24 Oktober 2020

KRI Teluk Bintuni 520 dan KRI Banjarmasin 592 Uji Coba Embarkasi Debarkasi 3 Ranpur Yonkav 8 Kostrad

24 Oktober 2020

Proses embarkasi dan debarkasi Caesar, Astros dan Transporter pada LST 520 dan LPD 592 TNI AL (photos : Kolinlamil)

KRI Teluk Bintuni 520 dan KRI Banjarmasin 592 yang berada dijajaran Satlinlamil 2 Surabaya mengadakan uji coba embarkasi dan debarkasi material tempur milik TNI AD, Kamis (22/10), di Dermaga E Selatan, Koarmada II, Ujung, Surabaya.

Material tempur milik Batalion Kavaleri 8 Divisi 2 Kostrad ini digunakan Satuan Tugas Darat (Satgasrat) dalam Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha 2020. Material tempur tersebut diantaranya : Transporter, Meriam Caesar dan Astros.


Kendaraan tempur yang diujicobakan embarkasi dan debarkasi menjelang dilaksanakan latihan puncak TNI AD yang akan diangkut KRI jenis LST dan LPD milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya yang mengendalikan kedua KRI untuk mendukung latihan antar kecabangan Kartika Yudha TNI AD tahun 2020. Sebagai salah satu satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), satuan ini akan mendukung latihan kecabangan AD tersebut sebagai Komando tugas pendaratan administrasi yang akan mengangkut dan pergeseran pasukan dari DSA (Daerah sasaran awal) menuju daerah pertempuran yang dituju.


Untuk itu, Komandan Satlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel  Sianipar telah mempersiapkan keterlibatan satuannya dengan mengadakan Sinkronisasi dan Tactical Floor Game (TFG) rencana operasi pendaratan administrasi dukungan latihan Kartika Yudha TNI AD 2020, Rabu lalu (20/10).

Menurut Komandan Satlinlamil 2 Surabaya ujicoba ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan KRI Teluk Bintuni 520 dengan mengangkut Tank Leopard 3 kendaraan tempur dalam melaksanakan operasi pendaratan ke pantai dengan aman dan lancar, serta  keluar masuk kendaraan tempur pada kapal jenis LST dengan aman dan lancar sehingga diperolah data yang dibutuhkan saat embarkasi dan debarkasi.


"Meskipun KRI Bintuni 520 didesain untuk mengangkut Tank Leopard, tetapi juga harus tetap diujicobakan agar kita mengetahui kemampuannya" jelas Komandan.

KRI Teluk Bintuni-520 didesain mampu membawa 10 unit Tank MBT Leopard 2A4 milik TNI AD yang berbobot mencapai 62,5 ton. Sebelumnya LST TNI AL hanya mampu membawa tank ringan dengan berat per tank hanya belasan ton. Selain itu, KRI Teluk Bintuni-520 masih bisa membawa 2 unit helikopter, kapal ini telah dilengkapi  helipad dengan fasilitas hangar.


Selain itu, KRI Teluk Bintuni 520, sebagai salah satu LST terbesar dimiliki TNI AL, kapal perang produksi dalam negeri ini juga memiliki turntable/meja putar dengan kapasitas hingga 90 ton. Besarnya kapasitas turntable di KRI Teluk Bintuni 520 lantaran kapal ini memang didesain untuk membawa MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 TNI AD yang bobot per tank mencapai 60-tonan. Dan hebatnya, turntable yang terpasang di KRI Teluk Bintuni 520 adalah buatan BUMN PT Pindad. Turntable dikapal LST adalah meja/plat yang digunakan untuk memutar arah kendaraan lapis baja di dalam tank deck. Seperti diketahui, umumnya LST dirancang dengan satu pintu ramp (ramp door) pada bagian haluan, dimana ramp door digunakan untuk masuk dan keluar kendaraan ke dalam tank deck.

Kapal LST ini juga mempunyai panjang 120 meter, lebar 18 meter, dengan tinggi 11 meter. Kecepatannya maksimal 16 knot, dengan main engine 2 x 3.285 kw yang ditenagai dua mesin. Sedangkan kapal jenis LST lainnya yang berada dibawah pembinaan Kolinlamil yaitu KRI Teluk Manado-537, KRI Teluk Hading-538, KRI Teluk Parigi-539 dan KRI Teluk Lampung-540.


Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengatakan, kapal-kapal jenis LPD yang dimiliki jajaran Kolinlamil yang memiliki kemampuan angkut ranpur jenis tank adalah KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593. Sedangkan kapal lainnya yaitu KRI Tanjung Kambani 971 merupakan kapal bantu angkut personel. Dilengkapi juga dengan 4 unit LCVP merupakan kendaraan angkut air dengan panjang yang mampu mengangkut pasukan, kendaraan tempur, kendaraan administrasi ataupun dukungan logistik lainnya pada saat Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan Operasi Militer Perang (OMP). Panglima Kolinlamil juga menegaskan sesuai arahan Kasal agar dalam setiap melaksanakan operasi maupun latihan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

(TNI)

164 komentar:

  1. Balasan
    1. Kapal LPD bikinan dalam negeri? Ada yg bertahun- tahun masih bermimpi pengen punya, blm kesampaian juga. Patut di kasihani😄


      😀

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Ini lebih penting ketimbang Osprey ☝️

    #Vote: Chinook dan M-777 💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua ada urgensinya om benda militer itu.

      Hapus
    2. Ya harus ukur baju sendiri.....korps penerbad kalo masih kecipuhan ngurusin armadanya yg ada sekarang trus mau loncat ke osprey yg jauh lebih heavy maintenan sama aja nembak kaki sendiri.......piew-piew 🔫🔫🔫

      Hapus
    3. Ada yang lebih penting dari itu, yaitu vaksinasi SARSCOV19 ...

      Hapus
    4. Fokus dulu untuk persiapan vaksinasi yang akan dilakukan tidak lama lagi, masalah belanjaan gampang jika pandemi udah usai ....

      Hapus
    5. Si tante juni kadang kadang gak nyambung

      Hapus
    6. Semua akan tersambung pada akhirnya

      Hapus
    7. apa ituw chinook kan heli..kalah jau ama pesawat mutan hore haha!👏👏👏

      vote #OSPREYyylah ama nexter LG-1 haha!💪💪💪

      vote #OSPREYyylah ama nexter LG-1 haha!💪💪💪

      vote #OSPREYyylah ama nexter LG-1 haha!💪💪💪

      vote #OSPREYyylah ama nexter LG-1 haha!💪💪💪

      vote #OSPREYyylah ama nexter LG-1 haha!💪💪💪

      vote #OSPREYyylah ama nexter LG-1 haha!💪💪💪

      Hapus
  3. Ada yg mengklaim diri sebagai negara maritim sedjak jaman dahulu kala, tapi belum goal jg beli kapal LPD 😀

    BalasHapus
  4. Masi menunggu Forch Class pensiun, Masih menunggu 🤒🤒🤒

    BalasHapus
  5. Wah ada SPH Caesar 155 juga, kesian sejak tahun 90 an, nexter Francis dulu pernah di PHP in oleh negara angin berdengung, samapai 2 x kirim sample untuk uji operasional dan ternyata cuma di kencingin 😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huss..mereka itu negara tamadun bro..tamat dan diundur..wkwkwk

      Hapus
    2. Ane masih nyimpen majalah "asian military review" tahun jebot yg ada ulasan ttg "tour trial" Caesar di malaysia....yg kepala truknya masih pake merek renault 😂😂😂

      Hapus
    3. "Itu 👇.....foto kedua yg kabinnya masih miring, spesial dirancang, menyesuaikan dg otak orang malon yg miring-miring 🤣🤣🤣"

      https://www.malaysiandefence.com/caesar-in-town/

      Hapus
    4. Ngenes banget malon ooom! Wkkwkwkwkw😂😂😂

      Hapus
  6. Disini gak ada yang tahu ya, hari ini tanggal 24 Oktober diperingati "HARI DOKTER NASIONAL" ...

    Hadehhh ....

    *Masyarakat cuek dihari HARDOKNAS, gak ada yang kasih ucapan atau apalah ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya juga nyaris tk mendengar peringatan hari kesaktian pancasila..

      Hapus
    2. Oh ya selamat untuk para dokter, bidan dan juru rawat. Semoga ga pilah pilih dan diskriminasi kalo mau nyuntik bokong putih maupun yg coklat kehitaman 😀🤔

      Hapus
    3. emang kenapa gitu kalau kasih ucapan kedokter,dapet pulsa apa dapet berobat gratis dan engak dipersulit?.

      kesaktian pancasila?,pancasila yang mana dulu nih,ada pancasila yang sebagai hanya lambang negara,atau pancasila sebagai palsafah bangsa yang terabaikan dan tidak diamalkan?,atau bahkan pancasila dari mulut politisi sebagai jargon kampanye dan ceramah didepan anak sekolahan sedang prilakunya jauh dari pancasilais.

      Hapus
    4. mending jualan semangka dari pada jadi dokter K*

      Hapus
    5. bukan salah dokter apa tukang semangka nya dek,itu hanya profesi semata.
      yang salah itu sistem dan manusia nya.sistem kapitatis dengan manusianya matrealistis,itu yang buat rakyat menderita bangsa pun jadi tempat para penjahat intelek tumbuh subur bagai rumput dimusim hujan,dengan mengatasnamakan segala moralitas agama dan kemanusiaan tapi hanya kedok untuk pencitraan dan mengeruk keuntungan materi.

      Hapus
    6. Bodo ah..yg jelas ad yg memperingati..di tv kek..pidato kek..dan gw sama sekali gak ngeliat "itu" sih..tapi ah sudahlah..

      Hapus
    7. yang jadi masalah nya ya kayak gini dek,engak peduli mau benar salah nya sesuatu,yang penting engak terasa langsung pada kita pribadi ya kan?.
      bahasa kasarnya sabodo teing,.
      jadi engak perlu kita pikirkan nasib dan kelangsungan bangsa,yang penting engak bersangkutan langsung dengan kita.
      padahal semua itu ada sangkut pautnya,mungkin karna hanya kita belum berpikir kesana atau mengalami nya sendiri saja.
      satu contoh siapa yang merasa dirugikan dengan bobroknya sistem,mungkin kita semua hampir pernah mengalaminya sayang nya karna terbiasa maka diangap lumrah dan biasa saja.
      dan itu menjadi budaya,suap korupsi dan nepotisme,sudah diangap lumrah jadi engak perlu kita perduli toh engak ada hubunganya langsung dengan kita,uang juga uang negara ya engak?.

      Hapus
  7. Pat Khan Hah.. Standard kapal ikan nelayan kampung china.. Bodohnya membeli kapal ni..

    Lautan Dalam Omg.Missile pun tkde.sesuai bawa GI mancing je tu.

    Muaz Azman Pat Khan Hishamuddin penjilat buntut komunis yang nak sangat kapal China

    Faizal Yusop oder dari shoppe ker kapal ni...pisanggggggg laaaa.....

    Aji Har tahi zaman najib lagi. zaman jibby berkiblatkan china. membazir duit rakyat. ini memang pakai buang standard made in china

    Aji Har Abu Hasan Al Qontani yg tahi tu tahilah x payah nak bela. dap pun tahi rasis. umno x berubah sebab adanya pemikiran totok walaupun pemimpin bermasalah x mahu berundur masih terus disokong

    Aim Aim Bukan sebelum ni kata hanya hul yg china buat.. Electronic semua pakai luar punya ke min

    Dol Guldur Mmg selalu jadi benda mcmni..simple...wak lek wak pis..kapal tu masih ada warranty lg..kihkihkih

    Amir Syazwan Nasib baik detect awal. Tapi kalau masih terus ada masalah sepanjang perkhidmatan lagi bermasalah...

    Ronin Trader nk dpt kualiti pny kapal dgn harga murah beli yg ex-PLAN
    sbb dh tentu kualiti utk navy dowang..yg ni pi beli tin kosong China kalo diketuk nyaring bunyinya hehe

    Pean Abdul kapal ni tak ditauliahkan lagi kan jadi benda biasa rasanya.. kadang2 terjadi kat negara maju.. terus sadai pun ada

    Wan Huzaimi Pean Abdul satu dah tauliah..dah guna dah pun tu yg tau masalah tu

    Fadel Transporterjohor Siap jg kapal nie.. Dr LCS.. DUIT DAH HABIS... DR 2015 HINGGA SKRG.. SSBIJI PUN.. TAK DA... CREW 1... PUN DAH NAK PENCEN.. DOK DARAT YA...

    Rahman Mahani Dari awal lagi orang dah pick up benda ninakan jadi. Nak beli dari PRC kena fikir dulu. Kalau nak juga takat beli hull + engine aje.

    Muaz Azman Sebab tu la aku cakap Hishamuddin akan go down in history dengan Mat Sabu sebagai menteri pertahanan paling bodoh Malaysia pernah ada

    Nor Mohd Irshahrin Nordin Belum pe2 dah gegar sana sini ke? ��

    Malaysia Defence Review Nor Mohd Irshahrin Nordin nie perkara biasa bila dapat benda baharu, guna waranti kaw2

    Nor Mohd Irshahrin Nordin Malaysia Defence Review �� harapnya dpt la cover warranty

    Faizal S Ingat kes g5 tentera darat..

    Muhammad Nasrullah Lms made in China ney dr segi senjata pun banyak kurang...air defence xda... CIWS xde... torpedo xda...anti ship missile lg laa xda...xkan nk harap meriam 30mm dgn machine gun jee....made in China kn....��

    BalasHapus
    Balasan
    1. What mereka menganggap mereka sebagai negara maju, impossible halu

      Hapus
  8. Lho.. pak praroro sudah di turkey???

    https://www.instagram.com/p/CGsykn2AZ1e/?igshid=1bj1qzhp7j6tn

    Baca captionnya emang bikin ayem. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunjungqn terakhir pak wowo kemana

      Hapus
    2. Emang captionnya bilang begini ya:"Tarik ses.....semongkooooo....adem ☃️⛄"

      Hapus
    3. Ke kuala lumpur om pak wowo kunjungan terakhir ketemu sultan

      Hapus
    4. Kerjasama industri pertahanan 2 kali lipat 🤔🤔 sepertinya banyak deal juga dari turkiyem

      https://www.instagram.com/p/CGr45emnCzN/?igshid=19v5chzlfvbtj

      Hapus
    5. Captionnya tarik sis, videonya pake efek tiktok..mantaap 😅

      Hapus
    6. Paling besar kans nya di prancis sama turky nih.

      Hapus
    7. "Tarik sesssss.....semongko kabeh iki 😎"

      https://youtu.be/NyXcPJboRr8

      Hapus
    8. Peuuuhh.. panen semongko gesss.. monggo 🤣

      Hapus
    9. Monggo dicobain, 3 semongko.🤐
      varitas unggul, andalan kemukus.....semongko varitas pink, varitas kuning langsat dan semongko brutal 😨😱😋

      Hapus
    10. "Tapi ingat yaaaa....habis makan, kulit semongko nya jangan dibuang sembarangan ☝️.

      Keep our planet save and clean......👌👍"

      https://youtu.be/BXi7arM8EZE

      Hapus
    11. Damage nya ngalahin2in carpet bombing 😩 bikin jiwa2 ikut bergetar

      Hapus
    12. 🤣🤣🤣.....mbah Gono aja udah saya minta minum obat penguat jantung sebelum ikut goyang semongko

      Hapus
    13. Njirrr.. omongan nya alutsista, berat euy....

      Hapus
  9. Woey...itu botol aqua punya siapa di turn table?

    Dibawah Caesar tuuh....😑

    BalasHapus
  10. Moga trus tambah lagi SPH caesar nya

    BalasHapus
  11. Yang hanya bisa melihat sebab negaranya tak punya, tolong bersabar yah 🤭🤣🤣

    BalasHapus
  12. "Wahaiki poro cantrikwati kemukus kudu ditatar ulang ben ojo ganti kecolongan.....wiwit minggu ngarep kudu tak dalami mboko siji motivasine nyantrik neng kemukus 🤔"

    https://news.detik.com/berita/d-5227219/razia-griya-pijat-saat-psbb-tangsel-terapis-bugil-alat-bong-ditemukan?tag_from=wpm_nhl_4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apik mas,Perlu di benahi maneh ben ora ngisin isini iki jamane 5G eee...

      Hapus
    2. 5G 👉 "Geleman, Glembukan, Gawanan, Gaburan........tur Gatelan 👌👍

      Hapus
    3. Nah itu dia... (™) 😁😁

      Hapus
  13. Tambah lagi LPD nya yg byk klo bisa dgn panjang 143M

    BalasHapus
  14. Astross mk6 lebih sedap dari pada yg Astross mk5

    BalasHapus
  15. Ehm, ingat caesar ingat cakap @gempur ...meriam tarik lebih menggerunkan...

    😊😊😊

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. Kalo takut karatan, simpen aja dilimbungan kakak......🤣🤣🤣

      Atau bikin kapalnya dari karet 🚣

      Hapus
    2. Baja karatan bukan berarti sudah tua. Besi tulangan untuk bangunan pun dibiarkan 2 hari ditempat terbuka juga karatan dan masih boleh dipake 💪🏼

      Hapus
    3. Kok bedo yo.....yen nenggonku ono "barang" ra klambenan ora karatan ki, malah mundak alus wong go rayahan wong sak RT 😎

      Hapus
  17. jarang liat trek kanvas isinya astrosnya ape buat angkut pasukan yak haha!🤭🤭🤭

    pnampakan pertama

    https://1.bp.blogspot.com/-nrrHp1UWmdY/X5PJpXMQ8mI/AAAAAAABQCU/9lsUepMGsmEMecJzo3RWRBRZ4Io_r63VQCLcBGAsYHQ/s2048/67e639b50a915f274d0c12f1cbadf174.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.instagram.com/p/CGaKpnyBTpI/?igshid=jpa95z5nxgto mirip ini

      Hapus
  18. Moga ada tambahn lagi SPH caesar klo bisa ambil yg terbaru Caesar 2 8x8.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojo mas....malah nggrepoti wong gedawan 🤷

      Ning yen gempur lan swandaru kae senenge sing dowo-dowo.....koyoto garan pacul 🐒🐒🐒

      Hapus
    2. Hahaha..
      M109 paladin minimal yo 100unit
      Caesar 100unitan
      Astros 200unitan
      Sebar wes ndek perbatasan2

      Hapus
    3. Harus ada pendampingan meriam PSU, rudal manpad dan pengacau frekwensi drone UCAV dan drone bunuh diri

      Hapus
  19. Mari kita lanjutkanlagi ya ... Berita-Berita kabar baik dan bagus serta membanggakan tentang pembangunan kekuatan TNI yang semakin menunjukan kehebatannya dibawah Menhan kita ..... Ingat Indonesia BISA

    BalasHapus
  20. Siapa bilang partsipasi Indonesia di program KFX/IFX ,, Padahal program KFX/IFX terus berlanjut .. Partisipasi Indonesia tetap tak berubah .. 20% .. Imbalannya kita akan mendapatkan dan memproduksi 40 unit IFX ..

    Ayo Tetap OPTIMIS Berkarya untuk Bangsa

    South Korea has decided to put an $8 billion project with Indonesia to develop state-of-the art fighter jets on hold for 18 months, in the latest delay to the plan.

    “It will be postponed for one-and-a-half years because of the recent transition of power in South Korea,” Indonesian Defense Ministry spokesman Pos Hutabarat said.

    South Korea on Monday marked the inauguration of President Park Geun-hye, the country’s first female president.

    “The new government needs more data to convince the Parliament,” Pos said.

    He said the delay will push back collaboration on the project to June 2014

    The concept for the project originated from then-South Korean President Kim Dae-jung, who served from 1998 to 2003, as part of an effort to replace older planes.

    The program was postponed due to financial and technological difficulties until April 2011, when South Korea’s Defense Acquisition
    Program Administration (DAPA) confirmed the signing of a definitive agreement between South Korea and Indonesia.

    In the agreement, Indonesia would finance 20 percent of the project.

    South Korea’s Agency for Defense Development estimated the project would cost 6 trillion won ($5.5 billion) in development, 8 trillion won in production, and 9 trillion won for operating of more than 30 years.

    Indonesia planned to replace its aging Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon jet fighters with the Korea Fighter Experiment (KFX) jets.

    Compared with the F-16, the KFX planes are projected to have an attack radius 50 percent longer, a better avionics system and better stealth, or anti-radar, capability.

    The KFX project is expected to produce about 150 to 200 units of which Indonesia would get 50.

    Analysts have warned that further postponement of the project could negatively affect military relations between the two countries.

    Tubagus Hasanuddin, deputy chairman of Commission I at the House of Representatives, said that the commission — which oversees defense and foreign affairs — would summon Defense Minister Purnomo Yusgiantoro to clarify the situation.

    The KFX fighter’s abilities are designed to be more advanced than the US-built Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon jet aircraft.

    The KFX fighter jets will eventually be designated the F-33, and will be part of a “4.5-generation” of jets, as opposed to the fifth-generation Lockheed Martin F-35s.

    Indonesia is the biggest Southeast Asian buyer of South Korean military equipment. In 2011 it awarded two contracts to South Korea, one to purchase submarines and the other for KAI T-50 Golden Eagle supersonic trainer jets.

    Indonesia has already invested Rp 1.6 trillion ($165 million) in the KFX, as well as sending 30 engineers to South Korea to assist.

    Commission I’s chairman Mahfudz Siddik suggested the government to continue its program to modernize the national defense system.

    “Our time has been wasted, but we must not let this project get in the way of our defense modernization program,” he said.

    South Korea is underwriting the majority of the project, but it is seeking cooperation beyond its initial collaboration with Indonesia. The partnership extension could possibly include several foreign firms from Europe and the United States, where fighter jet development is most advanced.

    http://www.thejakartaglobe.com/home/s-korea-kfx-fighter-deal-on-hold-again-as-park-takes-presidency/575655

    BalasHapus
  21. Jadi kayane ?

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/world/2020/10/24/pompeo-heading-to-india-indonesia-to-bolster-support-against-china/

    Washington asked Indonesia in July and August to grant landing and refuelling rights to its P-8 surveillance planes, which monitor Chinese military activity in the resource-rich waterway.

    The request was rebuffed by President Joko Widodo, according to four senior officials.

    “There are commercial issues, security issues and diplomatic issues where the US has already improved the relationship between the countries,” Pompeo said this week. “But there’s more that we can do.”

    Sementara ada negara lain yang ikhlas melacurkan diri buat jadi pangkalan.
    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum butuh MPA tapi kantong tifis...😂😂😂😂

      Hapus
    2. Bye IFX.....wellcome Rafale 👏👏👏

      Hapus
    3. And so long......flangkie 🙌🙌

      Hapus
    4. Lha iku, surosone artikel nduwur kui konsekuensi logise pancen mengkono.....☝️

      Hapus
    5. Masiyo gelem nongkone thok, ning emoh pulute 🙄

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Ralat: 👉 Masiyo gor gelem semongkone, ning emoh mundutke bungkuse.....😏

      Hapus
    8. IFX tak mungkin batal .. apalagi dengan alasan anggaran .. Ingat program KFX/IFX ini adalah program multi years di mana anggaranya terkait dengan partisipasi 20% di KFX/IFX sudah disiapkan olen Menhan dan presiden Indonesia sebulumnya .. So .. Tak ada kata-kata mundur bagi Indonesia ..

      Hapus
    9. Blah, blah, blah.....blekuthuk-blekuthuk 🐡🐡🐡

      Hapus
    10. Mbok padakke opo wae, urusan menungso kok ra iso batal.....😏

      Hapus
  22. https://militermeter.com/malaysia-temukan-kelemahan-pada-kapal-lms-buatan-china/

    Lebih baik KCR kita

    BalasHapus
  23. Yang canggih di LMS :

    SR2405A air and surface search radar : Institut Radar Laut Nanjing.

    Electro-optical tracking system (EOTS) OFC-3 : Huazhong Insitute of Elektro-Optik.

    Electronic support measure (ESM) : Sotuwest Institute of Electronics Equipment of China.

    Naval gun CS/AN3 30mm : Chongqing Chang’an Industrial Group.

    Heavy machine gun CS/LM6 12,7mm : Sichuan Huaqing Machinery Co. Ltd.

    ======

    Mantap ya pur?
    Asyiiik.......... Hwakakakakakak

    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. serba institut-> kampus??!@#
      hadeeuu ntuw sensor smua buatan anak sekolahan om pedang haha!😱😱😱

      kesian amat KL dikasi spek dongred, padahal ini kan kapal perang haha!🤥🤥🤥

      66 juta dolar katanya !@#

      Hapus
  24. ...ngopi dulu gaes, ditemani segelas kopi GOOD DAY dan sekeler RENGGINANG ketan Hitam ?



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...sambil dengerin Radio FM dengan gendhing Campursari nya

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  25. Doktrin perang baru Indonesia .. modifikasi dari p[erang gerilya jaman perang kemerdekaan Indonesia dahulu ... sekarang bernama doktrin Perang Gerilya Rakyat Semesta ..

    UNtuk menunjang itu latighan militer dasar Program Bea Bangsa telah di ulai scara massal .. diawali dikuti oleh Mahasiswa dan PNS..

    Inilah penemuan terbesar kita menghadapi kemungkinan konflik dengan China dan Australia ..

    ------
    ------
    Indonesia's Homeland Civilian Defense - Shooting Training (Student Regiment & Armed Civilian Frontiers)

    As the concept of Indonesia's National Defense stated that the effort of the Defense of the Homeland is the right and the obligation of all element of the people, the people are being readied for the worst possible outcome of the war which threaten their home where the National Army is no longer able to defend the country without any direct involvement of the civilian.

    BalasHapus
  26. BUK M3 kira-kira masuk gak ya, wkwkwkwk .....

    BalasHapus
  27. Bacaan dan kajian yang menarik ..Posisi geostrategik dan geopolitik Indonesia dalam kancah perubahan kawasan asia tenggara..

    Indonesia in Asia's Changing Balance of Power
    By Ann Marie Murphy,

    Southeast Asia’s largest state and the de facto leader of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Indonesia has long served as a linchpin of regional order. More recently, Jakarta’s status has risen even higher as concern over China leads countries such as the U.S., Japan, South Korea and Australia to strengthen ties with Indonesia. Yet China’s attempts to stake its own claims to regional leadership pose a direct challenge to Indonesia, while China’s development of a blue-water navy and its claims to virtually the entire South China Sea directly threaten Indonesian interests. As a result, Indonesia has found it increasingly difficult to play its traditional mediating role within ASEAN.

    Indonesia’s key interests in Southeast Asia are to promote stability and ensure that the region retains its autonomy from great power influence. In the broader Asia-Pacific, Indonesia seeks what Foreign Minister Marty Natalegawa calls a “dynamic equilibrium” in which “there is not one preponderant country.” Indonesia has historically used ASEAN as a tool to pursue these goals, and Jakarta’s purported ability to lead ASEAN is an important source of its international influence. Accordingly, Indonesia has a major interest in ensuring that regional architecture is built upon ASEAN, thereby giving its members agenda-setting influence and helping prevent their domination by larger powers.

    As an archipelagic state sitting astride vital sea lines of communication connecting the Pacific and Indian Oceans, Indonesia prioritizes protecting the sovereignty of its waters. As a nation of 17,000 islands that lacks the military capacity to protect itself, Indonesia has a strong interest in ensuring that major naval powers abide by the U.N. Convention on the Law of the Sea (UNCLOS). Thus, China’s naval advances and its designation of its South China Sea territorial claims as a “core” interest directly threaten Indonesia.

    The South China Sea disputes, in particular, encapsulate the challenges Jakarta faces. While Indonesia has responded to China’s maritime provocations by raising them in ASEAN and ASEAN-centered regional organizations, Jakarta realizes that U.S. participation in these mechanisms is a prerequisite for responding to China by multilateral diplomatic balancing. Indonesia has therefore welcomed the Obama administration’s attention to Southeast Asia and its renewed engagement with ASEAN and the East Asia Summit, even as it is aware that the shift is driven largely by U.S. concerns over China. Sino-American rivalry therefore enhances ASEAN’s regional status but risks turning ASEAN into a forum for Sino-American competition, something Indonesia wants to avoid.

    Beginning in 2010, however, when then-U.S. Secretary of State Hillary Clinton used the ASEAN meetings to state that the U.S. had a “national interest in freedom of navigation, open access to Asia’s maritime commons, and respect for international law in the South China Sea,” confrontation over the maritime disputes has become an increasingly central component of the group’s meetings.

    BalasHapus
  28. As the 2011 ASEAN chair, Indonesia made it a key goal to produce guidelines to transform ASEAN’s nonbinding 2002 Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea into a legally binding code of conduct. Because Indonesia is not party to any territorial disputes in the South China Sea, Jakarta has traditionally tried to position itself as an independent mediator. Nevertheless, China does claim waters in Indonesia’s Natuna Island exclusive economic zone, an area rich in carbon resources, and Jakarta’s calls for resolution of the dispute according to UNCLOS clearly conflict with China’s positions. In July 2011, ASEAN and China did agree on a set of guidelines for the declaration on conduct, but they studiously avoid the issue of sovereignty. Hopes that the guidelines would include concrete proposals to reduce the potential for clashes, such as advance notification of military exercises and rules of conduct for parties on the high seas, were disappointed.

    In pursuing a diplomatic resolution of the disputes, Indonesia must also seek to balance the interests of its fellow ASEAN members. Vietnam and the Philippines, which have borne the brunt of recent Chinese naval assertiveness, have called for greater ASEAN backing and also sought outside support, particularly from the U.S. The heightened tensions over the issue, both among ASEAN members and between the U.S. and China, underscore the challenges Indonesia faces in maintaining ASEAN cohesion while balancing the interests of China and the U.S.

    These challenges are further heightened when the rotating ASEAN chair is closely linked to China, as it was in 2012. Cambodia, which held the rotating chair at the time, failed to include the South China Sea dispute on its list of key agenda items, in contrast to the 2010 and 2011 chairs, while also proposing that China be included in the drafting of procedures to implement the declaration on conduct. This led to open discord at the July 2012 ASEAN meeting, which failed to issue a joint statement for the first time in 45 years. As ASEAN’s centrality in regional architecture depends on its cohesion, any threat to the latter is a threat to a key aspect of Indonesia’s regional leadership.

    Recognizing this, Natalegawa embarked on a round of shuttle diplomacy to ASEAN capitals to secure agreement on a six-point approach to the South China Sea disputes that was issued in place of the final statement. Natalegawa’s diplomatic efforts have papered over ASEAN’s differences but not resolved them. Moreover, ASEAN’s agreement to these principles does not appear to have induced greater Chinese concern for ASEAN’s position.

    Clearly, for Jakarta, maintaining Indonesia’s traditional position as a mediator balancing the interests of great powers and its ASEAN partners has become more challenging. As a result, some analysts have argued that ASEAN-led multilateral processes, based as they are on soft power, are not sufficient to sustain regional order.

    China’s rise has upset the regional balance of power, with Indonesia’s goal of a “dynamic equilibrium” now depending in part on the U.S. Indonesia welcomes the renewed U.S. interest in Southeast Asia but fears that the “Asia pivot” may escalate tensions unnecessarily. That, in turn, could undermine Indonesia’s ability to help shape relations among Asia’s great powers and its ASEAN partners to promote its goals of regional peace and stability.

    Ann Marie Murphy is associate professor, Seton Hall University; adjunct research scholar, Weatherhead East Asian Institute, Columbia University; and associate fellow, the Asia Society.

    http://www.worldpoliticsreview.com/articles/12779/indonesia-in-asia-s-changing-balance-of-power

    BalasHapus
  29. Ada yang belum bisa move on jaman pak pur nih, wkwkwk

    BalasHapus
  30. Salam Sukses bagi PTDI .. Lanjutken ..
    ----------
    Indonesia secures contract to produce more helicopters for armed forces

    JAKARTA, March 15 — Indonesia’s state-run aircraft manufacturer PT Dirgantara Indonesia (PTDI) has secured another contract to produce 16 Bell 412 EP helicopters for the military worth 170 million U.S. dollars, a senior PTDI official said on Friday.

    PTDI President Director Budi Santoso said that delivery on the 16 helicopters was scheduled next year as production would take at least one year.

    A contract was signed in March last year to produce six Bell 412 helicopters which were handed over to the armed forces on Friday.

    “The procurement contract on those six helicopters was worth 65 million U.S. dollars,” he said, quoted by the detik online.

    Bell 412 EP is the advanced version of Bell 412 series, designed as multipurpose helicopter. It is fitted by Pratt and Whitney PT6T-3D twin engines, using four blades in its main rotor and two blades in its tail rotor and is capable to board up to 13 people.

    Indonesia secures contract to produce more helicopters for armed forces - NZweek

    6 of the Helicopter has already been delivered to the Army

    BalasHapus
  31. ...inilah TIM EROPA yang nantinya akan bertandang ke Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun 2021 ;

    FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) mengumumkan daftar negara yang mewakili Benua Biru di Piala Dunia U-20 yang dilangsungkan di Indonesia pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021. Sebanyak lima negara diutus UEFA ambil bagian di Piala Dunia U-20 2021, yakni

    Portugal, Prancis, Inggris, Italia dan Belanda.

    Kelima negara di atas lolos ke Piala Dunia U-20 2021 tanpa harus memeras keringat. Sebab, Piala Eropa U-19 2020 yang menjadi ajang kualifikasi lolos ke Piala Dunia U-20 2021 resmi dibatalkan imbas pandemi virus Covid 19.


















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...sayaaaaaaaang, nggak ada Germany U-20 euy ?



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  32. Sikap tegas seperti inilah yang menunjukan jati diri kita sesunguhnya ... Kita tak akan tunduk terkait dengan penegakan HAM selama ini ..
    ------------
    RI may decline to ratify treaty on arms trade
    The Jakarta Post, Jakarta | National | Tue, March 19 2013, 2:11 PM

    A member of Commission I which oversees foreign affairs at the House of Representatives, Muhammad Nadjib, said that Indonesia might decline to ratify the Arms Trade Treaty (ATT) during the two-week Final United Nations Conference on the Arms Trade Treaty, which began on Monday local time at the UN Headquarters in New York, if several articles in the treaty remained unchanged.

    “Speaking as the representative of the Indonesian House of Representatives, I warn the countries’ leaders and delegations, that the House will not ratify the Arms Trade Treaty if several articles to which the Indonesian delegation have voiced their objections remain unchanged,” said Nadjib in a written statement in Jakarta, Tuesday, as quoted by Antara news agency.

    Citing an example, he said one article in the treaty stipulated that an arms-supplier country had a right to unilaterally assess human rights violations allegedly occurring in a potential buyer-country. It was one of several articles the Indonesian delegation had voiced their objections to, he added.

    “This article is deemed subjective and is directed at furthering the political interests of developed countries. Moreover, it has been widely known that they exercise double standards on human rights,” said Nadjib.

    He said the treaty also included an article on sanctions such as ammunition embargoes and other trade controls that supplier-countries could apply at any time if they suspected human right violations in the buyer-countries.

    “This could paralyze our very expensive primary weapons defense system that we have bought,” said Nadjib.

    He also urged the Indonesian delegation to push national delegations to include the rights of countries to protect their territories and citizens in the articles of the treaty.

    Meanwhile, UN Secretary General Ban Ki-moon said on Monday that there should be a comprehensive instrument to standardize the international conventional-arms trade. He said such arms trade control was very important and urgent.

    In his speech at the conference in New York Ban urged representatives from 193 UN member countries to complete their work by March 28. (ebf)

    BalasHapus
  33. https://youtu.be/MDk-Ao27Ek4

    Malon done kontrak su 35.

    BalasHapus
  34. Pengamat militer abal2 lagi baku hantam...yasalaaam...

    BalasHapus
  35. Para Jomlo ga laku di dunia nyata, terpaksa menjadi pengamat militer abal abal di dunia maya, buat ngilangin frustasi dan lari dari kenyataan hidup, croottt.. croot...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ungkapan yang sangat mendalam, wkwkwk ...

      *Senasib ternyata ...

      Hapus
  36. Ada yang mau ikut malem mingguan di RS gak jaga pasien N-COV19 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn lupa sangu semongko om biar perut adem 🍉🍉🍉🍉

      Hapus
  37. Omongan Alutsista, Jet tempur, Ampun bro... hamba rakyat, tau NY cuma ngoprek motor, itu jg kadang salah... salut ke ente semua, pakar alutsista.. ya salaaamm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh,mau beli sendiri alutsista nya bukan engak kebeli sih,cuma engak dikasih sama mama,padahal saya dah pesen pespur,kasel dan destroyer loh,tapi engak di ijinin mamah,katanya repot dan mahal biyaya perawatanya,jadi paksa deh engak jadi.
      kamu salah masuk web kayak nya,ini khusus dunia militer deh.
      kalou mau ngomongin kalbulator apa injeksi sana sama tukang bengkel,biar engak pening dan nambah elmu.

      Hapus
    2. ☝️ komen dewe, disauri dewe, diguyu dewe.....sajake sedeng 🙄

      Hapus
  38. Balasan
    1. ...dodolan Semongkone, ngono neng Gunung Kemukus ae...rapapa mbok ?





















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Iso2.. Ijin sek nyang mas hari ben dhi atur layout lapak semongko ne😁😁

      Hapus
    3. ...Mas Smile duwe lapak dewe, yaiku TEMPIK GUNDUL ?



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. TEMPIK GUNDUL 👉 TEMpat PIKnik (di) GUNung kiDUL......pancen endah tur methutuk sawangane 😱😱😱

      Hapus
    5. Ning akeh sukete......suket teki 🏃💨💨💨

      Hapus
  39. "Kirim-kirim lagu sek kanggo mbah Gono sing lagi tunggu brok 😎"

    https://youtu.be/Av0dZCBGjXU

    BalasHapus
  40. https://www.reuters.com/article/japan-southeastasia-indonesia/indonesia-japan-seek-stronger-security-economic-ties-in-chinas-shadow-idUSKBN2751GE

    Japan and Indonesia agreed on Tuesday to speed up talks on the export of Japanese defence gear and technology to Indonesia and to have their defence and foreign ministers meet soon, reflecting concern over China's regional assertiveness.

    "To further advance security and defence cooperation between the two countries amid the changing regional situation, we've agreed to hold a meeting of foreign and defence ministers at an early date and to accelerate talks over the transfer of defence equipment and technology,"

    Awal November kayane Menhan Jepang gantian meeting sama Menhan Indonesia nih.. mau percepatan TOT Defence equipments.

    Apa yaa yg mau dibeli dari Jepang sampai dapet TOT ?
    Mosok beneran MPA ? Heli Kawasaki ?
    🙄

    Gw sih berharap Toyota Mega Cruiser versi angkut militer 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Japan and Indonesia agreed on Tuesday to speed up talks on the export of Japanese defence gear and technology to Indonesia and to have their defence and foreign ministers meet soon, reflecting concern over China's regional assertiveness.

      Alusista Apa kira-kira yang bakal di ekeport ke indonesia 🤔

      Hapus
    2. Apa mungkin ada kaitannya sama MHI mau jajaki pembangunan kapal di indonesia 🤔

      Hapus
    3. Yang jelas sih prioritas Jepang di Asean saat ini Vietnam dan Indonesia pak.

      Minggu lalu udah deal tuh buat galangan di Vietnam rencana bulan depan bisa jadi buat juga di Indonesia semenjak omnibus law jadi... Karena terus terang saja kalau gak ada omnibus law Kita bakalan kalah seumur hidup sama Vietnam.. dua atau tiga tahun lalu waktu sy meeting semingguan di Thailand ketemu team dari Vietnam.. memang edan disana.. investor bebas milih lahan dan sewa nol persen atau sampai max 10 persen selama 10 tahun. Udah gitu perizinannya super cepat dan serikat buruh disana pada takut sama pimpinan militer komunis disana. Gak heran pabrik baru bermunculan dan tenaga kerjanya malah kekurangan orang sekarang.

      UU di Indonesia yg baru saya lihat sedikit copy paste dan Vietnam dan meski agak terlambat buat ngejar tapi daripada tidak sama sekali kan ? 😁

      Hapus
    4. Meeting semingguan ki efektife paling gor 3~4 dino.....sisane mbuh gelap tur gelap-gelapan 🙈

      Hapus
    5. Kans adanya MHI invest disini bisa jadi ada meski sebulan kemaren kita di bego bego in netizen sebelah kalau kita dianggap cuman ngayal tapi melihat tanda2 alam :

      - Kontingen MHI sudah survey lokasi
      - PM Suga datang khusus ke Vietnam dan Indonesia
      - Bulan depan akan ada pembicaraan antar Menhan terkait TOT Defence equipments.

      Rasanya saya kok yakin diatas 60 persen kalau Project defense Jepang bakalan beneran pindah ke sini. Yang penting jangan baperan kalau gak jadi yaa ? Jadi syukur gak jadi ya tetep Alhamdulillah 😁👍🙏

      Hapus
    6. Bar miting kantor, genti miting liyane.....🏃💨💨💨

      Hapus
    7. Hahahaha asem tenan mas @naiki air Iki.. sempet pas plant tour salah satu pabrik di Chonburi Thailand saya dikenalin sama salah satu karyawan purchasing nya.. saya bilang sama temen sy wong Thailand "Enak lu ya gawe dikelilingi cewek cakep cakep "?

      Trus dia bisikin "Bro yang rambut bule itu cowok tapi transgender kalau cewek yg orik noh yang dah keriput nih (sambil nunjuk emak2 lemu yang lagi liat layar komputer). " 😂😂😂

      Hapus
    8. Moral of story kalau ke Thailand jangan asal "Beli" kudu liat dulu kelengkapan surat2nya.. pastikan nomer mesin dan nomor rangka sama dengan BPKB Bawaan.
      😂😂😂😂🤣🤟

      Hapus
    9. Nek kui keluwihane mbah Gono mas.....mak-mek, mak-mek sakatoge ning arang-arang nganti kedaden rego 😣

      Hapus
    10. 2 hal sing mutowatiri bab alutsista produk jepang 🤔....yen bab kualitet pancen apik 👍

      Nanging:
      1. Jepang nembe wae terjun ing kancah penjualan alutsista global, sing sakdurunge produk alutsista jepang dikonsumsi dewe dening angkatan perang jepang 👮. Njur mengko kepiye jaminan ketersediaan suku cadange kanti rego sing kompetitif ☝️

      2. Kapindone, sakprene iki produksi alutsista jepang, sengojo dirancang umure luweh pendek ketimbang gawean eropah lan amerikah (udokoro 20~25 tahun), supoyo industri persenjataane iso berproduksi terus.....lha nyangkut bab iki, kudu diitung sing teliti bab manfaat lan mudarate, yen dibandingno karo gawean eropah~amerikah ✌️

      Hapus
    11. Ngomongin soal jepang kmaren mitsubisi heavy industri survey juga ke pusat penelitian roket.. semoga ada hasilnya ga cuma ropat-rapat ropat-rapat 🙄

      https://www.instagram.com/p/B8poTFcHUOb/?igshid=17qu6f6w2vc0o

      Hapus
    12. Nah, kalo yg rapet-rapet mulu tuh bos @Superstar tuuu....😂😂😂

      Hapus
  41. Philippine need this. Landing Ship Tank...because our island is 7,100....atleast 6 of this. 2 each in Luzon, Visaya and Mindanao...They should buy in PT PAL....

    BalasHapus
  42. BISA NGGAK YA ''RAMP LIPATnya'' LST lokalan kita diperpanjang kayak LST DAMEN 120M ??
    Spt ini:
    https://youtu.be/jCTPSoaUtwk

    BalasHapus
  43. BACAAN CERPEN BESAR KEPALA.......

    Malaysia Defence Review
    15 hrs ·

    Filipina dan Indonesia dilaporkan berminat terhadap kapal selam keluaran Naval Group dari Perancis iaitu "Scorpene". Scorpene merupakan kapal selam moden yang dioperasikan oleh Chile, Malaysia, India dan Brazil.

    Scorpene merupakan kapal selam yang dikuasakan oleh diesel-elektrik dan nuklear (varian S-BR untuk Brazil). Ia mampu melancarkan torpedo kelas berat Whitehead Alenia Sistemi Subacquei (WASS) Blackshark dan misil anti-kapal lancaran kapal selam MBDA SM-39 Exocet.

    Indonesia pada Januari lalu menyatakan minat terhadap kapal selam Scorpene melalui Menteri Pertahanan Indonesia ketika lawatan ke Perancis. Ketika itu, khabar angin menyatakan Indonesia tidak berpuashati dengan prestasi kapal selam Kelas Chang Bogo dari Korea Selatan yang baru diperolehi mereka.

    Indonesia telah mendapatkan 3 buah kapal selam Chang Bogo dari Korea Selatan merupakan kapal selam yang diasaskan dari kapal selam zaman Perang Dingin buatan Jerman iaitu Type 209. Kemudian telah menambah lagi 3 buah selepas ketiga-tiga kapal selam telah diterima.

    Bagaimanapun, proses perolehan tambahan berkenaan tergantung dan Korea Selatan menyatakan belum menerima sebarang pembayaran untuk memuktamadkan perjanjian perolehan tambahan berkenaan.

    Indonesia dilaporkan berminat terhadap kapal selam keluaran Jerman iaitu Type 214 dan keluaran Sweden iaitu Saab A26.

    Filipina dilaporkan telah memulakan perbincangan peringkat awal dengan Naval Group untuk perolehan 2 buah kapal selam Scorpene pada masa depan.

    Filipina dilaporkan memerlukan angkatan armada kapal selam bagi meningkatkan keupayaan serta menyamai keupayaan negara jiran sekitar Laut China yang telah memiliki kapal antaranya Malaysia dan Vietnam.

    Bagaimanapun, Filipina dijangka mengalami pelbagai kesukaran berikutan penularan Covid19. Ini melibatkan kewangan, latihan, penyesuaian serta pembangunan infrastruktur untuk kapal selam.

    Saingan memiliki kapal selam untuk tentera laut dikalangan negara Asia Tenggara meningkat dalam dekad ini berikutan beberapa negara telah memodenksn armada tentera laut masing-masing antaranya Malaysia, Vietnam, Thailand dan Singapura.

    Thailand pada baru-baru ini menuduh Malaysia mengunakan kapal selam menceroboh perairannya dan ia mencabar maruah angkatan tentera lautnya yang kini belum mengoperasikan kapal selam walaupun telah menempah sebuah kapal selam dari China.

    Namun aktiviti Malaysia di perairan berkaitan dengan pergerakan aktiviti pencerobohan, permedagangan manusia, penyeludupan dan jenayah dari perairan Thailand menuju ke perairan Malaysia.

    Myanmar telah mengoperasikan kapal selam bekas milik Tentera Laut India iaitu INS Sindhuvir yang dilihat semasa Eksersais Bandoola yang dijalankan oleh Tentera Laut Myanmar. Kapal selam berkenaan adalah jenis Kelas Kilo keluaran Russia yang memasuki perkhidmatan Tentera Laut India pada tahun 1989.

    Nakajima Zen Itu la Malaysia banyak mengkaji sebelum membeli...... Utk pengetahuan negara jiran Malaysia mempunyai squadron MRCA halimunan. Buktinya sampai sekarang x dpt d kesan oleh radar

    Khairul Ridzwan Nakajima Zen LCS pun halimunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Din Din Faiz Khairul Ridzwan bukan setakat negara asing tak boleh kesan, tapi dgn kita² sekali PON tak mampu nak kesan lcs terbaru tu��

      Firdaus Bahary Kapal selam made by pt pal tak ngam ke?

      Malaysia Defence Review Firdaus Bahary tu pasang plug n play je bukan bina

      Din Dun Malaysia Defence Review ada la jugak diorang boleh pasang. Kita? Hahaha buat lcs pun tak boleh

      Asrizal Rusli Kapal selam dari korea selatan tu ada masalah/rosak..bateri dan beberapa sistem kalau tak silap..tu yang diorang nak cari jenis lain.

      Wan Humaizi Gee Ada terbaca kapal selam Indonesia yg buatan Korea ni x boleh selam lama

      VitaBerapi HotDamn Firdaus Bahary bateri drained, leaking n full of craps.

      Mohammad Zulkarnian Firdaus Bahary bleh dikatakn mereka beli blueprint kapal selam nk kejar title negara pertama asia tnggera dlm bina kapal selam ...keluar dana besar tpi hasil nya kapal selam beragam...diyoutube kecoh riak melangit kutuk2 lgi ....

      Yun Fariz "Mencabar maruah angkatan lautnya"
      haha baru dua biji dah mengelabah

      Mohammad Zulkarnian Yun Fariz dlu jiran seblah kuat kutuk perolehan scorpene tldm kata tk bleh selam dn mcm 2 lgi ....skrng bru dia tau kmampuan scorpene

      Asrizal Rusli Hahahaha...sbb kita ada kualiti, tu yang diorang goyang. Teknologi edge ni penting juga dalam pembelian aset..kalau beli asal ad aje masak gak

      Asmawi Madzlan Pelik. Dua negara tu tak tahu ke scorpene tak boleh menyelam?

      Affandi Al-affan Yg Pinoy blom beli lg tp dia punye bergegar mcm da ade..siap buat video bagai vs malaysia..dia igt sign kontrak bulan depan da dpt agaknya..blom kes nk service n refit..kos sebijik rm500juta woo...

      Asrizal Rusli Affandi Al-affan Pinoy mmg kuat sembang..aset sendiri pun dalam keadaan menyedihkan lagi nak claim mengklaim.

      Mohammad Zulkarnian Affandi Al-affan dia riak sbb di bntu A.S dn israel .klau tkde back up dri dua ngara ni...takde nye dia meyalak

      Hafiez Ibn Yusuff maaf nk tye.....TLDM ada plan x nak tambah kapal selam...selalu duk tgk bajet TLDM pada kapal destroyer type LCS ke nk tambah 6 bijik,isu kapal selam belum terbaca lagi....ade info ke sobat2...

      Malaysia Defence Review Hafiez Ibn Yusuff xde tunggu 2040

      Zamri Daud Jadinya jelas la Msia lagi cerdik..��

      Khairul Ridzwan Zamri Daud kan.. dan nasib bek SG sen ade byak lebih, bleh beli lagi baik dan padu.. kalau x scorpene gak die pilih kot.. ������

      Fendy Abdull Bukan kata Scorpene...kalau boleh Kelas Ohio pun depa nak angkut #barterkeropok

      Kyo Adiz Fendy Abdull itu baru betul Mendonia..lepas tu gelak wkwkwk

      Hambli Flanker Indonesia bukan ke buat loan AEON kat Jepun...masih bernafsu nak berhutang lagiiii....

      Mohd Razali Hambli Flanker dengar kata AEON x lepas buat loan . Dengar cerita pinjam kat Along bukit beruntung pulak

      Mhd Nrizdr Rme Hambli Flanker AEON pun taknak kasi lepas loan sbb hutang bertingkek-tingkek katanya..

      Amei No Shiryuu Paling kurang malaysia kena ada 6 kapal selam....andaikata laa kita dpt siapkan 6 biji kapal LCS pastu ada 6 buah kapal selam... Konfem gelabah tetek jiran kiri kanan dpn blakang

      Ciksu Malaysia kna tambah lg 2 biji scorpene. Baru mantap

      Khairul Hisham Ciksu negara kecil macam Singapura pun ada 4. Siap nak tambah 4 lagi.

      Bukh AZ Malaysia Defence Review min nk tya klo darurat ni xda pembentangan bajet ke? Atm xleh dpt aset ke cmne min

      Malaysia Defence Review Bukh AZ sape kata? Cuma Parlimen xon dan kerajaan fungsi direct under Agong

      Bukh AZ Malaysia Defence Review ooohhh mknenye bgs darurat a min blh atm shopping hehe

      Hapus
    2. Chad Thundercock Maknenye keputusan malaysia utk beli scopene selame ni tepat..smpai negara lain yg dh beli kapal selam dr korea pon nk beli jugak scopene ni..
      Tp selaku rakyat malaysia kite xptut berbangga. Kite kne cari point lain utk hina negara sendiri...

      Abd Raz Negara jiran pun takut dengan kapal selam Malaysia tapi orang politik Malaysia pula yang memperlekeh keupayaan ATM

      عزيز Betul ke min. 2 biji lagi rahsia? Dgrnya ada 4 biji awang hitam ni

      Ayie Yoo 2naik ke darat buat reban...yang dua tuh pon sesak nafas nak operate..takdanya nak rahsia2 bagai..

      Sa Fawi Aset strategik kot.... 2 jela diwar2kn.... ��
      Ajak Duro klau x meniru bkn indon namanya..spesis depa ni apa yg orng beli, pakai..depa pun nk jgk yg sama..dlu bkn main kutuk lgi..seropa ludah ke lngit la..brsembur tepek kna ke muka sndiri��

      Hafiz Aiman Negara mendonia sepatutnya pakai kelas barracuda.

      Firdaus Fara Zila Baru tahu negara jiran kita sbb apa malaysia beli scorpene..scoepene antara kapal selam paling senyap dlm dunia

      Ahmad Dave Msia kne ade at least 6 biji sub.. Kiri kanan dpn blkg musuh ready nk amik ksmptn skrg. Tp tu la susah sbb Msia darul politaik

      Muhammad Izwan Bagi tau depa tak payah beli la jenis scorpene ni..bukan boleh 'menyelam' pun..biar malaysia ja yg pakai..

      Muhammad Qayyum Kahkah dulu punya lah warga net dorang hina kita amik scorpene, last2 dorang pun minat scorpene, ludah kena muka sendiri

      Madie Fida Kita pn patut dh boleh cukupkan keperluan kita. X silap saya, dulu2 ada terbaca .. 6 -8 biji, utk keseluruhan operasi.

      Muhamad Fiqry Madie Fida dlm program 15 to 5 TLDM, kita prlukn 6 bijik submarine utk optimal operation. tp program ni pn hidup segan mati x mau je lh nk jln skarang ni ��

      Jolly Roger Jiran sebelah tu mcm2 nak beli.. Mula2 nak beli lepas tu sembang kari

      Iqbal Hanif Muhammad Franz Firdauz oh scorpene kita takda AIP eh?

      Muhammad Franz Firdauz Xde stakat yg sy thu tp boleh instal mesma aip..kalau ade aip lg lama endurance..smpai 50 ke 60 hri

      Daniell Daniesha Kita?? Masih bngga dgn 2 biji kapal selam

      Hazwan Wan Mc okla tu klu jiran2.. nk pakai scepone. bole la hantar latiahn krew kt malaysia.. ye.hihihi

      Rahimi Dollah As Saujani Hazwan Wan Mc ilmu kalau 10 buah kilas kita bagi 4 aja yg diajar

      Mohd Herwafi Ali Ak ase xde nye filipina nk beli scorpene ni... Mgkin discus jela... Giler 2 bijik pn mahal wei...

      Mohamad Azim Azmi Orang beli dia pon sibuk nak beli

      Hairoul Ben Saili Scorpean msia bkn jns full spec kn...boleh upgrade ke max spec scorpean spt y perancis guna

      نان مات يونوس Org sebelah tu semua benda dia nak.. kalau blh semua benda tumpu kt dia je.. maklum la.. terhebat dunia

      Khai Niz Mendonia pon nak juga pakai scorpene tu. Bukan 1 chang bogo = 10 SSBN Yasen-M ke? X

      VitaBerapi HotDamn Fendy Abdull keropok abah jokowi barter ngan Apache ��
      Zul Zulsewakereta ZulSewakereta Biar la diorang nak Dsulatkan Negara dia..
      Malaysia tak perlu lagi kapal selam ni.. kos tinggi, kos selenggara mahal..
      Malaysia d minta cukupkan keperluan asas dulu.
      Lepas tu baru tambah Kapal Perang utama, Lcs 6 unit tu bior cepat siap dgn lengkap senjata moden.Utk sekarang ni beli bagi cukup aset asas utama dulu.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Akuni Woii kita sebagai pengguna awal d asia xblh ckp 'jangan jual kpd negara jiran kami' ke kat france tu..?

      Khairul Ridzwan Akuni Woii ingat kita ni Amerika atau sekutu Amerika ke nak buat bantahan gitu? Kalau bantah pun x jadi ape rasanya, depa nnt reply business is business����.. minyak sawit pun depa selamba je boikot.

      Khairul Ridzwan Akuni Woii mungkin kalo beli lagi 10 scorpene baru depa nak pertimbangkan cadangan ko tu.. ingatnye, baru nak pertimbangkan.. ��

      Akuni Woii Khairul Ridzwan try hantar bantahan,mn tahu kot² france balas dgn pakej padu utk batch ke2..

      Aizat Aziz Malaysia mmg trend setter. ��

      Rzone Said Sikit2 tiru..dari dulu lagi..jelez ler tu

      Asrizal Rusli Sebab Malaysia beli aset kebanyakannya atas sbb kualiti bukan sahaja kuantiti..lengkap sekali dengan senjata..tgk Indonesia, beli Chang Bego pun rosak dah.

      Noorman Shah Abdul Rahman Asrizal Rusli diorg beli yg class low punya. Padan lah ����

      Ameq Hidayat Arman Buat apa jiran 2 ekor nk beli scorpene...scorpene bknnya bole menyelam....dulu geng tempe seronok membahan dlm utube scorpene kita x leh selam....skrg ni depa pulak kalut nk beli kpl selam x leh selam.....pala bana puak bakso ni

      Ron Guiza apa yg malaysia beli semua negara asean beli... bila malaysia beli aset baru.. terhegeh2 negara asean nak beli baru... heran.. thailand, indon, pinoy, singapore semua 2x5.

      Hapus
    5. Keown Kerol Ron Guiza politik malaysia ni retorik ja lebih..konon prihatin kat rakyat, konon 'lebih baik disalurkan duit tu kepada keperluan rakyat'..last2 bila depa yang jadi kerajaan, sudah la bajet pertahanan kekal kecik, keperluan rakyat pun dipotong, last2 bizi cari jalan camana nak tambahkan cukai untuk rakyat bayar kononnya untuk 'bantu kerajaan bayar hutang negara'..masuk kerajaan baru ni, sekupang pun tak pernah mintak kat rakyat untuk bayar apa2 hutang negara, elok ja..

      Zak Rusli Ron Guiza dulu bolehlah pakai retorik tu, sekarang kita benda baru buat pun sangkut (LCS) lepas tu banyak benda indecisive. Last2 kita lambat upgrade, manakala yg lain dah jauh ke depan... Kecuali Filipina, diorang beli kapal dgn pesawat baru semua kosong.

      Xazziq Othman Bukan tu hari mendonia kutuk scorpene Malaysia ke last2 tiru org juga hhhahaha siap ckp lg chang bogo dia paling ampuh last2 duit tak bayr ��

      Asraf Musa Mendunia je la xhbs...projek jet dgn korea pun xbgi duit...

      Iskandar Shahhidan Biarlh mereka nk beli mcm kita jnji kita punya lgi advance dri diorng..cth trdekat sukhoi kita dgn mereka

      Mohd Mazran Bin Samin Ada bukti ke kapal selam TLDM menceroboh perairanbThailand?

      Muhammad Mat Zain Mohd Mazran Bin Samin Propaganda Thailand je tu... Thailand pada awalnya memang nak tambah lagi 2 kapal selam dari china (1 kapal selam tengah bina). Tapi, dibantah oleh rakyat Thailand ekoran keadaan ekonomi Thailand yang menurun akibat Covid-19. Tambahan pula dengan keadaan politik Thailand sekarang yang kacau-bilau. Tu yang kerajaan Thailand kata Kapal Selam Malaysia ceroboh perairan dia.

      Hidir Kumo indonesia maling!!

      Pean Abdul sebelum ni kapai selam x leh nyelam.. ni lak kapai x bole belayar k apa.. sama k konsep DLP dalam persiapan sesuatu projek..

      Ari Zan Akhir nya menyelam kesana kesini... ke merujuk kapal yg ada di pantai melaka

      Izzuddin Zakaria Pean Abdul kapal selam mana yang takleh menyelam tu encik

      Pean Abdul Izzuddin Zakaria x marah.. cuma nak terangkan stigma sebegini akan terjadi terutama masa sekarang tunggu buah masak je.. nanti gilir nak lastik la tu.. al maklum la pembelian dilakukan zaman menteri yg duk ada dalam PN skrg yg menunggu H kat belakang...stigma yg tak bole bawak bincang org kata

      Pean Abdul Amirul Faizal KD Tunku Abdul Rahman.. berlaku masalah teknikal selepas 4 bulan serah..MMP sebelum ada up perkembangan ni tapi dah lama rasanya.. kalau ingat lagi la

      Shafik Afendi Surkery Pean Abdul yup,betul di awal penyerahan kapal selam kita ada masalah kat radiator dan tak boleh menyelam.Defense news India pernah pick up benda isu ni.Cumanya terus menerus dijaja pihak politik kata takleh kita beli sub tak boleh menyelam.Memang awalnya ada isu kecil time nak commission sahaja.

      Pean Abdul Shafik Afendi Surkery sumber berita dari negara kita pon ada masa tu.. PTL masa laksamana tan Sri Abdul Aziz Jaafar pun ada akuinya.. benda yang manusia cipta perkara biasa ada terkoyak sini sana.. perkara yang Tuhan cipta pon ada manusia duk ngeluh inikan pula tangan2 manusia.. pade ambo

      Nur Dafinah Pean Abdul tu cerita 11 tahun lepas..kamu yakin ke ks kita ni ada masalah sampai skrg.

      Shafik Afendi Surkery Pastu buat apa nak beli aset,kita bukan nak berperang pon masalah juga.Sebab Scorpene habis serantau upgrade.Tapi sekarang kita ni paling terkebelakng dek menteri berebut kuasa

      Nur Dafinah Shafik Afendi Surkery tu la cerita 11 tahun lepas.diulang ulang oleh spesis spt ini..mungkin puashati dapat menghina negara...lepas tu dipercayai pulak oleh org org yg tak tau pasal aset.elok la tu berjangkit dari satu generasi le satu generasi...


      TAMPAK ORIGINAL TOLOLNYA, BODOH TAPI LUTJU MALON TU...KAH KAH KAH...

      Hapus
    6. Please..kasel+AIP=TOT
      IVER =TOT










      😭😭lama beut.

      Hapus
    7. Malon lawaknya mendonia...

      Hapus
  44. perdana mentri malaysia muhsidin usulkan darurat nasional🤔🤔🤔 apakah malon dlm keadaan bahaya

    BalasHapus
  45. perdana mentri malaysia muhsidin usulkan darurat nasional🤔🤔🤔 apakah malon dlm keadaan bahaya

    BalasHapus
  46. perdana mentri malaysia muhsidin usulkan darurat nasional🤔🤔🤔 apakah malon dlm keadaan bahaya

    BalasHapus
  47. Di "darurat" kan krn covid19 katanya melonjak.

    Konon jika resmi darurat, berarti pm berkuasa penuh termasuk membuat keputusan politik penting (tuk mengamankan kekuasaan)

    "Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui."

    😊😊

    BalasHapus
  48. Si muhyiddin di parlemen jumlah kursinya minoritas...utk meluluskan/persetujuan anggaran belanja malon 2021 diperlukan keputusan jumlah mayoritas.

    Mau diberlakukan keadaan darurat hanya akal² dia saja utk mempertahankan posisinya yg harusnya sudah JATUH.

    TLDM tidak punya kapal LPD menjadi kelemahan mereka dalam jal memobilisasi peralatan berat dari semenanjunng ke sabah/serawak



    BalasHapus
  49. Sebagai negara maritim dimana terdiri wilayahnya terdiri dari banyak pulau yg dihubungkan dgn laut sudah seharusnya Indonesia mempunyai armada LST dan LPD yang kuat. Perlu dipertimbangkan jg pengadaan LHD yg bisa menggantikan fungsi beberapa LST dan LPD terutama yg bisa angkut banyak helikopter dan drone yg mobile. Walau sebenarnya pengadaan rudal dan drone lebih ekonomis Krn tdk perlu melakukan Embarkasi seperti ini dgn wilayah jelajah yg cukup luas dan lebih cepat serta daya hancur yg lebih besar.

    BalasHapus