11 Agustus 2020

Tiga Uji Critical Berhasil Dilalui N219 Nurtanio

 11 Agustus 2020

Pesawat N-219 Nurtanio ketika melakukan uji terbang di Pangandaran, Jawa Barat (photo : PT DI)

Ada beberapa materi uji dinamis yang cukup critical pada proses sertifikasi pesawat angkut ringan N-219 Nurtanio rancangan LAPAN, materi tersebut adalah Uji One Engine Out, Uji Flutter serta Uji Stall.

PT DI telah membuat 4 pesawat N-219 untuk dipergunakan pada pengujian, 2 dibuat untuk uji darat dan 2 dibuat untuk uji terbang. 2 pesawat yang digunakan untuk uji terbang diberi kode PD1 (warna putih) dan PD2 (warna kuning kehijauan).

Rangkaian uji dinamis pesawat N-219 disampaikan oleh Ir Agus Aribowo, MEng Kepala Bidang Program dan Fasilitas, Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN dalam program Tanya LAPAN edisi Pesawat N219 Amfibi yang diposting di channel Youtube pada 4 Maret 2020 yang baru lalu.

Uji One Engine Out

Pesawat PD1 menjalani uji One Engine Out saat terbang, terlihat mesin kanan pesawat dalam kondisi mati (photo : LAPAN) 

Pengujian dengan salah satu mesin mati telah dilakukan pada tanggal 18 Desember 2019 lalu di bandara Kalijati, Jawa Barat. Pengujian One Engine Out dilakukan dengan dua cara yaitu mematikan satu mesin ketika pesawat sedang take off dan mematikan satu mesin ketika pesawat sedang terbang. 

Uji terbang dengan satu mesin menggambarkan keadaan darurat yang dialami pesawat ketika salah satu mesinnya mati. N-219 telah sukses dalam uji ini sebagaimana pernah dimuat dalam blog ini tanggal 24 Desember lalu.

Uji Flutter

Pesawat PD1 menjalani uji Flutter, lihat marking pada sayapnya untuk pengamatan (photo : LAPAN) 

Fenomena flutter akan terjadi apabila ada gaya dan momen aerodinamika yang berinteraksi berlebihan di permukaan sayap pesawat. Sayap akan bergetar dan berosilasi, jika bertambah besar maka akan menuju pada keadaan tidak stabil. Efek dari osilasi hingga flutter ini dapat lebih mudah terlihat pada model separuh sayap, oleh karena itulah digunakan model separuh sayap dari pesawat N219 yang diuji pada terowongan angin kecepatan rendah BBTA3 di  Serpong. 

Hasil uji flutter pada model separuh sayap telah diterbitkan pada Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia pada tahun 2016, dimana kecepatan flutter terjadi pada 40,5 m/s pada hasil analisis komputasional dan hasil pengujian di terowongan angin sebesar 40,83 m/s.

Peralatan uji flutter pada wing-tip pesawat N-219 Nurtanio (photo : Bambang Haryanta)

Saat pengujian pesawat dikondisikan agar mengalami flutter pada saat kecepatan maksimal. Uji ini telah beberapa kali dilakukan, termasuk yang dilaporkan oleh Airspace Review pada akhir tahun 2019 lalu. Pada uji flutter ini di wingtip pesawat N-219 dipasang alat khusus untuk bisa menimbukan flutter, melalui alat ini frekuensi flutter dapat diatur dari 1 hz hingga 45 hz dan periode flutter bisa diatur waktunya.

Mulai 31 Juli 2020 selama seminggu di kawasan sekitar bandara Nusawiru, Pangandaran, kembali pesawat N-219 menjalani uji flutter, kali ini pesawat ditemani 2 pesawat Grob no 25 dan 27 yang bertindak sebagai pesawat chaser. Kegiatan ini selesai pada tanggal 06 Agustus 2020 yang baru lalu dan pesawat berhasil melewati uji flutter ini.

Uji Stall

Uji stall saat penerbangan ke-100 pesawat PD1 (photo : LAPAN)

Stall merupakan keadaan ketika pesawat kehilangan daya angkat. Stall terjadi ketika pesawat bergerak dengan bagian hidung yang mengarah ke atas (nose up) dengan sudut lebih dari 15 derajat yang dipengaruhi juga oleh kecepatan angin dan arah terbang pesawat. Pada sudut kemiringan ini, gaya tekan ke bawah pesawat berubah menjadi lebih besar dari pada gaya angkatnya. Lama-kelamaan pesawat ini akan kehilangan daya angkat dan pesawat menjadi terancam. 

Kondisi Stall pada pesawat terbang (image : CFI Notebook)

Dalam
dalam kondisi stall, pada pesawat besar fitur auto-pilot lah yang sangat berperan. Auto-pilot dapat mengarahkan pesawat agar dapat kembali melayang dan bergerak ke arah yang tepat, setelah itu tugas pilot untuk mengambil alih pesawat secara manual. Pada pesawat kecil tugas ini diemban pilot sepenuhnya.

Begitu pentingnya masalah stall ini, pada awal 2014 FAA memberikan ijin pemasangan Angle of Attack (AOA) Indicator pada pesawat kecil sebagai pelengkap dari airspeed indicator dan stall warning systems sebagai peringatan dini bagi pilot agar stall dapat dihindari.
Uji stall pesawat N-219 (photo : LAPAN) 

Uji stall N-219 telah dilaksanakan pada pesawat PD1 saat penerbangan ke-100, pesawat N-219 berhasil terbang normal kembali dengan mengembalikan gaya angkat setelah pesawat dalam posisi stall. Pelaksanaan uji stall ini diunggah oleh LAPAN pada tanggal 26 September 2019 lalu.

Uji terbang oleh Kementerian Perhubungan

Apabila semua proses uji darat dan uji terbang telah dilaksanakan, tahap akhir pengujian adalah uji terbang yang dilakukan oleh pilot yang berasal dari Kementerian Perhubungan untuk membuktikan bahwa pesawat N-219 aman.

Pesawat N-219 selesai menjalani uji flutter di Pangandaran (photo : Bambang Haryanta)

Pembuatan Laboratorium DO-160

Pada saat ini kandungan komponen lokal pada pesawat N-219 mencapai 40%, dan Pemerintah menargetkan nilai komponen lokal pada pesawat ini dapat mencapai 60%. Dalam rangka itulah maka LAPAN sekarang sedang membangun laboratorium baru yang bernama DO-160, laboratorium ini diperuntukkan bagi pengujian semua komponen pesawat sipil yang akan dipasang pada pesawat. 

Dengan laboratorium ini maka industri lokal dapat mengadakan uji berkali-kali bila melakukan litbang dengan biaya yang murah. Industri komponen lokal seperti karpet, kursi pesawat, peralatan navigasi dan industri pendukung lainnya dapat menjadi penyuplai pesawat N-219 Nurtanio. Diharapkan dalam 5 tahun kandungan lokal 60% ini dapat tercapai.

Dari gambaran tersebut diatas maka proses sertifikasi pesawat N-219 berjalan on-track dan target kandungan komponen lokal 60% sudah menampakkan progresnya. Semoga pesawat N-219 sukses dalam produksi dan penjualan.

(Defense Studies)

145 komentar:

  1. Di aman kan dari ganas nya berok malon gila sewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon gak bakal ngerti berita hal kaya gini.
      Karena taunya cuma tempel stiker 😁😁😁

      Hapus
    2. Baca berita ini malon otaknya langsung hang karena terlalu rumit buat species 1cc

      Hapus
  2. Lha wong pengujiane wae durung rampung kok wes dikomentari sing aneh-aneh karo @ahelvas 😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya komentar anda om @smilinghari212.
      👍👍

      Itulah orang pesimis yg tidak suka negaranya maju. Patut ditanyakan rasa nasionalisnya.

      Hapus
    2. Iyo je mas....yen disimak twitter surasane ki si helvas koyo "kelondo-londonen", rumangso luweh duwur ketimbang bangsa Indonesia liyane 🤔

      Kamongko le golek upo yo neng kene.......😪

      Hapus
    3. itu orang gila FEE..............
      pengejar uang komisi penjualan alias broker

      Hapus
    4. Asline ki kontributor @janes.....dadi pendaringane seko gawe berita sensasional kanggo ndongkrak oplahe 🤷

      Hapus
    5. Sekarang di indonesia jadi apa om?

      Hapus
    6. Ketoke mas @hellblazer sing luweh kenal 🤷

      Hapus
    7. Biasalah bahasa sales..yg bikin meriang tuh pas dia ngepost klo spek persenjataan iver kita sudah final

      Hapus
  3. Maaf OOT

    Salah satu negara miskin di asean tak mampu beli kapal second, kasihan sekali masyarakatnya, saya merasa beruntung tidak dilahirkan di negara tersebut.

    Abdul Aziz said they nearly got to procure the Nakhoda Ragam corvettes which were very similar to the Jebat class frigates. However due to budgetary reasons, the ex-Brunei corvettes went elsewhere, with reports suggesting that the three were by Indonesia.

    BalasHapus
  4. cara MALON cover malu memang nampak BANGANG...wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Semangat terus
    Tuk berinovasi

    BalasHapus
  6. Maaf yang otaknya 1 cc tepi sikit, tak payahlah berfikir berat berat, meledak nanti isi kepala berok semenanjong yang konon katanya boleh bina pesawat gen 6 dalam tempo 2 tahon sahaje, di lahirkan dalam keadaan stupid dan mati dalam keadaan stupid itulah garis nasib berok malonsial 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka ga punya wind tunnel tetapi bisa buat pesawat gen 6

      Berarti uji coba nya di planet saturnus
      Canopi nya pake beha rosmah

      Hapus
    2. Baca berita mcm ni dorang siap2 lgsg beli dadah biar bisa halu tinggi komen kat DS
      wkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Malon ngga punya Wind Tunnel bang...... mereka hanya punya GoWind..... "..GO with The WIND.."

      ======= 1cc mana ada wind tunnel ...

      Hapus
  7. Alhamdulillah, masih berjalan lancar.

    Teknis pengujiannya luar biasa dan butuh waktu, biaya dan riset yang tidak sedikit.

    Ini lah bedanya Pembuat dengan Pembeli. Pembuat harus mandiri melaksanakan semua test sendiri dari mulai test on design, wind tunnel, test lapangan, test terbang, kemudian test tembak + test mine xplosion (case tank Harimau) test menanjak tebing, test sistem tempur dll. Begitupun dalam hal kapal selam, masih dilaksanakan sea trial sampai hari ini karena dari test itulah bisa terlihat kemampuan real dari penjabaran teori teori dan ilmu installment system yg sudah dijalankan.

    Bikin Drone aja 6 tahun, mosok bikin stealth jet cukup 2 tahun ???...andai beneran 2 tahun kalah lockheed martin juga yg butuh puluhan tahun buat ngembangin jet belum sekelas Stealth dulu... hihihihi...

    Sukses Terus trio Matra production TNI > PTDI (Udara), PINDAD (Darat), PTPAL (Laut). Komplit Set kita punya... HAIL..!!!

    BalasHapus
  8. TAHNIAH LON TAHNIAH ATAS KE HEBATAN NEGARA KALIAN YG BERHASIL MENANGKAP KAPAL INDUK CHINA DAN MENAWANNYA HINGGA HAMPIR SETAHUN,,,, USA PUN ANGKAT TOPI ATAS KEBERHASILAN MALON YG MENAWAN KAPAL INDUK DAN CCG CHINA DI WILAYAH MALON THE BEST LAH ATM INI

    BalasHapus
  9. PESAWAT INDO UNGLY MALAYSIAL BISA BUAT PESAWAT GENERASI KE 7,TAK MACEM INDO HANYA BISA BUAT PESAWAT KIPAS,,,😅😅😅

    MALAYSIAL HEBAT


    BETUL...BETUL..BETUL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ya, PTM Gen 6 saja bisa sampai datang bulan

      Apalagi Gen 7

      Hapus
    2. Betul sekali ugly nian tak macam malaysia yg sdh export pesawat k ke USAF *sambil hisap dadah

      Hapus
  10. Masih kalah dengan PTM Gen 6 yang dikendarai Naruto

    BalasHapus
  11. Yes terbang lagi,..
    Tinggal dicantolkan rudal c705 mantap.
    Siap2 kapal Malon kena sengat rudalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ngopi sek mas......ben nyawane mlumpuk disik ☕🍮"

      https://youtu.be/Xa9BZo1Zsbs

      Hapus
    2. TIDAK MUDAH PESAWAT MALAYSIAL PUNYA JAMING YANG KUAT, DAN TERPASANG BANYAK RUDAL SEPERTI YAHKONT,BRAHMOS, DAN AMRAN, PESAWAT MALAYSIAL PESAWAT GENERASI KE 7 PESAWAT INDO KALAH LAH TU

      Hapus
    3. Yes ngombe kok mas smiliy
      Ngombe kopi Karo goreng
      Iko pesawat te apik tenan
      Iso kanggo ngelucurke rudal
      Tapi kok ora ketok Yo rudal ke

      Hapus
    4. Emmmmmm.....iku tondone kopimu kurang kenthel mas 😂

      Hapus


  12. GEMPURWIRA11 Agustus 2020 10.18
    Kasihan INDON...

    Balas
    Balasan

    TLDM lari di kejar bot singapura11 Agustus 2020 10.18
    NETIZEN INDO JGN COBA2 LAWAN DUET MAUT GEMPUR WARIA DAN SI SAPIERR KRN KALIAN BISA TEWAS DI BUATNYA KRN MEREKA BEST OF THE BEST SEJAGAT. ........

















    GOBLOK NYA... BHAHAHHAHAHAHAHAAHHAAHA

    Hapus

    MALON TOLOL11 Agustus 2020 10.19
    HAHAHAHAHAH...KAMI TAK BUTUH DI KASIANI, APALAGI MACEM KAU ITU, YANG OTAK DAN HATI KAU SUDAH RUSAK


    GEMPURWIRA11 Agustus 2020 10.21
    Terima kasih atas pujian itu...wkwkwkwkwkwkwkw






    BALASAN KOMENTAR TERBAIK GEMPUR WARIA ATAS PUJIAN KPDNYA BHAHAHAHAHHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, pesawat N219 ini dah dites dgn satu baling2 mati, masih bisa jalan secara aman.

    Bayangkan jika kita pernah naik pesawat sejenis yg lebih kecil dgn hanya satu baling2 di hidung pesawat. Kita selalu berdoa agar mesin nya gak mati, apalagi saat dikepung awan di area pegunungan atau di atas laut lepas (yg ombaknya besar).

    Bravo PTDI, maju terus! Lanjut dengan N245.

    BalasHapus
  14. Wah..artikrlnya di tulis sendiri ama mimin..

    BalasHapus
  15. TAHNIAH LON TAHNIAH ATAS KE HEBATAN NEGARA KALIAN YG BERHASIL MENANGKAP KAPAL INDUK CHINA DAN MENAWANNYA HINGGA HAMPIR SETAHUN,,,, USA PUN ANGKAT TOPI ATAS KEBERHASILAN MALON YG MENAWAN KAPAL INDUK DAN CCG CHINA DI WILAYAH MALON THE BEST LAH ATM INI

    BalasHapus
  16. Yang jelas bukan uji selam, karena itu tugasnya scorpung tldm.
    Dan juga bukan uji cecah air, karena itu tugasnya lcs stealh asset tldm
    😁😁😁🤐

    BalasHapus
  17. BERUK SATU BERUK DUA SILAHKAN MASUK PUR BERSAMA SI SAPIER BRIK BRIK BRIK.... .

    BalasHapus
  18. @Norman "Gombloh" Hakim

    "Iki ugo ono pesawat spesialis wilayah pegunungan.....arane Pilatus Porter sing legendaris 💪.

    Galo sawangen desain sirip ekore .....bedo to karo sirip ekore Ceasna kebanggaanmu 👎👎👎"

    https://youtu.be/B3RrwKixl5E

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ra mudeng jare pakdhe 😢

      Hapus
    2. Wooooo....iku tandane sampeyan durung nyimak nganti rampung 🍮☕

      Hapus
    3. Buat yang mau belajar alasan Cessna pakai T Tail dan N-219 pake Cruciform Tail.

      https://www.fzt.haw-hamburg.de/pers/Scholz/HOOU/AircraftDesign_9_EmpennageGeneralDesign.pdf

      http://what-when-how.com/flight/tail-designs/

      While designing any airplane with T-tail or cruciform tail,the following things must be kept in mind:

      - The usage(passenger or cargo)
      - The wing configuration
      - The stalling angle of the wing
      - The angle at which flow separation starts at the wing

      T tail is aerodynamically the most efficient tail type, as the empennage is located above the fuselage and the turbulence created by engines and wing. Moreover, the T tail is the most advantageous on straightening from spin, as the stabilizer will act as an endplate for the rudder. T tail also decreases the risk of foreign object damage, and allows an access (or cargo ramp) under the fuselage. T tail also enables to install engines at the rear fuselage.

      The bad thing with T tail is the risk of deep stall. On deep stall it is possible the empennage gets into the burble created by the stalling wing, losing the steerability. T tail is also more difficult to overhaul and maintain than conventional tail.

      T Tail kayane ungul di kecilnya aerodrag yg korelasinya lebih efisien, kelemahannya adalah begitu pesawat ada potensi stall (daerah yg sering membuat stall adalah kawaasan bukit2 atau pegunungan yg sisi kecepatan anginnya berbeda beda antara sisi open space dan sisi2 bukit) maka T Tail akan sulit dikendalikan.

      T Tail lebih cocok di daerah perkotaan atau kawasan yg tidak memiliki banyak obsctacle bukit2 terjal dan pegunungan.

      Sementara Cruciform Tail (yang dipakai N-219) memiliki keunggulan minim perawatan karena beban loadnya tidak sekeras type T Tail dan mudah dikendalikan bila memasuki kawasan yang berpotensi terjadinya Stall Scenario.

      Untuk pasar ASIA rasanya pilihan Nurtanio sudah paling bener karena mengembangkan jenis Cruciform Tail sesuai kontur ASIA yg typikal pebukitan.

      CMIIW.

      Hapus
    4. Kalau gak paham yg ini, bisa disimpulkan si norman adalah titik titik-titik

      Hapus
  19. Darul Kedekut Terbantut11 Agustus 2020 10.42
    Semoga dengan fregat tercanggih malaysial ASEAN terlindungi, cina tak berani macam2 lihat wujudnya aja membuat bulu jembut merinding


    https://images.app.goo.gl/PkFWhtUzWx8QBwGA7





    Tiba tiba saya teringat admin obrolan panas..
    "KEBAKARAN BULU JEM....ARI MEREKA"


    i hate my mind (jembot):v

    BalasHapus
  20. Mantap..lanjut ken pt.di!!🖒🖒🖒👏👏👏😀

    BalasHapus
  21. MALAYSIAL SUDAH BISA BUAT O
    PESAWAT GENERASI KE 7 TAK MACEM INDO HANYA BUAT PESAWAT BEGINIAN, AIROD BISA BUAT PESAWAT BEGINI HANYA DENGAN WAKTU 3 HARI TAK MACEM INDO YANG DELAY, AIROD THEBEST LAH, TAK MACEM PT DI,MALAYSIAL BISA BUAT PESAWAT GENERASI KE 7, INDO HANYA BUAT PESAWAT KIPAS, HEBAT MALAYSIAL, HIDUP TUANKU, GREAD A GITU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia harus banyak belajar pada insinyur malaysia, semoga pesawat generasi 7 malaysia kita bisa dapat ToT dan di barter kerupuk dan sawit

      Hapus
  22. Cina hutang 84% pada Malasial dan rudal dong feng adalah copy pate dari rudal Taming sari,kapal canggih malaysia pelindung ASEAN bulu kuduk cina merinding bila melihat wujud kapal canggih malaysia dan semoga ZEE indonesia tidak di masuki oleh kapal canggih malasial

    Ini link nya
    https://images.app.goo.gl/jWNevAuRdzogUVZR9

    BalasHapus
    Balasan
    1. TENANG MALAYSIAL AKAN MEMBANTU INDO, KARNA KITA SERUMPUT, KAPAL DAN PESAWAT MALAYSIAL HEBAT2 BISA TERBANG SEMUA DAN SUDAH TERPASANG RUDAL YAHKONT,


      BETUL..BETULL.BETULLL

      Hapus
    2. Malaysia lah yg paling berani melawan cina, US dan Rusia angkat topi dan tepuk tangan
      Klaim garis putus putus di ganti dengan klaim laut malaysia sampai ke hongkong

      Hapus
  23. Dari jasa MRO aerod malasia bisa copy paste dan buat pesawat hercules tempatan dalam masa 2 tahun mampu buat jet tempur generasi 6, belum lagi kereta terbang tenaga hydronuklir bisa menghubungkan antar planet,

    BalasHapus
  24. AYO PUR KITA BULY INDO,...GEMPUR AYO PUR KITA BULY INDO....INDO PUNYA PESAWAT KIPAS NIH....MASA PESAWAT MALAYSIAL YANG GENERASI 7 KALAH DENGAN PESAWAT INDO,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geng indo gak ada apa apanya, ayo pur kami pembelot dan pendukung mu

      Hapus
  25. Bung Admin....
    ente coba sekali sekali ikutan komenlaah....

    xixixixi

    BalasHapus
  26. Pesawat ni Pasti la lebih Power dari Poseidon US, Indon Power 1 Dunia 👏👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😅😅😅😅 KALAH LAH TU, PESAWAT MALAYSIAL LEVIH JAGUH DAN HEBAT PESAWAT INDO UNGLY

      Hapus
    2. wkwkwkwkwkwkwkwkwk.... malahan mampu kalahkan F-22 Raptor bro...wkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. Betul om, pesawat ini gak ada apanya dalam sekejap malaysia bisa buat

      Hapus
    4. TAHNIAH LON TAHNIAH ATAS KE HEBATAN NEGARA KALIAN YG BERHASIL MENANGKAP KAPAL INDUK CHINA DAN MENAWANNYA HINGGA HAMPIR SETAHUN,,,, USA PUN ANGKAT TOPI ATAS KEBERHASILAN MALON YG MENAWAN KAPAL INDUK DAN CCG CHINA DI WILAYAH MALON THE BEST LAH ATM INI

      Hapus
    5. PESAWAT KAMI MALAYSIAL HEBAT MKM KAMI BISA KALAHKAN F22 RAPTOR APALAGI PESAWAT INDO YANG BEGINI SANGAT MUDAH,,,,KAMI MALAYSIAL MEMILIKI PESAWAT HEBAT MKM KAMI BISA TERBANG SEMUA TAK MACEM PESAWAT INDO YANG HANYA 4 YANG BISA TERBANG MALULAH INDO,


      Hapus
    6. Lebih hebat lagi SU30 MKM lah itu bisa menang tanding dengan F22 Raptor.

      👍👍

      Hapus
    7. PTM Gen 6 lebih power la.. bahkan Darth Vader pemimpin Galactic Empire je sdh memesan 1.000.000.000 unit tuk memperkuat Imperial Army dalam ambisi menaklukan 7 lapis galaksi bersama Thanos & Ultron.. 👍👍😁😁

      Hapus
  27. TAHNIAH LON TAHNIAH ATAS KE HEBATAN NEGARA KALIAN YG BERHASIL MENANGKAP KAPAL INDUK CHINA DAN MENAWANNYA HINGGA HAMPIR SETAHUN,,,, USA PUN ANGKAT TOPI ATAS KEBERHASILAN MALON YG MENAWAN KAPAL INDUK DAN CCG CHINA DI WILAYAH MALON THE BEST LAH ATM INI

    BalasHapus
  28. Pesawat kereta kipas dan PTM generasi 6 goblin hijau lebih canggih dan tak perlu uji dan sertifikat segala, US dan Rusia angkat topi dan cina berusaha curi tehnologinya

    BalasHapus
  29. si Beruk @Norman Hakim, kemarin berkomentar, desain sirip ekor pesawat N219 terlalu mengantung, tidak sedap dipandang.

    dia tidak sadar, kalau dia punta kontol juga menggantung !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye ke??macam mana kalau dia tak punya kont*l??..atau sejenis dengan gempur (youknowlah)

      Hapus
  30. JOM buli geng INDON...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pur kita bully geng indo, kami pembelot pur dukung kamu

      Hapus
    2. lonte kau di genting sudah divaksin blom ? wkwkwkwk

      Hapus
    3. Pussy kau dah laku blm pur sama bamgla

      Hapus
  31. Kurang ajar tu Cina berani beraninya claim garis putus putus pada laut negara kuasa dunia yaitu malaysial, malaysia yg superpower akan klaim garis laut sampai hongkong sebagai laut daulat tuanku yg agong di raja beruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om kita harus waspada..kita harus mempersiapkan surat untuk pbb,agar malaysia tak semena mena,bisa bisa sumatran dan kalimantan di klaim oleh mereka..merinding bulu JEM..pol gw

      Hapus
    2. Bila banyak tupai mati di perbatasan itu adalah tanda ATM sedang menyerang dengan vita berapi

      Hapus
    3. Allahuakbar!!mari kita berjihad untuk mempertahankan kalimantan dan indonesia..serumpun kita memang kurang ajar..

      Hapus
    4. Tatauuttttt... kualitas netizennya aja nomor wahid macam gempur dan xapier.. selalu hantar



      KEBODOHAN

      wkwkwkwkwk

      Hapus
    5. Kita lawan senjata laser canggih itu dengan bambu runcing, walaupun jutaan tupai kita banyak yg mati tetapi harga diri kita tetap hidup


      Allahhuakbar merdekaaaaaa ciyaaaaattt....ciuw...ciuw...ciuw...ciuw

      Hapus
  32. Serius ngikuti biar paham, gak papa.
    Asal tetep waspada dengan link-link itu..

    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resiko (njengat) tanggungen dewe..

      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Secara modusnya semangkin tjanggih sadja...😂😂😂

      Hapus
  33. Unknown17 Agustus 2017 13.35
    Gampang membuka tabir kapal lcs ini buatan malaysia apa buatan francis , kalo benar buatan malaysia pastiy malaysia berusaha keras menjual kapal lcs ini ke negara lain sebagai bagian memperkenalkan produk buatan dalam negerinya semisal pt.pal kcr 40,kcr 60, lpd ,lst dan yang terbaru pkr sigma pt.pal berusaha untuk menjual keluar, nah bagimana dengan kasusnya malaysia kita tunggu aja kalo benar kapal lcs ini buatan malaysia pasti mereka akan ekspor dan ikut tender bila ada negara yang mencari jenis kapal tersebut ,tapi sebaliknya kalo berhenti ditempat dan hanya untuk memenuhi kebutuhan TLDM berarti jelas itu buatan francis yang di buat di galangan kapal malaysia , tapi saya pesimis betul kalo kapal canggih ini buatan malaysia , lah bikin senapan ringan aja yang sederhana lom mampu sampai sekarang, helm tempur, seragam militer sampai ke rompiy aja masih impor dari indonesia apalagi buat kapal canggih itu sebagai contoh logika Xixixi


    _________________________________________


    Hmm..kan logika diatas memang patut dipakai,Untuk membuat peralatan yg lebih sederhana saja tidak bisa,contohnya boat patrol dan kcr..malaysia belum bisa,apa lagi mau bina fregate.terbukti kan sekarang???

    BalasHapus
  34. http://langkasa-norul.blogspot.com/2015/08/pesawat-tempur-malaysia-2015-ptm-15.html?m=1

    https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Flookaside.fbsbx.com%2Flookaside%2Fcrawler%2Fmedia%2F%3Fmedia_id%3D2284191491849703&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fdenaihati786%2Fposts%2Fkereta-terbang-malaysia-yang-dipersembahkan-di-lima-2019-semalam-model-ni-namany%2F2284192171849635%2F&tbnid=0_x7_tG7rrjWAM&vet=1&docid=-s4GsDjZHfDYVM&w=960&h=639&q=kereta%20terbang%20malaysia&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim


    Ini pur saya dapat link pesawat karya malaysia untuk bully indonesia

    BalasHapus
  35. Ntar masih ada rangkaian uji lanjutan, uji take off, terbang, mendarat dengan floating.

    Uji taxiing dari darat ke air & sebaliknya.. 😁

    Eeh..ntar itu floating murni atau tipe floating yg ada rodanya juga yaa..?

    BalasHapus
  36. Harap harap..indonesia dapat TOT ptm gen 7 malaysia..sebagai sesama serumpun..hidup nusantara..baru aku mengakuinya.👏😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak mungkin brom. Karena teknologi itu hanya dorang yg bisa.. US dan geng Mat Puteh lockheed pun tak kan kuase menyerap ilmu pembuatan ptm halimunan

      Hapus
    2. kami siap memberi TOT gempita AV8 kalau sodara serumpun kami indo memerlukan

      Hapus
    3. Eleh cakap sembang... ko jual gempita je tak boleh macam mana nak bagi TOT.. ko pigi hisap dadah lagi sana !!!

      Hapus
  37. Harap harap..indonesia dapat TOT ptm gen 7 malaysia..sebagai sesama serumpun..hidup nusantara..baru aku mengakuinya.👏😊

    BalasHapus
  38. Rimaunya jadi kucing
    Rimaunya jadi kucing
    Meong meong meong meong meong meong

    Harimaunya jadi kucing
    Harimaunya jadi kucing
    Meong meong meong meong meong meong

    Malonssnya jadi beruk
    Malonssnya jadi beruk

    🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  39. Malaysia sebagai negara kuasa pun akan ikut turun dalam menyokong senjata pada perang saudara di Suriah dan Libya, Vita korek Berapi drone nyamuk dan Rudal Taming Sari akan di suplai pada milisi dukungan malaysial

    BalasHapus
  40. Rimaunya jadi kucing
    Rimaunya jadi kucing
    Meong meong meong meong meong meong

    Harimaunya jadi kucing
    Harimaunya jadi kucing
    Meong meong meong meong meong meong

    Malonssnya jadi beruk
    Malonssnya jadi beruk

    🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  41. Rimaunya jadi kucing
    Rimaunya jadi kucing
    Meong meong meong meong meong meong

    Harimaunya jadi kucing
    Harimaunya jadi kucing
    Meong meong meong meong meong meong

    Malonssnya jadi beruk
    Malonssnya jadi beruk

    🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  42. Setelah Amerika menembakan rudal ICBM Minutemen III , Cina membalas dengan Rudal pembunuh Kapal Induk Dong Feng, Malaysial juga membalas dengan Rudal Pembunuh Planet Taming Sari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seketika US China berhenti perang, mereka nobar Tamingsari dan tertawa bersama...

      Damai pun tercipta.

      "Tamingsari rudal pembawa damai"

      😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Apalagi kalau taming sari roti pakai hulu ledak rasa coklat, rasa vanila, rasa kacang bisa nonton sambil kenyang


      Wkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwkkwwk

      Hapus
    3. radiasi dari ledakan rudal taming sari mampu membuat para korbannya mengalami obesitas dan diabetes parah seketika.. maklum kerna efek radiasi yg bersifat manis dari rasa coklat, vanila, & kacang.. 🤣🤣🤣

      Hapus
  43. Malaysia akan embargo Sawit (mirip Catsa) pada setiap negara yang tak patuh pada daulat tuanku yang agung diraja beruk....perang sawit akan membuat ekonomi dunia minus dan inflasi di mana2

    BalasHapus
  44. Eject kat hangar kok gaada ya? Itu kata professor dari top 5 universiti loh 😱😱😱

    BalasHapus
  45. SIMPADAN-ATM (angkatan tentara malaysia)mulai melakukan tindak provokasi terhadap indonesia tepatnya di perbatasan malaysia_indonesia di kalimantan,angkatan tentara malaysia membawa sebanyak 5000 personil diantaranya 2500 angkatan darat malaysia,2000 personil angkatan laut dan 500 personil angkatan udara..melansir sodomi.com,malaysia melakukan tindak provokasi tersebut sebagai tindak menganyang indonesia karena indonesia memperkuat dan melakukan latihan besar besaran di natuna,yang di nilai sebagai aksi provokasi,menurut mantan menteri pertahanan malaysia mat.sabu mengatakan bahwa sudah sepantasnya malaysia melakukan tindakan balik.ujar si tua itu,malaysia setidaknya mengerahkan sebanyak 340 unit AV 8 gempita (panser 8x8),sistem pertahanan udara s-400 3 unit,95 tank pt-100 m (upgrade an malaysia),
    20 unit tank stride,4 jenis kapal selam scorpung,frigate maharajalelah class 4 unit,kcr 50,60,70, masing masing 2 unit,dan untuk udara setidaknya mengerahkan PTM gen 6 40 unit dan PTM gen 7 60 unit,serta pesawat angkut sebanyak 3 unit CN-235up-5 (upgradean malaysia sebanyak 5 kali)..mendengar hal itu menhan indonesia,prabowo subianto mengatakan hal itu adalah tindakan awal invasi malaysia terhadap indonesia,oleh karena itu indonesia melaporkanya ke PBB.
    ( Sosok sodomi/anwar ib*****)





    Jangan gitu dong rakyat serumpun..kasihanilah kami😭bangsat kalian👊😠😡

    BalasHapus
  46. SIMPADAN-ATM (angkatan tentara malaysia)mulai melakukan tindak provokasi terhadap indonesia tepatnya di perbatasan malaysia_indonesia di kalimantan,angkatan tentara malaysia membawa sebanyak 5000 personil diantaranya 2500 angkatan darat malaysia,2000 personil angkatan laut dan 500 personil angkatan udara..melansir sodomi.com,malaysia melakukan tindak provokasi tersebut sebagai tindak menganyang indonesia karena indonesia memperkuat dan melakukan latihan besar besaran di natuna,yang di nilai sebagai aksi provokasi,menurut mantan menteri pertahanan malaysia mat.sabu mengatakan bahwa sudah sepantasnya malaysia melakukan tindakan balik.ujar si tua itu,malaysia setidaknya mengerahkan sebanyak 340 unit AV 8 gempita (panser 8x8),sistem pertahanan udara s-400 3 unit dan rudal taming sari 10 unit,95 unit tank pt-100 m (upgrade an malaysia),
    20 unit tank stride,4 jenis kapal selam scorpung,frigate maharajalelah class 4 unit,kcr 50,60,70, masing masing 2 unit,dan untuk udara setidaknya mengerahkan PTM gen 6 40 unit dan PTM gen 7 60 unit,serta pesawat angkut sebanyak 3 unit CN-235up-5 (upgradean malaysia sebanyak 5 kali)..mendengar hal itu menhan indonesia,prabowo subianto mengatakan hal itu adalah tindakan awal invasi malaysia terhadap indonesia,oleh karena itu indonesia melaporkanya ke PBB.
    ( Sosok sodomi/anwar ib*****)





    Jangan gitu dong rakyat serumpun..kasihanilah kami😭bangsat kalian👊😠😡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia akan meminta bantuan pada british dan australi untuk menghadapi ATM Malasyia yg superduperpower

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Alhmdulilahh..proses yg panjang berhasil dilalui on the track.
    Sebuah kerha keras akan membuahkan hasil.
    Bravo PT DI N219.

    BalasHapus
  49. INDONESIA BUAT PESAWAT , MALAYSIA BUAT LONTE DAN PUSAT UANG HARAM DI GENTING, GAK ADA NEGARA DI ASEAN INI YANG TIDAK LEBIH BANGSAT DAN BAJINGAN UNTUK MERUSAK MORAL MANUSIA KECUALI MALAYSIA

    BalasHapus
  50. Balasan
    1. Engginer malon paham pastinya
      Paham Salah potong 😃😃

      Hapus
  51. JUDI GENTING IS PROUD OF MALAYSIA , 100% HASIL KARYA ANAK BANGSA

    BalasHapus
  52. British di jajah malasial 999 tahun harus memberikan sewa tanah dimanapun dan tentara british bagai anjing harus menjaga istana daulat agung di raja beruk, Nato terbentuk atas persetujuan kerajaan malalaya dan sunda empire

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya invasi malay bisa dibendung dengan adanya sunda empire

      Hapus
  53. Ada negara yang mengaku power dan pandai, tapi bina pesawat sebiji pon tak mampu....

    Negara manakah itu?

    BalasHapus
  54. Ada pula negara yang selalu mendengki tiap ada tetangganya yang ada kemajuan, tapi bila tetangganya ada kemalangan malah diolok-olok....

    Negara manakah itu?

    BalasHapus
  55. Wahai gempur malon tengok Hasil kerja keras PTDI dlm membangun pesawat..
    Disini kami tunjukan kemampuan kmi kepada intwrnasional.

    Bina pesawat tak mudah kau bayangkan lon.apalgi jet tempur.
    PTDI menunjukkan kelas nya di Asia.

    BalasHapus
  56. Tiada kaitan sama kita tenang2 aja wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mang tenang aja tp slalu demgki iri dibelakang.

      Hapus
    2. Kau bilang kmrin PTDI busok..
      Mana tuh AirCrott

      Hapus
    3. http://langkasa-norul.blogspot.com/2015/08/pesawat-tempur-malaysia-2015-ptm-15.html?m=1

      https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Flookaside.fbsbx.com%2Flookaside%2Fcrawler%2Fmedia%2F%3Fmedia_id%3D2284191491849703&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fdenaihati786%2Fposts%2Fkereta-terbang-malaysia-yang-dipersembahkan-di-lima-2019-semalam-model-ni-namany%2F2284192171849635%2F&tbnid=0_x7_tG7rrjWAM&vet=1&docid=-s4GsDjZHfDYVM&w=960&h=639&q=kereta%20terbang%20malaysia&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim


      Ini malasiya punya yg lebih canggih

      Hapus
  57. Kapan bisa buat engine sendiri? Masih lama kah?

    BalasHapus
  58. awas malon nak beli pesawat N219 ini

    BalasHapus
  59. Jujur, sebagai sodara serumpun kami malaysia ada sedikit iri melihat kemampuan indonesia membuat pesawat terbang.

    Serumpun senusantara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau malon mengaku serumpun dengan nusantara, lalu kenapa malon mau maunya jaga istana fuckingham inggris ?

      apakah malon serumpun dengan inggris ?

      kalau malon mengaku serumpun dengan orang melayu, kenapa malon tidak menjaga MARTABAT sebagai orang melayu?

      atau apakah orang malon itu memang biADAB?

      Hapus
    2. Perut gw mules pengen berak di muka lu, kitakan serumpun sini gw berak di muka lu bangsat

      Hapus
  60. IS THAT POWERED BY TONG-TONG 400HP PISTON TYPE ENGINE OR A KAWASAKI ENGINE??

    😝😝😝
    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Do malaysian have research about plane? What plane?

      No?
      How about malaysian research so far?

      Hapus
    2. Pratt & Whitney PT6A-42 turboprop engines, 630 kW (850 shp)

      Hapus
    3. Jealous malon low IQ
      Same BNS low IQ failed

      Hapus
  61. Semoga N219 Sukses sertifikasi dan Siap Produksi masal.. Yang beli sdh ngantri.. Malon juga boleh ngantri.. Dari pada beli jauh2.. Kalo sewa tak di layani sepertinya.. 🐯😂

    Kah.. Kah.. Kah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn..tinggal proses yg versi amphibi aja nnti

      Hapus
  62. Syabas,,, PT.DI jgn ragu2 hajar dan lanjutkaann!
    SALAM INOVASI ANAK NEGERI!

    BalasHapus
  63. Ni pesawat pasarnya emang cukup menjanjikan, untuk indonesia yg negara kepulauan saja pasarnya lumayan besar belum lagi negara lainnya, ni pesawat jg bisa dijadikan pesawat patroli militer,,,semoga lancar jaya pt.di 💪🇲🇨💪🇲🇨💪

    BalasHapus
  64. MALON KAGAK NGERTI NGOMONGIN TEKNIS N-219...ILMUnya ENGGAK NYAMPE...WKWKWKWK
    .

    BalasHapus
  65. Sgra produksi!!nanti kburu di tutup si imf

    BalasHapus
  66. PETISI FOR MALAYS...

    FPDA member yg paling gak guna dan miskin aset cuma malays... England nak ganti cuma tak enak hati askarnya selalu jaga dengan patuh istana buckingham...😂😂😂😂🇲🇾👎

    🔴🔴🔴🔴🔴
    😀😀😀😀😀

    BalasHapus
  67. Bismillah bagus n.219 terbang kembang kan produk ini seperti NC-212i Maritime Surveillance Aircraft (MSA) - versi militer yang dapat dikonfigurasi dengan memuat search radar, forward-looking infrared (FLIR), automatic identification system (AIS), data link, bubble window, dan handheld camera.ditambah dengan rudal MBDA,Exocet maupun torpedo ringan bisa sekelas n.235 mpa.tahun 2035 masuk kedalam jajaran TNI.AU,AD,AU.

    BalasHapus