24 Agustus 2020

PAL Indonesia Bidik Pertumbuhan Pendapatan 70% di Tahun Ini

24 Agustus 2020

Drydocking KRI Hasan Basri 382 dan KRI Surabaya 591 (photo : PAL)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PAL Indonesia (Persero) membidik pertumbuhan dua digit pada sisi pendapatan tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan galangan kapal pelat merah tersebut menargetkan pertumbuhan pendapatan sekitar 70% dibanding realisasi tahun 2019 lalu.

Sejauh ini, PT PAL belum merilis realisasi kinerja tahun di 2019. Namun sebagai gambaran, berdasarkan laporan tahunan perusahaan di tahun 2018, PT PAL Indonesia  tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp 1,24 triliun di tahun 2017.

Realisasi pendapatan PT PAL kemudian meningkat di tahun berikutnya sebesar 26,60% menjadi Rp 1,58 triliun di tahun 2018. Pendapatan usaha tersebut diperoleh dari lima kegiatan usaha, yaitu produk alutsista, kapal niaga, rekayasa umum, harkan, dan produk serta jasa lainnya.

Kepala Departemen Humas PT PAL Indonesia Utario Esna Putra mengatakan, kenaikan pendapatan di tahun 2020 akan ditopang oleh selesainya pembangunan produk alutsista dan nonalutsista.

Utario bilang, saat ini PT PAL Indonesia tengah menyelesaikan proyek terkontrak tahun-tahun sebelumnya yang masih dikerjakan di tahun ini (carry over) seperti misalnya kontrak pembangunan kapal  Bantu Rumah Sakit (BRS) pertama pesanan TNI AL, Kapal KCR 60 Meter batch ketiga, dan Dual Fuel Engine Barge Mounted Power Plant (BMPP) 150 MW.

Selain itu, PT PAL Indonesia juga telah mengantongi sejumlah kontrak baru. “Kontrak baru berasal dari pembangunan kapal BRS kedua TNI AL, Tsunami Early Warning System (TEWS) BPPT, serta pemeliharaan dan perbaikan 12 unit kapal dan 6 unit kapal hingga Juli 2020 lalu,” kata Utario kepada Kontan.co.id, Sabtu (22/8).

Ke depannya, PT PAL Indonesia masih terus akan melakukan penetrasi pasar untuk mendapatkan kontrak-kontrak baru, baik untuk produk kapal, rekayasa umum, pemeliharaan dan perbaikan (harkan) melalui divisi pemasaran perusahaan.

Utario berujar, pasar pembangunan kapal baru masih berpeluang meningkat di semester kedua tahun ini. Potensi tersebut berasal dari sektor alutsista, yakni kapal perang permukaan dan bawah permukaan, serta sektor nonalutsista seperti Dual Fuel BMPP 150 MW.

Menurut Utario, sektor alutsista masih akan menjadi segmen pasar utama yang dibidik oleh perusahaan. Meski begitu, ia menegaskan bahwa PT PAL Indonesia juga tetap akan terus membidik pasar untuk produk-produk nonalutsista seperti misalnya Dual Fuel BMPP.

Cakupan pasar yang dibidik oleh PT PAL Indonesia tidak terbatas pada pasar di dalam negeri. Asal tahu saja, dalam tiga tahun terakhir, PT PAL Indonesia telah melakukan penetrasi pasar di wilayah-wilayah seperti Timur Tengah dan Afrika. Maklum, berdasarkan pengamatan perusahaan, tren anggaran belanja pertahanan di wilayah-wilayah tersebut cenderung mengalami peningkatan.

Selain itu, PT PAL Indonesia juga pernah mengekspor Kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) 123 Meter ke Filipina, serta melakukan ekspor produk-produk non alutsista seperti Kapal Niaga Star 50, power plant, dan lain-lain ke banyak negara.

Ke depannya, untuk pasar luar negeri, PT PAL Indonesia masih akan mencari peluang-peluang kontrak baru untuk produk kapal Landing Platform Dock (LPD), Kapal KCR 60 Meter, dan produk-produk non alutsista. Utario belum menyebut pasar-pasar di wilayah mana saja yang ingin dibidik pada tahun ini.

Untuk memaksimalkan daya saing, PT PAL Indonesia akan melakukan investasi perangkat lunak alias software dengan memanfaatkan sebagian belanja modal atau capital expenditure (capex) yang ada. Sementara itu, dana capex PT PAL Indonesia pada tahun ini sebagian besar terdiri atas investasi non-Penyertaan Modal Negara (non-PMN) serta penyerapan PMN 2015.

“Investasi software terkini menjadi perhatian besar PAL untuk menjaga tingkat agar PAL selalu kompetitif di era industri 4.0. Lisensi software yang diimplementasikan antara lain yaitu untuk penguatan bidang ER, integrated design, production engineering, dan project management,” jelas Utario.

209 komentar:

  1. Balasan
    1. Boustead duga No 1





      (dari bawah, diantara galangan kapal se afrika)

      😂😂😂

      Hapus
    2. Bousted pukimak no 1.....raja rasuah.. 😁

      Hapus
  2. PT.PAL untung besar

    Bousted Shitsarap rugi besar

    BalasHapus
  3. BOUSTED BUKAN SHIPYARD TAPI KEDAI LAS LISTRIK

    BalasHapus
  4. Dual Fuel Engine Barge Mounted Power Plant (BMPP) 150 MW itu kapal berapa meter ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PT Indonesia Power memesan Dual Fuel Barge Mounted Power Plant (BMPP) atau pembangkit listrik terapung kepada PT PAL Indonesia. BMPP berkapasitas 150 MW ini terbagi menjadi tiga unit, yakni dua unit berdaya 60 MW akan ditempatkan di Kolaka, Sulawesi Tenggara, dan satu unit berdaya 30 MW akan diletakkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      BMPP 60MW memiliki panjang 72 meter, lebar 27,4 meter, tinggi 6,5 meter dan sarat setinggi 4,7 meter serta ditunjang dengan 6 x Dual Fuel Engine 20V34DF. Sementara, BMPP 30 MW memiliki memiliki panjang 54 meter, lebar 27,4 meter, tinggi 6,5 meter dan sarat setinggi 4,7 meter serta ditunjang dengan 3 x Dual Fuel Engine 20V34DF.

      https://surabaya.liputan6.com/read/4188571/pt-pal-bikin-pembangkit-listrik-terapung-untuk-indonesia-timur-ini-keunggulannya

      Hapus
    2. yoi mase
      desain asli engineer PT.PAL
      mantap kan

      Hapus
  5. lihat di google earth, ada MONUMEN KAPAL lambang keBODOHAN engineer malon

    4°14'22.48" N 100°36'15.40" E

    wakakakakaka......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa terlihat oleh astronot kapal selimutan takut air 😂😂😂😂

      Hapus
  6. @Shepard Media, baru saja merilis artikel mengenai upaya modernisasi alutsista TNI AL, yg disebut sbg "modernisasi tambal sulam"......sayang ini edisi berbayar 😂😂😂

    Ada benarnya @SM menuliskan judul ini, krn sifat inkonsistensi dari para perencana dan pengambil keputusan sbg mengakibatkan laju modernisasi alutsista mengalami jalan buntu.......dan seperti biasa, dalam.kondisi spt ini godaannya adalah kembali membeli alutsista second hand 🤦🤦🤦

    "Mengganti alutsista yg sudah tua dan tidak optimal dg alutsista baru yg usianya sudah tua juga dan pastinya sdh tidak optimal menur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlihat masih lemahnya aspek perencanaan secara memyeluruh (kemampuan dlm membaca tantangan kedepan 👉 merancang besarnya kekuatan 👉 pemilihan jenis alutsista 👉 kesiapan internal terkait TOT dan juga persiapan pendanaan)....ketidaksinkronan dalam alur diatas akan "menganggu" pencapaian targetnya 🕵️

      Kita bisa bandingkan dg perencanaan di aussy atau singapur.....apa yg diterawang dan direncanakan, itulah yg direalisasikan ☝️

      Mari kita lihat hasil penerawangan kekuatan TNI AL dg acuan era menhan Pak Pur (Purnomo tentunya.....bukan Pur yg satu lagi 😂)

      Kekuatan pemukul utama TNI AL akan diisi oleh 56 fregat dan korvet (dimana 40 nya adalah SIGMA/PKR dan 16 korvet), kemudian 26 KCR dan 12 kapal selam CBG 🤗

      Dan apa yg dicapai sesudahnya:
      1. CBG : 3
      2. PKR : 2
      3. KCR-60 siap tempur : 0 ??? Kalo gak salah 🤔

      Jika kita teguh dg rencana yg telah disusun.....dalam.jangka panjang kita akan menikmati "economics of scale" baik diuiur dr segi finansial, tekhnologi yg diserap maupun perampingan logistik 😇

      Dan sekarang disaat PKR baru siap 2 unit sudah beralih selera ke platform lain yg masih membutuhkan kesiapan yg kompleks. .....sementara alutsista berusia tua yg seharusnya dipensiun masih tetap dipaksa beroperasi krn belum tersedia penggantinya.

      Hapus
    2. Saatnya utk segera berbenah dan kembali ke laptop ☝️
      1. Revisi lagi besarnya kekuatan/alutsista shg lebih realistis dg kemampuan pendanaan
      2. Genjot produksi alutsista yg sudah siap direaliasasikan : CBG, KCR-60 dan PKR....sampai jumlah tertentu shg penggantian alutsista yg berusia uzur bisa berlangsung dg mulus
      3. Oke, tidak masalah jika TNI AL merencanakan pengadaan IVER dan Kasel dg AIP ....tapi pemilihan timing harus tepat, disesuaikan dg kemampuan produksi, pendanaan dan kesiapan penyerapan TOT ☝️. Jangan sampai penambahan rencana baru, membuat rencana yg sudah ada lebih dulu terhambat....bahkan macet ditengah jalan 🙏

      Hapus
    3. Wis ganti mas Smili, ora sido 40 pkr sigma dan 16 korvet.

      56 kapal permukaan kombatan itu udah ganti komposisinya, jadi :

      32 korvet/light frigate/opv
      16 frigate/light destroyer
      8 destroyer

      Kalo ditanya kata siapa ya itu kata saya 😂😂😂😂

      Hapus
    4. Yoo, yooo .....ning sek sedelo, tak takokne karo mas @cromwell, bener porane 🐧💨💨💨

      Hapus
    5. http://defense-studies.blogspot.com/2020/06/ini-strategi-bisnis-pt-pal-tahun-2020.html?m=1

      Ini Strategi Bisnis PT PAL Tahun 2020 dalam Kapal Perang

      ".....diantaranya adalah,
      1) Joint Section Kapal Selam-3,
      2) Overhaul KRI Cakra-401,
      3) Sewaco Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M Kapal Ke-3 dan Ke-4,
      4) Platform dan Sewaco Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M Kapal Ke-5 dan Ke-6,
      5) Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS)
      6) dan juga pada sektor energi sedang membangun Dual Fuel Barge Mounted Power Plant 60 MW.
      ........"

      Hapus
    6. ..
      (Potensial) Tahun 2024,
      demokrat.....?,
      Industri Pertahanan IndONEsia.
      ______________________

      http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/demokrat-anggaran-rp-131-t-belum-cukupi.html?m=1

      Demokrat : Anggaran Rp 131 T Belum Cukupi Kebutuhan Kemhan

      "........Namun demikian, ditengah ketatnya keuangan negara tetap tidak disarankan bagi Kemenhan untuk tidak membeli alutsista bekas. ......."

      Hapus
    7. Kayaknya kita mulai lagi pakai jurus lama. Jurus ujug ujug.

      Sebenernya kalo mau KONSISTEN dengan plan yang ada, tidaklah terlalu sulit untuk mewujudkan mimpi. Punya 30-40 PKR dalam 10 tahun masih bisa terwujud. Yang p3nting pemerintah harus pake kacamata kuda. Dan TNI AL harus terus menerus mengingatkan. Jangan rusak timeschedule dan planning yang ada. Kebiasaan kita s3lalu begitu. Di swasta juga terkadang begitu.

      Hapus
    8. Cromwell ki ngertine mung nganti taun 2024, aku ngertine merga ngitung postur sing ideale dikontraske karo pertumbuhan ekonomi rata2 nganti taun 2044 lan kebiasaan wong2 njaluk bagean cuan nek ana pengadaan alutsista.

      Sakjane aku kepingine 40 unit ki real destroyer kabeh ben dadi kekuatan sing isa ngimbangi gerak majune Cino tapi merga nang kene akeh sing njaluk cuan dadi ora isa ngejar jumlah sing wah kaya Cino.

      Hapus
    9. Nek pingin cepet kae lho Palindo, Citra lan DRU wis isa gawe OPV. Nek masing2 saben taun 3 unit 80 meter wis 3 x 3 x 4 = 36 unit OPV nganti 2024. Kari dilengkapi meriam utama, ciws, shorad, sonar, radar, cms, decoy, torpedo lan ashm wis isa disebut korvet.

      Hapus
    10. Mungkin ada baiknya memisahkan antara OPV dan korvet master.....karena dari sononya 2 istilah ini punya tupoksi yg berbeda 🤔

      Hapus
    11. Saya sengaja mengirimkan "batu kripton aka cromwell".....karena master ngitung komene gak logis ☝️

      Lha saya kasih usul utk merevisi jumlah pengadaan alutsista, disesuaikan dg kemampuan pendanaan .....kok sampeyan malah utak-atik angka 😣😣😣

      Hapus
    12. Yeay mas Smili kuno....

      Korvet senjatane apa sih? Meriam, ciws, rudal, torpedo, ecm

      Opv senjatane apa sih?
      Meriam, ciws, rudal, ecm

      Tuh hanya tinggal tambah torpedo doang

      Korvet sensore apa sih?
      Radar, sonar

      Opv sensore apa sih?
      Radar

      Tuh hanya tambah sonar doang


      Kalo opv sudah ditambah sonar dan torpedo bisa jadi korvet toh?

      Kalo nggak percaya tuh Sigma 9113 itu tadinya didisain sebagai opv, tapi ditambah sonar dan torpedo jadilah korvet diponegoro class.


      Makanya mas Smili jangan kuno dong, blajarlah dari artis kpop dan drakor, wajah dan hidung bisa diupgrade, opv pun begitu bisa diupgrade jadi light frigate atau korvet.

      Hapus
    13. Untuk OPV atau kapal 80 m buatan swasta sampai berapa duit ya pendanaannya. Plus waktu pembuatannya.

      Hapus
    14. Bahkan kapal seperti Arleigh burke bisa didowngrade menjadi opv jika vls dan sebagian sensor tidak dipasang, sesudah jadi opv bisa upgrade lagi jadi destroyer jika vls, rudal dan sensor dilengkapi.

      Hapus
    15. Ya masalah sebenarnya karena dana kita terbatas, biaya anggaran 60% - 70% dihabiskan untuk kesejateraan prajurit dan belanja modal, hanya 30% anggaran untuk beli alutsista dan pembangunan infrastruktur TNI, sudah sepantasnya anggaran TNI diatas 200 triliun bila BENER2 ingin kebut pengadaan alutsista, 138 triliun mau ngejar apa???? Satu lg kita pengen tot tp duit pelit, siapa yg mau kasih cuman2 teknologinya' udah pelit tp blagu gengsi jiplak, ada lg grombolan mafia yg pengen import2 membuat semakin rancuh pengadaan efek berebut kepentingan, belum lg proyek yg berjalan seperti pkr tiba2 terundung masalah korupsi di tubuh demen, semuanya bikin tambah nyungsep rencana yg ada 🙆‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
  7. bwahhahahahahhaa... Genk NASI LEMAK MALONS MENGUNCUP semakin bengap di jamban nih mental koyak teruk brooo..... mantaaaapppp..

    Yuhuuuuuu.. MALOOONS BODOH MISKIN... waakkakakakakkakakaa..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  8. wooooooww... wooooowwww... haibat betuul Indonesia.. produk2nya mulai dikenal dunia. 😃😃😃

    Tak cem MALONS BODOH ye... proton bangkrap karena quality produk rendah,. FAKTA.. bwhaahhahahahahhahahahaa...

    MALOOOONS.. MALOOONS... 😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  9. Indonesia sudah memproduksi berbagai produk militer yg dikenal dunia dan sudah sampai diekspor...FAKTA.. 😃😃😃😃😃😃😄😄😄

    Sedangkan MALOONS BODOH..??? diorang nak buat sebijik pelurupun tak reti karen BODOHNYA turun-temurun.. susah utk diobati..bwahhahahahahhahahaha..

    Yuhuuuuuuuuu... MELAYU MALONS BODOH MISKIN....😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  10. Indonesia bangga akan produk2 mikiternya yg dikenal dunia.. dari kapal perang, pesawat, senapan, panser, dll.. xixixiixixixixiixix..

    MELAYU MALONS BODOH MISKIN masih bangga dengan nasi lemak.. wakkakakakakkakakakakkakaa..Kesiiiiiaaann MALONS ..😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  11. Yuhuuuuuuuuu... MELAYU MALONS BODOH... coba sebutkan satu saja disini.. produk militer MALONS apa yg sudah bisa dibuat Sendiri plus sudah mampu diekspor..??? bwahahhahahahhahahahhahahahhahaa... jawabnya NOTHING... 😂😂😂

    wakkakakakkakakakakaa.. kesiiiiaaaann MALONS BODOH..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  12. Hakikatnya MELAYU MALONS BODOH bermulot besar sahaje itu so pasti... wakkakakakakakkakakakkakakaa..

    SALAM MALONS BODOH... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  13. Tahniah Pt PAL terbaik terbesar di Asean..👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ...Lupa yah ... masih ada ST Marine di di Singapre sana ...

      Hapus
    2. Ga lupa tuh...hahaha
      Bastard bs apaan ? Bisa songlap doank ya...hahaha

      Hapus
  14. Ni akibatnya jika sering lepak2 sambil makan NASI LEMAK.. Otak berlemak tak bisa berpikir taunya melancap dan Songlap... FAKTA..bwahhahahahhahahahahhahaa..

    yuhuuuuuuuuu.. MELAYU MALONS BODOOOOHH.. wakakkakakakakkakakakaa..😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  15. Indonesia sudah mampu bikin Fregat, senapan sniper, LPD, LST, kapal selam.. MELAYU MALONS cuma bangga NASI LEMAK mendooonia.. wakakkakakakakkakakakakaa.. MEMALUKAN MALONS..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebodohan engineer malon sudah mendoonia

      kih kih kih kih..........

      Hapus
  16. Indonesia sudah mampu bikin Tank.. MELAYU MALONS lagi2 cuma bangga NASI LEMAK.. bwahhahahahahhahahahhahaa..

    yuhuuuuuuu.. MALOONS BODOH MISKIN...😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  17. Indonesia sudah bisa bikin roket... again.. MELAYU MALONS BODOH MELANCAP cuma bisa bikin NASI LEMAK... waakkakakakakkakakakakkaa..

    kesiiaan MALONS BODOH selalu kena pijak... bwhahahahahhahahahaa..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  18. Indonesia sudah mampu bikin ratusan juta peluru.. lagi2 MELAYU MALONS cuma pandai bikin NASI LEMAK... wkakakakakkaKkakakkakakakkakaa...

    MALOOONS.. MALOOONS... BODOOOOH..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  19. BOUSTED pukimak keje rasuah, bikin bangkrut 1 kerajaan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gara gara bousted dungu engineer dongkey, malon malu mendooonia

      kih kih kih kih.......

      Hapus
  20. Indonesia sudah bikin pesawat... dan MELAYU MALONS BODOH cuma bisa cakap.. NASI LEMAK asli buatan tempatan kami.. bwahhahahahahhahahahhahahahhaa...

    yuhuuuuuuuuuu.. MALONS AYAM..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi LEMAK pon hasil claim tampal sticker dari nasi UDUK

      kih kih kih kih........

      Hapus
  21. Rm. 6billion dpt 3 scorpenis new... 1sqa super hornet,,, 😁 😁
    Bkn dpt besi tua 5 unit setengah jadi pulak... 😁

    BalasHapus
  22. Indonesia sudah bisa bikin bom sampai sultan MALON minat sangat... eeeehhhhh.. diorang masih sahaje NASI LEMAK yg terbaik.. wkakakakakakkakakakakkakaka,..

    Kesiiiaann MALONS BODOH... bwhahahahahahhaa..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rm 6 billion dpt brp ton nasi lemak ni... 😁

      Hapus
    2. nasi LEMAK pon hasil claim tampal sticker dari nasi UDUK

      kih kih kih kih........

      Hapus
  23. Yuhuuuuuuuuuuu... MELAYU MALONS BODOH LOW IQ yg suka merempat disini... coba sebutkan satu saja produk military buatan asli tempatan MALOONS yg sudah dibuat.,??? ada ke..??? kahkahkahkahkahkahkah..

    SALAM NASI LEMAK... wakkakakakkakakakakakkakaka..😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  24. Indonesia sudah mampu membuat senapan sediri sampai diekspor... lagi2.. MELAYU MALONS harus menerima fakta diorang cuma pandai membuat NASI LEMAK.. wakkakakakkakakakakkakakaa..

    Kesiiiiiaaann.. MALONS BODOH selalu kena bully Indonesia.. bwahhahahahhahahahahha..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi LEMAK pon hasil claim tampal sticker dari nasi UDUK

      kih kih kih kih........

      Hapus
  25. Ayo dong... bagi MELAY MALONS yg suka merempat disini.. coba sebutkan satu sahaje produk military apa yg sudah mampu MALONS buat,,??? bwhahahahahahhahahhaa...

    SALAM NASI LEMAK.., wakkakakakakkakakakakkaka... MALOOONS.. MALOONS.. MEMALUKAN... 😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyamook v. 2
      Vitabibirapi..
      Radar yellow baloon..
      Tamingscudsari..
      Jom pur dilanjut..

      Hapus
  26. Ayo dong... bagi MELAY MALONS yg suka merempat disini.. coba sebutkan satu sahaje produk military apa yg sudah mampu MALONS buat,,??? bwhahahahahahhahahhaa...

    SALAM NASI LEMAK.., wakkakakakakkakakakakkaka... MALOOONS.. MALOONS.. MEMALUKAN... 😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  27. Indonesia sudah mampu bikin kapal selam.. dan lagi2 MELAYU MALONS cuma mampu berkata kat kedai NASI LEMAK is the best... bwahhahahahahhahahahhahahahaa...

    Efek otak berlemak... BODOHNYA HAQIQI..wakkakakakakkakakakak..MALOOONS... MALOOONS.,,😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budak malon ni sembang je kencang, angan besar tapi habuk satu pn tak jadi....

      kih koh kih koh kih koh ........

      Hapus
  28. NASI LEMAK... NASI LEMAK... bwhahahahahhahahhahhahaha.. bawhahhahahahhhahahahahaa..


    Yuhuuuuuuuuu... MALOONS BODOOOOOH...😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  29. Pur bego... Sila komen HOAXnya... 😁

    BalasHapus
  30. ono wong stres duwurku, omongan dewe

    BalasHapus
  31. wakakkakakakkakakaa.. disini tak de seekor MELAYU MALONS BODOH yg ammpu jawab soalan mudah,, 😂😂😂😂😂😂😂

    PRODUK MILITARY APA YG SUDAH MAMPU MALONS BUAT..??? kahkahkahkahkahkahkahkah..

    MELAYU MALONS MEMANG MEMALUKAN... SALAM NASI LEMAK... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  32. saiki mikire piye? lha wong frigat wae kawit 2014 tekan saiki ra nambah nambah

    BalasHapus
  33. Efek samping karena kebanyakan makan NASI LEMAK bisa dilihat pada MELAYU MALOONS... bwahhahahahahhahahahaha..


    Diorang cuma mampu bikin KONDOM rasa strowberry yg termasyur di ASEAN... wakkakakakkakakakkakakakakaa.., BODOHNYEEEERRR MELAYU MALOOONS... 😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  34. nek pal raiso gawe frigat yo tuku njobo ngono po piye, ora gur meneng ae

    BalasHapus
  35. nek gur meneng ae ngini iki piye le arep dadi poros maritim??

    BalasHapus
  36. GEMPITA A.K.A PARS Turki itu bukan produk MALONS... yg produk MALONS itu NASI LEMAK... wakakkakakakkakakakaa..,

    hayooooooo.. mau ngomong apa lu..??? kahkahkahkahkah..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  37. minimal ganti van speijk 6 terus tambah 12, dadi per armada 6 frigat, ngono lho

    BalasHapus
  38. Selain terkenal dengan produksi NASI LEMAK terbesar didunia.. 😂😂😂😂😂😂 MALONS juga terkenal produk KONDOMnya lhooo... bwahhahahahahhahahahahhahaa..

    Wakakkakakakakkakakaka.. kesiiiiiaaann MALOONS BODOH kena bully...😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  39. kokean cangkem poras poros nyatane zonk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo wes, kuwi aja kakean cangkem neng kene,

      Hapus
    2. Mulo pak prabowo kae warahono.....yen menhan ki koordinasine karo menkone, ojo nyelonong koordinasi karo Luhut sing dudu menkone ☝️

      Yen wes dadi pejabat ki profesional wae.....ojo nyeneng-nyeneng hubungan masalalu rikolo prabowo isih dadi wakil komandane luhut neng den-81 🤷

      Hapus
  40. produk asli buatan tempatan MALONS yg mendoooniaaaa adalah NASI LEMAK itu FAKTA.. Bwahahahahhahahahahhahahaha...

    MALOOONS... MALOOONS..😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi LEMAK pon hasil claim tampal sticker dari nasi UDUK

      kih kih kih kih........

      Hapus
  41. DEFTECH + BASTARD SHIPYARD + AIRCROD = NASI LEMAK... bwahahhahahahahhahahahhaha..

    BODOHNYEEEERR MELAYU MALOONS... wakakakkakakakakkak

    BalasHapus
  42. Efek buruk akibat kebanyakan makan NASI LEMAK sambil lepak2 kat kedai... OTAK BERLEMAK minus 1cc.. wakkakaakkakakakkakaka..


    MALOOOONS,. MALOOONS... BODOOOH.. SALAM NASI LEMAK ye.... 😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  43. buktikan merahmu ngono lho, ojo kokean cekrak cekrek ae, ndang tuku omega po belhara

    BalasHapus
    Balasan
    1. celada dalammu merah ????

      waduuh.......

      Hapus
    2. Cekrak cekrek wes biar korane rame mas.. 😁
      Wartawane ae.. 😁

      Hapus
  44. Dok kapal pal kok gak nambah ya? Gimana meningkatkan kapasitas produksi kalau tak ada ekspansi infra produksi... Harusnya nambah dok... Ukuran kapal induk sekalian... Kan bisa dipakai buat kapal kecil juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha, ide apik kui, kudune ngono kui bro

      Hapus
    2. Disik rak wes ono wacana bakal mbukak lokasi anyar neng teluk lampung kanggo mengantisipasi peningkatan kapasitas produksi 🤗

      Hapus
    3. Tolong dikasih pencerahan mas smilling, iki kocone gelisah wae.. 😁

      Hapus
  45. nek ra mampu omega yo pkr wes trimo lah, 12 wae rasah okeh okeh ndak bangkrut

    BalasHapus
  46. FAKTANYA sekarang adalah... Indonesia sudah mampu bikin peswat, tank, kapal perang, bom, roket, panser, propelan, kereta api, senapan, dll..

    Dan MELAYU MALONS cuma mampu NASI LEMAK... woooooooww.. sedapnyeeeeeerr...bwahhahahahhahahahahahhahaa..Mantaaaaapp...

    Yuhuuuuuu.. MALOOONS BODOH... SALAM NASI L3MAK ye..!!! 😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  47. woooooowww... wooooooowww... sedapnyeeeerr NASI LEMAK khas MALONS nie... Tiada duanya didunia.. bwhahahahahahhahahahhahahahaha..

    NASI LEMAAAK.. NASI LEMAAAAKK.. wakakkakakakakakkakakakkaa..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  48. ayo pal gek ndang gawe frigat ukuran 3.000-6.000 ton, kui dipikirke tulung

    BalasHapus
  49. bwahahhahahahahaa.. kawasan berlomba2 nak shooping aset military., cuma MALONS MISKIN LOW IQ sahaje yg gemar SEWA, SEWA, dan SEWA..... wakkakakakakkakaa..


    MALOOONS., MALOOONS.. BODOH MENDOOONIA MEMALUKAN..😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  50. ojo mung trimo kcr terus, kudu ono peningkatan

    BalasHapus
  51. Ekonomi MALONS MENGUNCUP.. otak mereka pun ikut2an MENGUNCUP... bwhahahahahahhahahahahhaa...

    SALAM MALONS MENGUNCUP... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  52. lha tot pkr londo wingi piye, mosok raono ilmu sek kecantol, pokoke kudu maju pal

    BalasHapus
  53. jokowi ojo pe;it-pelit, gek order frigat neng pal, jo ngurusi mebel wae

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mebel sdh diurus pihak keluarga toh mas. 😁 😁

      Hapus
  54. bwahahhahahaha,,,, yuhuuuuuu.. MALOOONS LOW IQ MENGUNCUP.. mari kita mulai lagi ujian nasional..!! kahkahkahkahkahkah.. 😅😅😅👇👇👇

    BalasHapus
  55. gek blusukan pal, order frigat 6.000 ton 12 wae, joss kui, jenenge poros maritim dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iver sign contrak

      https://jakartagreater.com/272084/indonesia-tandatangani-kontrak-pembukaan-untuk-fregat-iver-huitfeldt/

      Hapus
    2. kui gur apus apus, urung tenanan, kudune ono sek jenenge cuting steel, gek ndang gelak perang

      Hapus
    3. Kebiasaan kita selalu begitu mas bro. Lambret. Seakan2 TNI AL itu gak punya database. Harusnya TNI AL ini sdh punya rencana pake system apa. Nah tinggal nentuken platformnya. Update sedikit2 bolehlah. Imi kok kewalik yo. Akhirnya muter2 gak karuan. Makan waktu.

      Hapus
  56. Mas smiling, wes tho..dinikmati wae.

    😂😂😂😂😂😂

    Hwekekekeek..
    😂😂😂😂

    BalasHapus
  57. Dikawasan negara mane yg tak punya Marines..??? kahkahkahkahkah..

    A. MALON
    B. Timur Leste
    C. Papua Nughini..
    D. Semua benar

    Sila jawab yg benar ye..!! MALONS LOW IQ pon boleh ikut jawab kok.. kahkahkahkahkah..

    BalasHapus
  58. frigat dilengkapi 16 vls manteb, ayo gek ndang tuku

    BalasHapus
  59. Dikawasan negara mane yg tak de LPD..?

    A. Laos
    B. MALONS
    C. Papua Nughini..
    D. Semua benar

    Sila jawab yg benar ye..!! bwahahahhaa.. LEMAAAHH.. LEMAAHHH..😂😂😂

    BalasHapus

    BalasHapus
  60. 2020 kudu tuku frigat nek ora berarti ra due duit, bokek

    BalasHapus
  61. doktrine kog raono perang dalam 20 tahun, digeguyu china karo uastrali, mbok yo mikire ojo cupet ngono to jok

    BalasHapus
  62. Dikawasan negara mane yg tak punya SPH..?

    A. Sri langka
    B. Timor leste
    C. MALON
    D. Semua benar


    MISKIN DAN LEMAH tiada berpisah..kahkahkah.. 😂😂😂😂😁😁😁😅😅

    BalasHapus
  63. Dikawasan negara mane yg tak punya heli attack ..?? kahkahkah.. 😂😂😅😅

    A. MALON
    B. Timor Leste
    C. Papua Nughini
    D. Semua benar

    anggota Miskin klub .. bwahahahhaa

    BalasHapus
  64. Dikawsan negara mane yg tak mampu bina senapang.,??? 😅😁😁😁😂..

    A. MALON
    B. Timor leste
    C. Papua Nughini.
    D. Semua benar

    Negara2 LOW IQ tiada berpisah..bwahahhahaha.. 😂😂😂😂

    BalasHapus
  65. Dikawasan negara mane yg suka jaga BUCKHINGHAM PALACE setiap tahunnya..?? kahakahkahkahkah.. 😂😂😂😅😅

    A. Papua Nughini
    B. Sri lanka
    C. MALON..

    Sama2 negara persemakmuran,, tapi ada satu negara yg jadi BABU kesayangan nenek Elizabeth.. bwhahahahahhaahahahahhahaa...

    BalasHapus
  66. Dikawasan negara mane yg klaim negara tamadun islam tapi punya tempat judi dan pelacuran terbesar di ASEAN..?? bwahahahahaha..😁😁😁😂😂😂😅😅😅

    A. MALON
    B. Brunei
    C. Singapura

    Maluuuuu Oooyyyy..!!kahkahkah

    BalasHapus
  67. Dikawsan negara mane yg BODOH LOW IQ gagal membuat KAPAL SALAH POTONG..?? bwahahhahaha..😂😂😂😅😅

    A. MALON
    B. Timor leste
    C. Papua nughini..

    LOW IQ Mendooonia.. kahkahkahkahkah

    BalasHapus
  68. Boustead level Enginer bina Sampan




    Galangan Sampan Tempatan 😂😂😂😂

    BalasHapus
  69. Dikawasan negara mane yg askarnya bangga jadi anjing penjaga gate penjajahnya,,?? kahkahkahkahkah..

    A. Kamboja
    B. Laos
    C. MALON..

    bwahahahahhaa..😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  70. Dikawasan negara mane yg menhannya sendiri cakap kalau militernya terlemah di ASEAN..?? bwahhahahahahha.. 😂😂😂😂

    A. Kamboja
    B. Timor lete
    C. MALON.

    kahkahkahkah.. sekelas menhan angkat bendera putih = Negara Gagal.. Fact..😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  71. Enginer boustead idiot sering makan nasi lemak otak berlemak, sering minum sawit otak berminyak


    Kah kah kah kah 😂😂😂😂

    BalasHapus
  72. Dikawasan negara mana yg selalu dibully jiran2nya..?? kahkahkahkahkah..

    A. MALON
    B. Brunei
    C. Singapura..

    😂😂😂😂😅😅😁

    BalasHapus
  73. Dikawasan negara mane yg 2 kali pilotnya ejject kat hanggar..?? bwahahhahahaha.. memalukan sangaaaatt.. 😂😂😂😂😅😅😅

    A. Papua Nughini
    B. MALON
    C. Timor leste..

    Again.. LOW IQ yg mendoonia.. Kahkahkahkahkah.,

    BalasHapus
  74. Dikawsan negara mane yg belum MERDEKA..?? kahkahkahkah.. 😂😂😂

    A. MALON
    B. Kamboja
    C. Papua Nughini..

    MERDEKA SEWA,, Sabar ye mesti tunggu 999 tahun.. bwahhahahahahhaa..😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  75. Dikawasan negara mana yg menterinya ngemis LOAN dengan nama PANDA BOND dan SAMURAI BOND..??? bwahahhhHHhaa.. 😂😂😂😅..

    A. MALON
    B. Papua Nughini
    C. Timor Leste..

    kahkahkahkahkahkah...

    BalasHapus
  76. Segenap Jajaran Mulai dari Presiden sampai dengan Gembel yang ada di Kerajaan ESWATINI mengucapkan

    "WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWK"

    atas ulang tahun ke-8 LCS Merogolela di darat semoga makin karat ompong dan Salah fotong 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  77. Hahahaha ... Saya X mahu memberikan komentar saat ini kerana betol-betol menimkmati begitu banyak "beruk" melampiaskan "oatriotisme" nya ..

    Ayo terus "gelorakan" semangat "narcisme" itu untuk kemudian dilanjutkan dengan "mimpi basah" di waktu tidur malam hari....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4°14'22.48" N 100°36'15.40" E

      Hapus
    2. Salam malon mimpi basah belharra 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. bwahahahhahahahhahaa... ada seekor MELAYU MALONS BODOH mental koyak jelous...😂😂😂😂😂😂😂👆👆👆.. mantaaaaapppp..

      Yuhuuuuuuuuu.. MALOOONS BODOH MENGUNCUP... Kahkahkahkahkahkah...

      Hapus
    4. Nikmati sambil menatapi museum maharogolela.....enginer idiot level bina sampan ��������

      Hapus
    5. Malon menguncup, jauh dari patriotisme.. Merdeka ja belumm... Sila merenungi nasib kerajaan grade A mu beruk malays..😂😂😂

      Hapus
  78. Dikawsan negara mane yg nak jual pulau utk bayar hutang ke China..??? kahkahkahkahkah..

    A. MALON
    B. Laos
    C. Brunei

    bwahhaHhahaha., SI MISKIN MENDOOONIA..,😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  79. Dikawasan negara mane yg jual proton ke Geely China..?? bwahahhahahaha.. 😂😂😂😂😅😅

    A. Kamboja
    B. Papua nughini
    C. MALON

    KERETA TIN MILO TAK LAKU = Bangkraps.. kahkahkahkahkah..😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  80. Dikawsan negara mane yg jual air ke singapura lebih murah daripada jual ke rakyatnya sendiri..?? kahkahkahkahkah.. 😂😂😂😂😂😅😅

    A. MALON
    B. Thailand
    C. Vietnam..

    MENIKUS DIKAKI SINGAPUR.. LEMAAAHH.. LEMAAAHH.. bwahahhahahahahha..😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  81. Dikawasan negara mane yg punya Sukhoi MKM tapi cuma 4 bijik yg mampu terbang kerana miskin dan SDM LOW IQ.??? bwahhahahahhahaa..

    A. MALON
    B, Timor leste
    C. Sri lanka.

    kahkahkahkahkah.. memalukan sangaaattt., 😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  82. Dikawasan negara mane yg dibully Singapura di Tuas dan pulau Batu puteh..?? kahkahkahkahkah..

    A. Timor leste
    B. Papua Nughini
    C. MALOOON.

    bwahhahahahhahahaa.. si bodoh dan lemah selalu kena bully...😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  83. Dikawsan negara mane yg askar beserta kapal2nya lari tercirit2 diancam KOPASKA Indonesia..?? bwahahhahahahahhaa..

    A. Papua Nughini
    B. MALON
    C. Timor leste.

    kahkahkahkahkah.. yuhuuuuu.. MELAYU MALONS LOW IQ.. 😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  84. TEST HELICOPTER CHINOOK YANG DISEWA BNPB

    https://www.youtube.com/watch?v=Xbwsh_azd64

    BalasHapus
  85. Dikawasan negara mane yg 35% jantannya mengalami gangguan seksual A.K.A LGBT A.K.A MAHO..??? bwahhahahahha..

    A. MALON
    B. Brunei
    C. Kamboja

    kahkahkahkahkah.. MEMALUKAN SANGAAATT..😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  86. Dikawasan negara mane yg tak mampu membuat sebijik pun peluru...??? wakakkakakakakakkaa.,,

    A. Kamboja
    B. MALON
    C. Papua Nughini
    D. Semua benar

    bwhahahahhahahahaa... negara2 LOW IQ MENDOOONIA...L 😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  87. Dikawsan negara mane yg betinanya suka sangat dengan MAT BANGLA karena serupa Shah Ruk Khan..??? wakakakkakakakakkakaka..

    A. MALON
    B. Singapur
    C. Kamboja

    jantan diorang macam beruk.. otak LOW IQ Mulot sahaja yg lebar macam pantat babi., bwahhahahahahhahaa., memalukan sangaaaatt.,,😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  88. Dikawasan negara mane yg diserbu 10 juta imigran BANGLA..??? bwahhahahahaha

    A. Kamboja
    B, Laos
    C. MALON

    Fix.,, 5-10 tahun BANGLA akan beranak pinak tambah 20 juta karena wajah macam shah Rukh Khan.. kahkahkahkahahkah,,. 😂😂😂😂

    BalasHapus
  89. Dikawsan negara mane yg PM nya cakap kalau Melayu itu pemalas tak de otak LOW IQ plus tak punya malu kalau TAK BAYAR HUTANG..?? bwahahhahahahhahaa..

    A. MALON
    B. Brunei
    C. Singapur

    wakkakakakakkakakaa... grade A konon.. 😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  90. Dikawasan negara mane rakyatnya banyak yg stres berat karena 10 tahun tak pernah shooping2 aset militer,,. ??? wakakakkakakakaka

    A. MALON
    B. Papua Nughini
    C. Timor-leste

    Bwahhahahahahhahaha.... mental gampang koyak karena sering makan duit haram judi.. FACT.... 😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  91. PT PAL + DAMEN + 3,3T = PKR MARTADINATA FULL COMBATAN
    BNS + NAVAL GRUP + WANG KOPI = MUSEUM KAPAL KEHKEHKEH

    BalasHapus
  92. Galangam Kapal Indonesia PT PAL selalu tepat waktu jika ada proyek...

    Tak cem galangan kapal MALONS BODOH MENGUNCUP.. BASTARD Sdn.Bhd.. hobinya selalu tipu2.. bahkan sultan MELAYU MALONS pon diorang kena tipu... wakakkakakakakkakaka.. MELAYU MALONS MEMALUKAN... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  93. Lebih gilanya lagi.. tuh Sultan MELAYU MALONS tak sedar diri kalau kena tipu.. bwhahahahahhahahahaa.. bodohnyeeeerr,,, 😂😂😂😂😂😂😂

    Ini sekelas Sultan pon gampang kena tipu.. apalagi rakyat MALONS yg bodoh2 mental gampang koyak hati tisu.. wakkakakakakkakaa.. mantaaaapp..

    yuhuuuuu.. MALOOONS BODOOOOHH... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  94. Bayangkan mau ditaruh dimana tuh muka SULTAN MALONS..??? akakakakkakakaka...

    Ceremony judulnya "LAUNCHING KAPAL".. sudah mengundang wartawan supaya nampak jaguh dan mendoooniaa., Plus persiapan 3 BALON KONENG.., kahkahkahkahkah..

    Eeeeehhh.. last2 cuma Ceremony tipu2.. FAKTANYA.. engine pon belum dipasang plus kipaaass.. manaaa kipaaaass.,,??? bwhahahahhahahahahhahaha..

    BODOOOOHNYAA MELAYU MALONS MENGUNCUP... MEMALUKAN..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  95. Manusia perahu Rohingya bina bot kayu cukup 1 hari cecah air langsung ada kipas propelernya

    Boustead galangan sampan bina kapal 7 tahun wang habis RM 9 billion tak ada satupun cecah air akibat enginer idiot salah potong level bina Sampan


    Kah kah kah kah 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucu kali ya klo Boustead mengharap TOT dari manusia perahu Rohingya supaya LCS nya bisa sgera cecah air.. 😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Rohingya lebih pintar dari pada enginer Boustead


      😂😂😂😂😂

      Hapus
  96. Maluuuu weeeyyy ngan BANGLA.. bwhahahahahhahahaa.. MALOOOONS... MALOOOONS.,, 😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  97. Yg namanya launching kapal itu minimal ada Engine dan kipas yg sudah terpasang plus ada radar utama.

    Laaaahh ini MALOOONS BODOH..??? wakakakkakakakakkaka.. gelak sangaaaattt..

    Sudah gitu mereka tak punya malu klaim kapal paling canggih dan digeruni di Kawasan.. padahal engine dan kipas pon kena songlap..kahkahkahkahkahkah..

    Yuhuuuuuuu.. MELAYU MALONS BODOH..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  98. Kalau saya jadi PM Mukidin nak datang ke boustead nak jejerin direktur insinyur enginer sampai ofice boy yg ada di boustead, saya jambak nak tempeleng satu satu sambil terak "DASAR GOBLOK DI SURUH BINA KAPAL MALAH BINA MUSEUM"




    BalasHapus
  99. Dengan fakta2 seperti itu.. mereka telah kena prank Teruk oleh galangan kapal mereka sendri.. MELAYU MALONS BODOH harus memilih beberapa pilihan pahit.. wakkakakakakkakaa..

    1. 2 kapal boleh diselamatkan asal tambah biaya.. jadi sebijik kapal korvet tu nantinya seharaga satu unit Destroyer Arleigh Burke Class.. kahkahkahkahkah.. kesiiiiiaann MALONS BODOH..

    2. Semua kapal dapat diselamatkan tapi dibuat langsung oleh galangan prancis,.. plus harus tambah biaya setara separuh dari seluruh total biaya pembuatan kapal.. wakakkakaka teruuuukk.. teruuuukk..

    3. pilihan yg sangat berat.. namun bisa dilaksakan mengingat ekonomi MALONS yg teruk MENGUNCUP MINUS 17%.. 😂😂😂😂😂😂. Pilihannya adalah menscrap semua kapal menjadi potongan2 baja kecil.. nnnnaaahh.. duit yg didapat dari potongan2 baja ini lumayan buat lepak2 dan makan NASI LEMAK di kedai.. bwhahahahhahahahahhaha


    Yuhuuuuuuu.. MALOONS BODOH MENGUNCUP...😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  100. Dimana neh Genk NASI LEMAK MALONS MENGUNCUP...??? Mental koyak sambil menangis dibucu katil ke..??? bwahhahahahahhahahaa.. mantaaaaapp..😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  101. "ISIS digajul karo Houthi's.......😂😂😂"

    https://twitter.com/Ibra_Joudeh/status/1297530761319522304?s=20

    BalasHapus
  102. Yuhuuuuuu.. MELAYU MALONS.. kau baca baik2 tuh artikel diatas..!!!! 😂😂😂😂.

    Program PT PAL Indonesia sangat jelas dan terstruktur demi kemajuan bangsa Indonesia kedepan.

    Sedangkan galangan kapal MALONS..??? kahkahkahkahkahkah.. otak diorang isinya cuma "Gimana bisa menipu Sultan MALONS dengam program2 baru ya..???".. bwahhahahahahhahahahahaa..

    Sorry ye.. Bangsa(t) MALONS sudah tertinggal jauuuuuuuhhhh... tertinggal 30 tahun dari Bangsa nusantara Indonesia.. mantaaaaappp.. akakkakakakkakakaka..😃😃😃😃😃😃😃💪💪💪💪💪💪

    BalasHapus
  103. GANG MALON.. KAMI RINDU DENGAN BUAL DAN SEMBANG KALIAN
    INI BLOG MILITER ...
    TAPI KAMI HENDAK DENGAR LAGI CERITA MALON BAGI SEMBAKO...LOL

    BalasHapus
  104. https://www.facebook.com/181276675314017/posts/2923180037790320/

    Indonesia akan beli F16 Norwegia

    BalasHapus
  105. kesiaan MELAYU MALOONS.. lagi2 oena bully forumer Indonesia... bwahhahahahahhahahahaa.. mantaaaapp.. 😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  106. Mimpi MALONS dengan mulot besarnya selalu teriak2 LCS KD SALAH POTONG class tercanggih dan paling digeruni di ASEAN,,, kahkahkahkahkahkah..

    Namun FAKTANYA apa sekarang..??? TAIK LEMBU dilempar ke muka yg mereka dapat.. bwahahhahahahhahhahaha.. mantaaaapp..

    Yuhuuuuuuu.. MELAYU MALOONS BODOOHHH..😃😃😃😃😃😃😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  107. Bahkan sebodoh2nya Mat BANGLA tak pernah sembang besar namun hakikatnyan kosong bagai tin milo macam MELAYU MALONS BODOH.. FAKTA., bwahhahahahahhahaa..

    Berarti nih MELAYU MALONS lebih teruk dari Mat BANGLA dari segi kebodohan.. wakkakakakakkakakakaa..

    kesiiiiaann MELAYU MALOONS BODOH.., 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  108. Nih akibatnya jika kebanyakan hisap DADAH dalam jamban.. plus suka makan wang haram dari cukai judi, alkohol, dan pelacuran.. FAKTA.. wkakakakakkakakakakakaka..

    Akibatnya seperti MELAYU MALONS... mental diorang lemah sangat gampang koyak jika melihat jiran2nya selalu shooping2 aset military canggih dibanding negaranya MALONS yg miskin setaraf Somalia.. bwhahahahahhahahahahhahahahhahaa... mantaaaappp..MALOOONS., MALOOOONS... 😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  109. Yuhuuuuuu.. MELAYU MALOOONS.. coba dong sebutkan disini list belanja aset military MALONS selama 10 tahun kebelakang..!!!!

    penasaran sangaaaattt... pliiiiss bagi tahu ya wahai MALONS..!!! wakkakakakkakakkakakakaa..

    Tak apa tak apa.. Belanja kecik2 macam handy talky, kasut tentera pon boleh dicantumkan.. daripada tak de satupun.. bwahhahahahahhahahah.. 😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  110. SALAM OSPREY 8 bijik mantab haha!🤑🤑🤑

    SALAM OSPREY 8 bijik mantab haha!🤑🤑🤑

    SALAM OSPREY 8 bijik mantab haha!🤑🤑🤑

    SALAM OSPREY 8 bijik mantab haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
    Balasan
    1. siram pake link ommpal...!!! bwahhahahahaha.. biar basah kunyup tuh MALONS BODOH MENGUNCUP.. 😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. SALAM MENGUNCUP om bagaz haha!🌽🌽🌽

      Hapus
  111. Indonesia dengan semua progresnya menuju menjadi negara Industri yg maju pada th 2045.. xixixiixixixi..

    Sementara MALONS..??? wkakakakakkakakakkakaka.. tetap NASI LEMAK yg mendoooooniaa... bwahhahahahahaa..

    yuhuuuuuuuu.. MALOOONS BODOOOH...😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  112. asyiiiiiiikk... Mental MELAYU MALONS telah koyak paraaahhh.. akakakakakakkakakakaa... mamtaaaaappp..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  113. pt pal kerjaan full...hore haha!👏👏👏

    smentara BNS,
    KOSONG!
    SEPI!

    gak ada yg bisa dilihat disini,

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Nothing To See Here
    https://www.malaysiandefence.com/nothing-to-see-here/

    BalasHapus
  114. Nyamook v. 2
    Vitabibirapi..
    Radar yellow baloon..
    Tamingscudsari..


    👆👆👆..COPAS komen om J.Jaka diatas.. bwhahahahahhahahhaa..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    sumpah gelak sangaatt.. wakkakakakakakkaka..betul ke wahai MALONS LOW IQ rudal Tamingsari menjadi TamingSCUDsari..???bwahhahahahahhahzhaa.. kahkahkahkahkahkah..

    singapura, Destroyer China, Nelayan Nguyen perlu hati2 nih.. jangan sampai membuat marah askar bersarong MALOONS.. wakkakakakakakkakakaa..

    MALOOONS.. MALOOOONS.. BODOH MENDOOOONIA..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  115. Ninggal sandal nunggu gempurwira 😀

    BalasHapus
  116. Kepada ketua WHO urusan Corona Cabang ASEAN...Mr Gempurgila di permulakan update nya


    Kah kah kah kah kah 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  117. Belum hebat kalau belum bisa bikin frigate

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. apalagi kalo belum bisa bikin mpe mpe kapal selam

      Hapus
    2. Masa dar...viet bs bikin fregat ga dar...hahaha

      Minum obat dar biar sehat,hahaa

      Hapus
  118. Malon menguncup, jauh dari patriotisme.. Merdeka ja belumm... Sila merenungi nasib kerajaan grade A mu beruk malays..😂😂😂

    BalasHapus
  119. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  120. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  121. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  122. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  123. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  124. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  125. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  126. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  127. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  128. Poor gempoor, Changbogo batch 2 siap di rakit lagi poor. Tanpa wang muka pulak poor... Cinta betul Korea dengan Indonesia poor...

    Malon kemana poor?? Menguncup tegar poor...wkwkwkwk...

    Eh poor... IFX lagi laju poor.. Malays PTM 6 Gen sdh sejauhmana brocurenya poor..wkwkwk.😂😂😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus