16 Mei 2021

Australia Defence Budget Climbs to AUD 44.6 billion

16 Mei 2021

Defence budget as a share of gross domestic product (GDP) will reach 2.1% (photo : ASPI)

The 2021–22 budget was a ‘no surprises’ one for Defence. The government set out its plan in the 2016 white paper, reaffirmed it in last year’s defence strategic update and is now providing Defence with the funding it promised to deliver the plan. The size of the budget is as expected and that’s good news, but it’s how it can be spent to acquire more offensive firepower well before the 2030s that matters most. The budget tells us little new here.

Because defence ministers no longer state the size of the defence budget in their budget night media release, here it is: $44.6 billion. You can find it in Table 4a in Defence’s portfolio budget statements. That’s the consolidated number for the Department of Defence ($43,560.7 million) and the Australian Signals Directorate ($1,057.9 million). That’s an increase on 2020–21 of 6.1% in nominal terms and 4.1% in real terms.

Once we take into account things such as foreign exchange adjustments and funding supplementation to conduct operations, that amount is pretty much bang on the government’s funding commitment set out on page 54 of the defence strategic update. That’s consistent with the government’s history of delivering on its funding commitments stretching back to the white paper. In short, the defence budget is continuing its solid growth.

Despite the lack of surprises, there are a few significant things to see here. One is that Defence’s acquisition program is continuing to move a lot of money. I’ve noted several times that much of the growth in the budget is focused on that program. If we take a step back to the 2020–21 budget, the government was planning a huge $3 billion (27%) increase in Defence’s acquisition budget, from $11.2 billion to $14.3 billion. Considering Defence had only achieved roughly 5% increases in preceding years, that was very ambitious, particularly in the middle of Covid-19 pandemic that was interfering with global supply chains. Was it overly ambitious?

See full article ASPI

213 komentar:

  1. Indonesia budget nya naik ngga tahun ini ? apa malah turun ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik hutang lar, parti suka hutang suruh bayar rakyat kecik kan best

      Hapus
    2. @Partai Songlap

      Kau Jenguk sana Junjunganmu Rizieq Shihab di Mabes Polri. Jangan lupa bawa Kipas Angin atau AC buat junjunganmu karena dia bilang panas di penjara. Wkwkwkwkwk

      Hapus
  2. Tidak mengapa duit mereka sendiri tidak MNGUTANG...

    Yang bahaya bila beli aset pertahanan menggunakan dana negara lain sebagai LENDER... wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesir ngutang 10 tahun rileks je lagipula kami sanggup bayar hutang tak perlu gadaikan aset negara seperti SEBELAH Tu Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Ye ke... Kereta cepat bakal dijual ke China ya... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    3. Jalan tol juga dijual... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    4. Wkwkwkwkw PROTON pun dijual ke CHINA oleh NAJIB Wkwkwkwkw

      Hapus
  3. Beli aset NGUTANG ke LENDER...

    Jaga jaga asetnya di tarik debt collector. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  4. Apa tidak LENDER berebut memberi HUTANG... bunga hutangnya tunggi malah tertinggi di ASEAN ya..... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  5. Buat hutang untuk bayar bunga hutang je.... Nah parah tu... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh samurai bond d pake bayar utang ke cina itu ya fuuuuuurr..


      Wkwkwkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkkwkkwkwwkwkwk

      Hapus
  6. Kesian jiran yang tak shoping2..cuma jadi penonton..


    Wkwkwwkwkkwkwkwwkwkwkkwwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkwwkkwkwkwkwkwkkwwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelah mana ada shoping selain di PRANK... wkwkkwkwkwkw


      Rafale la, f15 la, iver la... Tahu tahu PRANK... WKWKKWKWKWKW

      Hapus
  7. MAlon lockdown shopingnya tertunda lagi gaez
    ,malon ekonomi teruk..

    Wkwkwkwkwkkwkwwkwkkwwkkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwwkwkwwkwkkwkwkwkwwkkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  8. Wkwkwkkwkwkwk... Tertunda..? Mana ada tunda....

    Yang sebelah di prank tu mau tunggu LENDER la tu.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puasa sudah selesai fuuuuur,masa mo puasa sampe 2055..kelamaan fuuuuuuurr


      Wkwkwwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwwkkwkwwkkwkwkkwwkkwkwk

      Hapus
  9. Genk FPDA budgetnya besar2 y,cuman malon aja yg budgetnya kecik,kesian paling lemah..


    Wkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwwkkwwkwkwkwkwkkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwwkwk

    BalasHapus
  10. Kasihan ... Pembelian aset menggunakan dana negara lain.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  11. Malah NGUTANG ke LENDER bangga... Kami shoping terus kata geng sebelah... Dia lupa yang bubga hutang 2 hingga 3 kali ganda... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  12. Kasihan..malon budget paling kecik d antara genk fpda..

    Wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwwk

    BalasHapus
  13. Malah ngutang kereta cepat selama 200 tahun.. Nah parah... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon tak punya kereta cepat,malah bayar denda ke spore..

      Wkwwkkwwkwkkwkwwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkwkk

      Hapus
  14. MAlon tak pantas gabung FPDA,pantasnya gabung sama vanuatu,timles,kamboja..sama2 budget kecik..


    Wkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwkkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  15. Pengembalian Utang Kereta Cepat Makan Waktu 200 Tahun


    FIN.CO.ID, JAKARTA – Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki kereta cepat seperti Jepang dengan Shinkansen-nya. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan dioperasikan pada 2020 mendatang. Dana yang dikeluarkan dalam proyek ini ditaksi mencapai 6,02 miliar dolar AS atau setara Rp86,04 triliun.

    Lagi-lagi untuk membiayai proyek kereta api cepat itu Indonesia berutang kepada Cina. Kebutuhan pendanaan akan dipenuhi lewat utang dari China Development Bank (CDB) sebesar 75 persen dan 25 persen dari ekuitas pemilik saham. Pemegang saham KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina), adalah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia sebesar 60 persen dan konsorsium perusahaan Cina sebesar 40 persen.

    Vice Director Indef, Eko Listiyanto menilai proyek prestisius ini memang mahal namun sudah menjadi keputusan pemerintah dan harus tetap dikerjakan walaupun idealnya kereta cepat itu untuk jarak jauh.

    “Sebetulnya untuk ke Bandung kita sudah ada tol dan kereta biasa,” ujar Eko kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (14/7).

    Menurut dia, sekalipun tidak membebani secara langsung ke APBN karena pendanaan di bebankan pada BUMN dan konsorsium China. Namun menurutnya akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan biaya investasi hanya dengan penjualan tiket saja.

    Kalau dihitung investasi Rp86 triliun, dengan penjualan tiket per hari Rp1 miliar paling tidak diperlukan waktu 200 tahun lebih untuk mencapai angka tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAlo mau naik kereta cepat,mampir indo y fuuuuuurrr..


      Wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwk

      Hapus
  16. Nah NGUTANG ke china selama 200 Tahun.... Wkwkkwkwkwkw

    Akibat NGUTANG ke LENDER.... Parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAlon jangankan project besar,kapal perang kecikpun musti utang..


      Wkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Ko ni tk de troll lain ke hutang je hari troll ko. Umur dah 40 an lagi cam budak budak ko sampai lebih baik insaf diri dah tua. Tak payah pura pura jadi orang malaysia. Orang malaysai baik baik .dan orang malaysia tau hutang negaranya tk cam ko .

      Hapus
  17. Malah beli aset pertahanan pun NGUTANG ke LENDER.... Kasihan sekali

    BalasHapus
  18. Elder brother tak d pandang,kesian..


    Wkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwkkwwkkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  19. Wkwkkwkwkwkwkw... Kasihan China bakal menjadi pemilik saham terbesar kereta cepat sebelah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat y fuuuurr,indo satu2nya negara d asia tenggara yg punya kereta cepat,malon semakin tertinggal..


      Wwkkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwwkkwkwwkkwkkwkwkwkwkwk

      Hapus
  20. Rugi 2 kali guys.... Sudah ngutang... Projek jatuh ke tangan china.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon rugi 2x ya fuuuurr..kereta api cepat tak punya malah bayar denda..kesian


      Wkwkwkwkwwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkwkwwkwkkwwk

      Hapus
  21. Sekali NGUTANG 139 Trilyun rupiah Wkwkwkwkw



    https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190725132432-92-415402/malaysia-lanjutkan-proyek-rp139-t-hasil-pinjaman-china

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita sudah basi - berapa asset dan saving negara Malaysia?

      Hapus
  22. SALAM HUTANG 139 triliun ke China wkwkwkwkw

    BalasHapus
  23. Menanggung hutang selama 200 tahun.. Nah berapa generasi tu guys baru hutang selesai... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  24. Kereta cepat jadi milik china... Malah ngutang selama 200 tahun.... Wkwkkwkwkwkw

    Rugi 2 kali... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  25. Yg lagi kena kurung kerajaan, gak usah bahas budget. Sebab warganya nak dibuang kesungai macam wsrga india....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada dikurung boleh je keluar beli barang keperluan... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. KASIHAN tak boleh pergi LEBARAN Wkwkwkwkw salam Di KURUNG macam AYAM Wkwkwkwkw

      Hapus
    3. D indo seronok fuuuurr,lebaran pusing2 terus,d malon cik rusli tak bisa kemana mana2,malon lockdown untuk ketiga kalinya kesian
      Wwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwkkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkkwkwkwkwkwwk

      Hapus
  26. Kereta cepat jadi milik china... Malah ngutang selama 200 tahun.... Wkwkkwkwkwkw

    Rugi 2 kali... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  27. Warga malon menjerit kena kurung utk ke dua kalinya. Takut dibuang kesungai oleh kerajaan macam warga india....hikhikhik

    BalasHapus
  28. Kasihan ngutang selama 200 tahun.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  29. Pengembalian Utang Kereta Cepat Makan Waktu 200 Tahun


    FIN.CO.ID, JAKARTA – Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki kereta cepat seperti Jepang dengan Shinkansen-nya. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan dioperasikan pada 2020 mendatang. Dana yang dikeluarkan dalam proyek ini ditaksi mencapai 6,02 miliar dolar AS atau setara Rp86,04 triliun.

    Lagi-lagi untuk membiayai proyek kereta api cepat itu Indonesia berutang kepada Cina. Kebutuhan pendanaan akan dipenuhi lewat utang dari China Development Bank (CDB) sebesar 75 persen dan 25 persen dari ekuitas pemilik saham. Pemegang saham KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina), adalah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia sebesar 60 persen dan konsorsium perusahaan Cina sebesar 40 persen.

    Vice Director Indef, Eko Listiyanto menilai proyek prestisius ini memang mahal namun sudah menjadi keputusan pemerintah dan harus tetap dikerjakan walaupun idealnya kereta cepat itu untuk jarak jauh.

    “Sebetulnya untuk ke Bandung kita sudah ada tol dan kereta biasa,” ujar Eko kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (14/7).

    Menurut dia, sekalipun tidak membebani secara langsung ke APBN karena pendanaan di bebankan pada BUMN dan konsorsium China. Namun menurutnya akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan biaya investasi hanya dengan penjualan tiket saja.

    Kalau dihitung investasi Rp86 triliun, dengan penjualan tiket per hari Rp1 miliar paling tidak diperlukan waktu 200 tahun lebih untuk mencapai angka tersebut.

    BalasHapus
  30. Yg kena kurung mohon segera sembunyi, sebab kerajaan nak jemput warga malon, nak dibuang kat sungsi macam india....hikhikhik

    BalasHapus
  31. Indonesia sdh punya kereta cepat, sementara warga malon masih menderita kena kurumg kerajaan, tak bisa nikmati kereta cepat....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. KASIHAN harus bayar DENDA ke MANTAN PROVINSINYA Wkwkwkwkw

      Hapus
  32. Wkwkwkwkw KASIHAN kerajaan kalian sudah tak banyak Wang dan pembelian alutsista MALON di TUNDA dan Di PRANK lagi wkwkwkwkw

    BalasHapus
  33. Kereta Cepat Batal, Malaysia Bayar Rp1,1 T ke Singapura!
    Oleh : Redaksi

    Selasa, 30/Mar/2021 06:43 WIB
    foto:istimewa/ilustrasi


    JAKARTA (BeritaTrans.com) - Proyek kereta cepat yang kontroversial antara Malaysia dan Singapura memasuki babak baru. Malaysia telah membayar SG$ 102,8 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun (asumsi Rp 11.000/SG$) kepada Singapura sebagai kompensasi pembatalan proyek.

    Dalam pernyataan bersama pada Senin (29/3/2021), pemerintah kedua negara mengatakan jumlah tersebut merupakan penyelesaian penuh dan final sehubungan dengan penghentian perjanjian bilateral untuk mengembangkan jalur tersebut.

    Dilansir dari AFP, Senin (29/3/2021), jalur kereta api sepanjang 350 kilometer (217 mil) itu diharapkan memangkas waktu perjalanan antara negara kota itu dan ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, menjadi 90 menit dari empat jam atau lebih dengan mobil saat ini.

    Singapura menandatangani kesepakatan untuk membangun jalur kereta cepat pada tahun 2016 dengan pemerintahan perdana menteri saat itu Najib Razak. Tetapi nasibnya diragukan setelah Najib dikalahkan dalam pemilihan umum dua tahun kemudian.

    Penerus Najib, Mahathir Mohamad, mengatakan ingin membatalkan proyek tersebut untuk meninjau proyek infrastruktur besar yang disetujui oleh pendahulunya.

    Konstruksi kemudian ditangguhkan selama dua tahun atas permintaan Malaysia dan proyek tersebut akhirnya dibatalkan pada Desember 2020, setelah runtuhnya pemerintah koalisi Mahathir.(amt/sumber:cnbcindonesia.




    Kesian,keretanya tak nampak malah bayar denda ke spore..


    Wwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beza MALAYSIA bayar.. Sevslah NGUTANG 200 Tahun.. Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
  34. Kasihan 2 kali rugi guys...

    Kereta cepat jatuh ke tangan china, malah NGUTANG lagi selama 200 tahun... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  35. Lepas bulan July, siap2 warga malon kena kurung ketiga kalinya, sebab bandel sangat tak mau dengar cakap kerajaan.......hikhikhik

    BalasHapus
  36. Singapore smart y fuuuur,dapat duit free dari malon.

    Wkwkwkkwkwkwkkwkwkwwkwkkwkwkwwkkwkkwkwwkwkkwkwkwkkwkwwkwkkkwkwkwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  37. Super kesian indon, konon budget alutsista pinjaman luar negeri khusus shopping 21 billion, faktanye lawak krik krik tak diakui parti songlap kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan asetnya di tarik debt collector... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. Nyet udah dapat bagian raskin hari ini?..

      Wwkwwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwk

      Hapus
  38. 200 tahun... Ya ampun parah hutangnya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 999 tahun masih dikuasai INGGRIS Wkwkwkwkw

      Hapus
  39. INgat fuuuuurr project malon ini dapat dari utang juga,sila kumpul koin fuuuuuurr..

    Wkwkwwkwkwkwkkkwwkkwkwkwwkkwkwkwkwkwk2kwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwkkwkwkkwkkwkwkk

    BalasHapus
  40. Siap2 giliran pak cik rusli kena campakkan ke sungai selepas dikurung pak cik.....hikhikhik

    BalasHapus
  41. Salam dikurung dua kali pak cik....hikhikhik

    BalasHapus
  42. Kurung ketiga kali selepas tuh campakkan ke sungai.....hikhikhik

    BalasHapus
  43. Salam kerajaan akui tak punya banyak Wang Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok la jangan prank konon ada 11,000 trilion... Tahu tahu beli aset pun NGUTANG KE LENDER... wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. MALON bayar HUTANG ke China pakai Wang Jepun konon Claim kaya wkwkwkwkw

      Hapus
  44. Salam NGUTANG selama 200 tahun.. Malah asetnya kereta cepat bakal menjadi milik china... Wkwkkwkwkwkw

    Salam RUGI 2 KALI.. WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam rugi 2x fuuuuurr,kereta tak punya malah bayar denda ke spore..asyiiiiik


      Wwkwkkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwkkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwwkwkkwwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
  45. MAntab indo menjadi negara pertama d asia tenggara yg punya kereta cepat,malon makin iri..

    Wkwkwwkwkwkkwkwkkwwkwkkwkkwkwkkwkwwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkwk

    BalasHapus
  46. Jangan harap Xie ji ping akan biarkan indon shopping alutsista, tangan tangan halus Xi Ji ping pasti main, proxy kat parti akan gondolin apapon agar indon banyak hutang kat cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyet kalo lu bosan makan raskin,datang ke rumah gw nyet,nanti gw kasih beras setra ramos yg paling pulen..

      Wkwkwkwwkwkwkwkwkkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  47. Buat genk malon yang hendak menikmati enaknya naik kereta cepat,kalian jangan pergi jauh2,datanglah ke indo yaaaa..

    Wkwwkkwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwwkwkkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  48. Wkwkwkwwkwkw.... Wika mau jual sahamnya ke china menjadi kan china pemilik saham terbesar kereta cepat sebelah dan seterusnya menjadi pemilik kereta cepat...

    Malah geng sebelah bangga... Aneh... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  49. Pasal kena kurung kerajaan, warga malon sholat idul fitri menghadap jamban....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang Ruskye16 Mei 2021 09.54

      Pasal kena kurung kerajaan, warga malon sholat idul fitri menghadap jamban....hikhikhik

      ======!!!=======

      Hati-hati kalo posting ya
      Gak gitu juga kale.

      Hapus
  50. PARAH... keretanya tak siap malah kena bayar DENDA pula wkwkwkwkw

    BalasHapus
  51. Warga malon stress sebab kerajaan kurung mereka utk kedua kalinya....hikhikhik

    BalasHapus
  52. Xi Ji ping pasti sarankan hanya lakukan project infrastruktur, dimana cina bisa main, so diorang akan beri fee project ni, bukan alutsista, mudah jer, suap parti agar muluskan project hutang, lepas tu suruh bayar rakyat lewat kenaikan pajak, best

    BalasHapus
  53. Coba tengok2 sungai kat rumah pak cik tuh, sebab disitulah nanti pak cik dibuang padal corona...hikhikhik

    BalasHapus
  54. Parti perlukan dana besar wat propaganda, operasional parti, jalan terbaik adalah sedut songlap dana APBN lewat pura pura project infrastruktur

    BalasHapus
  55. Biaya Proyek Kereta Cepat Bengkak, RI Mau Kurangi Porsi Saham?


    Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tak berjalan mulus. Sebab, biaya pembangunan proyek ini bengkak.
    Saat ini, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tengah melakukan perhitungan terkait pembengkakan biaya tersebut. Sementara, berdasarkan informasi yang diterima Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA Agung Budi Waskito, proyek ini bengkak sekitar 20%.

    "Jadi memang di kereta cepat tentunya akan terjadi cost overrun yang saat ini sedang dihitung-hitung oleh teman-teman KCIC. Berapa besar? Tentunya kita akan menunggu berapa besar, tapi yang saya dengar memang kurang lebih hampir 20-an% tapi sedang dihitung," katanya dalam webinar, Rabu (14/4/2021).

    BalasHapus
  56. Klo polis kerajaan ketuk pintu rumah pak cik, tak usah buka. Sebab nak jemput pak cik utk dicampakkan kesungai lepas disuntik.....hikhikhik

    BalasHapus
  57. Kerena lewat infrastruktur, ada petugas parti, yang siap kirim duit kalau project jalan, dan mafia kroni lain siap amankan, kalau duit negara habis peras rakyat kecil, tu la mainnye parti songlap

    BalasHapus
  58. Singapura dan Malaysia Batalkan Proyek Kereta Cepat Rp 350 T

    Soraya Novika - detikFinance
    Sabtu, 02 Jan 2021 14:15 WIB
    Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin/Foto: AP Photo
    Jakarta - Singapura dan Malaysia resmi menghentikan seluruh kesepakatan pembangunan proyek kereta cepat bernilai US$ 25 miliar setara Rp 350,55 triliun (kurs Rp 14.022). Alasannya, kedua negara tak juga menemui titik temu perubahan pada cetak biru kesepakatan proyek tersebut yang sudah diteken pada 2016.
    Sebagai akibat dari pembatalan tersebut, pemerintah Malaysia yang dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin berkewajiban untuk membayar Singapura dengan biaya penghentian kerja sama lebih dari 100 juta dolar Singapura atau US$ 75 juta setara Rp 1,05 triliun.

    Dalam pernyataan bersama, Muhyiddin dan PM Singapura Lee Hsien Loong mengatakan mereka tidak dapat menyetujui perubahan yang diusulkan Malaysia sebelum batas waktu 31 Desember 2020 kemarin.

    "Kedua negara akan mematuhi kewajiban masing-masing, dan sekarang akan melanjutkan tindakan yang diperlukan, sebagai akibat dari penghentian perjanjian Rel Berkecepatan Tinggi ini," kata pernyataan itu dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Sabtu (2/1/2021).

    Baca juga:
    Luhut Minta Kontraktor Kereta Cepat RI Belajar dari China, Kenapa?
    "Berkomitmen untuk menjaga hubungan bilateral yang baik dan bekerja sama secara erat di berbagai bidang, termasuk memperkuat konektivitas kedua negara," sambung pernyataan itu.

    Jangankan project 350 trilyun,heli aja sewa,ini berlagak pengen saingi indo

    Wwkwkwwkkwkwkwkkwkwkkkwkwkwkkkwkwkwkwkkwkwkkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkkkwkwk

    BalasHapus
  59. Maknanya kalau dijual saham sebnayak 20%... China sekarang memiliki saham 40%... Maknanya china ada 60% saham lebih besar dari milik pemerentah sebelah 40%....

    Tahniah CHINA... JERATNYA sudah mengena...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dah hampir siap pun Wkwkwkwkw SALAM TAKDE kereta cepat wkwkwkwkw



      https://www.cnbcindonesia.com/news/20210413043014-4-237310/wah-nggak-kerasa-ka-cepat-bandung-jakarta-sudah-70-persen

      Hapus
    2. TAhniah spore kalian memang smart,sudah bukin malon rugi 2x..

      Wkwwkkwkkwkwkwwkwkkwkwwkwkwkkwkwkwwkkwwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkkwkwkkwkwk

      Hapus
  60. Coba tengok kat jendela rumah pak cik tuh...manakala tau polis kerajaan dan nak jemput giliran pak cik dibuang ke sungai pasal covid....hikhikhik

    BalasHapus
  61. So tu lar, nape KPK indon nak ada" Pembersihan masal* pegawainya jujur di buang kena ganti pegawai baru yg dapat kena setir parti songlap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyet kalo lu butuh kerjaan lu juga boleh kerja d rumah gw,rumah gw lg butuh tukang kebun..


      Wwkwwkwkkwkwkwkwkwkkwkkwkkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkkkwkwkkwkw

      Hapus
  62. Eeiiiitttt...pak cik rusli sdh berkeringat dingin. Takut polish kerajaan nak jemput utk giliran dobuang kesungai....hikhikhik

    BalasHapus
  63. Sudah la dapat menguasai kereta cepat negara lain malah menjerat hutang lagi selama 200 tahun....

    RUGI 2 KALI... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon y fuuuurrr kereta tak dapat malah bayar denda..

      RUGI 2X..WKWKWKWKKWWKKWKWKWKWWKKWKKWKWKWWKKWKWKWKWWKWKWKWKKWKWKWKKWWK

      Hapus
  64. So kalau indon nak cakap ini itu biar je la, indon keadaan lapar so jalan mudah adalah halu jer

    BalasHapus
    Balasan
    1. NYet daripada lu nganggur gini g ada kerjaan,udah kerja d rumah ge aja jd tukang kebun..

      Wwkwkwkkwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwkkwkwkwkkkwkwkwkkwkkwkwkwk

      Hapus
  65. MALON rugi 2x yang pertama keretanya tak jadi dan kedua kena DENDA pula wkwkwkwkw

    BalasHapus
  66. Wkwkkwkwkkwkw.... Hampir siap pun bukan bermakna masalah kewangannya selesai ya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  67. Klo polis kerajaan nak jemput pak cik rusli lepas dikurung, pak cik cakap bial jer bahwa pasukan china dah berkampung di beting petinggi Ali. Lebih bagus hadapi pasukan china dari pada campakkan warga kesungai...hikhikhik

    BalasHapus
  68. China untung 2 kali....

    Sudah memberi hutang selama 200 tahun.. Malah dapat lagi kereta cepat...

    UNTUNG 2 KALI... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. China dah SETUJU atau Belum...??? Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Spore untung 2x..sudah bikin malon malu,dapat duit juga dari malon..wkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwwkkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwwkkwkwkwwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwwkk

      Hapus
  69. Salam kurung dua kali pak cik....hikhikhik

    BalasHapus
  70. Sudah dapat hutang 200 tahun... Kereta cepat pun jatuh ke tangan negara lain... Wkwkkwkwkwkw

    RUGI 2 KALI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta api tak punya,malah bayar denda

      RUGI 2X..

      WKWWKWKWKWKWKKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKKKWKWKWKWKWKWKWKWWKWKWKWKKWKWWKKWKWKWKWKWKKWKKWKKWKWWKK

      Hapus
    2. Takde pun berita CHINA sudah SETUJU beli saham kereta cepat Jakarta-bandung Wkwkwkwkw

      Hapus
  71. Apa mau dibangga kereta cepat milik orang lain.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. China dah SETUJU atau Belum...??? Wkwkwkwkw

      Hapus
  72. Takde pun berita CHINA sudah SETUJU beli saham kereta cepat Jakarta-bandung Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  73. Salam dikurung tiga kali dibuang ke sungai pak cik....hikhikhik

    BalasHapus
  74. Malon makin iri negaranya makin tertinggal..

    Bye..bye..malon

    Wkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwwkwkwkwkwkkkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  75. Bila tak dapat jatah makan nasi lemak pasal kena kurung, beli je nasi bungkus hotel harga 2 ringgit tuh pak cik....hikhikhik

    BalasHapus
  76. Pastinya setuju.... Kalau tak setuju masa ssbslah sudah berunding mau kurangkan jumlah pemilikan sahamnya...

    Dan kalau pemerintah mau bayar tiada timbul isu jual saham ni ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma kereta je kecuali pelabuhan dan bandara baru itu bahaya ini kereta je wkwkwkwkw

      Hapus
  77. SEMBANG nak beli LCA,UAV dan MPA rupanya kerajaan akui tak punya banyak wang Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  78. Bila lapas kena kurung cepat kirim komen kat blog nih pak cik. Kami kirim nasi bungkus ke malon buat sedekah....hikhikhik

    BalasHapus
  79. Sebelah terjerat dengan 2 hal..

    Tidak sanggup menambah hutang dalam masa yang sama tiada wang untuk menyelamatkan projek kereta cepat yang MEMBENGKAK...

    PILIHAN TERAKHIR ADALAH MENJUAL SAHAMNYA...

    BalasHapus
  80. Padahal beritanya bulan lalu tapi hingga sekarang takde kabar CHINA setuju untuk beli sahamnya Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan lalu.... Kalau tahun lalu memang lama... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. Wkwkwkwkw takde kabar TERBARU sebab itu baru RENCANA je Wkwkwkwkw

      Hapus
  81. Masa mau menambah hutang yang dikira dibayar selama 200 tahun...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  82. Warga malon kelaparan kena kurung kerajaan, warga indo siap kirim basi bungkus buat sedekah.....hikhikhik

    BalasHapus
  83. Bukan saya yang kata 200 tahun ya... Sebelah sendiri yang mengakuinya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam dijajah Inggris 999 tahun baru merdeka wkwkwkwkw

      Hapus
  84. Guys...Zakat fitrah warga indonesia dibelikan nasi bungkus, buat bantu warga malon yg sekarat kelaparan akibat dikurung dua kali oleh kerajaan....hikhikhik

    BalasHapus
  85. Kerajaan takde Wang tapi SEMBANG nak beli alutsista baru wkwkwkwkw

    BalasHapus
  86. Zakat fitrah warga indo dimohon dlm bentuk nasi bungkus buat bantu warga malon yg dikurumg kerajaan.hikhikhik

    BalasHapus
  87. Pengembalian Utang Kereta Cepat Makan Waktu 200 Tahun


    FIN.CO.ID, JAKARTA – Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki kereta cepat seperti Jepang dengan Shinkansen-nya. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan dioperasikan pada 2020 mendatang. Dana yang dikeluarkan dalam proyek ini ditaksi mencapai 6,02 miliar dolar AS atau setara Rp86,04 triliun.

    Lagi-lagi untuk membiayai proyek kereta api cepat itu Indonesia berutang kepada Cina. Kebutuhan pendanaan akan dipenuhi lewat utang dari China Development Bank (CDB) sebesar 75 persen dan 25 persen dari ekuitas pemilik saham. Pemegang saham KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina), adalah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia sebesar 60 persen dan konsorsium perusahaan Cina sebesar 40 persen.

    Vice Director Indef, Eko Listiyanto menilai proyek prestisius ini memang mahal namun sudah menjadi keputusan pemerintah dan harus tetap dikerjakan walaupun idealnya kereta cepat itu untuk jarak jauh.

    “Sebetulnya untuk ke Bandung kita sudah ada tol dan kereta biasa,” ujar Eko kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (14/7).

    Menurut dia, sekalipun tidak membebani secara langsung ke APBN karena pendanaan di bebankan pada BUMN dan konsorsium China. Namun menurutnya akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan biaya investasi hanya dengan penjualan tiket saja.

    Kalau dihitung investasi Rp86 triliun, dengan penjualan tiket per hari Rp1 miliar paling tidak diperlukan waktu 200 tahun lebih untuk mencapai angka tersebut.

    BalasHapus
  88. Apa ni bahas kereta pula ini blog pertahanan Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  89. Tank PENDEKAR SEBELAH Tu mana lah mampu hadapi TANK LEOPARD 2A4 dan 2RI milik TNI AD yang secara kualitas dan kuantitas Tank leopard milik TNI AD yang unggul wkwkwkwkw

    BalasHapus
  90. Sedekah warga indonesia kepada malon harsp dlm bentuk nasi bungus ya guys...๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
    Sebab pasal kurung oleh kerajaan, warga malon sekarat dpt jatah makan..hikhikhik

    BalasHapus
  91. Tank PENDEKAR SEBELAH Tu takde yang pakai kecuali Polandia dan MALON sebab kualitasnya tak bagus dan TANK LEOPARD lebih banyak penggunanya Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  92. Siap kerahkan nasi bungkus bantu warga malon yg dikurumg kerajaan....hikhikhik

    BalasHapus
  93. Mungkin CHINA mahu porsi saham lebih besar dari 20% milik sebelah.... Mungkin mereka mahu 30%. Menjadikan saham mereka 70%...

    Muantab china... INDON bakal tiada kuasa ke atas kereta laju dinegara mereka sendiri... Apa apa keputusan kena dibincang dengan pemiliknya CHUNA... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  94. Cek Fakta: PM Malaysia Mahathir Mohamad Tolak Bayar Utang 4.500 Triliun ke China?
    Oleh Diyah Naelufar pada 16 Des 2019, 17:57 WIB

    Liputan6.com menjadi media online yang terverifikasi
    International Fact Checking Network (IFCN) @Poynter

    Perbesar
    [Cek Fakta] PM Malaysia Mahathir Mohamad Tolak Bayar Utang 4.500 Triliun ke China?



    Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat 6 Desember 2019, pemilik akun Facebook Um Ismail mengunggah foto Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Ia juga menyertakan tulisan yang menyebut pemimpin Negeri Jiran itu menolak membayar utang ke China.

    BACA JUGA : Simak, Jurus WHO Hadapi Banjir Hoaks Selama Pandemi Covid-19
    Berikut narasinya:


    "HUTANG ILEGAL MALAYSIA MEMUKUL CHINA

    MancaNegara---Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohammad (92 th) yang Menang Pemilu 2018 "TIDAK MAU MEMBAYAR HUTANG KEPADA NEGARA CHINA sebesar 4500 TRILIUN di Era Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

    Sebab, Najib Razak hutang Kepada Negara China tanpa Persetujuan Parlemen Malaysia dan Yang Dipertuan Agung Malaysia.

    Najib Razak Terbukti menerima Komisi 2,5 persen (143 Triliun) dari Pinjaman Hutang 4500 Triliun dari Negara China.

    Kini Najib Razak sudah DITAHAN KPK MALAYSIA.

    Negara China Menggugat Negara Malaysia ke Pengadilan Abitrase International.

    Mahatir Mohammad minta kepada Negara China untuk membongkar semua jalan Tol yang tidak berkualitas. Silahkan bawa semua ke Negara China MRT, LRT, Pembangkit Listrik yg rusak, semua berkualitas rendah, dan Mahatir Mohammad mengusir semua Tenaga Kerja China serta Membuldozer 3 Kawasan Pabrik di 3 Pulau di Malaysia.

    Mahatir Mohammad (92 th) minta kepada Presiden Philipina (Rodrigo Duterte) agar Negara Philipina JANGAN MAU BERUTANG KEPADA NEGARA CHINA. JANGAN SAMPAI NEGARA PHILIPINA BERNASIB SEPERTI NEGARA MALAYSIA BANGKRUT KARENA BERUTANG KEPADA NEGARA CHINA, yang sebenarnya mau menjajah.

    Perjanjian Hutang yg dibuat Negara China mengikat, dimana semua bahan bangunan, mulai Material Barang hingga Tenaga Kerjanya harus dari Negara China. Ini sama dengan menjerumuskan Negara Malaysia menjadi bencana kebangkrutan, sekaligus jajahan.

    Ada 3 Pulau (reklamasi) di Malaysia semua dihuni Pekerja China dan berdiri Kawasan Industri di 3 Pulau itu. Itu sesuai Perjanjian Hutang yg dibuat Negara China kepada Negara Peminjam.

    Ketika Mahatir Mohammad menang Pemilu di Malaysia 2018 yang lalu, DIBULDOZER SEMUA PABRIKNYA DAN DIUSIR SEMUA WARGA NEGARA CHINA YANG MENGHUNI 3 PULAU ITU...

    =============

    (Copas)

    Sejak kali pertama dipublikasikan di Facebook, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 151.700 kali.

    Sejumlah pengguna Facebook memberikan komentarnya. "Alhamdulillah wa Barokallahu DR TUN MAHATIR, semoga sehat selalu dlm berjuang mmbela negara dr penjajah Komunis," tulis salah satu di antaranya.

    Benarkah klaim yang menyebut Mahathir Mohamad menolak membayar utang ke China bahkan sampai minta pihak Tiongkok membongkar jalan tol yang telah dibangun?

    Ada sejumlah klaim dalam unggahan tersebut. Mari kita cek satu per satu.




    2 dari 4 halaman
    Penelusuran Fakta

    1. Mahathir Mohamad tolak bayar utang 4.500 triliun ke China di era PM Najib Razak. Alasannya, pinjaman tersebut tanpa persetujuan parlemen dan Raja Malaysia?

    Berdasarkan penelusuran, PM Mahathir tak pernah mengatakan menolak membayar utang ke China.

    Dalam artikel berjudul, ‘It is not about the Chinese’: Malaysia’s Mahathir blames previous government for debt to Beijing and project woes yang dimuat situs South China Morning Post pada 19 Agustus 2018.

    Disebutkan bahwa PM Mahathir menilai, yang patut disalahkan atas utang besar yang menjerat negaranya adalah pemimpin sebelumnya, Najib Razak.

    Hal itu disampaikannya dalam momentum perundingan dengan para pemimpin Tiongkok, di mana ia dikabarkan mencoba untuk merenegosiasikan proyek senilai US$ 20 miliar yang didanai Beijing.




    HABIS Berhutang tak mau bayar...



    Wkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwwkkwkwwkwkkwkwkwwkkwkwkkwkwkwkkwkwkwwkkwk

    BalasHapus
  95. 48 buah je....?? Tank LEOPARD milik TNI AD jumlahnya 103 unit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banding 48 buah yang baru, 103 buah yang secondhand wkwk muahahaha

      Hapus
    2. 48 buah yg perlahan ditinggalkan poland itu keh.. muuaahahaha..

      Hapus
  96. Salam kena kuring dua kali guys....hikhikhik

    BalasHapus
  97. Salam kurungan ketiga kali kena busng disungai macam warga india guy...hikhikhik

    BalasHapus
  98. Sebelum pembinaan kereta cepat katanya milil rakyat.. Malah belum siap sudah jatuh ketangan CHINA... wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya 70% dan China belum beli sahamnya Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Beli saham apa... Mereka hanya tinggal beli 30% saham milik sebelah.... Mereka sudah ada saham 40%..

      40 + 30 = 70....

      Hapus
    3. Samurai bon pur wkwk

      Negaramu parah

      Hapus
    4. Apapun itu Belum DEAL sebab baru RENCANA je Wkwkwkwkw

      Hapus
  99. Tank pendekar itu bentuknya pun sudah USANG Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  100. Coba jelaskan apa keunggulan tank pendekar MALON itu wkwkwkwkw

    BalasHapus
  101. Wkwkwwkkwkwkwkw... Apa ni guys.... Sudah terjerat hutang selama 200 tahun.. Projeknya jatuh lagi ketangan CHINA... WKWKKWKWKWKW

    RUGI 2 KALI GUYS.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  102. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210516072324-4-245678/covid-menggila-singapura-malaysia-hingga-taiwan-lockdown.

    Malon pake hutang jepang buat byr hutang ke cina juga kan pur.๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... bila kerajaan memdisplinkan rakyatnya dengan lockdown, rakyatnya patuh untuk kurang kes Covid. Negara sebelah bila lockdown rakyat memberontak.
      Kalau kerajaan yang smart, hutang China bunga yang tinggi 8% diganti dengan hutang Jepang bunga yang rendah 3%. Jadi hutung dapat dilupuskan dengan cepat tak dibelenggu dengan interest rate % yang tinggi.

      Hapus
    2. Hutang jepang byr ke hutang cina wkwkwk

      Hapus
    3. Byr bunganya jaa bisa bamgkrut

      Hapus
  103. BAyar fuuuuuurr utang ke cina 4500 trilyun,mau berhutang tapi tak mau bayar..

    Wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkkkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkwwkwkkwwkwkkwkwkkwkkkwkkwkkwkkwkwk

    BalasHapus
  104. Samurai bon apa kabar pur ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  105. Ciri-ciri geng SEBELAH ketika DEBAT pasal militer

    - selalu bahas non militer
    - pindah TOPIK
    - takde bukti berupa linknya


    Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  106. Gembul belum di suntik vaksin ya?
    Makanya pagi2 macam orang gila๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  107. Tank PENDEKAR SEBELAH terbalik Wkwkwkwkw


    https://youtu.be/KdGwIL4tIcc

    BalasHapus


  108. Don juan16 Mei 2021 10.16
    Cek Fakta: PM Malaysia Mahathir Mohamad Tolak Bayar Utang 4.500 Triliun ke China?
    Oleh Diyah Naelufar pada 16 Des 2019, 17:57 WIB

    Liputan6.com menjadi media online yang terverifikasi
    International Fact Checking Network (IFCN) @Poynter

    Perbesar
    [Cek Fakta] PM Malaysia Mahathir Mohamad Tolak Bayar Utang 4.500 Triliun ke China

    Apa ni pur??? ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  109. Indon ini memang parah banget dan betul- betul memprihatinkan kondisinya saat kini ..negara yang sesungguhnya kaya akan segalanya tetapi akibat salah urus dan korupsi selama puluhan tahun sejak merdeka malah menjadi paradoks keadaanya...bagaikan ayam mati di dalam lumbung padi..rakyatnya hidup miskin dan kelaparan di atas tanahnya yang subur..

    Tetapi paradoks yang paling menyedihkan datang dari tumpukan hutang yang sembarangan akibat mengjar ambisi ingin hidup enak tetapi tanpa berusaha atau kerja...bayangkan ...ingin makan hutang...ingin bangun jalan/infrastruktur hutang...dan lebih trafik...ingin memperkuat TNI untok persiapan berperang pun hutang

    Apa dampaknya sekarang...hilang martabat dan harga diri bangsa akibat hutang...tetapi yang paling menjadi kurban adalah generasi mendatang di Indon yang pasti akan mengutok bejadnya generasi sekarang mengelola negara secara amburadul..harta kekayaan dan sumber daya alam yang ada tergadaikan semuanya hanya untuk membayar semua hutang sialan itu...

    Jika corporate bisa menyatakan dirinya bangkrut dan mengakhiri eksistensinya..mungkin Indonesia perlu menyatakan dirinya bangkrut ( seperti VOC dahulu) dan menyatakan negara Indonesia bubar sebagai sebuah negara yang berdaulat. Yang menarik ..mungkin Sumatra dan Borneo akan bergabung dengan Malaysia. Sedang Sulawesi. Maluku. Bali. NTB. NTT. Maluku dan Papua akan menjadi negara merdeka sendiri.. Nah yang paling kasihan nanti adalah Jawa dan Madura..menjadi wilayah terpadat dan termiskin di dunia.

    Paduan Salah Urus, Korupsi dan hutang kepada negara rentenir adalah sumber penderitaan abadi bagi rakyat indon selamanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muncul manusia sok suci!.
      Klo berani pake nik

      Hapus
    2. X terbayangkan jadinya ketika burung Garuda (Indon) berubah menjadi burung Emprit ..mangsa dari semua predator..wkwkwkwk

      Hapus
    3. Orng indo asli aja sok2 an pake malon KW anda wkwk

      Hapus
    4. Pake IC. Atau ICU๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
    5. Klo takde NIK gimana ente bisa terima bansos bung @Unknown..

      kan ente orang miskin sperti yg sudah diakuin sendiri sebelumnya.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  110. Dri kmrin gembul idiota bahas kereta cepat di indonesia.


    BalasHapus
  111. Ada negara mau pinjam utang tapi tak mau bayar..negara manakah itu??

    Wkwwkkwkwwkkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwwkwkwkwkwwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkkwkwkwkwkwkkwkwwkkwwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkkwk

    BalasHapus
  112. Home Market Berita Market
    Internasional
    Alamak! Utang Malaysia Mau Meledak, Ini Penyebabnya
    Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
    MARKET 05 October 2020 15:03


    Jakarta, CNBC Indonesia- Utang Malaysia sepertinya semakin menggunung. Pemerintah negeri jiran mengaku tengah mengantisipasi hal tersebut.

    Defisit akan melebar 5,8% hingga 6% tahun ini. Sejauh ini suntikan fiskal ke dalam perekonomian mencapai 20% dari PDB.

    Baca:Heboh AS Boikot Perusahaan Sawit yang Punya Kebun di RI


    "Kami masih fokus pada tanggung jawab fiskal, tentunya. Kami memiliki utang terhadap PDB di sekitar 53% sekarang, akhir tahun sekitar 56%. Namun kami mendapat persetujuan parlemen untuk naik 60%," kata Menteri Keuangan Malaysia Tengku Zafrul Aziz kepada CNBC Internasional, Senin (5/10/2020).

    Malaysia sebelumnya telah meluncurkan sekitar 305 miliar ringgit/US$ 73,3 miliar (sekitar Rp 1.094 triliun) dalam paket stimulus sepanjang tahun 2020. Ini dilakukan guna membantu menyuntik uang tunai ke perekonomian dan menopangnya.

    Baca:Warning dari Malaysia! Gara-gara Pilkada Covid-19 Meroket


    Sebenarnya Moodys sempat memperingatkan Malaysia soal 'ledakan' utang ini. Moody's Investors Service mengatakan beban utang negara Asia Tenggara ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara lain dengan peringkat sovereign credit A.

    Sovereign credit adalah penilaian kelayakan kredit suatu negara. Peringkat 'A' berarti risiko kredit yang rendah.

    Meski demikian Zafrul tetap optimis ekonomi negeri itu akan membaik tahun depan. Ekonomi diperdiksi tumbuh sekitar 5,5% hingga 8% d 2021.

    Di 2020, Malaysia diperkirakan tumbuh -5,5% hingga -3,5%. Lockdown guna menahan corona menjadi penyebab menurunnya aktivitas ekonomi selain menurunnya ekspor.

    Sebelumnya, sebagaimana ditulis The Star, jumlah utang Malaysia meningkat 5 tahun terakhir. Per Agustus 2020 jumlahnya mencapai 1,2 triliun ringgit



    UTANG MALAYSIA MELEDAK...Alamak!!!!

    Wkwkwkwkkwwkkwwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwk

    BalasHapus


  113. Don juan16 Mei 2021 10.16
    Cek Fakta: PM Malaysia Mahathir Mohamad Tolak Bayar Utang 4.500 Triliun ke China?
    Oleh Diyah Naelufar pada 16 Des 2019, 17:57 WIB

    Liputan6.com menjadi media online yang terverifikasi
    International Fact Checking Network (IFCN) @Poynter

    Perbesar
    [Cek Fakta] PM Malaysia Mahathir Mohamad Tolak Bayar Utang 4.500 Triliun ke China.

    Byr bunganya aja bisa bangkrut malon

    BalasHapus
  114. Wow! Utang Malaysia Segunung, Ini Penyebabnya
    Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
    MARKET 10 October 2020 08:01


    Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah negeri jiran atau Malaysia mengakui telah mengantisipasi atas lonjakan utang yang tak terbendung.

    Seperti diketahui, defisit APBN Malysia akan melebar 5,8% hingga 6% di tahun ini. Suntikan fiskal yang dilakukan oleh negri jiran tersebut juga tidak main-main besarnya, yakni mencapai 20% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

    "Kami masih fokus pada tanggung jawab fiskal, tentunya. Kami memiliki utang terhadap PDB di sekitar 53% sekarang, akhir tahun sekitar 56%. Namun kami mendapat persetujuan parlemen untuk naik 60%," kata Menteri Keuangan Malaysia Tengku Zafrul Aziz kepada CNBC Internasional dikutip Sabtu (10/10/2020).

    Baca:Malaysia Panas, Anwar Ibrahim Temui Raja, Siap Jadi PM?


    Malaysia sebelumnya telah meluncurkan sekitar 305 miliar ringgit/US$ 73,3 miliar (sekitar Rp 1.094 triliun) dalam paket stimulus sepanjang tahun 2020. Ini dilakukan guna membantu menyuntik uang tunai ke perekonomian dan menopangnya.

    Lembaga peringkat utang Moodys juga telah memperingatkan Malaysia soal 'ledakan' utang ini. Moody's Investors Service mengatakan beban utang negara Asia Tenggara ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara lain dengan peringkat sovereign credit A.

    Baca:Ashik! Jepang Mau Cabut Travel Ban 12 Negara, RI Ada?


    Sovereign credit adalah penilaian kelayakan kredit suatu negara. Peringkat 'A' berarti risiko kredit yang rendah.

    Meski demikian Zafrul tetap optimis ekonomi negeri itu akan membaik tahun depan. Ekonomi diperdiksi tumbuh sekitar 5,5% hingga 8% d 2021.

    Di 2020, Malaysia diperkirakan tumbuh -5,5% hingga -3,5%. Lockdown guna menahan corona menjadi penyebab menurunnya aktivitas ekonomi selain menurunnya ekspor.

    Sebelumnya, sebagaimana ditulis The Star, jumlah utang Malaysia meningkat 5 tahun terakhir. Per Agustus 2020 jumlahnya mencapai 1,2 triliun ringgit.


    WOW..UTANG MALAYSIA SEGUNUNG..

    WKWKWKWKWKWKWWKKWWKKWWKWWKWKWWKKWKWKKWKWWKWKWKKKWKWKWKWKWKWKWKKKWWKKWKWKWKKWWWKKWKWWKWKWKWKKWWKWKWKWKWKWKWKWKWWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum mau kira hutang. Berapa uang yang disimpang oleh kerajaan Malaysia dan asset yang ada.
      Hutang - Saving + asset?
      Saving 3 trillion
      Asset 5 trillion
      Perkara kecik zaman Covid ni.

      Hapus
    2. BAyar utang malon ke cina woooooy..

      Wkwkwwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwwkkwkwkkwkkwkwkwk

      Hapus
    3. Kau bilang tmn mu itu gempur biar paham mslh hutang.
      Kita rileks aja

      Hapus
  115. Kirain malon tak punya utang,ternyata utang malon SEGUNUNG..

    Wkwkwkwkwkkwwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkkwkwkkwwkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  116. MAhatir jauh2 pergi ke jepun buat bayar hutang ke cina..kesian

    Wkwkwkwkwkkwkwwkwwkkwkwwkwkwwkkwwkwkkwkwkkkwkwkkwwwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwk

    BalasHapus
  117. Fuuuuuurrr ko kemana fuuuuurr,kesian tuh mahatir musti jauh2 pergi ke jepun buat bayar utang ke cina..jom kumpul koin fuuuuurr


    Wkwwkwkkwwkwkkwkkwwkkwkwkkkwkwkkwkwkwkwkwwkkwkwkwwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  118. @Penang

    Kalo jual aset negara Namanya Apa??? BANGKRAPS kah... kihkikih.. wkwkwkwk

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    Jangan jual saham tampung defisit belanjawan, kata pakar ekonomi

    PETALING JAYA: Pakar ekonomi menyuarakan kebimbangan berhubung beberapa urusan kerajaan, termasuk penjualan saham dalam syarikat milik kerajaan (GLC) sejak tiga minggu kebelakangan ini.

    Mereka berkata, kerajaan akan berdepan risiko beban hutang yang berlebihan ketika tiada sidang Parlimen untuk meneliti perkara itu.

    Pakar ekonomi dari Universiti Tun Abdul Razak, Barjoyai Bardai berkata, peningkatan hutang kerajaan melalui penerbitan bon, seperti Sukuk Kelestarian yang diumumkan bulan lalu, sesuatu yang dijangkakan dan boleh diterima, selepas menteri kewangan mengumumkan kerajaan merancang untuk meminjam RM60 bilion bagi menampung defisit Belanjawan 2021.

    “Kita jangkakan kerajaan akan membuat pinjaman, dan mereka memang membuat pinjaman,” katanya.

    Namun, beliau mempersoalkan penjualan aset milik kerajaan.

    “Kerajaan telah menjual banyak aset berharga, seperti (saham) IHH Healthcare Bhd, dan sekarang kerajaan mahu menjual Telekom. Bagi saya ini adalah permata yang sangat berharga, dan tidak boleh dijual hanya untuk menampung belanjawan,” katanya kepada FMT.

    Beliau berkata, dalam jangka masa panjang kerajaan tidak sepatutnya menggunakan institusi ini sebagai alat untuk membiayai perbelanjaan mereka.

    Ahli Parlimen Subang, Wong Chen yang juga anggota jawatankuasa pilihan khas Parlimen bagi kewangan dan ekonomi, berkata kenaikan hutang negara melalui penerbitan bon bermaksud penggunaan lebih banyak hasil cukai dan dividen Petronas akan dikenakan kadar faedah.

    “Kita sudah membayar sekitar RM35 bilion setahun untuk kadar faedah sahaja, dan jumlah hutang pokok semakin besar setiap tahun,” kata beliau.

    Katanya, dana itu sepatutnya boleh digunakan dengan tujuan lebih baik untuk perbelanjaan pendidikan dan kesihatan, dalam pada kenaikan hutang yang akan menyuramkan prospek kewangan bagi generasi akan datang.

    Namun, beliau juga menjangkakan akan ada lebih banyak bon yang diterbitkan dalam waktu dekat, berdasarkan rekod kerajaan.

    “Kerajaan ini tidak menunjukkan perbelanjaan berhemah atau kebertanggungjawaban,” tambah beliau.

    Sementara itu, mengulas mengenai persidangan Parlimen, beliau menjelaskan penerbitan sukuk memerlukan persetujuan Parlimen, kerana ia diterbitkan secara langsung oleh kerajaan.

    Katanya, memandangkan sidang Parlimen ditangguhkan masyarakat sekarang hanya boleh bergantung kepada Ketua Audit Negara untuk memastikan ketelusan dan kebertanggungjawaban.

    Pakar ekonomi lain, Yeah Kim Leng berkata, dengan hutang yang lebih tinggi, nisbah hutang daripada Keluaran Dalam Negara Kasar (KDNK) kerajaan kini mencecah had maksimum iaitu 60%.

    Beliau berkata, sekiranya kerajaan mencapai had berkenaan, persetujuan Parlimen diperlukan bagi menaikkan kadar had siling hutang negara.

    Kenaikan hutang negara juga membawa maksud kerajaan perlu menaikkan cukai dan menyasarkan lebih banyak pendapatan untuk menampung pembayaran hutang, berbanding perbelanjaan untuk tujuan pembangunan.

    “Selain generasi mendatang yang terbeban dengan hutang yang tinggi, kerajaan yang memiliki hutang yang tinggi juga akan kurang fleksibiliti bagi berdepan dan menangani krisis di masa depan,” tambah beliau.

    Dalam pada itu, beliau juga berharap ketelusan yang penuh dalam hal-hal berkaitan dengan pinjaman kerajaan dan penjualan aset.

    “Kerajaan juga harus memastikan semua perbelanjaan operasi dan pembangunan dilaksanakan dengan berkesan dan berhemah dengan sifar atau ketirisan yang minimum.”

    Banyak perdebatan ditimbulkan mengenai langkah kewangan Putrajaya baru-baru ini dengan beberapa pihak mempersoalkan kuasa kerajaan yang membuat keputusan tanpa persetujuan Parlimen.

    Bulan lalu, satu ordinan diwartakan yang membolehkan perdana menteri, ketua menteri atau menteri besar menggunakan Kumpulan Wang Disatukan tanpa persetujuan Parlimen atau DUN dalam tempoh darurat.

    BalasHapus
  119. PETRONAS jual BON untuk bayar HUTANG guys.. PARAH.. PETRONAS Bangkraps kah.. wkwkwkwkk..

    Baca guys.... Wkwkkwkwkwkw

    Petronas kutip AS$ 3 bilion dari penawaran bon

    Petronas hari ini memaklumkan ia telah berjaya mengumpulkan AS$3 bilion dari penawaran bon untuk membiayai semula hutang dan untuk tujuan korporat yang lain.

    Penerbitan tersebut adalah 2.46 kali dari saiz tawaran awal, dan tranche bon 40 tahun itu adalah yang terbesar yang pernah dikeluarkan oleh penerbit Asia Tenggara, kata syarikat itu dalam satu kenyataan.

    "Disokong oleh permintaan pelabur yang kukuh, Petronas berjaya meningkatkan saiz transaksi menjadi ASS$ 3 bilion berdasarkan jumlah permintaan sebanyak AS$7.4 bilion," katanya.

    Tawaran itu merangkumi AS$1.25 bilion untuk 10.75 tahun dan AS$ 1.75 bilion nota konvensional 40 tahun.

    Sementara itu, Bernama melaporkan Petronas berjaya menetapkan harga bagi tawaran bon senior dwi-tranche bernilai US$3.0 billion (US$1=RM4.11) yang merangkumi nota konvensional masing-masing 10.75 tahun bernilai US$1.25 bilion dan 40 tahun bernilai US$1.75 bilion.

    Dalam kenyataan pada Jumaat, Petronas berkata nota senior 10.75 tahun itu ditetapkan pada harga 92.5 mata asas (bps) melebihi Perbendaharaan Amerika Syarikat (AS) 10 tahun yang menghasilkan 2.480 peratus manakala nota senior 40 tahun pada harga 115 bps melebihi Perbendaharaan AS 30 tahun yang menghasilkan 3.404 peratus.

    "Perkara utama transaksi itu termasuk kadar kupon terendah dan liputan terbitan paling ketat pernah dicapai oleh Petronas dan mana-mana syarikat korporat Malaysia melibatkan bon tranche 10 tahun dan 40 tahun.

    BalasHapus
  120. Katanya Malon anti HUTANG.. wkwkwkwkwk..

    Ini buktinya MALON doyan HUTANG.. wkwkwkwk

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    Setelah kantoi belanja RM600 bilion dan nak korek dana KWAN sebanyak RM16.9 bilion, Menteri Kewangan PN beri alasan kerajaan terbeban dengan hutang RM32 bilion 1MDB pulak.

    Dah mula cakap macam Guan Eng ni walaupun ini bulan Ramadan.

    Ratib hutang 1MDB tapi tak jelaskan berapa dana yang sudah dibayar balik dan aset-aset yang masih dalam 1MDB.

    Ini realitinya.

    Hutang 1MDB ditinggal BN: RM32.2 bilion
    Hutang 1MDB pada tahun 2021: RM32.3 bilion
    (satu sen prinsipal hutang pun tak pernah dibayar PH dan PN sejak PRU14)

    Dana diperolehi dan diumum kerajaan setakat ini:
    - dikembalikan oleh DOJ: RM2.7 bilion
    - penjualan kapal Equanimity: RM523 juta
    - penyelesaian Riza Aziz: RM443 juta
    - penyelesaian Goldman Sachs: RM16.1 bilion
    - penyelesian Ambank: RM2.83 bilion
    - penyelesaian Deloitte's: RM324 juta
    - penjualan 60% Bandar Malaysia tahun 2019: RM7.41b
    - penjualan tanah Pulau Indah milik 1MDB: RM416 juta
    - penjualan tanah Pulau Pinang milik 1MDB: RM2.7 bilion

    Jumlah yang telah diambil balik kerajaan setakat ini: RM33.4 bilion
    (ke mana perginya duit ini dan kenapa tak guna untuk selesaikan sepenuhnya hutang RM33.2 bilion 1MDB?)

    Dana belum diumum kerajaan:
    - penyelesaian KPMG: dlm rundingan
    - penyelesaian Wong & Partners: dlm rundingan
    - penjualan Bangunan Exchange 106: belum diumum
    - penyelesian dengan IPIC, Abu Dhabi (masa BN ianya sebanyak RM21 bilion): dlm rundingan

    Aset yang masih tinggal dlm 1MDB
    - penjimatan dari penyelesaian IPP berat sebelah ketinggalan PM4 (sebab itu, rizab tunai Petronas naik ke RM176b tapi semua telah dikikis PH dan PN melalui dividen tinggi) Sekitar RM50 bilion
    - Pembinaan dan naik taraf 8 pangkalan MINDEF termasuk Sendayan: RM2.7 bilion
    - Baki 40% kepentingan dalam Bandar Malaysia: 40% dari GDV RM140 bilion
    - 100% TRX: GDV RM40 bilion

    Aset-aset ini belum kira lagi ke?

    Hutang 1MDB membebankan tapi wang RM33.4 bilion dan baki aset 1MDB yang masih bernilai ratusan bilion Ringgit tak ringankan beban ke?

    Aset yang naik RM1.2 trilion oleh kerajaan BN masa saya PM dari RM800 bilion pada akhir 2008 ke RM2 trilion pada akhir 2017 untuk PH jarah dan PN belanja RM600 bilion termasuk tabung KWAN RM16.9 bilion itu tak ringankan beban pulak?

    Wang RM600 bilion yang PM8 kata dia belanja itu, PN dapat dari mana? PN menabung dari kecil ke?

    SOALAN TAMBAHAN bagi kerajaan dan Jkom: Najib yang jadi mastermind untuk curi RM2.6b tapi orang lain yang bayar gantirugi RM33.4 bilion ke?

    BalasHapus
  121. Hahaha... Ternyata Indonesia dan Malaysia mengalami masalah yang sama...terjerat oleh hutang yang menggunung... Nah sekarang kita tunggu...siapa dulu yang bubar terlebih dahulu ( atau bunuh diri) akibat depresi hutang itu....

    BalasHapus
  122. Memahami indon ni mudah jer, apa yg dia cakap, reliti adalah kebalikan, so simple

    BalasHapus
  123. Blaa...blaaa..blaaa...INDONSIAL

    BalasHapus
  124. HORANG KAYA WKWKWKWKWKWKWK INDON LAWAK JE

    BalasHapus