17 Oktober 2020

Tangguh, Kisah Kapal Selam Indonesia Buat Kelabakan AL Prancis di Eropa

17 Oktober 2020

KRI Cakra 401 (photo : Hiu Kencana)

ZONAJAKARTA.COM - Indonesia memiliki skadron kapal selam yang bernama Satuan Kapal Selam (Satkasel) Korps Hiu Kencana TNI AL.

Dibentuk sejak 12 September 1959, Korps Hiu Kencana sudah melakukan berbagai operasi militer di dalam maupun luar negeri.

Terhitung mulai operasi Trikora, Dwikora, Konflik Timor Timur, Konflik Ambalat dan operasi lainnya yang tak dipublikasikan sudah dijalankan oleh Korps Hiu Kencana.

Salah satu operasi yang paling mendebarkan ketika kapal selam Indonesia berada di perairan Eropa.

Dikutip zonajakarta.com dari buku 50 Tahun Pengabdian Hiu Kencana, Saat itu tahun 1987, KRI Cakra 401 selesai melakukan Overhaul di Jerman.

Lantas dari pihak TNI AL mengirimkan awak kapal untuk membawa pulang KRI Cakra ke tanah air.

Sintingnya kapal selam tidak akan ditandu kapal permukaan ketika hendak dibawa ke Indonesia.

Namun para awak itu akan mengoperasikan KRI Cakra kembali ke Tanah Air dengan melakukan perjalanan jauh dari Eropa ke Indonesia.

Atlantique 2 pesawat pemburu kapal selam milik Prancis yang sepintas sangat mirip dengan P3C Orion (photo : Dassault)

Itung-itung untuk menambah pengalaman awak kapal mengenal perairan Eropa.

Dengan semangat mengebu-gebu, para awak melayarkan KRI Cakra 401 berangkat dari Jerman pada tanggal 16 Juni 1987.

Dalam perjalanan pulang ke Indonesia ternyata KRI Cakra harus mendapat berbagai masalah.

Saat melewati pulau Sicilia, Italia kemudi horizontal KRI Cakra malah tersangkut jaring nelayan setempat walau akhirnya bisa diatasi oleh prajurit-prajurit TNI AL.

Perjalanan kembali dilanjutkan dan ketika KRI Cakra melewati Terusan Suez memasuki Laut Merah, di cakrawala terlihat pesawat intai maritim P3 Orion AL Prancis.

Rupanya P3 Orion AL Prancis itu sudah membuntuti KRI Cakra sejak dari perairan Djibouti.

Sialnya pesawat intai itu ternyata memata-matai KRI Cakra dan mengambi segala seluk beluk kapal selam Indonesia itu.

Sonobuoy yang dilontarkan dari pesawat terbang (photo : Military)

Komandan kapal lantas memerintahkan KRI Cakra menyelam cepat (Dive Crash) sedalam 75 meter di bawah permukaan laut untuk menghindari pantauan P3 Orion.

P3 Orion yang melihat sasarannya menyelam kemudian melemparkan sonar sonobuoy pelacak kapal selam ke laut untuk mengetahui posisi KRI Cakra.

Geram dengan ulah tak bersahabat AL Prancis, komandan KRI Cakra memerintahkan untuk timbul lagi di permukaan untuk menampakkan diri ke P3 Orion.

Usai muncul ke permukaan komandan KRI Cakra menyuruh anak buahnya berenang ke arah sonobuoy P3 Orion dan mengambilnya.

Usai dimatikan transpondernya, sonobuoy di bawa masuk ke KRI Cakra dan kapal kembali menyelam.

Melihat kelakuan berani KRI Cakra, awak P3 Orion Prancis kelabakan, mereka bingung karena sonobuoy malah di bawa kabur KRI Cakra sehingga AL Prancis tak bisa melacak lagi keberadaan kapal selam Indonesia tersebut.

KRI Cakra lantas pulang ke Indonesia sesudah insiden itu dan membawa 'Oleh-Oleh' kepada Mabes TNI AL berupa sonobuoy dari AL Prancis.

(ZonaJakarta)

116 komentar:

  1. Tapi yo mosok sonobuoy yg dicemplungin cuma satu.....pasti satu kali drop gitu minimal 3 sonobuoy sekaligus πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 juga kurang kayaknya....minimmal 6~7 lah biar manteb πŸ˜‚

      Hapus
    2. ...KISAH yang akan sulit untuk terulang ?


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Kalo cuma 1 sonobuoy yg dipungut sih sebenarnya gak terlalu ngaruh buat awak atlantique

      Hapus
    4. "KELABAKAN",

      Yah, selalu overproud sih.

      Seklainya kalu opeasri sono buoy dicemplungin bisa lebih dari 3.


      Ya karena bukan dalam masa perang dan tidak mau terprovokasi ya mungkin AL perancis gamau nambah ketegangan.

      Hapus
    5. Asli ngakak, lawan kok Kopaska nekat semua. Untung nggak semua diambil utk dijual kiloan wkwkwk.

      Hapus
  2. ...Ane lagi makan RUJAK, nich contohnya seperti ini...siapa yang mau ?

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ALeKk01VOK_GA0xQ7WyfB_IN1GDdswTwgQ:1602921341202&source=univ&tbm=isch&q=gambar+rujak&hl=in-ID&fir=9nEZcelM4uPlrM%252CtrrOze1uG7iPoM%252C_%253BJsUnWvqezuA04M%252C_AUF9oPqqrXRrM%252C_%253BmeZ4FWeE_hJ5ZM%252C7YS8NhCO72KvXM%252C_%253B5n2Jj13DiD67DM%252CtjEOeQ5Wydl-xM%252C_%253B3_Kf2soomcISwM%252CQVBJcMrwVayWfM%252C_%253B8VHAAU5h-Z2HrM%252CsaSzQXoa_zKGzM%252C_%253BHERQgkqMOqs94M%252CAsA1iKCxYNv2IM%252C_%253BnMIVsgW9FcuYBM%252C4U0FgvbMHBkPGM%252C_%253BPCxYsSE56JmsPM%252CUe5nK4I3-QVM9M%252C_%253BpsXyHEHLQvBW4M%252CTJLg2TkzzY5Z9M%252C_%253BsMCaSoR_xsBpNM%252Cw33mMRp93qLgkM%252C_&usg=AI4_-kQMlQpYAJscI4tVQ3TuejoaTpmwoQ&sa=X&ved=2ahUKEwjDkZSpk7vsAhXc7HMBHd_EBvsQ7Al6BAgQEFM&biw=360&bih=522&dpr=1.5#imgrc=zVJ4YmgLxrUajM























    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om!itu yg kecil kemerah-merahan anggur ya om?!

      Hapus
    2. ...betul, itu Anggur merah


      pulsanya sudah masuk belum,...kalau belum Confirmasi yach ?















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. ...ini kan nomernya 085264411080 ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  3. Kah kah indon semakin covid semakin tak waras

    BalasHapus
  4. Kebeneran dulu abis baca..hihihi😁..tapi di "sono" lebih lengkap..







    *mimin kehabisan bahan nie😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerena mimin member matikan mic

      Hapus
    2. ...Suwandaruw, anggota KAMI banyak yang diciduk tuch...ente mau diciduk nggak ?


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  5. Indon semenjak kena omnibus law, menjadi mereng sawan gila, ko ingat alutsista NATO tu murahan ke? Baik indon matikan mic

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Suwandaruw, anggota KAMI banyak yang diciduk tuch...ente mau diciduk nggak ?


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. @Jenderal Civil

      Ciduk, karungin dan buang di laut..

      😁😁

      Hapus
  6. Indon yg hutang besar gila vacsin pon macam suruh bayar, kesian

    BalasHapus
  7. Biarkan indon kat sini banyak minum parasetamol

    BalasHapus
  8. Kalau tak silap indon nak beli UFO, canggih tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ...betuuuul Ruw, untuk menjelajah ke planet Namex supaya MALON

      ...nggak bisa lagi Ekspor senapan Vita Birahi kesana















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Kalau kasel tldm....pengalamannya nyelam 10m lalu timbul lagi....dst..dst

      Hapus
  9. Lihat di google map edisi terbaru pt pal sedang membangun kapal LPD sekaligis 2 kapal, dan disebelah hanggar pembuatan kapal selam ada gedung yg di hancurkan, kalo cek di google gedung yang dihancurkan itu akan dibangun hangar devisi peralatan kasel, changbogo bakalan lanjut ini, karna hanggar2 divisi bagia2 kasel lengkap, yang jadi pertanyaan kalo proyek kasel korea nga di lanjut kenapa gedung2 penunjangnya dibangun hingga lengkap..???? Apa PT.PAL MAU BIKIN KASEL IMPROVE.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata mas Alman ada tender kasel baru lagi, TKMS vs Naval Group.

      Tapi saya gak mau ngarep dulu karena infonya masih minim πŸ™ˆ

      Hapus
    2. ENGENERING PT.PAL ini jagonya ngelas, nyambung block kasel itu sulit bahkan riskan akan gagal, kesalahan sedikit berakibat gagal dan pengelasan di ulang lagi,bila tidak itu bodi kasel akan jebol lalo di ajak nyelem hingga kedalaman 300M lebih,,

      Hapus
    3. Saya kurang ngerti kordinat MAP, mungkin situ bisa cek di google map, pasnya gedung yang atapnya warna biru yg didepannya ada kaselnya, menurutku itu kasel alugoro karna panjang, di sebelah gesung yang atapnya warna biru itu dulunya ada gedung sekarang sudah hancur rata dengan tanah, kalo di cek google itu mau di bangun gedung baru khusus divisi kasel

      Hapus
    4. Coba ini -7.203844,112.741468

      Hapus
    5. Ini kordinat gedung yang sudah dihancurkan rata dengan tanah

      -7.204517,112.740468

      Hapus
    6. Ini kordinat penampakan jelas alugoro class

      -7.202679,112.741307

      Hapus
    7. Penampakan kapal LPD 1

      -7.197296,112.737569

      Hapus
    8. Ini penampakan kapal LPD 2 kemungkinan ini kapal bantu rumah sakit

      -7.203766,112.739571

      Hapus
  10. Dasar toolol loe , goblok Bani pa'ul 🀫 Bani dongo

    BalasHapus
  11. ...Pengamat Abal2, kata konternya GAGAL bro...nomernya seperti HANGUS

    mungkin ada nomer HP yang lain lagi ?



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Mungkin.itu nomer mantannya....
      πŸ˜‚

      Hapus
    3. ...dan Uangnya pun bisa di ambil lagi,

      mungkin punya nomer Hp lagi...ente ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. Syukurlah om uangnya bisa kembaliπŸ˜₯..kapan" om..gw cek dulu..thanks yaπŸ˜‡

      Hapus
    5. ...emang nggak punya nomer Hp lain githu,...mumpung Ane masih di konter nich ?




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    6. Nggak pp om..hibahin ke mbah gono aj..xixixi😁

      Hapus
  12. Kordinat google map
    -7.203818,112.741475

    Gedung pembuatan kasel PT PAL ternyata BESAR nga nangung2 pt.pal bangun dengan lengkap dari divisi peralatan,pengelasan,penyambungan,block,DLL nya, yang kurang divisi pengecetan karna ngecat kapal selam nga sama seperti kapal2 lainnya karna cat yang digunakan CAT anti karat yang di campur logam serbuk tembaga agar awet dan tak berkarat, dan bagian bawah di cat dengan cat yang sangat beracun bagi binatang laut agar tidak ada unsur benalu seperti kerang yang sering menempel di bagian bawah kapal, jadi kapal walau sering berendam tak perlu takut karat korosi atau kerang yg bisa membuat body kapal cepat korosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koordinat lokasi kasel kilo yg di titip di brunei ada ga om.

      🀭🀭

      Hapus
    2. πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

      Hapus
  13. ...untuk D Rudal Nasional, jadi Indonesia itu sedang BERUSAHA ;

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Tingkatkan Sistem Pertahanan, Indonesia Perlu Kembangkan Teknologi Alutsista

    Oleh Delvira Hutabarat pada 22 Sep 2020, 17:45 WIB

    Wamenhan Wahyu Trenggono saat menjadi Inspektur Upacara pembukaan Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Universitas Pertahanan di Akademi Militer Magelang. (Putu Merta Surya Putra/Liputan6.com) Perbesar
    Wamenhan Wahyu Trenggono saat menjadi Inspektur Upacara pembukaan Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Universitas Pertahanan di Akademi Militer Magelang. (Putu Merta Surya Putra/Liputan6.com)

    Liputan6.com, Jakarta - Indonesia disebutkan perlu mengembangkan teknologi alat utama sistem pertahanan (alutista) dalam meningkatkan sistem pertahanan negara. Salah satunya melalui teknologi roket.

    BACA JUGA : Salurkan Bansos Senilai Rp 9 Miliar, Mensos Sapa Warga Natuna dan Pastikan Negara Hadir di Kawasan 3T

    Hal ini disampaikan Rektor Universitas Pertahanan Laksdya TNI Amarula Octavian saat menjadi keynote speaker dalam webinar teknologi roket, Selasa (22/9/2020).


    "Kalau negara lain tahu kita memiliki kemampuan membuat roket daya jangkau luar biasa, itu menjadi daya tangkal yang sangat kuat," kata Amarula dalam keterangan tertulisnya.

    Dia menuturkan, pengusaan teknologi untuk pengembangan alutsista ini amat sangat penting.

    Selain melihat geografis Indonesia, tentu ini bisa menjadi satu wujud kebanggaan bagi negara sendiri. Bahkan, ini tidak hanya sekadar menjadi alutsista saja. Tapi bisa digunakan untuk keperluan satelit.

    "Nilai ekonomisnya menjadi kebanggaan nasional, bisa dibayangkan bila kita memiliki roket yang membawa satelit itu menjadi prestasi Indonesia di tingkat dunia," jelas Amarula.


    Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan, pengembangan teknologi sudah sangat lama dilakukan. Bahkan terus dikembangkan.

    Hal ini seusai keinginan Presiden Soekarno. Dan sejak itu kemudian dibentuk dua lembaga. BATAN mendapatkan tugas pengembangan teknologi nuklir dan LAPAN mendapatkan tugas pengembangan teknologi antariksa. Di mana roket menjadi salah satunya.

    "Karena pada waktu itu Presiden Soekarno mencanangkan apabila Indonesia ingin menjadi negara maju maka dua teknologi yang harus dikuasai. Yaitu teknologi nuklir dan teknologi antariksa," kata Thomas.



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...apalagi nanti kalau SAM jarak sedang dan jarang Jauh nya karya sendiri...makin MANTUUUUL dech ?



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. Mantul juga rencana soekarno dulu ya, BATAN DAN LAPAN DI GABUNG BISA JADI RUDAL NUKLIR ITU


      AHAYYYπŸ˜…

      Hapus
    3. Salahnya program roket dan rudal LAPAN seperti dibuat Hidup Segan Mati Tak Mau di zaman orde baru.

      Pemerintah orde baru lebih memilih untuk membuat pesawat terbang yg dipercayakan ke ahli teknokrat pesawat terbang Alm. BJ. Habibie.

      Dari 5 Negara yg belajar Rudal dan Nuklir Ke Uni Soviet, cuma Indonesia aja yg terlambat dalam pengembangan Rudal. Untungnya pengembangan Nuklir tidak di matisurikan oleh pmerintah Orde Baru.

      5 negara yg belajar Rudal dan Nuklir di Uni Soviet antara lain India, Indonesia, Korea Utara, Iran, Pakistan.

      Hapus
    4. China juga masbro, tapi bedanya china sampai lulus kalo indo bukan nga sampai lulus atau selesai, makannya mentok sampai kartika saja ,kalo china kan samapai sangub bisa buat 3 tingkat untuk tehnologi roketnya,


      Maaf kalo ada yg salah mohon di ralat

      Hapus
    5. Iya bener mas bro. China juga termasuk yg ikut belajar rudal di Uni Soviet bareng Indonesia. Saya lupa masukin China ke daftarnya.

      Indonesia ga sampai lulus belajar Rudalnya karena terjadi peristiwa G30S PKI. Ilmuwan Indonesia yg belajar di Uni Soviet di tuduh terlibat G30S PKI, bahkan ada yg ditangkap dan ada juga yg tidak mau pulang ke Indonesia karena takut ditangkap.

      Hapus
    6. Rudal balistik itu cita2 soekarno mungkin dulunya makanya beliau bangun lapan dan batan...makanya dasar2 dari itu semua dibangun oleh beliau,...tapi mandek yaa politik waktu itu kurang bagus juga

      Hapus
    7. Kala itu Indonesia sudah bisa bikin bom nuklir dan rencanannya akan di test pada hari HUT TNI 05 Oktober 1965 di Samudera India. Tetapi keburu meletus G30SPKI, dan memang sisi lain coup itu dirancang menghalau perkembangan nuklir Indonesia. Entah lah

      Hapus
  14. Kemarin si aleman ngetuit kalo untuk akuisisi alutsista 2020-2034 butuh pinjaman luar negeri usd 65 miliar. Biasanya pinjaman luar negeri (PLN) itu untuk alutsista yang kita beli dari luar negeri. Sedangkan untuk alutsista yang kita bikin sendiri menggunakan pinjaman dalam negeri.

    Pertanyaannya :

    Kalau untuk beli alutsista dari luar itu butuh PLN sebesar usd 65 miliar, berapa miliar usd yang dibutuhkan untuk PDN untuk pengadaan alutsista dari dalam negeri?

    Seandainya PDN itu besarnya seperempat dari PLN maka 65 x 0,25 = usd 16,25 miliar adalah PDN untuk pengadaan alutsista dari dalam negeri.

    Jadi berapa kira2 total nilai pengadaan baik dari dalam maupun luar negeri?

    65 + 16,25 = 81,25 = usd 81,25 miliar adalah perkiraan total pengadaan alutsista baik dari dalam maupun luar negeri untuk 2020-2034.

    Usd 81,25 miliar itu bisa dapat apa saja ya?

    Buaaanyaaaaak, asal tidak dikorupsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALO JAMAN menhan RR duit segitu nga tau dehh


      🚢‍♂️🚢‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️WUZZZ

      Hapus
    2. Mr. Bowo kalo beli alutsista anti ngeteng/ngecer dan tetep minta ToT tapi sayangnya Mr. Bowo termasuk jamaah Sekenniyah.

      Hapus
    3. @Tukang Ngitung

      Anda kan jago ngitung, coba buat perhitungan dengan dana US$81,25M bisa dapet alutsista apa aja untuk TNI.

      Hapus
    4. ...kata Ntung ;

      "wani PIRO ? "



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. Di antaranya dapat

      100 Apache lengkap rudalnya
      300 baterai oerlikon skyshield
      300 baterai rudal jarak pendek
      4 SAMP/T
      196 tank harimau
      2080 apc
      93 f16 second refurbished lengkap rudalnya
      36 f16 viper lengkap rudalnya
      70 fa50 lengkap rudalnya
      6 iver class lengkap rudalnya
      20 opv 90 meter
      12 gowind lengkap rudal
      28 kcr 60 lengkap rudal
      2 LHD
      4 u-209 second
      5 scorpene baru
      32 herky c130j
      3 a330 mrtt
      4 wedgetail
      12 poseidon
      7 LST
      24 LCU ADRI
      5 LPD
      100 Bell 412
      64 H225m
      50 cn235
      dll masih banyak lagi.


      Hapus
    6. ...dihitung donk Ntung dengan harga /unitnya ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    7. @Jenderal Civil

      Isiin pulsanya tukang ngitung biar dia buat rincian harga perunitnya.

      😁😁

      Hapus
    8. ... Unknow, wkwkwkwkwkwk 😁

      Hapus
    9. Pulsaku pasca bayar, kuotaku nganggo wifi abonemen bulanan.

      Di atas khan udah kuhitungin dapat apa, dan itu sebagian besar, sebagian kecil tidak kusebut hanya aku masukin ke dalam kelompok dll itu.

      Aku nggak mau sebutin harganya biar nggak didatengin inova item di pojok jalan.

      Kalopun wish list di atas jadi 80% aku udah seneng banget.

      Hapus
    10. Ntung RADAR dan satelite belum dimasukin itu

      Hapus
  15. Abang abang semua, mau tanya serius, Reverse Engineering rudal C705 apa ada yang tahu, sudah sampai mana ya ? maaf kepo, maklum newbie 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nga di publikasikan mas mungkin karna sifatnya yang deterjen jadi di rahasiaken biar tetangga nga pada pusing dan parno,........🀣🀣

      Hapus
    2. Terima kasih Bang Sukhoi 35, mudah mudahan kalau sudah jadi bisa jadi s3njata yg di andalkan dengan akurasi yang tinggi , amin .

      Hapus
    3. @TIN TIN

      Coba anda tanya di website kemhan, PT. DI, PT. Pindad, PT. Dahana, PT. Tress, PT. LEN

      Apabila anda sudah dapat jawaban nya, jangan lupa share kemari.

      Xixixixixi.. ������

      Hapus
    4. Bisa aja Abang, secara saya kan orang yg ingin tahu makanya tanya abang abang yang lebih senior, kalo nanya ke sana mana berani saya 😒

      Hapus
    5. @TIN TIN

      Jangan dianggap serius. Saya cuma bercanda.

      ����

      Hapus
  16. Lihat DOK semarang pt pal kalo di lihat,diraba,diterawang, itu dok semarang pt.pal bisa bangun LHD itu,......mungkin kemaren orang2 jepang ngecek kesana mau bangun LHD buat AL ??πŸ€”πŸ€”πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya om..maksudnya pasti ad kerjasama pt.pal dan MHI (terutama)..ngapain menhan jepang cape" kesini kalau memang belum yakin dengan pt.pal😁

      Hapus
  17. Joss! Inka Garap Proyek KA di Kongo Senilai Rp162,1 Triliun

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Industri Kereta Api (Inka) memproyeksikan proyek Kereta Api Kinsasha di Kongo, yang terdiri atas dua fase senilai US$11 miliar atau setara Rp162,1 triliun, akan rampung selama 10 tahun ke depan dengan sejumlah antisipasi yang disiapkan sejalan dengan dimulainya proyek selama masa pandemi.

    Senior manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT Inka Bambang Ramadhiarto menjelaskan untuk proses produksi gerbong kereta selama pandemi ini dilakukan dengan protokol penanggulangan bahaya Covid-19, di antaranya pekerja yang menggunakan masker, rapid test berkala, jam kerja shift hingga penyediaan lebih banyak fasilitas cuci tangan.

    “Pengiriman selama pandemi sama dengan proyek Bangladesh. Kereta kami desinfektan lalu dikirim. Jika ada karyawan Inka yang diberangkatkan, akan dilakukan tes PCR sebelum berangkat dan setelah pulang,” jelasnya, Jumat (16/10/2020).

    Bambang menjabarkan proyek kereta api ini total akan membutuhkan waktu penyelesaian hingga 10 tahun. Proyek dengan nilai total sekitar US$11 miliar ini akan dikerjakan secara bertahap.

    “Pengiriman selama pandemi sama dengan proyek Bangladesh. Kereta kami desinfektan lalu dikirim. Jika ada karyawan Inka yang diberangkatkan, akan dilakukan tes PCR sebelum berangkat dan setelah pulang,” jelasnya, Jumat (16/10/2020).

    Bambang menjabarkan proyek kereta api ini total akan membutuhkan waktu penyelesaian hingga 10 tahun. Proyek dengan nilai total sekitar US$11 miliar ini akan dikerjakan secara bertahap.

    Budi menuturkan pada fase pertama memiliki target penyelesaian 4 tahun yang dimulai pada 2021. Lingkup kerja pada fase pertama ini meliputi proyek kereta api Kinsasha Urban Loop Line yakni transportasi di daerah perkotaan kemudian dilanjutkan jalur Kinsasha menuju Matadi Port dan Banana Port.

    Panjang jalur kereta untuk fase pertama ini sekitar 580 kilometer dengan target Kinsasha Urban Loop Line dan jalur kereta menuju Matadi Port dan Banana Port. Setelah Fase I nantinya akan dilanjutkan ke fase berikutnya hingga total jalurnya 4.100 kilometer terbangun mencakup wilayah utara dan selatan DRC. Fase dua akan dimulai enam bulan setelah fase satu dimulai.

    Sebelumnya, Inka telah menindaklanjuti kesepakatan bersama berupa Master Framework Join Development Agreement (MFJDA) dengan Democratic Republic of the Congo (DRC) beberapa waktu lalu. Inka melibatkan empat BUMN lainnya, yakni PT Barata Indonesia (Persero), PT LEN (Persero), PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), serta PT Dirgantara Indonesia (Persero).

    Inka akan menjadi project developer untuk perkeretaapian dan intermoda di DRC. INKA akan memasok lokomotif, gerbong barang, KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik), dan KRL (Kereta Rel Listrik). Kemudian perseroan akan mengajak sejumlah BUMN karya di Indonesia untuk mengerjakan infrastruktur perkeretaapian di sana.

    Link :

    https://m.bisnis.com/amp/read/20201016/98/1306003/joss-inka-garap-proyek-ka-di-kongo-senilai-rp1621-triliun

    BalasHapus
  18. ...Mbah GONO come here,

    Inyong njaluk nomer Hp ne lach, kuwi Pengamat Abal2 ngehibahke pulsane karo njenengan...gelem mbok ?

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Pengamat abal-abal (A.E.W)17 Oktober 2020 17.17
      Nggak pp om..hibahin ke mbah gono aj..xixixi😁



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    2. ...sampai 18.30 belum NONGOL, dinyatakan HANGUS pulsanya




















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. Sumbangno nyang sing perlu wae... Aq jek ono sithik2 pulsane kok mas @jackπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™... Matur suwun sgt

      Hapus
    4. ...yo wis...HANGUS bae lach

      TOK TOK TOOOK, ketok palu


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    5. πŸ˜πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    6. ...😁😁😁😜

      Hapus
  19. https://www.instagram.com/p/CGZPq0khGOi/?igshid=2zafmsq9zu6

    Demen bgt sama kapal selam punya majikan jiran sebelah si astutik..

    Itu pun mereka udah punya plan lagi untuk 2030.

    https://www.instagram.com/p/CGZ4QAQBENn/?igshid=1vhdg5foi297i

    Emang sepertinya kita perlu nyari yg mantul sekalian. Ga heran si om helvas bilang kontrak 209 batch 2 suram bgt. Mungkin pengin banting stir nyari yg lebih canggih sekalian..

    🀷‍♂️

    BalasHapus
  20. nyamok pun bisa mengelabui radar timor leste, dengan teknologi siluman babi pencari rasuah

    BalasHapus
  21. Dokumentasi,

    ..
    the spirit of humanity
    = xxxyyyzzz
    = norman hakim

    mbah bowo = vasco

    caki,
    malaysia indonesia serumpun,
    gempurwira,
    matsabu,
    xxavier,
    putrajaya--> prince of selangor,
    langkasuka,
    boboy,
    perkasa--> Yugistian Pur,
    liang tai sek,
    cin bu tai,
    suwandaru,
    unknown,
    ketua suku,
    iskandar,
    boom meletop
    ............

    BalasHapus
  22. ...nyanyi ach, malam minggu lagu yang ROMANTIS ;

    Ane:

    Dhoop Se Nikal Ke Chhaon Se Phisal Ke

    (Setelah Keluar Dari Sinar Matahari Dan Menjauh Dari Tempat Teduh)

    Hum Mile Jahan Par Lamha Thamm Gaya

    (Tempat Dimana Kita Bertemu, Waktu Telah Berhenti Disana)



    Alya Fatma:

    Aasmaan Pighal Ke Shishe Mein Dhal Ke

    (Ketika Langit Meleleh Lalu Merasuk Kedalam Cermin)

    Jamm Gaya To Tera Chehra Ban Gaya

    (Ia Membeku Dan Berubah Bentuk Menjadi Wajahmu)



    Ane:

    Duniya Bhula Ke Tumse Mila Hoon

    (Kulupakan Dunia Ini Untuk Bertemu Denganmu)

    Nikli Hai Dil Se Yeh Dua

    (Hal Ini Adalah Doa Yang Terlontar Dalam Hati)

    Rang De Tu Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)

    Ranjhe Ki Dil Se Hai Dua

    (Ini Adalah Doa Dari Dalam Hati Seorang Kekasih)

    Rang De To Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)



    Alya Fatma:

    Haan Nikli Hai Dil Se Yeh Dua

    (Ya Hal Ini Adalah Doa Yang Terlontar Dalam Hati)



    Ane:

    Ho Rang De Tu Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)

    Ho Tumse Shuru, Tumpe Fanna

    (Dimulai Darimu Dan Berakhir Padamu)

    Hai Sufiyana Yeh Dastan

    (Ini Adalah Sebuah Kisah Yang Suci)

    Mai Karwan Maznil Ho Tum

    (Aku Adalah Kafilah Dan Kau Adalah Arah Tujuanku)

    Jaata Jahan Ko Har Rasta

    (Setiap Jalan Mengarah Ketempat Mu)



    Alya Fatma:

    Tumse Juda Jo Dil Zara Sambhal Ke

    (Setelah Kupulihkan Hati Ini Dengan Bersatu Denganmu)

    Dard Ka Woh Sara Kohra Chann Gaya

    (Kabut Deritaku Akhirnya Menghilang)



    Ane:

    Duniya Bhula Ke Tumse Mila Hoon

    (Kulupakan Dunia Ini Untuk Bertemu Denganmu)

    Nikli Hai Dil Se Yeh Dua

    (Hal Ini Adalah Doa Yang Terlontar Dalam Hati)

    Rang De Tu Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)



    Ho Veeran Tha, Dil Ka Jahan

    (Dulu Ruang Hatiku Begitu Hampa)

    Jis Din Se Tu Daakhil Huva

    (Sejak Hari Ini Kau Memasuki Hatiku)

    Ek Jism Se Hai Ek Jaan Ka

    (Dari Satu Tubuh Menjadi Satu Jiwa)

    Darza Mujhe Hasil Huva

    (Aku Telah Mencapai Tahap Itu)



    Alya Fatma:

    Haan Pheeke Hain Saari Naate Jahan Ki

    (Ya Semua Hubungan Terasa Pudar Di Dunia)

    Tere Sath Rishta Gehra Ban Gaya

    (Namun Menjalin Hubungan Denganmu Terasa Lebih Pekat)



    Ane:

    Duniya Bhula Ke Tumse Mila Hoon

    (Kulupakan Dunia Ini Untuk Bertemu Denganmu)

    Nikli Hai Dil Se Yeh Dua

    (Hal Ini Adalah Doa Yang Terlontar Dalam Hati)

    Rang De Tu Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)

    Ranjhe Ki Dil Se Hai Dua

    (Ini Adalah Doa Dari Dalam Hati Seorang Kekasih)

    Rang De To Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)



    Alya Fatma:

    Haan Nikli Hai Dil Se Yeh Dua

    (Ya Ini Adalah Doa Yang Terlontar Dalam Hati)



    Ane:

    Hoo... Rang De Tu Mohe Gerua

    (Warnailah Aku Dengan Warna Cintamu)




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  23. wkwkwkwkwkwkw..... aku baca cerita ni pun nampak sangat PENIPUANnya... geng INDON memang suka BERHALUNISASI ya...

    sonar sonobuoy yang tak tahu dimana kedudukannya tiba tiba boleh pulak disuruh krew kapal terus ke sonar Sonobuoy ambil bawa ke kapal selam... sedangkan kita tahu semua krew ada dalam kapal selam mana mereka nampak apa yang berlau diluar..

    NAMPAK SANGAT CERITA yang direka rekasupaya nampak HEBAT... wkwkwkwkkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ...udah makan belum, Pur ?

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      🍌🍌🍌🍌🍌



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  24. PURR...
    Scorpene masih parkir di sipanggar...belum bisa selam yaah...ser ice mro dulu lah.wakakakak

    BalasHapus
  25. Bismillah TNI.AL setidaknya ditambah lagi 6 unit kasel tipe 214,218 sg,kelasnya ditambah bervariasi dong dengan rudal rudal brahmos,tzircon,neptune,tor m.2 rusia untuk semua angkatan AL,AU,AD dan jangan malu malu kapolri ajukan saja kapal patroli maritim buat AIRUD dengan kelas krivak 3 dan 4,serta riga ada RBU 6000. Agar patroli AIRUD bisa melawan penyusup memburu dan menghalau.

    BalasHapus
  26. Agen Beting Bola - Agen Beting Slots - Cmcbola adalah situs terbaik dan terbesar di indonesia dengan games terlengkap dan terbanyak di antara nya :

    - Slots
    - Bola
    - Casino
    - Togel
    - Poker online
    - Tembak ikan
    - Sabung ayam

    CMCBOLA menyediakan berbagai bonus terbesar dan sangat masuk akal yang akan bisa di pilih :

    Baca juga prediksi bola dan prediksi togel di sini : MAIN SLOT GRATIS

    - Bonus Welcome Bonus 50%
    - Bonus New Member Sportbook 50%
    - Bonus Casino 10%
    - Bonus rollingan setiap minggu 0.7% ( tidak termasuk games togel )
    - Bonus referral 0.3 setiap Games

    laynan support 24jam siap membantu dan proses depo dan wd yang sangat cepat

    layanan support :

    Wa 1 : +62 82272483646
    Wa 2 : +61 406306288
    Line : cmcbola
    Skype : cmcbola
    Wechat : cmcbola
    Telegram : cmcbola
    twitter : cmcbola
    Instagram : cmcbola

    BalasHapus
  27. http://garudamiliter.blogspot.com/2020/10/tes-kapal-selam-buatan-ri-bikin-dag-dig.html?m=1

    BalasHapus
  28. DUREN DUREN, ROTI ROTI....
    MBIYEN MBIYEN, SAIKI SAIKI....

    BalasHapus
  29. Harus pd,palembang aja dah lama bikin kasel gak prlu 300 m kbwh dr atas aja minum kuahny dsh jos.

    BalasHapus
  30. Bismillah kita harus swadayakan sendiri perakitan kapal selam semoga bisa ditambah dengan rudal rudal hebat seperti brahmos,tzircon,neptune,tor m.2,buk agar gahar dan punya deteran diplatform kapal selam TNI.AL dan KCR.maju terus TNI

    BalasHapus
  31. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda sehubungan dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    BalasHapus
  32. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  33. Saya Fitriani Suhesti dari kota Medan. Saya melihat postingan ibu Yanti Ari dengan detailnya bagaimana dia meminjam dari Guaranty Trust Loans untuk memulihkan usahanya dan juga mengembangkan usahanya. Ibu berkata dia tinggal di kota Medan dan saya tinggal di kota itu jadi saya memutuskan untuk menghubunginya karena saya telah kehilangan 16 juta karena penipuan hanya karena saya membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan bisnis saya.

    Di bawah ini adalah informasinya yang saya lihat dan yang saya hubungi.

    nama ibu: Yanti Ari
    nomor telepon: +62821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62821-1644-0184
    Kota: Medan
    email ibu: ariy6261@gmail.com
    Setelah saya menghubungi ibu yanti dia menceritakan semua yang perlu saya ketahui dan dia berkata kepada saya bahwa setelah saya menghubungi Guaranty Trust Loans dan menerima pinjaman saya, saya harus mencoba membagikan cerita saya agar orang lain yang membutuhkan pinjaman dapat diandalkan perusahaan dapat diselamatkan dari orang-orang curang yang bukan pemberi pinjaman.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sejumlah 500 juta Rupiah, dan mereka meminta kredensial saya yang saya serahkan dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin itu salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi karena ibu Yanti berasal dari Medan dan saya melihat buktinya jadi saya mempercayai mereka, saya kagum ketika saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa Allah memakai ibu yanti yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari pemberi pinjaman palsu dan juga akan mewujudkan impian bisnis saya.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia, Malaysia dan belahan dunia lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk menghubungi Guaranty Trust Loans dan di bawah ini adalah detailnya
    email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi perusahaan dengan nomor ini: +1(470)481-0039
    jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (fitrianisuhesti90@gmail.com)
    Terima kasih telah membaca cerita saya, dan semoga Allah terus melindungi dan memberkati kita semua bahkan di masa-masa sulit karena pandemi virus corona.

    BalasHapus
  34. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan sejumlah pinjaman (Rp300.000.000) tanpa stres. Saya benar-benar ingin kasih kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah mendukung dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk memberi tahu semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail .Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  35. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  36. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  37. Saya menandai webster dengan nama saya seorang petugas polisi dan saya tinggal di tenggara kentucky di A.S., Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang-orang menipu saya dengan uang saya. Saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali suatu hari ketika saya tidak bertugas, saya memutuskan untuk melihat lagi kali ini untuk perusahaan sejati yang memberikan pinjaman. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY dan banyak lagi orang-orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah sejumlah $ 6.000.000,00 yang saya ajukan dari perusahaan ini dan mereka memberi tahu saya semua yang perlu dilakukan saya mempercayai mereka dan saya melakukan apa mereka menyuruh saya melakukannya dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman, saya tidak pernah mempercayai mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerimanya pinjaman saya belum dan saya berkata Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan, saya patuhi dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya dengan terkejut ketika sampai di sana saya melihat pinjaman $ 6,000,000.00 di akun saya uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya ore adalah $ 1,000,000.00 dan sekarang saya menemukan $ 7,000,000.00 sebagai pulsa uang saya dan pinjaman saya adalah $ 7,000,000.00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan sedikit waktu saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui mail markwebster023@gmail.com atau menghubungi perusahaan melalui alamat surat karinarolandloancompany@gmail.com, salam +1585 708-3478 salam.

    BalasHapus
  38. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK BCA
    No. AKUN: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan finansial, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari hal buruk dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, minggu berjemur saya melihat seorang teman keluarga lama dari suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan tarif yang terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka sesuai instruksi dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  39. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang sedang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman tanpa ditipu, ajukan permohonan dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya seorang guru saya telah ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang berkeinginan menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya ditipu, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun, perusahaan ini akan membuat Anda tersenyum. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang memberi tahu saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah satu teman saya menerima pinjaman $ 39,000.00 dollar dan teman saya lainnya menerima sejumlah $ 65,000.00 dollar jadi siapapun yang membutuhkan pinjaman online ajukan dari perusahaan ini dan anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda membutuhkan pinjaman online, ajukan dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 dan juga Anda dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

    BalasHapus
  40. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  41. Nama saya Rafif Apriani, saya membaca cerita bagaimana ibu Yanti Ari meminjam dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dengan bantuan perancang busana ternama DIAN PELANGI. Dalam kisahnya, dia menceritakan bagaimana dia kehilangan banyak uang (Rp28.000.000,00) dari pemberi pinjaman yang buruk karena dia membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan usahanya.
    Dia juga menceritakan bagaimana dia menghubungi Dian Pelangi yang menginstruksikan dia untuk menghubungi Ibu Ana Micheal dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dan itulah cara dia meminjam pinjaman yang dia butuhkan untuk meningkatkan usahanya. Jadi saya melihat cerita ibu Yanti Ari dengan detailnya, detail Dian Pelangi dan Ibu Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI yang mereka semua pinjam.

    Detil Dian Pelangi :: email: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM)
    dia tinggal di Jakarta.
    Detil Ibu Yanti Ari :: Nomor teleponnya: +62821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62821-1644-0184
    dia tinggal di Kota Medan, emailnya: ARIY6261@GMAIL.COM
    Dan akhirnya perusahaan pinjaman asli yang saya ingin siapa saja yang membutuhkan pinjaman dapat menghubungi karena saya sekarang menjadi saksi yang hidup dan semoga Allah selalu memberkati hari saya menghubungi mereka.
    Nama perusahaan: PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI, alamat email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)

    Ketika saya menghubungi ibu yanti dia bercerita bagaimana dia meminjam dari ibu Ana Michael tentang PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dan seluruh prosesnya. Dengan senang hati saya sampaikan kepada masyarakat umum bahwa Ibu Ana Michael dari GUARANTY TRUST LOANS adalah yang terbaik dan terpercaya.
    Anda dapat menghubungi saya untuk lebih jelasnya melalui email saya: rafifapriani@gmail.com
    Saya berharap orang-orang yang menginginkan pemberi pinjaman yang andal melihat ini.

    BalasHapus
  42. Halo saudara

    Nama saya Fadhlan Basuki, asli Indonesia dan saya seorang dokter di (RUMAH SAKIT ADI HUSADA, 40-44 Undaan, Wetan SURABAYA JATIM0).
    Gmail Saya:::::fadhlanbasuki905@gmail.com
    Jumlah Pinjaman::::350.000.000.00 IDR

    Ini adalah kesaksian hidup yang sebenarnya tentang bagaimana saya mendapat bantuan keuangan dari perusahaan pinjaman dan orang Indonesia asli yang memiliki hasrat untuk rakyatnya dan telah memberikan pinjaman dengan mudah dan terjangkau terlepas dari skor kredit Anda, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND

    ONE BILLION RISING FUND adalah yang terbaik di bidang kredit dengan  yang sangat ramah siap 24/7 memberikan yang terbaik jadi bijaklah dan dapatkan pinjaman dari Saya sangat menyarankan Anda untuk meminjam dari ibu karena sebagian besar pemberi pinjaman online asing palsu dan hanya akan merampok uang hasil jerih payah Anda dan mereka akan meminta pembayaran dari korban berkali-kali sampai korban kehabisan uang dan tidak bisa. . membayar. sekali lagi dan saya tidak ingin itu menjadi Anda, jadi jadilah pintar dan pinjam dari sumber yang teruji dan terpercaya.

    Sang ibu lebih memahami dan memahami perekonomian Indonesia dan ia telah melihat betapa mudah dan gratis pinjaman diberikan kepada warga negara lain selama ia tinggal di Amerika Serikat dan negara lain.


                                   KONTAK PERUSAHAAN

    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352

    Allah menjaga kita semua
    AMIN  

    BalasHapus