10 Agustus 2020

LAPAN Gandeng Lundin untuk Pembuatan Float N-219 Amfibi

10 Agustus 2020

Pesawat N219 Amfibi (image : PT DI)

Pesawat N-219 Amfibi dirancang oleh LAPAN untuk dapat mendarat di dua media yaitu di darat dan di perairan. Untuk medan di perairan, sesuai karakterisitik yang ditemui di Indonesia maka dapat berupa pantai, laut, danau dan sungai yang lebar. Untuk menjadi amfibi maka roda pendarat pesawat N-219 diganti dengan float atau pengapung yang terbuat dari composite/komposit sehingga pesawat dapat mendarat di perairan. Di dalam float juga ada roda pendarat (landing gear) yang dikeluarkan pada saat melakukan pendaratan di darat, sedangkan saat mendarat di air maka roda pendarat ini akan disimpan dan pesawat mendarat sepenuhnya dengan float.

Demikian disampaikan Ir Agus Aribowo, MEng Kepala Bidang Program dan Fasilitas, Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN dalam program Tanya LAPAN edisi Pesawat N219 Amfibi yang diposting di channel Youtube pada 4 Maret 2020 yang baru lalu.
Pengujian aerodinamika model pesawat N-219 Amfibi di terowongan angin (photo : LAPAN)

Pesawat N-219 adalah pesawat dengan kapasitas 19 penumpang dengan payload sekitar 1,2 ton dengan jarak jangkau 450 NM hingga 1.000 NM. Berat peralatan float pada N-219 Amfibi ini sekitar 1 ton, untuk mengkompensasikan berat float ini maka N-219 Amfibi dikurangi kapasitas bahan bakarnya sehingga jarak jangkaunya turun menjadi 200 km saja dengan kapasitas penumpang tetap 19 orang.

Pesawat N-219 Amfibi memakai desain pesawat N-219 basic yang telah tersertifikasi yang kemudian dilakukan modifikasi sehingga memenuhi regulasi sebagai pesawat yang dapat  mendarat di perairan. Untuk material float ini LAPAN menggandeng vendor dari Amerika sebagai konsultan dan juga menggandeng PT DI dan BPPT untuk penelitian, pengembangan dan perekayasaan komposit sebagai bahan float.
Pengujian hidrodinamika model float pesawat N-219 Amfibi (photo : LAPAN)

Pesawat penumpang N-219 seri basic diproyeksikan dapat memperoleh type certicate pada tahun 2020 ini. Rencananya pesawat jenis amfibi ini akan dilakukan roll out pada tahun 2022, kemudian hingga tahun 2023 pesawat amfibi ini akan menjalani uji terbang selama 250 jam untuk mendapatkan type certificate atau amandment type certificate untuk N-219 Amfibi oleh Kementerian Perhubungan RI. Instansi yang mengeluarkannya adalah Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPP) Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Saat ini LAPAN, PT DI dan BPPT mengembangkan spesimen-spesimen dasar dari bahan komposit agar float pesawat amfibi ini dapat dibangun atas hasil kerjasama tersebut. Rencananya untuk pembuatannya akan menggandeng industri lokal yaitu PT Lundin Industry Invest dari Banyuwangi akan diajak memproduksi float dari bahan komposit tersebut. Float pesawat amfibi ini juga membutuhkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan sebelum dipasang pada pesawat N-219. 

LAPAN juga telah melakukan studi tentang kebutuhan pesawat ini untuk sektor pariwisata, tercatat daerah-daerah seperti Danau Toba, Kepulauan Riau, Pulau Bawah, Pulau Moyo, Labuan Bajo, Raja Ampat dan beberapa titik di daerah Kalimantan dan Sulawesi akan dapat memanfaatkan pesawat ini untuk sektor pariwisata. Kunjungan wisatawan atau turis dari luar negeri yang datang dari bandara international, akan bisa langsung disambung dengan pesawat N-219 amfibi ke resort atau wisata bahari yang ada di daerah perairan tersebut. Dengan adanya pesawat ini maka perjalanan menuju lokasi yang semula ditempuh dengan perjalanan darat yang memakan waktu 4-5 jam dapat dipersingkat menjadi 30 menit saja.

(Defense Studies)

221 komentar:

  1. Malon itu beruk apa munyuk sihh?

    BalasHapus
  2. Kerja serius, serius kerja.

    Kalo gak serius kerja, ntar hanya jadi 56% & delay 31 bulan, tak sanggup bayar pula.

    Salam 6-4 = 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerja tido dan selfie menhasilkan besi burok salah potong 😂😂😂

      Hapus
  3. wah kerja sama antar anak bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu di malon ibarat Stride bekerja sama dengan Bousted, menghsilkan Tank Ugly Salah Potong


      Kah kah ka kah kah 😂😂😂😂😂

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Malon tak punya kilang pesawat, Malon miskin idiot primitif semakin tertinggal


    Bye bye bye Salah Potong 😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Spesialisnya repair 1 pesawat = 3 tahun bro.

      Bukan bikin pesawat.

      Beda skill.

      Hapus
    2. Airod kerjanya lembab cem siput 🤣🤣

      Hapus
  7. Dont Mess with CAATSA...

    https://www.cnbcindonesia.com/market/20200807145322-17-178243/mata-uang-negeri-erdogan-anjlok-terlemah-sepanjang-sejarah/1

    Harus diakui sampai dengan hari ini, Namanya pulisi Dunia sekali kasih teguran efeknya bisa nyampe jauh ke urusan ekonomi negara dan perut rakyat. Impact nya bakalan berasa 5 - 10 tahun bahkan bisa jadi seumur hidup selama si pulisi tsb masih kuat di bumi.

    Ujung2nya saat rakyat lapar karena tidak punya pekerjaan / PHK karena industri nya gulung tikar akibat dilarang bisnis dengan entitas luar negeri mulai dari project sampai bank transaction maka akan melahirkan anarki di dalam negeri... protes dan demo setiap hari yang makin lama makin membuat sebuah negara menjadi melemah setiap harinya.

    Idealis boleh... tapi rasanya logikal thinking juga perlu dipikirkan karena berhubungan dengan perut dan rasa lapar manusia sebagai rakyatnya.

    So ? SU35 ? S400 ? CAATSA ?
    F35 aja dah.... sambil pelan pelan bangun pesawat sendiri... Hehehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk melawan pulisi, jangan berlagak seperti pulisi juga sebelum mampu.

      Masih banyak cara lain yg lebih sehat & cerdas buat meladeni pulisi itu.

      Hapus
    2. Beli patriot dan Thaad problem solved. Xixixixi. 😁😆

      Hapus
    3. Setuju ... lebih baik F-15 D Gurun... daripada SU-35 bikin penderitaan berkepanjangan

      Hapus
    4. Dan beli dari pulisi itu ga berarti trus nurut apapun kata pulisi, kita harus modal bergaining dulu buat melawan.

      Apakah bergaining itu?
      Banyak, asal kita niat.

      Hapus
    5. Surplus nilai export ke US itu baru 1 bergaining kita..

      Masih banyak yg lainnya kalo kita mau mainin..

      Hapus
    6. Kartu Cina juga bisa dimainkan om PS😂

      Hapus
    7. Yoo, yooo, kono do ditutugke main polisi-polisian.....

      Ora koyo aku, dino iki arep sowan neng kantore pak polisi .....didawuhi juraganku, ngaruhke mobile sing mentas wae ketemu 😎

      Titip tunggokke padepokan sedelo yo mas @PS.....ko tak gawakke oleh-oleh seko salatiga 🤗

      Hapus
    8. Sebetulnya kalau membahas Turkey itu terlihat dari luar / terutama berita lokal di kita juga yang sepertinya menjadikan Turkey sebagai role model negara yang ideal, di Turkey sendiri banyak kalangan politisi, rakyat, pelaku industri yang tidak senang dengan figur presidennya. Memang kalau dari kacamata pride dan rasa hebat jelas presiden Turkey yang sekarang adalah opponent terkuat melawan hegemoni AS. Tapi coba lihat lagi ekonomi Turkey beberapa tahun terakhir. Sudah berapakah hutang negaranya ? Siapa yang nantinya akan membayar hutang tersebut ?

      Di bidang militer sudah nampak beberapa case salah satunya Philipina yang sampai hari ini masih menanti janji hitam diatas putih dari Turkey untuk kesiapan supply mesin dan avionik bila nantinya heli ATAK jadi dibeli... dan Turkey pun belum bisa menggaransinya karena memang ada terknologi pak Pulisi dunia disitu. Efeknya ? Pesanan tidak jadi deal (sampai hari ini gak tahu esok hari).

      Bayangin China yg kekuatan ekonominya sekarang sudah hampir on par dengan US saja masih kena imbas efek CAATSA versi US untuk China, apalagi negara sekelas Turkey atau mungkin Indonesia ? FYI, Hutang US itu terbesar di dunia dan salah satu hutang terbesarnya berasal dari pemberi Hutang terbesar di dunia... China..!!

      China memberi hutang ke US ??,,Benar..!!
      Silahkan chek sendiri. Itu pun China masih sempoyongan saat US memberi sanksi. China yang kaya saja kewalahan trus gimana kalau kita nekat ambil Sukro dengan sangsi CAATSA yang benar2 akhirnya dijalankan ?

      Sudah siap ekonomi menurun, yakin yang dulu dukung Sukhoi dijamin gak demo kemudian hari karena urusan perut nya mulai berasa efeknya.. ?

      Saya seneng Indonesia kalau jadi beli SU35 tapi kalau benar2 CAATSA diimpose ke Indonesia rasanya saya lebih milih Indonesia beli dari negara lain macam Rafale/Typhoon atau mungkin sekelas Viper kalau mimpi F35 dirasa kebablasan :-D

      Hapus
    9. Kalo alasannha itu ya jangan beli dari pulisi. SKB nya luar biasa sulit. Mending Europe aja. Fighter ada trio canard, cakep pula. Vote Rafale/Eurofighter buat Heavy dan Gripen buat mediumnya.

      Hapus
    10. Pengennya sih punya keduanya.. Sukro dan F35. Tapi kayane sulit terlaksana. Pake Viper juga rasane kurang gimana gituh kalau ketemu SU35 atau F35 di lapangan... Tapi US lebih seneng ngasih F35 ke Aus dan SG daripada ke kita..

      Jadi sementara paling ideal yaa beli Rafale lah.. bisa buat counter SU35 sekaligus F35. Kalau Viper rasanya agak berat kalau harus counter species diatas.

      No Caatsa, gak dimusuhin US gak dimusuhin Rusia.. epribadeh hepih...🙄😁

      Hapus
    11. @Superstar, untuk heli ATAK kini Turki sudah bisa membuat mesin sendiri untuk helikopter itu.

      Sehingga dalam hal heli ATAK, Turki tidak lagi dalam tekanan AS.

      Hapus
    12. Jdi 2 negara eropa Jerman Prancis juga sudah keluar dri kekangan campur tangan USA dlm produksi senjata.

      Rafale opsi paling bagus,dan tambahan Su30 lagi

      Hapus
    13. @Superstar, anda tidak objektif. Anda pernah ke Turki ?

      Lebih banyak rakyat & politisi yg pro Erdogan di Turki. Sangat jelas terlihat saat sholat Jum'at di Hagia Sophia. Politisi yg anti pemerintah dimana-mana disetiap negara ada, tapi cuma segelintir.

      Percobaan kudeta militer yang gagal total, menunjukkan kuatnya dukungan rakyat Turki pada Erdogan. Bahkan akibatnya Erdogan bisa membersihkan militer dari orang2 yang anti dia.

      Hapus
    14. Kayane masih jauh om Sam.

      https://www.defenseworld.net/news/27249/Turkey_First_Indigenous_Helicopter_Engine_to_be_Ready_for_Integration_This_Year#.XzCqGGQxWyU

      Target produksi 2025.
      Lagipula ada beberapa parts juga terutama avionik yg pakai campuran teknologi NATO. Lah si pak pulisi pasti bisa semena mena semaunya sama sesama NATO.

      Feeling saya malahan suatu saat entah kapan (2040 mungkin) Turkey itu justru akan ada satu kubu bersama China dan Rusia untuk aliansi pertahanan dan teknologi militernya. Sementara US akan didukung negara Eropa, Jepang, Koreak, FDPA, NATO.

      Ribet pokoke.. 🤣🤣🤣😃

      Hapus
    15. ..
      Pak@samahmad,

      Mohon diberikan link-internet yang sahih kalau turki sudah mampu bikin mesin sendiri.

      Serius ini.
      Teknologi metalurgi untuk engine itu hanya sedikit negara di dunia yang menguasainya.

      Dan setahu saya turki BELUM mencapai taraf penguasaan teknologi metalurgi engine.

      Kalau tanpa link-internet.... anda bisa dikategorikan penyebaran informasi palsu-bohong.
      HOAX.....

      Hapus
    16. Sam@ turki blm mampu bina jet heli ATAK bro, spareparts nya masih banyak import

      Hapus
    17. China yg kaya aja aja udah puluhan tahun masih gak bisa bikin mesin kayak Rusia.. ampe dibelain beli SU35 buat dicontek Rev engineering. Di jet Stealth mereka yg baru katanya pake mesin bikinan sendiri tapi dari bbrp portal berita katanya gak ada tenaganya.

      Hapus
    18. Sang sultan populer karena bisa menaikan ekonomi. Makanya sekarang lagi agak begitu. Tapi coba lihat kebelakang sedikit. Saya masih ada sampel uang kertas sejuta lira.

      Kalau teknologi mereka memang patut dicontoh. Sebagian besar memang licensing tapi masih buatan lokal. Kalau R&D baru akhir2 ini saja mulai kedengaran. Awal usahanya sudah puluhan tahun.

      Hapus
    19. Erdogan memang gila sekarang dia mulai caplok2 ZEE negara lain udah sepetti RRC, Hagia Sophia dijadikan alat menaikkan rating politik sayang politik populis agama udah mulai gak mempan
      Mau aja diperalat ikhwanul muslimin

      Hapus
  8. HATI - HATI ADA YANG IRI DENGKI LAGI

    BalasHapus
  9. ...SENANG rasanya melihat SENYUM anak2 PALESTINA yang dipersembahkan untuk Indonesia yang begitu mereka CINTAI

    SPECIAL Idul Adha 2020

    👇👇👇

    https://youtu.be/oe2h0Pg2vHw
















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener om saya jadi ikutan senang pas dilihat di youtube😊

      Hapus
    2. persiapkan diri saja, bahwa nurbuat yang pernah disampaikan 1400 tahun yang lalu akan terjadi di Palestina.
      dan disampaikan bahwa ada pasukan dari timur berwarna merah dan putih yang ikut berjuang bersama warga palestina

      Hapus
    3. Halah ngehoax doang bisanya ngerti geopolitik timteng aj kagak

      Hapus
  10. Paling banter KL bikin parts pesawat.
    Mereka belum bisa rancang/enginering/manajemen/produksi pesawat dari baru.

    Tak punya pengalaman itu sampai sekarang.

    Kalo pengalaman tampalan, oke laaah.
    Tak ada yang ngalahin.

    Dari film kartun,tekstil, mobil, rantis, panser, sampai trainer aircraft mereka pernah tampali sticker.

    BalasHapus
  11. Tiada kaitan sama kita ngak usah mention

    BalasHapus
    Balasan
    1. KL 👎

      Sombong & bualnya 👍👍👍👍👍👍👍

      Hapus
    2. iyalah LOn tidak ada kaitannya dengan malon.

      kaitan dengan malon adalah PISANG SALAH POTONG...

      wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Suka2 gw donk mau nyenggol apa kagak. Malah gw pengennya bacok k3 malondog.

      Hapus
    4. Kari ikan lebih sedap ya om 🤣🤣

      Hapus
  12. ...Superstar, sekuat2nya PULISI pasti ada kelemahannya juga














    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Ane tau KELEMAHAN US Amerika itu APA, semoga Ane bisa bertemu Pak Jokowi supaya bisa ngasih tau..kepadanya tentang hal tersebut












      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Bener yang om Jendral bilang. Kalau saya langsung palingkan wajah dan dompet ke europe. Gak rugi2 juga kalo gak make barang pulisi.

      Hapus
    3. Pulisi gred A kelemahannya pada wang kopi2 🤣🤣

      Hapus
  13. ada yang sok kasih pendapat dan pandangan bahwa N219 yang dibuat oleh Indonesia tidak cocok dengan karakteristik indonesia ??

    orang tersebut mengaku sebagai pengamat militer dan hankam.

    orang itu bukan saja mengomentari jelek tentang N219, bahkan mengatakan bahwa indonesia sia sia punya PTDI. lebih baik indonesia menutup PTDI.

    Seorang pengamat yang aneh (padahal ngakunya warga indonesia mantan aktifis 98),
    saya juga mantan aktifis 98....

    itulah, kalau pikiran dan pengamatannya sudah dipengaruhi oleh kepentingan pribadi dan bisnis (mengharapkan uang fee penjualan alutsista dari produsen asing) maka prespektif pengamatannya akan distorsi.

    bukannya aktifis 98 itu anti korupsi dan kolusi ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Ane juga GELI kalau wanita ini bahas MILITER INDONESIA

      👇👇👇

      Connie Rahakundini Bakrie (lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 November 1964; umur 55 tahun) adalah seorang akademikus dan pengamat bidang militer dan pertahanan keamanan berkebangsaan Indonesia.
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Analisa dia ga salah kok, emang pada kenyataannya desain N219 masih kurang sedikiiiit sekali, toh item perbaikan yang disebut mas Alman itu gampang perbaikannya.


      Setidaknya kita kasih apresiasi saja kemajuan dirgantara disini daripada menghina orang, toh kritik itu harus dijadikan batu bata perbaikan, bukan malah ngambek karena dikritik

      Hapus
    3. N219 itu juga masih tahap prototipe, tentu ada item yang harus diperbaiki.

      Hapus
    4. ...Connie Rahakundini Bakrie ini kelihatan sekali dia FANS BLOK BARAT seperti si Ntung NDABLEG BLEGEDES














      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. Kok geli jendral ....pasti idolanya wanita bersuara berat ya 😂😂😂

      Hapus
    6. saukur ngamatin dan kasih komentar yang negatif semua orang juga bisa. tidak perlu orang yang mempunyai gelar pendidikan tinggi untuk memberikan komentar negatif.

      justru orang yang mempunyai gelar, akan lebih tau kesulitan yang dihadapi dan maka daripada itu akan meberikan masukan dan solusi yang positif.

      jangan karena gak suka dengan model N219, PTDI disuruh tutup.....

      Hapus
    7. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    8. Ojolali luuuuur .....si konidin ki rak salese leonardo, saingane pt.di 🕵️

      Hapus
    9. ...bro Essen jangan2 pengamat itu KADRUN juga ?











      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    10. Hiburan sek luuuuur.....sinambi ngopi pagi (detik ke 4.45 🙈🙈🙈)

      https://youtu.be/B3RrwKixl5E

      Hapus
    11. Mooohhhh. ra bakal kapusan 😁

      Hapus
    12. PTDI disuruh tutup mah jelas blunder itu.. tanpa PTDI matilah ilmu avionik Indonesia.

      N219 amphibi itu cuma Spec terbatas dan Special purpose. Paling banyak pasti versi roda umum. Untuk pasar Afrika, Arabia sama dan Asia pesawat jenis ini lagi booming nih.. saingannya Cessna saja.

      Ini mirip di otomotif.. beengwe dan Mersi rebutan kelas mobil mewah jual mobil high Spec dan mahal... Juaranya ? Toy**a dengan versi ahgiya, kalihya yg harga murah dan laris manis. 😃

      Hapus
    13. Ketika project N-250 ditutup oleh IMF, berapa banyak SDM terlatih PT. IPTN yg jadi brain drain... Yg gw ingat satu ada perancang otaknya N-250 itu cewe lho. Ketika PT. Texmaco Putra Engineering berhasil membuat truk dan bus perkasa, sekali lagi tangan jahat IMF bermain lagi dan menutup Texmaco padahal TPE berhasil mengekspor 100 bus perkasa ke Arab Saudi

      Hapus
    14. Vangke emang IMF yak ? Gak seneng liat Indonesia besar kayane 😁

      Hapus
    15. Nah itu pak pulisine 🤣

      Hapus
    16. Perjanjian sama Suharto. Kalo perusahaan/proyek strategis dihentikan, duit hutangan bakal cair dari IMF

      Hapus
    17. Bener tuh, Texmaco sampe susah2 lisensi mesin dari eropa malah akhirnya zonk.

      Kalo dari dulu berhasil mungkin kita ga perlu impor truk lagi dari jepang

      Hapus
    18. Yg bikin ekonomi rontok kelakuan Soeharto dan kroni2nya beserta anaknya ekonom2 profesional yg berkontribusi di thun 70an dan 80an ditendangi semua
      Klo gak rontok ga mungkin hutang

      Hapus
  14. Mana nih suaranya ASKAR BERUK BERSARONG YANG SUKA HENTAK2 BUMI, BERGELAYUT DI POHON Sambil nunggu di lempar pisang... 🍌🍌🍌

    BalasHapus
  15. Selamat kepada PTDI Lapan dan BPPT atas Kerja sama dan kerja keras membangun industri Dirgantara Nasional.

    Bravo..dirgantara indonesia
    🇮🇩🇮🇩🇮🇩🛩🛩🛩

    BalasHapus
  16. Jika ingin konvers N219 menjad avrian amphibi Masih banyak perubahan atau penyesuaian konstruksi N219 yang harus dilakukan ... Sebab disain awal N219 (dari segi aerdinamis) sesungguhnya ditemukan kelemahan disain yang mengakibatkan performancenya menjadi kurang optimal dan tidak/belum sesuai dengan performamnce yang diharapkan ...

    Kesalahan disain tersebut terutama pada struktur bagian ekor (elevator) yang krang optimal dan bisa mengganggu kelincahan gerakan naik turun (coba bandingkan dengan pesawat serupa yang dibuat oleh CESSNA yang saat ini juga sedang melakukan uji terbang di AS sana) ..

    Tampaknya masih banyak yang harus dilakukan LAPAN dan PTDI ntuk membuat versi ampjibi ini ... bukan saja hanya mengganti roda pendarat denga float atau pengapung saja ... tetapi juga merubah struktur ke seluruhan atau sama saja dengan membuat jenis pesawat yang berbeda ...

    Satu lagi yang harus dingat .. Indonesia tidak punya pengalaman sama skali membuat pesawat amphibi .. Jadi ... perlu keterlibatan atau kerja-sama dengan dengan pihak luar wajib dilakukan dengan resiko beaya pengembangan menjadi lebih besa ...

    Tetapi apaun itu harus kita appresiasi ... yang penting tetap konsisten dilakukan .. kerjakan sepenuh hati ...sustainable walaupun berganti rezim ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapapun gampang kalo niat mau buat karangan.

      Goodluck laah.

      😛

      Hapus
    2. wooy @Fuckim beruk MALON....

      ane gelak liat kamu beri komentar, seolah olah kamu sudah pakar dalam membuat pesawat.

      coba selesaikan dulu itu desain VITA BERAPI ciptaan MALON, kalau sudah sempurna, lanjut selesaikan produk kamu, kapal yang salah potong itu. setelah itu lanjut selesaikan prototipe tank ringan stride yang nampak impoten itu.

      setelah selesai, baru ente bisa beri komentar tentang pesawat.

      jangan mimpi saja bisa bikin pesawat tempur generasi ke enam dalam tempo 2 tahun

      wkwkwkwkwkwk.....

      Hapus
    3. Yak Betul.. harus kita apresiasi PTDI membuat sendiri meski harus selalu trial and error.

      Apakah body N219 memang tidak cocok dibuat amphibi pak ?

      Hapus
    4. Nah itu dah dijabarkan diatas kan..PT DI gandeng Lundin galangan Kapal Banyuwangi untuk kembangkan amphibi bung.

      Hapus
    5. ..
      Kita disini tujuan utama awalnya adalah berbagi ILMu.... dan share informasi.

      Kegiatan minor sampingan lainnya adalah BULLY malaysia.
      Hehehehee... just for FUN pak.

      Kalau bapak@normanhakim berniat baik dan tulus, MOHON selalu beri Link berita dari internet.
      ............
      Agar kami bisa cross-check dan compare informasi langsung, raw-data dari sumbernya.

      Atas kesediaan pak@norman,
      Kami ucapkan banyak terimakasih.

      Hapus
    6. Daripada berdebat ... coba saja anda lihat lagi disain pesawat amphibi yang sudah beroperasi saat ini ... perhatikan dengan detail posisi wing dan elevatornya .. setelah itu baru komentar ya ... Nasionalisme itu penting .. tetapi menggunakan akal sehat dan bersikap rasional itu jauh lebih penting ...

      Hapus
    7. PTDI baru mulai pemgembangan sendei bro jgn sok pintar dri PTDI..biarkan PTDi dan Lpaan bekerja.

      Hapus
    8. OM @IB

      normal fuckim itu orang malon.
      yang iri dengan prestasi indonesia.

      coba buka berita DS kemarin. ada si beruk fuckim itu yang menjelek jelek karya indonesia dan membanggakan alutsista produksi malon.

      produksi alutsista apa yang pernah di buat malaon ???

      Hapus
    9. Kalo ada yg IRI pasti jelas siapa lagi orangnya??.

      Orang IrI itu gak punya kemampuan

      Hapus
    10. Jelas lah malon wkwkwkw
      Kita ini negara kepulauan
      Pesawat ini cocok untuk Indonesia yang memiliki 17k pulau
      Tapi apabila membandingkan pesawat kita dengan buatan Us ato eropa ya jelas kita kalah
      Ibaratnya kita masih smp

      Nah sekarang posisi malon dimana?

      Masih Paud bro

      Jauh lah kalo dibandingin malon

      Hapus
    11. 👈👈👈👈👈 yang ini aerodinamis cocok untuk antargalaxy antar planet

      http://langkasa-norul.blogspot.com/2015/08/pesawat-tempur-malaysia-2015-ptm-15.html?m=1

      Hapus
    12. Halah goblok kalau dwaign tidak aerodinamis pesawat tidak akan bisa OEI One Engine Inoperate , melintir bisa tuh pesawat, ini cemen mana lagi yg punya statement bego macam nie,? memang di kata kecil apa turbulensi di belakang body pesawat saat salah satu mesin di matikan ? ngomong nih sama sendal jepit gue bloon , sok tau luh 💩💩💩💩💩

      Hapus
    13. Kalau lihat saja tanpa tahu tujuan desainya buat apa? Itu gunanya blue print dan technical documents. Tanpa itu, minimal kasih tahu kenapa dan apa keunggulan atau kekurangannya.

      Masalah T tail pada V-bomber dulu saja ribet bacanya. Tapi intinya kan bikin gampang rusak dari getaran.

      Hapus
  17. "BERKAH DIBALIK MUSIBAH: Sawijine cantrikawati kemukus saiki wes bali neng dalan kang bener......ning tetep nguri-uri budaya lan kearifan lokal kemukus sing kesuwur (simak : 4.45 🙌🙌🙌)"

    https://youtu.be/B3RrwKixl5E

    BalasHapus
  18. Ini video Cessna 408 Skycourrier kembaran N219 ..Tampak perbedaan posisi elevatornya (High wing and elevator) ... gak seperti N219 yang setengah gantung itu ...

    https://www.youtube.com/watch?v=nmYczZtLkTE

    BalasHapus
    Balasan
    1. cesna yang hendak dibeli oleh malon sebagai pesawat dengan tengekan misil itukah ?

      wkwkwkwkwkwk....

      Hapus
    2. Kamu buat sndri aja bro! Gak mudah buat pesawat terbang.
      N219 tinggal tunggu sertifikasi versi amphibi msih dlm proses pemgembangan sndri.

      Baca berita nya bung

      Hapus
    3. semua juga pernah merasa heran dengan tampilan pertama sebuah produk.

      contoh :
      pesawat siluman F117 pertama kali keluar, orang awam merasa desainnya aneh begitu melihatnya karena desainnya tidak umum.

      desain mobil SUV waktu pertama kali keluar, tampak aneh karena tidak sesuai dengan desain mobil Jeep yang umum pada waktu itu...

      muka kamu @FUCKIM... orang melihat kamu juga merasa aneh waktu kamu dilahirkan oleh mamak kau

      Hapus
    4. Rasah ngladeni cessna mas.....kui gor provokolor sung ngaku2 wargo RI, ora koyo iki👇.....cantrikwari kemukus sing tetep bangga nate dadi tray kemukus 🤗🤗🤗"

      "BERKAH DIBALIK MUSIBAH: Sawijine cantrikawati kemukus saiki wes bali neng dalan kang bener......ning tetep nguri-uri budaya lan kearifan lokal kemukus sing kesuwur (simak : 4.45 🙌🙌🙌)"

      https://youtu.be/B3RrwKixl5E

      Hapus
    5. Untuk masalah desain yg menurut lho kurang, gw yakin orang PT.DI dan LAPAN lebih mengerti. Biarkan mereka bekerja dan menguji dahulu seperti N-219 saat ini yg diuji cobakan saat ini

      Hapus
    6. hiburan disek mase.... asyeeek

      wek wek wek

      Hapus
    7. jangan2 yang jadi penghulunya itu mas@hari yaa...

      Hapus
    8. Gak usah ngoyo-ngoyo golek info neng PT. DI ....takono aku wae, mengo tak warahi elmune, kenopo high-winge N219 bedo karo konco-kancane ....@jendral jack 😎

      Hapus
    9. Kliru mas essen ......iku aku sing ngentaske sakwijine cantrikwati seko lembah kesesatan 😎😎😎

      Hapus
    10. Sudah tau di berita PTDI gandeng Lundin pabrikan galangan kapal yg punya kualitas dan kemampuan untuk kembangkan N219 amphibi sendri.

      Hapus
    11. 👈👈👈👈👈 yang ini aerodinamis cocok untuk antargalaxy antar planet

      http://langkasa-norul.blogspot.com/2015/08/pesawat-tempur-malaysia-2015-ptm-15.html?m=1

      Hapus
    12. >> Kalo bikin persis meniru Cessna408, itu bukan N219 namanya.

      >> Wing itu bagian penting/prinsip dari sebuah pesawat. Masak tim desain PTDI asal saja menempatkan posisi wing/sayap????

      Hapus
  19. Dancukane.....goro2 norman, daganganku rung ono sing ngambus, kamongko arep tak goge sangu njupuk mobile mbah gono neng salatiga je 🙆🙆🙆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suwun mas @Helmsley .....tenang wae mwngko tak gawakke krupuk godril, khas salatiga 🤗🤗🤗

      Ning ojo crito sopo2 yen aku arep njupuk mobile mbah gono. ....ko yen konangan juragan putri iso cotho tenan 😬😬😬

      Hapus
  20. http://defense-studies.blogspot.com/2020/02/dari-rugi-akhirnya-pt-dirgantara.html?m=1

    Dari Rugi, Akhirnya PT Dirgantara Indonesia Raup Laba di 2019
    ____________________________

    Optimis...!!!
    Optimis ya pak.....
    Hehehehee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan gara2 desain yang tidak cocok menurut pengamatan pribadinya, PTDI disuruh tutup.

      xixixixixi

      Hapus
    2. Ketok yen si norman ki yo gor provokolor sing modale golek link njur deweke numpang, seolah-olah deke ki salah siji tokoh sing ono neng script kui mau. ......ciri khas PK*

      Hapus
    3. Sesuai impian Marsekal Madya Dr. Nurtanio Pringgoadisuryo dan Dr(Ing) Heru dan Cita-cita Prof.DR.Dr(Ing) B.J Habibie Indonesia harus bisa membuat transportasi yg bisa menghubungkan antara pulau-pulau dan wilayah Indonesia

      Hapus
    4. Pertama moco rumangsaku ngono ugi mas'e..

      Mending dadi opo anane, sing penting utek tetep waras..😂😁

      Hapus
    5. Le kewiyak bareng mempermalahke desain "sirip ekor" sing ora koyo liyo-liyone .......xixixixi, gombloh ethok-ethok nyaru dadi mahasiswa ITB 😂😂😂

      Hapus
    6. Gombloh kii skill'e gitaran & karang lagu mas'e

      Olaopo bahas swiwi buntut..

      "..ku gadaikan cintakuu...(jreeng).."

      Hapus
  21. __________________________

    http://defense-studies.blogspot.com/2020/06/pt-di-miliki-3-pilot-penguji-n-219-dari.html?m=1

    PT DI Miliki 3 Pilot Penguji N-219 dari TNI AU
    ________________________________

    http://defense-studies.blogspot.com/2020/04/sertifikasi-n219-ditargetkan-selesai.html?m=1

    Sertifikasi N219 Ditargetkan Selesai antara April - Agustus 2020

    ".......kunjungan untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan pesawat N219 Nurtanio, Anggota Komisi VII dalam laporannya menyebutkan bahwa :

    -Direktur PTDI menyampaikan bahwa PTDI mendapatkan penawaran 217 Letter of Interest (LoI) pemesanan pesawat dari beberapa negara,

    -Program sertifikasi N219 menggambarkan rata-rata progress Pengujian (Lab Test, Ground Test, Flight Test System dan Flight Test,

    -Status program sertifikasi N219 dilakukan diantaranya Performance Test sudah dilakukan 73% dan Handling Quality Test sudah dilakukan 59% Performance),

    -Proses sertifikasi diperkirakan selesai antara April sampai dengan Agustus 2020.
    ...................."

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      Kepada malaysia,
      Untuk meluncurkan suatu produk... maka PASTiLAH sudah melalui proses,
      1) Test (internal)
      2) sertifikasi (external) dari LEMBAGA yang credible.

      Dan BUKAN opini-pendapat pribadi.
      Katakanlah anda menganggap diri-anda pakar-ahli.... bahkan itupun HARUS di-cross-check dengan sumber informasi lain,
      1) ahli-pakar yang lain.
      2) sumber informasi berupa yang bisa di-akses oleh SEMUA orang (OPEN-source).

      Item (2) itulah yang paling-penting.
      OPEN-source...!!!
      Itu menghindari terjadinya debat-pokrol debat-kusir omongan-KOSONG yang tidak jelas ujungnya mengarah kemana... ..

      Hapus
    2. Edit no.(2)
      2) sumber informasi berupa data LiNK-INTERNET yang bisa di-akses oleh SEMUA orang (OPEN-source).

      Hapus
  22. Bung @Darul Kedekut Terbantut

    coba perlihatkan desain PTM Gen 6 Malon.
    lihat desain sirip vertical ekornya tampak aneh tidak....

    menurut PENGAMATAN PRIBADI saya, desain sirip vertikal tersebut tidak aerodinamis dan nampak UGLY.


    wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  23. Nih

    http://garudamiliter.blogspot.com/2020/08/dunia-menhan-malaysia-buka-opsi.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. yang aneh bagi saya total progres pembangunan kapal salah potong itu mencapai 56,67 persen,
      kalau hitungan PRIBADI saya baru mencapai 34.69 persen.

      hitungan saya:
      1. kapal 1 : 59,79%
      2. kapal 2 : 48,09%
      3. kapal 3 : 43,75%
      4. kapal 4 : 36,49%
      5. kapal 5 : 20%
      6. kapal 6 : 0%

      Total : 208,12% : 6 kapal = 34,69%

      atau media malon dan pihak bousted memalsukan data progres yang asli, pembangunan kapal salah potong ini ???

      Hapus
    3. Ayoo pak wowo kita ambil 4 LCs malon yg tertunda hehhe

      Hapus
    4. Sepertinya sih begitu om, mereka banyak yg palsu2. Supaya cost progresif bisa keluar 😂😂😂

      Hapus
  24. Wes thit durung iki......alasane kenopo desain high-winge N219 bedo karo desain pesawat liyane 🤗🤗🤗

    #ora usah ngedunke insinyur PT. DI yen gor pitakonan mengkene 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenopo mas?
      Menyesuaikan geografis RI?

      Hapus
    2. Mergo sak elingku, sakdurunge kerjo design..DI survey rodo suwi blusukan nusantara nggo menampung kebutuhan spek dari user.

      Dadi gak semata langsung gawe design sak karepe dewe..

      Hapus
    3. "Leres mase......alasane kenopo desain sirip ekor bedo karo desaine cessna dibahas ono ing detik ke 4.45 .....monggo disimak 👍"

      https://youtu.be/B3RrwKixl5E

      Hapus
    4. Aku kii yen link kuatir njengat mas'e..
      Secara iki nyambi kerjo jeeh..mengko yen njengat ra ono tombone nang kene..

      😂😂😂😂

      Hapus
    5. Pasti itu Mas@Hari

      Insinyur yang kerja di PT DI atau insinyur2 lainnya dari PT PAL, Pindad atau dari PT Lundin dan perusahaan swasta nasional lainnya, juga baca berita di DS ini.

      mereka mungkin diantara teman teman kita disini yang suka memberikan komentar juga.

      mereka tertawa aja mungkin, kalau ada yang sok tau dan meremehkan pembuatan alutsista.

      Hapus
    6. Wakkk🤣 dislentik ae nek njengat. Nakal og, njengatan

      Hapus
  25. Dan akhirnya Dr(ing) Heru pembuat LAPAN XT-400 bisa tersenyum bahagia disana. Melihat adik LAPAN XT-400 terbang mengangkasa di langit biru ibu pertiwi Indonesia. Al-fatihah untuk beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Ya Rabb
      semoga kesejahteraan dan kebahagiaan dilimpahkan kepada beliau.

      Hapus
  26. @norman "gombloh" hakim

    "Man, man gilo tontone link kenopo desain sirip-ekore N219 bedo seko liyo-liyane ......yen niyat arep ngetroll ki mbok sing maksimal to, ben ra ketok yen amatiran 👎👎👎"

    https://youtu.be/b5Z65qEKBW0

    BalasHapus
    Balasan

    1. "..ku gadaikan cintakuu...(jreeng).."


      Yho 'mbloh?

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mbloh, mbloh.....muduno, iki wes tak cepaki link nge, tek ndang disimak sing permati....ojok gelantungan wae kowe mbloh 📣📣📣

      Hapus
  27. 👈👈👈👈👈 yang ini aerodinamis cocok untuk antargalaxy antar planet bang essen@

    http://langkasa-norul.blogspot.com/2015/08/pesawat-tempur-malaysia-2015-ptm-15.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap luur @DKT

      noh liat yang sok tau tentang desain sirip ekor. desain PTM gen6 malah terlihat lebih aneh lagi, padahal baru gambar anak tadika.

      wkwkwkwkwkwkwk.....

      Hapus
    2. ngakak gua...
      lihat gambar ptm hasil karya anak tadika

      GREEN GOBLIN gitu loooh......

      wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  28. wahh laboratorium BBTA3/BPPT
    wintunel punyak kita kelas DUNIYA,

    tempat ANKA sodaranya ELANG ITEM
    tempat KFX/IFX
    tempat CN-235
    tempat r-80

    tempat terbaik buat uji AERODINAMIKA mantap haha!👍👍👍
    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Teknologi Aerodinamika BBTA3
    https://www.youtube.com/watch?v=qfc7jArjHVM

    Pengujian hidrodinamika model float pesawat N-219 Amfibi (photo : LAPAN)

    BalasHapus
    Balasan
    1. PTM gen 6 boleh di uji di sini ompal 🤣🤣

      Hapus
    2. kalo bayar bole, kalo kridit nehi haha!😊😊😊

      Hapus
  29. Salam 6-4=2,itupun kl masih dilanjut 🤣🤣

    BalasHapus
  30. Pengujian hidrodinamika model float pesawat N-219 Amfibi (photo : LAPAN)

    ----------------------

    wah baruw liat nich, mirip2 cem di blande,
    moderen jugak lab kita yak, wah KL mana punyak ginian haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boro2 punya cem gini om,drone Kecik merekapun orang Indonesia yg buat 🤣🤣

      Hapus
    2. KL ahlinya TEMFEL2 haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  31. lundin jagonya kompositnya materil buat kapal maknyooss, ringan tapi kuat gt, katanya loh..kt om jon haha!😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups...

      lundin pakarnya bahan komposit

      Hapus
    2. Dikira nya Lundin pabrik pesawat juga kali ya..haha

      Hapus
    3. Kata si Sabu KW maErod pakarnya Composite , ✌

      Hapus
    4. lhaa...BNS kalo mao manjangin LCS kudu sowan ama pakarnya "PANJANG2" uda trade mark makEROTs tuch haha!🥳🥳🥳

      Hapus
  32. Om @Matpit

    hajar broo...
    ada beruk malon yang sok ngajarin desain N219 PTDI

    BalasHapus
  33. N219 sebuah proses awal kebangkitan Dirgatara Nasional.

    Alon2 asal kelakon optimis trus 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🛩🇮🇩🛩🛩🛩🛩

    BalasHapus
  34. N-219 amfibi ini cocok untuk infiltrasi kopassus di sungai2 yg ada di hutan Sabah Sarawak tanpa bisa dikesan ATM malon 👍👍

    BalasHapus
  35. @norman "gombloh" hakim

    "Man, man gilo tontone link kenopo desain sirip-ekore N219 bedo seko liyo-liyane ......yen niyat arep ngetroll ki mbok sing maksimal to, ben ra ketok yen amatiran 👎👎👎"

    https://youtu.be/b5Z65qEKBW0

    BalasHapus
    Balasan
    1. anyiiiing parah..... cuuk cuuuk !!!

      wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Pancen provokolor asal negri malon ki terkenal parah mas essen.....senengane golek script seko link Indonesia njur seolah-olah deweke ki sebagai salah satu tokoh sing ono neng script mau 😂😂😂

      Mboknowo neng konone si norman ki juragan kliping koran bekas 🤔

      Hapus
    3. Norman ki sopo pakdhe ? aku gek tekan seko dalan ki .

      Hapus
    4. Norman.....norman "gombloh" hakim, arek malon sing nyaru2 dadi maahsiswa ITB, nduwur kae lho mas☝️

      Hapus
    5. Yen sampeyan rak yo wes gamblang to penjelasan ing video iku bab desain sirip ekor N219 sing ora biasane 🤔

      Hapus
    6. Mulo sesuk-sesuk meneh yen ono si gombloh lan konco-koncone arep ngetroll ....cukup ditimpuk nganggo link kui mau, ben mingkem lambene 🤗🤗🤗

      Hapus
  36. Balasan
    1. ...
      Hahahahhaaa...

      Tumben.
      Diluar kebiasaan 'nih malaysia yang satu ini ngomongnya seperti ini.
      Hahahaa...

      Wahai malaysia ketahuilah,
      Itulah kami BANGSA IndONEsia..!!!

      270_juta BANGSA IndONEsia.
      Ratusan SUKU dan berbeda AGAMA, namun SATU keSATUan BANGSA IndONEsia....!!!

      Hapus
  37. Balasan
    1. "Gomblohe nesuuuuuu. .........😂😂😂"

      https://youtu.be/b5Z65qEKBW0

      Hapus
    2. Mulo sesuk meneh yen arep ngetroll sing maksimal yo mbloooooh.....ben meyakinkan 🐒🐒🐒

      https://youtu.be/b5Z65qEKBW0

      Hapus
    3. Gomblooooooh......ning videone ojo disave lho 😂😂😂

      Hapus
    4. ..
      Hahahahhaaa...

      Tumben.
      Diluar kebiasaan 'nih malaysia yang satu ini ngomongnya seperti ini.
      Hahahaa...

      Wahai malaysia ketahuilah,
      Itulah kami BANGSA IndONEsia..!!!

      270_juta BANGSA IndONEsia.
      Ratusan SUKU dan berbeda AGAMA, namun SATU keSATUan BANGSA IndONEsia....!!!
      _____________________
      ..
      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia

      Hapus
    5. Ealaaaahhh tak kiro sopo , weee gur ketek to jebule , mendem kakean nguntal gedhang bosok ki.

      Hapus
  38. @Norman Karim
    N219 yg buat para Insinyur PT.DI yg lebih tau urusan tentang aerodinamika pesawat,termasuk seri amphibi ...kalau komentator Cessna Sky Courier bukan produk Indo...utk apa dibanggain.

    GANK MALON....yg tidak bisa buat pesawat terbang harap KETEPI DULU dekat tandas sana....

    BalasHapus
  39. ...
    Hahahahhaaa...

    Tumben.
    Diluar kebiasaan 'nih malaysia yang satu ini ngomongnya seperti ini.
    Hahahaa...

    Wahai malaysia ketahuilah,
    Itulah kami BANGSA IndONEsia..!!!

    270_juta BANGSA IndONEsia.
    Ratusan SUKU dan berbeda AGAMA, namun SATU keSATUan BANGSA IndONEsia....!!!

    BalasHapus
  40. Tiada kaitan pun kenapa korang mention

    Indon ASU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wes gek coli disik kono .....ati-ati, sabun coleke ojo kejolan remason 😨😨😨

      Hapus
    2. Eeehhh ada yang marah. 😁😁😁😁

      Hapus
    3. Lhaaaaaaa.....lagi coli.sedelo kok wes rampung, gelis banget mbloh 👎👎👎

      Hapus
    4. Bisa marah jg lo bangs*t... 😁

      Hapus
  41. MENANGGAPI TULISAN NORMAN HAKIM
    -------------------------------

    >> Di jaman Orba, IPTN sangat dimanja, disubsidi terus, bahkan Dana Reboisasi pun di pake.

    >> Kemudian lahir N250 yg fenomenal. Saat itu, tuk pride of nation dan pencapaian teknologi N250 bagus! Tapi faktanya, dari sisi ekonomi, IPTN minus dan trus disubsidi.

    >> Timbul polemik teknologi (Habibie cs) vs ekonomi (Sri Mulyani cs). Masalah ini mencapai klimaks saat krisis moneter 98, dan gongnya saat IMF mengamputasi projek N250!

    >> Dampak terhadap IPTN:

    Secara teknologi stop/mandeg!

    Tapi secara ekonomi mulai berbenah. Subsidi dihilangkan, dijadilkan sebagai perusahaan yang profit oriented dan mandiri. Kemudian menjadi PT. Dirgantara Indonesia.

    >> PT. DI sekarang mulai memperoleh laba sebagaimana seharusnya perusahaan2 terbuka lainnya. Memang ada kekurangan nya, yakni terobosan dalam hal inovasi desain pesawat baru, masih kurang. Namun jika dilihat, roadmap PT. DI, cukup realistis sebagaimana roadmap PT. PAL dan PT. Pindad.

    Jika melihat kasus inhan negeri jiran sekarang, khususnya lms dan Lcs, itu persis yang dialami (IPTN) sebelum krisis moneter 98.

    Indo sudah mengalaminya 22 tahun yang lalu, gred a baru mangalaminya sekarang. Sayang kasus Indo tidak dijadikan pelajaran oleh jiran. Satu kata kuncinya, kalo mau berubah .... reformasi!

    Note:
    Kalo inhan mau sehat, jauhkan dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau reformasi harus ada yang jadi martir seoerti mahasiswa trisakti Elang Suryalesmana, Hafidin Royan nah kalo gue kandidat martir makon Gempurwaria, Mat Sabu KW, Xi Kapier dll 😁

      Hapus
    2. Mn ada yg mw... 😁 😁

      Hapus
  42. Mat sabu kw pukimak asu... 😁

    BalasHapus
  43. Mat Sabu KW itu gk usah ditanggepin,dia itu suwandaru yg nyamar jadi Mat Sabu...Mat Sabu aka Xavier asli walaupun kontra dgn netizen DS dia gk pernah rasis dan nyebut2 Indon 😁😁

    BalasHapus
  44. Yang idealnya:

    Inhan (PT.DI, PT.Pal, PT.Pindad, LEN):
    >> Menghasilkan produk inovatif dan kompetitif
    >> Terus meraih laba.

    BalasHapus
  45. Suwandaru babi pukimak.. 😁

    BalasHapus
  46. Gombloh mati angin.....kentekan bahan nggo ndobos 😂😂😂

    https://youtu.be/b5Z65qEKBW0

    BalasHapus
  47. @Norman Hakim:
    Ini video Cessna 408 Skycourrier kembaran N219 ..Tampak perbedaan posisi elevatornya (High wing and elevator) ... gak seperti N219 yang setengah gantung itu ...
    ----------------------

    IMO:
    >> Kalo bikin persis meniru Cessna408, itu bukan N219 namanya.

    >> Wing itu bagian penting/prinsip dari sebuah pesawat. Masak tim desain PTDI asal saja menempatkan posisi wing/sayap????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iku alasane mergo N219 ki dirancang dadi RAJANYA PEGUNUNGAN 👙👙👙......eeeeh ⛰️⛰️⛰️, amergo akeh wilayah ing RI sing papane ono ing dataran tinggi kanti sarana landasan sing terbatas, gor wujud airstrip lan durung dilengkapi sarana navigasi sing memadai.

      Pesawat yen lagi approach neng punggung bukit sing sarprase terbatas kudu mebur alon ben gampang anggone ngepaske karo landasan.....ning yo ora oleh alon banget ben ora stalled (kehilangan daya angkat) 🛬

      Mulo desainer PT. DI gawe rancangan sirip ekor sing out of the box jantho ngakomodasi kebutuhan rikolo arep approach nanti kecepatan sing alon ...nanging tetep.ora stalled ☝️

      Hapus
    2. Iku alasane mergo N219 ki dirancang dadi RAJANYA PEGUNUNGAN 👙👙👙......

      .....eeeeh ⛰️⛰️⛰️, amergo akeh wilayah ing RI sing papane ono ing dataran tinggi kanti sarana landasan sing terbatas, gor wujud airstrip lan durung dilengkapi sarana navigasi sing memadai.

      Pesawat yen lagi approach neng punggung bukit sing sarprase terbatas kudu mebur alon ben gampang anggone ngepaske karo landasan.....ning yo ora oleh alon banget ben ora stalled (kehilangan daya angkat) 🛬

      Mulo desainer PT. DI gawe rancangan sirip ekor sing out of the box kanggo ngakomodasi kebutuhan rikolo arep approach kanti kecepatan sing alon ...nanging tetep.ora stalled ☝️

      Hapus