09 Oktober 2020

The Most Expensive MBT in the World: Japan Ranked First, South Korea Second

09 Oktober 2020

Japanese Type 90 main battle tank (photo : mainichi)

T-90 tanks that Vietnam bought from Russia actually have a much cheaper unit price per unit than the most modern main battle tanks of Japan or Korea.

The world's most expensive location no longer belongs to the French AMX 56 Leclerc main battle tank, but to the latest Type 90 Japanese tank.

This unique tank with the ability to change the center of gravity is up to 9.4 million USD per unit and is the most expensive tank in the world today.

Korean K2 main battle tank (photo : militaryleak)

Standing in second place is a representative from Korea - the main K-2 Black Panther tank designed and developed by the country independently.

The AMX 56 Leclerc - the main battle tank once considered the most expensive in the world fell to third place. Thanks to improvements in the production line, the cost of Leclerc is decreasing and an average of 862 units were produced for only $ 8.5 million each.

The "safest" tank in the world, the Challenger 2 UK, costs $ 6.8 million each.

French AMX-56 Lecrerc main battle tank (photo : National Interest)

Leopard 2A6 - version of the most modern Leopard 2 tank currently costs $ 6.7 million per unit.

Cheaper $ 700,000 is the main American M1 Abrams tank.

The only main tank in the world capable of carrying troops is the Merkava Mk IV of Israel, which costs $ 5 million each.

The T-14 Armata - Russia's most modern tank as a tank of futuristic design, costs only $ 3.7 million each.

Vietnam Army's T-90S main battle tank (photo : KienThuc)

China's Type 99 costs $ 2.6 million each. Currently the Chinese military is using about 500 of these tanks.

The T-90S tank is the most popular main battle tank in the world today and Vietnam also owns a price of 2.5 million USD each.

The T-72 continues to be considered the cheapest modern main tank in the world at just $ 1.5 million each. Even the Russian military still uses these tanks as their main force due to their cost factors.

176 komentar:

  1. Balasan
    1. https://militermeter.com/turki-ketahuan-kirim-pesawat-f-16-dan-cn-235-ke-azerbaijan-untuk-bantu-serang-armenia/ CN-235 PT DI makin battle proven harga bakal naik produksi bertambah...

      Hapus
  2. Belajar dari perang Arme VS Azer.

    Dimana Tank, IFV, APC, MRAP, Truk jadi ayam panggang di salvo drone kamikaze dan UCAV.

    Jadi pemerintah RI lebih baik kembangkan roket untuk UAV Elang Hitam,drone kamikaze, UAV HALE.

    Apabila mau ada penambahan MBT, lebih baik beli seken dan di upgrade

    Dan untuk Medium Tank Harimau, sebaiknya hanya untuk mengganti Tank Scorpion, Tank AMX13.

    Setelah itu kembangkan dari basic Medium Tank Harimau untuk membuat SPAAG, ECM Tank dengan kerjasama dengan FNSS. Atau ambil dari basic RBS Tank yg sudah di buat pindad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn lupa juga buat senjata anti drone

      Hapus
    2. Yup setuju, tapi jangan lupa radar yg punya software khusus untuk bisa mengenali drone ukuran kecil....seperti saab giraffe 1X atau radar weibel counter drone.

      Sama untuk kendaraan pengangkut radar dan alutsista pemusnah drone sebaiknya menggunakan yg ranpur beroda rantai utk mengimbangi oleh gerak tank.....bisa pakai platform tank mini Weisel atau BV-410.

      Dan senjata pemusnah dronenya kombinasi rudal vshorad dan kanon bermunisi air burst πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    3. Haaaaa.itu juga jammernya jangan kelupaan dibawa πŸ˜‚

      Hapus
    4. Harusnya brada cma batu sandungan kita dr segi finansial dan TOT u senjata anti serangan udara...cma y semoga aj kita bisa dengan berusaha keras...siip

      Hapus
    5. Segera belikan Korkut, BUK M3 untuk marinir, batalyon mekanis, kostrad, kopassus.

      Hapus
    6. Pak Prabowo belikan Tank Abrams M1 200unit dan upgrade ke Tank Abrams M2 untuk teman main leopard.

      T14 boleh lah untuk marinir

      Hapus
    7. Gunakan Electronic Surveilance Warfere beres dah, bisa ngejammer area 300 km+, kalaupun ada drone yg mendekat bisa dipastikan kontrolnya bermasalah.


      Modern problem need modern sokution

      Hapus
    8. Van Kravchenko 9 Oktober 2020 22.26

      Gunakan Electronic Surveilance Warfere beres dah, bisa ngejammer area 300 km+, kalaupun ada drone yg mendekat bisa dipastikan kontrolnya bermasalah.


      Modern problem need modern solution.

      Pertanyaannya
      Apakah TNI punya Electronic Surveillance Warfare?

      Hapus
    9. Pertanyaan bagus, jawabannya "KAGAK" :v

      Sedih ? Iya, udah seharusnya punya, seengaknya buat ngawal pergerakan infatri mekanis.

      Ada beberapa contoh nij buat EW , antara lain Krasukha, Koral, MEWSS,

      Masi dikit ? Iya soalnya masih dikit negara yg sadar kalau penggunaan drone dan loitering munition itu bisa merugikan.

      Hapus
  3. Mantab, alhamdulilah Indonesia sudah punya MBT, terimakasih pak SBY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoooiiii plus Hambalang templeπŸ‘

      Hapus
    2. ...plus jalan TOL MANGKRAK bertahun2 yang dilanjutkan oleh Pak Jokowi













      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Maaf pak anu belum pernah beli MBT semenjak menjabat, hahaha

      Type 90 Jepang : 9.4 million USD
      K-2 Black Panther Korea : 8.5 million USD
      AMX 56 Leclerc : 8.5 million USD
      Challenger 2 Inggris : 6.8 million USD
      Leopard 2A6 Jerman : 6.7 million USD
      M1 Abrams Amerika : 6 million USD
      Merkava Mk IV Israel : 5 million USD
      T-14 Armata Russia : 3.7 million USD
      T-90S Russia : 2.5 million USD
      Type 99 China : 2 million USD
      T-72 Russia : 1.5 million USD

      Harimau Indonesia : sekitar 7 million USD

      Harga harimau masih lebih mahal dari Challenger, tapi yaa gpp, cintailah produk produk Indonesia, cuma kalau untuk ekspor masih kurang bersaing.

      Terimakasih pak SBY sdh mengawali joint produksi tank bersama Turki, Joss

      Hapus
    4. Kok tank t90 murah sekali.. dan lebih mahal tank harimau..
      Itu harga hoak ngak

      Hapus
    5. Harga tergantung jumlah yang diproduksi, semakin banyak harga bisa semakin murah, karena production line akan dibuat seekonomis mungkin

      Hapus
    6. Pak Anu beli Medium Tank Harimau aja cuma 20unit.

      Hapus
    7. Pak kandar dah beli apa? Qiqiqi

      Hapus
    8. ...si Kandar cuma BACOOOOOT
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    9. Jenderal kog baperan, pemuja pak anu yaa, hahaha 😁

      Hapus
    10. Jenderal yg bikin candi sama cari harta karun siapa ya dar....? 🀣🀣🀣

      Hapus
    11. Mbok yo kreatif dikitlah, apakah cm segitu otakmu, diulang ulang trsπŸ˜…

      Hayo siapa pemecah rekor bikin utang tenor sampai 50 tahun, tau ga, hahaha

      Hapus
    12. yah elah baperan amat lo kubu banteng, nohh pilkada tetep jalan pas covid karya besar junjungan loo, cinta buta jgn di piara borr

      Hapus
    13. @Jenderal itil emang jaman si anu2 udh belanja gede apaan TNI hee?? ToT kaga jalan, sukro mandek, belanja lokal aja kaga adeee, terus paaan?? spedaa tipe destroyer?? lo mau bahas yg lain ayooo gue ladenin

      Hapus
    14. Hayo siapa pemecah rekor bikin utang tenor sampai 50 tahun, tau ga,

      Tau ga dar kenapa di bikin tenor lama ?
      Bs jawab ga,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      kalau ga tau gw kasih tau,biar pinteran dikit dar...

      Hapus
    15. AIROD CARWASH10 Oktober 2020 12.20
      yah elah baperan amat lo kubu banteng, nohh pilkada tetep jalan pas covid karya besar junjungan loo, cinta buta jgn di piara borr

      Hahaha gagal move on...sorry ye gw bukan banteng,ayo...gw ladenin

      Kenapa SBY bisa belanja banyak sementara sekarang kaga...?
      Jaman SBY blm ada UU setiap pembelian alutsista kudu ada TOT
      Undang-Undang No. 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahananaham sekrang lu tong...

      Sekarang tiap pembelian alutsista wajib dlm negeri,kalau dalam negeri blm mampu beli diluar dng syarat imbal dagan dan TOt,paham lo skr...

      Gantian skr gw tanya ama lo crod...jng kabur ya

      Hapus
    16. Terimakasih pak SBY sdh mengawali joint produksi tank bersama Turki, Joss

      Anda salah dar...hahaha,itu era jaman rezim sekarang pengembangan dan pebuatan Harimau hitam...hahaha

      Hapus
    17. @Du2nk ga gue ga kabur, lo baca baek2 diatas, yg baperan siapa?? ada gue bilang gue dukung sby?? ada gak?? jelas2 si iskandar cuma bilang terima kasih pak sby, jenderal itil nyaut "dan hambalang temple" so?? udah lah hari gini ga usah ngerasa bgt kesenggol, kaga mau bgt junjungannya kena singgung, ya gue tau lo pinter tp jalan kaga itu ToT?? kalopun iya sejalan apa?? apa realisasinya?

      halah kaga usah lo ngaku2 bukan banteng, berak lo!! ga kmaren sore kita ini merhatiin orang2 kaya lu, gue ladenin lo mau smpe mana, ga usah bawa2 aturan2

      Hapus
    18. @Du2nk hahaa ngata2in gue gagal move on? bukannya lo y yg gagal move on, reaktif bgt ampe2 bawa2 uu segala, lu baca komen gue buat si jendral itil sblmnya pas dia bawa "kadrun2", ini forumer persatuan bro, lo jgn bawa2 baperan lo kemari! jgn2 lo jendral itil yg ganti akun ya?? preet !!

      Hapus
    19. Wakakkaa...pasuka gagal paham nongol,ga gagal move on...berak lu wahahaha,TOT ga jalan ? Preeet berak sekebon luh...lu baca situs kemenhan apa aja TOT yg ud jalan...

      Gw jg siap ladenin lo sampe kemana jg...ayo apa yg kita bahas...

      Gw ga pernah ganti akun...lo ty pasukan tabrak lari doyan ganti akun...gw ga pernah bawa golongam.ye asal lo tau...


      Ayo bahas apa...gw ladenin sampe kemana jg...macam org kaya lo mah

      Hapus
    20. Gw bawa UU memang realitanya perhal TOT sesuai amanat UU no 16 2012,jaman pa SBY ud ada belum tuh UU ?
      Mau presiden nya siapa kek kalau ud ada amanat Dr UU musti di jalanin...

      Lucu org discus ga blh bawa aturan aturan...wakakkaka
      Ngehe emang otak dangkal...hahaha

      Hapus
    21. @du2nk jiaahahaha makin panas, lho gagal paham gimana? ga usah puter2 kiri kanan deh lo, lha ayo aja lo mau ngomong apa, knp jd gue yg harus majuin topiknya, baperaan akut loo broerr, ga beda ama si gempur, iya jalan deh tp sejalan apa itu ToT skrg? udh cocok sm kebutuhan skrg ga? itu TNI lo liat maenannya gtu2 aja, ada yg dateng efek deterennya tinggi, belanja juga dikit2 dan ga lengkap, lo mau bandingin sm siapa? malaysia? udh ga pantes broer negara gini gede head to head sm jiran, melek luu, emg gede pencitraan luu, makin keliatan lu pendukung bantengnya lu, udah deeh keliatan, buzzer lu ya jangan2?

      Hapus
    22. @du2nk otak bapak kau yg dangkal, gue ga ngulitin siapa presidennya, emng bener alutsista banyak dateng jaman sby kan? akuin aja susah amat lo, lo yg ngehe, panas lo gue bilang anu2, halaah buzzer ngehe lo!

      Hapus
    23. Jiah hahaha...pasukan gagal paham,buzzer kayanya lu deh,
      Lah di atas lu bilang mau ladenin ,ya gw tanggepin...
      Lah mana pernah gw compare sm malon...buat acuan justru negara besar lah...ngapain negara malon...hahaha
      China india,ausie ,sing itu br bs jd acuan...

      Hahaha...siapa tuh gede pencitra an...junjungan siapa tuh...ketahuan barisan sakit hati,asal lo tau ye...dengki lo ud akut...hahaha
      Gw bukan banteng bro salah nuduh Lo cumi..wkwkwkwk

      "jalan deh tp sejalan apa itu ToT skrg? udh cocok sm kebutuhan skrg ga? itu TNI lo liat maenannya gtu2 aja, ada yg dateng efek deterennya tinggi, belanja juga dikit2 dan ga lengkap"

      Maenan gt gt aja yg minta siapa ?emang menhan atau pemerintah yg minta?pembelanjaan TNI itu dr restra dan buku putih.
      User sendiri yg minta sesuai dng anggaran,belanja mana yg ga lengkap? Alut mana cb lu sebutin

      Kelihatan bisa nyiyir doank lu bs nya...nyiyir sama kasih solusi itu br imbang.kaya lu bs aja jd menhan...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    24. Wahahaha...ada debat ga nyampe emosi bawa2 ortu...ga sampe ya otak lu...makanya bilang dan tanyai ama bapak lu dan emak lu...waktu buat lu pake doa apa ngga,kalau ngga wajar lah otak lu isi nya nyiyir ama sampah ga bs di ajak diskusi...hahaha

      Hapus
    25. @du2nk eh bos lo yg baca baik2 itu dr atas, gue cm nengahin antara di jendral sm si iskandar, ga ush lah reaktif2 bgt kalo org ada yg muji presiden2 sblmnya, setiap presiden beda2 achievementnya, mau sampai kapan ribut2 mulu? gue bilang mau bahas apa gue ladenin kan buat si jendral, kenapa elu yg sewot?? gue makin curiga ini elu cm ganti akun ya, kalo engga ya gpp juga bukan urusan gue

      lha lu ngapain duluan ngomong gue gagal move on, barisan sakit hatilah dll

      ni kutipan reaksi lo, baca baik2 siapa yg belagak duluan:

      "yah elah baperan amat lo kubu banteng, nohh pilkada tetep jalan pas covid karya besar junjungan loo, cinta buta jgn di piara borr

      Hahaha gagal move on...sorry ye gw bukan banteng,ayo...gw ladenin

      Kenapa SBY bisa belanja banyak sementara sekarang kaga...?
      Jaman SBY blm ada UU setiap pembelian alutsista kudu ada TOT
      Undang-Undang No. 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahananaham sekrang lu tong...

      Sekarang tiap pembelian alutsista wajib dlm negeri,kalau dalam negeri blm mampu beli diluar dng syarat imbal dagan dan TOt,paham lo skr...

      Gantian skr gw tanya ama lo crod...jng kabur"

      tang tong tang tong kek jagoan luu, hahaa panasan amat ya jd orang, yg di katain sapa yg nyaut sapa?? giliran disentak galak bangeett, gue tau ToT jaman jokowi, iya dehh biar lo heppi, tp lo liat doong ya itu ToT sampai mana realisasinya, syaratnya berat broer, beli dikit minta ToT, itu mah sama aja lo ga ad niat bener2 ngebangun bukan?? lo liat ga kebutuhan TNI apaan?? mau ngisi kebutuhuan alutsista nungguin ToT?? kapan terpenuhinyaa pdhl ada kebutuhan yg urgent dan sifatnya segera, udh dr lama ya soal ini, jgn ngeles juga bilang beli apa2 butuh waktu produksi buatnya dr negara produsen, udh lama isu ttg urgensi alutsista

      bangun woi bangun, iya kita bangga kok sm maung, harimau, anoa, cn dll, tapi liat doong broer efek deterennya sampai manaa? cukup ga buat kita di segenin?? lo jawab aja sendiri, kaya gitu lu mau compare sm aussie dkk?? bangunnn dul banguuun udh siang, lu nanya mana yg ga lengkap?? mulai dr laut dlu deh, sampai mana tu cita2 poros maritim dunia hee? udh terpenuhi tu kapal2 kita? gue bersyukur kok kcr terus dateng, bakamla gede2 kapalnya, lhaa tp yg lain mana?? mana kelanjutannya pak bosss?? itu halaman depan udh dimasukkin malingg ommm, udah gini enteng lu ngeles bilang usernya yg request, emgnya urusan pertahanan cuma user yg nentuin, udh urgent broer kebutuhan pertahanan kita

      yaa lu tanya juga sama bapak emak lu sampe buyut2 lo sekalian gmn lo dibuat, sambil apa dulu buatnya biar jelas knp lo panasan punya watak, ga abis2 debat ama org kaya lu, haduh haduuh, ga bole bgt muji yg lain, tiap presiden punya achievement masing2 broer, beda pendapat biasa, namanya jg demokrasi, ampunn dehh

      Hapus
    26. Wakakaka ada yg ngomel2 kaga ada arah,ketahuan otak lo dangkal bos,debat sehat bukan pake otot ,bacot lo kaga di ayak ketahuan kapastias lo....

      Lu kata bikin alutsista kaya bikin tahu goreng,semua ada tahapannya sesuai kemampuaan anggaran,sama teknologi yg di dpt,sementara TOT alut yg beli dr luar ga semua Negara mau kasih full.woy bkn gw ngeles lo mau beli barang bukan sesuai keinginan lo,gmn lo rasanya,
      Pemilihan aset ya sesuai User lah,kelayakan ,geografi,anggaran,teknologi semua mereka yg pilih.gmn poloh pikir lo,dangkal amat

      Pandangan lo soal poros maritim aja salah,lu ambil seolah olah poros maritim cm dr dunia militer,lo pahami dl apa itu poros maritim baru lo teriak teriak....cb lo jabarin soal poros maritim yg lo tau?
      Jawab jng kabur

      kritik blh bos tp solusi lo jg kasih.. Klo cm bs kritik ga ada solusi ga jauh beda ama tong kosong nyaring bunyi nya,

      Wahahaha...lu yg bawa2 ortu,giliran di sentil dikit ngomel,susah emang ama anak bocah separo,gw rasa perkawinan silang manusia ama pocong kayanya nih orang,hahaha
      Bisanya marah ga jelas,ngritik ga jelas,wakakaka

      Hapus
    27. Gw tunggu jawaban lu....
      Pertanyaan lu sisa nya gw jawab kalau lu bisa jawab pertanyaan gw di atas...

      Katanya lu ga bego...bs donk jawab,lu ga bego kan ? Dan lu anak manusia yg bikin nya oake doa kan...? Kalau iya jawab ye ..jng gonggong aja...ups salah jng ngomel aja ,bacot kaya emak emak lagi PMS.πŸ™‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    28. @du2ng

      pertanyaan yg mana? lu ga ush muter2 juga, emg gue ga liat lu hajar semua org yg kontra sm pemikiran lo di komen2 bawah2, ga ush disini bos klo mau nge buzzer, pro kontra biasa, ga semua yg kecewa sm realisasi alutsista itu kontra sm pemerintah, apapun yg dijawab akan lo counter seolah2 lo paling benerr aja, gila ya asli stress bgt org2 kaya gini ckckckck

      Hapus
    29. @du2ng
      saya cm nengahin antara si jenderal civil dgn iskandar, krn ga sekali ini si jenderal civil dorong2 ke arah politik

      anda bukan pendukung salah 1 kubu? saya juga bukan! saya cm ga mau kita yg fun2 aja di kolom komentar jd debat2 soal politik, sori mas anda keliatan bgt ga sukanya sekalipun anda coba nutupin dengan data2 dan knowledge yg anda tau, silahkan anda berbicara apapun yg anda mau tp tolong biarkan pendapat org lain apa adanya, tidak semua harus anda ladeni, terima kasih

      Hapus
    30. Gile semua dihajarin sm si Dudung,kurang piknik ini bocah

      Hapus
    31. ini airod sm du2ng, elo be2 knp ribut2 disini? di ketawain elo ama malonte, payah lo b2,seneng2 aja disini deh

      Hapus
    32. Airodcrod

      cb lo jabarin soal poros maritim yg lo tau?


      Tuh pertabyaan gw crod dari kapan tau,ga usah muter muter aj omongan lu,kaga jelas arah jd ketahuan bs nya cm nyinyir tanpa solusi,
      Iya lah gw benturin org yg tukang nyinyir ga ada solusi,macam paling betul aja di dunia,woy banyak banyak jajan jd tau kalau di dunia ga ada sempurna,xixixi

      Nick lo aja gonta ganti ketahuan tukang nyinyir bin nyampah aja...
      Ngasih pendapat blh lah,yg sesuai dng realitanya.Ini kritik nyiyir kabur.

      Dah ane tdr lagi...xixixi
      Ditunggu ya om,jawabanya

      Hapus
  4. Waw pas pertama liat judulnya,soalnya kan jepang sebelumnya gak begitu
    Menonjol soal teknologi MBT..syabas japan..tapi ingat ad DRONE..

    BalasHapus
  5. admin..saya nak tegur gambar dengan maklumat yang diberi tak betul... mohon buat pembetulan...

    1. Type 90 Jepun- versi lama bukan versi baru yang mahal tu

    2. AMX-56 Lecrerc- tapi gambar Korean K2 main battle tank

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...udah makan belum Pur ?

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      🍌🍌🍌🍌🍌



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. gempur punya de expensive ship 6 billion dollar qiqiqi

      Hapus
  6. ...SLAWE, SEKET, SWIDAK

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  7. Mending tank Sherman dan jag panther untuk skr ini harga paling mahal, Krn barang state of the art di jamannya. kolektor itemπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending tank King Tiger bro.. yang paling greget di zamannya.. πŸ‘πŸ‘

      soal harga masalahnya masih misterius sih..

      Hapus
  8. K2 black panther πŸ˜€, My favorite MTB 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...MTB ?

      Malon Titit Beruk, maksudnya ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Eh, salah ngetik maksudnya MBT πŸ˜‚

      Hapus
    3. MTB FM maksute 😦😦

      Hapus
  9. Harimau dong.. 36 tahun dari design sampai jadi yeah πŸ‘

    The governments of Indonesia and Turkey first agreed in May 2015 to jointly develop the MMWT for the Indonesian Army at a reported cost of 30 million US dollars.[7] The development phase of the program was expected to take up to 37 months, with the first prototype being built in Turkey, and the second in Indonesia.[8] The intellectual property of the design was agreed upon to be shared between the two governments.

    On 1 November 2016, during the 2016 Indo Defence expo, the first model of the tank was unveiled, along with some technical specifications.[9] Most notably, the vehicles overall weight was reported to be around 35 tonnes, and the main armament would be provided by a Belgian-made turret developed by CMI Defence featuring a 105mm rifled barrel, capable of firing a wide range of projectiles.

    2015 era siapa sih ? Soeharto bukan yaa ???? πŸ™„πŸ™„πŸ™„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya om, soal program medium tank tu sdh program lama dr masa SBY setau saya, bahkan desain sdh sempat jadi. soalnya kebetulan saya lumayan seneng ngikutin perkembangan pembangunan pertahanan khususnya Indonesia, cuma realisasi akhirnya dijalinlah kerja sama dgn Turki masa mr Jokwi. Tanpa hrs soal sentimen politik, saya nyoba agak nyeimbangin porsi penilaian saja, nulis gini nanti saya sdh siap dibully pemuja candi,,monggo dilanjut

      Hapus
    2. Pemerintah sekarang buat ngelanjutin program MEF aja susahnya minta ampun.

      Hapus
    3. Alhamdulullah sedikit demi sedikit indonesia masih sanggup shopping aset, beza dgn gempur cs qiqiqi

      Hapus
    4. Konsepnya sedikit banyak udah di teterin sama Pak Pur mas joe

      Hapus
    5. Terus program ToT alutsista apa yg berhasil di pemerintah pak jokowi dari 5tahun sampai dengan sekarang??

      Hapus
    6. Unknown9 Oktober 2020 22.57
      Terus program ToT alutsista apa yg berhasil di pemerintah pak jokowi dari 5tahun sampai dengan sekarang??

      Gw terangin nih sedikit banyak tp jng kabur lagi kaya kemarin bahas luar negeri ya

      Peletakan pondasi teknologi militer dr era bpk sukarno,yg mana waktu itu program beliau berusaha membuat alutsista sendiri dng mengirim ahli ahli muda indonesia belajar keluar,Roket kartika,senapan SP-1,pesawat ringan propeler nurtanio,kapal patroli ringan,dan beberapa senjata lainnya.meskipun blm terlalu sempurna,di era Bpk Suharto seiring perekonomian membaik,dan ahli2 yg sekolah diluar kembali rekayasa teknologi militer berkembang,dng di buat nya beberapa peralataN dan lisensi seperti CN-235,N250,NBO105,Nbell,super puma ,Peluncur roket ringan Dan peluncur roket plafom tank ( Pt76),Senapan SS1,amunisi,kapal patroli FPB28/57,program Korvet Nasional,panser ringan A yani,APS-1 dll,di era reformasi thn 2000an Pun indonesia membuat satelit mikro,meriam tarik 105 dll,di era Sby berlanjut ke beberapa alut buatan dlm negeri macam Anoa,kapal patroli,Fregat ringan,LPD,LST dll,di era skr pun program masih ttp berjalan,Khusus nya di bidang teknologi digital dll...

      Jd klau lu bilang ga ada hasil pemerinta skr lu salah,tiap pengebangan teknologi atau TOt di tiap pemerintahan ttp berjalan...makanya banyak banyak baca biar ga ketahuan bloon nya...awas dosa jariyah lu nebar kebencian ama Hoax...hahaha

      Btw mau siapa pun pemerintahnya program rekayasa teknologi dan pembuatan sejata militer ttp jalan krn emang ud ada dasarnya dr presiden2 dan pemerintah dl...paham kan lo skr....hahaha

      Hapus
    7. Wew wew, masih ada yg nyalahin pak pres nih 🀣

      Kan ada menteri pertahanan deh, jadi semua tugas ada di dia, kalao ada yg salah atau telat belanja berarti auto memteri pertahanan dong 🀣

      Mas, pesen alat perang, apalagi yg canggih dan make TOT ga kaya open BO ya, yg langsung bisa dipakai.

      Lihat misal kita pesen F 16 sekarang, baru dateng paling cepet 24 - 36 bulan lagi, karena harus anteri.


      Lagian kalo mau ngasih TOT juga harus liat dulu dong kemampuan inhan lokal, bisa apa kagak, kalo ga mampu tapi dipaksa gengsi sama korupsi ga jadinya keg malon punya, bikin kapal sebiji aja ga bisa

      Hapus
    8. @Du2nk Tuman Hardolin

      Berarti Pak Jokowi tinggal ngelanjutin doang kan program pemerintah sebelumnya kan. Pertanyaan gue sebelumnya kan cukup jelas di pertanyaan sebelumnya. Jadi jangan lue melebar kemana2. Gue juga dah tau banyak alutsista program lisensi.

      Terus hasil pemikirian murni program pak Jokowi untuk kemajuan ToT di zaman dia apa? Tot Changbogo? N219? Emang teknologi digital E-Commerce ada hubungannya kemajuan dengan alutsista?

      Hapus
    9. @Van Kravchenko

      Gue ga nyalahin Pak Presiden tapi cuma mengkritik.

      Iya gue setuju untuk masalah ToT harus melihat juga kemampuan inhan dalam negeri.

      Iya dong jelas kalo telat belanja berati salah menhan sebelumya kan sudah ada MEF kenapa tidak diikuti.

      Haruskan 5tahun yg lalu sudah bisa beli SU35 dan datang barangnya tapi sampe sekarang ga datang dan sekarang mau bayar takut kena sanksi CAATSA.

      Pasti alasannya karena mau nego pembayaran SU35 yg alot karena Rusia awalnya minta uang cash dan akhirnya Rusia luluh mau dengan skema barter.

      Hapus
    10. Wahahaha...baca berita dr 2014 ,indonesia buat perjanjian kerjasama apa aja,ama negara mana...distu semua jelas,blm lama jg ada berita nya kerjasama dan transfer teknologi militer ama yunani,brazil...banyak banyak baca om...
      Lu tau ga artinya era revolusi industri 4.0 ? Lu kata digital cm buat E-Commerc doank...hahaha

      Kritik boleh tp di iringin solusi biar ga keyahuan nyinyir nya ...
      Skr gw tanya ama lu...

      Hapus
    11. Pemerintah Indonesia dan Turki pertama kali menyepakati kerjasama pada Mei 2015 untuk bersama-sama mengembangkan 'Tank Medium Modern' untuk Angkatan Darat Indonesia dengan biaya yang dilaporkan sebesar 30 juta dolar AS.[4] Tahap pengembangan dari program ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 37 bulan, dengan purwarupa pertama diproduksi di Turki, dan yang kedua di Indonesia.

      Itu 2015 presiden nya era siapa pa...meskipun rencana pembuatan medium tank dr thn 2000an.

      Mau ga diunjukin lagi yg lain...

      Lu dr presiden jaman bapak suharto smp skr pa jokowi bs nya ngritik tanpa solusi..hahaha

      Hapus
    12. Penandatangan perjanjian kerjasama militer Indonesia - Ukraina (8-02-2020)

      Pindad dengan pelaku usaha dari industri pertahanan di Ukraina ini. Realisasi dari kerjasama ini diharapkan Arhanud kita dapat dilengkapi dengan Fire Control Radar dan Surveillance Radar berkemampuan jarak deteksi hingga 150 km,selain itu kerjasama di bidan amunisi,kendaraan tempur dll jg akan berjalan dikemudian hari.

      Kerjasama Indonesia Ceko
      transfer teknologi di bidang industri pertahanan antara kedua negara, terutama masalah pembuatan munisi,kendaraan tempur dan alat komunikasi. Kerja sama di bidang Alat Komuniasi dan juga di bidang cyber penting dilakukan kedua negara.( 30 April 2018 )

      Lu buka buka dah situs kemenhan disitu banyak kerjasama militer plus TOT dr berbagai negara,biar kaga ketahuan kaga tau nya luh...hahaha

      Hapus
    13. Sekarang gw tanya ama lu...kenapa era SBY bs belanja banyak ?

      Gw tunggu jawabanya jng kabur ya...hahaha

      Hapus
    14. "Iya dong jelas kalo telat belanja berati salah menhan sebelumya kan sudah ada MEF kenapa tidak diikuti.

      Haruskan 5tahun yg lalu sudah bisa beli SU35 dan datang barangnya tapi sampe sekarang ga datang dan sekarang mau bayar takut kena sanksi CAATSA.

      Pasti alasannya karena mau nego pembayaran SU35 yg alot karena Rusia awalnya minta uang cash dan akhirnya Rusia luluh mau dengan skema barter."


      🀣🀣🀣

      Bentuk org gagal paham dan ketidak tahuan tp nyiyir...hahaha

      Hapus
    15. Mantap penjelasannya.

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Tapi sayangnya gue udah tau.

      Hapus
    16. Makasih...


      Hahaha...ud tau masih ada nanya skr gw tanya...
      Kenapa jaman pa SBY bisa belanja banyak...?

      Hapus
    17. Xixixi kabur.. Bisanya ngeritik tanpa solusi,dikasih pertanyaan ilang...wahahaha

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    18. Banti jawab, pembelian asset banyak tidak serta merta itu bersih.


      Saya ambil contoh M113 bekas, itu sebagian besar hanya akal"an Top Brass untuk main uang, dengan keadaan yang dibilang memprihatinkan M113 pada akhirnya ditaroh di infatri mekanik, bukan kavaleri.

      Soal SU 35 bukan cepat atau lambat, tapi masih masuk lagi ke ranah Korupsi dan biaya perawatan yang mahal.


      Lagian pembelian pertama Su 27 itu cuma ditunjukkan kalau indonesia bisa dan berani untuk ambil platform lain selain dari US

      Hapus
    19. @du2nk

      bro saya yakin blogger2 di blog ini setuju kalo pengetahuan anda itu diatas rata2 dan sedikit banyak temen2 disini dpt pencerahan, tp klo boleh saran ya, ga begitu caranya anda membalas dan bereaksi dengan pengkritik, dengan kata2 andalan "jgn kabur ya" "banyak2 baca ya" dll, seakan2 jd hal personal buat anda, anda itu kenapa ya mas? saya tanya baik2 deh ini, bukan berarti setiap pengkritik itu kontra dengan pemerintah kan? bs jd teman2 kita ini cm sedikit kesal dgn beberapa hal yg belum terealisasi kan bs juga, namanya juga fanboy militer, saya rasa ya wajar2 aja mereka kecewa krn ga jd liat tni kita pakai alutsista yg bener2 bs bikin bungkam para2 penerobos kaya ccg, ga gtu jg carany bro, maaf ya sblmnya, mending lawan troller jiran dr pd pecah disini, saya kira cm diatas aja kita berdebat

      Hapus
    20. @Du2ng sehat pak? kena sambit pendemo jes?

      Hapus
  10. Perasaan saya tadi lihat Bung @Sego Jagung di artikel sebelumnya?

    Bung @Sego Jagung silegenda JKGR... yang pakai foto orang gila

    BalasHapus
  11. ...Ane mau / favorit nya Tank TRANSFORMERS, tapi sayaaaaaaaangnya...mungkin belum ada yang bikin

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Septic Tank mau mas ? Kemana mana bawa gembolan tong bulet dua biji dibelakang ? πŸ˜‚

      Hapus
    2. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  12. Mau komentar di artikel sebelumnya udah 200-an komentar jadi gue komentar di sini aja.

    Kalo gue sih kepingin :

    Tambah 64 falcon gurun
    32 viper baru
    56 f35A
    28 F35B
    40 f15ex
    14 B-1B
    16 Warthog
    32 Red Hawk
    32 C130J-30
    8 C17
    72 Apache
    32 blackhawk
    54 Chinook untuk 3 matra
    28 MH60R
    16 AH-1Z
    20 Osprey
    15 Poseidon
    4 Wedgetail
    4 KC130
    54 MQ-9 Reaper
    8 baterai MM-104 PAC-3
    4 baterai ICBM
    2 Aegis Ashore
    310 Stryker
    192 LVTP
    900 MTVR
    13 Ticonderoga
    27 Arleigh Burke
    2 Wasp class


    Kalo ngayal jangan tanggung2...

    *Nih hasil halu para reader disebelah w bawa kesini πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau beneran terwujud ya gak masalah juga πŸ˜€

      Hapus
    2. ...Jun, isuk arek miluan Quis poe SABTU...moal ?















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Inyonge milu.....tapine pulsane mau wes sido dikirim urung yo akang @Jack 😁😁😁

      Hapus
    4. ...wis koh, urung teko ? 😁

      Hapus
    5. Kusik-kusik.....tak timekane meneh πŸšΆπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    6. ... πŸ‘‰ 082134500042, iku nomere tho ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    7. Woooooo....iyo wes mlebu jebulane, sepurane yo akang @Jack, maklum hp ne 4.....tiru mbah Gono πŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    8. Matur nuwun akang @Jack πŸ™πŸ™πŸ™.....sesuk yen menang meneh genti dikirim neng nomer liyane πŸ˜‚

      Hapus
    9. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    10. Mas hari itu πŸ™„πŸ€”πŸ€­πŸ€­

      Hapus
    11. Senes mbah.....kulo thukul 😸😸😸

      Hapus
  13. LIAT INI. TRACKnya Type 90 '' LEPAS DR RODANYA''
    Di menit 42an.....tank paling kanan.

    https://youtu.be/HY2dDWkzJvo


    Ni pas DIBENERIN nya

    https://youtu.be/edmAFzccfsQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. LAGI. Kayaknya Type 74nya juga COPOT TRACKNYA
      https://youtu.be/iSeF3L8OdQQ

      Hapus
  14. "Kemukus isih bukak lowongan ora yooo......πŸ€”"

    https://news.detik.com/berita/d-5207247/ini-sasa-mahasiswi-yang-viral-orasi-ubah-pancasila-saat-demo-uu-ciptaker?tag_from=wpm_cb_mospopular_list&_ga=2.191938732.724460154.1592477866-935833695.1526148982

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...takon karo Mbah GONO bae ?


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Tuh kan... Nyamar 😁😁😁

      Hapus
    3. Bukan Mbah......sumpah saya bukan Nymar ✌️

      Hapus
  15. Petai91 udah dibuang ke tong sampah ame poland πŸ€§πŸ€­πŸ€­πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Petai enaknya duet sama Ikan Asin ( PEDA MERAH )...segone sing isih anget

      penak tenan



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. no problem, malon sudah siapkan konsep tuk upgrade sendiri..

      https://2.bp.blogspot.com/-zMBPGDbMVTc/UH1aslvHhrI/AAAAAAAAB9g/JgrFPgnR1V0/s1600/F-PDKR-ELEV-3.jpg

      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  16. Philippine Army Budget for Light Tank is $6million dollars each....so its means Pindad tank is much expensive than MBT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, I could tell you that that $6 million each could get a dozen of secondhand leopard 1 MBT, its obviously fufill the criteria of PH army req, including 105 mm cannon.

      But yeah, who would use a relic for modern warfare

      Hapus
  17. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4293527/gagahnya-tank-harimau-punya-pindad-dibanderol-us-7-juta

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Arjun yg MK1 harganya $ 7.8 Million..

      yg MK2 nya $ 8.2 Million..

      Hapus
  19. PT.91 PUNDEKar paling mahal....uang kopinya apalagi

    BalasHapus
  20. Lagi ngikut webinar TNI......nguping kali aja dapet botjoran πŸ•΅️

    BalasHapus
  21. Apa sudah jadi pada indonesia. Semoga segalanya dioermudahkan dan kembali menjadi aman aman damai seperti sedia kala.

    BalasHapus
  22. Kereta kebal petai no berapa ya???

    BalasHapus
  23. Sepi....sepi.....sepi nunggu si jambul kuning dibulan november


    Kixkixkixkxi

    BalasHapus
  24. Hanggar pesawat sudah di buat,hanggar perawatannya juga sudah jadi,hanggar peralatan juga udah jadi, simulatornya pun udah dateng banyak lagi, hampir seharga pesawatnya, lahhh masa iya simulator banyak pesawat kagak nambah, kan sayang simulatornya udah mahal lagi, kixkixkixkix,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simulator pesawat apa yg udah dateng. Bisa di jelaskan.

      Hapus
  25. Kalo malon masih ngandelin tank lapok TOK..TOK..WOW.....JRENG...JRENG...JRENG

    BalasHapus
    Balasan
    1. PT91M Tong-tong Engine 400hp.

      Wkwkwkwkwk.. Asssyyyyiiiikkkk

      Hapus
    2. tidak masuk list tank mahal,,, kok aneh ya? Gempur cs bisa complaint berat ini qiqiqi

      Hapus
  26. Malaysia Panas, Anwar Ibrahim Temui Raja, Siap Jadi PM?

    Jakarta, CNBC Indonesia - Politik Malaysia kembali tegang. Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim mengaku akan bertemu dengan Raja pekan depan, untuk mengambil alih kekuasaan perdana menteri dari Muhyiddin Yassin.

    Ia mengatakan Raja Al-Sultan Abdullah telah setuju melakukan audiensi. Di mana dia akan mempresentasikan dokumen dari 'suara mayoritas di parlemen' dan meyakinkan Raja akan klaimnya atas jabatan perdana menteri.

    "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia (Raja) karena telah mengizinkan saya bertemu pada hari Selasa, 13 Oktober 2020, Insya'Allah," kata Anwar dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Jumat (9/10/2020).

    Sebelumnya 23 September lalu, Anwar mengklaim pemerintahan Muhyiddin sudah jatuh. Ia mengatakan berhasil mendapat suara dominan di parlemen.

    Saat ini koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin PM Muhyiddin memiliki 113 suara dari 222 suara parlemen. Namun Anwar disebut sebuah media lokal mengamakan 123 kursi, karena beralihnya suara Partai Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

    Klaim itu muncul kurang dari tujuh bulan setelah Muhyiddin berkuasa. Muhyiddin menjadi PM setelah kekacauan politik yang menyebabkan jatuhnya pemerintahan Mahathir Mohamad.

    Meski begitu Muhyiddin memberikan konfirmasi secara resmi bahwa dirinya masih pemimpin pemerintahan yang sah. Klaim oposisi Anwar Ibrahim, ujarnya, masih harus dibuktikan dengan metode Konstitusi Federal.

    "Tanpa melalui proses, kenyataan (pernyataan) Datuk Sri Anwar hanyalah dakwaan (klaim) semata .. saya Perdana Menteri yang sah, "ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip dari The Star Malaysia.

    Dalam perpolitikan Malaysia, Raja adalah kunci. Jika benar Anwar memiliki dukungan mayoritas seperti yang diklaimnya, maka Yang di-Pertuan Agong, begitu sapaan raja, akan harus memutuskan apakah bersedia mengangkat dan menyumpah Anwar sebagai perdana menteri kesembilan atau tidak.

    Jika ia tidak bersedia mengangkat Anwar atau membiarkan Muhyiddin terus melanjutkan menjadi perdana menteri, maka Raja berhak untuk membubarkan parlemen dan menggelar pemilu dini. Dalam kasus ini, jika Raja memilih untuk membubarkan parlemen, maka Muhyiddin akan memiliki kemungkinan untuk menang lagi di pemilu dan batal turun dari kursi perdana menteri

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20201009070341-4-193019/malaysia-panas-anwar-ibrahim-temui-raja-siap-jadi-pm

    BalasHapus
  27. Di post tadi ada komentar yg belum berbalas, mungkin dari MODY, atau Nomad.

    Sekira pertemuan lanjutan dari MinDef ke US adalah untuk intensifikasi hubungan bilateral, kita tagu semenjak Trump menjabat seakan" dia udah ogah"an ngurusin asia tenggara.


    Maaf, tadi karena ada banyak yg ngeluh ga beli ASU 35, dan SATELIT, sama ada Anjing MALONDOGSHIT keluar jadi males.


    Kalau diterawang melihat kebutuhan alutsista dan kunjubgan kelak MinDef ke US bisa jadi mau nego
    1. Pespur, condong ke F 16 dulu. Linnya ada kemungkinan nyusul bisa ke F35 kalau fasilitas dinari sudah memenuhi syarat.

    2. Menindaklanjuti pesawat AWACS, MPA, dan MRTT.

    Kalau P8 kemungkinan udah masuk, tapi karena Pegaus masi banyak masalah kemubgkinan bakal pindah ke A220.

    3. Menindak lanjuti super herkules.
    4. Menindaklanjuti osprey dan heli lainnya.


    Well disini misal ada fanbase SU 35 coba dong jabarin biaya pembelian perbiji sampai dengan biaya perawatan rutinnya, ya mulai dari biaya prlatihan, suku cadang, perawatan, dokimentasi. Nanti kita compare dengan pespur dari negara lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara menhan sebelumnya jadi Super Herky belum kontrak. Harusnya kerjaan menhan sebelumnya itu untuk kontrak Super Herky.

      Hapus
    2. Gara-gara menhan sebelumnya lupa bayar sewa satelit militer jadinya di denda.

      Udah kena denda tapi ga mengajukan anggaran pengganti vendor untuk sewa satelit militer.

      Luar biasa memang. 5tahun yg sia-sia

      Hapus
    3. Menhan yang tidak perlu diragukan lagi kinerjanya πŸ˜‚

      Hapus
    4. Well, teman teman yg antusias dalam blog militerRmemang kecewa dengan PAK RR yang belanjanya kurang tepat, bahkan pak PB sekarang terksesan mengoreksi kesalahan menhan sebelumnya.

      Yap, Kasel terpaksa harus di tanggalkan, karena ga terlalu mumpuni dan ada indikasi korupsi.

      Adapun pembelian pesawat masih nunggu berita selanjutnya saja.


      Yg lebih miris adalah permintaan PB untuk menunda pensiun 10 KRI, sedih, tapi mau gimana lagi.

      Beli kapal gabisa setahun jadi

      Hapus
  28. "Wes ngaku wae, bloko'o ae mbek aku mumpung durung nesu.....sopo arek kene sing ngeloni mbake iki πŸ‘‡"

    https://news.detik.com/berita/d-5207615/buntut-orasi-pancasalah-viral-akun-instagram-sasa-dibajak-muncul-kloning?tag_from=wpm_nhl_31

    BalasHapus
  29. oot

    yg laen perang2ngan

    ruski asyik2 aje tuch tes tsirkon..puulll pedeo, duh seyem amat haha!😝😝😝

    laser mana ... laserrrrr


    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    “The missile flew to a range of 450 km, climbing to a maximum altitude of 28 km. The flight lasted four and a half minutes. The missile gained a hypersonic speed of over Mach 8 [eight times the speed of sound],” Gerasimov said.

    https://defence-blog.com/news/russian-ministry-of-defense-shares-video-of-tsirkon-hypersonic-missile-test.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah tgl 7 okt ruski tes rudal baruw tsirkon

      tanggal 8 okt, amrik langsung bales,
      tess..eh bukan,
      lgs ngluarin reka gambar imajinasi calon rudal hipersonik sodara2..haha!🀭🀭🀭

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Lockheed Martin releases first image of new hypersonic long-range missile system

      "The Army is aiming to get the first long-range hypersonic weapon experimental prototype by the fiscal year 2023. The new land-based, truck-launched system should be armed with hypersonic missiles that can travel well over 3,800 miles per hour."

      https://defence-blog.com/news/army/lockheed-martin-releases-first-image-of-new-hypersonic-long-range-missile-system.html

      Hapus
  30. Cie surat-suratan terus, kapan dipinang Eurofighter Typhoon-nya pak?πŸ˜…

    https://kurier.at/amp/politik/inland/eurofighter-indonesien-interessiert/401058915?__twitter_impression=true

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Keren ya bandara Toraja....ini lokasinya di dataran tinggi lho, kayak di lhasa, tibet πŸ‘"

      https://youtu.be/59lH8kMoNmA

      Hapus
    2. 08/10/2020
      Eurofighter: Indonesia interested
      Defense Ministry has received mail from Jakarta again

      by: Christian BΓΆhmer

      At first it sounded like a duck; like one of the many rumors that are occasionally told in the corridors of the Ministry of Defense: Indonesia wanted to buy the 15 Austrian Eurofighters, a corresponding letter already existed, so it was said.

      In the meantime, the General Staff has checked the aforementioned letter from Jakarta and found it to be authentic. And after Vienna replied, another letter from the Indonesian Ministry of Defense has now arrived in Vienna. In this letter dated October 6 (Document No. 221 / M / X / 2020) available to KURIER, Prabowo Subianto, son-in-law of long-time President Suharto and currently Defense Minister of Indonesia, thanks Defense Minister Tanner for letting her Seriously considering selling.

      Hapus
    3. 08/10/2020
      Eurofighter: Indonesia kasengsem
      Menteri Pertahanan wis nampa surat saka Jakarta maneh

      dening: Christian BΓΆhmer

      Wiwitane kaya swarane bebek; kaya salah sawijining desas desus sing asring dicritakake ing koridor Kementerian Pertahanan: Indonesia pengin tuku 15 Eurofighters Austria, wis ana surat sing cocog, mula dikandhani.

      Kangge, Staff Umum mriksa surat kasebut saka Jakarta lan nemokake manawa asli. Lan sawise Wina mangsuli, surat liyane saka Kementerian Pertahanan Indonesia saiki wis teka ing Wina. Ing surat iki tanggal 6 Oktober (Dokumen No. 221 / M / X / 2020) kasedhiya kanggo KURIER, Prabowo Subianto, menantu Presiden Suharto lan saiki dadi Menteri Pertahanan Indonesia, matur nuwun marang Menteri Pertahanan Tanner sing ngidini dheweke Serius ngelingi adol.

      Hapus
    4. 08/10/2020
      Eurofighter: Indonesia resep
      Menteri Pertahanan parantos nampi surat ti Jakarta deui

      ku: Christian BΓΆhmer

      Mimitina kadenge siga bebek; sapertos salah sahiji seueur rumor anu kadang dicarioskeun di koridor Kementerian Pertahanan: IndonΓ©sia hoyong mΓ©sΓ©r 15 Eurofighters Austrian, surat anu saluyu parantos aya, saurna.

      Samentawis waktos Γ©ta, Staf Umum parantos mariksa serat anu tos disebatkeun ti Jakarta sareng mendakan Γ©ta otentik. Sareng saatos Wina ngawaler, serat sanΓ©s ti Menteri Pertahanan IndonΓ©sia ayeuna parantos sumping di Wina. Dina surat ieu tanggal 6 Oktober (DokumΓ©n No. 221 / M / X / 2020) sayogi pikeun KURIER, Prabowo Subianto, menantu PrΓ©sidΓ©n Suharto anu ayeuna sareng Menteri Pertahanan IndonΓ©sia, hatur Menteri Pertahanan Tanner parantos ngantepkeun Serius tempo ngajual.

      Hapus
    5. https://kurier.at/amp/politik/inland/eurofighter-indonesien-interessiert/401058915?__twitter_impression=true

      Hapus
    6. Aya-aya wae, Kalakuanna πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Hahahaha .. Indon .. Indon ..Kelakuan Gembel pura-pura kaya dan banyak wang.. Itulah jadinya .. mempermalukan diri sendiri ...

      Hapus
    8. Malon gembel nak ganti nuri gk ada wang

      Hapus
  31. The next iteration of Indonesia-France WGs on submarine, frigate, fighter aircraft and missile will be held next week. This iteration is ahead of previous schedule thanks to Indonesian Ministry of Defense request. At least it's a sign that Indonesia interest on French equipment.

    @Alman Helvas
    9 Oktober 2020

    BalasHapus
  32. OOT...

    Malaysia Defence Review
    5 hrs ·

    Hmm ke sebab nak bayor loan USD 20 Billion,

    Yela nak F-16V, F-35, Rafale, Typhoon, Destroyer Iver Huitfeldt, Corvette Gowind, Scorpene, Type 214, Tank Harimau, Pandur II, NASAMS

    Tu bunga macam mana la?

    Jadi? Kerah Golongan Pekerja untuk lebih produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naon anu anjeun carioskeun, kuring henteu ngartos πŸ€”

      Hapus
    2. Hahahaha ... Indon masih bermimpi ada negara yang kasih pinjaman USD 20.0 billion dengan term and condition sesuai dengan yang minta Indon ...

      Ini saran saya .. gadaikan Pulau Sumatra dan Borneo sebagai jaminan .. jangankan USD20.0 billion .. USD 200.0 biillion pun banyak yang offer ... Atau dengan alternative lain .. jual Batam dan Bintan kepada Singapore .. pasti Singapore akan bebaik hati memberi pinjaman kepada Indon ...

      Hapus
    3. Malon telah tergadai kpd cina 😁😁

      Hapus
  33. Ummm, apa itu gak salah ya? Mungkin tank Jepang yang dimaksud ada Type 10 yang memang dibuat untuk menggantikan Type 90 dan Type 74 berhubung Type 90

    BalasHapus
  34. Iver mana iver?..xixixixiπŸ˜₯😞

    BalasHapus
  35. Breaking news..

    Aselsan SMASH 30mm Akan Perkuat Kapal Patroli Indonesia
    Telah tandatangan kontrak
    Ilustrasi Aselsan SMASH 30mm ★

    Menurut instagram aselsan_resmi diberitakan Indonesia akan diperkuat dengan alutsista RCWS (Remote Control Weapon System) Aselsan SMASH 30mm.

    Senjata yang pernah dipamerkan pada Indo Defence 2018 ini, menggunakan kanon MK44 Bushmaster buatan US Northrop Grumman.

    Mampu menembak target sejauh 3.000 meter dengan dua jenis amunisi. Dimana kubah senjata dapat berutar 360 derajat.

    BalasHapus
  36. Ada yang tahu ... Dimana Tank Second dan Rongsokan GRATIS atau dijual dengan harga murah + ongkos kirim ke Indon percuma .. Jika ada tolong informasikan kepada Prabowo .. Ada hadiah voucher bagi pemberi informasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank pendekar busuk tuh di hibahkan pun tak ada yg mau wkwkwkwk

      Hapus
    2. Tank pendekar sampah low quality hanya malon yg beli

      Hapus
    3. PeTai-91 sudah mo dibuang ke tempat sampah oleh Poland.. siap-siap mulai langka suku cadang kehadapan..

      Best solution.. PeTai-91 yang ada saling kanibal suku cadang je.. hiii.. 😱🀣

      Hapus
    4. Qiqiqiqi...pt.91 Pundekar..the flying turret...cuman 48 ekorπŸ˜€πŸ˜ƒπŸ˜„ Laos dan Kamboja lebih banyak mba nya dr pada malon....wakakakakak

      Hapus
  37. Israel defense for light tank projet. Philippine Army....

    https://www.israeldefense.co.il/en/node/45747

    BalasHapus
  38. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan untuk mendapatkan pinjaman atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, membayar hutang, atau untuk mengembangkan bisnis Anda
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda atau karena berbagai alasan, atau Anda kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena tingkat pengembalian pinjaman yang lebih tinggi.
    Kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan jaminan pinjaman 100% juga memberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp dll.) dan juga memberikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Pinjaman darurat.
    Perbaikan rumah.
    Penemu Pinjaman.
    Pinjaman Konsolidasi Hutang.
    Pinjaman Bisnis.
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji.
    pinjaman medis.
    pinjaman liburan.
    pinjaman properti.
    Pinjaman Islam. pelamar yang tertarik harus menghubungi kami hari ini melalui
    belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  39. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  40. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata dan sah, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina elena roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 2 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa ditipu harus melamar dari karina roland dan beristirahat yakin bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1(585)708-3478 atau email karinarolandloancompany@gmail.com. Salam untuk siapa saja yang membaca pesan ini di seluruh dunia.

    BalasHapus
  41. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya pikir semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  42. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  43. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus