14 September 2020

Tinjau Latihan Yonarmed 6 Kostrad, Pangdivif 3 Kostrad Sempat Jajal Meriam KH-178

14 September 2020

Pangdivif 3 Kostrad mencoba meriam KH-178 kaliber 105mm (photo : Kostrad)

MYLESAT.COM – Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit, M.Si. meninjau latihan menembak Senjata Berat Batalyon Armed 6 Kostrad di daerah Bancee, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/9).

Latihan Senjata Berat Batalyon Armed 6 Kostrad ini menggunakan meriam KH-178 kaliber 105 mm yang merupakan meriam andalan Batalyon Armed 6 Kostrad.

KH-178 dikembangkan berdasarkan sistem howitzer tarik M114A1 yang banyak dipergunakan dalam Perang Vietnam. Meriam ini dikembangkan oleh KIA Heavy Industries Corporation, Korea Selatan.

Pada kesempatan ini juga selain meninjau jalannya latihan dalam kunjungannya, Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad berkesempatan menembakkan meriam KH-178.

Latihan yang digelar Batalyon Armed 6 Kostrad ini bertujuan untuk mengasah kemampuan prajurit dalam menembak Senjata Berat andalan korps Artileri Medan.

(MyLesat)

173 komentar:

  1. Aman dari malon dan suwandaru koplak dan si kondor

    BalasHapus
  2. Btw akurasinya masih kalah dikit sama produk prancis nie,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagak, emang produj korea ga dilanjut pembeliannya karena ada isu akurasi tembakan, gatau yabg 105 atau yang 155,

      Pada akhirnya Lig MK 2/3 dan Caesar yg diborong

      Hapus
    2. @van kalo kgk salah yg kh-179 yg performanya paling parah

      Hapus
  3. Meriam KH-178 & KH-179 ada rencana mau di tambah ga ya sama kemenhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga @om A.E.W, tinggal caesar 8x8 yg belum di punya TNI.

      Hapus
    2. @unknown..kira2 dan berandai andai..pt.pindad membuat SPH dengan mencontoh sasis tank harimau hitam kaliber 105 bisa gk ya?..kan lumayan😎

      Hapus
    3. Dua2 nya caesar maapun tarik harus ditambah..taruh di kalimantan dan sumatra

      Hapus
    4. Om @A.E.W Anoa aja bisa ditambahin mortar.

      Dislitbang TNI, kemenhan dan industri startegis kan sudah dapat TOT dari pembelian Caesar.

      Insya Allah kita bisa buat sendiri seperti SPH Caesar dan KH-178. Aaamiinnn

      Semoga pemwrintah menambah anggaran untuk pembuatan SPH made in pindad

      Hapus
    5. Ini Dia Amunisi Meriam Caesar 155 yang akan Diproduksi PT Pindad



      Roanne - Sambil menyelam minum air. Itulah yang dilakukan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam pengadaan modernisasi alutsista Indonesia. Membeli senjata, tidak hanya sekadar membeli, tapi juga menyerap teknologi. Sebagai contoh, dalam pembelian meriam Caesar 155 yang memiliki daya tembak 39 KM, Indonesia juga memiliki kerjasama dengan Nexter untuk memproduksi amunisinya bersama PT Pindad.

      Bagaimana rupa amunisi berkaliber 155 mm itu? detikcom berkesempatan melihat dan mencoba mengangkat amunisi berwarna hijau di bagian batangnya dan hitam di pucuknya itu. Wow! Sangat berat, berbobot 47 kg. Untuk membopongnya harus menggunakan dua tangan.

      Amunisi berbentuk runcing ini terbagi menjadi dua. Bagian pertama adalah bagian tabung yang berisi mesiu. Bagian kedua adalah sumbu (fuse) yang terletak di bagian ujung yang runcing. Di bagian sumbu ini terdapat timer - berisi angka-angka -, untuk menetapkan kapan amunisi itu meledak setelah didorong oleh meriam.

      Beberapa contoh amunisi meriam Caesar 155 ini dihadirkan saat penyerahan 4 Caesar 155 di ruang workshop pabrik Nexter di Roanne, Prancis, Rabu (25/6/2014). Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin juga sempat berdiri lama melihat amunisi dan berbincang serius dengan pihak Nexter.

      Sjafrie telah mengingatkan Nexter agar segera dibahas mengenai koordinasi dalam pembuatan amunisi itu bersama PT Pindad, sebagai bagian dari kesepakatan yang telah ditandatangani. Saat diingatkan hal ini, M Mike Duckworth, Executive Vice President International Affairs Nexter, menyatakan sangat memahami hal ini dan siap melaksanakannya.

      "Tentunya ke depan kita akan kerjasama, Pindad akan berperan dalam membuat amunisi. Inilah target kemandirian industri pertahanan kita. Kita beli senjata, beli amunisi, kita pelajari juga bagaimana membuat amunisi. Mudah-mudahan 5 tahun ke depan Pindad sudah bisa membuat amunisi kaliber besar untuk meriam 155 mm dan bagaimana membuat amunisi besar untuk artileri lain," kata Sjafrie.

      Sebelum meninggalkan pabrik Nexter, Sjafrie juga sempat berbincang serius dengan Duckworth dan mengundang Dirut PT Pindad Sudirman Said dan Danpusenarmed Brigjen TNI Sonhadji. Dalam perbincangan itu, lagi-lagi Sjafrie mengingatkan Nexter agar segera berkoordinasi dengan Pindad dalam kerjasama membuat amunisi. Sudirman Said sebagai dirut Pindad dan Duckworth menegaskan siap untuk berkoordinasi.

      Seperti diketahui, Indonesia membeli 37 unit Caesar 155 dengan biaya US$ 141 juta. Harga ini sudah termasuk dengan 2.000 amunisinya. Caesar 155 merupakan meriam berdaya tembak 39 KM yang terangkut truk, sehingga bisa lebih cepat bergerak.

      Link :

      https://news.detik.com/berita/d-2620020/ini-dia-amunisi-meriam-caesar-155-yang-akan-diproduksi-pt-pindad

      https://www.pindad.com/dengan-us-141-juta-indonesia-akan-miliki-2-batalion-meriam-caesar-155

      Hapus
    6. Mantap juga kan..indonesia bisa bikin SPH sendiri..deterrent nya tinggi tuh..
      Tak lena nanti jiran sebelah tido😂

      Hapus
    7. @unknown..munisinya dh di mass product kan??

      Hapus
    8. @A.E.W untuk amunisi 155 dan Amunisi leopard sudah di produksi PT. Pindad

      REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pindad menyatakan siap untuk memproduksi amunisi peluru untuk persenjataan tank Leopard yang akan dimiliki TNI.

      "Dari hasil Latihan Gabungan (Latgab) TNI beberapa waktu lalu, banyak yang harus kami jawab, salah satunya melengkapi amunisi bagi beberapa perenjataan terkini TNI, termasuk peluru meriam 120mm smootbore untuk tank Leopard," kata Direktur Utama PT Pindad Sudirman Said di Bandung, Jumat.

      Menurut Sudirman, produsen persenjataan dan munisi nasional itu akan menjawab tantangan kebutuhan bagi TNI khususnya untuk alat utama sistem pertahanan.
      Khusus untuk peluru meriam 120mm smootbore untuk Tank Leopard, ditargetkan pengembanganya sudah bisa dilakukan mulai akhir 2015.

      "Ya untuk peluru 120mm smootbore Tank Leopard kemungkinan persiapannya rampung akhir 2015, sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan kesenjataan tank itu," katanya.

      Ia menyebutkan, dalam Latgab TNI beberapa waktu lalu sangat jelas kebutuhan alutsista yang dibutuhkan militer Indonesia. Ia menyebutkan di satu sisi merupakan progres bagi perusahaan itu di sisi lain merupakan tantangan yang harus dan wajib dijawab oleh PT Pindad.

      "Jelas kebutuhan pasokan produk alutsista untuk TNI kita cukup banyak dan kami akan berusaha untuk memenuhinya, termasuk meningkatkan pernaan Penelitian dan Pengembangan produk, termasuk untuk amunisi kesenjataan Tank Leopard itu," katanya.

      Selain itu, Pindad juga memproduksi amunisi 105mm serta meriam 155mm. Ia menyebutkan permitaan amunisi terus meningkat, hal itu menyusul tingginya perhatian pemerintah untuk meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalisme TNI melalui pemenuhan alutsista.

      Selain itu, pihaknya juga menjawab kebutuhan TNI terkait kebutuhan panser, kendaraan taktis dan kendaraan ban rantai atau tank. Khusus untuk program retrofit Tank AMX-13, telah dilakukan oleh PT Pindad sehingga kendaraan tempur itu memiliki spesifikasi yang lebih handal dan modern.

      "Sebagian besar pasar Pindad adalah memenuhi kebutuhan Kementerian Pertahanan RI, namun kami juga melakukan kerja sama pemasaran keluar negeri. Prospeknya dalam lima tahun terakhir cukup maksimal," kata Dirut PT Pindad yang baru dilantik 4 Juni 2014 itu.

      Selain itu, Pindad juga akan mengembangkan produksi senjata laras panjang. Salah satunya dengan melakukan penambahan mesin pembuat laras yang berkemampuan untuk 14,5mm.

      "Selama ini mesin laras yang kami miliki 7,5mm, kami telah membeli mesin baru untuk bisa membuat laras 14,5mm. Kita imbangi dengan kemampuan untuk bahan baku ," kata Sudirman.

      Sementara itu Direktur Keuangan PT Pindad Rita menyatakan, perseroan telah menyiapkan anggaran untuk penelitian dan pengembangan produk untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar alutsista baik dalam maupun luar negeri.

      "Anggaran penelitian dan pengembangan cukup besar, namun kami harus melakukannya untuk peningkatan produk. Termasuk tahun ini sudah kami alokasikan," kata Rita tanpa menyebut anggaran penelitian dan pengembangan perusahaan itu.

      Namun secara umum, kata dia kinerja PT Pindad dalam lima tahun ini terus meningkat dengan pendapatan tahun 2013 mencapai Rp1,78 triliun, dan tahun 2014 ini pendapatan ditargetkan mencapai Rp2 triliun.

      "Tahun 2013 juga tercatat tahun pertama Pindad bisa memberikan deviden kepada pemerintah," kata Direktur Keuangan PT Pindad itu menambahkan.

      Sumber :

      http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/06/06/n6qxob-pindad-siap-produksi-peluru-tank-leopard

      https://www.pindad.com/pindad-siap-produksi-peluru-tank-leopard

      Hapus
    9. @Pengamat abal-abal (A.E.W) dimodel kayak k9 thunder/m109 paladin pasti bagus. 😋😋😋

      Hapus
    10. @Pengamat abal-abal (A.E.W). PT Pindad sudah buat prototype tank SBS dengan peluncur rhan.

      https://militermeter.com/tank-ringan-sbs-pindad-segera-disertifikasi/

      Semoga aja tank SBS nya lolos sertifikasi dan di produksi.

      Aamiinnn

      Hapus
    11. @unknown..saya pernah tanya soal SBS ini pada sesepuh DS katanya gk dilanjut sebab pindad telah produksi MT kerjasama dengan FNSS..tapi gw sih oke ya mlrs itu dilanjut..secara itu mlrs pakai rantai😁

      Hapus
    12. @masBL..mantap tuh mas..panjangnya di tambah lagi..soalnya gk ngeh SPH larasnya pendek kayak..amx itu tuh😀

      Hapus
    13. @Pengamat abal-abal (A.E.W) bener bener 😁😁😁

      Hapus
  4. Kapan nich TNI uji Nasams yg di teluk gong dan yg di Natuna.

    😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teluk naga bukan teluk gong , teluk gong itu di daerah Jakarta Utara ,ampyun daah

      Hapus
    2. Tunggal nunggu waktu aja om @unknown kan barangnya udah sampai di teluk naga😎😎

      Hapus
    3. nama daerahnya dragon bay alias teluk naga,, not gong bay

      Hapus
    4. Sorry bro. Gue keder, namanya mirip-mirip sich. Iya yg di teluk naga dekat bandara soetta

      Hapus
    5. lah sama aja om, teluk gong dket bandara jugak kan cengkareng haha!������

      cmn teluk naga deket laut, masuk wilayah tangerang. klo teluk gong masuk dki, begitchu.

      kebayang nasams pasang diteluk gong, target di cawang...sekali tembak, njoss satu DKI tiarap haha!������

      Hapus
  5. Wah wah..gw impiin nih dari dulu..
    rhan122b kan dah berhasil uji coba nih.
    Nah kita juga udah tau kalau rhan450 juga sedang di kembangkan..mantap gk yah kalau misalnya tabung peluncurnya kayak astros mkII yg mana bisa dimuat berpuluh2 roket kaliber 122mm lalu dapat memuat 4 roket kaliber 450..
    Pasti ajib nih..😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja om @A.E.W kita kan sudah dapat TOT dari Avibras brasil dan TOT rudal dari Ukraine untuk pengembangan Rhan 450

      Untuk tabung peluncur dan kendaraannya kita sudah bisa buat dan sudah di uji coba untuk 40tabung peluncur dengan Rhan122mm.

      Hapus
    2. Kita tunggu rudal petir launching nnti

      Hapus
    3. @Nomad. Kapan kira-kira launching rudal petirnya?? Kapan info baru kah?

      Hapus
    4. Ohya..kira kira..rudal petir bisa gak ya di cantelin ke cn235mpa(manatauyakan?)biar nanti kapal ccg kena sengat

      Hapus
    5. @unknown...kalau misalnya MLRS multi kaliber pasti bentuknya kayak astrosMKII kalau mlrs biasa cuman satu kotak(wkwkwkkotak)nah kalau yg multi kaliber nanti ada dua bisa di pasangin 4 roket kaliber 450mm..beeh..mantap tuh..deterrentnya tinggi sebab buatan sendiri..mantap!doain aja dah amiin!!haha!

      Hapus
    6. @Pengamat abal-abal (A.E.W) kayaknya model peluncur rhan versi final hampir sama dengan astross bung.

      @Unknown kalau rudal dari ukrain jadi, pasang aja satu modul dengan rhan. Biar kayak astross dengan AVTM-300 nya 😉😉😉

      Hapus
    7. @Brandal Lokajaya. Ada link nya kah untuk model peluncur rhan versi final yg hampir sama dengan Astross.

      Saya liat model peluncurnya rhan mirip dengan Himars Singapore.

      https://www.indomiliter.com/prototipe-kendaraan-peluncur-roket-balitbang-kemhan-sukses-luncurkan-roket-r-han-122b/

      Hapus
    8. @Brandal Lokajaya.

      Bukannya kita sudah minta ke avibras ya untuk ToT AVTM-300 Matador.

      http://defense-studies.blogspot.com/2019/02/pindad-akan-produksi-roket-untuk-sistem.html?m=1

      Hapus
    9. @Brandal Lokajaya

      Saya pengennya untuk rudal neptune Ukraine di buaymt kayak K300 Bastion P untuk coastal defense. Jadi bisa di taro di Natuna, Ambalat, Tj Periuk, Saumleki, dll.

      Semoga aja bisa di buat seperti itu.

      Aamiiinn

      Hapus
    10. @Unknown itu belum final bung, karena kalau model himars kayak gitu jumlah peluncurnya terlalu sedikit dan masih kurang panjang serta modelnya masih belum rapi, terutama kepala (kecuali untuk peluncur avtm-300 cocok banget)

      @Unknown maksudnya bisa dijadikan satu peluncur sama rhan gitu bung, jadi kayak model astross 2 bisa nggotong berbagai modul peluncur.

      @Unknown enaknya dijadiin satu modul dengan avtm-300, jadi bisa gonta ganti rudal tergantung kebutuhan toh diameter dan panjang dua rudal itu hampir sama 😉😉😉

      Hapus
  6. Berita serdadu latihan dimana mana wah persiapan ini, lanjutkan!


    Iwan fals berkata;
    " SERDADU SEPERTI PELURU, TEKAN PICU MELESAT TAK RAGU, SERDADU SEPERTI BELATI, TAK DIASAH TUMPUL DAN BERKARAT "

    TNI JAYA JAYA JAYA!

    BalasHapus
  7. Semua senjata di jajal dan di coba sekalian buat asah skill pengoprasian gak kayak tetangga yg askar nya cma makan tidu je wkwkwknk

    BalasHapus
  8. Hmmm..berita TNI latihan terus nih..yaiyalah..profesional..hmm yg makan tido je keje ketepi sikit haha!

    BalasHapus
  9. Malonsss punya yg lebih hebat LG-mkIII, walaupun cuma 8 biji.

    Bandingin punya MARINIR KITA, LG-MKII baru punya 20 biji.

    Hebatan malonsss yaa"JARENE SIKANDAR KARO SUWANDARU"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah..malon..SYUKUR dah dapet LG-MKIII,coba kalau kita lihat dulu..dah tahun 19-an dh test drive caeaar eeehh..last last cancel😥

      Hapus
    2. SPH Caesar : cancel
      SPH paladin: cance


      Apalagi yaaa kira"🤷🤷🤷

      Hapus
    3. Correct bukan 8, hanya 6 saja beli baru, itupun sudah kehabisan napas, Krn budget tiris.

      Hapus
  10. 1. Penambahan Alutsista TNI AU

    16 jet tempur Sukhoi SU27/SU30 lengkap dengan persentaannya
    24 jet tempur F16 Blok -- 52 ID lengkap dengan persenjataannya
    16 jet tempur T50 Golden Eagle
    16 pesawat Coin Super Tucano
    24 pesawat latih Grob
    12 pesawat latih KT1 Wongbee
    9 Pesawat angkut berat Hercules
    16 Pesawat angkut sedang CN295
    6 Radar militer
    6 Helikopter tempur Cougar EC725
    3 Helikopter AS332 Super Puma
    8 Batteray anti serangan udara Oerlikon Skyshield
    6 UAV Heron
    2 Pesawat CN235 MPA
    2. Penambahan Alutsista TNI AL

    54 Tank Amfibi BMP3F
    12 Artileri MLRS RM Grad
    5 Panser Amfibi BTR-4
    3 Kapal Light Fregat Bung Tomo Class
    2 Kapal Perusak Kawal Rudal PKR 10514 Damen Schelde
    8 Kapal Cepat Rudal 40 m
    3 Kapal Cepat Rudal 60 m
    3 Kapal Selam Changbogo
    6 Kapal Patroli Cepat
    3 Kapal Pendarat Tank
    2 Kapal Logistik Tempur (BCM)
    2 Kapal Oceanografi
    1 Kapal Latih Layar
    11 Helikopter anti kapal selam
    4 Pesawat latih Bonanza
    2 Pesawat CN235 Patmar
    Penambahan kekuatan 1 batalyon Marinir di Batam
    Penambahan kekuatan 1 divisi Marinir di Papua
    3. Penambahan Alutsista TNI AD

    60 Tank Marder
    38 Artileri MLRS Astross II Mk6
    37 Artileri Caesar Nexter
    55 Meriam Artileri 105 mm KH178
    18 Meriam Artileri 155 mm KH179
    300 Panser Anoa berbagai versi
    22 Panser Tarantulla
    24 Helikopter tempur Bell 412 Ep
    8 Helikopter serbu Mi35
    12 Helikopter angkut Mi17
    12 Helikopter tempur AS55o Fennec
    8 Helikopter serang Apache AH 64E
    600 peluru kendali anti tank ATGM Nlaw
    180 Peluru kendali anti tank ATGM Javelin
    136 Peluru Kendali Mistral
    112 Peluru kendali Starstreak
    60 Arhanud dan Rudal TD2000B
    60 Arhanud dan Rudal Grom
    4. Perkuatan Pangkalan Militer

    Pangkalan TNI AU Tarakan
    Pangkalan TNI AU Natuna
    Pangkalan TNI AU Pekanbaru
    Pangkalan TNI AU Pontianak
    Pangkalan TNI AU Biak
    3 Lanud perintis di perbatasan Kalimantan untuk Hercules
    Pangkalan TNI AL Palu
    Pangkalan TNI AL Tarakan
    Pangkalan TNI AL Sorong
    Pangkalan TNI AL Merauke
    Pangkalan TNI AL Kupang
    Pangkalan TNI AL Natuna
    Pembentukan Skuadron Helikopter Waytuba Lampung
    Pembentukan Skuadron Helikopter Tanjungredeb
    Pembentukan Skuadron Helikopter Natuna
    Pembentukan Skuadron F16 Pekanbaru
    Pembentukan skuadron Hercules Makassar
    Pembentukan 6 batalyon infanteri mekanis
    Pembentukan 12 batalyon raiders
    Penambahan 5 batalyon TNI AD di Kalimantan
    Penambahan 3 batalyon TNI AD di Papua
    Penambahan 1 batalyon TNI AD di Natuna

    Termasuk KH 178 diatas

    Terimakasih pak SBY yang telah memperkuat TNI, jayalah Indonesiaku💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat pak anu, silahkan menikmati masa" berkuasa, setelah 2024 TNI kembali strong💪💪💪

      Hapus
    2. Lho yak tenan,West angel angel temen tuturanmu SIKANDAR

      Hapus
    3. Sikandar mabok kecubung 😁😁😁

      Hapus
    4. Hemmm ternyata pemuja Candi Hambalang

      Hapus
    5. Disodorkan fakta mlh bilang mabuk 🤔

      Hapus
    6. Biasanya yang hobi kliping kayak gini om pal hehe
      Tpi ga apple 2 appel ndar.. tunggu sampe 2024 ya nanti baru disandingkan datanya. Oke ocret

      Hapus
    7. Ntar tau ga dar kpn mulai ada rencana restra...asal tau ndar dr jaman bpk Matori abdul jalil itu restra ud disusun....

      Hapus
    8. Baca nih dar biar paham,awal mula renstra TNI,dr UU no 25 tahun 2000 ,renstra ud di tetap kan di UU

      Undang-Undang Republik Indonesia nomor : 25 Tahun
      2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000 -
      2004, pada Bab I Pendahuluan, mengamanatkan dalam pelaksanaannya
      Departemen Pertahanan perlu menyusun Perencanaan Strategis
      (Renstra).

      Hapus
    9. gpp gaez biarin aje, masing2 py hak & impian ampe idola.

      kalo guwe sich, gak terlaluw mikirin masalah politek2an,

      yg guwe fikirin adalah kepentingan angkatan bersenjata kita utk terus SHOPPING SOPING ama anggaran yg semakin meningkat...okeh oceh������
      gt aja kok repot bawa nama a, b, c...
      kenal aje kagak,
      dapet duwit jugak kagak haha!������


      SALAM SHOPPING SOPING, SELALUW SETIA(SEMPER-FI)

      dari MEF pertama pon uda disebut, dimulai dari RENSTRA(rencana strategis) KEDUA.


      Hapus
    10. Ndar,

      Prestasi cuma segitu aja disombongin...

      Yang Helikopter anti kapal selam itu sonar celupnya dibeli di periode 2014-2019

      F16 itu rudalnya dibeli di periode 2014-2019.

      Apache rudalnya nambah 192 unit di tahun ini.

      NASAMS dibeli tahun 2017, datang tahun 2020-2021.

      Oerlikon Skyshield nambah 40 pucuk datangnya sebelum tahun 2023 berakhir.

      Caesar Nexter 155 meter nambah lagi di periode 2014-2019, udah datang 18 unit, sisanya menyusul.

      Kapal2 patroli 28 meter dan patkamla 18 meter yang dibeli di periode 2014-2019 jumlahnya 315 unit sebagian besar sudah selesai. KMC 18 meter untuk AD juga dibuat puluhan unit.

      Kapal2 patroli 40 meter yang dibeli di periode 2014-2019 ada 28 unit sudah selesai. Ditambah 14 unit untuk periode 2019-2024, 2 unit sudah selesai.

      Kapal ADRI 99 meter ada 2 unit yang dibangun di periode 2014-2019 sudah selesai.

      Kapal Angkut Tank 117 meter yang dibangun di periode 2014-2019 ada 4 unit sudah selesai. Ditambah 2 unit yang sedang dibangun diharapkan selesai tahun depan.

      Kapal BCM ada 1 unit yang dibangun periode 2014-2019 dan sudah selesai.

      Kapal LPD ada 1 unit yang dibangun di periode 2014-2019 dan sudah selesai.

      Kapal BRS sedang dibangun 2 unit, yang 1 di antaranya sudah hampir selesai, yang lain kemarin baru saja potong plat.

      NC212i sedang dibuat 9 unit, H225m sedang dibuat 8 unit, Bell 412 EPI sedang dibuat 9 unit, CN235 baik versi angkut maupun MPA mau nambah lagi.

      Juga dibeli dan dibangun di periode 2014-2019 Bakamla punya kapal patroli 110 meter 1 unit dan 3 unit 80 meter, sudah selesai dalam waktu 2 tahun dan sekarang bertugas mengamankan laut natuna utara.

      Periode 2014-2019 adalah periode untuk pengadaan alutsista patroli, logistik dan penanggulangan bencana dan anti terorisme.

      Mosok mau nolongin korban gempa dan korban tsunami pakai jet tempur?

      Mosok mau halau pencuri ikan atau hadapi teroris pakai tank?

      Mosok mau perbaiki infrastruktur yang rusak pakai fregat?

      Mikir ndar!

      Hapus
    11. Iskandar amnesia om...kalau bukan jujungannya yg beli...hahaha


      Hidup nasi bungkus...wahahaha

      Hapus
    12. Buat iskandar, Frigate, Destro, Fighter dan MBT adalah segalanya. Core of the core. Ntar kalo ada bencana diangkut pake mbt. Dikirim ke RS pake Apache. Halau nelayan asing pakai destro dan frigate. Macam2 digebuk sama Nasams atau S400.

      Hapus
  11. West tak omongi thoo,nk pingin cepat kehmu dodolan kono lho tawakno negero malingsia/malonsss seng mumpung tempat judine tutop amargo congornya.
    Tak jamin kipleh-kipleh we

    BalasHapus
  12. @Sri ninggal janji ada pesan dari Sony Josz bung, "Sri, kapan koe bali?" 😁😁😁

    BalasHapus
  13. Wonge SRI emoh Bali,JARENE iseh enak nak KEMUKUS.

    Mboh janjane nak KEMUKUS iku Ono OPO ora mudeng aq,kok Jan bueeetahe puolll nk Kono🤦🏾‍♂️🤦🏾‍♂️

    BalasHapus
  14. Bani Pau'l tolol Jawa cuebong , penjajah Aceh , harus y para transmigran Jawa di Sumut di usir , biang syetan Jawa harus di bumi hanguskan 👹👹👹😡

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...loe KAMPRET yach ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Wahahaha....ad yg kepanasan teu puguh lagu...hahaha

      Lain kampret om,codot dia mah...hahaha

      Hapus
  15. ...Sri ninggal janji, jarene sepet mripate ning omah wae wis manuk'e cilik lan perek...trus bojone ra ono duite maning

    mulane dadi minggat yen gunung Kemukus
























    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  16. Hem,..eh,,.............................





















































































































































































































































































































    🚀 👈Iki loh seng stelong
    Seng lain iku sampah.

    BalasHapus
  17. Kenapa waktu itu nggak beli GIAT LG1 dr Perancis. Yang ini BERAT BANGET!!!! Kasian tentaranya.
    Duitnya nggak cukup yah waktu itu ?????

    BalasHapus
  18. Indon itu negara gila , para pelaku penusuk ulama di sebut orang gila , dan jelas Indon adalah negara gila 🙈😎🤫

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak lar..jelas polisi dan syeikh membantah hal itu..perkara tsb akan ditindak lanjuti..jadi keinget waktu2 lalu ada yg buat anarkis ngaku2 gila..jangan2 komunis nih!😥

      Hapus
    2. ...Syeikh yang ditusuk suka berdakwah menggaungkan PERSATUAN

      dan disini yang ANTI dengan persatuan itu kan HTI dan KADRUN




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. jadi inget masa kejayaan PKI di era sukarno ketika itu ulama juga byk yg di bunuh menjelang kudeta PKI kok sekarang mirip ya keadaan nya udah berapa kali usaha pembunuhan ulama ya mmg PKI komunis paling benci dengan ulama krn di anggap bisa menghalangi agenda PKI meracuni rakyat gak heran juga sih anak anak & cucu gerwani PKI ada dimana mana termasuk yg suka nongol di ILC TV ONE koar2 pancasila gak tau nya cucu pendiri PKI SUMBAR geng trisila gerwani

      Hapus
    4. hahaha...sini forum militer om...
      Btw tabayun dl....sebelum nuduh org cucu pendiri PKI...hehehe

      Hapus
  19. Kat indon lah ulama ulama di buly, macam mana lah rakyat dorang majority islam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...masalahnya Boboy, di Indonesia itu ada Ulama yang menggaungkan PERPECAHAN dan ada juga Ulama yang menggaungkan PERSATUAN

      nach yang dibully adalah Ulama KADRUN / HTI yang suka pada perpecahan






















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Malon lebih gila, tak ada ajaran Agama buat Nyembah ratu negara lain.
      Hemmm nyembah negara helooo

      Hapus
    3. Ulama maupun ahlul agama Islam di Malingsial pon sudah terjebak dalam permainan politik, buktinya redha akan kilang minuman keras tak ditutup, redha dengan judi resmi sesuai syariah.



      Kahkahkah 😀

      Hapus
    4. jadi inget masa kejayaan PKI di era sukarno ketika itu ulama juga byk yg di bunuh menjelang kudeta PKI kok sekarang mirip ya keadaan nya udah berapa kali usaha pembunuhan ulama ya mmg PKI komunis paling benci dengan ulama krn di anggap bisa menghalangi agenda PKI meracuni rakyat gak heran juga sih anak anak & cucu gerwani PKI ada dimana mana termasuk yg suka nongol di ILC TV ONE koar2 pancasila gak tau nya cucu pendiri PKI SUMBAR geng trisila gerwani

      Hapus
    5. Ulama malon lbh gila...ngaku negara Islam judi di halalin...hahaha

      Hapus
  20. Kamuflase kakean nostalgia

    Nama kamuflase yg bagus meski ga praktis dimedan perang apalagi pake rompi vest hitam

    Cosplay gagal

    BalasHapus
  21. PERTEMUAN DIRJEN POTHAN KEMHAN DENGAN ATASE PERTAHANAN PERANCIS
    Senin, 24 Agustus 2020

    Senin (24/08/2020) Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si menerima kunjungan Wakil Atase Pertahanan Perancis Mr. David Cordier yang menggantikan Mr. Therry Thuiller yang masa tugasnya telah selesai.

    Dalam pertemuan tersebut Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh Pemerintah Perancis dalam membina kerjasama strategis “strategic partnership” kedua negara. Indonesia sangat menghargai segala komitmen dan dukungan yang telah diberikan pemerintah Perancis. Pertemuan ini menjadi salah satu bukti terjalinnya hubungan kerja sama yang baik antar kedua negara.

    Selanjutnya disampaikan bahwa antara Republik Indonesia dan Republik Perancis telah terjalin kerja sama pertahanan yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan ikut sertanya Ditjen Pothan Kemhan dalam forum bilateral tahunan Indonesia-France Defence Dialogue (IFDD).

    Kerja sama dalam bidang Industri Pertahanan yang telah terjalin selama 7 (tujuh) kali pertemuan secara resiprokal dengan hasil kesepakatan untuk membentuk Small Medium Enterprises Seminar (SMES) yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 November 2019 di Jakarta. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang industri pertahanan antara Indonesia dan Perancis yang diharapkan akan semakin berkembang dimasa mendatang.

    Pertemuan Dirjen Pothan Kemhan dengan Wakil Atase Pertahanan Perancis berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bagdatin/Dittekindhan).

    Link :

    https://www.kemhan.go.id/pothan/2020/08/24/pertemuan-dirjen-pothan-kemhan-dengan-atase-pertahanan-perancis.html

    BalasHapus
  22. "Simak alasan pemilihan howitzer buatan korea.....karena ukuran lubang meriamnya lebih pas dengan kepalan tangan orang asia (mendorong ammo kelubang meriam dg bantuan kepalan tangan)☝️"

    https://youtu.be/J6jwByxa8iw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang nak meriam kok Austria🇦🇹.. Lower mas hari😁😁

      Hapus
    2. Lower tur jemek Mbah.....mergi kakehan mengkonsumsi coklat ��

      Hapus
    3. Ooh.. Ngono thoo🤔🤔🤔 yoo.. Yoo

      ora pathek "mudeng" Aq...🤔🤔🤭🤭
      Nak Efekee teko ngendhi2 nginiki

      Hapus
    4. Selain sesuai ukuran tangannya buat org asia,cwe korea ukurannya jg pas buat org asia om....xixixi

      Hapus
  23. RAPAT KOORDINASI OFSET
    Jumat, 24 Juli 2020

    Jakarta (24/07/2020). Dittekindhan Ditjen Pothan Kemhan RI melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka pelaksanaan kegiatan kandungan lokal dan Ofset antara Excalibur dari Ceko, PT. RDI dan PT. APP sebagai Industri Pertahanan penerima kegiatan KLO dari pengadaan Amphibious Ponton Set.

    Kegiatan ini dipimpin oleh Kasubdit IDKLO Ditekindhan Ditjen Pothan Kemhan Kolonel Tek Dedy Laksmono. Rapat dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Dirjen Pothan Kemhan Gedung R. Suprapto Lt. 2.

    Kegiatan rapat koordinasi ofset berjalan dengan tertib aman dan lancar (Red Bag Datin/ Dittekindhan)

    Link :

    https://www.kemhan.go.id/pothan/2020/07/24/rapat-koordinasi-ofset.html

    BalasHapus
  24. Klo Typhoon austria gagal..kita akuisii aja 1 Typhoon kelas dri rusia lumayan bisa bwa 20 rudal antar benua
    Hehjej

    BalasHapus
  25. Indon itu jelas negara gila , kerana pelaku tusuk ulama di sebut gila , dah jelas orang Indon itu adalah semua gila 😎🤫

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..
      Masih di-investigasi Polisi.
      IndONEsia adalah negara HUKUM.
      Ada undang-undang dan sistem pengadilan.

      Kami negara besar dan beradab.
      IndONEsia sudah LAMA BEBAS merdeka.
      Indonesia MERDEKA 1945.
      malaSyia GiVE-AWAY 1957.

      Hapus
    2. Sebagainya negara kau lon gabung aja jadi propinsi china. Ga ada gunanya juga negara kau tiap tahun ngerayain kemerdekaan yg halusinasi. Negara kau masih lama merdeka murni nya masih menunggu 999thn, keburu kiamat lon..

      Hapus
    3. Malon negara gila,ngaku negara islam...judi di halalin,hubungan dagang dng israel makin harmonis...hahaha

      Hapus
  26. RAPAT MONITORING OFSET
    Jumat, 24 Juli 2020


    Kamis (23/07/2020). Tim Monitoring Ofset Ditjen Pothan Kemhan dipimpin oleh Kol.Tek Dedy Laksmono ( Kasubdit IDKLO) melaksanakan kunjungan kerja ke PT.HASEMA PHILIP ( Cilengsi / Bogor ) yang di hadiri DEA,MBA , dan tim pendukung beserta dari pihak PT.HASEMA PHILIP.

    Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan evaluasi pembangunan kendaraan angkut Radar Pasif. Adapun kegiatan diawali dengan penyampaian paparan dari pikhak PT.HASEMA PHILIP Bapak Suhendro Dirut PT. Wahana ( HOWARD) dilanjutkan dengan peninjauan kelokasi produksi.

    Kegiatan monitoring ke PT. HASEMA PHILIP Cilengsi Bogor berjalan dengan tertib aman dan lancar (Red Bag Datin/Dittekindhan)

    BalasHapus
  27. RAKOR PANITIA INTI INDO DEFENCE TAHUN 2021

    Indo Defence Expo & Forum merupakan hajatan Negara yang akan digelar oleh Kementerian Pertahanan yang dilaksanakan dua tahun sekali. Pameran Industri pertahanan berskala internasional ini menjadi ajang promosi industri pertahanan dunia serta merupakan sebuah momen yang membanggakan guna memperkenalkan kemajuan kemampuan industri pertahanan dalam negeri yang terus meningkat.

    Menindaklanjuti kegiatan tersebut, Ditjen Pothan Kemhan menyelenggarakan Rakor lanjutan Panitia Inti Indo Defence 2021. Dipimpin oleh Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan Laksamana Pertama TNI Sri Yanto, S.T. dan dihadiri Panitia inti Indo Defence sebanyak 27 orang bertempat di Aula Bela Negara Gedung R. Suprapto Lt. VIII Kamis 11/06/2020.

    Pada pelaksanaan ke-9, Indo Defence 2020 Expo & Forum pada awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 7 November 2020. Namun karena adanya wabah Pandemi Covid-19 ini, maka pelaksanaannya diundur menjadi tanggal 7 s.d 10 April 2021 bertempat di Jakarta International Expo – Kemayoran dengan tema “Building Peace, Stability and Prosperity Through Defence Industry Cooperation”.

    Untuk lebih memantapkan pelaksanaan rapat lanjutan akan kembali dilaksanakan.

    Pelaksanaan rakor lanjutan Panitia Inti Indo Defence 2021 berjalan dengan tertib, aman dan lancar (RED BAGDATIN)

    Link :

    https://www.kemhan.go.id/pothan/2020/06/11/rakor-panitia-inti-indo-defence-tahun-2021.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mugo2 mengko ono akeh barang anyar sing iso "gawe kaget".. ( Indo defense 2021) 🧐🧐😎

      Hapus
    2. Mercon isine iki deuterium dan tritium 💣💥.. 🧐🧐😎🤩.....🏃🏃

      Hapus
  28. "Wisata ke candi sukuh yooo, supaya tahu siapa nenek moyang kita......pulangnya bisa singgah ke kemukus, tempate mbah gono....deket kok dari sini ����"

    https://youtu.be/xEi17BL4kwo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan.. Pintu kami terbuka untuk siapa saja( open 24)

      Hapus
    2. Tekone disambut 24 jam dg tangan terbuka, ning yen arep bali yo etung-etungan disik.....teteup kuwi

      Hapus
  29. https://twitter.com/JanetDEGibson/status/1305447736355897344?s=19

    Jadi kepikiran.. apa jangan2 coast guard china itu cuma alat pemancing/alat pengumpul armada musuh di suatu titik. Dia hadir di satu tempat untuk memastikan bahwa tempat lain kosong dari penjagaan. Sedangkan armada kasel mereka bisa masuk dengan tenang karena mereka yakin titik fokus penjagaannya di area coast guard mereka 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Achhhhh, mbok jangan suudzon begitu mas.....tenang-tenang, negri kita ini dijaga oleh "ahlinya-ahli" jadi anda bisa lanjutkan mimpi indah (lagi pake daster)

      Hapus
    2. Suudzon itu modal dasar untuk berkembang om.. zona nyaman dan aman yang justru melemahkan kita.. 🤮🤮🤮🤮🤮🤮

      Hapus
    3. Baiklah.....kalo ditawari mimpi Indah (cuma pake daster) gak bergeming, gimana kalo diganti dg mimpi Indah (cuma pake handuk doang ������)

      Hapus
    4. Tpi klo tiba2 kasel tiongkol nongol di pangkalan natuna gimana 🤯🤯🤯🤯 horror tenan

      Hapus
    5. Tenang aj pak anu udah ke Natuna dijamin ga ada yg berani nyelonong, setan ora doyan demit ora ndulit. (Karepe pak anu mungkin ngono 😬😬, hanya tebakan lho yaa, fans dilarang baper😊)

      Hapus
    6. Awakmu kok sajak ngremehke pak bowo wae to ndar.....

      Hapus
    7. Ah, itu perasaan mu saja mbah, sdh dibilang jgn baper kog yo

      Hapus
    8. Pak bowo ki gudange strategi perang ndar......mulo cino sengojo gawe goro-goro, go mancing pak bowo ben ngetokne elmune ben iso dicolong karo cino

      Hapus
    9. Yo jelaslah Mbah, menhan Cino wingi plesir sek nemoni pak Bowo Karo pm Luhut, pak Bowo wes dijawil Karo pm kudu ramah semanak ngadepi tamu, opo meneh tamu gowo duit (opo maling, sakjane)

      Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan Cina bisa saja melakukan penangkapan ikan di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, selama mengantongi izin.

      "Harus izin dulu dong, berdasarkan Undang-undang Internasional kan untuk ekonomi harus izin, kalau di laut lepas ya sudah bebas," ujar dia di Kantor Kementerian Maritim dan Investasi,

      Pernyataan ini berkaitan dengan polemik dengan Cina di Perairan Natuna beberapa waktu ke belakang. Luhut sebenarnya tak ingin permasalahan dengan Cina ini menjadi besar. Apalagi, ini juga bisa mempengaruhi iklim investasi dari Negeri Tirai Bambu. "Makanya, untuk apa ribut yang tidak mesti diributin, kalau kita ambil ikan sama-sama kan boleh."

      Malah di Jak mancing bareng kog yo

      Hapus
    10. jangan sebut sebut pak anu ntar kalau di baca anak anak gerwani pada kelojotan

      Hapus
  30. om ndar..ndar...ini kenapa delay, kok gak dibayar?

    f-16 uda dateng lengkap...jadi slama ini siapa donk yang bayar klo gt? haha!������

    ����������������������������������������������������������

    Anggaran Tak Cair, RI Tak Bisa Lanjutkan Pengadaan F16
    Arief Setyadi , Okezone · Selasa 25 Februari 2014 20:09 WIB

    JAKARTA - Rencana Indonesia untuk memiliki pertahanan yang tangguh bakal terancam. Pasalnya, rencana Minimum Essential Force (MEF) terkait pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) tidak akan terealisasi setelah pemerintah menolak untuk mencairkan anggaran.

    "Itu disediakan dana tambahan Rp50 triliun. Sampai 2014 ternyata pemerintah tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan Rp50 triliun. Padahal itu yang didasarkan pada Kepres," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

    https://nasional.okezone.com/read/2014/02/25/337/946507/anggaran-tak-cair-ri-tak-bisa-lanjutkan-pengadaan-f16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal. Saya minta tolong ke om pal buat perincian pembelian alutsista di pemerintahan sekarang yg sudah 2 periode. Sama seperti yg dibuat iskandar. Maaf ya bukannya saya nyuruh-nyuruh anda tapi biar iskandar ga koar-koar masalah politik. Pusing saya denger masalah poliitk.

      🙏🙏

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. ohh begini om unknown531, guwe gak lari ke arah politek kok....

      guwe mao kasi liat gambaran, gimana program MEF ituw emang uda diPREDIKSI gak akan SEMPURNA sampe 2024 oleh menhan OPA PURNOMO.

      kenapa bisa begituw????

      uda sering guwe tulis, kalo MEF ituw bukan dimulai dari RENSTRA I(PERTAMA),
      melainkan RENSTRA II(Kedua)

      mangkanya,
      HUTANG di-RENSTRA SATU
      akan BERLANJUT di MEF I ato disebut RENSTRA KEDUA,

      begituw pula HUTANG MEF II/RENSTRA III,
      LANJUT di MEF III/RENSTRA IV.

      kalo gak selesai di MEF III, maka akan dilanjutkan ke renstra selanjutnya, ENTAH dgn nama program baruw yg kelak dibuat haha!������

      Hapus
    5. dari taon 2019...


      ��������������������������������������������������

      palu gada4 Februari 2019 17.41

      Dijelaskannya, Rencana Strategis (Renstra) pembangunan TNI melalui program Minimum Essensial Force(MEF) dibagi dalam 3 tahap.
      Pertama periode2009-2014,
      kedua periode 2015-2019, dan
      terakhir 2020-2024.

      target masing2 tahap,
      I:30%
      II:30%
      III:40%

      "mnurut menhan pur, pola em-e-ep(mef-red) tidak bisa dimulai dari 0 sama sekali.
      masi ada kebutuhan alutsista dari dari renstra(rencana strategis) seblumnya 2005-2009 yg belum terpenuhi akan masuk di tahun anggaran berjalan selanjutnya sampai program tuntas atau ada program lain selain em-e-ep, begitchu haha!������"

      sebagai perbandingan, em-e-ep(MEF) tahap I utk 3 matra, realisasinya telah dicapai kurang lebih 27% haha!������

      http://defense-studies.blogspot.com/2019/02/honeywell-siap-pasok-teknologi-c4isr.html

      Hapus

    6. Iskandar15 Agustus 2020 11.21

      Anggaran naik, tapi MEF tidak tercapai, tidak ada impor alutsista

      ----------------------------

      palu gada15 Agustus 2020 12.03

      menurut prediksi menhan purnomo MEF tidak akan selesai sempurna 100%.

      sebab program MEF tidak dimulai dari NOL!
      lihat saja program MEF dimulai pada RENSTRA KEDUA bukan RENSTRA PERTAMA!
      RENSTRA adalah rencana strategis.
      jadi MEF menyelesaikan dolo keterlambatan dalam RENSTRA SATUW

      RENSTRA PERTAMA blom disebut MEF
      SAAT ini MEF 3 pon disebut RENSTRA 4!

      berarti, ada program laen yang berjalan seblom MEF dibuat ato dilaksanakan, okeh oceh������

      dan disebut OPA MENHAN PUR,
      program yang tidak selesai dalam satu masa ( 5 tahunan) akan terus dilanjutkan sampai memenuhi kebutuhan TNI.

      program moderenisasi alutsista takkan selesai hanya pada satu program, namun akan terus berlanjut entah namanya apa nanti.

      tercapai ato tidaknya suatuw program tergantung keadaan ekonomi dan situasi ancaman yang ada saat itu.
      jadi kemhan akan beradaptasi, sesuai jamannnya

      semua ini uda tertulis dalam dokumen kemhan yg ditanda tangan sendiri ama opa menhan PUR

      nach bagi mahluk2 satu jenis macem om ndar ini, kalo nanya2 lagi dgn hal sama bakal guwe fentung, ituw janji guwe khan

      sini om ndar djidatmuh guwe setel dolo TUNG TuUNG TuUNG ������ biar kembali 0 haha!������

      http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/anggaran-kemenhan-pada-2021-ditambah.html

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. ternyata barusan bulan laluw ripir order, spesial buat om ndar haha!������
      sperti biasa...KABUURRRR BUROOONNN haha!������

      Hapus
    9. apache, f-16 adalah sedikit dari contoh, pengadaan yg terlambat di program MEF.
      masi banyak lagi yg terlambat, utk kemudian lanjut di tahap berikutnya.

      apa perluw guwe sebut, ntar TERBAKAR om ndar haha!������

      kan uda disebut ama opa menhan pur,
      hambatan pengadaan alutsista,
      salah satunya faktor birokrasi pembiayaan/pinjaman.

      *ada faktor pembiayaan dalam dalam negeri(PDM)

      "contoh: proses pengadaan alat komunikasi pengamanan perbatasan (Alkom Pamtas) fasilitas Pinjaman Dalam Negeri (PDN) tahun 2010 belum terselesaikan dikarenakan adanya kendala anggaran PDN tidak boleh untuk pengadaan luar negeri. "

      ->kala ituw pinjaman dalam negeri gak bole buat shopping barang impor gaesz.


      *Pengadaan luar negeri menggunakan fasilitas Kredit Eksport (KE).
      birokrasi sangat panjang dan lambatnya proses dari setiap simpul pengadaan.

      Hal ini menyebabkan pengadaan Alutsista memerlukan waktu yang LAAAAMAAA, sementara teknologi berkembang cepat, dan waktu penyerapan anggaran terbatas.

      nach guwe harap tulisan guwe ini bisa bikin wawasannya orang2 se-model ama om ndar, yg sempit bisa TERBUKA!

      klo larinya ke POLITEC mulu, ente gabung aja ama tim lawak politek kayak om antiembalgo, om ndar, om daruw ampe om smilikity <-bikin cenel podkes haha!������


      Hapus
  31. om ndar..ndar...ini kenapa delay, kok gak dibayar?

    skrg apache uda dateng lengkap...jadi slama ini siapa donk yang bayar klo gt? haha!������

    �����������������������������


    Enggak punya duit, RI terancam batal punya Apache

    Haris Kurniawan
    Selasa, 25 Februari 2014 - 18:11 WIB

    "Sindonews.com - Pemerintah Indonesia tidak mampu memenuhi target kekuatan pertahanan minimal atau minimum essential force (MEF) setelah rencana strategi (renstra) kedua TNI dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tahun 2009 hingga 2014 tidak terpenuhi.

    Sesuai keputusan presiden (Keppres) pada saat itu dialokasikan dana senilai Rp50 triliun, akan tetapi hanya mampu mencapai Rp23 triliun."

    "Pertama, Indonesia tidak mampu melanjutkan pembayaran kontrak untuk kepemilikan helikopter militer jenis Apache, begitu pun dengan pengadaan radar cuaca untuk heli serbu serta pembelian pesawat jenis F-16. "Karena batas bayarnya bulan April. Pesawatnya belum ada di kita," ujarnya.

    https://nasional.sindonews.com/berita/839086/14/enggak-punya-duit-ri-terancam-batal-punya-apache

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal. Saya minta tolong ke om pal buat perincian pembelian alutsista yg sudah datang di pemerintahan sekarang yg sudah 2 periode. Sama seperti yg dibuat iskandar.

      Maaf ya bukannya saya nyuruh-nyuruh anda tapi biar iskandar ga koar-koar masalah politik. Pusing saya denger masalah poliitk.

      Hapus
    2. guwe uda perna bikin om, daftar shopping soping mef dari awal ama linknya buat NGADEPIN WARGANYET KL yg sombong2 2-3 taon laluw.

      ehh yg nanggepin malah netijen kite, katanya itu pengadaan mef I, coba buat yg skrg dech...
      trus guwe sortir, satu persatuw. berdasar pesanan taon yg baruw.

      begituw kelar ehh ada netijen dikomeng lagi...
      kok caesar masuk, ituw kan yg beli ESBEYE????
      busett..ripit order aja, dikomplen.
      padahal pak ESBEYE uda pengsiun, ada kali 2 taonan haha!������

      Hapus
    3. mangkanya om unknown, paling enak lgs fentung jidat om ndar, drpd birokrasinya macet haha!������

      Hapus
  32. ...heiii Pretttt Vita Birahi, piye kabare...enak jamanku tho ?





















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. "3 juta nyawa anak bangsa dituntaskan demi memuaskan amarah......akunya. 3 juta nyawa dihilangkan tanpa peradilan ?!!!"

      https://historia.id/amp/politik/articles/alasan-sarwo-edhie-memimpin-operasi-pembunuhan-massal-pki-DpozM

      Hapus
  33. ...buat Mas Smile dan Mbah GONO, yuck KILAS BALIK ke lagu tahun 90an ach

    nich lagu KENANGAN Ane bersama Cinta Pertama Ane...yaitu Sang Bunga Sekolahan " DEVI JULIA "

    waktu itu Ane kelas 3 SMP dan dia kelas 1 SMP disekolahan yang sama

    👇👇👇

    https://youtu.be/fU1k6xJ41K4

    Cinta pertama yang KANDAS, namun sangat MEMBEKAS



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua sejoli menjalin cinta
      Cinta bersemi dari SMA
      Galih dan Ratna mengikat janji
      Janji setia setia abadi
      Oh Galih, oh Ratna cintamu abadi
      Wahai. Galih
      Duhai. Ratna
      Tiada petaka merenggut kasihmu

      Oh Galih, oh Ratna cintamu abadi
      Wahai. Galih
      Duhai. Ratna
      Tiada petaka merenggut kasihmu...


      😁😁😁

      Hapus
    2. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  34. ...Du2nk, yeuh lalajoanan nya SKET BOR SUNDA...lucu euy di Tanjung Sari - Sumedang - Jawa Barat

    geus Episode #72 tach

    👇👇👇

    https://youtu.be/b9D2zD-vGwg




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...tong POHO nya, di SUBSCRIBE, LIKE, jeung COMMENT



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  35. ...jika ini BENAR, maka nggak salah lagi julukan DEWA PERANG...bagi Russia

    👇👇👇

    https://jakartagreater.com/277392/inggris-rudal-skyfall-rusia-bisa-kelilingi-bumi-bertahun-tahun/

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  36. Mie KeCheq ~ 'ATM perlu aset terkini tangani ancaman bila-bila masa'. Terkini itu lebih kurang lagi 15 tahun lah baru dapat aset baru kalau mintak hari ini. Contoh
    1. Projek NGPV 27 buah pada awal tahun 2000, siap enam saja. Sudahnya tahun 2020, TLDM kekurangan kapal.
    2. Kapal MRSS untuk ganti 3 kapal yang dah tua bangka 10 ke 12 tahun lalu dah cerita. Sudahnya tahun 2020 tender untuk kapal itu pun belum lagi dan kapal itu lebih dari tua bangka dah sekarang.
    3. Jet MRCA selepas SU30MKM, 12 ke 13 tahun sudah berkompang perlu tambahan MRCA. Sudahnya MIG29 sudah tidak terbang, SU30MKM makin tua, F18D makin tua dan Hawk 208 sudah tua bangka tapi tender untuk ganti MIG29 dan Hawk 208 pun belum ada lagi.
    4. Heli Nuri ini 15 tahun dulu sudah cerita mahu digantikan kerana sudah terlalu tua dan lebih dari 40 tahun tapi lepas terima 12 buah heli EC725, terus tak ada tambahan dan EC725 itu pun sudah makin tua dan terbeban tugas kerana heli Nuri tidak lagi ditebangkan. Bila nak tambah untuk ganti heli Nuri pun tak tahu lagi.
    5. Medium Extended Air Defense System (MEADS) pada lebih kurang 15 tahun dulu masa negara jiran merancang mendapatkan MEADS dan ada yang sudah memiliki MEADS pada waktu itu, timbul lah cerita mahu memiliki MEADS ini. Tapi selepas 15 tahun, MEADS tidak lagi dapat dimiliki malah masih bergantung pada Short Range Air Defense yang jangkauan tak pun lebih 15KM dan hanya bergantung kepada 18 buah SU30MKM dan 8 buah F18D saja sebagai pertahanan utama untuk memintas jika ada musuh buat onar.
    6. Pesawat AEW&C pun 10 tahun lalu sudah disebut tapi tahun 2020 pun bayang tender pun belum lagi ada. Cuma syukurlah pesawat MPA sudah keluar tender untuk dua buah tapi tak tahu lagi bila tarikh akhir untuk memiliki pesawat itu.
    *** Sekadar menyebut beberapa perkara sahaja dari kekurangan yang dari lebih 10 tahun dahulu diceritakan tetapi hingga kini belum lagi dimiliki.

    Mohd Adam Kapal mewah Jo Low Boleh dapat 2 bijik LCS.. hanjing betul!

    BalasHapus
  37. Malaysia Defence Review
    September 11 at 9:06 AM ·

    Hyundai Rotem pengeluar kereta kebal utama (MBT) K2 Black Panther dari Korea Selatan menawarkan varian khas untuk Poland dikenali K2PL "Wilk" (Wolf) untuk Tentera Darat Poland bagi mengantikan T-72 dan PT-91 dari era Perang Dingin.

    K2PL berbeza dengan varian asal K2 dimana lebih besar dan tambahan armor dibahagian hadapan dan tepi. Dibahagian pemandu memiliki ruang tambahan untuk membolehkan pemandu memdapatkan pandangan yang jelas.

    Kerajaan Poland dijangka akan mengumumkan tender terbuka pada masa terdekat dengan kumpulan pertama MBT dijangka diterima pada 2023.

    Oleh itu, Tentera Darat Poland kini dalam proses menaiktaraf keseluruhan unit T-72 dan PT-91 ketahap PT-91M2 iaitu varian serupa dengan PT-91M Pendekar milik Tentera Darat Malaysia dengan harapan ia akan digunakan sehingga MBT baharu memasuki perkhidmatan.

    Tentera Darat Poland mengoperasikan 252 buah Leopard 2PL, 232 buah PT-91 Twardy dan 382 buah T-72. Namun dilaporkan Tentera Darat Poland dilaporkan tidak berpuashati dengan keseluruhan keupayaan aset MBT mereka.



    Sumber Defence News


    SSSTTT...Ada kalimat ambigu dari adminnya:

    Tentera Darat Poland mengoperasikan 252 buah Leopard 2PL, 232 buah PT-91 Twardy dan 382 buah T-72. Namun dilaporkan Tentera Darat Poland dilaporkan tidak berpuashati dengan keseluruhan keupayaan aset MBT mereka VERSUS Oleh itu, Tentera Darat Poland kini dalam proses menaiktaraf keseluruhan unit T-72 dan PT-91 ketahap PT-91M2 iaitu varian serupa dengan PT-91M Pendekar milik Tentera Darat Malaysia dengan harapan ia akan digunakan sehingga MBT baharu memasuki perkhidmatan.----> rekaan admin MDR guna tutup malu kelemahan PT-91 yg Malon Punya.


    Luqman Haqim Kalau Sabah Sarawak aku cadangkan
    - MBT K2 (dikurangkan berat)
    - 8×8 AFV/APC (termasuk SHORAD dan MGS)
    - 6×6 IFV/MRAP
    -4×4 MRAP/Spec Ops

    Encik Hisham Luqman Haqim tambah Caesar jgk bro utk artileri

    Tejah Nathan Luqman Haqim boleh kot Pinoy pun baru beli radar dari Jepun

    Luqman Haqim Tu pun radar lama, sebab Jepun tak jual radar AESA diorang

    Malaysia Defence Review Luqman Haqim senarai tu mcm nk semua je

    Rahimi Dollah As Saujani Brand apapun artileri yg penting kena tambah firepower kat situ baru Pinoy gerun... Termasuk Landing Beach Craft dan Marine Assault Vehicles yg selalu tumpang US punya time eksesais dgn US di area Lahad Datu

    Malaysia Defence Review Rahimi Dollah As Saujani xguna klu xde Kapal MRSS

    Bukh AZ Malaysia Defence Review min poland dh suspended ke pt17 projek? Bpak mhl mbt harimau itam ni sesuai ke utk msia amek utk jdkn mbt klass berat

    Malaysia Defence Review Bukh AZ PT-17 prototaip shj

    Mohd Fauzi Mohd Nor Nnt dh dpt yg baru, passing2 la sini PT91-M2 tuuu

    Malaysia Defence Review Mohd Fauzi Mohd Nor Kor Armor nk heavy MBT utk Urban Warfare, PT91M stok dh byk dlm inventori utk jungle warfare

    هايرول سهلي جوهري cadangan aset yg ada di semenanjung bawa dahulu ke sabah belah semenanjung akan menunggu aset2 baru yg dibeli nanti

    BalasHapus
    Balasan

    1. Malaysia Defence Review
      هايرول سهلي جوهري
      Knp nk bawa aset2 lain, skrg ATM ada perancangan tersendiri xmembabitkan pindahan aset pun
      ATM dh mula dptkn aset baharu

      Xazziq Othman Malaysia Defence Review min aset apa yg terbaharu tu nak tau juga hehe

      Malaysia Defence Review Xazziq Othman ganti Condor tu antara cadangan utk Sabah/Sarawak termasuk ganti Scorpion

      Haruna Zabuza Utk ATM ade planning x utk buy more tanks?

      Khairul Hisham Haruna Zabuza dengar cerita dlm bajet RMK 12. Untuk menggantikan kereta kebal Scorpion. Tu pun bukan mbt. Ok lah daripada x ada.

      Mohd Faizul Haruna Zabuza ikut perancangan dulu atm nak 200buah....penambahan mmg perlu xkan 5 div mbt hanya 48 jer....sabah sarawak dah 2 div xde mbt....sedangkn in future kt sana situasi lbh panas....Indonesia-pemindahan ibukota ke kalimantan. Pinoy-tuntutan keatas sabah. China-luciana shoals dan spratly

      Malaysia Defence Review Khairul Hisham TD akan dpt penganti Condor dulu
      Scorpion mungkin kemudian sbb kemudahan xde lg kt Sabah/Sarawak

      Malaysia Defence Review Mohd Faizul MBT nie nk operasikan bukan hnya ada shj, nk operasikan dia kena ada jaringan jalanraya, link keretapi dgn pengangkutan udara

      Mohd Faizul Malaysia Defence Review tu sbb tender jln pedalaman rm800j bwh mindef tp kna game jugak...��

      Pean Abdul rancang dah bertahun.. belinya idok lagi.. duk dalam kertas A4 lagi kot
      Klu geografi Sabah/Sarawak mcm kt Eropah Timur yg mendatar, Myvi confirm berdesup nk lalu

      Nadzmi Mustafa Nmpk gayanya kalau kita nk buat perolehan mbt baru, mungkin bkn dr pt-91m lg la kot, negara pengeluar pun dh nk ganti

      Mohd Faizul Blh la K2M utk Msia....��

      Iz Mohd Poland leopard pon dia pakai bnyk jenis MBT diorang nih...

      Ahmad Dave Dana emergency sudah kuar min. 14 bilion utk Sabah ��
      https://www.hmetro.com.my/.../kerajaan-persekutuan-mampu.

      Malaysia Defence Review Ahmad Dave itu bukan utk beli aset

      Malaysia Defence Review Ahmad Dave silap2 duit tu xguna since Ops Daulat ����
      Perancangan tu dh lama tp xberjalan lancar asyik tukar kerajaan

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Resmi! Vietnam Dukung Amerika Serikat di Laut China Selatan

    Bukan kejutan jika Vietnam akhirnya memilih mendukung kehadiran Amerika Serikat di Laut China Selatan. Meski sama-sama negara berhaluan Komunis, hubungan China dan Vietnam tak pernah akur.

    “Kami menyambut baik kontribusi Amerika Serikat yang konstruktif dan responsif terhadap upaya ASEAN untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan perkembangan di Laut China Selatan,” kata Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh pada Kamis (10 September) dalam pertemuan virtual antara perwakilan dari 10 negara.

    Sokongan ini sekaligus juga membantah Beijing bahwa pasukan Amerika telah membuat kawasan itu tidak stabil.

    Negara negara Asia Tenggara sangat terbuka peluang kerjasama dengan Amerika Serikat di Laut Cina Selatan, kata Minh.

    Pada pertemuan virtual sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan kepada para Menteri luar negeri Asia Tenggara bahwa Amerika Serikat campur tangan dalam perselisihan teritorial dan memperkuat penempatan militernya di wilayah yang diperebutkan “untuk tujuan politiknya sendiri”. Dia menyebut Amerika Serikat sebagai “pendorong militerisasi terbesar di Laut China Selatan”, menurut pernyataan yang diposting oleh Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

    Menteri Luar Negeri Vietnam mengatakan justru sebaliknya bahwa Tiongkok adalah pengganggu sebebarnya, dengan manuver klaim ekspansif Beijing terhadap teritorial maritim beberapa negara ASEAN. Tiongkok juga melanggar putusan pengadilan internasional 2016 yang dianggap tak sah atas semua klaimnya dan diharuskan keluar dari kepulauan di Laut Cina Selatan, ditambah beberapa waktu lalu Tiongkok melakukan ujicoba rudal di Laut Cina Selatan.

    https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/vietnam-backs-us-role-in-south-china-sea-rebuffing-beijing-at-asean-meeting

    https://militermeter.com/resmi-vietnam-dukung-amerika-serikat-di-laut-china-selatan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saatnya pemerintah RI merubah haluan dari Non Blok ke Blok Barat. Karena china makin menggila, ganas dan sewenang-sewenang di LCS/LNU. Seprti kita ketahui kemarin bahwa CCG sudah lempar jangkar di LCS/LNU. CCG di usir aja melawan dan tidak mau pergi.

      Vietnam yg dulu nya berperang di US aja sekarang merapat ke US dan Blok Barat. Padahal Alutsista vietnam lebih kuat dan personil militer vietnam juga lebih banyak di bandingkan Indonesia.

      Pemrintah RI lebih baik tidak usah bergaya lagi untuk Non Blok. Yg ada malah keblinger untuk beli Alutista.

      Saya pribadi mendukung untuk saat ini pemerintah merapat ke Blok Barat. Tidak usah berpikir bahwa kita akan kehilangan investasi dari china.

      Hapus
    2. Seperti kita ketahui saat ini banyak perusahaan korea, jepang, dan negara sekutu barat yg sudah memindahkan pabrik dan investasinya dari china dikarenakan takut terkena imbas dari perang dagang antara China dan US.

      Hapus
    3. Ingat investor yg banyak investasi di Indonesia itu dari US, Jepang, Korea. Bukan dari Investor China.

      Hapus
  40. Comel kali indon ni, sembang je mendunia, wang tak ade,


    Salam delay transfer ifx.lol..lol

    Very ugly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Comel kali malon ni, sembang je mendunia, wang tak ade,

      Salam maharogol mangkrak
      Salam paladin cancel
      Salam hornet kuwait cancel
      Dll

      Very ugly malon...wakakkaa

      Hapus
    2. Salam delay KD salah potong lambang ketololan negeri Malon 🤭🤣🤣🤣

      Very ugly

      Hapus
    3. Karsonovsky14 September 2020 18.38

      Buat boboyboy ajak upin ipin dan jarjit jgn gempurwaria terus yg dikasih panggung, nanti yg famous cuma dia seorang tengok MMP sepi berita update militernya main kat sini ya,, comel kau boy.. hehe

      Hapus
    4. Salam JF Sulfur 17 Cancel
      Salam kapal LMS China
      Salam Nuri flying coffin
      Salam Lipan Bara Stampal Stiker
      Salam Gempita Stampal Stiker
      Salam Vita Birahi Berapi-Api
      Salam TFX mimpi di ajak Turki
      Dll...

      😂😂🤣🤣

      Hapus
  41. Sahabat covid bukan asal dari hewan, dr li me yan seorang prof penelitian cina bongkar asal virus asal laboratorium bukan asal hewan, dr li akhirnya lari ke Amerika setelah bongkar hal ini

    BalasHapus
  42. Bos pemilik jarum keberatan akan psbb baru jakarta dan berkirim surat protes, Prof reffly harun cakap, power sangat dia atur 2 kebijakan? Ada hubungan apa?

    BalasHapus
  43. Heboh di Jawa Timur pancasila sila ke 4 gunakan lambang PDI-P

    BalasHapus
  44. Sesungguhnya apa yang diperkatakan oleh Panglima ATM ini amat benar. Keupayaan pertahanan kita sekarang tak mencapai standard Minimum Essential Force pun.

    -----------------------------------

    mantap linknya om jewa
    kesian KL, minim pon tak dapat haha!������

    WARGANYET KL julid disini pon TERBAKAR baca rekan mereka komeng JUJUR haha!������

    BalasHapus
  45. Rusia dan India siapkan rudal jelajah BrahMos pelahap pesawat AWACS

    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia dan India menyiapkan proyek rudal jelajah hipersonik BrahMos yang dapat digunakan untuk menghancurkan pesawat AWACS (airborne warning and control systems). Sejauh ini, rudal yang namanya merupakan gabungan dari dua nama sungai yaitu Brahmaputra dan Moskva ini dirancang sebagai rudal jelajah supersonik penghancur target di darat dan di laut.

    BrahMos (dengan kode PJ-10) yang telah dibuat dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal laut permukaan, wahana peluncur darat, dan pesawat untuk basis peluncuran dari udara.
    Khusus untuk BrahMos-A (versi Angkatan Udara) telah berhasil diuji coba pertama kali menggunakan jet tempur Su-30MKI terhadap sasaran laut di Teluk Bengal pada 22 November 2017.

    Sebanyak 40 jet tempur Angkatan Udara India (IAF) kemudian menjalani modifikasi agar dapat membawa dan meluncurkan rudal jelajah dengan jangkauan hingga 400 km ini.

    Pada 20 Januari 2020, IAF mengumumkan bahwa satu skadron Su-30MKI yang dilengkapi dengan rudal PJ-10 BrahMos-A telah siap operasional.

    Sementara seri rudal BrahMos II yang akan dikembangkan ini, adalah untuk menghancurkan sasaran di udara. Target utama adalah adalah pesawat AWACS.

    Direktur Usaha Rusia, Alexander Maksichev di sela Pameran Pertahanan Maritim Internasional di St. Petersburg seperti dikutip Sputnik mengatakan, rudal BrahMos penghancur AWACS akan siap diluncurkan pada 2024.

    Sebelumnya, ia juga mengatakan bahwa pesawat tempur ringan buatan India, HAL Tejas, akan disiapkan untuk dapat membawa rudal ini.

    Platform rudal BrahMos baru, kata Maksichev, bentuknya kemungkinan sama dengan rudal yang telah dibuat, namun akan menggunakan seeker yang berbeda.

    Usaha patungan BrahMos Aerospace didirikan oleh India dan Rusia pada 1998. Rudal BrahMos merupakan pengembangan lebih lanjut dari rudal P-800 Oniks buatan Rusia.

    Roni Sontani

    Link berita :

    https://www.airspace-review.com/2020/09/14/rusia-dan-india-siapkan-rudal-jelajah-brahmos-pelahap-pesawat-awacs/

    BalasHapus
  46. saya dengar kapal CHINA masuk ke laut NATUNA..kapal INDON ketakutan...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  47. Haris Rusly Moti: Era Jokowi dan LBP, Cengkeraman China Makin Membahayakan!


    Dominasi asing, khususnya China di berbagai sektor di Indonesia bukan lagi menjadi barang baru. Mulai dari sektor tambang hingga soal utang negara tak lepas dari keterlibatan negara berjuluk negeri tirai bambu itu.

    Yang lebih membuat gerah, dewasa ini banyak pejabat yang secara terang-terangan membela kepentingan China di Bumi Pertiwi. Kritikan tersebut disampaikan aktivis Petisi '28, Haris Rusly Moti meski tak menyebutkan pejabat mana yang ia maksud.

    "Sobat, aku bingung dengan sejumlah pejabat negara yang begitu vokal bela kepentingan RRC (China) di Indonesia. Padahal mereka disumpah bela Indonesia," kata aktivis Haris Rusly Moti di akun Twitternya, Senin (14/9).

    Meski tak menjelaskan sosok yang dimaksud, masyarakat bisa melihat dengan jelas keberadaan China yang belakangan makin mendominasi di Indonesia.

    "Di era Presiden Joko Widodo dan LBP (Luhut Binsar Panjaitan/Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi), dominasi RRC di dalam ekonomi, tambang, dan telekomunikasi mulai mencengkeram dan sangat membahayakan. Waspada!" tandasnya.

    Merujuk pernyataan Haris Rusly Moti, China memang tercatat sebagai negara pemberi utang bagi Indonesia. Setidaknya, China tercatat menjadi negara pemberi utang terbanyak nomor empat setelah Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat.

    Per Mei 2020, setidaknya ULN pemerintah Indonesia ke China mencapai 1,78 miliar dolar AS, sementara ULN sektor swastanya mencapai 18,3 miliar dolar AS. Sehingga secara total ULN RI ke Negeri Tirai Bambu mencapai 20,1 miliar dolar AS.

    China juga melebarkan sayapnya dalam bidang pertambangan Indonesia, khususnya batu bara. Bukan tanpa alasan, China merupakan negara yang paling banyak mengonsumsi batu bara, yakni mencapai 1.907 MTOE per tahun.

    BalasHapus
  48. benar apa dikata..INDON makin di cengkam CHINA hingga termasuk antara negara yang bakal dibina pangkalan tentera CHINA.... mungkin akibat terjebak dengan hutang dari CHINA...

    BalasHapus
  49. Kasihan malon di forum sendiri mimpi basah dan halusinasi jom buat lawak gempur tak tahu malu

    BalasHapus