21 Februari 2020

ITS Segera Rampungkan Kapal Perang The Croc

21 Februari 2020


Kapal The Croc yang sudah dikerjakan hingga 90 persen (photo : NgopiBareng)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan segera merampungkan pembuatan kapal perang The Croc. Kapal ini merupakan perang canggih yang dapat berubah menjadi tiga mode sekaligus.

Perancang Kapal Perang The Croc, Wisnu Wardhana mengatakan, proses pembuatan kapal perang ini sudah mencapai 90 persen.

Kapal yang dilengkapi dengan dua mesin dengan kekuatan 350 tenaga kuda tersebut memiliki ukuran cukup ramping, panjangnya 12 meter dan lebarnya hanya tiga meter.

Kapal yang mulai dirancang sejak tahun 2011 ini, dapat berubah menjadi tiga mode yakni kapal selam, kapal hidrofoil, dan kapal biasa pada umumnya.

"Hal tersebut sukses menjadi temuan baru pada dunia perkapalan internasional," kata dosen Teknik Kelautan.

Kata Wisnu, kapal hidrofoil merupakan kapal yang memiliki bagian seperti sayap yang dipasangkan pada penyangga di bawah lambung kapal. Ketika kapal meningkatkan kecepatannya, kapal hidrofoil dapat menimbulkan gaya angkat yang menjadikan lambungnya terangkat dan keluar dari air. Sehingga kapal terlihat seperti melayang.



Kapal yang terbuat dari aluminium ini, papar Wisnu, dirancang memiliki bobot yang cukup ringan supaya bisa melayang. Sedangkan sayapnya sendiri terbuat dari baja karbon. Ketika digunakan sebagai kapal selam, air dimasukkan ke dalam kapal untuk menurunkan posisi kapal tersebut.

Saat kapal berada di bawah laut atau menyelam, ungkap Wisnu, kecepatan kapal bisa mencapai 15 knot. Sedangkan dalam mode hidrofoil, kecepatannya bisa mencapai 35 sampai 45 knot.

"Kapal ini cocok digunakan sebagai kapal pengintai yang bisa dipakai untuk menangkap para pencuri ikan di perairan Indonesia," katanya. 

Kata Wisnu, kapal pencuri ikan tidak akan mengetahui kedatangan dari kapal perang ini ketika dalam mode selam, sehingga pencuri tersebut tidak akan kabur.

Harapannya, The Croc sebagai kapal perang buatan dalam negeri ini bisa membantu dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seperti adanya penyeludupan atau pencurian yang kerap terjadi di perairan Indonesia.

(NgopiBareng)

229 komentar:

  1. Balasan
    1. gred a mana bisa buat ginian om maha, bisanya tempel stiker cem kereta terbang haha!🍌🍌🍌

      skrg pon kereta terbang kaboorr, takut distikerin haha!πŸ‡πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    2. Kereta terbang mon klaim punya tuannya...china daratan om pal...gak punya otak emang dia...wakakak

      Hapus
    3. Nah cem nih bukan rencana,kajian,rfi,atau kertas putih lagi lon, tapi dah langsung dibikin....πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Aku kesian liat kau lon,semakin di belakang...πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
    4. Wadidaw 45 knot...wusshh..wusshh..wusshh..

      Hapus
    5. Ini namanya teknologi tingkat tinggi lon...oenguasaan teknologi tingkat tinggi terus di pelajari dan dikuasi sama Indobesia lon...

      Kalau kaum beruk malon kan cm bs nya pohon paling tinggi...hahaha

      Hapus
    6. kelakar cita cita budak budak indon..wkwkwkwkwk..jangan terbakar masa pelancaran sudah la... wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    7. Dein oon ngongol,,,lha bagi malon hal2 seperti ini gk kepikir karena bangsa malon ntu tolol, bina senjata serbu aje kagak mampu dan desainnya lawak2 bikin ngakak seluruh penjuru dunia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. Ndarr ITS PUNYA MAINAN HEBAT, KAPAL CANGIH NDARπŸ˜„πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸ‘πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️

    BalasHapus
  3. CROCODILE DESIGN???????


    WKWKWKWKWKWKWKWK

    VERY UGLY SHIP πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. MALON IRI NIHH, TAK BISA MANDIRI...HAHAHAHAH

      Hapus
    2. Tolol lw ya...
      Itu blm finishing... 😁

      Hapus
    3. .. wkkkk rupamu sek ugly wkkkk 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Malon bisa buat tak? kalau tak bisa mulot kau buang sampah je 😁😁😁

      Hapus
    5. IRI HATI WKWKWKWKWKW NGAKAK DASA GOBLOK
      GA BISA BIKIN APA APA JANGAN NGOMOMG PIKIRIN TUH VITA BERAPI SAMA TANK KOTAK YANG VERY VERY UGLY DAN TOLOL

      Hapus
    6. Malon jealous πŸ˜πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    7. Otak cm 1cc bs buat apaan beruk malon selain isap dadah ama sikat zubor....hahaha

      Hapus
  4. IM JUST WAITING FOR INDOGS TO HAVE A DOG SHAPE DESIGN SOON.

    WKWKWKWKWKWKWKWK

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. IM JUST WAITING FOR MALAYDOGS TO HAVE A DOG SHAPE DESIGN SOON.

      Hapus
    2. And i'm just happy,malaysian malonyet semenANJING like you MR UNKNOWN BLAH BLAH BLAH SUPER STUPID IDIOT having brain design failure from your parents

      hahahaha very stupid ugly always
      πŸ˜€πŸ˜πŸ˜πŸ˜ƒπŸ˜‰πŸ˜ŠπŸ˜Ž
      πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ·πŸ’πŸ΅

      Hapus
    3. Maklum Kevin, all shemalay malon has dog face. So they are waiting for their kind design. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Malondogsia berjaya bina Dubor Simulator untuk askar lebih ahli lagi dalam tusuk dubor dengan baik dan benar πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    5. Semenanjing kata papa yufi...ngakak guking guling

      Hapus
    6. Jangan uglak uglik saja. Ayo pesan ke admin untuk menampilkan terobosan teknologi asli tempat sampean.

      Hapus
    7. Itulah malon gak punya intelektual homo sapiens

      Hapus
    8. Soon we will make it dog shape design? Dont worry bro

      Hapus
    9. Malon is jealous to see Indonesia moving forward πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
  5. Monggo di bahas om om

    Eh Malon mah kelaut sahaje

    https://internasional.kontan.co.id/news/as-cabut-china-ri-dan-3-negara-lain-dari-daftar-negara-berkembang-apa-artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALO MALON GIMANA MAU BERKEMBANG ORANG MINYAKNYA BELUM PANAS....πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️

      Hapus
    2. Malon mah berkembang jadi bangkrap..πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Indonesia bersama china, brazil, afrika selatan dan india masuk kedalam daftar negara maju secara ekonomi oleh USA dan dicabut sebagai daftar negara berkembang.

      Itu oleh amerika ya lon bukan pengakuan sendiri cam korang yang mengaku grade A

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Bangga iya,Krna kita sudah dianggap sbg negara maju.... Tapi dg dicabutnya status RI sbg negara berkembang oleh US akan berimbas kpd adanya kemungkinan pencabutan kompensasi istimewa dari US yang mana selama ini RI memperoleh pembebasan bea masuk untuk komoditas dagang yg di ekspor RI ke US....

      Dg adanya bea masuk artinya harga barang2 made in RI yg dijual oleh reseller di US akan naik sehingga ada kemungkinan konsumen akan mencari alternatif barang serupa lainya dg harga yg lebih murah... ( jadi kurang laku )

      Jika barang2 made in RI kurang laku di US berarti akan terjadi penurunan permintaan yg berimbas kpd berkurangnya volume ekspor dari RI ke US,.. Jika ekspor menurun maka perolehan devisa juga akan menurun...(chain efect)... Kira kira itulah dampak berantainya dari dicabutmya status negara RI sbg negara berkembang oleh US....

      jadi bingung,.. Mana yg harus di utamakan... Bangga atau khawatir...???

      Hapus
    5. artinye gak ada lg keringanan pajak masuk impor
      lha guwe fikir maren cuman singapo ama brader gedenya yg diincer haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      yawdah artinya amrik uda maenin pola CAATSA...kita kan nomer 15 lho haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      yak ESYU lanjut terusz haha!😜😜😜

      Hapus
    6. Iya om PG, makanya dlm berita itu cina bukanya senang....
      Tapi Malah protes....

      Pencabutan ini akan jadi alasan kuat US untuk mlakukan perang dagang... Mungkin krn Selama ini perang dagang antara drum dan si jin kurang didukung oleh kongres US....

      Hapus
    7. uda guwe aplot bbrp bulan laluw,disituw kite kagak nongol...asekkk haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      ------
      Mr Trump said on Friday that Singapore, China and other rich countries are unfairly taking advantage of their self-declared status as developing countries to gain preferential treatment in the WTO.

      They included Singapore, Brunei, Hong Kong, Kuwait, Macao, Mexico, Qatar, South Korea, Turkey and the United Arab Emirates.

      “When the wealthiest economies claim developing-country status, they harm not only other developed economies but also economies that truly require special and differential treatment,” said the memo

      https://www.straitstimes.com/world/united-states/trump-targets-china-in-call-for-wto-to-reform-developing-country-status

      Hapus
    8. Politik moneter dan perdagangan US sangat kuat, Karena saat ini dolar masih berstatus mata uang dunia walaupun tak resmi... makanya cina yg sudah kuat pun masih ketar ketir kalo harus perang dagang ame US....

      Hapus
    9. heran gred a kagak masyuk haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„
      apa gelarnya falsuw kaliyak haha!🀨🀨🀨

      Hapus
    10. Mr Trump said on Friday that Singapore, China and other rich countries are unfairly taking advantage of their self-declared status as developing countries to gain preferential treatment in the WTO.


      Cermati beritanya dibagian itu tu... Pasti langsung nyambung...

      Hapus
    11. Ngak apa apa ,artinya US tak mau lagi memberi perlakuan khusus untuk RI di bidang perdagangan.

      Dan ini akan membuat RI lebih mandiri karena yang ditakutkan sudah tak ada lagi.

      Hapus
    12. Gred A ga masuk karenan banted om,adonannya kurang telur...hahaha

      Hapus
    13. Kalo malon walaupun dikasih keistimewaan juga ga bisa dagang apa apa.... Lha wong komoditas utama produksi malon mung cuma dadah tok,.

      Unknown shemale sile lah ko nikmati negara bangkraps ko tu....

      Hapus
    14. sekali lg se-7 om unknown823, kalo gak dikasi fasilitas gpp, kan bebannya kan pindah ke rakyatnye opa jambul koneng sendiri, lah ekspor kita kan rata2 merk dagang mrk sendiri, termasyuk ploduk ploduk opa trumpet sendiri haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


      MAKE AMERICA GREAT AGAIN(and Indonesia too)
      https://www.youtube.com/watch?v=8UxdIl6_zCg

      Hapus
  6. Banyak hasil penelitian/pengembangan alutsista baru, waw mantap Indonesia.

    BalasHapus
  7. the croc alias si buaya. namanya cocok banget buat kapal ini

    BalasHapus
  8. Nunggu midget, klewang, tank boat, crocodile ITS, rudal petir, rudal UGM, rudal UAD, rudal rhan, cn gunship , baterai nuklir UGM, drone combatan, drone kamikase, tambahone dewek wong okeh sing lg digarap nang universitas universitas yg tau silakan dibabar di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nunggu GEMPURWIRA lahiran anaknye Xxvaier... Hahaha..

      Hapus
  9. Tambahi mbakar menyane biar kemebul ayo yg lain nongol lg ini sdh mulai nongol satu satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo malon mah yang keluar cuma gambar stiker doang,tak lebih

      Hapus
  10. Kuatire yen ngadepi kapal pencuri ikan seko vietnam lan cino sing sering nubrukke kapale yen arep dicekel ....harak kalah rosa kui bodine kapal croc πŸ€”

    Tur jaman saiki ngronda laut sing paling efektif ki seko nduwur, ngangge drone opo pesawat MPA sing maringi data sasarn marang kapal2 patroli supito kapal patroline iso ngrancang pola pencegatan sung efektif 🀷

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ning yen kanggo dukung operasi pasukan intai amfibi mbonowo luweh cocok fungsine πŸ€”

      Hapus
    2. Stuju kalau pakai pesawat atau drone jarak pemantauannya lebih luas dan efisien,....

      Hapus
    3. Aksi nekad nelayan vietnam rikolo arep ditangkep pihak coast guard......😨😱😳

      https://youtu.be/ssm55dK4OnE

      Hapus
    4. Mongkog rasane nyawang ide-ide kreatif ngene iki ☝️, neng ono apike yen ngajak diskusi pihak sing berkompeten bab tantangan operasional neng lapangan ben idene ora mubazir πŸ€”

      Hapus
    5. Kalau barang seperti ini lebih baik bikin dulu. Proof of concept bisa bekerja sesuai teori atau nggak. Masalah operasional nanti dulu. Waktu kapal selam pertama juga begitu kan? Ditolak sama AL (lupa negara mana) dan pas dikirim buat misi malah gagal.

      Bagusnya kalau selesai diperlihatkan ke perwira muda, siapa tahu dapat inspirasi.

      Hapus
  11. hidrofoil, jetfoil...blom perna nyoba.
    bbrp bulan laluw guwe pertama kali naek katamaran, rasanya terbang di laut, afalagi mmodel hidros gini yak haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jetfoil yg di pt pal kemana skr ya om....pensiun apa dijual?

      Hapus
    2. pengsiun om, sm cem kri bima samudra. tp kita uda py gantinya byk om, cem KMC ituwloh tp gausa terbang2 lagi haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
  12. the croc, cem sendal guwe donk ahh, enyak empuk. tp guwe beli di miniso, ini KW yak haha!πŸ‘ŸπŸ‘ŸπŸ‘Ÿ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq jek swallow mas😁😁

      Hapus
    2. eiitts swalow ntuw sendal wajib kite om gono, hampir tiap rumah tersedia haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    3. Apik an sendalku.... Lily merk e..

      Hapus
  13. malon mah cuma bisa bla bla bla bla bla bla bla bla
    bla bla bla

    BalasHapus
  14. KAPAL INI BOLEH MENDEKATI PANTAI MALASSIAL DAN LANGSUNG TERBANG MENUJU PUTRAJAYA DAN MENEMBAKI MALON MALON KEPARAT.

    HANYA TEMPO LIMA MINIT MALON AKAN MUSNAH BINASA KE NERAKA JAHANAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ketika dicabut nyawanya para beruk malon pasti teriak2 macam banci kaleng kegelian

      Hapus
  15. KAPAL MAHARAJA LAWAK PUN AKAN DITAMBAHKAN EMPAT KAKI SEHINGGA BOLEH BERJALAN KAT JALAN RAYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan pengendaranya askar laut beruk bersarong adalah buaya darat pemangsa jubor perawan

      Hapus
  16. https://kumparan.com/amp/kumparannews/tim-menembak-tni-ad-diminta-melatih-tentara-malaysia-dan-laos

    Mau gakvya TNI kita melatih askar beruk biar jago menembak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laos aja kalo malon jangan om nanti di tempel stiker pelatih tembak tempatan

      Hapus
    2. Ogah,ntar malon menang ngak mau ngakuin di latih TNI

      Hapus
    3. Betulll jgn mau,... Nanti pelatih kita diclaim punya malon...

      Hapus
  17. Oamegot 😱😱😱......jebule hull kapal Arrowhead/type-31 wes meh dadi 1, garek ngapungke njur ngisi sewaco πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaya "hajar jahanam" kii koyo opo tho mas'e..? πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    2. Sek tak golekne πŸ™†πŸ™†πŸ™†....sinambi nunggu karo nonton video nelayan vietnam sing ugal-ugalan pas arep dicekel patroli CG nduwur kae yo mas....soale mondo sui le nunggu ☝️

      Hapus
    3. Mooh...
      Ngko diarani doyan..πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    4. Gaya hajar jahanam kuiiiiii. ...angel le njelaske2 secara verbal je mas, nganggo video wae yo ben ra salah paham 🀷

      Hapus
    5. Yo wes rasido tekok wae laah..

      Malah ngenteni maneeeh...😰😩

      Hapus
    6. "Kurang luweh gayane nimblise nggene iki πŸ‘‡.......hadeuuuuh, aku lali judul videone πŸ™†"

      https://youtu.be/MeqaQZEdd7c

      Hapus
    7. Om smili...bodyne mulus ya om...njir kena lagi aku sama link youtube

      Hapus
    8. Rudal yen bodine ora mulus yo gak iso melesat lincah to mas 😝

      Hapus
    9. Njir yen mulus tapi ireng ora doyan aku mas πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    10. Mulus-ireng ----> cagak telpon πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    11. "Ning yoaqin kui gak seneng sing ireng-mulus πŸ•΅️"

      https://youtu.be/iADCsXVqNI4

      Hapus
  18. Canggih nya dimana ya?
    Setahu gue kalau canggih itu harus ada rudalnya,kalau bisa ini diinstal rudal atau torpedo baru canggih dek.ingat dek yg didepan mata ituπŸ‰πŸ² dan 🦁🦁
    Tapi bolehlah..,......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instalasi senjatanya mungkinb5ak semewahbkapal kombatan lain karena fungsinya hanya sebagai kapal maya2

      Hapus
    2. Berarti Osprey, Chinook, Sea stallion, Hawkeye, MRTT, U-2 itu gak canggih ya Dut?

      Eeh...panggilan ente kok jadi kek bunyi kentut yaak..?

      Hapus
    3. "kapal maya2" 😱
      Pasti pake baja siluman iki..😨

      Hapus
    4. Kiiiir .....nih ☝️ ada yg cari gara-gara sama ente kir πŸ“£πŸ“£πŸ“£

      Hapus
    5. Hajar kir...tungkir
      Jng kasi ampun kir...tungkir
      Masa dia nyinggung baja siluman kir....kasi bogem aja kir, biar jera dia komen kir.
      Tuman dia itu kir...tungkir....πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    6. Ya itu minta resepnya ame demen "BAJA SPESIFIKASI KHUSUS" anti songlap, menurut demen baja kerakatau steel yg dipakai tuk kapal kargo 50.000 ton buatan pt.pal kagak masuk kualifikasi karena tidak siluman, mantap demen tipu2nya. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    7. Edisi kompor meleduk...hahaha

      Hapus
    8. Lha kan iya berarti plat baja siluman anti songlap yg melebihi kemampuan prancis dan jerman melihat kwalitas plat baja, yg mesan dan beli kapal kargo 50.000 ton buatan pt.pal kemaren kan jerman ame perancis' plat baja pt.pal yg suplai kerakatau steel, berarti demen lebih hebat dan lebih tau dr jerman ame prancis mengenai kwalitas plat baja' mungkin maksud dr "SPESIFIKASI KHUSUS" ya plat baja siluman anti songlap ala demen πŸ€”πŸ˜πŸ˜œ
      Padahal karakatau steel jg menyuplai baja ke australia sampai 60.000 ton/tahun, dan menyuplai baja ke bumn pt.barata yg memproduksi yang bergerak di bidang Engineering, Procurement & Construction, Manufacturing, dan Foundry, tp tetep demen pakai alasan bla bla bla bla "BAJA SPESIFIKASI KHUSUS", wajar kalau aku nyentil baja siluman anti songlap,,ya mbok demen ntu punya mukalah, ditepatin janji tot sigma clas nya dan tuntasin janjinya, jangan pakai jurus tipu2 jaman batu pasang muka batu dan pakai dalil bla bla bla plat baja spesifikasi khusus padahal ngincer proyek lainnya yaitu pengadaan fregaet sekelas destroyer untuk TNI AL, kalau sampai demen lg yg dapat proyek ntu tp janji tot sigma gk tuntas gk tau dech mau ngomong apa' hoby bener ditipu tipu demen, tp kalau demen tuntasin janji totnya untuk sigma clas lalu dapat proyek berikutnya ya itu baru bagus.

      Hapus
  19. KAPAL MALAYDOGS CEM KUCING KURAP TAKUT DENGAN AIR

    MALAYDOGS SENANG DIGONDOLIN UMDOGS PH BANGLA N CINO

    KIHKIHKIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tiada engine bro takutnya engine disonglap oleh pekerja tempatan

      Hapus
  20. QUIZ: MAKHLUK AIR APA YANG TAKUT AIR?
    KOMEN DIBAWAH

    πŸ˜‚

    BalasHapus
  21. Gila amat. Indo memang dipenuhi oleh anak muda yang pintar2 dan genius. Saya sebagai orang malaysia merasa bangga ber serumpun sama indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ‘†nih orang pasti semwlam malam jumat ga dikasih jatah pasangannya,jadi ngomongnya ngelantur

      Hapus
    2. Najis serumpun ma malon...bangsane kewan

      Hapus
    3. Najis serumpun sama beruk πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  22. Malaysia juga telah buat kapal serupa..


    The Dubor

    Stealth, panjang dan cabul

    wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. "The latest video of fregat tipe-31 milik royal navy, sebelum menjalani uji apung .....mantab Komodor πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ"

    https://youtu.be/FX2oGvHZ32E

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajorane, jebul keblondrok video sing isine gambar2 artifisial hall-hall sing arep dipigunakake kanggo mroduksi modul-modul fregat type-31 neng galangan Rosyth ing england πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

      Hapus
    2. Suka banget sama bahasa design fregat 21. Lekukannya mantull.. orang zekali liat langsung kesengsem 🀀🀀🀀🀀

      Hapus
    3. Fregat tipe-31 mas .....yen sing 21 iku biyoskop πŸŽ₯πŸŽ₯πŸŽ₯

      Hapus
    4. Mantap bener ini tipe destroyer, bisa ditempeli rudal nuklir pada posisi mengarah ke atas tambah maknyus, kapan duwe sing koyo ngene iki 😌

      Hapus
    5. So pasti bro ...soale fregat iku bakal dadi andalane royal navy, amergo kejobo biaya operasi lan regane luweh kompetitif timbang fregat tipe 45 sing terkenal sering rusak ....ugo ora kalah handal yen dibanding ke karo fregat T-26 sing regane luaaaaaaarang banget 😱😱😱

      Hapus
    6. Mulo mengko yen kabeh fregat T-31 iki wes operasional, mugo-mugo arwahe laksamana nelsson iso tenang neng alam baka πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    7. Mulo mengko yen kabeh fregat T-31 iki wes operasional, mugo-mugo arwahe laksamana nelsson iso tenang neng alam baka πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    8. So pasti bro ...soale fregat iku bakal dadi andalane royal navy, amergo kejobo biaya operasi lan regane luweh kompetitif timbang fregat tipe 45 sing terkenal sering rusak ....ugo ora kalah handal yen dibanding ke karo fregat T-26 sing regane luaaaaaaarang banget 😱😱😱

      Hapus
    9. Sampeyan lagi ngopo mase, iki hp-ne sampek ke gencet-gencet..ngreply bola-bali..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. Kalau baca forum orang Inggris, Laksamana Nelson tidak tenang dengan frigate tersebut. XD

      Hapus
  24. Cocok juga ini buat kopaska atau denjaka atau taifib gt infiltrasi daerah musuh

    BalasHapus
  25. Malon pun sudah mengembangkan teknologi baru yaitu kongkek dubor yg bisa merubah beruk semanjung menjadi semakin idot

    BalasHapus
  26. Malon darurat masker type destroyer


    https://m.kontan.co.id/news/pasokan-masker-di-malaysia-mulai-mengering-ini-yang-terjadi

    BalasHapus
  27. Mana neh spisies maloners darul munafikun ?

    Pasangan suami istri gempurwaria dan Xxapier baru mandi kuramas yeeee ? Selesai kongkek together 😁😁😁😁

    BalasHapus
  28. Buat ngagetin
    Corona Class, Salah Potong Class dan Altantunya Class Sampai terkencing kencing


    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  29. Lihat ini lon hasil inovasi karya anak bangsa....inovasi...inovasi...inovasi...berbanding sewa....sewa...sewa πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cancel... cancel... cancel...

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Kajian...kajian...kajian πŸ˜‚πŸ˜πŸ€£

      Hapus
  30. Malaysia pun tidak mau kalah rencananya Maharogolela akan di buat dalam 3 Mode Laut, Darat (tambah roda) dan Udara (tambah balon kuning)




    Xixixixixixixixiixixixixixi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  31. Sebenarnya malassial melalui boestard
    Juga telah membina kapal cam ni. Cuma tak hebohlah.

    Yaitu darat, laut dan tenggelam.
    Lama didarat,
    Masuk air,
    Tenggelam
    Yaitu kapal dirogol raja lela

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ˜‚πŸ˜πŸ€£...mau gk ketawa tapi gk bs ditahan πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜πŸ˜

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwkwwkk....Salah potong Class cuma malon yg bisa buat πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Mudah2an gw ga dosa....🀭
      1
      2
      3











      Wuahahahahahahahahahaha

      Hapus
  32. Sepertinya emang harus bersabar dan terus meriset..
    http://repository.lapan.go.id/index.php?p=show_detail&id=5934&keywords=

    Kadang sayang juga, banyak anak2 kita yg jago fisika, andai ditarik untuk riset mesin2 roket pasti manteb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini om salah satu hasil temuan anak bangsa yg menurut sy sangat potensial dan rugi banget pemerintah gak mendukung pengembanganya sejak awal ditemukan....

      https://nasional.okezone.com/amp/2010/04/20/337/324317/siswa-sma-sidoarjo-ciptakan-senjata-api

      Ini link videonya.
      https://youtu.be/UhjzTpSiMi4

      Kalo sejak awal sudah didukung dan dikembangkan, pasti saat ini kita menjadi satu satunya negara yg mewujudkan konsep fantasi senjata dlm film sperti starwars.. Dan pemerintah pun gak perlu keluar biaya banyak untuk produksi kebutuhan munisi TNI polri.... Dan munisi buatan pindad pun bisa difokuskan hanya untuk export...

      Hapus
  33. "India on Wednesday cleared the purchase of 24 Sikorsky MH-60R naval multirole helicopters through the U.S. Foreign Military Sales program.

    The acquisition, which is worth about $2.12 billion..."

    include a weapons package.... multi-mode radar, Hellfire missiles, Mark 54 torpedoes and precision-kill rockets.."

    =======
    Duit buat heli TNI AL kemaren berapa..?

    😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Penasaran pengen tau caranya membongkar antene VDS HELRAS dari kabin mh-60r diatas kapal perang, saat kondisi laut berombak 🚁🚒⚓"

      https://youtu.be/OME6MdGH-y8

      Hapus
    2. Lha yhooo..
      Olaopo urusane mbongkar Helras kondisi ngono..kurang gawean.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lhoooo....jenenge wae heli multifungsi, dadi nyok-nyok rak kudu kualami misi evakuasi korban kacilakaan neng laut koyo dek evakuasi korban air asia disik kae, utowo dadakan kudu ngirim kru kapal sing loro nuju RS terdekat neng darat. Yen antena+kerekan VDS e ora dicopot
      rak ra muat mangga muat pasien mase 🀷

      Hapus
    4. 300-an om pedang

      heli indihe 1200/24 = 50 juta dolar/perbijik
      wakwaaww walo lengkap senjata ama aksesoris mehong amat yak buat heli doank ini haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      gak jau2 amat ama ESYU-30, indihe tajir mlintir emg haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    5. siyal 2x ktifu om smilikity, tp enyak sich haha!😍😍😍 aseli kan ntuw aselii gak πŸ™„

      Hapus
    6. 2x ktifu itu namanya doyan oom..

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Tenang ae mas PS.....ko bathine didum roto ⚖️

      Hapus
    8. Dum duman hasil tifutifu..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Ajor jum..πŸ˜‚

      Hapus
    9. Kiiiiiir.....iki πŸ‘† ono sing nglecehke awakmu gilo, masiyo gawe jeneng ae ndadak ditambahi nganggo siluman barang πŸ“£πŸ“£πŸ“£

      Hapus
    10. Lhoo...
      Lha bahan pedangku nganggo wojo kuwi jeh mas....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    11. Aku gor jauh ngelu mase.....sing dikarepke baja siluman ki wujute koyo ngopo tur sing wes nganggo negoro ngendi πŸ€”

      Mergo kapal perang nggono desaine werno-werno 🀷

      Contone PKR(utowo sigma class), bagian lambunge sing nahan tekanan paling gede rikolo dihajar ombak gede, nnganggo spek baja marine A/AH-36, ning bagian superstrukture cukup nganggo baja sing kekuatan tarike luweh cendek, mergo beban sing dipikul ora patiyo abot ....iso nganggo baja tipe E-36 (katone KS durung gawe πŸ€”).

      Lha yen kapal perang jinis liyo utowo kapal komersil nggono spek baja marine yo bedo-bedo tergantung desain kapale kui mau 🀷

      Hapus
  34. OFF TOPIC!!!

    MALON AKAN SEGERA MENGKONVERSI SCORPUNG DAN MAHARAJADARAT JADI JENIS "KILO KLAS".....ALIAS DIKILOIN!!!
    (Pengusaha besi burok,sile masuk!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekilo 2 ringgit....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Jom call bang maduranet pengepul baja rongsokan πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  35. Hati hati kena tempel sticker malon, apalagi kalau mat sabu berkunjung pasti bawa sticker banyak - banyak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ˜πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜

      Hapus
  36. KERAJAAN CANCEL DELAY BISA BUAT APA?
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. stiker om stiker haha!πŸ•ΆπŸ•ΆπŸ•Ά

      Hapus
    2. Bisa songlap engine bro πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
  37. https://m.kontan.co.id/news/hore-india-bakal-impor-11-juta-ton-rbd-palm-olein-dari-indonesia

    Terima kasih mahatir telah menjadi Salesman sawit terbaik indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. kado dr pi'em sebelah seblom anu haha!🧚‍♂️🧚‍♂️🧚‍♂️

      Hapus
    2. Najib & Mahathir itu agen intelijen terbaik Indonesia yg tugasnya gondolin malon sampai bangkrup πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
    3. Yoooi...,, Malonnpon ekonomi nya semakin bengap tak menentu kehadapan. Sekarang harapannya tinggal gorok leher Petronas agar kucur uwang lebih banyak ke kerajaan.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Mat@ Iyalah... Tak macam agen malon yg bername malalayani aka ketua suku aka liang tai aseng aka unknown 411 yg cuma bisa coba coba adu domba kat sini.. Itupun misinya selalu gagal...

      Hapus
  38. Marinir tni sudah lama punya....namanya seal carrier....dia itu perahu boat kecepatan tinggi,tapi bisa menyelam untuk operasi rahasia...sudah lama tni punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda om suwandaruuuww, ini kan kapal alumunium tong cem jetfoil di cilegon haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      sinii setor jidatmuh dolo tung tung tungggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Tapi ini sebuah kapal yg bs ngangkut banyak pasukan bro πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
    3. Lha subskimer,dan seal carrier marinir bisa bawa pasukan banyak kok,kalau ktba memang cuma untuk 1 atau 2 orang..,,sama aja itu the croc dengan seal carrier

      Hapus
    4. The croc tahan sama seastate berapa ya ?? Gak penting besarnya...yang penting tahan lamaaaa

      Hapus
    5. 2 ronde masih tahan lah yaa 😁

      Hapus
    6. Tergantung om....kalau pake urat madu atau hajar jahanam bs lbh lama lagi durasinya...hahaha

      Hapus
  39. Mainan sejenis ini yg di punyai marinir adalah ktba,subskimer,seal carrier.....sudah lama banget punya,paling canggih ya seal carrier

    BalasHapus
    Balasan
    1. eittt kaborr kesini, tung tung tungggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ sadaarrrlaahh haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  40. https://finance.detik.com/industri/d-4908539/mau-garap-drone-bareng-arab-prabowo-sowan-ke-luhut

    Tenanan pora iki.. πŸ™„πŸ€”πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arab sudah ngoprasikan male atau hale apa blm ya...?? Kalo blm bisa jadi berita itu beneran...

      Hapus
  41. Seal carrier marinir memang unik,bisa jadi pemburu kecepatan tinggi di permukaan air,dan bisa menyelam mendadak sampai kedalaman 50 meter,untuk operasi pemboman bawah air atau sabotase pelabuhan,seal carrier adalah mainan para komando marinir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Punya siapa yg terbagus itu sama sekali hal yang gak penting dalam hal ini....

      Yang terpenting itu lihat dedikasinya.... Dosen pembuat croc ini melakukan riset dan pembuatanya tanpa didukung biaya pemerintah.... Itu yg patut dan sangat penting kita hargai, BERKARYA UNTUK BANGSA TANPA BANYAK MENUNTUT...

      kalo memang marinir udah punya seal carier nanti croc ini bisa dioperasikan bakamla.. Gitu aja kok repot...

      Hapus
  42. Croc in khan masih trial..makanya dibuat kecil dulu...nantinya akan dibuat lebih besar...seperti terlihat design di video berikut :

    https://www.youtube.com/watch?v=CHEXlx3fFQg

    ============ ITM Malon Gimana Lon...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukak ora yo........πŸš²πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨ sek tak jujulne mbah Gono ae, sing due keahlian menerawang (iki mbake isih prawan opo wes rondo πŸ•΅️πŸ•΅️πŸ•΅️)

      Hapus
    2. Asemi...kenek maneh 😭😭😭

      Hapus
    3. Aman iki mas😌😌

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  43. Ada tuh diluar negeri sejenis namanya hyperjetsub boat...bisa dipasangi 2 torpedo,sebenarnya mulai bakamla,marinir,atau pariwisata perlu banget mainan ini

    BalasHapus
  44. iNI termasuk setengah hydrofoil .
    Masalah dengan desain gini adalah kayu kayu yang hanyat dari sungai kelaut bisa langsung merusak kapal ini dengan fatal.

    Tidak cocok dengan perairan Indonesia yang masih banyak sampahnya.

    justru lebih baik di kembangkan desain plat datar yang bisa di kembangkan hingga ukuran 60 mtr. Bisa di gunakan untuk kkp dan bakamla atau CG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Tul banget bro .....sarannya para ilmuwan harus banyak turun kelapangan dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, spy rancangannya tidak mubazir dan benar2 bisa diaplikasikan utk kepentingan yg bermanfaat"

      https://youtu.be/8kBh2_NFE

      Hapus
    2. guwe se-7 ama om823, disain begini keknya gak bs kena seastate tinggi pulak.

      klo trimaran, katamaran, stabil pas dibawa kenceng haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      Hapus
    3. buka
      jangan
      buka
      jangan
      buka
      jangan
      buka
      jangan

      jangan aahh haha!😁😁😁

      Hapus
    4. Salam buat PG dan Sliminghari dari komerat P.
      Aku jarang nongol karena sibuuuk nyari sebongkah emas...

      Hapus
    5. Ooooooo....iki sampeyan to mas @KP πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Salam balik mase.....moga tetep seger kuwarasan lan lancar rejeki πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    6. oowwh om unknow...lancar jaya om haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
  45. Project ITS ini mah lemot,sudah teramat lama itu gak jadi2...dulu nama awal project ini crocodyle jet hydrofoil,sama konsep dengan punya marinir seal carrier....seal carrier bisa bawa 5 sampai 8 pasukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal...lari kesini orangnyaaa

      Hapus
    2. tung tung tungggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ sadaarrrlaahh sadarrlahh ituw beda bbarang om daruww haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  46. https://asianmilitaryreview.com/2020/02/frigates-stepping-up/

    AmiiinπŸ˜ŒπŸ˜ŒπŸ˜ŒπŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaushal also pointed to Indonesia’s five-year programme to procure four frigates, noting the programme “may begin shortly with [Indonesia] buying two Iver Huitfeldts”

      Hapus
  47. sudah nasibmu lon jadi negara terlemah se asia

    BalasHapus
  48. sudah nasibmu lon jadi negara terlemah se asia

    BalasHapus