13 September 2020

Keel Laid for Third Australian OPV

13 September 2020

Third OPV to be named Pilbara (photo : RAN)

Keel laid for first Offshore Patrol Vessel built in WA

The Morrison Government’s National Shipbuilding Program has reached another milestone with the keel laying for the first Offshore Patrol Vessel (OPV) under construction in WA.

Minister for Defence, Senator the Hon Linda Reynolds CSC said the keel laying is an important naval tradition that brings good luck to the build of the ship and the life of the vessel by placing a coin under the keel.

“This milestone marks the start of the consolidation phase for the third Arafura Class ship to be built in Australia, named Pilbara by the Chief of Navy,” Minister Reynolds said.

“It demonstrates the success of this Government’s Naval Shipbuilding plan, with eight vessels already built and another 10 vessels currently under construction at Henderson and Osborne.

“Western Australia is playing a key role in the development of our national naval shipbuilding enterprise, and the Government’s $4.7 billion OPV program is spearheading the implementation of this plan and connecting with Australian industry.

“Since construction commenced ahead of schedule in March, the Luerssen and Civmec teams in WA have continued to make significant progress on building the blocks that, when complete, will form a 1,600 tonne 80 metre long OPV.

“Made with Australian steel, cut locally in WA, the OPVs will offer greater endurance to undertake maritime patrol and response duties, as well as support specialist missions.”

Minister for Defence Industry Melissa Price said the keel laying was of extra significance for her given the Pilbara was in her electorate of Durack.

“I have no doubt that people in my electorate and the wider WA community will be as proud as I am of the fact that this ship will be known as Pilbara, particularly given the region’s remarkable contribution to this country,” Minister Price said.

“I am very pleased that Luerssen and Civmec have been able to reach this milestone in such a timely manner, and I have no doubt that is due in part to the practices they put in place to deal with COVID-19.

“This project has created about 400 jobs here in Perth and involved more than 300 businesses across the Australian supply chain.

“It is on track to achieve more than 60 per cent local industry content.”

The OPVs are based on the Lรผrssen PV80 design.

The first two vessels are under construction at the Osborne Naval Shipyard in South Australia, and will be followed by 10 ships to be built at the Henderson shipyard.

(Aus DoD)

232 komentar:

  1. Balasan
    1. Hah? Pertalite ngan premium yg nak indon hapus tu ke? Partai indon kejam ngan rakyat macam Belanda

      Hapus
    2. Ru....ru....hahaha.dosa jariyah lu banyak ya ru...hahaha

      Hapus
    3. Pertalie & premium dihapus ? Tenang BIOFUEL OTW

      Hapus
    4. Sawanhalu kalau nggak bacot bukan Sawanhalu namanya. Wong 11-12 sama Sikandar sama Taik Aseng ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  2. Malon import 220 ribu barrel petroleum dari Pertamina ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl malon gk bayar maka resikonya gedung kembar Petronas akan di sita Pertamina ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Ko nie cerita tak bayar Korea ke?

      Hapus
    3. Malon ngutang soalnya uangnya buat bayar mamak kok tuk d gang bang

      Hapus
    4. Utang petronas ke PGN kapan bayar ru....
      Tambah lagi utang solar ke pertamina...hahaha

      Hapus
    5. Sawanhalu kalau nggak bacot bukan Sawanhalu namanya. Wong 11-12 sama Sikandar sama Taik Aseng ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  3. Om om smua warga gank merah putih nti klo ad yg masuk bicara politik tolong d IYA in aj biar gk panjang panjang klo bisa gk usah d gubria apalagi menyangkut bpjs, partai,proxy xi jin ping wkwkwkw...biarin aj lah klo gk d iya in aj....demikian sekilas info..wuuuuuuuuuus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nape tak lebih spesifik? Merah putih yg pro xie jie ping, kasihan rakyat indon lain yang truly merah putih nanti

      Hapus
    2. Lha rak malah mas @ILW mblenjani janji.....cen angel tenan tuturanmu ๐Ÿ˜Œ

      Hapus
    3. Ru....ud dpt nasi bungkus blm ru,hari ini...mayan ru,jd kaga ngutang di warteg...hahaha

      Hapus
    4. Sawanhalu kalau nggak bacot bukan Sawanhalu namanya. Wong 11-12 sama Sikandar sama Taik Aseng ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  4. Good good indon kalah banding Singapura and Australia

    BalasHapus
  5. Semuanya akan kita produksi sendiri, nikel sampai cpo akan pasti dilarang di eksport, yg boleh di eksport nantinya cuman barang jd ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช

    https://petrominer.com/pertamina-rintis-pembangunan-pabrik-bioavtur/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon cuman boleh bina sempak jalur gemilang ๐Ÿคง๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Jangan lupa kapal museum dan casino terapung maharajalelah om..

      Hapus
  6. Dah lar, pircaya aku, militer indon maju lepas 2024..tengok jer

    BalasHapus
  7. Sampai saat ini yg boleh dibina malon cuman sempak jalur gemilang ๐Ÿคง๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Ya sempak jalur gemilang udah eksport ke manca negara ๐Ÿคง๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Boleh pesan lewat shopee tak, aku nak pesan banyak lah wkwkwkwk kalau bisa COD lah ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  8. Tanpaknya ada pemuja candi hambalang

    BalasHapus
  9. Jewawut13 September 2020 15.42
    Ini pasti Gegara Xi Jin Ping

    August 3 ·
    Pisang Berbuah Dua Kali

    Saya tak tahu nak mula kat mana. Nak cakap bodoh, tak juga bodoh. Nak cakap bangang, saya pun sama bangang.

    Hari ini Menteri Pertahanan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob telah mengumumkan bahawa projek LCS atau SGPV telah mengalami kelewatan yang teramat sangat. Sehinggakan kelewatan selama 30 bulan. Akibatnya, kedua-dua kapal kelas Maharajalela tak siap-siap sehingga ke hari ini sedangkan sepatutnya telah diterima masuk perkhidmatan hari ini.

    Ini umpama pisang berbuah dua kali. Dahulu di bawah nama PSC Naval Dockyard Sdn Bhd, projek NGPV, janji 24 cuma siap 6 buah. Hari ini, janji 6 siap 2 yang pun tak siap mana pun. Memang bongok lah mereka-mereka yang menyokong projek ini, termasuk saya sendiri.

    Selama 30 bulan, projek tak berjalan. Bermakna kelewatan ini bermula sebelum PRU14, sekitar Disember 2017. Di saat Disember 2017, kelewatan disebabkan kegagalan memilih sistem pertahanan udara dan sistem peluru berpandu, yang dijangkakan dapat diselesaikan selepas PRU.

    Habis PRU, BN kalah. Naik parti-parti yang selama ini tuduh BN tidak telus dengan projek pertahanan. Tetapi tiada sekelumit pun suara mengenai kelewatan projek ini. Apa yang mereka buat ada projek kertas putih pertahanan yang tidak membawa sebarang makna dalam mengukuhkan pertahanan negara. Cuma fader mader elefant fight fight. Takpun roti John sedap.

    Di manakah perginya keupayaan kita terdahulu dalam membina kapal? Di manakah kepakaran Hong Leong Lurssen yang pernah membina kapal jenis Jerung?

    Atau semua sudah dipegang kroni?

    Dengan keadaan ATM secara keseluruhan yang bakal bertaraf daif, kerajaan perlu bertindak. Ambil FMS jika perlu. Ambil EDA jika perlu. Jangan sombong dan jangan ngegeh, bak kata orang Sarawak.

    Dan bagi syarikat-syarikat seperti Boustead yang jadi seperti lintah ke atas kontrak kerajaan ini, amatlah baik sekiranya disyorkan agar para peneraju disiasat kerana tindakan mereka selangkah lagi menjadi pengkhianat negara.

    Padanlah baru-baru ini, ada rakan yang rapat dengan kerabat menyuarakan kegusaran hal ehwal pertahanan negara.

    Di kala jiran-jiran kita menambah gigi masing-masing, gigi kita pula luruh.

    Memang benar ada pepatah, jangan diganggu harimau yang tidur. Tetapi siapa yang akan takut kalau sang harimau sudah tiada taring?

    Sudahlah sampai di sini, sebelum saya tercarut sampai tergigit lidah nanti.

    Berikut adalah cadangan dan saranan MMP kepada Pihak Kerajaan kena buat

    1. Kerajaan dengan apa cara sekalipun wajib menyiasat isu kelewatan ini. Pembayaran telah dibuat dan berdasarkan jadual kita seharusnya telah menerima 2 buah kapal yang telah siap.

    2. Kami mencadangkan agar PAC dan SPRM menyiasat dengan mendalam isu kelewatan ini khususnya terhadap Boustead. Isu ini menjadi duri dalam daging kepada TLDM khususnya dan industri amnya maka tindakan tegas wajib diambil keatas pihak yang berkenaan.

    3. Kita melihat pilihan ketiga yakni membatalkan terus kontrak dengan Boustead sebagai sangat merugikan, memandangkan pembayaran untuk 6 buah kapal telah dibuat dan kapal pertama dan kedua hampir siap manakala kapal ketiga,keempat dan kelima dalam pembuatan. walaubagaimanapun kami melihat barisan kepimpinan Boustead wajib ditukar sepenuhnya atau syarikat diambil alih sepenuhnya oleh limbungan lain yg lebih berkemampuan.

    4. Kita tidak boleh menerima hanya 2 sahaja kapal disiapkan melalui pilihan 1 dan 2 seperti yg disebutkan oleh Menhan. Ini akan menyebabkan pelan pemodenan TLDM sekali lagi terbantut. Kita telah menghadapi masalah sama dengan program NGPV. Ini tidak boleh berulang sekali lagi.

    5. Wujudkan suruhanjaya siasatan diraja RCI untuk menyiasat isu ini.

    Hook or by Crook

    MMP mahukan 6 buah Kapal disediakan bukan 2 buah seperti yang dinyatakan

    Ingat Kapal LCS tu power gila ke sampai sebuah kapal harga RM 3 billion.

    Kami mahukan kerja dibuat.

    Ye kami bising dan siap mencarut kerana RM6 billion itu ada sebahagian nya adalah hasil titik peluh duit rakyat iaitu Kami

    WarPig

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jewawut13 September 2020 15.45
      Aqashah Salehhudin company malaysia buat kapal mmg cap ayam..mmg jenis style dh byr penuh terus cabut perangai dr dulu smpi skrg sama je..dari kontrakter bawahan smpi kontrakter kayangan perangai xberubah

      Faizal S Satu projek memalukan negara oleh BNS, dengarnya bab selenggara kapal selam pun depa kena penalti dari kerajaan

      Zaheri Mohsin Kene kutuk kaw2 dgn kawan2 mendonia seberang...malu oiii..mano nk di lotak an muko ni..duit dah bayar kojo tak jalan..PSC tuka Boustead..org dlam buek kojo mcm bastard..result eh samo mngecewokan...TOT abah kau

      Ikhwan Yajid Maka semakin tersenyumlah penganalisis ketenteraan negara jiran membaca posting seumpama ini..��

      Mohd Farhan Paan SG Akhirnya LCS kita btol2 halimunan�������� smoga terus jadi bahan ketawa jiran serantau. Dlu kita kutuk2 jiran. Skrg jiran ketawa besar tgok aset pertahanan negara sndiri.. Lgsg xde yg boleh dibanggakan.

      Muhamad Erywan Isu lama NGPV berulang kembali. Dari 27 bji kapal siap dibina 6 buah.LCS 6 bji kapal bakal siap 2 kapal sahaja. Dah tiba kerajaan jgn memberi kontrak pda syarikat bermasalah yg tiada kemampuan utk siapkan.Patutnya bagi firma DCNS Franche siapkan ni harapan nak bg blueprint tp firma local pun x mampu nak siapkan.klu mcm ni sikap company local mmg susah nak bersaing dgn firma SG

      Hifzurdin Hussin Ini bru betul" stealth admin.... Dri mata kasar xnmpak... Dri radar pun xnmpak.... Tahniah diucapkan kpd Boustead Naval Shipyard

      Hapus
    2. Jewawut13 September 2020 15.47
      Raja Amirul jadi bahan ketawa geng seberang lagi....

      Firdaus Nana Raja Amirul seberang lg canggih dari kita bro skrg

      Bos Ku Satu lagi tambahan min, bekukan akaun jerung jerung yang terima 6 bilion, kalau nak guna duit audit kerajaan akan buat pemantauan perbelanjaan

      Wan Wan Dua kali dah jadi, kali ni RM6b terbang. Kerajaan nampak macam tak kisah langsung, macam nak lindung penyangak2 dalam bousted tu. Tak nampak usaha nak siasat, lapor SPRM. Macam ada deal bawah meja pulak masing2

      Shamsuri Ryukendo Kna wat kompeni kapal jugalah...x siap pn...dpt fulus mmbukit haha... Sampai bila lah yea nk mcm ni...pinoy pn rasa dh mngatasi kita dri segi perolehan aset...

      Joe Alwi Please no more rhetoric TOT la national project la.. at the end habis duit kene kapur...x belajar2 lagi ke dgn project ngpv dulu...memang sial pada mana2 pihak yg x jujur dan ambik kesempatan pada projek lcs ni...semoga korang dapat musibah cash kt dunia ni..

      Dol Guldur Kepada kwn2 yg xtaw...PSC naval dockyard yg buat NGPV tu adalah syarikat yg dah bertukar nama kepada Bousted yg buat LCS ni...���� Jadi sama2 pakat terkena la kita..no wonder la kerajaan xbelajar dari sejarah kesilapan ketika pembuatan ngpv dulu....sbb keluar mulut buaya,masuk mulut jerung ��

      Aiman Hilmi Baik beli dari luar je.. jimat pon jimat... guna ja cadangan aku nie.... company dlm negara x boleh pakai... semuanya rasuah tiada ketelusan dalam mempertahankan negara... dari atas sampai bawah.. dari projek mula buka tander sampai dapat tander semua dihulurkan dengan duit.. aku bukan nak menuduh tapi nielah yg terjadi dalam malaysia.. sampai bila nak maju.. baik beli ja yg siap dari luar murah pon murah.. siap pon siap.. bukan byr duit 6bilion dpt besi buruk...

      Muhammad Franz Firdauz Msti permaisuri perak agk murka kerana bginda yg launch n nmekn kpl lcs 1 pd ogos 2017



      KOHKOHKOH.....

      Hapus
    3. Moh Franz Firdauz@ permaisuri perak gk akan murka wong dia jg dapat wang kopi2 jg dari LCS ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. Seronok sangat lah klo tengok komen2an warga MMP soalan defense mereka yg koyak oleh tipu daya jerung2 di company mereka, lanjutkan bro situngkir kita senang bacanya

      Hapus
  10. The OPVs are based on the Lรผrssen PV80 design.

    The first two vessels are under construction at the Osborne Naval Shipyard in South Australia, and will be followed by 10 ships to be built at the Henderson shipyard.

    ------------------

    Naaahh mantab base on lagi nich!!! haha!������
    jadi teringat om smilikitik kitikk

    luursen jg suhunya pt pal proyek KCR-57 meter hore haha!������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om...dl Lursen bantu kita buat FPB-28 sama FPB-57,meskipun awalnya kita beli beberapa FPB-28/57 dr mereka sisanya di buat disini...sayang kaga lanjut lagi kerjasama ama luursen...

      Hapus
    2. nyoiiih jermin, luursen jg ikutan proyek PKR, LF-105 klo gak salah namanye.
      tp rontok ditangan meneer blande dgn konsep sigmanye, gpplah jerman aje sikat blande punyak kan haha!������

      Hapus
  11. Cina hebat ah level dunia angkatan lautnya,Malon level fasifik,kita level asteng.pertinyiinnyi bisahkah TNI AL naik jadi level Asia fasifik.?
    Dunia lawannya as,Rusia dll,...
    Fasifik lawannya Timor Leste,vanuatu,dll,......
    Asia fasifik lawannya Jepun,Korsel,australili dll,..........
    Asteng lawannya singa,Vietnam,tailand dll,..........
    Diasteng kita masih kalah sama singa dan Vietnam.gimana mau naik level Asia fasifik apalagi dunia wong diasteng aja masih kalah,gitu katanya kita Uda kuat,gak ada perang,gila seken,yg penting ada,pelit,dan banyak bacot๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ru,dengerin tuh netizen pada nolak barang2 second yg dilirik2 sama om mu tuh

      Hapus
    2. Elo tu yg banyak bacot...kami santai knp kau yg kebakaran jenggot..emang lo suapa ngatur ngatur

      Hapus
    3. Sabar kang...sabar...kita liat aja nanti..saya yakin kita bisa lebih maju nanti..kita liat kinerja orang yg anda singgung itu nanti..kalau harus kuat..ya mandiri..kalau dah mulai mandiri,kembangin terus hingga bener bener mandiri..dan semua itu butuh waktu dan proses..

      Hapus
    4. Tulisan halu dan ngawur. Masa malon level pasifik. Wkwkwkwk

      Hapus
    5. Oh ya..satu lagi..kemandirian kita yg paling maju di asteng..memang ilmunya baru di serap sedikit..contoh,frigate dan kasel..tapi setidaknya kita udah memulai toh?kita tunggu nanti sekarang masih berjalan dan dalam proses penyerapan ilmu..toh gak ada kan?yg TOT langsung 100% bisa??

      Hapus
    6. @unknown

      "Fasifik lawannya Timor Leste,vanuatu,dll,......"


      Menurut opini si doctor ini wowkwo

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Dari gaya 5 tahun pertama yg sudah dilalui bisa di prediksikan untuk 5 tahun yg kedua, filosofi nya sdh jelas tdk akan perang dlm 20 tahun, hatinya itu ada di infrastuktur bukan di Alutsista.

      Hapus
    9. Kerena dah ade 11.000 triliun dan asyik Naik harga, terus hutang

      Hapus
  12. Malon dah level Pasifik ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚...yg benar aja om,malon gk ada aset frigate terbaharu,gk ada heli ASW,gk ada pesawat MPA,gk ada LPD,gak ada LST,gk ada kapal hospital,gk ada corp marine,gk ada tank amphibi,TLDMnya gk ada howitzher & SPH Vampire,gk ada kapal bantu cair,gk ada misil anti kapal generasi terbaharu,kapalnya banyak yg ompong tiada misil dan sensor,gk ada misil SAM generasi terbaharu kok dikatakan level Pasifik...om,om kl mabuknya jgn di sini om ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk..opini d.rudal tolol om๐Ÿ˜‚
      ๐Ÿ‘‡
      "Fasifik lawannya Timor Leste,vanuatu,dll,......"

      Tapi..buat d.rudal lanjutkan kritikanya;)

      Hapus
  13. Indonesia the land@
    Kok nengok itu pake matA jangan pake dengkul!lu gak terima faktA ya,.....?
    Jujur itu sakit dek tapi itulah faktA nyA jadi jangan sok kuat tapi sebenarnyA lemah.hidup itu harus jujur dan mau alias legowo kalau fakta sebenarnya masih lemah,masih kelas asteng itupun masih kalah,bangun Woi
    Jangan banyAk bacot aja sama Malon.
    ๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha lu sendiri tengoknya pake pantat

      Hapus
    2. Manusia stress,...๐Ÿ–•
      Gak mau terima faktanya๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

      Hapus
    3. ๐Ÿ‘†manusia setengah kambing, suka pake kolor neneknya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  14. Maharaja lela... Keturunan raja bugis dari Luwu Sulawesi...

    Sampai pahlawan pun impor malaysia ini.... Apa tidak ada nyali dan keberanian kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PM terbaru malonpun si Muhyiddin import dari Indonesia,bapaknya orang Bugis ibunya orang Jawa... pribumi tempatan asli malon gk ada kepakaran dan kemampuan untuk mimpin Malon ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  15. Negara maju ga mungkin lah beli kapal sejelas begini dari Cina.....

    ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  16. Tank terbesar di dunia adalah maharaja lele.,tingal kasih roda ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan di kasi balon kuning sebagai radarnya dan ia boleh mengesan F-22 halimun US ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  17. Mat rempit@
    Fasifik bukan Asia fasifik ya,....
    Fasifik itu masuknya Timor Leste,vanuatu,Papua Nugini,dll....
    Kok Asia fasifik itu masuknya Korsel,jepun australili,Mesir,turki,dll,...
    Ini kategori kelas bukan letak negaranya,tapi levelnya.
    Yg rendah kelas Somalia,fasifik,asteng,Asia fasifik,baru dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon itu bkn kelas Pasifik om,malon masih sekelas Somalia ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  18. Gempurgila mana ya,kok dia senyap,apa dia lg jualan jubor di genting Highland ya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  19. Dimana mana pd keel laying buat kapal perang or patrol dan akhirnya terwujud jd bentuk utuh 100% kapalnya tapi ada alkisah disuatu dockyard di suatu negeri akibat rasuah yg me maharajalelah menghasilkan kapal yg dapat dikenang penerus mereka,' kapal yg tak kunjung wujud '


    Inti cerita rasuah harus dihentikan dgn penjahatnya dipenjara dan hartanya di rampas negara, guna bina kapal baru yg nyata.

    BalasHapus
  20. Keliatan kokoh ni kafal.. coba dites buat senggol senggolan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset.. ni kafal gotong rudal jugak ternyata ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      https://youtu.be/59yFD_LTQL8

      OPV rasa kopet๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. 12 kafal x 4 rudal = 48 rudal mantaf ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Tpi entah nanti punya ausi speknya gmna hehe

      Hapus
  21. Ohya..indonesia dah bisa bikin OPV sendiri kan?bahkan
    pt.tesco indo maritim yg notabene nya swasta ikut tender pengadaan opv kan??
    (Kalo gak salah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lawannya pt DRU sama pt PAL

      Hapus
    2. Mantap..swasta mau pun bumn bersaing secara sehat..tidak heran nanti akan muncul ide baru๐Ÿ‘

      Hapus
  22. Balasan
    1. Iya om @anoa ada banyak orang pengecut dan suwandru yg menyamar jadi MALON untuk menjelekin bangsa kita jadi komennya gk segreget dulu

      Hapus
    2. @(UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier
      selama ada sawanhalu, sikandar, d rudal reinkarnasi cythia suka rudal, gempurgila dan chineysia lainnya, nggak bakal se seru dulu bro.

      @Kang Yotaka iya bung, dulu komennya pada membangun semua, kalaupn ada debat juga buat kebaikan bersama.

      Hapus
  23. Lepas ni akan ada warga jiran yg bangga2kan ini karya FPDA, buat dimana yg bangga dimana

    BalasHapus
  24. https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2020/09/730683/kematian-anggota-atm-10-saksi-sudah-diambil-keterangan

    kwkwkwKwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  25. https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2020/09/730738/177-pelajar-sekolah-menengah-positif-dadah-di-johor

    Pantas aja bangsa pemuda melayu susah untuk bersaing ilmu, pengetahuan, teknologi dan kemampuan dengan bangsa china, India, Bangladesh dan Indonesia.

    BalasHapus
  26. Kenapa ya Indonesia tdk bisa seperti negara2 lain yg order Combat Ship lgs 4 atau 10 like as Australia gitu. Kenapa hrs di icrit2 pesanannya. Toh anggaran sdh bisa diperhitungkan dan dianggarkan. Apalg sdh menganut MEF, kan lbh jelas kemana arah pengembangan postur TNI ke depan. Sedih bgt niy ๐Ÿ˜”

    BalasHapus
  27. PT TESCO dan PT DRU hanya kebagian membuat kapal2 kecil ukuran KCR 40. KCR 60, Korvet, Fregat ,,, sptnya sdh jatah PT PAL. Kecuali Non Combat Ship ya ,,, spt LST, dll. LPD aja sdh domain PT PAL. Knp hrs begitu ya?

    BalasHapus
  28. OP BENTENG – 25 PENDATANG ASING ASING TANPA IZIN WARGA INDONESIA DITANGKAP DALAM DUA SIRI SERBUAN

    KOTA TINGGI, 13 September 2020 - Markas Divisyen Ketiga Infantri Malaysia (3 Divisyen) melalui unit yang sedang melaksanakan operasi berjaya membuat dua siri tangkapan melibatkan 10 orang Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) warga Indonesia yang ingin pulang ke Indonesia dan 15 orang PATI yang baru masuk ke Malaysia. Kejadian tersebut berlaku di sektor OP BENTENG kawasan tanggungjawab Briged Ketujuh Infantri Malaysia (7 Briged) oleh Pasukan Batalion Pertama Rejimen Renjer Diraja (1 RRD) pada 13 Sep 20 jam 2.30 pagi dan 10.00 pagi.

    Pada 13 Sep 20 sekitar jam 1.00 pagi, anggota petugas Pos Pemerhati telah membuat serbuan setelah melihat sebuah bot kecil sedang merapati pesisir pada jarak 400 meter dari pantai Padang Mulud, Bandar Penawar, Johor.

    Hasil serbuan telah berjaya menangkap 9 PATI Warga Indonesia yang sedang bersembunyi di dalam semak dipercayai sedang menunggu untuk menaiki bot pulang ke Indonesia. Walau bagaimanapun, bot tersebut terus beredar dari lokasi tersebut.

    Pada jam 2.30 pagi, Kumpulan Quick Reaction Force (QRF) yang turut digerakkan menjejaki saki baki PATI berdasarkan pengesanan tapak kaki telah berjaya menangkap seorang PATI yang melarikan diri dan bersembunyi di hutan pada jarak 1 kilometer dari lokasi serbuan.

    Pada jam 7.30 pagi, anggota Petugas Pos Pemerhati telah membuat serbuan setelah mengesan lokasi persembunyian di kawasan hutan pada jarak 300 meter dari Pos Pemerhati telah berjaya menangkap empat PATI warga Indonesia yang baru masuk ke Malaysia.

    Pada jam 10.00 pagi, kumpulan QRF pula berjaya menangkap 11 lagi PATI yang bersembunyi di kawasan hutan pada jarak 800 meter dari lokasi serbuan yang juga merupakan PATI yang baru masuk ke Malaysia.

    BalasHapus
  29. Woi..laut Natuna crott...jadi pengen lihat seberapa solid qt punya pager betis... .Coastal defence system???#@$$$@...T-T..mana tahan aduduu ;) Tabik

    BalasHapus
  30. ...musim hujan, sepertinya sudah tiba...Pur KL kebanjiran nggak ?















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  31. macamla jakarta tak selalu banjir...wkwkwkwkwkw..

    dengarnya Jakarta bakal tenggelam ye ke...?? wkwkwkwkwkwkw

    dengarnya pindah ibu kota juga batal.... takde wang katanya... kasihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Pindah Ibu Kota itu secara BERTAHAP Pur

      dan dimulainya dari tahun 2021





















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ...5 tahun pertama, membuat fasilitas UTAMA

      ...5 tahun kedua, membuat fasilitas PENDUKUNG

      dan

      ...5 tahun ketiga s/d 15 tahun membangun kota dan pemukiman



















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. ...Serawak dan SABAH pun, nanti NGILER dech kalau Ibu Kota BARU sudah jadi...Pur ?




















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. ...dirancang sebaik mungkin supaya tidak LONGSOR dan BANJIR...karena berada dilahan BUKIT SOEHARTO dan juga pohon2 Utamanya dijaga serta ditambah tanaman hias + bunga2 tentunya baik Asli Indonesia ataupun dari Luar Negeri



















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    5. 2021....??? ITU MASIH ATAS KERTAS BRO... selagi corona terus mengikat INDON pindah ibu kota hanya tinggal omongan kosong saja...

      Hapus
    6. 5 tahun...5 tahun...5 Tahun... bro JAKARTA sudah tenggelam bro masa tu..sudah 15 tahun wkwkwkwkwkwkw...

      Apa punya perancangan ni... 15 tahun bukan sekejap bro... JAKARTA setiap tahun makin ditengelami air..

      Hapus
  32. 20 PATI DITAHAN CUBA MASUK MALAYSIA

    SUNGAI BESAR: Cubaan 20 pendatang asing tanpa izin (PATI) cuba menyusup masuk ke negara ini, mengundang padah apabila ditahan Pasukan Gerakan Am (PGA) Batilion 4 di Sungai Nipah, Sungai Haji Dorani, di sini, semalam.

    Pegawai Pemerintah Batilion 4 PGA, Superintendan Zulafendy Hassan, berkata semua individu terbabit ditahan menerusi Op Benteng COVID di lokasi berkenaan jam 12.30 tengah malam.

    "Hasil operasi itu, kami menahan 13 lelaki warga Indonesia berusia 21 hingga 41 tahun dan tujuh wanita warganegara sama berusia 24 hingga 40 tahun.

    "Siasatan lanjut mendapati, semua mereka disyaki baru tiba dari Indonesia dan masuk melalui jalan tidak diwartakan (jalan laut) dengan menggunakan bot dan seterusnya mendarat di pesisir Sungai Nipah," katanya menerusi kenyataan, hari ini.

    BalasHapus
  33. ...Pur, nich si Oby Saputra69 saudara BERUKmu...sepertinya dia nggak bisa pulang ke MALON

    dia bikin VLOG terus di Surabaya, Jogjakarta, Bandung, Jakarta, ke SumaterA dll.

    nich dia lagi nyobain MRT bawah tanah Jakarta

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    https://youtu.be/hNMsoHeiVao




















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  34. Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Jumat, 11 September 2020 | 09:37 WIB





    Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

    KONTAN.CO.ID - PETALING JAYA. Pusat kota Kuala Lumpur dilanda banjir bandang setelah hujan lebat di sore hari.

    Melansir Free Malaysia Today, sebuah foto yang diposting di media sosial menunjukkan Masjid Jamek dikelilingi oleh banjir. Sejumlah netizen mengatakan area masjid telah berubah menjadi pulau.


    Banjir dan hujan lebat menyebabkan kemacetan besar-besaran di seluruh Lembah Klang.

    Menurut para pengguna media sosial Malaysia, Jalan Ampang, Jalan Tun Razak, Jalan Lai Tet Loke dan Jalan Ipoh termasuk di antara jalan-jalan yang terendam banjir.

    Baca Juga: Soal pelarangan warga Indonesia masuk ke 59 negara, begini penjelasan Kemenlu

    Foto yang diunggah oleh Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur menunjukkan tingkat banjir, dengan personel membantu menyelamatkan sepeda motor yang terendam air.

    Sedangkan Bernama melaporkan, lima wilayah terparah adalah Lebuh Ampang, Jalan Raja Alang (Kampung Baru), Lorong Air Leleh (Setapak), Jalan Gurney dan Jalan San Ah Wing (Semarak) di sini.

    Baca Juga: Mahathir posting pidato mosi tidak percaya terhadap Perdana Menteri Malaysia

    Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur, Nordin Pauzi, mengatakan bahwa departemen tersebut mulai menerima laporan banjir di Kuala Lumpur dari pukul 16.25 meskipun hujan mulai turun pada pukul 13.30.

    "Sejauh ini belum ada kecelakaan, hanya mobil yang terjebak banjir," jelas Pauzi seperti yang dilansir Bernama.

    Banjir naik setinggi antara satu hingga tiga meter di daerah bencana.

    Departemen tersebut mengatakan 15 orang yang terjebak oleh banjir di Jalan Gurney dan Kampung Periuk di Jalan Raja Alang, namun berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

    Selain itu, lima korban dari Kampung Periuk kini mengungsi di pengungsian banjir Klub Sultan Sulaimani. KUALA LUMPUR BENAR BENAR JADI KOLAM LUMPUR BENERAN.... WKWKWK๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

    BalasHapus
  35. Kasihan INDON baru merasa MRT bawah tanah ya... wkwkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  36. Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Jumat, 11 September 2020 | 09:37 WIB





    Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

    KONTAN.CO.ID - PETALING JAYA. Pusat kota Kuala Lumpur dilanda banjir bandang setelah hujan lebat di sore hari.

    Melansir Free Malaysia Today, sebuah foto yang diposting di media sosial menunjukkan Masjid Jamek dikelilingi oleh banjir. Sejumlah netizen mengatakan area masjid telah berubah menjadi pulau.


    Banjir dan hujan lebat menyebabkan kemacetan besar-besaran di seluruh Lembah Klang.

    Menurut para pengguna media sosial Malaysia, Jalan Ampang, Jalan Tun Razak, Jalan Lai Tet Loke dan Jalan Ipoh termasuk di antara jalan-jalan yang terendam banjir.

    Baca Juga: Soal pelarangan warga Indonesia masuk ke 59 negara, begini penjelasan Kemenlu

    Foto yang diunggah oleh Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur menunjukkan tingkat banjir, dengan personel membantu menyelamatkan sepeda motor yang terendam air.

    Sedangkan Bernama melaporkan, lima wilayah terparah adalah Lebuh Ampang, Jalan Raja Alang (Kampung Baru), Lorong Air Leleh (Setapak), Jalan Gurney dan Jalan San Ah Wing (Semarak) di sini.

    Baca Juga: Mahathir posting pidato mosi tidak percaya terhadap Perdana Menteri Malaysia

    Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur, Nordin Pauzi, mengatakan bahwa departemen tersebut mulai menerima laporan banjir di Kuala Lumpur dari pukul 16.25 meskipun hujan mulai turun pada pukul 13.30.

    "Sejauh ini belum ada kecelakaan, hanya mobil yang terjebak banjir," jelas Pauzi seperti yang dilansir Bernama.

    Banjir naik setinggi antara satu hingga tiga meter di daerah bencana.

    Departemen tersebut mengatakan 15 orang yang terjebak oleh banjir di Jalan Gurney dan Kampung Periuk di Jalan Raja Alang, namun berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

    Selain itu, lima korban dari Kampung Periuk kini mengungsi di pengungsian banjir Klub Sultan Sulaiman. KUALA LUMPUR BENAR BENAR JADI KOLAM LUMPUR BENERAN..... TEMPAT BERUK MALASSIA MANDI LUMPUR....WKWKWK ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

    BalasHapus
  37. Jakarta Bakal Tenggelam Lebih Cepat dari Kota Mana Pun di Dunia

    Seorang pakar memperkirakan Ibu Kota Indonesia, Jakarta, akan tenggelam ke laut lebih cepat daripada kota-kota lain di dunia. Sekitar 95 persen wilayah utara ibu kota ini diprediksi berada di bawah air laut pada tahun 2050.

    Kondisi geografis Jakarta saat ini melengkung dengan beban pertumbuhan yang cepat dan pembangunan infrastruktur. Menurut perkiraan pakar, kota ini ambles hingga 25 sentimeter per tahun dan perlahan ditelan oleh naiknya permukaan laut.

    Jakarta—rumah bagi 34 juta orang—sudah kelebihan penduduk dan, sebagian, secara harfiah memberi jalan untuk tenggelam karena menanggung beban pembangunan yang berlebihan.

    Tetapi penyebab utama dari tenggelam wilayah Jakarta nanti adalah bahwa 60 persen penduduk dan bisnis yang mengambil air langsung dari tanah.

    "Ini bencana," kata Profesor Heri Andreas, pakar penurunan tanah dari Institut Teknologi Bandung. "Jika kita mengambil air tanah, tanah menjadi padat, jadi yang di atas menjadi lebih rendah dan lebih rendah," ujarnya.

    "Beberapa bagian di Jakarta sudah tenggelam sekitar empat meter sekarang dan di masa depan mungkin kita dapat mendapati dua atau tiga meter lagi," paparnya, dikutip media Australia, 9news.com.au,


    link
    https://international.sindonews.com/berita/1422173/40/jakarta-bakal-tenggelam-lebih-cepat-dari-kota-mana-pun-di-dunia

    BalasHapus
  38. Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Jumat, 11 September 2020 | 09:37 WIB





    Banjir besar melanda jantung Kuala Lumpur, Malaysia
    Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

    KONTAN.CO.ID - PETALING JAYA. Pusat kota Kuala Lumpur dilanda banjir bandang setelah hujan lebat di sore hari.

    Melansir Free Malaysia Today, sebuah foto yang diposting di media sosial menunjukkan Masjid Jamek dikelilingi oleh banjir. Sejumlah netizen mengatakan area masjid telah berubah menjadi pulau.


    Banjir dan hujan lebat menyebabkan kemacetan besar-besaran di seluruh Lembah Klang.

    Menurut para pengguna media sosial Malaysia, Jalan Ampang, Jalan Tun Razak, Jalan Lai Tet Loke dan Jalan Ipoh termasuk di antara jalan-jalan yang terendam banjir.

    Baca Juga: Soal pelarangan warga Indonesia masuk ke 59 negara, begini penjelasan Kemenlu

    Foto yang diunggah oleh Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur menunjukkan tingkat banjir, dengan personel membantu menyelamatkan sepeda motor yang terendam air.

    Sedangkan Bernama melaporkan, lima wilayah terparah adalah Lebuh Ampang, Jalan Raja Alang (Kampung Baru), Lorong Air Leleh (Setapak), Jalan Gurney dan Jalan San Ah Wing (Semarak) di sini.

    Baca Juga: Mahathir posting pidato mosi tidak percaya terhadap Perdana Menteri Malaysia

    Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kuala Lumpur, Nordin Pauzi, mengatakan bahwa departemen tersebut mulai menerima laporan banjir di Kuala Lumpur dari pukul 16.25 meskipun hujan mulai turun pada pukul 13.30.

    "Sejauh ini belum ada kecelakaan, hanya mobil yang terjebak banjir," jelas Pauzi seperti yang dilansir Bernama.

    Banjir naik setinggi antara satu hingga tiga meter di daerah bencana.

    Departemen tersebut mengatakan 15 orang yang terjebak oleh banjir di Jalan Gurney dan Kampung Periuk di Jalan Raja Alang, namun berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

    Selain itu, lima korban dari Kampung Periuk kini mengungsi di pengungsian banjir Klub Sultan Sulaimani. KUALA LUMPUR BENAR BENAR JADI KOLAM LUMPUR BENERAN... DI TAMBAH KRISIS EKONOMI DAN POLITIK +COVID 19 MEMPERPARAH KEADAAN PARA BERUK BERSARONG.....WKWKWK ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

    BalasHapus
  39. ...Pur, kalau Indonesia berniat JAHAT...Serawak dan Sabah akan MERDEKA lebih cepat

    tunggu saja tanggal mainnya




















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...salah satu cara sederhananya, BLOKADE ajach Natuna oleh Angkatan LAUT dan UDARA

      Kapal KARGO dan pesawat Komersial MALON harus bayar UPETI yang tinggi dan itu akan berimbas kesegala Aspek kehidupan BERUK MALON




















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
  40. Jakarta Dikepung Banjir Lagi, Anies Malah Pergi ke Luar Kota


    Hujan besar yang mengguyur Jakarta pada Jumat (24/1/2020) pagi mengakibatkan sejumlah wilayah Ibu Kota kembali banjir.

    Saat bersamaan dengan peristiwa ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan malah berada di luar kota.


    Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi mengatakan Anies saat Jakarta banjir tengah berada di Jawa Tengah. Menurutnya Anies berencana pulang sore ini.

    "Waduh saya enggak tahu persis ya kapan tibanya, tapi sore ini balik ke Jakarta dari Jawa Tengah," ujar Mawardi saat dihubungi, Jumat (24/1/2020).

    Saat ditanya agenda Anies ke Jawa Tengah, Mawardi tak memberi tahu. Ia mengaku lupa dengan agenda Anies di sana.

    "Waduh saya lupa agendanya," jelasnya.

    Ia juga tidak tahu persis kapan Mantan Mendikbud itu bertolak ke luar daerah

    Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo, setidaknya 74 ruas jalan diketahui tergenang. Lokasi tersebar di seluruh wilayah di kota administrasi Jakarta.

    Ketinggian air dimulai dari 10 cm hingga. 2,5 meter. Subejo menyebut penyebabnya adalah karena curah hujan yang tinggi.

    Wilayah dengan jalanan tergenang paling banyak ada di kawasan Jakarta Utara. Sebanyak 37 jalan terendam air karena hujan deras.

    Kawasan paling sedikit berada di kota Jakarta Selatan. Tujuh ruas jalan tergenang air dengan ketinggian maksimal mencapai 50 cm.

    Sementara jalan yang terendam paling parah ada di Underpass Gandhi, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Ketinggian air mencapai 2,5 meter di lokasi itu.

    BalasHapus
  41. JAKARTA di kepung banjir... JAKARTA bukan saja makin tenggelam malah selalu banjir ya...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  42. https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20191007163120-92-437499/ri-belanda-sepakat-lanjut-kerja-sama-proyek-tanggul-raksasa

    Pur baca jangan bacot, mana yg tenggelam? Tanggul yg membentang yg sangat luas nya, mana mungkin Jakarta tenggelam tahun 2030 belum tentu dan tidak terjadi.

    BalasHapus
  43. Kata Media Asing, Jakarta Salah Satu Kota Besar yang Cepat Tenggelam

    Jakarta, ibukota Indonesia, merupakan salah satu kota yang diperkirakan paling cepat tenggelam di dunia. Hal ini dikemukakan oleh World Economic Forum, berdasarkan peningkatan air laut dan ekstraksi air tanah berlebih. Dilansir dari BBC, Jakarta didominasi oleh daerah rawa. Posisinya juga berdekatan dengan Laut Jawa, dan13 sungai mengalir di dalamnya. Oleh karenanya, bukan hal yang mengejutkan jika tiap tahun Jakarta selalu kena banjir. Sayangnya, para pakar mengatakan kondisi itu semua kian memburuk. Bukan hanya soal banjir, tapi seluruh daratan Jakarta bagian utara diperkirakan akan tenggelam pada 2050.

    Salah seorang pakar ITB, Heri Andreas yang sudah mengkaji daratan Jakarta selama kurang lebih 20 tahun mengungkapkan pendapatnya. Menurut Heri, persoalan Jakarta bakal tenggelam bukan sekedar lelucon. "Jika kita lihat melalui model (contoh), pada 2050, 95 persen wilayah Jakarta Utara akan terendam." Saat ini, tanah di Jakarta Utara memang telah anjlok sedalam 2,5 meter selama 10 tahun. Tiap tahunnya kondisinya makin anjlok sekitar 25 centimeter. Jakarta secara keseluruhan mengalami penurunan tanah sedalam 1-15 centimeter per tahun dan hampir separuh dari ibukota itu berada di bawah permukaan laut. Dampak paling besar memang terasa di Jakarta Utara. Di kabupaten Muara baru misalnya, seluruh gedung kantor terlantar. Tadinya terdapat perusahaan penangkapan ikan di sana, namun hanya beranda lantai pertama, satu-satunya yang tersisa. Lantai pertama yang sudah terendam air laut menunjukkan bagaimana gedung itu mulai tenggelam.



    link
    https://www.kompas.com/global/read/2020/03/06/120724270/kata-media-asing-jakarta-salah-satu-kota-besar-yang-cepat-tenggelam?page=all

    BalasHapus
  44. Pakar: Persoalan Jakarta akan tenggelam bukan sekadar lelucon


    Jakarta, ibukota Indonesia, merupakan salah satu kota yang diperkirakan paling cepat tenggelam di dunia. Hal ini dikemukakan oleh World Economic Forum, berdasarkan peningkatan air laut dan ekstraksi air tanah berlebih.

    Dilansir dari BBC, Jakarta didominasi oleh daerah rawa. Posisinya juga berdekatan dengan Laut Jawa, dan 13 sungai mengalir di dalamnya. Oleh karenanya, bukan hal yang mengejutkan jika tiap tahun Jakarta selalu kena banjir. Sayangnya, para pakar mengatakan kondisi itu semua kian memburuk.Bukan hanya soal banjir, tapi seluruh daratan Jakarta bagian utara diperkirakan akan tenggelam pada 2050.

    Salah seorang pakar ITB, Heri Andreas yang sudah mengkaji daratan Jakarta selama kurang lebih 20 tahun mengungkapkan pendapatnya. Menurut Heri, persoalan Jakarta bakal tenggelam bukan sekedar lelucon.
    "Jika kita lihat melalui model (contoh), pada 2050, 95% wilayah Jakarta Utara akan terendam."

    Saat ini, tanah di Jakarta Utara memang telah anjlok sedalam 2,5 meter selama 10 tahun. Tiap tahunnya kondisinya makin anjlok sekitar 25 centimeter.

    Jakarta secara keseluruhan mengalami penurunan tanah sedalam 1-15 centimeter per tahun dan hampir separuh dari ibukota itu berada di bawah permukaan laut. Dampak paling besar memang terasa di Jakarta Utara.

    Di kabupaten Muara baru misalnya, seluruh gedung kantor terlantar. Tadinya terdapat perusahaan penangkapan ikan di sana, namun hanya beranda lantai pertama, satu-satunya yang tersisa.

    Lantai pertama yang sudah terendam air laut menunjukkan bagaimana gedung itu mulai tenggelam.

    Seperti apapun pemiliknya berusaha memperbaiki, mereka tetap tidak bisa melawan kehendak tanah yang terus 'mengisap' bangunannya. Jakarta Utara tadinya tempat bersejarah. Di sana terkenal sebagai kota pelabuhan bahkan sampai sekarang meski keadaannya sudah banyak terendam air laut, Jakarta Utara masih menjadi tempat bisnis tersibuk khususnya di Tanjung Priok.


    link
    https://nasional.kontan.co.id/news/pakar-persoalan-jakarta-akan-tenggelam-bukan-sekadar-lelucon





    BalasHapus
  45. pakar dan pengkaji dah kata penggunaan air bawah tanah yang keterlaluan oleh penduduk jakarta dan sekitar jakarta membuatkan tanah semakin mendap...

    BalasHapus
  46. Tak Usah Repot-repot Perang, Indonesia Bisa Bisa Bikin Malaysia Jatuh Miskin Hanya dengan Tempatkan Militernya di Natuna



    TNI AL bakal ketambahan mesin tempur baru tni.mil.id
    TNI AL bakal ketambahan mesin tempur baru

    Sosok.ID - Pembangunan postur ideal militer Indonesia terus digenjot oleh pemerintah.

    TNI, sebagai garda terdepan penjaga marwah bangsa mesti dikuatkan demi sebuah kedaulatan.

    Sekarang postur kekuatan pertahanan itu sudah mulai nampak.

    Hanya satu tujuannya, demi jayanya Indonesia.



    Maka dari itu supaya tak gertak sambal saja dan menunjukkan jika Indonesia bakal tegas menindak setiap pelanggaran teritori, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah strategis.

    Salah satunya mempersenjatai pulau Natuna.

    Melalui Minimum Essential Force (MEF) alias Kekuatan Pokok Minimum yang terbagi tiga tahap, TNI mulai mendorong maju arsenal perangnya ke perbatasan antar negara.

    Yang paling kentara ialah perkuatan pulau Natuna yang dihuni oleh Batalyon Komposit yang berisi satuan pemukul dari TNI AD, TNI AL, TNI AU.



    Anggaran pertahanan Indonesia yang semakin meningkat setiap periodenya berimbas pada belanja alutsista gila-gilaan oleh TNI yang bisa membuat meradang seluruh kawasan.

    Setelah pembangunan infrastruktur macam pelebaran dermaga, pembangunan landasan pacu, hanggar dan barak prajurit selesai maka isian 'alat penggebuk' pun mulai disuntikkan ke Natuna.

    Kapal Selam Indonesia, KRI Ardadedali 404. Dipastikan Natuna bakal diisi oleh unsur kapal selam
    Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang ditempatkan di Natuna pun tak main-main.



    Disana disiagakan tiga KRI ukuran besar sekelas Fregat Bung Tomo class dan Korvet Diponegoro class untuk melakukan patroli di perairan Natuna dan laut China Selatan.

    Terbaru tentunya korvet kelas Parchim TNI AL yang tanpa diduga ternyata ikutan nimbrung di Natuna.

    Sedianya juga akan ditempatkan kapal selam di Natuna untuk menanggulangi aspek peperangan bawah laut.

    Belum selesai sampai disitu, rencananya di Natuna juga akan ditempatkan satu skadron pesawat tempur untuk melakukan operasi patroli udara berkemampuan Maritime Strike.



    Pesawat tempurnya pun merupakan kelas wahid macam F-16 C/D Block 52ID dan Sukhoi Su-27/30 milik TNI AU.

    Merasa masih kurang? tenang ada lagi penambahan pasukan elite tiga matra milik TNI macam Marinir, Paskhas serta Kostrad.

    Satuan pemukul TNI dari AD, AL dan AU saat melakukan upacara di Natuna
    Di Natuna juga disiagakan berbagai macam radar penjejak agar dapat mengetahui jika ada unsur asing yang menyelonong masuk ke teritori Indonesia tanpa izin bahkan pesawat siluman/stealth pun bakal terdeteksi jika mencoba melakukan pelanggaran.

    Baca Juga: Siap Pasang Badan Lindungi NKRI dari Konflik AS - Tiongkok yang Bisa Pecah Perang Sewaktu-waktu, TNI Siagakan 4 Kapal Perang di Perairan Natuna

    Perkuatan Natuna dimaksudkan sebagai unsur penangkal dengan jargon 'gebuk duluan sebelum masuk' dalam artian cegah dulu jauh diluar sebelum masuk ke teritori Indonesia.

    Tentu dijadikannya Natuna sebagai pangkalan militer pemukul terdepan TNI di bagian utara Indonesia membuat banyak negara was-was.

    Salah satunya ialah Malaysia yang sudah panik bukan main karena kekuatan TNI di Natuna bisa memenggal/membelah negara mereka menjadi dua bagian.

    Baca Juga: Ganggu Kedaulatan Laut Indonesia Lagi, TNI AL Mungkin Tidak Segan Keluarkan Rudal Maut Pelibas Kapal Induk yang DIjamin Bisa Buat Coast Guard China Remuk Bubuk

    Posisi Natuna berada ditengah antara Semenanjung Malaysia serta Sabah dan Sarawak.

    Maka mau tak mau jika ada pesawat atau kapal laut baik akan dan ke Semenanjung-Sabah & Sarawak, maka harus mendapat clearance dari pihak Indonesia.

    Jika Indonesia mau jahat, bisa saja jalur antara Semenanjung- Sarawak diblokade untuk mengurung salah satu wilayah negara Malaysia itu.

    Hasilnya semua komoditas Malaysia akan mahal dan berimbas pada daya beli masyarakatnya, tinggal tunggu waktu saja negara Malaysia bangkrut. SETELAH BANGKRAP SABAH SERAWAK KELUAR DARI MALASSIA.....WKWKWK

    BalasHapus
  47. Kasian malon cuman boleh bina dan eksport sempak jalur gemilang ๐Ÿคง๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tuh pak Raden, hanya itu lah yang boleh berjaya dibina Malon ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  48. jakarta tenggelam


    Jakarta ternyata bukan lagi kota dengan penurunan tanah tercepat di dunia. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wilayah Bandung lebih parah....



    link
    https://www.liputan6.com/tag/jakarta-tenggelam

    BalasHapus
  49. Jakarta makin tenggelam

    JAKARTA: Ibu negara Indonesia antara bandar raya paling pantas tenggelam menyebabkan pakar alam sekitar memberi amaran satu pertiga mungkin tenggelam menjelang 2050 jika aktiviti pengambilan rizab air bawah tanah, peningkatan paras air laut dan corak cuaca luar biasa berterusan.

    Langkah penjagaan alam sekitar sedia ada hanya memberi sedikit kesan, memaksa pihak berkuasa mengambil tindakan drastik, termasuk memindahkan pusat pentadbiran Indonesia ke lokasi baharu.

    Ia dianggap antara cara pemuliharaan dan mungkin jalan penyelamat terakhir kepada ibu kota berpenduduk 10 juta orang itu.

    Dibina dalam zon gempa bumi di kawasan paya, berhampiran 13 sungai, tekanan terhadap asas bandar raya ini semakin kuat akibat pembangunan luar kawalan, lalu lintas sesak dan perancangan bandar yang buruk.

    Jakarta tidak memiliki sistem bekalan air di utara menyebabkan industri tempatan dan jutaan penduduk memanfaatkan air bawah tanah tanpa kawalan.

    Pengeluaran berleluasa air bawah tanah menyebabkan ikatan tanah longgar, menjadikan Jakarta mendap sebanyak 25 sentimeter setahun di sesetengah kawasan, dua kali ganda purata global untuk bandar besar tepi pantai.

    Hari ini, sesetengah kawasan di bandar raya itu berada kira-kira empat meter di bawah paras laut, sekali gus mengubah persekitaran, menyebabkan jutaan penduduk terdedah kepada bencana alam.

    Banjir menjadi bencana biasa ketika musim hujan menjadi semakin buruk apabila paras air laut meningkat akibat pemanasan global.

    Ketika Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo meneruskan rancangan memindahkan ibu kota ke Kalimantan, pihak berkuasa tempatan masih terdesak mencari penyelesaian.

    Projek membina pulau buatan di teluk Jakarta yang akan bertindak sebagai penampan Laut Jawa serta tembok besar tepi pantai bernilai AS$40 bilion (RM167.04 bilion) tidak menjamin dapat menyelesaikan masalah ibu kota tenggelam itu.

    Tembok konkrit penghadang yang dibina sebelum ini sudah merekah dan menunjukkan tanda semakin tenggelam apabila air menyusup melaluinya di kawasan kejiranan berisiko tinggi.

    “Membina tembok bukan penyelesaian kekal. Kita perlu ke langkah berikutnya dan memperbaiki sistem pengurusan air,” kata Heri Andreas, saintis bumi di Institut Teknologi Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KL ada deep tunnel tapi masih kena banjir,tampaknya perencanaan banjir KL teruk dan gagal

      Hapus
  50. Akhirnya yah KL banjir juga wkwkwkwk, Kuala lumpur bakalan betul² jadi lumpur ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih tepatnya.. kolam lumpur.. ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Udah KLnya jorok penuh tikus,kena banjir lumpur lg

      Hapus
    3. @Mat Rempit

      klo banjir lumpur.. KL bisa 11 12 nasipnya dgn Lapindo dong.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. Ricochet@ betul bro ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  51. Tak Usah Repot-repot Perang, Indonesia Bisa Bisa Bikin Malaysia Jatuh Miskin Hanya dengan Tempatkan Militernya di Natuna



    TNI AL bakal ketambahan mesin tempur baru tni.mil.id
    TNI AL bakal ketambahan mesin tempur baru

    Sosok.ID - Pembangunan postur ideal militer Indonesia terus digenjot oleh pemerintah.

    TNI, sebagai garda terdepan penjaga marwah bangsa mesti dikuatkan demi sebuah kedaulatan.

    Sekarang postur kekuatan pertahanan itu sudah mulai nampak.

    Hanya satu tujuannya, demi jayanya Indonesia.



    Maka dari itu supaya tak gertak sambal saja dan menunjukkan jika Indonesia bakal tegas menindak setiap pelanggaran teritori, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah strategis.

    Salah satunya mempersenjatai pulau Natuna.

    Melalui Minimum Essential Force (MEF) alias Kekuatan Pokok Minimum yang terbagi tiga tahap, TNI mulai mendorong maju arsenal perangnya ke perbatasan antar negara.

    Yang paling kentara ialah perkuatan pulau Natuna yang dihuni oleh Batalyon Komposit yang berisi satuan pemukul dari TNI AD, TNI AL, TNI AU.



    Anggaran pertahanan Indonesia yang semakin meningkat setiap periodenya berimbas pada belanja alutsista gila-gilaan oleh TNI yang bisa membuat meradang seluruh kawasan.

    Setelah pembangunan infrastruktur macam pelebaran dermaga, pembangunan landasan pacu, hanggar dan barak prajurit selesai maka isian 'alat penggebuk' pun mulai disuntikkan ke Natuna.

    Kapal Selam Indonesia, KRI Ardadedali 404. Dipastikan Natuna bakal diisi oleh unsur kapal selam
    Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang ditempatkan di Natuna pun tak main-main.



    Disana disiagakan tiga KRI ukuran besar sekelas Fregat Bung Tomo class dan Korvet Diponegoro class untuk melakukan patroli di perairan Natuna dan laut China Selatan.

    Terbaru tentunya korvet kelas Parchim TNI AL yang tanpa diduga ternyata ikutan nimbrung di Natuna.

    Sedianya juga akan ditempatkan kapal selam di Natuna untuk menanggulangi aspek peperangan bawah laut.

    Belum selesai sampai disitu, rencananya di Natuna juga akan ditempatkan satu skadron pesawat tempur untuk melakukan operasi patroli udara berkemampuan Maritime Strike.



    Pesawat tempurnya pun merupakan kelas wahid macam F-16 C/D Block 52ID dan Sukhoi Su-27/30 milik TNI AU.

    Merasa masih kurang? tenang ada lagi penambahan pasukan elite tiga matra milik TNI macam Marinir, Paskhas serta Kostrad.

    Satuan pemukul TNI dari AD, AL dan AU saat melakukan upacara di Natuna
    Di Natuna juga disiagakan berbagai macam radar penjejak agar dapat mengetahui jika ada unsur asing yang menyelonong masuk ke teritori Indonesia tanpa izin bahkan pesawat siluman/stealth pun bakal terdeteksi jika mencoba melakukan pelanggaran.

    Baca Juga: Siap Pasang Badan Lindungi NKRI dari Konflik AS - Tiongkok yang Bisa Pecah Perang Sewaktu-waktu, TNI Siagakan 4 Kapal Perang di Perairan Natuna

    Perkuatan Natuna dimaksudkan sebagai unsur penangkal dengan jargon 'gebuk duluan sebelum masuk' dalam artian cegah dulu jauh diluar sebelum masuk ke teritori Indonesia.

    Tentu dijadikannya Natuna sebagai pangkalan militer pemukul terdepan TNI di bagian utara Indonesia membuat banyak negara was-was.

    Salah satunya ialah Malaysia yang sudah panik bukan main karena kekuatan TNI di Natuna bisa memenggal/membelah negara mereka menjadi dua bagian.

    Baca Juga: Ganggu Kedaulatan Laut Indonesia Lagi, TNI AL Mungkin Tidak Segan Keluarkan Rudal Maut Pelibas Kapal Induk yang DIjamin Bisa Buat Coast Guard China Remuk Bubuk

    Posisi Natuna berada ditengah antara Semenanjung Malaysia serta Sabah dan Sarawak.

    Maka mau tak mau jika ada pesawat atau kapal laut baik akan dan ke Semenanjung-Sabah & Sarawak, maka harus mendapat clearance dari pihak Indonesia.

    Jika Indonesia mau jahat, bisa saja jalur antara Semenanjung- Sarawak diblokade untuk mengurung salah satu wilayah negara Malaysia itu.

    Hasilnya semua komoditas Malaysia akan mahal dan berimbas pada daya beli masyarakatnya, tinggal tunggu waktu saja negara Malaysia bangkrut. SETELAH BANGKRAP SABAH SERAWAK KELUAR DARI MALASSIA.....WKWKWK ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ”ซ๐Ÿ”ซ๐Ÿ”ซ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampus malon bakal digangbang sama Indonesia

      Hapus
    2. Ketakutan malon akan penempatan kekuatan militer di Natuna sdh terbukti saat pesawat C-130 tudm disergap pesawat tempur TNI-AU dan disuruh menjauh dari wilayah udara Natuna. Aslinya saat disergap seluruh awaknya sdh terberak-berak saat disergap

      Hapus
  52. Kata Gemfur MPA Malon bakal lebih canggih dari MPA TNI AL padahal ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿคญ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    “Rencananya ada tiga unit CN-235 AU Malaysia yang akan dikonversi, pesawat pertama (M44-05) sudah tiba pada Rabu minggu lalu, dan serah terima pada hari Jumat. Kemudian pesawat kedua akan tiba di Bandung pada September 2020, dan pesawat ketiga rencananya akan menyusul pada Januari 2021,” ujar Kerry Apriawan, Humas PT DI kepada Indomiliter.com (10/9/2020).

    Dan menjawab pertanyaan netizen, disebutkan pula bahwa mission system yang nantinya akan dipasang pada ketiga pesawat akan mengacu pada standar sistem dan perangkat intai yang ada di CN-235 220 MPA milik Puspenerbal TNI AL.

    Bila tidak ada aral melintang, proses konversi untuk setiap pesawat akan mebutuhkan waktu enam bulan. Adopsi sistem dan perangkat yang serupa dengan CN-235 220 MPA TNI AL, menjadikan proses instalasi dan integrasi bisa lebih cepat, lantaran sudah ada kesesuaian perangkat dengan sistem pada pesawat. Kerry menambahkan, nantinya tim dari Integrated Surveillance and Defence (IDS) akan datang ke PT DI, untuk kemudian bersama-sama dengan tim PT DI melakukan instalasi dan beragam pengetesan. Proses konversi ketiga unit pesawat, seluruhnya didanai oleh Amerika Serikat lewat program Maritime Security Initiative (MSI).

    LINK

    https://www.indomiliter.com/bukan-dua-ternyata-malaysia-bakal-konversi-tiga-unit-cn-235-ke-varian-mpa-di-bandung-ini-spesifikasinya/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woy Gemfur kau tak nak bual pasal MPA Malon lebih canggih ke???๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. cn-235mpa kita pake CP-SAR khusus buatan profesor kite yg tinggal di jepang.

      mana mungkin sama, apalagi setara...bedanya jaaauuuuuu

      GRATISAN ngare KUALITAS...mana mungkin haha!������

      Hapus
    3. Palu@ hantar linknya CN-235 kita pake CP-SAR ompal

      Hapus
    4. Kalau disusupi trojan horse atau backdoor bakalan ngga tau malon

      Hapus
  53. Breaking news, syeh ali jaber ditusuk orang saat isi ceramah,, ,, hmm jadi teringat kes tahun 65

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://news.detik.com/berita/d-5171562/pelaku-penusukan-syekh-ali-jaber-di-lampung-ditangkap.

      Ini kan

      Hapus
    2. Bukan gitu daru, pemikiran mu salah, motif dari pelaku adalah mendapatkan uang dan di cuci otaknya oleh isis bukan PKI

      Hapus
    3. Siapa yang cakap is-is dan PKI? Aku kan cuma cakap macam kes tahun 65

      Hapus
    4. Tahun 66 kan membunuh secara brutal besar besaran oleh pihak sekelompok PKI, ini cuma masalah kecil kok sampai uni Soviet segala, bodoh

      Hapus
    5. Loh tahun itu indon juga mesra lar ngan Sovyet, terkait Operasi pembebasan papua

      Hapus
    6. Itukan hubungan kerja sama militer tingkat tinggi untuk operasi Dwikora dan Trikora, terus ada hubungannya apa sama kamu ndaru, ini kan tentang syekh ali jaber kok sampai Soviet

      Hapus
    7. Lah tak ada hubungan, cuma teringat jer zaman 65,komunis suka bunuh agamawan

      Hapus
  54. looks like the F/A-18C/D jets that the Finnish Air Force (Ilmavoimat) want to replace, all are upgraded already through their MLU program in 2012-2016.

    Wonder if we'd be interested in this. There's plenty of them, total of 62 jets (55 F/A-18C and 7 F/A-18D).

    Apart from the fact that we don't need to upgrade, as a twin-engine bird F/A-18 also has attractive CPFH of around $11000 (Chestnut data).

    I suppose we're still lacking around 80 jets to reach MEF 2024 target, and maybe around 200 jets to reach ideal posture (cmiiw).

    If we intend to switch the majority of our $5.6 billion budget for SU-35 and F-16V to execute the interim program, this could be useful. Along with 50 F-16 A/B from Norway, and EF Typhoon.

    So the interim line up will be :

    - 50 F-16 A/B from Norway. Free but need upgrade.

    - 60 F/A-18C/D from Finland. Need to buy but no need to upgrade

    - 30-50 (?) EF Typhoon from Austria and probably Germany/Italy. 115 Tranche 1 jets are all upgraded to Block 5 (not sure about the Austrian ones). Need to buy and do some upgrade.

    link : https://ilmavoimat.fi/documents/195...orce+Fact+Sheet+-+FA-18CD+Hornet+(JAN+18).pdf

    Lumayan ni hornet finladia

    BalasHapus
  55. Flashback history, tahun 65 ulama indon kena serang kaum merah, kerena ideologi dan ekonomi, komunis serang kaum agamawan tahun 65

    BalasHapus
    Balasan
    1. JJ@ jgn diladenin bro,dia itu suwandaru yg nyamar jadi orang malon

      Hapus
    2. Pemikirannya daru goblog itu, kalau yg tahun 60 an itu tragedi G 30 PKI dengan motif membunuh semua pemuka agama plus jenderal jenderal idiologi komunis menuliskan "kami tidak percaya akan nya tuhan" komunis biasanya menggunakan logika "kalau benda tidak ada mana mungkin bisa di sembah", kalau yg sekarang motif dari penusukan syekh ali jaber itu oleh bocah umur 20 yg otaknya polos dengan di iming imingi uang plus di cuci otaknya oleh pihak semacam isis, kalau baca jangan setengah setengah ru daru goblog

      Hapus
    3. Ngga apa apa om mpit, buat hiburan gw aja menjelang PSBB proyek gw bakalan stop apa ngga

      Hapus
  56. Kenapa tahun 65 komunis serang pesantren dan kaum agama? Karena waktu itu para Ustad dan pimpinan agama pesantren punya tanah banyak dan luas untuk hidup para santri, penguasaan tanah adalah langkah awal komunis untuk lemahkan agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya tahun 65 lho sdh gede apa

      Hapus
    2. Daru goblog apa gimana ya, idiologi komunis Indonesia kamu pernah denger gak"kami tidak percaya akan nya tuhan, benda yg tak berwujud ada tidak mungkin di sembah" idiologi PKI itu menggunakan logika biasa tanpa menggunakan spiritual

      Hapus
    3. Ooo macam tu jadi komunis indon tak ber Tuhan, atau sengaja mencampur adukkan agama dan komunis ye

      Hapus
    4. Kamu tau pemikiran Aidit gak sih tentang kesetaraan semua rakyat maupun pejabat dan politik dan non agama yg menggunakan logika tanpa spiritual agama?

      Hapus
    5. Ideologi komunis indon masih hidup tak? Anak cucu masih ada? Nak tanya jer

      Hapus
    6. Ndaru Ndaru tambah lucu aja komen nya.

      Pasti ada lah setiap negara pasti ada sekelompok yg menginginkan idiologi komunis untuk di terapkan di negara tersebut contoh : Russia, sebagian sekelompok di Rusia ingin sekali menerapkan komunis kembali di negara seperti saat di pimpin nya Vladimir Lennin tapi sekarang zaman sudah berbeda.
      Di Indonesia Malaysia ukrania Russia pasti ada yg menginginkan idiologi tersebut.

      Hapus
    7. Ooo macam tu, kat partai ape now anak beranak ideologi Aidit tu now bersembunyi?

      Hapus
  57. Indon tahun65 ada hubungan dengan komunis Sovyet dan komunis cina, kalau dengan Sovyet lebih ke hubungan kerja sama internasional tanpa ideologi, beda dengan cina, lebih kepada hubungan ideologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ru daru, kamu kok mbahas sampai tahun 60 sih, ini tentang syekh ali jaber kok sampai PKI gak nyambung banget udah aku jelasin

      Hapus
    2. Ko tu cakap ngan sape?? Rumah rumah daru.. Kanguru ke? Kah jah

      Hapus
    3. Suwandaru suwandaru kok kamu tambah lucu sih kalau lagi debat ๐Ÿ˜†

      Hapus
    4. Daru tu sape? Ko kena Corona ke?

      Hapus
    5. UN Anoa@ suwandaru pura2 bego bro,kl sempat ketemu ini bocah udah aq sembelih bro ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. Suwandaru suwandaru emang tambah lucu komen bodoh nya, ya sudahlah.

      Hapus
  58. Komunis zaman itu bukan main 2,indon langsung dalam kendali utama biro cc komunis mao tze dong, lewat perwakilan dn Aidit and the genk Aidit adalah proxy komunis yg ditanamkan oleh cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. CHIN PENG SENANG ABU JENAZAHNYA SIDAH SAMPAI DENGAN SELAMAT DI TANAH AIRNYA MALINGSIAL DAN DITABUR..ARWAHNYA JUGA HAPPY TENGOK BQNGSA CHINA KOMUNIS SUDAH MENGUASAI PRIBUMI MALINGSIAL..

      ADA BERITA NIH @GEMPURWIRA

      EMPAT sekeluarga warga Bangladesh cemas apabila kenderaan dinaiki mereka dirempuh sebuah kereta perisai tentera di Lebuhraya Seremban-Port Dickson (SPDH)

      Katanya, kereta perisai tentera gagal memberhentikan kenderaan lalu melanggar Honda CRV dan mengheret kenderaan itu ke lorong kecemasan.
      .

      Hapus
    2. Betol ching peng masuk malaysia, geng cing peng pun now macam ada kat partai DAP yg sekarang berkuasa kat malaysia, cem mane nasib indon?? Masih kekal jer ideologi Aidit tu? Meski sembunyi 2,

      Hapus
    3. Ndaru Ndaru kalau gak tau sejarah politik di masa lalu gak usah banyak bacot, di Indonesia pasti ada sekelompok yg menginginkan idiologi komunis di terapkan tapu tidak semudah itu, Malaysia pun juga parti komunis malaya, sekelompok anarkis komunis asli melayu dan komunis china pasti ada yg bekerja sama untuk menerapkan idiologi komunis di Malaysia yaitu satu partai politik yaitu parti comunnits malaya. Rusia pun ada Ukraine Belarus Astonia pun ada yg sekelompok organisasi diam diam yg menginginkan idiologi komunis di terapkan di negara tersebut

      Hapus
  59. Dulu awal pemilu tahun 55indon, PKI dah berpartai

    BalasHapus
  60. Berapa ye dulu member komunis indon??

    BalasHapus