02 September 2020

Ini Harga Kapal Selam Buatan RI

02 September 2020

Kapal selam KRI Alugoro 405 (photo : PAL)

Jakarta,CNBC Indonesia - Sampai saat ini Indonesia satu-satunya negara di ASEAN yang mampu membangun kapal selam. PT PAL Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) membangun 3 kapal selam sejak 2013.

Satu di antaranya bernama Kapal Selam Alugoro yang dibuat di dalam negeri oleh PT PAL Indonesia. Butuh modal uang Rp 1,5 triliun untuk membangun kepal selam ini yang harganya ratusan juta dolar AS.

PT PAL Indonesia (Persero) sesuai dengan Kep KKIP No: KEP/15/KKIP/XII/2013 ditugaskan untuk membangun kapal selam ke-3 dan Transfer of Technology (ToT) dengan DSME Korea Selatan.

Pembangunan danToT/ On Job Training (OJT) 206 personel SDM kapal selam dilakukan dengan investasi Penyertaan Modal Negara (PMN) kapal selam senilai Rp 1,5 Triliun (dari pengajuan awal Rp2,5 Triliun).

Berdasarkan penjelasan PT PAL Indonesia, dikutip, Senin (31/8), selain ToT/OJT dana PMN digunakan untuk pembangunan Fasilitas Kapal Selam (Faskasel) yang memiliki kemampuan pembangunan dan pemeliharaan hingga tahapan overhaul. Saat ini PT PAL Indonesia (Persero) telah memiliki kapabilitas secara utuh sebagai galangan yang memiliki kemampuan pembangunan dan pemeliharaan kapal selam.

Pada Juni - Juli 2020 saat yang bersamaan 3 unit kapal selam berada di PT PAL Indonesia (Persero). Satu Kapal Selam Nagapasa Class menjalani proyek pemeliharaan menengah (harmen, kedua kapal selam Alugoro yang dibangun di PT PAL Indonesia (Persero) masih dalam proses sea trial dan saat ini berada di dermaga kapal selam, dan ketiga KRI Cakra-401 yang sedang menjalani program overhaul di hangar Fasilitas Kapal Selam (Faskasel) PT PAL Indonesia (Persero).

Setelah pembangunan 3 kapal selam, termasuk dua dibangun di Korsel dan satu di Indonesia, pemerintah memang sempat berencana menambah 3 kapal selam selanjutnya.

Laporan tahunan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan pada 2018, program pembangunan Kapal Selam merupakan realisasi dari kontrak 3 kapal selam dari DSME (Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering) Korea. Di dalam kontrak, disertakan pelatihan personel pada saat pembangunan kapal selam ke-1 dan ke-2 di Korea Selatan. 

Pada tahun 2017, kapal selam pertama selesai dan diberi nama KRI 403 - Nagapasa. Selanjutnya, pada tahun 2018, kapal selam kedua selesai dan diberi nama KRI-404 Ardadedali. Kedua kapal selam saat ini telah memperkuat TNI AL. Kapal selam ke-3 sudah melewati beberapa tes menyelam, bila mulus akhir tahun 2020 akan diserahkan ke Kemenhan oleh PT PAL.

Setelah 3 kapal sebelumnya, program Kapal Selam akan dilanjutkan ke tahap Kedua, dengan pembuatan kapal selam ke-4 hingga ke-6. Pada tahap ini, proporsi PT. PAL dalam proses produksi diproyeksikan untuk semakin membesar, dimana Kapal Selam ke-6 sudah dibuat sepenuhnya di PT. PAL.

Dukungan pemerintah sudah nyata di 2021. Pada buku Nota Keuangan Beserta RAPBN 2021, ada kabar baik. Pemerintah menyiapkan anggaran melalui skema Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT PAL Indonesia, untuk pengembangan kapal selam. Nilainya mencapai Rp 1,3 triliun.

Berapa harga kapal selam hasil kerja sama dengan Korsel?

Bila mengacu pada harga 3 kapal selam Korsel kelas Changbogo kontrak sebelumnya mencapai US$ 1,08 miliar, atau sekitar US$ 330 juta per unit (atau Rp 4,62 triliun dengan kurs US$ = Rp 14 ribu). Harga ini dianggap lebih murah dari harga kapal selam buatan barat yang mencapai US$ 450-500 juta.

(CNBC)

195 komentar:

  1. Balasan
    1. Bungahe dadi pengagguran tak kentara ....pendak isuk iso rebutan pertamax, cicicici

      Hapus
    2. Aku lagi mbiasakne anak buah ben lebih meng eksplore diri dengan diberi tantangan tanggung jawab mas'e..

      Mamulo tak tinggal cangkruk angkringan...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. "Buatan barat" yang sekelas DSME 209-1400 apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Improved" DSME-209/1400 lho, sing jeroane 214.

      😁

      Hapus
    2. Nagapasa class kan bedo karo CBG eksisting Korsel.

      😁

      Hapus
    3. Iyo kui....."improved U209" ki jeneng liyane "dsme U209/1400"

      Hapus
    4. Yoo...yoo..

      Rego KS kan tergantung isine, ga koyo bakulan sepeda motor..πŸ˜πŸ˜‚

      Beritane rodo piyeeee..ngono

      Hapus
    5. Kae lho nek pengin percepatan pengadaan kapal selam iso saka sekenane 209 ne turki, altai class arep dipensiunke, awake dhewe isa njupuk 2-4 unit mengko isa di mro nang kene.

      Hapus
    6. Halaaah mas, pendak-pendak kok ngarep rondonan kapal selam sing teknologine ketinggalan adoh seko Alugoro class.....galo calon rondo urip gemlarah neng KUA bandung, lagi ngurus le pegatan

      Hapus
    7. Iya biar cepat ya tung,tenggelamnya,..
      Manusia yg satu ini gila seken dan murah,mau pesawat atau apapun.gak penting sama dia walaupun gak ada,..........
      rudalnya,membahayakan personel,
      Biaya murah,ada perjanjian akut,dan siap2 embargo,gak boleh dipake ini itu,yg penting sama dia murah,banyak,dan cepat.
      Mau murah pake sutuc,mau banyak pake boat,mau murah pake kapal nelayan,hey tung ini sebuah negara ya bukan perusahaan.mosok membandingkan pesawat satu mesin sama dua mesin,ya gak jantanlah.ibarat bandingkan
      Motor bebek sama motor sport.
      Sebuah negara kok hanya mentingkan murah dan cepat dengan beli seken bagusan mundur aja dari kekuasaan,yg dipentingkan negara itu bagaimana sebuah Marwah bangsa gak diremehkan dan diinjak2 negara lain walau mahal itu resiko sebuah negara,gak mau mahal bubar saja gitu aja kok repot.

      Hapus
    8. Jangan-jangan dirumah usaha rosok juga niy tukang ngitung.....lama-lama ga sabar ane panggilin bang cromwell juga

      Hapus
    9. Ntung pt pal nga mau kasih speck kasel ke 4 dan ke 6 kira2 ada penambahan block di kasel ke 3 nga ntung

      Hapus
    10. Ga bakal dibales sama master bos.....kecuali kalo sampeyan tanya barang sekenan baru direken sama beliau

      Hapus
    11. Hohoho ana cromwell tiruan aka smilinghari di indomiliter

      Hapus
    12. itu mah kromwell IKEA om woof2 haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    13. ☝️ ntung di balas dulu itu yang di atas


      Massmilinghari@...simaster seneng rondo seqen ta..πŸ˜…πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    14. Mas RBS, bloknya nggak nambah hanya sampai 6 blok saja. Yang dirahasiakan spesifikasi teknisnya. Walaupun begitu yang katanya rahasia sebenarnya sudah diumbar via foto2 waktu mereka diving test. Kalo mereka konsisten tentang kerahasiaan maka harusnya foto daleman kapal selam itu harusnya diblur saja fotonya.

      Hapus
    15. Eeeeeh master, mau tanya kalo di indomiliter sekarang banyak nama2 baru , tapi disimak komennya, orangnya mah cuma satu ....jangan2 itu adminnya ya

      Hapus
    16. Rondo seken asal sekelas mama gempi ya nggak apa 😜😜

      Ngomong2 gue juga naksir Ticonderoga class mau dipensiunin 13 unit lho. Kalo mau seken jangan tanggung2, bremen class itu tanggung banget, mending ticonderoga class aja diakuisi langsung 13 unit biar China mikir.

      Hapus
    17. Wes sakarepmu, ning luweh apik yen barang sekenan nggono kui mbok tawakno neng malaysia.....melas tekan saiki rung kesampaian duwe kapal fregat

      Hapus
    18. Kixkixkix...sudah mentok ya ntung,🀣🀣 kasel Reis Class apa jadi di ambil ntung,

      Hapus
    19. Coba tawaran tot german dulu diambil ya, ntung

      Hapus
    20. Wkwkwkwk kirain aku aja yg liat di Indomiliter ada akun bernama Cromwell ngebales komen Tukang Ngitung πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ sebenernya ada apa sih ? Sama Cromwell itu siapa ? Jadi penasaran

      Hapus
  3. Eling...."rondo kempling"

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  4. Yg jelas BERUK MALON gk akan bisa beli

    BalasHapus
  5. IS THAT THE SUBMARINE ABOVE THAT IS,EXPERT IN HUNTING WHALES AND HARVEST SHRIMP, SQUIDS, FISHES, CRABS, SHELLS, TUNA AND OTSTER???

    INDONS SHOULD CHANGE THE NAME FROM "KRI ALUGORO" INTO "KRI FINDING NEMO". 😝

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS LOW IQ Engginering
      Funny right..����������

      Hapus
    2. πŸ‘†diatas ada BERUK BODOH, hihi.... jangan deket" aku nanti aku ketularan GOBLOKπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    3. Iri bilang boss?,,,,, #quoteampuh

      Hapus
    4. Makan sop pake babat

      Iri bilang sahabat


      Hahay

      Hapus
    5. bukan sahabat
      beruk burik sahabantnya PLA

      Hapus
    6. Gula aren dalem klepon

      Iri bilang M A L O N

      ANJAY

      Hapus
  6. 😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  7. Yess Malon tak reti bina kapal.
    Salam BNsd yg minim kemampuan

    BalasHapus
  8. negara sekelas BERUK MALON sudah bagus kok punya kapal selam gk bisa menyelam, itu adalah suatu percubaan yg bagusπŸ˜πŸ˜›

    BalasHapus
  9. DOES "KRI FINDING NEMO" CAN DIVE 3 METERS DEPTH??

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Does bousted have skill?

      LCs 10 years where your brains??

      Hapus
    2. Does SCOREPUNG can dive??


      The nasser is NO...

      Hapus
    3. beruk burik, apa ngerti teknologi kapal selam?
      taunya bergelantungan

      Hapus
  10. 😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  11. BNSD low IQ In Asean hahaha������������

    BalasHapus
  12. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  13. We going move forward malon going LOw IQ with BNSD����������

    BalasHapus
  14. BNSd LCs prank inyhe world
    ������������������

    BalasHapus
  15. Yang mengesankan atas KRI ALUGORO ini adalah tanpa ada cacat pada Pengelasan (welding), tactical depth dan tes tes lain sukses, engginer Korea pun mengakui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haebat yo tukang Las2 annya PT.PAL bisa Zero defect.

      Itulah kemampuan yg harus terus di jaga & di pelihara..
      Dengan order pembuatan KS 4-6 maka akan sangat baik buat konsistensi skill para pekerja di PT.PAL khususnya divisi KS.

      Hapus
    2. joss tenan skille anak2 pt.pal

      Hapus
  16. Malon sakit jantung liat berita ginian,
    Punya kalsel gk bisa selam,
    Yaa buat apa coba?
    Pengumumannya bombastis berpangkalan di sepanggar,
    Tapi nggak berguna,
    Apapun yg dibikin dan dibeli malon emang gk berguna,
    Ada untungnya juga malon gk beli anoa yaa🀭🀭🀭🀭

    BalasHapus
  17. Ada satu kekurangan kita dalam membuat kapal.
    Yaitu


















    Ga punya balon kuning besar
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  18. Do Malondog n BNSd have real brain??😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  19. ..
    Nampak JELAS sekali.....
    bahwa malaSyia sudah PUTUS-ASA.
    Wkwkwkwkwk....

    malaSyia sudah KiBARkan bendera-PUTiH....
    Tanda TiDAK sanggup lagi me-manage Industri-Pertahanan...!!!

    Saran saya....
    Yang di-jual adalah BNS (Boustead Naval Shipyard) malaysia...!!!
    Semua aset BNS di-JUAL SAJA..!!!

    Bukan masalah finansial kalian....,
    melainkan OTAK kalian malaSyia yang LONGOR dan TOLOL... TiDAK mampu berfikir yang berat-berat.
    BwaHahahahaa....
    Wakekekek....wkwkwk....
    ______________________

    Putrajaya1 September 2020 17.21

    Mahal betol upgradenya ... padahal LCS yang kami tawarkan itu FRE atau PERCUMA.. selain hull .. nanti kami akan hibahkan juga berbagai macam radar, mesin etc yang siap install ketika hull siap ...Kapal yang kami tawarkan juga lebih besar sizenya (3100 Ton) .. jauh lebih menggerunkan dibandingkan Martadinata ataupun Bung Tomo Class.. Bahkan hanta dengan USD60 million .. anda akan mendapatkan FRigate Gowng baru 3100 Ton yang jauh lebih menggerunkan dan menakutkan lawan ..

    Mohon cepat diindak-lanjuti segera kerana kam nak mengosongkan dan mengeluarkan LCS dan limbangan BNS secepatnya kerana kami sekarang sedang fokus memperluas dan memperbaharui semua machine yang ada disana untuk menyokong datangnya frigate Belharra Class yang baru dari France ...

    BalasHapus
  20. Dana segitu masih blom seberapa bagi Indonesia. Cukup dng ekspor benur lobster sdh bisa dpt 3 kasel baru.
    Benur lobster harganya lg naik.

    BalasHapus

  21. Unknown2 September 2020 11.19
    Yang mengesankan atas KRI ALUGORO ini adalah tanpa ada cacat pada Pengelasan (welding), tactical depth dan tes tes lain sukses, engginer Korea pun mengakui






    Yap benar itu vroh...gw liat di youtube
    Pt.pal di konten KAPAL mereka bilang kalo kasel CBG yg di bangun di ptpal gak ada cacat dn lebih sempurna..and...malon??jangan tanyaπŸ˜€

    BalasHapus
  22. Jelas lebih murah karna gak ada rudal nya,Uda gitu belum ada AIP nya,dan inikan produk lama.pening,..2_.
    Gue mengkritik bolehkan ya boleh la kan demokrasi,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo...jelas boleh, silahkan.

      Kritik itu bagus, yang logis.
      Kalo ga logis ya mesti rela kalo di kritik balik.

      😁

      Hapus
    2. Ibarat bikin mobil,, kelas standart mampu, pas ada duit lebih mo dibikin kelas racing tuh mobil pasti sanggup, ituu!

      Hapus
    3. Komenan kayak mas @karsono ini yg bikin khawatir para ibu-ibu....

      Coba kalo obyeknya diganti: motor ---> istri.....gimana ga stress para ibu-ibu dirumah

      Contohnya gini: cari bini tu yg penting punya dulu.....tar kalo rejekinya nambah tinggal cari lagi yg lebih cantik

      Hapus
    4. Bukan masalah mahal & murahnya.
      Komitmennya yg penting untuk membuat KS secara mandiri melalui proses belajar.

      Untuk belajar di mulai dari yg biasa dulu...step by step.

      Gak usah kaya tetangga sok hebat itu..pengalaman belum seberapa uda buat kapal yg katanya cukup canggih...liat hasilnya ZONK 😁

      Hapus
  23. Gw harap ptpal dpt TOT kasel AIP
    A26/u214 deh..but..gw juga ngarep IVER cepet cepet di beli then dapat TOTπŸ˜ƒπŸ˜„

    BalasHapus
  24. "Hiburan sek luuuur, go nglemeske otot......opo malah ngencengke yooo"

    https://youtu.be/LRgAHu2flIY

    BalasHapus
  25. Tak semua teknokogi dan senjata kasel tni al di ungkap ke publik

    BalasHapus
  26. Ayo beli seken murah,dapat banyak,..
    Semua yg ada di AS mau digurun Arizona,museum,dipabrik,dilapangan,dipajangan pokoknya semua barang seken dan busuk atau reot,borong semua dan upgrade keversi namex ala planet.
    Biar manusia dengan name ntung blegendes senang bukan main,gak penting ada gak rudalnya,yg penting bisa terbang,bisa melaut,bisa selam selamanya yg penting banyak,...
    Makan itu barang busuk,murah,reot,gak ada rudalnya,downgrade akut,banyak peraturan,banyak perjanjian,dan satu lagi makan itu puding ala akaa ASU CAATSA,..

    BalasHapus
  27. kasel punya efek deteran yg besar. indonesia harus punya Minimal 20 biji

    BalasHapus
  28. Selamat Tinggal Indon .. Kami Tak lagi memerlukan Anda semua .. Silakan Pergi (Sebelum Diusir) dari Malaysa secepatnya .. Jangan kembal lagi ke Malaysia ya .. SELAMANYA .. Biarkan kami hidup dengan aman di tanah air kami sendiri..

    https://youtu.be/KiVCTz0ReWQ

    INi adalah keputusan berani dan paling dialu-alkan rakyat Malaysia ...



    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhh ngarep ngapain hidup di negara korup kek lu


      Semua bidang jelek emng siapa haa,isinya orng idiot kek lu

      Hapus
    2. Iye.. no problem.. intinya klo ntar bangla, cina, rohing ambil alih ko jangan teriak2 minta selamatkan ras melayu.. udah gitu aj.. πŸ‘ŒπŸ˜

      Hapus
    3. Salam pribumi malon bangsa pemalas����������

      Hapus
    4. Indo dukung Serawak Sabah Johor lepas dari malon

      Hapus
    5. Bah macam bisa kerja aja kau lon lon. Info terakhir temen2 saya masih jadi core telco infra di Malonjing. Disuruh pulang pada seneng. Mending ke Pinoy atau timteng sekalian. Upahnya lebih besar. Kekekekeke

      Salam kedekut wang.

      Hapus
  29. Jewawut30 Agustus 2020 14.49
    Malaysia Military Power
    3 hrs ·

    Open tender tapi kenapa masih ada orang tengah nak masuk tender. OEM tu planet lain ke. KAH KAH KAH 15%. Perangi rasuah guna pala lutut

    MMP


    Said Anuar Kes tender mpa dgn uav la ni. Tender krjn min. Dah tmaktub dlm sop perolehan krjn kene syarikat tmptan yg brdaftar dgn mof. Kalau direct nego lainla crita. Tp aku pun x stuju sbenarnya. Mtk je rfi. Lpas tu direct oem and g to g.

    Wak Jeyman Syah Perangi rasuah,tapi yg selalu kena cekup cuma penerimanye je..

    Idris Salleh Apa kesan nya jika program G to G dilakukan...
    Bolehlah bagi senarai..

    Syahir Afiq Knp min ada berita lawak ka

    Scrap Lee Serious question tuan semua,Kalau sendiri design boleh join tender ke? Memang Ada dream nak jadi pertama malaysian homemake UAV...tapi system tu Tak pasti la🀭

    Ramli Sulaiman Ramli Wow... Open Tender .. 3 MALE Dan 2 MPA..
    Harap harap tidak lagi berlaku downgradespec...

    Ω‡Ψ§ΩŠΨ±ΩˆΩ„ Ψ³Ω‡Ω„ΩŠ Ψ¬ΩˆΩ‡Ψ±ΩŠ Apa2 pun perlu ada penambahan pesawat baru busok2 beli la 6 bijik dulu pesawat pejuang atau minta hibah pesawat dari negara sahabat



    KEHKEHKEH......KAHKAHKAH....BERITA LAWAK TAK KUNJUNG USAI...LON MALONTOL

    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...
      Mmmm.....
      Negara "sahabat" KERAjaan malaSyia itu mana saja 'sih ya...?

      Setidaknya d ASEAN ini saja sudah banyak yang MUAK dengan daulat-tuanku KERAjaan malaSyia ini.
      Thailand Selatan,
      Sabah PHiLiPiNEs,
      Singapore tuas-strait & batu-puteh.
      IndONEsia yang konon kata malaSyia adalah melayu-nusantara.....
      ................
      India dengan kashmir-nya.
      dan masih banyak lagi.

      Semua-nya SEBAL dan MUAK dengan KERAjaan malaSyia.
      _________________________

      ΩˆΩ‡Ψ±ΩŠ Apa2 pun perlu ada penambahan pesawat baru busok2 beli la 6 bijik dulu pesawat pejuang atau minta hibah pesawat dari negara sahabat

      Hapus
    2. boleh minta link grup nya mmp??

      Hapus
  30. beli sanggup bikin ya sanggup,,, memang joss Indonesia ku!

    LANJUTKAN!


    buat netizen jiran,, berteriaklah yg lantang agar Mindef hentikan mereka budaya, kolusi, dan korupsi yg membuat harum nama kerajaan di level donia

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah di hapus oleh mertua dari istri ke 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kepengen ga dihapus sama mertua, komen aja pake HP seken bos.....tar HP sekennya diupgrade lagi ditempat saja biar kayak baru lagi

      Hapus
    2. ☝️...🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Itu terinspirasi idenya @tukang ngitung mas.....

      Hapus
  32. Di indonesia USD 1 milliar dapat 3 kapal selam
    Kalau di malaysial USD 2 Milliar dapat Rongsokan besi


    Bwahahahahahhahaahahahaha...salam eginer sampan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  33. Malon sembang Enginer Sampan pun boleh terbang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  34. Batch 2 CB lanjut lagi..biar PT PAL makin maju ������

    BalasHapus
  35. Aku masih berharap kepada istri ke 3



    Komentar ini telah di hapus oleh mertua

    BalasHapus
  36. ini harga heli kecik MD py KL $ 70+++ dolar utk 6 bijik.

    baru bayar uang muka 30%, eh WARGANYET KL uda berasa yang PUNYAK haha!🀣🀣🀣

    bayar lunas dolo, baru bole kirim barang.
    liat aja menhan KL dah bersabda,
    batas kontrak november 2021 kalo syarikat penjamin keuangan asal KL tak bayar = TAMAT haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
  37. Yang paling terpenting dari kasel CBG pt.pal dapat ilmunya dari cara membuat kasel, itulah yang paling penting ilmu itu mahal dan nga semua negara mampu untuk mencapainya, mau nanti kedepannya kasel kita seperti apa design selanjutnya nya, yang penting ilmu dasar sudah di dapat,.....kasel ini aset strategis aset yang menakutkan oleh banyak kapal permukaan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mana yg paling menurut mas @RBL: PT. PAL dapat ilmu membuat kapal atau ilmu itu mahal......xixixi, kok kabeh-kabeh paling penting

      Hapus
    2. Jangka panjang..yg pnting kita sepenuhnya serap ilmu dri DSME stelah itu kita buat design sdnri

      Hapus
    3. @smilinghari..iso ngono ta, 🀣🀣🀣🀣 sing penting ilmunya mas smiling, walau mahal hasil di dapat setimpal,..karna ilmu itu sifatnya bukan untuk sementara.

      Hapus
  38. kalo jalurnya kita ikutin terus,
    asal sabar, kita pasti bisa bikin kapal selam.
    dgn cara koryo. walo tentuw ada kekurangannya.

    mereka jg belajar terus, skrg uda mo khatam bikin kasel type 214.

    dibanding negara laen yg bikin duplikat kasel jerman, mnurut guwe korsel levelnya paling atas.

    gak ada yg mo ngasi TEOTE 100% ituw, baik kasel maopon pespur.

    kerna ilmu ntuw SANGAT MAHAL.
    paling tidak kita uda berada dilevel TERTINGGI untuk urusan bangun kapal selam di KAWASAN! okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada orang kita mantan TKI yg kerja di perusahaan produsen kasel jerman.
      bilang kalo mao belajar lgs sama sumbernya.
      tak dipungkiri itu betul 100%.
      tapi yg namanya ilmu mana ada yg mao berbagi.
      ilmu adalah nyawa haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      koryo aja yg belajar 30 tahun lebih aja, mengakui..bule pelit haha!🀣🀣🀣

      uda bisa bikin type 209, bukan berarti full 100% menguasai teknologi & disain kasel.

      koryo masi terus belajar, dan teote type 214.

      HDW sendiri sebagi produsen kapal selam jerman, masi nge-sub-kontrakin jeroan dan pernak pernik kasel2 mereka ke perusahaan lain. lokal maupun asing.

      mana mampu hdw bikin torpedo sendiri
      mana mampu hdw bikin bateri sendiri
      mana mampu hdw bikin periskop sendiri
      mana mampu hdw bikin mesin sendiri
      mana mampu hdw bikin CMS sendiri

      sebab tak ada produsen kasel yg mampu mengerjakan semua sendiri mandiri.
      yg bilang ada, uda pasti omong kosong haha!🀐🀐🀐

      koryo pon mengerti dan melihat celah ini, kalo HDW bisa kenapa mereka engga???

      Hapus
    2. kalo uda bisa bikin platformnya, isinya bisa ambil dari mana aja kok.

      ga usa takut di klaim sperti kata orang yg ngakunya perna kerja disono.
      doi paling disuru HDW haha!🀣🀣🀣

      mangkanya DSME, berani jual CBG.

      kasus ini, mirip LPD kita aja.
      kalo uda bisa bikin bodi/platform utuh, terserah kedepan model disainnya kita ubah bolak balik...panjang-pendek.
      isinya kita bisa beli dari perusahaan lain. dari mesin, TIPI ampe AC..kan gak harus koryo, bisa jepun ato bahkan buatan lokal cem politron kok haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      ayo maju terus, jgn mau di gombalin ama mediator, paling UUD haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    3. sangat jarang alutsista di daftarkan ke paten.
      mangkanya alutsista banyak ditiru tapi gak bisa diklaim.
      sapa coba brani klaim ke negerinya kim jong un, dirudal ama ndut loh haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      kemaren belhara pon hanya 10 taon dipaten di kita...
      lepas 10 taon selebihnya, kita jugak bisa bikin model gitu doank haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Lha kalo lepas 10 tahun tu. Lantas diperpanjang lagi patennya ....macam mana tuu

      Hapus
    5. tapi kalo yg berkaitan ama jeroan sperti teknologi, biasanya dipatenkan, soalnya nyawa alias duwit ini haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      mangkanya cara dapetinnya, antara bayar lisensi ama dimalingin haha!😊😊😊

      Hapus
    6. Betul itu mas Palu.

      Kalo alutsista dipatenkan maka harus dirinci kandungan logamnya, desain ruangan, perpipaan, perkabelan, seluruh isi dalemannya.

      Paling yang dipatenkan hanya desain kalo kita ubah dikit saja udah bebas dari pelanggaran paten sebab desain sudah berubah walopun sebagian besar mirip.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. lepas 10 taon lagi kita pindah ke omega om smilikity haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      tapi ingat, hull omega ituw sbnernya disain punya DZP, hanya bagian atasnya yg brubah cem zumwalt..itupon amrik mana bisa klaim disain kan haha!🀣🀣🀣

      tuch om woof2 aja ngarti...belok sedikit...ambyarrrr

      Hapus
    9. Dulu german nawarin tot loh tapi nga diambil,..??

      Hapus
    10. Hull omega = hull DZP.....jelas beda keles (emticon gue gak muncul, duh,duh,duh)

      Hapus
    11. Di DZP ruang mesin ada di satu lokasi, sedangken omega disebar ke 2 lokasi yg berbeda utk memastikan sistim penggerak kapal tetap beroperasi jika tertimpa muzibah pd ruang mesin

      Hapus
    12. Iyo mas'e, yen siji ngilu, iso pindah sijine...πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜‚

      Koyo cah KL, ra iso dienggo ngarepe, iso nganggo mburine.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Dobol

      Hapus
    13. Haneh depan kena, belakang kena dooooong.....

      Hapus
    14. Kalo dipatenkan bukannya malah kebuka rahasianya. Desain sampai yang detail pun terbuka. Jarang saya lihat produk militer dipatenkan,

      Hapus
    15. Intinya harus belajar & terus belajar.
      Koryo sekarang juga gak semudah itu dapat Tot 100%...mereka dapat terbatas...butuh puluhan tahun juga koryo hingga bisa membuat full KS seperti skrg(body)..kalau jeroannya tetap belum semua bisa di buat..karena jeroannya perkembangan teknologi yg cepat...sehingga yg lama cepat absurd.

      Indo beruntung bisa Tot kerjasama dngn korea...buat KS Improve CBG class...dimana KS ini nantinya juga menjadi standar AL korea..karena jeroannya yg memakai teknologi terkini...Sementara Cbg class koryo sudah ketinggalan teknologinya.

      Hapus
    16. Kroya tergolong mau mengajari. Serta tergolong mudah membagi teknology. Pengalaman 15 tahun kerja di perusahaan kroya membuktikannya. Contohnya saat teman saya yang bisa buat S/W Home Location Register. Dit3st dan ditawarin kerja di PT Telkom dan LEN. Di tolak, malah gawe di Isroil. Dedengkot VAS s/w Telco.

      Hapus
    17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    18. om smilikitik-kitik baca dolo ini, abis tuw...siyap2 setor jidat yach haha!πŸ€•πŸ€•πŸ€•

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Omega design features
      Damen explained to us that the Omega / FFI frigate is based on the proven LCF / De Zeven ProvinciΓ«n-class frigate hull form. The vessel features an hybrid propulsion system consisting of 4x diesel engines (two can be used for economic speed, four for sprint) plus 2x electric engines. The diesel engines are separated forward and aft for increased survivability. Power generation aboard the ship takes into account future weapon systems such as directed energy weapons.

      https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2018/november-2018-navy-naval-defense-news/6660-indodefence-2018-damen-unveils-6000-tons-omega-frigate.html

      Hapus
    19. angkanya aje sama, duh om smilikity mao protes, sila hubungi om bob haha!🀭🀭🀭

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Omega frigate / FFI early specifications:
      Length: 144 meters
      Breadth: 18.8 meters
      Displacement: 6100 tons
      Max. speed: 29 knots
      Range: 5,000 nautical miles @ 18 knots
      Endurance: 30 days at sea
      Stabilisation: Rudder roll (similar to LCF)
      Crew: 122 sailors (accommodations for up to 160)
      Storage space for 3x 12 meters RHIBs
      Hangar space for 2x medium lift helicopters and/or UAV.

      -----------------------------------------

      https://products.damen.com/en/ranges/air-defence-command-frigate/air-defence-and-command-frigate-14019

      Hapus
  39. https://www.instagram.com/p/CEjCzpBHGH6/?igshid=2olqdbcezhel

    Nih lon di tagih PT PAL kpn MRSS nya jadi disain nya, jangan nak hutang ye

    BalasHapus

  40. Empire Melaka .. Empire terhebat dan terbesar sepanjang sejarah di alam melayu nusantara ..

    https://www.thepatriots.asia/10-fakta-hebat-mengenai-hukum-kanun-melaka/?fbclid=IwAR2a8noI9tfQxl0L7aH6MHb50KPhItmRCCzq9GB0wAQR0BN4UwAV9E19A9M

    BalasHapus
  41. https://www.instagram.com/p/CERf3Sdn_Ji/?igshid=yum9572w56p3

    Iki πŸ‘† motor bertenaga listrik ke sido di pasar ke opo rak to, gen iso bersaing secara global lagian Indonesia kan juga produksi motor terbesar di asean

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gawean anak bangsa resmi lho kui πŸ‘†, sisan enteni mobil listrik ke hasil kerjasama Indonesia karo china

      Hapus
  42. kalian ngapain bertengkar padahal kalian juga ntar satu akihirat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nga ada urusannya dengan akhirat, akhirat itu urusannya @mas smilinghari


      πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Lhoooo kok.....wong urusanku gor jogo sendal thok

      Hapus
    3. Mas smiling, yen emo ra metu ki berarti isih dianggep robot...

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Robot ki obah dewe tanpo di obahne, koyotho : vibratol.

      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. 🀫🀫🀭🀭

      Hapus
    5. Buat malon dikecualikan. Hantam terus.

      Hapus
  43. Ini ada kapal destroyer China yang akan pensiun .. mungkin ini boleh dipertimbangkan Indon dalam program Kapal Secondnya itu ..

    Cina Pensiunkan Dua Destroyer Type 051 Terakhir, Satu Di Antaranya Pernah Meriahkan Arung Samudera 95

    https://www.indomiliter.com/cina-pensiunkan-dua-destroyer-type-051-terakhir-satu-di-antaranya-pernah-meriahkan-arung-samudera-95/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah apa urusannya dengan indo, urus saja itu LCS besi burok...

      Hapus
    2. Kan udah ambil LMS, situ ngemis juga akan dikasih itu destro..

      Kan pelanggan kapal china.

      πŸ˜›

      Hapus
    3. Gimana BNS buat LCs apa sudah pandai? Klo blm pandai silahkan enjiner malon berguru dgn kami.
      Tak usah gengsi.
      Kasihan tuh LCS kapal daratan busok��

      Hapus
    4. Mo berguru kemari?
      Emang udah punya duit & otaknya mampu diajarin?

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Yaah, paling gak suruh kursus baca blueprint dulu laah..

      Daripada nyusahin...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Belharra A.K.A Berhala Class apa kabar ?

      oh iya.. cuma mimpi basah siang bolong je.. 😁😁

      Hapus
    6. LCS adalah Berhala Class, karena teronggok di darat.

      Kalo raja Namrud masih ada, dia akan datang ke Boustead & memboyong berhala LCS itu.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  44. Dari roadmap pt.Pal, untuk khatam ilmu bikin kasel U209|Changbogo Indonesia perlu pesan 3 kapal selam lagi (batch 2) dr Koryo.

    Jadi sebelum 2030 pt.Pal dah bisa:
    -100% bikin kapal selam.
    -100% bikin fregate pkr1054
    -100% bikin kapal kelas Iver
    πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    Wow, apa yg akan terjadi dgn jiran sekitar 10 tahun ke depan?!
    πŸ€”πŸ€”πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin suram....its realπŸ˜€

      Hapus
    2. Makin jago songlap atau hilang dari peta.

      Hapus
    3. Hilang dari peta dunia sebagai negara atau berganti nama jadi Chinesia karena gabung jadi propinsi china.

      πŸ˜†πŸ˜πŸ˜…

      Hapus
  45. "Coba dicek......sopo sing durung absen kawit mau bengi !!!"

    https://m.detik.com/news/berita/d-5156415/pesta-gay-di-kuningan-jaksel-digerebek-polisi-9-orang-ditahan?tag_from=wpm_cb_mospopular_list

    BalasHapus
    Balasan
    1. ☝️🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Iki ono barang bukti.....mobil kia picanto lawas, plat H ora yo

      Hapus
    3. Barang buktine paling lengo jlantah mas'e...ben iso loss..

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Dobol

      Hapus
    4. Ssssssst.....kia picanto lawasan ki mobile juraganku je, xixixxi

      Hapus
  46. Pitrajaya..salam ya buat BNsd yg masih abal2 bina kapal..tengok ni PAL sudah berkembang bina kapal selam.
    BNS perlu byk belajar yah..kasihan kapal canggih tp malah jadi kapal daratan

    BalasHapus
  47. Dancukane.....pendak arep komen kudu nyebutke 10 jeneng iwak go mbuktekke yen dudu robot, byuh-byuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoo...kuwi salah sijine cara belajar online mas'e.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Itu cara google mengindentifikasi akun, itu akun robot apa bukan,

      Hapus
    3. Emang ada suruh nyebutin 10 jenis ikan mas..@smiling


      πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    4. ...
      Kemungkinannya GooGLe mengira kalau pak@hari adalah.....
      Robot......
      ......pemuas nafsu seks..?



      Guyon... pak@hari.
      Hehehehee... ampun pak.

      Hapus
    5. Iyo yake.....nitik seko resensi youtube ku

      Hapus
    6. kalau sering buka akun xnx*, jadinya ya gitu om@hari.

      malah dianggap robot

      Hapus
    7. Cilokane....padahal sing tak share ki link pemersatu bangsa je

      Hapus
    8. Mas essen tahu karena pengalaman pernah disuruh nyebutin 10 nama janda....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Kamongko aku ki ra tau memfollow link-link esek-esek lho......

      Hapus
    10. Paling gor tak screenshot njur disimpen thok ......

      Hapus
  48. Balasan
    1. Kere tenan....ning yen komen nylekethe nggene iki malah langsung mlebu

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‹πŸ¬πŸ‹πŸ¬πŸ‹

      Hapus
    3. Sing sabar mas'e

      Ke blondrok ngono kuwi mengko ilang dewe yen njenengan rong dino prei setor link ghoib..

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  49. Tukang rakit kok ngaku yang bikin seh, lebih hebat produk ori jerman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Rakit itu kalo sak bonggol2 an ne didatangkan dari luar Indo.

      Tengok road map PT.Pal, lihat gambarnya satu2. Tahap awal ngerakit blok2 dr koryo, tapi berikutnya bikin blok sendiri hingga semua blok dibuat oleh PT.pal.


      Hapus
    3. @jelajah alam hebatan cocotmu iso ne bacot bae

      Hapus
  50. Smilingharry koen iku gk lucu ora usah sok sokan lucu.. biarkan orang lain komen sesuai keahlian masing2 ora usah dadi provokator..jancok asu koen!!

    BalasHapus
  51. @Putra:
    Empire Melaka .. Empire terhebat dan terbesar sepanjang sejarah di alam melayu nusantara ..

    Sila buka google pak cik:

    - kesultanan melaka didirikan oleh raja parameswara dari Palembang. Sebelumnya beliau sempat mendirikan kerajaan di singapura. Sebelum kesultanan melaka muncul dah berdiri kerajaan Islam Samudra Pasai di Aceh.

    - taming sari adalah senjata dari kerajaan majapahit, pemberian raja kpd hang tuah sbg hadiah setelah menang duel dgn seorang pendekar di kerajaan majapahit.

    .....

    BalasHapus
  52. Kapan baku hantamnya sama Malon?
    Ya disudahi ajalah berantamnya,bukan apa2 karna ntar juga kalian semua pada ngumpul dineraka sakor amin,..

    BalasHapus
  53. Bicara pertahanan militer dan pangan hampir saban menit di media cetak tv dan anehnya belli jet tempur su 35 ga bisa ? "Doktrin pertahanan indonesia ga jelas mau di bawa ke mana tni ? Doktrin buat apa belli senjata harus segera di rubah kalau tidak indonesia bakal jadi suriah berikut nya di kremus negara agresor

    BalasHapus
  54. @Putrajaya
    DON'T CLAIM LAAH...
    https://en.m.wikipedia.org/wiki/Nusantara

    "....The word NUSANTARA is taken from an oath by Gajah Mada in 1336, as written in the Old JAVANESE Pararaton and Nagarakretagama.[5]...."

    Tidak diperbolehkan masuk ke malingsia...??? Sangat mudahlah para penceroboh masuk sepadan malon...tidak ada kawalan pon..πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜… kita kirim TKI 10 JUTA orang yaa...kasih wang kopi imigresen pun beres...

    SABAH MILIK KESULTANAN SULU...BAYARLAH UANG SEWANYA....

    πŸ˜…πŸ€£πŸ˜‚SALAM DARI PARAMESWARA/Sultan Iskandarsyah ke 1...ASLI WONG PALEMBANG....WONG KITO GALO...πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜…

    BalasHapus
  55. Yang penting lunas dan barang datang sesuai spesifikasi gempurgila makin stress πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  56. KRI.ALUGORO....TERBAIKLAH...BISA SELAM 300 m+++.....tidak seperti si kd. abdul dan si razak..selampun tak pernah....

    BalasHapus
  57. page military of malaysia di facebook terus2an hina indonesia & TNI > https://www.facebook.com/102237028254993/photos/a.103117848166911/138140634664632/?type=3&theater

    BalasHapus
  58. Selesaikan rencana pembuatan ''KS KELAS ANJING KAMPUNG'' kita sampe 12 KS !!!!! Baru loncat ke ''KS KELAS ANJING HERDER'' !!!! KUASAI semua pembuatannya!!!!
    Masalah harga.......AREP DI ISI OPO KAPAL SELAM me LE!!! MAKIN CANGGIH DAN SANGAR SENJATANYA yoooo nambah DUWITEEEE.......WANI PIRO SAMPEAN???!!!!

    BalasHapus
  59. Karena malays dengki Indonesia, beruk malays lebih senang wanitanya di KL di genjot genjot bangla dan kewangan dikuasai China. Faktanya pengusaha dan beberapa posisi penting di kerajaan malays sdh dikuasai orang orang Indonesia... Wkwkwk.. Malays kedekut tak sedar juga.. Sila ber delusi ria beruk beruk malays...

    Poor malays..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    😁😁😁😁
    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  60. tak dapat di nafikan Melayu sebagai tuan nusantara & asia tenggara , bangsa Melayu tersebar di rantau asia tenggara mulai dari campa di cambodia sampai tausug dan sulu di mindanao filipina selatan dari patani di thailand selatan sampai bugis di indon bahkan Melayu pun wujud di srilanka bahawa siapa menentang kekuasaan Melayu di rantau ini mesti binasa tak kira mana mana pun bangsa apa tah lagi bangsa lembik jawa babu

    BalasHapus