03 Januari 2021

Peringkat Kapal Selam Berdasarkan Jumlah Senjata Yang Dibawa

03 Januari 2021

Kapal selam Virginia-class menembakkan rudal dari bawah air (image : General Dynamics Electric Boat)

Semakin banyak torpedo dan rudal yang dibawa kapal selam, semakin banyak target yang dapat diserang. Ada banyak variabel lain yang berperan, tetapi beban senjata maksimum kapal selam adalah pertimbangan nyata. Kali ini Kita akan melihat peringkat kapal selam didasarkan pada jumlah senjata yang dibawa.

Perhitungan didasarkan pada jumlah total tabung torpedo dengan asumsi bahwa mereka dapat digunakan untuk membawa torpedo, ditambah jumlah maksimum torpedo di ruang torpedo, ditambah VLS atau tabung peluncuran.

Peringkat tersebut mengasumsikan bahwa setiap slot yang mungkin ditempati. Ini tidak realistis dalam banyak kasus, tetapi merupakan cara paling adil untuk membandingkannya. Kita mengasumsikan senjata berukuran penuh,  kecuali di kapal selam yang dirancang khusus untuk membawa senjata yang lebih kecil sebagai bagian dari persenjataan utama mereka. Misalnya kapal selam Swedia menggunakan senjata 400mm. Kita juga mengecualikan ranjau yang dibawa secara eksternal.

Kapal selam Oscar II Rusia dengan berbagai rudalnya (image : HI Sutton)

Kapal selam rudal balistik juga tidak akan masuk dalam daftar ini seperti juga beberapa kapal selam misi khusus yang kebanyakan tidak bersenjata serta kapal selam uji khusus.

Dari data ini terlihat ada lebih dari 50 kelas kapal selam yang saat ini beroperasi di seluruh dunia. Siapa yang paling membawa senjata terbanyak dan siapa yang terkecil? Mari lihat lihat secara rinci dalam tabel yang berasal dari tayangan video berikut:

(Jejak Tapak)

259 komentar:

  1. Balasan
    1. wah tumben bung Admin mengambil sumber dari jejak tapak
      (sudah sering hanya saja saya yg kurang info)

      selamat berkolaborasi.

      beberapa tahun yg lalu saya pernah berdebat dengan orang yg merasa paling pintar dengan inisial @ANTEK BARAT,
      dia pernah mengatakan kalau jejak tapak adalah jurnalis abal abal dan tidak jelas kredibilitasnya.
      entah atas dasar apa @ANTEK BARAT itu bisa menjust dan mengatakan seperti itu?

      dan sekarang @ANTEK BARAT sudah tidak pernah muncul di DS atau mungkin ganti nickname karena takut akan hujatannya sendiri...

      Hapus
  2. Changbogo peringkat 19 mengalahkan scorpene dan kilo mantap

    BalasHapus
  3. Indo kan punya Tipe209 emang blum puas...mau scopene ngambeng..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorpene yg diminat Indonesia beda tipe dengan Scorpene Basic Malon.

      Nich baca biar gak asal mangap.

      http://defense-studies.blogspot.com/2020/12/berbeda-dengan-scorpene-malaysia-ini.html?m=1

      Hapus
  4. Geger Kapal Selam Made in RI, Tetapi Menhan Prabowo Kecewa


    Kapal selam Alugoro tipe Chang Bogo Class menjadi topik yang hangat dibicarakan. Dalam rapat penyertaan modal negara (PMN) di ruang rapat Komisi VI DPR RI Rabu (9/9/2020), kemarin. Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menyinggung kekecewaan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terhadap proyek tersebut.

    Nusron mengingatkan kembali urgensi UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Dalam pasal 11 disebut, lead integrator pada industri pertahanan adalah BUMN. Khusus untuk TNI AL adalah PT PAL Indonesia.

    Sementara itu di pasal 10 UU Nomor 16 Tahun 2012 disebut ada empat komponen industri pertahanan, yaitu industri utama, industri komponen utama atau penunjang, industri komponen pendukung atau perbekalan, dan industri bahan baku.

    Lebih lanjut dia melontarkan tiga pertanyaan terkait joint project kapal selam Chang Bogo Class tahap pertama. Proyek itu diketahui telah memperoleh PMN sebesar Rp 1,5 triliun di 2015 lalu. Untuk tahun ini, PT PAL Indonesia akan mendapatkan PMN Rp 1,28 triliun. "Yang ini untuk melanjutkan tahap satu atau kedua pak yang Rp 1,28 triliun ini?" tanya Nusron.

    Dirut PT PAL Indonesia Budiman Saleh dalam rapat menjawab jika PT PAL hanya mendapatkan PMN sebesar Rp 1,5 triliun. "Saya mundur sedikit pak jadi yang diajukan pada tahap pertama itu adalah Rp 2,5 triliun," jawab Budiman.

    "Tahap kedua dengan skema whole local production, sudah mulai banyak komponen yang dibangun di Indonesia. Tahap pertama sudah selesai pak, tinggal delivery aja. Kapal selamnya sudah menjalani diving depth test," lanjutnya.

    Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    Politikus Golkar ini juga mempertanyakan pekerjaan yang dilakukan PT PAL Indonesia. Menurut dia, tidak mungkin PT PAL Indonesia mengerjakan kategori industri utama atau teknologi tinggi.

    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.



    link
    https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200912140401-37-186326/geger-kapal-selam-made-in-ri-tetapi-menhan-prabowo-kecewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah meriah tapi bisa selam 350Meter tidak ngambang kayak Scorpene TLDM. Wkwkwkwkwkkw..

      Hapus
    2. Betul bs nyelam klu 350 engak mungkin...ini andaian propoganda aja...paling max 250 aku percaya...bandingkan sama SSBN amarik dan ruskies...

      Hapus
  5. Mana ini smua kok engak nonggol...apa lgi demo..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja jgn d senggol entar lgi nonggol loh...mbah surip..darkgol...mbah reng...yoda...placid(kontol lembik)

      Hapus
    2. Shemale kayak kmu ya..?kontol ku bs ngenceng loh

      Hapus
    3. @sandstorm7

      Iya anumu ngaceng liat Cowo Melambai aka Gay.. hahahahahahha

      Hapus
    4. UU Ciptaker banyak menarik investor kelas dunia. Amazon, Google, Hyundai, Toyota, Tesla.

      Najib Botak saja sampai Iri dan Dengki banyak investor kelas dunia yg investasi di Indonesia.

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20201218114516-4-210006/eks-pm-malaysia-iri-berat-tesla-amazon-masuk-ri

      Baca ini @sandstorm7 & @Gempurwira

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Menyusul Hyundai dan Tesla..

      "Jreng.. jreng..!!"

      https://www.globaldata.com/toyotas-us2bn-investment-plan-boost-ev-ecosystem-indonesia-says-globaldata/#:~:text=The%20investment%2C%20which%20forms%20part,models%20during%20the%20same%20period.

      5 tahun depan pasar mobil listrik Asia pusatnya bakalan di Indonesia. Asyiikkkk jangan Iri & Dengki y

      Hapus
    5. Yang nentang uu ciptaker kan golongan yang sono sama alat agen inteligen asing yang nggak mau pertumbuhan ekonomi indonesia meningkat

      Hapus
    6. Salah neptune...lihat TKW adek mu dan kakak mu aja...jd bs d sodomi...TKW seneng kok

      Hapus
    7. Eleh beruk sandstorm nak cakap pasal teknologi konon, kau mau hujah apa troller bego ? Aku teknik sipil tapi semua teknik aku pelajari , aku di sini dengan kawan sebangsaku berbagi informasi dan diskusi , troller nasi bungkus tak masuk hitunganku ... moron πŸ’©πŸ’©πŸ’©

      Hapus
  6. Ketahuan guys..... wkwkwkkwkwkwkwkkwkw



    Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting bisa bawa banyak senjata wkwkwkwkw kalah scorpene wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  7. Kapal selam raksasa typhoon Rusia kok gak masuk ya

    BalasHapus
  8. Yang tak punya sph dan LPD tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan cerita nya kpl selam...kok LPD....SPH msuk ni...SPG ada engak...?Sarung Party Girls aka TKW..?

      Hapus
    2. Siapa yang bahas Pati,hutang,OPM disini wkwkwkwkw kau tanya sama si gempurgila tu wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Gempur sama aku beda loh...ibu/bapa beda beda

      Hapus
    4. Deadgol kok emosi loh....sana makan cilok sama minum kopi....

      Hapus
    5. @sandstorm7

      Iya kau dan gempur beda bapak tapi sama-sama warga Malon dan warga MMP. Hahahahahaha..

      Hapus
    6. Neprune salah alamat loh...kata bs lacak...kok nyasar loh...

      Hapus
    7. Gempuruslihomo dan sandstorm. Ibu mu berdua sm2 pelacur... 😁
      Sdh jgn ribut.. 😁

      Hapus
  9. Malon aja blm bisa buat kapal masih salah ptong mau bully kita yg sudah level buat kapl selam

    BalasHapus
  10. Berdasarkan jumlah senjata changbogo lebih baik daripada scorpene wkwkwkwkw

    BalasHapus
  11. wkwkwkwkwkwkwkkw.... Produknya bermasalah guys...salah potong...????

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200912140401-37-186326/geger-kapal-selam-made-in-ri-tetapi-menhan-prabowo-kecewa

      Hapus
    2. Tapi bisa nyelam 310 meter wkwkwkwkw

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20200306114846-4-142958/tembus-kedalaman-laut-310-m-kapal-selam-ri-masih-terus-diuji

      Hapus
    3. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  12. Canggih mana tu?

    Pelaku hina lagu indo negara mana yg dpt deteksi pelaku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Polisi Indonesia lebih canggih bisa deteksi Teroris Noordin M Top, Abu Azhari yg Kiriman dari Malon dan warga Malon.. hahahahahahaha..

      Hapus
  13. Indomesia sedang proses belajar las kapal selam sedangkan malon msih mikir gimana tuh kapal LcS yg salah potong bisa cecah air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang INDO MI dlm periuk...INDOSIAR di kaca tv...

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwkwkwkkwkw..... INDOME Goreng satuuuuuuuu....

      Hapus
    3. Produk indomie laku keras dinpasar internasionanl pur

      Hapus
    4. Bahkan as pun beli Indomie wkwkwkwkw

      Hapus
    5. Kok cuman kta aja loh...nmad..gempur aku...mana geng kmu yg lain...apa lgi maem indo mi...atau d byar 100 ribu langsung demo...?

      Hapus
    6. @sandstorm7

      Kau kali yg demo di bayar 100rb dan nasi bungkus. Hahahahahahha

      Sudah berapa kali kau sembah Baliho hari ini???

      Hapus
    7. Nusantara bukan kerna indo mi populer...ini perdagangan loh kmu beli aku punya...aku beli kmu punya gitu...bukan kerna enak ngerti...we talking about trade

      Hapus
  14. kemana selebihnya dana UTANG yang dibuat bayar program kapal selam....???



    Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  15. bukan saya yang kata Produk Gagal ya..... tapi pihak INDON sendiri...wkwkwkwkwkkwkwkw


    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal selam salah potong wkwkwkwkw

      https://jakartagreater.com/254970/perdebatan-kemampuan-kapal-selam-malaysia-di-dewan-rakyat/

      Hapus
    2. Nusron yang ngomong kasel diesel electric disuruh nyilem 90 hari nonstop kok didengar pur, mana ada kasel diesel electrik bisa nyelam 90 hari nonstop, pakai AIP sekalipun🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  16. PT PAL lagi belajar pur las kapal selam bukan kapal perang lagi.

    Hasilnya zero defect tanpa cacat.
    Performa kurang bgus bisa kita atasi.
    Yg pnting Dapat ILMU sdkit demi sedikit.

    Klo pun salah ptong kenapa bisa berenamg di Air pur? Kenapa tidak diam di galangan.

    Klo kapal LCs tuh real Salah ptong pur.
    Dan dunia sudah tau apalgi Naval

    BalasHapus
  17. Yang kapal selamnya tak bisa nyelam tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
  18. Saya mnta link kapal selam salah ptong pur?

    Kau tahu Kapal LcS tuh menduniaa gara2 salah potong pur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah potong itu cuman alasan engak mahu lanjutin kerjaan nya kerna masalah dalaman dan luaran loh...ini politik engak bs d bahas ini RAHSIA NEGARA

      Hapus
    2. @sandstorm7

      Bukan RAHASIA NEGARA LCS Maharogol SALAH POTONG sampai-sampai tidak bisa cecah air. Wkwkwkwkkwkw.. bwahahahahaha

      Hapus
    3. Mangka nya bukan ahli tentera engak tahu apa nya cuman baca d koran aja

      Hapus
    4. Orang awam aja tahu tuh kapal masih di darat.

      Hapus
    5. Sehebat hebat nya malon nutupin kapal salah potong tetep ketahuan juga dan jadi hiburan seluruh forumer Dunia
      Wkwkwkwkwkw bwahahaha ckckckck hhhhhhhh

      Hapus
    6. Timur..aku engak nutupin cerita...memang LCS masih d dermaga...kerna ada ceeita d sebalik berita yg kmu baca...itu cuman luaran aja...bukan jugak kerna wang songklap 1MDB, itu cerita politikus aja..

      Hapus
  19. Prabowo bilang kecewa krn performane nya ja pur apa juga dia bilamg salah potong di beritanya.

    Kasihan gempur gak bisa lihat Indonesia sedang belajar Las kapal selam.
    Perlahan kami belajar pur.
    No cacat Zero Defect.

    BalasHapus
  20. Mana katanya scorpene paling hebat xaxaxaxxa kok gk ad d list

    Changbogo yg biasa aj bisa masukburutan 19 xaxaxa


    Terbukti kan terbukti bkn cman kapal selamnya tpi man behind the gun jga xaxaxaxxa

    Mana malon masuk list gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah nonggol...ini propoganda si supri loh...alias bule

      Hapus
    2. @sandstorm7

      Hari ini sudah berapa kali sembah baliho junjungan??

      Hapus
    3. Dalam jumlah persenjataan scorpene,kilo,type 218 SG kalah dari changbogo wkwkwkwkw

      Hapus
  21. Klo Indonesia lagi beljar buat kapal selam kenapa malon iri ya? Iri tuh orang gak samggup belajar spt malon
    Mendunia LCS

    BalasHapus
  22. Kalau dulu ya, ada berita lontong tandanya bakalan ada barang yang dateng (anak formil pasti ngeh)πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Yowa38

      Saya ngeh bro. Itu pertanda dari formil kaskus. 😁😁

      Hapus
    2. Alamor. Mana Alamor yg dulu nazar larbug untuk Tank Leopard.

      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Sekarang udah nggak ada yang berani nazar, dulu rame nazar leopard, nasam, caesar sph, dll, eh barangnya datang semua, ditagih pada kabur🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  23. Gempur di mnta Link nya gak bisa apa2?
    Gitu juga masih bully kapal selam.

    BalasHapus
  24. Kaapal.selam Alugoro sudah ada di laut dobilang salah potong sama Gempur?
    Klo salah potong Tuh kasel juga gak akan terjun di laut pasti temggelam.

    Logika kok dangkal Gempur

    BalasHapus
  25. Malon udah shoping dan bina apa??
    Ops lupa shoping meriam tarik lembu dan bina kapal salah potong




    WKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKK

    BalasHapus
  26. Di seluruh dunia belum ada Galangan kapal yg membuat MUSEUM cuma di BNS yg TOLOL




    WKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWWKKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  27. Bayar uang RM 9 billion nak beli kapal dapat nya Museum



    Tolol akibat otak berlemak makan nasi lemak

    BalasHapus
  28. Scorpane apung baik SEWA kan pada bangla untuk jamban apung je



    Wkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkk

    BalasHapus
  29. Di seluruh dunia beli kapal dapat kapal, tetapi di negeri Malaysewa beli kapal dapatnya MUSEUM

    BalasHapus
  30. Katanya yang tau si alamor, berarti tuwa..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih muda kok

      DuluuuuπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ😁πŸ€ͺ

      Hapus
    2. @PS & @ Yowa38

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  31. Haduh admin kok keluarin berita kasel kan jadi nya gempur CS pada malu beli Scorpene kelas Altantuya pake Bom C4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, ingat KD Tun Tun..ingat aib negara KL.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  32. Kasus KD LCS gagal katanya RAHSIA NEGARA...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Yaelaah, ga ada rahasia lain yang lebih kerenan dikit apa...?

    LoL

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi om@PS

      bisa jadi menjadi rahasia negara malon, karena hal salah potong ini bisa menjadi tolak ukur kelemahan SDM malon yang tidak ingin diketahui oleh negara lain.

      sangat memalukan bagi negara malon

      Hapus
  33. Tapi Prabowo gak Kecewa atas Kinerja dri PAL yg sudah melakukan pekerjaan nya dgn baik tanpa cacat atau zero defect.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Korea pun dah akui PT PAL zero defect dalam bangun Alugoro

      Hapus
    2. Ada negatif pasti ada positif.
      Positif nya kita dpt ilmu las kapal selam, tanpa cacat.
      Maslah yg laen bisa diaatasi bersama2 PAL atau DSMe

      Hapus
    3. Prabowo kecewa karena merasa kasel kita belum sebanding kemampuan dan teknologinya dengan kasel U218SG punya tetangga

      Hapus
  34. Yg tak boleh nyelam bukan kapal selam tp kapal TONGKANG 😜πŸ€ͺ😝

    BalasHapus
  35. Yg ngambang tak boleh nyelam bukan kapal selam tp taik 😜πŸ€ͺ😝

    BalasHapus
  36. Pur negaramu miskin kali, cuman boleh sewa heli, itu scorpen malon bukan kapal selam tp kapal tongkang 😜πŸ€ͺ😝

    BalasHapus
  37. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  38. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah Indonesia sedikit demi sedikit bisa buat aset militernya sendiri dan lulus uji, agar tidak terlalu bergantung pihak luar dan bisa menghasilkan devisa klo bisa ekspor.

    So semangat untuk BUMN STRATEGIS INDONESIA DAN LANJUTKAN! 😎

    yang tak puas boleh lanjutkan baku hantamnya via keyboard masing2πŸ€ͺ

    BalasHapus
  40. Ketahuan lagi guys.... Wkwkkwkwkwkw


    Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nusron itu sok tau, mana ada kapal diesel electric bisa nyilem 90 hari nonstopπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
    2. Selesaikan dulu case Maharajalela BNS dan kerajaan mu, klo bisa wujud 6 dlm 3 thn sdh not bad, ini case maharasuah bina kapal tp tak ada yg masuk jail,, tahniah😎

      Hapus
    3. repot banget poor 🀣🀣🀣

      nooh urusin KD MAHAROGOLELE salah potong

      πŸ€£πŸ’πŸ‘ŽπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ€£

      Hapus
    4. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  41. Wkwkwkkwkkw.... Jom BERHALUNISASI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesssss gempoorwaria berhalusinasi xaxaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  42. Saya kok mikirnya sandstorm itu akun nya gempurwira juga. Biar gayanya kalo ada debat ada yang bantuin gitu. Terus gaya nya pura" jadi orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan bro,itu mungkin lho yg kemarin2 jualan semongko g laku itu loh axaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. Salah tebak loh unknown...bukan semongkombahpret.. aku jualan cilok d pagi hari

      Hapus
  43. Motong berita aja salah potong, apalagi kapal

    BalasHapus
  44. Nak tunggu maharajalela super stealth frigate terjaguh se Asean paling halimunan pasang propeler bukan tayar

    BalasHapus
  45. Dah pasang balon kuning tahunya tak jadi melaut... Aishh.. Aishh

    BalasHapus
  46. hey malon beruk...

    dari data SIPRI tersebut diatas terlihat jelas peringkat kapal selam, dimana scorpen malon hanya muat 18 senjata dan tidak memiliki VLS.

    sedangkan changbogo memiliki 20 senjata dan juga memiliki VLS.

    mengenai performa yang selalu dibahas oleh genk beruk gempooria, sudah bisa diatasi oleh PT.PAL, karena itu hanya hitungan mekanis saja.

    berbeda dengan malon, bina kapal permukaan saja bisa failur design alias salah potong.

    gobloknya SDM malon ini, cakap bual hasil top5 university πŸ’πŸ‘ŽπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas kertas memang nampak hebat.. Tapi realiti...? Tenaga pun lemah guys wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. Iya spt scorpung yg tak bisa selam itu ya....xaxaxaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  47. Baru tau kalo chang bo go punya 6 vls

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 apa hayo pensil pengisi VLS nya?

      EXO blog 3 kah?

      Hapus
    2. Sebenarnya yang punya VLS itu changbogo III (kss-III). Tapi buat panas2in gempork biarin aja lah, wkwkwkwkwk

      Hapus
  48. Patutlah Prabowo kecewa guys..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn g kecewa poor mat sabu bilang harus d refit dulu baru bisa selam tuh scorpung xaxaxaxaxaxaxaxaxa hanya d malonte alutsista fungsinya jadi terbalik dr fungsi asasnya xaxaxaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  49. Xaxaxaxaxaxaxa poor tanya kasel diesel elektrik yg bisa selam 90hari itu kasel dr jenis n negara mana poor???????? Xaxaxaxaxaxaxa ente yg hantar linknya seharusnya ente pahamlah, kan lulusan top 5 university lho xaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasel yang bisa selam 90 hari udah masuk kategori kasel nuklir bro..

      ketauan bego nya emang si gempoor.. 🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Nyoihhh om ricochet, lulusan top 5 university gitu loh, hantar artikel tanpa d baca isinya xaxaxaxaxaxaxaxaxa SMART????????? xaxaxaxaxaxaxaxaxa yyuuuhhhuuu malon nihπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  50. @ Gempurwira

    Parah mana kapal selam kurang tenaga atau tak bisa nyelam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om nusantara g paham dg strategi militer malonte nih, bukanya g bisa selam om, tuh scorpung memang d buat ngambang terus, ketika d kasih camo macam tai maka g akan satu negarapun d dunia yg berani mengusik tuh kasel..............jijay om...xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
  51. Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak bila kapal selam diesel elektrik bisa nyelam 90 hari

      Kapal selam diesel elektrik hanya bisa nyelam selama 45-50 hari jika ada aip selama 76 hari, yang endurancenya 90 hari cuma kapal selam tenaga nuklir TOLOL wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Sejak gempoorwaria yg bilang om xaxaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  52. @gempurwira

    Sejak bila kapal selam tenaga diesel bisa nyelam selama 90 hari wkwkwkwkw

    BalasHapus
  53. Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasel diesel elektrik sanggup selam 30 hari tanpa AIP dah hebat tu😁😁😁😁

      Hapus
  54. yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya



    Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkw.... Ini LAWAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal selam diesel elektrik hanya bisa menyelam di bawah air selama 30 hari tanpa AIP yang endurancenya 90 hari cuma kapal selam tenaga nuklir seperti punya Rusia,as,China wkwkwkwk

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxa iya lawak poor,kapal selam tercanggih punya france, d tangan malonte jd kasel ngambang cam tai xaxaxaxaxaxaxaxxa canggih????? xaxaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    3. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
      02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
      03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
      04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
      05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
      06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
      07. Salam bina drone ugly NYAMUK
      08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
      09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
      10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
      11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
      12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
      13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
      14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
      15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
      16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
      17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
      18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
      19. Salam Mig29 GROUNDED semua
      20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
      21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
      22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
      23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
      24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
      25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
      26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
      27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
      28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
      29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
      30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
      31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
      32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
      33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
      34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
      35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
      36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
      37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
      38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


      Salam terlemah ASEAN
      Salam Kedekut ASEAN
      Salam Rank 44 Badut ASEAN
      Salam Rank di bawah kaki Myanmar

      Hapus
    4. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Naik itu untuk mengisi logistik kru kapal selam Pur πŸ˜‚

      Hapus
    6. Semua juga tau kalau kasel diesel electric tanpa AIP sanggup selam itu paling lama sebulan, masa disuruh nyilem 3 bulan, hanya beruk yang mikir gituπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
  55. Kapal selam tak bisa nyelam lebih parah GUYS wkwkwkwkw...

    BalasHapus
  56. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  57. Yang tak punya SPH tu tepi sikit hanya punya meriam tarik lembu je wkwkwkwkw

    BalasHapus
  58. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Type 209/Changboogo daya tahan di bawah air maks 50H tanpa AIP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa AIP pun nggak sampe 90 hari bro😁😁😁😁

      Hapus
    2. Itupun naik turun ada alasannya, yaitu untuk pengisian logistik kru kapal selam πŸ˜‚

      Hapus
  59. @gempuriwa, kamu tahu Nusron itu siapa ? πŸ˜‚

    BalasHapus
  60. Yang tak punya LPD tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
  61. Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Type 209/Changboogo daya tahan di bawah air maks 50H tanpa AIP.

    BalasHapus
  62. @gempuriwa luar biasa ya, ikutin omongan anggota DPR yang tidak tahu tentang kapal selam πŸ˜‚

    BalasHapus
  63. Gempur rupanya tak paham militer GUYS wkwkwkwkw lawak pantesan datang kesini bahas Pati,hutang,OPM wkwkwkwkw

    BalasHapus
  64. @pur,
    Kalo kutip berita, baca dulu isinya. Biar gak gagal faham.

    Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Type 209/Changboogo daya tahan di bawah air maks 50H tanpa AIP.

    Begitu juga Scorpene (tanpa AIP)!

    Kagak kuat lama2 bro!
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  65. @pur,
    Kalo kutip berita, baca dulu isinya. Biar gak gagal faham.

    Mana ada type 209 bisa tahan 90H di dalam air tanpa AIP.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Type 209/Changboogo daya tahan di bawah air maks 50H tanpa AIP.

    Begitu juga Scorpene (tanpa AIP)!

    Kagak kuat lama2 bro!
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  66. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
    39. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN
    40. Salam heli SEWA, ATV dan Motosikal SEWA

    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  67. Kalau bagus... Mustahil prabowo kecewa..? Wkwkwkkwwkwk


    Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menyinggung kekecewaan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terhadap proyek tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
      02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
      03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
      04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
      05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
      06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
      07. Salam bina drone ugly NYAMUK
      08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
      09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
      10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
      11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
      12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
      13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
      14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
      15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
      16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
      17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
      18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
      19. Salam Mig29 GROUNDED semua
      20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
      21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
      22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
      23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
      24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
      25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
      26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
      27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
      28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
      29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
      30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
      31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
      32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
      33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
      34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
      35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
      36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
      37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
      38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
      39. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN
      40. Salam heli SEWA, ATV dan Motosikal SEWA
      41. Salam MERIAM TARIK LEMBU camo Digital, lembu hasil curian

      Salam terlemah ASEAN
      Salam Kedekut Sewa ASEAN
      Salam Rank 44 Badut ASEAN
      Salam Rank di bawah kaki Myanmar

      Hapus
  68. Masa kalau bagus KECEWA kan guys... Geng INDON suka berhalunisasi guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu complain nya Menhan/anggota dewan jangan ko telan mentah2.

      Sama seperti eks Menhan Mat Sabu cakap pesawat CN235 lambat.
      Betul, jika pembandingnya dgn pesawat jet.

      Begitu pun Menhan RI bilang Changbogo Nagapasa class tak bisa lama2 di dalam air.
      Betul, krn beliau membandingkannya dgn kapal selam yg pake AIP.
      Oleh krn mau yg ada AIPnya, makanya Changbogo batch 2 mau dibatalkan!

      Ade faham sikit kau @pur!

      😊😊😊

      Hapus
    2. Saya mau nanya berapa lama endurance scorpene malon?

      Hapus
    3. @nusantara
      3 tahun bro

      NgambangπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
    4. Kl bagus masa ngambang terus ky tai gua pur rusli homo... 😁

      Hapus
  69. Pakai AIP juga paling lama 70 hari nonstop, mana ada sampai 90 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bro!
      @gempur suka nelan berita mentah2!
      Makanya sering gagal faham!
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  70. Itu complain nya Menhan/anggota dewan jangan ko telan mentah2.

    Sama seperti eks Menhan Mat Sabu cakap pesawat CN235 lambat.
    Betul, jika pembandingnya dgn pesawat jet.

    Begitu pun Menhan RI bilang Changbogo Nagapasa class tak bisa lama2 di dalam air.
    Betul, krn beliau membandingkannya dgn kapal selam yg pake AIP.
    Oleh krn mau yg ada AIPnya, makanya Changbogo batch 2 mau dibatalkan!

    Ade faham sikit kau @pur!

    😊😊😊

    BalasHapus
  71. Itu complain nya Menhan/anggota dewan jangan ko telan mentah2.

    Sama seperti eks Menhan Mat Sabu cakap pesawat CN235 lambat.
    Betul, jika pembandingnya dgn pesawat jet.

    Begitu pun Menhan RI bilang Changbogo Nagapasa class tak bisa lama2 di dalam air.
    Betul, krn beliau membandingkannya dgn kapal selam yg pake AIP.
    Oleh krn mau yg ada AIPnya, makanya Changbogo batch 2 mau dibatalkan!

    Ade faham sikit kau @pur!

    😊😊😊

    BalasHapus
  72. Itu complain nya Menhan/anggota dewan jangan ko telan mentah2.

    Sama seperti eks Menhan Mat Sabu cakap pesawat CN235 lambat.
    Betul, jika pembandingnya dgn pesawat jet.

    Begitu pun Menhan RI bilang Changbogo Nagapasa class tak bisa lama2 di dalam air.
    Betul, krn beliau membandingkannya dgn kapal selam yg pake AIP.
    Oleh krn mau yg ada AIPnya, makanya Changbogo batch 2 mau dibatalkan!

    Ade faham sikit kau @pur!

    😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena singapore beli U218 yang sudah AIP dan australi juga mau ganti cholins class dengan shortfin barracuda yang AIP juga, makanya menhan bilang keseimbangan kawasan

      Hapus
  73. HA HA HA BREAKING NEWS, MENTERI KEUANGANG INDON, SRI MULYANI TARGET KAN HUTANG BARU SEBESAR 1.174 TRILIUN UNTUK TAHUN 2021, MAMPOS LAH INDON ECONOMY MAKIN HANCUR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ngaruhnya utang sama ekonomi





      Satu kata untuk kau








      TOLOL wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Lw yg mampus anjing.. 😁

      Hapus
    3. TERNYATA INDON TAKE PANDAI ECONOMY RUPANYE

      Hapus
    4. Menurur Menkeu RI, Rasio hutang thd GDP Indo dibanding jiran.

      Sebelum corona
      -Indo = 30% GDP
      -Mal = 57% GDP

      Setelah corona
      -Indo = 38% GDP
      -Mal. = 67% GDP

      KRN COVID19, NEGARA2 ASEAN MENAMBAH HUTANGNYA.

      SEBERAPA PARAH?
      LIHAT RASIO HUTANG VS GDP

      😊😊😊

      Hapus
    5. Xaxaxaxaxaxaxaxa macak cihhhh....coba d nalar,kok berani mentri keuangan menargetkan penarikan hutang 1174t tahun 2021 tanpa d perhitungkan dgn pdb n kemampuan membayar hutang??????? Seharusnya maloners yg pemuda pemudinya lulusan top 5 university of the world akan mudah menjawab pertanyaan ane xaxaxaxaxaxaxaxaxa coba negara kaya n makmur dg peringkat ekonomi grade AAAAAAAAA, S E W A??????????? Xaxaxaxaxaxaxa Philipina n Myanmar serta Kamboja bahkan Bangladesh yg kau kata miskin kok mampu beli senjata lon?????????xaxaxaxaxaxaxaxa makan tuh mampos n hancur xaxaxaxaxaxaxa cermin mana cermin xaxaxaxaxaxaxa nih lonπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  74. UPDATE CATATAN HUTANG INDON NOW DAH LEGIT 6000 TRILIUN, NAPE ZAMAN NI DIORANG SUCH SANGAT HUTANG? KERENA DIORANG DAN PARTAI DIA TAKEN OUT PON BAYAR HUTANG, RAKYAT KECIL KENA PERAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rakyatmu kna dirogol proyek rasuah ko kg ditulis nyet.. 😁

      Hapus
    2. Cadangan devisa RI kuat
      Ekonomi terbaik ke 2 di asia
      2021 ekonomi tumbuh.
      Malon diprediksi bank dunia masih sangat BURUK. najib pun sampai kuatir gitunya.

      Hapus
    3. Kalau sudah ngomong partai n politik artinya banci kaleng

      Hapus
  75. HA HA TAHNIAH TAMBAHAN HUTANG 1.174,7 TRILIUN

    BalasHapus
  76. Ada lagi monyet malaon keluar.

    Sebodoh bodoh bangsa malon sesalah salahnya maharogol atau se planet palnet vita berapi.
    Kita wajib mengakui kalau helipun sewa.

    BalasHapus
  77. Memang Dari awal lagi sudah kecewa guys..


    Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan kekecewaan TNI AL terhadap kualitas kapal selam terbaru TNI AL, KRI Nagapasa-403 yang merupakan jenis kapal selam Changbogo buatan galangan kapal DSME (Daewoo Ship Building & Marine Engineering) Korea Selatan.

    Masalah yang diungkapkan adalah soal kapal selam yang kurang bertenaga, akibat baterai yang kurang mampu memasok daya total yang dibutuhkan. Karena spek kapal selam CBG yang dibeli Indonesia masih belum memiliki sistem canggih seperti AIP (Air Independent Propulsion) yang dapat membantu pengisian baterai, pada akhirnya kemampuan arung bawah air kapal selam asal Korsel ini juga jadi terbatas.

    BalasHapus
  78. HA HA HABISLAH RAKYAT KECIL MAKIN SUSAH NAK BANGKIT ECONOMY KERENA PARTAI GOMEN RAJA HUTANG HA HA HA

    BalasHapus
  79. Dari awal beli masalah... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih menyakitkan dari awal beli kg keliatan aka halimunan... Rusli goblok... 😁 😁

      Hapus
  80. Kalah debat kasel ganti ke hutangπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
  81. Kapal selam tu dengan dana utang guys...

    BalasHapus
  82. “Saya ingat di aula ini Menteri yang Terhormat pernah berargumen bahwa kapal selam milik negara tidak bisa menyelam.”

    “Hal yang sama berlaku untuk video pembicaraan politik yang telah diedarkan sebelumnya. Jadi saya ingin tahu apakah kapal selam kami bisa “menyelam” atau tidak? ”, tanya Noh kepada Mohamad saat sesi penggulingan RUU Pasokan 2020, di Dewan Rakyat, malam ini.


    Menanggapi pertanyaan itu, Menteri Mohamad menekankan bahwa kapal selam itu dapat digunakan tetapi setelah melalui proses maintenance, repair and overhaul (MRO) yang membutuhkan biaya tinggi.

    BalasHapus
  83. GILA GILA HUTANG SETINGGI GUNUNG TAMPA RASA BWR SALAH???? IYE LAR NAPE RASA BERSALAH? KAN PARTAI DIORANG TAKE IKUT PON BAYAR HUTANG, RILEX LAR, HUTANG TANPA RASA DOSA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ngomong politik artinya banci kaleng

      Hapus
  84. Beli kapal selam tak bisa selam🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  85. “Saya ingat di aula ini Menteri yang Terhormat pernah berargumen bahwa kapal selam milik negara tidak bisa menyelam.”

    “Hal yang sama berlaku untuk video pembicaraan politik yang telah diedarkan sebelumnya. Jadi saya ingin tahu apakah kapal selam kami bisa “menyelam” atau tidak? ”, tanya Noh kepada Mohamad saat sesi penggulingan RUU Pasokan 2020, di Dewan Rakyat, malam ini.


    Menanggapi pertanyaan itu, Menteri Mohamad menekankan bahwa kapal selam itu dapat digunakan tetapi setelah melalui proses maintenance, repair and overhaul (MRO) yang membutuhkan biaya tinggi.


    Ternyata mesti MRO dulu baru bisa selam Guys.....lawak tolol 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal selam malon disiram pk aer segayung bisa selam,,,,, dlm wc.... 😁

      Hapus
  86. GILA GUYS, HUTANG TAK ADA HATI,MAIN HANTAM SUPER BANYAK WOW... 1.174,7 TRILIUN GAES

    BalasHapus
  87. Disini malon pada stres ya.

    Terbaik baiknya universitas menghasilkan :
    LCS,VITA BERAPI,TAMING SARI,PTN GEN 6,DLL.
    Luar biasa luar biasa
    Berzorak sorak gembira

    BalasHapus
  88. Beli alatan militer UTANG, lepas tu banyak masalah pula, last-last begaduh sendiri. Sekarang pinoy pun mulai berani bully gank putrajaya.

    Buruk muka cermin dibelah
    πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  89. PRANK TERBAIK SI BADUT LOW IQ, GOBLOK DAN MUDAH DI GONDOLIN


    Malaysia Military Power
    21 December 2017

    Update kapal perang Stealth Littoral Combat Ship Gowind.

    1. LCS 1 - KD Maharaja Lela akan mulakan harbour trial hujung 2018

    2. LCS 2 - Raja Mahadi hull telah siap 75%. Akan dilancarkan pada tahun depan.

    3. LCS 3 - Sharif Masahor telah dirasmikan dengan keel laying ceremony baru2 ini. Pembinaan dan pemasangan modul telah di mulakan. Sharif Masahor akan dilancarkan pada 2019

    4. LCS 4 - Mat Salleh. Pemotongan besi telah di mulakan.

    MMP
    Sumber Malaysian Defence


    Mohd Herwafi Ali menawan btol lcs kite ni...taun dpn bajet dpt fremm lak ntuk batch kedua gowind.. dpt 2bijik dlu pn xpe... lps tu frigate kelas lekiu tu upgrade dgn sam n exocet block 3... kelas kedah lak ltk exocet block 2 dgn sam jarak dkt pn xpe...

    Heikel Halim proceed dgn design gowind utk batch ke-2 dalam 6 buah. lgpun blueprint pun kita dah beli.kemungkinan batch ke-2 akan lebih besar lg serta jebat dan lekiu akan pelan2 dilucut tauliah selepas complete semua 12 buah LCS.semua bergantung pada bajet gov

    Mohd Herwafi Ali tp batch kedua klu nk buat 6000tn ke atas mmg kos tinggi skit... xtau la ble dpt bajet tu... jebat nge lekiu ni klu upgrade stil msh bbisa lg bt smntra sblm lcs beroperasi sepenuh

    Muaz Azman Cadangan untuk TLDM suatu hari nanti. Ambik design China, tapi pasang sistem persenjataan European
    Aiman Mohammad Cantek & terbaek nama2 LCS nie! ��

    Vsevizhu Nargmoza Dengar cita kabar, negara tetanga uda nerima alutsista apache ke3 dari order total delapan semua...benarin yah min2

    Aim Aim Project NGPV terus batal ke ape min?? X nk tmbh mcm pnan awal ke

    Malaysia Military Power Takda aih.PTL cadang nak tambah sampai 12 bijik...armament dan sistem semua padan dengan LCS.

    Aim Aim So total 12 or berapa semua sekali (trmasuk yg dirancang)

    Muhammad Nazri Aim Lor . Nak tambah lagi 12 . So maknanya 18 buah NGPV

    Mohamad Ashraf 8 Kedah class offshore patrol vessel yg ada sekarang diupgrade jdi corvette.

    Jai Kovic 15 to 5 aq rse submarine mcm belum discuss..

    Ruddz Salvo Yeahhh...new toys..

    Aidil Omar Nama2 lejen ����

    Tok Sidang Ronin Terbaek..semoga semua dipermudahkan

    Kairol Nizam LCS 2 Raja Mahadi ke Raja Muda Nala Admin Malaysia Military Power? ����

    Sufian Baharum Tggu mrss plak lepas ni

    Mohd Safaren Ishak Bajet defisit.. hibernasi 2 tahun..

    Sufian Baharum Kena tambah perolehan la mcm ni.

    Muhammad Nazri bukan ke bajet 2018 dah luluskan untuk MRSS.?

    Aliff Hakimi Wahh bagus2....

    Madie Fida Dokdo kn.. Huhu..

    Sufian Baharum Xpasti la. Baca dlm malaysia defense pun br nk keluar tender

    hah'z Ryzals Damen 10000 tan

    Aidil Omar Sape yg buat?

    Heikel Halim bukan dokdo.mahal sgt dan maintenance tinggi. Kuat mengatakan Damen Enforcer 10000

    Mohd Soffian MRSS atas dock ada agusta westland 609 ni...perrrrr.

    Signuer Muhamad AL-Fateh Damen Shipyard Belanda buat MRSS

    Signuer Muhamad AL-Fateh Join venture dengan Bousted mungkin

    Mohamad Aiyad Ramli tbaek nama LCS seme

    Muhammad Farhan Admin aku hari hari muak bila dengar indon cakap Military kita borong semua ploduk ploduk militer buatan negara diaorg. Aku harap kita jangan beli lagi.

    Hawkin Foxtrot Bro diorang pon 2 x 5 guna produk luar jugak... Sama2 guna..

    Muhammad Farhan Cool Fakhrul kecoh kat facebook kata Malaysia beli baju askar buatan indon. Kapal armada pon beli dari indon. Muak pulak aku dengar.

    Mohd Rodzaimie klu pasal baju tu mmg ada betulnya... nama syarikat dia sritex... saya penah nampak video berita net tv indo... mmg agak tekejut gak... uniform tldm ngan tudm...

    Heikel Halim tu apache dah masuk 3 biji dlm inventori diorang lg besar kepala buat modal bahan kita..hahaha

    BalasHapus