20 Januari 2021

Lumindo Lakukan Final Tes Ranpur RM-70 Grad Rekondisi

20 Januari 2021

Final test MLRS RM-70 Grad Korps Marinir TNI AL (all photos : Ruang Kamera production)

Melanjutkan artikel pada tanggal 23 Mei 2020 lalu, dimana PT Lumindo Artha Sejati mendapatkan pekerjaan rekondisi kendaraan tempur tank amfibi PT-76, kendaraan pengangkut personil BTR-50 dan juga kendaraan peluncur roket Marinir tipe RM-70 Grad, pada saat itu disampaikan progres pekerjaan atas ketiga kendaraan tempur tersebut.


Berlanjut kemudian pada bulan Agustus 2020, telah dilakukan final tes atas beberapa unit tank amfibi PT-76 Korps Marinir yang telah selesai dilakukan rekondisi. Kendaraan tempur tersebut saat ini telah berdinas kembali di kesatuannya semula.


Pada tanggal 17 Januari 2021 lalu, PT Lumindo Artha Sejati melalui account media Ruang Kamera (RK Production), melakukan posting final test ranpur RM-70 Grad yang telah selesai dilakukan rekondisi.



2 unit kendaraan tempur multiple launch rocket system (MLRS) RM-70 Grad ini selanjutnya akan kembali bertugas di kesatuannya kembali yaitu Batalyon Roket 2 Pasmar 2 berkedudukan di Surabaya.


Dalam catatan SIPRI, Indonesia menerima kendaraan peluncur roket MLRS 122mm RM-70 Grad buatan Ceko dalam 3 gelombang, pertama tahun 2003-2204 sebanyak 6 unit, kemudian yang kedua tahun 2008 sebanyak 3 unit dan terakhir tahun 2016 sebanyak 8 unit. Kiriman terakhir ini telah diupgrade menjadi versi RM-70 Vampir. Total MLRS sebanyak 17 unit semua dioperasikan oleh Korps Marinir TNI AL. 

(Defense Studies)

198 komentar:

  1. Balasan
    1. Jumlah RM 70 Grad + Vampir hanya 17unit, sedikit banget ya. Lebih banyak Astros.

      Semoga ditambah 13unit lagi RM70 Vampir nya biar bisa untuk 3 Batalyon Marinir. 1 batalyon biar 10unit RM70 Vampir.

      Hapus
    2. Jumlahnya beda jauh, berbanding lurus ama alokasi anggaran Marinir vs AD bro..๐Ÿ˜Š

      MLRS made in china punya Marinir berapa banyak yak..?

      Hapus
    3. PS@ MLRS buatan cina cuma ada 4 om

      Hapus
    4. Ranpur R han buatan dahana belum sertifikasi ya

      Hapus
    5. blom diitung mlrs asal sohibnya KL kan om, ituloh yg py BOMBER haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      astros kan py tni-ad om nep, sabar smua arahnya mnuju peningkatan.
      ksal yg lama perna sebut kebutuhannya 36 bijik alias 18 bijik per batalyon..jd tunggu sajalah..dikit2 gpp yg penting punyak, pst makin moderen haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      berhubung pasmar skrg ada 3 bijik, yach tambah 18 bijik lagi dah.
      ato mungkin ganti tank mortar, biar variasinya tempurnya makin seru hore haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Hapus
    6. @PS

      Ada 4unit MLRS Norinco 90B Made in China yg di pakai Marinir.

      https://www.indomiliter.com/norinco-type-90b-self-propelled-mlrs-terbaru-milik-armed-korps-marinir-tni-al/

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya benih R-han 122 tercipta dari ToT Roket RM70.

      Hapus
    2. 122B sudah diproduksi mass blm?

      Hapus
    3. @Nmad
      Belum ada info. Terakhir sudah sertifikasi kemenhan kalo tak salah

      Hapus
  3. Wee Lumindo lagi naik daun.
    Pgen liat Tank PT76 di upgrade pasang turret 90mm dan Falarick

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali Dari laman Defense Express memberitakan perusahaan Ukraina, Ukrspetsexport akan modernisasi sebanyak 40 unit PT 76 milik Korps Marinir.

      Korps Marinir sejak tahun 1990 mempunyai sekitar 100 unit PT 76, yang sebagian telah mengalami retrofit dengan menggunakan mesin Detroit Diesel buatan AS dan mengganti kanon dengan kaliber 90 mm buatan Belgia, yang sekarang dinamakan PT76 M.

      Pihak pabrikan Ukraina nantinya akan menggandeng badan usaha swasta, PT Lumindo Artha Sejati untuk modernisasi tank ringan PT76 milik Korps Marinir.

      Pihak Ukraina dikatakan telah memiliki kesepakatan dengan Indonesia tentang pembelian rudal Fallarick 90, yang nantinya bisa digunakan tank PT76 M yang telah menggunakan kanon kaliber 90 mm Cockerill Mk 3M-A2.

      Selain dapat meluncurkan rudal, tank akan mengalami sejumlah modernisasi, seperti mesin dan transmisi akan diganti baru, bahkan akan ada instalasi sistem proteksi Zaslon-L, sistem pembidik laser Synthesis dan sistem navigasi Basalt.

      Dengan akan hadirnya rudal Fallarick 90, Kavaleri Korps Marinir akan mempunyai 3 jenis rudal anti tank, dimana sebelumnya rudal anti tank sudah menjadi kelengkapan pada ranpur BVP-2 dengan rudal AT-5, dan ranpur BMP-3F dengan rudal Arkan.




      Tank yang sudah tua dan dilakukan program upgrade langsung jadi mematikan

      Hapus
    2. Ada potensi lumindo buat ranpur amfibi?

      Hapus
  4. Rancur MLRS buatan Dahana kapan ni launching

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi di uji om supaya nanti peluncuran roketnya bisa maksimal

      Hapus
    2. Kemaren OM Ngurah Rai bilang nunggu tim supervisi dari Ukraina untuk menyempurnakan Rancur MLRS buatan Dahana.

      Hapus
    3. Tim dri ukraina atau turki ni?๐Ÿคซ

      Hapus
    4. Selesai design,R&D,asembly pasti di test dulu biar lulus sertifikasi dari Kemenhan bro

      Hapus
    5. Yes smoga bisa di sempurnakan lagi

      Hapus
  5. Yang tak punya marinir tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg tak punya marinir sila ngences je ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  6. lumindo dan delima jaya 2 subkon serpis korps marinir.

    sekali2 mlrs jadul bm14/17 jugak direstorasi & apgred donk, kyk di pietnam gt..mayan buat pertahanan pantai, apalagi kalo bisa ditingkatin fcs ama jarak tembaknya begh, mantap haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

    https://www.indomiliter.com/bm-1417-generasi-pertama-self-propelled-mlrs-korps-marinir-tni-al/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada penggantinya ompal MLRS langsiran PT Pindad bersama PT Dahana serta kendaraan peluncurannya buat PT delima..kl MLRS BM 14/17 tuh nanti kita hibahkan sama gred A je ompal ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. apa hibah? ogah ahh..jual ke laos masi laku om pit haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      Hapus
    3. Yoi ompal cem ausy tak mau hibah hornetnya ke KL tapi jual ke Canada...kl hibahkan gk dapat duit ausy nya ompal wkwkwk

      Hapus
    4. ke KL pada geli yak haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

      Hapus
  7. Bukan tepi sikit tapi nyebur ke septictank om

    BalasHapus
  8. Heboh! Pemerintah Trump Akui RI-Israel Hampir Buka Hubungan

    Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Presiden AS Donald Trump menyebut bahwa Indonesia sebenarnya menjadi negara berikutnya yang akan menormalkan hubungan dengan Israel. Bersama RI, ada pula negara Afrika, Mauritania.
    Hal ini ditulis Times of Israel dalam laporan ekslusifnya mengutip dua pejabat AS. Namun sayangnya normalisasi hubungan kehabisan waktu. Pasalnya Trump tak terpilih lagi sebagai Presiden AS dan masa jabatannya habis.

    Para pejabat menyakini, jika Trump memiliki waktu satu hingga dua bulan saja, ia pasti sudah memasukkan kedua negara dalam perjanjian Abraham Accords. Perjanjian itu menjadi simbol dibukanya hubungan Israel dengan sejumlah negara Muslim, seperti yang terjadi dengan Uni Emirat Arab, Sudan, Bahrain dan Maroko.

    "Dengan populasi lebih dari 270 juta, Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Itu memberinya 'kepentingan simbolis ekstra' bagi pemerintahan Trump, yang menyatakan bahwa konflik Israel-Palestina tidak perlu menjadi penghalang bagi perdamaian antara negara Yahudi dan dunia Muslim dan Arab," tulis media tersebut mengutip seorang pejabat AS, Rabu (20/1/2021).

    Selain RI dan Mauritana, Oman juga disebut sempat didekati, termasuk Arab Saudi. Namun khusus dengan Saudi pembicaraan sangatlah alot.

    Pejabat itu juga menyebut kemungkinan pembicaraan normalisasi bisa berlanjut di masa Biden. Sebelumnya, Biden sempat menyatakan dukungan pada Abraham Accords selama kampanye dengan penegasan pula dari calon menteri luar negeri Tony Bllinken di November 2020 lalu.

    "Saya berharap pemerintahan Biden memanfaatkan ini karena ini baik untuk semua orang. Perdamaian bukanlah cita-cita Republik atau cita-cita Demokrat, " kata pejabat senior itu lagi.

    Meski begitu kemungkinan ini tak akan jadi prioritas. Pengamat menilai, Biden dipastikan akan lebih banyak fokus ke penanganan corona di AS dan konsekuensinya pada ekonomi.

    Israel dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik formal, tetapi bekerja sama dalam perdagangan dan pariwisata. Namun Indonesia membeli senjata dari Israel pada 1970-an dan 1980-an.

    Tentara Indonesia juga sempat berlatih di Israel. Pada 1993, Perdana Menteri Yitzhak Rabin bahkan sempat bertemu dengan presiden Indonesia Soeharto yang menjabat saat itu di Jakarta.

    Sebelumnya Kementerian Luar Negeri RI telah membantah adanya pembicaraan dengan AS soal normalisasi ini.

    Desember lalu, Bloomberg menulis, Trump mengiming-imingi pembiayaan tambahan jika RI melunak dan mau bergabung dengan sejumlah negara yang telah lebih dulu menormalisasi hubungan. Media itu mengutip Kepala Eksekutif US-International Development Finance Corporation (Korporasi Keuangan Pembangunan Internasional-AS/ DFC) Adam Boehler.

    Ia mengatakan bisa melipatgandakan portopolio US$ 1 miliar saat ini. Tentunya, jika RI mengembangkan hubungan dengan Israel dalam sebuah wawancara di Hotel King David Yerusalem.

    "Kami sedang membicarakannya dengan mereka ... Jika mereka siap, mereka siap dan jika mereka siap maka kami akan dengan senang hati bahkan mendukung lebih secara finansial daripada yang kami lakukan," kata Boehler.

    Link :

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20210120065426-4-217290/heboh-pemerintah-trump-akui-ri-israel-hampir-buka-hubungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Joe Biden melanjutkan programmya Trump yg ingin normalisasi hubungan Indonesia dengan Israel.

      Anjing menggong Kafilah Berlalu. Abaikan saja yg Demo menentang buka hubungan diplomatik dengan Israel.

      Dengan buka hubungan diplomatik bisa meminta Israel untuk mengakui kemerdekaan Palestina.

      Saya YES dan mendukung untuk Indonesia buka hubungan diplomatik dengan Israel.

      Yg HAROM memang SEDAP dan Ngeri-ngeri SEDAP.

      Hapus
    2. Aerostar,helm apache,sistem senjata pandur emang harom tapi sedap wkwkwk

      Hapus
    3. Menurut saya lebih baik buka hubungan dagang dulu. Buka hunbungan diplomatic tidak ada hasilnya. Sudah terbukti di beberapa negara Arab.

      Hapus
    4. Kayaknya dah pernah dibantah ama Menlu RI tuh..

      Hapus
    5. Tidak akan ada hubungan diplomatik dengan Israel karena itu melanggar pembukaan UUD 45.

      Hapus
    6. Kali ini saya setuju sikandar.wkwkwkwk

      Hapus
    7. Yo jelas laah ndar..๐Ÿ˜›
      Mamulo wes dibantah Menlu..

      Pernyataan itu klaim US, bukan inisiatif RI..๐Ÿ˜›

      Hapus
    8. Baru tau, ternyata Iskandar itu nama mayoritas di Malaysia guys. Ibaratnya kalo disini itu Budi, Slamet, Gono dll.

      Jadi kau itu orang mana sih ndar ๐Ÿ˜…

      Hapus
    9. Iskandar itu orang Vietnam,nama Vietnamnya Nguyen Cao Lo

      Hapus
  9. maren ada jugak kan bvp-2 ama LVT7 yg restorasi pt lumindo min, pake dron..asoooyyyy haha!๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ

    ganteng gaesz..

    AWESOME.!! Rekondisi Tank Milik Korps Marinir TNI-AL
    https://www.youtube.com/watch?v=BecXD1n2p9M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikk...yg tak de corp marines sila tepi sikit ompal wkwkwk

      Hapus
    2. kasi fisank om pit, biar gak brisik haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
  10. di KL mana ada kepakaran cem ini gaez, tank rusak sikit mewek minta yg BARUW haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak papa oom, cuma minta aja kan gratis...

      Kalo beli, baru bayar...ada duit/gak?

      Jiahahahhhaaaa

      Hapus
    2. Lha Scorpion gred A aja pun mereka gk mampu maintenance dan upgradenya ompal

      Hapus
    3. beli baru bisa gak yaaa?
      kalo sewa negeri fisank bisa om pedang haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
    4. pdhl umurnya masi muda, KL mungkin gengsi..tetangga yg dulu dibuli pake EMBITI si PENDEKar ituw skrg pada SHOPPING SOPING embiti, mana jumlahnya jaaauuuuuuhhh lbh banyak..sedangkan KL tinggal 44 bijik tank tempur, mana chukup yak? haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Kalo di keluargaku bilangnya, "nanti ya, beli brosurnya dulu" ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      KLers in nutshell

      Hapus
  11. Paijo_Geseh ♣️ 20/01/2021 Reply
    Untuk mengupgrade sistim sensor, komando-kendali dan sistim persenjataan (belum termasuk rudalnya ?????) KRI Usman Harun menyesuaikan dg standar PKR, menelan biaya USD 60 juta ๐Ÿคท

    Radar ๐Ÿ‘‰ Smart S
    ESM ๐Ÿ‘‰ Thales
    CMS ๐Ÿ‘‰ Tacticos
    VL Sam ๐Ÿ‘‰ VL Mica
    AShM ๐Ÿ‘‰Exotica MM40 blk 3
    Kanon 30mm ๐Ÿ‘‰ diupgrade

    Sementara utk mengupgrade Lafenyet menjadi standar PKR pastinya menelan bujet yg lebih besar, sebab lebih banyak komponen yg perlu diganti, dg rincian kasarnya :

    Radar bawaan buatan thales perancis ๐Ÿ‘‰ Smart S
    ESM bawaan thales perancis ๐Ÿ‘‰ Vigile 100
    CMS Setis ๐Ÿ‘‰ Tacticos
    Kanon 100mm ๐Ÿ‘‰ Otmel 76 mm
    VL SAM ๐Ÿ‘‰ pasang 16 cell VL Mica, diposisi depan anjungan
    AShM ๐Ÿ‘‰ diupgrade mjd standar Exotica mm40 blk 3
    Crotale ๐Ÿ‘‰ dicopot, diganti Millendaru 35 mm
    Sonar ๐Ÿ‘‰ pasang baru Kingklip
    Torpedo ๐Ÿ‘‰ pasang peluncur baru

    Dari sini ☝️ kira-kira akan menelan angka diatas 100 juta dolllar, atau minmal sekitar 1/3 harga PKR dg lifetime yg jauh lebih pendek…….dan jangan lupa superstrukturnya bukan dari marine grade steel tapi bahan komposit generasi awal ✌️

    Kira-kira mana yg lebih worthed…..beli seken Lapenyet yg diupgrade sesudahnya, atau bikin baru PKR dg lanjutan TOT hingga seluruh bagian hull dikerjakan di PT PAL ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung harga sekenan Lapenyet dulu berapa...

      Baru bisa dinilai, layak/gak-nya..๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Lha wong dikasi gratisan aja biaya uogradenya udah minimal 1/3 harga PKR kok ๐Ÿคท

      Hapus
    3. Kalo jatuhnya bersih 1/2 harga PKR nolak/gak yaa..?

      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Belum repowering mesin lah

      Hapus
    5. Plus, proses penyelesaian upgrade MRLF aja bakal sampe 2023 karena kapalnya dipakai operasi......nah lhooooo ๐Ÿ˜ต

      Giliran jadi dibeli Lapenyetnya, taun depan trend nya di eropa ganti Korvet aka sekelas PKR ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    6. Itu baru 1 kapal KRI usman harun sampai tahun 2023 kan? Sisa 2 kapal lagi menyusul...xixixixi

      Hapus
    7. Saya tentunya pilih baru om bisa sampe 30tahun kedepan ๐Ÿ˜…

      Hapus
    8. Kita ngejar ketinggalan byk gap yg hrus di isi

      Hapus
    9. Rasionalnya.....kalo sekedar nutup gap, berarti kita asal beli kapal yg bisa ngapung krn kalo diupgrade proses penyelesaiannya lama ๐Ÿคท

      Takutnya pas kelar uograde, perangbya udah bubar ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    10. huss..husss..seles karel tukang pintu yg gak dilirik opa wowo tepi sikitlah haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

      Hapus
    11. Maka sepeti yg ane bilang semalam.....kalo sekedar ngejar cepet dan murah mending buruan bayarin aja tuh fregat F-313 mumpung dilego usd 7 juta doang ๐Ÿค—

      Hapus
    12. Dimari kan ga pernah ngejar target full operasional penuh baru difungsikan.

      Asal bisa melaut & buat eksis di tengah laut, upgrade/repowering bisa sambil jalan, dan bertahap.

      Maklum, yang dianut 1000 friend, zero enemy..

      Hihihihi...

      Wellcome Lha penyet.

      Hapus
    13. Kuwi kamsude Helge Ingstad tho mas..?

      Sampeyan ki sadis men tho mas?

      ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ฅ

      Hapus
    14. Fregat F-313 juga masih bisa ngapung loh ......ongkos las sana-sini berapa sih, paling tambah biaya ngilangin bau anyir air laut ๐Ÿ˜ท

      Hapus
    15. Gue nggak peduli mau diganti apa.

      Yang gue mau anggaran pertahanan dan keamanan jadi 3% GDP. Dari 3% itu dibagi 2.

      1,5% GDP untuk pertahanan.
      1,5% GDP lagi untuk keamanan dibagi untuk Polri, Bakamla, BNPB, BASARNAS, Polhut, Koopsus antiteror, BNN, BNPT, BSN, BIN, Ketahanan pangan, Riset khusus teknologi pangan, nubika dan alutsista.

      Hapus
    16. Nggih mbah kulo yo rak peduli ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

      Hapus
    17. Polri, Bakamla, BNPB, BNPT, BSN, BIN, Riset khusus teknologi pangan dan Ketahanan pangan punya dana masing-masing

      Riset khusus nubika dan alutsista saya dukung masuk Anggaran TNI.

      Setidaknya 1,5-2% GDP untuk pertahanan/Kemenhan

      Hapus
    18. Iyo, saiki muni ta perduli.....tekno itungane meleset wae ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’ฅ๐Ÿ’ฅ๐Ÿ’ฅ๐Ÿ’ฃ

      Hapus
    19. @paijo 1/3 harga pkr?? Itu harga pkr FFBNW cuma otomel 76 tampa rudal dan ciws, menurut gw lapayet cuma buat stop gap fregat baru mef 2 ama mef 3 yang datengnya masih lama

      Hapus
    20. Lha sing usd 330 juta dollar ki rego opo bro.....tekoko wae kambek mas @PG

      Hapus
    21. "Gininih yg dimauin Pak Jokowi .....bukan yg doyan belanja stap-stop gap mulu ๐Ÿคท

      Itu TOT yg sudah berjalan diintensifkan aja.....jangan belak-belok aje.....kapan nyampenya ๐Ÿ˜"

      https://oto.detik.com/berita/d-5341128/komjen-sigit-ke-depan-polisi-tidak-perlu-melakukan-tilang?tag_from=wpm_cb_lifestyle_4&utm_source=detik.com&utm_medium=referral&_ga=2.145237044.1020924114.1605523535-935833695.1526148982#top

      Hapus
    22. "Kita ini butuh orang2 yg punya totalitas utk negara. ......bukan totalitas utk kalangannya sendiri ☝️"

      Paijo_Geseh ♣️ 20/01/2021 Reply
      ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ Kalo yg ingat alat centrifugal di lakespra yg mangkark 11 tahun, pabriknya di perancis sudah tutup…kemhan pernah memperbaiki tapi gagal. Sebuah perusahaan swasta menawarkan memperbaikinya dg penawaran bujet 170 Milyar ๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต.

      Tapi Pak Dento Priyono dibantu tim dari itb dan pensiunan
      Pt. Di berhasil memperbaikinya…..lebih tepatnya membuat dari baru mulai dari programing, sistim kelistrikan dll dan hanya memanfaatkan bodi nya yg asli……dan semua itu hanya menelan biaya 6 Milyar…..iya 6 Milyar ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

      Jabatan menhan adalah jabatan politis…..maka pak Jokowi menerapkan standar yg tinggi dg tolok ukur kecapaian Pak Dento Priyono…..berlaku bagi siapapun pejabat menhannya dan tidak ada urusan dg Lord-lord an ☝️

      Siapapun menhan yg sanggup menyelenggarakan pengadaan alutsista tanpa memperkaya diri sendiri atau kelompoknya, maka dia akan belanja besar-besaran…..tapi kalo enggak bisa ya paling banter belanja alutsista yg nilai strategisnya rendah ๐Ÿ˜Ž. ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ

      Hapus
    23. Kita tunggu saat trio "Hadi-Yuyu-Dento" memperkuat kemhan ☝️.....itulah saatnya kebangkitan militer kita yg sesungguhnya ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
  12. Keusangan ni guys... Wkwkwkkwwkkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang punya Vietnam lebih usang wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Iyalah kalah ama vita berapi yg udah di pake di film rambo 7 lebih modern rusak tinggal ganti baterai jam dinding 4 biji

      Hapus
    3. Sibmas dan condor lapok sila tepi sikit wkwkwk

      Hapus
    4. Dulu pun saat TNI beli kapal eks brunei mereka/ gempur fans bilang tak cocok dgn mereka tapi setelah dibeli TNI ya sedih juga mereka ternyata kapal eks brunei mantab betul๐Ÿ‘๐Ÿ˜Ž

      Hapus
  13. Pt. Lumindo swasta? Cockeril 90mm beli langsung ke belgia atau beli sama pindad?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke pindad dong .....kan doi agennya ๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    2. Kebutuhan tank ringan ternyata banyak juga ya. Mudah2an kedepan ada inhan yang kembangkan tank ringan buat amfibi dan kavaleri linud, yang bisa diangkut pake hercules buat di drop di wilayah konflik xixixi

      Hapus
    3. langsunglah, pindad bkn agen kan haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      Hapus
    4. Yowa@ betul bro cem doktrin Rusia luncurkan tank ringan pake parasut dari pesawat di daerah konflik...mantul tuh doktrinnya bro patut di contoh Indonesia

      Hapus
    5. @matpit
      Yup om pit, secara Harimau MT nggak muat di herky kita, hihihi

      Hapus
    6. Kalau doktrin bagusnya dipelajari dulu, bukan dicontoh. VDV Rusia itu ekivalen dengan USMC, bedanya satu dari udara, sedangkan yg satu lagi dari laut. Cari yg paling sesuai dengan kebutuhan kita.

      Nggak ada yg salah ambil ide dari mereka, tapi bagusnya lihat kelebihan dan kekurangan dari setiap metode. Contohnya Scorpion itu tank anti ambles. XD Tapi kalau airdrop, suspensi kayaknya tidak sekuat BMD. Sedangkan BMD ground pressure jauh lebih gede dari Scorpion.

      Hapus
    7. @IRS
      soalnya ada isu mau ambil A400M untuk bisa geser Harimau MT ke daerah konflik paling lambat 48 jam karena c130j katanya nggak muat buat angkut Harimau MT dan Leopard

      Hapus
    8. Muat mas @Yowa38 ....saya pernah lihat sendiri ๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    9. Paijo_Geseh ♣️20 Januari 2021 12.44

      Muat mas @Yowa38 ....saya pernah lihat sendiri ๐Ÿ˜Ž

      ------------------

      liat yg 19 detik ato 3 mnt...bagi donk haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
  14. MLRS TNI

    - 63 unit Astros MK 6
    - 9 unit MLRS grad
    - 8 unit MLRS vampire

    BalasHapus
  15. Heli kcik md530 pesanan sewa malay kayak becak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaya helm half face di copot kacanye trus makenya kebalik om

      Hapus
    2. Heli MD-530 40 minit basic heli sipil tuh keh wkwkwk

      Hapus
    3. percaya dech gak bakal dikirim sblom lunas haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      Hapus
  16. MLRS marinir yang ini jarang ikut latihan tempur ya?


    https://www.indomiliter.com/norinco-type-90b-self-propelled-mlrs-terbaru-milik-armed-korps-marinir-tni-al/

    BalasHapus
    Balasan
    1. gantian om nusa, bvp-2 jugak jarang2 muncul tp tiba2 muncul taon kemarin kan haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      yg pasti BTR-4M muncul terus dlm latian 3 taon terakhir. keknya panser ini bakal nambah nich

      Hapus
    2. Bukannya marinir nggak puas dengan btr-4m ompal? Hehehe

      Hapus
    3. yang bilang gak puwas ituw kan wartawan ASING yg salah mlulu ama seles haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      kan aneh binti ajaib, masa ranpur baruw dateng blom diuji resmi tiba2 kluar brita yg konon dr orang dALEMAN,
      yaa biasa dech satuw perguruan ama si tukang cuwit dALEMAN KALAPAS haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      buktinya setelah diuji laut langsung ama korps marinir, kan kliatan yg HOWAKS yg mana..ada pidionya malah.

      herannya netijen julid kita malah DOYAN HOWAKS yg gak jelas sumbernya darimana.
      malah wartawan ASING tsb gak perna ikut masuk dlm tes ranpur btr-4m

      sedangkan om indomil(bukan indomiliter) yg ikut nyebur dlm ujicoba di YUKREN lgs, uda muji2 di blognya..trus apa masalah?


      trus marinir rilis sertifikat
      marinir mana yg ngomong gak puwas om yowa, guwe ktemu langsung di cilegon, mereka HEPI naek btr-4m hore haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      malah dlm penyambutan menhan dibumi marinir, posenya pake btr-4m

      Hapus
    4. Bagus lah ompal, daripada pandur lebih gahar BTR-4M sih, mudah2an emang jadi dikembang biakkan...hehehehe

      Hapus
    5. smuanya bagus om yowa, dan sesuai kebutuhan aja.

      kerna masing2 matra py pilihan dan pakem sendiri2 okeh oceh๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

      btr-4m ini termasuk murmer utk ukuran panser 8x8. dulu kontraknya buat kita gak nyampe 2 juta dolar, artinya bisa bersaing ama pindad anoa 6x6 yg full spek lho.

      Hapus
  17. Kalau tak salah tank harimau juga bisa diinstal rudal anti tank falarick 90

    BalasHapus
  18. https://www.facebook.com/181276675314017/posts/3330659390375714/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADIZ bikin jiran sebelah kepanasan nih.

      Hapus
    2. Alki 1,2 dan 3 coastal defense

      Hapus
    3. Jangan sebut-sebut coastal defense bro. Gak enak nama gue disebut-sebut nanti sales yg lain iri.. hahahahaha..

      Hapus
  19. Dalam catatan SIPRI, Indonesia menerima kendaraan peluncur roket MLRS 122mm RM-70 Grad buatan Ceko dalam 3 gelombang, pertama tahun 2003-2204 sebanyak 6 unit, kemudian yang kedua tahun 2008 sebanyak 3 unit dan terakhir tahun 2016 sebanyak 8 unit.

    -----------------

    2204??? wooww jaman laser2 donk ciuu cciuuu haha!๐Ÿ”ซ๐Ÿ”ซ๐Ÿ”ซ

    astros KL 2x beli taon 2003 ama 2006 jauuhh lebih bapuk gaesz gak perna apgred pulak kesian haha!๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astros gred A itu seri lama ompal yaitu seri Mk-4 blm digital kl Astros TNI udah modern seri terbaharu Mk-6 dah full digital dan full computerized ompal

      Hapus
    2. nyooiihh yg analog minggir napeh...
      apalagi yg gak punyak SPH...

      smua SPH 155mm kita full digital ama tat skrin om pit hore haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      sedangkan howitzer LG KL yg baru,
      biarpon pake layar digital..namun TIDAK TAT SKRIN, kesiaan dech haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  20. Iskandar19 Januari 2021 11.38

    BMP 3F dan BT 3F batal kena caatsa.
    Rafale nunggu presiden yang baru, 2024.

    ----------------------
    khusus buat om ndar dkk WARGANYET KL maupon simpastisannyeh

    FANAASSSSSSSS haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    cieee kata siape batal om ndar, lah maren kan uda nongol DUWITNYA buat 2021...
    kesian dech slaluw tertinggal dan KALAH haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    -frigat batch II beres
    https://scontent-ort2-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/134445078_3276184039156583_8656001796894132433_n.jpg?_nc_cat=110&ccb=2&_nc_sid=730e14&_nc_ohc=Jo4V1_AgwJ0AX8Nnb4I&_nc_ht=scontent-ort2-1.xx&oh=a4ca69c18352760b1956a0cc129711d1&oe=602B5F67

    -tank beres BMP/BTF seris
    https://scontent-ort2-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/134404170_3275919062516414_7215350152208452051_n.jpg?_nc_cat=105&ccb=2&_nc_sid=8024bb&_nc_ohc=ASOUHjNbOeYAX-TgCM8&_nc_ht=scontent-ort2-1.xx&oh=0b7538ad1285e2d0aed6f1314642fcef&oe=602B80B3

    -pespur beres ESYU-35
    https://scontent-ort2-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/134369938_3276000492508271_2762869100608383897_n.jpg?_nc_cat=101&ccb=2&_nc_sid=8024bb&_nc_ohc=T9r7qDBVAekAX82WpyX&_nc_ht=scontent-ort2-1.xx&oh=c648737e4b0575d04b0ab1209775f78b&oe=602D39DD

    -kasel beres nagapasa batch II
    https://scontent-ort2-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/133726943_3274987949276192_3300098244688496910_n.jpg?_nc_cat=108&ccb=2&_nc_sid=8024bb&_nc_ohc=JqC54y4SGiwAX-krvKb&_nc_ht=scontent-ort2-1.xx&oh=c102eb5b7b7b29b380806c30f9234b97&oe=602BFF6C

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sinii om ndar..malu2 sikit gpp, ntar fentung guwe gak keras kok haha!๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ

      Hapus
    2. Pentung kantong matanya om biar kaya junjungannya

      Hapus
    3. jiaaahhh haha!๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

      Hapus
  21. Penasaran ni sama Anoa 3?๐Ÿคซ๐Ÿคซ๐Ÿคซ

    BalasHapus
  22. Ngomong² tank harimau jadi inget pesan pak Bowo๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚supaya bisa renang dan dipakai Ama marinir juga makany om Dogan mau kerja sama Ama kita๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tp speknya berbeda dengan ad punya.yukk kita tunggu si harimau laut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin harimaunya disuruh diet dulu bung, supaya beratnya turun, wkwkwk

      Hapus
    2. Harimaunya ๐Ÿฏ๐Ÿ…๐Ÿ† diajarin berenang dong.....biar bisa dipakai marinir ๐Ÿค—

      https://youtu.be/UrfWaC9XkKc

      Hapus
    3. Berarti Hull dari Tank Harimau dipakai untuk buat Tank Amphibi. Saya pikir ambil hull dari Zaha.

      Lebih bagus namanya si Kuda Laut, atau Tank Dolphin. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Iya om@GR kan kita tunggu om dogan ke indo untuk tanda tangan kerjasama

      Hapus
    5. Asal jgn kuda nil aja ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† bongsor montok

      Hapus
    6. Om @Ngurah Rai

      Mr. Erdogan gak jadi datang bulan ini kunjungan ke Indonesia?

      Hapus
    7. Covid lagi mengganas, mungkin ditunda 2 3 bulan lagi

      Hapus
    8. @smili aka juragan jendes pilih seng Endi PKR utowo fremm๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    9. @ngurah Rai ya pasti PKR lah, masa sales damen dukung ficanteri ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    10. PKR dan kelas Fremm ki saling melengkapi, bukan saling dipertentangkan ☝️

      Kelas PKR yg draft nya cuma 3,5m butuh utk pengamanan diperairan dalam/jalur ALKI yg karakter alur pelayarannya sempit dan dangkal, serta bisa dipangkalkan dipulau terdepan dg fasilitas minim ....sementara kelas fremm butuh utk pertahanan digaris terluar perairan dlm menghadapi ancaman serangan rudal yg masif, utamanya rudal balistik ✌️

      Hapus
    11. Ingat dulu PKR lah yang menikung proyek frigat nasional PT PAL x ficanteri ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    12. Gak ada ceritanya tikung-menikung......penawaran PKR lebih baik dari rosoborot dan fregat Mozaik aka fincantieri ๐Ÿคท

      Hapus
    13. Malah menurutku PKR tidak disukai oleh "orang-orang tertentu" yg punya posisi penting.....karena terlalu "kaku" alias ga pake rekanan ๐Ÿ˜ฃ

      Hapus
    14. Bisa dilihat di parlemen.....nyaris tak terdengar ada dukungannya ๐Ÿค”

      Hapus
    15. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    16. karelll mana kareeell...kok gak ada swaranya haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
    17. Lah kui paham njenengan @smili juragan jendes nah la fayette hull nya didesign siluman menggunakan komposit plastik dan aluminium ringan kurang cocok dijadikan stop gap tetapi kita ga menolak bila mana nanti MOU ATAU SIGN CONTRACT menyusupkan 2 kapal tersebut untuk diakuisisi sebagai stop gap dengan syarat armamentnya diganti pakai punya gowind atau fremm

      Hapus
  23. just info tni tambah leopard 130 unit..saat ini sedang proses clearence di pelabuhan tg priok..info didapat dari keponakan saya yg bekerja di jakarta international port car terminal tg.priok..photo lg diusahakan krn dijaga ketat..smg benar infonya..klu ada yg bs komfirmasi mhn infonya..maju terus TNI jaya NKRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg boneng bro.. Bener atau HOAX, soalnya dari kemaren ente bilang begitu terus tapi belum dikirim kemari fotonya.

      Hapus
    2. 130 bijik!!!
      WARGANYET KL bisa minta suaka ke kita ntar gaesz, repot urus fisanknya haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
    3. Benar kok, malah dari info rahasia paman ane, 88 f15 dah sign kontrak beserta sistem Patriot, lumayan

      Hapus
    4. Weeeeeeeh.....njur cawete gisel wes sido mbok jupuk durung wingi ๐Ÿ™„

      Hapus
    5. Inget kasus kartu suara pemilu, juga ditanjung priok katanyavsdh dicoblosin satu kontainer☺
      Semangat aja buat BASARNAS yg kerja keras di kasus SJ182, tolong potoin klo ada leopard ☺

      Hapus
  24. Lihat situasi jelang pelantikan Biden suasana spt kudeta militer aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amrik jd kyk kita dulu gaesz, tinggal KL yg blom..maen pintuw blakang sich..eittt tiba2 lokdon 8 bulan haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
    2. Palu@ kl di lihat2 keamanan USA lemah banget ya ompal,gedung parlemen/DPRpun dgn mudah di jebol pendemo,lha kita jangankan gedung DPR,ring 3 aja gk bisa di jebol pendemo wkwkwk

      Hapus
    3. amrik sipilnya ngerihh om pit, bawa bedil haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
  25. Gempita varian anti radiasi nuklir konon, tetapi untuk Tangkap pati



    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada latihan
      gak ada wang solar

      aset mahal dipake buat kejar pati, kesian haha!๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    2. Biar ATM nampak kerja je biar tak makan tidor bro wkwkwk

      Hapus
  26. Apa GGK yg selevel Navy Seal dapat tewas oleh senapan angin


    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha dalam exercise je pun bisa tewas bro wkwkwk

      Hapus
  27. Following the Contract assigned to #NavalGroup๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ต, the Lafayette class frigates that will be modernized are:
    Courbet
    Aconit 
    La Fayette
    For the remaining 2
    Surcouf 
    Guepratte
    it is possible, according to the recent Fr๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ต-In๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ bilateral agreement, to be sold to the #IndonesianNavy๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ https://t.co/aFs9DmpDyH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jelas Frigate ini lebih canggih dari pada MAHAROGOL dan KD lekiu milik sebelah๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Impor dua kcr serasa frigat ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Oups bukan itu inti LOI 2020 tapi kerjasama dalam pembuatan rudal dan pesawat๐Ÿ˜‚oupssss

      Hapus
    4. Buset.... jadi pengadaan rafale, la fayette,scorpene dll itu cuman jadi selingan ya di LOl 2020 @NGURAH RAI

      Hapus
    5. Meteor akan berdatangan ke Indonesia ๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. france mau ngebantu project rudal nasional kah? kalau gasalah kabar terakhir kita kan mentok di seekernya

      Hapus
    7. Om @Ngurah Rai

      Pembuatan pesawat? Jangan-jangan Indonesia beneran keluar dari KFX dan buat IFX rasa Dassault Rafale.

      ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘

      Hapus
    8. Tukang sapu dermaga bocor hehehehe..sssttt Ojo seru-seruan

      Hapus
  28. Ngitung20 Januari 2021 12.03

    Gue nggak peduli mau diganti apa.
    Yang gue mau anggaran pertahanan dan keamanan jadi 3% GDP. Dari 3% itu dibagi 2.

    .........


    Helmsley Block. IV 20 Januari 2021 12.07
    Nggih mbah kulo yo rak peduli ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    ========

    Opomaneh kulo mbah...
    Gur keno wajib lapor wae kok..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  29. BREAKING NEWS.. DANA BPJS ADA INDIKASI DIKORUPSI, KEJAGUNG PERIKSA HAL INI, WOW

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelasin dong ๐Ÿ™„๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Ya bagus dong korupsi diberantas di Indonesia berbanding di malon pelakon rasuah tak tersentuh hukum wkwkwk

      Hapus
    3. Di Malon Koruptor cukup bayar uang jaminan jadi tidak masuk Penjara. Contoh Nyata Najib.. wkwkkwkwkkwkwk

      Hapus
    4. Masa ga bisa bedain si wandaru ๐Ÿ™„

      Hapus
  30. Sales Damen ♣️

    20/01/2021 Reply
    Your comment is awaiting moderation.

    Kalo kita lebih suka membeli fregat seken hen dg alasan utk stop gap lah, apalah……lalu pertanyaanya siapa yg akan menjaga kontinuitas dan meningkatkan ilmu dari TOT PKR yg sebagian sudah diraih๐Ÿคท

    Juga siapa yg akan menyerap baja kualitas marine grade A/AH-36 yg saat ini sudah diproduksi oleh PT. KS utk menunjang produksi PKR dan KCR-60…..padahal kapal LPD dan tanker (non kombatan) tidak menggunakan baja marine grade jenis ini ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. ☝️ Dobel kriting ✌️......moga hoki ๐Ÿค—

      Hapus
    2. Stop gap jalan, new fregat yo jalan tho mas'e.....๐Ÿ˜Œ

      Hapus
    3. Kepalane wae unine STOP.....tegese kui nyetop ugo potensi penyerapan baja ne KS lan potensi lio-lione ๐Ÿคท

      Hapus
    4. Stop gap/mengisi kekurangan sampai kapal baru yang sedang didesain/diproduksi bisa diserah terimakan ke AL...

      Rak mekaten tho mas'e?

      Hwihihihihihihihihihi....

      Hapus
    5. Yen digratisi tanpo cucul ragad nggono.....lha nyatane yo tetep ngrogoh sak

      Hapus
    6. karelll mana om..si karell..kok gak ada swaranya haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
    7. Apa tanya-tanya ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค

      Hapus
    8. Nah ngko OPV opo gawe baja kuwi?

      Hapus
    9. Kalo OPV ne belande yg Holland class pake tipe baja O/OH-36 yg gradenya lebih rendah dari A/AH-36 ๐Ÿค—

      Hapus
    10. Hhhmmmmm gonta ganti jeneng ki opo pean positif buron to om smiling?????? Lha kapanane kasuse cuma ketinggalan sandal d omahe rondo tonggo deso kok dadi rame yo....๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    11. Iyo mas, ate niat ben mundak mbois, meneng-meneng ngangge sendal selope mbah Gono.....jebul malah keri, kamongko neng nggon sisih ngisor ono inisiale "GON".....gek kaundel kae ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

      Hapus
  31. @Unknown
    @GEMPURWIRA

    Keluh kesah Om Najib Razak..

    Semakin lama Malaysia semakin ketinggalan.

    Kali ini, kepada negara-negara jiran kita seperti Indonesia.

    Tidak lama lagi ada kemungkinan besar rakyat Indonesia tidak lagi menjadi sumber tenaga kerja
    kepada sektor-sektor kita.

    Rakyat kita mungkin yang akan berpusu-pusu bekerja di sana, lantas membawa kepada isu aliran
    keluar kemahiran dan kepakaran kita (brain drain).

    Masa itu, syarikat besar Indonesia pula yang akan kita menjemput dan bawa masuk ke Malaysia. Itu pun jika mereka berminat melabur di Malaysia.

    Pembangunan infrastruktur di Indonesia juga menjadi tarikan. Misalnya, high speed rail atau keretapi berkelajuan tinggi.

    Tahu tidak kemajuan projek mereka? Sudah hampir 70% siap.

    Saya ada baca komen.

    "sekarang ni masa Covid lah jib"
    "PN mana boleh buat misi ke luar negara sekarang jib. agak2 ah"

    Kerajaan Indonesia juga berdepan dengan masalah Covid-19. Kes harian mereka beribu-ribu juga dan
    saya difahamkan mencecah 14,000 kes harian baru-baru ini.

    Tetapi kerajaan Indonesia mengambil langkah proaktif dalam urusan ekonomi dan pelaburan.

    Keyakinan terhadap ekonomi Indonesia amat tinggi.

    Sementara itu, apa yang kita buat?

    Malaysia duduk dan tunggu.

    Sambil bersorak sesama sendiri.

    Terus terang saya amat susah hati dan bimbang apabila baca berita-berita ini.

    Dahulunya Malaysia boleh dikatakan antara destinasi pertama bagi pelabur asing di rantau ini.

    Malaysia dilihat sebagai berpotensi besar dan kerajaan amat proactive mengalu-alukan pelaburan
    domestik dan pelaburan asing.

    Ekonomi kita berkembang stabil.

    2018, 2019, 2020 telah berlalu. Sekarang dah 2021.

    PH sudah, PN pula kini.

    Tanya pada diri kita.

    Apa yang telah kita capai dalam tiga tahun lebih ini? Ke mana hala tuju kita pada hari ini?

    Kita ada berpuluh-puluh agensi yang berkaitan pelaburan. MIDA ada, MaGIC ada, InvestKL ada, MDEC ada, dan banyak lagi.

    Kita ada Majlis Tindakan Ekonomi Negara. Saya tahu sebab masa saya, setiap Isnin saya bermesyuarat bersama pemimpin-pemimpin kerajaan, ketua-ketua agensi pelaburan, Bank Negara dan sebagainya bagi tujuan ekonomi dan pelaburan kita.

    Kita ada pemimpin-pemimpin yang jaga pelaburan asing, pelaburan tempatan dan juga pembangunan
    ekonomi Malaysia. Tengoklah senarai Kementerian.

    Tidakkah kita berasa risau dengan keadaan yang dihadapi Malaysia?

    Masa PH, jatuh ekonomi kita. Masa PN, begitu juga.

    Saudara-saudari, kita berada dalam keadaan kritikal.

    Pilihan di tangan kita.

    Adakah Malaysia masih memilih untuk duduk dan tunggu?

    Jika tidak dibetulkan dan beralih kembali kepada landasan yang betul, maka Malaysia bakal menghadapi masalah besar dalam masa terdekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajib ajibbb mao pulang kampung haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
  32. "..RMN is looking to lease a barge to be used as a surface target later this year.."

    !!!!!!!!!

    KL...tiada hari tanpa berita SEWA...

    LoL
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada tuch di BNS, ngambang di darat, uppss marah loh yg masi ngarep...pdl tamat haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
    2. Jiahahahahahahaaaa..

      Ente sadis kale oom, itu monumen adalah SEGALANYA buat KL'ers...

      LoL
      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Dimari ada penyembah candi, disana malah penyembah monumen, kahkahkah

      Hapus
    4. Ijih menang awune sing kene ๐Ÿ™

      Hapus
  33. PT76 setelah di upgrade dgn Turret cockeril akan menjadi PT90 RI

    Mantul๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  34. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
    39. Salam CCG Bermukim 289 hari kat betting Ali, ATM Lemah Ayam Sayur tak berani Usir
    40. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN
    41. Salam heli SEWA, ATV dan Motosikal SEWA
    42. Salam MERIAM TARIK LEMBU camo Digital, lembu hasil curian
    43. Salam LMS ompong berjumpa dengan saudara kandung CCG malah ngumpet di balik pulau
    44. Salam SEWA lebih Jimat dari pada BELI, karena ekonomi lockdown Miskin kedekut menguncup


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut Sewa ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus