14 Juli 2021

Angkutan Laut Militer dalam Program MEF

14 Juli 2021

Kesibukan di dermaga Kolinlamil Jakarta (photo : faktapers)

Angkutan Laut Militer (Military Sealift) mempunyai tugas pokok melaksanakan angkutan laut yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis serta melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional. Di Indonesia Komando yang membawahinya adalah Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Berbicara mengenai MEF, setelah mengalami revisi beberapa kali, satu-satunya artikel yang pernah membahas MEF TNI AL pasca revisi adalah laman Kompas.id khususnya pada artikel "Armada TNI AL : Pasang Surut Menuju Armada Kelas Dunia" yang tayang pada tanggal 16 Januari 2018 dimana kita semua dapat melihat Proyeksi Kekuatan Armada TNI AL hingga akhir MEF 2024 (namun dalam artikel tersebut tertuliskan tahun 2023). Dalam artikel tersebut diuraikan mengenai jenis kapal dan jumlahnya yang akan melengkapi armada TNI AL yang dibagi menjadi : Striking Force, Projection Force, Patroling Force dan Supporting Force.

Dalam MEF unsur Projection Force terdiri dari kapal Angkut Tank/Landing Ship Tank (AT/LST), kapal Landing Platform Dock (LPD) dan kapal Landing Helicopter Dock atau Kapal Markas (LHD/MA). Sedangkan unsur Supporting Force (Auxillary Force) terdiri dari : Kapal Tanker Armada (BCM), Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS), Kapal Tunda Armada (BTD), Kapal Survei Hidro Oseanografi (BHO), Kapal Bantu Umum (BU), dan Kapal Latih (LAT).

Gabungan dari Projection Force dan Supporting Force ini sebagian besar kapalnya masuk ke dalam Military Sealift (Lintas Laut Militer). Unsur Projection Force masuk ke Kolinlamil meskpun secara jumlah sebagian LST dioperasikan oleh Koarmada (ada 3 Komando Armada) dan dibagikan ke Lantamal sedangkan untuk Supporting Force tidak semuanya masuk ke  Kolinlamil namun sebagian masuk ke Koarmada. Unsur Supporting Force yang masuk Kolinlamil adalah Kapal Tanker (BCM) dan Kapal Bantu Umum (BU).

Dengan demikian Kolinlamil mengoperasikan 6 tipe kapal yang terdiri dari Kapal Tanker (BCM), Kapal Bantu Umum (BU), Kapal Landing Ship Tank (LST), Kapal Landing Platform Dock (LPD) dan Kapal Landing Helicopter Dock (LHD), sedangkan Koarmada akan mengoperasikan 4 tipe kapal bantu yaitu Kapal Bantu Rumah sakit (BRS), Kapal Tunda Armada (BTD), Kapal Survei Hidro Oseanografi (BHO), dan Kapal Latih (LAT).

Jenis kapal yang tidak dipertahankan lagi

Tentunya timbul pertanyaan, bagaimana tipe-tipe kapal yang tidak ada lagi disitu ? Ada 3 tipe kapal yang tidak tercantum lagi disitu yaitu Bantu Angkut Personil (BAP) : KRI Tanjung class ex Pelni, Kapal Cepat Angkut Personil (CAP) : KRI Karang class ex ASDP dan Kapal Angkut Serba Guna (ASG) : KRI Kupang class LCU, ketiga tipe kapal ini tidak akan dipertahankan lagi alias dipensiunkan.

Terhadap kapal Landing Ship Tank (AT) buatan sebelum tahun 1980 juga akan dipensiunkan setelah penggantinya diperoleh secara bertahap yaitu KRI Teluk Amboina class (ex Japan) Landing Ship Tank dan KRI Teluk Gilimanuk class (Frosch class) Landing Ship Medium. Kendala saat ini Kemhan baru mengeluarkan 1 desain LST besar saja yaitu LST-117 (Bintuni class : 117m, 2.300 ton) sedangkan untuk yang seukuran Medium Landing Ship Tank Frosch class (98m, 1.950 ton) sampai saat ini belum ada desainnya.

Kapal Tanker/Auxillary Replenishment Oiler KRI Tarakan 905 (photo : TNI AL)

1. Kapal Tanker/Bantu Cair Minyak (BCM)
Didesain oleh Terafulk, kapal tanker atau Bantu Cair Minyak (BCM) ini sudah dikeluarkan kontraknya oleh Kemhan sebanyak 4 kapal yaitu kepada PT Dok Kodja Bahari (KRI Tarakan 905), PT Anugrah Buana Marine (macet hingga saat ini), PT Batamec Shipyard (KRI Bontang 907) dan kapal BCM ke-4 masih on progress di galangan yang sama. 

Selain harus menyelesaikan kontrak dengan PT Anugrah Buana Mandiri di Cilegon, Kemhan masih harus memberikan order 2 kapal BCM lagi hingga tahun 2024, sehingga jumlah 6 kapal tanker dapat terpenuhi. Dengan adanya 6 kapal tanker baru ini maka semua kapal tanker yang lama akan dipensiunkan.

Kapal tanker ini mempunyai panjang 125,5 m, bobot penuh 2.400 ton dan kapasitas bahan bakar minyak sebanyak 5.500 meter kubik, kapal ini mempunyai endurance 30 hari dan dapat membawa 1 helikopter.

KRI Ratulangi 552 kapal tender kapal selam sewaktu TNI AL mengoperasikan 12 kapal selam (photo : TNI AL)

2. Kapal Bantu Umum
Dengan jumlah kebutuhan sebanyak dua hingga empat kapal bantu umum maka jenis kapal yang diperkirakan adalah kapal tender kapal selam, kapal logistik dan kapal pembawa amunisi. Berdasarkan pengalaman TNI AL mengoperasikan kapal sejenis sebelumnya, yaitu KRI Ratulangi 552, KRI Multatuli 561 mapun KRI Karimata 960 maka jika digunakan ukuran terbesar kapal tersebut yaitu KRI Ratulangi maka dibutuhkan kapal dengan panjang 140 m dan bobot penuh 9.000 ton.

PAL mengusulkan empat kapal bantu umum ini menggunakan platform Makassar class LPD (panjang 122 m dan bobot penuh 16.000 ton), cukup masuk akal dan sekaligus dapat mengurangi tipe/rating kapal milik TNI AL. Pada masa lalu TNI AL dilengkapi dengan 2 kapal tender kapal selam dan 2 kapal logistik dan pengangkut amunisi. 

Berdasar pengalaman KRI Ratulangi dan KRI Thamrin tugas kapal tender adalah untuk mengirimkan pasokan semua kebutuhan kapal selam berikut personilnya dan juga bertindak sebagai bengkel sementara bagi kapal selam. 1 kapal tender dapat melayani 6  kapal selam sekaligus berupa kebutuhan akan logistik cair seperti bahan bakar, pelumas, air suling untuk elektrolit baterai, dan air minum. Logistik padat berupa bahan makanan untuk awak kapal dan suku cadang kapal, dan tidak ketinggalan logistik tempur berupa torpedo, ranjau dan amunisi lainnya.

Rencananya bila Kapal Bantu Umum baru ini sudah didapatkan maka Kapal Bantu Umum yang lama akan dipensiunkan semua.

Peluncuran 2 kapal angkut tank (photo : Bandar Abadi Shipyard)

3. Kapal Angkut Tank/Landing Ship Tank (LST)
Kapal Angkut Tank/LST Bintuni class saat ini telah dibuat sebanyak 9 unit di galangan kapal dalam negeri. Sebanyak 2 unit di PT Dok Kodja Bahari (KRI Teluk Kendari 518 dan KRI Teluk Kupang 519), sebanyak 5 unit di PT Daya Radar Utama (KRI Teluk Bintuni 520, KRI Teluk Lada 521, KRI Teluk Youtefa 522, KRI Teluk Palu 523, KRI Teluk Calang 524), dan sebanyak 2 unit di PT Bandar Abadi Shipyard (KRI Teluk Weda 526 dan KRI Teluk Wondama 527).

Dengan jumlah kebutuhan sebanyak 28 unit, maka 19 unit sisanya merupakan kapal LST yang ada saat ini yaitu Teluk Semangka class (ex Korsel) tersisa 4 unit dari 5 dan Teluk Gilimanuk class (ex Rusia) tersisa 15 unit dari 16, maka kapal-kapal tersebut usia pensiunnya harus ditunda atau Kemhan mesti membuat kontrak baru sekaligus 19 unit sisanya.

Kapal LST-117 didisain oleh Terafulk, dengan panjang 117 hingga 120 m dan bobot maksimal 4.508 ton serta mampu membawa 2 helikopter kelas 10 ton dengan endurance 20 hari. Sebagai unsur amfibi kapal ini dapat membawa 10 tank Leopard atau 15 tank BMP-3F, 4 unit LCVP dan 360 pasukan bersenjata lengkap.

Kapal Landing Platform Dock KRI Makassar 590 (photo : dvids)

4. Landing Platform Dock (LPD)
Sebanyak 5 kapal LPD telah dipesan oleh Kemhan kepada DSME Korea Sealatan dan PT PAL serta telah dioperasikan oleh TNI AL yaitu KRI Makassar 590, KRI Surabaya 591, KRI Banjarmasin 592, KRI Banda Aceh 593, dan KRI Semarang 594.

Dengan kebutuhan sebanyak 6 unit maka tinggal 1 unit kapal LPD yang dibutuhkan TNI AL untuk menggenapi MEF dan pesanannya sudah dapat dipastikan ke PT PAL. Kemungkinan kapal keenam ini akan mengambil basic desain dari KRI Semarang, dengan demikian ada 3 tipe LPD yang dimiliki TNI AL yaitu Makassar class, Banjarmasin class dan Semarang class. 

Desain asli kapal ini dibuat oleh Daesun Shipbuilding & Engineering, Korea Selatan lalu dikembangkan oleh PT PAL. Kapal mempunyai panjang 122-126 m dan bobot maksimal hingga 16.000 ton, kapal mampu membawa 2 helikopter medium dan mempunyai endurance 30 hari. Sebagai unsur amfibi kapal ini dapat membawa 35 kendaraan tempur, 500 pasukan bersenjata lengkap dan well deck nya mampu membawa 2 LCVP atau 4 kendaraan pendarat amfibi.

Fincantieri Trieste class Amphibious Assault Ship and Landing Helicopter Dock (image : Naval Technology)

5. Landing Helicopter Dock (LHD)
PT PAL dalam Kongres Teknologi Nasional di gedung BPPT tahun 2018 telah meperkenalkan  rancangan LHD sepanjang 244 meter, desain kapal ini bahkan lebih besar dari LHD kelas Mistral-Prancis (199m, 21.500 ton) atau bahkan Canberra class-Australia (230m, 27.500 ton), Endurance 170-Singapore (170m, 19.000 ton), Chakri Naruebet-Thailand (182m, 11.500 ton),  namun lebih kecil dari LHD milik USMC yaitu America class (257m, 45.700 ton). 

Desain LHD yang sepadan dengan rancangan PAL ini adalah Trieste class Italia (245m, 33.000 ton), kapal ini dapat membawa 14 helikopter kelas medium yang dikombinasikan dengan pesawat F-35B Lightning II yang mempunyai kemampuan VTOL. Kebetulan kapal ini dibuat oleh galangan kapal yang sama dengan fregat FREMM pesanan Kemhan yaitu Fincantieri. Di negara asalnya fregat FREMM akan menjadi pengawal LHD Trieste ini.

Namun jangan salah, LHD Mistral class sudah tiga kali berkunjung ke Indonesia, BPC Mistral pertama kali berkunjung pada bulan Mei 2011, empat tahun kemudian BPC Dixmude berkunjung ke Indonesia pada bulan Juni 2015. Pada bulan April 2018 BPC Dixmude kembali lagi melakukan kunjungan ke Indonesia. Sementara Trieste baru diluncurkan pada Mei 2019 lalu dan direncanakan komisioning pada Juni tahun 2022.

Kebutuhan LHD sebanyak 4 unit tentu saja akan mendongkrak kemampuan amfibi TNI AL dan menarik minat galangan kapal dunia untuk menawarkan produknya. Faktor harga tentunya akan menjadi pertimbangan Kemhan dalam menentukan pilihannya. Harga Mistral class pada tahun 2012 lalu sebesar €451.6 million (atau bila inflasi 3.0% setahun maka harga saat ini €589 million) bandingkan dengan Trieste dimana pada tahun 2019 harganya sebesar €1.171 billion (atau bila inflasi 3.0% setahun maka harga saat ini €1.242 billion) atau Trieste lebih mahal 2x lipat dibandingkan Mistral class.

PAL menawarkan LHD dengan panjang 244 meter (image : PAL)

Fasilitas kapal LHD Mistral ini adalah :
-dek penerbangan ukuran 6.400 m2 dengan 6 titik pendaratan,
-hangar ukuran 1.800m2 cukup untuk membawa 16 helikopter
-2 lift helikopter kapasitas 13 ton,
-garasi kendaraan ukuran 2.650 m2 untuk MBT dan kendaraan tempur (kira-kira muat 70),
-well deck ukuran 885 m2 untuk 4 LCM,
-dek rumah sakit seluas 900m2,
-dapat membawa 900 pasukan bersenjata lengkap,
-endurance 30 hari.

Sedangkan fasilitas kapal LHD Trieste adalah :
-dek penerbangan ukuran 8.280 m2 dengan 9 titik pendaratan (mampu didarati F-35B),
-hangar ukuran 2.600 m2 cukup untuk membawa campuran 14 helikopter dan pesawat F-35B,
-2 lift pesawat kapasitas 40 ton, 
-garasi kendaraan ukuran 1.200m2 untuk MBT dan kendaraan tempur,
-well deck ukuran 750 m2 untuk 4 LCM,
-dek rumah sakit seluas 700m2,
-dapat membawa 900-1.000 pasukan bersenjata lengkap,
-endurance 30 hari.

Terlihat bahwa perbedaan antara Mistral dan Trieste tidak terlalu jauh, apabila lebih mengutamakan fungsi serbuan amfibi maka Mistral menawarkan luasan garasi kendaraan tempur yang lebih luas, namun bila menginginkan dukungan udara dengan kehadiran pesawat yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal maka dapat memilih Trieste. Kita bisa melihat bagaimana PAL menerjemahkan kebutuhan TNI AL dalam gambar diatas, apakah menggunakan pesawat tempur atau tidak?

(Defense Studies)

232 komentar:

  1. Yg tidak punya LST LPD sana ke bilik termenung dan cokil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukuplah dgn kapal kontena bunga mas 5 dan 6, luas laut nya kan Ciput πŸ˜„

      Hapus
    2. sampe suruh cokil wkwwkwkwk🀣🀣

      Hapus
  2. Trieste kan buatan Fincantieri,hmmm menarik buat Prabowo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lama penantian LHD paling diatas 2026 baru jalan pengadaannya

      Hapus
    2. Hmmm semoga PT PAL bisa bangun LHD Nasional

      Hapus
    3. Tinggal tunggu waktu aja,Fasilitas PAL nya jg kedepan bakal diupgrade bia bisa bangun kapal dgn ukuran sekelas LHD

      Hapus
    4. Fasilitasnya bangun lagi aja jadi biar ada 3 fasilitas yaitu Kapal Selam, Kapal Kombatan Permukaan,Kapal Amfibi.

      Hapus
    5. https://tekno.tempo.co/read/1192217/pt-pal-siapkan-pabrik-kapal-perang-di-lampung
      ------
      Calon lokasi baru untuk pengembangan PT PAL berada di daerah Tanggamus, Lampung. Rencananya untuk menyiapkan galangan kapal perang dalam periode 50 tahun ke depan.

      Hapus
    6. Hmm mantap juga nih PT PAL

      Hapus
  3. Mantullah TNI ni.

    Ga kek laskar sebelah

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Malaysia punya 6 kapal halimunan tak boleh dikesan oleh mata.

    Kapal halimunan, wang billionan ringgit jadi habuk 🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta tambahan Wang lagi.ngeri kepakaran bikin kapal di sebelah tu πŸ˜„

      Hapus
  6. Malaysia mahu menghutang kepada indonesia untuk membeli kapal SSV kelas makassar,
    Tapi tidak terjadi kerana malaysia takot bangkrupt apabila hutang bertambah


    Tumpang kesiaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS dan LMS je pun blm lunas πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    2. Tenang bro Filiphina tertarik dengan Tarlac Class lagi tapi varian terbaru.

      Hapus
  7. Yg gunakan kapal kontena sebagai LPD sila tepi sikit kat tandas wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamuflase aselinyya dagang minyak keknya tuch om pit haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  8. Slow but sure# saya dukung penuh TNI AL punya LHD karena kita punya Pasukan Amphibi untuk kemampuan mereka.
    PAL sudah punya konsep design LHD untuk kebutuhan TNI AL dimasa datang tahun2 depan.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Penuhin dulu Kebutuhan LPD,LST dan BRS nanti kalau sudah terpenuhi baru pesan LHD

      Hapus
  9. Si gempur klaim kapal TONGKANG TLDM sebagai LST guys Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  10. Yang bina kapal tapi salah potong tepi sikit kat tandas wkwkwk

    BalasHapus
  11. MALON dah teken MOU Kapal MRSS dengan PT PAL pada 2016 guys tapi hingga sekarang kontraknya tak jelas guys Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  12. Mantap5 apalagi kalau LHO benar benar terealisasu

    BalasHapus
  13. Hei Pur Betul ke kapal TONGKANG TLDM itu bisa dialihfungsikan menjadi kapal LST.....??? Dan apakah kapal TONGKANG TLDM itu bisa mendaratkan tank di pinggir pantai.....??? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  14. Nah guys MOU sudah sejak 2016 hingga kini belum terealisasi PARAH lebih baik jual Kat Pinoy lagi mereka serius nak beli bukan macam MALON Dah MOU tapi Di Cancel pula wkwkwkwkw



    https://www.hobbymiliter.com/4803/indo-defence-2016-pt-pal-tandatangani-mou-dengan-boustead-untuk-membuat-mrss-pesanan-al-malaysia-di-indonesia/

    BalasHapus
  15. Bahkan Proyek LPX/LHD korsel juga melibatkan galangan kapal Ficantieri Italia,agar bisa di darati Pespur F35.

    BalasHapus
  16. MALON pasti tak punya kapal LST kan Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  17. kami malaysia siap membeli MRSS dari PT PAL. Ada diskon 10% kerana sebangsa dan serumpun abang (Indo) adik (Malaysia).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry tak de wang kopi2 untuk orang tengah dan kroni wkwkwk

      Hapus
    2. Apa ini diskon2 kau kira ini shopee ke

      Hapus
  18. "Dengan kebutuhan sebanyak 6 unit maka tinggal 1 unit kapal LPD yang dibutuhkan TNI AL untuk menggenapi MEF dan pesanannya sudah dapat dipastikan ke PT PAL. Kemungkinan kapal keenam ini akan mengambil basic desain dari KRI Semarang, dengan demikian ada 3 tipe LPD yang dimiliki TNI AL yaitu Makassar class, Banjarmasin class dan Semarang class."
    ----
    6 LPD dan 3 BRS
    Tiap armada ada 2 LPD dan 1 BRS.
    πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANTAP,Oh iya KRI Semarang itu kan sebenarnya kapal LPD yang dialihfungsikan menjadi kapal BRS bahkan nama dan nomor lambungnya masuk kedalam satuan kapal Amfibi TNI AL jadi kira-kira kapan KRI Semarang menjadi kapal LPD sepenuhnya ?

      Hapus
    2. Mungkin Setelah BRS 2 jdi yg menurut info diserahkan bulan desember thun ini.

      *CMIIW

      Hapus
    3. Dari Infonya 8 Desember 2021 BRS 2 baru diserahkan ke TNI AL

      Hapus
    4. Atau mungkin tunggu BRS 1 Diserahkan ke TNI AL

      Hapus
  19. Bayakin dulu LPD.18unit n LST.28unit lengkap bersenjata baru mikir LHD. Ntar bingung mo angkut apaan...

    BalasHapus
  20. Tak penting,
    Baik bina hospital medan utk support rumah sakit yg suda collapse.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente siapa suruh2 TNI, sok ngatur ternyata kadrun πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Makanya banyak baca KRI hospital TNI-AL sekarang digunakan untuk rawat suspek covid-19

      Hapus
    3. kalau belum dapat nasi bungkus, kadrun ngoceh gak karuan

      Hapus
  21. Iver mirip Makassar Class πŸ˜‚πŸ˜‚,kayaknya gak bakal kesusahan nih PT PAL bikinnya.

    BalasHapus
  22. DEFEA 2021: Fincantieri Menawarkan FREMM Untuk Persyaratan Frigate Angkatan Laut Hellenic
    Di DEFEA 2021, Pameran Pertahanan Internasional yang dibuka hari ini di Athena, Yunani, pembuat kapal Italia Fincantieri menegaskan bahwa mereka sedang mengusulkan desain fregat FREMM Italia ke Angkatan Laut Hellenic.
    Xavier Vavasseur 13 Juli 2021

    Berbicara kepada Naval News selama wawancara eksklusif, Giuseppe Giordo, General Manager of Naval Vessels di Fincantieri menjelaskan bahwa desain yang ditawarkan adalah fregat FREMM Italia dalam konfigurasi anti-kapal selam (ASW):

    “Kami menawarkan FREMM Italia, yang kami yakini sebagai produk fregat terbaik di seluruh dunia. Ini adalah produk yang sama dengan yang kami capai banyak hasil internasional selama dua tahun terakhir, saya percaya yang paling penting adalah penandatanganan kontrak dengan Indonesia”.




    Giuseppe Giordo, Manajer Umum Kapal Angkatan Laut di Fincantieri
    Fincantieri mengumumkan bulan lalu bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Indonesia untuk penyediaan 6 frigat kelas FREMM, modernisasi dan penjualan 2 frigat kelas Maestrale, dan dukungan logistik terkait. Awal tahun ini, dua mantan FREMM Angkatan Laut Italia dipindahkan ke Mesir . Pada bulan April tahun lalu, Fincantieri Marinette Marine memenangkan kontrak untuk fregat masa depan Angkatan Laut AS, yang dikenal sebagai FFG(X) dengan desain berbasis fregat multiguna FREMM. Kapal-kapal tersebut akan dikenal sebagai kelas Constellation .

    Achille Fulfaro, Direktur Komersial di divisi Kapal Angkatan Laut Fincantieri, menambahkan bahwa ASW FREMM telah terbukti dengan baik di seluruh dunia dan memiliki fleksibilitas tingkat tinggi terutama untuk suite sistem tempur.

    “Kami hanya memberikan semua informasi yang relevan dalam hal kemampuan kapal kepada pengguna akhir. Kami juga sangat fleksibel untuk mengevaluasi sistem alternatif yang dibutuhkan pengguna akhir”.




    Achille Fulfaro, Direktur Komersial di divisi Kapal Angkatan Laut Fincantieri
    Naval News memahami bahwa FREMM sedang diusulkan dalam dua konfigurasi, satu menampilkan sistem tempur Eropa (misalnya dengan rudal MBDA) dan satu lagi menampilkan sistem tempur Amerika (dengan rudal Raytheon). Namun dalam kedua kasus sistem manajemen tempur (CMS) akan menjadi ATHENA oleh Leonardo.

    Mengenai proposal peningkatan MEKO (kelas Hydra), Mr. Fulfaro menjelaskan bahwa Fincantieri bekerja dengan Angkatan Laut Hellenic dan Kementerian Pertahanan Yunani untuk mengevaluasi kemungkinan kesamaan sistem antara FREMM dan kelas Hydra untuk platform dan sistem tempur.

    Mengenai apa yang disebut solusi stop-gap, Achille Fulfaro mengatakan:

    “Kami baru saja menawarkan solusi sementara menggunakan kapal Angkatan Laut Italia yang tersedia untuk ekspor, kami juga mendiskusikan jenis proposal ini”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada rincian yang diberikan tentang jenis kapal yang tepat, tetapi Naval News yakin itu kemungkinan adalah fregat kelas Maestrale (seperti yang terjadi pada kontrak Indonesia).

      Naval News juga mengetahui bahwa Fincantieri berencana untuk membangun FREMM pertama di salah satu dari delapan galangan kapalnya di Italia, dengan sebagian tenaga kerja berasal dari Yunani untuk alasan pelatihan.

      Tentang Fregat FREMM Italia
      Fincantieri Menandatangani Kontrak Untuk Menyediakan 8 Fregat Untuk Indonesia
      Fregat FREMM kelas Bergamini. gambar Fincantieri.
      FREMM adalah kelas frigat serbaguna yang dirancang oleh Fincantieri dan Naval Group untuk Angkatan Laut Italia dan Prancis. Namun, FREMM yang dibangun oleh Fincantieri lebih berat dan lebih bersenjata daripada saudara perempuan mereka dari Angkatan Laut Prancis.

      FREMM mampu membuat berbagai misi termasuk perang anti-kapal selam serta perang anti-kapal dan anti-udara.

      Spesifikasi Frigate yang dibangun oleh Fincantieri (Spesifikasi FREMM untuk Indonesia masih belum diketahui):

      Perpindahan: 6.700 ton
      Panjang: 144m
      Draf: 7.6m
      Balok: 19,7m
      Propulsi: CODLAG
      Kecepatan maksimum:> 27 knot
      Jangkauan: 6000 mil laut pada 15 kn
      Kru: 145
      Senjata: 16 MBDA Aster 15 dan 30 rudal; 2 × Leonardo OTO Melara 76/62 mm senjata Davide/Strales ; 2 × sistem senjata jarak jauh Leonardo Oto Melara/Oerlikon KBA 25/80 mm; 8 × MBDA Teseo\Otomat Mk-2/A rudal anti-kapal dan serangan darat; 2 × tiga peluncur Leonardo B-515/3 untuk torpedo MU 90.
      Fasilitas penerbangan: 2 hanggar

      Hapus
  23. Garuda Militer
    Dokumentasi Militer

    Rabu, 14 Juli 2021
    Jakarta Menyetujui Rencana Mendapatkan Pinjaman USD 600 juta
    Untuk program kapal selam sementara
    KRI Alugoro 405 [submarine.id] ️

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memberikan persetujuan kepada negara untuk memperoleh pinjaman luar negeri hingga USD 600 juta untuk pengadaan setidaknya satu kapal selam bekas untuk Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut: TNI-AL).

    dokumen yang diberikan kepada Janes oleh sumber industri menunjukkan bahwa persetujuan diberikan untuk program Interim Readiness Submarine Class (IRSC), yang berusaha untuk sementara mengisi kesenjangan dalam kemampuan perang bawah laut TNI-AL dengan kapal yang dipensiunkan oleh angkatan laut lain sementara layanan menunggupengiriman kapal baru.Program ini menyerukan kelas kapal selam yang memiliki bobot antara 1.800–2.800 ton. Namun, dokumen yang dilihat Janes tidak merinci perkiraan jumlah lambung yang akan dibeli.

    kuantum pinjaman yang disetujui untuk IRSC dicapai melalui konsultasi dengan Kementerian Pertahanan (MoD) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

    TNI-AL mengoperasikan armada empat kapal selam diesel-listrik (SSK) yang terdiri dari tiga kapal kelas Nagapasa (DSME 209/1400), dan satu kapal SSK kelas Cakra (Tipe 209/1300), KRI Cakra (401). Kapal kelas Cakra kedua, KRI Nanggala (402), tenggelam di Laut Bali pada April 2021 dan menewaskan semua orang di dalamnya.

    ️ Janes

    Garuda Militer di 17.22.00
    Berbagi
    Tidak ada komentar:
    Posting Komentar
    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    >
    Beranda
    Lihat versi web
    Diberdayakan oleh Blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm mungkin dari perancis atau jerman. Mirip pembelian 2 Maestral dibeli bareng FREMM.

      Hapus
    2. Kapal selam bekas memangnya ada yang bobotnya segini???

      dokumen yang diberikan kepada Janes oleh sumber industri menunjukkan bahwa persetujuan diberikan untuk program Interim Readiness Submarine Class (IRSC), yang berusaha untuk sementara mengisi kesenjangan dalam kemampuan perang bawah laut TNI-AL dengan kapal yang dipensiunkan oleh angkatan laut lain sementara layanan menunggupengiriman kapal baru.Program ini menyerukan kelas kapal selam yang memiliki bobot antara 1.800–2.800 ton. Namun, dokumen yang dilihat Janes tidak merinci perkiraan jumlah lambung yang akan dibeli.

      Hapus
    3. Second tp hrus bner2 berkualitas untuk program interm/stop gap

      Hapus
    4. Kapal selam Kelas Riachuelo merupakan kapal selam berbobot 1.800 ton, empat kapal selam dipesan untuk Angkatan Laut Brasil pada 2009. Kapal pertama diluncurkan oleh Naval Group pada Desember 2018, sementara kapal terakhir dijadwalkan pada 2022. (Dok:Naval Group)

      Hapus
    5. Punya SG mau? AIP looh..
      Kan mo diganti ama 218 tuu..

      😬😬😬
      Ups..

      Hapus
    6. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ SG gak bakal dijual sekarang om, Type 218 belum diterima semua.

      Hapus
    7. Oyashio Class masuk akal sih,jepang udah mau pensiunin,kali aja bareng pembelian Soryu Class πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Yang punya sih Jepun, tapi mesti ijin US tuu, jeroannya banyak yg bikinan sono...😀

      Hapus
    9. Yakin mau mau oyashio class JMSDF ?, rugi loh jika ambil kasel bekas japan untuk stop gap (apalagi jika yang hanya satu unit diakuisisi) πŸ˜‚

      Dah yakin bakal mumet operasikannya karen Propulsion didominasi Kawasaki dan Toshiba, apalagi jika bahas armamentnya πŸƒ

      Hapus
    10. Jelas mumet kalo ntar di konsolnya yang keluar kanji semua....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      LoL

      Hapus
    11. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ tapi gak ada yang bobotnya 1800-2800 ton dan udah mulai pensiun. Type 209 udah tua tapi bobotnya 1400 ton, Scorpene dan type 214 juga 1500 ton.

      Hapus
    12. Kecuali kalo include rekrut penterJAVmah buat baca kanji.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    13. @bandar_porkas kolaborasi Kawasaki, Toshiba, Mitsubishi πŸ˜‚

      Hapus
    14. @bandar_porkas kesampingkan fisik dan mental, yang terpenting ngerti abjad kanji πŸ˜€

      Hapus
    15. Padahal merk akrab semua tuu..
      Motor-TV-Truk..

      LoL

      Hapus
    16. @mechanize killo class bobot berapa ?

      Hapus
    17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    18. Beli ks 8, 6 baru dapet 2 bekas anjay πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    19. @aing_genji, kan manteb πŸ™ˆ

      Hapus
    20. seluruh kapal selam negerinya om ben,
      SG kan lbh tuwir dibanding kelas cakra gaesz, seumuran kelas VS malah.

      netijen kite yg sering bekoar2 di dunia fana maya malah banyak yg gak tau,
      tp bacodnya minta ampyun..pengen fentung jidat mrk rasanya haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  24. Sdh saatnya memperbanyak kapal perang jenis frigate. Klo banyak LPD tp yg ngawal gak ada repot nanti.

    BalasHapus
  25. Ada pengadaan kapal selam Bekas untuk mengisi kekosongan Di lini kapal selam

    BalasHapus
  26. https://www.janes.com/defence-news/news-detail/jakarta-approves-plan-to-obtain-usd600-million-loan-for-interim-submarine-programme
    ----
    Mari menebakπŸ˜„

    BalasHapus
  27. Wooow .... Indon betol-betol menggerunkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat nyet??

      Wkkwkkwkkwkwkkkkwkwkkkwkwwkkwkwkwkwkwkkkkwkwkwkwkkwkwkwwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwwkkwk

      Hapus
    2. HRS mencari harta karun
      Eh ada kadal gurun
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Durian musang king dan minyak sawit harga merudum turun tak menenentu πŸ˜›

      Hapus
  28. First attack sub marine with Aip seconds hands buatan tahun 20xx dari negara mpu kasel terkenal didunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam bung @NgurahRai

      Empunya kasel Jerman🀫

      Hapus
    2. Wah, lama nggak muncul bung, Ditunggu bocoran bocorannya. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. Coba aja search kasel yg gagal diambil ditahun 20xx πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    4. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Kilo Class toh dijaman SBY

      Hapus
    5. Yunani punya kah? Aip submarine yg gagal bayar dan sudah ready di pabrik kapal seamnya... ada berapa buah?

      Hapus
    6. https://militaryleak.com/2021/02/12/indonesian-navys-submarine-fleet-expands-with-tupi-class-and-riachuelo-class-submarine/

      Masih ingat berita TUPI class brasil

      Hapus
  29. Saingan beratnya 218sg dan collin class

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soryu Class kahπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. JMSDF juga butuh kasel buat head to head dengan armada PLA πŸ˜†

      Hapus
    3. Kali aja kita biar pindah haluan ke jepang buat lawan china πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Bukan soryu om tapi....πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    5. @Ngurah Rai berarti sama dengan pengadaan dari Italy, beli baru bonus bekas. Mogami bonus Soryu. Ah mantap. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. Bentar tahun 20xxπŸ˜‚πŸ˜‚ Kilo Class maksudnya???

      Hapus
    7. Penasaran kan semuanya😁
      Hayo lho

      Hapus
    8. Dulu pernah ditawarin Kilo Class bahkan ada rencana beli baru tapi tergeser ChangbogoπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Malah yg dari Brazil....terus piye πŸ˜ƒ ?

      Hapus
    10. https://militaryleak.com/2021/02/12/indonesian-navys-submarine-fleet-expands-with-tupi-class-and-riachuelo-class-submarine/
      -----
      The Indonesian Navy is in the process of expanding its submarine fleet, considering both new and used submarines for its plan. The original requirement for 12 submarines by 2024 as stipulated under the blueprint has now been reduced to eight. Indonesia has announced that it is in the advanced phase of negotiations with the Brazilian government regarding the purchase of used two Tupi-class (German Type 209/1400) diesel electric submarines from the Brazilian Navy. The Indonesia Navy has two Cakra-class (German-made Type 209/1300) and three Nagapasa-class (South Korean-made Type 209/1400). It also has an existing contract for 3 more Nagapasa-class with South Korean shipbuilder Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering.

      Hapus
  30. Anjir jajan terus euy indonesia, mantap wkwkwk

    Btw ane baca di forum fb dan ig katanya indonesia bakal ngambil iver bekas denmark terus kemaren" yang beli iver 2 unit terus di redesign bakal beda lagi projectnya, bener ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin FMP kan orang dalamπŸ˜‚πŸ˜‚
      Denmark juga gak terlalu butuh karena ada ormas NATO,kali aja mau dijual.

      Hapus
    2. Makin buuanyak opsi, makin jelas perencanaannya ga jelas..😌

      Hapus
    3. @Aing Genji mungkin buat ngelengkapi gan, soalnya kan dulu ada rencana setiap tim/satuan atau apalah itu isinya ada 4. 2 iver bekas + 2 iver mutant pas kan 4. Kalau diambil 3 sekaligus berarti jadi 5. Dan Iver sah jadi Flagship AAW kita.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Prabowo chat aja biar jelas πŸ˜‚πŸ˜‚
      Kali aja mau sharing di DSπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. @brandal bisa jadi, mungkin karena lcs makin panas kali ya jadi muncul opsi ini

      Hapus
  31. Melihat kekuatan navy indon di DS ini ...tampaknyakekuatan Indon lebih power daripada yang diberitakan .. X heran jika China takot kepada Indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. China lebih takut dibantai Kadrun yang suka teriak PKI πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Saya jg heran kenapa yg member fpda kok lembik sama chinoπŸ˜…

      Hapus
  32. buat yg masi bawel nanyain kontrak kasel CBG, nich oleh2 kontrak jadul 2019 haha!

    btwe masi ada 2 LST lagi kluaran BA.
    disainnya beda dikit

    guwe harap ke depannya model LST dibuat seperti disain LST jaman now, bisa masyuk depan kluar blakang haha!

    berhubung sumber mimin dulu aplot kurang lengkap sumbernya, yg ini lebih yahud ada simulator esyu segala haha!

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan menandatangani 22 kontrak untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan strategis (alutsista) dan konstruksi senilai Rp 2,1 triliun dan 1,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,8 triliun) di kompleks PT Pindad, Bandung, Jakarta, Jumat (12/4/2019). Penandatanganan kontrak yang terdiri dari 18 kontrak Alutsista dan tujuh kontrak terkait pembangunan konstruksi tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Termasuk diantaranya penandatanganan pembangunan Kapal Selam kerja sama PT PAL dan Daewo Shipbuiliding and Marine Engineering Co Ltd, yang kedua.

    Sementara itu, ke-18 kontrak alutsista tersebut untuk pengadaan alutsita diantaranya kendaraan tempur infanteri (PT Pindad), MKK (PT Pindad), Jatri Infanteri (PT Pindad), kendaraan alat khusus nubika (PT Merpati Wahana Raya), Kendaraan Jihandak (PT Merpati Wahana Raya). Kapal Selam Elektrik Diesel (PT PAL yang bekerja sama dengan Daewoo), Kapal Motor Commando (PT Megah Perkasa), Kapal AT 8 dan 9 (PT Bandar Abadi), Infrastruktur Simulator Sukhoi (PT LEN), Heli NAS 332C1 (PT LEN dan PT DI), Bom P 250 Live (PT Dahana), Kendaraan Decon Truck (PT Merpati Wahana Raya), Ran Shop Contract Maintenance (PT Prasanda Dumayasa).

    https://nasional.kompas.com/read/2019/04/12/11245311/kemhan-tandatangani-kontrak-alutsista-rp-21-triliun-dan-14-miliar-dollar-as

    BalasHapus
  33. https://defense-studies.blogspot.com/2017/04/indonesian-navy-receives-pitch-for-type.html?m=1

    https://defense-studies.blogspot.com/2017/05/indonesian-navy-delegation-arrives-in.html?m=1

    https://defense-studies.blogspot.com/2017/05/germany-turkey-to-join-submarine.html?m=1

    https://defense-studies.blogspot.com/2017/05/stm-tkms-offers-three-type-214.html?m=1

    https://defense-studies.blogspot.com/2019/04/turkey-positions-type-209-214.html?m=1

    =================

    Perjuangan berdarah-darah dari tahun 2017-2019 yang dijegal seniornya (type 209, mana DSME lagi yang jadi kontraktor bikin TKMS tambah sempoyongan) πŸ™†

    BalasHapus
  34. LHD osi jg perna dateng, buatan navantia.
    bole jgk buat pesaing mistral prancis haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    korvet lama kita yg di MLU pon pake maenan sepanyol, tanda2 alam ini gaesz haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    BalasHapus
  35. LHD masih jauh, masih fokus ke pengawalnya dulu.

    BalasHapus
  36. Sebelah covidnya semakin NGERI guys... Tembus 54.517..malah kematian ratusan...

    BERKURUNG guys....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bendera putih bro dan dalam dari pulau batu puteh Singapura teritoryπŸ˜€

      Hapus
    2. Tak pe, penduduk Indonesia 270 juta...., Banyakkan πŸ‘?

      Hapus
    3. Berkurung ?
      Disini tidak ada lockdown pur tp PPKM

      Hapus
  37. Dasar gempur waria banci kaleng kagak punya otak.....taunya cuma covid utang...forum militer ini puur....ingat puur orang yg suka IRI dan DENGKI hidupnya sia sia orang lain makin maju dia makin terpuruk...matinya mulut penuh ulat dan bau busuk...sadar puuur...
    πŸ¦§πŸ¦§πŸ¦§πŸ–πŸ–πŸ–πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ–πŸ–πŸ–πŸ¦§πŸ¦§πŸ¦§

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melayu tamaddun katanya, ternyata pengecutnya seperti tok moyangnya πŸ˜€

      Hapus
  38. makin NGERI.... malah diatas INDIA dan Brazil... BERKURUNG SAJA guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha KESIAN yg akan kena karma varian delta, tunggu hari saja je πŸ‘

      Hapus
  39. militer apa.... covid sebelah semakin parah.... baik korang berkurung dari terus berhalunisasi...

    malah banyak negara sudah tutup Pintu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja orangtua mu yg kena nnti.

      Hapus
    2. Berkurung pon belanja jalan tross..


      Asalkan jgn lambai2 🏳️🏳️ Cem sbelah.. 🀣🀣

      Hapus
    3. Maju donk TNI dari pada ATM yg stag jalan di tempat. Apa kerja menhan Sabri ? Urus covid dan cari Wang kopi ?

      Hapus
    4. Sabri cuma rebahan kat sofa seharian sambil ikut ramaikan #Bendera Hitam kat Twitter..

      πŸ˜‚

      Hapus
  40. malah covid sebelah sudah mengatasi INDOA dan Brazil.... makin NGERI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon makin ngeri krisis politik dan covid, politik Indonesia stabil bro.haha πŸ‘

      Hapus
  41. Rekor Positif Covid-19 Meroket, Tembus 54.517 Kasus Harian


    Positif Covid-19 kembali memecahkan rekor dengan tambahan kasus harian yaitu 54.517 pada Rabu (14/7). Kini total kumulatif orang terpapar virus corona di Indonesia mencapai 2.670.046 kasus. Sementara kasus sembuh bertambah 17.762 orang sehingga total mencapai 2.157.363. Sedangkan kematian bertambah 991 sehingga kumulatif menembus 69.210 orang.




    Baca artikel CNN Indonesia "Rekor Positif Covid-19 Meroket, Tembus 54.517 Kasus Harian" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210714134618-20-667589/rekor-positif-covid-19-meroket-tembus-54517-kasus-harian.

    Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

    BalasHapus
  42. Sedih ya pur tak ade artikel dri malaysia

    πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  43. dia kata Politik INDON stabil... bro.. dengarnya Rakyat sudah minta JOKOWI turun tu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pikir lagi jika sampai kejadian apa ga bakal tambah amburadul ekonominya πŸ˜‚

      Hapus
  44. Makin Gawat! Hari Ini Covid-19 RI Tembus Rekor 54.517 Kasus


    Memasuki hari ke 12 penerapan PPKM Darurat, kasus Covid-19 di Indonesia belum melandai malah terus meroket. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai apakah PPKM Darurat akan diperpanjang setelah 20 Juli mendatang.
    Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sejak kemarin pukul 12.00 hingga hari ini Rabu (14/7/2021) pukul 12.00 WIB, kasus baru Covid-19 bertambah 54.517 pasien. Rekor hari ini memecahkan rekor kemarin yang menembus 47.899 kasus.

    Dalam data Worldometer, kemarin RI menjadi negara dengan pertambahan kasus tertinggi di seluruh dunia. Alhasil, hingga hari ini total konfirmasi positif di Indonesia menembus 2,67 juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak pe, yg penting negara Indonesia lebih besar daripada kerajaan Melayu KL yg sekengkang kera jaan. Haha....

      Hapus
    2. Adooii.. dikatain failed state.. kejamnya dirimu bloomberg.. πŸ˜‚

      https://www.bloomberg.com/opinion/articles/2021-07-08/malaysia-raises-the-white-flag-on-the-road-to-failed-statehood

      Hapus
  45. Silakan ahli politik Malon saling berebut kursi dan merebut nak jadi PM, suntik vaksin ranking rendah.haha πŸ˜€

    BalasHapus
  46. Cakap gempur
    "Berkurung2
    Disini PPKM pur bukan berkurung alias lockdown πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  47. Salam 🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴

    WKWKWKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhyiddin dan aahali politik Malondog harus tiru cara demokrasi di Indonesia. Hanis pilihan raya tak de konflik politik antar ahli politik dan party. Haha...πŸ˜€

      Hapus
    2. Yoi hahahaha🀣🀣

      Hapus
  48. Jepang Evakuasi Warga dari RI Mulai Hari ini, Ada Apa?


    Pemerintah Kekaisaran Jepang akan menyiapkan penerbangan khusus untuk warga mereka yang hendak kembali dari Indonesia. Penyiapan itu dilakukan seiring lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia.

    "Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan ... sehingga warga Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin dan sebanyak mungkin," ujar Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato kepada wartawan, Selasa (13/7/2021), sebagaimana diberitakan Nikkei Asia.

    Kato mengungkapkan beberapa warga Jepang di Indonesia akan pulang pada, Rabu (14/7/2021), dengan penerbangan khusus yang diatur oleh maskapai Jepang, tentu dengan dukungan pemerintah Negeri Sakura.

    BalasHapus
  49. nah jepun juga memanggil rakyatnya keluar segera dari sebelah.... makin NGERI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak pe. Yg penting investasi Jepun ke Indonesia lebih besar dari pada ke Malondog. Haha

      Hapus
  50. Ramai Warga Jepang Angkat Kaki Saat Corona di RI Makin Ngeri


    Warga Jepang ramai-ramai meninggalkan Indonesia di tengah kasus Corona yang melonjak drastis. Mereka disebut bakal kembali ke Indonesia setelah vaksinasi.
    Informasi mengenai warga Jepang yang hendak pulang dari Indonesia itu diberitakan media Jepang, Nikkei Asia, Rabu (14/7/2021). Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mendukung penerbangan khusus bagi warganya yang ingin kembali ke Jepang.

    "Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan... sehingga orang-orang Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," katanya kepada para wartawan.

    BalasHapus
  51. Balasan
    1. Salam 🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴

      WKWKWKK

      Hapus
    2. Ngeri Wang Yen yg mengalir ke Indonesia selalu besar daripada ke Malondog

      Hapus
    3. Berkurung pon belanja jalan tross..


      Asalkan jgn lambai2 🏳️🏳️ Cem sbelah.. 🀣🀣

      Hapus
  52. malah banyak negara sudah melarang warga sebelah masuk ke negara mereka...

    BalasHapus
  53. Bendera hitam guys.nak minta ganti PM

    BalasHapus
  54. Gegara Corona, 6 Negara Tutup Pintu Buat Indonesia, Ini Daftarnya


    Lonjakan kasus Covid-19 tengah menggila di Indonesia. Di tengah tingginya kasus corona di Tanah Air, sejumlah negara mulai menutup pintu masuk bagi warga negara Indonesia atau WNI.

    Diketahui, hingga Minggu (11/7/2021) angka kasus Covid-19 di Indonesia terus merangkak naik, dalam sehari bertambah 36.197 kasus.

    Dengan jumlah itu, total kasus Covid-19 di RI tercatat 2.527.203, jumlah sembuh 2.084.724 dan meninggal dunia sebanyak 66.464 jiwa.

    Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia disebut-sebut akibat masuknya varian Delta dari India. Sehingga mempercepat angka penularan yang hampir merata di sejumlah wilayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam 🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴

      WKWKWKK

      Hapus
    2. Sudah serbu Malon tuch varian delta. Tunggu saatnya di panggil

      Hapus
  55. Kurang tahu kenapa KRI Ratulangi sempat dapat nomor lambung 552, tetapi yang pasti 56x itu kapal markas (MA). Diberi awalan 5 karena dibeli untuk mendukung operasi amfibi Trikora. Selain itu juga ada 57x buat membantu mengendalikan operasi amfibi dalam skala lebih kecil.

    Kapal bantuan umum (BU) kayaknya 95x dan mungkin 96x.

    BalasHapus
  56. Bendera putih hays nak minta derma makan dari tetangga dan kerajaan πŸ˜€

    BalasHapus
  57. Balasan
    1. Salam 🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴

      WKWKWKK

      Hapus
    2. Ngeri Muhyiddin sakit stess

      Hapus
    3. Selama Pandemi, Jumlah Orang Kaya Indonesia Bertambah Banyak

      https://money.kompas.com/read/2021/07/13/050600726/selama-pandemi-jumlah-orang-kaya-indonesia-bertambah-banyak

      Jadi tidak ada masalah apabila Orang Kaya Indonesia bayar untuk di Vaksin Covid.

      Bandingkan dengan rakyat Malon yg harus kibarkan bendera putih dan bendera hitam dan Mayat Mati pun kena Cukai jadinya Failed States.. hikshikshiks.. wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  58. Indonesia Jadi Negara Dengan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi Di Dunia, Kalahkan Brasil dan India


    Indonesia kembali menjadi negara dengan tambahan kasus baru positif Covid-19 tertinggi di dunia, Selasa (13/7/2021).

    Ini adalah hari kedua Indonesia menempati posisi teratas kasus baru tertinggi di dunia.

    Melansir data dari laman Worldometers, Rabu (14/7/2021) pukul 09.34 WIB, tercatat tambahan kasus baru di Indonesia sebanyak 47.899 orang terinfeksi, setelah sebelumnya 40.427 orang.

    Angka itu adalah tertinggi di dunia mengalahkan Brasil dan Spanyol yang masing-masing melaporkan kasus harian sebanyak 45.094 dan 43.960.

    Kemudian disusul India sebanyak 40.215 dan Inggris 36.660.

    Jumlah kasus harian 47.899 adalah rekor terbaru di Indonesia setelah sehari sebelumnya, 40.427 orang terpapar dalam 24 jam.

    Kemudian Worldometers mencatat Indonesia berada di posisi kedua untuk jumlah kasus kematian baru di dunia pada tanggal yang sama.



    Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indonesia Jadi Negara Dengan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi Di Dunia, Kalahkan Brasil dan India, https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/14/indonesia-jadi-negara-dengan-kasus-harian-covid-19-tertinggi-di-dunia-kalahkan-brasil-dan-india.
    Penulis: Srihandriatmo Malau
    Editor: Adi Suhendi

    BalasHapus
  59. malah mengatasi INDIA guys...makin NGERI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam 🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴🏳️🏴

      WKWKWKK

      Hapus
    2. Selama Pandemi, Jumlah Orang Kaya Indonesia Bertambah Banyak

      https://money.kompas.com/read/2021/07/13/050600726/selama-pandemi-jumlah-orang-kaya-indonesia-bertambah-banyak

      Bandingkan dengan rakyat Malon yg harus kibarkan bendera putih dan bendera hitam dan Mayat Mati pun kena Cukai jadinya Failed States.. hikshikshiks.. wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  60. korang sudah beli Vaksin...???

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. makin NGERI guys.... korang berkurung saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin ngeri guys, rakyatnya kelaparan wkwkwk

      Hapus
    2. Korang kibarkan kresek sampah warna putih & hitam di depan rumah..

      Barangkali ada yg mo nitip sampah disitu.. πŸ˜‚

      Hapus
  63. PM Muhyiddin sakit stress berat mikir pertahankan kursi jabatan, menhan Malon Abah Sabri malah urus covid 19. Tender belanja senjata ? Belum putus lagi jenis apa dan siapa pemenangnya....hahaπŸ˜€

    BalasHapus
  64. Pandemi Bikin Orang Kaya Kepepet Jual Rumah Mewah Karena BU, Kalau Mobil Bagaimana?


    Situasi pandemi yang tak kunjung mereda memunculkan fenomena baru, yakni banyaknya orang kaya yang menjual rumahnya di kawasan elit macam Pondok Indah, Menteng, dan Kelapa Gading.

    Menurut Lukas Bong, Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), fenomena ini diperkirakan muncul karena masyarakat butuh uang (BU) dan terpaksa menjual aset mereka.

    "Pandemi sudah nyaris 2 tahun, kondisinya memang tahun ini harusnya membaik, tapi kena lagi gelombang kedua yang paling parah. Buat businessman tidak tahan, caranya selamatkan perusahaan dengan melepas asetnya karena aset properti adalah investasi cukup besar," ujarnya dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (6/7/2021).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus rakyat malon jual apa,jual hartapun tak bisa sehingga jadi kelaparan wkwkwk

      Hapus
  65. ya makin ramai kaya hingga jual aset....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhyiddin dan aahali politik Malondog harus tiru cara demokrasi di Indonesia. Habis pilihan raya tak de konflik politik antar ahli politik dan party. Haha...πŸ˜€

      Hapus
    2. Yg makin ramai rakyatnya kelaparan sehingga kibarkan bendera putih wkwkwk

      Hapus
  66. Cuma Malon satu2nya negara di dunia saat lockdown nasional rakyatnya kelaparan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi di Serawak dan Sabah, pada terabaikan. Untunglah banyak di tolong dari peranakan China partai DAP

      Hapus
  67. malah dengarnya rakyat sebelah malah melawan petugas minta jangan darurat....??? makin parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg makin lapar rakyatnya tolong dibantu sikit,kerajaan mesti ada empat wkwkwk

      Hapus
    2. Wajar protes. Ini negara demokratis. Yg sebelah Parah sampai kibar bendera putih

      Hapus
  68. Ustadz Elbit Low pun katakan kerajaan malon tak de empati sehingga rakyatnya sendiri kelaparan wkwkwk

    BalasHapus
  69. Masa saat lockdown nasional kerajaan malon tak de wang sehingga rakyatnya banyak yg kelaparan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerajaan Malon tak gerakpon kasi makan ke rakyat nya.kalah dgn ust elbit

      Hapus
  70. PULANG, Polisi Pulang,' MASSA Usir Petugas Patroli Saat Razia PPKM Darurat : Mobil Polisi Dirusak


    Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum memberikan keterangan terkait mobil patroli PPKM yang justru diusir dan dirusak warga.


    Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul 'PULANG, Polisi Pulang,' MASSA Usir Petugas Patroli Saat Razia PPKM Darurat : Mobil Polisi Dirusak, https://palembang.tribunnews.com/2021/07/12/pulang-polisi-pulang-massa-usir-petugas-patroli-saat-razia-ppkm-darurat-mobil-polisi-dirusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demokratis bro. Rakyat Indonesia bebas berpendapat walo itu salah. Haha

      Hapus
    2. Tapi tak lapar cem rakyat malon wkwkwk

      Hapus
  71. Setakat ini suspek covid-19 di malon cecah 900 ribu dgn jumlah case baharu 11 ribu setiap hari...WOWW, penduduk cuma 30 juta suspek covid-19 dah cecah 900 ribu,teruk sangat wkwkwk

    BalasHapus