20 Agustus 2020

Ini Rincian Anggaran Alutsista per Angkatan pada APBN 2021

20 Agustus 2020

Pesawat CN235 TNI AL (photo : Mas Bayu Wibowo)

Pak Prabowo, Duit Alutsista TNI AU kok Lebih Gede dari AL-AD?

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada yang menarik dalam anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang nilainya mencapai Rp 136,9 triliun dalam RUU APBN Tahun Anggaran 2021.

Besaran anggaran Kemenhan ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam penjelasan Nota Keuangan dan RAPBN 2021.

"Itu sesuai dengan prioritas Kemenhan dan melihat tidak deviasi besar (peningkatan anggaran)," ujar Sri Mulyani, dalam konferensi pers, Jumat (14/8/2020).

Dari jumlah total anggaran bagi kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto tersebut, dialokasikan di antaranya untuk belanja pegawai, belanja barang, penyelesaian pekerjaan yang ditunda tahun anggaran 2020, dan anggaran kesehatan.

Selain itu, di tahun 2021, Kemenhan juga akan melanjutkan kegiatan prioritas dan strategis dalam rangka mendukung terwujudnya pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) guna menjamin tegaknya kedaulatan, terjaganya keutuhan wilayah NKRI, dan terlindunginya keselamatan bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

MEF adalah amanat pembangunan nasional bidang pertahanan keamanan sesuai dengan RPJMN 2010-2014 mengacu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2010.

Adapun yang menarik ialah alokasi anggaran ke kesatuan yang ternyata lebih tinggi untuk TNI Angkatan Udara (AD), disusul berikutnya TNI Angkatan Laut (AL) dan terakhir paling rendah TNI Angkatan Darat (AD).

Rincian anggaran per angkatan

Berikut rincian output yang akan dicapai oleh Kementerian Pertahanan Tahun Anggaran 2021 antara lain:

1. Dukungan pengadaan alutsista (alat utama sistem persenjataan) sebesar Rp 9.305,1 miliar (Rp 9,31 triliun);

2. Modernisasi dan harwat (pemeliharaan dan perawatan) alutsista antara lain sebagai berikut: 

- TNI AD sebesar Rp 2,65 triliun untuk pengadaan material dan alutsista strategis, dan untuk perawatan alutsista Arhanud, overhaul pesawat terbang dan heli angkut sebesar Rp 1,24 triliun, jadi total Rp 3,89 triliun.

- TNI AL sebesar Rp 3,75 triliun, antara lain pengadaan kapal patroli cepat, dan peningkatan pesawat udara matra laut, serta Rp 4,28 triliun untuk pemeliharaan dan perawatan alutsista dan komponen pendukung alutsista, total Rp 8,03 triliun.

- TNI AU sebesar Rp 1,19 triliun, antara lain pengadaan Penangkal Serangan Udara (PSU) dan material pendukung, serta pemeliharaan dan perawatan pesawat tempur sebesar Rp 7 triliun, total Rp 8,19 triliun.

Data tersebut mengacu pada dokumen Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA K/L) Tahun 2021.

Kementerian Pertahanan disebutkan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Sebagai perbandingan, sejak tahun 2016 hingga 2019, anggaran Kemenhan mengalami peningkatan setiap tahun, dengan diiringi kinerja penyerapan anggaran secara kumulatif sebesar 93% dari total pagu DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran), kinerja penyerapan belanja pegawai hingga 99%, diikuti dengan kinerja penyerapan anggaran belanja barang 97%.

Namun demikian, kinerja penyerapan anggaran belanja modal hanya sekitar 87% akibat dari proses pengadaan barang dan jasa militer yang bersumber dari PHLN (pinjaman/hibah luar negeri) tidak dapat secara optimal dilaksanakan di tahun berjalan akibat dinamika dan kebutuhan riil terhadap alutsista produksi luar negeri.

Tahun 2020, pagu DIPA Kemenhan yang tercantum dalam Perpres 72/2020 yaitu Rp 117,91 triliun yang terdiri atas belanja pegawai sebesar Rp 53 triliun, belanja barang sebesar Rp 30,54 triliun, dan belanja modal sebesar Rp 34,37 triliun.

Dalam rangka percepatan penanganan Covid 19, Kemenhan telah melakukan refocusing kegiatan dan realokasi kegiatan sebesar Rp 383,75 miliar.

Di samping itu, Kemenhan mendapat penambahan pagu berupa pergeseran dari BA BUN untuk pemenuhan alat material kesehatan (almatkes) untuk 110 Rumah Sakit Kemenhan/TNI dan almatkes Lapangan TNI serta penyiapan anggota komponen pendukung bidang kesehatan sebesar Rp 8,09 triliun.

(CNBC)

142 komentar:

  1. @mas PaluGada

    Terkait polemik pembelian fregat bekas utk mengisi kekurangan jumlah kapal perang TNI AL, seorang rekan sejawat dari negri sebrang pernah membuat analisa khusus utk TNI AL 🤗

    Analisa ini membahas ttg tantangan berat TNI AL dlm membangun kekuatan: disatu sisi terkait keterbatasan anggaran, sedang disisi lain sebagian besar armada ia orang yg dimiliki TNI AL sudah berusia tua.....diatas 25 tahun masa pengoperasian (Van speijk, LST, AOR. kapal tender)☝️.

    Kapal2 tua tsb, selain boros BBM.....juga perfomanya jauh menurun shg tidak sesuai utk menghadapi ancaman masa kini 🤔

    Godaan dr kondisi ini adalah dg membeli fregat bekas, selain harganya murah juga proses penerimaanya cepat.

    Sebuah jurnal dr Calhoun University yg ditulis oleh mahasiwa pasca sarjana RI membuat perbandingan Total Life Cycle Cost (TLCC) antara kapal perang bekas vs kapal perang baru. ....untuk kurun waktu pemakaian 25 thn kedepan.

    Yg dijadikan sampel adalah Van Speijk class vs Fatahillah class.....☝️

    Hasilnya menunjukkan, walaupun biaya awal pembelian kapal.perang bekas jauh lebih murah ketimbang kapal.perang baru, tapi setelah masa operasi 25 tahunan akan terlihat bahwa TLCC kapal.perang bekas ternyata lebih mahal ketimbang TLCC kapal perang baru 🌠🌠🌠

    Bahkan jika kapal.perang bekas tsb diberikan secara gratis pun.....setelah pengoperasian 25 tahun, tetap masih lebih tinggi ketimbang kapal.perang baru. Padahal performa sistem sensor dan persenjataannya sudah tidak optimal
    😇

    Balik lagi kesaran rekan sejawat tadi dlm menjawab tantangan yg dihadapi TNI AL adalah dg membeli hull kapal.perang baru yg sudah bisa diproduksi didalam negri, untuk menekan biaya ☝️

    Dalam hal ini TNI AL membeli hull PKR_Kosongan (walaupun belum seluruh bagiannya diproduksi didalam negri), dan diperlengkapi secara terbatas (tanpa sensor, CMS dan persenjataannya) ....dan difungsikan lebih dulu sbg kapal OPV.

    Baru setelah tersedia anggaran yg mencukupi ....bolehlah OPV (PKR_Kosongan) ini diperlengkapi dg benar dan naik tingkat menjadi kapal kombatan utama. Sebab biaya pengadaan SEWACO inilah yg menyita porsi yg cukup besar.

    Dg mengoperasikan aset "hull" berteknologi baru, selain memberikan platform yg menjamin kemampuan dlm menghadapi tantangan terkini juga memberikan jawaban mengenai masalah yg berkaitan dg aspek logistik dan perawatan kapal 🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben dapet pertamax mase..
      dan tumben juga komene panjang temen.

      https://youtu.be/8fCFv1vIL1Y

      Hapus
    2. Iki mau blog ke tak jamming ben komen liyane ra iso mlebu 😂😂😂

      Hapus
    3. Kethokee bar nyuci gamane sing khodam manuk prenjak iki🤭🤭🤫

      Hapus
    4. Enggih mbah.....ngangge boso Indonesia jebul kepenak, ning kurang mak greget rasane 😂😂😂

      Hapus
    5. nahh kan gini ena bacanya, panjang dan laaammaaa.
      moso tiap om smilikitiy komeng guwe mesti ke warteg..kan repot haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    6. Saya juga setuju, daripada beli bekas mendingan dananya beli sekalian 4unit iver biarpun jadinya lama. Untuk stop gap mendingan beli itu S400, NASAMS2, Bastion P untuk menangkis pespur, pesawat bomber, destroyer tiongkok yg tiba-tiba masuk wilayah indonesia. Dan mungkin aja nanti ada rudal nyasar yg masuk ke wilayah indonesia apabila jadi perang US vs Tiongkok.

      Hapus
    7. Bonus......Iver fullgear 💪💪💪

      https://youtu.be/QFtBtGdkn7g

      Hapus
    8. Alhamdulillah.. link'a beneran ga ketipu.. 😁

      Hapus
    9. Hhaaahaaa kenapa om biasa kena tipu si mbah ya 😁

      Hapus
    10. Emang bener mas, beli alutsista yg murah di awal namun mahal di perawatan bakal ngedampak di modernisasi alutsista.

      Contoh, Su MKM malon.
      Beli murah dan barteran, eh biaya harwat dari Sukhoi mencekik leher.

      Hapus
    11. Sayange Iver belum layak disebut sbg kapal yg diproduksi didalam negri.....krn prosesnya yg masih panjang.

      Tinggal PKR dan KCR-60 yg memenuhi syarat.....sementara KCR-60 punya keterbatasan enduran dan kemampuannya bertahan pd kondisi ombak yg besar

      Hapus
    12. Jurnalnya bisa dibaca orang luar secara gratis?
      Saya tertarik baca kalau studi kasus seperti itu.

      Hapus
    13. Sebagian bisa diakses umum kok om....tapi ada juga yg berbayar, berapa dollar gitu

      Hapus
    14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    15. ya itu rasanya jengkel sampai ke ubun2 kalau muncul ide2 beli second, jauh lebih untunglah beli baru meski pun awalnya kosongan' dr tot jelas kita dapat untung, dr perawatan terus karena kita beli kosongan isiannya pun kita bisa sesuaikan jaman secara step by step' kecuali udah memang bener2 terdesaklah beli2 yg second, isu lcs jangan dijadikan alasan untuk beli2 second, 10 tahun lg pon us vs china belum tentu bener2 fight' mereka pun gk bodoh mau hancur karena perang, kalau mereka bener2 perang dunia pasti lumpuh, waspada boleh tp tetep gunakan akal sehat dalam pengadaan alutsista.

      Hapus
    16. Iver emang bener2 bahenol 😍😍
      Iver masih bisa dikembangkan jd destroyer murni 💪💪💪

      Hapus
    17. Tenang tulang UU pertahanan skrg gak boleh beli alutsista second.

      Hapus
  2. BREAKING NEWS

    DEMI MENYAINGI SUKHOI INDIA AIROD SUKSES UJICOBA RUDAL BARU UNTUK ARMADA MKM












    RUDAL ASAP
    TUK PARADE





    WKWKWK

    BalasHapus
  3. Kata GempurWaria:

    MALAYSIA- 7 kes positif dan tiada kematian
    indon- 2.266 kes positif dan 72 kematian

    Tapi ekonomi minus 17%
    Muncul strain baru D614G
    daan Gowind tak cecah2 air

    Malasyah truly bullshit of Asiaaaa

    BalasHapus
  4. Negeri teman Vanuatu pun bersedih lihat budget pertahanan indonesia bertambah 😁

    BalasHapus
  5. Bangun Lo GempurWaria, gue mau denger bacot lo yg setinggi langit

    BalasHapus
  6. ...PUR, kowe wis turu...urung ?

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  7. berita neng duwur, dijabarin blonjo po ae?

    aku ra mudeng re ??
    po blonjo motor muluk ra pakle, sukro, piper, yuropaijo.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di iyani ae 😁😁 toh nanti belanjane jg barang2 tak terduga 🤯

      Hapus
    2. Walaaah....
      😂😂😂😂😂

      Hapus
  8. ...lagu TARLING di Indramayu - JABAR, persembahan buat Mas Smile dan Mbah GONO

    enak banget buat JOGED lho

    👇👇👇

    https://youtu.be/nu6UtroSYmA














    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...jang ESSEN, juga goyang coyyyy

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Suwun, suwun kang Jack....ayo kapan sepeda an neng jogja via JJLS, mengakui tak enteni neng NYIA ✈️🛩🤗

      Hapus
    3. Kulan akang jendral....
      Aku mau digoyang oleh agen escort pemberian bung@hari

      Hapus
    4. ...Mas Smile kapan yach ?

      nunggu dulu TOL, Bandung - Cilacap, Cilacap - Yogyakarta, Cilacap - Tegal

      rampung disit, mungkin




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. Akang jenderal ini jalan TOL nya sudah siap dilalui

      https://youtu.be/ehmlHwOuq0c

      Hapus
    6. Mas@ jend.. Lagune kurang hot iki😩😟

      Hapus
    7. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    8. ...Mbah GONO tapi, kendang dan ritme musiknya itu lho...yang bikin kaga nahan

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    9. Mas@gono iku lagune kroncong maestro dedi kempot ???

      Hapus
    10. Ritmene slowly bgt.. Kurang hot.. Mending ngrungokke music DJ Soda wae 😁🤗🕺🕺

      Hapus
    11. ...dirungone nganggo HEADSET, ben pulen sworone

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  9. AD jealous ke AU? kgk aneh sih jaman suharto jadi anak emas 😎 skrang kgk ada diistimewain, anggaran plng banyak utk gaji anggota yg plng banyak adalah AD krn personilnye plng banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya dana lebih banyak untuk AL, baru AU dan AD. Indonesia negara maritim, lebih luas lautnya dari daratannya. Katanya mau menuju ke Blue Water Navy. Ok lah kalo diutamakan AU, sebagai pre empetive strike tapi harus banyakin pespurnya.

      Hapus
    2. “Kita musti mempunyai angkatan darat yang kuat, angkatan laut yang kuat, angkatan udara yang kuat. Ketiga-tiganya harus sekuat mungkin […] kita tidak bisa kuat tanpa Angkatan Udara yang sekuat-kuatnya," kata Soekarno.

      Hapus
    3. Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern, dan jika angkatan perang kita hendak berdiri setaraf, setinggi, sederajat dengan angkatan perang dunia internasional, kita harus mempunyai angkatan perang yang sebaik-baiknya, demikian founding father Presiden Soekarno mengatakan pada awal berdirinya TNI Angkatan Udara.

      Hapus
  10. PT PAL siap membantu sodara serumpun malaysia untuk menyiapkan gowind stealth frigate? atas nama bangsa serumpun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Preeet
      Minta aja ke english, bukannya malon lebih suka menjaga pintu istana english.

      Malon itu bukannya menjaga martabat sebagai rumpun melayu, malah membuat jatuh orang melayu asli saja, dengan menjaga pintu istana english cam anjing penjaga.

      Hapus
    2. Wani piro Lon!!!

      Negaramu ada duit ga buat bayar engineer PT. PAL??

      Tapi bukannya malon buat kapal maharajalela di supervisi mat puteh DCNS ya? Kok malah minta bantuan ke PT. PAL

      🤦‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    3. “PT PAL siap membantu sodara serumpun malaysia untuk menyiapkan gowind stealth frigate”

      Emang iya gitu mau bantu ?

      Ko sdh tanyakan pada direksi nya langsung ato cuma ke office boy yg lagi bersihin toilet ?

      🤣🤣

      Hapus
  11. https://youtu.be/BgdWNryUhr0
    pesenan marinir kah?

    BalasHapus
  12. Kira2 butuh dana berapa ya buat meminang 3 fregat bekas ini??? 🤔🤔🤔
    https://www.instagram.com/p/CEHUwD7lUR5/?igshid=k7ilyzgvlk3u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang baju putih dan pakai blue jeans aja deh buat aku. Yang lainnya buat kamu.

      Hapus
  13. Berita baru broo..

    Apa bisa🧐🧐.. Israel🇮🇱 pasti ikut "menekan"😬😬

    http://worlddefencenews.blogspot.com/2020/08/us-is-considering-to-sell-f-35-stealth.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kan kapan hari itu malah israel mengundang petinggi militer UAE meninjau armada pesawat F35 milik israel to mbah 🤷

      Hapus
    2. https://www.i24news.tv/en/news/israel/178686-180704-sources-tell-i24news-israel-hosted-uae-military-delegation-to-review-f-35s

      Hapus
    3. Aq Ora yakin iki, Israel "OPO GELEM" lahir bathin?( neng kawasan ono sing nduwe F35 ugo). iso2 🇦🇪 gawe " Permainan politi "🧐🧐🧐😎

      Hapus
    4. Tuhkan.... 🧐🧐😎

      https://www.airspace-review.com/2020/08/21/uni-emirat-arab-ingin-membeli-banyak-f-35-israel-tidak-setuju/

      Hapus
  14. Untuk efisiensi angggaran 2021 ... tampaknya tawaran Malaysia untuk memberikan hibah secara gratis 2 unit LCS type Gowindnya (LCS 2 dan LCS 3) yang masih dalam konstruksi di galangan kapal BNS mereka ...Setelah kita ambil alih kemudian PTPAL dapat meanjutkan pembuatannya hingga selesai setela dilakukann perbaikan design di sana sini ..

    Bayangkan kita bisa mendapatkan 2 frigate stealth Gowind 3,100 ton hanya dengan mengeluarkan beaya kurang dari USD 100 million (@ masing-masing USD 50 million) ..Kemudian tinggal melengkapi kapal tersebut dengan sistem senjata dan elektrnika yang kita inginkan sendiri sesuai kebutuhan kita ..

    Bahkan jika project kedua LCS itu berhasi .. ada peluang bagi PT PAL untuk mlanjutkan 3 unit LCS lainnya milik Malaysia untuk dibangun di galangan PT PAL nantinya ...

    Ingat ini adalah pertimbangan bsnis saja .. Tak ada pertimbangan lainm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa kapal sdh cacat dr awal, g akan segampang membalikkan telapak tangan utk meneruskan LCS malonte, kenapa??? Blueprint dr LCS sendiri a.k.a gowind yg asli punya panjang 102m tp oleh malonte d perpanjang 111m ,berat awal 2500ton jadi 3100ton, masalahnya dmn????? Masalahnya adalah apakah BASTARD NOUGHTY SHITYARD (BNS) punya kapasitas n kapabilitas dalam merubah n memperhitungkan ulang suatu design yg sdh baku????? Krn dari proyek2 pembangunan sebelumnya yg banyak sekali penyimpangan sehingga ketika kapal jadi banyak yg tdk sesuai dgn spek yg d ajukan awal xaxaxaxaxaxaxa bahkan alat steel cuttingpun tak punya xaxaxaxaxaxa punya kepakaran?????, bisa2 Indonesia ketipu cuma beli kapal cacat rongsokan xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛

      Hapus
    2. Lebih bagus beli kapal bekas jerman walaupun tua sikit daripada beli kapal cacat.😁

      Hapus
    3. Itulah tugas PT PAL untuk melakukan evaluasi menyeluruh ..apakah tetap menggunakan design awal 2500 ons ata design yanbg sudah dirubah menjadi 3100 ton itu .. Pilihan ada di pihak kita .. tetapi yang pasti jauh lebih hemat daripada beli kapal bekas rongsokan yanbg sudah uzur ...

      Jangan lupa beaya opearsi kapal baru pasti lebih murah daripada kapal uzur ....

      Hapus
    4. Designnya gowind malon sudah 3100 ton bambank...
      Apanya yg hemat beli kapal cacat...???
      Malon aja minta dana yg besar buat betulkan nie kapal.

      Hapus
    5. Kapal malon cacat belum di lengkapi CMS & sensor ditambah lagi gak ada persenjataan..mesin juga belum ada...

      Ya bagus PT.PAL buat PKR lebih jelas.

      Hapus
    6. Rugi beli lambung kosong, lebih baik bikin baru. Trickling down lokal lebih banyak. Kalau harus perbaiki desain malah lebih rugi lagi.

      Kalau mau lambung kosong lebih baik ambil Slava di Ukraina.

      Hapus
  15. Dukungan pengadaan alutsista (alat utama sistem persenjataan) sebesar Rp 9.305,1 miliar (Rp 9,31 triliun);

    Pagu untuk Alutsista hanya 9 triliun rupiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalokmu piro ndar????? Duwek sakmono d nggo tuku krupuk gawe awakmu, opo awakmu sanggup nguntal ngenteke???? Xaxaxaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛

      Hapus
    2. Kalo 25-50 Triliun Rupiah. Ada ga ya negara yg mau kasih kredit ekspor alutsista ke Indonesia sekarang ini?

      Hapus
  16. Lumayan sih segitu buat nambah Alutsista tambahan, tapi bersyukurlah gpp yg penting belanja terus dan berinovasi

    BalasHapus
  17. Invest in healthcare would be wiser

    BalasHapus
    Balasan
    1. Investment in education would be better than healthcare. Some areas have high end equipment but no personnel capable of using them. There are problems with our healthcare system, but I don't think throwing money at it will solve them.

      Defense is actually a job creation program. Probably the only one that can give short term economic benefits in the current condition. Sadly.

      Hapus
  18. Gan kasel type 214 turki jadi ga nih apa lanjut changbogo korea? Dan klewang kapan mulai berlayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasel 214 turki belum ada kabar lagi. Changbogo lanjut buat 3unit lagi.

      Insya Allah Klewang berlayar 10 Oktober HUT TNI.

      Hapus
    2. Cari aman belajar dulu aja hingga faseh buat KS dari korea.

      Kita baru belajar masih tahap joint section belum tahap hingga pembuatan hull di pt.pal.

      Step by step.
      Jangan kaya malon.

      Hapus
  19. Kritik RAPBN 2021, Pengamat: Kalau Pulihkan Ekonomi Bukan Anggaran Kemhan dan Polri yang Naik, Tapi UMKM


    Anggaran belanja Kementerian Pertahanan dan juga Polri kembali dinaikan di dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2021.

    Hal ini menuai kritik dari Kepala Institut Harkat Negeri Awali Rizky, karena kedua kementerian dan lembaga (K/L) tersebut tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap pemulihan ekonomi dimasa pandemik Covid-19.

    "Ini kenapa ya anggaran kementerian pertahanan dan anggaran polisi yang naik pesat? Dibandingkan ekstremnya kementerian UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)," ujar Awali Rizky dalam diskusi virtual Smart FM, Sabtu (15/8).

    Sebagai perbandingannya, ia menyebutkan besaran anggaran Kemenhan di RAPBN 2021 mencapai Rp 137 triliun, lebih besar dari outlook 2020 sejumlah Rp 117,9 trliun.

    Sementara anggaran untuk Polri naik dari outlook tahun 2020 sebesar Rp 92,6 triliun menjadi Rp 112 triliun.

    "Saya tidak tahu argumen ini ya (anggaran Kemenhan dan Polri naik). Saya sudah banyak bicara ini, stres juga ya. Bagaimana Kementerian Koperasi dan UMKM hanya Rp 198 miliar," sambung Awali Rizky.

    "Artinya kalau kita ingin recovery (pemulihan ekonomi) UMKM-nya harus lebih diperhatikan," tandasnya



    link
    https://www.gelora.co/2020/08/kritik-rapbn-2021-pengamat-kalau.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pikirkan aja anggaran negara ko malon...gak usah pikir anggaran negara lain.

      Jangan lupa malon bayar utang ya 😁

      Hapus
    2. Bwahahahhahahahhaa... Mental koyak nih ye..??? kesiiiaaann seekor MELAYU MALONS satu ini..😂😂😂😂😂😂😂😂.

      Kau mau cakap apapun utk menutupi bangkai MALON.. tetap saja FAKTANYA sekarang yg sedang krisis parah adalah MALONS karena ekonomi MENGUNCUP Teruk -17% terbesar di ASEAN.. kahkahkahkahkah..

      Indonesia shoooping-shopiiing.. MALONS BODOH MISKIN cuma melompong di jamban.!! bwahahahahhahahahaa.. bwahahhahahahhahahaa.. 😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. Ko Piki saja itu kuncup 17 per ratus pur..wkwkwkwk

      Hapus
  20. Wkwkwkwkwkwkwkwkw....

    TNI dan POLRI adalah penggerak Ekonomi INDON ke macamana tu...??? wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwhahahahahhahahahhaaa.., seekor MALONS BODOH MISKIN Jealous anggaran peetahanan Indonesia naik menjadi $9,3 billion.,.. 😂😂😂😂😂😂

      Pasti sakit sekali ye... sampai mental koyak kek gitu..?? wakkakakakakakkakakaka..

      Yuhuuuuuuuu.. MALONS MISKIN.. sila menangis dibucu katil..!!! kahkahkahkahkahkah.. mantaaaaappp...

      Hapus
    2. Ketika anggaran semakin tinggi maka pasti akan diikuti kesejahteraan personil. Jika personil sejahtera (di beri gaji dll) maka otomatis personil akan menjadi konsumtif ke barang" baru. Hal ini akan menggerakkan perekonomian karena pedagang kebanjiran pembeli dan terakhir akan menyejahterakan petani (penyedia barang baku)




      @gempurgila gitu lo analisis pakek otak jangan pakai dubor KEHKEHKEH

      Hapus
    3. BHAHAHA GA NGERTI KARENA MEMANG ALAM PIKIRAN MELAYU SATU NI TERBATAS, BAPAK KAU BUANG2 DUIT KIRIM LO KE SEKOLAH KALO GINI, AMBOII KASIHAN ORG 1 NI

      Hapus
  21. bro ekonomi nak diselamatkan adalah yang berkaitan sektor ekonomi bukan naikkan budget pertahanan berbanding sektor yang berkaitan ekonomi.... semakin aneh ya...wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekonomi kami masih aman lon ratio hutabg juga aman beza dengan kau,tak punya miror ke hutang numpuk najib rasua,ekonomi minus berat dan militer tak berkembang percuma lah

      Nih lon gw perbaiki dlu otak lu ⚒🛠

      Hapus
    2. Bwahahahhahahahhaa... Mental koyak nih ye..??? kesiiiaaann seekor MELAYU MALONS satu ini..😂😂😂😂😂😂😂😂.

      Kau mau cakap apapun utk menutupi bangkai MALON.. tetap saja FAKTANYA sekarang yg sedang krisis parah adalah MALONS karena ekonomi MENGUNCUP Teruk -17% terbesar di ASEAN.. kahkahkahkahkah..

      Indonesia shoooping-shopiiing.. MALONS BODOH MISKIN cuma melompong di jamban.!! bwahahahahhahahahaa.. bwahahhahahahhahahaa.. 😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. Ketika anggaran semakin tinggi maka pasti akan diikuti kesejahteraan personil. Jika personil sejahtera (di beri gaji dll) maka otomatis personil akan menjadi konsumtif ke barang" baru. Hal ini akan menggerakkan perekonomian karena pedagang kebanjiran pembeli dan terakhir akan menyejahterakan petani (penyedia barang baku)




      @gempurgila gitu lo analisis pakek otak jangan pakai dubor KEHKEHKEH

      Hapus
    4. NAH KAN GOBLOKNYA KELIATAN, UNTUK MELINDUNGI KEPENTINGAN EKONOMI PERTAHANAN HARUS DITINGKATKAN DAN SEMUA ITU BUTUH ANGGARAN, PERTAHANAN BUKAN CUMA BELANJA ALAT PERANG, BANYAK HAL2 LAIN YG PERLU DIBANGUN, MAU TAU?? MALAS JELASINNYA SATU2 KE ORG KAYA LO, GAK AKAN NGERTI DAN GA NYAMPE JUGA ALAM PIKIR BANGSA MELAYU SEBERANG

      WKWKWK MEMANG JUARA KEDENGKUT KAU LON

      Hapus
    5. Kok aneh pur.mmbngun ekonomi dan pertahanan harus paralel.dibidang ekonomi harus ada investasi utk pembngunan.di pertahanan jg begitu.cb liat negara maju.gk usah jauh2 lht china.ekonomi kuat.pertahanan kuat.cb klu dari dulu dia gk investasi bnyak utk pertahanannya.sdh hbs dia diganggu negara lain.jd itu dia pur .hrs paralel

      Hapus
  22. Untuk @Norman Hakim tolol,..

    Untuk apa 2 fregat gowind kopongan malingsia kita ambil alih...?

    Lu nggk tau klo rangka struktur gowind yg mereka buat cacat..?

    Enjiner mereka goblok, gw ragu itu barang mulus walaupun masih kopongan. Ada cacat struktur & desain. Perlu dibongkar ulang lagi & nambah biaya sana sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagian juga dia ngarang om Bayu.
      Berita dari mana malon mau hibahkan LCS cacat.

      Hapus
  23. https://bogor.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-08679767/kabar-reshuffle-kabinet-jokowi-kian-santer-prabowo-subianto-disebut-bergeser-jadi-menteri-pertanian

    Wah pak hadi katanya mau gantikan posisi pak bowo yg sekarang.

    BalasHapus
  24. Lihat data diatas.. th 2020 Indonesia memiliki dana Rp30,54 trilliun atau sekitar $2 billion dollar utk shopiiing2 aset militer baru.. xixixiixixixixi..

    MALONS MENGUNCUP MISKIN sorry ye,,!!! kahkahkahkahkah..

    BalasHapus
  25. https://beritamerdeka.net/news/prabowo-dirotasi-ke-menteri-pertanian-sandi-dan-ahy-masuk-kabinet-jokowi/index.html

    Apa ini benar👆👆?? Jika benar say good bye to rafale, fregat second, gowind, SCORPENE. Ini bang wowo mau buat gebrakan alur malah mau di ganti 😭😢hadeeehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi malah lebih lancar, Pak Hadi ini Sekolah Staff dan Komando di francis 2th lho..

      Hapus
  26. Jujur 2016 sampai 2019 anggaran pertahanan meningkat ?? Fakta nya belli pistol tidak . di bidang pertahanan militer dan bersembada pangan gagal total bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakkakakakkakaa.. sekelas beli pistol samapi perlu dipublikasikan ke masyarakat kah..???

      Kau kira MALONS BODOH MISKIN..?? baru beli handy talky gemuruh sampai Fir'aun bangkit dari kubur,, bwhahahahhahahahahhaa..

      BODOHNYAA MALOONS MISKIN.., 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅😅

      Hapus
    2. Lebay lu ahh masa beli pistol nggak ke beli.

      Hapus
    3. Tengok tuh negaramu MALONS MENGUNCUP teruk ekonominya..,!!! terburuk di ASEAN.. kahkahkahkahkahkah..

      Mau sembang apa lagi kau MELAYU MALONS BODOH.,??? 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
  27. Berati untuk AL akan produksi dlm negeri sndri spt KCR PKr IVer

    BalasHapus
  28. Yeew gempur malon makin koyakk
    Bye malonn

    BalasHapus
  29. Penggerak ekonomi malon adalah Najib dan Rosmah, yaitu penggerak ekonomi Menguncup



    Bwahahahahhahaha 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  30. sebenarnya ane ngk paham isi paragraf diatas... haha.. Soalnya ada kalimat ini..👇👇

    "Tahun 2020, pagu DIPA Kemenhan yang tercantum dalam Perpres 72/2020 yaitu Rp 117,91 triliun yang terdiri atas belanja pegawai sebesar Rp 53 triliun, belanja barang sebesar Rp 30,54 triliun, dan belanja modal sebesar Rp 34,37 triliun."


    Maklumlah sipil ya., 😁😁.. Kalau pakai itu2ngan ngawurku.. Th 2021 anggaran Pertahanan Indonesia Rp136 trilliun, Belanja pegawai naik menjadi Rp 63 trilliun karena melaksanakan instruksi presiden utk kesejahteraan prajurit lebih diperhatikan lagi.

    Belanja barang juga naik menjadi Rp40 trilliun, sedangkan Belanja modal Rp32 trilliun.

    Om woof woof dimana ya..?? haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanja pegawai : gaji, tunjangan, uang makan dll

      Belanja barang : barang habis pakai seperti alat tulis kantor , prnter, komputer, atau barang yang bukan aset

      Belanja modal : belanja benda yang sifatnya tahan lama dan akan menjadi aset seperti gedung dan bangunan kantor dan fasilitas lain, alat dan mesin juga masuk belanja modal, alutsista termasuk mesin.

      Hapus
  31. RM 9 Billion habis untuk besi Rongsok dan balon Kuning,

    kalau uang RM 9 billion segitu di berikan pada Rohingya, pasti Rohingya dapat bina Bot Kayu Siluman Type Destroyer



    Otak malon di bawah kai Rohingya Hwahahahahahahwahha 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  32. Segenap Jajaran Mulai dari Kaisar sampai dengan Gembel yang ada di Kerajaan Eswatini mengucapkan

    "WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWK"

    atas ulang tahun ke-8 LCS Merogolela di darat semoga makin karat ompong dan Salah fotong 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  33. Fir'aun akan tertawa guling guling bila bangkit dari mumi melihat lcs Merogollela, Batu Blok2 Pyramid yg sebesar gunung aja gak ada yg Salah Potong



    Wkwkwkkwkwkwkwkwkkwkkwkwkkwkwkw....😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  34. Enjiner Melayu seberang belajar motong kain dulu deh, ga usah motong besi, bikin malu se ASEAN aja

    BalasHapus
  35. JANGAN LIHAT BERITANYA, TAPI LIHAT KOMENTARNYA...

    Malaysian Defence and Security Community
    19 October ·


    Gripen Untuk Philippines Air Force?

    Department of National Defense (DND) Filipina menyatakan mereka telah selesai membuat kajian mengenai program Multi-role Fighter (MRF) untuk Philippines Air Force (PAF), dan mengesahkan pesawat Gripen buatan Saab sebagai calon yang kuat untuk memenangi kontrak tersebut.

    Kenyataan oleh DND tersebut bukanlah bermakna kerajaan Filipina telah sah untuk membeli pesawat Gripen tapi lebih kepada kenyataan bahawa ketika ini pesawat Gripen adalah calon pilihan nombor satu mereka. Selain Gripen, Filipina juga turut diitawarkan pesawat Lockheed Martin F-16 namun DND menyatakan proposal pesawat tersebut terlalu mahal. Setiausaha Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan kos pembelian, operasi dan penyelenggaraan Gripen lebih rendah.

    PAF telah meletakkan bajet sebanyak PHP61 billion (USD1.1 billion) untuk pembelian MRF dalam tempoh lima tahun di bawah second horizon modernization program. Jumlah keseluruhan peruntukan yang diberikan kepada PAF dalam second horizon modernization program ini berjumlah PHP139 billion (USD2.59 billion).


    Affandi Al-affan Min nak tanya ape maksud kertas putih pertahanan?..

    Malaysian Defence and Security Community Lebih kurang macam laporan tentang keutamaan dan perancangan masa depan pertahanan.

    Mohd Azhari Amzah Dulu lanun pengganas sulu... jangan 10 tahun nanti askar2 Filipina pula mendarat kat Sabah��. Iyalah bila rasa dah kuat dan jiran pula makin mundur kebelakang��

    Abe Abe Abe Den Mohd Azhari tu semua x mustahil. Bukan perkecilkan anggota tapi dgn apa nak pertahankan? Semangat sahaja x cukup

    Mohd Azhari Amzah Abe Abe Den selagi Filipina tak gugurkan tuntutan Sabah secara rasmi, selagi itu Malaysia tak boleh leka.

    محمد افيق محمد سدلي Ni namenye bargaining power. Nk tunjuk kat dunia bahawa Filipina ambik serius psl isu menjaga kedaulatan negara diorg.

    Woo Jared Malaysian Defence and Security Community . Jf 17. Rasa Saya tidaklah. Harap jangan JF17 . Malaysia bukan begitu teruk sampai nak beli JF17

    Firdaus Bahary Philipine nak perang dengan siapa sibuk beli jet ni?

    Woo Jared Malaysian Defence and Security Community . Jf 17. Rasa Saya tidaklah. Harap jangan JF17 . Malaysia bukan begitu teruk sampai nak beli JF17

    Ka Mn Malaysia masih krik krik

    Azreen Khairul Kita tgk je la jiran2 pnya..

    Shah Rul Muhammad Zainul Ariffin gripen dulu tudm sendiri tak mau 1 injin katanya

    Woo Jared Shah Rul Muhammad . Tak bagi sebab pun. Singapore airforce pun operate F16 satu enjin. Taiwan airforce pun operate F16 Viper satu enjin. US national guard masih operate F16 block C. Gripen mempunyai kelajuan lebih Mach 2. Hardpoint 12. Gripen bukan fighter pasar malam.

    Aizen Sama suruh atok bawak balik skyhawk yg masih terdampar di gurun a.s sana

    Hanapi Harun TUDM sebenarnya berminat superhornet...

    Zainul Ariffin Coway Hanapi Harun berminat tp bajet xde pun x guna gak..


    Woo Jared Malaysian Defence and Security Community . Tapi macam Mana minded BN beli SU 30 Mkm sampai Tak ada spare parts dan tak de maintenance. Philippines Air Force memang betul bukan hanya beli Fly Away Cost je tapi + spare parts + service

    Malaysian Defence and Security Community Yang tu kena tanya Tun M sebab dia yang buat keputusan pilih Su-30MKM tu masa dulu.

    Malaysian Defence and Security Community TUDM nak Hornet tapi Tun M buat keputusan pilih Su-30MKM

    Woo Jared Mie KeCheq . Baru baca channel news Negara jiran mungkin nak dapatkan F35 Joint Strike Fighter. Mereka dah Ada F15C, F16 .

    Mie KeCheq Woo Jared... Itu dah sedia maklum... F35 memang ada dalam perancangan kota singa... Cuma harimau malaya saja dah tunda bertahun2 mrca....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woo Jared Mie KeCheq . Kerajaan baru hanya ambil alih 4 bulan. Yang Saya hairan selama 30 ke 40 tahun jet jet yang dibeli semua nya Mahal Mahal tapi cepat rosak. Beli Russia pulak. Sudah Tahulah masalah jet Russia India. Lagi nak mig Dan su30. Kalau beli sekali spares ok tapi Ada ke spares

      Muhammad Ikramah Woo Jared tanya pm ke 4 masa tu, kita byk hutang, x boleh beli byk, membazir, beli dlm angka 8 cukup dh

      Kamal Atar yg cpt rosak tu cuma Mig-29N.. tu pun Tun M yg pilih beli Mig-29N tu

      Rijal Mohamad Kena pikir sama term nak deal masa tu..pd logik sy, yer masa tu Super Hornet relevan dan Tun pikir mmg pilihan baik..
      Cuma term pembayaran..beli Hornet, nak kena bayar cash..walhal masa tu kita duit cash mmg ada tp x byk..pakej Russia bg..pasaran komoditi juga mereka trima pakai utk tukar beli barang pesawat..jd brg spt sawit dan getah mgkn diterima dr kjaan Rusia dgn usaha sama sykt yg buat SU..kena plak masa tu MiG dh nazak..keputusan segera kena buat utk pegantiaan..Su masa tu jentera pesawat antara yg digeruni atas keupayaan nya..jd pd waktu tu ia adalah pilihan yg menarik..
      Hornet mgkn pilihan tp Tun lihat term pembayaran agak terbatas..mana mahu sykt yg buat Hornet nk terima Koko, getah n minyak sawit utk trading bersama cash..

      Minz Nizal Malaysia ada jet halimunan yg org x bleh nampak..byk plak tu malaysia beli ada kat 200 bijik..rsnya dah 20 taun malaysia beli jet halimunan tu..😂😂😂😂

      Scar Flower 20 ker 15?..hahah..btul tu..malaysia dah lame ada pesawat halimunan..muncul bile perang jer..sbb tu jgn lekeh..ssshhh..rahsia negara..

      Amin Burger Pujaan TUDM buat masa ni takde bajet utk mrca baru kecuali diwujudkan tabung mrca.... yeee keee🤔

      Far Reid Bagus pinoy ni..ada peningkatan..kita pulak ada penurunan haha

      Malaysian Defence and Security Community Tiada bajet MRCA diperuntukan kepada TUDM buat masa ini.

      Mohd Nor Iqbal Bajet ditebas

      Nama Saya Zakwan Malaysia x pandang gripen nie.org kaya la kata.ha3... kaya sgt..

      Woo Jared Dulu Masa BN berkuasa Dan ada budget lansung tak pandang Gripen Dan F18 Hornet. Asyik mau heavy weight fighter SU 30 dan MIG. Beli boleh tapi spare parts dan program maintenance jet Russia mahal sekali langsung tak diberi perhatian. Ada udang ke disebalik batu.

      Marcho Woo Jared.Yg buat alat ganti SU-30 MKM itu susa kerana banyak alat bukan dr buatan Rusia mcm dari prancis tu...

      Hussein Hussein Malaysia selera besar...2 enjin wajib...last2 habuk pun tarak...🤣🤣

      M'rose Mumin mrca n heli pgempur jd x msia bli admin?? Lma sgt tunggu nie..

      Hapus
  36. Malaysian Defence and Security Community
    September

    Nexter System telah memperkenalkan sistem artileri bergerak baru Caesar yang dipasang pada kenderaan 8x8. Sistem artileri ini menggunakan meriam kaliber 155mm/52 dan dipasang pada chassis kenderaan Tatra T815 (8x8). Selain Tatra, sistem meriam ini juga boleh dipasang pada kenderaan Renault Trucks Defense, Rheinmetall MAN Military Vehicles and Sisu. Meriam kaliber 155mm/52 mampu menembak projectile pada jarak yang lebih jauh berbanding kaliber 155mm/45.

    Berat kenderaan ini bergantung pada jenis armor yang dipasang. Untuk chassis yang dilindungi armor, berat kenderaan adalah kira-kira 30 tan. Ia menggunakan enjin diesel berkuasa 410hp. Ia mampu membawa sebanyak 30 butir peluru meriam berbanding Caesar 6x6 yang hanya mampu membawa 18 butir peluru meriam.

    Caesar dilengkapi dengan sistem kawalan tembakan berkomputer, global positioning system (GPS)/ inertia navigation system (INS).

    Di Asia Tenggara, Thailand dan Indonesia telah memiliki sistem artileri bergerak jenis Caesar 6x6 kaliber 155mm/52. Manakala Malaysia sehingga kini masih belum memiliki sistem artileri bergerak. Buat masa ini Malaysia masih menggunakan sistem artileri tunda jenis G5 Mk III kaliber 155mm/45. Tentera Darat Malaysia (TDM) telah menyenaraikan sistem artileri bergerak sebagai keperluan untuk mereka miliki dalam RMK-11 namun difahamkan ia tidak akan berlaku dan tiada dana disediakan oleh kerajaan bagi membeli sistem artileri bergerak untuk TDM dalam RMK-11 ini.

    Foto: Caesar kaliber 155mm/52 pada kenderaan Tatra T815 (8x8)


    Mohd Razali Hamzah Mintak sama najib 2.6bilion ada kan...

    Mohd Faizul Dr aku blm kawin... smp ank sulong djh 5 la nih habuk pn xdak.... tunggu dpt cucu pn blm tentu lg..... so sad...

    Afrizu Amin Suatu masa dulu Casaer 6x6 dah pun diujinilai di negara ini ...tp kesudahannya Siam dan Indon dah beli dulu...kita..hmmmm.???

    Abu Khaliff Thaqiff Kemam je lah....dari dulu cakap nak beli, dari aku skolah menengah, smpai la ni da ade anak dua...pun xbeli2 lagi.

    Mohamad Haziq Haziq kita dah try benda ni.tapi...

    Zul Faizal dah bertahun dah kesah ni. habuk pun tarak. Jiran kita tup2 beli

    Marax Go sikit2 tiada dana untuk pertahanan..kalau untuk politik bukan main lagi sampai berbillion2......

    Alif Rozlan Sabor je lah...bru darat x dpt.belum tldm.tudm....hmmm

    Mohd Firdaus Bob Kalo aq menteri menhan... Kompen aq beli 300unit meriam nie... 150 kat semanjung 150 kat sabah sarawak...

    Republik PeNyu Kena ada selfpropelled howitzer ni.. baru wujud unsur fast delivery bila pasukan sahabat "order" / minta bantuan tembakan.. khususnya pasukan sahabat yg mana dari segi mobilitinya pantas spt unit mekanis dan unit armor contohnya.

    Amiruddin Abdullah Entah bila bru ade bajet nie..

    Zul Faizal mampu tengok je

    Hanimura Miyoko Alasan menhan kte dh ade byk astross


    Sam Fisher Malaysia ni setakat test drive, analisa peralatan mmg hebat tp sampai masa beli jahanam 5 keturunan pun belum tentu..tak habis habis tak ada bajet.
    Masa ekonomi mantap bajet kecil konon keutamaan pd pembangunan dan nak jaga hati jiran tapi bila ekonomi teruk langsung tinggal angan angan.
    Sama macam attack helicopter, sejak aku di form 5 sampai dah nak pencen pn masih tak terbeli..sembang je kencang angan besar tapi habuk satu pn tak ada..
    Agaknya nk kena tunggu ke serang baru sibuk nak beli dan latih anggota cara nak guna.
    Insiden lahad datu tu mujur puak sulu tak ada tank, kapal dan heli je kalau tidak tak tahu la aku nak cakap apa.

    Sahrizan Rokit buat ape penambahan aset ..?
    Kita dh Aman...siapa nk serang Kita...?negara x Ade hasil...

    Amir Sham Malu la..uji segala bagai mcm ye..ye..tapi x beli..boleh tahan tebal muka..haha

    Dol Guldur Kajian berbelas tahun berpuluh tahun....negaraku mesia ��..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dol Guldur Malaysia Defence Review kajian berpuluh tahun xbeli tu sakit hati min..ending dia walau atm nk aset tu,alasan xde peruntukan akan sentiasa jadi jawapan numba wan..��sbb tu dulu kapal walau tgl satu generator pun tetap nk belayar..last2 turun anchor push satu generator je underpowered hidraulic utk naikkan anchor pun...jadi bersidai la tgah laut 2 hari tgu spare part sampai...hasil kajian berpuluh tahun konon utk penggantian ��

      Asmah Yasin Biasa ler orang tak ada duit ,,, uji kan percuma

      Hadi Taftazani Kadang2 jerung2 dan kroni2 juga pilih aset yg bersesuaian utk poket mereka... Aset yg bagi mereka akan kurang buat duit mereka akan ckp aset ni tak sesuai la itu lah ini lah ... Hahaha selagi jerung2 and kroni ada mmg payah la

      Mohd Azhari Amzah Hihihi sampai dah dibeli negara2 jiran bertahun lamanya & bertukar chasis pun malaysia masih uji cuba CAESAR ni. Boleh transform macam transformer baru nak beli ke ?

      Farhan Amdan Kesimpulannya kerajaan duit x der titik

      Xazziq Othman Min lama dh kita tak dengar perolehan2 besar ya asyik dgr benda yg sama je bosan la nak tgk juga dpt mbt baru ke, heli tempur baru ke SPH yg baru ke barulah syok sikit

      Ahmad Dave Wow akhirnye ade release gmbr Caesar kat Msia. Selalunye dpt gmbr spyshot,tu pon nmpk bontot je..
      Rasenye Msia elok pakai compact mortar mcm dlm gmbr. Mobility tinggi dlm hutan & kawsan terbina. Shoot n scoot

      Muhammad Franz Firdauz Mybe tp pda akhirnya xleh nafikan tentera kita kekurangan aset dr segi kuantiti dan kualiti dan pembelian tetap kena dijalankan kalau tak atm akn terus ketinggalan

      Harris Mactavish Nexter Caesar dari dulu lagi duk test. Next bajet keluarkan terus peruntukan SPH ni..lama sangat dah gian nak Caesar SPH masuk iventori TDM

      Bukh AZ Malaysia Defence Review min bca y min pos ni atm dh bt test dkt caesar 6x6 ni so kesimpulan die menepati syart y atm nk x? Klo x ape model seterusnya y atm trget utk sph ni?

      Afrizu Amin Caesar ni klu x slh dh + -20 then lepas busy ujian Kat sini to satu habuk pun Tarak lg..yg sahabat Kita x dengar ribut topan tetiba he ada... adoi.

      Hapus
    2. sembang je kencang angan besar tapi habuk satu pn tak ada..

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  37. Anggaran untuk riset ad nggak ya

    BalasHapus
  38. Jangan terkejut bila suatu saat teknologi indonesia bisa sejajar dengan negara2 besar lain dan mengimbangi kecerdasan israel, ada berkat yg sama antara suku jahudi yg mendiami israel saat ini dengan 10 suku israel yg hilang' 10 suku israel yg hilang terdeteksi di banyak wilayah indonesia.

    https://nusadaily.com/culture/berikut-suku-di-indonesia-yang-diduga-ada-keturunan-yahudi.html

    Catatan: israel itu punya 12 suku, salah satunya yahudi' dan yg mendiami israel saat ini adalah suku yahudi dan benjamin, jd salah bila menyamakan suku yahudi dengan suku2 yg lain karena suku yahudi ya yahudi, 12 suku israel ini adalah anak2 nabi yakub yg punya berkat yg sama dr sang pencipta.

    Penyebaran suku israel yg hilang:

    Yahudi Kurdi di Suriah, Irak, Iran, Turki & Armenia
    Bene Israel di India bagian utara
    Yahudi Cochin di India bagian selatan
    Yahudi Kaifeng di Tiongkok
    Jepang
    Nias di Sumatra bagian utara, Indonesia
    Batak di Sumatra bagian utara, Indonesia
    Dayak di Kalimantan (Indonesia, Malaysia & Brunei)
    Talaud di Sulawesi bagian utara, Indonesia
    Sangir di Sulawesi bagian utara, Indonesia
    Minahasa di Sulawesi bagian utara, Indonesia
    Toraja di Sulawesi bagian selatan, Indonesia
    Melanesia Sumba dan Suku-suku Melanesia lainnya di Nusa Tenggara Timur, Indonesia & Timor Leste
    Melanesia Alef'uru di Maluku, Indonesia
    Beberapa Suku Melanesia Papua di Papua, Indonesia & Papua Nugini
    Pribumi Amerika di Amerika Serikat
    Beta Israel di Ethiopia
    Sefwi (Rumah Israel) di Ghana
    Yahudi Igbo di Nigeria
    Lemba di Afrika bagian selatan
    Anglo-Saxon (Anglo-Israel) yang membentuk Kerajaan Persemakmuran Inggris Raya & Amerika Serikat
    Polinesia Maori di Selandia Baru

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sepuluh_Suku_yang_Hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istri dan anak2 nabi yakub yg menjadi suku2 israel:


      Lea: Ruben(1), Simeon(2), Lewi(3), Yehuda(4), Isakhar(9), Zebulon(10), Dina(P)
      Rahel: Yusuf(11), Benyamin(12)
      Bilha: Dan(5), Naftali(6)
      Zilpa: Gad(7), Asyer(8)

      Catatan: yehuda = yahudi,,,yg mendiami israel saat ini suku yahudi/yehuda dan benyamin.

      Hapus
    2. Jangan terkejut bila habibie menjadi salah satu profesor yg sangat berperan di dunia dirgantara karena dia memiliki gen suku israel.

      Hapus
  39. TEMA 31 OGOS HARI H8BAH KEMERDEKAAN.....

    MALINGSIAL PRIHATIN...DIUBAH JADI..

    MALINGSIAL MENGUNCUP...LEBIH COCOK..

    😆😅🤣😂

    BalasHapus
  40. BLAH BLAH BLAH 😝😝😝😝😝

    🔴🔴🔴

    BalasHapus
  41. Setuju komen mas Hari, semoga lanjut pembuatan hull sebanyak-banyaknya untuk PKR10514 daripada beli second.
    Gak yakin juga itu RRC akan mecem2 dalam 4-5 tahun ke depan. Secara investasi mereka dan WN RRC banyak di Indonesia. Itu di LCS hanya main-main saja, kita kan sohib. coba cek aja berapa byk barang made in china di rumah kita. Mereka hanya mau ambil wilayah yg tumpang tindih dengan Vietnam, Malaysia, Filipin, Taiwan.
    Kabarnya akan ada pengadaan kapal juga dari china, mungkin pengganti Kapal Latih Fregat KRI Ki Hajar Dewantara 364 yang sudah tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi dengan chinese kita gak boleh lengah juga om, jangan mentang mentang dianggap sohib si xinjing dibiarin bebas main main di lcs....

      Enak aja!!!

      Hapus
    2. Kita skrg gak bisa beli juga peralatan militer sembarang dari cina...gak boleh sama mamarika.

      Yg penting posisi tetap netral jaga hubungan baik...udah aman itu..tetapi tetap waspada siaga senantiasa.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru menerima pinjaman saya dan sudah ditransfer ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya mendaftar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang Perusahaan Pinjaman Dangote persyaratan dan Jane memberi tahu saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan, pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman Rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Pertambangan Batubara saya baru saja disetujui dan ditransfer ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan memberi tahu dunia jika ini benar? dan saya akan memberi tahu dunia sekarang karena itu benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya melalui email: mahammadismali234@gmail.com dan hubungi Perusahaan Pinjaman Dangote untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus