13 Agustus 2020

Tank Medium Pindad-FNSS Masuk Opsi Pengganti MBT Ceko

 13 Agustus 2020

Tank produksi Turki-Indonesia di Turki disebut Kaplan MT, di Indonesia disebut Harimau Hitam, di beberapa media sering disebut MMWT (modern medium weight tank) (photo : Daily Sabah)

Pada tanggal 06 Agustus 2020 yang baru lalu di media online Republik Ceko "CzDefence" muncul artikel berjudul Tanková alternativa pro Armádu České republiky tulisan dari David Khol yang berisi tentang alternatif pengganti tank tempur utama (MBT) Republik Ceko yang saat ini terdiri dari 116 MBT T-72 buatan Uni Sovyet yang harus dilakukan penggantian.

30 unit diantara tank T-72 Ceko tersebut telah dilakukan upgrade menjadi Tank T-72M4CZ, namun hanya sebagian kecil saja dari tank ini yang dapat beroperasi. Wacana untuk penggantian MBT ini telah muncul sejak tahun 2018 lalu namun studi menunjukkan keefektifan program penggantian MBT ini dengan MBT baru bagi Angkatan Bersenjata Republik Ceko (Czech: Armáda České Republiky/ACR).

Dalam kajiannya kandidat pengganti yang muncul adalah MBT Leopard II (Jerman) dan K2 Black Panther (Korea Selatan), kedua tank ini dinilai sukses namun juga mahal, sehingga opsi lain yang muncul adalah mengakuisisi Tank Medium.

Bubarnya negara Uni Sovyet pada tahun 1991 diikuti dengan bubarnya pakta pertahanan Pakta Warsawa pada tahun tersebut. Kemudian Republik Ceko dan Republik Slovakia berpisah menjadi 2 negara pada tahun 1993. Negara-negara eks Pakta Warsawa kecuali Rusia akhirnya semuanya masuk menjadi anggota NATO, demikian juga Ceko pada tahun 1999 dan Slovakia pada tahun 2004.

Tank T72 Ceko (photo : CzDefence)

Angkatan Darat Ceko sekarang sedang menata diri, seiring dengan keputusan bergabung dengan NATO pada tahun 1999, maka peralatan dari Blok Timur pelan-pelan mulai dilakukan pergantian. Program yang sedang berjalan adalah penggantian SPH 8x8 DANA dengan Caesar SPH serie 8x8 serta penggantian IFV roda rantai (dalam istilah Ceko IFV ini adalah BVP) BVP-2 yang memunculkan kontestan CV90, Puma, ASCOD dan Lynx.. Untuk APC dan IFV beroda ban, Ceko telah menggunakan produk GDELS Pandur II yang telah diproduksi secara lokal.

Tank medium adalah kategori yang relatif sulit untuk didefinisikan. Perkembangan konsep tank medium sebagian besar bersifat historis, dan mencerminkan pengalaman Perang Dunia II, yang menunjukkan perlunya satu tank universal. Namun, jalan ke sana berbeda. Sedangkan di negara-negara Barat (AS, Inggris Raya, dll.) Perkembangannya secara bertahap mengarah pada pengembangan kategori yang biasanya disebut MBT (tank tempur utama), di bekas Uni Soviet dan blok Soviet situasinya agak berbeda. Di sini, juga, pengembangan menghasilkan satu tipe universal - tank medium. Namun, selalu terjadi bahwa tank medium blok Timur secara signifikan lebih ringan daripada MBT blok Barat. Misalnya, tank M-60 Amerika memiliki berat lebih dari 52 ton, sementara pada saat yang sama tank medium Soviet T-55 berbobot 36 ton. Harus dikatakan bahwa pada tank medium blok Timur, ada tren peningkatan bobot yang jelas, misalnya, tank T-72 sudah berbobot 41 ton.

Dengan cara yang sama, tank medium modern, meskipun secara signifikan lebih ringan dari MBT, pada dasarnya berbeda dari tank ringan, meskipun saat ini peringkatnya agak salah. Sebaliknya, tank ini jauh lebih berat, misalnya, tank ringan klasik PT-76 memiliki berat 14 ton, tank medium modern memiliki berat lebih dari 30 ton (dan dengan demikian sebanding dengan, misalnya, T-55 yang telah disebutkan). Tank medium modern juga memiliki persenjataan yang lebih berat dan lebih kuat yang terdiri dari meriam 105 atau 120 mm, jadi dalam daya tembak mereka hampir sama dengan MBT (namun mereka memiliki lapis baja yang jauh lebih lemah). Tank medium berbeda dari tank ringan dalam tujuannya. Oleh karena itu, tank medium mewakili kategori teknologi tank yang benar-benar unik dan oleh karena itu harus dipahami.

Tank T72 M4CZ Ceko (photo : Matous Soukenka)

Tank medium saat ini

Tank medium saat ini menjadi terkenal sampai batas tertentu, ada minat yang berkembang di dalamnya. Dan orang bahkan bisa berbicara tentang semacam kebangkitan kembali tank menengah.

Kembalinya tank medium ini sampai taraf tertentu merupakan reaksi terhadap perkembangan keseluruhan di bidang teknologi tank, terutama MBT. MBT modern, seperti tank M-1 Abrams, Challenger atau Merkava, sangat berat. Berat mereka biasanya melebihi 60 ton - dan dalam kasus penerapan baju besi tambahan, itu bisa naik menjadi lebih dari 70 ton! Dengan bobot setinggi itu sangat membatasi penggunaan tank-tank ini, dan di beberapa medan tank tidak dapat digunakan sama sekali. Kerugian dari tank-tank ini adalah kemampuan transportasi udara yang terbatas. Selain itu, perlu dicatat bahwa penambahan bobot ini juga berlaku untuk tank Rusia dan China paling modern. Oleh karena itu, ini merupakan tren umum, dan tidak ada indikasi bahwa para desainer akan dapat mengurangi bobot MBT secara lebih signifikan dalam waktu dekat.

Kerugian dari MBT modern juga harganya yang mahal, mendekati 10 juta USD untuk satu tank. Hal ini akan mempersulit akuisisi MBT baru bahkan untuk negara kaya.

Dengan cara yang sama, kebangkitan minat pada tank medium juga merupakan reaksi atas kekurangan tank ringan. Karena persenjataan mereka yang lemah (biasanya meriam 76-85 mm) dan tingkat perlindungan lapis baja yang rendah, mereka tidak lagi memenuhi persyaratan pertempuran modern, dan oleh karena itu konstruksi baru tank ringan hampir tidak ada. Maka, tank menengah tampaknya merupakan kompromi teknis yang cocok untuk banyak pasukan.

Tank medium Turki-Indonesia MMWT (photo : FNSS)

Untuk alasan ini, beberapa tank medium yang secara teknis menarik telah dibuat baru-baru ini. Salah satu tank medium paling modern adalah tank MMWT, yang merupakan hasil proyek gabungan antara perusahaan Turki FNSS dan perusahaan Indonesia Pindad.

Tank MMWT sepenuhnya sesuai dengan gagasan tank menengah. Bobotnya 32 ton, kira-kira seperti tank T-34 pada Perang Dunia Kedua. Meskipun bobotnya relatif rendah, tank MMWT dicirikan oleh perlindungan lapis baja yang layak, yang harus mencapai Level 5 menurut standar STANAG 4569 setelah penerapan lapis baja tambahan (yang sesuai dengan perlindungan BVP yang berpartisipasi dalam tender di Ceko).

Persenjataan tank MMWT terdiri dari meriam Cockerill HP 105 mm - kaliber yang sama dengan MBT Barat yang lebih tua. Namun, kerugian tertentu adalah pasokan amunisi yang relatif sedikit, hanya 16 buah. Sebaliknya, keunggulan tank MMWT adalah pemrosesan teknis tingkat tinggi dan penerapan teknologi barat modern.

Tank MMWT akan segera masuk ke dalam persenjataan tentara Indonesia (tidak diketahui  apakah tentara Turki akan juga memakainya, tetapi hal itu tidak dapat dikesampingkan). Namun, hari ini, negara lain telah menunjukkan minat pada tank  MMWT. Jadi semuanya menunjukkan bahwa tank MMWT memiliki masa depan yang cerah di depannya.

Dan bahkan dapat dikatakan bahwa tangki MMWT merupakan jenis konstruksi perintis, yang menunjukkan jalan ke tank menengah lain yang dirancang serupa.

Norinco VT-5 (photo : Reddit)

Tank medium modern lainnya adalah tank China tipe VT-5. Jalur menuju tank VT-5 sampai batas tertentu mirip dengan jalur menuju tank MMWT. Militer China, yang beroperasi di medan yang sulit, merasa membutuhkan tank yang lebih ringan dari tank Tipe 96 atau Tipe 98  (miniatur tank T-54 dengan berat sekitar 20 ton). Namun, secara signifikan, China menarik diri dari desain yang sangat ringan ini - dan beralih ke konstruksi tank medium yang jauh lebih berat.

Karenanya, beberapa waktu lalu, China memperkenalkan tank VT-5 (disebut juga ZTQ-15). Tank VT-5 memiliki desain yang cukup klasik, dan kita bisa mengamati ciri-ciri tank China modern. Namun, dibandingkan dengan tank-tank lain, VT-5 memiliki bobot yang berbeda, yang bervariasi antara 32-35 ton, tergantung pada tingkat perlindungan lapis baja. Oleh karena itu praktis mempunyai berat yang sama dengan berat MMWT. Persenjataannya sangat mirip, terdiri dari meriam 105 mm, yang berasal dari meriam L7 yang legendaris.

Ekspansi yang signifikan juga bisa diharapkan untuk tank VT-5. Tank VT-5 telah diperkenalkan dalam jumlah besar oleh tentara China sendiri - dan tank-tank ini sangat dihargai di sini. Selain itu, tentara Bangladesh sudah memesan tank VT-5. Dan dapat diasumsikan bahwa negara berkembang lainnya, yang fokus pada kerjasama dengan China, juga akan tertarik dengan tank VT-5.

Medium tank Griffin II (photo : militaryleak) 

Perkembangan tank medium di AS sangat menarik. Militer AS mencari pengganti tank ringan  M-551 Sheridan yang beratnya tidak melebihi 20 ton, yang merupakan batas yang diberikan oleh kapasitas angkut pesawat C-130.

Tank Stingray dengan meriam 105 mm, dan memenuhi batas berat 20 ton namun memiliki  tingkat perlindungan lapis baja yang rendah. Kemudian tank ringan M8 AGS dalam proyek FCS, berakhir dengan hal sama bahwa tidak mungkin membangun tank seberat 20 ton, yang memiliki persenjataan yang sesuai (meriam setidaknya 105 mm) dan perlindungan lapis baja yang diperlukan.

Patut dicatat bahwa militer AS terus berupaya untuk mendapatkan tank yang lebih ringan dari tank M1 Abrams. Namun, perhatian telah bergeser dari tank ringan ke kendaraan lapis baja yang lebih berat dan lebih baik, yang mampu bertindak sebagai kendaraan pendukung tembakan langsung divisi infanteri - secara de facto-nya adalah tank medium. Hasilnya adalah proyek MPF. Perusahaan BAE Systems berpartisipasi dengan tipe ELT (modernisasi dari M8 AGS) yang beratnya mencapai 23,6 ton dan perusahaan GDLS dengan tank Griffin seberat 28 ton, masing-masing menggunakan sasis kendaraan ASCOD, versi Inggrisnya Ajax.

Secara signifikan, kedua jenis kendaraan ini melebihi batas 20 ton. Meski demikian, mereka ditolak. Proyek MPF akhirnya dimodifikasi karena tingkat perlindungan lapis baja yang lebih tinggi diperlukan, bahkan harus dibayar dengan kenaikan bobotnya - batas 32 ton disebutkan. GDLS menanggapi dengan memperkenalkan Griffin II.

Tank medium Griffin II sangat berbeda dari pendahulunya. Bobotnya mencapai 38 ton, dan dengan demikian melebihi batas 32 ton karena adanya perlindungan lapis baja tambahan. Perubahan signifikan telah mempengaruhi sasis, yang hanya mirip dengan tipe ASCOD. Persenjataan tank Griffin II terdiri dari meriam 105 mm jenis M68A2 yang dipakai pada varian Stryker. Ini adalah kaliber 105 mm yang disukai oleh Angkatan Darat AS.

Hal yang juga penting bahwa proyek MPF mendapatkan prioritas yang lebih tinggi dan pendanaan yang diperlukan - dan tank pertama harus tersedia paling cepat 2026. Ini juga menunjukkan betapa pentingnya tank-tank ini bagi militer AS.

Selain tiga tank medium ini, ada juga kendaraan serupa, dibuat berdasarkan BVP yaitu CV-90 105/120 dan ASCOD 105/120, yang dipersenjatai dengan meriam 105 atau 120 mm. Kerugian besar dari jenis-jenis ini adalah, bagaimanapun ruangan interiornya dirancang dengan tidak sesuai, dimana awalnya ditujukan untuk tujuan yang sama sekali berbeda. Bagaimanapun kedua jenis kendaraan ini akhirnya tidak berhasil secara komersial. Sebaliknya, tipe MMWT atau VT-5 yang didesain dari awal sebagai tank jelas jauh lebih baik.

Tank medium Griffin II uji menembak (photo : GDELS)

Bagaimanapun, dapat dinyatakan bahwa saat ini ada tiga proyek tank medium, yang dicirikan oleh sifat yang sangat mirip - meriam 105 mm dan berat antara 32-38 ton. Dan mengingat bahwa dua dari tank ini dibangun di negara-negara adidaya dunia (AS, China) dengan pengaruh yang cukup besar di negara lain, jelas bahwa tank medium memiliki masa depan yang cukup baik. Tank medium jelas tidak hanya dapat menjadi pengganti tank ringan yang lebih tua dan tidak sesuai lagi, tetapi juga dapat menjadi alternatif untuk negara yang tidak mampu membeli MBT yang berat dan mahal.

Bagaimana dengan Republik Ceko?

Akuisisi tank medium baru bisa menjadi jawaban yang cocok untuk keadaan Ceko saat ini, daripada mengandalkan T-72M4CZ yang dimodernisasi dengan kemampuan tempur bermasalah. Meski saat ini tank-tank tersebut sedang menjalani revitalisasi, terlihat jelas kondisi tersebut tidak ideal. Oleh karena itu, pertanyaannya adalah apakah masuk akal untuk mempertahankan T-72 dan memimpikan beberapa MBT modern - atau membeli tank medium. Harga baru tank medium juga tidak murah, meski demikian, harga beli tank medium saat ini akan lebih rendah dari harga MBT. Dibandingkan dengan MBT, tank medium juga memiliki karakteristik konsumsi bahan bakar yang jauh lebih rendah dan biaya pengoperasian yang lebih rendah secara keseluruhan, yang semakin meningkatkan keuntungan ekonomisnya.

Selain itu, kendaraan AVLB, ARV, dan kendaraan engineering lainnya yang sama akan dapat melayani kedua tipe kendaraan tank dan BVP, juga tank medium yang relatif ringan memiliki kebutuhan infrastruktur transportasi yang lebih rendah dibandingkan MBT.

Kerugian dari tank medium dibandingkan dengan T-72 yang ada adalah tingkat perlindungan lapis baja yang lebih rendah. Namun, karena penggunaan material modern dengan bobot yang sedikit lebih rendah, perbedaan ini mungkin tidak terlalu besar. Selain itu, dapat dikompensasikan dengan menggunakan elemen perlindungan aktif.

Tank tipe VT-5 dari China secara politis jelas tidak dapat dilalui, sedangkan tank tipe MMWT dari Turki-Indonesia memerlukan konstruksi politik yang agak rumit. Tank tipe MPF dari Amerika akan sepenuhnya bebas masalah. Selain itu, tank MPF merupakan proyek yang masih berjalan, dan produksinya serta kemungkinan ekspor kira-kira waktunya bertepatan dengan batas tank T-72 dapat digunakan. Tank medium dengan demikian mewakili semacam alternatif yang secara fundamental dapat meningkatkan kemampuan ACR - tepat pada waktunya.

(CzDefence)

327 komentar:

  1. Pertamax.

    Senangnya ada berita baru. Makasih om Admin.

    😁😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. T 72 ORI ja mau di ganti ceko..
      Gmn kabar T 72 KW3...😁😁😁

      Hapus
    2. Pil kuat... Untuk aktivitas pagi🤩

      Hapus
    3. Om Tupez, monkey tank just use by monkey lah 😂

      Hapus
  2. Hanya negara dan netizen yang tolol dan bodoh menganggap tank leopard ugly. Terbukti Ceko memasukan daftar pembelian tank leo. Sedangkan Poland sudah fix tank ganti ke leo kihkih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak disebutkan TANK Kaleng kalong PENDEKAR Malon dalam opsi pengadaan Tank Ceko.

      xixixixixi

      Hapus
    2. Om Essen, just a monkey country want to use monkey tank hahahaha

      Hapus
  3. Kalau cheko jadi beli medium tank (kaplan/harimau) apakah akan beli ke Turki atau Indonesia ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl ga salah pernah baca, untuk pemasaran asia dipegang pindad, untuk eropa ke fnss turki.. (kl ga salah) 😁

      Hapus
  4. Tank STRIDE MALON mana nih?

    id.ompong, Putrajaya, GEMPORKWARIA mana suaranya?

    Konon MALON hebat, ternyata BUAL saja, TOP 5 UNIVERSITIES cuihhh:

    Tank STRIDE UGLY DUCKLING
    PTM GEN 6 cuma sampai MULUT saja
    TAMING SARI IDIOT hanya range 3km

    Jangan lupa pula yang paling haibat...

    LCS SALAH POTONG KELEWATAN OMPONG

    Syabas MALON, dengan bentangan bual pon CHINA pasti gerun, wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Betul-betul akan menjadi mimpi basah tebaru bagi member Indo di sini ...Saya yakin hal ini gak akan terjadi ... Checko bisa diamuk sama NATO jika berani melakukan ini ...

    Ingat TNI saja enggan mengoperasikan tank "banci" harimau hitam ini ...lebih bak pilih tank China ... murah, berkualitas dan yang paling pentin dapat pinjaman lunak pula (bisa diangsur hingga 30 tahun) ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup .. Betol itu .. Siapa juga yang mahu beli Tank "Burok" Harimau Hitam itu ... Bahkan negaa bodoh pun seperti Philipina dan Bangla pun X mahu sama sekali ketika ditawarkan ...Dan ni yang paling meyakinkan pembeli dari luar Indon .. TNI pun X mahu dan malu menggunakan tank "Burok" ini untok satuan tempurnya ..

      Mengapa ini bisa terjadi ? Tanyakn saja kepada rumput bergoyang di padang savana sana ya ...

      Hapus
    2. Kalo tni nggak mau make kenapa diproduksi oleh pindad lon

      Hapus
    3. Malon.putrajaya emang TOLOL cuma IRI dan DENGKI

      Hapus
    4. iri bilang beruk, mending kau urus gempita kau yg tak boleh jual yahahaha negara kau lagi kat terkepuruk pun masih nak nguruss negara orang lain memang benar kata netizen malon kalo negara malon tukang kutuk and ngurus negara orang sedang negaranya sendiri tak kau urus awokwokwok

      Hapus
    5. Bla..bla...bla...bilamana tank stride kau yang mendunia itu lon...prototype pun tak nampak...salah pitong lagi krh lon ?? Ato sampai miniatur saja...malon besar cakap doang

      Hapus
    6. Bodo amat,
      Malon menggonggong harimau tetap mengaum,
      Yang penting gk buang2 duit buat heli kecil impoten sama kapal busuk gk berani masuk laut.

      Hapus
    7. Kahkahkah dah sana...ngutang sama china kaya LeMeS
      XD

      Hapus
    8. Buset Phillipines dan Bangladeh disebut negara bodoh oleh malon 🤦🏽‍♂️

      Bener2 ga menghargai orang lain

      Hapus
    9. Wahhh anjing British kayaknya pengen cari majikan baru nihh

      Hapus
  6. SANGAT BERHARAP SUPAYA TANK HARIMAU INI DIPILIH KERANA SUDAH TEWAS DALAM PEMILIHAN TANK BANGLADESH PILIH VT5..DAN PILIPINA PILIH TANK LAIN KERANA PADA DASARNYA TANK HARIMAU INI OKEY AJA WALAUPUN BUKAN PALING ADVANCE

    BalasHapus
  7. Indonesia JV turki bersama2 dalam design , uji tembak, uji ledak dan prototipe
    Berbanding malon sim salabim tampal sticker

    Ini linknya menit 1:27 tertangkap pelaku tampal stickernya

    https://youtu.be/Wxkv83ImHj4

    BalasHapus
    Balasan
    1. VARIANT DASAR PARS HANYA 7..TAPI GEMPITA MALAYSIA ADA 12 VARIANT SEMUA..BERMAKSUD MEMANG ADA VARIANT KHAS YANG DIKEMBANGKAN OLEH KITA SENDIRI

      Hapus
    2. OH JADI COBRA YANG ADA DALAM INVENTORI TNI SEKARANG BUKAN TAMPAL STICKER? TRUN KAPAL TERUS TAMPAL STICKE LOL

      Hapus
    3. Mana link nya indo klaim Pandur buatan anak bangsa??

      Hapus
    4. ELU SEARCH AJA DIYOUTUBE...TURUN KAPAL TERUS DITARUK EMBLEM PINDAD LANTAS DIPANGGIL COBRA...SEHARUSNYA PANDUR YANG ADA DALAM PEGANGAN TNI AD SEKARANG DIPANGGIL PANDUR BUKAN PINDAD COBRA

      Hapus
  8. SAYA BISA BILANG TANK INI CUKUP OKEY JADI PINDAD HARUS MENDAPATKAN TEMPAHAN JIKA TIDAK TIDAK BERABLOI DIBANGUNKAN PALING NDAK TNI AD SENDIRI HARUS ORDER PULUHAN UNIT UNTUK MEMBAYAR KOS TOT...

    BalasHapus
  9. SEHARUSNYA JUGA TNI AD ORDER TANK INI DALAM JUMLAH BESAR UTK GANTI TANK VINTAGE NYA SEPERTI AMX DAN SCORPION

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tni sangat jelli memilih alutsista mana yg layak di belli kualitas harus di utamakan cuma itu terkadang para cukong broker alutsista bertopeng nasiinalis dintambah rusak barang rongsokan di bilang luar bisa hihi hoho aslinya maling triak maling 😁

      Hapus
    2. JADI MAKSUDNYA TANK HARIMAU INI TAK CUKUP BAGUS UTK TNI AD?

      Hapus
    3. https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1195158/kemenhan-pesan-tank-dan-panser-cobra-ke-pt-pindad...ini udah order lon...bertahap lon...emang elu order 6 digarap 2 salah potong cancel pula 🤣🤣🤣

      Hapus
  10. KARENA JIKA TNI AD TIDAK BERANI ORDER BANYAK MEMBERI SINYAL TANK INI TIDAK CUKUP BAGUS

    BalasHapus
  11. Fakta perang kota di suriah mbt tua berat 35 ton buatan rusia sangat bandel murah perawatan .

    BalasHapus
  12. DISAYANGKAN SEKALI AD MALAYSIA TIDAK INCAR TANK INI..KALAU INCAR DAN JADI BELI BARU BISA WNI KOAR2 SAMA WNM..HEHE..ANOA JUGA NGAK JADI BELI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sudah biasa eksport alat militer biasa aja, malon beli CN235 dan convert MPA tunggu hibah dan hanyar ke PT DI kami pun biasa tak koar2

      Hapus
    2. CN235 EMANG DARI PTDI TAPI BUKAN MURNI DARI PTDI KERANA GABUNGAN PTDI DAN SERIKAT LAIN HEHE

      Hapus
    3. Ngincar?mau beli? Gak punya duit saja sok,,maloon malon

      Hapus
    4. Urus aja negara kau lon. Liat itu Negara kau tidak punya budget buat pemeliharaan tank scorpion.

      https://www.indomiliter.com/didera-biaya-pemeliharaan-tinggi-malaysia-bersiap-pensiunkan-tank-scorpion/

      Hapus
    5. Seragam tentara lo aja impor dari Indonesia lon kohkohkoh

      Hapus
    6. Dahlah...m'sia ambik vt5 sahaja lgi baik
      Dapat pinjaman lunak
      Mantap !

      Hapus
    7. Iyalah iyalah...tambah terus hutangmu lon...tinggal dikit tergadai kl 🤣🤣🤣

      Hapus
  13. Jadi ingat tank STRIDE...

    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  14. STRIDE, tank yg meriamnya lembik.

    😂😂😂😂

    BalasHapus
  15. Baru bikin miniatur/model aja meriam STRIDE udah letoy, gimana ntar produk real-nya...

    LoL
    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  16. Pasti ada sekumpulan beruk malassia yang panas setelah baca ini 👉 Salah satu tank medium paling modern adalah tank MMWT, yang merupakan hasil proyek gabungan antara perusahaan Turki FNSS dan perusahaan Indonesia Pindad.

    😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. SALAH SATU MASIH BANYAK YANG LEBIH MAJU SEPERTI VT5, CV90, ASCOD, K21

      Hapus
    2. Paling maju stride ya lon 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Jangan lupakan STRIDE Made on malassia ... Wkwkkwwk

      Hapus
    4. Ambik vt5 mantap bro
      Boleh ngutang...

      Hapus
  17. Kasihan betl nasib Tank "Burok" Harimau Hitam ini dan pembuatnya PINDAD ...Basru sekarang disadari nahka Tank "Burok) ini tidak sebaik para competitornya (dalam segala aspek) ..Tetapi itulah Indon .. X mahu mengakui kebodohannya ,,, Tetap saja menguangi perbuatan bodoh itu berulang-ulang kali ...N219, KCR60 , SS1, SS@, Anoa, KOmodo, Maung adalah bebrapa contok product "gGagal" butan lokal yang X ada satupun peminat dari luar yang membelinya ...

    Jika negara lain mahu belajar dari kesalahan masa lalu untok menjadi lebih baik .. tetapi hal ini X berlaku bagi Indon ... Mereka Terjatuh ke lubang yang sama berkali-kali .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak udah cakap sombong...apa yg sdh malonsial bina selama ini...coba.tunjuk satu saja yg sdh dibina dalam.5 tahun belakangan ini...ayooo tunjuk satu...??
      Maharogol tak cecah air tuch yg malonsial banggakan...vita berahi yg memalukan...atau taming dari yg bida mencapai.planet nemex....kalian malonsial yg bodoh tak.mau belajar jadi baik...cakap sombong tapi tak cermin diri...beli cermin yg banyak liat muka.kalian.malonsial..sdh lebih baik kah dari wajah beruk...jgn cuma bisa cakap kayak makan 💩💩💩💩

      Hapus
    2. Putraberuk Tolol coba li buka Google lu ketik LCS malaysia akan langsung di suguhkan gambar besi rongsok kapal di darat slam 7 tahun seharga 6 billion

      Otak di bawah kaki 😂😂😂😂

      Hapus
    3. @Putrajaya. Iri bilang bos!!!!

      Negara kau buat rifle asli tempatan aja jadinya Vita Birahi. Tank Stride prototype, Taming Sari yg hanya dummy.

      😭😭😭

      Hapus
    4. LEBIH BUROK LAGI TANK STRIDE YG BENTUKNNYA MACAM KOTAK SABUN.

      http://defense-studies.blogspot.com/2019/05/stride-developing-light-tank.html?m=1

      Hanya sebatas prototype, wacana, kajian dan tamat

      Hapus
    5. Panasssss panaaaaassssss .... Ada yang iri dengki . Wkwkwkwk

      Hapus
  18. wooooooww... wooooowwww... haibat betuul Indonesia.. produk2nya mulai dikenal dunia. 😃😃😃

    Tak cem MALONS BODOH ye... proton bangkrap karena quality produk rendah,. FAKTA.. bwhaahhahahahahhahahahaa...

    MALOOOONS.. MALOOONS... 😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  19. TANK HARIMAU INI SUDAH BERAPA DITEMPAH YAH DAN SUDAH BERAPA BERKHIDMAT DALAM AD TNI

    BalasHapus
  20. Indonesia sudah memproduksi berbagai produk militer yg dikenal dunia dan sudah sampai diekspor...FAKTA.. 😃😃😃😃😃😃😄😄😄

    Sedangkan MALOONS BODOH..??? diorang nak buat sebijik pelurupun tak reti karen BODOHNYA turun-temurun.. susah utk diobati..bwahhahahahahhahahaha..

    Yuhuuuuuuuuu... MELAYU MALONS BODOH MISKIN....😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  21. Indonesia bangga akan produk2 mikiternya yg dikenal dunia.. dari kapal perang, pesawat, senapan, panser, dll.. xixixiixixixixiixix..

    MELAYU MALONS BODOH MISKIN masih bangga dengan nasi lemak.. wakkakakakakkakakakakkakaa..Kesiiiiiaaann MALONS ..😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAPAL PERANG VAN SPIEJK BANGGA KE? DENGAN KAPITAN PATTIMURA..DALAM 7 TAHUN SUDAH 8 KAPAL TNI TENGGELAM HAHA

      Hapus
    2. LCS BUATAN CHINA YG KAU BANGGAKAN ITU KEH?

      https://militermeter.com/kapal-pertama-lms-al-malaysia-buatan-china-siap-berlayar/

      https://militermeter.com/kapal-lms-buatan-china-kedua-segera-perkuat-al-malaysia/

      Hapus
  22. Tak mau ketinggalan Otokar Turki ingin menggandeng STRIDE dalam membuat tank


    Otokar : kami mencari mitra untuk pengembangan Tank
    Stride : menunjukan mockup tank
    Otokar : njir...ugly ane mau mencari mitra untuk membuat Tank bukan kendaraan semprot Tinja

    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  23. Yuhuuuuuuuuu... MELAYU MALONS BODOH... coba sebutkan satu saja disini.. produk militer MALONS apa yg sudah bisa dibuat Sendiri plus sudah mampu diekspor..??? bwahahhahahahhahahahhahahahhahaa... jawabnya NOTHING... 😂😂😂

    wakkakakakkakakakakaa.. kesiiiiaaaann MALONS BODOH..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  24. Hakikatnya MELAYU MALONS BODOH bermulot besar sahaje itu so pasti... wakkakakakakakkakakakkakakaa..

    SALAM MALONS BODOH... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  25. Hakikatnya MELAYU MALONS BODOH bermulot besar sahaje itu so pasti... wakkakakakakakkakakakkakakaa..

    SALAM MALONS BODOH... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  26. "Nyimak kicauan pagi idolane mas @HB 🤔"

    ***The Indonesian way to develop MALE UAV is government bought the subsystems first then ask airframer to develop airframe. Some subsystems has no proper documentation from OEMs which required by airframer for integration and certification. That's not the way of product development.
    1
    8

    Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    12 Agt
    There's discourse to rearmed Indonesian older frigates with missile regardless of previous plan to decommission those frigates before 2030. The discourse wouldn't emerge if government has no plan to buy used warships from Europe. Older frigates has issue with structural strength.***

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan idola saya to Mbah, saya tetap idolanya ya janda kembang kampung😂🤣

      Hapus
    2. Hahahahaha ... Kenyataan atau Realitas Hidup memang pahit Ferguso ... X prlulah berpura-purah pintar ..Lebih baik akui saja semua kebodohan itu .. Belajarlah lebih baik agar Indon menjadi lebih pintar dari Keledai ...

      Hapus
    3. Targete kan isih gawe proto tok mas'e..

      mass production yen bener subsistem'e seko luar, yo dowo urusane nang sertifikasi/licence

      😁

      Hapus
    4. Jadi konfirm .. bahwa Korea engaja mengajak Indon dalam projec KFX/IFX mereka memang sengaja nak mendapatkan atau mencuri wang milik Indon.. Mereka tahu dan paham bahwa Indon sma sekali X mempunyai kepakaran d bidang pesawat tempur .. tetapi dengan membuat segala macam pujian .. Indon pun luluh .. tetapi sekarang malah menyesali keputusan yang dibuat dahulu itu akibat kebodohan diri sendiri ..

      Hapus
    5. Mass produk kan jare arep nganggo sub sistem gawean konsorsium mas'e...

      😁

      Pernyataan si aleman kuwi "yen" nganggo subsistem njobo. Biasa laah, pendapate wong njobo..

      😁😁

      Hapus
    6. @Smilinghari212 Pendapatnya belum tentu benar sih, blm tentu salah juga, tapi bisa buat koreksi diri atau anggep aja itu sisi lain dari yg dilihat orang2 pada umumnya.

      Hapus
    7. Anggep wae CN-235 MPA kae MALE Drone sing "berawak".....njur masalahe nengdi, toh PT.DI wes due jaringan vendor OEM sing nyuplai berbagai jenis mission system lan sensore lan pengalaman anggone mengintegrasekno.....mundak aleman wae bocah kui 😏

      Hapus
    8. Lha modus nge-tweet kii lak golek follower mas'e.

      Yen lempeng-lempeng wae lak minim sensasi => follower sepi mas..😂😂😂

      Prinsip'e "..masio weruh, setel ra weruh ben di re-tweet.."

      Kae..ono munyuk sing wes kepangan omongane si aleman.

      Hwekekekekekek...😂😂😂😂

      Hapus
  27. Ni akibatnya jika sering lepak2 sambil makan NASI LEMAK.. Otak berlemak tak bisa berpikir taunya melancap dan Songlap... FAKTA..bwahhahahahhahahahahhahaa..

    yuhuuuuuuuuu.. MELAYU MALONS BODOOOOHH.. wakakkakakakakkakakakaa..😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  28. Saran saya ... Ini mungkin yang paling feasible dan menguntungkan bagi Indon ...Expot Buluh atau Bambu Runcing ke luar neagara .. tentu sja setelah dilakukan modernisasi atau pembaruan bentuk dengan spesifikasi yang lebih baik dan handal ...Saya yakin banyak pemint (terutama negara-negara miskin di Afrika sana) ... Murah dan Bermutu akan membuat BAMBU RUNCING buatan Indon mendunia ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon MALON hebat, ternyata BUAL saja, TOP 5 UNIVERSITIES cuihhh:

      Tank STRIDE UGLY DUCKLING
      PTM GEN 6 cuma sampai MULUT saja
      TAMING SARI IDIOT hanya range 3km

      Jangan lupa pula yang paling haibat...

      LCS SALAH POTONG KELEWATAN OMPONG

      Syabas MALON, dengan bentangan bual pon CHINA pasti gerun, wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Eksport aja tuh besi rongsok merogohlela negara2 afika pasti tak akan mau 😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. eksport je tuh misil Taming Sari & PTM Gen 6 ke Galactic Empire.. konon Darth Vader lagi tergila-gila dgn 2 aset tu & sdh pesan masing" 1.000.000.000 unit 😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    4. Halaaaahh....bendera sm lagu kebangsaan saja ambil punya orang mau vakap bangga...MERDEKA pun belum....msh tunggu 999 thn.lg....bangga cuma jd budak britis...tanda bangsa malonsia takpunya harga diri...malulah nanti kalo teriak MERDEKA..tp kenyataannya malonsial.msh jd budak....
      BAMBU RUNCING lambang PERJUANGAN.BANGSA INDONESIA UNTUK MERDEKA.MAKANYA KAMI BANGGA SDH JADI BANGSA MERDEKA DENGAN DARAH DAN PENGORBANAN BUKAN KAYAK malonsial yg masih julurkan lidahnya ke penjajah britis....NGGAK USAH CAKAP SINI KALO MALONSIA MERDEKA AJA BELUM...MALULAH SIKIT...CAKAP TINGGI TAPI.KENYATAAN LBH HINA MASIH JADI BUDAK 999 THN.

      Hapus
    5. Diantara para beruk yang sering nyasar ke sini... Ternyata @putrajaya yang paling koyak dengar berita ini ... Wkwkwkwk

      Hapus
    6. Saran saya Malon bereskan dulu itu si Lela baru kasih saran untuk orang lain... sendirinya amburadul berani kasih saran kepada orang lain... bahkan satupun tidak ada hasil kok memberi saran, bahkan suara jangkrikpun lebih didengar daripada saran dari orang gagal...

      Hapus
  29. Indonesia sudah mampu bikin Fregat.. MELAYU MALONS cuma bangga NASI LEMAK mendooonia.. wakakkakakakakkakakakakaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudahilah semua omong kosong dan kebodohan itu ...Tahukan anda bahwa Contnt lokal PT PAL dalam project PKR 10514 itu hnya 5% dari tola value project keseluruhan .. sisanya 95% jatuk kepada DAMEN dan konco-konconya ...

      Jadi jika paham .. semua kapal PKR 10514 anda itu sebenarnya hanya tampal stiker saja ... MADE IN INDONESIA ...

      Bahkan untuk project kapal selam CBG dengan Korea DSME itu .. PT PAL X mendapatkan local content value lebh kecil lagi (kurang dari 5%)

      Maka saran saya ... X perlulah berlagak Pintar jika memang Bodoh agar tidak ditipu berkali-kali ..

      Hapus
    2. Malon putrajaya nggak usah cakap tinggi kalian.malonsial.lbh bodoh memalukan dunia.dan seluruh planet...maharogol akan jadi monument abadi lambang.KEBODOHAN MALONSIAL

      Hapus
    3. @Putrajaya
      PKR Martadinata Class sudah berlayar jauuuuh ke Hawai...

      LCS KD.SALAH POTONG CLASS / KAPAL REJECTED PRODUCT...SUDAH 5 TAHUN PEMBUATAN, COST SDH 6 BILLION RM...SEBIJIK PUN TIDAK ADA YG SELESAI DI BUAT..??????? MASIH BELUM SENTUH AIR..😂🤣😅😆 GOBLOKAN...

      IRI,JEALOUS, DENGKI..sombong itu SIFAT ASLI bumiputra semenanjung...

      Hapus
    4. Nasi lemak ma teh tarik ...

      Hapus
    5. Nasi lemak ma teh tarik ...

      Hapus
    6. Malon memang jaguh, 5% ke DCNS dan 95% ke Malon... hasilnya luar biasa, Maharaja Lela yang benar2 Lelah karena ga kelar2... project unggulan yang gagal adalah mempermalukan sangat... kalau belum mampu membuat yang besar bikinlah dulu yang comel, tidak usah besar ambisi yang makin menunjukan ketidak mampuan...

      Hapus
  30. Indonesia sudah mampu bikin Tank.. MELAYU MALONS lagi2 cuma bangga NASI LEMAK.. bwahhahahahahhahahahhahaa..

    yuhuuuuuuu.. MALOONS BODOH MISKIN...😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  31. Indonesia sudah bisa bikin roket... again.. MELAYU MALONS BODOH MELANCAP cuma bisa bikin NASI LEMAK... waakkakakakakkakakakakkaa..

    kesiiaan MALONS BODOH selalu kena pijak... bwhahahahahhahahahaa..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  32. Indonesia sudah mampu bikin ratusan juta peluru.. lagi2 MELAYU MALONS cuma pandai bikin NASI LEMAK... wkakakakakkaKkakakkakakakkakaa...

    MALOOONS.. MALOOONS... BODOOOOH..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  33. Indonesia sudah bikin pesawat... dan MELAYU MALONS BODOH cuma bisa cakap.. NASI LEMAK asli buatan tempatan kami.. bwahhahahahahhahahahhahahahhaa...

    yuhuuuuuuuuuu.. MALONS AYAM..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  34. Bukti otak malon di bawah kaki rohingya, rohingya bina bot kayu cukup sehari dan langsung cecah air
    Berbanding malon bina kapal 7 tahun seharga 6 billion tak ada satupun cecah air


    Kah kah kah kah 😂😂😂😂

    BalasHapus
  35. Indonesia sudah bisa bikin bom sampai sultan MALON minat sangat... eeeehhhhh.. diorang masih sahaje NASI LEMAK yg terbaik.. wkakakakakakkakakakakkakaka,..

    Kesiiiaann MALONS BODOH... bwhahahahahahhaa..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  36. Mari bertaruh untuk lomba kelajuan antara Bot kayu Rohingya dan LCS halimunan malaysia
    Pasti yg menang dan lebih cepat adalah bot kayu rohingya


    😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  37. Indonesia sudah bisa bikin bom sampai sultan MALON minat sangat... eeeehhhhh.. diorang masih sahaje NASI LEMAK yg terbaik.. wkakakakakakkakakakakkakaka,..

    Kesiiiaann MALONS BODOH... bwhahahahahahhaa..😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  38. Tak mau ketinggalan Otokar Turki ingin menggandeng STRIDE dalam membuat tank


    Otokar : kami mencari mitra untuk pengembangan Tank
    Stride : menunjukan mockup tank
    Otokar : njir...ugly ane mau mencari mitra untuk membuat Tank bukan kendaraan semprot Tinja

    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. saham Otokar langsung anjlok klo jadi join kerjasama dgn STRIDE..

      😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Insiyur otokar langsung risegn, lebih memilih jadi penjual es krim dari pada bekerjasama dgan STRIDE 😂😂😂😂

      Hapus
  39. Dilihat dulu topografi wilayah dan kondisi geopolitik wilayah sekitar Ceko sendiri
    pribadi sya gak cocok Ceko akuisisi tank seperti ini kecuali up armored dgn kanon 120mm

    BalasHapus
  40. Yuhuuuuuuuuuuu... MELAYU MALONS BODOH LOW IQ yg suka merempat disini... coba sebutkan satu saja produk military buatan asli tempatan MALOONS yg sudah dibuat.,??? ada ke..??? kahkahkahkahkahkahkah..

    SALAM NASI LEMAK... wakkakakakkakakakakakkakaka..😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  41. Malon Tolol coba buka Google lalu ketik LCS malaysia akan langsung di suguhkan gambar besi rongsok kapal di darat selama 7 tahun seharga 6 billion


    Xixixixii 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  42. Indonesia sudah mampu membuat senapan sediri sampai diekspor... lagi2.. MELAYU MALONS harus menerima fakta diorang cuma pandai membuat NASI LEMAK.. wakkakakakkakakakakkakakaa..

    Kesiiiiiaaann.. MALONS BODOH selalu kena bully Indonesia.. bwahhahahahhahahahahha..😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  43. Indonesia sudah mampu bikin kapal selam.. dan lagi2 MELAYU MALONS cuma mampu berkata kat kedai NASI LEMAK is the best... bwahhahahahahhahahahhahahahaa...

    Efek otak berlemak... BODOHNYA HAQIQI..wakkakakakakkakakakak..MALOOONS... MALOOONS.,,😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  44. Bener yo infone yen fregat yunani lan fregat turki saling senggolan tanpo ono jalaran sing cetho .......🤔

    BalasHapus
  45. Ayo dong... bagi MELAY MALONS yg suka merempat disini.. coba sebutkan satu sahaje produk military apa yg sudah mampu MALONS buat,,??? bwhahahahahahhahahhaa...

    SALAM NASI LEMAK.., wakkakakakakkakakakakkaka... MALOOONS.. MALOONS.. MEMALUKAN... 😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  46. Ayo dong... bagi MELAY MALONS yg suka merempat disini.. coba sebutkan satu sahaje produk military apa yg sudah mampu MALONS buat,,??? bwhahahahahahhahahhaa...

    SALAM NASI LEMAK.., wakkakakakakkakakakakkaka... MALOOONS.. MALOONS.. MEMALUKAN... 😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  47. Syahbas pt pindad 💪😎
    Selalu ada produk baru, kepakaran jurutera pt pindad dah diakui dunia.

    Setakat ni pt pindad dah dapat order
    Amunisi kaliber besar & kecil
    Panser anoa
    Rantis komodo
    Rantis maung
    Tank harimau
    Pandur cobra
    Rifle SS2

    Tak macam pondok sebelah, senyap order
    😭😭😭😭

    BalasHapus
  48. BACA INI DENGAN CERMAT ...

    Sudahilah semua omong kosong dan kebodohan itu ...Tahukan anda bahwa Contnt lokal PT PAL dalam project PKR 10514 itu hnya 5% dari tola value project keseluruhan .. sisanya 95% jatuk kepada DAMEN dan konco-konconya ...

    Jadi jika paham .. semua kapal PKR 10514 anda itu sebenarnya hanya tampal stiker saja ... MADE IN INDONESIA ...

    Bahkan untuk project kapal selam CBG dengan Korea DSME itu .. PT PAL X mendapatkan local content value lebh kecil lagi (kurang dari 5%)

    Maka saran saya ... X perlulah berlagak Pintar jika memang Bodoh agar tidak ditipu berkali-kali ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putraberuk tolol buka google, ketik LCS malaysia akan langsung di suguhkan gambar besi rongsok kapal 7 tahun di darat seharga 6 billion RM


      Otak keladai 😂😂😂😂

      Hapus
    2. LCS MAHAROGOL.MONUMENT ABADI LAMBANG.KEBODOHAN DAN.KETOLOLAN.BANGSA MALONSIA DIMATA.DUNIA.DAN.PLANET SERTA.SEISINYA...

      Hapus
    3. setiap click maharajalela,, yg ada tragedi sebuah shipyard milik kerajaan anu yg gagal selesaikan kontrak bina kapal perang canggih,, saking canggihnya mereka pun kesulitan menyelesaikannya, i tragedi ini bikin "harum" nama kerajaannya,, klo di indo sdh masuk jail ini nuansa rasuahnya besar dan rakyatnya pun hanya bisu dan chit chat kat kedai kopi je, ish ish ish kasihan3x.

      Hapus
    4. Sebelum membual, pahami dulu... membeli jadi dengan melakukan proses proses produksi di dalam negeri itu adalah dua hal yang berbeda. Jika hanya membeli jadi maka tidak akan ada kemajuan apapun selain sebagai pengguna, sedangkan jika melakukan produksi didalam negeri apapun itu tetap akan menyerap teknologi, belajar, mencari pengalaman. Dan pada akirnya pengalaman itulah yang menjadi pembeda.
      Sama seperti Malon membuat si Lela... hanya saja itu adalah contoh gagal...

      Hapus
  49. NASI LEMAK... NASI LEMAK... bwhahahahahhahahhahhahaha.. bawhahhahahahhhahahahahaa..


    Yuhuuuuuuuuu... MALOONS BODOOOOOH...😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  50. wakakkakakakkakakaa.. disini tak de seekor MELAYU MALONS BODOH yg ammpu jawab soalan mudah,, 😂😂😂😂😂😂😂

    PRODUK MILITARY APA YG SUDAH MAMPU MALONS BUAT..??? kahkahkahkahkahkahkahkah..

    MELAYU MALONS MEMANG MEMALUKAN... SALAM NASI LEMAK... 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  51. Tank MBT STRIDE Tank Rantai bekas Ranti Anjing


    Otak keledai mana bisa buat xixixixixixiix 😂😂😂😂

    BalasHapus
  52. Efek samping karena kebanyakan makan NASI LEMAK bisa dilihat pada MELAYU MALOONS... bwahhahahahahhahahahaha..


    Diorang cuma mampu bikin KONDOM rasa strowberry yg termasyur di ASEAN... wakkakakakkakakakkakakakakaa.., BODOHNYEEEERRR MELAYU MALOOONS... 😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  53. Ingat pepatah Keledai aja tak akan 2 kali jatuh pada lubang yg sama, malon pada kedah Class di PRANK pada Merogohlela Class juga kena PRANK


    Malon lebih dungu dari keladai 😂😂😂😂

    BalasHapus
  54. Selain terkenal dengan produksi NASI LEMAK terbesar didunia.. 😂😂😂😂😂😂 MALONS juga terkenal produk KONDOMnya lhooo... bwahhahahahahhahahahahhahaa..

    Wakakkakakakakkakakaka.. kesiiiiiaaann MALOONS BODOH kena bully...😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  55. NASI LEMAK... NASI LEMAAAAAKK.. bwahahhahahahhahahahaa,,,

    yuhuuuuuuuuuu.. MALOOONS...😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  56. Malon kebanyakan makan nasi lemak sehingga Otak berlemak lebih bodoh dari keledai, dan juga sering berjudi pasang nomor buntut, dan pengeksport dedah dan terorist terbesar di kawasan

    BalasHapus
  57. produk asli buatan tempatan MALONS yg mendoooniaaaa adalah NASI LEMAK itu FAKTA.. Bwahahahahhahahahahhahahaha...

    MALOOONS... MALOOONS..😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  58. GEMPITA A.K.A PARS Turki itu bukan produk MALONS... yg produk MALONS itu NASI LEMAK... wakakkakakakkakakakaa..,

    hayooooooo.. mau ngomong apa lu..??? kahkahkahkahkah..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maybe jadi cobra sama sanca itu produk ri yah? Wkwkw..sama hanoman

      Hapus
  59. Turki + DEFTECH = PARS / Gempita AV8
    Turki + PT PINDAD = Kaplan MT / Harimau

    Mantab!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk perang. Malaysia bangsa pejuang gak takut mati demi bangsa dan negara.

      Hapus
    2. DEFTECH + BASTARD SHIPYARD + AIRCROD = NASI LEMAK... bwahahhahahahahhahahahhaha..

      BODOHNYEEEERR MELAYU MALOONS... wakakakkakakakakkak

      Hapus
    3. Saya juga setujulah kalo Indonesia perang dengan Malaysia.

      TLDM panas-panasin lagi TNI AL masalah Ambalat. ATM coba geser lagi patok perbatasan Serawak dengan Kalimantan Utara. TUDM terbangkan SU30MKM, F18 Hornet di Kepulauan Natuna buat uji tes NASAMS.

      Hapus
    4. Bangsa pejuang masa merdeka hasil ngemis, tolol beruk ini tak baca sejarah ke??

      Berapa jendral dan serdadu penjajah british yg sudah malon bunuh??

      Hapus
    5. Tak takut mati??? bukanya berlindung kepada British??? lupakah???

      Hapus
  60. Nasi Lemak tak ada yg mau Claim karena membuat otak berlemak bodoh malas bila memakannya,


    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  61. @putrajaya....bumiputra malon minderan... less inferior...hahahaha bangsa pemalas...

    BalasHapus
  62. MALON tolol, itu harimau udah ada di philippines di export, malon mana boleh beli

    BalasHapus
  63. Efek buruk akibat kebanyakan makan NASI LEMAK sambil lepak2 kat kedai... OTAK BERLEMAK minus 1cc.. wakkakaakkakakakkakaka..


    MALOOOONS,. MALOOONS... BODOOOH.. SALAM NASI LEMAK ye.... 😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  64. @GGK itu informasi valid ga philippines jadi beli tank Harimau?

    Ad link beritanya??

    Karena berita terakhir yg saya baca, philippines baru test drive tank harimau

    BalasHapus
  65. FAKTANYA sekarang adalah... Indonesia sudah mampu bikin peswat, tank, kapal perang, bom, roket, panser, propelan, kereta api, senapan, dll..

    Dan MELAYU MALONS cuma mampu NASI LEMAK... woooooooww.. sedapnyeeeeeerr...bwahhahahahhahahahahahhahaa..Mantaaaaapp...

    Yuhuuuuuu.. MALOOONS BODOH... SALAM NASI L3MAK ye..!!! 😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan bikin kebanyakannya pasang aja..tank pasang tank kaplan mmbt, panser anoa pasang dari vab, pandur belum mula lagi

      Hapus
  66. Selalu uodate berita militer nya nih DS,, lanjutkan proyek medium tank nya pindad dan fnss semoga jaya kedua negara dlm bidang Inhan nya agar bisa mandiri sedikit demi sedikit buat indonesia,,, satu kata LANJUTKAANN!



    " YANG CEPAT AKAN MENINGGALKAN YANG LAMBAT "

    BalasHapus
  67. PT91 PUNDEK...KALAH CANGGIH KALAU LAWAN MEDIUM TANK HARIMAU HITAM Made in Pindad....ada atgm Falarick nya...Hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mau adu mbt sama light tank? Yakin bisa menang? Haha

      Hapus
  68. woooooowww... wooooooowww... sedapnyeeeerr NASI LEMAK khas MALONS nie... Tiada duanya didunia.. bwhahahahahahhahahahhahahahaha..

    NASI LEMAAAK.. NASI LEMAAAAKK.. wakakkakakakakakkakakakkaa..😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅😅

    BalasHapus
  69. Sorry ye MALOONS BODOH... kami bangsa Indonesia sudah melaju kehadapan.. sedangkan kelian harus mundur 30 tahun gara2 NASI LEMAK,. bwahhahahahahahahahahhahaa..

    Kesiiiiaaann.. NASI LEMAK eehhh MALONS maksudnya.. kahkahkahkahkahkah..😂😂😂😂😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh gdp perkapitanya ri berapa om rank berapa? Haha..infrastruktur nomer berapa di asean? Wkwkw

      Hapus
  70. SALAM STRIDE....PANJANG LANGKAH...ALIAS KABUUUUURRR...

    ============== xixixi lon..malon.... Semua Project Kabur

    BalasHapus
  71. Si putrajaya lebih baik kalian jadi jongos china saja.. Kah..kah..kah.. Otak kalian cuma mendengki dan mental maling..

    BalasHapus
  72. berbalas pantunnya lanjutkan,, ramaikan blog defense ini jgn sepi je macam blog sebelah, takda update sepi macam kuburan rakyatnya tak berani bersuara keras tengok rasuah disegala bidang,, makanya blog ini mempersilahkan buat rakyat kerajaan jiran ni meluapkan kekecewaan mereka terhadap isue pertahanan mereka dgn selesa.

    BalasHapus
  73. Kontribusi Boustead di proyek KD KL LCS itu 0%. Kenapa?

    Karena sejak sign contract sampai sekarang delay 31bulan, tak ada 1 pun LCS yang jadi.

    Tuh, di maxdefence diketawain Pinoy.

    Hwakakakakakk...

    Pinoy👍

    KL?
    👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎👎x2341

    BalasHapus
  74. Bukti kalau BRP Jose Rizal jauh lebih baik 👍 dibanding KD Maharajalela 👎.

    Buktinya?
    BRP Jose Rizal udah nyampek RIMPAC Hawai.👍

    KD Maharajalela masih protolan karatan di dock.👎

    Hwakakakakakak....

    FAKTA tak terbantahkan.

    BalasHapus
  75. BNS dah jadi limbungan klas dunia dan jadi conto untuk limbungan dunia.

    mendunia bukan kerena prestasi tapi mendunia kerena kebodohan.

    Di contohi bukan kerena keberhasilan tetapi di contohi agar keje tak macam BNS

    BalasHapus
  76. Tank harimau di lirik ceko oey..tank stride gimana??oh iya itu tank tinja..liat aja pipanya panjang gitu.



    Tank harimau kalah bersaing karena harganya yang mahal..tapi kualitasnya lumayan bagus..makanya kalah saing dengan vt5 untuk bangladesh..yaa perekonomian bangladesh tau lah.tank harimau mahal di karenakan belum di produksi masal,makanya harganya mahal..belum balik modal,nantinya harga tank harimau ini akan lebih murah ketika memasuki produksi massal..buat malon iri boleh,hoax jangan.

    BalasHapus
  77. Jangan salah sangka..sy juga fikir tank harimau ini baik dan memadai..jadi emang sepatutnya pindad harus dpt tempahan tank ini dengan unit yang banyak utk cover kos pembangunan..jika tidak tidak berbaloi dikembangkan..ad tni sendiri baru tempah belasan unit sahaja tank harimau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi LCS yang buatnya lebih dulu tak 1 pun yang selesai.

      Kalah ama Pinoy.

      Hapus
    2. Semua butuh proses @matsabu,di pesan belasan unit dulu..pada tahap pertama pemesanan di rencanakan ada 44 unit,yang jelas tank medium ini akan menggantikan light tank scorpion dan amx 13..

      Hapus
    3. Kalau begitu baguslah..scorpion kalau dpt dirawat masih bisa tapi amx itu sudah lapuk benar

      Hapus
    4. Amx itu bagusny dh dimuseumkan..
      Ohya untuk scorpion sih mungkin masih dibutuhkan untuk menjadi tank intai

      Hapus
    5. Amx itu bagusny dh dimuseumkan..
      Ohya untuk scorpion sih mungkin masih dibutuhkan untuk menjadi tank intai

      Hapus
  78. Kadang bingung sama budak makin ni.misal:
    1.Merendahkan tank harimau pindah fnss tapi negara M ni ngak bisa buat
    2.Merendahkan kcr pt.pal tapi negaranya buat kapal aja ngak jadi2
    3.Merendahkan helikopter kita jatuh mereka aj sewa belum jadi
    Dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan ngak bisa belum bisa mau atau ngak saja sama masalah dana..toh malaysia sudah assemble gempita..yang jadi masalahnya helikopter tni yang jatuh itu masih baru benaran..pesawat2 tni juga t50i sudah 2 jatuh walapun masih lumayan baru

      Hapus
    2. Maklum otak cuma 1 cc....kebanyakan makan.nasi lemak....cuma bisa IRI DAN DENGKI...tak mau bercemin.diri para malonsial...tak sadar cuma buat malu disini...cobalah sekali.kali berdiskusi soal alusista sesuai.forum ini...tp.uupss...mana bisa mereka 🐷🇲🇾🐷🇲🇾 otaknya cm 1 cc sedih kalipun liatnya...

      Hapus
  79. Masalah kita bukan bisa tak bisa, masalah kita cuman mau atau ndak saja sama masalah dana..mau bikin pesawat ada undangan dari yakovlev, mau bikin light tank sama mbt ada undangan dari otokar, mau bikin drone, jet sama jet latih ada undangan dari tai..kita tinggal mau atau ndak dan mau melabur apa ndak saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alah BANYAK BUAL!

      Konon MALON hebat, ternyata BUAL saja, TOP 5 UNIVERSITIES cuihhh:

      Tank STRIDE UGLY DUCKLING
      PTM GEN 6 cuma sampai MULUT saja
      TAMING SARI IDIOT hanya range 3km

      Jangan lupa pula yang paling haibat...

      LCS SALAH POTONG KELEWATAN OMPONG

      Syabas MALON, dengan bentangan bual pon CHINA pasti gerun, wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Bukan tak mau...TAPI MEMANG TAK BISA...BUAT DRONE NYAMUK AJA.MINTA ENGINEER INDONESIA...NGGAK USAH TINGGI2 CAKAPLAH MAT....BUAT PELURU KECIL AJA BELUM.MAMPU...SERAGAM AJA BELI DARI INDONESIA....SEWA HELI JUGA LEWAT PERUSAHAAN INSONESIA...🙊🙊🙊🙊🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Dapat undangan tapi otak dan wang yang tak mampu

      Hapus
  80. Hahahahaa harimau hitam mau gantiin T72, PETAI91 MBT SAMPAAAAHHHHHHHH 🤭🤭🤭🤧😜😝😂😂😂👉🇲🇾🐒🇲🇾🐒🇲🇾🐒🇲🇾🐒

    BalasHapus
  81. Hahahahaa harimau hitam mau gantiin T72, PETAI91 MBT SAMPAAAAHHHHHHHH 🤭🤭🤭🤧😜😝😂😂😂👉🇲🇾🐒🇲🇾🐒🇲🇾🐒🇲🇾🐒

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambah lagi besi buruk nye... Kah.. Setelah LCS pendekar di scrap Pendekar

      Hapus
  82. Wooww.. HEBAT NYE.. TANK PENDEKAR MENDUNIA.. KAH..KAH..KAH.. 🐯🐯🐯

    BalasHapus
  83. Ada kemungkinan tank medium kaplan/harimau bisa menang untuk menggantikan T72 Ceko karena hubungan indonesia - ceko untuk pandur II yg dilisensi indonesia,,,Hahahahaa harimau hitam mau gantiin T72, PETAI91 MBT SAMPAAAAHHHHHHHH 🤭🤭🤭🤧😜😝😂😂😂👉🇲🇾🐒🇲🇾🐒🇲🇾🐒🇲🇾🐒

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu yah bukan ri ada hubungan sama pilipina kerana udah jual lpd tpi pilipina malah milih tank lain kok bisa

      Hapus
  84. Petai91 kita mungkin udah agak ketinggalan zaman tapi at least kita beli baru bukan stok simpanan gudang perang dingin specs 2a2 aja wkwkw

    BalasHapus
  85. Pada hakekatnya kebodohan yg abadi menyelimuti otak malon sebagai ras melayu buangan dari ras ibu yg ada du indonesia.
    Kami sangat paham dan sangat mengerti semua kelemahan kelembaban dan ketololan bangsa beruk malon yg kekal dengan kebodohan yg abadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi semua di indonesia itu sempurna yah? Semua di indonesia itu kelas wahid yah? Kenapa rmai wni ada dimalaysia jadi buruh sama amah? Masuk secara sah ada illegal pun ada haha

      Hapus
  86. Kita bukan sembarangan pilih pt91 kerana sebelum pt91 dipilih kita juga sudah uji t90 sama k1 korea jadi ada kewajaran dlm pemilihan pt91 pada wktu itu

    BalasHapus
  87. Sabu KW,
    Korvet yang KL order ke DSME nasibnya bagaimana?

    Kan sign contract x6 di November 2014.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kansel haha..buat apa malu emang udah kansel haha

      Hapus
  88. Betul juga, ini mungkin sekedar wacana ataupun usul saja.
    Aja tetapi ada 2 hal yg sudah pasti:
    1. Tank Pindad sudah dapat highlight, mantap ini.
    2. Malaysia negara memalukan, bina kapal pun boleh salah potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal tenggelam di dock dan dan kapal terbakar saat trial ngak malu yah wkwkw

      Hapus
  89. Kita plih pt91m bukan sebarangan tapi sudah diuji berat dlm jungle terrain kita..ternyata tank2 lain yg diuji seperti t90 dan k1 korea tidak melepasi persyaratan kita sebab itu pt91 dipilih

    BalasHapus
  90. Kapal salah ptong emang agak malu tapi masih bisa dibaiki kalau kapal terbakar saat diuji? Wkwkw apa ngak malu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada calon penggantinya.
      itu kapal yang salah potong serahkan saja ke PT.PAL.
      Biar PT.PAL yang meneruskan pekerjaannya sekalian diperbaiki kesalahan designnya.
      Jadi kapal Gowind tersebut bisa terselamatkan dan digunakan oleh TLDM

      Hapus
  91. Di dock aja udah mau tenggelam, eh baru diuji udah kebakaran wkwkw...

    BalasHapus
  92. Kenapa cancel?

    Padahal dengan kombinasi 6xMSC + 6xLCS + 4xLMS, TLDM akan terkuat se SEA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kansel kerana syarikat ttup..lms order 18, kedah kita bisa diconfigurasi sebagai korvet bila2 masa aja kalau ada wang

      Hapus
    2. Oooh...kalau ada wang.

      Jadi sekarang tak ada wang?

      Hapus
    3. Hwakakakakakak..... 😂😂😂😂

      Hapus
  93. Lain kali kalau mau buat klewang guna baja jgn guna fiberglass elu pkir ini bot nelayan mau guna fiberglass wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kapal itu Gowind yang salah potong serahkan saja ke PT.PAL.
      Biar PT.PAL yang meneruskan pekerjaannya sekalian diperbaiki kesalahan designnya.
      Jadi kapal Gowind tersebut bisa terselamatkan dan digunakan oleh TLDM

      Hapus
    2. Oey mat..dulu memang sebuah kesalahan..tpi sekarang hull dari kri klewang2 udah jadi
      https://1.bp.blogspot.com/-WOAWTTxYqvo/XtnIP5Bq9xI/AAAAAAABMwk/sRuSB8xLEccjvOCdbvjl9YD2uVUhKlaUwCLcBGAsYHQ/s1600/lundin-klewang%2Bfb-north-sea-boats-17-januari-2017.png

      Hapus
    3. Fiberglass pun dah cecah air tak perlu event balon kuning, propeler tak ada pun nak di resmikan lawak kali jiran semenanjung ni bot tuh nak guna dayung kah

      Hapus
    4. Oey mat..dulu memang sebuah kesalahan..tpi sekarang hull dari kri klewang2 udah jadi
      https://1.bp.blogspot.com/-WOAWTTxYqvo/XtnIP5Bq9xI/AAAAAAABMwk/sRuSB8xLEccjvOCdbvjl9YD2uVUhKlaUwCLcBGAsYHQ/s1600/lundin-klewang%2Bfb-north-sea-boats-17-januari-2017.png

      Hapus