28 Agustus 2020

Selesai Upgrade, Dua Pesawat Tempur F-16 TNI AU Kembali Aktif

28 Agustus 2020

Pesawat F-16A/B TNI AU setelah upgrade (photo : TNI AU)

Bopong Senjata dan Radar Canggih, Pesawat F-16 TNI AU Semakin Garang

MADIUN - Kemampuan dua pesawat tempur F-16 A/B Blok 15 yakni TS-1610 dan TS-1601 milik TNI AU semakin garang setelah di upgrade (perbarui) di Skadron Teknik 042 Lanud Iswahjudi, Madiun Jawa Timur.

Bagaimana tidak, pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat ini memungkinkan untuk dipersenjatai dengan senjata-senjata modern dan mematikan seperti, Advance Medium Range Air To Air Missile AAMRAM-C, Air Intercept Missile AIM-9 X, Laser JDAM, Air to Ground Missile AGM-65 D/G dan Advanced Targeting Pod. Dengan kemampuan tersebut maka pesawat F-16 A/B eMLU telah sejajar dengan pesawat tercanggih di kelasnya dalam hal combat effectiveness.

Tidak hanya itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan radar canggih guna menjamin survivability ketika masuk ke dalam area pertempuran. Di antaranya, ALR-69 Radar Warning Receiver (RWR), ALQ-213 Electronic Warfare Management System (EWMS), ALE-47 Countermeasures, dan New radar APG-68(V)9.

Kehebatan radar ini adalah mampu mendeteksi sasaran di atas permukaan yang lebih jauh yaitu meningkat lebih dari 30% daripada radar sebelumnya. Selain itu pada mode udara ke udara, radar ini juga memiliki beberapa fitur baru antara lain, dapat melakukan akuisisi dua target sekaligus untuk penembakan rudal dari udara ke udara.

Selain dilengkapi persenjataan dan radar canggih, dengan modifikasi structure maka safety integrity pesawat dan kondisi airframe menjadi lebih baik dibanding sebelumnya dan meminimalisasi potensi terjadinya kerusakan struktural. Dengan demikian, pesawat dapat dioperasional hingga 8.000 jam dan berpotensi untuk diperpanjang menjadi 10.800 atau 12.000 bahkan 14.000 EFH (equivalent flight hours).

Program The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon Star) Enhanced Mid-Life Update (eMLU) ini didasari atas kebutuhan operasional dari satuan pengguna dimana teknologi pesawat F-16 A/B merupakan teknologi yang sudah tua terutama pada sistem radar dan sistem senjata yang masih menggunakan teknologi buatan tahun 80-an.

Ditambah usia pakai pesawat F-16 B (double seat) yang sudah di atas 6.000 jam dan ditemukannya kerusakan pada beberapa struktur pesawat F-16 A/B. Dengan kemampuan yang telah di upgrade tersebut maka pesawat F-16 A/B eMLU telah sejajar dengan pesawat tercanggih di kelasnya dalam hal combat effectiveness.

"Dengan perkembangan teknologi pertempuran secara modern dapat dimenangkan tanpa saling berhadapan, faktor penentu bukan lagi kepada kuantitas namun bagaimana kualitas alutsista yang dimiliki. Kecanggihan dan kemutakhiran alutsista khususnya alutsista udara adalah faktor yang sangat menentukan sekaligus faktor uji dalam memenangkan pertempuran masa depan," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat penyerahan dua pesawat F-16 program Falcon Star eMLU di Skadron 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Jumat (28/8/2020).

Hadir dalam serah terima ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Fadjar Adriyanto.

Di tengah tantangan dan ancaman, kata Fadjar, ketidakmampuan dalam melakukan perawatan sendiri akan menjadi sebab rendahnya kesiapan operasional TNI AU khususnya dikala ketidakstabilan global yang terjadi saat ini. Itulah mengapa program Falcon Star eMLu merupakan sebuah keputusan yang tepat. Sehingga pesawat F16 A/B selanjutnya dapat ditingkatkan kemampuan dan dapat digunakan kembali untuk menjaga kedaulatan udara Indonesia. "Terbangkan kembali pesawat pesawat ke langit Indonesia dengan kemampuan yang lebih baik," ucapnya.

Upgrade Pesawat F-16 Habiskan USD12 juta, Bappenas: Hemat Anggaran

Program The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon Star) Enhanced Mid-Life Update (eMLU) TNI Angkatan Udara (AU) berhasil memutakhirkan atau meng-upgrade dua pesawat tempur F-16 A/B. Program tersebut dinilai sangat menghemat anggaran.

"Dengan cara ini, kita mendapat penghematan luar biasa. Anggaran untuk ini, sekitar USD 10 juta -12 juta persatu pesawat. Dibandingkan dengan membeli pesawat baru yang nilainya sekitar USD90 juta. Karena itu pemerintah sangat concern sekali kalau hal-hal ini bisa kita lakukan," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa saat menghadiri penyerahan dua pesawat tempur F-16 di Skadron 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Jumat (28/8/2020).

Menurut Suharso, program ini merupakan bagian dari rancangan Bappenas dalam menyusun alat utama sistem persenjataan (alutsista) nasional hingga 15 tahun ke depan.

"Kita sebut terpenuhinya kebutuhan Minimum Essensial Force (MEF), salah satunya penguasaan di udara. Jadi ini salah satu cara kita melengkapi alutsista TNI AU dengan meng-upgrade yang kita miliki dengan teknologi yang terbaru," katanya.

Apalagi, sambung dia, setiap jenis teknologi pada masanya akan terjadi perubahan. Selain itu, karena pesawat akan membopong amunisi smart yang lebih maka strukturnya juga mesti diperkuat. Karena itu, program ini sangat penting.

Suharso menyebutkan, salah satu teknologi yang paling canggih dari pesawat tempur ini adalah radarnya. Keberadaan radar tersebut menjadi game changer.

"Karena ini menyangkut pemeliharaan dan perawatan serta penguasaan teknologi, kita bisa peroleh ketika ada game changer di sini ikut serta sehingga terjadi upgrading kemampuan teknis dari SDM Indonesia. Dengan demikian pesawat-pesawat lain sejenis bisa kita lakukan," katanya.

Disinggung mengenai kesiapan TNI AU memperbarui pesawat sejenis dari negara-negara lain pengguna F-16, Suharso mengaku tergantung kepada pemilik teknologi.

"Itu tergantung perjanjian, karena kita tidak diberikan license. Jadi dengan sendirinya itu adalah milik dari pemilik teknologinya," kata Suharso.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, program ini merupakan suatu investasi besar dalam pembinaan sumber daya manusia (SDM) karena ada loncatan teknologi yang dikuasai dalam pemeliharaan pesawat baik struktur, avionik maupun persenjataan.

"Proyek ini dikerjakan penuh oleh teknisi Indonesia didampingi supervisor dari Lockheed Martin, Amerika Serikat. TAapi kita turun langsung. Yang mengerjakan kita. Jadi kami sangat bersyukur dengan adanya proyek ini," katanya.

(SindoNews)

263 komentar:

  1. Anyar meneh.....dan sang beruk gor koyo kethek ditulup 😂😂😂

    BalasHapus
  2. Posisi ke 3 diamankan dari gank malon 😀😀

    BalasHapus
  3. Admin kenapa gak prnh upload berita2 aset malon di blog ni?kasihan gempur malon stres tuh😀😀😅

    Sekali upload bwrita terok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Adminnya bingung, Gugel cari berita alutsista negeri sebelah kok isinya bad news semua. Gak enak dia kalau ditayangin 😁

      Hapus
  4. Hemat anggaran 100% teknisi dri dalam negeri disaksikan supervisi dri US LM serta pilot penguji us

    BalasHapus
  5. Yang kurang adalah AGM-84 Harpoon yang cocok digotong oleh Fighting Falcon negara maritim hehe..... 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan agm-65 g plus minusnya apa di banding agm -84 harpoon ? 🙄

      Hapus
    2. Agm 65 maverick rudal permukaan khusus di darat dengan jangkauan 27 km.

      Agm 84 harpoon rudal permukaan khusus di laut dengan jarak jangkauan 120 km.

      Hapus
  6. Super !!!

    Btw baca ini

    https://www.kemhan.go.id/pothan/2020/02/20/progress-meeting-ditjen-pothan-dengan-rheinmetall-swiss-dalam-rangka-monitoring-dan-evaluasi-pelaksanaan-tot-program-offset-penangkis-serangan-udara-psu-oerlikon-sky-shield.html

    Liat time frame nya 2020 rasanya Test oerlikon maren bagian dari pembelian dan TOT ini 👆

    Jadi boleh beli dari luar ya.
    Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang gak semua alutsista yg dibeli di beberkan tau2nya datang

      Hapus
    2. Yg video test rheinmetall gdf kemaren di thailand gan.

      Hapus
  7. Balasan
    1. trus knp? mau bantu lunasin

      Hapus
    2. Hutang Malon 1 b, bisa di lunasi dari pendapatan cukai judi halal dan di rihoi oleh daulat tuanku 😁

      Hapus
    3. Wang kopi terlalu boros jd tak beli satu pon,, rasuah sebabkan tak ada yg dibeli jiran, lanjutkan!

      Hapus
    4. Sok taublo...emang knp klo utang sgtu...itu jga u kepentingan negara dan rakyat...hk kayak negerimu...katanya kaya tapi miskin tibgkat tinggi

      Hapus
    5. Cuman bisa gitu doang ya lon. Bodoh sangat. Percuma ada google. Kami atau saya pribadi kalau mau ngejek kalian juga cari tahu dulu sebab suatu case. Bukn asal omong. Masih punya rasa takut keliatan bodoh. Tapi kalo gank malon malah seneng keliatan tololnya.

      Hapus
    6. utang om daruw ama WARTEG BAHARI menteng atas blom lunas2 ampe bulan 8 haha!🥳🥳🥳

      Hapus
  8. Super kenaikan positif Corona indon hari ini 3000

    BalasHapus
  9. Wooow ... Sukses F 16 MLU ini juga berarti pembelian pesawat pejuang SECOND akan menjadi pilihan yang diambil oleh Prabowo untuk Indon ..

    Tetapi sayang Prabowo masih X boleh berkunjung ke AS kerana masa lalunya yang sangat "Seram" di bidang hak asasi manusia (HAM) .. menculik .. membunuh dan menghilangkan sekelompok orang yang anti Suharto saat itu ...Padahal banyak pilihan barang SECOBD tersedia di Arizona Desert ...PIlih .. Pilih .. Pilih ... RM boleh ambil Tiga ..

    Ingat ... Prinsip pembelian barang second tetap berlaku .. Resiko Sepenuhnya Ditanggung Pembeli .....

    Mohon juga jangan marah ketika mendengar cemoohan dari pihak luar ... Yang penting tetap exist dan bergaya . walaupun guna Barang Second ..INDON BERGAYA .. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gue pikirin..yg pnting malon masih sembunyikan teruknya kerajjaan

      Hapus
    2. Kok gak ada ya berita2 aset malon belanja..apa sudah songlap apa teruk krn ApC ditolak UN
      Bousted teruk bina kapal.
      Rasuah rosmah Najib
      Tak ade KPK

      Hapus
    3. KPK di Malon namanya SPRM bro, tapi takut ma penguasa😁

      Hapus
    4. @Nomad ...ini kamu ya ...

      https://www.youtube.com/watch?v=4WqFHBPsJjU

      Hapus
    5. @Putrajaya.. ini kamu ya..

      https://www.youtube.com/watch?v=msqUwti4-90

      ish.. ish.. ish.. lembik sangat.. 😂😂

      Hapus
    6. Indonesia memang bukan negara kaya, Alhamdulillah masih bisa beli walau second, yg penting bs melindungi negara, kita masih bersyukur dari pada negara jiran yang beli second pun tak mampu.

      Abdul Aziz said they nearly got to procure the Nakhoda Ragam corvettes which were very similar to the Jebat class frigates. However due to budgetary reasons, the ex-Brunei corvettes went elsewhere, with reports suggesting that the three were by Indonesia

      Hapus
    7. Jelas2 malon itu slwlau sembunyikan teruknya..
      Jadi negara jangan iri dengki lon..suka hasut suka klaim
      Negara blm merdeka blm dwmokrasi
      Media dikekang kerajaan 😅😅😀👍

      Hapus
    8. Indonesia selalu berdiri sndri..

      Malon FpDa tak ade telor Hadang Bomber cina.
      Putrajaya?negara mu dah demokrasi blm
      Lama2 kami bongkar teruknya malon

      Hapus
    9. Malon bergaya dgn kerajaan yg tipu2 rakyatnya.

      Hapus
    10. Vita berahi salah design
      LCs salah potong
      UN pun diprank

      Hapus
    11. hahaha takda telur ke? Lawak sangat bomber cina tak perlu hadang nanti juga balik sendiri,, jet pejuang mrk takda minyak, jom lanjut ngopi

      Hapus
    12. Eh lon, malah bagus beli second. Bisa dapet segambreng. Dengan luas wilayah yang perlu di cover, masih lebih baik kuantiti yang diperlukan. Yang penting upgrade dulu sebelum masuk inventory.

      Hapus
  10. Jewawut26 Agustus 2020 03.52

    WADUH.....INI PASTI HOAX, TAK BETUL LE TU😁


    Da Boss Sivaji Min betul ke ada ura2 satu MKM dah out?

    Mohd Farhan Paan SG Da Boss Sivaji sebijik dah out of service.. No 02. Body frame crack.

    Faizal S Mohd Farhan Paan SG kerap sangat buat pertunjukan tak perlu.. Itu yang beri tekanan pada fizikal pesawat

    Azim Azmi Mohd Farhan Paan SG out of service terus ke? Kira jadi 17 je la?

    Mohd Farhan Paan SG Faizal S tula pasal

    Mohd Farhan Paan SG Azim Azmi ye xleh guna dah. Buat sparepart je.

    Da Boss Sivaji Malaysia Military Power dgr citer dah out of service terus

    Haziq Rosli menambahkan lagi ketakutan

    Far Reid Mcm su30skm seberang..trpaksa hantar ke belarus..untuk reset balik airframe...sbb hour airframe dh habis

    Aim Aim Alamak mcm mna boleh crack?? X boleh selamat ke mcm mna tu

    Mohd Faizul Russian ac nih pakai buang....dh cukup masa mmg kna tukar baru....x lama lg jd mcm mig la....satu persatu body crack...

    Saiful Ranger Micro crack?

    BalasHapus
  11. Jewawut26 Agustus 2020 03.52

    WADUH.....INI PASTI HOAX, TAK BETUL LE TU😁


    Da Boss Sivaji Min betul ke ada ura2 satu MKM dah out?

    Mohd Farhan Paan SG Da Boss Sivaji sebijik dah out of service.. No 02. Body frame crack.

    Faizal S Mohd Farhan Paan SG kerap sangat buat pertunjukan tak perlu.. Itu yang beri tekanan pada fizikal pesawat

    Azim Azmi Mohd Farhan Paan SG out of service terus ke? Kira jadi 17 je la?

    Mohd Farhan Paan SG Faizal S tula pasal

    Mohd Farhan Paan SG Azim Azmi ye xleh guna dah. Buat sparepart je.

    Da Boss Sivaji Malaysia Military Power dgr citer dah out of service terus

    Haziq Rosli menambahkan lagi ketakutan

    Far Reid Mcm su30skm seberang..trpaksa hantar ke belarus..untuk reset balik airframe...sbb hour airframe dh habis

    Aim Aim Alamak mcm mna boleh crack?? X boleh selamat ke mcm mna tu

    Mohd Faizul Russian ac nih pakai buang....dh cukup masa mmg kna tukar baru....x lama lg jd mcm mig la....satu persatu body crack...

    Saiful Ranger Micro crack?

    BalasHapus
  12. Jewawut26 Agustus 2020 03.52

    WADUH.....INI PASTI HOAX, TAK BETUL LE TU😁


    Da Boss Sivaji Min betul ke ada ura2 satu MKM dah out?

    Mohd Farhan Paan SG Da Boss Sivaji sebijik dah out of service.. No 02. Body frame crack.

    Faizal S Mohd Farhan Paan SG kerap sangat buat pertunjukan tak perlu.. Itu yang beri tekanan pada fizikal pesawat

    Azim Azmi Mohd Farhan Paan SG out of service terus ke? Kira jadi 17 je la?

    Mohd Farhan Paan SG Faizal S tula pasal

    Mohd Farhan Paan SG Azim Azmi ye xleh guna dah. Buat sparepart je.

    Da Boss Sivaji Malaysia Military Power dgr citer dah out of service terus

    Haziq Rosli menambahkan lagi ketakutan

    Far Reid Mcm su30skm seberang..trpaksa hantar ke belarus..untuk reset balik airframe...sbb hour airframe dh habis

    Aim Aim Alamak mcm mna boleh crack?? X boleh selamat ke mcm mna tu

    Mohd Faizul Russian ac nih pakai buang....dh cukup masa mmg kna tukar baru....x lama lg jd mcm mig la....satu persatu body crack...

    Saiful Ranger Micro crack?u

    BalasHapus
  13. "Hiburan sek lur................🎼🎵🎶🎹🎸🥁"

    https://youtu.be/3HEPOqUiKTw

    BalasHapus
  14. Kemampuan upgrade pesawat tempur ini pasti akan jadi modal yang sangat besar buat teknisi2 Indonesia untuk ngoprek pesawat2 tempur lainnya nanti. IFX pasti nanti juga bakal dioprek sama teknisi2 kita.

    BalasHapus
  15. Mana tuch A-4 skyhawk Malon yg tersisa di gurun ? Mau di aktivasi lagi guna gantiin MRCA si asap hitam MiG-29 N coz belum bisa beli baru Krn budget Ciput parah 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mimpi basah hornet ex Kuwait atau grippen e🤔🤔 ?

      Hapus
  16. Akhirnya selama puluhan THN baru f16 ada rudal jauhnya itu sedikit yg boleh dibeli,gak boleh banyak2.dan ingat peraturannya dan perjanjiannya ya
    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwklwkwlwkwkwkwkwlelwllwlwllw,........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjanjiannya ga boleh untuk tusbol sesama jantan.

      Hapus
    2. Ooowh jadi loe duta rudal!
      Alias kadal...

      Gambarnya pakai ANJING ya seharusnya kadal buntung donk

      Hahahahahahaha

      Hapus
    3. "Hiburan sek lur, ojo galak-galak, iki sindene ayu-ayu lho
      💃................🎼🎵🎶🎹🎸🥁"

      https://youtu.be/3HEPOqUiKTw

      Hapus
    4. Ingat gak boleh nembak sekutu as
      Dibaca lagi daftar perjanjiannya
      Sampai habis,ada puluhan itu daftar perjanjiannya wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwklwkwlwkwkwkwkwlelwllwl
      Dan gue yakin itu rudal pasti dibawah sekutunya, tingkat akut.
      Wkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwklwwlkwwlwlwlkwkwwlwlwlwlwlwlwlwlwlwlwlwl

      Hapus
    5. Aseeeek......

      Dangdut campursari koplo

      Goyang asik tapi takut istri

      😥😥😥😥😥😥😥

      Hapus
    6. guk2nya om woof2 haha!🥳🥳🥳
      dolo guwe jg bilang ini duta sheila on rudal haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    7. Yakin begitu mr rudal aka kadal. Masih asumsi jangan kebawa mimpi.

      Hapus
  17. Jewawut26 Agustus 2020 03.52

    WADUH.....INI PASTI HOAX, TAK BETUL LE TU😁


    Da Boss Sivaji Min betul ke ada ura2 satu MKM dah out?

    Mohd Farhan Paan SG Da Boss Sivaji sebijik dah out of service.. No 02. Body frame crack.

    Faizal S Mohd Farhan Paan SG kerap sangat buat pertunjukan tak perlu.. Itu yang beri tekanan pada fizikal pesawat

    Azim Azmi Mohd Farhan Paan SG out of service terus ke? Kira jadi 17 je la?

    Mohd Farhan Paan SG Faizal S tula pasal

    Mohd Farhan Paan SG Azim Azmi ye xleh guna dah. Buat sparepart je.

    Da Boss Sivaji Malaysia Military Power dgr citer dah out of service terus

    Haziq Rosli menambahkan lagi ketakutan

    Far Reid Mcm su30skm seberang..trpaksa hantar ke belarus..untuk reset balik airframe...sbb hour airframe dh habis

    Aim Aim Alamak mcm mna boleh crack?? X boleh selamat ke mcm mna tu

    Mohd Faizul Russian ac nih pakai buang....dh cukup masa mmg kna tukar baru....x lama lg jd mcm mig la....satu persatu body crack...

    Saiful Ranger Micro crack?u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg aq pikir ini pesawat tugas dan fungsinya buat tempur sergap atau hanya pesawat akrobatic ?��

      Hapus
    2. disebelah potonya om pit nanya ama mimin mdr jugak haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  18. Banyak negara asing menanam budi diIndonesia agar kelak bisa bersahabat dan tetap menjadi sahabat Indonesia.. mean while malondog gempur,putrajaya dll menanam kebencian diForum DS ini... Mana tau di forum ini kelak ada yg pd posisi pengambil kebijakan diRI ini kadung benci yg ditanam si gempur dan putrajaya CS,kelak malon malon akan ditinggal Indonesia krn sifat pendengki dan hasutnya..
    Waktu akan bicara pd saat yg tepat..camkan itu..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Energi negatif di hati dan pikiran akan menghambat jalan kemajuan di masa depan, apes selalu langkahnya 😁😁😁

      Hapus
  19. Pada akhirnya stupid id1ot melayu malondog hanya boleh bina nasi lemak dan ayam goyengg 😀😀😂

    BalasHapus
  20. Bina rifle vita birahi ketika ditarik triggernya.. Lampu kelap kelip yang muncul 😂😂😂 punya tentara makan tido makan tido. Giliran lomba menembak, bidik target yang terkena zubor wasit aussy yang tak bersalah dan berdosa 😂😂😂

    BalasHapus
  21. Engineer melayudog malonsia cuba bina kapal surface salah potong. Dapat assist dari french engineer malah pongah pakai idea sendiri dari kepala melayudog yang low iq diminta baja khusus malah sediakan besi rongsokan yang dibeli dipinggir bandar 😀😂😂 pada akhirnya kapalnya berkarat dan takut masuk ke air 😂😂😂 bodohnya melayudog

    BalasHapus
  22. Menurut daftar perjanjiannya
    Yg pertama hanya untuk akrobatik
    Seperti punya Malon f18nya.
    Yg kedua untuk parade,yg ketiga untuk patroli aja,dan radarnya pun masih pesa

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Lah, sukhoi radare rak yo isih pesa to kang......opo iso goge nembak pespure si Naga-Merah 🤔"

      https://youtu.be/o8UxpRFmGsY

      Hapus
    2. ........erghhhh, iyo bener "si naga merah", mbekne kuwatir kliru nulis "si beruang merah" 😂😂😂

      Hapus
    3. Yang keempat buat pajangan seperti mkm punya malon.
      Yang kelima tak boleh screamble pembom china yang jadi sekutu rusky.
      Yang keenam buat latihan dengan usa untuk dipelajari kelemahannya seperti mkm malon.

      Hapus
    4. Mas smiliy
      Kok pesanya Rusia itu sakti mandaraguna,beda pesanya as.kok pesanya as downgrade akut.dan juga Rusia gak punya sekutu diasia,sama cina hanya sebagai konsumen aja karna cina royal sama duit Uda gitu kok beli langsung tunai gak ada tot,offset dan imbal dagang bahkan produk rusia banyak yg dijiplak membuat Rusia gondok.
      Sama India kita gak ada masalah

      Hapus
  23. Buat kapal salah potong odong odong
    Beli kereta perisai ompong baja nipis odong odong
    Bina riffle vitamin berapi cam kalempong odong odong

    Malon negara odong odong, yang dicurinya pon ransum bekalan tentara unifill dari pasukan spanyol

    Ampun daah malon odonk odonk....
    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  24. mentri apa ini, ga bisa beli pesawat baru karena mahal. rakyat yg bayar pajak aja senang liat tni kuat.ini malah senang liat tni au pesawatnya tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebutin namanya siapa?
      Hayo berani gak...

      Hapus
    2. 🏃💨💨💨.......Bapake Tian 😬😬😬

      Hapus
    3. Mental pengecut bences, lempar opini langsung sembunyi di slempitan ketek bau.😀

      Hapus
    4. Bukan menterinya bro, yang boleh punya visi misi hanya sang raja, tapi raja sdh bilang tidak akan ada perang dlm 20 tahun


      https://m.detik.com/news/berita/d-4757526/menhan-prabowo-tak-boleh-punya-visi-sendiri

      Hapus
    5. Makanya jangan heran kalau sampai sekarang blm beli pesawat tempur

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20190330215855-4-63901/jokowi-sebut-20-tahun-tak-akan-ada-invasi-ke-ri

      Hapus
  25. Yg iri hati dengki itu pasti miskin kemampuan macam malon?
    Benerkan putrajaya banci

    BalasHapus
  26. Situs resmi PAL Indonesia mencatat sejarah perusahaan. Pendirian PAL Indonesia bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINE ESTABLISHMENT (ME) dan diresmikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1939.
    Pada masa pendudukan Jepang, perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124.

    Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL).



    Kemudian pada 15 April 1980, berdasarkan PP Nomor 4 Tahun 1980, status PAL Indonesiaberubah dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas.

    "Peran PAL semakin kuat setelah dikeluarkannya UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan di mana BUMN strategis diberi ruang yang lebih luas. Berdasarkan UU tersebut PAL secara profesional mengemban amanah sekaligus kewajiban untuk berperan aktif dalam mendukung pemenuhan kebutuhan alutista matra laut dan berperan sebagai pemandu utama (lead integrator) matra laut," tulis manajemen PAL, dikutip CNBC Indonesia, Jumat (28/8/2020).

    PAL Indonesia berlokasi di ujung Surabaya, dengan kegiatan bisnis utamanya meliputi :

    Memproduksi kapal perang dan kapal niaga
    Memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal
    Rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan kebutuhan klien
    "Saat ini kemampuan dan kualitas rancang bangun PAL diakui pasar internasional. Perusahaan disokong karyawan sejumlah 1.300 personil, dan telah menguasai pembangunan beragam produk-produk berkualitas," tulis manajemen.

    Jauh dgn BNS yg salah potong

    BalasHapus
  27. PERTEMUAN DIRJEN POTHAN KEMHAN DENGAN ATASE PERTAHANAN PERANCIS
    Senin, 24 Agustus 2020

    Senin (24/08/2020) Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si menerima kunjungan Wakil Atase Pertahanan Perancis Mr. David Cordier yang menggantikan Mr. Therry Thuiller yang masa tugasnya telah selesai.

    Dalam pertemuan tersebut Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh Pemerintah Perancis dalam membina kerjasama strategis “strategic partnership” kedua negara. Indonesia sangat menghargai segala komitmen dan dukungan yang telah diberikan pemerintah Perancis. Pertemuan ini menjadi salah satu bukti terjalinnya hubungan kerja sama yang baik antar kedua negara.

    Selanjutnya disampaikan bahwa antara Republik Indonesia dan Republik Perancis telah terjalin kerja sama pertahanan yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan ikut sertanya Ditjen Pothan Kemhan dalam forum bilateral tahunan Indonesia-France Defence Dialogue (IFDD).

    Kerja sama dalam bidang Industri Pertahanan yang telah terjalin selama 7 (tujuh) kali pertemuan secara resiprokal dengan hasil kesepakatan untuk membentuk Small Medium Enterprises Seminar (SMES) yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 November 2019 di Jakarta. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang industri pertahanan antara Indonesia dan Perancis yang diharapkan akan semakin berkembang dimasa mendatang.

    Pertemuan Dirjen Pothan Kemhan dengan Wakil Atase Pertahanan Perancis berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bagdatin/Dittekindhan).

    Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI

    BalasHapus
  28. Kesian indon, tak semua rakyat dapat vaksin, sebagian harus beli sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian Malon yg selalu di PRANK lembaga raja daulat tuanku yg hidup bermewah-mewah, rakyat Melayu Malon hanya wayang, dapat ampasnya doang😁

      Hapus
    2. Kenapa ngurusi kesehatan?
      Korang tak sehat lon???

      Hapus
  29. Bagi yang berminat dan masih menganggur .. Inah syart-syarat nak bekerja di Malaysia ...(pasti salaraynya oke banget .. Min. 3X lipat)..

    https://www.youtube.com/watch?v=MuQgOkniEkY

    JANGAN MALU YA JIKA MAHU MAKAN DAN MAJU .. TIDAK UNTOK INDON PEMALAS ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu kemanakah beruk2 KL?
      Malas atau tak punya keahlian dalam bekerja?

      Hapus
    2. Tampung dulu dan kasi kerja tu gelandangan di KL dan bukit bintang, belum yg di pinggiran yg berumah kandang ayam😁😁😁

      Hapus
    3. Bumiputera harus bisa berbahasa China dan Bangla bila pengen kerja di kilang usaha mereka, Krn BHS Melayu tak laku di kalangan China dan Bangla tempatan 👍👍👍

      Hapus
    4. Kasian, udah kehabisan bahan.. 😅

      Hapus
    5. Putrahaya panass dia
      Saya kasih pertnyaan dia gk bisa jawab nwgara aneh..gk ada TKI TKA malon bisa apa ekonominya.

      Ingat lon sejarah.

      Hapus
  30. Sebenarnya melayu malonsia sedang koyak. Dia pikir orang indonesia semuanya tidak well educated dan mencoba mangganti topik pembicaraan kearah selain military. Woi stup1d malonsia malayo ini blog military 😂😂😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bezalah .. Dimata warga kami yang memang suchi murni mulia perkasa dan cedik pandai ... Indo tetap level atau kastanya di bawa kami ... Itulah yang kami ketahui dan pelajarai di sekolah-sekolah Malaysia .. Bagi kami .. Melayu adalah MAlaysia .. Pusat Tamadun Alam Melayu Nusanatara (yang terdiri dari Indonesia, Brunei, Singapre dst yang ada di Kepuauan Melayu)) adalah Malaysia (Tanah Semenanjong) .. Penelitian yang kami lakkan (yang melibatkan university-university terkemuka di Malaysia yaitu UKM. USN dan UITM) membuktikan bahwa Tamadun Alam Melayu Nusantara beawal di Sungai Batu dan Lembah Bujang (2800 tahun yang lalu) .. Dari sinilah kemudian mulai menyebar ke seluruh alam melayu nusanatra sehingga seperti sekarang ....

      Wlaupun banyak dilawan dan dibantah .. tetapi UNESCO pun telah mengakuinya ..

      Hapus
    2. @putrajaya..benar kah?masak ras suku buangan menjajah tempat asalnya sendiri..contoh sriwijaya yg berpusat di palembang.. yang menjajah semenanjong mulai dari langkasuka..wkwkwk..kelakarnyer,tukang klaim ni

      Hapus
    3. cedik pandai ?

      hmmm.. nak mo prank UNIFIL dengan APC tak sesuai spesifikasi ko kata itu cedik pandai ?

      hmmm.. nak bina kapal RM 9 Billion salah potong berujung tak bisa bayar denda itu ko kata cedik pandai ?

      hmmm. nak MRO MKM dalem negri tapi mat puteh yg mengerjakan smuanya itu ko kata cedik pandai ? kok denger-denger ada salah satu yg engine nya crack ya ?

      hmm.. ada yang mo nambahin lagi barangkali.. 😁😁

      Hapus
    4. Hahah mana bkutinya..
      Budaya aja tak punya klaim sana sini malu je.
      Swkolah km kan tipu2
      Saya sudah bilang kerajaaamalon itu pandai sembumyikan fakta kejelekan negaramu.. akses media diabatasi tidak tau perkembangan diluar tetannga jiran biar malon berasa pandai tp tidak malah bodoh.
      Malon sudah demokrasi???

      Hapus
    5. Malon itu gak ada apanya yg buat maju hebat krn gabung komenwel fpda apalah..

      Hapus
    6. Hahaha...beruk malon tukang clain...kemarin UN di tipu,sekarang pun UNESCO ditipu

      Kerajaan tertua di Sumatra adalah kerajaan Melayu Jambi (Chu-po), yaitu Koying (abad 2 M), Tupo (abad ke 3 M), dan Kuntala/Kantoli (abad ke 5 M). Menurut cerita/tombo adat Lubuk Jambi yang diwarisi dari leluhur mengatakan bahwa disinilah lubuk (asal) orang Jambi, oleh karena itu daerah ini bernama Lubuk Jambi. Dalam tombo juga disebutkan di daerah ini terdapat sebuah istana kerajaan Kandis yang sudah lama hilang. Istana itu dinamakan istana Dhamna, berada di puncak bukit yang dikelilingi oleh sungai yang jernih. Penelusuran peninggalan kerajaan ini telah dilakukan selama 7 bulan (September 2008-April 2009), dan telah menemukan lokasi, artefak, dan puing-puing yang diduga kuat sebagai peninggalan Kandis dengan ciri-ciri lokasi mirip dengan sketsa Plato (347 SM) tentang Atlantis.

      Hapus
    7. Di daerah Jambi terdapat tiga kerajaan Melayu Tua yaitu, Koying, Tupo, dan Kantoli. Kerajaan Koying terdapat dalam catatan China yang dibuat oleh K’ang-tai dan Wan-chen dari wangsa Wu (222-208) tentang adanya negeri Koying

      Hapus
    8. Mantan dudunk..
      Biasa malon tuh gak trima realita msih sok amgkuh sok pgen bner mereka..

      Hapus
    9. Maklum om,KERAjaan gagal beruk malon,negara ga punya identitas plus kaum gagal otak...hahaha

      Hapus
  31. Merantau ke Malaysia dan Sukses .. TAHNIAH

    https://www.youtube.com/watch?v=DQwyqWdeq_Y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya donk
      Buktinya banyak orang indonesia sukses di malon.
      Ada yang jadi perdana menteri, jadi pengusaha kaya raya, jadi dokter, jadi dosen disana....

      Lalu kemana beruk beruk malon???

      Malas atau tak de kuality kalah bersaing dengan orang indonesia???

      Hapus
    2. Orang indo itu skill nya berkelas rajin kerja tak malas2an..
      Pribumi malon kemana ya

      Hapus
    3. Beruk asli Melayu or Bumiputera ? Sudah terjajah oleh China, Bangla dan Rohingnya. Bikin kedai runcit kecil pun tak mampu, kalah dgn warga Aceh

      Hapus
    4. @mbutreng..saya lihat di channel youtube maloners kalau orang indo umumnya berjualan seperti kedai runcit..

      Hapus
    5. ish.. ish.. ish.. sudah kehabisan bahan spertinya @Putrajaya hehe.. ujung-ujungnya hanya bual cipika cipiki tak penting.. kesian.. 😂😂

      Hapus
    6. Masih aja klaim dia..hahah

      Silahkan putrajaya klaim aja terus

      Hapus
    7. Bumiputera asli Malon cuma jadi sampah di negara sendiri 😀😀

      Hapus
  32. Ya saya sendiri ALHAMDULILLAH tak perlu mencari kerja di tanah orang melayu pondan malonsia 😀😀 WE ARE 270 MILLION PEOPLE. WHAT EXACTLY DO U THINK BOUT THAT?

    BalasHapus
  33. knapa pula kau bang,klo terlalu mikirin sakit jd tak produktif takda wang lalu tak bisa shopping senjata buat jaga negara,, CCG masuk halaman tak boleh usir soalnya lg covid,, teruk sangat tajut segala hal

    BalasHapus
  34. Tampung dulu dan kasi kerja tu gelandangan di KL dan bukit bintang, belum yg di pinggiran yg berumah rebahan ayam😁😁😁

    Bumiputera harus bisa berbahasa China dan Bangla bila pengen kerja di kilang usaha mereka, Krn BHS Melayu tak laku di kalangan China dan Bangla tempatan 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putrajya bakal ngeles tuh bro
      Maklum sok tamatan top 5 university konon😅😀

      Hapus
    2. Yap benar sekali om👍👍👍...itulah arti terjajah di negeri sendiri..hahahah

      Hapus
  35. Mantap om I S ini buat malon dan para kritikus tanpa arti,yang selalu menghina TNI.

    BalasHapus
  36. MIG29 tudm Smokey bandit sudah TAMAT...engineer malon tidak pandai merawat...next SU30MKM juga akan tamat...tidak pernah service besar...02 BODY FRAME CRACK...wakakakak

    Adoooooy "MALINGSIAL MENYEDIHKAN"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti malon pake pesawat Cessna buat gantiin MIG29 dan SU30 MKM. JF Sulfur 17, 2unit jadi di beli ga tuch sama malon.. 😆🤣

      Hapus
    2. Pesawat Cessna yg sperti ini tepatnya bro..

      https://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2020/08/EgBWEcXXoAA6nhn.jpg

      😂😂😂

      Hapus
    3. Yoi bro Ricochet. Memalukan sangatlah.

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  37. ...
    Hmm....NUSANTARA.

    kita tengok pendapat dari pihak NETRAL, akademisi mat-puteh kulit-putih luar-negeri.

    https://en.m.wikipedia.org/wiki/Nusantara

    "....The word NUSANTARA is taken from an oath by Gajah Mada in 1336, as written in the Old JAVANESE Pararaton and Nagarakretagama.[5]...."

    NUSANTARA from JAVA-IndONEsia.
    NUSANTARA adalah IndONEsia....!!!

    Lagi-lagi malaysia INFERiOR rendah-diri tidak punya karakter sehingga KLAiM meniru-niru MiLiK IndONEsia.

    NUSANTARA adalah sumpah MAJAPAHiT Jawa-IndONEsia.
    Jawa adalah IndONEsia.
    Suku Jawa berasal dari IndONEsia..!!!
    NUSANTARA adalah IndONEsia.

    Pengecut kau malaysia.
    NUSANTARA adalah MiLiK IndONEsia...!!!

    BalasHapus
  38. Berita malon di blog sini makin jauhh..maloner pada stress kecewa..klaim dimulai😀😀

    BalasHapus
  39. ..
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sriwijaya

    Sriwijaya
    negara kota yang berpusat di Pulau SUMATRA-IndONEsia.

    ".....Bukti awal mengenai keberadaan kerajaan ini berasal dari abad ke-7; seorang pendeta TiONGKOK dari Dinasti Tang, I Tsing, menulis bahwa ia mengunjungi Sriwijaya tahun 671 dan tinggal selama 6 bulan.
    ..................
    Pusat Sriwijaya
    Menurut Prasasti Kedukan Bukit, yang bertarikh 605 Saka (683 M), Kadatuan Sriwijaya pertama kali didirikan di sekitar PALEMBANG, di tepian Sungai Musi. ......."

    SRiWiJAYA from SUMATERA-IndONEsia.
    SRiWiJAYA adalah IndONEsia....!!!

    Lagi-lagi malaysia INFERiOR rendah-diri tidak punya karakter sehingga KLAiM meniru-niru MiLiK IndONEsia.

    Pusat SRiWiJAYA terletak di PALEMBANG Sumatra-IndONEsia.
    Suku melayu berasal dari Sumatera-IndONEsia..!!!
    Melayu adalah IndONEsia.
    TENGOK lah di link,
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia

    Pengecut kau malaysia.
    SRiWiJAYA adalah MiLiK IndONEsia...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      BUKAN hoax.

      BUKTi LiNK internet SRiWiJAYA,
      1) satu,
      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sriwijaya

      2) dua,
      https://en.m.wikipedia.org/wiki/Srivijaya

      Yang diatas ini adalah pendapat dari pihak NETRAL, akademisi mat-puteh kulit-putih luar-negeri.

      Hapus
  40. Bukan masalah Upgrade atau tidak Upgrade tetapi Jumlah Pesawatnya.
    Ya masa Negara Sebesar Indonesia hanya punya
    32 F16
    16 Sukhoi
    15 T50
    Dan
    28 Hawk

    BalasHapus
    Balasan
    1. F16 bakal ditambah. Berapa?

      Dari Versi baru yaitu Viper 24 unit.
      Dari US EDA F16 second sekitar 16-32 unit, bisa lebih dari itu.
      Dari ex Norway F16 second ada 50 unit.

      TA/FA-50 juga bakal ditambah sekitar 21-28 unit.

      Hapus
  41. Kemampuan dua pesawat tempur F-16 A/B Blok 15...


    Whatssss.... masih BLOK 15...??? wwkkwkwkwkwkwwkwkkwkw

    BalasHapus
  42. Wkwkwkwkwkw... SALAM Masih BLOK 15.... Asyikkkk.....wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk

      Salam mkm tail number 2 grounded

      Hapus
    2. Salam F18 hornet basic dan lapuk

      Asyik... nonton f18 basic meletup saat didepan tamu asing... Wkwkwkwkwk

      😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
  43. Iyalah segera gantilah
    Malulah kalau tak diganti

    Apa kata dunia, malon nak tipu tipu nge prank UNIFILL

    😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  44. Tapi kata kata "AKAN" itu membuat aku menjadi ambigu

    AKAN BILA BILA.....

    BWAHAHAHAHAHAHAHAHA
    😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  45. Kasihan rupanya masih block 15 .... wkwkwkwkwkwkw BLOK zaman Jepun tu bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiiik.... Nonton f18 basic meletup di depan tamu asing

      Sedap nian lihatnya

      Wkwkwkwkwkwk
      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
  46. Harus ganti lah,kalau ga ganti bs dituntun UN,krn malon nipu UN,hahaha

    BalasHapus
  47. hehe.. padahal sdh 4,5 tahun dihantar ke lubnan, kok baru sadarnya sekarang.. 😁😁

    memang luar biasa godaan wang kopi ya.. ssuurrpp.. 💰☕🤑

    BalasHapus
  48. https://m.republika.co.id/berita/qfp280484/usai-maung-pt-pindad-produksi-tank-boat-antasena-apc30

    Tank boat (APC) 2021 buat TNI AL.

    BalasHapus
  49. APC baru lagi akan masuk.... INDON pasti Jelous...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  50. @Putrajaya
    Wakakakak cerita karut Lembah Bujang...hanya reruntuhan candi kecil abad ke 11 Masehi (era sriwijaya)...peleburan besi...jeti kapal peninggalan Sriwijaya...dan tidak termasuk dan tidak diakui sebagai UNESCO HERRITAGE..😄😁😆

    UNESCO HERRITAGE milik Indonesia Candi Borobudur,Prambanan, Keris,Batik dllnya...

    NUSANTARA itu era Majapahit..😂🤣😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      Mantab pak@Meneers,

      Lain-kali kalau malaysia mulai menyinggung "nusantara" dan "sriwijaya"..... LANGSUNG diHANTAM saja pak..!

      Pakai bukti sahih link-internet pihak NETRAL luar-negeri.
      ...................
      Karena malaysia itu seperti "katak dalam tempurung", hasil cuci-otak "brain-wash" dari,
      1) partai UMNO
      2) dan raja-bangsawan KERAjaan malaysia daulat-tuanku.

      Hapus
  51. geng INDON Klaim F-16 mereka block 52 selepas di upgrade..ternyata ia rupanya masih Block 15... wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purr menyedihkan ya...SU3U-MKM NO.02 SUDAH RETAK STRUKTUR PESAWATnya....Adoooy ..padahal y
      Terbang pun jarang² ya..koq retak..🙃😉😂🤣😅

      Hapus
    2. Genk malon melongo
      Saat F18 hornet basic meletup didepan mata dan tamu orang asing

      Wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Basicnya emang blok 15 pur,, tapi kalau habis upgrade kira2 kemampuannya gmn? Oh ya lupa kau bengap kalau mikir, tukang hoaks lagi,,

      Hapus
  52. berita terkini....

    TERKINI : KERAJAAN Akan Ganti "Kenderaan Perisai APC" Yang Baru - Ismail Sabri


    link Rakaman
    https://www.youtube.com/watch?v=im1Tr0QniUE&feature=youtu.be&fbclid=IwAR3NETkoo1tGLsCoHaQy4dahYR0G3NhW5Tzn0vFc0soxN-4MkJoMKT8BW20

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan!!!
      Bila bila!!!

      Masih dalam kajian.
      Berita bual dari wartawan umno malon

      Wkwkwkwkwk

      😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Salam kenderaan nipis, downgrade dan ompong.

      Salam marah PBB

      Wkwkwkwkwkikikiki
      😂😂😂😂😂😂😁

      Hapus
    3. Adoooy...malu sangat lah...UN pun di PRANK MALON....😂🤣😅

      Hapus
    4. Cepat ganti... malu-maluin ASEAN aja...

      Hapus
  53. AKAN BILA BILA....
    Masih dalam kajian akan masuk

    Wakikikikiki

    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  54. ngapain jealous pur.. Anoa sdh lama berkhidmat di UNIFIL alhamdulillah tak pernah mengecewakan.. dan pastinya tak harus pake nge-prank sgala hehe.. 😁😁😁

    BalasHapus
  55. SALAM UNIFILL
    SALAM PBB MARAH MARAH
    SALAM KENDARAAN MALBATT NIPIS
    SALAM KENDARAAN MALBAT DOWNGRADE
    SALAM KENDARAAN MALBATT OMPONG

    wakwakwakwak
    Wikwikwikwik

    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  56. Asiiiik....
    Nonton f18 basic malon meletup di depan tamu asing

    Sedap nian lihatnya

    Wkwkwkwkwkwk
    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  57. Salam tank merkava israhell bukan kaleng kaleng cam kendaraan kaleng nipis downgrade ompong punya malbatt

    BalasHapus
  58. Asiiik resesi paling teruk cercah 17.1 perseratus.
    paling teruk dikawasan

    Sedap nian nasip si miskin malon

    Wakwakwakwakwak
    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Su mkm malon craker ya..
    Perlu Emlu pur hahha

    F16 kita berasa baru nih cihuyyy

    BalasHapus
  61. Salam kaleng nipis downgrade omponk malbatt akan diganti....

    Cari proyek buat nambah wang kopi dan rasuah

    salam... Malon punya wang tak

    Wkikikikiki
    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  62. BREAKING NEWS:

    Parlemen dinegri Mama Eli menitahkan utk mengurangi jumlah produksi fregat T-26. .....hanya jadi 3 unit saja 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya mereka masih trauma melihat kegagalan propulsi nan tjanggih yg disematkan pd fregat T45 yg juga akan digunakan pd fregat T26. .....yg akhirnya diganti bertahap dg propulsi yg lebih konvensional

      Hapus
  63. "Hallo @mat sabu ......apa masih ingat lagak sultan kalian yg satu ini, pas ketemu perawan cantik, di acara kerajaan di selangor 👇"

    https://youtu.be/R1Z5123uFGw

    BalasHapus
  64. wkwwkkwwkkw... Geng INDON tak dapat terima MALAYSIA akan dapatkan APC baru... dengar tu tender dah dibuka untuk pembelian...wkwkwkwkwkwkw

    APC GUARDIAN MRAP tu akan terus diguna untuk kegunaan pasukan pengaman MALAYSIA di LUBNAN... wkwkwkwkwwk

    INDON tak dapat terima ke...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwkwkwkwk...ketauan apache ambyar...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  65. Bagaimana tidak, pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat ini memungkinkan untuk dipersenjatai dengan senjata-senjata modern dan mematikan seperti, Advance Medium Range Air To Air Missile AAMRAM-C, Air Intercept Missile AIM-9 X, Laser JDAM, Air to Ground Missile AGM-65 D/G dan Advanced Targeting Pod. Dengan kemampuan tersebut maka pesawat F-16 A/B eMLU telah sejajar dengan pesawat tercanggih di kelasnya dalam hal combat effectiveness.
    ------------------

    wah salah tuch harusnya AGM-65K2, KL blom punyak nich, kesian ktinggalan jauuhhh haha!🚀🚀🚀

    BalasHapus
  66. oh yeah... BLOK 15 masih ya... itu versi ketinggalan zaman bro... sepatutnya Upgrade sudah ke versi BLOK 52..ternyata ia masih di BLOK 15 je...wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiiik....
      Nonton f18 basic malon meletup di depan tamu asing

      Sedap nian lihatnya

      Wkwkwkwkwkwk
      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Blok 15 78 kek..klo upgrade Emlu rasanya gimna pur..
      All sistem gooo

      Malon lapok

      Hapus
    3. Alhamdulilah fuuuuuuur...wlopun blok 15 msih bisa scramble,sukhoi malon pada tido yaaaa fuuuuur bomber china datang wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwj L E M A H....wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  67. Ayooo poor
    Jangan sembunyi lagi kalau sudah kalah ngetrool...

    Kamu ngetrool pasti ada balasan ngetroolnya yang lebih koyak

    Yakyakyakyakyak
    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  68. Yang masih pakai BLOK zaman jepun tu ketepi sikit....wkwkwkwkwkwkw tu pun baru 2 je di upgrade ASAS je...wwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiiik....
      Nonton f18 basic zaman firaun punya malon meletup di depan tamu asing

      Sedap nian lihatnya

      Wkwkwkwkwkwk
      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Yg tak ade aset baru tak usah ke blog sini hahha

      MKM malon lapokk

      Hapus
    3. Aku sangat menikmati melihat F18 meletup didepan tamu asing.

      Sedap nian liat rekamannya

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
  69. sembunyi apa ternyata geng INDON berhalunisasi sembang kononnya F-16 mereka sudah blok 52... ternyata ia masih blok 15... maksudnya selenggara upgrade yang biasa biasa saja...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa twrbang lama lagi..sistem baru

      Malon kuncup tiade aset
      LCS karatan.
      APC ngprank

      Hapus
  70. F-16 INDON memang sangat jauh ketinggalan dari F-16 Thailand dan Singapura... wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sangat menikmati melihat F18 basic butut meletup didepan tamu asing.

      Sedap nian liat rekamannya

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
  71. Mkm malon lapok lemah
    Bomber cina pun pusing2

    Lcs karatan
    Malon bye bye

    BalasHapus
  72. Yang masih pakai BLOK zaman jepun tu ketepi sikit....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbang lagi sistem baru
      Mkm looser

      Hapus
    2. Yang tak de telor scramble bomber china minggir d pojokan...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk LoOSER..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  73. MkM malon konon canggih tp tak ade telor scramble Bomber cina
    Terukk huhuu

    BalasHapus
  74. Ternyata masih BLOK 15.... wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blok 15 hanya basic angka tak ade mgaruh yg pnting terbang tinggi sistem baru radar baru canggih.

      Salam MKM lemah

      Hapus
    2. Ternyata jet pejuang malon bnyak yg grounded...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwmwkwkwkwkwkwkwjk

      Hapus
  75. Kebayang, besok kalo sudah punya Chinook .....enteng aja kalo mau mindahin mobile radar macam GM-400 apa Giraffe 4A ketempat-tempat yg sulit, macam perbukitan terjal disisi utara pulau natuna besar 🤔

    BalasHapus
  76. Gempur sakitnya disini..
    Blog malon sepi blog sini berita malon teruk hahha
    .
    Tak ade aset baru.gempur koyaok pussy

    BalasHapus
  77. Malon nak rasuah lagi cari kesempatan cari wang kopi dari unifill PBB.

    Katanya AKAN beli pengganti mobil baja nipis downgrade dan ompong yang kemarin dimarahi PBB

    Wak kikiki wak kikiki wak kikiki
    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poor apa isi ransum yang kau curi dari pasukan spanyol???

      Pisangkah???

      😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
  78. Asekkk purr upgrade sndri f16 dgn supervisi dri US hemat anggaran.

    Inilah beda skill indo sama malon jauhhh

    BalasHapus
  79. kamu lihat BLOK 15 dengan BLOK 52...jauh sangat tu bro... wkwkwkwkwkwkwkw

    malah BLOK 32 pun tak lepas....wkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu lihat tak dirakaman youtube F18 basic lapok malon meletup di depan tamu asing

      SEDAP nian lihatnya

      Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Kaihamn malon tiada asst baru
      Tak ade ape malon

      Gimna pur upgrad sndri luar biasa.
      Mkm mana tuh lemah

      Hapus
  80. la upgrade asas je, tak perlu hantar sampai US bro... BLOK 15 je pun... wkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan tak bisa trima awam kau haha
      F16 brani scramble Cina
      Mkm mana brani svramble cina

      Hapus
    2. Upgrade asas tak perlu panggil orang puteh broo

      Sedap nian lihat F18 meletop didepan tamu asing dalam rakaman youtube

      Sangat menghibur

      Wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Tapi berani adulah sama jet pejuang malon yang meletop itu....wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus