16 Oktober 2020

Kunjungi ROMARM di Moreni-Romania : Jalan Menuju Jalin Kerjasama Bidang Industri Pertahanan

16 Oktober 2020

Romarm SAUR-2 8x8 (photo : Romania Military)

Mengunjungi Pusat Produksi Kendaraan dan Tank Amfibi di Moreni : Jalan Menuju Jalin Kerjasama Bidang Industri Pertahanan

Moreni] Pada kesempatan kunjungan resmi ke pabrik kendaraan amfibi dan tank di Moreni, Dubes Azeth bertemu dengan General Manager ROMARM, Mr. Gabriel Tutu, yang menyampaikan fokus orientasi ROMARM saat ini ke kawasan Asia Tenggara. GM ROMARM memandang pendekatan strategis dalam kerja sama industri militer perlu dilakukan, dengan menjajaki kerja sama industri pertahanan melalui transfer teknologi dan peningkatan kapasitas (pelatihan bagi para spesialis industri pertahanan Indonesia di Rumania).

SAUR versi amfibi dilengkapi dengan propeler (photo : Romarm)

Direktur Jenderal Uzina Automecanica Moreni, Mr. Razvan Eugen Bogdan menyampaikan bahwa Uzina Automecanica Moreni merupakan anak perusahaan ROMARM yang memiliki spesialisasi dalam produksi tank, kendaraan berat anti riot, dan kendaraan amfibi. Proses produksi satu kendaraan memakan waktu 2 minggu dengan masing-masing berat kurang dari 15 ton. ROMARM telah mendukung misi penjaga perdamaian di Bangladesh, Darfour (Sudan) dan Kosovo. Kendaraan amfibi terkini (SAUR-2) telah diuji coba di Bangladesh yang memiliki kontur serupa dengan Indonesia.

Romarm juga memproduksi TR-85M1 main battle tank (photo : Wiki) 

Indonesia, sebagai salah satu anggota PBB yang aktif dalam misi perdamaian dunia, mengambil kesempatan ini untuk menjalin kerja sama industri militer, khususnya dalam teknologi kendaraan amfibi termutakhir SAUR-2.

194 komentar:

  1. Romarm SAUR-2 8x8 bentuknya gahar kayak Boxer 8x8.

    Boleh juga untuk di ToT SAUR-2 8x8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih cepat juga ya. Proses produksi satu kendaraan memakan waktu 2 minggu dengan masing-masing berat kurang dari 15 ton.

      Hapus
    2. Cepat lar, kalau tak de wang up date jer berita berulang

      Hapus
    3. Tau ap soal indonesia dan industri pertahanan kami tu UNKNOWN...bisanya cma ngetroll tpi gk punya otak...dasar goblok

      Hapus
    4. SAUR-2 8×8 mmg cocoknya buat marimir indonesia...lbh gahar dr BMP 3F yg sudah ad...y semoga aj bisa d akuisisi indonesia khusus u marinir indonesia

      Hapus
  2. Saur saur saur....
    Klo malon masih harus puasa sampe 2055 lho gaes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saur saur saur....

      ๐Ÿ’ฃ๐Ÿ’ฃ๐Ÿ’ฃ๐Ÿ’ฃ๐Ÿ’ฃ

      ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      Hapus
    2. Iso wae... ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿคฃ

      Hapus
  3. Jam brp ni dah saur saur saur aja

    BalasHapus
  4. Terus gimana nasib kerjasama pembuatan tank amphibi Pindad dan FNSS? Apakah di lanjut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo Zaha masih proses. Tapi semua disikat ilmunya sama pindad y untuk pembuatan tank amphibi.

      Hapus
    2. Tau ap soal indonesia dan industri pertahanan kami tu UNKNOWN...bisanya cma ngetroll tpi gk punya otak...dasar goblok

      Hapus
    3. SAUR-2 8×8 mmg cocoknya buat marimir indonesia...lbh gahar dr BMP 3F yg sudah ad...y semoga aj bisa d akuisisi indonesia khusus u marinir indonesia

      Hapus
  5. Boleh jg bos Saur nya buat Marinir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boelh tuch SAUR-2 8x8 untuk marinir karena AD sudah pake ANOA.

      Sekalian tank amphibi dan MBT TR-85M1 untuk marinir

      Hapus
    2. Tau ap soal indonesia dan industri pertahanan kami tu UNKNOWN...bisanya cma ngetroll tpi gk punya otak...dasar goblok

      Hapus
    3. SAUR-2 8×8 mmg cocoknya buat marimir indonesia...lbh gahar dr BMP 3F yg sudah ad...y semoga aj bisa d akuisisi indonesia khusus u marinir indonesia

      Hapus
  6. Td liat mw tot mortar amunisi, skrg liat2 kendaraan amphibious.. Semoga lancar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya pemerintah menjalin kerjasama industri pertahanan ke negara-negara pecahan uni soviet untuk pengadaan tank, tank amphibi, APC, MRAP, dll. Tujuannya agar marinir bisa move on dari Rusia dan menghindari sanksi CAATSA.

      Hapus
    2. Betol saat ini urgent marinir butuh tmbhan Apc amphibi

      Hapus
    3. Ngetroll berkali-kali pertanda depression akut

      Hapus
    4. Semoga aj bisa dot ilmunya dan semoga tni bisa dpt ranpur2 yg luar biasa dan mumpuni itu

      Hapus
  7. Balasan
    1. ToT Pindad dengan negara2 pecahan Uni Soviet. Khusus untuk alutsista Marinir

      Rumania = Mortar, RPG, APC, MBT, Tank
      amphibi
      Ceko = RM 70 Grad, RM 70 Grad
      Vampire
      Ukraina = Coastal Defense Neptune
      Belarusia = BUK M3

      Hapus
    2. Teknologi dr negara2 bekas pecahan soviet jga mumpuni dan mengerikan jga...mantap

      Hapus
  8. Jerman bentar lagi nyusul nih ๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  9. Kalo ApC boomerang marinir batal ini boleh juga di ambil Saur 2 nya..abis tuh Imsyak deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa baca niat puasa dulu sebelum imsyak bray.

      Hehehehehe...

      Hapus
    2. Wong kono seneng poso yoo? Jenenge kok saur๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Mungkin ide pembuatan nya lahir pas waktu Saur

      Hapus
  10. ...ada yang bertanya sama Ane, gini pertanyaannya ;

    ...huruf apa yach yang KEDINGINAN ?


















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena yg Demo lgi dingggiiiin... Kena hujan

      Hapus
    2. ...salah Mbah GONO,

      yang benar itu adalah huruf B karena berada ditengah2 AC ( huruf A dan C )...lalu huruf R dan T karena berada disisi ES yang BEKU ( huruf S )
















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Waduh salah maning.. ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

      Hapus
  11. MBT amphibious-nya boleh nih buat mainan marinir ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo banyak negara yg menawarkan produk2 militer gini kita jga bingung ya brada xaxaxaxaxa...yg pnting baik u TNI dan bisa jd teknologinya bisa memajukan INHAN indonesia

      Hapus
  12. Waw mantap juga..yg penting itu 8x8-nya..hmm rumor yg beredar tentang joint product amphibious tank bareng turki gimana?

    BalasHapus
  13. Mirip BTR-82 ๐Ÿ˜…. ngecer dulu gpp, barangkali cocok ketimbang BTR-4 ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mudah"an gk bermasalah atau bahkan batal lah kerjasamanya..mana tau nnti pindad ad peningkatan membuat panser 8x8 setelah melihat sa(h)ur 2 ini..ehe

    BalasHapus
  16. komen 2020-


    tolong yang berada 2055 aku punya pertanyaan apa alutsista terbaru malasyiah?

    BalasHapus
  17. Masyuk akal.

    Kalo beli langsung alutsista dari Ruski bakal terancam sangsi US, beli dari tetangga/sekutunya yg memiliki teknologi setara. Misal belarus, ukraina, ceko dll. Hal yg sama juga berlaku utk produk2 US.

    Semakin banyak sumber pemasok suku cadang alutsista, maka akan semakin survive kita thd ancaman sangsi caatsa/embargo.

    ๐Ÿค”๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kah kah yang beli sape? Tukar keropok?

      Hapus
    2. Ngetroll berkali-kali pertanda depression akut

      Hapus
    3. Numpang sharing y brada : klo kita terlalu bnyk ngambil alutsista yg istilahnya nano nano/ bermacam2 gtu ap kita gk mlh bingung brada soal sparepart jga, dr teknilogi jga sama dr SDM nya jga kan hrs bnyk ngirim personil u belajar k bnyk negara lain jga u mengerti teknologi merrka....gpp y brada hanya sharing pendapt aj..thank you

      Hapus
    4. @Indonesia Land Of The Warrior

      Iya betul untuk pembelian alutsista gado2 pastinya lebih banyak pengeluaran dan susah minta ToT karena belinya eceran.

      Seharusnya memang harus fokus di 1 vendor aja seperti pembuatan tank medium harimau.

      Untuk Ilmu mungkin ada yg belum dikuasai pindad seperti pembuatan APC 8x8, APC Amphibi,Tank Amphibi jadi bisa lebih mahir dengan banyak vendor untuk membandingkan dan menguasai teknologinya

      Hapus
  18. mm..buat mbt kita gk butuh kayaknya..udah cukup MT harimau..

    Lagipula tanknya agak jadul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btul, banyakin dulu saja tank medium Harimau, baru kemudian nambah lagi mbt baru.

      Hapus
    2. Paling gk kta msh punya leopard yg msh bisa jaga NKRI at least buat 20 th lg

      Hapus
    3. Kenapa marinir gak beli Medium Tank Harimau. Beli aja 60unit untuk 3batalyon pasmar. Jadi tidak perlu MBT. Dan medium tank harimua tersebut bisa buat temen main tank amphibi.

      Hapus
  19. http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/indonesia-dan-turki-sepakat-kembangkan.html?m=1
    ______________________________________________

    Kok gk ad perkembangan terbarunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin marinir gak minat produknya ....

      Hapus
    2. Mungkin mau buat design yg beda dengan Zaha. Sebenernya tinggal ambil aja hull medium tank harimau jadi ga perlu design baru dan pengujian baru. Kalopun hull medium tank harimau jadi diambil, paling tinggal di tes berenang di laut

      Hapus
  20. Unknown(nickname abu-abu)aka sawandarul..xixizi

    BalasHapus
  21. Apakah penjajakan2 ini sebagai plan untuk memback up jika hal tidak diinginkan terjadi? Dalam artian sebagai calon supplier alutsista disaat genting? ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasah dipikir sing jero-jero mas......yen wes cocok yo ndang dirabeni wae ๐Ÿคท

      Hapus
    2. @JDI, ternyata chytrรฝ juga ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Kenapa masih belum ada bau-bau berita si mbah ๐Ÿค”

    BalasHapus
  24. Sampai sekarang masih belum ada ya medium tank versi amphibi ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo u medium tank khusus amfibi kyknya blum ad...kyknya amfibi dg meriam setara medium tank darat agak terlalu berat dg meriam 105 nya...opini aj brada sharing pendapat

      Hapus
  25. ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ

    BalasHapus
  26. ...lagu Special untuk KUNCEN KEMUKUS, KUNCEN MRAPI PURBA dan Sri sing ke LARA2 ;

    Alya Fatma:
    Aaaa aaa aaa...hmmmm,,,mmmmm
    Humko humise chura lo, dil mein kahin tum chhupa lo - 2
    Curilah aku dari diriku, sembunyikan aku dalam hatimu

    Hum akele kho naa jaaye, door tumse ho naa jaaye
    Jangan2 aku tersesat karena seorang diri, semoga aku tidak jauh darimu

    Paas aao gale se lagaa lo
    Datanglah padaku,dan peluklah aku

    Ane:
    Humko humise chura lo, dil mein kahin tum chhupa lo
    Curilah aku dari diriku, sembunyikan aku dalam hatimu

    Hum akele kho naa jaaye, door tumse ho naa jaaye
    Jangan2 aku tersesat karena seorang diri, semoga aku tidak jauh darimu

    Paas aao gale se lagaa lo
    Datanglah padaku,dan peluklah aku

    Alya Fatma:
    Humko humise chura lo
    Curilah aku dari diriku

    Ane:
    Dil mein kahin tum chhupa lo
    Sembunyikan aku dalam hatimu

    Alya Fatma:
    Aaa aaa aa...la la la la la

    Ane:
    Yeh dil dhadka do, zulfen bikhraa do
    Hati ini berdebar, biarkan rambutmu terurai

    Sharmaake apna, aanchal lehraa do
    Dengan tersipu malu terbangkanlah selendangmu

    Alya Fatma:
    Hum zulfen to bikhraa de, din mein raat na ho jaaye
    Bila ku uraikan rambut jangan jangan siang jadi malam

    Hum aanchal to lehraa de, par barsaat na ho jaaye
    Aku akan membiarakan selendangku terbang, Tapi mungkin akan menyebabkan hujan turun

    Ane:
    Hone do barsaatein, karni hain kuch baatein
    Biarlah hujan, aku mau bicara sesuatu

    Alya Fatma:
    Paas aao gale se lagaa lo
    Datanglah padaku, dan peluklah aku

    Ane:
    Humko humise chura lo, dil mein kahin tum chhupa lo
    Curilah aku dari diriku, sembunyikan aku dalam hatimu

    Alya Fatma:
    Hum akele kho naa jaaye, door tumse ho naa jaaye
    Jangan2 aku tersesat karena seorang diri, semoga aku tidak jauh darimu

    Ane:
    Paas aao gale se lagaa lo
    Datanglah padaku, dan peluklah aku

    Alya Fatma:
    Humko humise chura lo
    Curilah aku dari diriku

    Ane:
    Dil mein kahin tum chhupa lo
    Sembunyikan aku dalam hatimu

    Alya Fatma:
    Aa aa aaa aaa aa...la la la la laa

    Ane:
    Tumpe marte hain, hum mar jaayenge
    Aku tergila gila padamu, aku bisa mati untukmu

    Yeh sab kehte hain, hum kar jaayenge
    Semua orang mengatakan aku bisa melakukan untukmu

    Alya Fatma:
    Chupki bhar sindoor se tum ab yeh maang zara bhar do
    Isilah belahan rambutku dengan sindoor lakukan sekarang juga

    Kal kya ho kisne dekha, sab kuch aaj abhi kar do
    Tak ada yang tahu bagaimana hari esok ,jadi lakukan hari ini

    Ane:
    Hona ho sab raazi, dil raazi, rab raazi
    Mungkin tidak semua orang setuju, tapi yang penting hatiku senang Tuhan pun setuju

    Alya Fatma:
    Paas aao gale se lagaa lo
    Datanglah padaku, dan peluklah aku

    Ane:
    Humko humise chura lo, dil mein kahin tum chhupa lo
    Curilah aku dari diriku,sembunyikan aku dalam hatimu

    Alya Fatma:
    Oooo, humko humise chura lo, dil mein kahin tum chhupa lo
    Curilah aku dari diriku, sembunyikan aku dalam hatimu

    Ane:
    Hum akele ho naa jaaye, door tumse ho naa jaaye
    Jangan2 aku tersesat karena seorang diri, semoga aku tidak jauh darimu

    Alya Fatma:
    Paas aao gale se lagaa lo - 2
    Datanglah padaku, dan peluklah aku

    La la la...hmm hmm...
















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti lagune Rinto harahap iki.. ๐Ÿ™„๐Ÿค”๐Ÿคญ

      Hapus
    2. ...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜œ

      Hapus
  27. ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐS๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†‚๐Ÿ†ˆ๐Ÿ†๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฐ ADAKAH YANG ANEH? QUIS QUIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...yang SERIUS donk hadiahnya ?















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Neptunus uwes pernah mas waktu study tur SMP... Sing durung Jupiter iki๐Ÿค—

      Hapus
    3. ...jangan mau ke Jupiter Mbah Gono, karena Jupiter itu nggak ada yang bisa di PIJAK seperti Bumi...serta adannya BADAI ABADI

      dan gaya gravitasinya yang sangat KUAT, akan susah kembali ke Bumi

      ada yang bilang Jupiter itu pelindungnya Bumi...karena Meteor dan Asteroid Angkasa banyak yang TERHISAP oleh Jupiter
















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Ora kaget aq mas@ jack ๐Ÿ™„... Aq sudah kenyang terpaan kondisi "macam2 badai di+62", ... podho badaine thoo?

      Hapus
  28. https://www.teropongpost.com/satrudal-teluknaga-cek-sistem-radar-terbangkan-3-unit-pesawat-tempur-f-16/

    BalasHapus
  29. Yang penting tidak seperti merk sebelah,tampal stiker

    BalasHapus
  30. Balasan
    1. Hrs brada agar produk produknya bisa bersaing dg produk dr luar serta memperbanyak varian senjata,rantis,ranpur dlm berbagai type

      Hapus
    2. Memang ada ➕➖ bagi pindad, contoh turkey ๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท dia berinovasi secara frontal dari desain dan jeroan untuk bisa masuk pasar dlm negri dan luar negri. Hebatnya desain2 alat perangnya oretan anak bangsa๐Ÿ‘

      Hapus
    3. Pindad takut mengeluarkan dana R&D besar untuk suatu produk dikarenakan pihak Kemenhan/TNI belum tentu beli produk tersebut. Contoh tank RBS buatan pindad, dll.

      Jadinya buat pindad kurang percaya diri untuk inovasi produk.

      Hapus
    4. Salah satu kesalahan terbesar Pindad adalah gak mau entertain dengan uang dan wanita agar barangnya dibeli ..padahal di republik maling ini..gak ada PP embeluan barang dari pemerintah Tan PO a adanya sogokan uang dan wanita..

      Hapus
  31. "Mbah, mbah Gono....aman Mbah, wiwit sakniki pun mboten sah mengkonsumsi tangkur kadal, cukup olah raga lan makan makanan bergizi.pun cukup ๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป"

    https://health.detik.com/sexual-health/d-5216653/biar-tak-dibilang-loyo-berapa-lama-normalnya-mr-p-kuat-berdiri?tag_from=wpm_nhl_6&_ga=2.187753390.724460154.1592477866-935833695.1526148982

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo.. Tidak bisa, tetep tangkur T Rex wajib lah๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
  32. Sejak kapan f16 siluet nya seperti ini :) https://www.google.com/amp/s/www.bantennews.co.id/warga-tangerang-kaget-ada-pesawat-tempur-terbang-melintas-kapen-cek-sistem-radar-baru/amp/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterangan fotonya jg menegaskan kalo itu bukan asal ambil gambar dari sumber lagi.

      *keterangan foto:
      Pesawat tempur yang terbang melintas di atas pemukiman warga pada Kamis (15/10/2020).

      Hapus
    2. Siluetnya mirip F18 hornet, keliatan dari bentuk inlet airflow kiri kanan sayap dan keliatan dual enjin pada ekornya.

      Tapi ane gak tau juga sih ???

      Mungkin siluet dari tali kutang janda yang dijemur yang kesamber sonic boom kecepatan 2 mach???

      Hapus
    3. ๐Ÿ™„๐Ÿค”๐Ÿ˜๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. Hornet tuh, karena men-test radar mungkin minjam dr tetangga

      Hapus
    5. Hornet malon yg di jadikan test radar Nasams 2 teluk naga.

      ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
    6. Setelah saya terawang yg di foto itu Rafale.

      ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    7. Lah, dapet pinjaman rafale darimana ??

      Hapus
    8. https://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photos-mig-29-fulcrum-image37780928

      Klo dari sudut itu lebih mirip ke mig 29 fulcrot. Sirip belakangnya jg ngangkang kayak mig 29. Selain itu pinggang f16 sexy, klo itu agak berisi. Tpi gatau apa karena angle pengambilan gambar makanya jd keliatan bukan f16 (?)

      Hapus
    9. @Junior

      Indonesia kan mau beli Rafale jadi di pinjemin sama Prancis

      Hapus
    10. https://twitter.com/VishnuNDTV/status/1187732703057195011?s=09 ini siluet mig 29 f16 typhoon dari bawah

      Hapus
    11. Salah satu alasan paling masuk akal adalah gambar tersebut dicopot entah darimana, tp dibumbui deskripsi seolah dijepret on the spot

      Hapus
  33. Tahu gak kepanjangan SAUR? Jd keingat teman tukang jahit, nama tokonya SAUR:Salah Ukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAUR = SALAH UMUR.

      difoto seperti masih umur 21 tahun.
      Pas masuk room udah STW setengah tua umur 43 tahun

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. @mbah Gono

      Setelah menyimak, menimbang dan memutuskan atas komen mas @Essen diatas, saya masih bingung.....itu ekspresi sedih atau bahagia jan-jannya ๐Ÿค”

      Hapus
    3. Embuhh.. Mas@ har๐Ÿ˜๐Ÿคญ

      Hapus
  34. Duuh..diliat" keren juga ya si SAURi aka SAUR sepuh ini..cepetanlah TOT nya..ntar kalau masih ad kekurangan tinggal disempurnakan๐Ÿ˜..biar kita gk kalah am singaparna๐Ÿ˜š

    BalasHapus
  35. Boleh nih kerjasamanya disegera lah buat menyempurnakan anoa versi amfibi atau buat anoa amfibi versi 8×8

    BalasHapus
  36. https://www.google.com/amp/s/www.bantennews.co.id/warga-tangerang-kaget-ada-pesawat-tempur-terbang-melintas-kapen-cek-sistem-radar-baru/amp/
    ___________________________________________


    Radar baru???hmm jangan-jangan si (mbak) VERA NG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu radar Nasam 2 bray.

      Link berita yg ente kasih masih ada hubungannya dengan berita dibawah ini

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡


      https://www.teropongpost.com/satrudal-teluknaga-cek-sistem-radar-terbangkan-3-unit-pesawat-tempur-f-16/

      Hapus
  37. Tahlilan dulu masbro
    Memperingati 40 hari mampusnya antek pla dan penghianat bangsa sekaligus ketua ikatan gay malon
    Alm mbah bowo
    Rest in hell

    BalasHapus

  38. DEFENSE STUDIES
    FOCUS ON DEFENSE CAPABILITY DEVELOPMENT IN SOUTHEAST ASIA AND OCEANIA
    14 November 2009
    Expomil : Melihat Produk Industri Pertahanan Romania
    14 November 2009

    LAROM multiple launch rocket system (photo : Magnus Manske)

    Expomil adalah pameran pertahanan di kawasan Baltik yang diselenggarakan di Romania. Expomil 2009 diselenggarakan pada tanggal 11-14 November 2009 di Romexpo Exhibition Center Bucharest. Expomil kali ini adalah pameran ke-6 dari agenda pameran selama 2 tahunan ini.

    Pameran yang diikuti oleh 100 perusahaan dari 18 negara ini juga banyak menampilkan produk industri pertahanan Romania. Berikut ini adalah beberapa diantara produk yang dipamerkan.

    MLI-84M (photo : Vincent Burgat)

    MLI-84M adalah pengembangan dari kendaraan tempur infantri produk Russia BMP-1 IFV namun mempunyai bodi yang lebih panjang dan dipasang Overhead Weapon System OWS-25 dari Rafael Israel dengan kanon 25mm. Kendaraan amfibi dengan berat 17 ton ini memakai diesel Caterpillar C9 dapat membawa 9 pasukan bersenjata lengkap dan mampu menahan peluru 14,5mm.


    ATROM self propelled howitzer (photo : Army Recognition)

    ATROM truck mounted howitzer adalah varian Romania dari howitzer Israel Atmos 2000. Howitzer seberat 22 ton ini dilengkapi dengan Soltam 155mm/L-52 gun howitzer. Howitzer ini dapat menjangkau jarak 41km, bersifat air transportable dengan pesawat C-130 Hercules. ATROM dikembangkan dari kendaraan truk 6x6 Roman dan memakai mesin diesel MAN.



    LAROM MLRS (photo : Militaryphotos)

    LAROM adalah peluncur rocket laras banyak yang dipasang di atas truk 6x6, kaliber yang digunakan dapat 122mm atau 160mm. Kendaraan dengan berat 13,7ton ini memerlukan 5 awak untuk dapat menembakkan roket pada jarak minimal 10km dan maksimal 45 km.

    TR-85M1 Bizonul Main Battle Tank (photo : Zalmodecikus)

    MBT buatan Romania TR-85M1 adalah pengembangan dari tank Soviet T-55. Tank seberat 55 ton ini mempunyai kanon utama 100mm. Tank dengan mesin German ini diawaki 4 orang dan mempunyai kecepatan maksimal 60km/jam.



    SAUR-1 APC (photo : Militaryphotos)

    SAUR-1 adalah kendaraan angkut personil 8x8 seberat 13,5ton yang dapat membawa 9 personil bersenjata lengkap. Kendaraan amfibi dengan mesin diesel Cummins ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari ZIMBRU 2000. SAUR-1 dilengkapi dengan RCWS (remotely controlled weapon system) kaliber 12,7mm.

    IAR-99 SOIM (photo : Airliners)

    Selain Expomil, tidak dapat dilupakan bahwa Romania juga memproduksi pesawat jet latih dan tempur ringan IAR-99 SOIM (Hawk). Pesawat subsonic dengan berat max 5,5 ton ini ditenagai dengan mesin Roll Royce dan banyak memakai peralatan elektronik buatan Israel.


    (Defense Studies)
    NurW di 17.44

    ______________________________________________


    Jejak digital bahwa si mimin DS pernah ngepost tentang inhan romania ini..tapi SAUR1 disi kok jelek ya?xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih generasi awal mungkin. Kayak kozak m yg kita beli jg merupakan produk modernisasi.

      Hapus
    2. Wah-wah ada pesawat jet latih dan tempur ringan buatan Romania pake Teknologi Isroil.

      IAR-99 SOIM (photo : Airliners)

      Selain Expomil, tidak dapat dilupakan bahwa Romania juga memproduksi pesawat jet latih dan tempur ringan IAR-99 SOIM (Hawk). Pesawat subsonic dengan berat max 5,5 ton ini ditenagai dengan mesin Roll Royce dan banyak memakai peralatan elektronik buatan Israel.

      Semoga pesawat jet latih dan tempur ringannya di beli dan di ToT PT. DI

      Hapus
    3. Pesawat ini join venture sama Yugoslavia (Serbia). kalau di Rumania namanya IAR-99 SOIM, kalau di Serbia namanya Soko J-22 Orao.

      Hapus
  39. http://defense-studies.blogspot.com/2009/11/expomil-melihat-produk-industri.html?m=1

    BalasHapus
  40. Pak Prabowo berkunjung ke Perancis tuh

    BalasHapus
  41. -̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌

    BalasHapus
  42. -̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌ -̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌

    BalasHapus
  43. -̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌

    BalasHapus
  44. -̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌BS-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌-̷̢̳̾-̴̩̓̿-̵̹̏-̴̜̀ͅ-̴̪͙̏̕-̵͔̮͌͋-̸͓̓-̷̜͝-̸͇̬͌̌-̴̦͇̾-̴̪̼͗-̵͙̉-̴̧̀-̵̑͜͠-̷̡̣̏̊-̶̻̗͝-̸̱̰̓͘-̶̞̓͌ Comment Eror 404-

    BalasHapus
  45. Menteri BUMN minta perusahaan BUMN naik tingkat ke standar internasional jadi banyak kerjasama dan join produksi biar bisa lebih banyak ekspor ke berbagai negara.
    INKA kerjasama sama swiss pabrik selesai akhir 2020

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.cnbcindonesia.com/news/20201016202053-4-195054/produsen-gerbong-kereta-kelas-dunia-buka-kantor-di-ri

      Hapus
  46. Indonesia, sebagai salah satu anggota PBB yang aktif dalam misi perdamaian dunia, mengambil kesempatan ini untuk menjalin kerja sama industri militer, khususnya dalam teknologi kendaraan amfibi termutakhir SAUR-2.

    --------------------------------
    8x8
    angkatan darat uda ke pandur,
    saur 2 terlaluw mirip bgt amat btr-4 py marinir,
    keknya marinir gak bakal pindah ke laen ati dech selain yukrein๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  47. Kapal selam masa depan royal navy
    https://www.instagram.com/p/CGZ4QAQBENn/?igshid=14di9zcimfrr9

    ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค” klo astute pembangunannya lama bet, ni kapal pembangunannya bakal lama bet bet atau lama aja ya?

    BalasHapus
  48. Guys. Mr Bowo Fix berkunjung ke Prancis tgl 22 Oktober 2020

    Link

    https://mobile.twitter.com/Armees_Gouv/status/1317011806448242688/photo/1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kunjungan Mr. Bowo ke Prancis bisa bawa pulang oleh-oleh mainan baru untuk TNI
      1. Rafale 36unit + gratisan 12unit
      2. SAMP/T
      3. Rudal Meteor
      4. Caesar
      5. Scorpene

      Hapus
    2. Daripada beli caesar mending beli fregat belhara

      Hapus
    3. Kalau gw..rafale ama samp/t..dah itu aj

      Hapus
    4. Iya juga, mendingan beli Fregat Belhara daripada Caesar.

      Hapus
    5. Knp kita nggak TOT caesar aja, biar mandiri, syyakin pindad sdh mampu

      Hapus
  49. Duuuh..ad yg bisa ngebagiin link tentang spek SAUR 2 gak?gw gk lengkap pas liatnya..dan yg gw temuin..si SAUR aka SAUR SEPUH ini tuh cuman stanag lv 2 dan maksimal lv 3..duuh..mungkin ad yg lain?yaah wajar spek nya gk terlalu bagus..mengingat panser 8x8 ini tidak tenar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAUR-2 8X8 pake Stanag level 4.

      https://www.army-technology.com/projects/saur-2-8x8-armoured-personnel-carrier/

      Hapus
    2. 8×8 SAUR 2 ARMOURED PERSONNEL CARRIER

      GENERAL DATA AND PERFORMANCES

      Visual type 8×8, wheeled amphibious vehicle

      Hull Armoured, sealed

      Crew access – Power operated ramp with emergency access door on the rear side of the vehicle

      - Access hatches – 4, driver, commander and crew

      Protection level Level 2, 2a (STANAG 4569), under wheel and 1 under belly

      Crew 11, including driver, commander and gunner

      Maximum speed

      - on road 100km/h

      - on water 10 km/h

      Maximum gradient 30 degrees

      Side slope 17 degrees

      Minimum range

      on the road min 600km

      Main dimensions

      - Length 7700mm

      - Width 2950mm

      - Height 2220mm

      - Ground clearance 450mm

      - Axle base 4400mm

      - Wheel track 2460mm

      - Angle of 40/30 degrees

      approaching/departure

      Vertical obstacle 0.5m

      Trench crossing 1.5m

      Min. turning radius 13200mm

      G.V.W. 16000kg

      Power to weight ratio Min. 20.3 hp/t




      Hapus
    3. Tapi di website resminya di tulis stanag level 2

      http://romarm.ro/en/product/vehicul-blindat-8x8-saur-2/

      Hapus
    4. Iki sumberee
      http://romarm.ro/en/product/vehicul-blindat-8x8-saur-2

      Hapus
    5. Yaaa..kalau cuma stanag 4569 lv 2 inferior dari anoa donk..

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    53mnt

    The competition for Indonesian near future submarine is between Naval Group versus TKMS. Both European OEMs are offering their best solution for Indonesia. South Korea's DSME absolutely out of the game. How about the fate of previous repeat order contract? It's very very murky.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya negosisasi Addendum kontrak kasel CBG Batch II untuk dipasang AIP tidak jadi dilakukan.

      Saatnya kita ucapkan

      Bye-Bye Kasel CBG Batch II

      ๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

      Hapus
    2. Emang pernah disebutin kalo AL mo Nagapasa class batch-2 planningnya pake AIP?

      ๐Ÿ˜›

      Hapus
    3. Wong baru di-studi-kan jika future KS TNI AL ber-AIP kok, dan itu belum mengarah ke merk KS tertentu.

      ๐Ÿ˜›

      Hapus
    4. Yaelah. Mulai lagi dr nol. Bagaimana nasib semua faktor pendukung proyek CBG batch I yg sudah dibangun? Bongkar lagi?

      Hapus
    5. @Boliev

      Kagak di bongkarlah. Itu kan investasi kemandirian buat kasel.

      Hapus
  52. https://defencedb.com/profile_page.php?item_id=10

    BalasHapus
  53. Apa kabar rudal nasional byk(Batara kala)
    Berapi,basopati,dan petir
    Apa kabar kapal KRI klewang,opv,dan fregat Made Indonesia
    Apa kabar tank beok antasena

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kabarnya baik-baik aja dan sehat wal afiat.

      Hapus
    2. Kabarburuk mereka semua mati di telan bumi , ..

      Hapus
  54. Balasan
    1. Alhamdulilah kabarnya baik-baik aja dan sehat wal afiat.

      Hapus
    2. Wonge Wes pindah mas... Sampinge omahe mbokde iyem

      Hapus
  55. Balasan
    1. Googling saja nak....disini tempat berdiskusi bukan forum bertanya dan belajar

      Hapus
    2. Kabar buruk anatara mati segan hidup tak mu

      @matamalaikat

      Hapus
    3. Kabar buruk anatara mati segan hidup tak mu

      @matamalaikat

      Hapus
  56. Kalau mau sukses shopping senjata langsung di pabriknya...jangan lupa siapin dan bawa yang yang banyak..jadi bisa nawar dan tentukan spek apa yang kita
    jangan kayak sekarang.. datang ke pabrik..tetapi bilang mau beli barang ente..tetapi dengan cara dikasih utang sana negsra penjual..

    Jika begini terus.. kunjungan berikutnya pasti akan ditolak mereka..Indonesia hanya omong gede doang.. buangnya ONDO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas pur s7 sgn ente

      Hapus
    2. @Yugistian pur AKA Iskandar/Suwandaruw

      Coba dech ente berpikir pake logika. Mr. Bowo sebelumnya pernah berkunjung ke Prancis, dan tgl 22 Okt ini mau berkunjung lagi ke Prancis.

      Apakah Mr. Bowo ditolak oleh Prancis??

      Hapus