06 September 2020

Arhanud Korps Marinir Latihan Pertahanan Udara Komposit

 06 September 2020

Latihan pertahanan udara Korps Marinir dengan rudal Strela (photo : Korps Marinir)

Kesatria Elang Perkasa Gelar Latihan Pertahan Udara Komposit

Batalyon Artileri Pertahanan Udara 1 Marinir (Yon Arhanud 1 Mar) menggelar latihan pertahanan udara komposit dalam rangka Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang dilaksanakan di Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Marunda Jakarta Utara, Jum’at (04/09/2020).

Dalam masa pandemi Covid 19 ini Yon Arhanud 1 Mar menggelar latihan pertahanan udara komposit yang melibatkan seluruh unsur kesenjataan dengan tetap menjaga dan menjalaankan protokol kesehatan. 

Latihan pertahanan udara Korps Marinir dengan AA Type 90 35mm Twin Gun (photo : Korps Marinir)

Latihan yang digelar selama 3 hari ini melibatkan seluruh kekuatan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) Yon Arhanud 1 Mar diantaranya Batrai gempur Alfa yang diperkuat Meriam AA 35 Twin Guns Norinco, Batrai Gempur Bravo dengan BVP-2, serta tak ketinggalan 1 Batrai Rudal Charlie yang bersenjatakan Rudal AL 1 Strela.

Materi yang dilaksanakan dalam latihan ini adalah drill teknis dan taktis, gelar Satbak serta perawatan Meriam AA 35 Twin Guns Norinco, latihan mengemudi, PBB Ranpur, gelar Satbak dan perawatan Ranpur BVP-2, drill teknis dan taktis, gelar Satbak serta perawatan Rudal AL 1 Strela dan diakhiri dengan latihan Gelar Pertahanan Udara Komposit seluruh unsur kesenjataan Yon Arhanud 1 Mar.

Latihan pertahanan udara Korps Marinir dengan ranpur BVP-2 (photo : Korps Marinir)

Sesuai dengan arahan Danyon Arhanud 1 Mar Letkol Marinir Muh. Ilham., M.Tr.Hanla., M.M., latihan ini bertujuan untuk meningkatan profesionalisme prajurit meski dalam masa pandemi, agar tetap menjaga kemampuan dan kesiap siagaan prajurit dan kesiapan material tempur Yon Arhanud 1 Mar.

Lebih lanjut Danyon Arhanud 1 Mar mengharapkan latihan juga memberikan pembelajaran serta pengetahuan kepada prajurit muda Yon Arhanud 1 Mar tentang taktik serta kesenjataan yang dimiliki dan nantinya diharapkan para prajurit muda Yon Arhanud 1 Mar dapat meningkatkan profesionalisme untuk mendukung tugas kedepan.

(TNI AL)

232 komentar:

  1. Pemerintah Akui Salah Hitung Anggaran Pemulihan Ekonomi


    Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin mengaku bahwa pemerintah salah menghitung besaran anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN). Kesalahan hitung terjadi pada pos subsidi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

    Kesalahan tersebut membuat anggaran yang disediakan mencapai Rp35 triliun. Anggaran itu katanya, terlalu besar. Akibat kesalahan itu realisasi penggunaan anggaran itu baru Rp3 triliun.

    "Program subsidi bunga UMKM budget (anggaran) Rp35 triliun, tapi baru serap Rp3 triliun padahal disalurkan kredit ke 8 juta pengusaha UMKM. Besar sekali, kami lihat kurang tepat hitungan di awal, pagu terlalu besar jadi realisasi penyerapan kecil sekali," katanya pada diskusi daring Bantuan UMKM, Sudah Efektifkah, Jumat (4/9).

    Ia memproyeksikan hingga akhir tahun pagu hanya akan terserap maksimal Rp10 triliun, sehingga masih akan ada sekitar Rp25 triliun dana yang menganggur. Dana berlebih tersebut disebutnya akan disubsidi silang untuk program UMKM lainnya.


    link
    https://www.gelora.co/2020/09/pemerintah-akui-salah-hitung-anggaran.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak masalah wang masih utuh bisa buat anggaran tahun depan paling proyeksi pertumbuhan dibawah target dr pd melon rasuah berjamaah dr pm sampai anggota kerajaan banyak projec tak jadi dan tak pernah ada tersangka ekonomi menguncup rakyat diam masih sehat malon 😂😂😂

      Hapus
    2. Pengalihan isu, tetap kawal berita nih,
      https://www.cnbcindonesia.com/news/20200906083208-4-184676/perdana-pertamina-ekspor-200000-barel-solar-hsd-ke-malaysia
      🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Rasuah tak ada yg kena dakwa itu prestasi jugalah

      Hapus
    4. Salah hitung duit surplus 30 triliun lebih,
      Bisa dipake buat pos lain,
      Salah potong duit amblas 6 biliun,
      Hasilnya besi lapuk balon kuning dan songlap,
      Gk kapok, un juga mau di songlap,
      Dikira un kumpulan beruk bisa disonglap yaa?

      Hapus
  2. Hal begitu penting boleh salah perkiraan ya...LAWAK....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada salah potong
      Lebih lawak mana...???
      😁😁😁

      Hapus
    2. Bilang saja klo km ngiler liat anggaran begitu banyak.
      Kami paham dengan kondisi negara anggaran ciput

      Hapus
    3. Salah Potong Berakibat kapal tak cecah air 100 Tahun.. Kah. Kah.. Kah..

      Jadi Monumen kah.. Kah..

      Hapus
    4. Yang lawak tuh beli 6 kapal 9 billion dibayar 6 billion progress cuma 50 perseratus dan tak ada yg dihukum lawak sangat ini negara apa warisan kasihan melayu semenanjung digondolin kerajaan dan pm lawak sangat 😂😂😂

      Hapus
    5. Si POOR mengalihkan berita itu broo....

      Dia nak elak berita kalau pertamina ekspor BBM solar ke malon

      Hapus
    6. Pengalihan isu, tetap kawal berita nih 👇

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20200906083208-4-184676/perdana-pertamina-ekspor-200000-barel-solar-hsd-ke-malaysia

      🤭🤭🤭

      Hapus
    7. Yang penting wang aman. Tak cem malays wang di rasuah. Cakap klaim atasi corona tapi ekonomi tetap mwnguncup 17,1%

      Itu wang di kemanain poor... Malays darul rasuah..

      Hapus
  3. Tapi bukan songlap pur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempurgila sudahbtak bisa bedakan songlap dan serapan anggaran karena sudah sering disonglap pm dan kerajaan jd hati da jd batu otakpun kering 😂😂😂

      Hapus
  4. Yang rudal merapi udah jadi blm ya? Atau perkembangannya sudah sampai mana? Siapa tau disini ada yg ikut tu proyek 😁

    BalasHapus
  5. Korang kat forum ni nak kutuk mengutuk ni Babi apa nihhh... Malaysia indonesia ni kan serumpun, pasal nak gaduh pasal itu ini, patut kita bersatu, bukan berpecah belah, askar Dajjal dah hampir datang, lagi mau ribut2 sesama Islam, apa ini sihh... Kok kamu gak sedarin lagi gituu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serumpun cuma kalau ada maunya
      Kalau posisi 2 negara masih sama di awal 2000an gaung serumpun tidak akan terdengar karena tdak ada yg bersuara

      Hapus
    2. Kalau kelakuan kalian tak macam dajjal kami santai jee 😈

      Hapus
    3. ...
      Kami TiDAK serumpun malaSyia.

      Kami IndONEsia memandang malaSyia KERAjaan IMPERiALiS yang berniat melakukan PENJAJAHAN terhadap SUKU-lainnya di ASEAN asia-tenggara.
      ........................
      NAMPAK JELAS KERAjaan malaSyia adalah MiRiP dengan penjajah mereka British-Inggris.


      Kami BANGSA IndONEsia sudah JELAS adalah RATUSAN SUKU, budaya, agama dan bahasa.
      Walaupun berbeda suku-agama.....
      Kami SALiNG-HORMAT SUKU Lain..!!
      Kami SALiNG-HORMAT AGAMA Lain.!!
      .......
      Dan dipersatukan dalam NKRI Negara KeSATUan Republik IndONEsia.
      ...................
      BANGSA IndONEsia LEBiH dari satu suku melayu saja.
      Kau tengok dan FAHAM-kan link-internet berikut ini,
      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia
      __________________________

      Putrajaya31 Agustus 2020 09.07
      Konsep Nusantara Indon jelas keliru besar ..Inilah konsep Nusanatra yang kami punya .. Konsep ini telah kami berlakukan selama ini:

      Semua warisan budaya yang ada di alam melayu nusantara adalah juga HAK MILIK kami kerana semuanya berasal dan
      lahir serta tumbuh dari Tanah Melayu baru kemudian menyebar ke seluruh NUSANTARA ...

      Jadi .. Semua warisan yang di miliki Indon, Singapore, Brunei, Philipina adalah juga milik kami .. TAK BOLEH ada protes atau penolakn untuk itu ....

      INGAT MALAYSIA IS TRULLY NUSANTARA

      SALAM MERDEKA DARI PUSAT TAMADUN ALAM MELAYU NUSANTARA

      Hapus
  6. Seragam kamuflase opo iku? Kakean nostalgia dom aceh mending pake batik sekalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah kita mau pake uniform apa saja boleh mau pake seluar pendek juga boleh namanya juga latihan.
      Beda sama askar beruk lengkong klo latihan takut badan kotor, pingsan saat upacara dan hal hal memalukan launnya yg tidak ada di negara lain 😂😂

      Hapus
  7. Yang tak pernah latihan minggir kl tentara tak pernah latihan mau jualan nasi lemak kah 😂😂😂

    BalasHapus
  8. Mantap,..🤗🤗🤗 latihan menjatuhkan rudal balistik dongfeng.
    Lanjutkan,.............






























    Sebetulnya 😭😭😭 tapi jangan bilang2 ya,..

    BalasHapus
  9. Malon lagi Krisis Air..

    Kah.. Kah.. Kah..

    🐯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan resesi ekonomi 😂😂😂 bbm pun dikirim dr pertamina 😂😂😂

      Hapus
    2. Yang jelas malon krisis kepercayaan tak de investor dan kreditur yg mau kasih pinjaman rasuah merajalela 😂😂😂

      Hapus
  10. Masih mau pakai giant bow KW ???
    Ampuuun dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebal banget tidak mau belajar dari pengalaman.

      Hapus
    2. Pembukaan perang saat ini yang datang menyerang bukan pespur lagi.

      Tapi yang datang menyerang adalah rudal jelajah atau rudal balikstik.

      Masih juga bebal...
      serangan rudal mau ditangkis pakai giant bow KW dan rudal shorad, pakai senapan AK47 aja sekalian.

      Kesel iiih.... dungu banget!!!

      Hapus
    3. Auuuu dah, pusing liat keadaan sekarang.
      Indonesia kebanyakan codot" berdasi.
      Ketrampilan TNI tidak diragukan lagi, tapi sayang 1000 sayang, oknum bangke yg GK kepingin Alutsista Indonesia maju

      Hapus
    4. Yang kemarin pernah bilang "indonesia 20 tahun mendatang tidak perang"

      Sini kepalamu mau aku jedotin supaya pintar sedikit.

      Gara2 beli senjata KW terus, nyawa prajurit jadi tumbal.

      Hapus
    5. Payung udara disini urusan kohanudnas dan kaprang peran AAW...jangan pula kau marahin Marinir...udh anggaran bagi bagi sama AL..kau suruh lagi beli payung udara.

      Hapus
    6. Pak Jokowi yg bilang waktu debat pilpres,hayo kepala president itu laoh,...

      Hapus
  11. POOR....

    pertamina poor....baca berita poor....
    Petronas sudah tak sanggup produksi lagi dan kejap lagi bangkrups.

    BalasHapus
  12. Om ESSEN, ada klonnya ituh 🤣🤣

    BalasHapus
  13. Jamane menhan Purnomo


    Alutsista TNI AD
    ·38 Unit MLRS Astros II Mk6 dari Brazil
    ·37 Unit Artileri Mobile Caesar Nexter dari Perancis
    ·18 Unit Artileri 155 mm KH 179 dari Korea Selatan
    ·54 Unit Artileri 105 mm KH 178 dari Korea Selatan
    ·103 Unit Tank Leopard dari Jerman
    ·50 Unit IFV Marder dari Jerman
    ·300 Unit Panser Anoa dari Pindad
    ·22 Unit Panser Tarantula dari Korea Selatan
    ·10 Unit Panser APC Norinco dari China
    ·06 Unit Bushmaster dari Australia
    ·150 Unit Ranpur angkut pasukan M113 dari Belgia
    ·12 Unit Helikopter angkut Mi-17 dari Rusia
    ·05 Unit Helikopter serbu Mi-35 dari Rusia
    ·08 Unit Helikopter serbu AH-64E Apache Guardian dari AS
    ·22 Unit Helikopter Bell 412 EP kerjasama produksi AS dan PT DI
    ·12 Unit Helikopter Fennec kerjasama produksi Perancis dan PT DI
    ·10 Unit Arhanud TD2000 dari China
    ·300 Peluru kendali Starstreak dari Inggris
    ·136 Peluru kendali Mistral dari Perancis
    ·180 Rudal anti tank Javelin dari AS
    ·600 Rudal anti tank NLAW dari Swedia



    Penambahan Alutsista TNI AL
    ·3 KRI jenis Light Fregat Bung Tomo Class dari Inggris
    ·2 KRI jenis PKR 10514 kerjasama Belanda dan PT PAL
    ·8 KRI jenis Kapal Cepat Rudal 40 m galangan swasta nasional
    ·3 KRI jenis Kapal Cepat Rudal 60 m dari PT PAL
    ·2 KRI jenis Kapal Hidro Oceanografi dari Perancis
    ·3 KRI jenis Landing Ship Tank dari galangan kapal nasional
    ·3 KRI jenis Kapal Selam Changbogo dari Korea Selatan
    ·2 KRI jenis Bantu Cair Minyak dari galangan kapal nasional
    ·1 KRI Bimasuci mengganti Dewaruci buatan Spanyol
    ·16 KAL jenis Kapal Patroli Cepat
    ·4 Pesawat patroli maritim CN-235 dari PT DI
    ·4 Pesawat latih Bonanza Beechcraft dari AS
    ·2 Pesawat latih Baron G58 dari AS
    ·5 Helikopter Bell 412EP kerjasama produksi AS dan PT DI
    ·11 Helikopter anti kapal selam Panther dari Perancis
    ·8 Helikopter anti kapal permukaan dari Perancis
    ·60 Unit Tank Amfibi BMP 3F dari Rusia
    ·5 Unit Panser Amfibi BTR4 dari Ukraina
    ·9 Unit artileri roket MLRS RM Grad dari Ceko
    ·8 Unit artileri roket MLRS Vampire dari Ceko
    ·8 Unit arhanud MLRS Norinco type 90 dari China
    ·80 Peluru kendali anti kapal C-705 dari China
    ·20 Peluru kendali anti kapal C-802 dari China
    ·30 Peluru kendali anti kapal Exocet dari Perancis
    ·6 Peluru kendali anti kapal Yakhont dari Rusia
    ·90 Peluru kendali QW3 Marinir dari China



    Penambahan Alutsista TNI AU
    ·6 Jet tempur Sukhoi Su-30 dari Rusia
    .24 Jet tempur F-16 Blok 52 ID dari AS
    ·16 Jet latih tempur T50i Golden Eagle dari Korea Selatan
    ·16 Pesawat Coin Super Tucano dari Brazil
    ·5 Pesawat angkut berat C-130H Hercules dari Australia
    . 3 Wahana latih C-130 Hercules dari Australia
    ·11 Pesawat angkut sedang C-295 dari Spanyol
    ·24 Pesawat latih KT-1B Wong Bee dari Korea Selatan
    .18 Pesawat latih Grob dari Jerman
    ·3 Pesawat patroli CN-235 MPA dari PT DI
    ·6 UAV Searcher dari Israel
    ·12 UAV Wulung dari PT BPPT dan PT DI
    ·6 Helikopter EC725 dari Perancis
    ·3 Helikopter Super Puma NAS332 dari Perancis
    ·8 Radar Master T dari Inggris
    ·8 Arhanud Oerlikon Skyshield dari Jerman
    ·Paket lengkap persenjataan rudal untuk 16 Sukhoi dari Rusia
    ·Paket lengkap persenjataan rudal untuk 24 F-16 dari AS
    ·200 Peluru kendali Paskhas QW3 dari China.

    Pengembangan Alutsista Strategis
    . Pengembangan rudal R-Han


    Jamane Luhut Panjaitan Karo Wowo "" besar, nambah Trimo
    -BMP 3
    -kapal LPD Semarang+brs
    -kapal kal 28/38
    -kcr 60 1+2
    -lst
    -sph Caesar
    -maung
    -komodo
    -badak
    -mbek radar 1 thok

    West" menyedihkan menteri mu pakde Jokowi.
    Mending ganti AE si"WOWO" KUWI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma mau buat laporan disini.
      Laporannya barang ecek2 semua.
      Ngapain dilaporin.

      Bikin kesal saja.

      Beli rudal aja rudal "cacingan" gak ada efek gentarnya

      Hapus
    2. Iya om🤧🤧,sedih saya melihatnya.

      Sangkain tambah juoss kalau menhannya mantan militer,malah hampir 11/12 seperti malonsss walaupun agak mendingan negara kita

      Hapus
    3. ...Sri kapan kowe Balik, pamite ning pasar arep tuku Trasi...nganti saiki kowe durung balik

      Ndang balio Sri...ndang balio
























      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. Sri minggat digondol Paijo😂😂😂

      Hapus
    5. Kinerja si wowo adalah kinerja si wiwi, keputusan akhir ada di wiwi,....coba jaman RR kepemimpinan wiwi apa saja yang dibeli,...malah yg ada aset jaman sby yg pada datang,.....iver itu jaman RR 5 tahun cuma foto2 doang terealisasi sekarang, nassam cuma 1...lahhh,..nga ada efek deterjen nga kaya yahkon

      Hapus
    6. Oh..banyak kecebong..mending ke kolam air mancur dulu..

      Hapus
    7. Oh..banyak kecebong..mending ke kolam air mancur dulu..

      Hapus
  14. https://youtu.be/pHqe2JWcd9g

    👆👆👆 ketika negara BERUK MALON memperlihatkan peta beru di AMBALAT, indONEsia memperlihatkan armada perangnya . Bisa dilihat negara mana yg memang benar" TOLOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...MALON kekurangan Armada dan Jet tempurnya KELETIHAN LOGAM dan kekurang SUKu CADANG jadinya RONGSOK dech













      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  15. Kok bvp-2 masih difungsikan sbg AA gun sih? itu kanon 20mm cmn bisa nangkis drone2 kecil...ok lah kl type-90 udah 35mm tp jmlhnya cmn 4 unit...sdangkan sa-7 strella itu misil mmg blm kedaluarsa?

    BalasHapus
  16. .....
    FirePower6 September 2020 16.13

    Korang kat forum ni nak kutuk mengutuk ni Babi apa nihhh... Malaysia indonesia ni kan serumpun, pasal nak gaduh pasal itu ini, patut kita bersatu, bukan berpecah belah, askar Dajjal dah hampir datang, lagi mau ribut2 sesama Islam, apa ini sihh... Kok kamu gak sedarin lagi gituu...
    __________________________________


    Kami TiDAK serumpun malaSyia.

    Kami IndONEsia memandang malaSyia KERAjaan IMPERiALiS yang berniat melakukan PENJAJAHAN terhadap SUKU-lainnya di ASEAN asia-tenggara.
    ........................
    NAMPAK JELAS KERAjaan malaSyia adalah MiRiP dengan penjajah mereka British-Inggris.


    Kami BANGSA IndONEsia sudah JELAS adalah RATUSAN SUKU, budaya, agama dan bahasa.
    Walaupun berbeda suku-agama.....
    Kami SALiNG-HORMAT SUKU Lain..!!
    Kami SALiNG-HORMAT AGAMA Lain.!!
    .......
    Dan dipersatukan dalam NKRI Negara KeSATUan Republik IndONEsia.
    ...................
    BANGSA IndONEsia LEBiH dari satu suku melayu saja.
    Kau tengok dan FAHAM-kan link-internet berikut ini,
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia
    __________________________



    Putrajaya31 Agustus 2020 09.07
    Konsep Nusantara Indon jelas keliru besar ..Inilah konsep Nusanatra yang kami punya .. Konsep ini telah kami berlakukan selama ini:

    Semua warisan budaya yang ada di alam melayu nusantara adalah juga HAK MILIK kami kerana semuanya berasal dan
    lahir serta tumbuh dari Tanah Melayu baru kemudian menyebar ke seluruh NUSANTARA ...

    Jadi .. Semua warisan yang di miliki Indon, Singapore, Brunei, Philipina adalah juga milik kami .. TAK BOLEH ada protes atau penolakn untuk itu ....

    INGAT MALAYSIA IS TRULLY NUSANTARA

    SALAM MERDEKA DARI PUSAT TAMADUN ALAM MELAYU NUSANTARA

    BalasHapus
  17. AMBALAT punya Malingsial...😂🤣😅😆 kalau sekarang kita mau merebut sipadan dan ligitan dengan sangat mudah bisa kita rebut kembali....
    ATM SUDAH SANGAT LEMAH...LAPOK,LEMBIK DAN PONDAN..
    ADA PANGKALAN MILITER TNI TERPADU DI PULAU NATUNA...

    ASKAR BERUK MALON MEMBUNGKUK SIKIT LAH KALAU LEWAT NATUNA.....MINTA IZIN LEWAT SAMA TNI...😂🤣😅

    BalasHapus
  18. Kacida pisan......
    Aink mah kesel, ari anggaranana gede.
    Tapi nu dipeser barangna odong odong sadayana.
    Aya meser barang alus meserna saukur ketengan

    👹👹👹👹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ...harapan Pak Jokowi mengangkat Wowowww adalah untuk berbagi TUGAS...Pak Jokowi fokus membangun Fondasi Ekonomi yang KUAT dan Wowowww membangun Militer yang KUAT karena punya pengalaman dalam hal militer ( walau agak JADUL pengalamannya ), tapi kayanya Wowowww nggak bisa DIANDALKAN nich















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. ...
      Hmmm, semoga SABAR Pak@Essen ya.
      Harus balance antara,
      1) alutsista
      2) industri pertahanan.

      Kedua-duanya membutuhkan BiAYA-BESAR. Harus cerdik dan bijak dalam penggunaan anggaran.
      ..............
      Mohon tetap optimis dan bantuan kontrol saran-kritis kepada pemerintah, salah-satunya melalui ke-aktif-an pada forum-militer di banyak media-sosial.
      .............
      Saya yakin ada banyak pengambil-keputusan yang memantau suara-rakyat...., via media-sosial internet.

      "......Market leader industri pertahanan nasional yaitu PT PAL, PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad dan PT LEN turut jadi pembicara,
      ................
      dan tidak tanggung-tanggung yang menyampaikan presentasi adalah Direksinya sendiri...."

      Link,
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/07/menengok-rencana-strategis-pt-pal.html?m=1

      Hapus
    4. Kalau menurut ane kang@jendral,yg gak beres Thu Dua-duanya.
      Masak dalam periode hampir 7 THN kok gak ada perubahan disoal Alutsista 😩😩.

      Hapus
  19. Hari ini 6 september 2020, piye ki si wowo, banyak tawaran sana sini bahkan ada yang mau kasih tot untuk membuatnya, tujuannya cuma 1 menjegal kacang sukro, si asu jegal pakai catsa lebih gilanya lagi kita ditawarin barang2 downgrade, katanya negara berdaulat tapi masih bisa di atur2 di bodohin,tetangga dikasi f35,kita cuma lemper,,,lihat artikel ini sedih nga ada rudal nya,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma Wowo, Luhut Panjaitan juga sama aja.

      Mending menhannya diganti Anya Geraldine, dijamin ok oceeee

      Hapus
    2. Klo singapur kan emng deket banget bos ama barat,klo orang barat gak investasi di singapur mungkin cuma jadi negara kecil yg tak berpengaruh

      Hapus
    3. ...kata Wowowww ; " bocor bocor bocooooooooor "

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. Lha kitanya sanggup/gak miara F-35?

      Sing itu studinya bertahun-tahun sampai putuskan beli F-35, itupun beli dikit dulu buat evaluasi.

      Lha kita??

      😛

      Hapus
    5. Keputusan akhir ada di wiwi si wowo juga bingung duit segitu disuruh beli di dalam negri lahhhhh mungkin kita disuruh perang pakr maung sama anoa,...tidak ada kerja mentri yang ada kerja presiden, jelaskan keputusan akhir di wiwi,..

      Hapus
    6. Bertahun2 cuma pakai 16 mau strong dikit di jegal, lebih sedihnya diplomasi elite politik nga ada...

      Hapus
    7. Coba bandingkan planning akuisisi alutsista Aus & Sing, ga usah muluk yang AU, yang AD aja daah....😛

      Memang sekarang dah ada kemajuan dibanding dulu, tapi itupun masih jauh cara planningnya dibanding 2 negeri itu.

      😛

      Ane sih, syukuri yang ada, optimalkan yg udah ada, dan terus perbaiki metode akuisisi-nya.

      Hapus
    8. TABAH SAMPAI AKHIR..mungkin itu lebih cocok, dari angaran segitu 30% buat aset itu masih jauh...wajar kalo wowo ngajuin angaran yang lebih besar, orang elite ke natuna biar moril militer tak runtuh karna aset yg tni gunakan, bahas aset ini itu, tapi yang terealisasi cuma segitu,...ke natuna cuma buat kampanye, ngomong ini itu,


      Rekam jejak digital itu sangat menyedihkan

      Hapus
  20. Kang jendral anak buahmu si"WOWO" kandani.
    Nak raw ISO dadi menhan mending dadi menteri pariwisata ae.

    Kan hobine traveling, ISO melancong aeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Wowowww harus dicomblangin dulu sama cewek, biar jernih pikirannya dan banyak IDE kejutan













      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Masalahnya rudalnya si WOWO ilang kang@jendral.
      Terus gimana nih

      Hapus
    3. Menhan yg dulu sibuk dengan program bela negara. Menhan sekarang sibuk dengan progran komcad (Komando Cadangan). Buat apaan program kayak gitu. Kalo mau sekalian aja program wajib militer dari usia 17tahun sama kayak korsel dan singapur.

      Setahu saya, pasukan TNI jumlahnya 400rb dan pasukan cadangan 400rb. Kalo mau, sekalian aja penambahan 200rb lagi biar jumlahnya 1jt pasukan TNI. 500rb pasukan reguler dan 500rb pasukan cadangan.

      Hapus
    4. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. Melancong iku demi diplomasi sana sini Ojo kyo arek cilik je
      Perluas wawasan kakean kepentingan urusan sukro ae kepentingan perusahaan pribadi ikut2 demi.laku imbal dagang

      Hapus
  21. Keputusan akhir ada di wiwi si wowo juga bingung duit segitu disuruh beli di dalam negri lahhhhh mungkin kita disuruh perang pakr maung sama anoa,...tidak ada kerja mentri yang ada kerja presiden, jelaskan keputusan akhir di wiwi,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.merdeka.com/peristiwa/pembelian-alutsista-tunggu-keputusan-presiden.html

      Tetap bersyukur atas apa yg ada

      Hapus
    2. Tapi presidennya lelet,mencla mencle rak jelas...

      Hapus
  22. Sampai Kiamat LCS akan tetap di darat, dan menjadi Monumen ketololan untuk anak cucu kaum beruk 😂😂😂😂

    BalasHapus
  23. Sby the best lah untuk urusan alutsista walau hanya dengan anggaran segitu, kalo sekarang...pikir aje sendiri,

    INGET YA NGA ADA KERJA MENTRI YANG ADA KERJA PRESIDEN, TAPI MENTRINYA PADA KENA SEMPROT KARNA KERJANYA LELET...😂🤣😂🤣..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diakui atau tidak untuk urusan alutsista emang kebanyakan pengadaan dr jaman SBY

      Hapus
    2. Presidennya dari periode ke 1 sd periode ke 2 sibuk bilang ke medja reshuffle kabinet tapi kenyataan sampe periode ke 1 selesai tidak ada menteri yg di reshuffle.

      So jangan banyak berharap untuk periode ke 2 ini ada reshuffle kabinet.

      Hapus
    3. Pak pur yg backgroundnya sipil aja lebih tau dan terencana dalam pembelian alutsista. RR dan prahowo yg backgroundnya militer malah masih ke doktrin dengan perang jaman dulu yg masih mengandalkan perang rakyat semesta tanpa di dukung alutsista yg canggih dan modern. Kirain masih jaman perang vietnam apa.

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. ...denger2 penyanyi dangdut BEBI ZIE janda 3 anak ini NGEBET pingin diperistri oleh Wowowww,

    gimana genk Indonesia disini...setujuuuuuuuuuuu ?

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  26. Samapai LMS di instal tomhawk pun tak akan bisa merubah akte lahir LMS Made in Wuhan, Cina


    Bwakakakakkakakakaka 😂😂😂😂

    BalasHapus
  27. Cing atulaah.....kacida pisan!!!

    Sanjata sanjata kawe dipiceun waelaah ka tong sampah.
    Kapayuna ulah meser sanjata odong odong deui.
    Ayeuna teu zaman deui make sanjata goreng patut cacingan kitu patut.
    Nu dilawan indonesia lain nagara vanuatu atawa nagara miskin, ancaman indonesia ayeuna nagara superpower.

    Smart sikit ateuh euy, silaink teh janteun pemimpin keur mikir nu hade, mikir jauh kapayun.

    Saukur meser barang kawe aink ge bisa. Teu kudu sia nu boga titel jendral nuboga pangalaman perang.

    Tingali ku sia boga socha teu, prajurit2 urang kuleheu, krempeng, lusuh siganu busung lapar, dipaksa make sanjata kitu patut....

    Akhirna prajurit urang deui nu paeh, kusebab sanjata odong odong nu dipake....

    Blegug !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...nu Ahli na meser senjata KURUT mah, nya eta Ntung Blegedes

      tong satuturut munding jang, ka si Ntung Blegedes borokokok














      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Maaf dan sorry broo2 semua...
      Saya sedikit emosi, melihat perkembangan didalam negeri sendiri.

      Gereget sendiri jadinya...
      🙏🙏🙏🙏

      Hapus
    3. Maaf dan sorry bro2 semua..

      Saya juga sedikit emosi dan kinerja menhan yg dulu dan yg sekarang.

      Geregetan sendiri jadinya..

      ��������

      Hapus
    4. Beli alutsista itu berkelanjutan, mesti nyambung ama sistem di belanjaan yg sebelumnya.

      Kalo belanjaan sebelumnya berantakan ya bingung juga yang nerusin belanja periode berikutnya...😛

      Flanker E, trus dituntut harus interoperability..mo di link pake sistem opo?

      Makanya sekarang ambil vendor Yunani garap sistem itu disyukuri laaah....

      AEWC ga beli-beli?
      Emang mo share data link pake apa? 😛

      Katanya pengen F35, lha salah satu fiturnya situasional awareness tho?

      Mo disuplay data apa kalo AEWC/data link ga ada?

      😛

      Hapus
  28. Sampai Gempurgila berbusa copy paste OPM,CORONA,SEMBAKO tak akan mengembalikan uang 6 billion RM untuk monumen besi rongsok 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. ...Ndar, kowe wis adus durung ?















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  30. PERTAMINA EKSPOR SOLAR ke malon.
    Petronas kemana ???? BANGKRUTTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petronas belom mampu mengolah solar kulitas Super wkwkwkwk

      Hapus
    2. ...PETRONAS, bangkrut ?

      kata si Pur, padahal Petronas masuk 500 Dunia lho




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  31. Dari suwandaru koplak anti cina sampai dengan beralih anti arab pun, malon tetap tak akan punya kilang pesawat dan project jet tempur 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  32. Marinir cuma ngandelin strela, berarti pesawat musuh harus masuk dulu baru bisa di tembak, piyeeee iki,...musuh masuk di gebuk kenapa nga diluar aja digebuknya jadi nga usah nunggu masuk...di tv bahas wajib militer, gw mah ogah ngikut lihat aset nya saja ngelus dada, disuruh perang maju paling depan juga ogah gw mah nga mau mati konyol kena icbm, musuh pakai icbm kita mah masih kaya begini, ngelus dada


    Tabah sampai akhir😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga ogah kalo disuruh ikut komando cadangan. Bukan ga nasionalis tapi pemerintahnya sendiri kurang nasionalis dan perhatiannya ke alutsista TNI.

      Bagi gue sistem perang rakyat semesta atau gerilya seperti jaman perang vietnam tanpa di dukung alutsista yg memadai dan canggih sama saja mengorbankan rakyatnya semoga mortir atau pion.

      Hapus
    2. Itu Saudi vs Yaman, gear/mainan Saudi hi-end kan? Toh pada rontok & digorok gerilyawan Yaman.

      Meski pake barang hi-end, masih mau maju perang kek gitu.

      😛

      Hapus
    3. Bung unknow sangat betul sekali, emang jaman worl war 2 bisa gerilya ke hutan,...sebagai contoh suriah itu lululantak hanya pakai bom, gimana mau gerilya, ngumpet di bungker aja bisa kena,

      Hapus
    4. Marinir di kasih s300 sama s400..mantapkan mainannya

      Hapus
  33. Mungkin saatnya harus ada reformasi kemajuan tehnologi dalam negeri.

    Kalau tetap tidak mau.

    Buat "TEKNOLOGI ILMU SANTET" buat melawan rudal2 negara lain

    BalasHapus
  34. SBY TUH JENDRAL BRILIAN AMBALAT MEMANAS LANGSUNG MENTRI TERKAIT GERAK CEPAT DARI PENGADAAN ASET YANG CEPAT,KALO SEKARANG LCS MEMANAS walau secara langsung nga ke indo, bukan berarti indo kaya begini juga,lelet sari 5 tahun berlalu lanjut ke sekarang, tidak ada keputusan yang luar biasa aset deterjen juga nga ada,..

    BalasHapus
  35. hanya bisa ...ngelus dada...lihat KKO punya alutsista gini....rasa-nya nelangsa Paklik saya di alam sana yang telah berkorban jiwa saat Trikora dan Dwikora.....


    =============== sesi curhat anak bangsa..........

    BalasHapus
  36. Balasan
    1. Ane gak bela siapapun, cuma mencoba berpikir logis.

      Beli alutsista itu berkelanjutan, mesti nyambung ama sistem di belanjaan yg sebelumnya.

      Kalo belanjaan sebelumnya berantakan ya bingung juga yang nerusin belanja periode berikutnya...😛

      Flanker E, trus dituntut harus interoperability..mo di link pake sistem opo?

      Makanya sekarang ambil vendor Yunani garap sistem itu disyukuri laaah....

      AEWC ga beli-beli?
      Emang mo share data link pake apa? 😛

      Katanya pengen F35, lha salah satu fiturnya situasional awareness tho?

      Mo disuplay data apa kalo AEWC/data link ga ada?

      😛

      Hapus
    2. Ga ya, bukan 08 sendiri loh yang bilang, cuma wamenhan yang kredibilitasnya anjlok gegara bantah Eurofighter Typhoon, padahal ane punya foto suratnya (di media Austria beredar banyak)

      Hapus
    3. om @ps, ternyata Flanker E support Link 16 loh, walauphn pake source code colongan Israel

      Saya sendiri pendukung "ambil semua aja"😂

      Hapus
    4. Oke, masalah nya AS sama china nakal abis bikin rusuh

      Hapus
    5. Ane juga kamsudnya bukan menyudutkan sesuatu atau seseorang...
      Dan ane juga gak bela siapapun itu.

      Cuma ya MIRIS saja melihatnya.
      Kenapa saya miris melihatnya karena ane masih ada rasa peduli, masih ada rasa prihatin sama negara ane sendiri.

      🙏🙏🙏🙏

      Hapus
    6. Isroil?
      Oke..ambil dah kalo mau.
      Trus dibanned lagi ama yang bikin Link16..😛

      Kalo AU ambil itu, pasti paham 'resiko'nya...😛

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    7. Om PS. Ada lupa ya. Tahun ini kan wowo sudah kontrak untuk teknologi NCW yg dari yunani. Biarpun dari yunani tapi teknologi nya ada dari israel.

      Hapus
    8. Scytalys menang kontrak C4ISR indonesia
      VIVA – Perusahaan raksasa negeri dewa Yunani, Scytalys dipastikan telah menjadi penguasa atas pembangunan sistem pertahanan terintegritas pertahanan darat, laut dan udara Tentara Nasional Indonesia (TNI).

      Kepastian Scytalys akan menancapkan kukunya di Indonesia diketahui dari siaran resmi yang diterbitkan situs mereka.

      Dikutip VIVA Militer, Sabtu 15 Agustus 2020, disebutkan dalam kesepakatan kontrak dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Scytalys mendapatkan nilai kontrak sebesar 49 juta Dollar Amerika atau setara Rp730 miliar.

      Dan Scytalys mengaku kontrak sebesar itu didapatkan dari kementerian yang dipimpin Letnan Jenderal (purn) Prabowo Subianto melalui tender terbuka dan transparan.

      Scytalys menerangkan, dana sebesar itu akan digunakan untuk membangun beberapa elemen yang akan menguatkan sistem pertahanan TNI yang terpusat atau disebut dengan Command, Control, Communication, Computer, Intellegence, Surveilance, and Reconnaisance (C4ISR).

      "Pusat operasi jaringan layanan ke masa depan. Scytalys berkomitmen dalam memberikan solusi siap pakai yang akan sepenuhnya memenuhi persyaratan Kementerian Pertahanan Indonesia," kata CEO Scytalys, Dimitris Karantzavelos.

      Indonesia bukan negara pertama di Asia yang membangun sistem C4ISR. Jauh sebelumnya sudah ada Jepang dan Korea Selatan. Selain membangun sistem C4ISR, Scytalys juga pernah membangun sistem penglihatan malam dan pencitraan termal bernama Theon Sensors.

      Scytalys mengatakan, C4ISR sangat dibutuhkan bagi negara manapun di dunia termasuk Indonesia untuk menghadapi peperangan modern. Sebab semua komando operasi dalam perang akan berada dalam satu pusat komando yang berjaringan.

      https://www.viva.co.id/militer/milit...edium=all-page

      Hapus
    9. So. C4ISR itu untuk konek Link 16, Link Y, dll yg dimiliki alutsista TNI

      Hapus
    10. C4ISR ini lebih mantap lagi kalo di pandu dengan satelit militer dan pesawat AEW&C.

      Masalahnya, pengadaan satelit militer dan pesawat AEW&C sampe sekarang belum ada kelanjutannya.

      Hapus
  37. Latihan pertahanan udara Korps Marinir dengan AA Type 90 35mm Twin Gun...duhhh miris gimana mau ngelindungin buat ngelindungin sendiri aja nga bisa...ini aset nga bagus kurang presisi apalagi kemaren2 udah ngebunuh yang gunain.....

    BalasHapus
  38. Kalau kita buka google,
    lalu ketik 'PT DI', d
    yg 'berita'
    coba yg muncul apa,
    ternyata yg muncul bukan IFX
    tapi korupsi,s
    PT DI semakin maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Tergantung niatmu kate lapo sek 'ndar.

      Nek dasare golek bahanmu, yho mesti aee sing metu iku..

      Dengkulmu koplak 'ndaaar, 'ndar..

      Hapus
    3. Moso iyo mbah google rek nge PRANK ???

      Hapus
    4. Koyo si malon bae rek nge prank !!!

      Hapus
  39. Min....
    terus terang "MIRIS" saya membaca berita anda hari ini!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sih, Ketika AD dan AU rebutan soal pertahanan Udara jarak sedang, Sedangkan Korps marinir masih berlatih menggunakan benda Museum 😭

      Hapus
    2. AL sampe sekarang aja belum jelas untuk pengadaan pertahanan udara jarak sedang untuk lantamal.

      Hapus
    3. Lebih baik di seragamkan untuk pertahanan udara jarak sedang AL dengan AD dan AU supaya ga logistic Nightmare.

      Hapus
  40. Apaan sih anjing pantek kontol..ngomongin politik sampah sampi ada cebong dan kampret..boleh sindir pemerintah tapi jangan bikin blok pantek gini,silahkan beradu argumen..tapi jangan bawa bawa debat cebong kampret pantek ini..NGENTOT SONO YANG SERING SANGE SUKA SEBAR LINK BOKEP.....yang lain diem..yang ini mancing ..sindir boleh..."memancing" perkara masalah jangaan mwemweek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daritadi disini gak ada yang sumpah serapah kaya kamu???

      Maksud kamu apa ngomong kotor gitu???

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwk.. Males gw di DS kalo isinya perang drun dan bong

      Hapus
  41. yang sedang latihan semangat terus TNI AL nya,, usaha keras kalian takkan sia2 yakinlah itu, lanjutkan!


    Buat yg sedang semangat berbalas pantun silahkan selama kuota internet anda msh banyak dan jari anda blm pegel2. Ramaikan blog ini,,, makan cuy!

    BalasHapus
  42. ...drun pret drun pret
















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  43. Ketik malays di google yg keluar :

    1. Najib 1 mdb
    2. Mahatir ngemis hutang jepun tuk cicil hutang china
    3. Bousted salah potong
    4. malays epicentrum corona
    5. Ekonomic malays menguncup 17,1%

    Wkwkwk.. Tak de hal yg positif sama sekali keh malays ni. Wkwkwk

    BalasHapus
  44. Gempur CS silahkan mau ngapain..sekarang adalah titik waktu netizen DS panas karena berita..memang harus ada yang jor joran di beli..udara laut dan darat ketiga matra masih kurang..nonblok nonblok..gak bisa mepet dikit kenegara blok ini itu..ausiie singa viet..kita kalhsebenarnya dalm anggaran..JELAS..fighter kalah banding singa..AL kalah banding AUSSIE..haduuuuh mandiri dan beli harus berdampingan...harap2 400 triliun adalah anggaran yang minimal ahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1000 triliun tak akan ngaruh bila kebanyakan mikir ini mikir itu.

      Hapus
  45. Marinir arhanud'e mung kuwi?

    Yho kan level diatasnya ada Kohanudnas, pertahanan udara itu berlapis..anggap aja ini lapisan terdalam...😛

    😂😂😂😂

    Jangan salahkan marinirnya, salahin yang kasih jatah anggaran marinir..😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya marinir ini pasukan garis depan untuk penyerbuan pantai. Percuma dong punya RM70 Vampir, BT3F, BTR80, dll tapi ga ada payung pertahanan untuk melindungi. Setidaknya beli pantsir, Buk M, heli serang buat cover pendaratan.

      Hapus
    2. Yang jelas rudal jarak menengah, dan jauh nga ada gimana mau berlapis,..yang ada kita babak belur musuh dari jauh udah ngelepas rudal longrange nya...belum sempet cegat kita udah ambyar,...

      Hapus
    3. Gimana mau ngelindungi ngelindungi marinirnya sendiri juga nga bisa,..kita butuh system hannud yang mumpuni dengan jarak pencium hingga berkilo2 meter dari range medium hingga longrange,,,

      Hapus
  46. ...
    Hmm...
    1) satu
    Prabowo: Indonesia's Armament Budget the Lowest in Southeast Asia

    "......
    According to Prabowo, the budget for the national armament was at around 0.8 percent of GDP,
    while other countries set it at 2 to 3 percent of their GDP. ......"

    https://en.tempo.co/read/1279536/prabowo-indonesias-armament-budget-the-lowest-in-southeast-asia

    2) dua
    Budget pertahanan negara besar di dunia.
    https://www.forbes.com/sites/niallmccarthy/2020/04/27/the-biggest-military-budgets-as-a-share-of-gdp-in-2019-infographic/#29f5530f37f1

    https://specials-images.forbesimg.com/imageserve/5ea8044152ac2e00060de2e4/960x0.jpg?fit=scale

    3) tiga
    Defence-budget IndONEsia dibagi,
    a) belanja alutsista
    b) penguatan industri-pertahanan.
    c) belanja rutin operasional.

    4) empat,
    Harus balance pengaturan budget,
    a) kuat ke luar (defence)
    b) stabilitas nasional ke dalam (kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dll)

    5) lima,
    sesuai road-map yang sudah dibikin saja.......
    Jangan sporadis-sporadis.... yang akhirnya discontinued.
    Mohon-maaf.

    BalasHapus
  47. Katanya nonblock tapi kenyataanya kita masih manggut manggut sama asu, beli aset kok di atur atur, kalo presiden wajar ngatur ngatur lahhh ini negara lain, piyeee ki,

    Cocoknya bukan nonblock tapi abu-abu.🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Non block keblinger. Jadi go blok.

      Xixixixxi. Hehehehehe..

      ����������

      Hapus
  48. ...ada betul nya juga, kata Gempurwira...gimana kalau Uang SITAAN dari keluarga CENDANA dan Korupsi yang disimpan di luar negeri yang ± Rp 11.000,- Trilyun...dibelanjakan Alutsista kelas GAHAR semua dari blok Barat dan Timur serta dalam negeri

    ...biar GEUNJLEUNG sedunia


















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya bisanga pemerintahan sekarang bawa pulang itu uang, itu uang negara kan masa negara nga bisa bawa pulang jangan2 di suap dengah uang recehan dan uang 11t itu gagal di bawa pulang.....dari tahun 2018 cuma akan....

      Hapus
    2. Pengalihan isu doang itu. Kalo bener uang itu sudah di dapet, pastinya kemenhan ga bakal minta kredit loan dari US..

      Hehehehehe.. hehehehe..

      Hapus
    3. 🤣🤣 ngurus uang segitu banyaknya ga kayak ambil uang 100 jt dark bank. Sabar.. cepet2 nanti pada ngiler

      Hapus
  49. bukan menyudutkan sesuatu atau seseorang Dan ane juga gak bela siapapun apalagi politik, yang jelas ngelus dada lihat aset marinir, ini elite politik suruh jadi tentara aja biar ngerasain apa dirasakan marinir,..pantes siwowo ngotot minta angaran besar setiap tahunnya,

    BalasHapus
  50. "Waaaah, tak sawang kok situasine wiwit ra terkendali......wes, tak tokne saiki wae,.link pemersatu fansboy, trataaaaa 🎈🎉🎊"

    https://youtu.be/Elm4tCiMsac

    BalasHapus
  51. ...Mas Smile, daripada nonton begonoan...mending JOGET aee yuch di Malioboro - Jogjakarta

    👇👇👇

    https://youtu.be/uofecftJ8nY



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bilang begonooan....emang udah buka linknya akang 🤔

      Hapus
    2. ...nggak ach, covernya juga gambar APEM

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Makane ada pepatah lama: Don't judge the book by apemnya.....🤗🤗🤗

      Hapus
    4. ...ntar Ane dimarahin sama neneng Alya Fatma

      #Mas Smile
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  52. Om PS. Ada lupa ya. Tahun ini kan wowo sudah kontrak untuk teknologi NCW yg dari yunani. Biarpun dari yunani tapi teknologi nya ada dari israel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. So. C4ISR itu untuk konek Link 16, Link Y, dll yg dimiliki alutsista TNI

      Hapus
    2. C4ISR ini lebih mantap lagi kalo di pandu dengan satelit militer dan pesawat AEW&C.

      Masalahnya, pengadaan satelit militer dan pesawat AEW&C sampe sekarang belum ada kelanjutannya

      Hapus
    3. smilinghari21228 November 2018 22.01
      "😱😱😱 omaegot, omaegot...masi pada ingat kita pernah menjalin kerjasama dengan salah perusahaan asal yunani (Isihellas)?
      Ternyata perusahaan ini punya produk yg bisa mengkoneksikan berbagai datalink yang kompatibel sehingga meskipun sebuah negara mengadopsi beberapa datalink, namun tetap bisa saling dikoneksikan 👇👇👇"

      https://www.isihellas.com/products-2/tactical-data-links/universal-link-system-uls

      BalasHapus
      Balasan

      smilinghari21228 November 2018 22.05
      Jadi misalnya sejak lama AL mengadopsi link Y buatan thales, sedangkan AD sedang mengembangkan national datalink dg teknologi swedia dan AU menginginkan link-16 supaya bisa bergaul dg komunitas "western style"...namun dg bantuan ULS buatan ISIHELLAS ini, maka ketiga platform link system ini tetap bisa saling terkoneksi 😎😎😎

      Hapus

      Bagaz28 November 2018 22.06
      woooowwww.. wooooowwww.. jngan2 TNI pakai yg ini.. ?? aaahhh mas smili sukanya mancing2.. 😅😅😅.


      Unknown28 November 2018 22.08
      Keren mas har.. awas nanti di claim malon 😆😆😆


      Bagaz28 November 2018 22.11
      yg jadi pertanyaan...punyanya paman bear bisa masuk juga ngk mase..?? 😀😀


      smilinghari21228 November 2018 22.14
      Sayangnya gak bisa mase....tuh, buka aja linknya ☝️☝️☝️

      Hapus

      Unknown28 November 2018 22.17
      Paman bear 😆😆😆


      Bagaz28 November 2018 22.18
      waduuuuuhhh.. laah teros ngakaline piye mase.?? susah.. mesakke marinir karo skuadron makassar.. 😄😄


      Bagaz28 November 2018 22.20
      coba kontak Len.. orang2 kita kan paling jago kalau disuruh modifikasi sesuatu.. wkwkwk..


      smilinghari21228 November 2018 22.29
      Sepanjang ono sesambungane karo "link 16" yo ra bakalan iso mas...mergo ono pembatasan intelektual property right seko amrik 😎😎😎

      Hapus

      smilinghari21228 November 2018 22.31
      Coba mas bagaz...dicari di JKGR edisi 1-2 tahun kebelakang, nanti rak ketemu artikel ttg kerjasama PT.LEN dg perusahaan asal yunani tersebut ☝️☝️☝️

      Hapus

      Bagaz28 November 2018 22.38
      busyeeeett susah amiiirr.. berarti punya paman bear hanya bisa tlpon2an dengan kohanudnas dong mase..??

      Tak bayangno ngene mase.. punya bear nelpon kohanudnas.. kohanudnas nelpon gerombolan Link 16.. walaupun beda setruman.. tetap bisa ketemuan.. ciyeeeee.. haha.. 😎😎😎

      semisal ono musuk nok nduwer laut jowo.. ko makassar lan madiun mibur bareng2 karo arahan dari kohanudnas...yg penting jngan nembak teman sendiri sudah cukup...wkwkwk..


      Bagaz28 November 2018 22.41
      ooowwww.. berari fix ya mase.. latihan di situbondo pakai datalink buatan yunani ini..?? wkwkwkwkwkwk.. uuupppss.. 😁😁


      smilinghari21228 November 2018 22.44
      Yo belum to mase...kan infrastrukture lagi disiapkan, terutama satelite.

      Tapi kalo yg "Line Of Sight" mungkin sebagian sudah bisa diterapkan antara alutsista AL (yg pake link Y/thales) dg platform link milik AD....🤔🤔🤔

      Hapus

      smilinghari21228 November 2018 23.51
      "Naah, kalo yg ini 👇👇👇 baru jelas informasinya...💪💪💪"

      ://garudamiliter.blogspot.com/2018/11/resntra-ketiga-akan-ada-alutsista-baru.html?m=1

      Hapus

      smilinghari21229 November 2018 00.57
      @mas bagaz

      "Naaah ketemu...ini lho cuplikan MOU antara Isi Hellas dg PT LEN, beberapa tahun silam 🤗🤗🤗"

      https://jakartagreater.com/pt-len-dan-lig-nex1-korea-kerjasama-cms-kapal-selam

      Hapus
    4. ...Mas Smile, itu comment dari Artikel 2018


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. Iku ben mas unknown ki ora latah ......ora ono barang sing ujug2 teko dewe, prosese dowo kui

      Hapus
  53. "Apik iki......kisah operasi pembebasan sandera pesawat garuda woyla, dibawah komando pak prabowo 💪💪💪"

    http://garudamiliter.blogspot.com/2020/06/blog-post_73.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://amp.tirto.id/prabowo-garis-tangan-perwira-dan-taruna-rumput-berduri-cF3D

      Hapus
    2. Mana ada prabowo sebagai komandan di kasus woyla.
      Ada juga benny moerdani dan sintong panjaitan.

      Hapus
    3. Oiya ......"terbalik" yo mas @essen 😂😂😂

      Hapus
    4. https://historia.id/militer/articles/kejanggalan-operasi-mapenduma-vXj0X

      Hapus
    5. "Kalau yg ini baru benar.....pak prabowo membebaskan sandera peneliti di mapenduma 💪💪💪"

      https://m.merdeka.com/peristiwa/operasi-mapenduma-kisah-tim-kostrad-kopassus-bebaskan-sandera-di-papua.html

      Hapus
    6. Apane sing bener mas @essen.....hayo dibaca dulu yaak

      Hapus
    7. Sindirane alus tenaaan 😅

      Hapus
    8. Mooh aku....
      Ana surabi apem bikin keseleg

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. https://cirebon.tribunnews.com/amp/2020/09/06/kopassus-tak-lagi-jadi-pasukan-khusus-terbaik-dunia-tersingkir-dan-tergantikan-lrr-filipina?page=all

    BalasHapus
    Balasan
    1. militer Connie Rakahundini Bakrie menyoroti kekuatan tentara Indonesia saat ini, terutama Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

      Connie menilai perkembangan kekuatan militer Indonesia sangat dipengaruhi visi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

      Hal itu ia sampaikan dalam tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) di TvOne, Selasa (1/9/2020).

      Tidak bermaksud menjelekkan siapapun

      Hapus
    2. "Eehhh ndar, kok menurut link ini, ternyata yg membebaskan sandera mapenduma malah pasukan dari batalyon 330 para kujang ya.....kenapa bukan pasukannya pak prabowo ��"

      https://m.merdeka.com/peristiwa/operasi-mapenduma-kisah-tim-kostrad-kopassus-bebaskan-sandera-di-papua.html

      Hapus
    3. Ndaaaaar.....piye iki, endi sing bener lan sopo sing goroh, senengane mengklaim prestasine pasukan liyo ��

      Hapus
    4. Kisah sebenarnya ttg pasukan siapa yg membebaskan sandera penelitian lorentz, baru muncul belakangan setelah era reformasi.....dimasa-masa sebelumnya, jangan harap bisa tau ttg hal sebenarnya

      Hapus
  56. ...Mas Smile, Indonesia lagi2 bikin KO US ASUrika yach

    Iran harus berterima kasih ke Indonesia yang jadi DK PBB tidak tetap, SANKSI nya sudah berhenti
















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab .....jarene konco sing nate plesiran tekan iran, papane lan kebudayaan iran ki adiluhung tenan kang @Jack

      Hapus
    2. Semoga sebagai tanda terima kasih iran ke indonesia dengan mengirimkan engineer,teknisi mereka untuk mengembagkan Rhan 450 jadi shorad, SAM dan ATGM.

      ������

      Hapus
  57. Meniko dos pundi artinipun: Tetapi Indonesia dilaporkan gagal membayar sekitar 500 miliar won yang seharusnya dibayar pada akhir Agustus. Meski begitu, pejabat Korsel mengatakan Indonesia sejauh ini telah membayar 227,2 miliar won. Dilaporkan alokasi anggaran proyek KF-X ini sekitar 270 miliar won dalam anggaran tahun ini.

    "Sedikit kemajuan telah dicapai dalam hal kerja sama dengan Indonesia terkait proyek KF-X," kata seorang pejabat.

    Yonhap News Agency menuliskan, dalam pertemuan Desember 2019 lalu, Menteri Jeong Kyeong-doo dan Menhan Prabowo Subianto bersumpah untuk memajukan proyek tersebut. Keduanya menyebut kerja sama semacam itu sebagai simbol hubungan kepercayaan yang kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ben ae, ra ngurus.....tekono wae karo sing sumpah-sumpah kui

      Hapus
  58. Inggris yg angkatan lautnya kuat tp SAS pernah jadi no 1 y... Jd kalo pak Jokowi punya visi maritim tdk berarti kopassus g bs no 1...kl saya salah mhn dimaafkan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah era reformasi, menurut amanat UU utk mengatasi ancaman terorisme didalam negri ujung tombaknya adalah densus-88.....jadi harap maklum kalo kopassus agak kurang terdengar kiprahnya belakangan inj

      Hapus
    2. Kopasus sdh tdk masuk urutan 20 besar lagi broo..

      Hapus
    3. Itu kata si konie ya....
      Pengamat militer menurut si amat yang pengamat si amat amat, tapi gak amat amat banget.

      Hapus
  59. "Joss tenan ini akang @Jack.....suk yen koronane wes ilang, kepengin nyelakke wisata ke bandung via sukabumi jumpai kreto.....pemandangane iki lho, endah tenan"

    https://m.detik.com/news/berita-jawa-barat/d-5162187/ka-relasi-sukabumi-cianjur-dan-cipatat-akan-kembali-diaktifkan?tag_from=wpm_nhl_26

    BalasHapus
  60. Lha maloners pade kemane ye???? Oh mungkin dah habis bahan tuk bisa ngetrol 🤧😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maloners malam minggu lagi pada pesta dadah dan pesta sex dubor..

      ��������

      Hapus
  61. https://www.airspace-review.com/2020/09/06/mitsubishi-segera-dapatkan-kontrak-pengembangan-jet-siluman-f-x/

    Apakah kemenhan tertarik untuk akuisisi pespur gen 6 buatan jepang tersebut.

    ����

    BalasHapus
  62. Kalau kaya gini terus...

    Yo wis laah !!!

    Toh perang akhir zaman juga kembali memakai pedang dan anak panah, tdk lupa sekalian tombak dan bambu runcing di ikut sertakan.

    Perang akhir zaman, sudah tidak ada tehnologi dan semua kembali ke zaman batu

    Suruh prajurit2 latihan menggunakan pedang, anak panah, bambu runcing dan tombak. Siapkan kuda2 jantan dari kesatuan kavaleri

    Kami disini cukup beri doa saja.

    BalasHapus