20 Oktober 2020

Kisah KRI Irian 201, Gladiator Laut Terbesar se-Asia

20 Oktober 2020

RI Irian 201 (photo : webgisintelligence)

Alkisah Kedigdayaan TNI AL yang Dijuluki "Gladiator" Laut Terbesar se-Asia

JALESVEVA JAYAMAHE. Di laut, kita jaya! itulah slogan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang hari ini, Kamis (10/9/2020) berusia tepat 75 tahun. Di HUT TNI AL ke-75, Okezone pun mengulas kembali kedigdayaan TNI AL yang menggentarkan pada masa kejayaannya.

Pada tahun 1960an, Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) memiliki berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) canggih yang menjadikan Indonesia disegani negara-negara tetangga. Dengan kekuatan kapal perusak berat KRI Irian, sejumlah fregat, kapal selam, serta tank amfibi PT-76, membuat ALRI disebut sebagai “gladiator” laut terbesar se-Asia.

KRI Irian merupakan kapal perang terbesar yang pernah dimiliki Indonesia dari kelas light cruiser alias penjelajah ringan yang dibeli dari Uni Soviet pada 1962.

Pembelian KRI Irian tak lepas dari peralihan perhatian Indonesia ke blok timur, setelah Amerika Serikat kala itu tidak ingin mesin perangnya dijual ke negara yang bukan sekutunya. Namun hingga kini belum ada data jelas berapa nominal yang digelontorkan Bung Karno untuk membeli kapal perang terbesar di Asia pada masa itu.

Kapal kelas Sverdlov cruiser tampak depan (photo : globalsecurity)

Riwayat kapal ini sebenarnya usianya tak “muda-muda amat” saat dibeli Indonesia. Kapal penjelajah ringan kelas sverdlov ini sudah dilahirkan di Admiralty Yard, Leningrad sejak 19 Oktober 1949 dengan nama “Ordzhonikidze 310”.

Nama itu diambil dari Menteri Industri Berat era Joseph Stalin, Grigory Ordzhonikidze. Kapal ini baru dioperasikan Angkatan Laut Soviet pada 30 Juni 1952 dan ditempatkan di Armada Laut Baltik.

Bobotnya mencapai 13.600 ton dengan panjang 210 meter dan lebar 22 meter. Dilengkapi baja pelindung setebal 100 milimeter (mm) di lambung kapal, 150 mm di menara pengawas, 50 mm di dek serta 75 mm di kubah-kubah meriamnya.

Kapal nan gagah itu juga dipersenjatai 12 meriam kaliber 152 mm, 12 meriam kaliber 100 mm, 32 meriam antipesawat kaliber 37 mm, serta 10 tabung torpedo 553 mm untuk menghalau kapal selam musuh.

RI Irian 201 (photo : Leo Kusuma)

KRI Irian juga dilengkapi 17 radar berbagai jenis serta dua Watch Dog electronic jamming. Maka, gemparlah negara-negara Asia ketika Indonesia punya satu dari sekian kapal sangar buatan Soviet yang punya kecepatan maksimal 32,5 knot ini.

Saat akan dibeli Indonesia, Soviet menawarkan untuk memodifikasinya agar lebih cocok berlayar di iklim tropis. Sayangnya, usul itu ditolak karena anggaran proyek modifikasinya terlampau besar dan pada akhirnya, modifikasi hanya dilakukan pada bagian instalasi genset diesel yang menggerakkan ventilator tambahan.

KRI Irian sempat lebih dulu diujicobakan dengan mengikutsertakan sejumlah personel ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia, kini TNI AL) sebagai calon awak, pada 5 April 1962. Setelah dinyatakan selesai uji coba, baru kapal ini diantar dan tiba di Pangkalan ALRI Surabaya, 5 Agustus 1962.

KRI Irian sempat ditugaskan untuk merebut Irian Barat (kini Papua) dalam Operasi Tri Komando Rakyat (Trikora). Bahkan kehadirannya sempat bikin ‘jiper’ kapal induk Bekanda, HNLMS Karel Doorman R81.

RI Irian 201 dilengkapi dengan 4x3 meriam 152mm dan 6x2 meriam 100mm (photo : kaskus militer)

Namun belum lama bertugas, KRI Irian sudah mengalami beberapa kerusakan. Bahkan sampai pada 1964, KRI Irian sudah kehilangan efisiensi operasionalnya.

Alhasil perbaikan ke Soviet harus dilakoni dan pada Maret 1946, KRI Irian diperbaiki di Pabrik Dalzavod, Vladivostok. Baru pada Agustus di tahun yang sama, KRI Irian kembali berlayar ke Surabaya dengan dikawal sebuah destroyer atau kapal perusak Soviet.

Namun di sisi lain keadaan di dalam negeri tengah bergolak akibat Gerakan 30 September 1965/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI). Sementara nasib KRI Irian kian merana dan terdapat beberapa versi tentang ajal kapal nan sangar ini.

RI Irian 201 juga dilengkapi dengan helikopter (photo : kaskus militer)

Sejumlah sumber menyebut, KRI Irian diperintahkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) kala itu, Laksamana Sudomo untuk dibawa ke Taiwan dan dihancurkan. Namun ada pula yang mengatakan kapal ini dipreteli di Jepang setelah dijual.

Versi lainnya yang tak kalah jadi perbincangan adalah kapal ini diambil alih Soviet setelah dicegat. Soviet disebutkan tak ingin beberapa rahasia di kapal perang itu jatuh ke pihak-pihak barat.

184 komentar:

  1. Kisah KD Mahorajalelah, monumental....๐Ÿ˜‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo itu belum tercatat dlm sejarah om pedang...yg mau nulis sejarah jga bingung mau mulai dr mana sama mau ngasih judul ap xaxaxaxaxa

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ikut
    Republik
    Indonesia
    Anti
    Nederland

    ๐Ÿฅณ๐Ÿป

    BalasHapus
  4. Terima Kasih Rusia.. ❤️❤️๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Kuwi arane efek detergen...

      Coro jowone "awel-awel asu dhedhe.." ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Efek detergen iku yen sing diadepi malaysia opo vanuatu.....ning yen lawane negoro sing nate pengalaman pertempuran laut yo rung karuan keder ๐Ÿค”

      Hapus
    3. Bismarck sing gagah, gede lan dowo kae......anggone klelep ora mergo diserang kapal.tempur duweke inggris lan amrik, ning mergo disengat karo puluhan pesawat terbang sing ngepose neng kapal induk ☝️

      Dadi ancaman terbesare tentoro londo iku ono ing kapal induk karel doorman sing iso lelayaran ngubengi nusantara tanpo kelacak ๐Ÿ•ต️

      Hapus
    4. 210 meter SETRONKKKKKK...haha!๐Ÿฆพ๐Ÿฆพ๐Ÿฆพ

      Hapus
    5. Kesian indon kena tipu Pentagon terus ingat cerita lama nak hibur diri

      Hapus
    6. @Just do it jangan salah bung, untuk mengatasi si karel demit, kita punya banyak opsi salah duanya adalah dengan Raduga KS-1 Komet dari TU-16 dan juga P-5 "Pyatyorka" dar Whiskey class. Jadi masih banyak jalan lain ke Roma bung. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    7. Jangan anggap enteng efek deterjen bung @just do it, karena melihat besarnya militer Indonesia saat itu, Amerika menekan belanda menyerahkan irian/papua ke Indonesia

      Hapus
    8. karel demit, kocak om haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      yaaa namanya juga om just do it alias hanya duwit yg dipikirin gt kan smilikity haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      Hapus
  6. Bukannya sempat jadi tempat mengasingkan tapol?

    BalasHapus
  7. kanon 152 mm nye ngeriiikk euuyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tembake nyang silete gempur๐Ÿค cocok iki.. Ben ambyarrrrrrr

      Hapus
    2. Yen ngerti arep ditembak nggono, si gempur malah mledhing.....sengaja masang-masang ๐Ÿ˜ท

      Hapus
    3. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Lepas kena harapan palsu Pentagon, indon mulai hibur diri dalam hati yg pedih kih kih

      Hapus
  8. Pro Raja pasti iri nih sebab malaysia tak pernah punya destoyer serang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit brada terlalu mahal buat mereka..uangnya sudah keburu buat beli tas mbak rosmah

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nasib kd.salah potong...erajaan take wang kah....

    https://www.theedgemarkets.com/article/newsbreak-boustead-seeks-more-funds-complete-rm9-bil-lcs-project

    BalasHapus
  12. Esuk-esuk kok rung ono sing ngrilis berita bab kunjungan muhibahe pak bowo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok dengaren kangen...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Biasane lobsteran...๐Ÿ˜

      Hapus
    2. "Wes kedisikan sing iki ๐Ÿ‘‡........๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ"

      https://news.detik.com/berita/d-5219837/desmond-minta-menkominfo-dipecat-nasdem-ungkit-aib-menteri-kkp

      Hapus
    3. Masih belum jelas seperti nya ada yg di hide dulu ๐Ÿ˜

      https://id.usembassy.gov/joint-statement-regarding-secretary-of-defense-dr-mark-t-espers-meeting-with-indonesian-minister-of-defense-prabowo-subianto/

      Minister Subianto expressed the importance of military engagement at all levels, and communicated his appreciation for the United States’ support for Indonesia’s defense modernization.

      Sudah diapresiasi karena disitu disebutkan US akan support modernisasi alutsista TNI.

      So say goodbye Sukro ?? Welcome home US brand ? F15 ? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐ŸคŸ

      Hapus
  13. gak maen2, bkn frigat gde, bukan destro...kite punya kruiser/kelas penjelajah hore haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    di laut ada kruiser
    di udara ada tu-16

    MACAN ASIAAAAHHH...setronk bingit dacch haha!๐Ÿฆพ๐Ÿฆพ๐Ÿฆพ

    BalasHapus
    Balasan
    1. @palu gada di dalam laut aa whiskey, yassalam ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. nyoooiihh...deterjen keraassss sangat haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
  14. Mungkin lebih tepatnya indonesia negara kedua yang pernah memiliki kapal perang terbesar setelah jepang.dan satu satunya negara di asia yang memiliki destroyer terhebat dari kelasnya yaitu gajah madha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul brada...masa masa keemasan TNI AL dan TNI AU pada masa itu

      Hapus
    2. Mula dah kerena lapar covid, jadi halusination

      Hapus
    3. Cemen beraninya cman pake nickname unknown...klo lo laki gk usah ngumpet lwat unknown...tpi gk tau y lo brani ap gk...lo kan BANCI mana berani

      Hapus
    4. Kalau kapal perang, India punya INS Vikrant R11. Saat itu Jepang sudah tidak punya angkatan lau lagi. Kapal yg tersisa dibagi-bagikan ke sekutu.

      Mumpung sebutnya gladiator paling yg dimaksud surface combatant, maka tidak salah. Aircraft Carrier tidak masuk surface combatant, tetapi tetap dikategorikan sebagai capital ship.

      Hapus
  15. Balasan
    1. Betol, kerena tak strong paling best citer jer masa lalu kih kih

      Hapus
    2. husss dasar muna!
      yg fenting punyak om daruw,
      bisa luh pamerin kalo ngetrol di blog filipin haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      Hapus
  16. Andai indonesia sekarang punya 3 aja buat komando armada barat, timur dan tengah pasti bakal bikin ngeri negara2 yang mau slonong boy sama yg cba cba menjajal kemampuan TNi AL...semoga indonesia bisa punya yg kapal segahar dan sesangar itu lagi biar negara lain gk macem2 sam indonesia lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha dah mabok vacsin covid ke? Kah kah

      Hapus
    2. Cemen beraninya cman pake nickname unknown...klo lo laki gk usah ngumpet lwat unknown...tpi gk tau y lo brani ap gk...lo kan BANCI mana berani

      Hapus
    3. Cup cup cepat cari mayat tentara Amerika ww2 kah kah

      Hapus
  17. bedo banget pemikiran pak karno karo jokowi, sek asli poros maritim kui pak karno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben pak Ndaru mbela pak Karno.. biasane dulu2 disini bilang pak Karno dekat sama Rusia yg Kuminis ? Jadi bingung sampiyan Iki sakjane ngefans Rusia opo Amerika sih pak ? Kok Gonta ganti figur favorit ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. yaa tiap jaman, djelass beda om unknown200, gimana sech ente kagak baca sedjarah ape haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      dulu kan uda pasti, presiden opa sukarno numpuk senjata,
      kerna didepan mata uda mao perang, rebut irian taon 60an.
      cuman sglintir negeri eropa barat yg mo jual senjata, sisanya cem britis ngerih ama ambisi pendahulu kita haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      tank amx dr prancis,
      tank pt 76, bomber, pespur, kasel, kruiser ampe rudal dr sopiet

      abis sakses rebut irian dr blande,
      lanjut kampanye mentung inglis, dr sluru daratan KL ame si upil.
      kebayang kalo sakses, target brikutnya yaa pasti osi haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      trus 89-2000, gantian presiden opa suharti numpuk senjata lagi, buat pertahanin tim-tim,
      dari tank skorpion, tank bmp-2 marinir, hawk, f-16 baru, f-16(pakistan), frigat VS, korvet parchim, lst, kapal ranjau, kcr & kasel 206 jerman, ESYU

      efek deterjennya mayan nendang banget kalo smua dateng lengkap gan,
      tp sayang, mayan banyak yg gagal dateng, gegare krismon haha!๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

      lah klo skrg, mo perang sama sapa om? kovid gt yak haha!๐Ÿ˜ท๐Ÿ˜ท๐Ÿ˜ท

      Hapus
  18. jaman pencitraan, gede omonge thok, realisasine memble

    BalasHapus
  19. jenenge wae petugas parte, jane ra ngerti opo opo, isane utang

    BalasHapus
  20. pencitraa jamane, sek penting slogan poros maritim dunia, hasil kerjane ratuku kapal perang, sek penting duite go bayar buzzer ben ketok apik

    BalasHapus
  21. indonesia beli dri uni soviet, tapi di ambil lagi sama uni soviet.. rugi dong indonesia uang pengganti nya ada gk itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai skarang benar atau tidak cerita itu, tidak ad yg tau pasti brada..smua terkubur bersama zaman

      Hapus
  22. Ternyata cukup lama juga sampai 15 tahun. Mungkin inilah isyarat dari cuitan sebelumnya bahwa USA membutuhkan komitmen dari Indonesia bila jadi mengakuisisi F35... Berikut cuitan Alman Helvas...

    Indonesia has stated interest on US made advance fighter last year. It may takes around 15 year or likely more for delivery if US approve the sale. During the interval Indonesia should have to buy another 4th++ fighter in order to fill the gap. Will it US F-16V? Or French Rafale?

    @Alman Helvas
    20 Oktober 2020

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatas kertas F16 bukan lawan sebanding F35 Australia dan Sukhoi China (padahal kondisi saat ini hampir tidak mungkin FI perang dgn China karena disputenya hanya Zee bukan wilayah spt yg dialami Phil, Viet dan Malaysia) jadi kayane Indonesia akan ambil jalan spt India yg menghadirkan Rafale hanya dalam dua atau tiga tahun.

      ๐Ÿ˜˜

      Hapus
    2. Diatas kertas matikan mic lagi power

      Hapus
    3. lha klo bner 15 taon, itungan guwe bner donk slama ini haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      halahh paling om AH ini salah satuw polower guwe haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
  23. Ada yg ngedumel gk jelas, ngomong ame tembok sono ๐Ÿคง๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rezim orba yg sia2kan kapal ini, 32 tahun indonesia di jajah us dan antek2nya,,,FAKTA ๐Ÿคง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    2. Seharusnya dibuat monumen atau museum, tapi malah dikiloin ๐Ÿ™ˆ

      Hapus
    3. Kah kah dah mulai tipu Omni bulus lo

      Hapus
  24. Ini kok kayak menununjukan masih adanya penyakit "inferiority complex" atau minder akut yang terus dipelihara di negara ini ... apakah ini muncul akibat kondisi negara kita yang saat ini amburadul dan jauh dari harapan kita semua ...

    Saran saya .. mengapa gak sekalian saja memberitakan semua kejayaan hebat dan besar masa lalu kita agar kita dapat menghibur dengan menipu diri sendiri bahwa negara dan bangsa kita sesungguhnya sangat hebat dan numero uno di dunia ini ..

    Tetapi tolong jangan sering-sering juga mengumbar kehebatan dan kejayaan masa lalu itu berulang-ulang ...takutnya nanti banyak dari kita semua akan berubah dari penderita sakit jiwa schizophrenia ringan menjadi penderita sakit jiwa schizophrenia berat atau akut ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha emangnya DS sering mengumbar hal ini???? Di cek dulu, menyadarkan itu harus ada momen tertentu mengingatkan kejayaan masa lalu' bagaimana hebatnya indonesia dengan budayanya dijaman kerajaaan dulu yg tidak tekontaminasi budaya2 ala timur tengah, contoh kecilnya dijaman berdirinya candi brobudur' timur tengah udah bangun apa???? Apakah kita yg mengikuti budaya india atau india dan timur tengah yg dahulunya mengikuti budaya indonesia???? Hanya segelintir orang indonesia yg tau atau yg mau cari tau hal ini, jd hal2 artikel seperti ini masih wajar sesekali dimunculkan biar kesadaran mencari tau itu bisa ada di tiap2 anak bangsa.

      Hapus
    2. Tul om...biar ad rasa kebanggan d semua rakyat indonesia..terutama anak muda skarang atau kaum milenial blum tentu tau sejarah yg mengharumkan bangsa dan negaranya

      Hapus
    3. Hei pur kau itu hidup d mana klo kmu gk suka silahkan angkat kaki dr NKRI...makan aj msh nyari d sini..bantuan BLT aj lo msh ngantri..sok sok an gk pengen tau kejayaan negara sendiri...klo bkn leluhur kita jga lo gk bakal bisa makan tidur enak d tanah merdeka ini

      Hapus
    4. Om raden borobudur itu bukan asli budaya kita. Itu juga budaya dari luar. Kok pake bawa Timur Tengah kenapa? Sy jawab ya, budaya timur tengah itu menghapus kasta2 yg dipertahankan oleh peradaban2 sebelumnya.

      Hapus
    5. @Yugistian Pur....ente emang sdh berbuat apa buat bangsa ini...ingat bung jgn pernah lupakan sejarah masa lalu bangsa ini...karena masa lalu bangsa inilah kita bisa seperti ini...kalo anda nggak puas sama.kondisi bangsa sekarang ini karena banyak pecundang yg mengelola negara ini justru lupa akan sejarah maSA lalu dan lupa dengan kalimat ADil SEJAHTERA BAGI SEMUA RAKYAT INDONESIA...

      Hapus
    6. Situngkir kurang jauh mainnya...di timtem malahan budayanya dah tinggi om..dari dulu lihat deh sejarah negeri2 dan peradaban timteng dari suriah,Irak,Mesir,dan beberapa peninggalan2 kota2 tua yg dipahat dari gunung2 batu di saudi

      Hapus
    7. Jangan over proud ... realistis saja

      Hapus
    8. Kasta yg mana???? Emang budaya dan peradaban bangsa kita tempo dahulu sesat sehingga lebih mulia budaya dan perdabaan bangsa lain???? Emang bangsa mana yg bangun brobudur???? China atau india kah???? Dr siapa anda belajar sejarah sehingga berani mengatakan bahwa candi borobudur bangsa lain yg bangunnya???? Jangan dengar katanya, jauh lebih baik bila kita mencari tau lebih detail, bangsa kita jg lebih dahulu mengenal dan mempunyai peradaban intelektual, dr prasasti peninggalan kita bisa tau akan hal itu.

      Hapus
    9. Kopi@ sejauh mana main loe??? Silahkan dijabarkan tong, ane mau belajar dr ente ๐Ÿคง๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
    10. soyo ngenes nasib e tni, lha petugas parte ra ngerti kebutuhan lata perang

      Hapus
    11. Ayo2 dijabarkan ilmu ne ๐Ÿคง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง

      Hapus
    12. Biar mainannya bisa lebih jauh mengenal sejarah nusantara, aku kasih reverensi agar buka youtb MAKNAKALA, isi kontentnya bagus kok untuk menambah wawasan sejarah nusantara ๐Ÿคง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿ˜Š

      Hapus
    13. Maaf om Tungkir,,maknakala itu banyak yg menyesatkan, hati2 , saran saya kalau pengin belajar sejarah lbh baik baca buku2 sejarah dr penulis yg kredibel,,,anda akan mendapatkan perspektif yg lebih obyektif tanpa harus terpengaruh sara,,monggo lanjut

      Hapus
    14. Kyanya Nyambi jadi youtuber ni ...?

      Hapus
    15. Siapa bilang menyesatkan??? menyesatkan menurut mereka yg tak sesuai yg mereka harapkan dan bayangkan sebelumnya' kontent yg disampaikan rasional kok, real dan mereka jg akan katakan bila itu cuman sebatas asumsi mereka, kita yg harus mencerna lebih detail dan menindak lanjuti pencarian kita melalui buku2 sejarah yg ada tp buku sejarah yg kredible bukan buku sejarah yg disusupi kepentingan tertentu. ๐Ÿคง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿค—

      Hapus
    16. Ada yg ngomong nyambi berak celana nih,,,diminum yg banyak kopi nya ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
    17. @om kopi O : gak om, saya cuma orang yg kadang buka youtuYo aja, kadang dapet yg kontennya menarik buat dinikmati, nah saya pernah buka itu Maknakala, menurut saya kontennya Sara bgt, gmn tidak wong orang Islam ibadah haji n berjilbab dianggap sebagai bentuk penjajahan budaya, blm lagi dia menganggap kesultanan Yogyakarta hanya sebagai vazal nya Kesultanan Turki Utsmani sehingga terkesan dianggap bukan mewakili "kedaulatan" bangsa sendiri, makanya bagi saya hrs hati2 dgn konten dia,,bagi saya tiap bangsa dan peradaban punya sejarah"naik turun" nya sendiri2, bahkan kalau bicara soal konsep kebangsaan Indonesia sendiri apa sdh pas menempatkan konsep Indonesia dimasa kuno?ja ja ngelantur ni,, intinya kita lbh hati2 dengan referensi.monggo lanjut,,,

      Hapus
    18. Bila ada yg menganggap kontent MAKNAKALA punya unsur sara berarti itu orang tidak mau berfikir dengan kepala dingin dan tidak bener2 mengutamakan otak rasional jg hatinya yg berfungsi sebagai penyeimbang, hatinya hanya digunakan untuk meluapkan emosinya karena merasa agamanya disinggung, padahal yg mereka katakan bener bahwa untuk menjaga persatuan nusantara ini mereka mengajak agar kita memasukan agama cukup kedalam area kantong pribadi kita masing2, adakah hal yg salah dengan ajakan ini????

      Hapus
    19. Inti dr semua kontent yg aku simak mereka mengajak bahwa agama cukup di area kantong pribadi demi menjaga persatuan dan mengembalikan kejayaan indonesia, kalau nontonnya cuman satu kontent terus udah nyimpulkan ini sara banget berari ente lebay banget tanpa berani melihat kontent2 yg lainnya dan mengatakan budaya kita emang udah dijajah.

      Hapus
    20. @om Tungkir: maaf ya Om kalau kurang berkenan, mungkin sebagian kalimat yg saya pake kurang pas, hanya sedikit saran , kalau ternyata salah ya mohon maaf,,

      Hapus
    21. Kalau haji n jilbab dianggap penjajahan budaya ya saya gak sepakat,, mungkin om bisa nanya temen Om yg muslim saja,,sdh ya Om ootnya,, kembali ke ini blog defense,,

      Hapus
    22. Aku udah tonton kontent yg kamu maksud itu, aku jg gk setuju kalau ibadah haji dianggap penjajahan budaya karena itu KEWAJIBAN bagian dr ritual ibadah agama Islam' tp aku setuju MENGHARUSKAN BERJILBAB TERTUTUP PENUH di indonesia itu adalah penjajahan budaya, karena itu bukan bagian ritual ibadah dr agama islam, itu adalah budaya timur tengah terutama jg budaya jahudi/israel yg lebih diutamakan karena geografis wilayah timur tengah yg emang panas menyengat, berpakaianlah yg islami yg tidak menghilangkan budaya kita itulah maksud maknakala,,,ok kita pindah topik, aku hanya ingin kita sadar bahwa kita bangsa yg jg punya peradaban intelektual yg tinggi yg tidak kalah dengan bangsa2 eropa. ๐Ÿ˜‰๐Ÿค—

      Hapus
    23. Borobudur itu dipengaruhi budaya mana kir? Udah jangan ngomongin masalah agama lain kir! Kalau mau bahas penjajahan di Indonesia itu mulai dari penjajah portugis, Spanyol, Belanda itu mereka agamanya apa kir? Juan ok kok tungkir iki suwi2. Laopo katek nggowo2 peradaban Timur Tengah su? Agamamu Kristen itu juga asalnya dari timur tengah kir. Nabi Ibrahim (salam untuknya) itu adalah bapak para Nabi (termasuk nabi Musa, Isa, dll salam untuk mereka). Dan banyak nabi2 itu menetap dan mendakwahkan risalah di Timur Tengah. Trus kau bilang peradaban Timur Tengah bangun apa? Hei teknologi sekarang itu hasil pengembangan ilmu pengetahuan oleh ilmuwan2 Timur Tengah su.

      Hapus
    24. Gk usah banyak bla bla bla, silahkan jabarin borobudur dipenharuhin budaya mana,,,monggo ๐Ÿคง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง
      Bhuahahahaaa dah minum obat???? Lha kenapa ente memenjarakan makna sebuah penjajahan diawalin dr era penjajahan portugis???? Kalau pola pikir ente yg terpenjara oleh doktrin yg terlanjur merusak pola pikir ente jangan pernah memenjarakan pola2 pemikiran orang lain, hei apakah karena teknologi sekarang itu lebih di dominasi oleh pemikiran orang2 jahudi sudah berarti mereka lebih beradab dan berbudaya dr indonesia, apakah mereka lebih tau menggunakan hati dan lebih suci dr bangsa indonesia???? Jangan campur adukkan klaim dan realita, bangsa ini meski masih dalam pengaruh efek penjajahan tempo dulu tp ilmuawannya masih mampu memberi sumbangsih penemuan teknologi untuk dunia ini, banyak2 buka sejarah bangsa sendiri' jangan tau mu cuman sejarah bangsa lain.

      Hapus
    25. Lebel plat mu indonesia maju, tp pemikiranmu terjajah.

      Hapus
    26. Mantap Indonesia maju
      Lanjut gan....

      Hapus
    27. Woy mana loe longor, pakai plat nama indonesia maju tp otakmu terjajah,,,dah lama ni ane gk debat sampai babak belur ๐Ÿคง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    28. Kenapa gk loe aje, oh ente kebanyakan minum kopi busuk jd longor ya makanya otak loe tumpat ๐Ÿคง๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
    29. Sorry aku gak lanjut om tungkir, pandangan kita beda, tapi kalau pegang hp mulu gak sido nyambut gawe aku, penghasilan menipis di tengah pandemi je,,

      Hapus
    30. Yugistian pur nya mana?
      Ko malahan Mas joe ama om raden yg debat

      Yugistian mirip mirip iskandar nih gaya nya team tabrak lari..hahaha

      Hapus
    31. Mas_joe@ aku jg sebenarnya lg sibuk ni, biasa udah dekat2 akhir tahun kerjaan pasti numpuk ditambah harus bikin budget tahun depan, sebulan ni aku jarang banget koment di mari, aku terpancing karena aku liat mulai banyak akun2 gendoruwo di mari yg bergentayangan.

      Hapus
  25. Malon ikut-ikutan Indonesia bikin B20 hahahahaha

    Malu looon lu ga punya ide dan kepakaran. Bisanya niru saja

    Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara suka copy paste, tempel sticker...waaah bahaya tu ntar bisa bisa B20 d klaim buatan malon tu...waspada indonesia

      Hapus
  26. Saya harus posting ini berulang-ulang di forum ini untuk mengingakan apa yang sebenarnya terjadi ..

    Mungkin sudah waktunya atau saat yang tepat bagi Prabowo untuk berterus terang kepada TNI dan seluruh rakyat Indonesia ...

    UNTUK SAAT SAAT INI DAN BEBERAPA WAKTU KEDEPAN .. TAK AKAN ADA REALISASI PENGADAAN ATAU PEMBELIAN ALUTSISTA BARU SEPERTI YANG DIRENCANAKAN SEBELUMNYA BAGI TNI .... JIKA PEMERINTAH TAK MENDAPATKAN HUTANG ATAU PINJAMAN LUAR NEGERI (YANG SEDANG DIJAJAGI DENGAN BANYAK NEGARA SAHABAT) ..

    Singkat,jelas dan terus terang ... pesan yang ingin disampaikan menggambarkan situasi dan kondisi pemerintah sekarang ini ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situ mau posting 1000x emang ada yang peduliin situ?

      Emangnya situ siapa?

      ๐Ÿ˜›

      Longor dipiara...

      Hapus
    2. Mas ps murka ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Nanti kalau TNI beneran jadi beli paling langsung ganti nickname ya pak biar gak malu kadung mencap gak bakalan beli ?

      Lagipula hampir semua negara menggunakan fasilitas hutang untuk pembelian alutsista dgn fitur multiyears atau spt Vietnam Thailand Philipina dll yg pakai hutangan negara hingga 60 persen GDP nya demi pembelian Russian stuffs.

      Hampir seluruh negara di dunia menggunakan hutangan bank jaminan untuk pembelian alutsista. Gak ada yg aneh sih.

      Hapus
    4. Macam stadium covid makin ganas ni... Kalau kalau kih kih

      Hapus
    5. Betol covid malon makin naik
      Tp pandai tipu2

      Hapus
    6. benr mas pur, wes jelas saiki gur pencitraan thok, gembar gembor ning hasil kerjane kosong

      Hapus
    7. Baca ini dulu pakcik sebelum ngebully ๐Ÿคญ

      https://www.cnbc.com/2020/10/05/malaysias-debt-to-gdp-levels-set-to-rise-amid-covid-19-pandemic.html

      Hapus
    8. eiittt fentung dolo djidatmuh om yugis agar kembali kedunia yang benar2 nyata TUNG TUNG TUUNGG๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  27. Hanya mengingatkan saja ... walaupun dapat hutangan atau pinjaman luar negei ..tampaknya masa-masa ketidak-pastian masih panjang .. wkwkwkwkwk

    -----
    Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    3j
    Indonesia has stated interest on US made advance fighter last year. It may takes around 15 year or likely more for delivery if US approve the sale. During the interval Indonesia should have to buy another 4th++ fighter in order to fill the gap. Will it US F-16V? Or French Rafale?

    Alman Helvas
    @AHelvas
    19 Okt
    Even if Austria agree to offload all of its Eurofighter fleet to Indonesia, it won't meet the whole Indonesian requirement for Interim Multirole Combat Aircraft yet. It would need another used fighters from other countries. Which fighter type will be buy to fill the gap? F-16C/D?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoamzzzz ๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด

      Hapus
    2. KREDIT EKSPOR?
      dari jaman dulu uda sering, ada blom kelar cicilannya lagi haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      nah yg dilakukan menhan skr opa prabowo, adalah proyeksi pembiayaan smpe 3 RENSTRA kedepan!
      mnrut guwe ituw logis,
      kerna jgn sampe proyek ituw putus2, akibat pembiayaan seperti skrg.
      akibatnya smua kontrak yg akan lanjut harus dimulai dari NOL lagi. tentunya dgn harga yg berbeda.

      ingat pesan kumendan, bicara akusisi alutsista adalah investasi. dlm hal ini jangka panjang.

      dari jaman OPA PUR, idola om yugis dan guwe jugak, smua pembelian ASING, pake KE haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      coba buka mata dikit om yugi,
      -kapan kasel RI CBG kontrak, kapan kontrak efektif
      -kapan apache kontrak, kapan kontrak efektif
      -kapan f-16 gurun kontrak, kapan efektif
      -kapan sigma PKR kontrak, kapan kontrak efektif

      pertanyaanyee knp smua gak lgs mulai di saat kontrak hayooo...
      dan masi ada satu kapal selam yg blom diserahin loh, pdhl bentar lagi MEF III/RENSTRA IV(EMPAT) akan berjalan.

      dari sini aja uda ketauan, bajet anggaran mana yg kepake buat bayar cicilan KE.

      gak mungkinlah bajet MEF I ikut masuk,
      lah angkanya aja KECIL, hanya
      42 Trilyun rupiah ato
      2.86 milyar dolar di tahun 2010

      padahal trimatra butuh 86 Trilyun!
      dari sini aja uda kliatan MEF gak mungkin lancar jaya om yugis haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      ada dokumennya lho, lengkap diagram haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      Hapus
    3. Udah om om...org kaya gt jng diladenin...
      Model nya jg cm hit n run..hahaha

      Hapus
    4. Bs nya cuap cuap di kasih pertanyaan kabur org model gt om...

      Hapus
  28. Untuk temen2 sesekali coba nonton youtb MAKNA KALA, content nya bagus buat nambah wawasan kita tentang sejarah dan budaya bangsa indonesia/nusantara ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

    BalasHapus
  29. Tahniah indon kerjasama pencarian mayat tentara Amerika ww 2

    BalasHapus
  30. Malon masih miskin ya, kasihan malon puasanya tambah panjang,,,malon -25% ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  31. Masa lalu yg gemilang. Masa depan tergantung siapa yang memegang....mau kemana? Tak tentu arahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cem mana lagi, tu namanya sick psychology, kerena hari ni kebuluran, lagi baik ingat 2zaman dulu untuk hiburkan diri

      Hapus
    2. arah e saiki ra jelas, kokean pencitraan

      Hapus
  32. Bung Karno presiden sejati, tdk main2 dg kedaulatan negara. Belum ada presiden setelahnya yg bisa menyamai belanja senjata kelas wahid. Irian class pada jamannya mungkin kalau sekarang kayak Cruiser Sverdlovsk class
    Bomber TU-16 kalau sekarang mungkin Saya getar mirip B-2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kena akui indon defense maju zaman Sukarno dan SBY, yg lain lawak raja hutang dan naikkan harga kebajikan rakyat

      Hapus
    2. Kalau menurut pepatah Jawa kondisi sekarang ibaratnya "isuk dele sore tempe"

      Hapus
    3. Ooo macam tu, nape pulak masih percaya penipu tu???

      Hapus
    4. betul, pak karno kui sek asline poros maritim dunia, sek saiki gur ndobos thok

      Hapus
  33. Selain covid, indon ada virus baru halusination

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan obatnya Loon....ntar makin GILAA

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Baca dong pakcik berani gak ?

      https://www.cnbc.com/2020/10/05/malaysias-debt-to-gdp-levels-set-to-rise-amid-covid-19-pandemic.html

      Hapus
  34. Malon belum bisa cari mayat MH370krn tolol

    BalasHapus
  35. Indon jadi gila lepas halusination kapal iver yg tak jadi kah kah iver ivur ini preet kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente GILA ya loon gara2 maharogol kagak cecah air....makan.obatnyalah

      Hapus
    2. Bahasa Indonesianya saja sudah berantakan ditambah bahasa Melayu abal-abal .....

      Hapus
  36. mesakno tni di php rezim pencitraan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berani silahkan hujat pihak pemerintah di akun resmi Twitternya

      Hapus
  37. kerjane bagi bagi kartu, lai nek tni butuh kapal perang

    BalasHapus
  38. Anda itu seorang pengecut sebenarnya ...

    BalasHapus
  39. Balasan
    1. Kan waktunya ambil jatah nasi bungkus....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Dasar anarko, gak tahu apa-apa ikut-ikutan terus ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  40. Kalau gitu saya pamit juga ...
    Selamat tinggal ...

    BalasHapus
  41. @unkown, awas terkena Psychiatric disorders OCD seperti gempuriwa ...

    BalasHapus
  42. Malon mana punya kapal segede gini๐Ÿคญ๐Ÿ˜
    Sedangkan lpd aja gak punya jajajajjaja๐Ÿคฃ
    Saking iri nya malon sampe bilang kri irian itu fiksi sedangkan maharaja lela yang lebih fiksi tak pernah cecah air sampai sekarang hahahahhaha

    BalasHapus
  43. Ini kapal ditahun 60an dgn doktrin penggunaan rudal anti kapal dan rudal pertahanan udara udah ditarik uni soviet dari gugus tempur utama ke gugus tempur kedua.

    BalasHapus
  44. Saat negaranya gempur masih jadi negara bonekanya inggris kita sdh pnya kapal besar qiqiqi

    BalasHapus
  45. ehhhmmn tarik sini aah buat om yugis,
    tp seblomnya guwe fentung dolo djidatmuh agar kembali ALAM yang benar TUNG TUNG TUUNGG๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yugistian Pur19 Oktober 2020 20.04

      Sayangapa roadmap yang pernah dilakukan dan diwariskan oleh PAk Punonomo Yusgiantoro dahulu .. sekarang dibuang ke tempat sampah oleh RR dan Prabowo.. akibat im povisasi mereka ... postur TNI yang hendak dicapai dan dibentuk di masa pasca 2024 menjadi tidak jelas semuanya ...

      -----------------------

      HUSSSS ngarang aje kerjaannye!
      yg bikin road map MEF ituw bukan mantan menhan opa PUR lho haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      beliau adalah eksekutor doank.
      dan guwe banyak baca tulisan opa PUR, tentang hambatan dlm MEF. trutama soal duwit SHOPPING SOPING! luar negerihh..

      adalah mantan menhan opa JUWONO SUDARSONO sang perancang MEF.
      RENSTRA SATUW dimulai jaman beliau jadi menhan.
      latar belakang beliau gak memaen. pernah jd menteri sedjak jaman,
      presiden suharto
      presiden bj habiebie
      presiden gusdur
      presiden mega
      presiden esbeye

      yang namanya ESYU-27SKM/30MK2 diproses jaman beliau jd menhan ato resminya di program RENSTRA SATUW.

      dan smua tau, kite mbelinya pake ngutang om yugi haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      oleh sebab ituw, dari maren2 uda sering guwe tulis

      MEF ituw KAGAK diMULAI dari NOL!
      tapi RENSTRA 2(DUA). mangkanya disebut MEF I/RENSTRA 2(DUA)
      yang ARTINYA, uda langsung MEWARISKAN utang kerjaan dari RENSTRA I(SATU) yg blom selesaiiiiii!!!
      otomatis MEF pon, diprediksi takkan selesai 100% diakhir tahapannya kelak!

      bikin road map shopping list ituw paling gampang se-duniyah,
      yg susah ituw bayarnye!

      yang waras pasti bisa liat, berapa anggaran pertahanan tahun RI 2010 ketika MEF di-mulai
      MEF I/RENSTRA II bajet pertahanan kita yang terserap itu
      42 Trilyun rupiah, sedangkan kebutuhannya 128 Trilyun. jomplang bukan???
      ini data web resmi KEMHAN yg tanda tangan opa PUR lho.

      sila mikir om yus, apa bisa bajet pertahanan 42 trilyun ato setara $ 2,86 milyar dolar(kurs:10000)
      bayar smua shopping soping kite saat ituw?

      yg waras pasti jawab gak mungkin, mangkanya kite pake jasa setan kridit haha!๐Ÿ‘น๐Ÿ‘น๐Ÿ‘น
      oleh kerna ituw menhan opa PURNOMO YUSGIANTORO menulis,
      salah satuw hambatan akusisi alutsista luar negeri adalah, KREDIT EKSPOR!
      sebab birokrasinya lamban, smua tergantung negara debitur begitchu...

      coba buka mata dikit om yugi,
      -kapan kasel RI CBG kontrak, kapan kontrak efektif
      -kapan apache kontrak, kapan kontrak efektif
      -kapan f-16 gurun kontrak, kapan efektif
      -kapan sigma PKR kontrak, kapan kontrak efektif

      dari smua alutsista tersebut diatas,
      kapan selesainya, bayar cicilan pake bajet anggaran tahun kapan?

      ngapaen pada selesai diujung MEF II(kedua)
      bahkan ada satu kapal selam belum selesai haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      padahal MEF III(3)/RENSTRA IV(EMPAT) uda mao mulai tahun depan.

      --------------------------

      smua yg guwe tulis ini, ada sumber validnye.

      baik dari mantan menhan opa JUWONO maupun opa PURNOMO

      lah situw nulis tanpa dasar haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ
      cukup 2 link resmi dari KEMHAN RI jaman menhan opa JUWONO & opa PUR...AMBYARRRrr smua Khayalan luh om yugi haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
    2. dari kisah halu, yg disiniiiihhh haha!๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡


      https://defense-studies.blogspot.com/2020/10/what-is-special-about-bmp-3f-indonesia.html?showComment=1603172459366#c4600732432780315167

      Hapus
    3. koreksi, td juling liat angka haha!๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง

      kebutuhan anggaran TNI
      2010: 86T bukan 128T
      2011: 128T

      klo pemenuhan anggaran oleh pemerintah tetep sama

      2010: 42,3 T
      2011: 42,7

      dari sini uda kliatan kan gaesz, knp MEF diprediksi gak bakal terpenuhi 100% tahapan akhir, salah satunya adalah, masalah bajet yg jomplang gt
      antara keinginan dan kantung, beda sangat.

      saat ini bajet kita yg tembus $ 9 milyar dari $ 2,86 milyar dolar diawal MEF I(2010) pon...
      blom bisa nutup bolong2 utang dalam pembiayaan KE di jaman:
      RENSTRA I
      MEF I/RENSTRA II
      MEF II/RENSTRA III...berjalan

      Hapus
    4. Sampean jelasin panjang lebar jga gak bakal nyampe otak nya om percuma buang2 paketan aja wkwkw

      Hapus
  46. Halo semua, apa kabar? Semoga kalian baik baik aja ya....., tetap jaga kesehatan

    BalasHapus