13 September 2020

Latihan Jalak Sakti Tahun 2020, Kasau Berikan Apresiasi para Penerbang Tempur

13 September 2020

Latihan Jalak Sakti 2020 (photos : Prama Danunagoro)

TNI AU. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., meninjau Mission Oriented Training (MOT) dalam latihan antar satuan Komando Operasi TNI AU (Koopsau) I  Jalak Sakti  Tahun 2020 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (7/9/2020).

Dalam peninjauan latihan MOT tersebut Kasau memberikan apresiasi kepada para penerbang yang berhasil menembakkan misil dengan tepat pada target sasaran.

Pada kegiatan tersebut Kasau mengunjungi gedung Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) untuk menyaksikan pergerakan pesawat tempur yang sedang melaksanakan latihan manuver lapangan dengan sasaran Air Weapon Range (AWR) Siabu guna melihat kemampuan para penerbang tempur dalam operasi udara dengan berbagai formasi melalui layar monitor yang terintegrasi dengan pesawat tempur dilanjutkan menerima paparan dari Danlanud dan Danwing 6 Lanud Rsn.

Usai menyaksikan pertempuran udara melalui ACMI, Kasau berkesempatan meninjau langsung Air Weapon Range (AWR) Siabu yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan menggunakan Heli Caracal.

Latihan MOT dimaksudkan untuk memberikan kemampuan penerbang TNI AU pada misi-misi pertempuran dalam operasi udara, sekaligus meningkatkan kemampuan koordinasi dan kerjasama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista TNI AU.

Kegiatan latihan ini berlangsung selama dua hari dengan melibatkan pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 12, serta pesawat F-16 dari Skadron Udara 16.

Pesawat tempur terdiri dari 2 pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12, 8 pesawat F-16 dari Skadron 16, 2 pesawat tempur dari Skadron 1 dan 1 Boeing intai dari Skadron 5.

Turut hadir mendampingi Kasau para Asisten Kasau, Pangkoopsau I, Dankodiklatau, Dankorpaskhasau, Danseskoau, para pejabat Mabesau, Danlanud Atang Sendjaja, Danlanud Suryadarma, dan Danlanud Supadio.

(TNI AU)

236 komentar:

  1. Hahahaha kalah cepet...

    TNI-AU BERLATIH TERUS MENGASAH KEMAMPUAN....

    KALAU TUDM BERLATIH MAIN ACE COMBAT...PESAWAT HANYA PARKIR DI HANGGAR.....TAKUT STRUKTUR MESIN PESAWAT RETAK LAGI DAN ENGINE MELETOP...🤣😂😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. ATM LATIHAN TANGKAP TIKUS DI BARAK. TUDM LATIHAN DI SIMULATOR. TLDM LATIHAN TANGKAP IKAN PAUS, DOLPHINS, CRAB, TUNA. KAH.. KAH.. KAH.. KAH..

      Hapus
    2. Latihan eject kat hangar om

      Hapus

  2. AUSTRIA
    09/10/2020
    Jenderal mengoreksi Minister Tanner
    Apakah Menteri Pertahanan Klaudia Tanner memberikan informasi yang salah kepada publik? Staf Umum Anda sama sekali tidak merekomendasikan untuk menjual Eurofighters ke Indonesia.
    oleh Gernot Bauer

    facebook

    facebookMessenger

    ada apa

    Indonesia

    surat

    saku
    Jika Corona tidak mengalahkan segalanya, itu akan menjadi kisah kemerosotan musim panas tahun 2020. Pada pertengahan Juli diketahui melalui artikel "pers" bahwa Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto telah menawarkan timpalannya dari Austria Klaudia Tanner (ÖVP) dalam sebuah surat untuk membeli semua 15 dari 15 pencegat Eurofighter Angkatan Bersenjata. Menteri mendapat informasi yang baik tentang situasi di Austria. Sejak menjabat, Tanner telah berselisih dengan produsen Eurofighter Airbus dan sudah diancam akan keluar dari kontrak. Dalam suratnya yang ditulis dalam bahasa Inggris, Prabowo Subianto mengumumkan keinginannya untuk memodernisasi angkatan udara Indonesia. Dia yakin bahwa tawarannya akan "menawarkan peluang bagi kedua belah pihak". Rupanya Tanner juga mengenali cara untuk segera menyingkirkan jet yang tidak disukai itu. Dia menginstruksikan Staf Umum untuk memeriksa keaslian surat itu dan menganalisis persyaratan untuk penjualan.

    Tanner mengumumkan hasil analisis ini secara eksklusif di "Krone" hari Minggu. Kutipan asli: “Sekarang kami memberi tahu Indonesia bahwa kami sedang memeriksa penjualan tersebut. Keluar dari sistem Eurofighter adalah tujuan yang kami nyatakan. "Karena, menurut Tanner dalam" Krone ":" Setelah pemeriksaan intensif, Staf Umum mengonfirmasi keaslian surat tersebut dan merekomendasikan agar kami memanfaatkan opsi penjualan apa pun. "

    Ucapan Tanner paling banter merupakan tipuan yang tidak disengaja, paling buruk disengaja menyesatkan publik. Karena, bertentangan dengan pernyataan Tanner di "Krone", Staf Umum sama sekali tidak merekomendasikan penjualan Eurofighters kepada orang Indonesia, tetapi umumnya menyarankan keputusan politik mendasar tentang masa depan Eurofighters, karena model penerus harus segera dibeli jika terjadi penjualan. Dalam sebuah email kepada Kabinet Menteri setelah artikel "Krone" diterbitkan, Kepala Staf Robert Brieger menjelaskan hal ini dengan sangat jelas.

    Bagaimanapun, penjualan tidak akan mudah dicapai. Sebelumnya, Airbus, semua negara manufaktur (Jerman, Inggris Raya, Spanyol, Italia) dan AS (Eurofighter berisi teknologi AS) harus setuju.

    Berdasarkan informasi dari profil, Tanner mengumumkan dalam balasannya kepada menteri Indonesia bahwa para ahli dari Kementerian Pertahanan Austria akan segera menghubungi mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa yg sederhana; Mau dijual apa kagak?
      😊

      Hapus
    2. Staf Umum Anda sama sekali tidak merekomendasikan untuk menjual Eurofighters ke Indonesia.
      oleh Gernot Bauer

      Hapus
    3. Opsinya cuma ada 2 bijik
      Opsi pertama adalah yg utama
      Opsi kedua pilihan terbaiknya ya terpaksa kembali ke opsi pertama

      Hapus
    4. Audahlah...Datangkan aja su 35 sekalian sudah 57....uang cash langsung datang itu peapur.....
      .
      klo beli sama barat mamarika ribet kebanyakan syarat dan ketentuan* berlaku....senjatanya Amran terbaru lama datangnya sepuluh tahun baru Dateng hadeh....

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Minggu minggu kok udan , penake kelon maneh iki

    BalasHapus
  5. Tni au semakin d depan...tudm smakin terbelakang grade A mbyar

    BalasHapus
  6. Latihan Jalak Sakti Tahun 2020, Lanud Roesmin Nurjadin, PKU keren bingits.

    ada PESPUR f16, hawk
    ada HELI SAR
    ada pesawat JET INTAI


    KL MANA PUNYAK PESAWAT INTAI(SURVEILANCE) apalagi yg pake enjin JET...

    KL JAUUHHH KTINGGALAN haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata gempork Hawknya di grounded...
      Uda terbang pun...
      Kalau MkM baru Grounded tak de spare part 😁

      Hapus
    2. ".. 1 Boeing intai.."

      Om pal, itu kan bukan 737 surveilance..lihat tuh engine-nya & ga ada punuknya tuh..

      Weew..yang mana lagi ini?
      Jeroannya kan kita ga tahu...

      ....upss..😁

      Hapus
    3. Pesawat tempur terdiri dari 2 pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12, 8 pesawat F-16 dari Skadron 16, 2 pesawat tempur dari Skadron 1 dan 1 Boeing intai dari Skadron 5

      -------------------------------

      nyoiihh om pedang, klo gak salah skuadron camar emang uda cukup lama diisi 4 bijik bowing
      3 bijik berpunuk
      1 bijik rata

      jgn2 radarnya uda dipasok hasil karya anak bangsa kita yg jadi profesor di jepang ituloh.

      klo bner wah, mantap sangat APGRED angkatan udara kita hore haha!👏👏👏

      Hapus
    4. Exercise nya sekalian ngetest Nasams yg di Natuna dan Riau..

      👏👏👍👍

      Hapus
    5. Hawk TUDM banyak yg di grounded. Cuma 4unit Hawk TUDM yg bisa terbang.

      Hapus
    6. Kecanggihan CP-SAR mampu menembus awan dan gelapnya malam. CP-SAR bahkan bisa diberdayakan jadi pelacak pesawat dan kapal perang siluman (stealth) dan radar AESA (Active Electronically Scanned Array)

      -----------------------

      yg kyk gini om pedan, klo dipasang bneran oke oceh yak haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    7. wuiih CP-SAR di buwing kita yg no.2

      https://www.youtube.com/watch?v=JL8-VpwV4u8


      ternyata, cp-sar jugak pasang di cn-235 mpa hore mangstab, KL gak punyak haha!🤣🤣🤣

      instalasi dan uji fungsi dan Test Flight C-Band dan X-Band CP-SAR di pesawat CN 235 MPA
      https://tni-au.mil.id/kasau-terima-team-leader-chiba-university/

      Hapus
  7. https://www.google.com/amp/s/m.tribunnews.com/amp/nasional/2020/09/13/kapal-coast-guard-china-masih-bertahan-di-laut-natuna-utara-meski-sudah-diusir-kn-nipah-321

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku yo bingung ndar.....keneng opo pendak pak bowo bar ketemu menhan cino, bubare kuwi mesti ono goro-goro neng natuna 🤔

      Opo saben ketemon nggono kui menhan cinone karo nembung njaluk iwak sing neng natuna karo pak bowo.......😪

      Hapus
    2. Yaa wajarlah, dlm 6 tahun terakhir Indonesia tidak beli kapal frigate/kapal perang, Krn pak anu sibuk cekrak cekrek dan bagi kartu😬

      Hapus
    3. Karena sebenarnya jokowi tau pt.pal mampu bangun dr nol fregate sendiri mengambil konstruksi hull dr kapal2 niaga yg telah diproduksi pt.pal sendiri tp tetep aja kita malah sibuk2 cari import, ya masalah isiannya yg belum bener2 kita tau baru lah kita kerjasama dengan pihak luar, masalahnya kita yg gk bener2 kasih kepercayaan ame pt.pal mendesain dan membangunnya dr nol.

      Hapus
    4. Lha pihak luar aje banyak kok beli kapal niaga pt.pal, moso kita malah sibuk cari import fregaet yg dasar komstruksi hull nya diambil dr kapal niaga, tp ya percuma aje mau berbusa busa pun komentar tetep aja cari import dan import, ada kemampuan malah gk percaya diri dan lucunya produk yg kurang kita percaya itu dibeli pihak luar,,,aneh bin ajaib.

      Hapus
    5. Aq yooo.. Podho nduwe uleq2 ngono ugo mas har🤔🤔🤔🤔

      Hapus
  8. Seperti lagunya iwan fals;

    SERDADU SEPERTI BELATI TAK DIASAH TUMPUL DAN BERKARAT


    maka berlatihlah TNI agar tetap siap sedia kapan dan dimanapun menjaga tanah air, lanjutkaann!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @om karnovsky brti klo d asah terus tajem y om.....klo negara sebelah karatan y om alias kethul wkwkwkw

      Hapus
    2. Wis angel,,,,lemah, letih, lunglai

      Hapus
  9. ..
    Jadwal Latihan yang sudah dan akan dilaksanakan oleh TNI BANGSA IndONEsia sampai dengan pertengahan september-2020 ini,

    1] http://defense-studies.blogspot.com/2019/11/latma-manyar-indopura-laksanakan-combat.html
    2] http://defense-studies.blogspot.com/2020/04/dankormar-tinjau-terjun-statik-regu.html
    3] http://defense-studies.blogspot.com/2020/05/prajurit-yon-kapa-1-mar-asah-kemampuan.html
    4] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/prajurit-yonkav-8-kostrad-asah.html
    5] http://defense-studies.blogspot.com/2020/04/yonmek-raider-413-kostrad-berlatih.html
    6] http://defense-studies.blogspot.com/2020/01/heli-panther-as-565-mbe-laksanakan.html
    7] http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/t-50i-golden-eagle-sukses-ikuti-latihan.html
    8] http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/penerbang-skadron-udara-11-berlatih-dog.html
    9] http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/prajurit-penjelajah-samudera.html
    10] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/prajurit-baret-jingga-menyerbu-dari.html


    ......lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. .....

      11] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/yonmarhanlan-i-belawan-medan-gelar-uji.html
      12] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/yon-arhanud-1-mar-ikuti-gelar.html
      13] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/kri-yos-sudarso-353-bombardir-pulau.html
      14] http://defense-studies.blogspot.com/2020/06/yonmarhanlan-vi-latihan-menembak-meriam.html
      15] https://defense-studies.blogspot.com/2020/08/kri-fatahillah-361-laksanakan-kerjasama.html?showComment=1598438116424
      16] http://defense-studies.blogspot.com/2020/06/tni-au-berhasil-dalam-misi-night-air.html
      17] http://defense-studies.blogspot.com/2020/04/tiga-skadron-udara-tempur-lanud.html
      18] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/kri-fatahillah-361-laksanakan-kerjasama.html
      19] http://defense-studies.blogspot.com/2020/09/kikav-3-latihan-menembak-senjata-berat.html
      20] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/prajurit-yontaifib-2-marinir-laksanakan.html

      ..........

      Hapus
    2. ....

      21] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/latihan-pendaratan-helikopter-dan.html
      22] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/koarmada-iii-uji-ketangguhan-pertahanan.html
      23] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/koarmada-iii-asah-kemampuan-pertempuran.html
      24] http://defense-studies.blogspot.com/2020/09/arhanud-korps-marinir-latihan.html
      25] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/dankormar-resmikan-daerah-latihan.html
      26] http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/tni-au-gelar-latihan-combat-sar-di.html
      27] http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/prajurit-batalyon-taifib-2-marinir.html
      28] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/lanud-iswahjudi-gelar-latihan-night-air.html
      29] http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/tni-au-gelar-latihan-elang-gesit-di.html
      30] http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/tingkatkan-kemampuan-sebagai-pasukan.html


      ........

      Hapus
    3. .....

      31] http://defense-studies.blogspot.com/2020/06/melihat-kopaska-tni-al-gelar-latihan.html
      32] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/tni-al-gelar-latihan-perang-di-selat.html
      33] http://defense-studies.blogspot.com/2020/07/tni-al-akan-gelar-latihan-perang-di.html


      34] https://defense-studies.blogspot.com/2020/09/latihan-jalak-sakti-tahun-2020-kasau.html

      Hapus
    4. ATM LATIHAN TANGKAP TIKUS DI BARAK. TUDM LATIHAN DI SIMULATOR. TLDM LATIHAN TANGKAP IKAN PAUS, DOLPHINS, CRAB, TUNA. KAH.. KAH.. KAH.. KAH..

      Hapus
  10. Tragis sedih pamer pesawat renta aki aki kawan..indonesia kaya sumber alam tapi apa mau di kata habis jarah elit politek di jakarta .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga latihan di nyinyirin dan di salahin. Latihan di ledekin.

      Bersyukur aja TNI masih bisa latihan di masa pandemi, berarti masa ada budget buat latihan. Latihan juga untuk menjaga profesional anggota dan kesiapan alutsista.

      Hapus
    2. bet bet betol Tukang gibas pro malaysia jaya... indon makin bangkraps dan payah

      Hapus
    3. Malon makin bangkrap. Budget pertahanan malon ciput. Pantaslah askar kalian tak pernah exercise. Malon tak ikut Rimpac 2020 karena tak ada budget.

      Askar lembik, pondan, tak ade telor.

      ATM LATIHAN TANGKAP TIKUS DI BARAK. TUDM LATIHAN DI SIMULATOR. TLDM LATIHAN TANGKAP IKAN PAUS, DOLPHINS, CRAB, TUNA. KAH.. KAH.. KAH.. KAH..

      Balas

      Hapus
    4. @gerinda gompal lu urusin negara lo yg gk bener...kMi msh bisa exercise d tengah pandemi dr pd ngra kau exercise 14 th sekali...

      Hapus
  11. Latihannya pake rudal gak?
    Efeec rudal TNI unyu2 makanya cina Sok
    Coba kalau TNI punya rudal balistik
    Gue yakin cina gak berani kurang ajar
    Makanya riset rudal nasional besar2,
    Hapus semua progaram nasional kecuali program rudal,dan satu lagi kurangi bacot dan jangan pelit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cina juga songong sama Amerika yg punya rudal nuklir.

      Urusin dulu rudalmu yg pendek itu gan

      Hapus
    2. Hissssss....koyo rudalmu tau dinggo wae, paling gor diisik-isik dewe 😁😂🤣

      Hapus
    3. India punya agni jga mssih diusilin china 👾👾👾👾

      Hapus
    4. Lha tau kan sendiri,...
      Bahkan yg punya nuklir dan rudal balistik aja cina masih songong.
      Lah gimana nkri yg gak punya rudal balistik ya diinjak2 perairannya sama Marwah negri ini.komen itu dipikir dulu ya,..
      Cina itu segan sama kekuatan rudal bukan bacot.kalau punya rudal balistik masih ada efect detereen nya dan masih dipandang.as masih dipandang sama cina buktinya udaranya dan perairannya juga sering diobok2 as,bahkan as masih sering keluar masuk perairan Spratly coba negara asean mana berani,australili dan gengnya pun kalau patroli dilcs pasti ada as,dan cina hanya bisa menggerutu aja coba kalau Vietnam atau Malon pasti sudah diseruduk kapalnya,dan kapal indo juga sama aja.kalau India cina gak berani menembak malah perangnya tawuran kayak anak SMA mirip jaman batu,padahal rudalnya bejibun itu tadi karna efect rudal jadi satu sama lain segan,jadi hari ini costguart cina yg ngendon dinatuna besoknya fregatnya besoknya lagi destronya besoknya lagi kapal induknya kalau kaselnya Uda disitu terus ngendon kan gak ada yg tau,wong didalam air.lha disini terus protes dan cina hanya tertawa ngakak Hua,..wkwkw
      Makanya jangan sok Uda kuat,gak ada perang katanya,semua teman pret,....t.....t.......t........( Alangi matemi).
      Terus aja bacot pemerintah ntar kalau Uda perang baru tau rasa,
      Mampus semuanya karna Uda terlambat,ha........pikir

      Hapus
  12. Ada yg malu katanya Hawk di grounded wakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hawk TUDM lebih parah cuma 4unit doang yg bisa terbang. Sisanya di grounded.

      Wkwkwkwwkkwk

      Hapus
  13. Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Jumat, 11 September 2020 | 09:37 WIB





    Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

    KONTAN.CO.ID - PETALING JAYA. Pusat kota Kuala Lumpur dilanda banjir bandang setelah hujan lebat di sore hari.

    Melansir Free Malaysia Today, sebuah foto yang diposting di media sosial menunjukkan Masjid Jamek dikelilingi oleh banjir. Sejumlah netizen mengatakan area masjid telah berubah menjadi pulau.


    Banjir dan hujan lebat menyebabkan kemacetan besar-besaran di seluruh Lembah Klang.

    Menurut para pengguna media sosial Malaysia, Jalan Ampang, Jalan Tun Razak, Jalan Lai Tet Loke dan Jalan Ipoh termasuk di antara jalan-jalan yang terendam banjir.

    Baca Juga: Soal pelarangan warga Indonesia masuk ke 59 negara, begini penjelasan Kemenlu

    Foto yang diunggah oleh Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur menunjukkan tingkat banjir, dengan personel membantu menyelamatkan sepeda motor yang terendam air.

    Sedangkan Bernama melaporkan, lima wilayah terparah adalah Lebuh Ampang, Jalan Raja Alang (Kampung Baru), Lorong Air Leleh (Setapak), Jalan Gurney dan Jalan San Ah Wing (Semarak) di sini.

    Baca Juga: Mahathir posting pidato mosi tidak percaya terhadap Perdana Menteri Malaysia

    Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur, Nordin Pauzi, mengatakan bahwa departemen tersebut mulai menerima laporan banjir di Kuala Lumpur dari pukul 16.25 meskipun hujan mulai turun pada pukul 13.30.

    "Sejauh ini belum ada kecelakaan, hanya mobil yang terjebak banjir," jelas Pauzi seperti yang dilansir Bernama.

    Banjir naik setinggi antara satu hingga tiga meter di daerah bencana.

    Departemen tersebut mengatakan 15 orang yang terjebak oleh banjir di Jalan Gurney dan Kampung Periuk di Jalan Raja Alang, namun berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

    Selain itu, lima korban dari Kampung Periuk kini mengungsi di pengungsian banjir Klub Sultan Sulaimani.
    TERNYATA KUALA LUMPUR BENAR BENAR JADI KOLAM LUMPUR BENERAN.....WKWKWK

    BalasHapus
  14. pesawat intai maritim(MPA)angkatan laut/tni-al

    2018-pesawat cn-235 mpa nomor 4 milik penerbal/tni-al

    target tni al, 24 bijik pesawat intai..woww LUAR BIASA...yg cuman 5 bijik sila kekebun fisank 🍌 haha!😋😋😋
    https://www.youtube.com/watch?v=DpYzhZ0u7KA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gal lepel 5 berbanding 24.

      Nanti ada yang merajuk... "wajar karena wilayah negaranya lebih kecil dibandingakan dengan Indonesia".

      Tapi songong dan belagunya itu yang bikin mereka terlihat dungu bin bahlul

      Hapus
  15. https://www.viva.co.id/amp/militer/militer-indonesia/1301604-mengerikan-seorang-wanita-tewas-terlindas-truk-tni?medium=bacajuga-amp-2

    Inalilahi wainalilahi rojiun.

    Itu truk yg nabrak ibunya bawa nasams 2 ya liat gerbong nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya pokoknya harus hati-hati jaga keselamatan.

      Udah tanggung jawab kok tenang aja

      Hapus
  16. Seandainya kapal KRI ahmad yani class yang akan dipensiunkan TNIAL, apakah bisa dipakai oleh bakamla sebagai kapal Indonesia Coust guard.

    Tetapi sebelumnya harus diupgrade dulu di galangan PT.PAl.

    Dan persenjataanya disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi sebagai kapal coust guard.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🙄..............................................................................................











      😴😴😴

      Hapus
    2. Kayane seneng banget tangi turu karo rondo mas'e

      Hapus
    3. Tangi turu aja ngisep udud
      Hiburan ndisek mas

      https://youtu.be/YoAH8g_J_tk

      Hapus
    4. Bisa aja kok, banyak kok negara yg mengalih fungsikan kapal fregaet mereka yg pensiun menjadi armada coast guardnya, tp harus dilihat dulu masih layak pakai atau tidak.

      Hapus
  17. HAWK dan F-16 Block 15...??? wkwkwkwkwkwkwk

    Mana F-16 BLOCK 32 yang di klaim oleh geng INDON kononnya BLOCK 52 tu...??? wkwkwkwkwkwk

    KLAIM JANGAN TAK KLAIM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kita bisa naik tarafkan pesawat sendiri kelebih canggih dan modern.

      Oh iya CN235 malon pun minta kami yang menaik tarafkan ke model MPA!!!

      Malon bisa tak???

      Hapus
    2. Knp...penasaran y pengen liat y...klo kita bisa up grade/EMLU f 16 sendiri...gempir banci kepo

      Hapus
    3. Duh yg gagal move on, sila buka laman TNIAU.

      ......
      Upgrade F-16 C/D 52ID tidak main-main karena mengejar kemampuan setara dengan Block 50/ 52, di antaranya memasang Mission Computer MMC-7000A versi M-5 yang dipakai Block 52+ dan bahkan digunakan F-22, dilengkapi komputer sistem kemudi (FLCS) digital, sepasang Multifunction Displays Berwarna block-52, HUD lebar block-52 dengan kemampuan night vision, digital terrain system & Digital Moving Map block 52, color cockpit camera block-52, throttle grip & side stick controller Block-52, countermeasures management switch to control ALE-47, voice message unit untuk collision avoidance system dan ground avoidance advisory function Block-52.
      Pemindahan landing/taxi lights ke nose landing gear door untuk memberi tempat pada targeting pod, improved data modem link 16 Block-52, embedded GPS INS (EGI) block-52 yang menggabungkan fungsi GPS dan INS, common data entry electronics unit Block-52, AN/ALQ-213 electronic warfare management system, ALR-69 Class IV radar warning receiver, ALE-47 countermeasures dispenser set untuk melepaskan chaff/flare serta pemasangan instalasi drag chute Block-52 yang akan dipasang di Indonesia.
      Baca juga: LAF Siap Dukung Indobatt
      Sementara radar AN/APG-68 (V) di-upgrade software agar meningkat kemampuannya sesuai mission computer 7000A. Prinsipnya F-16 C/D 52ID TNI AU menjalani program The Common Configuration Implementation Program (CCIP) seperti yang dilakukan pada F-16 CD Blok 40/42 AU AS agar meningkat menjadi standar Blok-50/52.

      🤗🤗🤗

      Hapus
    4. Gempurgila reka2 cerita raja bual 🤣🤣

      Hapus
    5. Padahal bolak balik udah gw kasih linknya lho pak.

      Dulu saya kasih link dari website Indonesia dibilang sembang dan hoax. Kemudian sy Kasih link versi resminya malah pura pura gak dibaca.

      Saya kasih lagi ya pak.

      http://www.f-16.net/f-16_users_article6.html

      Finally it became clear that these F-16s were upgraded with a toned-down version of the CCIP upgrade package including the latest MMC-7000 mission computer and M5 software package which makes these airframes more or less block 50/52 equal. The aircraft are supposed to equip Skadron Udara 16 in the course of 2015.

      Hapus
  18. Cina dah berjaya masuk lagi laut natuna, cina indon dah berjaya kacau kan dari dalaman tahniah

    BalasHapus
  19. Kelemahan pertahanan indon terjadi selepas berhenti nya SBY, indon semakin lawak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan aset second yang masuk semasa zaman SBY..

      lepas SBY..TKA CHINA makin ramai masuk.. wwkkwkwkwkw..

      Malah yang terkini maklumat bocor yang mereka bakal jadi pangkalan militer CHINA.. Asyikkkkkkkkkk

      Hapus
    2. Betol tu kerena ulah salah satu partai proxy Xi jie ping

      Hapus
    3. Mana ada partai pemenang pemilu presidennya diganti...presiden paling tua sedunia pula...mana lulusan 5 universitas terbaik asia...bikin kapal perang 7 tahun duit masuk terus kagak jadi2...wakakak...malon digondolin umno

      Hapus
    4. Indonesia semakin mandirilah, lebih banyak ambil produk sendiri, upgred f16 pun sendiri,,,belanja import dr luar hanya bikin malon semakin tolol, saat jatuh miskin tololnya malon kelihatan sehingga bina peluru pon tak mampu.

      Hapus
  20. HAWK INDON tu dah OK ke lepas kena GROUNDED...wkwkwkwkwkwkwwk

    Apache mana...?? masa masih kena GROUNDED...??? Kasihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp.. penasaran kami tau klo gempur banci ngefans sama indonesia...cma kau takut mengakui

      Hapus
    2. Nuri mana nuri...litle bird mana litle bird...besar jubur doang aset kagak ada 🤣🤣

      Hapus
    3. Itu laithan tni au bloon...àpache punya tni ad muhyidinnnn

      Hapus
    4. Apache masih fly lon,knp dgn Mig-29 ko dah grounded semua 😂😂

      Hapus
    5. Poor.. Gempoor. Sila antar kesini berita Hawk negara kau yg lagi exercise tahun 2020.

      Hapus
  21. Cakap mahfud md, kepala daerah 85% bukan pakai biaya sendiri, tapi ada cukong politik yg sponsor

    BalasHapus
  22. Kebesaran indon secara masif di gondolin partai

    BalasHapus
  23. Pelik, hakikat, dari mana partai dapatkan dana operasi,? ?? Itu adalah jawaban semua sendi lemah indon selama ini

    BalasHapus
  24. Asean akui zaman SBY militer indon kuat, lepas tu di lemah kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asean akui malon gakda pembelian aset militer sampai 2055...lcs 8 tahun gak selsai...budgetciput dibagi 5 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxa Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  25. Cina terus degil kat laut natuna bukti, permainan serang cina main 2 sisi, dari luar aktif test water kat natuna, dari dalam proxy terus main pelemahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan malon terus diutangi sama china...bodohnya ambil kapal.perang dari china...utang pulak 😝🤣🤣

      Hapus
  26. Kita butuh pesawat AWACS utk menjaga perbatasan kenapa ngga jd prioritas ya selain radar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utang china boleh juga kan lon 🤣🤣...mending utang kapal perang china lon...plat titpis tapi jadi...daripada lcs 8 tahun duit masuk kapal gak jadi2 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. @om maharogol itu unknown yg menyangkut politik jgn d urusin om

      Hapus
  27. Tak ade uang, buget ciput, second clas lah....nasib tak baiklah. Kasian kasian

    Salam delay transfer ifx..lol lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu la kejayaannya proxy Xi jie ping bermain

      Hapus
    2. Eemang budgetmu brp lon...mana ada latihan taun ini sampai 2055...malon kedekut utang

      Hapus
    3. Yg gk ada wang dan budget ciput tuh malon nak ganti nuri gk ada wang,nak upgrade Paladin gk ada wang,nak upgrade CN-235 jadi MPA tak de wang 😂😂😂

      Hapus
    4. Salam exercise 14 TAHUN SEKALI YA LON!!!!!! xaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
  28. Tak liat budgetmu brp lon 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  29. Bukti Apache INDON di GROUNDED..foto ini bocor semasa pemeriksaan aset udara TNI AU...


    LINK FOTO
    https://scontent.fbki1-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/116721002_2861666410608350_1763175106704705860_n.jpg?_nc_cat=107&_nc_sid=8024bb&_nc_ohc=L5iy7PmlBrQAX8bvGEa&_nc_ht=scontent.fbki1-1.fna&oh=e7fd1981308b2e79ade0b012019abee5&oe=5F82700C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah ko sendiri cakap ..semasa pemeriksaan aset udara tniau..

      Kalo diperiksa..ya harus digroun ded dulu, masak diperiksa nya sambil terbang..???😂

      Tuk f16 sila bace ...
      Upgrade F-16 C/D 52ID tidak main-main karena mengejar kemampuan setara dengan Block 50/ 52, di antaranya memasang Mission Computer MMC-7000A versi M-5 yang dipakai Block 52+ dan bahkan digunakan F-22, dilengkapi komputer sistem kemudi (FLCS) digital, sepasang Multifunction Displays Berwarna block-52, HUD lebar block-52 dengan kemampuan night vision, digital terrain system & Digital Moving Map block 52, color cockpit camera block-52, throttle grip & side stick controller Block-52, countermeasures management switch to control ALE-47, voice message unit untuk collision avoidance system dan ground avoidance advisory function Block-52.
      Pemindahan landing/taxi lights ke nose landing gear door untuk memberi tempat pada targeting pod, improved data modem link 16 Block-52, embedded GPS INS (EGI) block-52 yang menggabungkan fungsi GPS dan INS, common data entry electronics unit Block-52, AN/ALQ-213 electronic warfare management system, ALR-69 Class IV radar warning receiver, ALE-47 countermeasures dispenser set untuk melepaskan chaff/flare serta pemasangan instalasi drag chute Block-52 yang akan dipasang di Indonesia.
      Baca juga: LAF Siap Dukung Indobatt
      Sementara radar AN/APG-68 (V) di-upgrade software agar meningkat kemampuannya sesuai mission computer 7000A. Prinsipnya F-16 C/D 52ID TNI AU menjalani program The Common Configuration Implementation Program (CCIP) seperti yang dilakukan pada F-16 CD Blok 40/42 AU AS agar meningkat menjadi standar Blok-50/52.

      Hapus
    2. Gempur bodoh dan tolol ...mana link beritanya

      Hapus
    3. Kenikmatan mana lagi yg ko dustakan..????
      😤😤

      Hapus
    4. Gempurgila reka2 cerita raja bual 😂😂

      Hapus
    5. Kau gk capek y pur tiap kali kau buat statement d mentahkan smua sma gang merah putih

      Hapus
  30. Mig-29 grounded semua,beza dgn Mig-29 Myanmar & Mig-29 India yg lebih tua dari Mig-29 malon masih bisa terbang sampai sekarang 🤣🤣

    BalasHapus
  31. Hanya 4 MKM Malon yg boleh terbang kata Mat Sabu,ini bkn reka2 cerita netizen INDONESIA,ini kata Mat Sabu ex Menhan malon 🤣🤣

    BalasHapus
  32. Suwandaru mulai kumat neh karo boboiboy budak gelandangan.

    BalasHapus
  33. KL sekarang kena banjir bah besar guys,katanya KL ibukota modern tapi kok gk bisa ngatasi banjir 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  34. Si gembul apa yg dipelintirnya, namanya aje dah sigembul oon,,,lha apche jelas dikatakan grounded temporary karena ada perawatan rutinitas untuk menginstal sistem radar long bow yg akan dipasang di heli tersebut, beli radar longbow tanpa sistemnya ya sama aje boong,,,gembul oon, kasian sewa heli pon tak mampu 🤧🤭😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  35. Tak satu pun mkm boleh terbang, fakta sebenarnya saat ini malon cuman punya 4 unit hawk sebagai jet pejuang yg boleh terbang, gimana mungkin malon berani scramble pesawat bomber china yg hanya punya 4 unit hawk sebagai jet pejuang yg boleh terbang???? Makanya mereka tak ada acara scramble saat pesawat bomber china wara wiri diruang udara malon,,,ish malon miskin 🤧🤭🤭😂😂😂

    BalasHapus
  36. Yang mau liat Apache latihan di kala covid.

    https://www.instagram.com/p/CEvTN6ChXrb/?igshid=jq93qwzdhgmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bakalan diliat tuh om,gempurgila & the gank tetap aja ngetrol dan ngebual selamanya 😂😂😂

      Hapus
  37. apa la guna latihan militer... kalau jutaan warga INDON masih belum mendapat bantuan BANSOS dan SEMBAKO sejak bermula corona hingga sekarang....???

    tak begitu INDON...wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhahaha gempurwaria panas panas panas melihat tni makin sigap
      Kalau tdm cuma makan tidor je🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Yang mau liat Apache latihan di kala covid.

      https://www.instagram.com/p/CEvTN6ChXrb/?igshid=jq93qwzdhgmn

      Hapus
    3. www.aceh.tribunnews.com/warga Aceh di Malaysia sudah salurkan 73 ribu paket bantuan dampak covid-19,ini rinciannya/26-04-2020

      Hapus
    4. Kalah debat dan digempur link sahih Apache dan F-16, gempurgila lari ke pasal corona lah tuh ... gempurgila pondan, chicken ASS 🤣🤣

      Hapus
    5. Mesti larinya ke corona..opm setengah bugil..bla..bla..bla dasar gembulwaria idiott

      Hapus
    6. Masa covid aja TNI masih produktif palagi masa normal,, jadi tentera jgn cuma makan tido je nanti kena stroke tak gagah lg malah lawak

      Hapus
  38. Tolong dibaca.
    Kalau gak bisa bahasa Inggris coba minta mas @Hari buat trenslet.

    http://www.f-16.net/f-16_users_article6.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bakalan di baca tuh om, gempurgila dgn ganknya pura2 dungu dan bego tuh 😂😂

      Hapus
    2. Angkatan Udara Indonesia (Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara) memesan total 12 pesawat F-16A / B blok 15OCU. Pesanan tambahan untuk 9 pesawat (dari pesanan Pakistan yang diembargo) dan rencana akuisisi hingga 60 F-16 dibatalkan dan diganti dengan 4 Flanker. F-16 Indonesia digunakan dalam peran pertahanan udara dan serangan darat, meskipun kurangnya senjata canggih dan peralatan navigasi / penargetan membatasi mereka untuk operasi siang hari.

      Dengan pesanan terbaru 24 badan pesawat USAF bekas, kemampuan TNI-AU berkembang pesat dengan lebih banyak badan pesawat yang dikirim pada tahun 2014 dan 2015.


      AF F-16A Indonesia dalam skema warna biru superioritas udara, sebelum pengiriman. Ini adalah cammo pertama tetapi akhirnya tidak bertahan lama. [Foto LMTAS]

      Sejarah
      Pada awal tahun 80-an, Indonesia mulai mencari berbagai opsi untuk menggantikan beberapa Bronco OV-10F yang pernah beroperasi di Indonesia. Pesawat itu antara lain diperlukan untuk melindungi klaim gas substansial di Laut Cina Selatan. Pada tahun 1986, TNI AU memilih F-16 Fighting Falcon.

      Pada 1999, AS memberlakukan larangan bantuan militer kepada Indonesia setelah dituduh terlibat dalam kekerasan di Timor Timur saat wilayah itu lepas dari Indonesia. Larangan tersebut berdampak serius pada kesiapan tempur armada F-16 Indonesia, terutama karena kurangnya suku cadang. Larangan itu dicabut pada November 2005.

      Inventaris
      Damai Bima-Sena I
      Pada bulan Agustus 1986, Indonesia menandatangani surat perjanjian untuk 12 pesawat F-16A / B Block 15OCU (Operational Capability Upgrade). F-16 pertama dikirim ke Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (Angkatan Udara Indonesia) pada bulan Desember 1989, di bawah Program Penjualan Militer Asing Bima-Sena Perdamaian. Pengiriman selesai pada tahun 1990.

      Pesawat awalnya menerima skema warna biru / putih pintar (diganti dengan skema warna Millenium pada tahun 2000), dan memiliki hadiah parasut di akar ekor. Nomor seri menempati kisaran TS-1601 / TS-1612, dan pesawat memakai roundel nasional di sayap kiri.

      Pada tahun 1995, TNI-AU juga membentuk tim demonstrasi F-16 yang dikenal dengan Elang Biru (Blue Falcon). Semua pesawat menerima skema warna biru / kuning yang mencolok mulai Desember 1995 dan seterusnya (namun, mereka mempertahankan peran operasionalnya). Beberapa tahun kemudian, tim tersebut dibubarkan dan F-16 menerima skema warna Millennium baru pada awal tahun 2000.


      Dua ular berbisa Indonesia, bersenjata lengkap dengan 4x AIM-9 dan 2x rudal AGM-65, terbang rendah (200 kaki) di atas Teluk Popoh, Provinsi Jawa Timur Selatan. [Foto oleh Kapten Agung "Sharky" Sasongkojati]
      Pesanan tindak lanjut dibatalkan
      Pada Maret 1996, Kepala Staf Angkatan Udara Indonesia, Air Vice Marshall Sutria Tubagus, menandatangani kontrak dengan General Dynamics-Lockheed Martin untuk pengadaan tambahan 9 blok F-16A 15. Pesawat tersebut akan diberi nomor seri TS-1613 ke atas. ke TS-1621, dan mereka telah diproduksi untuk Pakistan tetapi di bawah embargo setelah amandemen Pressler. Pembayaran Indonesia untuk 9 F-16 ini dimaksudkan untuk mengganti Pakistan atas pesanan yang sudah dibayar. Semua F-16 ini akan ditugaskan ke skuadron ke-3 untuk membawanya dengan kekuatan skuadron penuh 20 pesawat tempur (standar NATO). TNI Angkatan Udara atau TNIAU, mengingat tugasnya melindungi wilayah seluas 12 juta kilometer persegi, bermaksud mengakuisisi total 60 F-16 untuk memberikan kemampuan pertahanan udara yang memadai.

      Hapus
    3. Namun, pada tanggal 2 Juni 1997, Presiden Soeharto dari Indonesia membatalkan perintah tersebut. Awalnya, terpilihnya kembali presiden Clinton dianggap sebagai penyebabnya, namun belakangan muncul tuduhan yang sering dilakukan oleh pemerintah Amerika, tentang Indonesia yang melanggar HAM, menjadi penyebab utamanya. Indonesia juga menarik diri dari Program Pendidikan dan Pelatihan Militer Internasional yang Diperluas AS karena alasan yang sama. Pada tanggal 5 Agustus 1997, Indonesia mengumumkan akan melanjutkan pembelian 12 pesawat tempur Su-30K. Kontrak (12 Su-30K dan 8 Mi-17V), bernilai sekitar USD $ 600 juta, sebagian akan dibayar dengan minyak sawit Indonesia. Hanya 2 Su-27 dan 2 Su-30 yang dikirim pada tahun 2003. Lebih banyak diharapkan akan dikirimkan sebagai izin pendanaan.

      Damai Bima-Sena II
      Pada 2010, rumor pertama muncul bahwa tatanan baru akan segera terjadi. Pada musim panas 2011 informasi menjadi sedikit lebih jelas bahwa pesanan ini akan membahayakan hingga 24 F-16C / D ex-USAF dari versi blok 25. Ini akan ditingkatkan untuk memblokir 32 status. Enam badan pesawat lagi (4 blok 25 dan 2 blok 15) juga akan dimasukkan sebagai sumber daya suku cadang. Total investasi akan menjadi sekitar $ 600 juta dan badan pesawat ini akan menggantikan F-5E / F yang tersisa yang diterbangkan dengan Skadron Udara 14 yang juga berbasis di Iswahjudi AB. Pada November 2011, perintah ini dikukuhkan saat kunjungan Presiden Obama ke negara itu. Pesanan memiliki nilai $ 750 juta. Pesanan tersebut juga mencakup sejumlah pod SNIPER atau LITENING.

      Akhirnya menjadi jelas bahwa seluruh F-16 ditingkatkan dengan versi paket upgrade CCIP yang diperkecil termasuk komputer misi MMC-7000 terbaru dan paket perangkat lunak M5 yang membuat badan pesawat ini lebih atau kurang memblokir 50/52 sama. Pesawat tersebut diharapkan melengkapi Skadron Udara 16 selama tahun 2015.

      Inventarisasi TNI-AU
      Blok Model Program Qty. Serial Terkirim
      Perdamaian Bima-Sena I F-16A Block 15OCU 8 TS-1605 / TS-1612 1989-1990
      F-16B Blok 15OCU 4 TS-1601 / TS-1604 1989-1990
      Perdamaian Bima-Sena II F-16C Block 25 19 TS-1625 / TS-1643 2015-2017
      F-16D Blok 25 5 TS-1620 / TS-1624 2015-2017
      Modifikasi & Persenjataan
      Persenjataan
      Tidak ada yang istimewa yang diketahui tentang kemungkinan F-16 Indonesia. Secara luas dipahami bahwa Indonesia hanya memesan persenjataan dasar, yaitu bom bodoh, misil AIM-9 dan dispenser latihan SUU-20 untuk melengkapi F-16-nya. Meskipun mampu melakukan misi profil menengah dengan pesawatnya, TNIAU kekurangan dana untuk meningkatkan F-16 ke standar yang lebih modern, menjadikannya pesawat tempur siang hari murni dengan kemampuan menyerang siang hari yang terbatas. Namun, baru-baru ini mereka juga terlihat terbang dengan rudal AGM-65, menunjukkan kemampuan mereka dalam peran serangan.


      TNI-AU F-16A # TS-1606 dalam skema warna Tim Demonstrasi Elang Biru (Blue Falcons) AF Indonesia. Pesawat tim memiliki tugas operasional dan dibuktikan dengan rudal 4x AIM-9 dan 2x AGM-65 pada pesawat ini. [Foto oleh Mayor Agung "Sharky" Sasongkojati]
      Pembaruan paruh baya
      Dengan diperkenalkannya model F-16C / D yang lebih modern dari program Peace Bima Sena II, TNI-AU dihadapkan pada pengoperasian dua jenis badan pesawat. Karena ini tidak terlalu efisien, sebuah cara dicari untuk meningkatkan model A / B lama ke standar yang kurang lebih sama. Oleh karena itu diputuskan untuk mengupgrade badan pesawat ini dengan paket MLU. Namun, paket ini berisi upgrade yang sama seperti yang dilakukan pada model C / D sehingga memiliki kemampuan yang serupa. Badan pesawat pertama akan dikirim pada 2018.

      Layanan Operasional
      Unit
      Silakan merujuk ke bagian F-16 Unit untuk gambaran umum unit.

      Hapus
  39. Meanwhile MKM,Hawk dan Hornet malon cuma bisa tembak cicak dihanggar,exercisepun 14 tahun sekali,ada bomber cina pusing2 kat Sabahpun tak berani scramble dan halau bomber cina,terbangpun cuma saat parade LIMA & 31 August...teruk memang aset malon nih banyak yg lapok dan grounded

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum lg ngemis2 ke US supaya dapat derma CN-235nya di upgrade jadi MPA di kilang PT DI om Pitt 😂😂

      Hapus
    2. Haha...betul,dah tuh gempurwaria hantar cakap CN-235 malon nantinya di upgrade lebih modern dari CN-235 MPA Indonesia padahal US kasih hibah alatan MPA setaraf dgn yg dipunyai Indonesia 🤣🤣🤣

      Hapus
  40. Jika ada nick name yg bernama Unknown yg selalu bahas2 politik,gk usah diladenin guys,itu suwandaru yg menyamar jadi beruk malon

    BalasHapus
  41. Tahun 2020 pasti akan dikenang oleh Indon sebagai tahun yang betol-betol menyedihkan ... bukan saja covd-19 .. tetapi juga dalam hal pengadaan senjata ..

    4 KATA KUTUKAN berikut di bawah ini boleh mewakili suasana hati Indon yang ssat ini sedang galau dan bersedih di tahun 2020 ini..

    BARANG SECOND ,,,
    HUTANG LUAR NEGERI i ...
    DIBATALKAN .
    DIANGGUHKAN ...

    4 Kata Keramat dan ajaib yang selalu muncul mengakhiri mimpi-mimpi indah dan imaginasi ang dijanjikan selama ini kepada mereka .. Betol-betol hancur lebur X bersisa...

    NAFSU BESAR TENAGA KURANG

    Mohon tetap tabah dan ikhlas menghadapi musibah ini

    SALAM DARI SHAH ALAM - KUALA LUMPUR - SELANGOR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plagiat dari komen meneersakti,kau itu gk malu ya...ini jg salah satu orang Indonesia yg nyamar jadi orang malon,dari kata2nya aja dia bkn orang malon tapi orang Indonesia 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Kita cma ketawa aj wahai @putra dajjal tengok negara dri politik ekonomi sosial bahkan militer amburadul smua kacau smua...kau menilai negara kami...kita cma ketawa aj...kau tak tau benar negara kami

      Hapus
    3. Tahun 2020 pasti akan dikenang oleh Malingsial sebagai tahun yang betol-betol menyedihkan ...

      4 KATA berikut di bawah ini boleh mewakili suasana hati Malingsial yang sedang galau dan bersedih di tahun 2020 ini..

      -Ekonomi Menguncup -17,1%, TERBURUK
      Se Asia.
      -Tidak Mampu bayar bunga Hutang
      ke China Komunis.
      -KD.Salah Potong Class GAGAL..
      -Askar beruk pondan semakin lemah
      -Bumiputra sudah di kuasai oleh
      China Komunis.
      -Pesawat MPA HIBAH made in PT.DI

      SALAM DARI KOTA METROPOLITAN JAKARTA DAN SALAM DARI PARAMESWARA/SULTAN ISKANDARSYAH Ke 1...ASLI WONG PALEMBANG....

      Hapus
  42. Gagal, Jokowi Sudah Gagal...

    WE Online, Jakarta -
    Pengamat Hubungan Internasional Dinna Wisnu menyatakan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Natuna telah gagal membuat China gentar.?


    Hal tersebut diaktakan terkait kembalinya kapal nelayan dan coast guard China ke perairan Natuna Utara usai kedatangan Jokowi.?

    Menurut dia, China sudah memprediksi Indonesia tidak ingin berperang. "Penggentaran yang dilakukan oleh Pak Jokowi, ini kan upaya penggentaran ternyata tidak berhasil. Karena China sudah bisa mengukur Indonesia pakemnya atau pada dasarnya tidak ingin ada perang," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (12/1/2020).

    Lanjutnya, ia menuturkan Indonesia tak mau perang dengan negara komunis tersebut terlihat dari cara Jokowi merespon situasi di Natuna. Menurutnya, Jokowi terkesan bersayap dalam memberi tanggapan.

    Sambugnya, Jokowi, ingin tetap menjaga hubungan baik dengan China dengan tidak membuat pernyataan yang secara tegas menuding China melanggar. Seperti, Jokowi tidak tegas menyatakan China melanggar atau tidak melanggar Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia di Natuna Utara.

    Lebih lanjut, ia pun meminta pemerintah Indonesia untuk tidak memandang China seperti dua tahun silam, yakni saat China dan ASEAN sepakati kerangka kode etik Laut China Selatan. Saat itu memang Indonesia dan ASEAN berharap China memenuhi janjinya paling lambat tiga tahun terhadap kesepakatan itu.

    "Sekarang sudah tahun berapa, hampir selesai tuh laps waktunya. Dan dengan secara fisik mereka melakukan itu terbukti niat baiknya tidak ada," jelasnya.?

    "Jadi itu harus secara tegas bisa kita sampaikan sebenarnya. Tidak perlu muter-muter gitu ya kalau kenyataannya dia tidak menyepakati yang dia tunjukkan dalam forum ASEAN," tukas dia.?

    Namun, di sisi lain, ia menyebut tindakan China masuk ke ZEE Indonesia adalah untuk menguji kesetiaan negara kawasan ASEAN, khususnya Indonesia.

    Sebab, katanya, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kerjasama di bidang infrastruktur dengan China.

    "Kita diuji kesetiaan kita. Bahasa saya kesetiaan karena China kalau memberi bantuan dia selalu minta balik 'kami bisa kasih saya apa?'. Pamrihnya itu langsung keliatan," ujarnya.

    https://www.google.com/amp/s/amp.wartaekonomi.co.id/berita266167/gagal-jokowi-sudah-gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haku rase macam tu, ekonomi gagal, pertahanan gagal, demokrasi gagal kesian Indon

      Hapus
    2. Salam Bumiputera Malon, real akan terpinggirkan:

      Wall As Tak mustahil nti negara kita d perintah oleh dinasti².. cina lagi ramai dr melayu..

      Miho Kohinata China nk sangat kuasai Asia.. byk pati China di Malaysia

      Muhamad Suhaemi Cina ada dua negara kalau Malaysia melayu tak ambik tindakan Malaysia jadi chainisia

      Ngobok Jambo Ada satu tempat kat dlm Malaysia ni milik individu Cina.. kawasan tu luas status tanah hutan tak silap.. sesiapa pun tak d benar kn ceroboh masuk.. pihak berkuasa pun tak boleh tembus.. entah apa ada kat dlm sana

      Muhammad Nurhazmi Ada jeee cina Malaysia yg kahwin dgn China tanah besar....jadi...sebahagian besar mereka yg hilang tu ada dirumah org cina Malaysia

      Faeez Mazlan Abbasy Nie smua slh krejaan ph mmbenarkan pati masuk 2juta org..����������
      Bigaimana nsb ank cucu malaysia nnti..

      Sahar Din Emmmmmm...mcm makin hampir je Malaysia akan jadi negara komunis... Habis la.mukin dah tiba masanya melayu akan di usir...di tindas...apa boleh buat..melayu masih x sedar siapa musuh sebenar..

      Awang Kilat Ada beberapa depo logistic utk infrastructure gelombang penaklukan China (sekiranya China bercadang menakluk negara kita utk dijadikan hub bagi Asia tenggara) seperti Alliance steel di kuantan Dan eastern steel di kemaman yg menempatkan ribuan pekerja dari warga china

      Hapus
    3. Coast guard dan nelayan cina bila masuk Natuna Utara selalu diusir,ko bandingkan lah dgn Malon selama 245 hari CCG ngetem terus di laut Sabah dan tak bisa di usir Malon,Bomber cina terobos masuk udara Sabah pesawat malon gk berani mengusir dan 89x CCG & nelayan cina masuk laut Sabah tapi Menlu malon cakap gk ada penerobosan perbatasan oleh cina 😂😂😂

      Hapus
    4. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/money/read/2020/08/22/070204626/ri-akan-impor-50-juta-dosis-calon-vaksin-covid-19-dari-china

      Impor vaksin ini jg dimanfaatkan untuk menekan Indonesia, Indonesia sedang dlm proses membeli vaksin dr China, di saat yg sama China coast guard nyelonong masuk Natuna.

      Hapus
    5. Bhuahahaa emangnya harus gentar???? Kalau emang bener2 gentar udah dr awal gk ganggu natuna, justru natuna gk diganggu akan jd pertanyaan dunia internasional kenapa natuna gk diganggu padahal klaim china atas lcs bersinggungan dengan batas laut zee natuna, dunia pasti bertanya ada kisah asmara apa antara china dan indonesia???? Ndar sekolah lg ya ndar biar ilmu politikmu mumpuni tuk baca drama2 di natuna 🤧🤭🤭😂😂😂😂

      Hapus
    6. Janganlah diungkat-ungkin masalah ini lagi ...jangan lagi memprrmaluukan mereka lagi ... barka mereka hidup berimaganisasi dalam dunianya sendiri ... Mungkin hanya aksi China yang akan membuat mereka sedar bahwa apa yang mereka bangga-banggakan selama ini hanyalah fatamorgana saja ..

      Mudah-mudahan Indon sedar diri ...Selama ini Merasa diri sebagai Harimau atau Singa yang PERKASA .. tetapi nyatanya hanya Kuching Kampong biasa saja ...

      Hapus
    7. Iskandar@ Arab Saudi,Qatar,UEA dan negara2 Arab aja import vaksin corona dari cina dan sekarang lg mereka pakai tuh ndar,apanya yg salah ndar

      Hapus
    8. Putrajaya fact bkn orang malon

      Hapus
    9. @Iskandar

      Apa bedanya dgn malon.. malon terlebih lg malah minta akses cepat tuk vaksin dr china..

      https://www.google.com/amp/s/dunia.tempo.co/amp/1373026/malaysia-minta-akses-cepat-vaksin-virus-corona-ke-cina-jika-sudah-ditemukan

      Hapus
    10. Apa hubungannya vaksin goblok???? Dunia termasksud us itu sangat mencurigai hubungan asmara indonesia dan china, sampai2 indonesia di isu kan akan memberi china ijin membangun pangkalan militernya di indonesia, ya kalau hubungan ekonomi indonesia emang mesra ame china tp bukan berarti hubungan itu akan menimbulkan ancaman bagi negara lain, tp yg namanya us kalau udah cemburu pasti semua dipelesetkan dan diprovokasi, lha prinsip indonesia saat ini akan bekerjasama sama siapa pun bila itu memberi keuntungan yg layak bagi indonesia, china bantu indonesia dalam penembangan vaksin untuk indonesia karena china gk mau jg ekonomi indonesia rusak gara2 covid sebab pondasi ekonomi china didukung oleh kerjasama ekonomi china dan indonesia, terlalu dangkal otak yg berargumen karena kerjasama vaksin tersebut maka indonesia akan memberi kebebasan ame china, ini murni demi stabilitas kerjasama ekonomi kedua negara, mending yg punya otak kotor tu dicuci dulu tu otak pakai baycline biar bersih tu otak mikirnya.

      Hapus
    11. Indon makin parah Corona, otak mereng, sejak bila cina tak ganggu natuna?

      Hapus
    12. Ada negara tolol tak punya telor tuk scramble bomber china yg masuk ruang udaranya,,,malon miskin dan tolol 🤧🤭😂😂😂

      Hapus
    13. Bhuahaha indonesia dah pasti punya vaksin, malon punya tak???? Masih ngemis2 keh,,,kasian malon miskin dan tolol 🤧🤭😂😂😂😂

      Hapus
    14. Hari, akhir nya proxy cina ngaku, bela cina banding indon

      Hapus
    15. @mat r
      @rico

      Tdk langsung ke vaksinya,tapi China merasa dibutuhkan, China bisa menekan Asean karena merasa di atas angin, China memperbesar pengaruhnya lewat pinjaman utang termasuk vaksin ini jg untuk memperkuat pengaruh China. Jgn menjadi penurut kehendak China, hanya Krn utangan dan vaksin.

      China tidak membutuhkan protes diplomatik tapi ketegasan Indonesia secara de facto di ZEE Natuna, jgn cuma petentang petenteng di situ tanpa ada real frigat

      Hapus
    16. Kasihan malon udah miskin, tolol dan jadi pengemis saat ini,,,,tp tak ada yg perduli,,,ada vaksin corona tak malon???? Ada pengembangan vaksin tak malon???? Bhuahahahaa angka kematian malon terus menigkat tajam akibat tipu2 data,,,tolol malon kebelingerrrr 🤧🤭🤭😂😂😂😂😂

      Hapus
    17. Merasa dibutuhkan, justru china yg butuh stabilitas ekonomi indonesia sebab kerjasama ekonomi dan proyek2 bersama indonesia itu sangat2 terganggu dengan adanya covid ini, kalau masalah covid indonesia gk selesai2 maka kerjasama ekonomi dan proyek2 pembangunan akan berantakan,,,dasar goblok, malon mikirnya pakai pantat 🤧🤭🤭🤭😂😂😂😂😂

      Hapus
  43. ATM tiada Shoping dan Exercise ke?? Cuma Makan Tido Rogol gadis ke??


    😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  44. Di ASEAN yg Jarang Exercise Malaysial,Laos,Timur Leste,Kamboja

    Team Miskin tiada aset dan shoping


    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  45. Ajak Menhan Cina ke BNS, Galangan kapal paling Canggih ASEAN rumah bagi Fregat Siluman Gowind Maharajalela yang mampu menjadi monumen,moseum dan Candi



    Bwakakakakakkakakakka 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  46. Pamerkan menhan Cina Senapang Vita Lendir Berapi, cara efektif membuat menhan cina ngeri ketakutan


    Bwahahahahahahahahaha 😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  47. Putrajaya itu orang Indonesia yg menyamar jadi beruk Malon,dari komen2nya aja pun menunjukkan dia bkn orang malon

    BalasHapus
  48. Apasal indon hari ni buat lawak? Dana yg dah dibagi kat BPJS, menteri indon minta balik kah kah kasih 600rb jer kena minta balik kih kih

    BalasHapus
  49. Cina dah lemahkan malaysia lewat proxy partai DAP, kat indon proxy cina tau sendiri lar, kat Singapura CIA dah cakap banyak agen proxy cina daratan, malaysia, indon dah end game

    BalasHapus
  50. Melihat situasi; blok USA, China dan Rusia maka harus...harus....harus Indonesia mandiri dan terus berpolitik bebas aktif. Ayo Inhan kita dukung agar lebih maju. Merdeka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Politik tulisan kertas jer, hakikat dah dalam permainan cina

      Hapus
  51. Benar apa yg dikatakan Bung Karno,kalo menghadapi penjajah asli asing Belanda dan Jepang,segenap rakyat Indonesia mampu menghadapinya,tapi yg paling susah untuk menghadapinya adalah pengkhianat2 dari saudara kita sendiri,tak pelak dulu ada pengkhianat2 dari bangsa sendiri seperti DI/TII,GAM,PRRI,PERMESTA dll....sekarang pengkhianat2 dari saudara kita sendiri sudah jelas di depan mata kita,ada suwandaru aka unknown,Putrajaya yg ngaku2 orang Malon,ketua suku,liang taik sek,iskandar,bidababi 2000 dll yg sering kali mengkhianati bangsanya sendiri,kl di zaman kemerdekaan dulu pengkhianat bangsa itu wajib dihukum mati

    BalasHapus
  52. Macem kate, budak budak kecik indon ni,bangkrap and colal lah country indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangkrap kok msh bs latihan..

      Bangkrap kok msh bs urusin upgrade psawat ko..

      Jd siapa yg sbenarnya bangkrap ya.. 🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤣🤣

      Hapus
    2. Boboy ini jg salah satu akun suwandaru

      Hapus
  53. CIA cakap kuasai suatu wilayah kadang tak perlu lakukan invasi militer, kadang lakukan jebakan proxy jer cukup lemah kan wilayah itu, dan proxy cina dah berjaya lakukan itu

    BalasHapus