15 Agustus 2020

Anggaran Kemenhan pada 2021 Ditambah Menjadi Rp 136,99 triliun

15 Agustus 2020

Anggaran Kemenhan adalah kedua terbesar tahun depan setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran Kementerian PUPR pada RAPBN 2021 sebesar Rp 149,8 triliun (photo : TSM)

JAKARTA- Pemerintah mengalokasikan anggaran belanja Kementerian Pertahanan sebesar 136,99 triliun rupiah dalam RAPBN tahun anggaran 2021, naik dibandingkan tahun ini yang sebesar 117,9 triliun rupiah.

“Kebutuhan Kementerian Pertahanan dalam rangka alutsista dan terutama juga untuk maintenance, itu adalah catching up dari kebutuhan yang selama ini. Jadi kami dalam hal ini tidak melihat sebagai sesuatu deviasi yang sangat besar,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Jumat (14/8).

Ia mengatakan anggaran yang dialokasikan untuk Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itu diharapkan juga mampu mendukung industri strategis nasional.

“Dalam Kemenhan ini penekanan kita adalah kemampuan mereka untuk mengeksekusi belanjanya. Seperti Bapak Presiden meminta agar belanja Kemenhan dapat meningkatkan industri-industri strategis yang dimiliki Indonesia,” kata Menkeu.

Dalam Buku II Nota Keuangan beserta RAPBN Tahun 2021, disebutkan belanja Kemenhan terbagi dalam tujuh program, yakni :

-program penggunaan kekuatan sebesar 4,4 triliun rupiah, 

-program profesionalisme dan kesejahteraan prajurit 11,42 triliun rupiah,

-program kebijakan dan regulasi pertahanan sebesar 35,4 miliar rupiah, 

-program modernisasi alutsista, non alutsista dan sarpras pertahanan 42,65 triliun rupiah, 

-program pembinaan sumber daya pertahanan 1,6 triliun rupiah,

-program riset, industri, dan pendidikan tinggi pertahanan sebesar 543,8 miliar rupiah dan 

-program dukungan manajemen sebesar 76,28 triliun rupiah.

Dalam RAPBN tahun 2021 juga disebutkan pendapatan BLU Kementerian Pertahanan ditargetkan sebesar 3,09 triliun rupiah, turun 2,6 persen dari proyeksi tahun 2020 sebesar 3,17 triliun rupiah.

Target tahun 2021 itu disusun berdasarkan pertimbangan masa transisi dari penerapan program lama ke program baru serta akibat adanya pandemi Covid-19 yang berpengaruh besar pada penurunan jumlah pasien sehingga berdampak terjadinya penurunan pendapatan rumah sakit.

(Koran Jakarta)

160 komentar:

  1. Balasan
    1. Masih jauh dari kata cukup seharusnya minimal 2% dari GDP sekitar lebih dari 200 T itupun masih minimum

      Hapus
  2. RINTIHAN HATI MESIN PERANG MALONESIA

    Gowind saban hari hanya menatap lautan biru di depan sana:

    "kapaaan aku nie cipak2 air, tahunan teronggok begini, tak dipotong tak di las, di usap2 jee oleh enjiner2 dungu tu"

    Jet peju-an juga sama sedihnya:
    "Tiap harii kita ni cuma berbaris menatap langit, tak pernah main2 di awan2 tu, cuma di cuci, lap2, semprot2 bayfresh, lepas tu dorong balek masok hanggar"

    JUAL JE KAMI KE FILIPIN TUAN, MEREKA LEBIH BERNYALI BINA KAMI HUAAAA HUAAAAA HUAAA

    BalasHapus
  3. Ada yang menguncup, ada juga yang merekah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gw mah gk merekah lagi dah crot crot croot..maloners masih "menguncup"

      Hapus
  4. SILAHKAN MAT KONTOL BERKOMEMTAR

    BalasHapus
  5. Ekonomi, Budget militer, otak, nyali semuanya menguncup. Cup cup cup.salam menguncup
    Tapi judi dan homo terus mengembamg.
    KERAjaan LAWAK.

    BalasHapus
  6. ADA YANG BESAR TAPI BUKAN BUALAN WARGA SEMENANJUNG

    BalasHapus
  7. Anggaran naik, tapi MEF tidak tercapai, tidak ada impor alutsista

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah harus diberitahu ke kau ndar. Kekekekeke

      Hapus
    2. Wait n see until 2024 for new come alutista.

      Hapus
    3. menurut prediksi menhan purnomo MEF tidak akan selesai sempurna 100%.

      sebab program MEF tidak dimulai dari NOL!
      lihat saja program MEF dimulai pada RENSTRA KEDUA bukan RENSTRA PERTAMA!
      RENSTRA adalah rencana strategis.
      jadi MEF menyelesaikan dolo keterlambatan dalam RENSTRA SATUW

      RENSTRA PERTAMA blom disebut MEF
      SAAT ini MEF 3 pon disebut RENSTRA 4!

      berarti, ada program laen yang berjalan seblom MEF dibuat ato dilaksanakan, okeh oceh

      dan disebut OPA MENHAN PUR,
      program yang tidak selesai dalam satu masa ( 5 tahunan) akan terus dilanjutkan sampai memenuhi kebutuhan TNI.

      program moderenisasi alutsista takkan selesai hanya pada satu program, namun akan terus berlanjut entah namanya apa nanti.

      tercapai ato tidaknya suatuw program tergantung keadaan ekonomi dan situasi ancaman yang ada saat itu.
      jadi kemhan akan beradaptasi, sesuai jamannnya

      semua ini uda tertulis dalam dokumen kemhan yg ditanda tangan sendiri ama opa menhan PUR

      nach bagi mahluk2 satu jenis macem om ndar ini, kalo nanya2 lagi dgn hal sama bakal guwe fentung, ituw janji guwe khan

      sini om ndar djidatmuh guwe setel dolo TUNG TuUNG TuUNG 劾劾 biar kembali 0 haha!

      Hapus
    4. MEF -> minimum essential force

      kita baruw jalanin MEF yg notabene minimum aja tetangga pada ketar ketir.

      malah ada tetangga yg jadikan kita panutan dari segi kesiapan tempur dan kelengkapan alutsista sampai pengadaan-> ini kata om max
      malah ada tetangga yg sebut kita ancaman-sila tebak haha!
      malah ada tetangga yg bilang kita beli kajian mereka - sila tebak, pengen ngakak nich haha!

      Hapus
    5. MEF -> minimum essential force

      dalam MEF bukan berarti TNI tak bole blanja yang hebat2/berkelas.

      tapi di campur, supaya smua angkatan dapet.
      alutsista kita termasyuk terlengkap utk militer berkelas diduniya.

      utk pengadaan saat ini klo kata menhan RR, gpp dikit yang penting punyak dolo haha!

      slaluw guwe tulis TNI ituw AJAIB gak bisa ditebak...mrk akan memenuhi kebutuhan dgn alutsista ber daya deter tinggi disesuaikan dgn sikon ancaman yang ada.

      tak hanya ancaman dikawasan, diluar ZEE kita pon kita sanggup jugak! haha!予予予

      Hapus
    6. banyangin, kita punya senjata yg mampu menembus zee negara laen ituwlah daya deter tinggi!

      nach kata menhan bumi datar, sesuai nawacita artinya kita harus hadir pada dua samudra, yaitu Hindia dan Pasifik
      pembangunan militer pasti selaras dgn pertumbuhan ekonomi.

      mangkanya antara KEMHAN dan PUPR slaluw balap2an dalam peringkat anggaran SHOPPING SOPING KITA haha!

      beda dech ama sebelah yang KECIL ituw haha!戊戊戊

      Hapus
    7. “Dalam Kemenhan ini penekanan kita adalah kemampuan mereka untuk mengeksekusi belanjanya. Seperti Bapak Presiden meminta agar belanja Kemenhan dapat meningkatkan industri-industri strategis yang dimiliki Indonesia,” kata Menkeu.
      ----------------------

      knapa harus impor, kalo alutsista lokal siyap produksi massal?

      rusia aja gitu
      amrik aja gitu
      indihe aja blanja alusista lokal 7 milyar dolar
      jepun koryo, jgn tanya haha!痰痰

      impor alutsista kita mah ada jugak, cenderung besar sangat dibanding lokal.
      lha emang MATANYA om ndar SIMPEN DIMANE???

      kagak liat yg dateng slama ini gak putus impornyah..ngakak dot kom haha!蛤蛤

      Hapus
    8. "Modernisasi" alutsista.
      hanya kami bangsa indonesia yg paham maknanya

      Hapus
  8. ..
    Ckckckckck......BUSOK..!!!
    memang BUSUK_ambisi KERAjaan malaysia itu.......
    ____________________________________

    Putrajaya25 Juli 2020 16.47

    Thai Selatan, Kepulauan Sulu, Borneo dan Sumatra adalah bagian dari Persekutuan Melayu Raya yang kami perjuangkan sebelum kami kami merdeka tahun 1957 ,,
    ........................
    Semua daerah itu adalah tanah air dan warisan yang dimilik oleh Bangsa Melayu beribu-ribu tahun yang lalu dabn pernah dipersatukan oleh
    ..............
    Empire Melayu Srwijaya (yang berpusat di Kedah )
    dan Empire Melaka (yang berpusat di Melaka)...

    Negara Malaysia adalah awal dari terbentuknya Kerajaan Melayu Raya Nusantara yang berdaulat
    ....................
    dibawah naungan Yang Mulia Dipertuan Agong dan juga
    ....................
    dibawah daulat Raja-raja Melayu yang masih ada di bawah panji-panji kebesaran dan kemuliaan
    Ketuanan Melayu ...

    Semoga cita-cita mulia ini terwujud berkat sokongan bangsa melayu yang ada si Sumatra, (IndONEsia)
    Borneo, (FiLipina & brunei & IndONEsia)
    Kepulauan Sulu (filipin)
    dan Tha Selatan (ThaiLand)....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      "...Empire Melayu Srwijaya (yang berpusat di Kedah ) ....."

      Whatt....?
      Apa......?
      Sriwijaya.
      AstghfiruLLAH.....
      malaysia....hadeuhh...GiLA..!!!

      Hapus
  9. PREPARE TO BULLY GENK MALON KEHKEHKEH











    EH MAAP

    BalasHapus
  10. IndONEsia satu (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia)7 Agustus 2020 17.23
    https://m.cnnindonesia.com/internasional/20200806143347-106-532855/malaysia-minta-asean-tak-terhasut-pertikaian-as-china-di-lcs

    Malaysia Minta ASEAN Tak Terhasut Pertikaian AS-China di LCS

    ...."Jika ASEAN terpecah, jangan berharap Malaysia dapat menghadapi China dan AS sendirian," ujarnya......
    __________________________________

    Typical karakter-personality beruk KERAjaan malaysia,

    Kalau sedang ada permasalahan.... teriak-teriak minta bantuan ASEAN dan FPDA.

    Namun kesehariannya malaysia selalu bergaduh dengan para jiran mereka..!!!
    1) dengan thailand,
    Bergaduh di perbatasan thailand selatan.

    2) dengan singapore,
    Bergaduh tuas-strait dan batu-puteh.

    3) dengan filipin
    Bergaduh kepemilikan sabah.

    4) dengan IndONEsia.
    ....&#@₹₪₩......!!!

    5) dengan ASEAN.
    Ingin mendirikan imperium empire melayu-raya di seluruh wilayah asia-tenggara dengan dipimpin oleh KERAjaan malaysia daulat-tuanku.....hadeuhh....

    Parah...
    malaysia halusinasi akut yang sangat PARAH...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. .
      Ckckckckck......BUSOK..!!!
      memang BUSUK_ambisi KERAjaan malaysia itu.......
      ____________________________________

      Putrajaya25 Juli 2020 16.47

      Thai Selatan, Kepulauan Sulu, Borneo dan Sumatra adalah bagian dari Persekutuan Melayu Raya yang kami perjuangkan sebelum kami kami merdeka tahun 1957 ,,
      ........................
      Semua daerah itu adalah tanah air dan warisan yang dimilik oleh Bangsa Melayu beribu-ribu tahun yang lalu dabn pernah dipersatukan oleh
      ..............
      Empire Melayu Srwijaya (yang berpusat di Kedah )
      dan Empire Melaka (yang berpusat di Melaka)...

      Negara Malaysia adalah awal dari terbentuknya Kerajaan Melayu Raya Nusantara yang berdaulat
      ....................
      dibawah naungan Yang Mulia Dipertuan Agong dan juga
      ....................
      dibawah daulat Raja-raja Melayu yang masih ada di bawah panji-panji kebesaran dan kemuliaan
      Ketuanan Melayu ...

      Semoga cita-cita mulia ini terwujud berkat sokongan bangsa melayu yang ada si Sumatra, (IndONEsia)
      Borneo, (FiLipina & brunei & IndONEsia)
      Kepulauan Sulu (filipin)
      dan Tha Selatan (ThaiLand)....

      Hapus
  11. Sek, sek ......sirahku isih ngelu goro-goro moco boso kethek mburi kumu 蛤蛤

    BalasHapus
  12. Gak punya muka sekali tu malaysia....sriwijayalah ikut d klaim kerajaanya ad d kedah....ada buktikah...cba klo brani

    BalasHapus
  13. Baru tau apa klu malon bangsa yg culas, licik, bangsakayak gini jangan dikasih hati, klu mereka lagi lemah, mrk mengaku sebagai serumpun, klu mrk lg kuat, mrk tilam kita dari belakang, ingatlah kejadian sipadan dan ligitan, dan yg beberapa tahun lalu, kejadian ambalat. Kepada menhan, perintahkan kepada prajurit, darat, laut dan udara, yg bertugas menjaga perbatasan NKRI, agar menindak tegas pelanggar wilayah teritori NKRI, terutama dari malaysial.. Merdeka.. Jaya selalu NKRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, biar mrk tdk anggap bangsa kita sbg bangsa yg lemah, dan kasih pelajaran bahwa indonesia adalah bangsa yg besar dalam banyak aspek

      Hapus
  14. Busuk bener tu negara...smua yg d sekitarnya d klaim abis abisan...jgn jgn beruk dan kera pun d klaim itu jatidiri mereka

    BalasHapus
  15. ..
    https://sosok.grid.id/read/411934790/serasa-masih-dijajah-perjanjian-konyol-malaysia-dengan-tuan-inggris-untuk-membayar-kemerdekaan-negaranya?page=all

    ..
    https://sosok.grid.id/read/411934790/serasa-masih-dijajah-perjanjian-konyol-malaysia-dengan-tuan-inggris-untuk-membayar-kemerdekaan-negaranya?page=all

    BalasHapus
  16. Ada juga yang ngeluh karena kos maintein jet pejuang mahal 不不亢亢

    BalasHapus
  17. Bangsa yg paling tdk kreatif,negara serba gagal.. Buat apapun gagal.. Miskintapi sombong, goblok tp sok pinter, maklumlah bangsa yg blm merdeka, dan tdk pernah menyadari klu sedang terjajah,pura pura bego, cari aman, bangsa tai tu namanya

    BalasHapus
  18. Berdasarkan data pokok APBN 2016-2021 belanja pemerintah menurut fungsi untuk pertahanan pada 2016 sebesar Rp 98,2 triliun.

    Kemudian naik menjadi Rp 117,5 triliun pada 2017. Lalu turun menjadi Rp 106,83 triliun pada 2018, menjadi Rp 115,4 triliun pada 2019.

    Lalu pada 2020 Rp 117,9 triliun dan dianggarkan pada 2021 sebesar Rp 137 triliun.

    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5133997/terbesar-kedua-anggaran-kementerian-prabowo-rp-137-triliun

    -------------------------------

    anggaran kita naik terus kok, apabila ada penurunan hanya kwartal pertama, pada kwartal kedua dinaikan di APBN-P

    contoh
    bajet pertahana 2016, 98 T
    setelah APBN-P ditambah 9,3 T
    Total:jadi 108 T

    sumber:


    Anggaran Lain Dipangkas, Kemenhan Ditambah Jadi Rp 108,7 T
    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3245135/anggaran-lain-dipangkas-kemenhan-ditambah-jadi-rp-1087-t?mpifinance=


    anggaran pertahanan 2017 108 T - setelah APBN-P jadi 119 T


    Komisi I DPR RI Menyetujui APBNP Untuk TNI
    https://tniad.mil.id/komisi-dpr-ri-menyetujui-apbnp-untuk-tni/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada penambahan Rp 13T di APBN-P untuk kemenhan l. Biar totalnya Rp 150T. 返返

      Hapus
    2. targetnya malah, 2x ituw om, tp kita pelan2..kalo digaspol, KASIHAN nantik ada yg TAMAT RIWAYATNYAH haha!不不不

      Hapus
  19. Perjanjian konyol inggris - malaysia berimbas 999 tahun jadi budak belian inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merdeka ya merdeka titik...tidak ad syarat apapun....klo merdeka tapi msh punya perjanjian konyol 999 tahun y salah dia sendiri knp goblok bin bodo sangat

      Hapus
    2. perlu dimaklumi lah bro..... Malon khan masih Balita....perlu netek di mama Eli dulu sampai 999 tahun...

      ====== lama kali Lon netek-nya....mau jadi Bayi Raksasa ya....xixixi

      Hapus
  20. uang sebanyak gitu kira2 buat beli apa saja ya...menhan kita yang sekarang harus lebih dari seorang sby, itu harus......ayo pak jangan kaya rr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njur karepe pak menhan sing saiki kudu bangun candi sing luweh gede tur luweh duwur seko candi hambalang nggono yo ♀劾劾

      Hapus
    2. Lebih bagus sipil seperti pak purnomo yusgiantoro jadi menhan yg jelas pengadaan alutsistanya.

      Hapus
    3. Hahahaa hambalang
      Emangnya kurang menhan RR apa???? Gk tau apa2 kok asal menjust 五五五

      Hapus
    4. Lha itu @RBS bikin perbandingan aja gak tepat.....sby itu presiden 2 periode kok dibandingkan dg menhan yg kepengin jadi presiden.

      Kalau baca rilisnya pak moeldoko nanti bakal tahun kalo MEF 1 dan 2 itu baru bicara pemenuhan platform, tapi belum menyentuh aspek kelangsungan hidup platform tsb, spt: sparepart, anggaran maintenen asesoris, pelatihan utk pengawaknya dsb....maka hal2 tsb diselenggarakan diera RR.

      Contohnya : melengkapi platform SAR dg flir, melengkapi f16 dg rudal, hmd, sniper dan mengupayakan datalinknya.....melakukan MLU F16

      Belum lagi bicara bagaiman menjamin kelangsungan tot pkr, cbg .....dan yg utama selama periode RR, fokusnya lebih banyak dialokasikan utk penanganan bencana alam.yg bertubi -tubi

      Hapus
    5. MEF itu upaya berkelanjutan yg tidak akan bisa diselesaikan dg satu periode kepemimpinan menhan.....bahkan presiden sekalipun

      Hapus
    6. Dan jangan lupa.....pembangunan banyak pangkalan baru di seluruh penjuru nusantara ......duit, tenaga dan pemikiran semua itu

      Hapus
  21. Dan mrk sangat bangga menjadi budak dan menjadi bangsa terjajah, dgn menggadaikan martabat dan harga diri, buktinya apa..? Sampai detik ini, mrktdk pernah melakukan apapun utk merdeka.. Hebat kan...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul saudaraku....merdeka kok gk ad gregetnya gtu....cman d kasih sama penjajah...gk seru...gk greget...itu mau cerita ap sama anak cucunya nti ya....nak...cu...negara kita ini merdeka karena hasil rasa kasihan penjajah....gk bgt deh ah

      Hapus
    2. Merdeka sebenar benarnya 999 tahun lagi...mengutip perkataan naga bonar " APA KATA DUNIA "

      Hapus
  22. 17 agustus bentar lagi, kalo malon kira2 tgl brapa ya, oh iya lupa malon kan belum merdeka,不不

    BalasHapus
  23. Mmm...nganu, itu difoto atas,LST-nya ada lapangan futsal-nya...

    BalasHapus
  24. Paling seneng lihat gambar nya.kri pada nyemplung di air.ga kaya maharogol yg tetap di darat.wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng bgt sodaraku...kri gk takut air gk kaya tetangga sebelah itu kapal ap kucing takut air

      Hapus
    2. Klu yg punya sebelah bukan kapal, tapi kodok..

      Hapus
    3. pertama diDUNIYA, ada acara pelancaran(bahas KL utk loncing) kapal kombatan,
      abis diresmikan ampe tamu2 pulang, kapalnya tetep didarat haha!

      Hapus
    4. yang guwe percaya, kapal lcs gred a, dari diresmikan ampe skrg, isinya kosong!

      pertama: coba tanya ke WARGANYET KL, mereka punyak gak foto2 dokumentasi ruang anjungan LCS?
      jangankan WARGANYET KL, suru BNS dech apdet poto2nya haha!
      guwe yaeen 100% pasti gak ada gaesz, kopong haha!五五五

      kedua: ada gak poto2 interior daleman LCS dari dek CIC ampe ruang mesin kapal mereka? hmmn, kipas propelernya aje kagak nongol, apalagi mesin haha!

      Hapus
    5. bukannya mao sombing, frigat FEKAER kita yang terbaruw, blom dilancarkan(loncing) pon poto2 dalemannya banyak banget tersebar di media sosial(medsos)

      ketauan banget progresnya berjalan sesuai skedul,

      beda bgt ama BNS, makin lama malah tempat radarnya dicopot, trus pasang tenda kawinan, didiemin lama2 bekarat.

      dan guwe yaqeen gak ada jugak ituw radar haha!♀♀

      mangkanya bns nuntut tambahan duwit dr putrajaya, soalnye ituw proyek uda dijarah tangan2 tuyullll haha!鳶鳶

      Hapus
  25. Alhandulillah 3x,,, sektor keamanan negara sangat berkaitan erat dgn sektor ekonomi, dan pemerintah menaikan anggarannya agar semua renstra TNI tercapai semua, Aamiin & lanjutkan!






    Yang mau berbalas pantun dgn gempur cs dipersilahkan!

    BalasHapus
  26. Waw anggaran Malaysia berapa ya, kalah sama singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Husss...jgn keras keras sodaraku ntar ad yg ngambek...ntar klo ngambek suka gigitin tembok

      Hapus
    2. masa KL kalah ama MANTAN propinsinya sendiri yak...
      mantan propinsi punya LPD, KASEL tank embiti lebih banyakkkkkkkkkk dari putrajaya haha!戊戊戊

      Hapus
  27. Alhmdulilahh...anggaran naik.
    Bravo bravo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong sodaraku...soalnya negara kita luas...u pertahanan hrs mncakup semuanya dr sabang sampe merauke

      Hapus
  28. Di artikel bawah ada yang bilang dipotong tu...dasar malon

    BalasHapus
  29. tetangga bergelar gred a disebelah pasti BAJET 2021-NYA MENGUNCUP kyk si UCUP haha!戊戊戊

    BalasHapus
    Balasan
    1. alesannya pasti

      -gegare kopid-19
      -demi kesejahteraan rakyat blahh..blaah..blaahh

      padahal maren guwe liat debat anggota DPR KL soal pertahanan dan LCS...kocak gaesz..
      debat mlenceng ampe ada yg bilang kemajuan pemerintah skrg dalam situasi kopid-19 berbanding yg laluw...

      eh di cela ama lawan politiknya..kesehatan lebih baik apa! pake DANA HUTANG!!!
      jiahhh gak lama lagi gaesz KL bakalan perang sodara..hiihh NGERIH haha!梗梗

      Hapus
  30. Anggran pertahanan Indonesia th 2021 naik drastis.. mantaaaapp..

    https://m.liputan6.com/bisnis/read/4331376/sri-mulyani-kucurkan-anggaran-besar-ke-prabowo-untuk-beli-alutsista

    - TNI ~> Rp137 trilliun sama dengan $9,4 billion dollar

    - POLRI ~> Rp112 trilliun sama dengan $7,8 billion dollar..

    Indonesia kaya raya ooooww.. sorry ye MALONS MISKIN MENGUNCUP... bwahhahahahahhahahaha..

    BalasHapus
  31. Pada kemana tu geng kampung sebelah yg katanya grade A...biasanya pada nongol klo lg bahas kemajuan indonesia...d kata kurang maju...inilah...itulah..

    BalasHapus
  32. Jika digabungkan anggaran TNI dan POLRI berarti,, 9,4 + 7,8 = 17,2, .. Jadi kira2 naggaran pertahanan Indonesia th 2021 adalah $17,2 billion dollar.. ������


    Busyeeeett... Banyaaknyeeeerr...Bahkan dengan Polis Indonesia anggaran pertahanan MALONS tdk ada apa2nya.. ciput dibagi 5 pulak.. kahkahkahkahkahkahkahkahkah..

    SALAM MENGUNCUP ye MALOONS.. Xixixiixixixi..

    BalasHapus
  33. TERBUKTI, KL bisanya BELI doank tak bisa RAWAT

    f-5 tiger - grounded sedjak 2014! TAMAT!
    TAKDE PENGGANTI, ENJIN PON HILANG haha!

    MIG-29 - grounded sedjak 2017! TAMAT
    TAKDE PENGGANTI!

    MMB-339 - PENGGANTI ADA MB-339CM BARUW!
    tp TAKDE ENJIN, lucuuuuuwww gaesz haha!不不不

    heli NURI - TAMAT
    GANTINYA - SEWA ajah gaesz haha!

    tank SKORPION - TAMAT
    TAKDE PENGGANTI!

    nah yg ini babak seruw!

    LCS - CALON ASET BARUW - tp DITAMATKAN-> SALAH FOTONG! haha!

    MCS - CALON ASET BARUW - sain kontrak 2014! TAKDE KABAR-> TAMAT kah?

    HELI KECIK - CALON ASET BARUW - DELAY HUJUNG TAHUN 2021-> KL bayar DP 30% ke LISING, tp nak minta kirim, TAK MUNGKINLAH haha!
    TAMAT apabila LISING tak bayar full ke MD haha!五五五

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg guwe heran militer KL banyak cem skuadron pespur diLIKUIDASI,
      kaveleri tank di LIKUIDASI,

      personilnya taro dimana yak,

      cem pilot...masa dikasi konsol box simulator doank..uda 6 tahun gak terbang betulan = makan gajibut nich haha!

      pantesan kagak skrambel.....

      Hapus
  34. Kalau ada berita seperti ini Genk NASI LEMAK MENGUNCUP MALONS sembunyi kat jamban.. bwahahhahahhaahahaa..

    Diorang malu, ketakutan, sembunyi dibucu katil sambil menangis terisak2 tdk dapat menerima fakta pahit ini.. wakakkakakakakkakakakaa..

    Yuhuuuuu.. MALONS MENGUNCUP TERUK.. Kahkahkahkahkah..

    BalasHapus
  35. pengin dech kirim2 salam haha!

    SALAM 88 bijik SKYHAWK bekas
    SALAM SEWA HELI
    SALAM DELAY 6 bijik heli kecik
    SALAM KENSEL LCS
    SALAM TAMAT LCS
    SALAM TAMAT MCS
    SALAM SALAMan ama BOMBER
    SALAM BAJET KAT bagi LIMA
    SALAM GEMPI TAKDE KOMANDER SIGHT
    SALAM 12 ScanEagle lebih BANYAK dari 14
    TERBARUW
    SALAM LIKUIDASI
    SALAM -5 lebih BANYAK dari -17
    ama
    SALAM MENGUNCUP <-paling unyu2 negh haha!

    BalasHapus
  36. Salam Menguncup kedekut terbantut ekonomi -17% malon miskin LCS dan heli kecik makin lepas dari genggaman



    Xixixixixixixixi ...

    BalasHapus
  37. Kwalitas babi putra tempatan di suruh baca Blue Print malah baca Blue Film, di suruh potong plat besi malah planga plongo sampai salah potong



    Xixixixixixi

    BalasHapus
  38. Putrajaya25 Juli 2020 16.47

    Empire Melayu Srwijaya (yang berpusat di Kedah )
    dan Empire Melaka (yang berpusat di Melaka)...

    Negara Malaysia adalah awal dari terbentuknya Kerajaan Melayu Raya Nusantara yang berdaulat
    ....................

    BUAKAKAKAKAKAK KERAJAAN MARITIM SRIWIJAYA ADA DI KEDAH...????不

    BETAPA TOLOLNYA....KEDAH,LANGKASUKA ,PATANI,SEMENANJUNG DARI ABAD KE 8M ADALAH BAGIAN DARI JAJAHAN KERAJAAN SRIWIJAYA YG BERPUSAT DI SUMATRA PALEMBANG...BUKTI PENINGGALAN S3JARAHNYA BANYAAAK.

    KEDAH/L3MBAH BUJANG HANYA BEKAS CIVILISATION...PENINGGALAN HANYA PUING² PERKAMPUNGAN DAN CANDI² KECIL...KEBUDAYAAN TIDAK ADA PENINGGALANNYA...MALULAH CLAIM SEJARAH INDONESIA...KARENA MALINGSIA TIDAK PUNYA SEJARAH.

    MELAKA DIDIDIRIKAN OLEH PARAMESWARA...BANGSAWAN MELAYU ASAL PALEMBANG...BUKAN ASAL SUKU "SEMANG"..YG HIDUP DOATAS POKOK² MACAM BERUK.
    SIAPA YG MEMBANTU MELAKA LAWAN PORTUGIS....KE SULTANAN DEMAK..PATI UNUS/PANGERAN SEBRANG LOR DAN DARI KESULTANAN ATJEH YG BERTEMPUR MELAWAN PORTUGIS DAN BELANDA.

    BANGSA MELAYU....YG MENJADI PENGHIANATnya...

    BalasHapus
  39. Dpr indon,pidato kenegaraan yg cakap tahun hadapan pertumbuhan 5 persen adalah lawak,caranya gimana?logika dimana?strategi gimana?realita gimana?nyatanya masuk resesi 6 persen terus bilang akan melompat,...habislah indon lawak dibodohi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh ada malon bodoh ini, kalau resesi kenapa setiap anggaran naik?...hadeh tololnya malon ini

      Hapus
    2. Tumbuh 4-5 % itu bukanhal yang mustahil. Dengan m3nggairahkan ekonomi dlm n3geri saja bisa dapet tuh. Caranya naikkan tingkat konsumsi dlm negeri.

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxa Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxa nih不不

      Hapus
  40. Satu2nya indon nak cuba naikkan ekonomi adalah berikan cash rakyat kecil agar ekonomi mulai bergerak,tapi lawaknya cost bantuan di dapat dari hutang surat negara,terus untuk biaya hutang?naikkan pajak tinggi rakyat,kah kah pandai pandai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon minun 17% hhaha
      Kita megara demokrasi lon
      Bukan macam negara mu yg mna media msih dikekang kerajaan terbatas..

      Hapus
    2. Data dari mana cost bantuan dari hutang. Memang malondog. Kasih sini linknya.

      Pajak tinggi, ngomong apa kau ruk. Justru semua pengusaha dapat relaksasi pajak. Dan justru malah dapat bantuan. Hoax lagi para malondog.

      Jangan suka tebar fitnah dn hoax. Jadi keliatam bodohnya.

      Hapus
    3. Eh tolol kerajaanmu utang 4x selama corona ini sehingga utang negara kau tu cecah 87% dr PDB, adakah dikasih kerajaan kepada rakyat malon dr hasil utang 4x itu????? Tak ada, program rapit test masif pon tak ada' yg ada tipu2 data dan angka kematian malon meningkat tanpa ada penjelasan pasti penyebabnya karena malon terus berusaha tipu2 data,,,masih wajar indonesia utang dibagi sama rakyat dan tujuannya jelas untuk tetep mempertahankan daya beli masyarakat dan negara, cuman ini satu2nya cara agar ekonomi kembali bergeliat dan indonesia bisa lolos dr resesi,,,rakyat malon memang tolol di tipu2 kerajaan 五五莞樹莞樹莞

      Hapus
    4. Hitungan parahnya indonesia diakhir tahun tutup dengan -1%, bila strategi pemerintah berhasil ekonomi indonesia bisa tumbuh +2%,,,semoga strategi pemerintah berjalan sesuai dengan harapan. 莞劾返莞劾返莞劾

      Hapus
    5. Xaxaxaxaxa Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nih不不

      Hapus
  41. Kata nak bina vaksin baru,nyatanya datang dari cina...sinovac,indon dan cina berpisah tiada kerena trisila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana katanya Indonesia tidak bina vaksin,...vaksin nya sudah jadi tolol lu lihat berita sana dasar tolol

      Hapus
    2. Indonesia mengembangkan 2 vaksin, 1 vaksin sinovac bekerjasama dengan china dan satunya lagi vaksin merah putih,,,vaksin sinovac yg bekerjasama dengan china adalah untuk penanggulangan jangka pendek dan vaksin merah putih untuk penanggulangan jangka panjang.


      https://nasional.okezone.com/amp/2020/08/14/337/2262330/eijkman-jelaskan-perbedaan-vaksin-merah-putih-dengan-vaksin-sinovac?page=2

      Hapus
    3. Vaksin buatan sendiri masih on progress. Yang dari china juga masih dalam tahap pengujiam.

      Jangan tebar hoax. Kalau tak tahu ya cari tahu. Jangan kau pakai ketolololanmu disini. Bakal ditertawai.

      Hapus
    4. Iri bilang bosss. Negara kau malon takde kepakaran, kepinteran dan lembaga untuk buat vaksin.

      Upps.. Uppss.. ilmuwan aja ngambil dari Indonesia.

      Hapus
    5. Xaxaxaxaxaxa itu suwandaru om2 sekalian xaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nih不不

      Hapus
  42. Kubangan Lumpur -17% wkwkwkw miskin

    Indonesia selalu naik anggaran, kalau indonesia kenapa uang selalu nambah hayo jawab?

    BalasHapus
  43. BILANG INDONESIA RESESI, TERNYATA MALAYSIA LEBIH PARAH -17%

    BILANG INDONESIA TAK DA WANG, TERNYATA ANGGARAN PERTAHANAN NAIK


    GRMPURWIRA, MATSABU SABU TAK AKAN SUKA DENGAN BERITA INI

    BAGI MEREKA KITA INI KELAS BABU, MEREKA LUPA DIRI TAHUN 70-80 AN KITA YANG MENGAJARI MEREKA

    BalasHapus
  44. Yang jelas system di malon belum demokrasi, banyak berita yang di setir pihak kerajaan, rakyatnya ditipu di kibulin seperti bacotnya gembur,mat sabu, yang bual dan besar mulut..........



    PUR 2021 banyak berita yang akan membuat malon semakin sedih...di tunggu ya pur

    BalasHapus
  45. SAYA LUCU TENGOK KOMEN BUDAK INDON TOLOL NI BANGGA SANGAT PASAL BUDGET, LUAS WILAYAH INDON TU 10 KALI MALAYSIA, TAPI BUDGET DEFENSE TAK SAMPAI 2 X MALAYSIA, OTAK KAMU KEMANA INDON 不不不不不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. 9B KAU BILANG TIDAK ADA 2X DARI 3B??? ITU UDAH 3X BODOH, TOLOL, IDIOT, MORON, STUPID.

      MAULAH OTAK KAU TIDAK LEBIH PINTAR DARI OTAK TADIKA.

      不不不不不

      Hapus
    2. ..
      Yang penting diATAS malaysia.
      Yang penting LEBiH dari malaysia.

      Itu sudah cukup kok.
      HueHehehehehee......
      Panas...panas...panas..malaysia.

      Hapus
    3. Malon iki.. Ora ngenah koyo Wong somplak, asal nyrocos wae五五

      Hapus
    4. Malon idiot ,budget Pertahanan Malon cuma 3 B berbanding Indonesia budgetnya dah sampai 9 B 不不不

      Hapus
    5. tak sampai 2X ?

      ah masa..

      budget kerajaan ko sendiri kalah ama singapore nan kecik.. hihi

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Hahhahahaha malon tolol mana ade 10 kali luas wilayah kita cuma beda 6 kli tau, idiot sangat percuma top university tapi sangat low

      Lon lon malon memang tolol

      Hapus
  46. BUDAK BUDAK INDON TOLOL PIKIR BUDGET TU SUDAH BUAT INDON DITAKUTI 不不不不不不, BUAT LAWAK 不不不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya bukan seperti malon yg lemah, tolol dan miskin,,,ish sewa heli pon tak mampu 五五莞樹莞樹莞

      Hapus
    2. Buktinya aja takut ceroboh sempadan Indonesia berbanding cina dah 89x ceroboh sempadan malon dan tak satupun MKM scramble 不不

      Hapus
    3. konon dengan resesi 17.1 peratus apakah malon masih layak utk ditakuti ?

      Hapus
    4. Ayo lon coba korang masuk Ambalat lagi,,biar kami makin semangat ,,

      Hapus
    5. Lebih lawak lagi BNSD..di prank najib

      Hapus
  47. The big picture is:

    .... SIZE IS MATTER ....

    1. Jumlah penduduk Indo no 4 dunia
    > Bayangkan jika 260 juta penduduk terdidik dgn baik dan sejahtera.
    Wow!

    2. Negara kepulauan yg luasnya berlipat2 dari jiran.
    > The real archipelago and maritim country, bukan ngaku-ngaku.

    3. Jika dipersenjatai dgn baik.
    > Budged pertahanan terus meningkat.
    > Bisa bikin senjata modern/canggih sendiri.

    Wow!莞莞 ... SIZE IS MATTER ...

    BalasHapus
  48. this indon budget only for bayar hutang,alat tempor semisal kfx,changbogo,pesawat,helicopter yg grounded,tak de sisa wang lagi tuk bina alat tempor dan tak de lagi for bina alat tempor modern,paragang kena prank budget bina alat tempor..indon jaguh lawakan ....弗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hutang Malon 241% PDB dan pertumbuhan ekonomi -17% 不不不

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxa 137,99b cuma utk bayar hutang???? Xaxaxaxaxaxaxa lawaknya komen beruk malonte lulusan 5top university ini, ane tanya deh, anggaran pertahankan malonte tahun '19 brp n sdh belanja apa?????????? ......krik...krik....krik....xaxaxaxaxaxaxaxa nih lon不不

      Hapus
    3. Malon bisanya hanya bual belaka, mulut besar

      Hapus
    4. Kami belum mau bayar tunggakan kfx/ifx emangnya kenapa??? itu kan bukan utang tp iyuran yg tak ada potensi pihak lain dirugikan, uang kami yg masuk udah lebih dr cukup tuk bangun prototype kfx/ifx, semua pasti dibayar bila emang sudah waktunya dan pantas dibayar,,,siap2 ya terima kenyataan 4 unit apache yg belum gunakan radar longbow tiba2 dah gunakan radar longbow,,,kacian malon miskin sangatlah, sewa heli pon tak mampu 五五莞樹莞樹莞

      Hapus
  49. PASKAL.....keren seragame, komplit senjatane, tapi miskin aksi 之之之, : https://youtu.be/YFW_UpD0kWk

    BalasHapus
  50. Awokwok ...
    Duit segitu banyak kalo di beliin es cendol dawet buat guyur beruk² semenanzonk yang kepanasan dapat berapa ya .....

    BalasHapus
  51. Tahun ini pemgdaan alutsista agak terhambat krn covid..tp tahun depan anggraan naik kita jor2an deh beli sekaligus perawatan.
    Bravoo

    BalasHapus
  52. PENDIDIKAN dengan KESIHATAN untuk rakyat mana....???? wkwkwkwkwkwwkwkkw


    Patutlah PENDIDIKAN INDON antara paling rendah di ASEAN manakala KESIHATAN antara terburuk di ASEAN...

    Utamakan RAKYAT bro....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krn covid semua terhambt pur..dan mulai ni semua anggaran sektor2 pnting sudah naik.

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxa panasss ya poor,coba sebut brp angka budget pertahankan Indonesia d atas brp.....xaxaxaxaxaxa koyaklah tuh xaxaxaxaxaxa nih poor不不

      Hapus
  53. lagi satu nak kata la..kalau INDON selagi takde depan mata jangan percaya 100% biasanya PRANK...wkwkwkwkwkw

    macam PRANK 11 ribu trilion tu....wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prank NaJib luar biasa bikin kapal tak brani berenang

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa coba bandingkan dgn budget pertahanan malonte........xaxaxaxaxaxaxaxa panassssssss!!!!! xaxaxaxaxaxaxaxa nih poor不不

      Hapus
    3. Anti najib suka prank
      Anti hutang menggenlintir
      Anti kapal tak jadi jadi
      Anti pesawat grounded
      Anti kapal selam tak bisa selam
      Anti heli sewa
      Anti low iq
      Anti semua tentang malon tolol

      Hapus
  54. Gowind saban hari hanya menatap lautan biru di depan, "kapaaan aku nie cipak2 air, tahunan teronggok begini, tak dipotong tak di las, di usap2 jee oleh enjiner2 dungu tu"

    Jet peju-an juga sama sedihnya, "Tiap harii kita ni cuma berbaris menatap langit, tak pernah main2 di awan2 tu, cuma di cuci, lap2, semprot2 bayfresh, lepas tu dorong balek masok hanggar"

    BalasHapus
  55. Lihat poor, Rp.137,99t hanya utk tahun 2021 lho, malonte brp poor??????? Panasss!!!!!!! xaxaxaxaxaxaxaxa nih poor不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lufaa om apbnp 21' 13T , tambah bengap malon bego... 不

      Hapus
  56. Lanjutkan beli alutsistanya demi marwah bangsa, tapi anggaran riset nya di tambah dong biar bisa membuat sendiri.

    BalasHapus
  57. Untuk hari ini saya cabar semua beruk beruk malays koyak jiwa raganya... Dan untuk seterusnya penderitaan malays kat sini semakin menjadi. Iri dengki beruk beruk malays kian membuncah..


    Gelaknya tengok kedengkian malon bongok ni. Lon malon BSH tak boleh cairkan lagi.. Hutang malays cecah 461% PDB di tahun 2021, serta menguncupnya ekonomi kerajaan beruk malays 17,1% itu baru namanya depresi... Wkwkwk.. Paling kandas di asean...


    Poor malays la...


    湘湘湘湘

    BalasHapus
  58. WOI BERUK MALAYS TENGOK NI..!!

    Untuk hari ini saya cabar semua beruk beruk malays koyak jiwa raganya... Dan untuk seterusnya penderitaan malays kat Forum sini semakin menjadi. Iri dengki beruk beruk malays kian membuncah..


    Gelaknya tengok kedengkian malon bongok ni. Lon malon BSH tahun depan tak boleh cairkan lagi.. Hutang malays cecah 461% PDB di tahun 2021, serta menguncupnya ekonomi kerajaan beruk malays 17,1% itu baru namanya depresi... Wkwkwk.. Paling kandas di asean...


    Poor malays la...


    湘湘湘湘

    BalasHapus
  59. MATUR NUWUN......TERIMA KASIH......DANKE. HAYOO PAK BOOOWO cepetan beli2nya. Cepetan direalisasikan MIMPI2 alutsista !!!!! TAPIIII JANGAN OSPREY!!!!!!! MUAAAAAAHAL.

    BalasHapus
  60. WOI BERUK MALAYS TENGOK NI..!!

    Untuk hari ini saya cabar semua beruk beruk malays koyak jiwa raganya... Dan untuk seterusnya penderitaan malays kat Forum sini semakin menjadi. Iri dengki beruk beruk malays kian membuncah..


    Gelaknya tengok kedengkian malon bongok ni. Lon malon BSH tahun depan tak boleh cairkan lagi.. Hutang malays cecah 461% PDB di tahun 2021, serta menguncupnya ekonomi kerajaan beruk malays 17,1% itu baru namanya depresi... Wkwkwk.. Paling kandas di asean...


    Poor malays la...


    湘湘湘湘

    BalasHapus
  61. Malays darul Depresi ekonomi.. Kuncup menguncup ekonomi 17,1%. hutang cecah 461% PDB... Wkwkwkwk...

    Poor beruk beruk malays koyak...

    湘湘湘湘
    恫恫恫恫

    BalasHapus
  62. WOI BERUK MALAYS, KULIAH DULU NI..

    Pada RAPBN 2021, ada yg namanya: anggaran Kementerian Lembaga (K/L) Rp 1.029,8 triliun dan Non Kementerian Lembaga (Non K/L) Rp 921,4 triliun.
    Total Anggaran Rp 1.951,2 triliun
    Sumber baca lo beruk malays.. Jangan malas!!!
    https://nasional.kontan.co.id/news/belanja-kl-tahun-2021-akan-difokuskan-untuk-delapan-sektor-apa-saja

    Pada Angaran K/L itu ada angaran kementerian Pertahanan, PUPR, Kesehatan, Pendidikan, dll.
    Contoh.
    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rp 149,81 triliun
    Kementerian Pertahanan Rp 136,99 triliun
    Kepolisian Negara Republik Indonesia Rp 111,97 triliun
    Kementerian Sosial Rp 92,81 triliun
    Kementerian Kesehatan Rp 84,29 triliun
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp 81,53 triliun

    Secara lebih rinci dijelaskan total anggaran tersebut berasal dari rupiah murni, termasuk rupiah murni pendamping (RMP) sebesar Rp 902,49 triliun, PNBP/BLU sebesar Rp 75,01 triliun, dan pinjaman hibah luar negeri, dalam negeri, serta SBSN sebesar Rp 52,34 triliun.

    Sumber baca juga ini monyet malays..
    https://money.kompas.com/read/2020/08/14/165536126/15-kementerian-lembaga-dengan-anggaran-terbesar-pada-2021?page=all

    Diluar itu ada anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp356,5 triliun. Didalamnya ada untuk perlindungan masyarakat miskin, kartu Prakerja, Sembako , keluarga harapan, bansos tunai, UMKM, Patiwisata, sampe Vaksin corona ada... (Malon miskin BSH belum tentu ada di 2021 karna hutang ke china sdh 461 % )

    SumberBaca juga nih beruk pemalas..
    https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/read/20200814/10/1279310/jokowi-anggaran-pen-2021-capai-rp3565-triliun

    Biar beruk beruk malays tahu juga sumber APBN 2021 berapa aja yg dari hutang. Bandingin dengan jujur dengan Hutang kerajaan teruk lo monyet...

    Koyak ko setelah tahu ya beruk...
    Baca juga nih Pagu Indikator yg berlaku di Indonesia di Tahun 2021.

    1. Pertumbuhan Ekonomi: 4,5-5,5%
    2. Inflasi 3 %
    3. Harga minyak mentah US$45 / barrel

    Banding dengan darul kedekut malays yg menguncup -17,1 % itu baru namanya depresi. Malon sembang najib pon boleh terbang.. Wkwkwk

    Gelak tengok beruk beruk malays dengki dengan kelajuan Indonesia dan jiran lainnya

    Poor malays la..

    湘湘湘湘

    BalasHapus