30 September 2020

Latihan Sikatan Daya 2020 Berjalan Sukses

30 September 2020

Jalannya Latihan Sikatan Daya 2020 (all photos : TNI AU)

Dog Fight F-16 Dengan T-50i Awali Pelaksanaan Manuver Lapangan

TNI AU. Pertempuran udara jarak dekat atau “Dog Fight” Pesawat Tempur F-16 Skadron Udara 3 dengan pesawat tempur T-50i Skadron Udara 15, Lanud Iswahjudi mengawali pelaksanaan  Manuver Lapangan Latihan Sikatan Daya 2020 yang berlangsung di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020).

Dog Fight ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Operasi Udara Lawan Udara yang diperankan oleh 2 pesawat F-16 dengan callsign “Dragon Flight” sebagai Offensive Counter Air dan 2 pesawat T-50i dengan callsign “Archer Flight” yang berperan sebagai pesawat musuh atau Defensive Counter Air.

Pada “Dog Fight” ini, diskenariokan dua pesawat F-16 mendapat ancaman dari dua pesawat T-50i yang berada dibelakangnya dan pada posisi “Lock on” yang sewaktu-waktu dapat menembak kedua pesawat F-16.

Pada posisi terancam tersebut, dua pesawat F-16 berusaha meloloskan diri dari ancaman rudal pesawat musuh dengan mengeluarkan Flares dan melakukan Maneuver High-G Barrel. Dengan Hi-G Turn, yaitu berbelok dengan gaya G yang besar, pesawat F-16 berputar kearah atas dan dengan mudah membalik keadaan, pesawat musuh berbalik terancam oleh pesawat F-16. Setelah mampu mengunci pesawat musuh, pesawat F-16 meluncurkan rudal yang dibawanya atau Short Range Air to Air Missile AIM 9 dan berhasil menghancurkan pesawat musuh.

Aksi Dog Fight yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara dan sejumlah pejabat utama di jajaran TNI Angkatan Udara tersebut mendapat sambutan meriah dari seluruh penonton. (TNI AU)


Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara Bombardir Pertahanan Musuh Di Bumi Lumajang

TNI AU. Kabupaten Lumajang menjadi ladang pertempuran TNI Angkatan Udara (TNI AU). Dalam medan perang, sejumlah pesawat tempur melakukan aksi pengeboman ke daerah pertanahan lawan. Tak butuh waktu lama, TNI AU berhasil merebut daerah kekuasaan musuh dan kembali ke pangkuan NKRI, Selasa (29/8/2020).

Aksi tersebut terjadi di Air Weapon Range (AWR) Desa Pandanwangi Kabupaten Lumajang, dalam latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya Koops AU tahun 2020. Puluhan pesawat tempur bermanuver indah di langit Kabupaten Lumajang.

Pada latihan yang dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE., MPP ini, yang didampingi oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., dan beberapa pejabat TNI AU lainnya

Manuver Lapangan Sikatan Daya Koopsau II tahun 2020, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau II dengan segala aspek pendukungnya.

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE., MPP mengatakan, latihan tersebut dilakukan rutin setiap tahun. Bukan berarti materi latihan yang digunakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi ada modifikasi di beberapa bagian, seperti penambahan tantangan pada kegiatan malam hari.

“Kami terus berimprovisasi dan mengevaluasi setiap tahunnya. Dan latihan kali ini terlaksana dengan aman,” ujarnya saat diwawancarai sejumlah media.

Ke depan dia menambahkan, akan ada beberapa rancangan kegiatan yang sama dengan materi yang berbeda. Semua itu dilakukan untuk mengasah kemampuan tempur prajurit Angkatan Udara.

“Tahum depan sudah kami agendakan dan menunggu keputusan dari Menteri Pertahanan,” ucapnya.

Hadir juga pada latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya 2020 Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Dalam kesempatan tersebut, mereka bersama sama menyaksikan aksi manuver pesawat tempur milik TNI AU.

Aksi pesawat tempur yang dilakukan diantaranya, operasi udara serangan strategis, operasi udara lawan udara, operasi udara lawan darat.

Air Show Sikatan Daya 2020 kali ini melibatkan ratusan personel dengan beberapa alusista pesawat tempur jajaran Koopsau II meliputi, delapan Pesawat Tucano EMB-314, satu Pesawat C ( Cassa) 212, lima Pesawat Hercules -130, tiga Pesawat Heli SA-330/NAS -332/EC-120 B, satu Pesawat KC-130, empat Pesawat T.50 Golden Eagle, delapan Pesawat F-16, enam Pesawat Sukhoi 27/30, empat Pesawat Sukhoi 27/30, dan Pesawat Boim 737.

Sesuai jadwal, latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya Koops AU Tahun 2020 akan dilanjutkan pada Rabu (30/9/2020) pukul 19.00 WIB, dengan agenda manuver Lapangan malam hari.

Sikatan Daya Koopsau II tahun 2020, mendapatkan apresiasi dan antusias masyarakat. Mereka berbondong-bondong menyaksikan aksi pesawat tempur milik TNI AU tersebut dari jarak yang aman. (TNI AU)

Aksi Air to Air Refueling Dua Pesawat Sukhoi Skadron 14 Menutup Pelaksanaan Manuver Lapangan

TNI AU. Aksi pengisian bahan bakar pesawat di udara atau Air to Air Refueling 2 pesawat tempur Sukhoi dari Skadron Udara 14 dengan pesawat tanker Hercules C-130 Skadron Udara 32, menutup pelaksanaan Manuver Lapangan Latihan Sikatan Daya 2020 yang diselenggarakan di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020).

Dua pesawat Sukhoi dengan tail number TS-3002 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Wanda/Mayor Pnb Apri dan TS-3001 yang dipiloti oleh Mayor Pnb Sute/Mayor Pnb Hendry dengan call sign “Tiger Flight” tersebut, melaksanakan Air Refueling pada ketinggian 1500 Feet menggunakan pesawat Tanker Hercules C-130 dengan tail number A-1308 dari Skadron Udara 32, Lanud Abd Saleh, Malang, Jawa Timur.

Pelaksanaan Air Refueling dua pesawat tempur Sukhoi ini disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara dan sejumlah pejabat utama di jajaran TNI Angkatan Udara lainnya.

Air to Air Refueling merupakan teknik pengisian bahan bakar pesawat di udara untuk menambah jarak tempuh/jelajah pesawat, tanpa harus kembali ke pangkalan udara. Pelaksanaan Air Refueling ini merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang Fighter. (TNI AU)

65 komentar:

  1. Admin. Ini baru berita mantap. πŸ‘πŸ‘

    Tapi malam amat di realease nya. 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo.. Wong arep mapan turu, lgi release πŸ˜ŸπŸ˜”

      Hapus
  2. Malom juga latihan

    Tapi Berhayal xixixixix

    BalasHapus
  3. Yang masih sanggup latihan berlatihlah dgn serius rakyat mendukungmu,,, LANJUTKAN!

    BalasHapus
  4. Lebih banyak pesawat Sukhoi yang di turunkan dalam latihan ini di bandingkan dengan f 16 yg cuma 8 ekor yg ikut partisipasi ,padahal jet tempur F-16 yg siap ada 24 unit ,10 unit sedang di upgrade , sedangkan Sukhoi yg di ikutkan 10 unit , jumlah Sukhoi cuma 16 unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya Indonesia kaya dan banyak duit. Tau sendiri berapa juta/Mlyar rupiah yg di keluarkan untuk 1x terbang Sukhoi.

      😎😎

      Hapus
    2. permisi, harap dibaca lagi om beritanye,

      Sikatan Daya 2020 hanya KHUSUS untuk KOOPSAU II sahaje.

      artinya hanya skuadron yg masuk dalam KOOPSAU II aje yg di-ikutan, begitchu haha!🀭🀭🀭

      kalo di KOOPSAU I, pespurnya HAWK100/200 ama f-16, okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      selain sikatan daya 2020, TNI-AU punya ANGKASA YUDHA, yg ini adalah puncak acara latihan angkatan udara dalam 1 tahun.
      tak hanya demo pespur aje, tapi lebih lengkap skenarionye:
      ada fire power demo
      ada demo sar tempur
      ada demo pertahanan pangkalan oleh PASKHAS
      ada demo rudal darat ke udara oleh PASKHAS

      sila simak angkasa yudha 2019
      https://www.youtube.com/watch?v=ctJdvqxTp2w

      kalo di
      matra laut disebut ARMADA JAYA
      matra darat disebut KARTIKA YUDHA

      terakhir baruw dech LATGAB 3 matra "DHARMA YUDHA"
      MANTAP haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      KL mana bisa bikin kyk gini haha!🀣🀣🀣

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      "Air Show Sikatan Daya 2020 kali ini melibatkan ratusan personel dengan beberapa alusista pesawat tempur jajaran Koopsau II meliputi, delapan Pesawat Tucano EMB-314, satu Pesawat C ( Cassa) 212, lima Pesawat Hercules -130, tiga Pesawat Heli SA-330/NAS -332/EC-120 B, satu Pesawat KC-130, empat Pesawat T.50 Golden Eagle, delapan Pesawat F-16, enam Pesawat Sukhoi 27/30, empat Pesawat Sukhoi 27/30, dan Pesawat Boim 737."

      Hapus
  5. Tadi sore ada pesawat Antonov Segede gaban landing di Juanda. Tebak tebakan isinya hayo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakdhe iskandar opo pakdhe bastian yoo...🧐🧐🀨🀨

      Hapus
    2. Gue ngarepnya pakde bastion. Kasihan marinir ga punya coastal defense.

      Hapus
    3. Aku cuma punya potonya cak. Saat mau landing

      Hapus
    4. Su27 yg ganti mesin dekπŸ˜‚

      Hapus
    5. Kozak 2M 2unit beserta rudal neptune yg dibawa antonov..

      🀫🀫🀐🀐

      Hapus
    6. Akhirnya Antonov Ukraina landing juga di Indonesia ��

      Hapus
  6. T ernyata kehebatan Majapahit menguasai Nusantara selama ini hanyalah "Dongeng" belaka ,,,

    "PERANG KADATUAN BURANUN SULUK - MAJAPAHIT SELAMA 70 TAHUN"
    Kegagalan Empayar Majapahit di Laut Suluk diceritakan teliti oleh penulis Vick Hurley dalam bukunya yang bertajuk Swiss of The Kris, The History of The Moros. Tentera Majapahit yang datang tiada yang pulang, laut Suluk yang warnanya kebiruan bertukar menjadi dakwat merah hasil dari pertempuran tentera armada majapahit dengan tentera armada kadatuan suluk.
    Pada tahun 1365 armada majapahit telah menyerang Tondo Manila, serangan majapahit dibalas armada suluk pada tahun 1369 oleh Maharaja Sri Paduka Datu Narwangsa II, ini kerana Tondo Manila adalah jajahan takluk kadatuan suluk, raja-raja hindu luzon dan visayas bernaung dibawah kuasa kedatuan buranun suluk.
    Perang diantara kadatuan suluk dan empayar majapahit terlarai setelah pemerintah majapahit mengirim utusan siap dengan hadiah gadja ke tanah suluk.
    Sumber Rujukan;
    Swiss of The Kris- Vic Hurley
    Muslim in The Philippines - Dr. Cesar Adib

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      Bangun... bangun...Woeiy...
      JANGAN hidup di alam mimpi terus....!!!


      Masa romantisme kerajaan sudah BERLALU...!!!
      Sekarang dan masa-DEPAN adalah DEMOKRASi.
      Negara REPUBLiK dengan pemilihan WAKiL-RAKYAT.
      ....................
      Sudah TiDAK-ada lagi raja dan kaum-bangsawan..!!!


      Rakyat-jelata yang berkuasa SEKARANG.
      JANGAN mau di-BODOH-in oleh segelintir kecil raja dan kaum bangsawan.....!!!
      Negara BUKAN untuk milik KETURUNAN mereka saja.
      Mereka adalah SAMA manusia-nya dengan KiTA RAKYAT-JELATA.


      RAKYAT-JELATA adalah PENGUASA dan PEMiLiK NEGARA ini....!!!
      ...........................
      Di Hadapan TUHAN, hanya amal-baik dan perbuatan baik yang menentukan DERAJAT keMULiAan seseorang manusia.

      Hapus
    2. Sejarah versi beruk malon...kebanyakan bohongnya...ntar kalau gw buka sejarah aslinya kabur lo beruk...

      Hapus
  7. Mulai pukul 6 petang tadi nungguin di awr pandanwangi, penonton ampe bikin jalur jls macet eeeee ternyata cuma sebentar aksinya

    BalasHapus
  8. Kita sebagai umat islam pasti sering mendengar kalimat Masya Allah wa Laahawla wa Laquwwata Illa Billah
    Tidak hanya perkataan, kalimat ini juga sering kita temui pada kolom-kolom komentar media sosial seperti instagram, facebook, twitter bahkan WhatsApp.
    Namun apakah kalian mengetahui arti kalimat tersebut?
    Jangan sampai kita sebagai umat Islam mengamalkan sebuah perkataan namun tidak mengetahui makna dari perkataan tersebut.
    Arti Masya Allah wa Laahawla wa Laquwwata Illa Billah adalah semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin allah.
    Kalimat ini merupakan sebuah kalimat yang berisi pernyataan penyerahan diri dalam segala urusan kepada Allah ta’ala.
    Maka dari itu, kalimat ini dapat digunakan pada saat seorang hamba memiliki keinginan atau harapan yang telah ditawakalkan lalu sedang menunggu hasil yang sudah dikerjakan tersebut.
    Pengamalan kalimat ini memiliki keutamaan, salah satunya seperti yang disampaikan dalam hadist Riwayat Bukhari berikut:
    “Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga” (HR. Bukhari no. 7386)

    BalasHapus
  9. ...hoaaaaaaaaaaaaaamz NGANTUK, bangun tidur tapi masih ngantuk

    tidur lagi ach



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  10. Bukan OFAB 250, bom yang digunakan Sukhoi adalah P-250L buatan dalam negeri

    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2 dari Skadron Udara 11 berhasil menghancurkan sasaran di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur pada Latihan Puncak Koopsau II “Sikatan Daya 2020 pada Selasa (29/9).

    Latihan ini disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di lokasi dan juga disiarkan langsung oleh Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau).

    Sebelumnya Airspace Review menulis, bom yang digunakan oleh Su-30 tersebut adalah OFAB 250 buatan Rusia. Ternyata, yang betul adalah P-250L buatan dalam negeri. Bom live ini dikembangkan oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Udara (Dislitbangau), PT Dahana, dan PT Sari Bahari.

    Untuk diketahui pula, ini adalah pertama kalinya bom P-250L diluncurkan dari pesawat Sukhoi dalam latihan puncak setelah sebelumnya melewati uji coba

    Dalam latihan, biasanya pesawat Sukhoi menggunakan bom P-100 Practice dan P-100L (Live).

    Satu pesawat Su-30 meluncurkan 12 bom P-250L dengan bobot tiga ton. Sehingga untuk dua Su-30 meluncurkan 24 bom dengan bobot total enam ton. Peluncuran bom dilaksanakan dengan navigation bombing, strike and level.

    Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb I Gusti Ngurah “Raptor” Sorga Laksana menjadi leader dalam misi pengeboman tersebut.

    “Ini bom kebanggaan bangsa Indonesia,” kata Gusti saat dikonfirmasi oleh Airspace Review.

    Dikatakan begitu, karena bom ini merupakan bom buatan industri pertahanan nasional (Indhan).

    Ia menambahkan, dalam latihan ini pada Rabu (30/9) pesawat Sukhoi Skadron Udara 11 kembali akan melaksanakan pengboman menggunakan P-250L. Berbeda dari kemarin, pengeboman kali ini akan dilaksanakan pada malam hari.

    Selain itu juga pesawat Sukhoi akan melaksanakan air refueling pada malam hari.

    Tak kalah seru, pesawat Sukhoi juga akan melakukan aksi doghfight melawan F-16.

    Roni Sontani

    https://www.airspace-review.com/2020/09/30/bukan-ofab-250-bom-yang-digunakan-sukhoi-adalah-p-250l-buatan-dalam-negeri/

    BalasHapus
    Balasan
    1. 16unit Sukhoi TNI bisa membawa bom P-250L.

      Kuala Lumpur bisa porak poranda dan jadi Kubangan Lumpur kalo di bombardir P-250L.

      Bombardir juga itu hanggar SU30 MKM yg dah lembik, lapuk dan lemah.

      Hapus
    2. P-250L lanjut ke P-500L...
      Kedepannya bs buat Tsar Bomba...hehehe

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mantab kemaren latihannya, g cm sukoi yg ngelepasin bom.
    Super tukino jg ngelepasin bom.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Air Show Sikatan Daya 2020 kali ini melibatkan ratusan personel dengan beberapa alusista pesawat tempur jajaran Koopsau II meliputi, delapan Pesawat Tucano EMB-314, satu Pesawat C ( Cassa) 212, lima Pesawat Hercules -130, tiga Pesawat Heli SA-330/NAS -332/EC-120 B, satu Pesawat KC-130, empat Pesawat T.50 Golden Eagle, delapan Pesawat F-16, enam Pesawat Sukhoi 27/30, empat Pesawat Sukhoi 27/30, dan Pesawat Boim 737.

    --------------------------

    BOIM ituw pesawat buatan mana yak gaesz haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kurang lengkap latihannya tanpa AEW&C dan P8 Poseidon.

      πŸ™‚πŸ™‚

      Hapus
    2. sama aja, boing 737, C-295 dan cn-235 kita kan C2-ISR juga om haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      bedanya p-8 dilengkapin senjata ofensif guna penindakan langsung.
      dikite, unit penindakannya pake pespur ama kaprang rudal..okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      tnang, kite kan uda punya dron UCAV kalo dipake buat isr, uda siap dgn LEMPER2nya haha!🦾🦾🦾


      Hapus
    3. Drone CH-4 nggak ikutan kemaren ya, yang di Lumajang ?

      Hapus
    4. kerna dron ch-4 masuk di KOOPSAU I om junior haha!🀭🀭🀭

      maren pon dron kita yg laen uda latihan ama skuadron I pontianak.

      sabar aja tunggu ANGKASA YUDHA ama LATGAB 3 matra, baruw dech turun dron2 kita haha!🧐🧐🧐

      Hapus
  16. TS-2701 masih tidak bisa air to air refueling yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue kurang tau deh bro

      Coba ente kirim pertanyaan ke website Dinaspen TNI AU.

      😁😁

      Hapus
    2. Mereka nunjukin foto bagian refuling probe dihalangi. Bikin penasaran. XD

      Hapus
    3. Su-27SM hasil upgred Su-27S AU Soviet gapunya Air refuelling. Jadi keliatannya 2701 ama 2702 gapunya IFR

      Hapus
    4. om..om..yg ikutan AAR itu kan nomer 3001 & 3002, artinya smua tipe ESYU-30 oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ
      poto aar
      https://www.airspace-review.com/wp-content/uploads/2020/09/Air-Refueling-Skadron-Udara-14.jpeg

      guwe jadi pnasaran, foto probe mana yg nunjukin dihalangin ituw? bagi linknya donk


      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Dua pesawat Sukhoi dengan tail number TS-3002 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Wanda/Mayor Pnb Apri dan TS-3001 yang dipiloti oleh Mayor Pnb Sute/Mayor Pnb Hendry dengan call sign “Tiger Flight” tersebut, melaksanakan Air Refueling pada ketinggian 1500 Feet menggunakan pesawat Tanker Hercules C-130 dengan tail number A-1308 dari Skadron Udara 32, Lanud Abd Saleh, Malang, Jawa Timur

      Hapus
  17. Pepper_Mint
    sejam yang lalu

    Ekstrem kanan nobar film tentang ekstrem kiri ..

    BalasHapus
  18. Kok mbengi mbengi ngene to berita ne kesel meh mapan turu min.

    BalasHapus
  19. Seharusnya F5E tiger kita di pertahankan buat latihan DOG FIGHT !!!! Wong USAF aja masi make!!
    Juga,tempat2 latihan spt ini harusnya DILUAR JAWA NAPA !!!! SUMPEK DI JAWA!!!! Sbg ''WONG JOWO'' aku capeee dengernya!!!! Wong wilayah kita SE GUEDE gini nggak ada ide buat tempat lain apa !!!!!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      Ya sudah, besok-besok latihannya diatas rumah kamu saja.

      Alamat rumah kamu dimana...?
      Agar TNI-AU dapat latihan "dog-fight" di situ.

      Hapus
    2. F-5E sudah capek om. Terus ini skuadronnya kebetulan di Jawa semua. Dan yang latihan AU saja

      Hapus
    3. US beli lebih dari 1000 F-5/T-38, sedangkan kita hanya beli 16. Jumlah sukucadang yang tersedia jelas beda.

      Kalau baca di website Northrop, USAF sudah tidak pakai lagi. USN kayaknya masih.

      Hapus
    4. hadeeuu NGOMEL aje bisanye, uh gimana sech...
      makanya abis baca brita di inget dan diresapi donk om n-250 haha!🀣🀣🀣

      LAGI2! guwe ulang yaaa setelah diatas guwe TULIS!...baca diatas ituw latihan khusus KOOPSAU I, jadi wajar donk AWR-nya kan emang di PANDA WANGI!

      --------------------

      kalo KOOPSAU II yg meliputi,
      skuadron 1(pontianak)
      skuadron 51(pontianak)
      skuadron 12(PKU)
      skuadron 16(PKU)

      mereka uda latihan AWAL SEPTEMBER 2020, namanya latihan JALAK SAKTI 2020

      pake Air Weapon Range (AWR) TNI-AU di Siabu->PEKAN BARU, RIAU. SUMATERA

      om N-250, MASA GAK LIAT, APE KAGA NGARTI beda KOOPSAU I, II dan III
      makanye sblom ngomel tanya dolo, daripade guwe fentung πŸ”¨ haha!🀣🀣🀣

      nich beritanye:

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      "Pada kegiatan tersebut Kasau mengunjungi gedung Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) untuk menyaksikan pergerakan pesawat tempur yang sedang melaksanakan latihan manuver lapangan dengan sasaran Air Weapon Range (AWR) Siabu guna melihat kemampuan para penerbang tempur dalam operasi udara dengan berbagai formasi melalui layar monitor yang terintegrasi dengan pesawat tempur dilanjutkan menerima paparan dari Danlanud dan Danwing 6 Lanud Rsn."

      "Kegiatan latihan ini berlangsung selama dua hari dengan melibatkan pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 12, serta pesawat F-16 dari Skadron Udara 16."

      Latihan Jalak Sakti Tahun 2020, Kasau Berikan Apresiasi para Penerbang Tempur

      http://defense-studies.blogspot.com/2020/09/latihan-jalak-sakti-tahun-2020-kasau.html

      Hapus
    5. Seharusnya F5E tiger kita di pertahankan buat latihan DOG FIGHT !!!! Wong USAF aja masi make!!

      -------------------------

      skuadron 14 masi ada dan dinyimpen bbrp f-5 tiger, statusnya grounded.
      py kita apgred belgi, yg habis masa pakenya di 2020 haha!😷😷😷

      begini ya, kalo mao nyimpen pesawat tiger ini yg dibutuhkan tak hanya SUCAD aja yg dulu dipindah ke malang.
      kerna skuadron 14 skrg diisi ESYU.

      tapi biaya2 untuk menanggung
      1. fasilitas pelatihan pendidikan pilot & instruktur hrs diapgred terus
      2. fasilitas perbaikan/perawatan & tim tenaga tehnik

      kedepan akan sama kyk piara falkon f-16.
      kalo diitung2 ngapaen bayar dobel utk 2 jenis pespur! padahal unit tiger tidak banyak.

      jadi pilihannya tiger pengsiunin, angkatan udara pilih falkon supaya lebih efisien dan menamba jumlah falkon yg populasinya banyak juga

      banyak negeri yg mao nyumbang f-5 tiger kekita, dari koryo, taiwan ampe timur tengah, kita tolak semua. soalnye beda tipe ama tiger kita yg uda diapgred pihak ketiga!
      masing2 butuh infrastruktur sperti pespur baru kalo mao operasikan tiger dari macam2 negara tersebut, yg pasti miliki apgred beda2 pula...pusyinkk.

      kerna amrik aja bisa kasi f-16 gratis ke kita, jadi kite tinggalin tiger.
      bukan tidak mungkin mrk bakal kasi lagi, wahh tetangga bisa FANAS haha!🀭🀭🀭

      Hapus
    6. Semoga bentar lagi Amerika ngasih 4 skuadron F16 😁

      Hapus
  20. Waw..mantap..kerena banget😁






    Mana beritA:kemenhan teken kontrak.....

    Xixixixixi

    BalasHapus
  21. Era drone kamikaze,,
    Buatan isrohell lagi naik pamor d gunakan azerbaijan
    Drone intai+drone kamikaze
    Remek yon mekanik n infantri armenia
    Kliatanya simbah AA gun bisa bangkit lagi dari museum buat anti drone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bung@unknown, ada yg bilang gak jamannya lagi pake meriam penangkis serangan udara (psu). Padahal sbg lapis pertahanan terakhir, justru ini yg bisa jadi senjata efektif dan murah meriah tuk melumpuhkan drone/rudal, apalagi di cegat pake Oerlikon...beghhh!

      Nah lebih ok lagi kalo dapat yg sejenis pantsyir.
      😁

      Hapus
    2. US saat ini malah kembali melirik sistem senjata ringan untuk menangkis udaranya. Dulunya memang mengandalkan missile tetapi kasus di Arab Saudi semakin menyadarkan bahwa sistem pertahanan itu memang harus berlapis. Arab Saudi yg negara besar dan kaya saja kelimpungan menghadapi pemberontak sekelas Houthi yang pakai Drone sederhana.

      Jaman selalu berubah, metodologi perang selalu berubah setiap saat, dulunya kalau hanya mengandalkan senjata ringan anti PSU dianggap tidak hebat, ternyata saat ini justru sistem senjata ringan ini malah lebih menjamin pertahanan instalasi penting negara.

      Sistem defense berlapis udah paling bener. Jangan lagi menganggap senjata ringan anti serangan udara adalah obsolete, baca lagi berita2 terupdate supaya tidak lagi jadi katak dalam tempurung dan punya wawasan luas. Dan yg terpenting adalah kombinasi alat warning systemnya yaitu kombinasi radar intensitas tinggi untuk detect pesawat/missiles dan low observation radar untuk objek kecil yg biasanya lolos dari pantauan radar ukuran besar.

      😁

      Hapus
    3. BTul bung@super,
      Lapis pertahanan udara itu sejatinya jarak dekat, menengah, jauh. Berhubung duitnya terbatas, yg jarak dekat ini memang hrs diperkuat dulu. Efektif dan harganya terjangkau!
      πŸ€—

      Hapus
    4. Cari MiG-15 bekas dan ubah jadi drone.
      Isi peledak.
      Suruh nabrak sesuatu (kamikaze)
      Voila!: KS-1 Komet

      Hapus
  22. Balasan
    1. Itulah gunanya jenis senjata spt:
      - aa gun
      - ciws
      - oerlikon

      Tinggal radarnya saja yg mesti dipercanggih, jangan hanya ngandalin mata telanjang, agak repot, apalagi malem hari.

      😎😎😎

      Hapus
  23. Itu drone nya buatan siroil. Tapi masih kalah sama drone kamikaze nya palestina, layang2+sumbu api. Drone tenaga angin alami ini mengakibatkan kerugian besar, puluhan hektar ladang tanaman siap panen dan rerumputan terbakar hebat. Pakar2 Siroil sampe tepok jidad, bagaimana layang2 tsb bisa menjadi senjata pjuang palestina?!

    😫😫😫

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho, di atas langit masih ada langit!
      😀😀😀

      Hapus
    2. Suatu saat akan balik lagi senjata model Giant Catapult Fireball ala Lord of The Rings war scene πŸ˜…

      Hapus
  24. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
    39. Salam 9 APC guardian mau PRANK PBB , di tolak karena tiada RCWS kepala mesti nongol untuk nembak

    Salam terlemah ASEAN
    Salam Menguncup ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus