peranan Lembah Bujang selain sebagai pusat perdagangan, perusahaan manik dan memungut hasil hutan.

    KEPENTINGAN DAN SUMBER EKONOMI SUNGAI BATU

    Tapak arkeologi Sungai Batu turut dicatatkan oleh Al-Kindi dan Al-Biruni sebagai pengeluar besi terbaik dunia dan menceritkan tentang kualiti besi yang dihasilkan oleh Kalah (Kedah Tua), iaitu antara tiga besi terbaik dunia pada ketika itu yang antaranya dihasilkan oleh Yemen dan Hindi. Besi yang diperbuat dari Sungai Besi dikenali sebagai besi hitam dan dikatakan sangat bermutu tinggi yang diperdagangkan sehingga ke India.

    Budaya material tapak peleburan besi di Sungai Besi mendedahkan tiga proses yang berlaku iaitu, 1) proses pembersihan dan penyediaan bijih, 2) proses perleburan dan 3) pembentukan jongkong besi (ingot iron).

    Proses pembersihan dan penyediaan bijih besi boleh dibuktikan dengan penemuan bijih besi dalam saiz yang kecil dan penemuan beberapa alat batu seperti lesung dan alu yang digunakan ketika proses penyediaan bijih besi. Berdasarkan rekod kajian etnografi masyarakat etnik India, Afrika dan Sarawak, proses penyediaan bijih besi dilakukan dengan mengetuk ketulan besar bijih besi daripada proses perlombongan kepada saiz lebih kecil untuk memudahkan tindakbalas kimia berlaku ketika proses peleburan. Seterusnya ketulan kecil bijih besi ini akan dibakar dengan suhu pembakaran yang rendah untuk mengeluarkan bahan kotoran (mineral lain seperti silika dan karbon) bagi membantu mempercepatkan tindakbalas kimia semasa proses peleburan. Proses peleburan besi di Sungai Batu menggunakan bijih besi daripada mineral hematit dan geotit berdasarkan kepada keputusan XRD. Alat batu pelandas dan batu pemukul pula digunakan dalam proses penyediaan bijih besi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tamadun sungai batu tertua...wakakakakak cerita karut...Sungai batu berkembang karena Kerajaan Maritim Sriwijaya. Ophenheimer juga menulis buku Pulau Atlantis ada di Indonesia....wkwkwkwkw malon miskin sejarah

      Hapus
  20. Kami bisa hancurkan gempita dengan mudah pakai ucav ch 4 rainbow wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan drone PT-76 marinir yang udah di upgrade + dikasih ATGM cukup lah๐Ÿ˜‚

      Hapus
  21. Foto Penyambungan plat besi GEMPITA


    http://www.theborneopost.com/newsimages/2015/03/C_PC0004766.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. @POOR...

      pasal kendaraan 8x8 buatan negara turki yang tinggal pasang di kilang devtec, kita bahas apabila admin DS memberitakannya.

      jadi jangan membahas diluar berita admin DS..!!

      OK

      Hapus
    2. TNI AU dengan mudah hancurkan gempita dari udara pakai ucav ch 4 rainbow je Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. senapan vs senapan
      8x8 vs 8x8
      6x6 vs 6x6
      boat vs boat
      etc

      kita bahas sesuai berita admin DS tentang militer.

      OK

      Hapus
    4. Penyambungan apaan ..itu...itu mah pasang baut...penyambungan itu bikin body ..bukan didalam body kendaraan yg sudah jadi...goblok..gempur waria...wkwkwk

      Hapus
    5. Gempur gak akan berani debat, bro Essen

      Hapus
  22. Masyarakat awal Kompleks Sungai Batu menjalankan aktiviti peleburan besi secara langsung atau bloomery dengan penggunaan relau, tuyere dan pam angin. Proses secara langsung ialah proses pengekstrakan besi secara terus daripada bijih besi dengan penggunaan bahan bakar. Relau merupakan dapur yang digunakan untuk meleburkan material/mineral tertentu pada suhu yang tinggi. Umumnya, struktur asas bagi sesebuah relau ialah struktur tertutup untuk menghadkan kemasukan udara ke dalam relau. Ini membolehkan pembuat besi mengawal kemasukan udara ketika proses peleburan.

    Relau yang ditemui di Kompleks Sungai Batu adalah dalam bentuk pecahan iaitu hanya bahagian dasar yang ditemui. Hal ini adalah disebabkan oleh proses pemecahan relau atau sebahagian relau bagi mendapatkan besi bloom di bahagian dasar (tengah) relau. Kawasan melebur besi dikenalpasti berdasarkan kehadiran tanah liat terbakar dan tekstur tanah yang halus serta tinggi kandungan ferum kesan daripada aktiviti pembakaran. Tanah di kawasan ini berwarna lebih gelap, kaya dengan sisa arang dan turut dijumpai sisa cengkerang. Sisa cengkerang ini digunakan sebagai fluks atau pemangkin untuk menurunkan takat leburan. Fluks boleh membantu dalam menghasilkan besi tulen dengan cara memangkin ion Fe keluar dari bijih besi.

    SUMBER BAHAN MENTAH

    Penelitian terhadap peta geologi Syit 2-1/2 dan 2-1/6, mendapati bahawa kawasan Sungai Batu merupakan kawasan tanah aluvium dengan taburan bijih besi yang banyak di bahagian selatan Kampung Merbok. Bijih besi yang di dapati di kawasan ini terdiri daripada hematit dan magnetit dengan butiran bijih besi yang sangat halus kerana ia berada hampir pada lapisan granit dan metakuarzit. Kajian survei bijih besi di kawasan berdekatan tapak serta survei tanah liat melalui kaedah penggerudian di sekitar sungai Batu kuno dijalankan bagi mengetahui sumber bahan mentah yang digunakan oleh masyarakat awal Sungai Batu.

    Survei bijih besi yang dijalankan di Bukit Tupah, Kg. Batu 5 dan kawasan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Merbok menunjukkan kehadiran bijih besi yang banyak. Perbandingan nisbah antara unsur mangan dan titanium menunjukkan bijih besi dari UiTM dan Bukit Tupah mempunyai kandungan nisbah hampir sama dengan sisa besi tapak SB2A. Pemilihan unsur mangan dan titanium untuk perbandingan kerana unsur ini keseluruhannya kekal dalam sisa besi selepas proses peleburan besi.

    Hasil kajian penggerudian menunjukkan enapan aluvium yang banyak yang boleh diperoleh di sekitar Sungai Batu kuno. Kekayaan sumber tanah liat ini merupakan antara faktor kepada penghasilan ratusan ribu bata dan puluhan ribu tuyere. Sumber bahan bakar pula diperoleh dari pokok bakau yang mudah didapati di kawasan Sungai Merbok dan kawasan paya bakau. Menurut kajian Dunn, perubahan keadaan hutan adalah sedikit ataupun tiada pada 1500 hingga 500 B.P. melainkan perubahan yang disebabkan oleh kesan modifikasi manusia. Oleh itu, perbandingan dengan hutan yang ada sekarang boleh mewakili keadaan masa dahulu.

    RITUAL KEAGAMAAN

    Pasukan itu juga menemukan sebuah monumen bata tanah liat yang berbeza dengan struktur bulat yang mewakili bulan, matahari dan bumi. Bahagian utaranya menghadap Gunung Jerai, yang terletak berdekatan kawasan itu dijangka untuk penyembahan Gunung Jerai yang berada di utaranya dan dipercayai menjadi kediaman suci bagi tuhan-tuhan semasa zaman purba. Menurut para penyelidik juga, tempat-tempat ritual dan tembikar yang mengandungi simbol-simbol tertentu mungkin menunjukkan amalan animisme sebelum kedatangan agama Buddha dan Hindu di rantau itu. Yang menariknya, tidak ada satu pun yang sama senibinanya di dunia ini. ini jelas menunjukan ianya ialah asal jenis senibina Melayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapak candi 11 dan 12 di sungai batu dibuat pada zaman Sriwijaya tuh...dan Sungai Batu tidak di akui sebagai UNESCO HERRITAGE....wkwkwkwk

      Hapus
  23. Gempita uji cuba di litar ujian


    http://3.bp.blogspot.com/-8x1p0R-g_Yk/VJDR0261EMI/AAAAAAAACII/JKC6omF0be8/s1600/10848952_713113692112710_4535139469406318463_o.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. PONDAN
      jangan pura pura bodoh @POOR...

      pasal kendaraan 8x8 buatan negara turki yang tinggal pasang di kilang devtec, kita bahas apabila admin DS memberitakannya.

      jadi jangan membahas diluar berita admin DS..!!

      OK

      Hapus
    2. Cb pur uji ledak gempita sama foto prototype gempita di negara malon....

      Hapus
  24. jangan pura pura bodoh @POOR...

    pasal kendaraan 8x8 buatan negara turki yang tinggal pasang di kilang devtec, kita bahas apabila admin DS memberitakannya.

    jadi jangan membahas diluar berita admin DS..!!

    OK

    BalasHapus
  25. Foto barisan GEMPITA yang belum di cat camo digital di kilang DEFTECH


    https://www.deftech.com.my/images/Facilities_Deftech_Pekan/ERF_6667.JPG

    BalasHapus
    Balasan
    1. PONDAN
      jangan pura pura bodoh @POOR...

      pasal kendaraan 8x8 buatan negara turki yang tinggal pasang di kilang devtec, kita bahas apabila admin DS memberitakannya.

      jadi jangan membahas diluar berita admin DS..!!

      senapan vs senapan
      8x8 vs 8x8
      6x6 vs 6x6
      boat vs boat
      etc

      kita bahas sesuai berita admin DS tentang militer.

      OK

      Hapus
    2. Gempi...hahaha
      Turki punya pur....ada ga prototype gempita plus uji ledak gempita di negara beruk malon

      Hapus
  26. Menurut Prof. Dr. Mokhtar, agama Hindu-Buddha di Lembah Bujang bermula paling awal iaitu pada kurun ke-4 Masihi. Ini mengukuhkan lagi bukti masyarakat Melayu memegang kepercayaan animism kemudian Hindu-Buddha dan akhirnya Islam.

    Pembinaan candi-candi Hindu-Budha di Lembah Bujang adalah bersaiz sangat kecil berbanding yang terdapat di tempat lain seperti di Indonesia, Kemboja malah di Selatan India sendiri. Ini menunjukkan candi tersebut mungkin lebih digunakan oleh pedagang India dan China yang beragama tersebut bersama segelintir masyarakat Melayu asal.

    KEHEBATAN MASYARAKAT MELAYU

    Keunggulan tamadun di Sungai Batu juga menunjukan betapa majunya sistem pentadbiran pada ketika itu. Penemuan 17 tapak peleburan selain jumlah tuyere sebanyak 12 juta yang dijumpai di tapak arkeologi berkeluasaan lebih 1000 km2, senibina banggunan dengan tanah liat, jeti perlabuhan, bengkel peleburan besi dan adanya perdagangan yang berlaku disini menunjukan betapa tersusunya sistem masyarakat Sungai Batu sehingga terbukti jelas pada ketika itu mereka mempunyai sistem geologi tersendiri. Hal ini menjadi lebih menarik apabila perlabuhan di Sungai Batu menjadikan Gunung Jerai sebagai panduan buat pada pedagang yang datang berdagang di Sungai Batu.

    Hal ini juga menepis dakwaan yang menyatakan bahawa peradaban Melayu hanya bermula ketika zaman Kesultanan Melayu Melaka kira-kira 400 tahun dahulu walhal pembuktian jelas menunjukan pihak orintasi adalah salah kerana tamadun Melayu sememangnya bermula seawal kira-kira 2000 tahun dahulu dengan berlakunya berlakunya pengeksportan produk besi bermutu tinggi kepada tamadun lain pada masa itu. Selain peleburan besi, penggalian juga menemukan sisa-sisa 12 jeti dan 5 buah kapal purba yang masih lagi berada di bawah tanah selain banggunan pentadbiran yang menunjukan bahawa tapak itu pernah menjadi perlabuhan yang berkembang maju dan berada pada kedudukan paras air laut.

    PUNCA KEJATUHAN TAMADUN SUNGAI BATU

    Sehingga ke saat ini, ada beberapa faktor yang telah disenaraikan menjadi punca kemerosotan tamadun di Sungai Batu antaranya;

    Perubahan struktur muka bumi dan alam semulajadi

    Sungai yang dahulunya selebar 100 meter semakin cetek setelah ribuan tahun menyebabkan kapal-kapal besar sudah tidak dapat berlabuh di jeti-jeti yang didirikan oleh pemerintah. Akibat daripada pengecilan laluan sungai, masyarakat pada ketika itu mula berpindah ke kawasan lain yang berhampiran dengan laut seperti Pengkalan Bujang dan Sungai Mas. Pada ketika Sungai Batu hanya berada di tepi laut berbanding sekarang iaitu 12km ke Tanjung Dawai baru berjumpa laut.


    Tsunami

    Pada ketika itu, kerajaan Srivijaya musnah (hampir sepenuhnya) akibat bencana Tsunami. Dijangka bahawa Sungai Batu juga turut terkena tempias sehingga menyebabkan lenyapnya Tamadun Kedah Tua.

    Serangan/ politik

    Walaupun tidak ada tanda-tanda Sungai Batu diserang oleh tamadun lain, sesetengah pengkaji politik juga boleh dijadikan salah satu faktor kejatuhan Tamadun Sungai Batu yang berlaku atas dasar perluasan empayar bagi tujuan politik, ekonomi dan sosial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungai Batu cerita karut bro...hanya reka² cerita arkeologi malingsia saja...wakakakak

      Hapus
  27. PEMILIK SEBENAR SUNGAI BESI

    Sehingga ke hari ini, para pengkaji masih lagi tidak mengetahui siapa yang membuka Sungai Batu dan zaman pemerintahanya. Walaubagaimanapun, tamadun terdahulu tentunya hebat sehingga mampu memerintah industri peleburan besi dengan sebegitu besar sehingga mampu mengeksport sehingga ke luar negara dan dikenali antara besi terbaik dunia. Sepanjang kajian yang dilakukan ini juga, para pengkaji juga tidak menjumpai perkuburan.

    Sesetengah daripada pengkaji juga percaya, besi daripada Sungai Batu juga merupakan salah satu besi yang ditempa menjadi pedang Rasulullah S.A.W. Hal ini jelas menunjukan tamadun kita terdahulu bukan calang-calang bangsa sehingga memulakan tamadun dengan sebegitu hebat hanya dengan menggunakan teknologi lokal.

    Begitu juga nama Kedah Tua berada di dalam satu puisi Tamil “Pattinappalai” yang menyatakan bahawa pedagang India telah mengkesport besi dar ‘Kataram’ untuk membuat pedang. Ia juga berasal dari perkataan ‘Kazh’ iaitu besi hitam yang bermaksud Kedah Tua. Selain itu, nama lain yang digunakan untuk merujuk kepada Kedah Tua ialah ‘Kataha’ yang merujuk kepada The Bowl of Iron dalam bahasa Sanskrit.

    SALAM DARI ANAK BANGSA MELAYU YANG SUCHI. MULIA, PRKASA DAN CERDIK PANDAI

    BalasHapus
  28. apa pula... untuk pengetahuan kamu MALAYSIA boleh menjual GEMPITA ke negara luar tanpa sekatan oleh Turki jadi kamu rasa itu maksudnya apa ya...??? wkwkwkwkwkkwkw

    MAKNANYA GEMPITA adalah milik MALAYSIA walaupun asalnya GEMPITA adalah dari PARS Turki... namun dengan kerjasama MALAYSIA-TURKI menghasilkan PARS ACUAN MALAYSIA dengan code name AV8 8x8....sebelum diberi nama GEMPITA.

    BalasHapus
  29. GEmpita 8x8 ikut pemilihan di asia barat....

    https://2.bp.blogspot.com/-eoINguzuCfw/WcwwtgsV_mI/AAAAAAAA1ws/LjA-o96EFuACyUaOl-2W-JT2sAt9sGQsQCLcBGAs/s1600/21751353_1556181704404840_5247908709995846757_n.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh beruk malon, gempita cuma tempel stiker

      Hapus
  30. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. malah dihapus oom....
      MALON PONDAN
      wkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  31. jika kamu kata GEMPITA adalah milik Turki, MALAYSIA tidak boleh menjual GEMPITA ke pihak lain tanpa persetujuan Turki ya kerana terikat dengan pengeluaran secara BERLESEN....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @POOR...

      kita tidak perlu membahas yang lain dulu, seperti bahasan:
      -hutang
      -covid19
      -pembelian senjata (import)
      -sewa
      -china
      -atv
      -jet pejuang
      -boat
      -helikopter
      -etc

      kita bahas dan adu argumen saja tentang senapan buatan masing2 negara, antara buatan malaysia dan indonesia.

      kita bahas, kelebihan dan kekurangan masing masing senapan, yaitu:
      1. vita berapi(made in malaysia)
      2. D7 Komodo (made in indonesia)

      berani tidak poor?
      hal ini berlaku juga bagi genk genk malaysia lainnya, apabila ingin adu argumentasi, dan berlaku juga bagi simpatisan negara malaysia seperti @DUTA RUDAL, @ISKANDAR, @SUWANDARU dan buzzer lainnya.

      tantangan adu argument ini tidak ada menang atau kalah, jadi jangan takut

      saya tunggu tantangan adu argument tentang masing2 senapan ini...

      kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

      kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu made in turki. buatan negara lain. bukan asli buatan malaysia

      Hapus
  32. KISAH KEHEBATAN KOMANDO MALAYSIA .. KOMANDO NUMBER ONE DI DUNIA ...

    http://militaryofmalaysia.net/2013/01/black-ops-operasi-sabah-selamanya/rakan-rgk/

    Malaysia is Strooooooong .....

    OPERASI SABAH SELAMANYA

    52.Tun Mahathir kemudian memanggil komander-komander komando ini untuk memberikan amanat penting demi untuk menyelamat negara dari terjebak ke dalam satu kancah yang akan memberikan impak besar kepada penubuhan Malaysia.

    51.Perdana Menteri itu sudah mendapat tahu dokumen mengenai Sabah dari Kesultanan Sulu wujud dan ia perlu diambil, apa sekali pun, operasi itu dikenali sebagai OPERASI SABAH SELAMANYA

    52.Operatif-operatif dan agen rahsia Malaysia sudah pun berada di Manila untuk mencari dokumen tersebut dan melalui tawaran rasuah ratusan ribu dollar AS, dokumen tersebut yang tersimpan rapi dalam Istana Presiden iaitu Istana Malacanang, Manila berjaya di bawa keluar oleh para pengkhianat Filiphina.

    53.Sekarang Tun Mahathir mengarahkan komando-komando ini untuk berjumpa dengan kontek dan membawa keluar dokumen tersebut dengan selamat.

    54.Maka pasukan komando menghantar 7 orang anggota terbaik pada zaman itu ke Manila untuk membuat hubungan dan menyelamatkan dokumen tersebut, mereka semua sudah berlatih dalam model istana tiruan Malacanang yang dibina khas untuk tujuan penetrasi di Pahang.

    55.Kehadiran komando ini dibuat melalui jalan laut dengan bantuan para pejuang Moro kerana kedatangan secara rasmi sebagai pelawat akan mendedahkan komplot tersebut.

    56.Dokumen bertukar tangan tetapi tanpa disedari, malangnya, pasukan khas Filiphina sebenarnya sudah mula menghidu rancangan rahsia ini.

    57.Para komando Malaysia itu terperangkap.

    58.Tujuh lelaki Melayu yang gagah berani terpaksa lawan puluhan mungkin ratusan komando dan para pengawal Istana Presiden.

    59.Peluru berganti…tembakan bertalu-talu dilepaskan…jerit pekik dan kekalutan berlaku,
    trafik dari saluran keselamatan tentera Filiphina tiba-tiba menjadi kelam-kabut dan penuh aktiviti.

    60.Pihak perisikan ATM yang memantau saluran radio tentera Filiphina mula berasa tidak kena, jantung mereka berdengup kencang kerana nasib negara bergantung kepada tujuh lelaki Melayu tadi.

    61.Segala-galanya menjadi sengal, tiba-tiba keadaan yang pada mulanya berpihak kepada negara kita kini hampir berpusing 360 darjah apabila para komando Malaysia yang gagah berani ini terkepung.

    62.Masa hadapan negara kita benar-benar “TERGANTUNG” dalam keadaan yang sangat bahaya dan kritikal jika para komando ini tertangkap.

    63.Bekalan peluru yang sangat sedikit tidak memungkinkan para komando Melayu ini membuat perhitungan yang lebih jauh.

    64.Dengan segenap tenaga yang ada dan dengan izin Allah juga, para komando kita berjaya menyelamat diri dan seterusnya membawa pulang dokumen yang sangat-sangat penting untuk kestabilan Malaysia.

    65.Sebelas orang yang terdiri dari pengawal Istana Presiden dan komando Filiphina terkorban dalam insiden yang berlaku sekitar tahun 1980an itu.

    BERIKUTNYA ... KISAH BLACK OPS KOMANDO MALAYSIA DI AMBALAT YANG MEMBUAT INDON PANIK DAN KOCAR_+KACIR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu reka reka cerita ya? KD rencong rusak berat karena ditabrak KAL Tedong naga dan Kopaska bentak kapal tldm dan langsung kabur wkwkwkwkw

      Hapus
    2. ah masa..

      bukannya dibentak kopaska askar malon di ambalat malah kabur.. wkwkwkwk

      Hapus
    3. Bukan hanya itu bro kapal KAL Tedong naga tabrak KD rencong hingga rusak berat Wkwkwkwkw

      Hapus
    4. komando GGK malon dengan senapan angin PATI pun bisa tewas.

      gitu dibilang hebat

      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. prajurit malon pingsan saat upacara pun dibilang hebat

      komandan tentara malon tewas ditembak rekan saat upacara pun dibilang hebat

      wkwkwkwkwkwkwkwk
      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. Oh iya keh.. itu versi karang-karang cerite dirimu. Yg benernya yg ini

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      https://www.airtimes.my/2020/09/21/dakwa-lahad-datu-adalah-sandiwara-kenyataan-biadap-hina-pasukan-keselamatan-menteri-pertahanan/

      Mohamaddin turut menyatakan pesawat Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) hanya mengebom kelapa sawit manakala anggota infantri serta pasukan armor menyerang ayam dan anjing.

      “Jadi ada peperangan konon di Tanduo datanglah jet (pesawat tentera) pergi Tanduo dibomnya sana kelapa sawit orang, habis hangus kelapa sawit orang, habis rumah orang koyak-mengoyak ditembak,

      “Ini kenyataan, habis itu disuruh kereta kebal masuk pergi kampung-kampung, suruh berperang sama ayam. Siapa kawan dia berperang, tidak ada, ayam sama anjing di kampung kawan dia berperang,” katanya ketika ceramah sempena Pilihan Raya Negeri Sabah di Gelanggang Futsal, Kampung Warisan Lahad Datu pada Ahad lalu.

      Hapus
  33. penghasilan turret Gempita di Deftech MALAYSIA...


    https://www.deftech.com.my/images/Facilities_DSSB/2.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahmad Ghaney Modisa Msia byk bazir duit utk sykt org tengah.... Tengok INDONESIA skrg dah maju... dari segi kententeraan heli kapal terbang mereka bleh buat sendiri.... Msia nk jadi negara maju tapi miskin teknologi tapi yg dok nmpak cuma perut menteri yg maju kedepan

      Hapus
    2. jangan membanggakan produksi militer negara lain.

      @POOR...

      kita tidak perlu membahas yang lain dulu, seperti bahasan:
      -hutang
      -covid19
      -pembelian senjata (import)
      -sewa
      -china
      -atv
      -jet pejuang
      -boat
      -helikopter
      -etc

      kita bahas dan adu argumen saja tentang senapan buatan masing2 negara, antara buatan malaysia dan indonesia.

      kita bahas, kelebihan dan kekurangan masing masing senapan, yaitu:
      1. vita berapi(made in malaysia)
      2. D7 Komodo (made in indonesia)

      berani tidak poor?
      hal ini berlaku juga bagi genk genk malaysia lainnya, apabila ingin adu argumentasi, dan berlaku juga bagi simpatisan negara malaysia seperti @DUTA RUDAL, @ISKANDAR, @SUWANDARU dan buzzer lainnya.

      tantangan adu argument ini tidak ada menang atau kalah, jadi jangan takut

      saya tunggu tantangan adu argument tentang masing2 senapan ini...

      kita bahas berita kemarin tentang senapan yang asli buatan masing masing negara.

      kalau pasal kendaraan 8x8 kita semua tau itu made in turki. buatan negara lain. bukan asli buatan malaysia

      Hapus
    3. Ahmad Ghaney Modisa:

      "tapi yg dok nmpak cuma perut menteri yg maju kedepan"

      wakakakakakak..

      Hapus
  34. Pur jom bahas konflik Ambalat wkwkwkwkw

    BalasHapus
  35. POOR PONDAN
    tak berani adu argument tentang senapan asli buatan masing masing negara.

    ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ
    hahahahahahaha

    BalasHapus
  36. Haduhh..Gempita itu jelas malon hanya pasang baut aja,kenapa gempur masih bising2 dan bual

    BalasHapus
  37. RAHSIA KEHEBATAN TENTERA DAN KOMANDO MALAYSIA. WALAUPUN RAMAI MASYARAKAT KETENGAHKAN PERKARA INI, TAPI SAYA INGIN TAMPILKAN SEKALI LAGI. PERCAYA ATAU TIDAK TERPULANG PADA MASYARAKAT SEMUA.

    SILA RENUNG DAN FIKIR TERLEBIH DULU SEBELUM BERBICARA. KEPADA MEREKA YANG BERANGGAPAN KAMI HANYA MAKAN DAN TIDUR.

    "OPEN YOUR MIND BEFORE YOUR MOUTH."

    1). Komando Malaysia sentiasa diberi tugas
    sebagai QSR (Quick Reaction Rescue) bagi
    tentera NATO dalam perang BOSNIA ?

    Suatu ketika pernah dicatatkan dalam sidang akhbar di Amerika Syarikat. Informasi ini dapat dikaji dan dikongsi bersama. Hal ini dan diperakui oleh tentera-tentera asing dan menggelarkan pasukan yang datang untuk garisan mati.

    2). ATM diperakui PAKAR PERANG HUTAN
    oleh seluruh dunia dan merupakan satu-satunya pasukan yang berjaya mengalahkan komunis. Australia, Amerika Syarikat dan beberapa negara lain juga berguru dengan tentera Malaysia yang terkenal dengan taktikal perang gerila dan selebihnya rahsia.

    3). VAT69 dijulang sebagai komando
    terbaik dunia sehinggakan pasukan ini
    didokumentarikan oleh ASIA CHANNEL. VAT69 adalah salah-satu dari pasukan khas bagi PDRM.

    4). Perisik Malaysia sama ada PDRM atau
    ATM merupakan perisikan antara yang
    terbaik di dunia. Pada 1988, seorang perisik KGB ditangkap iaitu Siddiq Ghouse kerana merisik Malaysia. Hal ini dibuktikan dengan
    kepantasan Malaysia membasmi Al-
    Maunnah, KMM, Abu Sayyaf, Jemaah Islamiah dan penganas² lain tanpa mengambil masa yang lama.

    5). ATM dianggap pakar dalam mengubah-suai dan pakar intergrasi oleh negara luar dalam hal teknologi. Sebagai contoh, MiG29N Malaysia satu-satunya pesawat tempur yang memiliki peluru berpandu dan ranking pertama hingga 22 pemandu pesawat tempur adalam anggota TUDM walau hanya menggunakan pesawat buruk tersebut!

    ATM juga telah mengubah-suai SU-30MKM Malaysia menjadi lebih baik daripada pesawat tempur terbaik dunia iaitu SU-30MKI milik Tentera India. ATM juga mengubah-suai SCORPHENE menjadi lebih senyap dan paling efisen dalam seluruh kapal selam milik angkatan tentera seluruh dunia. Bahkan, dikatakan kapal kontena sumbangan MISC kepada ATM diubah suai menjadi kapal serbaguna dan kini ia berkhidmat dalam OPS FAJAR mengawal perairan Eden.

    6). Sebelum pasukan elit MARINIR
    (tentera laut Indonesia ) berjaya 'TAWAN'
    Singapura. Pada 1980an pasukan komando udara Malaysia HANDAU telah menerobos pangkalan peluru berpandu udara milik tentera singapura yang terletak di BUKIT BATUK! Paling diingati pada kes di Bukit Batuk KOMANDO Malaysia menampal setem malaysia pada setiap peluru berpandu dan meja pegawai tinggi ditukar bendera singapore dgn bendera malaysia pada tujuannya membalas dendam kerana jet singapore sering menceroboh ruang udara johor. Mereka mlakukan tugas tersebut hanya 1 hari tanpa dapat kesan. Kakitangan komplek pertahanan singapore yg terlibat telah dipecat kerana insiden itu.

    7). Pada lewat 1980an, sekumpulan tentera singapura ditangkap oleh tentera simpanan (Wataniah) Malaysia kerana cuba memasang radar di sebuah bukit yang terletak di Johor. Tindakan ini dibalas Malaysia apabila
    dilimbungan kering dan basah Singapura
    kerap berlaku letupan sabotaj yang menjejas pelancaran ekonomi Negara itu.

    8). Indonesia risau apabila RELA ditubuhkan dan diperbesarkan? Ini kerana mereka tahu
    adanya pasukan bantuan khas dalam RELA.
    Ini mengingatkan pada bantahan singapura
    sewaktu penubuhan Pasukan Terjun Payung (briged para)

    9). Bagi pasukan perisik dan anggota elit ATM dan PDRM, apabila bersara dikehendaki melaporkan diri di balai polis bagi waktu dan masa yang ditetapkan. Mereka juga sukar untuk memohon passport atau visa ke luar Negara.

    10). Semua anggota elit komando Malaysia
    (ATM) dilarang memakai motorcar yang mempunyai clutch. percaya atau tidak?

    11). Percaya atau tidak bahawa panggilan “cikgu” digunakan oleh anggota polis merujuk pada anggota ATM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asrizal Rusli Beli LCA F/A-50 18 buah, percuma Pohang-class 2 buah..kalau jadi kenyataan aku janji akan meminati K-Pop termasuk drama dan band-nya..aku juga akan sertai army BTS untuk melengkapkan lagi sokongan aku kepada produk Korea Selatan. ��

      Hapus
    2. 1. komando GGK malon dengan senapan angin PATI pun bisa tewas.

      2. prajurit malon pingsan saat upacara pun dibilang hebat

      3. komandan tentara malon tewas ditembak rekan saat upacara pun dibilang hebat

      wkwkwkwkwkwkwkwk
      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Oh iya keh.. itu versi karang-karang cerite dirimu. Yg benernya yg ini

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      https://www.airtimes.my/2020/09/21/dakwa-lahad-datu-adalah-sandiwara-kenyataan-biadap-hina-pasukan-keselamatan-menteri-pertahanan/

      Mohamaddin turut menyatakan pesawat Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) hanya mengebom kelapa sawit manakala anggota infantri serta pasukan armor menyerang ayam dan anjing.

      “Jadi ada peperangan konon di Tanduo datanglah jet (pesawat tentera) pergi Tanduo dibomnya sana kelapa sawit orang, habis hangus kelapa sawit orang, habis rumah orang koyak-mengoyak ditembak,

      “Ini kenyataan, habis itu disuruh kereta kebal masuk pergi kampung-kampung, suruh berperang sama ayam. Siapa kawan dia berperang, tidak ada, ayam sama anjing di kampung kawan dia berperang,” katanya ketika ceramah sempena Pilihan Raya Negeri Sabah di Gelanggang Futsal, Kampung Warisan Lahad Datu pada Ahad lalu.

      Hapus
    4. GGK berani gak ikut latihan dopper? Oh pastinya gak berani lah, GGK pondan gitu loh

      Hapus
  38. https://www.grid.id/amp/04878007/vb-berapi-lp06-senapan-berdesain-buruk-dan-konyol-buatan-malaysia-yang-jadi-olok-olokkan-dunia

    Hahahha..betol betol Malon ni bikin lawak aja mau saingi Pindad tp bikin ketawa Dunia.
    Vita Berahi Mang sangat Canggih nian desigm Starwars sanggup tembak Peswat UFO.
    Tahniah Malon

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkwk

      POOR PONDAN tak berani adu argumentasi

      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ

      Hapus
  39. tentara malon BODOOOR, lawak bin bahlul

    bikin gelak seluruh dunia.

    1. komando GGK malon dengan senapan angin PATI pun bisa tewas.

    2. prajurit malon pingsan saat upacara pun dibilang hebat

    3. komandan tentara malon tewas ditembak rekan saat upacara pun dibilang hebat

    wkwkwkwkwkwkwkwk
    ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  40. 12). ATM menjadi rebutan Amerika dan
    Britain. Namun ATM memilih Britain kerana
    ikatan persahabatan yang kian lama terjalin, namun tahukah anda ATM telah menubuhkan sekolah ketenteraan FORT BENNINGS? Disini diperkatakan tentera terhebat adalah SAS (Britain), diikuti Malaysia (ATM) dan Amerika Syarikat sebagai US ARMY.

    13). Indonesia pernah mengutuk angkatantentera Malaysia kerana sewaktu latihan,
    anggota tentera Malaysia membawa resin
    makanan. Namun ia dibalas Malaysia apabila sewaktu gempa bumi PADANG, makanan yang dihulurkan Malaysia adalah resin tersebut! Makanan inilah yang dikatakan expired padahal mereka kalah malu pada Malaysia.

    14). Bagi menghina Malaysia, Indonesia
    segaja mengajar angkatan tentera Kemboja. Tapi Indonesia mendapat aib apabila ATM berjaya menerobos kem tentera Kemboja tanpa disedari dan berjaya mematikan periuk api. Ini amat memalukan mereka.

    15). Pasukan elit pertama Malaysia merupakan Sarawak Rangers dan ini merupakan pasukan paling awal sebagai pasukan elit dari negara-negara di rantau ini. Pasukan ini juga pernah menumpaskan pengganas komunis dan semasa konfrontasi Malaysia-Indonesia.

    16). Malaysia pernah menghantar pasukan tentera semasa Perang Vietnam bagi membantu Amerika Syarikat menjejaki taktikal gerila Viet Cong.

    17). Malaysia merupakan satu-satunya negara di dunia yang berjaya menghancurkan ancaman komunis sedangkan kerajaan demokratik Vietnam yang dibantu oleh Amerika Syarikat tewas kepada komunis.

    18). Komando Malaysia pernah membantu tentera AS bagi menandakan sasaran-sasaran tentera Serbia melalui Laser Target Designator untuk dimusnahkan dengan “Smart Bomb” dari pesawat pengebom NATO.

    19). Komando Malaysia pernah dihantar dalam satu misi khas ke Manila untuk mengambil dokumen berkaitan dengan Sabah satu ketika dahulu.

    20). Tahukah anda filem “Black Hawk Down” mengisahkan pemberontakan di Somalia, menyelewengkan fakta sebenar di mana sebenarnya tentera Malaysia yang menjadi wira, tetapi oleh kerana ia filem Hollywood, maka peranan Malaysia langsung tidak diiktiraf. Tentera Pakistan ada pada masa tersebut. Tetapi, mereka lari. Hilang maruah mereka.

    21). Indonesia selalu mengutuk ATM sebagai "Scotboy" merujuk pada perkhidmatan KOR ADAT ISTIADAT ATM yang bertugas di istana BUCKINGHAM bersama-sama pasulan ROYAL AND BLUES BRITAIN, sebenarnya Indonesia dan negara yang kononnya melayu malu apabila kemelayuan tetap ditonjolkan dalam apa sahaja tentang Malaysia.

    22). Indonesia mendapat aib di Lubnan apabila anggota tenteranya lari apabila dikejar pasukan elit Israel iaitu briged kafir. Setakat ini, kontinjen-kontinjen negara PBB yang datangnya dari negara-negara Melayu dan terkenal adalah MALBATT (disertai angkatan tentera diraja brunei) yang terbukti dalam misi Bosnia dan Mogadishu.

    23). Kapal perang Royal Malaysia Navy, KD Selangor pernah terlibat dengan pertempuran laut dengan tentera Indonesia di mana seorang anak kapalnya mati semasa peristiwa konfrontasi dahulu.

    24). Juruterbang Royal Malaysia Airforce akan bersedia di cockpit pesawat mereka 24 jam apabila timbul isu panas terutama yang melibatkan Singapura.

    25). Royal Malaysia Airforce telah menghantar pesawat Hawk ke Labuan semasa isu perebutan kepulauan Ambalat dengan Indonesia.

    26). Royal Malaysia Navy sudah pun mempunyai kapal selam tetapi dalam bentuk mini subs, untuk kegunaan pasukan PASKAL.

    27). Royal Malaysia Navy sering membantu AS melalui pergerakkan kapal-kapal selam Russia di Selat Melaka semasa era Perang Dingin dahulu dan ini menunjukkan, RMN sudah pun mempunyai sistem pengesan kapal selam yang amat baik pada ketika itu.

    28). Singapura sering menguji sistem pertahanan Malaysia terutama radar melalui sistem peperangan elektroniknya dari dahulu sehingga sekarang.

    29). Jumlah pelancong Singapura akan bertambah di sesuatu kawasan apabila ATM membuat latihan atau pertunjukkan tentera di kawasan terbabit.

    BalasHapus

  41. 30). CIA pernah memasang pelbagai alat pengintipan canggih di KLCC, aktiviti tersebut berselindung di sebalik pengambaran filem Entrapment lakonan Sean Connery dan Catherine Zeta Jones (Fakta tidak dapat disahkan).

    31). Kapal perang tercanggih Royal Malaysia Navy (bergantung kepada zaman) akan dihantar dahulu dan berlabuh di perairan antarabangsa apabila ada lawatan Perdana Menteri Malaysia ke negara itu.

    32). Pesawat Perdana Menteri Datuk Seri Dr Mahathir Mohamad pernah divert (tidak diketahui sesiapa) ke Pakistan untuk melihat ujian bom nuklear pertama negara itu. Mahathir kini TUN menjadi satu-satunya pemimpin Islam di luar Pakistan yang pernah menyaksikan ujian tersebut (maklumat ini disampaikan sendiri dari seorang anggota perisikan Pakistan satu ketika dahulu.

    33). Juruterbang Australia pernah mengelar pilot pesawat pejuang TUDM, “Berani tetapi Gila” dalam satu temuramah dengan media di negara kita. Australia dan TUDM sering mengadakan latihan bersama semasa negara itu mempunyai skuadron pesawat pejuangnya di Butterworth.

    34). Peristiwa di Pasar Bakara, Somalia menyaksikan dua buah kereta kebal Pakistan yang sepatutnya melindungi konvoi tentera Malaysia bertindak melarikan diri (Ini disahkan oleh seorang pegawai tentera).

    35). Dua pesawat pejuang jenis Sabre dari Butterworth (tahun 1970an) pernah dilancarkan ke udara selepas radar di pengkalan itu mengesan pencerobohan pesawat asing (UFO)

    36). Singapura pernah hendak memulakan perang dengan Malaysia namun dapat dipintas oleh Malaysia kerana pihak Malaysia mengesan satu cara komunikasi pihak Singapura dengan rakyat Singapura yang berada di Malaysia untuk dipanggil pulang iaitu dengan timbul nya KOD di Telefon Bimbit,Televisyen,Telefon celular rakyat Singapura

    37). "A young boy explains to media how passengers of a black car gave him Malaysian 50 cent coins and took pictures of the house of Sulu Sultan Jamalul Kiram III, in Maharlika Village, Taguig City, south of Manila, on 7 March 2013".

    Kisah ni gempar jugak. Terkencing ketakutan sampai minta bantuan Polis Filipina untuk guard rumah Kiram.

    Pada awal tahun 2013, Malaysia dikejutkan dengan siri pencerobohan bersenjata yang mengejutkan di negeri sabah oleh tentera sulu atau lebih layak digelar penceroboh bersenjata. Pendek cerita Ops Daulat pun dilancarkan.

    Sepanjang tempoh Ops Daulat banyak kejadian dan siri serangan dan serang balas berlaku. Begitu juga provokasi yang dilakukan oleh pihak penceroboh agar dapat melemahkan semangat anggota keselamatan kita. Dan dalam banyak-banyak siri provokasi yang dilancarkan ada satu yang menarik perhatian agensi keselamatan kita yg sekali gus merentap semangat kepahlawanan mereka.

    Masihkah anda ingat sultan sulu menggembar-gemburkan cerita bahawa mereka mampu menawan sabah dalam masa hanya 2jam ?!! Setelah beberapa jam kenyataan itu dikeluarkan maka seorang anggota komando GGK yg berpangkat **** bernama Sam telah dipanggil oleh seorang pegawai tinggi polis di lokasi yang dirahsiakan.

    Satu soalan sahaja yang ditanya "hah komando apa cerita?". Soalan ringkas tersebut dijawab dengan ringkas oleh abang sam "dato bagi saya 30 minit saja biar saya bersiap ". Pegawai tinggi polis tersebut hanya memberi cabaran ringkas " hah apa tunggu lagi, jalan."

    Tanpa memakai uniform dengan senjata, sekeping papan dan tiga keping duit 50 sen beliau menuju ke lokasi kiram dengan sebuah bot, beliau kemudian berenang ke pantai. Tiba di pantai Sam bersiap2. Beliau tidak bersuara, beliau membuat mental note kedudukan beliau berpandukan ingatan sahaja. Sam kemudian mencuri pakaian di sebuah rumah dan menuju ke rumah kiram.

    BalasHapus
  42. Setelah mengenakan pakaian dia terus menuju ke rumah sultan sulu dengan berlagak seperti orang tempatan, dia mahir dengan tagalog dan dialek sulu. Setibanya ke lokasi beliau membuat pemantauan, beliau tandakan kedudukan pengawal, berapa kekuatan, dan mula merangka2 jalan untuk menyusup masuk. Beliau rancang laluan masuk dan kontinjensi jika di kesan, laluan melarikan diri, dan juga orang2 tertentu yang beliau boleh hubungi jika keadaan menjadi tak terkawal.

    Kemudian pada masa yang beliau sendiri tetapkan beliau berjalan ke rumah tersebut. Rumah tersebut tidak dikawal rapi, ramai orang keluar masuk melalui berberapa titi2 kayu. Setelah sampai depan rumah sultan sulu Sam memanggil seorang budak lelaki dan mengupah budak tersebut sebanyak 50sen utk menyerahkan duit tersebut kepada sultan sulu, sebaliknya duit tersebut diserahkn kepada pengawal sultan. Pengawal tersebut yang tidak memahami menyeerahkan duit syiling tersebut kepada sultan sulu.

    Dengan sekelip mata gempar lah Manila dengan kejadian tersebut. Sultan sulu pun kecut telur dan minta jaminan keselamatan dari kerajaan Philippine. Bayangkan duit 50 sen mampu menggetarkan telur para pahlawan Sulu.

    OLEH YANG DEMIKIAN HORMATI MEREKA. SEDANG ANDA LENA MEREKALAH SENTIASA MENJAGA PERAIRAN DAN RUANGANGKASA NEGARA. KEHEBATAN ATM TAK PERLU DISANGKAL LAGI.

    SALAM DARI ANAK BANGSA MELAYU MALAYSIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. glorifikasi masa lalu yang sudah tak relevan lagi di masa kini.. kesian tak kuasa move on.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Hehehe...
      Dongeang anak kecil
      Lol
      Gen kalian itu bukan gen pejuang beda dg kami sejarah membuktikan kami semenjak nenek moyang kami berdarah2 angkat senjata usir penjajah
      Lah kalian...malah jadi babu British

      Hapus
    3. Cerita karut lagi...wakakakakak

      Hapus
    4. Cerita xnxx versi Malon ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  43. Hahahaha .. Jangan dengki dan iri .. itulah kisah fakta sebenarnya tentang kehebatan tentera komando Malaysia ... Bukan fiksi atau bualan seperti yang dilakukan Indon ..

    Indon ada tak bukti untuk membantahnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhahhaha..ya ya
      Jgn lp ya minum obat

      Hapus
    2. Msih aja reka2 malon klaim sndri.

      Hapus
    3. Masa iri sama malon konfrontasi panggil bantuan hahha.
      Still coward.

      Jgn dengki iri lihat perkembangan In Han RI.
      Jgn suka klaim.budaya orang

      Hapus
    4. Andalkan FPDA๐Ÿ™Š๐Ÿ’ฉ

      Hapus
    5. Jgn takut maysia ada FPDa untuk keselamtan hahhaha

      Hapus
    6. Xaxaxaxaxaxaxaxa lha ngapain di sanggah,cuma cerita fiksi xaxaxaxaxaxaxaxa bikin bukunya put terus di cetak yg banyak,di jual di planet namex pasti laku keras xaxaxaxaxaxaxa nih put ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    7. Malon reka² cerita karut....wkwkwkwk

      Hapus
    8. Wkwkwkwk..reka² cerita karut

      Hapus
  44. OLEH YANG DEMIKIAN HORMATI MEREKA. SEDANG ANDA LENA MEREKALAH SENTIASA MENJAGA PERAIRAN DAN RUANGANGKASA NEGARA. KEHEBATAN ATM TAK PERLU DISANGKAL LAGI.

    SALAM DARI ANAK BANGSA MELAYU MALAYSIA

    Apa kabar Bomber cina dan CCG 287 hari lon?
    Klo tak brani silahkan hubungin FPDa ya

    BalasHapus
  45. Sudah jelas dri segi In Han Indonesia unggul dri malon eh si Unknown malon aka Putrajaya lagi HalU hahha

    Bilang aja IRI Bos.
    Gak Malu ya Sergam militer Malon yg buat orng Solo

    BalasHapus
  46. -Insitu Pacific will deliver the unmanned aerial vehicle (UAV) that will integrate with the unmanned ground vehicle (UGV) to provide tactical data

    ----------------------


    gaesz cekidot muskito 6x6, bannya...
    insitu ntuw yg bikin sCANEagle kan?

    12 lebih banyak dari 14 kt ada tuch WARGANYET KL haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan ada beruk insial G om yang bilang satuan Knot lebih cepat dari Mach shingga bot FIC dapat melaju dlm skejap & hilang dari pandangan sketika ktika dikejar.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. makloum didikan TOP 5 universiti kan gt, apalagi S2nya kuliah di planet namek, klop dah klamaan begaul ama alien om rico..haha!๐Ÿ‘ฝ๐Ÿ‘ฝ๐Ÿ‘ฝ

      Hapus
    3. G itu GEMPOOR kamsudnya?

      konon lulusan TOP5 university. tapi goblok

      wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  47. MALON MAU MERDEKA DARI HUTANG ??? ADUHHHHHH HALUUUUUUUUUUUU???

    1. Dari Raja sampai anggota DPR ramai-ramai bantu utang negara Malaysia
    https://m.merdeka.com/dunia/dari-raja-sampai-anggota-dpr-ramai-ramai-bantu-utang-negara-malaysia.html

    2. Pinjaman yen Jepun kurangkan kos hutang, kata Dr Mahathir
    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/07/23/pinjaman-yen-jepun-kurangkan-kos-hutang-kata-dr-mahathir/?__cf_chl_jschl_tk__=cb1c07b4456e22cca1e7026cb2f0a992364e24d1-1612321426-0-AWByUz4mCmAzDc17eEeq-2GoBKEI_faSvMpUSSc_v5_5EP2QrlevqyKJq6RBf1mNhfCiqN42hnbEeDziYPr0EGwWl8711_kaxQd8MuwZAXGnFAyNcR0_B9_rESyPiqTAOCuSYyG0-4njbScAPBq--yGt8eAOFTNq_zAHuUd1aEFmKgBGhITtDOBJ969M8j7FrQJOouxQ0O24reXEuJahFtUFUsV2uDS1nCvFCMvW0XtVNDyi1frc03hIX0AgLXB6jiIxjMDzcTxAN5w2p3FqrIUrlMuUdza28FCx4WUAZ0NJIFujnPGFdpnqx3WV7sL2CEPFrLU9n_f5TZFmBWwk0C7JI2H5fN6jWktb0rFoo2mQI3FiI_LzaYxKypPx9_hq5TH-p5chkxqMOnBP7qCy0IkxrH3xWVPWWwbRsS_Es5K26lLST5J2O3TW1jHL16kIoysxSuw6D56ruBHhWhxlEJZMwHrzxdqpw-iogBvjINRZ

    3. Malaysia Jual Aset Negara untuk Bayar Utang
    https://bisnis.tempo.co/amp/1249262/malaysia-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang

    4. Awas salah guna pinjaman, perbelanjaan kerajaan, kata Jomo
    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/tempatan/2020/12/03/awas-salah-guna-pinjaman-perbelanjaan-kerajaan-kata-jomo

    5. Ketua audit negara bimbang kerajaan guna pinjaman bayar hutang
    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/tempatan/2020/11/05/ketua-audit-negara-bimbang-kerajaan-guna-pinjaman-bayar-hutang/


    MALON MAU MERDEKA DARI BRITISH HARUS NUNGGU SELAMA 999 TAHUN.

    Belum Sepenuhnya Merdeka, Malaysia Harus Mau Tanah Negaranya Disewa Inggris Selama 999 Tahun๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง


    https://hot.grid.id/read/181656774/belum-sepenuhnya-merdeka-malaysia-harus-mau-tanah-negaranya-disewa-inggris-selama-999-tahun?page=all

    ADUHHHHHH HALUUUUUUUUUU MERDEKA????????????????๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•

    BalasHapus
  48. Ini berita bak bagi hubungan Indonesia - Chung Kuo ...

    Tingkatkan pengajaran bahasa Chung Kuo sebagai bahasa resmi ke dua setelah Bahasa Indonesia ...
    ---------------
    Peran Bahasa Mandarin Menjembatani Hubungan Chung Kuo-Indonesia

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peran Bahasa Mandarin Menjembatani Hubungan China-Indonesia ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/02/02/14180091/peran-bahasa-mandarin-menjembatani-hubungan-china-indonesia-.

    Editor : Agung Dwi E

    Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
    Android: https://bit.ly/3g85pkA
    iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
    PEMBEKUAN hubungan diplomatik Indonesia dengan Republik Rakyat China (RRC) pada awal Orde Baru diikuti kebijakan pelarangan pembelajaran bahasa Mandarin di semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan. Bahasa Mandarin tidak boleh diajarkan, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal dan tidak boleh digunakan di tempat umum. Buku-buku berbahasa Mandarin juga tidak diizinkan beredar di Indonesia. Secara bertahap, kemampuan berbahasa Mandarin masyarakat Indonesia menurun, termasuk di kalangan komunitas keturunan Tionghoa di Indonesia. Kebermanfaatan untuk berbahasa Mandarin mengecil. Anak muda pun tidak lagi melihat bahwa belajar bahasa Mandarin berguna. Hal ini berjalan lebih dari 25 tahun. Pada akhir masa Orde Baru, hubungan dagang kedua negara mulai dibuka. Dengan cepat, hubungan ekonomi Indonesia-China meningkat pesat karena peningkatan volume perdagangan berbagai komoditas dan hasil manufaktur kedua negara. Pada akhir November 2020, volume dagang Indonesia dengan China mencapai 63,4 miliar dollar AS. Angka ini jauh meningkat dibandingkan pada 1990 yang sebesar 1,28 miliar dollar AS. Baca juga: Membaca 70 Tahun Hubungan Indonesia-China, Pilar Stabilitas Kawasan Peningkatan volume dagang tersebut menempatkan China sebagai mitra dagang utama bagi Indonesia. Namun, masih terdapat halangan dalam mempererat hubungan dagang Indonesia-China, yakni penguasaan bahasa Mandarin. Pada 2001, penulis menjabat Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Kementerian Pendidikan Nasional. Salah satu portofolio yang diemban saat itu adalah mengembangkan kursus-kursus keterampilan, salah satunya bahasa Mandarin yang banyak diminati, karena bersempadan dengan pembukaan hubungan dagang antara Indonesia dan China. Waktu itu, jumlah kursus bahasa Mandarin masih sedikit. Proses pembelajarannya pun belum mengacu pada standardisasi kompetensi bahasa Mandarin secara internasional, yakni Hanyu Shuipoing Kaoshi (HSK). Tes HSK dikelola oleh Hanban, badan resmi negara China yang bertanggung jawab untuk pengenalan bahasa Mandarin ke seluruh dunia. Jumlah kursus bahasa Mandarin pun berkembang pesat. Dari empat kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan, pada 2000, menyebar ke 20 provinsi di Indonesia pada 2019. Dengan dukungan dari Menteri Pendidikan Nasional pada waktu itu, alm Prof Malik Fadjar, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) memfasilitasi peningkatan jumlah kursus bahasa Mandarin ke berbagai provinsi. Untuk hal tersebut, Depdiknas juga bekerja sama dengan Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin (BKPBM) yang digawangi oleh komunitas masyarakat Tionghoa di Indonesia. Organisasi yang diketuai oleh Arifin Zain tersebut menjadi jembatan kolaborasi pendidikan Indonesia dan China. Untuk peningkatan mutu pembelajaran, pemerintah China membantu standardisasi kurikulum, peningkatan kemampuan instruktur, dan penyediaan bahan ajar. Upaya ini berhasil meningkatkan peserta tes HSK, dari 1.200 pada 2001 menjadi 17.784 pada 2019.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peran Bahasa Mandarin Menjembatani Hubungan China-Indonesia ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/02/02/14180091/peran-bahasa-mandarin-menjembatani-hubungan-china-indonesia-.


    BalasHapus
  49. tiba2 PANSER, owekelah klo begitchu haha!๐Ÿคจ๐Ÿคจ๐Ÿคจ

    pt pindad panser

    komodo apc 4x4
    panser apc anoa 2 6x6
    panser apc anoa 3 6x6(prototaip)
    panser badak 90mm 6x6

    Ehmm, sedang produksi massal hore haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    https://www.instagram.com/p/B9GJQ1UnY6D/?igshid=1r27hp8u1u8i5

    pandur2/kobra 8x8 - waitng list, persiapan pra produksi. gpplah impor tetep jalan haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    pt pindad tank
    medium tank harimo item - prototaip jadi 1 bijik. lg persiapan pra produksi, gpplah yg penting uda kontrak haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedangkan yg sebelah masi NOL (ZERO),

      kerna tercatat scr terperinci dari a ke z
      di SIPRI bukan SUPRI haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. om @Pal
      PONDAN itu si gemPOOR.

      padahal sudah dijelaskan tidak ada yang menang atau kalah

      wkwkwkwkwk

      Hapus
    3. timfukin fisank om esen haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      pepet terusszz, jgn kasi kendor haha!๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š

      Hapus
  50. HALUSINASI

    MALAYSIA KLAIM JADI NEGARA MAJU DITAHUN 2020
    https://koran.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/354549/malaysia-klaim-jadi-negara-maju-pada-2020

    VS

    REAL

    Malaysia on way to becoming new ‘sick man’ of Southeast Asia

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/highlight/2021/02/01/malaysia-on-way-to-becoming-new-sick-man-of-southeast-asia/?__cf_chl_jschl_tk__=9e92717fe11f895a7d661a2f1dade245365015f3-1612331257-0-AQtYC_wIfPOIZDzrwB8obeWmkeRp4B408hN9WzmkrMszqUCZq4uCmKVwK3RlwaraNRJoFPOaMQvg9JmUlZ5qs4kL_fgoFw541_YnLgYZOYaB15nigSXg2rQIpOHbfIsuuDxIh4Jz15ikgUjzMIfwx7a24Z4TMi2kBwOGE5-DoANMK9EDkuQ2ZoX5IU-C3tbhq7up68spk8p2HXidxPE8dSknoLodUDrJ6eJZE7eZcrweWaSFMjVvz3y0fnZ3J5mhgkOqVoPBJEJfS0xJpjprw3TXkYIl0y28iWHbImTBuv7Ed8sGKba-DwfGoTe9NJCctFPtVjSXpvNfMomDXcs7WlM3bHsE2P_XVIxE2dVFayofTZG_TyqriXn1L17K2iIRNgMRnT7UoIU_fyaFb82RiwzHAjN3Bw2FNK3sLOcFpGZIdU_hwr16CLA5yTq88iyc9rfTlr9Izuud9t9fwl1-pvmhSGlVEjUCGr-J55NIA9Ov


    ADUHHHH HALUUU??????????????????????????????????????? NEGARA MAJU 2021 HALUUUUUUUUUUU????????????๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท๐Ÿท

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. " NAFSU "
    Jagalah Nafsumu sebelum ia membinasakan mu, kendarailah Nafsumu, sebab jika tdk ia akan mengendarai mu
    Nafsu seseorang akan selalu menentang dan membangkang, maka barang siapa ingin menjadikannya baik, hendaklah ia BERMUJAHADAH
    berjuang melawannya sehingga terselamatkan dari kejahatannya,
    hawa nafsu semuanya adalah KEBURUKAN dlm KEBURUKAN, namun apabila telah terlatih dan menjadi tenang, maka barulah ia ( Nafsu ) menjadi KEBAIKAN dlm KEBAIKAN

    BalasHapus
  53. bannya mantap, entah bagaimana menghadapi IED

    BalasHapus
  54. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
    39. Salam CCG kekal 289 hari kat betting Ali, CCG sudah makan tido berak sedot ikan sedot minyak atm tak berani usir
    40. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN
    41. Salam heli SEWA, ATV dan Motosikal SEWA
    42. Salam MERIAM TARIK LEMBU camo Digital, lembu hasil curian
    43. Salam LMS ompong berjumpa dengan saudara kandung CCG malah ngumpet di balik pulau
    44. Salam 9 APC Guardian di tolak PBB tiada RCWS hendak prank PBB dengan harga komplite RCWS
    45. Salam SEWA lebih Jimat dari pada BELI, karena ekonomi lockdown Miskin kedekut menguncup
    46. Salam toy kid drone DJI di tempel two M4 untuk menakuti Kelalawar UCAV alakadarnya tentara miskin
    47. Salam di bully bekas Provinsi, bayar air murah, di ceroboh Apache, di ambil pulau puteh, bayar denda kereta Cepat



    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut Sewa ASEAN
    Salam Rank 44 di bawah kaki Myanmar
    Salam Budget di bawah kaki philipine

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa Pati, OPM, Covid19, hutang, bansos?? Cuma itu itu je? Nih lihat salam yg banyak pada malon bebas pilih di copy paste


      Xixixixixixiixiixi

      Hapus
    2. banyuak amat....
      seperti daftar belanjaan

      wkwkwkwkwkwk
      ๐Ÿคฃ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‘Ž๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. salam negara "SICKMAN OF ASEAN" ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. Ngakak anjir niat bener๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  55. si beruk monyet ๐Ÿ’GEMPOOR๐Ÿ’ memang raja halu, raja angan, raja trool yang gobloknya kebangetan,

    sampah asean dari negara malon.

    tak punya malu dan marwah.
    senapan VITA BERAPI yang asli buatan dan hasil karya pikiran engineer malon tak mau diakuinya.

    malah barang buatan negara lain, yang hanya rakit doang sangat dibangga banggakan si gempoor.

    apa hebatnya poor dengan membanggakan buatan negara lain.

    BANGGA DENGAN PRODUK NEGARA SENDIRI, itu baru HEBAT....!!!

    cuiiih..๐Ÿ’ฆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vita Berapi hasil enginer malon pun tak di akui Gempur, sedangkan gempita hasil karya orang di akui


      Save Vita Berapi , galakan supaya di pakai ATM baru jaguh ��������

      Hapus
    2. gempita tinggal ngerakit kayak lego, tak bisa di ekspor ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Jd yg bukan muslim sampah sehingga boleh dimusuhi, gitu maksud loe??? Ini topik militer, ini indonesia dengan BHINEKA TUNGGAL IKA, negara ini berdiri tidak didasari agama, NUSANTARA, SUNDALAND, NUSANTAO JAUH LEBIH BESAR DARI ARAB KARENA INDONESIA TELAH DIAKUI PARA PROFESOR ARKEOLG DUNIA INDONESIA ADALAH AWAL PUSAT PERADABAN DUNIA,,,DAN SATU YANG AKU YAKINI SAMPAI DETIK INI ALLAH DAN PARA NABI NYA TIDAK PERNAH MENCIPTAKAN AGAMA DAN MENGKOTAK2 UMAT MANUSIA DENGAN YANG NAMANYA AGAMA KARENA ALLAH MENCIPTAKA DUNIA DAN MANUSIA BERAGAM JENIS BENTUK DAN WARNA, TOLONG JANGAN BAWA2 AGAMA DITOPIK MILITER.

    BalasHapus
  58. Ente yg ngigau topik militer bawa2 ayat, sadar gk ente ini topik militer???? Kalau ilmu masih seupil gk usah bawa2 ayat, tolol ente pelihara.

    BalasHapus
  59. Sesama saudara seIslam dilarang mengejek. Kalau belum pernah ke akhirat mending meneng ae. Dilakoni ae, gak usah berdebat. Kakean debat gak oleh sego berkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ

      ๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด

      ๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค

      Hapus
    2. tapi.....
      ada negara konon negara paling tamadun agamanya.
      tapi....
      JUDI di HALALKAN
      tapi...
      LGBT di LEGALKAN
      tapi...
      pengEXPORT NARKOTIKA terbesar
      tapi...
      NEGARA penghasil TERORIS
      tapi...
      NEGARA yang paling suka MENCURI
      tapi...

      Hapus
  60. Sesama saudara seIslam dilarang mengejek. Kalau belum pernah ke akhirat mending meneng ae. Dilakoni ae, gak usah berdebat. Kakean debat gak oleh sego berkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ

      ๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด

      ๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค

      Hapus
    2. tapi.....
      ada negara konon negara paling tamadun agamanya.
      tapi....
      JUDI di HALALKAN
      tapi...
      LGBT di LEGALKAN
      tapi...
      pengEXPORT NARKOTIKA terbesar
      tapi...
      NEGARA penghasil TERORIS
      tapi...
      NEGARA yang paling suka MENCURI
      tapi...

      Hapus
    3. Terus diluar islam boleh diejek???? I love indonesia, i love nusantara, i love sundaland,,,indonesia adalah titipan Tuhan untuk keturunan nabi Nuh,,,hati2 ngutip ayat karena itu bisa menyinggung BHINEKA TUNGGAL IKA.

      Hapus
  61. Sesama saudara seIslam dilarang mengejek. Kalau belum pernah ke akhirat mending meneng ae. Dilakoni ae, gak usah berdebat. Kakean debat gak oleh sego berkat.

    BalasHapus
  62. Sesama saudara seIslam dilarang mengejek. Kalau belum pernah ke akhirat mending meneng ae. Dilakoni ae, gak usah berdebat. Kakean debat gak oleh sego berkat.

    BalasHapus
  63. ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ๐Ÿฅฑ

    ๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด

    ๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค

    BalasHapus
  64. Berdebat dengan diskusi itu beda. Kalau diskusi, mencari mana yg benar, atau sebaiknya bagaimana agar bisa benar. Kalau debat itu ngotot merasa paling benar.
    Diskusi itu sinau, berdebat itu saling adu.
    Dalam sinau, ada cahaya, ada derajat.
    Dalam debat, hanya ada ego.
    Islam sendiri mengajarkan, hindarilah perdebatan, walau kita dalam posisi benar sekalipun.
    Jadi, kalau pas kita terjebak debat, atau malah gemar berdebat, apalagi saling ejek, kita lupa, ajaran agama kita yg kesannya sederhana ini, tp tinggi nilainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi.....
      ada negara konon negara paling tamadun agamanya.
      tapi....
      JUDI di HALALKAN
      tapi...
      LGBT di LEGALKAN
      tapi...
      pengEXPORT NARKOTIKA terbesar
      tapi...
      NEGARA penghasil TERORIS
      tapi...
      NEGARA yang paling suka MENCURI
      tapi...

      ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

      Hapus
    2. dan memang niatan saya untuk berdebat, mana yang lebih baik.
      senapan buatan malaysia atau senapan buatan indonesia.

      dan sudah saya jelaskan juga, debat yg saya maksud bukan untuk mencari siapa yang menang atau siapa yang kalah.

      percuma DISKUSI sama mahluk bodoh dari malaysia ini yang sukanya ngetroll dan menghina bangsa indonesia.

      diskusi sama orang bodoh percuma

      Hapus
    3. @ESSEN

      Sudah bro gak usah di layanin omongan Unknown, sudah kebaca arah omongannya dia itu masuk ke geng Malon.

      Biasa geng malon kalo dah kalah debat pasti bawa agama, serumpun, bla, bla..

      Baru kali saya liat ada orang di forum militer bawa-bawa Hadist.

      Gak pernah ada hal seperti itu di Formil Kaskus, Defense PK, Defense Hub.

      Hapus
    4. Oceeeh boss...
      ๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‘

      Hapus
  65. tapi.....
    ada negara konon negara paling tamadun agamanya.
    tapi....
    JUDI di HALALKAN
    tapi...
    LGBT di LEGALKAN
    tapi...
    pengEXPORT NARKOTIKA terbesar
    tapi...
    NEGARA penghasil TERORIS
    tapi...
    NEGARA yang paling suka MENCURI
    tapi...

    BalasHapus
  66. KITA SEMUA ADALAH MEDAN ENERGI.
    PRINSIP DARI ENERGI ADALAH BERRESONANSI.
    SUKSES DENGAN MEMBERDAYAKAN PIKIRAN MELIBATKAN PRINSIP ENERGI INI.
    "Pikiran bawah sadar adalah tidak lain medan energi atau tingkat mental yang berresonansi dalam jalur bersama subyektivitas universal."
    -Stephen Richards
    Dalam fisika kuantum dijelaskan bahwa kita hidup dalam jaringan energi yang terkait satu sama lain. Pikiran dan mentalitas kita memberi kontribusi pada sekitar kita, terlebih masa depan hidup kita. Apa yang Anda pikirkan, positif atau negatif, itu akan kembali dan hasilnya akan Anda rasakan sesuai dengan apa yang Anda lakukan.
    Maksudnya jika Anda terbiasa pada hal-hal negatif, seperti mengeluh, merasa tidak mampu, benci, iri hati, maka hal-hal negatif itu akan menarik hal-hal negatif lainnya. Dan juga sebaliknya, jika Anda terbiasa pada hal-hal positif, seperti optimis, baik hati, bersyukur, berorientasi pada tindakan, dan lain sebagainya, maka Anda akan menarik hal-hal positif dalam diri Anda. Ini semua disebut sebagai Law of Attraction (Hukum Tarik Menarik).
    Rahasia sukses juga tidak terlepas dari Law of Attraction ini. Cara termudah adalah atur frekuensi pikiran kita pada hal-hal positif dan yang produktif. Metode yang terbukti efektif adalah dengan memprogram pikiran bawah sadar kita. Ibarat kita menentukan channel yang menjadi frekuensi yang ingin kita hasilkan terus menerus. Frekuensi inilah yang nantikan akan mewujud dalam realita yang kita inginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AJARKAN PADA SI GEMPOORWATI dan GENK MALON LAINNYA.
      apa yang kamu sampaikan

      Maksudnya jika Anda terbiasa pada hal-hal negatif, seperti mengeluh, merasa tidak mampu, benci, iri hati, maka hal-hal negatif itu akan menarik hal-hal negatif lainnya. Dan juga sebaliknya, jika Anda terbiasa pada hal-hal positif, seperti optimis, baik hati, bersyukur, berorientasi pada tindakan, dan lain sebagainya, maka Anda akan menarik hal-hal positif dalam diri Anda. Ini semua disebut sebagai Law of Attraction (Hukum Tarik Menarik).

      Hapus
    2. IRI HATI dan DENGKI itulah sifat dari negara malaysia.

      jadi anda jangan sok bijak dan paling ngerti agama.

      orang yang sok ngerti itulah orang paling bodoh.

      orang yang merasa paling benar itulah orang paling salah.

      Hapus
    3. kamu tiba2 sok menasehati.
      kalau kamu ngerti agama, tolong nasehati itu negara malaysia.

      kono. negara malaysia adalah negara agama palin tamadun.

      tapi kenapa JUDI di HALAKAN, kamu HOMO dan LESBIAN di BIARKAN, sumber NARKOTIKA yang merusak umat manusia, SARANG TERORIS.

      coba anda kasih tau kalau anda memang bijak dan pintar agama.
      (saya juga seorang muslim)

      Hapus
  67. Balasan
    1. admin masih menunggu jawaban dari gemPOORwati tentang DEBAT senapan VITA BERAPI vs senapan D7 KOMODO.

      xixixixixi...

      Hapus
    2. Bahas ini min, rodho panas ee..

      https://www.meforum.org/61980/us-army-looks-at-israels-spike-anti-tank-missile&ved=2ahUKEwiGrKLhwM3uAhUXgtgFHTFOCYUQFjAGegQIBRAB&usg=AOvVaw0Dz5ZY9bmNt3DAvira2Cob

      Hapus
  68. bahas first flight nya F15EX dong om admin,menarik tuh

    https://www.thedrive.com/the-war-zone/39027/the-air-forces-new-f-15ex-eagle-just-took-to-the-air-for-the-first-time

    BalasHapus
  69. Unhan beserta Kedubes Inggris Laksanakan Short Course on Managing Defense in a Wider Security Contex (MDWSC)

    Bogor – Universitas Pertahanan (Unhan) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris melaksanakan Short Course on Managing Defense in a Wider Security Contex (MDWSC) TA. 2021, selama lima hari, 1 s.d 5 Februari 2021. Bertempat di Hotel Mandarin Jakarta melalui daring. Senin, (1/2).

    Pembukaan kursus diawali sambutan Duta besar Kerajaan Inggris Owen Jenkins, dan Keynote Speaker Menhan RI H. Prabowo Subianto diwakili Wakil Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra didampingi Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR, CIQaR., IPU serta Sekretaris Pertama Pertahanan dan Keamanan Kedutaan Kerajaan Inggris Christian Ayres.

    Kursus singkat ini meghadirkan narsumber pada hari pertama dan kedua Dr Gemma Colantes Celador topik Conceptualising Security at the Global, Regional and National levels dan Lt Col Darren Hughes topik The Strategic Context dan topik Policy Formulation, Implementation and Review (to include the political direction of defence and security) dan topik Strategy and trategy Development (Lecture) (part of the political direction of defence and security).

    Hari Ketiga Lt Col Darren Hughes topik Strategic Communications dan Dr John McCormack topik Operationalising Strategy (to include defence management/challenges and performance measurement).

    Hari keempat Dr Gemma Collantes Celador) topik Governance of the Security Sector dengan Dr John McCormack topik Risk Management. Sementara itu pada hari kelima dengan narasumber Dr Gemma Collantes Celador topik Civil-Military, Civil-Security Relations (to include relative roles).

    Dalam Keynote Speaker Menhan RI yang dibacakan oleh Wakil Menhan RI menyampaikan kursus singkat Managing Defense in a Wider Security Contex (MDWSC) sebuah program hasil kerja sama bilateral antara Kemhan RI dan Kementerian Pertahanan Kerajaan Inggris Raya, yang dalam hal ini diwakili oleh Kantor Atase Pertahanan Kerjaan Inggris Raya di Jakarta.

    Hal ini menunjukan bahwa hubungan baik antara kedua Kementerian Pertahanan terjalin dengan sangat erat, yang didasari prinsip saling menghormati dan saling memberi manfaat pada setiap kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama.

    Menurut Rektor Unhan, Kerja sama dalam kegiatan short course ini menunjukkan hubungan yang baik antara Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Pertahanan Kerajaan Inggris Raya dengan prinsip saling menghormati dan berjasa pada setiap kegiatan yang telah dilakukan bersama.

    Tujuan the short course on managing defence in a wider security context (MDWSC) adalah untuk meningkatkan kapasitas perwira TNI dan aparatur terkait keamanan seta meningkatkan kerja sama antara Kementerian Pertahanan Indonesia, Kementerian Pertahanan Kerajaan Inggris Raya, Universitas Pertahanan dan Cranfield University.

    Kursus singkat ini juga merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Unhan dengan Cranfield University yang diikuti oleh 50 peserta kursus diantaranya dari Kemhan,Unhan, Mabes TNI dan Angkatan, Kementerian/Lembaga antara lain Kemenpolhukam, Kemenlu, Kemendagri, Kemendikbud, Kemen KKP, BIN, BNN, BSSN, BNPT, BNPP, BNPB, Bakamla, BPPT, Wantanas, Lemhanas, Lemdiklat Polri, LIPI, Pemprov DKI, Pemprov Bogor dan KPK.

    Pejabat Unhan yang hadir pada saat pembukaan adalah Warek I Unhan Mayjen TNI Dr. Jonni Mahroza, S.I.P., M.A., M.Sc., CIQnR., CIQaR, Warek III Unhan Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S., M.B.A., Dekan FMP Unhan Laksma TNI Dr. Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Wadek FKN Unhan Laksma TNI Dr. Endro Legowo, S.E., M.A.P dan Wadek FMP Marsma TNI Anton Iman Santosa, S.E., MMgtStud., M.Si (Han)., CIQaR sekaligus merangkap sebagai ketua panitia.

    Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat eselon I, II, III di lingkungan Unhan.

    Link :

    https://www.kemhan.go.id/2021/02/03/unhan-beserta-kedubes-inggris-laksanakan-short-course-on-managing-defense-in-a-wider-security-contex-mdwsc.html

    BalasHapus
  70. Berdebat itu biasa untuk menunjukkan sesuatu hal tp menjust orang dengan dasar2 rohani tanpa melihat inti masalah seperti yg ente lakukan tanpa melihat tempat, topik atau pun situasi/momen itu sama aja ente pamer ketololan,,,lebih baik ente intropeksi diri tong.

    BalasHapus
  71. Logika aja ya,kalau malay pintar kenapa bikin kapal tak cecah air?? Hebatlah atau dungu??

    BalasHapus
  72. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk segera menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  73. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus