04 Februari 2020

PTDI Produksi Massal Pesawat N219 Mulai Pertengahan Tahun Ini

04 Februari 2020


Pesawat N219 Nurtanio (photo : Authgram)

PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI memastikan produksi pesawat N219 bisa direalisasikan pada pertengahan tahun 2020 ini.

Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro mengatakan, hal tersebut sesuai dengan rencana awal. Saat ini, menurut dia, persiapan produksi ada dalam tahap menyelesaikan proses sertifikasi pesawat.
“Rencana setelah tc (type certificate) di pertengahan tahun ini. Ya kita kearah persiapan kearah produksi. Mudahan mudahan kita harus bisa tetap sesuatu schedule,” ujar Elfien ketika ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/2).
Dia pun mengungkapkan, nantinya pengiriman pertama pesawat N219 tersebut akan dilakukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh.
“Yang pertama sudah kita janji sesuai dengan Letter of Interest (LOI), Pemda Aceh yang akan kita first delivery,” sambungnya.

Elfien menerangkan, pesawat tersebut akan diproduksi masal secara bertahap. Ditargetkan ke depan, produksi N219 mencapai 36 unit per tahun.

"Produksi massal targetnya bertahap, dari mulai 4 kita delivery pasti 2 dulu. Setelah itu 12 dan bergerak mengikuti pasar, saya kira sangat besar untuk Indonesia bisa sampai 36 per tahun," jelasnya.
Dalam hal anggaran, Elfien menyebut, jumlahnya bisa tergantung pada kebutuhan pengembangan pesawat.
"Kalau 12 pesawat kita butuh dana pengembangannya mungkin sekitar USD 30 juta, itu supaya kita bisa meningkatkan kapasitas kita dulu untuk bisa kita memproduksi 12 per tahun,” kata dia.
Ke depan, BUMN produsen pesawat ini tak menutup kesempatan bagi investor yang berkeinginan menanamkan modal untuk produksi. Sebab, dana yang digelontorkan pemerintah hanya diperuntukkan bagi pengembangan pesawat.
"Terbuka baik swasta atau swasta luar negeri," ucapnya. (Kumparan)


Pesawat N219 Nurtanio (photo : PT DI)

PTDI Target Kirim Pesawat N219 Pertama di 2022

Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) menargetkan bisa segera melakukan proses produksi massal pesawat N219. Saat ini, perseroan tengah menanti sertifikat type sebelum dilakukan produksi secara bertahap. Kemudian, untuk proses pengiriman pesawat pertama N219 bisa dilakukan pada 2022 hingga 2023. "Kemungkinan delivery pertama targetnya 2022. Jadi produksi membutuhkan waktu satu setengah tahun. Karena sudah ada 10 yang sudah kontrak belum lagi yang mau datang. Jadi kita harus isi slot flight yang ada dari slot yang kita punyai," ujar Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro ditemui detikcom di Gedung DPR, Senin (3/2/2020). Adapun 10 kontrak yang dimaksud saat ini masih berstatus Framework Agreement yang diharapkan dapat menjadi kontrak pembelian/pengadaan. Elfien menuturkan hingga kini serangkaian uji coba terbang pesawat pun masih terus dilakukan untuk memastikan pesawat aman sebelum digunakan oleh masyarakat. "Kita sudah uji terbang flighter dan udah di film kan dan kita tunjukkan (di RDP) tadi. Uji terbang untuk 1 engine off juga sudah kita lakukan baik take off maupun landing yang tersulit," katanya. Meski terdapat kendala, kata Elfien, hal itu bisa diatasi dengan baik oleh pesawat N219 yang dijuluki Nurtanio tersebut, sehingga saat terbang bisa stabil. "Kalau take off itu pasti harus 1 engine kan off, kalau 1 engine off itu berarti powernya ada dikanan, kalau kita tidak bisa mengimbangin dari sisi flight control dia akan berbelok. Ini tadi (N219) kan lurus berarti sesuai dan berarti itu sesuai safety," imbuhnya. Diketahui, untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak hanya dengan menerbangkan pesawatnya 300 jam saja, tapi juga melakukan development flight test untuk mengetahui apakah performa pesawat sesuai rancangannya. "Jadi itu persyaratan daripada certificated," jelasnya. (Detik)

121 komentar:

  1. Balasan
    1. Aaaahh tak mungkin ...ini pasti tiru TUDM ... 😃😂😅😘

      Hapus
    2. 36 unit per tahun malon bisa berak kapur, malon hanya bisa bina pesawat tv

      Hapus
    3. Apa ya bedanya dgn pesawat gatot kaca dulu kala? Hanya di beri tambahan fitur kekinian saja menurut saya.

      Hapus
    4. Dengan Gatotkaca dimensi dan daya jelajah lain, mesin pun lain ngung....

      Hapus
    5. Malon bikin pesawat kertas

      Hapus
  2. Cocok buat jadiin stop gap-nya MRCA. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. .. baca kata "stop gap" kok lucu ya.. inget sebuah negara

      Hapus
  3. Josss !!!! LANJUT KAN !!!! 😎👍

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. MELAYU MALONS LOW IQ cuma pandai bikin TAIK dan BAYI brooo... bwahahhahahahahahhaaa.. 😂😂😂😂😂😂😅😅

      Hapus
    2. Kongkek dzubor dan rogol anak sendiri itulah kelebihan melayu malon

      Hapus
  5. Malayu malon goblok dan pekok mana bisa bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa cetak maho maho dan ladyboy fresh from oven Bro. Krn mencontoh menterinya yg jg begitu.

      Hapus
  6. Pesawat ini jangan samapi lagi di naikin mat sabu, nanti dia bilang pesawatnya lambat sekali tidak seperti CN235....menhan koplak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipikal malon memang begitu bro, sembang dan jelekan buatan manapun lalu unggulkan buatan tempatan yang aslinya tampal sticker. sifat aslinya orang malon terbongkar sendiri, dia keceplosan tak bisa nahan wataknya bro 🤣😂🤣

      Hapus
  7. Balasan
    1. Abang nggak punya "rudal" ish... Ish.. Kesian.. Kesian.

      Hapus
    2. Sabar, nanti yang block-3 versi stealth pake Internal Weapons Bay.

      Ente tinggal pilih diisi apa..
      Brahmos? NSM? KH series? Atau Taepodong?

      Hapus
    3. Rudal melulu,,,sabar coy lg riset dan pengembangan, ilmu teknologi rudal mahal dan gk gampang dapatinnya.

      Hapus
    4. Kesabaran seseorang ada batasnya dek,karna rudallah hidup dan bahagia sebuah negara dek.
      Kalau bisa risetnya jangan pake
      Buluh bambu nanti kayak taminng sarki malonyet

      Hapus
    5. Rudal nya sdh banyak tegak semua pula ditunggu

      Hapus
  8. otak MELAYU MALONS PUKIMAK tdk akan sampai utk hal2 seperti ini karena virus kebodohan yg turun-temurun,,,, bwahahahahhahahahahaa.. Diorang cuma pandai merempat, melancap, dan hisap dadah dlm bilik jamban.., kahkahkahkahkahkah., MELAYU MALONS LOW IQ.. 😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  9. Lon tengok ni Indonesia akan mass production pesawat buatan tempatan, jangan panas hati lon karena dorang tak punya kepakaran 😁

    BalasHapus
  10. Ini pesawat bisa kita produksi sendiri karena mencontoh dan meniru malon... Hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak nak pantas meniru beruk tak de otak bro 😁😁😁

      Hapus
    2. Itu kate para beruk shemale yg low IQ itu om... Malon buat kajian tapi indonesia yg laksanakan, karena indonesia iri dengki lihat malon semakin maju...hahay...

      Hapus
    3. Gue tambahin list nya:
      N219 -> tiru malon
      😂

      Hapus
    4. Muke kita pon malon bilang tiru dorang om bocor... Hahahaha...

      Hapus
  11. https://m.detik.com/news/berita/d-4859653/menteri-inggris-heather-wheeler-berharap-kerja-sama-alutsista-dengan-ri?tag_from=mnews_beritaTerkait

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg minta jatah nich... Kemarin nggak ikut dikunjungi 😀😀😀

      Hapus
    2. Hahahhaha majikannya malon aja ampe ngemis2 tuuh 😂

      Hapus
    3. Fix....
      Next untuk order mesin jet Rols Royce tak perlu lagi ikut regulasi UNI EROPA, bisa langsung deal G to G atau B to B.. Sudah saat nya fete DI menjajal pangsa pasar Jet..

      Karena setahu saya salah satu faktor yg menyebabkan perdamen inggris ngotot ingin keluar
      dari UE secepatnya adalah karena industry manufactur mereka semakin sulit untuk mendapatkan bahan baku nickel akibat dari aksi balasan indonesia terhadap kebijakan UE yg mendiskriminasi sawit.. Dan salah satu perusahaan yg jadi oleng karena membengkaknya biaya produksi yg disebabkan harga nickel yg melambung tinggi adalah ROLLS ROYCE ini...

      Hapus
    4. Nanti kalo menhan ke UK malon pasti bilang Indonesia nak gabung project TEMPEST pespur gen 6 inggris, padahal bayar cicilan IFX je tak sanggup...

      Hapus
    5. Malon dah gk dianggap mommynya 😁

      Hapus
    6. Kayanya majikan malon bakal ngirim org ke Indonesia ngajakin kerja sama disegala bidang nih..hehehe
      Maklum mommy eli lagi sepi orderan...hahaha

      Hapus
  12. Wahh kerenn.. di rancang utk touch & go dari airstrip2 di daerah pedalaman. boleh lahh d lirik TNI AD/AU dengan tambahan EOTS berkemampuan surveillance & targetting, pke radar surveillance kecil sperti leonardo Gabbino, plus side dor gattling gun yg light weight sperti XM301.. udah bisa jadi sarana medivac dan little gunship yg mampu meliuk2 diantara pegunungan di papua. sebuah moril bost buat para operator d medan "ganas' sperti papau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu TNI AL yang tertarik.. ke depan siapa tau yg lain juga tertarik 😁

      https://www.google.com/amp/s/tekno.tempo.co/amp/1156324/lapan-tni-al-tetarik-boyong-pesawat-n219-untuk-gantikan-nomad

      Hapus
    2. Yen N219 rumangsaku kurang cocok kanggo pesawat patmar, mergo pesawat ini optimale neng kawasan pegunungan sing medane berat kanggo proses approach lan take off-landing

      Hapus
    3. benul mas@hari.. di design utk STOL dengan fix gearlanding yg artinya utk daerah pedalaman yg cuma airstrip (padang rumput/lapangan tanah) serta dengan minim maintenance.

      Hapus
    4. Nek sing versi amphibi pripun mbah?? Maleh cocok napa boten??? 😁

      Hapus
    5. Yg dicari Allah yg tipe ampibi

      Hapus
  13. Kemarin baca twit mat sabu bikin gelak... 😁😁 Dia menceritakan saat kunjungan ke Indonesia kemarin, intinya dia ingin mengajak Indonesia kerjasama dibidang industri pertahanan Salah satunya industri kedirgantaraan.

    Dia cakap MALON memiliki industri dirgantara yg cukup maju karena memiliki tempat MRO pesawat C-130 Herkules dan Sukhoi Rusia. haha., 😅😅😅.

    Untuk MRO Herkules.. ok lah walaupun MRO ditempat MALON ini sangat lambat dan mungkin antara MRO paling lambat didunia mengingat kes MRO herkules Indonesia yg memakan mase 4-5 tahun walaupun sebijik sahaje. Ntah ini pekerja MALON kurang pakar..?? atau pekerjanya tak niat kerja suka malas-malasan..?? yg pasti setelah kes ini angkatan udara Indonesia tdk lagi mengontrak syarikat tempatan MALON dan dipindahkan ke PT DI.. wkwkwkwkwk.. 😂😂

    Selanjutnya utk MRO sukhoi... utk ini tunggu dulu ya MAT.. wait.. wait.. wait. wait..!!!!! haha.. kita lihat dulu FAKTAnya ye Mr. Syabhu.. 😁😁.. dari 18 ekor MKM hanya 4 MKM yg mampu terbang, sisanya bengap dihanggar karena kegagalan syarikat lokal melakukan pekerjaannya. Setelah itu ada berita akan ada program MRO SU-30MKM yg bakal dilakuakn syarikat Rusia
    yg diasistensi syarikat tempatan secara bertahap sampai 2030 jika ada wang.. ingat.. JIKA ADA WANG..
    kahkahkahkahkah..

    Jadi Kesimpulannya., kenapa bisa sekelas menhan bisa bodoh menwarkan 2 syarikat abal2 utk dipakai negosiasi dengan syarikat yg sudah mengeluarkan produk ratusan pesawat dan helikopter ke penjuru dunia seperti PT DI Indonesia..?? haha.. Kalau Indonesia ini 3rd world contry macam zimbabwe, Kongo, Togo, Somalia pastilah mudah kalian tipu.. Masalahnya Indonesia itu sudah tau seluk beluk kalian dengan tipikal ular suka menusuk dari belakang, baik kalau ada maunya.. wkwkwkwkwkwkkwk...

    Menhan MALONS saja sampai ngemis2 ke Indonesia.. kalau MELAYU MALONS LOW IQ yg suka merempat disini itu manusia normal seharusnya malu 7 turunan, 😅😅😅😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ente ajak ngobrol soal kuliner bro..😂😁

      Hapus
    2. Mat sabu pinter masak lobster destroyer 😂😂😂

      Hapus
    3. Isi tweet mat sabun sangat menampakan tipikal bangsa beruk shemale,.. Mereka pingin minta tambah ilmu kedirgantaraan dar indonesia tapi malu mengakui dan malu minta diajarin.... Karena selalu merasa tinggi dan uperhand terpaksa pakai jurus bohong, sejak kapan malon bisa MRO sukhoi..... Mereka pikir kita nggak tahu kalo sukhoi malon pada grounded semua, cuma 4 yg bisa operasional... Kalo malon bisa MRO sukhoi tak mungkin sukhoi mereka pd bengap di hanggar...

      Sudahlah tak usah kerjasama dg malon..... !!

      Hapus
    4. Wahahaha...terbang cm 4,udah gt asam Urat itu MKM...dasar MRO abal abal....hahaha

      Hapus
    5. Jangan kasih ilmu JASMERAH dl waktu minta guru jaman pak Harto juga ngemis2 sdh merasa mampu nusuk dr belakang. Ibarat murid Malon adalah murid kurang ajar berani lawan Guru pamali kuwalat nanti 🤣😂

      Hapus
  14. Top 👍

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20200204133045-4-135082/pertamina-mau-bangun-kilang-raksasa-baru-di-papua

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepatnya di Sorong, namanya RU VII KASIM. sebearnya kilangnya sudah ada. mungkin ini proyek revitalisasi seperti di Balikpapan dan Cilacap.

      Kilang KASIM Sorong ini dekat dengan Armada 3 dan Brigif 3 marinir., hahaa., jadi silahkan jika ada yg mau macem2..!!! hebat pembangunan Indonesia selau melihat berbagai aspek dan jauh ke depan. 😃😃

      Hapus
    2. Kilang kasim ki wes ono ket jaman walondo...disik seng ngelola dutch shell

      Hapus
  15. Nanti lanjut ke varian yg kek gini

    https://instagram.com/stories/pilot.markus/2235589646356667862?igshid=1wxmegzuhcuu6

    Ntablah

    BalasHapus
  16. POOR QUALITY

    VERY UGLY DESIGN

    WHAT IS THE ENGINE OF THIS VERY UGLY PLANE???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🖕🖕🖕 Bhuahaa manusia planet namec muncul,,,eh tolol bisa bina tak yg seperti ntu???? Malon low iq tolol kebelinger 😂😂😂

      Hapus
    2. Salalu iri ya..biarpun ugly design tp kita bisa bina sendiri.hhu

      Hapus
    3. Kereta terbang pun hasilnya masih krik krik akhirnya kelaut. Ha ha....

      Hapus
  17. HAHAHAHA WHAT A SHAME.....2 Unit CN-235 TUDM (usia 20 tahun) . DIRUBAH MENJADI CN-235 MPA MALINGSIA MADE IN PT.DIRGANTARA INDONESIA...HA..HA..HA..HA.

    TNI-AL CN-235 MPA 220. PESAWAT BARU ,PAKAI WINGLET....

    HA..HA..HA..HA..HA...WHAT A JOKE...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disono cukup dipakein singlet aja meneer....

      Hapus
    2. Iya bro smiling....jom tertawa sepuasnnya....karma enggak mampu beli ATR 72 MPA...kualat mereka bro...HAHAHAHA

      Hapus
    3. Singlet a.k.a kaos kutang..😂
      (Hings)

      Hapus
    4. What merk hings???? 3 biji = 2000 rupiah 😂😂

      Hapus
    5. Malon telan ludah sendiri ngatain CN-235 low PRODUCT,ugly,plastic....nyatanya malon minta bantuan PT DI untuk upgrade CN-235 TUDM menjadi CN-235 Maritim Patrol,malunye jer 😁🤣

      Hapus
    6. Itu cuma buat stop gap sebelum beli atr atau peseodone (gembulwira) 🤣🤣😂😂

      Hapus
  18. TERIMA KENYATAAN YA.....

    http://www.malaysiandefence.com/transporters-to-maritime-patrollers/

    BalasHapus
  19. Di saat indonesia sudah mampu bina pesawat,kapal selam,kapal laut, tank, senapan serbu, roket, radar, bom

    Malaysia bina senapang pun tak mampu ugly design

    Bagai bumi dan langit, malon di bawah kaki orang bangla item 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  20. Sithambaram: Ada dana masuk sebesar RM 27 juta (Rp 90 miliar) ke rekening Anda pada Juli, Anda tadi bilang tidak tahu?

    Najib: Benar, saya tidak tahu kalau itu adalah uang dari SRC Internasional, saya tahu kalau uang itu dari SRC Internasional setelah beberapa waktu kemudian.

    Sithambaram: Tapi Anda menghabiskan semua uang tersebut?

    Najib: Benar.

    Sithambaram: Apakah Anda tahu kalau ada dana masuk sebesar RM 5 juta (Rp 16 miliar) di rekening Anda pada September?

    Najib: Saya tidak tahu waktu itu ada dana masuk.

    Sithambaram: Namun Anda tetap menghabiskan uang tersebut?

    Najib: Benar.

    Sithambaram: Pada Desember, ada dana masuk sebesar RM 27 juta (Rp 90 miliar) di rekening Anda. Apa Anda tahu itu?

    Najib: Saat itu saya tidak tahu.

    Sithambaram: Tapi tetap Anda habiskan?

    Najib: Benar, saya memang menghabiskannya...itu adalah dana CSR yang saya punya.

    Dari pernyataan ini diketahui kalau Najib Razak meski tak mengetahui kalau ada dana dalam jumlah besar yang disetorkan di rekeningnya, ia tetap saja menghabiskannya.

    Bahkan Najib Rajak tak menyisakan uang di rekeningnya ini sedikit pun.


    TAHNIAH NAJIB FEAT ROSMAH SUDAH BIKIN 30 JT BERUK JATUH MISKIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Najib dan Rosmah mandi dengan emas sikat gigi pakai jamrud, alat dildo rosmah dari batu diamond

      Sementara Rakyatnya miskin dan alatan militer tua ompong dan rusak


      😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
  21. https://www.jejaktapak.com/2020/02/04/bagi-indonesia-su-35-dan-rafale-sama-sama-tidak-jelas/amp/

    Weee... Piye iki🙄🤔😵😵😵

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak bowo rak pancen senengane ora jelas begini kae Mbah....koyo status hubungane karo bu titik 😣😣😣

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ya emang bener belum jelas' wong barangnya belum ada di indonesia,,,kalau sudah ada baru namanya jelas 😂😂😂

      #yg_nulis_artikel_terserang_virus_PESIMIS 😁😁😁

      Hapus
    4. Yg perlu dibahas ntu ni 👇👇👇

      https://m.detik.com/hot/celeb/d-4885278/eks-suami-nikita-mirzani-ngaku-bisa-bayar-polisi-untuk-penjarakan-orang?_ga=2.124511625.2041059376.1580803417-911936380.1550912643

      Sesekali kita jd emak2 ngegosipin artis 🤔😂😂😂
      Somplak juga tu bule slandia baru, asal aje ngomong 🤔😡

      Hapus
    5. Berita ngalor ngidul... Gawe iman tergoda waeee. 😌😌😌

      Hapus
    6. Yg nulis mestilah sales gripong detected 😀

      Hapus
  22. Selamat buat pt.DI ramaikan langit nusantara dgn sayap2 pesawat buatan anak bangsa,, semangaat!

    BalasHapus
  23. Serius buruk gila design buatan INDON ni.... kualiti teruk tapi harga memang murah gila..tapi sesuai la dengan kualiti buatan INDON yang tak berapa bagus...

    Pesawat ni rasanya lebih hebat dari F-22 Raptor...wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusan mobil terbangmunya lon...bloon...wakakak

      Hapus
    2. Om kok ga ambil ATR buat MPA?
      Masa sih Grade A pakai pesawat yang tadinya buat pesawat angkut diubah jadi MPA?
      Usianya 20 tahun lagi.
      Ga ada uang beli yang baru ya?
      Sampai harus korbankan pesawat angkutnya?

      Lalu, uangnya kok dari US sih baru sanggup convert pesawatnya ke MPA?
      Kok yang ngerjainnya Republik Indonesia? Di PTDI?

      Emang pas slogan Moving Forward

      Hapus
    3. Ladyboy waria gempur tak sanggup menjawab. Sanggupnya ngemut punya Bangla hingga main exhaust ass. Wkwkwkwk 😀

      Hapus
    4. Shemale lagi nongkrong di tower kl nunggu pelanggan 😂😂😂

      Hapus
    5. Klw mmg pesawat buatan pt di buruk tapi negaramu pakai ya pimpinanmu yang luarbiasa tolol pur efek otak salah potong ya😄😄

      Hapus
  24. Balasan
    1. Lebih laju kereta terbang Made by PRC craft 😛

      Hapus
    2. kereta terbang, dr namanya aja uda aneh binti ajaibbb haha!😆😆😆

      mobil dibilang kereta, gimana fisank🍌 haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  25. KASIHAN SANGAT @Gempurwira INI...TERIMALAH KENYATAAN BAHWA MEMANG MALINGSIA TIDAK MAMPU MEMBUAT PESAWAT TERBANG....DAN KOK PESAWAT YG SUDAH BER USIA 20 TAHUN YG ANDA HINA.JUSTRU DIGUNAKAN UTK PESAWAT CN 235 MPA PT.DI...SENSOR PUN DAPAT HIBAH/BELI MURAH LAH DARI US....?? MALU LAH..KARMA BERLAKU...POOR MALINGSIA....VERY POOR....

    KOH..KOH..KOH..KOH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerajaan Kismin selalu siap sedia terima derma, cost delivery, insurance dan packing di kesemuanya di tanggung penderma 😁😁😁. Oh nooooooo🤔🤔🤔

      Hapus
    2. Paket hemat versi MPA Malon
      Pesawat CN 235 20 thn + modul hibah US + PTDI Bim salabim MPA jadi 🤣🤣😂😂
      Kl bukan tetangga yg baik ga bakalan mau nih proyek urusan sama asu ribet

      Hapus
    3. Om @jack ryan
      jatuhnya kita kasih subsidi ga sih ke mereka?
      Hibah bantuan buat convert MPA?
      Ya mirip² gitu lah..
      Iyakan?

      Setelah aku pikir²..

      Hapus
    4. Ga om MS bisnis is bisnis. Dr sdh kelihatan mereka menyerah (ga ad mau kasih pinjaman) buat beli alat perang . Dan budget mereka sesuai dengan alat yg kita bikin walau sifat sombong masih kelihatan minta ukuran lebih gede dr yg kita punya. Tinggal tunggu kabar mereka beli alat yang lain. Malon makin mendonia (malunya) 🤣😂

      Hapus
    5. Biaya convertnya murni dari derma US. Hebat Yo Ndar....😁

      Hapus
  26. Semoga yg amphibi jadi cepet. So bs melayani antar pulau dan pedalaman2 yg punya sungai2 yg bs didarati.

    BalasHapus
  27. Pesat pertama RI 001 seulawah dibeli dari pengumpulan dana pengusaha aceh, pesawat pertama buatan RI dibeli oleh pemda Aceh, sejarah memang berulang

    BalasHapus
  28. N219 terasa paling pas mengakomodir kebutuhan transportasi udara antar daerah dalam negeri. Selamat buat PT DI, punya produk diminati pemda maupun swasta.
    Kalau Malon mah, think big but otak dengkul

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. PT DI sudah berabap abad hanya jadi tukang tempel buatan air bus dan alangkah baik nya kinerja PT DI di isi orang pemalas di AUDIT audit bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. ☝.....jakasembung bawa golok....Komentar loe kagak nyambung GOBLOK...!

      Hapus
    2. Wkwkwkwk Anies juga perlu di audit tuh

      Hapus
  31. Malon memang goblok mendunia..selamanya lu babu lon Malon..goblooooookkkkk

    BalasHapus

  32. agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    WA : +85587781483

    BalasHapus
  33. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  34. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus