22 September 2020

PAF Receives Brand New Command and Control Aircraft

22 September 2020


PAF Gulfstream G280 (photo : Michael Carter)

Armed Forces of the Philippines (AFP) Chief-of-Staff Lieutenant General Gilbert Gapay together with the Secretary of National Defense Delfin Lorenzana and Commanding General, Philippine Air Force Lieutenant General Allen Paredes led the turn-over and blessing ceremony of the G280 Command and Control Aircraft at Clark Airbase, Pampanga on September 21, 2020.

The Gulfstream G280 will be primarily used by the Philippine Air Force (PAF) to serve as a platform to transport senior leaders and commanders especially in the event of a crisis.

It will also serve as an airborne post for command and control (C2) operations both by the military and the civilian government.

Gulfstream G280 C2 performance (photo : Frances Mangosing)

Aside from C2 operations, the aircraft can also be used for airborne warning system, medical evacuation, high-altitude atmospheric research, and intelligence, surveillance and reconnaissance missions.

The new C2 aircraft was acquired under the Armed Forces of the Philippines Modernization Program and purchased from the Gulfstream Aerospace through the Foreign Military Sales Program of the United States government with the Joint U.S. Military Assistance Group.

(AFP)

161 komentar:

  1. ...Malon Beruk kismin selamanya

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  2. ...sambil menunggu Maghrib, suasana diluar lagi HUJAN...dengerin Qasidahan ach sambil main CATUR dengan ci neneng Alya Fatma



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😱😱😱.........kajaid gnod uaM

      Hapus
    2. ...nggak boleh, Mas Smile...sono sama Anya Geraldine ajach
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Sampean sholat toh mas..
      Tapi kok ???

      Hapus
    4. Sampean sholat toh mas..
      Tapi kok ???

      Hapus
    5. ...ngenyek MALON BERUK, mbah Bowo ?



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  3. ...nich qasidah GAMBUS nya, simak yach ;

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    LILLAH
    Syair: Moh. Syam / Lagu: D. Aminuddin Syam - Ayi R.
    Qasidah Modern Almanar Vol. 13

    ...Dalam setiap langkah yang kita lakukan
    Awas lupa mesti dimaksudkan
    Lillah,Lillah,Lillah,Lillah
    Manusia hanyalah dapat di akhir nanti
    Hitamkah putihkah itulah terserah maksud hati
    Dalam setiap langkah yang kita lakukan
    Awas lupa mesti dimaksudkan
    Lillah,Lillah,Lillah.Lillah

    Berkuli berdagang atau kerja di ladang
    Mengajar belajar puasa haji sembahyang

    Pandangan orang hanya pandangan mata
    Tuhan memandang hati semata
    Pandangan orang hanya pandangan mata

    Tuhan memandang hati semata

    Lillah,Lillah,Lillah,Lillah...
















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  4. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  5. ...lanjut ke sini, πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Judul Lagu : Kebahagiaan
    Vocal : Almanar
    Ciptaan : Ridwan Syam
    Album : Qasidah Modern Vol.9 Untukmu Remaja
    Penerbitan : Asmara Records, Bandung : 1995

    ...Kebahagiaan, Kebahagiaan
    Orang selalu di belakangnya
    Sepanjang zaman jadi Impian
    Yang didambakan tumpuan harapan
    Yang karenanya berlomba bahkan berkorban

    Reff.
    Dalam pandangan manusia jadilah perbedaan
    Harta dan Tahta, Wanita sering jadi ukuran
    Kebahagiaan di dalam jiwa
    Kebahagiaan di dalam jiwa

    Dia merupakan KETENANGAN

    [Koor]
    Kebahagiaan, Kebahagiaan
    Orang selalu di belakangnya
    Sepanjang zaman jadi impian
    Yang didambakan tumpuan harapan
    Yang karenanya berlomba bahkan berkorban...

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus

  6. Dengan dukungan pla dan ccg
    Ane dukung mbah bowo untuk kudeta raja beruk malonsinting yg d pertuan agung

    Nb,jagain bokong mbah biar gk d tusbol sama asuwandaru dan putraberuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbah bukan agresor dek ..
      Suka damai tapi siap perang..
      πŸ˜ƒ

      Hapus
  7. Mbah admin....
    Bukannya berita diatas sdh pernah diulas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ˜‡ sam xamatrep asib nial gy raib natapmesek isak ajangeS

      Hapus
    2. ...Ane mah sudah sering PERTAMAX, Mas Smile


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. ... ± 6 x lach Ane PERTAMAX nya sama Artikel ini




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  8. Inlah maksud ditubuhkannya FPDA .. X ada lawan yang setara di kawasan asia tenggara ..

    https://www.youtube.com/watch?v=nLfGNcurC5M

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...FPDA itu KACUNG LONDON yach RUK ?















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. ..
      Hahahaa...

      Niatnya KERAjaan yang dipertuan AGONG malaSyia bermaksud ingin menjadi penguasa ASEAN asia-tenggara dibawah kekuasaan suku keTUANan melayu.......
      ...........
      Namun berharap bantuan dari mat-puteh kulit-putih FPDA.

      BwaHahahaa....
      IRONiS.....!!!
      Wkwkwkwk.....

      Hoeeks....Cuiih...
      NAJiS...malaSyia...!!!

      Hapus
    3. Perang kok butuh backingan....klo berani 1 lawan 1...man to man...1 nation vs 1 nation....tu klo situ berani...pake FPDA mental tempe...klo pun trjdi kita gk mundur sama sekali

      Hapus
    4. Bener banget @indonesia the land.... kalaupun terjadi kita gabakal mundur satu langkah pun,sedangkan waktu itu saja operasi dwikora yang bisa di bilang tidak di lakukan secara kekuatan penuh saja malons udah ketakutan bahkan di jadikan hari bersejarahnya,begimana klo udh full di hajar habis habisan kayak perebutan irian mungkin akan terjadi perang asia wkwwkwkkw

      Lon lon goblok lu lon

      Hapus
    5. ...Prinsip Indonesia itu kan, " MERDEKA ATAU MATI "

      kalau

      Prinsip MALON itu kan, " MERDEKA atau jadi KACUNG / PENJILAT "



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    6. ...mau dikeroyok oleh IsraHELL, FPDA, GHURKA, SAS Inggris, US ASUrika juga...pasti JABANIN
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    7. Betul om om smua kita pernah dulu d keroyok sprti y mmg babak belur tpi lawan kita kebih babak belur...dan 1 lg salah satu jendral terbaik mami eli tewas d tangan kita saat pertempuran surabaya, salah satu komandan SAS pasukan elit mami eli jga tewas saat perang d pedalaman kalimantan oleh kko marinir...satu yg pasti mau siapa aj kita gk pernah mundur sejengkal pun dr bumi pertiwi

      Hapus
    8. FPDA skarang hanya Four Power Defence Arrangement kerna malon sbagai anggota ke-5 yg lembik dirasa hanya jadi beban yg memberatkan keanggotaan.. 😁😁

      Latihan militer baru2 ini pon takde kabarnya diajak.. kesian.. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Apa boleh d kata @om ricochet....malon cman sbagai batu sandungan aj

      Hapus
    10. Btw.. link video kok tahun 2011 ya.. 🀣🀣

      Hapus
  9. ..
    Hahahaa...

    Niatnya KERAjaan yang dipertuan AGONG malaSyia bermaksud ingin menjadi penguasa ASEAN asia-tenggara dibawah kekuasaan suku keTUANan melayu.......
    ...........
    Namun berharap bantuan dari mat-puteh kulit-putih FPDA.

    BwaHahahaa....
    IRONiS.....!!!
    Wkwkwkwk.....

    Hoeeks....Cuiih...
    NAJiS...malaSyia...!!!
    __________________________

    Putrajaya22 September 2020 18.59
    Inlah maksud ditubuhkannya FPDA .. X ada lawan yang setara di kawasan asia tenggara ..

    https://www.youtube.com/watch?v=nLfGNcurC5M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia akan mikir ribuan kali dek kalau mau invasi indonesia apalagi dilakukan head to head itu tidak mungkin bisa jadi abu malaysia kalau di paksakan..
      Yg mbah kwatirkan kalau malaysia di kuasai cina itu berbahaya buat kita dek , negara kita pun di kuasai china..
      Smg faham ya dek wejangan dari mbah..😊

      Hapus
    2. ..
      Maksud kamu IMPERiALiS malaSyia yang ini....?
      ______________________

      Putrajaya31 Agustus 2020 09.07
      Konsep Nusantara Indon jelas keliru besar ..Inilah konsep Nusanatra yang kami punya .. Konsep ini telah kami berlakukan selama ini:

      Semua warisan budaya yang ada di alam melayu nusantara adalah juga HAK MILIK kami kerana semuanya berasal dan
      lahir serta tumbuh dari Tanah Melayu baru kemudian menyebar ke seluruh NUSANTARA ...

      Jadi .. Semua warisan yang di miliki Indon, Singapore, Brunei, Philipina adalah juga milik kami .. TAK BOLEH ada protes atau penolakn untuk itu ....

      INGAT MALAYSIA IS TRULLY NUSANTARA

      SALAM MERDEKA DARI PUSAT TAMADUN ALAM MELAYU NUSANTARA

      Hapus
    3. ..
      Atau IMPERiALiS malaSyia yang ini...?
      ______________________

      Putrajaya23 Agustus 2020 10.46
      Hahahaha ,,, Kam ini pengecut ?

      Nah saya ingatkan lagi .. Mana mungkin kami .. Bangsa Melayu yang Suchi Murni MUlia Perkasa dan Cerdik Pandai serta Pengasas Tamadun Alam Melayu NUsantara + penubuh empire-empire di nusanatara seperti Srwijaya dan Melaka dikatakan pengecut ... Ingat tanpa kontribusi bangsa melayu di semenanjung .. X akan ada tamadun alam melayu nusantara sekarang ..X akan ada negara Melayu Indonesia, Melayu Brunei dan Melayu Malaysia .. X akan ada Bangsa Jawa, Acheh, Banjar, Bugis, Betawi MInangkabau, Kerinchi, Melayu, Dayak, Bali, Madura etc ...dan mungkin yang paling penting jika X ada Bahasa Melayu yang berawal dari kami di SEmenanjung menjadikannnya sebagai bahasa komunikasi .. X akan ada yang namanya Bahasa Indonesia sekarang ..

      Sila bantah .. jika punya bukti yang berbeza ....

      Hapus
    4. ..
      PasTilah IMPERiALiSme malaSyia yang ini.....
      .
      Ckckckckck......BUSOK..!!!
      memang BUSUK_ambisi KERAjaan malaysia itu.......


      Putrajaya25 Juli 2020 16.47

      Thai Selatan, Kepulauan Sulu, Borneo dan Sumatra adalah bagian dari Persekutuan Melayu Raya yang kami perjuangkan sebelum kami kami merdeka tahun 1957 ,,
      ........................
      Semua daerah itu adalah tanah air dan warisan yang dimilik oleh Bangsa Melayu beribu-ribu tahun yang lalu dabn pernah dipersatukan oleh
      ..............
      Empire Melayu Srwijaya (yang berpusat di Kedah )
      dan Empire Melaka (yang berpusat di Melaka)...

      Negara Malaysia adalah awal dari terbentuknya Kerajaan Melayu Raya Nusantara yang berdaulat
      ....................
      dibawah naungan Yang Mulia Dipertuan Agong dan juga
      ....................
      dibawah daulat Raja-raja Melayu yang masih ada di bawah panji-panji kebesaran dan kemuliaan
      Ketuanan Melayu ...

      Semoga cita-cita mulia ini terwujud berkat sokongan bangsa melayu yang ada si Sumatra, (IndONEsia)
      Borneo, (FiLipina & brunei & IndONEsia)
      Kepulauan Sulu (filipin)
      dan Tha Selatan (ThaiLand)....

      Hapus
    5. Kamu fobia akut dek..
      Itukan bualan seorang oknum putrajaya..
      Kamu harus belajar sejarah kerajaaan besar srwijaya itu ada di sumatra bukan semenanjung..
      Dan semenanjung itu sebagia dikuasai siam, barulah inggris datang malaysia dapat wilayah yg dikuasai siam..

      Hapus
    6. ..
      China-Tiongkok sudah ada yang mengurus.... yaitu US dan sekutunya.

      Sementara ini IndONEsia menjaga ke-NETRAL-an saja... NON-block.
      InsyaALLAH tidak digangggu oleh mereka, asalkan (1)kuat dalam-negri (bersatu) dan (2)kuat luar-negeri (militer).

      MUSUH IndONEsia yang terDEKAT adalah malaSyia..!!!

      Perhatikan kutipan saya di bawah ini.

      ________________________________

      Insiden dan konflik yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia ternyata tidak hanya persoalan jiplak menjiplak saja.
      ....................................
      Melainkan ada agenda tersembunyi dari negeri jiran, mereka ingin membangun kerajaan melayu raya.

      "Berdasarkan penilitian ada agenda malaysia untuk membangun kerajaan melayu raya Di SELURUH DUNiA,
      ............................
      dan negara memiliki kultur yang sama sudah menjadi AGENDA CAPLOKAN," kata Sekjen KNPI Munawar Fuad dalam acara 17 Jam Talkshow Non Stop Radio Trijaya, di Auditorium Menara Kebon Sirih, Jakarta, Senin (10/12/2007).

      Menurut Munawar, hal tersebut tidak bisa didiamkan karena persoalan tersebut sangat berbahaya bagi Indonesia.

      Link,
      https://news.okezone.com/read/2007/12/10/1/67229/malaysia-ingin-membangun-kerajaan-melayu-raya

      Hapus
    7. Hahahahahha malaysia 30% penduduknya china.. skr melayu malaysia itu lagi fobia china hampir menyamai melayu, dan sebenarnya malaysia itu sudah dalam gengaman china..

      Hapus
  10. Awalnya sangat2 ditentang us dan antek2nya, dengan mengatakan mustahil mengembangkan dan menciptakan vaksin secepat itu, tp akhirnya terbukti aman dan efektif.

    https://m.merdeka.com/amp/dunia/who-ucapkan-terima-kasih-kepada-rusia-karena-vaksin-sputnik-v-aman-dan-efektif.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Usaha tidak akan mengkhianati HASIL, itu Prinsipnya
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Mereka punya kepentingan sendiri buat vaksin. Investasi sudah gede, harus bisa balik modal. Orang lain yang berhasil lebih cepat tidak dianggap. :P

      Hapus
  11. Sri Mulyani Pastikan RI Resesi, Apa yang Bakal Terjadi?

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020. Menurut para ekonom, kondisi tersebut akan berdampak pada pelemahan daya beli hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

    "Pastinya daya beli akan tambah melemah," kata Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto saat dihubungi detikcom, Selasa (22/9/2020).

    Dia juga menilai dampak dari resesi ini akan membuat PHK yang sudah terjadi sejak awal pandemi COVID-19 terus berlanjut. Pegawai yang saat ini statusnya dirumahkan dan kena pemotongan gaji pun bisa bernasib lebih buruk.

    "Ya dugaan saya, PHK akan terus berlanjut itu," sebutnya.

    Dihubungi terpisah, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet juga menyatakan daya beli akan melemah.

    "Nah karena belum pulihnya daya beli itu disebabkan oleh misalnya masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan, kemudian memang bantuan yang disalurkan pemerintah juga memang belum cukup untuk misalnya mendorong daya beli ke level sebelum adanya pandemi. Nah kalau menurut saya memang kita lihat dampak yang paling terasa tentu melemahnya daya beli," jelasnya.

    Dia menerangkan bahwa imbas PHK di tengah resesi akan membuat jumlah pengangguran semakin bertambah.

    "Dampak lain ialah potensi semakin bertambahnya jumlah pengangguran karena kalau kita melihatkan di beberapa survei BPS, khususnya beberapa hari ini disebutkan bahwa banyak sektor yang kemudian melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawannya," tambah Yusuf.

    Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resmi resesi pada kuartal III-2020. Hal itu menyusul revisi proyeksi yang dilakukan Kementerian Keuangan.

    Sri Mulyani mengatakan, pihak Kementerian Keuangan melakukan update proyeksi perekonomian Indonesia untuk tahun 2020 secara keseluruhan menjadi minus 1,7% sampai minus 0,6%.

    "Forecast terbaru kita pada September untuk 2020 adalah minus 1,7% sampai minus 0,6%. Ini artinya, negatif territory kemungkinan terjadi pada kuartal 3," kata Sri Mulyani dalam video conference APBN KiTa, Selasa (22/9/2020).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kecil pur.. SantaiπŸ™„πŸ€”πŸ€—
      Itu blm seberapa di banding malonπŸ˜‰

      Hapus
  12. INDON akhirnya resesi bro walaupun tak pernah lockdown namun akibat Corona semakin parah ia tetap membawa ekonomi INDON meroket kebawah....

    BalasHapus
  13. Indonesia Resmi Resesi, Sri Mulyani: Ekonomi Kuartal Ketiga Bisa Minus 2,9 Persen

    Indonesia masuk zona resesi, setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal III/2020 yang diperkirakan minus 2,9 persen - minus 1,0 persen.

    Angka ini direvisi dari proyeksi sebelumnya minus 1,1 persen hingga positif 0,2 persen.

    "Yang terbaru per September 2020 ini, minus 2,9 persen - minus 1,0 persen. Negatif teritori pada kuartal III ini akan berlangsung di kuartal keempat," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita September virtual, Selasa (22/9/2020).

    Dia menjelaskan dari sisi permintaan di kuartal III/2020 konsumsi rumah tangga masih diperkirakan pada zona kontraksi yaitu minus 3 persen hingga minus 1,5 persen dengan total outlook 2020 konsumsi kita berarti pada kisaran kontraksi minus 2,1 persen hingga minus 1 persen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Indonesia resesi dgn kisaran minus 2%, maka bisa dibayangkan jiran kita yg kwartal kemarin menguncup cup cup -17%, berarti sekarang akan rontok dgn minus nus nus nuuussss .... yg parah pastinya bro!

      Hayo sila di cek @pur, angka nya jangan tifu2 ya.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  14. RI Resmi Resesi, Ini Pernyataan & Ramalan Lengkap Sri Mulyani

    Indonesia dipastikan masuk ke lubang resesi menyusul negara lainnya. Hal ini terlihat dari ramalan perekonomian Indonesia yang akan masuk ke zona negatif pada kuartal III-2020.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk kuartal III ini, perekonomian diramal akan berada di kisaran minus 2,9% hingga minus 1%. Artinya perekonomian Indonesia kontraksi dua kuartal berturut-turut setelah pada kuartal II-2020 terkontraksi 5,32%.

    Sedangkan untuk sepanjang tahun atau full year perekonomian juga diprediksi akan tetap minus 1,7% hingga minus 0,6%. Hal ini lantaran kontraksi akibat pandemi Covid-19 masih akan berlanjut di semester II tahun ini.

    "Ini artinya, negatif territory kemungkinan terjadi pada kuartal III dan mungkin juga masih berlangsung untuk kuartal IV yang kita upayakan bisa dekat 0 atau positif," ujarnya melalui konferensi pers virtual, Selasa (22/9/2020).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Indonesia resesi dgn kisaran minus 2%, maka bisa dibayangkan jiran kita yg kwartal kemarin menguncup cup cup -17%, berarti sekarang akan rontok dgn minus nus nus nuuussss .... yg parah pastinya bro!

      Hayo sila di cek @pur, angka nya jangan tifu2 ya.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  15. Ekonimi Malon Menguncup 17.1%..
    Kah.. Kah.. kah..

    🐯🐯🐯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempur ora pernah blajar economi makro.. Dadhi ora mudeng😁😁
      Endhi sing parah endhi sing ora.. πŸ˜‰πŸ˜πŸ˜πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  16. Indonesia Resmi Resesi, Saham Emiten Consumer hingga Rokok Berguguran


    Saham emiten yang bergerak di sektor consumer dan ritel kompak mengalami penurunan di akhir sesi pertama perdagangan hari ini, Selasa (22/9/2020). Saham emiten rontok bersamaan dengan penyampaian proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III/2020 yang minus sehingga secara resmi Indonesia memasuki resesi.

    Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham-saham di sektor consumer turun 0,58 persen sedangkan saham di sektor perdagangan turun 0,73 persen.

    Indeks saham consumer terdiri dari 60 emiten sedangkan indeks saham perdagangan beranggotakan 175 emiten. Adapun secara umum, indeks harga saham gabungan (IHSG) turun 0,87 persen ke posisi 4.955,99 pada akhir sesi pertama perdagangan hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Indonesia resesi dgn kisaran minus 2%, maka bisa dibayangkan jiran kita yg kwartal kemarin menguncup cup cup -17%, berarti sekarang akan rontok dgn minus nus nus nuuussss .... yg parah pastinya bro!

      Hayo sila di cek @pur, angka nya jangan tifu2 ya.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  17. Malah di katakan INDON buat HUTANG untuk bayar HUTANG dan BUNGA hutang.... semakin parah ya ekonomi INDON malah corona semakin mencengkam INDON saat ini.... hari ini saja kes positif corona mencapai 4.000 lebih kes....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ruP LOGNON urab, hcaja anamek...
















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
  18. Negara Bisa Kolaps karena Setengah Lebih APBN dari Utang

    Pemerintah saat ini bisa dikatakan dalam keadaan sekarat akibat setengah lebih sumber pendanaan APBN berasal dari utang.

    jika kondisi ini tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan negara kolaps.

    Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi PKS Sukamta menanggapi jumlah utang pemerintah yang semakin melambung di tengah pandemi Covid-19.

    Menurutnya, kondisi ini semakin berat karena hingga Juni 2020 penerimaan negara baru mencapai Rp 811,2 dari target pendapatan negara setelah yang telah direvisi akibat pandemi COVID-19 sebesar Rp1.760,9 triliun triliun. Padahal pada sisi lain, perkiraan belanja negara membengkak mencapai Rp2.233,2 triliun.

    “Gali lubang tutup lubang seakan jadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk menyambung nyawa APBN. Dari tahun ke tahun pemerintah terus menambah utang dengan alokasi utang dipergunakan untuk membiayai belanja negara dan sebagian lagi untuk membayar utang beserta bunganya,” jelas anggota Komisi I DPR RI itu dalam keterangan tertulis, Senin (21/09/2020).

    Menurut Sukamta jika utang terus menumpuk, bisa jadi akan ada yang menyebut Presiden Jokowi sebagai Presiden Utang Indonesia, hal ini merujuk pada jumlah utang yang dibuat selama dirinya memimpin enam tahun.

    “Sejak dilantik di bulan Oktober tahun 2014 hingga Juli 2020 Presiden Jokowi menambah utang pemerintah sebesar Rp 2.833,14 triliun sehingga jumlah utang hingga akhir Juli 2020 tercatat Rp 5.434,86 triliun. Jumlah ini meningkat drastis melampaui utang-utang periode presiden sebelumnya dari masa Soeharto hingga SBY yang totalnya hanya Rp 2.601,72 triliun. Yang jadi persolaan, penambahan jumlah utang yang sangat besar ini hanya berdampak minimalis terhadap pertumbuhan ekonomi yang stagnan di kisaran rata-rata 5 persen setiap tahunnya.”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blajar sing sregep yoo.. Pur ijo dolanan sex toys truss😁😁

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. ruP, gnuru nagnam siw...


















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
  19. Salam merdeka dari Sabah dan Sarawak πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  20. Ekonom Sebut Indonesia Sudah Terperangkap Jeratan Utang

    Ekonom Senior Indef Didik J. Rachbini mengatakan Indonesia sudah masuk dalam perangkap utang. Pasalnya, pemerintah menambah utang untuk membayar utang maupun bunga utang.

    "Sekarang kita ini sudah masuk dalam perangkap utang, harus utang untuk bayar utang, ini sudah relatif berat," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (2/9).

    Berdasarkan data yang dikantonginya, penerbitan utang pemerintah selalu bertambah tiap tahunnya selama periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Pada 2016, penerbitan utang sebesar Rp660,8 triliun, kemudian bertambah menjadi Rp726,3 triliun pada 2017. Setahun kemudian, utang penerbitan utang pemerintah menjadi Rp782,3 triliun dan Rp921,5 triliun pada 2019 lalu.

    Tahun ini, karena pandemi covid-19, pemerintah berencana menambah utang hingga Rp1.530,8 triliun. Utang tersebut memiliki konsekuensi pembayaran pokok utang jatuh tempo maupun bunga utang setiap tahunnya.

    "Indonesia membayar utang pokok Rp475 triliun, kemudian bayar bunga Rp275 triliun, jadi Rp750 triliun. Jadi, setiap tahun pemerintah Jokowi bayar utang Rp750 triliun. Ini beberapa tahun kemudian setiap tahun akan bayar utang Rp1.000 triliun lebih," ujarnya.

    Ia menilai langkah pemerintah menarik utang tersebut terlalu ugal-ugalan. Menurutnya, masih terdapat sumber-sumber pendanaan yang bisa digali dari APBN yang serapnya kurang maksimal alih-alih menambah utang.

    "Saya kritisi, ugalan-ugalan ini utangnya, utang menggunung dan covid-nya terus meningkat," imbuhnya.

    Ia melanjutkan jika utang pemerintah pusat tersebut ditambah dengan utang pemerintah daerah dan utang BUMN, maka totalnya menjadi Rp7.428 triliun. Kumpulan utang ini disebut sebagai utang publik.

    Selain itu, jika menghitung utang perbankan BUMN, maka totalnya menjadi Rp10.732 triliun.

    "Selain utang ini, ada beban pemerintah yaitu BUMN bank pemerintah, itu dinilai sebagai utang, kenapa? Kalau itu bank gagal bayar, maka yang akan bayar negara dan dalam kategori sistem moneter itu dianggap sebagai utang," katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. selek nolaM...




















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
  21. Walaupun INDON tak LOCKDOWN ekonomi mereka tetap terus meroket turun dan resmi Resesi.... kasihan INDON... malah anehnya CORONA pula yang meroket naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ratapilah nasibmu sendiri @pur,

      Kalo Indonesia resesi dgn kisaran minus 2%, maka bisa dibayangkan jiran kita yg kwartal kemarin menguncup cup cup -17%, berarti sekarang akan rontok dgn minus nus nus nuuussss .... yg parah pastinya bro!

      Hayo sila di cek @pur, angka nya jangan tifu2 ya.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Lambemu ambrol kuwi🀭

      Hapus
    3. πŸ€”....habm ukin ignolid enemes nikgnuM

      Hapus
    4. Kang smacker ndasku ngelu ningali tulisan njenengan sing di walik wolak

      Hapus
  22. Ekonom Senior Indef Didik J. Rachbini mengatakan Indonesia sudah masuk dalam perangkap utang. Pasalnya, pemerintah menambah utang untuk membayar utang maupun bunga utang.

    "Sekarang kita ini sudah masuk dalam perangkap utang, harus utang untuk bayar utang, ini sudah relatif berat," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (2/9).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat:

      Hutang Indo <30% GDP
      Gred a > 50% GDP
      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. ? ruP, % 1,71 suniM pucukram pucU...





















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
    3. ? ruP, % 1,71 suniM pucukram pucU...





















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
    4. Perangkap.. ? Bahasa yg kurang pas.. πŸ™„πŸ€”πŸ€­
      Yg pas itu adalah perangkap gempur πŸ€πŸ“πŸ” 😁🀣🀣

      Hapus
  23. ? ruP, % 1,71 suniM pucukram pucU...





















    😁 ixixixixixixiX ...

    BalasHapus
  24. sudah jatuh di timpa tangga..ekonomi resesi diparahkan lagi dengan perebakan corona yang semakin parah setiap hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah dicek belum @pur, resesi di gred a angkanya berapa pakcik?
      😚

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. wkwkwkwkwkw... kalau kata hutang negara hanya 30% takan la INDON terus menerus menerbitkan surat hutang malah jumlahnya bukan sedikit... bro itu pun geng INDON mudah di prank ye...wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang situ paham economic? 😁🀣

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. GETRAW id gnatugn, knod mahap ruP...

      ? ayn IMONOKE umli uti















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Penerbitan surat utang dengan tenor 50 tahun merupakan tenor terpanjang yang pernah dilakukan pemerintah Indonesia. Bahkan, dari Februari hingga Maret tidak ada satupun negara di Asia yang masuk ke global bond karena volatilitas dan gejolak yang besar.

    BalasHapus
  29. Geng INDON klaim hutang negara mereka hanya 30% tapi terbaru INDON buat utang terbesar dan terlama dalam sejarah INDON... wkwkwkwkwkwkwkw

    INDON memang LAWAK



    jadi Surat Utang Terbesar & Terlama Sepanjang Sejarah RI Terbit! tu apa...??? kalau kamu kata hutang negara hanya 30%...??? patutnya bila kurang hutang ni pemeritah INDON tak perlu banyak buat hutang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbesar tapi dalam ambang batas kisaran 30%

      Kalo Indo lebih dari 30%, apalagi gred a, busa sampe 70_

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Woouuu... Ayoo pur tok khe ilmune😁😁
    Ojo manggan gaji buta.. Gaji tukang cuap2😁😁

    BalasHapus
  32. 'RI Terbitkan Surat Utang Dolar Terbesar Sepanjang Sejarah'

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Indonesia berhasil menerbitkan surat utang dengan denominasi dolar saat pandemi covid-19 atau virus corona mewabah. 

Ada 3 jenis surat utang yang diterbitkan dengan tenor terpanjang mencapai 50 tahun.

    Adapun nilainya mencapai US$ 4,3 miliar atau Rp 68,6 triliun (kurs Rp 16.000).

    "Ini adalah penerbitan terbesar dalam US bond dalam sejarah RI. Dan Indonesia juga jadi negara pertama yang menerbitkan sovereign bond sejak pandemic covid-19 terjadi," kata Sri Mulyani, Selasa (7/4/2020).


    Penerbitan tenor 50 tahun ini, sambung Sri Mulyani menjadi yang pertama kali juga di Indonesia dengan tenor terpanjang. Menurut Sri Mulyani cukup baik.

    "Ini menunjukkan kepercayaan investor dari pengelolaan keuangan negara. Kita memanfaatkan 50 tahun dari preferensi tenor bond jangka panjang cukup kuat," katanya.

    Ketiga global bond berdenominasi dolar AS ini terbagi dalam tiga tenor yang berbeda. Pertama, Global Bond USD bertenor 10,5 tahun dengan total US$ 1,65 miliar, dan oversubscribed 2 kali atau US$ 3,53 miliar. Surat utang ini jatuh tempo 15 Oktober 2030, dan memiliki kupon 3,85% yang dibayarkan dua kali dalam setahun (semi annually).

    Kedua, Global Bond USD bertenor 30,5 tahun dengan total US$ 1,65 miliar yang oversubscribed hingga US$ 3,33 miliar dan jatuh tempo pada 15 Oktober 2050. Surat utang ini memiliki kupon 4,25% yang dibayarkan dua kali dalam setahun.

    Ketiga, Global Bond USD bertenor 50 tahun dengan nilai penerbitan US$ 1 miliar, dan oversubscribed 2,5 kali atau YS$ 2,59 miliar. Surat utang ini jatuh tempo 15 April 2070, dengan kupon yang ditawarkan 4,45% yang dibayarkan dua kali dalam setahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbesar tapi dalam ambang batas kisaran 30%

      Kalo Indo lebih dari 30%, apalagi gred a, busa sampe 70_

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Hapus

      Hapus
  33. pada geng INDON jangan selalu tengok berita dari BUZZER ye...wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ? ruP, apareb nolaM gnatuh...















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
    2. Kwkwkwkw😁😁🀣... Tukang kliping upin upin.. 😁😁

      Hapus
    3. Belum lulus kaya upin ini😁😁🀣🀣

      Hapus
    4. Gue udah baca semua nya pur 9 jam yang lalu itu beritanya, berita yg kau sampaikan itu ada tambahan kata kata bumbu yang kau buat sendiri.

      Hapus
    5. Terus bagaimana dengan ini pur πŸ™ˆ ternyata banyak berita hoax tentang corona di malon, kes positif nya melebihi perkiraan.

      https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4362053/selama-pandemi-malaysia-bikin-370-klarifikasi-hoaks-soal-covid-19

      Hapus
    6. Kes corona di malay sekarang adalah omong kosong semuanya dibohongi oleh KERAjaan sampai sampai rakyat pon tidak tau πŸ˜‚πŸ™ˆ

      https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/21/190300465/malaysia-disebut-punya-angka-reproduksi-covid-19-tertinggi-di-asia-tenggara.

      Hapus
  34. Terbesar tapi dalam ambang batas kisaran 30%

    Kalo Indo lebih dari 30%, apalagi gred a, bisa sampe 70_80_% wush wush!

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Hapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADPF helo naklicukid naloM...
























      ruP, apareb nolaM gnatuh...















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
  35. Mengapa Indo berani menerbitkan surat utang/berhutang @pur?

    Karena hutang Indo < 30% GDP!
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  36. Turu thoo pur?.. Ojo lali cuci kaki dan mulut biar bersih, seharian kok ngoceh koyo manuk emprit 😁😁😁

    BalasHapus
  37. yang LAWAKNYA INDON kata di kantongnya ada 11,000 trilion tapi masih buat surat hutang TERBESAR DAN TERLAMA DALAM SEJARAH INDON.... wkwkwkwkwkwk


    geng INDON sangat mudah PRANK dan mereka sangat mudah percaya....wkwkwkwkwkwkwkkw Asyikkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ? ruP, apareb nolaM gnatuh...















      😁 ixixixixixixiX ...

      Hapus
    2. Asyik akhirnya wni masuk lagi di malon agar lowongan pekerjaan di malon habis di penuhi warga asing

      https://nasional.kompas.com/read/2020/09/17/22011051/malaysia-longgarkan-larangan-masuk-bagi-wni

      Hapus
    3. Terus bagaimana dengan ini pur πŸ™ˆ ternyata banyak berita hoax tentang corona di malon, kes positif nya melebihi perkiraan.

      https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4362053/selama-pandemi-malaysia-bikin-370-klarifikasi-hoaks-soal-covid-19

      Hapus
    4. Kes corona di malay sekarang adalah omong kosong semuanya dibohongi oleh KERAjaan sampai sampai rakyat pon tidak tau πŸ˜‚πŸ™ˆ

      https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/21/190300465/malaysia-disebut-punya-angka-reproduksi-covid-19-tertinggi-di-asia-tenggara.

      Hapus
    5. ...sudah dibilang MALON itu akan SUSAH, tanpa Indonesia















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  38. Nak arep turu cangkemmu di kei gombal Ben ora ngileer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojolali....gombale dikum nganggo bengsin disik ben gari nyumet πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  39. Turu pur... Gumoh mengko😁😁

    BalasHapus

  40. (UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier 22 September 2020 21.05
    Asyik akhirnya wni masuk lagi di malon agar lowongan pekerjaan di malon habis di penuhi warga asing

    https://nasional.kompas.com/read/2020/09/17/22011051/malaysia-longgarkan-larangan-masuk-bagi-wni

    Hapus

    (UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier 22 September 2020 21.07
    Terus bagaimana dengan ini pur πŸ™ˆ ternyata banyak berita hoax tentang corona di malon, kes positif nya melebihi perkiraan.

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4362053/selama-pandemi-malaysia-bikin-370-klarifikasi-hoaks-soal-covid-19

    Hapus

    (UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier 22 September 2020 21.07
    Kes corona di malay sekarang adalah omong kosong semuanya dibohongi oleh KERAjaan sampai sampai rakyat pon tidak tau πŸ˜‚πŸ™ˆ

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/21/190300465/malaysia-disebut-punya-angka-reproduksi-covid-19-tertinggi-di-asia-tenggara.

    BalasHapus
  41. geng INDON tanya Mengapa Indo berani menerbitkan surat utang/berhutang @pur?

    JAWAPAN MUDAH INDON takde wang la bro... maka kena mengutang....

    bukti INDON takde wang..program KFX TUNGGAK HUTANG...kapal selam TAK BAYAR wang muka....

    logik la bro kalau ada wang mana ada TUNGGAK HUTANG....wkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko tak reti juga @pur.
      Dah ku kate, karena kami punya ambang batas hutang yg terkendali. Batas psikologisnya 30%. Apakah boleh lebih dari itu...ya masih boleh, jelas masih boleh apalagi dgn adanya corona, undang2 pun masih membolehkan hingga maks 60% (?). Tapi kebijakan keuangan Indo masih lebih memilih angka aman di 30% GDP.

      Sebaliknya, Cem mane nasib negare yg takde hujan angin jauh hari dah berhutang lebih dari 50% GDP? Ditambah pandemi, ditambah -17%...??? Ape tak remuk!
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  42. Erick Thohir Buka-bukaan soal Utang Pemerintah ke BUMN

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan utang pemerintah kepada perusahaan pelat merah adalah tunggakan sejak 2017 lalu. Rencananya, pemerintah akan membayar tunggakan utang senilai Rp108,48 triliun kepada lima BUMN.

    "Pencairan utang ini sejak 2017, jadi itu sudah cukup lama," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR, Selasa (9/6).

    Rinciannya, utang pemerintah kepada lima BUMN itu meliputi, ke PT PLN (Persero) sebesar Rp48,46 triliun, disusul oleh PT Pertamina (Persero) senilai Rp40 triliun.

    Kemudian secara berturut-turut, BUMN karya senilai Rp12,16 triliun, PT Pupuk Indonesia (Persero) senilai Rp6 triliun, PT Kimia Farma (Persero) Tbk senilai Rp1 triliun, dan Perum Bulog senilai Rp560 miliar, dan KAI senilai Rp300 miliar. Jumlah pembayaran utang itu, mewakili 75 persen dari total utang pemerintah kepada BUMN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko tak reti juga @pur.
      Dah ku kate, karena kami punya ambang batas hutang yg terkendali. Batas psikologisnya 30%. Apakah boleh lebih dari itu...ya masih boleh, jelas masih boleh apalagi dgn adanya corona, undang2 pun masih membolehkan hingga maks 60% (?). Tapi kebijakan keuangan Indo masih lebih memilih angka aman di 30% GDP.

      Sebaliknya, Cem mane nasib negare yg takde hujan angin jauh hari dah berhutang lebih dari 50% GDP? Ditambah pandemi, ditambah -17%...??? Ape tak remuk!
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  43. memang ke kalau hutang negara hanya 30% kena TUNGGAK HUTANG ke bro..malah hingga 5 BUMN di tunggak hutang dari 2017....wkwkwkkwkwkw

    setahu saya orang yang tunggak hutang ni selalunya negara yang ada masalah kewangan...wkwkwkkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko tak reti juga @pur.
      Dah ku kate, karena kami punya ambang batas hutang yg terkendali. Batas psikologisnya 30%. Apakah boleh lebih dari itu...ya masih boleh, jelas masih boleh apalagi dgn adanya corona, undang2 pun masih membolehkan hingga maks 60% (?). Tapi kebijakan keuangan Indo masih lebih memilih angka aman di 30% GDP.

      Sebaliknya, Cem mane nasib negare yg takde hujan angin jauh hari dah berhutang lebih dari 50% GDP? Ditambah pandemi, ditambah -17%...??? Ape tak remuk!
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  44. Woow .. Akhirnya Debt Collectors dikirim KOrea untk tagih Hutang ke Indon ... Hahahaha

    Korean officials fly to Jakarta to claim delayed KF-X payments

    By Kim Byung-wookPublished : Sept 22, 2020 - 16:54
    Updated : Sept 22, 2020 - 16:54

    South Korean officials on Tuesday flew to Jakarta to claim development costs Indonesia owes to Korea for the joint development of next-generation KF-X fighters.

    According to industry sources, a Korean task force of 10 officials from Korea Aerospace Industries and the Defense Acquisition Program Administration will renegotiate with Indonesian officials from Wednesday to Thursday on how the Southeast Asian country will deliver its portion of development costs for the KF-X project.

    The joint KF-X project requires 8.7 trillion won ($7.4 billion) for development. Indonesia is responsible for 20 percent of the costs, which is approximately 1.7 trillion won. However, Indonesia has been delaying its payments recently, with 500.3 billion won overdue as of April.

    Indonesia, while withholding the payment, has reportedly still been seeking technology transfers from KAI, the developer of the KF-X fighters.

    “Indonesian officials have requested DAPA to keep the renegotiation confidential,” a DAPA official said. “Only the Korean task force in the field will know which technology Indonesia requests for transfer.”

    This month, the Indonesian government said it sliced the cost-sharing rate to 18.8 percent in the last renegotiation, though the target was 15 percent.

    By Kim Byung-wook (kbw@heraldcorp.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti jeneng... Pur? , sesok ganti jeneng undur2 wae.. Joss kuwiπŸ™„

      Hapus
    2. Haneh kesenengen nek dadi undur-undur, mbah.....pendak dino iso nginjen rondo lagi pipis 🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Pak cik @putra/gempur fahami seluruh isi artikel:

      Korea:
      how the Southeast Asian country will deliver its portion of development costs for the KF-X project.

      Indo:
      "while withholding the payment, has reportedly still been seeking technology transfers from KAI, the developer of the KF-X fighters"

      "Only the Korean task force in the field will know which technology Indonesia requests for transfer.”

      Kesimpulan:

      Korea tanya soal kontribusi dana
      Indo tanya soal ToT nya

      Ini lah yg disebut NEGOSIASI ala Indo pak cik @putra/gempur!

      😁😁😊

      Hapus
  45. Teruk betol nasib Indon di project KFX/IFX .. Wang habis tetapi X ada manfaat langsung yang akan diterima Indon ..

    Betol-betol Indon bodoh x terkirakan ....nati nak omong apa ketika Debt Collectors Korea tiba di kantor Prabowo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti jeneng 3896754368532578643X...ora ngaruh pur!.. Jek ketok pekokmu kok pur😁😁

      Hapus
    2. Teruk betol nasib malon di project LCS .. Wang habis tetapi salah potong X ada 1 pun yang jadi diterima Malon ..

      Betol-betol malon bodoh x terkirakan ....nati nak omong apa ketika Debt Collectors China tiba di malon ...

      Hapus
    3. Pak cik @putra/gempur fahami seluruh isi artikel:

      Korea:
      how the Southeast Asian country will deliver its portion of development costs for the KF-X project.

      Indo:
      "while withholding the payment, has reportedly still been seeking technology transfers from KAI, the developer of the KF-X fighters"

      "Only the Korean task force in the field will know which technology Indonesia requests for transfer.”

      Kesimpulan:

      Korea tanya soal kontribusi dana
      Indo tanya soal ToT nya

      Ini lah yg disebut NEGOSIASI ala Indo pak cik @putra/gempur!

      😁😁😊

      Hapus
  46. Pejabat Korea Selatan pada hari Selasa terbang ke Jakarta untuk mengklaim biaya pengembangan yang harus dibayar Indonesia kepada Korea untuk pengembangan bersama jet tempur KF-X generasi berikutnya.

    Menurut sumber industri, satuan tugas Korea yang terdiri dari 10 pejabat dari Industri Dirgantara Korea dan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan akan bernegosiasi ulang dengan pejabat Indonesia dari Rabu hingga Kamis tentang bagaimana negara Asia Tenggara akan memberikan porsi biaya pengembangan untuk proyek KF-X. .

    Proyek bersama KF-X membutuhkan 8,7 triliun won ($ 7,4 miliar) untuk pengembangan. Indonesia menanggung 20 persen dari biaya, yaitu sekitar 1,7 triliun won. Namun, Indonesia telah menunda pembayarannya baru-baru ini, dengan tunggakan 500,3 miliar won per April.

    Indonesia, sambil menahan pembayaran, dilaporkan masih mencari transfer teknologi dari KAI, pengembang pesawat tempur KF-X.

    “Pejabat Indonesia telah meminta DAPA untuk merahasiakan negosiasi ulang,” kata seorang pejabat DAPA. "Hanya satuan tugas Korea di lapangan yang akan mengetahui teknologi mana yang diminta Indonesia untuk ditransfer."

    Bulan ini, pemerintah Indonesia menyatakan memangkas tarif bagi hasil menjadi 18,8 persen dalam renegosiasi terakhir, meski targetnya 15 persen.

    BalasHapus
  47. Ini lagi negosiasi perundingan dek..
    Pemerintah ingin mendapatkan akses teknolagi yg lebih banyak dari KAI untuk proyek kfx ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempur mbok kandani ngono opo dhi gagas mbah... Lha wonge kuwi syaraf2 ke otak dol kabehπŸ€”πŸ€”πŸ€­πŸ€­

      Hapus
  48. Sri Mulyani mengatakan ada peluang cukup signifikan, kalau pertumbuhan Q3 akan jatuh di zona negatif bila tidak berhasil mencapai posisi netral nol persen.

    Jika prediksi Sri Mulyani benar terjadi, maka Indonesia akhirnya mengalami resesi teknikal yaitu kontraksi pertumbuhan di dua kuartal berturut-turut. Melengkapi kontraksi Q2 2020 di angka 5,3 persen.

    Meski prediksi menunjukkan resesi sudah di depan mata, Sri Mulyani bilang masih ada beberapa cara untuk menyelamatkannya.

    Ia mengatakan, selama konsumsi yang memiliki kontribusi 57,9 persen PDB dan investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 32,3 persen PDB bisa dijaga, maka pertumbuhan Q3 bisa mencapai nol persen bahkan positif.

    Pemerintah katanya akan berjibaku memulihkan dua indikator ini. Berbagai instrumen katanya dari bansos sampai strategi memulihkan kepercayaan diri investor akan digenjot.

    “Kunci utamanya konsumsi dan investasi. Kalau konsumsi investasi masih negatif growth dan pemerintah mau all out masih sangat sulit untuk masuk di zona netral nol persen 2020,” ucap Sri Mulyani.

    BalasHapus
  49. (UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier 22 September 2020 21.05
    Asyik akhirnya wni masuk lagi di malon agar lowongan pekerjaan di malon habis di penuhi warga asing

    https://nasional.kompas.com/read/2020/09/17/22011051/malaysia-longgarkan-larangan-masuk-bagi-wni

    Hapus

    (UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier 22 September 2020 21.07
    Terus bagaimana dengan ini pur πŸ™ˆ ternyata banyak berita hoax tentang corona di malon, kes positif nya melebihi perkiraan.

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4362053/selama-pandemi-malaysia-bikin-370-klarifikasi-hoaks-soal-covid-19

    Hapus

    (UN) Anoa 6x6 Armored Personal Carrier 22 September 2020 21.07
    Kes corona di malay sekarang adalah omong kosong semuanya dibohongi oleh KERAjaan sampai sampai rakyat pon tidak tau πŸ˜‚πŸ™ˆ

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/21/190300465/malaysia-disebut-punya-angka-reproduksi-covid-19-tertinggi-di-asia-tenggara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁
      @gempur telan ludah sendiri!

      Katanya Indo di Lockdown gred a. Tapi kok di buka lagi?

      Takut ya, ekonominya terjun bebas?!
      😁😁

      Hapus
    2. Itu tandanya kita saling membutuhkan dek..

      Hapus
  50. Kontribusi utama Malaysia terhadap Indonesia adalah dalam hal pariwisata. Wisatawan mancanegara (wisman) dari Negeri Jiran adalah yang terbanyak mengunjungi Indonesia.

    Pada 2019, wisman asal Malaysia mencatatkan 2,98 juta kunjungan. Melonjak 19,07% dibandingkan tahun sebelumnya.
    Malaysia lah jiran kita yg sering wisata di mari..
    Dan indonesia paling banyak mengirimkan tki ke malaysia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontribusi Malaysia selain wisatawan yg datang ke Indonesia, juga mendatangkan narkoba ke Indonesia. Jangan lupakan itu.

      https://m.liputan6.com/regional/read/4344277/mengintai-gerak-gerik-sindikat-narkoba-asal-malaysia-pasok-sabu-dan-ekstasi-ke-dumai

      https://www.google.com/amp/s/m.tribunnews.com/amp/regional/2020/06/29/warganya-menjadi-pemasok-40-kg-sabu-malaysa-diminta-tangkap-sang-bandar-narkoba

      Masih halal jadi TKI daripada jadi bandar narkoba.

      Hapus
    2. Itu malaysia china dek kebanyakan

      Hapus
    3. Sama aja bos. Mau yg malaysia melayu, malaysia china yg penting tetep warga negara malaysia. Ga usah ngeles lah.

      TKI yg datang ke Malaysia juga kan Warga Negara Indonesia dari berbagai jenis suku.

      Hapus
  51. @Gempurwira
    Diperkirakan ekonomi
    Indonesia minus -2,9%, kita tunggu ya berasa besar menguncup Q3 ekonomi Malingsial....Q2 -17,1%...

    Petronas merugi Tp.74,5 T..berbanding Pertamina 11T.

    Tapi yg pasti defence buset malon sudah dibawah pinoy...πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜…adooy malunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SALAM MENGUNCUP om meneer haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
  52. mabuhay lagi buat filipina, baru terus abis SuTUC lanjut jet GULFSTREAM buat skrambel..
    pesawat cantik tumpangan para pangeran..bner2 september CERIA hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  53. Pak cik @putra/gempur fahami seluruh isi artikel:

    Korea:
    how the Southeast Asian country will deliver its portion of development costs for the KF-X project.

    Indo:
    "while withholding the payment, has reportedly still been seeking technology transfers from KAI, the developer of the KF-X fighters"

    "Only the Korean task force in the field will know which technology Indonesia requests for transfer.”

    Kesimpulan:

    Korea tanya soal kontribusi dana
    Indo tanya soal ToT nya

    Ini lah yg disebut NEGOSIASI ala Indo pak cik @putra/gempur!

    😁😁😊

    BalasHapus
  54. Aside from C2 operations, the aircraft can also be used for airborne warning system, medical evacuation, high-altitude atmospheric research, and intelligence, surveillance and reconnaissance missions.
    -----------------------------

    banyak amat bisanya, pdhl pesawat kecil, hebat haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    bneran pesawat C2 nich? tp kok gak kliatan dom radar "JAKUN" ato radar di punggungnya sich???

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo pesawat misi spesial kita kan c-295, kliatan nongol dome radar di jakunnya

      tapi ini kok..gak kliatan..sungguh menghairankan.
      mungkin yg penting punyak dolo pesawatnya yak, instalasinya nyusulll haha!🀩🀩🀩

      Hapus
    2. Agak bingung dengan maksud airborne warning system. Yang pasti sensor tidak lebih banyak daripada 737-8U3 BBJ kita.

      Misi yang lain hanya memerlukan sistem komunikasi yang bagus.

      Hapus
    3. nyoih om irs, apa mungkin sensornya pake rato(radar moto) haha!🀭🀭🀭
      netijen mrk pon bertanya2, sperti pesawat vvip drpd pesawat bermisi spesial.

      Hapus
  55. yg lebih menghairankan lagi, KL kok gak punya pesawat C2, MPA ampe pesawat jet angkut=ZERO haha!🀭🀭🀭

    pantesan filipin brani gertak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabnya..."MISSQUEN" Om.. 🀣

      Hapus
    2. gayanya selangit, bak sultan..pdhl kantung tifis om haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
  56. Teruk betol nasib malon di project LCS.
    Wang habis tetapi salah potong X ada 1 pun yang jadi diterima Malon.

    Teruk betol nasib malon di Project LMS dari 4unit, baru siap 2unit.
    Dah gitu hutang pula 25tahun untuk projech LMS ke China

    Betol-betol malon bodoh x terkirakan. nanti nak omong apa ketika Debt Collectors China tiba di malon.

    PilotbBomber Debt Collector China siap lepaskan taik Nuke apabila malon tak bayar hitang project LMS.

    Upss. Upss.. Upss.

    πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    😝😝😝😝

    🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  57. Malaysia Cannot Escape From China -- It's Too Late

    Malaysia is already caught in China’s web, and there’s no escape from it. The best it can do is to bring Beijing to the negotiating table, and try to get better deals for projects under way.

    In the early days after his election, Malaysia’s Prime Minister Mahathir Mohamad sent a strong message to Beijing about his will and determination to control the destiny of Malaysia by canceling high profile Chinese projects in the country.

    Apparently, he wanted Malaysia to avoid China’s debt trap, which has left other countries with no choice but to cede control of indebted projects to Beijing.

    Then he took his message on a roadshow, advising the Philippines President Rodrigo Duterte to avoid China’s “debt trap.”

    The trouble is that Mahathir’s revolt against China didn’t last long. And now the best it could accomplish is to bring Beijing back to the negotiating table to cut the cost of the investment projects assigned to Chinese contractors.

    Last week, China agreed to cut the cost of East Coast Rail Link project by one-third. This week, the two countries have agreed to revive the Bandar Malaysia project with the original contractors — a joint-venture between Malaysian firm Iskandar Waterfront Holdings and China Railway Engineering Corp (CREC) – with some modifications. Like the construction of 10,000 affordable housing units, and the use of local sources.

    What made Malaysia soften its tone on China? A couple of things, in my opinion. One of them is that there’s a great deal of “sunken” costs for the projects under way; and it will be hard to find alternative sources of financing to proceed with them.

    Then there’s Malaysia’s reliance on China for its exports. Last year, China was the largest export market for Malaysia ($42.5B), followed by Singapore (35.7B), and the US ($33.1B); and that gives Beijing great leverage against any “irrational” behavior by Malaysia.

    By coincidence, Malaysia’s exports dropped unexpectedly lately, down 5.3% annually to MYR 66.6 billion in February 2019, after a 3.1% in January and missing market consensus of a 1.4%, according to Tradingeconomics.com. Sales dropped for palm oil & palm oil-based products (-13.4% to MYR 4.7 billion); refined petroleum products (-30.9% to MYR 3.6 billion); crude petroleum (-21.8% to MYR 1.9 billion); timber & timber-based products (-1.7% to MYR 1.4 billion) and natural rubber (-23.1% to MYR 0.2 billion).

    Meanwhile, Mahathir’s decision to revive the Iskandar Waterfront Holdings and China Railway Engineering Corp (CREC) came a few hours after he oversaw the signing of agreements on currency swaps and plans to raise imports of Malaysian frozen durian and palm oil.

    Another coincidence?

    https://www.forbes.com/sites/panosmourdoukoutas/2019/04/20/malaysia-cannot-escape-from-china-its-too-late/amp/

    BalasHapus
  58. Turu pur.. Sesok TK tandika putri ono pelajaran economic, ben iso gawe bhn gawe troll

    BalasHapus
  59. Ini manfaat surat utang atau global bond..

    logo
    logo
    ×
    EKONOMI, NASIONAL

    Indonesia luncurkan obligasi global bertenor hingga 50 tahun
    “Kami terbitkan ini dalam rangka menjaga pembiayaan secara aman sekaligus menambah cadangan devisa bagi BI,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani
    Iqbal Musyaffa |
    07.04.2020
    Indonesia luncurkan obligasi global bertenor hingga 50 tahun Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani. (Eko Siswono Toyudho - Anadolu Agency)

    Jakarta Raya

    JAKARTA

    Pemerintah Indonesia, pada Selasa, menerbitkan obligasi atau surat berharga negara di pasar global sebesar USD4,3 miliar yang dibagi ke dalam tiga jenis dengan tenor panjang hingga 50 tahun.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penerbitan obligasi tersebut memang sangat kecil karena dilakukan di tengah ketidakpastian pasar global yang masih bergerak dinamis

    “Bond pertama yang diterbitkan dengan seri RI1030 dengan tenor 10,5 tahun dan jatuh tempo pada 15 Oktober 2030 yang kita terbitkan sebesar USD1,65 miliar dengan yield 3,9 persen,” ujar Menteri Sri Mulyani dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa.

    Sementara itu, obligasi kedua dengan seri RI1050 diterbitkan sebesar USD1,65 miliar dengan imbal hasil (yield) 4,25 persen serta tenor selama 30,5 tahun dengan tanggal jatuh tempo pada 15 Oktober 2050.

    Kemudian, obligasi ketiga adalah seri terbaru yang belum pernah diterbitkan sebelumnya, yakni RI0470 dengan tenor 50 tahun yang akan jatuh tempo pada 15 April 2070 dengan nilai USD1 miliar dan yield 4,5 persen.

    “Kami terbitkan ini dalam rangka menjaga pembiayaan secara aman sekaligus menambah cadangan devisa bagi BI,” jelas dia.

    Menteri Sri Mulyani menjelaskan pemanfaatan penerbitan obligasi tersebut sangat positif di tengah turbulensi pasar keuangan global serta menjadi penerbitan terbesar dalam sejarah penerbitan obligasi oleh Indonesia.

    “Indonesia juga menjadi negara pertama yang menerbitkan sovereign bond sejak Covid-19 terjadi pada Februari hingga Maret. Tidak ada satu negara pun yang masuk ke global bond karena volatilitas dan gejolak yang besar,” lanjut Menteri Sri Mulyani.

    Dia menambahkan penerbitan obligasi tersebut dilakukan seluruhnya secara elektronik tanpa pertemuan secara fisik.

    “Penerbitan tenor 50 tahun pertama kali ini merupakan tenor terpanjang yang dilakukan pemerintah dan secara implisit menunjukkan kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi dan keuangan negara,” imbuh dia.

    Menteri Sri Mulyani menambahkan bahwa pemerintah memanfaatkan tenor 50 tahun karena preferensi investor pada tenor obligasi jangka panjang cukup kuat, sehingga bisa mendapatkan yield cukup baik yang mencerminkan risiko dan selera dari investor.

    “Ini kombinasi dari SBN berdenominasi rupiah yang rata-rata appetite investor pada jangka lebih pendek di 5 tahun,” tambah Menteri Sri Mulyani.

    Menurut dia, penerbitan tenor 50 tahun juga bisa menjadi benchmark tenor baru dalam kapitalisasi kurva tenor jangka panjang yang cenderung datar.

    Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut juga mengatakan penerbitan obligasi dalam suasana yang penuh ketidakpastian saat ini, Indonesia mampu mendapatkan yield lebih baik dibandingkan pada tahun 2018 yang saat itu terjadi arus modal keluar dalam jumlah besar akibat the Fed menaikkan suku bunga 5 kali berturut-turut.

    “Ini sesuatu yang cukup positif dan menggambarkan reputasi Indonesia yang cukup stabil dan bahkan penerbitan tenor 50 tahun juga lebih rendah dibandingkan tenor 10 tahun yang kita terbitkan pada 2018,” ujar Menteri Sri Mulyani.

    BalasHapus
  60. Ini manfaat surat utang atau global bond..

    logo
    logo
    ×
    EKONOMI, NASIONAL

    Indonesia luncurkan obligasi global bertenor hingga 50 tahun
    “Kami terbitkan ini dalam rangka menjaga pembiayaan secara aman sekaligus menambah cadangan devisa bagi BI,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani
    Iqbal Musyaffa |
    07.04.2020
    Indonesia luncurkan obligasi global bertenor hingga 50 tahun Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani. (Eko Siswono Toyudho - Anadolu Agency)

    Jakarta Raya

    JAKARTA

    Pemerintah Indonesia, pada Selasa, menerbitkan obligasi atau surat berharga negara di pasar global sebesar USD4,3 miliar yang dibagi ke dalam tiga jenis dengan tenor panjang hingga 50 tahun.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penerbitan obligasi tersebut memang sangat kecil karena dilakukan di tengah ketidakpastian pasar global yang masih bergerak dinamis

    “Bond pertama yang diterbitkan dengan seri RI1030 dengan tenor 10,5 tahun dan jatuh tempo pada 15 Oktober 2030 yang kita terbitkan sebesar USD1,65 miliar dengan yield 3,9 persen,” ujar Menteri Sri Mulyani dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa.

    Sementara itu, obligasi kedua dengan seri RI1050 diterbitkan sebesar USD1,65 miliar dengan imbal hasil (yield) 4,25 persen serta tenor selama 30,5 tahun dengan tanggal jatuh tempo pada 15 Oktober 2050.

    Kemudian, obligasi ketiga adalah seri terbaru yang belum pernah diterbitkan sebelumnya, yakni RI0470 dengan tenor 50 tahun yang akan jatuh tempo pada 15 April 2070 dengan nilai USD1 miliar dan yield 4,5 persen.

    “Kami terbitkan ini dalam rangka menjaga pembiayaan secara aman sekaligus menambah cadangan devisa bagi BI,” jelas dia.

    Menteri Sri Mulyani menjelaskan pemanfaatan penerbitan obligasi tersebut sangat positif di tengah turbulensi pasar keuangan global serta menjadi penerbitan terbesar dalam sejarah penerbitan obligasi oleh Indonesia.

    “Indonesia juga menjadi negara pertama yang menerbitkan sovereign bond sejak Covid-19 terjadi pada Februari hingga Maret. Tidak ada satu negara pun yang masuk ke global bond karena volatilitas dan gejolak yang besar,” lanjut Menteri Sri Mulyani.

    Dia menambahkan penerbitan obligasi tersebut dilakukan seluruhnya secara elektronik tanpa pertemuan secara fisik.

    “Penerbitan tenor 50 tahun pertama kali ini merupakan tenor terpanjang yang dilakukan pemerintah dan secara implisit menunjukkan kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi dan keuangan negara,” imbuh dia.

    Menteri Sri Mulyani menambahkan bahwa pemerintah memanfaatkan tenor 50 tahun karena preferensi investor pada tenor obligasi jangka panjang cukup kuat, sehingga bisa mendapatkan yield cukup baik yang mencerminkan risiko dan selera dari investor.

    “Ini kombinasi dari SBN berdenominasi rupiah yang rata-rata appetite investor pada jangka lebih pendek di 5 tahun,” tambah Menteri Sri Mulyani.

    Menurut dia, penerbitan tenor 50 tahun juga bisa menjadi benchmark tenor baru dalam kapitalisasi kurva tenor jangka panjang yang cenderung datar.

    Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut juga mengatakan penerbitan obligasi dalam suasana yang penuh ketidakpastian saat ini, Indonesia mampu mendapatkan yield lebih baik dibandingkan pada tahun 2018 yang saat itu terjadi arus modal keluar dalam jumlah besar akibat the Fed menaikkan suku bunga 5 kali berturut-turut.

    “Ini sesuatu yang cukup positif dan menggambarkan reputasi Indonesia yang cukup stabil dan bahkan penerbitan tenor 50 tahun juga lebih rendah dibandingkan tenor 10 tahun yang kita terbitkan pada 2018,” ujar Menteri Sri Mulyani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngamerika lan negoro-negoro ngeropa duwe utang ora mbah ?

      Hapus
  61. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  62. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  63. Do you need personal loan?
    Loan for your home improvements,
    Mortgage loan,
    Debt consolidation loan,
    Commercial loan,
    Education loan,
    Car loan,
    Loan for assets.
    financialserviceoffer876@gmail.com Whatsapp +918929509036

    BalasHapus