19 September 2020

Mengenal Kapal Perang Penjelajah Samudera Buatan Indonesia

19 September 2020

BRP Tarlac 601 Strategic Sealift Vessel (photo : Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam industri pertahanan, Indonesia terus berkomitmen untuk menciptakan kemandirian. Melalui PT PAL Indonesia (Persero), Indonesia terus memperkuat perannya dalam produsen kapal-kapal perang di dunia.

Filipina, menjadi salah satu negara yang mepercayakan PT PAL Indonesia (Persero) untuk memperkuat armada lautnya.

Dikutip dari laman PT PAL Indonesia (Persero), Jumat (21/8/2020), pada Mei 2017 ketika mentari pagi menyapa di horizon timur, Kapal kedua Strategic Sealift Vessel (SSV 123) meter bernama BRP Davao Del Sur-602 yang akan diserahkan kepada Departemen Pertahanan Nasional (DND) Filipina meninggalkan tempat kelahirannya PT PAL Indonesia (Persero) di Dermaga Ujung Surabaya.

Kapal ini berlayar selama lima hari mengarungi Laut Jawa, kemudian menyusuri Selat Makassar, memasuki Laut Sulawesi dan Laut Sulu sebelum berlabuh di pangkalannya kelak di Manila, Filipina. Sebelumnya di tahun 2016 PT PAL Indonesia (Persero) telah melakukan delivery kapal serupa yang diberi nama BRP Tarlac-601 oleh DND Filipina. BRP Davao Del Sur-602 di-delivery kepada DND Filipina untuk dioperasikan oleh Angkatan Laut Filipina dalam seremoni yang dilaksanakan pada 31 Mei 2017.

PT PAL Indonesia (Persero) merupakan galangan kapal terbesar di Indonesia yang memiliki salah satu portofolio bisnis technology development. Aplikasi dari technology development tersebut menjadikan PT PAL Indonesia (Persero) memiliki kemampuan desain utuh kapal secara mandiri. Salah satunya adalah SSV yang paten desainnya telah diakui sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) PT PAL Indonesia (Persero).

Paten desain tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor paten IDP000054364 pada 1 November 2018. Sehingga PT PAL Indonesia (Persero) adalah satu-satunya galangan di dunia yang berhak melakukan rancang dan bangun produk kapal SSV serta varian-varian pengembangannya. 2 unit kapal SSV yang merupakan hasil rancang bangun PT PAL Indonesia (Persero) saat ini telah dioperasikan oleh Angkatan Laut Filipina.

BRP Davao del Sur 602 di Hawaii saat mengikuti RIMPAC 2018 (photo : dvids)

SSV 123 meter merupakan family dari Kapal Landing Platform Dock (LPD) yang dirancang-bangun serta merupakan trademark PT PAL Indonesia (Persero). Memiliki fungsi asasi sebagai kapal pendukung atau support dalam pelaksanaan operasi militer. Dalam strategi peperangan laut modern kapal SSV memiliki nilai strategis karena mampu menghadirkan efek kejut atau pendadakan strategis terhadap musuh melalui kapabilitasnya untuk menerjunkan pasukan pendarat tempur secara cepat dan masif di pantai garis depan musuh.

Kapal tersebut nature-nya merupakan kapal pendukung Operasi Militer Perang / Military Operation War (OMP/MOW), pada masa damai kapal tersebut dapat difungsikan dalam Operasi Militer Selain Perang / Military Operation Other Than War (OMSP/MOOTW). Dalam misi OMSP, Kapal SSV dapat melaksanakan tugas operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue). Tidak terbatas pada scope tersebut, Kapal SSV juga memiliki tugas pelaksanaan misi naval diplomacy.

Kapal SSV memiliki spesifikasi panjang 123 meter, lebar 21,8 meter, bobot 7200 ton dan kecepatan maksimal 16 knots. Kapal SSV mampu mengangkut maksimal 621 personel dan 12 unit kendaraan militer, serta mengakomodasi 3 helikopter. Masing-masing dilengkapi dengan dua unit wahana pendarat (LCU) 23 meter untuk menerjunkan pasukan pendarat tempur di wilayah pantai musuh dan 2 unit Rigid Hull Inflatable Boats (RHIB) untuk melaksanakan misi strategis anti terorisme laut dan inspeksi. Jangkauan operasi kapal tersebut minimal 7.500 mil laut. Saat ini kedua SSV yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Filipina merupakan kapal support terbesar dan tercanggih yang dimiliki.

Kapal pertama BRP Tarlac-601 dikirim PT PAL pada tahun 2016 dan diikuti oleh kapal kedua BRP Davao Del Sur-602 satu tahun kemudian. Kedua kapal SSV tersebut segera mengikuti misi operasi tempur untuk memberantas pemberontakan dan terorisme di Filipina Selatan yang berfungsi kapal komando sekaligus kapal penerjun pasukan pendarat tempur untuk melaksanakan serangan pendadakan strategis terhadap basis pemberontak dan teroris. Dengan hadirnya kedua kapal SSV, operasi berjalan semakin efektif dan efisien.

BRP Tarlac 601 di Vladivostok (photo : TASS)

Bukti Penakluk Samudera

Selain digunakan untuk misi operasi tempur maupun non tempur di dalam negeri, BRP Tarlac-601 pada bulan September-Oktober 2018 menjalani kunjungan ke Pangkalan Armada Pasifik Rusia di Vladivostok. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari fungsi Naval Diplomacy dan menunjukan performa kapal SSV tersebut. Betapa tidak, untuk menuju Vladivostok, kapal mengarungi wilayah yang memiliki tensi tinggi, yaitu perairan Laut Tiongkok Selatan dan Asia Timur, serta mengarungi Samudera Pasifik Utara di musim dingin. Setahun kemudian giliran BRP Davao Del Sur-602 mengikuti Russian Navy Day di Rusia pada bulan Juli, kapal tersebut bertolak kembali ke Filipina dari Vladivostok pada bulan Agustus di tahun yang sama.

Tidak hanya mengarungi samudera menuju belahan bumi utara, BRP Davao Del Sur-602 juga melakukan pelayaran lintas Samudera Pasifik secara prima untuk mengikuti latihan militer Matra Laut terbesar di dunia RIMPAC 2018 di Hawai, Amerika Serikat. Bergabung dengan kapal-kapal kombatan dari seluruh dunia termasuk Indonesia, BRP Davao Del Sur-602 menunjukkan performa prima dan merepresentasikan national pride masyarakat Filipina.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pertahanan RI, Menteri Pertahanan Nasional Filipina Delfin Negrillo Lorenzana saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto pada acara ASEAN Defense Ministers Meeting (AADM) 16 November 2019 yang lalu di Bangkok menyatakan apresiasi dan kepuasan Filipina selama mengoperasikan produk kapal perang jenis SSV yang dibuat oleh industri galangan kapal nasional Indonesia PT PAL Indonesia (Persero).

Diminati UEA

Reputasi Kapal SSV/LPD produksi PT PAL Indonesia (Persero) yang semakin mendunia menarik minat banyak negara. Beberapa negara mengajukan penawaran dengan spesifikasi kebutuhannya. Malaysia misalnya, menyebut LPD dengan Multi Role Support Ship (MRSS) dengan spesifikasi panjang 163 meter.

Sementara Uni Emirat Arab (UEA) melakukan penjajakan untuk pengadaan LPD 163 meter. Senegal, sebuah negara di Kawasan Afrika Barat juga menaruh minat pada Kapal LPD produksi PT PAL Indonesia (Persero). Selain beberapa negara di atas, Pemerintah Filipina yang sangat puas dengan performa SSV-nya berencana untuk memesan dua buah kapal SSV lagi dari PT PAL Indonesia (Persero) untuk memperkuat Angkatan Lautnya.

(Liputan6)

135 komentar:

  1. Balasan
    1. Waduuh kena sliding tacle oleh mang @strike

      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  2. MENGENAL MONUMEN KAPAL PERANG SALAH POTONG BUATAN MALASSIAL








    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. BWAHAHAHAHAHA.. WHAHAHAHAHA... WKWKWWKWKWK

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  3. HAK PATEN

    Paten desain tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor paten IDP000054364 pada 1 November 2018. Sehingga PT PAL Indonesia (Persero) adalah satu-satunya galangan di dunia yang berhak melakukan rancang dan bangun produk kapal SSV serta varian-varian pengembangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedangkan malon punya hak paten

      KAPAL PERANG SALAH POTONG PENGUASA DARATAN

      OOPS.....
      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Tidak punya hak paten produksi gempita tuk ekspor kat dunia ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Gempita, Lipan Bara jelas stampal stiker nya. ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
  4. Mulai mirip dg Rotterdam class, LPD nya belanda cuma bagian muncung/cungur nya agak kurang panjang....karena ngikut bawaan desain dr Daesun sing suwe ๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya cungur orang belanda lebih panjang?

      Hapus
    2. Di ukur sek, seng dowo GonE Mbah hari/ om ESSEN

      Mengko nak menowo gempurwaria minat

      Hapus
    3. Lha iyo to mas @essen.....iki komene yo muni mengkono ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  5. Uda bisa buat fregat sendiri
    Tapi masih aja beli kapal seken
    Alasannya Uda mepet butuh cepat
    Uda tau gitu kenapa gak dari dulu
    Pesannya,mosok kalah sama bakamla
    Kalau aja pesannya cepat kayak bakamla
    Mungkin aja fregat nya Uda selesai 4 unit.kan Uda bisa buat jaga Natuna tinggal dikasi rudal brahmos,...
    Negri aneh bin Somplak,..๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

    BalasHapus
  6. Yg GK punya LPD/MRSS kasian amat yaaa๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  7. Kemana tuh yang katanya negara grade A sembang nak beli MRSS 3 bijik dan ingin menaklukkan pinoy, dan katanya lagi pinoy miskin! Kalau miskin kenapa bisa beli SSV 2 bijik, buat malu asean je.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinoy rencananya mau tambah lagi 2unit SSV nya.

      Baca paragraf terakhir bray..

      Malon semakin di ayam2kan Pinoy.

      ๐Ÿฃ๐Ÿฃ๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿฅ๐Ÿฅ

      Hapus
  8. Balasan
    1. Masih nyampah di artikel sbelah bro.. ditunggu aja.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Wkwkwk,sangkain dapet orderan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  9. UNTUK TENTERA MISKIN KEDEKUT, SILAKAN MINGGIR, JADILAH PEMERHATI SAHAJA

    BalasHapus
  10. SESUAI UNTUK GRADE SATU LEVEL DENGAN VANUATU...
    SESUAI UNTUK GRADE SATU LEVEL DENGAN VANUATU...

    Malaysia Military Power
    11 Mei ·


    LMS 112 KD Sundang

    dalam fasa akhir sea trial

    cepat balik awak Ye

    saya rindu

    MMP

    BalasHapus
  11. Negara pelit sama pertahanan
    Niscaya akan dikutuk sama pandahulunya
    Negri kaya sda tapi malas atau setengah hati buat jaganya niscaya akan dikutuk oleh sda itu juga.
    Jadi waspadalah,....

    BalasHapus
  12. Malon berminat akan di jangka di kaji last last cancel pasal tak de wang.
    nunggu ada negara yg nak hibah dulu ya lon ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat Hibahan aja gak bisa ngambil apa lagi beli๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. malon memang begitu sri
      ngaku orang kaya grade A tapi hobi utang klo gak dapat utangan ya tinggal gigit jari ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  13. MIMPI PLUS HALU MALON TIADA BERPISAH


    Muhamad Sehan Mrss malaysia harap dari type mcm nie..

    Kovacs Kuznetsov Muhamad Sehan Kita mungkin amik France Mistral MRSS.assault landing ship + heli carrier

    Muhammad Shah Rizal Jasmin Kovacs Kuznetsov BPC 140 atau BPC 170 special customer for Malaysia

    Muhamad Sehan Kovacs Kuznetsov mistral pon ok..nk ambik berapa buah,dgr kata plan TLDM 3buah kapal Mrss

    Ameir Farhan Dpt mini dokdo xpe dh.mistral ni besar

    Mohd Faizul Mistral or dokdo....

    Bukh AZ AdminMalaysia Defence Review agk2 kjaan pilih y model mne utk mrss? Tekaan admin

    Malaysia Defence Review Bukh AZ Damen Enforcer

    Muhammad Franz Firdauz Pt pal makassar wkwkw..tknak harap tggi tkut kcewa tang mrss ni

    Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz deal PT PAL dgn BNS xberjalan lancar even PT PAL xmampu nk bina kapal besar sbb Shipyard sedia ada xcukup besar

    Bukh AZ Muhammad Franz Firdauz ad mkna trsirat tu

    Bukh AZ Malaysia Defence Review heli xda cite ke min? Md 530g...msia nk mrss saiz besar smp bpa meter?

    Romy https://www.facebook.com/100009510715537/posts/2664378333889164/

    Mohd Akmal Rosli Kalau marin malaysia jadi ditubuhkan...dh bleh beli kot kapal induk js izumo nie dan heli chinok dan kapal terbang pengakut serta heli tempur dan mini heli.....khas untuk kor marin yg lebih kepada sifat menyerang ataupun
    offensive....

    Nur Faiq Mohd Akmal Rosli mmg kite perlu kapal carier mcm ni..kita negara di tgh laluan perdgangn dipisahkn plak 2 pulau semenanjung dgn sabah serawak...klu bleh ad carier kt tgh tu kn cun...mudah ad ap2..tpi tula...mimpi basah๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…Mohd Akmal Rosli Nur Faiq tu la...klau nak tunggu kaya sampai bila2 xbuat....tgok negara luar je la angan2 je...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Asrizal Rusli Kalau beli LHD Mistral buatan Perancis pun ok juga.

    Mohd Akmal Rosli Asrizal Rusli bleh beli juga...tapi kena tgok bajet juga..harap2 kerajaan ada jalan untuk memiliki carier mcm nie.....klau nk tunggu mahal sampai bila xdapat juga...



    WKWKWK...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duiilleehh.. ada yg gegayaan mimpi mo beli kapal induk izumo.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Napa ga skalian kapal induk nimitz class biar ga nanggung..

      Hapus
    2. Last last yg datang boat kecik sampan mancing ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Bot kecik sampan mancing hanya bisa mendaratkan helicopter maenan remote control.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. boat kecik bersenjata torpedo kecik kuning dari jubor gempurgila ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Muhammad Franz Firdauz Pt pal makassar wkwkw..tknak harap tggi tkut kcewa tang mrss ni

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz deal PT PAL dgn BNS xberjalan lancar even PT PAL xmampu nk bina kapal besar sbb Shipyard sedia ada xcukup besar

      Picek atau gak sih nih komenan MDR malon, jelas jelas PT PAL mahir buat kapal sedangkan bousted bodoh, kok sembang nya mendonia banget ya, miskin takut ngaku miskin

      Hapus
    6. Yang dibeli bukan dokdo tapi dildo class wkwkwkwk...

      Hapus
    7. Anoa@ malon tu memang beruk dalam tempurung bro.
      efek sekatan media dari kerajaan

      Hapus
  14. Ada negar besar kaya sda
    Tapi pemikirannya Somplak.
    ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

    BalasHapus
  15. milinghari21219 September 2020 10.51
    Silit ......dilaten @gempurwaria ๐Ÿฝ


    ๐Ÿ‘† ๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†Wah meneng- meneng mas@smilinghari๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿคท๐Ÿคท๐Ÿคท๐Ÿคท๐Ÿคฆ๐Ÿพ‍♂️

    BalasHapus
  16. kalau malon jgn dikasih lpd pasti ga sanggup bayar...mending kasih aja banana boat

    BalasHapus
  17. Sementara malon pake mainan boat kecik dulu.
    Negara miskin gak bakal kuat mainan besar.
    last last ko utang solar pulak kat negara jiran buat oprasional ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  18. Lihat latar belakang foto nya pesawat Jet nya banyak betul tuh ๐Ÿ˜ƒ

    https://www.janes.com/defence-news/news-detail/pt-pal-in-talks-with-uae-for-variant-of-multirole-support-ship

    BalasHapus
  19. MENTAL KECOA

    Malaysia Defence Review
    16 March ·

    Pesawat Pengebom Strategik milik Pasukan Udara Tentera Laut Rakyat China (PLANAF) H-6J dilaporkan terbang berhampiran pelantar minyak milik Malaysia di Laut China Selatan.

    Dilaporkan pesawat berkenaan membawa 4 buah misil anti-kapal YJ-12 yang mampu mencapai jarak jangkauan 400km dengan kelajuan Mach 4.

    -MDR-


    Encik Awang Ini gambar bulan 1 baru2 ini...kali yg ketiga...yg skrg tu tak tahu lah kali ke yg berapa.....pesawat yg sama....mungkin lokasi yg sama..cuma hari yg berbeza... .aku dah offday...honeymoon in the moon...

    Malaysia Defence Review Encik Awang yg lama tu xbawa pape kali nie lengkap

    Utbah Hassan Cuba lock dgn su-30 atau jernas..tgok die tkejut tak,,lock pas tu cabut la mach 3��

    Azua Zuharada knp pesawat kita x intercep??? anto jer Cik SU turr bg gempak2 sikit baru dia tahu Malaysia negara berdaulat

    Raja Amirul tiada kata2 dari command sendiri kot? maklumlah tentera kena ada pengesahan dari pihak atasan dari kementerian pasti high command dia pastu baru yang bawah2 ni

    Azua Zuharada Raja Amirul yupp betui turr tp dlm kes ni bleh jer anto utk menganggu pesawat dia org dri memasuki ruang udara kita tp x perlu inform kat high level kecuali kalu kita nok lpas kan missile memang perlu inform kat kat high level utk dpt kan green light... lg pong kita ade radar pengawasan udara yg mana pesawat tentera luar perlu mnta kebenaran kita utk masuk ruang kita.... kalu salah sya mnta maaf sbb sya hanya ex Army jer

    Ranger Omar Malaysia Defence Review betul tu min. Kurangkan selfie masa bertugas. Cctv dimana2

    Wan Safi Apa masalah China? Nak suruh MKM kejar ke

    Malaysia Defence Review Wan Safi sbb kena kejar la hntr bomber ������

    Iejard Iejard TUDM xhantar jet pejuang buat rondaan kawasan sama

    Iz Mohd Letak SAM kat pelantar minyak

    Mohamed Faisal Iz Mohd , dan pelantar minyak akan menjadi sasaran musuh....

    Pat Khan Apa pon malaysia tak boleh berbuat apa2 ttg ni.. semut lawan gajah..
    Jika gajah dtg pijak, semut takkan dpt bertindak balas. Dgn aset2 ATM yg ada skrg ni, takkan mampu mempertahankan perairan negara dr china. Realitinya mmg pahit diterima akal fikiran. Hanya diplomasi dan tolak ansur mampu menyelamatkan negara dr armada china.

    Tajul Ashikin Amiruddin Spelony bangsa depa ni panjang akal. Sentiasa ada idea utk menjahanamkan kita. Hati2 lah jgn terpedaya

    Roy Vanessa Ada Fighter Jet buat apa...?hnya untuk pertunjukan Hari Kebangsaan saja ke��

    Muhammad Nor Aidil Ak rsa perlu, bkn keluarkn semua tp atleast ada utk nampak kte defence hak kita.. Kalau tidak slgi tu la ngra China akn perlekehkn kekuatan kita.

    Roy Vanessa Altok Yusri Yusuf ni bukan la satu lawak .yg lepas tu memang kita tau standard dia mcm mana..dng cara dia berucap pun kita dah tau dia bodoh.tp ni soal kedaulatan Negara.perairan kita di ceroboh!tkn dah terjadi sesuatu .baru nak bertindak....?


    budget pertahanan rendah dan lemah.....

    BalasHapus
  20. Apakah dasar hull kapal ini gk bisa di improve menjadi destroyer???? Sesungguhnya Semua kapal kombatan dasar hullnya adalah dr kapal niaga, kenapa ya kemahan tidak bener2 berani memberi kesempatan pada PT.PAL untuk bereksperimen dengan ilmu yg dimiliki PT.PAL, belum tentu jg kapal kombatan import yg dibeli kemhan akan bener2 sesuai kwalitas yg mereka katakan dan belum tentu jg kwalitas dr kapal kombatan hasil eksperimen PT.PAL dibawah produk2 import, menurutku gk perlu lg lah untuk kapal kombatan kita import dr luar' justru import kapal kombatan dr luar itu senjata yg diusung kapal kemungkinan dibatasi harus mengusung produk senjata negara tertentu, 100% aku yakin PT.PAL mampu kok, kalau desain agar futurisik kan bisa sedikit jiplak sana dan sedikit jiplak sini desain luarnya, kita/kemhan yg emang tidak bener2 memberi kesempatan 100% kepada PT.PAL untuk bereksperimen dengan ilmu yg dimiliki PT.PAL, dr kcr 60 aja bisa kita lihat dengan biaya yg cukup murah atau biaya yg seadanya PT.PAL bisa memaksimalkan kemampuan kcr 60, bagaimana kalau kemhan mau sedikit memberi biaya lebih pasti kcr 60 akan lebih futuristik, desain yg lebih menarik yg memiliki kemampuan siluman pasti butuh biaya lebih karena membutuhkan lebih banyak plat baja tertentu untuk menutupi ruang2 yg ada pada desain tampilan kapal,,,coba dech kasih kepercayaan ame pt.pal untuk menciptakan sendiri karyanya untuk fregaet atau pun destroyer, 1 unit fregaet dan 1 unit destroyer sebagai uji kemampuan yg dimiliki' kita liat hasilnya pasti lebih keren. ๐Ÿค”๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi apa salahnya kita ambil ilmu buat kapal dari luar negeri karena teknologi semakin berkembang. Supaya PT. PAL bisa menguasai semua ilmu pembuatan kapal dari Korvet, Frigat dam Destroyer

      Hapus
    2. Bukan gak bisa bung
      Tapi gak mau biasalah dari luar dapat fee
      Makanya saya bilang negri Somplak.
      Tanjung datu aja lah kok niat dan kemauan besar bisa dibuat fregat murni walaupun gak sejati.kasih otomelara,RBS,torpedo,ciaws,dan rudal searam.kenapa searam karna sistem rudalnya gak ribet tinggal pasang dimana aja dan gak butuh vls.walau agak mahal dan ribet urusannya tapi kok dibilang untuk natuna coy pasti diijinkan.kan Uda jadi fregat murni walaupun bukan sejati,tapi lumayanlah ada efecnya,buat tubrukkan ok,buat perang juga ok,buatan Tempatan,dan yg pasti lebih murah,dan uangnya sebagian besar muter disini,buat 5 unit urusan Natuna akan teratasi.
      Ini gak banyakan bacot daripada aksi,pelitnya gak ketulungan,tapi ngakunya macan,iya memang macan tapi ompong.

      Hapus
    3. @situngkir

      Kapal itu barang mati....mau diapa-apain aja nurut sama yg empunya kapal

      Tapi kalo belajar ttg bedanya desain kapal niaga vs kapal perang maka kita jadi tau alasannya kenapa sangat beresiko menjadikan kapal niaga sbg kapal perang ๐Ÿคท

      Tapi kalo kita ga pernah belajar ttg perbedaanya.....ya kita bebas saja berpendapat begini-begitu ....kira-kira begitu singkatnya bung @situngkir

      Hapus
    4. Sekedar info ttg KCR-60.....kalo kita mengikuti perkembangannya baru kita sadar pentingnya "belajar dari yg lebih tau" dan ternyata ilmu mendesain kapal kombatan yg dimiliki PT PAL belum cukup dan masih memperkaya ilmunya dg belajar mendesain lunas kapal dg laboratorium MARIN-Belanda (rilis pt. Pal di youtube) ....sekali lagi bukan semata-mata ttg ilmu desain kapal kombatan tapi justru pengalaman operasional dalam berbagai kondisi ombak dilapangan yg kita harus belajar banyak krn di belanda, pengalaman/ilmu yg didapat dilapangan ini didokumentasikan dg sangat baik ☝️

      Hapus
    5. Lab hidrodinamika seperti milik BPPT, ITS atau Marin_belanda sama-sama1 membuat pemodelan sesuai kondisi di alam nyata ....bedanya adalah pd pada kekayaan pengalamaan pd kondisi nyata dilapangan yg dimiliki oleh maaing2 lab

      Hapus
    6. "Naaaah, silahkan disimak di menit ke 4.30........๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™"

      https://youtu.be/VU4Kg3UAChs

      Hapus
    7. Unknown@ apa yg mau diambil lg, kita melalui pt.len sebenarnya tau kok sistem2 dan perangkat2 yg dibutuhkan untuk membuat kapal combatan bener2 punya kemampuan yg mumpuni, pt.pal dan pt.pindad jg bisa kok bekerjasama menentukan dan mendesain ruang2 yg dibutuhkan untuk mengistal senjata2 yg akan diusung kapal kombatan pt.pal, dengan seperti ini kita akan lebih leluasa menggunakan senjata yg kita inginkan, contohnya kalau rudal pertahanannya kita bisa beli dan gunakan produk perancis dan kalau rudal attacknya kita bisa bisa gunakan produk rusia, aku yakin kok 100% PT.len tau apa yg dibutuhkan untuk sistem dan perangkat2 yg digunakan untuk membuat kapal fregaet atau pun destroyer yg punya taring, lha menhan yg ini malah sibuk2 barang bekas yg import, dr waktu untuk dia butuhkan untuk memutuskan produk mana dan kapal bekas mana yg harus dibeli udah cukup untuk PT.PAL untuk membuat gambaran desain kapal fregaet atau pun destroyer hasil eksperimen PT.PAL, jelas dr harga pasti lebih murah sampai kemampuan kwalitas produk aku yakin eksperimen PT.PAL gk bakal kalah, kita yg gagap dengan kemampuan sendiri sehingga seolah olah kita seperti tdk mampu, langkah2 maju BUMN seperti PT.PAL, PT.LEN, PT.DI, PT.LAPAN dan PT.PINDAD jg butuh dukungan kepercayaan 100% dr kemhan untuk berani bereksperimen dengan ilmu yg sudah dimiliki, contoh kasusnya emang kita harus membeli rudal balistik antar benua agar bener2 tau cara kerjanya, emang negara mana yg mau menjual rudal balistik antar benua????? Gk akan ada negara yg mau jual rudal balistik antar benua, tp kita bisa kelak membuatnya karena mengembangkannya melalui Cara kerja peluncuran satelit yg sudah diketahui lapan, dr dasar inilah kelak kita bisa mengembangkan rudal balistik antar benua yg menggunakan banyak hulu ledak nuklir, begitu jg dengan produk2 kapal kombatan' semua dasarnya sudah dimiliki pt.pal karena sudah menguasai sampai dasar hull kapal 50ton yg bisa dikembangkan menjadi kapal induk, masalah apa yg buat pt.pal sulit berkembang di kapal kombatan???? Karena kemhan tidak bener2 percaya 100% sama pt.pal, apakah pt.pal dan pt.len tidak update untuk desain futuristik dan sistem perangkat termodern yg digunakan untuk sebuah produk fragate atau pun destroyer yg memepunyai kemampuan mumpuni, kita aje update moso pt.pal dan pt.len kagak update,,,intinya emang gk perlu lg import produk kapal kombatan dr luar karena sebenarnya kolaborasi pt.pal dan pt.len mampu kok untuk menciptakan produk kapal kombatan yg berkwalitas jenis apa pun, yg dibutuhkan itu kepercayaan 100% dr kemhan dan menghilangkan kebiasaan kemhan mengutamakan fee dr produk import ini yg harus jd PR kita bersama. ๐Ÿคง๐Ÿค—๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

      Hapus
    8. Nah masalahnya.....ada enggak produk alutsista yg murni 100% dari rancang bangun Indonesia @situngkir

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Coba pelan-pelan lae....itu video ttg proyek kcr nya pt pal, kita belum sampai bicara ke len, pt karena topiknya baru ttg mendesain kapal perang

      Hapus
    11. Masalah tidak adanya produk alutsista yg bener2 asli buatan indonesia karena semua jenis alutsista yg ada di dunia saat ini merujuk dr alutsista produk yg sudah ada, tapikan hampir semua jenis alutsista ini dasarnya kita sudah ada' pertanyaannya kenapa harus bener2 tau detailnya dan jiplak 100% teknologi yg kita beli baru kita berani untuk bener2 produksi, kenapa kita gk berani bereksprimen lebih untuk ilmu yg sudah kita miliki' apalagi untuk kapal kombatan yg sebenarnya butuh keberanian bereksperimen lebih untuk bisa memunculkan produk sendiri, kenapa gk belajar dr kcr untuk bener2 berani kasih biaya lebih dan kepercayaan 100%, masalah kcr aku rasa masalahnya saat ini tidak ada niat kemhan untuk kasih biaya lebih agar desain dan kemampuannya bisa lebih' untuk kemampuan kcr 60 aku yakin pt.pal dah tau gimana solusinya tp akan ada perubahan harganya yg kemungkinan besar ditolak kemhan, intinya semua produk militer yg dasarnya sudah kita miliki harus berani kita kembangkan dan eksperimenkan sendiri agar bisa melompat lebih jauh dan memiliki produk sendiri, kalau untuk teknologi yg belum bener2 kuat dasarnya seperti rudal, sistem perangkat elekronik seperti radar dan avionic lainnya, teknologi mesin dr turboprop sampai jet, membeli produk2 yg kemungkinan kita bisa mendapatkan teknologi campuran material yg kuat, hal2 seperti inilah yg kita ambil dr import agar kita bisa dapatkan teknologinya, kalau untuk memunculkan produk kapal kombatan dan pesawat tempur sendiri aku tetep yakin kita mampu, tp ya mesin, sistem yg digunakan dan senjatanya masih import.

      Hapus
    12. Ralat, maksudku pt.pal, komentar di atas ane hapus.

      Mas_smilling@ Dari video yg aku simak intinya bukan tidak bener2 tau, mereka pt.pal sebenarnya tau tp mereka tidak bener2 yakin dengan hitung2an mereka' tp mereka pt.pal jg tidak melihat bahwa produk mereka yaitu star50 yg pasti akan digunakan mengangkut muatan2 besar dengan tekanan2 beban besar bener2 mampu menghadapi ombak dan diminati negara lain, aku yakin mereka mampu karena sebenarnya tanpa sadar mereka telah buktikan tp apakah kemhan dan kita semua bisa bener2 melihat ini, kita yg membatasi kemampuan mereka sehingga mereka pun jd ragu dengan ilmu yg mereka miliki, sama seperti kejadian kfx' kita yg awalnya ragu dengan kemampuan kita untuk mendesain pesawat tempur tp ujungnya desain kfx itu hampir sepenuhnya dr nol dikerjakan engeiner kita, sekarang mau protes sampai urat leher mau putus gk akan ada gunanya karena korsel jg ngotot dengan perjanjian awal yg diantaranya indonesia gk boleh jual karena alasan utamanya hanya menanggung 20% biaya pengembangan dan kita jg gk berhak tau ilmu yg dimiliki korsel seperti sistem elektronik, sistem avionic sampai radar' konyol karena awalnya gk pede,,,,aku yakin pt.pal mampu, tp kita jg harus kasih kesempatan 100% untuk buktikannya, apakah kita pernah kasih kepercayaan ini???? Tidak, karena kita emang bukan bangsa yg bener2 percaya diri dengan kemampuannya, kalau pun nantinya ada sedikit kemampuan produk pt.pal kurang stabil menghadapi ombak besar kan jd ilmu yg bisa dipetik untuk lebih mampu lg di produk berikutnya, kalau untuk bener2 tidak mampu menghadapi ombak besar itu gk mungkin karena produk kapal niaga pt.pal bukan produk recehan, kalau kita fokus ame argumen demen jelas statmennya akan mengarah bagaimana pt.pal ini agar tidak percaya diri, padahal hitung2an sebenarnya beda2 tipis aja yg artinya pt.pal harus mencari solusi bagaimana agar lebih stabil lg menghadapi ombak besar melebihi stabilitas kapal niaga yg telah mereka produksi, kita yg terlalu membesar besarkan kelebihan mereka sehingga kita tidak pede dengan kemampuan kita sendiri dan kita mau aja dengar argumen mereka tanpa bener2 mencerna dengan cermat argumen mereka. ๐Ÿค—๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

      Hapus
    13. Aku kebetulan lulusan fakultas hukum yg pastinya jg mempelajari ilmu pisikologi, hidup ini gk bisa kita lepaskan dr ilmu posikologi karena persaingan dan mengetahui sesuatu hal untuk sebuah bisnis jg dibutuhkan ilmu pisikologi,,sudah aku simak videonuya mas, intinya emang bener tidak adanya rasa percaya diri dan rasa percaya diri itu emang sudah merusak kita semua dr pemerintah, rakyat sampai perusahan2 negara' survei mengoptimalkan lambung, apakah sebenarnya hitung2an solusi kekurangannya untuk kcr 60 sudah dipegang pt.pal atau belum ini???? Mereka melakukan survei dan optimalkan yg artinya ada dasar data hitung2an dr solusi yg mereka lakukan tp mereka survei lg untuk mengoptimalkannya yg artinya pasti didasarkan rasa tidak percaya diri' meski pun bener hitungan pt.pal apakah mas smilling yakin demen mau mengatakan apa yg telah dilakukan pt.pal sudah bener??? gk ada buaya nolak bangkai dan gk akan ada perusahan yg gk mau terlibat suatu proyek yg berpotensi menghasilkan uang, intinya jelas emang kita yg kurang percaya diri untuk bener2 berani bereksperimen padahal kunci untuk bisa melangkah lebih cepat itu ya salah satunya berani bereksperimen dengan dasar ilmu yg sudah dimiliki, dan china melakukan hal ini makanya bisa lebih cepat seperti sekarang walau pun awalnya kwalitas produk mereka tidak sebaik produk yg ada tp sekarang bagus kok kecuali pesawat tempur yg masih belum terbukti, siapa yg mendukung perusahan2 china untuk berani bereksperimen kalau bukan rakyat dan pemerintah china sendiri???? Caranya menekan BUMN mereka untuk bereksperimen dan memberi jaminanan untuk mengutamakan membeli produk2 eksperimen BUMN mereka sendiri meski pun kwalitasnya meragukan, kwalitas bisa lebih cepat didapatkan melalui eksperimen dr ilmu dasar yg sudah dimiliki dr pada berharap dr produsen lain untuk sebuah kwalitas karena mereka adalah produsen dan tak ingin bener2 disaingi produsen lain sehingga kwalitas itu tidak bener2 mereka berikan atau mengulur ulur waktu untuk mengikat lebih lama sampai mereka mendapat kawalitas yg lebih baik lg, kalau untuk produk2 yg belum bener2 kita dapat dasarnya ya gk masalah import, tp untuk kapal kombatan permukaan ini aku mulai sangkal kalau kita terus2 import tanpa memunculkan produk eksperimen sendiri.

      Hapus
    14. Yoo, yooo....tak tampung sek usule, mengko tak rembuge disik neng rapat rt yo lae ๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต

      Hapus
    15. ๐Ÿ™†‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️

      Hapus
  21. Nha kapal tu kyk gini kliatan sangar n perkasa....koar koar beli boat eee ternyata cman skelas banana boat...alamak...malu kali...malon kalah sama philipine .....philipine bisa beli ssv segede gaban gini...malon cman boat kecil...ya salam

    BalasHapus
  22. Wartawan mabok spirtus lagi
    Kapal penjelajah alam ghaib sekalian

    BalasHapus
  23. Malon nak ngarap mistral class.? Mimmppiiii jak yee...sambil kau kongkek2 dubur gempurwaria. Supaye lancar mimpi korang tuh...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  24. PINOY PREPARE TO TAKE SABAH FROM MALON

    MAJU TERUS PINOY.. INDONESIA MENDUKUNGMU AMBIL SABAH

    MALON SEMAKIN DI AYAM-AYAMKAN PINOY

    ๐Ÿฃ๐Ÿฃ๐Ÿฃ๐Ÿฃ๐Ÿฃ

    ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ

    ๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค

    BalasHapus
  25. Cina haruslar attack indon, demi beri makan bermiliar rakyat dia

    BalasHapus
  26. So cina harus kuat bermain wayang, menyusup kat partai, kepolisian kejaksaan, BUMN, habis lar indon

    BalasHapus
  27. Paten desain tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor paten IDP000054364 pada 1 November 2018.
    Sehingga PT PAL Indonesia (Persero) adalah satu-satunya galangan di dunia yang berhak melakukan rancang dan bangun produk kapal SSV serta varian-varian pengembangannya

    ---------------------------------

    SIPRI bkn SUPRI pon mengakuinya haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  28. Klo soal design klo bisa konsul ama bule.. nanti pengembangannya di kita. Jangan trial and error klo pengin bersaing di pasar gombal. Musti pake masteran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pattimura class sebaiknya dijadikan sasaran tembak saja mas @SK.....dia gak cocok banget dijadikan sbg kapal bakamla karena desainnya "disono" sbg kapal ASW yg beroperasi di laut baladika yg tenang

      Hapus
    3. Hmm itu lenih baik..
      Semoga LPD-LPD an ini cepet segera tercapai mef nya. Biar bisa berkemlut dengan model2 kombatan. Paling realistis klo menurut saya kuasai dulu yg selelas corvet.

      Hapus
    4. Meskipun pt pal udah punya designnya tpi menurut saya probadi mssih kurang. Mending nyari partner yg bisa diajak nemenin bikin design yg oke baru eksekusi.

      Hapus
    5. Dipaido karo situngkir galo mas.........๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    6. Wkwk wes ndak ikut2 saya ๐Ÿ˜…

      Hapus
    7. Saya yo tak ikut sampeyan wae mas.......๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ

      Hapus
    8. Kasian juga kcr batch 1 dan 2 seolah2 tni al jdi kelinci percobaan design kapal pt pal๐Ÿ™ˆ udahlah klo perlu keluarin modal lebih di awal buat bikin design yg benar2 meyakinkan dengan menggandeng bule2 mata lebar atau yg agak sipit. Nanti klo dah paham dan pinter baru dikembangin sendiri. Gausah malu atau gengsi. Bukannya merendahkan kemampuan tpi tni al sangat layak mendapatkan produk yg terbaik, bukan produk ujicoba ๐Ÿ’ฆ tu singapura sekarang jdi jago design kapal jg ada peran besar bule2 dibelakangnya. Semoga korvet nanti ga kayak kcr ๐Ÿ™Š

      Hapus
    9. https://youtu.be/VU4Kg3UAChs dari sini keliatan kan klo kita masih ada "lack" hingga akhirnya batch ke 3 baru menggandeng bule. Apa ga kasian sama batch 1 dan 2 :') semoga korvet ga gini

      Hapus
    10. #saya asal njeplak.. klo ada yg salah mohon jangan digass kenceng2 ya para suhu ๐Ÿ™ˆ๐Ÿคง๐Ÿคง๐Ÿคง saya masih awam cuma sering kepikiran

      Hapus
    11. Nah itu......gak perlu merasa kalo kita udah mendaki puncak himalaya, padahal baru naek pucuknya kemukus ๐Ÿคท

      Lebih baek rendah hati, tapi gigih dan tekun berupaya ๐Ÿ™

      Hapus
    12. Nggih pak.. soalnya bikin kapal yg bener2 lgi dibutuhin itu ga kayak bikin apem. Yg klo gosong bisang langsung dibuang, ga perlu dimakan.

      Hapus
    13. Apem gosong......๐Ÿค”

      Kok mak benduduk tekan "apem gosong".....opo sampeyan ora nitik soko pakulitane to mas ๐Ÿ™†

      Hapus
    14. La banyak kok yg dari luar keliatas mulus eh pas dibalik ternyata gosong ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ apem penipu ๐Ÿคง

      Hapus
    15. Rasane apem gosong piye kang @SK ??????๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค” xaxaxaxaxaxa

      Hapus
    16. Mestine rado pahit nylekit

      Hapus
    17. Iki mesti le ketemon nenggon petengan.........๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    18. Rasane rodo kasar gurih2.. lawung gosong kok ๐Ÿ™Š tpi nduwure biasane sek tetep mulus tur empuk2 soale ga nempel loyang ๐Ÿคฏ

      Hapus
    19. Mesti renyah tur juicey iki ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

      Hapus
  29. "Pemerintah Filipina yang sangat puas dengan performa SSV-nya berencana untuk memesan dua buah kapal SSV lagi dari PT PAL Indonesia (Persero) untuk memperkuat Angkatan Lautnya"



    Jangan cuba2 nak sembang pt.pal takda kuality..tak mungkin pinoy nak nambah...nambah..nambah SSVnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. BTW..kapalnya gagah dan sangar juga ya..waktu bersandar di pelabuhan vladivostok๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    2. BTW..kapalnya gagah dan sangar juga ya..waktu bersandar di pelabuhan vladivostok๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    3. Dulu admin MDR pernah bilang klo smenjak BRP Tarlac pernah kcelakaan nabrak kapal lain.. pinoy sampe trauma tak mo beli lagi SSV PT PAL kerna dianggep tak berkualiti..

      Katanya ya..

      Buktinya skarang berbanding terbalik tuh.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Sperti kata @Putrajaya kmarin dalam proverb Malay..

      MENJILAT LUDAH SENDIRI.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  30. Yang ngerti barang ayo2 di pesan dan beli PT.PAL ready anytime, ada rupa ada harga,, bravo pt.pal lanjutkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas@ karsono wes nyambi dodholan kapal, sak iki.. ๐Ÿ™„๐Ÿค”๐Ÿ˜‰

      Hapus
  31. Tahniah, Cina blok ir import hasil laut indon, makin kebulur an ekonomi indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah? Terus kenapa ruw? Lu jadi mabuk udang? STRESS
      ๐Ÿ˜’

      Hapus
    2. Ente gk bosen ap yg d bahas politik..proxy cina...bpjs....eh rang gula ini blok defense ente bisa baca gk....ap ente pura2 bodo n dongo sampe bnr bnr bodo n dongo btulan...politik uda ad yg ngurus...dr bahasa ente...kau tak tau politik...bisanya cma putar puter bolak balik kaya kaset kusut...otak bodo dongo sok so an bhs politik....mending bahas mamak kau yg jadi LC d saritem gmn

      Hapus
    3. Yg rugi ya China tolol...enggak bisa makan ikan..๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…

      Hapus
  32. KALO GAK ADA DUIT BELI KAPAL ORANG, GAK USAH NYIYIR MASALAH YG LAIN TOLOL

    BalasHapus
  33. Sblm corona aja pengerjaan kapal LPD pinoy cepet bgt tuh..mantab PAL.
    Untuk kapal BRS semoga slse biar sdikit lambat krn corona.

    BalasHapus
  34. GANK MALON YG TIDAK BISA BUAT KAPAL SSV,KCR,KORVET,FRIGATE DLL....BAIK MENEPI DEKAT TANDAS....๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…

    SALAM OPV TIDAK CECAH AIR...SALAM LCS.SALAH POTONG...BARANG REJECTED..GAGAL..GAGAL..

    BalasHapus
  35. ...Sri, kiye ana mbah Gono...yen arep takon babagan Gunung Kemukus ?





















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angel temen nyekel buntut e Mbah Gono,angger tak Uber Babagan gunung Kemukus Melayu baeeee.

      OPO Goro" lagi rame pasiene yaaaaa

      Hapus
  36. Baca komen malon gempur+putrajaya+unknown dan akun anonim dari dalam negeri sendiri di bbrp artikel DS skr nih sperti lbh terstruktur rapi buat kita marah dgn malay juga menarik kebencian trhadap china/tiongkok.. pas juga isue geser patok diKalimantan hampir berbarengan dtg menhan China/US berikut armada China liwat malaka dan armada US dkt Guam. Sperti narik perang rakyat RI/TNI trus mrk smua masuk, spertinya FIX malon itu sdh bagian dr mereka bkn skedar proxy lagi..hebat diplomat kita dan TNI mengirim Yon pamtas yg pas buat pesan dan hadapi mereka di perbatasan...
    https://kabartegal.pikiran-rakyat.com/kabar-tegal/pr-93749392/prajurit-yonif-407pk-menggantikan-satgas-pamtas-yonif-133ys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pinoy rebut sabah dari babu bitish malay...
      Ikut dukung gw

      Hapus
  37. Agar para beruk malon tau lagi berhadapan dgn siapa di perbatasan, kerajaan loe ud panas dingin pastinya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Batalyon_Infanteri_407

    BalasHapus
  38. Balasan
    1. Kalau pintar sikit tak mungkinlah si malon buat monumen kapal perang salah potong

      Hapus
    2. Tenang sekarang sdh ada Bot Pemintas.. ๐Ÿฏ

      Hapus
  39. Soal kapal,..
    Pertama wujubnya
    Kedua sensornya ( elektro)
    Ketiga senjatanya( rudal dan lainnya)
    Keempat baru desainnya
    Gak penting desain kapal tapi wujub kan dulu kapalnya,biar kapalnya agak belonteng2 sedikit kayak kapal Myanmar tapi apa gotongannya.kapal as aja desainnya jelek kayak taik tapi sensornya dan senjatanya yg hebat.emang kalau desain kapalnya jelek terus akan dihina oleh negara lain? Gak kale ,....
    Efeec kapal itu dilihat dari sensor dan kumpulan senjatanya,kapal cantik pun kalau senjatanya, apa adanya, yg penting punya, itu yg buat malu.
    Biar jelek desain kapalnya yg penting gotong brahmos,biar dari kapal sipil yg penting gak ompong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sono desain sendiri . jangan ngebacot aja di mari

      Hapus
  40. ..
    China-Tiongkok sudah ada yang mengurus.... yaitu US dan sekutunya.

    Sementara ini IndONEsia menjaga ke-NETRAL-an saja... NON-block.
    InsyaALLAH tidak digangggu oleh mereka, asalkan (1)kuat dalam-negri (bersatu) dan (2)kuat luar-negeri (militer).

    MUSUH IndONEsia yang terDEKAT adalah malaSyia..!!!

    Perhatikan kutipan saya di bawah ini.
    ______________________________________

    Insiden dan konflik yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia ternyata tidak hanya persoalan jiplak menjiplak saja.
    ....................................
    Melainkan ada agenda tersembunyi dari negeri jiran, mereka ingin membangun kerajaan melayu raya.

    "Berdasarkan penilitian ada agenda malaysia untuk membangun kerajaan melayu raya di seluruh dunia,
    ............................
    dan negara memiliki kultur yang sama sudah menjadi agenda caplokan," kata Sekjen KNPI Munawar Fuad dalam acara 17 Jam Talkshow Non Stop Radio Trijaya, di Auditorium Menara Kebon Sirih, Jakarta, Senin (10/12/2007).

    Menurut Munawar, hal tersebut tidak bisa didiamkan karena persoalan tersebut sangat berbahaya bagi Indonesia.

    Link,
    https://news.okezone.com/read/2007/12/10/1/67229/malaysia-ingin-membangun-kerajaan-melayu-raya
    ____________________________________

    ..
    Ckckckckck......BUSOK..!!!
    memang BUSUK_ambisi KERAjaan malaysia itu.......


    Putrajaya25 Juli 2020 16.47

    Thai Selatan, Kepulauan Sulu, Borneo dan Sumatra adalah bagian dari Persekutuan Melayu Raya yang kami perjuangkan sebelum kami kami merdeka tahun 1957 ,,
    ........................
    Semua daerah itu adalah tanah air dan warisan yang dimilik oleh Bangsa Melayu beribu-ribu tahun yang lalu dabn pernah dipersatukan oleh
    ..............
    Empire Melayu Srwijaya (yang berpusat di Kedah )
    dan Empire Melaka (yang berpusat di Melaka)...

    Negara Malaysia adalah awal dari terbentuknya Kerajaan Melayu Raya Nusantara yang berdaulat
    ....................
    dibawah naungan Yang Mulia Dipertuan Agong dan juga
    ....................
    dibawah daulat Raja-raja Melayu yang masih ada di bawah panji-panji kebesaran dan kemuliaan
    Ketuanan Melayu ...

    Semoga cita-cita mulia ini terwujud berkat sokongan bangsa melayu yang ada si Sumatra, (IndONEsia)
    Borneo, (FiLipina & brunei & IndONEsia)
    Kepulauan Sulu (filipin)
    dan Tha Selatan (ThaiLand)....

    BalasHapus
  41. Negri dagelan
    Soal pertahanan kok main2
    Adem ayem
    Selow ,.. bro rakyat disini banyak
    Ada buat tameng rudal
    Banyak rakyat buat tameng
    Yg penting ada
    Yg penting dapat fee guede
    Negri aneh bin Somplak
    Sinetron,.. mengejar matahari๐Ÿ‘ serem judulnya.
    Kok disini ,..mengejar para Somplak๐Ÿค”
    Buat dilempar kebuaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur enyong ya kecewa, tapi ya kepriben.

      Arep bengok-bengok Bae emange rika' sopo

      Mending kerja udud+ngopi enak.
      Sambel nyawang 3angels KEMUKUS punya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  42. Somplak,......











































































































































































































































































































































































































    ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kari moco artikel ae kakean cocot

      Hapus
    2. Ngentheke lahan nduwur kuwi ๐Ÿ™„๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    3. Ayo Melu aq suntik DEk rudal.
      Mumpung aq duwe obat rabies

      Hapus
    4. Mbah Gono, kepriben kabare SRI.

      oK pora servis e saiki๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    5. daulat tuanku D.Rudal yang paham betul diplomacy malaysia memang best

      Hapus
    6. Ngetarani yen asline "jagoan neon.......eeeeeeh, jagoan warnet ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚"

      Hapus
  43. https://www.instagram.com/p/CFFUAoDJGZX/?igshid=r9y2gpc584p3 ternyata baja siluman emang bener2 ada ๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š indihe pake ini baja untuk projek frigate siluman terbarunya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ designnya pada futuristis semua.. semoga design2 di sini bisa mengikutil

    BalasHapus
  44. berharap PT. Pal bisa mendunia.. sbg produsen kapal perang tercanggih.. bila perlu kita buat buat kapal induk.. slamat pada PT. Pal.. maju terus jaya slalu

    BalasHapus
  45. Laris manis jgn segan2 kasih Diskon mumpung banyak Peminat nya, sisihkan sebagian Profit buat RnD

    BalasHapus
  46. "Naaah, ini......tolong di camkan dg benar ☝️"

    https://m.kumparan.com/kumparansains/hati-hati-orang-yang-suka-nyinyir-berisiko-kena-serangan-jantung-1uD4F1sGVLQ

    BalasHapus
  47. The Legend says that Malon still proud with their Vita Berapi, Chinese LMS, 'The Mightiest' Nuri, 'the Big Joke' PTM Gen 6, and 'the Waterless' Maharajalela Boat.

    such a typical malon. Xixixi :))

    Xixixixi :))

    BalasHapus